sportindo com - the magz agustus 2011

Upload: dian-jaya-tri

Post on 02-Mar-2016

286 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

  • EDITOR'S LETTER

    Follow Denny Santoso on:SixReps: http://sixreps.com/profile/dennysantosoFacebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

    PEMIMPIN UMUM

    PENANGGUNG JAWAB

    KONTRIBUTOR

    TIM REDAKSI

    ARTISTIK & DESAIN

    PROMOSI & IKLAN

    DISTRIBUSI

    WEBSITE

    E-Mail

    L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHt.

    Sutiyoso

    * FX Erwin Santoso, SE., MM.* * Sondang & Amrizal

    * George Hendra Santoso, SE., CSN.* Andana Suparman, S.S.* Noerdiana Adiatie, S.Gz.

    * Rachmat Kurniawan, SE.* Tjahyono* Galihseto R.A, SST

    PT. Jaya Sportindo

    Mangapul F. Hutahaean, SE.

    www.sixreps.comwww.sportindo.com www.dennysantoso.comwww.duniafitnes.com

    [email protected]

    Arief T. Nur Gomo, STP, MSi.

    S P O R T I N D O M A I L

    REDAKSI HANYA AKAN MEMUAT TULISAN, KRITIK, SARAN, DAN PERTANYAAN DARI PEMBACA

    YANG MELAMPIRKAN BIODATA LENGKAP.

    uplemen makanan berbeda dengan obat-obatan, sehingga S

    lembaga yang mengatur makanan, suplemen makanan, obat-obatan, perlatan medis, dan kosmetik seperti Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat ataupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia tidak mengatur efektivitas suplemen makanan. Meski demikian FDA maupun BPOM tetap mengatur kualitas suplemen dan bahan-bahan yang dikandungnya. FDA mengeluarkan Current Good Manufacturing Practices (CGMP) yang berisi pedoman resmi yang harus dipatuhi oleh para produsen Suplemen mengenai cara menghasilkan produk yang baik, berkualitas tinggi, dan aman untuk dikonsumsi. Ultimate Nutrition sebagai produsen suplemen makanan yang berlokasi di Amerika Serikat, telah mendapatkan sertifikat CGMP karena telah menerapkan proses pembuatan suplemen yang baik, bahan-bahan suplemen yang bebas zat-zat kontaminan, label sesuai dengan isi, produk diperuntukkan bagi manusia (food grade), dan telah melalui proses pengujian sebelum dipasarkan sehingga berkualitas tinggi dan aman untuk Anda konsumsi.

    Tema mengenai serba serbi GMP diatas akan kami bahas dalam edisi Agustus 2011 ini. Selain itu simak juga event report UBC Roadshow 2011 Putaran 4 di Bandung dan Putaran 5 di Samarinda serta menu masakan sehat dan tips program fitnes saat berpuasa. Selamat membaca.

    Pola Makan 5-6 Kali Sehari bagi Pekerja Kantoran

    Kelebihan Protein untuk Anak Balita

    Bagaimana menerapkan pola makan 5-6 kali sehari bagi yang bekerja kantoran atau yang sedang kuliah padat misalnya sampai 5 jam kuliah? Apa cuma makan 3-4 kali sudah cukup bagi fitness mania? Apa cukup bawa roti saja? Bantuan sangat diharapkan. Terima kasih banyak.

    Bolehkah anak balita kelebihan konsumsi protein? Anak saya berumur 2 tahun 9 bulan suka makan putih telur rebus melulu sementara kuning telurnya sama sekali tidak mau. Nasi juga tidak doyan. Jadi hanya doyan putih telur, daging ayam, ikan, dan oatmeal yang dicampur sedikit madu. Pokoknya makanan yang teralu banyak rasanya dia tidak doyan. Apakah berbahaya jika kelebihan konsumsi protein?

    Upakara Yanto ([email protected])

    Saya juga seorang pekerja kantoran. Untuk menyiasati bagaimana caranya bisa makan 5-6 kali sehari, begini caranya :- Pagi sarapan seperti biasa.- Berangkat kerja saya biasa bawa bekal

    dalam rantang yang isinya dada ayam rebus dan ubi rebus yang semua sudah dipotong-potong untuk memudahkan cara makan.

    - Sampai kantor jam 9 pagi, bekal tadi ditaruh saja di meja kerja samping komputer. Bila terasa lapar tinggal makan saja bekal tadi sebagai camilan.

    - Jam 12:30 saya makan siang dan kebetulan sudah langganan warung kantin untuk dimasakkan makanan serba rebus.

    - Setelah istrirahat bekerja kembali, bila lapar lagi camilan masih ada disamping komputer.

    Tips: sebaiknya membawa makanan yang direbus saja karena tidak beraroma menyengat sehingga tidak mengganggu sesama rekan kerja. Simpel dan tidak njlimet kan? Semoga tips ini memberi masukan yang berarti.

    Sondang Ruddy IswantoTeam Ultimate Nutrition Bali

    Mimi ([email protected])

    Dear Mbak Mimi, sebaiknya zat gizi untuk anak balita harus dalam keadaan seimbang sesuai dengan umurnya. Demikian juga dengan zat gizinya termasuk karbohidrat, protein, dan lemak harus dalam keadaan seimbang. Tidak berlebihan dan tidak kekurangan.

    Arief T Nur GomoHealthy Food Contributor for www.dennysantoso.com

    Alan Sebastian ([email protected])

    Tidak semua macronutrient bisa langsung diubah menjadi kalori atau energi. Karbohidrat termasuk yang paling mudah. Protein terutama yang bermutu tinggi sangat baik untuk recovery dan pembentukan otot. Protein dan lemak memerlukan proses yang lebih panjang sebelum menghasilkan kalori. Jika kalori sudah tercukupi dari karbohidrat yang dikonsumsi, kelebihan kalori yang berasal dari sisa protein dan lemak akan disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Oleh karena itulah disebutkan agar memperhatikan intake calorie. Jadi ada aturan berapa persen karbohidrat, protein, dan lemak yang sebaiknya dikonsumsi. Misalnya untuk bulking dianjurkan konsumsi 60% karbohidrat, 20% protein, dan 20% lemak.

    Arief T Nur GomoHealthy Food Contributor for www.dennysantoso.com

    Macronutrients VS Kalori

    Saat ini saya sedang menjalani program bulking. Ada beberapa pertanyaan, mohon bimbingannya. Kita mengenal Macronutrients (protein, karbohidrat, dan lemak), yang mana dalam setiap makronutrient tersebut dikonversi menjadi satuan energi (Kalori) dalam proses metabolisme tubuh. Saya pernah membaca (intinya) kalau ingin bulking/cutting perhatikan selalu intake kalorinya. Apakah sumber makanannya boleh bebas memilih dari karbohidrat, lemak, atau protein? Hemat saya, di gym otot dihajar dengan beban maksimum lalu recovery dihajar dengan istirahat ditambah asupan kalori. Apakah pemahaman saya salah? Mohon pencerahannya.

    sportindo.com Agustus04

  • GMP

    sportindo.com Agustus06

    CO

    VE

    RS

    TO

    RY

    UPengertian GMP

    ntuk memastikan agar setiap industri pangan, kosemetik, farmasi, dan peralatan medis menghasilkan produk yang

    berkualitas tinggi sekaligus aman maka dibutuhkan GMP. Apa itu GMP?

    Good Manufacturing Practice atau yang disingkat dengan GMP merupakan bagian dari sistem pengendalian mutu berupa suatu pedoman bagi industri yang terkait dengan pangan, kosmetik, farmasi dan peralatan medis, untuk dapat menghasilkan produk yang baik dan berkualitas tinggi serta menjamin keamanan produknya untuk dikonsumsi oleh para konsumen. Singkatnya, GMP merupakan standarisasi resmi untuk industri agar menghasilkan produk yang baik, berkualitas tinggi, dan aman untuk dikonsumsi pelanggan.

    Banyak negara yang telah menerapkan aturan bagi perusahaan-perusahaan pangan untuk mengikuti prosedur GMP, dimana negara tersebut menetapkan sendiri pedoman GMP bagi perusahaan yang melakukan proses produksi di wilayahnya. Sedangkan di Amerika Serikat, pedoman GMP ditetapkan oleh Food and Drugs Administration (FDA). Pedoman GMP yang dikeluarkan oleh FDA disebut sebagai Current Good Manufacturing Practice (CGMP).

