sportindo com - the magz november 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

118 views

Category:

Documents


4 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz November 2010

Pemimpin Umum L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung JawabSutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.Arief T. Nur GomoGalih, Ardy, Budi

Tim Redaksi George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & DesainRachmat Kurniawan, SE.

TjahyonoGalihseto R.A, SST

Promosi & IklanPT. Jaya Sportindo

DistribusiMangapul F. Hutahaean, SE.

Websitewww.sportindo.com

www.dennysantoso.comwww.duniafitnes.com

[email protected]

Cover :Rahmat

redaksiredaksi

editor's letter

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Follow Denny Santoso on:Facebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

Vitamin E Membuat Gemuk?

Creatine Ethyl Ester

Bekatul

Saya ingin bertanya, apa benar kalau vitamin E dapat membuat gemuk? Teman saya barusan bilang kalau dulu adiknya sering minum vitamin E sehingga menjadi gemuk. Apalagi dalam vitamin E mengandung gelatine.Kristina Setiawan ([email protected])

Vitamin tidak membuat tubuh menjadi gemuk karena vitamin bukan sumber kalori. Kegemukan bisa terjadi jika Anda kelebihan kalori. Gelatine adalah protein yang bermutu rendah. Dalam kapsul vitamin E, gelatine hanya sebagai pembantu bukan komponen utama. Konsumsi vitamin E harian yang dianjurkan adalah tidak melebihi 6-7 mg untuk anak-anak usia 1-8 tahun, 11 mg untuk anak-anak usia 9-13 tahun, dan 15 mg untuk 14 tahun keatas (dewasa).

Kapan Ultimate Nutrition akan me-launching dan menjual produk suplemen Creatine Ethyl Ester di Indonesia? Menurut info, produk ini sangat bagus. Apakah betul? Terima kasih.Arifin Sukardi ([email protected])

Pak Arifin, Ultimate Nutrition sudah ada jadwal me-launching Creatine Ethyl Ester segera dalam bentuk softgels. Rumornya tidak perlu memakai dosis 5 gr per serving dan penyerapannya lebih optimal. Creatine tentu saja merupakan salah satu suplemen terpenting setelah amino dan susu protein dan inovasi terbarunya semakin optimal dalam membantu pembentukan otot tubuh. Kita tunggu saja launching-nya di Indonesia.

Apakah benar bekatul tinggi protein? Kira-kira berapa banyak kandungan proteinnya? Bagaimana dengan kandungan karbohidratnya? Apakah termasuk karbohidrat kompleks? Lalu apa kelebihan dan fungsinya? Terima [email protected] apa saja yang terbuat dari bekatul? Umumnya masyarakat mengenal bekatul sebagai makanan ternak.Sondang Ruddy

Bekatul merupakan makanan yang kaya serat pangan, sedikit vitamin dan mineral. Bekatul juga cukup mengandung asam lemak tak jenuh, asalkan dalam kondisi belum diekstrak. Kalau bekatul yang sudah diekstrak kandungan minyaknya menjadi kurang baik. Bekatul bukan merupakan sumber protein yang bagus, namun bukan termasuk karbohidrat sederhana pula. Bahan pangan yang mengandung bekatul misalnya beras merah dan beras coklat. Roti gandum yang terbuat dari gandum utuh juga masih mengandung bekatul gandum (wheat bran).

Selamat kepada dr. Jeffry Tenggara, kontributor Sportindo.com The Magz, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan spesialis penyakit dalam di Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM dan meraih gelar baru yaitu dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD.

alam masa off season, umumnya para atlet binaraga atau body contestant membiarkan saja otot-otot tubuhnya mengalami fase bulking sehingga Dberat badannya akan bertambah. Ketika menjelang persiapan kejuaraan,

mereka akan mengubah fase bulking tadi menjadi fase cutting dengan diet yang ekstra ketat dan latihan yang intens untuk mengkikis lemak tubuh sehingga definisi otot bisa. Bagaimana jika fase bulking di-skip saja dan dibiasakan selalu menerapkan cutting diet saat off season? Selain mendapatkan kondisi otot yang selalu lean, Anda juga masih bisa menambah massa otot tanpa lemak lagi sebelum tibanya hari pertandingan. Jadi Anda tidak perlu lagi bersusah payah berdiet terlalu keras mengikis lemak akibat bulking. Menyenangkan bukan? Selengkapnya dapat Anda baca di Cover Story edisi November ini.

