tugas mandiri b.indonesa

Download Tugas Mandiri B.indonesa

Post on 13-Apr-2016

311 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

p

TRANSCRIPT

GENRE (TEKS)

DOSEN PEMBIMBING : Dra. Asnimar, M.Pd

Disusun Oleh :Nama:Widya Cahya KusumaNIM:06131381520040

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS SRIWIJAYA2015/2016

GENRE (TEKS)Genre terbagi menjadi 2 yaitu, genre faktual dan genre fiksi. Genre faktual adalah jenis teks yang di buat berdasarkan kejadian, peristiwa, atau keadaan nyata yang berada disekitar lingkungan hidup. Sedangkan genre fiksi adalah jenis teks yang dibuat berdasarkan imajinasi.a. Genre Faktual1. LaporanLaporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan untuk informasi yang dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor telah melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.

Manfaat Laporan :Laporan kegiatan merupakan alat yang penting untuk : Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan. Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain. Jenis jenis Laporan : Laporan Ilmiah. Laporan Ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan berdasarkan teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan (E.Zaenal Arifin,1993). Laporan Teknis. Laporan teknis adalah suatu pemberitahuan tentang tanggung jawab yang dipercayakan,dari si pelapor (perseorangan,tim,badan,atau instansi) kepada si penerima laporan tentang teknis penyelenggaraan suatu kegiatan (E.Zaenal Arifin,1993).

Laporan dapat digolongkan menurut : Maksud pelaporan1) Laporan informatif, yaitu laporan yang dimaksudkan untuk memberi informasi dan bukan dimaksudkan untuk memberi analisis atau rekomendasi. 2) Laporan rekomendasi, yaitu laporan yang di samping memberikan informasi juga menyertakan pendapat si pelapor, dengan maksud memberikan rekomendsasi (usul yang tidak mengikat). Meski demikian akurasi dan rincian informasi tetap diperlukan supaya rekomendasi yang diberikan juga meyakinkan.3) Laporan analitis, yaitu laporan yang memuat sumbangan pikiran si pelapor, bisa berupa pendapat atau saran, setelah melalui analitis yang matang dan mendalam. Kebanyakan laporan akademis berada pada kategori ini.4) Laporan Pertanggungjawaban, di mana si pelapor memberi gambaran tentang pekerjaan yang sedang dilaksanakan (Progress report) atau sudah dilaksanakan (bersifat evaluatif).5) Laporan Kelayakan (feasibility report). Pelapor menganalisis suatu situasi atau masalah secara mendalam untuk menuju penilaian yang bersifat pilihan: layak atau tidak. Berbagai alternative dinanalisis, kemudian ditentukan mana yang lebih baik. Bentuk Laporan1) Laporan berbentuk Memo; Biasanya laporan pendek yang memuat hal hal pokok saja, dan beredar di kalangan intern organisasi.2) Laporan berbentuk Surat; Isinya lebih panjang daripada laporan yang berbentuk memo, sekitar tiga lembar folio. Bisa ditujukan ke luar organisasi.3) Laporan berbentuk naskah; Laporan ini bisa panjang atau pendek. Bila panjang dibuat dalam format buku, dan dalam penyampaiannya mutlak diperlukan surat atau memo pengantar.4) Laporan berbentuk Campuran; Laporan ini tidak lain gabungan antara bentuk naskah dengan memo atau surat.5) Laporan berbentuk formulir.6) Laporan berbentuk buku.

Contoh Laporan PeristiwaRamainya Arus Mudik LebaranHari Lebaran memang adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karenanya banyak orang yang pergi mudik ke kampung halamannya masing-masing. Hal ini menyebabkan banyak terjadi kemacetan di beragam daerah di Indonesia. Contohnya, Kondisi lalu lintas di Jalur Pantura saat ini, tanggal 4 Agustus 2013 terpantau ramai lancar. Dan telah terjadi peningkatan volume kendaraan namun belum begitu signifikan sehingga belum menyebabkan kemacetan. Pada kawasan Lohbener, Indramayu, Jawa Barat ini nantinya akan terbagi menjadi dua jalur yaitu di sebelah kanan dan sebelah kiri.Keduanya bisa menuju ke Kota Cirebon namun, jalur sebelah kanan memang relatif lebih cepat karena berbeda sekitar 5 Km dengan jalur sebelah kiri. Meskipun lebih cepat tetapi, jalur yang sebelah kanan berpotensi untuk mengalami kemacetan daripada jalur sebelah kiri. Sehingga menurut informasi dari masyarakat setempat, petugas biasanya akan mengalihkan arus kendaraan ke jalur kiri. Dan telah dihimbau kepada para pengemudi untuk lebih waspada dan berhati-hati karena meskipun pengemudi bisa melewati jalur sebelah kiri tidak bisa dipastikan keamanannya. Karena menurut informasi warga , jalur ini masih sepi sehingga rawan tingkat kriminalitas.Dari semalam kondisi lalu lintas di jalur ini juga masih ramai lancar. Kendaraan dari arah Cikampek, Cirebon, dan Jawa Tengah masih di dominasi oleh kendaraan pribadi roda dua dan roda empat. Sedangkan kendaraan besar dan ekspedisi telah banyak berkurang, karena kemarin merupakan batas waktu terakhir untuk bisa melewati jalur mudik hingga satu hari setelah hari raya Idul Fitri. Petugas dari Dinas Perhubungan juga disiagakan 24 jam untuk mendata jumlah dan jenis kendaraan yang mengarah ke Cirebon, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Masyarakat juga berharap agar Dinas Perhubungan melakukan tindakan tegas untuk menghindari kemacetan. Sehingga para pengemudi dapat menjalankan aktivitas mudiknya dengan lancar.