    Khusus untuk suplemen makanan (dietary supplement), FDA telah merilis CGMP Final Rule dan Interim Final Rule pada 22 Juni 2007. Peraturan untuk industri suplemen makanan ini diumumkan secara resmi kepada publik sehingga baik pihak produsen/manufaktur dan konsumen dapat

    GMP untuk Suplemen Makanan

    GMPMengkonsumsi makanan dari

    produk dalam kemasan tentu sudah menjadi kebiasaan Anda sehari-hari. Namun pernahkah

    Anda membayangkan jika ternyata produk tersebut

    mengandung zat-zat kontaminan yang berbahaya

    bagi kesehatan Anda?

  • sportindo.com Agustus 07

    mengetahui isinya untuk memastikan suplemen makanan yang diproduksi dan dikonsumsi telah memenuhi kriteria FDA.

    Secara umum, isi dari CGMP Final Rule adalah :1. Memastikan kontrol yang baik telah diterapkan

    agar suplemen makanan diproses dengan cara yang konsisten, dan memenuhi standar.

    2. CGMP ditetapkan kepada semua perusahaan domestik maupun asing yang memroduksi, mengemas, melabel, atau menyimpan suplemen makanan, termasuk perusahaan yang terkait dengan aktivitas pengujian, kendali mutu, pengemasan dan pelabelan, dan mendistribusikannya di Amerika Serikat.

    3. CGMP ditetapkan untuk penggunaan skala industri yang wajib menerapkan suplemen makanan diproduksi dengan konsisten atas ciri-ciri produk, kemurnian, kekuatan, dan komposisi.

    4. Peraturan juga ditetapkan untuk perlengkapan yang terkait dengan rancangan dan konstruksi pabrik yang memfasilitasi pemeliharaan, kebersihan, pengoperasian manufaktur yang baik, prosedur kendali mutu, pengujian produk akhir atau bahan-bahan yang baru masuk dan sedang dalam proses, penanganan komplain dari konsumen, dan dokumentasi yang baik.

    5. Membatasi setiap gangguan yang terjadi padasuplemen makanan yang diproduksi oleh bisnis

    skala kecil, peraturannya memiliki dasar-dasaraturan selama tiga tahun untuk bisnis skala kecil. CGMP akhir efektif sejak Juni 2008 untuk perusahaan skala besar. Perusahaan dengan karyawan kurang dari 500 orang mulai Juni 2009 dan perusahaan dengan karyawan kurang dari 20 orang mulai Juni 2010 harus mentaati peraturan ini.

    Sementara itu Interim Final Rule (IFR) kira-kira isinya adalah demikian :1. IFR menetapkan semacam proses permohonan

    yang dapat diajukan oleh perusahaan manufaktur untuk pembebasan dari persyaratan uji ciri-ciri 100 persen atas bahan-bahan makanan yang digunakan untuk memproduksi suplemen makanan.

    2. Jika perusahaan manufaktur mendapatkan pembebasan, harus tetap bertanggung jawab menjamin kualitas akhir produk suplemen makanan yang diproduksinya.

    3. Perusahaan manufaktur harus menyediakan data dalam permohonannya yang menunjukkan bahwa uji ciri-ciri dibawah 100 persen atas bahan suplemen tidak secara materiil mengurangi jaminan bahwa bahan makanan yang digunakan adalah yang benar-benar dipergunakan.

    4. IFR efektif sejak Juni 2008 ketika CGMP Final Rule juga efektif.

    GMP merupakan standarisasi resmi untuk industri agar menghasilkan Produk yang Baik, berkualitas Tinggi, dan aman untuk Dikonsumsi pelanggan.

  • sportindo.com Agustus08

    CO

    VE

    RS

    TO

    RY

    MANFAAT GMP BAGI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

    > Dengan Dietary Supplement Health and Education Act (DSHEA), perusahaan manufaktur memiliki tanggung jawab yang mendasar untuk mengesahkan keamanan produknya dan untuk menetapkan bahwa setiap pernyataan atau klaim yang dibuat atas produk mereka sudah diperkuat dengan bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa pernyataan/klaim tersebut tidak salah atau menyesatkan.

    > CGMP akan membantu menjamin perusahaan manufaktur memproduksi sumplemen makanan yang murni dan berlabel akurat.

    > Dibawah aturan CGMP, perusahaan manufaktur wajib :- Mempekerjakan para karyawan dan

    supervisor yang berijazah;- Merancang dan membangun pabrik dengan

    cara yang melindungi bahan-bahan makanan dan suplemen makanan dari bahaya kontaminasi selama proses manufaktur, pengemasan, pelabelan, dan penyimpanan;

    - Menggunakan peralatan dan perkakas dengan rancangan, konstruksi, dan pembuatan yang sesuai dengan fungsinya;

    - Menetapkan dan menggunakan catatan produksi berkelompok dan manufaktur master;

    - Menetapkan prosedur untuk pengoperasian kendali mutu;

    - Menyimpan dan mendistribusikan suplemen makanan dan bahan-bahan yang digunakan untuk manufaktur suplemen makanan dalam kondisi temperatur, kelembaban, penerangan, dan sanitasi yang baik sehingga kualitas suplemen makanan tidak terpengaruh;

    - Menyimpan catatan komplain atas setiap produk terkait CGMP; dan

    - Menyimpan catatan selama setahun setelah tanggal pengepakan (jika menggunakan tanggal pengepakan), atau 2 tahun setelah seri terakhir suplemen makanan didistribusikan.

    > Mencegah terjadinya beberapa masalah terkait kualitas produk, seperti misalnya : jumlah bahan melebihi/ kurang dari yang tertera pada label, salah bahan, mengandung kontaminan (bakteri, pestisida, serpihan kaca, timah), bahan asing dalam kemasan suplemen makanan, pengemasan yang salah, dan salah label.

    > IFR mengizinkan perusahaan manufaktur untuk mengajukan permohonan kepada FDA untuk pembebasan terhadap ketentuan uji ciri-ciri 100 persen atas satu atau lebih bahan-bahan yang digunakan dalam manufaktur suplemen makanan. Perusahaan manufaktur harus menyediakan data yang menunjukkan bahwa uji ciri-ciri kurang dari 100 persen yang diterapkan tidak akan mengurangi jaminan bahan makanan yang digunakan adalah yang benar-benar dipergunakan.

    Bahaya Suplemen Tanpa GMP

    > Bahan suplemen tidak sesuai dengan isinya.

    > Mengandung zat-zat kontaminan.

    > Grade bahan suplemen tidak jelas.

    > Takaran bahan suplemen tidak sesuai yang tertera di label.

    Manfaat GMP bagi Konsumen

    Tidak semua perusahaan manufaktur suplemen makanan menerapkan pedoman GMP dalam proses pembuatan produknya. Akibatnya, produk suplemen dari perusahaan tersebut dapat berbahaya bagi calon konsumen yang akan mengkonsumsinya.

    Beberapa bahaya tersebut adalah :

    Bahaya ini sangat fatal, karena bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen bisa tidak sesuai dengan isi yang terkandung sebenarnya. Suplemen jenis ini bisa dikatakan suplemen ASPAL (asli tapi palsu).

    Tanpa penerapan GMP, suplemen yang diproduksi dapat tercemar berbagai zat-zat kontaminan seperti bakteri, pestisida, serpihan kaca, logam berat, dan bahan asing yang terkandung pada kemasan suplemen. Akibatnya jelas sangat fatal bagi kesehatan.

    Terdapat dua jenis bahan suplemen yaitu Food Grade yang diperuntukkan bagi manusia dan Animal Grade yang diperuntukkan bagi nutrisi hewan. Salah konsumsi grade suplemen juga dapat berakibat fatal bagi kesehatan manusia.

    Berbahaya maupun tidak, takaran bahan suplemen yang melebihi atau kurang dari yang tertera di label jelas merugikan konsumen.

    > Konsumen dapat memiliki akses terhadap suplemen makanan yang memenuhi standar kualitas dan yang bebas dari kontaminasi dan berlabel akurat.> Aturan GMP ini akan memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa suplemen makanan yang dikonsumsi telah diproduksi dengan jaminan atas ciri-ciri produk, kemurnian, kekuatan, dan komposisinya.> Aturan GMP ditujukan untuk menjamin kualitas proses manufaktur suplemen makanan dan pelabelan yang akurat atas bahan-bahan suplemen yang digunakan. Jaminan ini akan meyakinkan konsumen bahwa suplemen yang dibeli sudah melalui teknik-teknik produksi yang baik dan yang tertera di label sudah sesuai dengan isinya.