Sementara itu dalam rubrik Nutrition, kami ketengahkan daging unggas alternatif yang nutrisinya tidak kalah dengan ayam, bahkan oleh sebagian orang rasanya dianggap lebih lezat. Ya, yang saya maksud adalah bebek yang maskaannya sudah terkenal mulai dari bebek betutu di Bali hingga bebek Peking di Cina. Edisi ini juga masih setia menampilkan berbagai info dan artikel sehat, resep masakan sehat, profil fitness mania, dan tips-tips praktis yang kami sajikan khusus untuk Anda yang juga masih setia membaca majalah ini. Salam sehat!

sportindomail

Page 5: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 6: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 7: Sportindo Com - The Magz November 2010

Diet dan Pembentukan Tubuh

Memahami Nutrisi dengan MudahDiperlukan usaha yang keras dan

disiplin dalam berdiet atau memilih makanan yang tepat saat persiapan menjelang kejuaraan binaraga atau body contest. Para atlet berusaha melakukan cutting diet, berlapar-lapar, dan mengeringkan otot tubuhnya agar definisinya terlihat tajam tanpa timbunan lemak atau air sehingga siap untuk bertanding.

Tetapi jika Anda tidak termasuk atlet kelas profesional dan masih termasuk kelas amatir atau pemula, proses cutting diet ala atlet profesional tadi tidak perlu harus Anda lakukan. Nah, dalam artikel ini Anda akan dijelaskan sebuah cara bagaimana bisa tetap mengkikis lemak tubuh tanpa harus berdiet ketat dan menyiksa diri Anda. Namun ada satu hal yang sangat penting dan harus Anda camkan dalam menerapkan cara ini, yaitu Anda tidak perlu melakukan fase bulking.

Apa yang menjadi alasan cara diet seperti ini? Jika melihat sejarah jaman kejayaan para atlet binaraga profesional seperti Arnold Schwarzenegger, Robby Robinson, Ed Corney, Frank Zane, dan masih banyak lagi atlet binaraga legendaris ternama lainnya, maka Anda akan menemukan beberapa fakta menarik. Mereka tidak melakukan fase bulking pada saat off season seperti yang banyak dilakukan para atlet binaraga pada saat ini. Kenapa para atlet profesional tersebut tidak melakukan

fase bulking? Karena mereka menerapkan cutting diet setiap saat sehingga otot tubuh mereka selalu tampil lean dan bahkan mereka bisa menambah massa otot bebas lemak untuk persiapan kejuaraan tanpa harus bulking terlebih dahulu.

Kala itu, para atlet profesional tersebut belum mempunyai suplemen selengkap seperti saat ini. Jadi ketika mereka sedang dalam masa pra kompetisi, mereka harus menjaga agar otot tubuhnya dalam kondisi mendekati siap tanding. Nah, inilah rahasianya, yaitu menjaga bentuk tubuh dalam kondisi mendekati siap tanding setiap saat dan sepanjang tahun namun masih mampu menambah massa otot bebas lemak.

Jadi dalam artikel ini Anda akan mempelajari cara cutting diet yang mudah namun efektif dan akan menghasilkan kondisi otot tetap mendekati siap tanding setiap saat. Cara ini juga dapat mengurangi kondisi otot yang terlihat “rata” akibat cutting diet konvensional dan proses pengeringan otot.

Pola makan dalam metode ini tidak perlu harus terlalu rumit. Memang benar jika Anda bisa memanipulasi tubuh dengan diet yang lebih rinci dan rumit, tetapi masih ada cara lain yang mampu menghasilkan kondisi otot yang hampir serupa tanpa harus pusing-pusing berhitung dan butuh waktu lama. Artikel ini membahas bagaimana cara paling mudah untuk menjadi lean, menjaga tetap lean, ih

Sederhanakan Pola Makan

Kenapa para atlet profesional tersebut tidak melakukan fase bulking?