2. ProsedurTeks Prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan.Macam macam prosedur:a. Prosedur SederhanaProsedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja. Contoh: Prosedur mengoperasikan setrika.b. Prosedur KompleksProsedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.Struktur teks prosedur kompleks : Tujuan^Langkah-langkahTujuan merupakan hasil akhir yang akan dicapai.Contoh: Prosedur tentang terkena tilang.

c. ProtokolProsedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu ketat/rumit dan mudah dipahami.

Macam macam kalimat dalam Teks Prosedur :a. Kalimat Imperatif adalah kalimat yang mengandung perintah. Fungsinya adalah untuk meminta atau melarang seseorang unruk melakukan sesuatu.b. Kalimat Deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu .c. Kalimat Interogatif adalah kalimat yaang berisi pertanyaan. Fungsinya adalah untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Ciri kebahasaan yang ada dalam teks prosedur kompleks:a. Partisipan manusia secara umumb. Verba Material : Verba yang mengacu pada tindakan fisik.c. Verba Tingkah Laku : Verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak)d. Konjungsi Temporal : Konjungsi yang mengacu pada urutan waktu dan sekaligus menjadi secara kohesi teks, seperti pertama, kedua, ketiga dll.

Syarat syarat dan pilihan pilihan pada teks prosedur diungkapkan dengan konjungsi : jika, apabila, seandainya.

Contoh Teks Prosedur:

Cara Membuat Botol Kaca

1. Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.2. Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional.3. Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.4. Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.5. Lalu, adonan kaca diproduksi.6. Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.7. Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.8. Akhirnya, botol-botol itu siap digunakan.

3. EksplanasiTeks ekplanasi adalah sebuah karangan yang isinya berupa penjelasan penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan fenomena fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari hari. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi sejelas jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi.Ciri Ciri :Suatu teks dapat dikatakan sebuah teks ekplanasi jika memiliki ciri ciri seperti berikut :a. Memuat informasi informasi fakta.b. Membahas suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau ilmu pengetahuan.c. Bersifat informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang dibahas di dalam teks.d. Memiliki / menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir. Struktur Teks Ekplanasi :Teks ekplanasi terdiri dari bagian bagian seperti di bawah ini :a. General Statement / Pernyataan umumBagian pertama teks ekplanasi adalah general statement atau yang disebut juga dengan pernyataan umum. Bagian ini menyampaikan topik atau permasalahan yang akan di bahas pada teks ekplanasi yang berupa gambaran umum mengenai apa dan mengapa suatu fenomena tersebut bisa terjadi. General statement ini harus ditulis semenarik mungkin agar para pembaca bisa tertarik untuk membaca isi teks secara keseluruhan.

b. Sequence of Explanation / Deretan PenjelasBagian ini mengandung penjelasan penjelasan mengenai sebuah topik yang akan dibahas secara lebih mendalam. Bagian ini ditulis untuk menjawab pertanyaan how, bagaimana dan urutan sebab akibat dari sebuah fenomena yang terjadi. Bagian ini biasanya ditulis dalam 2 atau 3 paragraf.c. Closing Bagian terakhir dari teks ekplanasi adalah closing yang mengandung intisari atau kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas. Di dalam bagian ini juga bisa ditambahkan saran atau juga tanggapan penulis mengenai fenomena tersebut.Contoh Teks Eksplanasi Tanah LongsorBerikut contoh teks eksplanasi tanah longsor beserta strukturnya :Tanah Longsora. Pernyataan Umum (Pembuka)Longsor adalah sebuah peristiwa dimana terjadinya gerakan tanah at