  • sportindo.com Agustus 09

    GMP Certification Program dari NPA

    Memiliki sertifikat GMP bagi industri suplemen adalah suatu keharusan. Sertifikasi GMP bisa dilakukan oleh FDA maupun lembaga sertifikasi independen lainnya. Salah satunya adalah NPA atau Natural Products Association, sebuah lembaga sertifikasi dan advokasi untuk industri produk makanan alami yang sudah berdiri sejak 1936 dan bermarkas di Washington DC. NPA juga merupakan lembaga independen atau third party bagi program sertifikasi GMP khusus untuk suplemen makanan dan bahan makanan.Memang untuk saat ini FDA masih belum mengakui program sertifikasi dari lembaga independen (biasa disebut third party).

    Namun demikian, NPA tetap menjaga agar program sertifikasi GMP-nya tetap relevan dengan aturan yang dikeluarkan oleh FDA, sehingga standar GMP yang diberlakukan oleh NPA mencakup semua persyaratan yang ada dalam aturan GMP yang dibuat oleh FDA, yaitu pedoman GMP khusus bagi industri suplemen makanan yang dikeluarkan pada Juni 2007 (21 CFR 111) seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

    Sertifikasi GMP dari NPA hanya diberikan kepada perusahaan yang memenuhi standar GMP setelah melalui proses verifikasi melalui inspeksi yang komprehensif oleh third party auditor yang berkompeten.

    Jadi, pastikan suplemen yang Anda beli bersertifikat GMP, ASLI (bukan ASPAL), aman dikonsumsi, bebas kontaminan, dan tentu saja berkualitas tinggi.

    Aan

    Ultimate Nutrition Bersertifikat GMP

    www.sportindo.com/gmp

    Ultimate Nutrition merupakan salah satu dari beberapa perusahaan manufaktur suplemen makanan yang telah memiliki sertifikat GMP dari NPA. Dengan serifikat GMP tersebut, Anda sebagai konsumen dapat yakin bahwa suplemen Ultimate Nutrition :

    Anda dapat melihat daftar perusahaan yang telah memiliki sertifikasi GMP termasuk di dalamnya Ultimate Nutrition di website NPA di alamat :

    1. Bebas zat-zat kontaminan (bakteri, pestisida, serpihan kaca, logam berat, dan bahan asing yang terkandung pada kemasan suplemen).

    2. Label dalam kemasan pasti sesuai dengan isi suplemen.3. Kualitas suplemen terjaga karena telah mengikuti standar produksi sesuai GMP.4. Suplemen diperuntukkan untuk konsumsi manusia atau Food Grade

    (bukan Animal Grade).5. Produk telah melalui serangkaian pengujian terbaik sebelum dijual di pasaran.

    TruLabel Program

    TruLabel Program adalah registrasi atau pendaftaran label suplemen makanan dan pengujian secara acak yang dilakukan oleh NPA pada tahun 1990 dan ditetapkan menjadi persyaratan untuk menjadi anggota NPA pada tahun 1995. Program internal ini dirancang untuk menciptakan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi retailer dan konsumen bahwa produk yang dijual di pasar sudah diberi label yang akurat. TruLabel juga digunakan sebagai sumber informasi bagi FDA.

    TruLabel terdiri dari database terkomputerisasi yang berisi informasi dari isi label produk suplemen makanan. Produk yang dipilih untuk pengujian dibeli dari toko yang menjual produk secara eceran dan atau dari distributor resmi. Produk dipilih secara berkala untuk dianalisa di laboratorium untuk memastikan apa yang ada di label memang benar-benar apa yang ada dalam produk. Laboratorium komersial yang digunakan untuk pengujian TruLabel dipilih berdasarkan pengalaman, integritas, dan reputasi yang terbaik.

    Ultimate Nutrition sebagai anggota resmi dari NPA tentunya juga telah menjalani pendaftaran dan pengujian TruLabel Program untuk menjamin label suplemen yang akurat dan benar-benar merupakan isi dari suplemennya.

  • L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

    www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

    Http://www.dennysantoso.com/apa-yang-anda-cari-di-label-suplemen-anda.html

    JSuplemen makanan berbeda dengan obat-

    obatan, sehingga lembaga yang mengatur makanan, suplemen makanan, obat-obatan, peralatan medis, serta kosmetik seperti Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, ataupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia, tidak mengatur efektivitas suplemen makanan. Meski demikian, FDA maupun BPOM tetap mengatur 'kualitas' suplemen, dan bahan-bahan yang dikandungnya.Pada tahun 1994, pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang yang mengatur tentang suplemen makanan, yaitu Dietary Supplement Health and Education Act, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan keamanan dan transparansi informasi mengenai produk suplemen makanan. Selain itu, pemerintah Amerika Serikat juga mengeluarkan pedoman yang dikenal dengan Good Manufacturing Practices (GMP) untuk memastikan suplemen makanan yang akan dikonsumsi aman dan dibuat dengan prosedur yang baik. Tak hanya di Amerika Serikat, di Indonesia pun Kepala BPOM juga mengeluarkan keputusan tentang Ketentuan Pokok Pengawasan Suplemen Makanan, di mana mewajibkan suplemen makanan diproduksi dengan mengikuti

    awabannya ada pada label suplemen Anda. Di luar suplemen itu sendiri, label adalah bagian paling penting dari sebuah produk suplemen.

    Label akan memberitahu semua hal yang Anda perlu ketahui tentang suplemen itu, dan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda jika Anda mengkonsumsinya.

    MENGKONSUMSI SUPLEMEN ATAU NUTRISI TAMBAHAN ADALAH CARA

    YANG BAIK UNTUK MEMBANTU TUBUH ANDA MENDAPATKAN NUTRISI

    YANG DIBUTUHKANNYA. TETAPI BAGAIMANA ANDA TAHU PERSIS APA YANG ADA DI DALAM

    SUPLEMEN YANG ANDA KONSUMSI?

    pedoman GMP yang di Indonesia diistilahkan sebagai Cara Pembuatan yang Baik.

    Label di bagian belakang kemasan produk berisi informasi penting tentang bahan produk. Di sini Anda akan menemukan jumlah pil serta dosis pemakaiannya. Selain itu, Anda akan menemukan daftar semua bahan dalam produk tersebut. Di sinilah Anda dapat mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam produk tersebut, dan sesuai atau tidaknya suplemen tersebut dengan kebutuhan Anda. Di sebelah masing-masing bahan Anda akan menemukan jumlah yang terkandung dalam produk tersebut. Banyak label suplemen juga mencantumkan nilai kecukupan terhadap kebutuhan nutrisi harian yang dianjurkan atau dikenal dengan Percent Daily Value.

    Sekarang Anda sudah lebih memahami tentang apa yang tertera pada label suplemen Anda, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat bila Anda akan mengkonsumsinya. Jangan lupa untuk membaca label sebelum mengambil keputusan, karena akan memberitahu yang Anda perlu ketahui tentang produk tersebut.

    Peraturan-peraturan ini mengharuskan produsen suplemen makanan untuk mencantumkan Dietary Supplement atau Suplemen Makanan pada label suplemen yang diproduksi, serta harus menampilkan secara akurat bahan-bahan apa saja yang dikandung oleh produk tersebut. Berdasarkan apa yang sudah Anda ketahui tentang peraturan ini, sekarang Anda dapat memahami apa yang ada di label suplemen yang Anda konsumsi.Seperti disebutkan sebelumnya, label harus berisi kata Dietary Supplement atau Suplemen Makanan. Umumnya, Anda bisa menemukan kata-kata tersebut pada label depan, bersama dengan nama merek dari produk itu sendiri. Kadang-kadang Anda juga akan menemukan ukuran (jumlah pil/kapsul/tablet/dll atau berat) di bagian depan label.

    Selain itu, Anda mungkin menemukan semacam disclaimer pada label. Seperti disebutkan sebelumnya, FDA tidak mengatur efektivitas suplemen makanan, maka Anda akan melihat disclaimer yang berbunyi semacam, "Produk ini tidak dimaksudkan untuk mengobati, menyembuhkan, atau mendiagnosis penyakit.", dan jenis disclaimer lainnya.