Karena mereka menerapkan cutting diet setiap saat sehingga otot tubuh

mereka selalu tampil lean dan bahkan mereka bisa menambah massa otot

bebas lemak untuk persiapan kejuaraan tanpa harus bulking

terlebih dahulu.

Kenapa para atlet profesional tersebut tidak melakukan fase bulking?

Karena mereka menerapkan cutting diet setiap saat sehingga otot tubuh

mereka selalu tampil lean dan bahkan mereka bisa menambah massa otot

bebas lemak untuk persiapan kejuaraan tanpa harus bulking

terlebih dahulu.

Mo

de

l :

Ab

as

COVERSTORY

Page 8: Sportindo Com - The Magz November 2010

porsi nasi putih tentu saja berbeda nutrisinya dengan satu porsi nasi beras merah.

Baiklah, jadi metode cutting diet yang digunakan adalah : Makanlah satu porsi karbohidrat dan satu porsi protein sebanyak 6 (enam) kali sehari. Lalu tambahkan satu porsi sayur-sayuran sebanyak paling tidak 3 (tiga) kali sehari. Ya, semudah itu saja!

Beberapa orang mungkin menganggap makan enam kali sehari adalah terlalu banyak. Tetapi kuncinya adalah metabolisme tubuh. Nah, metabolisme tubuh Anda itu bagaikan api di tungku pembakaran kayu. Jadi jika semua persediaan kayu langsung dibakar semua sekaligus maka akan menghasilkan api yang besar. Namun apinya akan membakar semua kayu hingga lebih cepat habis hingga akhirnya padam. Nah, coba bandingkan dengan jika Anda membagi kayunya menjadi, katakanlah, enam bagian. Lalu Anda bakar kayunya sebagian demi sebagian, maka nyala apinya relatif akan tetap besar dan stabil dalam jangka waktu yang lebih lama.

Begitu pula cara kerja metabolisme tubuh Anda. Dengan membagi jumlah konsumsi makanan sehari menjadi enam bagian, maka Anda akan selalu memberi “bahan bakar” metabolisme tubuh Anda secara periodik dan berkesinambungan. Membagi jumlah konsumsi makanan Anda sehari

Metode

ContohMari kita ambil sebuah contoh. Misalnya Anda ingin

menambah massa otot tanpa timbunan lemak. Target tersebut terdengar sangat sulit bahkan tidak mungkin. Sebagai contoh anggap saja saat ini Anda sedang dalam kondisi stuck atau mentok di berat badan 80 kg dengan kondisi otot yang cukup lean. Anda kesulitan mendapatkan tambahan massa otot namun juga tidak mengalami penurunan massa otot.

Misalnya pola makan Anda saat ini adalah sebagai berikut (hanya gambaran pola makan secara sederhana, bukan berarti yang dianjurkan) :

Makan 12 putih telur rebus1 mangkuk oatmeal1 buah apel

Makan 2Sepotong kecil keju cottage1 gelas yoghurtSegenggam kacang kulit

menjadi enam bagian bukan berarti makan banyak enam kali sehari.

Manfaat membagi jumlah konsumsi makanan enam kali sehari adalah :1. Mensuplai energi untuk tubuh

secara berkala sepanjang hari.2. Membakar lebih banyak kalori.3. Mengendalikan dan mengurangi

nafsu makan serta menghilangkan keinginan untuk ngemil.

Beberapa dari Anda mungkin tidak menyukai konsumsi karbohidrat terlalu banyak, atau malah ada yang sangat minim mengkonsumsi karbohidrat untuk cutting diet. Namun saran kami, jika Anda ingin menambah massa otot, maka tambahkanlah porsi karbohidratnya! Kenapa? Protein memang sangat penting dan tentu saja sudah tepat untuk mensuplai perkembangan jaringan otot, namun tahukah Anda fakta bahwa ketika Anda latihan, maka jaringan otot akan mengubah karbohidrat menjadi ATP (energi). ATP (energi) ini sangat Anda butuhkan untuk mengangkat beban ketika latihan. Artinya, asupan karbohidrat sangat penting untuk meningkatkan performa latihan.