    AN A

    APA YANG D CAR

    I

    EDI LAB L

    UP EAN A?

    S L MEN D

    sportindo.com Agustus10

    Link

    Label di bagian belakang kemasan

    produk berisi informasi

    penting tentang bahan produk. Di sini

    Anda akan menemukan jumlah pil

    serta dosis pemakaiannya.

    Selain itu, Anda akan menemukan

    daftar semua bahan dalam

    produk tersebut. Di sinilah Anda

    dapat mengetahui apa

    yang sebenarnya ada dalam

    produk tersebut, dan

    sesuai atau tidaknya suplemen tersebut dengan

    kebutuhan Anda.

  • Apa kabar Pak Abdi? Lagi sibuk apa nih Pak?

    Bagaimana Bapak mengenal dunia fitnes sampai akhirnya memiliki gym sendiri?

    Kabar baik, terima kasih. Kegiatan saya saat ini sedang mengelola dan mempromosikan gym saya, mengedukasi member, dan memberi training kepada staff. Selain itu saya juga membuat dan menjual berbagai alat fitnes.

    Saya kenal dunia fitnes dari sejak masih duduk di bangku SMP. Lalu mencoba membuat alat-alat fitnes sendiri sampai akhirnya dikenal sampai di Jakarta dan daerah lain. Sempat juga menjadi atlet panco namun kurang fokus karena harus mengurus usaha pembuatan dan penjualan alat fitnes. Akhirnya saya bekerjasama dengan pemilik GreenHills Residence Malang untuk membuka fitness center bernama The GYM at GreenHills Club House Malang yang soft launching pada tanggal 3 Oktober 2010 lalu.

    Berbagi Motivasi dan Edukasi

    Abdi Surjana

    Sosok yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi fitness mania Kota Malang. Sudah lama menggeluti dunia fitnes, pria asli Solo berbadan kekar namun bertutur halus ini akhirnya berhasil membuka sebuah fitness center besar di Malang.

    ABDI KUSUMA SURJANA

    Status :Tinggi badan :

    Berat badan :Bag. tubuh favorit :

    Pekerjaan :

    Gym :

    Suplemen :

    Hobi :

    Solo, 30 Juni 1968Single Parent

    170 cm 67 kg

    Abdominal (perut)

    Gym owner

    The GYM at GreenHills ClubHouse KarangPloso

    Malang

    Amino 2002, Ultra Ripped FAF, & ProStar 100%

    Whey Protein

    Berenang, tennis, & lari sprint

    Anak : Joy (8 thn, suka

    hanging/chin-up) & Josh (2,5 thn,

    Suka compare 6-packs dengan papanya)

    Apa yang Bapak terapkan untuk mengelola The GYM?

    Baik, terakhir, apa arti fitnes bagi Bapak?

    Saya lebih suka terlibat langsung dengan para member untuk memberi motivasi. Saya juga berusaha mengedukasi para member mengenai pola latihan yang benar, diet yang sehat, dan membuang mitos-mitos fitnes yang salah. Memberi contoh gaya hidup sehat tanpa harus memaksa. Jadi kami apa adanya saja dengan member karena mereka sendiri yang nantinya akan merasakan apakah kita bermanfaat atau tidak. Saya juga melatih para staff untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari.

    Awalnya fitnes itu untuk wellnes (kesehatan fisik dan mental - red.) diri kita sendiri. Bukan cuma kesehatan tetapi lebih dari itu, mulai dari penampilan, performa, dan kekuatan fisik, serta lebih hemat karena jarang sakit. Setelah cukup dirasakan sendiri, kemudian di-sharing kepada orang lain.

    sportindo.com Agustus 11Aan

    Exclusivepose

  • N U T R I T I O N

    MAKANAN KAYA NUTRISI

    YANG RENTAN TERKONTAMINASI

    NUTRISI DARI MAKANAN SEHARI-HARI SANGAT KITA BUTUHKAN UNTUK MENUNJANG FUNGSI TUBUH DAN PERKEMBANGAN OTOT

    YANG OPTIMAL. AKAN TETAPI, BAGAIMANAKAH PEMILIHAN MAKANAN YANG ANDA KONSUMSI SETIAP HARI? ANDA YAKIN

    MAKANAN YANG ANDA BELI, ANDA OLAH, DAN ANDA KONSUMSI TERSEBUT SUDAH BEBAS DARI KONTAMINASI?

    sportindo.com Agustus12

    Nah, berikut ini ada beberapa macam makanan yang memiliki kandungan nutrisi berkualitas yang sangat tinggi, akan tetapi rentan terhadap kontaminasi, sehingga membutuhkan Perlakuan yang baik dalam menangani dan mengolahnya.

    TelurMeskipun telur adalah sumber protein yang baik yang mudah

    didapatkan dan harganya relatif terjangkau, akan tetapi Anda tetap

    harus berhati-hati saat mengkonsumsi telur. Bakteri

    Salmonella yang biasa mengkontaminasi telur mentah bisa menyebabkan keracunan makanan.

    Oleh karena itu, pastikan Anda memasak telur hingga matang

    sebelum mengkonsumsinya. Selain itu, cuci cangkang telur dan lap

    hingga bersih sebelum menyimpannya di lemari es.

    Ikan dan SeafoodTuna adalah jenis ikan yang rentan terhadap kontaminasi scombrotoxin. Kontaminasi ini terjadi jika suhu penyimpanan tuna setelah penangkapan masih terlalu tinggi. Pastikan Anda pilih ikan tuna yang benar-benar masih segar untuk menghindari keracunan makanan akibat toksin tersebut, yang umumnya berupa gejala pusing dan kram.Tiram dan kerang merupakan makanan laut atau seafood yang paling sering menimbulkan keracunan. Kontaminasi seafood ini umumnya disebabkan karena mereka hidup di habitat air yang sudah tercemar berbagai kontaminan.

    KejuSalmonella dan Listeria adalah dua bakteri yang paling sering mengkontaminasi keju. Kontaminasi bakteri-bakteri ini sangat berbahaya, terutama bagi janin pada ibu hamil. Oleh karena itu, agar keju tetap aman dikonsumsi, simpanlah keju di wadah tertutup yang kedap udara. Selain itu, gunakan pisau yang bersih dan kering untuk memotong keju.

  • Kontaminasi makanan adalah terdapatnya bahan atau organisme berbahaya dalam makanan. Sedangkan bahan atau organisme berbahaya tersebut dikenal dengan istilah kontaminan. Secara garis besar ada 3 macam kontaminan makanan, yaitu kontaminan biologis, kimiawi, dan fisik. Kontaminan biologis adalah organisme hidup, entah itu serangga, ataupun mikroorganisme seperti bakteri, jamur, parasit, hingga virus. Sedangkan kontaminan kimiawi berupa berbagai macam bahan dan unsur kimia misalnya zat kimia dalam pelapis alat pengolahan makanan, logam yang terakumulasi pada produk perairan, sisa antibiotik, pupuk, insektisida, pestisida, dan herbisida, serta dari bahan pembersih atau sanitiser kimia. Kontaminan fisik bisa berupa benda asing dalam makanan, misalnya paku, pecahan kaca, serpihan logam, isi stapler, lidi, kerikil, rambut, dan sebagainya yang selain mengurangi nilai estetika makanan juga bisa berbahaya jika sampai termakan.

    sportindo.com Agustus 13

    Sayur dan BuahBukan hanya bahan makanan hewani saja yang rentan

    terkontaminasi. Makanan nabati atau yang berasal dari tumbuhan pun rentan terhadap kontaminasi. Ada 12 buah-

    buahan dan sayur-sayuran yang dikenal dengan sebutan Dirty Dozen. Buah dan sayur tersebut kaya vitamin, mineral, dan

    antioksidan namun paling banyak terkontaminasi residu pestisida. Ini menurut penelitian Environmental Working

    Group (EWG) di Amerika Serikat. Buah-buahan tersebut antara lain persik, strawberry, apel, blueberry, nectarine (sejenis

    persik yang lebih kecil, berkulit merah), cherry, dan anggur. Sedangkan sayuran yang masuk dalam Dirty Dozen tersebut antara lain seledri, paprika, bayam, kale (sejenis kubis), dan

    kentang. Selain tercemar pestisida, sayur dan buah juga rentan terhadap bakteri. Oleh karena itu, pastikan Anda mencuci buah

    dan sayuran dengan air bersih yang mengalir agar bakteri dan kotoran yang menempel bisa hilang bersama air. Selain itu,

    pakailah pisau, talenan, dan alat masak yang bersih untuk mencuci, menyiapkan, dan mengolahnya. Hindari pemakaian

    bersamaan antara alat masak untuk sayuran dan daging-dagingan untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang.

    Nah, sekarang Anda tahu makanan apa saja yang rentan terhadap kontaminasi 'kan? Untuk menghindari keracunan akibat kontaminan yang terdapat dalam makanan di atas, pastikan Anda pilih makanan yang segar, bersih, dan dalam kondisi baik, serta perhatikan cara penanganan dan pengolahan makanan dengan baik dan benar.

    Selain makanan di atas, tomat dan tauge juga merupakan jenis makanan yang rentan

    terkontaminasi, baik itu dari bagian tanaman itu sendiri maupun dari alat memasaknya. Jika

    Anda akan mengkonsumsi tomat beserta kulitnya, pastikan Anda cuci bersih terlebih dahulu tomat tersebut. Gunakan juga pisau dan alat masak lain yang digunakan dalam

    kondisi bersih. Sedangkan untuk tauge, pastikan Anda membersihkan terlebih dahulu

    bagian ujung tauge sebelum dimasak atau dikonsumsi, untuk memastikan keamanan

    tauge bagi tubuh Anda.

    Diana

    Keamanan pangan merupakan suatu masalah yang serius. Makanan yang terkontaminasi sering menimbulkan keracunan makanan, baik secara massal maupun perorangan. Bahkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) menunjukkan bahwa makanan yang terkontaminasi adalah penyebab dari sekitar 1,5 milyar kejadian penyakit diare, di mana diare berat juga menjadi penyebab utama kematian terutama pada anak-anak. Itulah sebabnya, untuk menekan angka kejadian penyakit akibat kurangnya tingkat keamanan pangan, diterapkanlah praktek pengawasan mutu makanan melalui GMP (Good Manufacturing Practices) atau Cara Produksi Makanan yang Baik (CPMB).

    Kontaminasi Makanan

  • uplemen tidaklah sama dengan obat-obatan, sehingga US FDA (Food and Drugs Administration) di Amerika Serikat maupun Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) di S

    Indonesia tidak mengatur efektivitas dan keamanannya. Untuk mengawasi keamanan produk suplemen bagi konsumen, setiap perusahaan suplemen harus mematuhi pedoman GMP atau Good Manufacturing Practices. Akan tetapi, tidak semua perusahaan suplemen sudah menerapkan pedoman tersebut. Itulah sebabnya, banyak produk suplemen yang beredar di pasaran tidak aman dan justru membahayakan konsumennya.

    Apakah Anda pernah mendengar kejadian gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi suplemen? Beberapa kasus yang sering terdengar adalah timbulnya gangguan jantung, pembuluh darah, ginjal, hati, dan sebagainya. Akan tetapi, ingat bahwa suplemen pada dasarnya ditujukan untuk membantu memasok tubuh Anda dengan nutrisi penting yang Anda butuhkan, yang tidak tercukupi dari makanan sehari-hari saja. Lalu, kenapa ada kejadian gangguan kesehatan seperti yang disebutkan? Bukankah konsumsi suplemen bertujuan untuk meningkatkan kesehatan Anda? Itu semua karena adanya penyimpangan pada produk suplemen yang Anda konsumsi, entah itu adanya ketidaksesuaian antara label suplemen dengan isi suplemen yang sebenarnya, adanya kontaminasi pada suplemen, bahkan ada juga suplemen yang dijual dengan harga murah ternyata bukanlah suplemen dengan kualitas Food Grade atau suplemen yang memenuhi standar untuk dikonsumsi manusia, melainkan suplemen Animal Grade atau Feed Grade yang diperuntukkan bagi hewan.

    BAHAYA SUPLEMEN ASPAL BAGI KESEHATAN ANDA

    Di zaman sekarang ini, suplemen sudah menjadi suatu kebutuhan. Di Amerika, lebih dari setengah populasi orang dewasa telah mengkonsumsi suplemen untuk membantu

    menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, membentuk tubuh, dan masih banyak lagi tujuan lainnya.

    Di Indonesia, kondisi seperti itu juga tak jauh berbeda.Sebagai konsumen, apa yang mungkin tidak Anda sadari

    adalah bahwa tidak semua suplemen yang beredar di pasar saat ini sama. Beberapa di antaranya mungkin menyimpan bahaya bagi kesehatan Anda. Suplemen-

    suplemen tersebut adalah suplemen ASPAL alias asli tapi palsu yang tidak terjamin keamanannya bagi

    kesehatan Anda.

    sportindo.com Agustus14

    Berikut ini beberapa ke

    Informasi yang Tidak Benar tentang Jumlah Kandungan Nutrisi yang Tertera di Label Suplemen John Coolidge, seorang warga Signal Mountain, Tennessee, yang berusia 55 tahun, pernah mengkonsumsi suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan kesehatannya. Akan tetapi, pada awal Februari 2008, dia mulai mengalami gejala-gejala mulai dari diare, nyeri sendi, rambut rontok, gangguan pernafasan, bahkan kuku jari tangan dan kakinya patah. Akhirnya, setelah muncul ratusan keluhan lain yang menunjukkan reaksi negatif akibat konsumsi produk suplemen tersebut, FDA turun tangan. FDA segera melakukan inspeksi terhadap fasiltas di perusahaan suplemen tersebut serta kandungan dalam suplemen tersebut. Apa hasilnya? Sebagian besar sampel yang diperiksa FDA ditemukan mengandung selenium dalam jumlah lebih dari 200 kali lipat dari jumlah yang tertera di label suplemen tersebut, serta jumlah

    H E A L T H F I L E

  • ? 1 menit jumping jack (atau jalan di tempat)? 10-15 bench dips? 10-15 lunges? 1 menit jogging di tempat (atau jalan ditempat)

    Ulangi 2-3 kali atau hingga selama 30 menit berturut-turut (atau lebih lama).

    Konsisten dalam melakukan sesuatu akan membuat perbedaan besar dalam meraih kebugaran selama berpuasa. Mencari waktu untuk latihan mungkin bukan hal mudah. Tapi dengan 20 menit berjalan kaki akan membantu Anda mempertahankan tingkat kebugaran dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah kembali ke rutinitas normal Anda setelah usai Lebaran nanti.

    Jika Anda merasa perlu untuk menyesuaikan program latihan yang baik, Anda mungkin harus merencanakannya. Pilih waktu latihan ketika Anda memiliki lebih banyak energi dan tidak mempengaruhi puasa Anda. Beberapa orang merasa mendapat energi baru beberapa saat sebelum berbuka puasa dan mungkin itu merupakan waktu terbaik untuk latihan. Perhatikan tingkat energi Anda pada hari-hari pertama puasa dan temukan waktu latihan yang tepat untuk Anda. Pilihlah waktu latihan yang memungkinkan untuk membakar kalori ekstra tanpa menyebabkan lelah.

    Kita harus ingat bahwa puasa memang merupakan kewajiban yang menjadi prioritas utama selama bulan Ramadhan ini. Namun demikian, tetap sehat dan bugar selama puasa juga merupakan hal yang penting untuk dipertahankan agar tidak mengganggu puasa Anda. Selamat berpuasa dan tetap berlatih!

    4. Tet ap K onsist en, Meski Han ya Latihan Ring an

    5. Lakuk an Latihan Deng an Tepat

    5 g tTips Pent in Un uk Pr ram neog Fit s Anda lam PuSe a asaBul n Ra a

    n ela i a Ini art nya

    a m dhat h t b .

    i

    f ness m n a ya era m

    Isla w jib it a i

    ng b ga am a

    nt me laa d h p as

    a l m

    u uk nja nk n iba a u

    sea a

    se u an p nu

    Na u banya

    di a a a

    b l e h.m n,

    k nt r

    m eka b anyat nyabag im

    ana aer ert

    - a a

    d n

    kapan saa yaepa u tuk e

    l n utt ng t t n

    m a j kan

    rog m f nes erek ama

    b ua

    p ra itm a sel

    erp sa

    u an R m d an ini

    di b l a ah .