Asupan karbohidrat juga berfungsi penting untuk menyerap air dalam otot (hydrate). Itulah mengapa terdapat kata hydrate dalam kata carbohydrate. Jadi jika Anda menghindari konsumsi karbohidrat maka Anda akan kehilangan performa dan tenaga (pump) latihan.

Makan 3Salad tunaNasi beras merah atau roti gandum utuh

Makan 4Dada ayamNasi beras merah atau roti gandum utuh

Makan 5Satu mangkuk salad buah-buahan

Makan 6Salmon atau tunaAsparagus atau sayuran lain1 buah kentang manis

Perkiraan kalori : 2.750Karbohidrat : 307 gr (45%)Protein : 140 gr (20%)Lemak : 120 gr (35%)

COVERSTORY

Salad Tuna

Beras Merah

Sup Asparagus

Page 9: Sportindo Com - The Magz November 2010

COVERSTORY

Mari kita beranggapan bahwa target Anda ingin menambah massa otot tanpa timbunan lemak. Maka jika menurut perhitungan kalori, Anda harus menambah sekitar 300-500 kalori per hari. Kenapa? Karena 1 kilogram otot mengandung sekitar 1200 kalori dan 1 kilogram lemak mengandung sekitar 7000 kalori. Menambah 300-500 kalori per hari sama dengan menambah 2000-3500 kalori per minggu atau hampir sama dengan setengah kilogram lemak. Artinya pula Anda harus menambah ekstra kalori untuk dapat menambah massa otot tubuh Anda tanpa timbunan lemak.

Lalu bagaimana penyesuaian pola makannya? Berarti Anda harus menambah 2 porsi yang terdiri dari 1 porsi karbohidrat dan 1 porsi protein menjadi :

Makan 12 putih telur rebus1 mangkuk oatmeal1 buah apel

Makan 2Sepotong kecil keju cottage1 gelas yoghurtSegenggam kacang kulit

Makan 3Salad tunaNasi beras merah atau roti gandum utuh

Makan 4Dada ayamNasi beras merah atau roti gandum utuhSatu porsi salad ukuran sedang

Makan 5Salad buah-buahanSandwich atau roti gandum isi selai kacang

Makan 6Salmon atau tunaAsparagus atau sayuran lain1 buah kentang manis

Perkiraan kalori : 3050 kaloriKarbohidrat : 347 gr (46%)Protein : 150 gr (20%)Lemak : 128 gr (34%)

Penghitungan yang mudah bukan? Nah, perubahan cutting diet berdasar hitungan porsi tersebut diharapkan mampu memanipulasi otot tubuh Anda menjadi lebih lean. Jaga dan terapkan cutting diet ini sehingga otot tubuh Anda tetap berada dalam kondisi lean setiap saat sampai hari pertandingan tiba.

perkembangan maksimal otot sampaipada saat hari pertandingan tiba.

Ya, semudah dan sesederhana itulah pengaturan cutting diet tanpa bulking menjelang kompetisi. Penghitungan diet berdasarkan porsi akan lebih mudah diingat dan dikendalikan. Menerapkan cara cutting diet seperti diatas setiap saat akan membuat otot tubuh Anda terlihat lean setiap saat. Dan ketika menjelang hari kompetisi, Anda masih bisa menambah massa otot lagi tanpa timbunan lemak dengan perubahan berdasar hitungan porsi.

Dengan selalu tetap lean, Anda tidak perlu berjuang mati-matian untuk cutting sementara waktu yang dimiliki sebelum hari pertandingan tiba sangat terbatas. Bahkan dengan menerapkan cutting diet ini siapa tahu Anda merasa sudah memiliki otot tubuh yang cukup lean dan siap tanding sehingga tidak perlu lagi melakukan perubahan diet. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kesimpulan

*Ditulis berdasarkan pengalaman Stuart Schaefer, atlet binaraga yang meraih Juara I tingkat amatir dalam kompetisi yang diselenggarakan National Physique

Committee (NPC) pada tahun 2004 di Colorado, Amerika Serikat (NPC adalah organisasi binaraga amatir terbesar di Amerika Serikat dibawah IFBB). Stuart berhasil meraih

Juara I setelah sebelumnya meraih Juara IV pada tahun yang sama dengan tanpa merubah pola dietnya sama

sekali. Stuart terus menerapkan pola diet seperti diatas sehingga otot tubuhnya tetap lean setiap saat dan

bahkan berhasil menambah massa otot sebanyak 10 kilogram dengan kadar lemak tetap di angka 6%.