    Diana

    sportindo.com Agustus 17

  • TIPS AGAR ANDALEBIH TELITI MEMBACALABEL SUPLEMENt

    ip

    s

    7

    Saat ini banyak sekali bermunculan produk suplemen di sekitar kita. Tak menutup kemungkinan beberapa di antaranya adalah suplemen palsu yang justru bisa membahayakan kesehatan Anda. Jadi, jangan asal percaya pada suplemen yang bertuliskan Made in USA saja. Anda harus lebih teliti dalam membaca label suplemen Anda. Berikut ini beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui pada saat membaca label suplemen.

    Pastikan ada tulisan Dietary Supplement di label suplemen Anda. Ini adalah ketentuan yang diatur dalam Dietary Supplement Health and Education Act of 1994 (DSHEA).

    Pastikan label suplemen Anda mencantumkan informasi dasar mengenai perusahaan yang memproduksinya, terutama nama dan alamat perusahaan.

    Periksa tanggal produksi (manufacturing date) dan tanggal kadaluarsa (expiration date) suplemen Anda.

    Pastikan suplemen Anda juga mencantumkan kandungan

    Akhir-akhir ini peredaran suplemen palsu kian marak. Di Amerika Serikat, Food and Drugs Administration (FDA) terus mengingatkan konsumen untuk lebih waspada terhadap beredarnya berbagai suplemen makanan yang terkontaminasi oleh zat-zat asing serta suplemen palsu yang

    mengandung bahan yang tidak sesuai dengan daftar bahan yang tertulis di labelnya. Di Indonesia pun beredarnya suplemen palsu juga semakin meresahkan. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen

    pun dituntut untuk lebih pandai dalam memilih produk suplemen yang benar-benar baik dan berkualitas. Salah satunya adalah dengan lebih jeli dan teliti sebelum membeli suplemen.

    suplemen Anda dengan jelas, berupa nama nutrisi yang terkandung di dalamnya dan berapa banyak kandungannya, bahan-bahan yang digunakan dalam suplemen tersebut, serta ukuran atau jumlah produk tersebut dalam satu kemasan (bisa berupa berat, jumlah tablet/kapsul/bentuk lainnya).

    Periksa informasi yang berkaitan dengan dosis dan cara penggunaan suplemen. Pastikan suplemen Anda berisi cara penggunaan (Direction for Use/Suggested Use), takaran saji (Serving Size), dan jumlah sajian per kemasan (Servings per Container).

    Periksa bahan-bahan yang digunakan dalam suplemen Anda, baik di bagian daftar bahan (ingredients) dan bahan lain (other ingredients). Suplemen yang baik akan mencamtumkan bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen secara lengkap.

    Pilih suplemen dengan bahan-bahan yang telah menjalani tes atau pengujian sebelumnya. Sebagai contoh, ketika Anda memilih suplemen L-Carnitine, lebih baik jika Anda memilih produk dengan kandungan L-

    Carnitine yang telah teruji, misalnya L-Carnitine dari Ultimate Nutrition yang telah terstandar USP (United States Pharmacopeia) yaitu lembaga internasional yang mengatur standar kualitas bahan baku suplemen sehingga kualitasnya lebih terjamin.

    Setelah membaca label suplemen Anda dengan lebih teliti, pastikan label suplemen Anda tersebut memberikan Anda informasi yang benar. Bagaimana cara mengetahuinya? Gunakan informasi yang tertera pada label suplemen untuk menghubungi perusahaan yang memproduksi suplemen tersebut, untuk mencari tahu mengenai kualitas perusahaan dan produknya.

    Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika mengkonsumsi suplemen, maka sangat disarankan untuk memilih merek suplemen yang diproduksi oleh perusahaan suplemen yang menerapkan pedoman GMP (Good Manufacturing Practices) atau di Indonesia dikenal dengan istilah Cara Pembuatan yang Baik. Jadi, bacalah label suplemen Anda dengan teliti dan jadilah konsumen yang lebih bijak dalam memilih suplemen yang terbaik untuk Anda!

    sportindo.com Agustus18

    Diana

  • BICEPS & FOREARMS WEIGHT TRAINING

    Wrist curl merupakan latihan yang simple dan basic, tetapi sangat baik untuk memperkuat otot tangan (forearm) Anda. Kali ini Anda akan

    mengetahui cara melakukan latihan ini dengan menggunakan barbell. Simak panduannya berikut ini.

    PALM DOWN BARBELL WRIST CURL

    ti

    ps

    > Posisi duduk dengan punggung tegak> Posisi forearm menempel di paha> Posisi telapak tangan menghadap ke bawah

    memegang stang barbell> Angkatlah pergelangan tangan ke atas untuk

    mengangkat stang barbell> Turunkan stang barbell ke bawah> Tarik nafas saat menurunkan beban dan

    hembuskan nafas saat mengangkat beban

    > Posisi duduk dengan punggung tegak> Posisi forearm menempel di paha> Posisi telapak tangan menghadap ke atas

    memegang stang barbell> Angkatlah pergelangan tangan ke atas bersama

    dengan stang barbell> Turunkan stang barbell ke bawah> Tarik nafas saat menurunkan beban dan

    hembuskan nafas saat mengangkat beban

    PALM UPBARBELL WRIST CURL

    Http://duniafitnes.com/workout-guide/arms/bicep-forearms/bicep-forearms.html#palm_down_barbell_wrist_curl

    Http://duniafitnes.com/workout-guide/arms/bicep-forearms/bicep-forearms.html#palm_up_dumbbell_wrist_curl

    TAHAPAN PELAKSANAAN: TAHAPAN PELAKSANAAN:

    sportindo.com Agustus 19

    Model : Lucky S

    amuray

    Mod

    el :

    Ant

    on W

    iraw

    an

  • HEALTHY FOOD RECIPE

    Kolak pisang selalu menjadi favorit sebagai salah satu menu buka puasa karena rasanya yang manis dan legit. Pisang mengandung fruktosa dan glukosa yang menyediakan energi secara instan. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi, yang dibutuhkan tubuh untuk menggantikan mineral-mineral yang hilang pada saat berpuasa.

    Penggunaan gula yang lebih sedikit untuk mengimbangi kandungan gula yang terdapat di buah pisang agar suplai karbohidrat sederhana ke dalam tubuh tidak berlebihan. Selain itu gula aren yang digunakan mengandung protein, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat buat tubuh. Susu rendah lemak yang digunakan untuk memberikan cita rasa yang khas dan menggantikan santan yang banyak mengandung asam

    Healthy and Tasty KOLAKKOLAK

    MENU BUKA PUASA FAVORIT YANG LEZAT DAN KAYA NUTRISI

    Cara membuat:

    Untuk 4 porsi

    1. Kupas dan potong-potong buah pisang sepanjang kurang lebih 1-2 cm. Sisihkan.

    2. Larutkan gula merah dalam campuran air dan susu rendah lemak sambil dipanaskan dandiaduk. Masukkan kayu manis.

    3. Tambahkan oatmeal sambil terus diaduk sampai agak kental.

    4. Masukkan potongan pisang. Biarkan mendidih beberapa saat. Angkat. Sajikan.

    5. Tambahkan potongan es bila ingin dinikmati dingin.

    Healthy Banana Kolak

    sportindo.com Agustus22

    Kolak. Kudapan berkuah yang bercitarasa manis dan gurih ini merupakan salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Nah, jika Anda ingin menikmati kolak yang lebih sehat, berikut ini Arief T Nur Gomo membagikan resepnya untuk Anda.

    Oleh :Arief T. Nur Gomo, STP, MSi.

    Healthy Food and Recipe ContributorHead of Research and

    Development Department PT. Bionic Natura, Healthy Food

    Nilai gizi per porsiEnergi: 192 KalProtein: 3.8 gLemak: 1.2 g

    Karbohidrat: 41.4 gSerat: 2.6 g

    TIPS DAN SARAN:

    1. Bila tidak ingin terasa spicy, kayu manis bisa digantikan dengan daun pandan.

    2. Tambahkan buah kolang-kaling atau rumput laut untuk menambah variasi isi yang sehat.

  • HEALTHY FOOD RECIPE

    Teksturnya yang lembut sesuai untuk gigi yang baru memulai proses pencernaan setelah sekitar 12 jam tidak ada aktifitas pencernaan. Kolak biji salak yang akan kita buat kali ini berbeda dengan kolak biji salak pada umumnya karena menggunakan bahan-bahan yang lebih menyehatkan dan bermanfaat.

    Sebagai bahan utama digunakan ubi jalar ungu. Ubi jalar adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Ubi jalar ungu kaya akan antioksidan yang berguna sebagai pelindung dari proses oksidasi. Antosianin yang merupakan antioksidan yang terdapat pada ubi jalar ungu mampu menghalangi laju perusakan oleh sel radikal bebas akibat bahan-bahan yang berbahaya.

    Antosianin berperan dalam mencegah terjadinya penuaan dini, kemerosotan daya ingat dan kepikunan, polyp, penderita sakit maag, penyakit jantung koroner, penyakit kanker, dan penyakit-penyakit degenerative seperti arteosklerosis. Selain itu antosianin juga memiliki kemampuan sebagai antimutagenik dan antikarsinogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan olahannya, mencegah gangguan pada fungsi hati, antihipertensi, dan menurunkan kadar gula darah (antihiperglisemik).

    Cara membuat:

    Biji salak

    Kolak biji salak

    Untuk 5 porsi

    1. Cuci bersih ubi ungu.Keluarkan kulitnya.

    2. Rebus sampai matang. Saringdan tiriskan. Air sisa perebusan jangan dibuang.

    3. Dinginkan rebusan ubi ungu tersebut.

    4. Hancurkan dengan garpu sampai halus.

    5. Tambahkan tepung sagu dan gula pasir. Adonin menggunakan tangan sampai kalis (bisa dibentuk seperti kelereng). Jika masih kurang kalis, tambahkan tepung sagunya sedikit demi sedikit.

    6. Bentuk sebesar kelerang sampai adonan habis. Sisihkan.

    1. Larutkan maizena dengan sedikit air rebusan ubi. Sisihkan.

    2. Panaskan air , gula pasir, gula merah, dan susu sampai mendidih.

    3. Masukan biji-biji salak dan kolang-kaling. Kadang-kadang diaduk perlahan.

    4. Bila biji salak udah mengapung. Masukkan maizena yang sudah dilarutin tadi sambil terus diaduk.

    5. Setelah agak mengental. Angkat dan sajikan. Bila ingin dingin tambahkan es atau disimpan di kulkas terlebih dahulu.

    sportindo.com Agustus 23

    KOLAK BIJI SALAK UBI UNGU

    Siapa yang tak kenal kolak biji salak? Makanan yang satu ini sepertinya sudah menjadi salah satu menu wajib untuk berbuka puasa. Disebut biji salak, karena butirannya berbentuk seperti biji salak. Kandungan gula didalamnya berguna untuk mengembalikan energi secara cepat dan menormalkan kadar gula darah.

    Nilai gizi per porsiEnergi: 200 kkal

    Lemak: 0.2 gKarbohidrat: 48.6 g

    Serat: 2.1 gProtein: 1.3 g

    Ubi Ungu

  • Gym Profiles

    TOP IN ONE GYMSUKABUMI

    SELAMAT HEALTH & SPORT CENTRE (SHSC)SUKABUMI

    Gym yang satu ini bisa dikatakan merupakan yang terbesar dan terlengkap di Sukabumi. Menurut Chi Noel, leader dari Top In One Gym, klaim tersebut tidak berlebihan karena 5 fasilitas utama terpadu dapat dinikmati para member. Kelima fasilitas tersebut adalah gym, spa, salon, restoran, dan caf. Jadi di Top In One, tak hanya latihan fitnes dan aerobik saja, para member dapat melepas lelah di spa (termasuk sauna), berdandan di salon, makan di restoran, dan bersantai di caf (termasuk karaoke). Semua ruangan sudah full AC untuk kenyamanan member. Top In One juga dilengkapi KM air panas dan mushola.

    Hebatnya, pusat kebugaran milik Ibu Natalia ini memasang tarif yang sangat terjangkau. Dengan registrasi hanya 25 ribu rupiah dan tarif per bulan 75 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat latihan fitnes sepuasnya dipandu oleh instruktur. Untuk program fitnes dengan personal trainer hanya dipatok 300 ribu rupiah saja. Atau jika ingin mencoba, Anda cukup membayar 10 ribu rupiah saja per datang. Sementara aerobik yang terdiri atas kelas BL Full, Senam Kegel, dan Senam Lantai/Matras hanya dikenakan tarif 12 ribu rupiah saja per datang. Keunggulan inilah yang membuat Top In One diminati fitness mania Sukabumi. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi lokasinya di Jl. Pajagalan, Komplek Ruko Danalaga Square Blok C2 & H1, Sukabumi, telepon (0266) 224246. Top In One Gym buka non-stop setiap hari (termasuk hari libur) jam 08:00-21:30 WIB.

    Demi untuk kenyamanan member dan memberi persepsi positif kepada masyarakat terhadap pusat kebugaran, Selamat Health & Sport Centre Sukabumi menyediakan ruangan fitnes yang terpisah antara member pria dan wanita. Hasilnya, para member wanita kini mendapat privasi untuk latihan fitnes maupun aerobik. Menurut pengelola SHSC Sukabumi, Ibu Ella Herawatie, karena kenyamanan tersebut, para member terus bertambah setiap hari (400 member aktif per bulan). Selain itu rasa kekeluargaan sangat diutamakan sehingga setiap 1-3 bulan sekali diadakan acara gathering bersama sampai membentuk komunitas bersepeda. Bahkan menjelang bulan puasa ini, SHSC Sukabumi menggelar tabligh akbar mengundang Ustadz Hari Moekti, Wakil Walikota Sukabumi, dan beberapa tokoh Sukabumi.

    Pusat kebugaran milik Bp. H. Mahmun ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti food court, aneka kostum dan aksesoris fitnes, serta berbagai macam suplemen fitnes. Tarif fitnes di SHSC pun sangat terjangkau. Untuk fitnes, hanya dikenakan biaya 40 ribu rupiah/bulan, 7 ribu rupiah untuk insidentil atau 12 ribu rupiah dengan trainer. Sementara untuk aerobik hanya dikenakan biaya 80 ribu rupiah/bulan atau 13 ribu rupiah saja untuk insidentil. Biaya registrasi pun hanya 20 ribu rupiah. Segeralah bergabung dengan SHSC Sukabumi yang berlokasi di Toserba Selamat Lt.2 Jl. R.E. Martadinata No. 49 Sukabumi atau hubungi (0266) 212970 untuk info lebih lanjut. Buka non-stop setiap hari (termasuk hari libur) jam 08:00-21:00 WIB. Rizal

    Rizal

    sportindo.com Agustus24

  • e v e n t s

    Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 26 Juni 2011, sebuah gym baru bernama My Gym dibuka di Malang. Acara dibuka jam 09:30 pagi dengan sambutan dari Bp. Gideon, salah satu owner, disusul sambutan oleh Vice President PT Jaya Sportindo, Bp. Erwin Santoso SE., MM. yang turut hadir.

    Untuk meramaikan, lomba aerobik pun digelar selama kurang lebih satu jam. Juga diadakan lomba ketahanan biceps dimana Bp. Erwin dan salah satu owner My Gym, Bp. Gunawan, turut berpartisipasi. Ultimate Nutrition juga membuka stand dengan mengadakan cek

    Malang

    Pembukaan My Gym Malang& Talk Show Latihan & Diet

    kepadatan tulang, cek kadar lemak, dan konsultasi secara gratis yang disambut antusias oleh para hadirin. Usai makan siang, panitia mengumumkan para pemenang lomba dan diikuti penyerahan hadiahnya. Diadakan pula pengundian doorprize untuk para undangan. Acara lalu ditutup dengan berfoto bersama-sama.

    Menyusul launching event, diadakan Talk Show Seputar Latihan dan Diet oleh Bp. Erwin Santoso sebagai narasumber pada tanggal 10 Juli 2011 di My Gym. Para peserta tak hanya berasal dari member My Gym saja, tetapi juga berasal dari luar, on.

    bahkan dari Bojonegoro. Bp Erwin menyampaikan tips latihan tentang bagaimana mengangkat beban yang high benefit n low risk (hasilnya optimal, risiko minimal) serta tips diet dan suplementasi untuk cutting, bulking, dan body shaping. Usai sesi tanya jawab, acara ditutup dengan pembagian souvenir dari Ultimate Nutrition.

    Bagi Anda yang tertarik bergabung bersama My Gym, segera kunjungi Jl. Galunggung 82, Malang, atau hubungi (0341) 562447 untuk info lebih lanjut. Selamat dan sukses untuk My Gym!

    sportindo.com Agustus 25

    Diana

  • Kali ini giliran kota kembang Bandung yang menjadi tuan rumah gelaran Putaran 4 Ultimate

    Body Contest Roadshow 2011. Bertempat di Aula Gedung KORPRI, Jl. Turangga No. 25,

    pertandingan berlangsung pada tanggal 3 Juli 2011 dengan diikuti oleh 71 kontestan

    yang wajib membawa SixReps Passport pada saat mendaftarkan diri.

    Galih

    SNAPSHOT

    PUTARAN 4 : BANDUNG

    ukul 10.00 tepat, acara dimulai dengan technical meeting yang dipandu oleh Bp. Wayan dengan dibantu oleh para dewan juri yang terdiri atas Bp. P

    Dani Kristanto, Ketut Arnawa, dan Sondang Ruddy. Menyusul kemudian presentasi SixReps oleh Bp. Sutiyoso, Marketing Director dari PT. Jaya Sportindo.

    Akhirnya babak penyisihan pun dimulai. Para peserta bergiliran naik ke panggung untuk berpose. Sebagai salah satu kota yang paling maju dunia fitnesnya di Indonesia, para peserta rata-rata sudah memiliki tubuh yang sangat ideal. Apalagi para peserta dari Jakarta dan Tangerang juga banyak yang turut bertanding. Akibatnya, persaingan ketat sudah dimulai sejak babak penyisihan yang akan menjaring 40 peserta masuk ke babak semifinal. Masuk ke babak semifinal, 40 peserta masih disaring lagi menjadi 20 finalis memperebutkan 10 tiket menuju Grand Final UBC Roadshow 2011 di Jakarta.

    Di babak final, 20 finalis yang dipilih oleh juri tampil satu per satu menampilkan pose bebas dan juga melakukan pose wajib dengan para finalis lainnya. Setelah perbandingan otot ideal, tajam, dan berserat memukau seluruh hadirin, akhirnya terpilihlah 10 peserta terbaik yang berhak mengikuti Grand Final UBC Roadshow 2011 di Jakarta pada bulan Desember 2011 mendatang.Jonny Samuel dari Rai Fitness, Bandung terpilih sebagai Juara I untuk UBC Roadshow 2011 Putaran 4 kali ini sehingga menyabet uang tunai 2 juta rupiah plus trophy dan hadiah dari sponsor. Selamat kepada para pemenang dan panitia atas terselenggaranya acara ini dengan sukses!

    Adu side body pose antara Juara III dan II Adu otot perut antara Juara X dan VI

    Penampilan Johan Mulya (Juara IV) Front Body Pose oleh Asep Mustopa (Juara V)

    Abdominal Pose oleh Redy (Juara VII) Ricky (Juara VIII) memamerkan front body pose

    sportindo.com Agustus26

  • DAFTAR JUARAJuara I : Jonny Samuel (Rai Fitness, Bandung)Juara II : Eko Budi Susilo (Samson Fitness, Tangerang)Juara III : Sandy Winarya (Fitness City, Bandung)Juara IV : Johan Mulya (Melvan Gym, Bandung)Juara V : Asep Mustopa (Hans Body Club, Bandung)Juara VI : Bangun Amoro (L-Gym, Semarang)Juara VII : Redy (Zen Body Gym, Majalengka)Juara VIII : Ricky Ari Sunardi (One 'O One Fitness, Garut)Juara IX : Laurend Hutagalung (Hokita Gym, Jakarta)Juara X : Erlin Malingi (Willy Gym, Lampung)

    Inilah para juara UBC Roadshow 2011 Putaran 4 Bandung

    Irwan Eden memandu games berhadiah Jonny Samuel (Juara I)

    Dewan Juri serius menilai peserta

    Para panitia berfoto bersama seusai acara

    Deretan para tamu VIP di bagian depan

    Stand Healthy Bites turut berperan serta

    sportindo.com Agustus 27

  • Minggu, 17 Juli 2011 yang lalu, Putaran 5 dari Ultimate Body Contest Roadshow 2011 telah sukses digelar di ibukota

    Kalimantan Timur, Samarinda. Acara diselenggarakan di Gedung Balai Budaya Samarinda, Jl. Kemakmuran No. 12, Samarinda.

    Pendaftaran peserta mulai dibuka jam 07:00 WITA dan ditutup beberapa saat menjelang dimulainya acara. Sebanyak 64 orang yang telah mendaftar dengan membawa SixReps Passport pun

    tercatat sebagai peserta.

    Cahyono

    SNAPSHOT

    PUTARAN 5 : SAMARINDA

    sportindo.com Agustus28

    epat jam 10:00, acara dimulai dengan diawali talk show sharing pola diet dan latihan yang disampaikan secara langsung oleh Vice President PT Jaya Sportindo, Bp. Erwin Santoso SE., MM. T

    Sekitar 30 menit kemudian, acara dilanjutkan dengan technical meeting yang dipimpin oleh Bp. Wayan dan dibantu oleh Bp. Pena. Segera setelah technical meeting selesai, 64 orang peserta pun tampil dalam babak penyisihan. Delapan peserta maju berpose wajib bergiliran sesuai nomor urut di depan dewan juri dan penonton.

    Sembari menunggu hasil penilaian para dewan juri yang terdiri dari Abas, Ketut Arnawa, dan Ardi, maka tampillah Cornelis Amo diatas panggung sebagai guest poser. Selanjutnya, dewan juri mengumumkan 40 peserta yang lolos dalam babak penyisihan dan berhak melaju ke babak semifinal. Di babak semifinal, para peserta masih harus bersaing agar dapat tersaring masuk 20 besar finalis.

    Setelah ke-40 semifinalis beradu diatas panggung, acara dilanjutkan dengan presentasi tentang SixReps oleh Marketing Director PT. Jaya Sportindo, Bp. Sutiyoso, yang kemudian disusul dengan pengumuman nama-nama 20 peserta yang dinyatakan lolos ke babak final.

    Tanpa menunggu lama, 20 finalis tersebut akhirnya bersaing di babak final. Peserta maju satu per satu untuk berpose bebas disusul berpose banding dengan finalis lainnya. Acara sempat diselingi dengan game seru dan berhadiah dr Bp. Erwin untuk penonton dimana yang berhasil menjawab pertanyaan dipersilahkan memilih 3 peserta favoritnya untuk kemudian diperbandingkan.

    Akhirnya setelah melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat, Danil Mustoko dari Benk Gym Samarinda berhasil menyabet Juara I pada UBC Roadshow 2011 Putaran 5 di Samarinda ini. Selamat kepada Danil Mustoko dan 9 finalis lainnya yang berhak mengikuti Grand Final UBC Roadshow 2011 di Jakarta pada bulan Desember 2011 nanti.

    Yang cukup menarik di Putaran 5 ini, para peserta terlihat akrab satu sama lain. Bahkan ketika nama pemenang diumumkan, finalis lain langsung merangkul memberi selamat kepada sang juara. Begitu juga para penonton terlihat sangat aktif dan ramai menyemangati jagoannya yang bertanding. Salut untuk Samarinda!

    Juara I : Danil Mustoko Juara II : Imam Sukardi

    Juara IV : Andri FahepiJuara III : Budi Sumartha

    Sorak sorai penonton memberi semangat

  • DAFTAR JUARA

    sportindo.com Agustus 29

    Juara I : Danil Mustoko (Benk Gym, Samarinda)Juara II : Imam Sukardi (Rumah Besar, Tenggarong)Juara III : Budi Sumartha (Master Gym, Samarinda)Juara IV : Andri Fahepi (Studio 73, Balikpapan)Juara V : Agus G. (Master Gym, Samarinda)Juara VI : Anom Bimo Saptono (Dynasti, Balikpapan)Juara VII : Alfian Sabran (Planet Fit, Pontianak)Juara VIII : Hengky Sutanto (Master Gym, Samarinda)Juara IX : Iwan Rachmawan (Studio 73, Balikpapan)Juara X : M. Agus Junaidi (Fitness Koni Kaltim, Samarinda)

    Bp. Sutiyoso mempresentasikan SixReps Bp. Erwin Santoso memandu talkshow Guest Poser : Cornelis Amo Penyerahan hadiah untuk Juara I

    Stand Ultimate Nutrition oleh agen wilayah Samarinda

    Inilah para juara UBC Roadshow 2011 Putaran 5 Samarinda