Aan (Bodybuilding.com)

Yoghurt

Roti Gandum

Salmon

Page 10: Sportindo Com - The Magz November 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

Mengurangi Berat Badan

lahraga dapat membantu mendorong cairan di dalam perut (yang menyebabkan perut besar) ke luar O

jaringan dan masuk aliran darah untuk dikeluarkan lagi melalui keringat atau di bawa ke dalam empedu untuk dikeluarkan lagi melalui urine. Olahraga akan mempercepat metabolisme tubuh sehingga membuatnya menjadi lebih lancar.

Latihan Perut (abdominal) Latihan ini bermanfaat untuk membentuk dan menjaga massa otot perut Anda. Fokus latihan terletak pada abdominal (center crunch, side crunch, crossover crunch, bench crunch, decline bench crunch, lying leg raise, reverse crunch, straight leg crunch, plank, side plank) tanpa melewatkan latihan pada bagian lainnya.

Aerobik Karena aerobik bersifat ritmis maka

pilihlah jenis aerobik yang paling Anda sukai, ini berguna untuk mengantisipasi kejenuhan

dalam melakukan aerobik. Pemanasan dan peregangan sangat disarankan sebelum melakukan olahraga ini. Pada 20 menit pertama dalam melakukan aerobik, tubuh akan mengambil energi pada gula darah, setelah gula darah abis, tubuh akan mengambil energi dari lemak Anda. Namun, jangan melakukan aerobik secara berlebihan (lebih dari 2 jam), karena tubuh tidak akan mengambil dari lemak Anda lagi, melainkan dari otot-otot Anda (katabolisme). Latihan aerobik akan lebih efektif jika dibarengi dengan latihan beban.

? Jogging Tahukah Anda bahwa selain memberikan manfaat bagi kondisi fisik dan kesehatan, melakukan jogging secara teratur juga dapat memberikan kesenangan secara fisik dan mental? Jadi, apabila jogging dilakukan dengan tepat maka Anda tidak akan merasa kelelahan. Sebaliknya Anda akan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya. Selain dapat membakar lemak dan mengatasi kegemukan, jogging juga memiliki beberapa manfaat sebagai membuat jantung menjadi lebih kuat, memperlancar sistem

Berikut beberapa jenis olahraga aerobik yang dapat membantu membakar lemak sekaligus mengecilkan perut Anda:

pencernaan, mencegah depresi, meningkatkan stamina, mengencangkan otot kaki, paha dan punggung serta membuat tidur jadi lebih nyenyak.? Renang Dapat membakar lemak dengan baik jika Andamelakukannya dengan variasi gaya berenangyang membuat seluruh tubuh Anda bergerakseluruhnya.? Bersepeda Dapat dijadikan program untuk membakarlemak dan mengecilkan perut Anda. Denganbersepeda kita dapat membakar kalori yangdihasilkan makanan yang kita konsumsi. Selainmembakar lemak bersepeda juga bermanfaatuntuk mengurangi rasa depresi, stres danmeningkatkan mood serta memotivasi dirikita.

Dari beberapa pilihan diatas, sudah tahu olahraga mana yang sesuai untuk mengecilkan perut Anda? Jadi, dari sekarang mulailah melakukan olahraga yang teratur. Ingat, tidak ada cara mengecilkan perut dengan cepat yang betul- betul instan dan ekspres, perlu konsistensi dan tidak ada cara efektif mengecilkan perut kecuali konsisten berlatih dan memilih makanan terbaik untuk program diet Anda serta melengkapinya dengan suplemen yang dibutuhkan seperti Protein (contohnya Prostar Whey Protein) dan

Olahraga Untuk

RatakanPerut BuncitPerut Buncit

Memiliki perut yang rata dan kencang merupakan dambaan setiap pria dan

wanita. Mengecilkan perut sudah menjadi agenda banyak orang pada masa

sekarang ini. Namun, masih banyak juga orang yang tidak puas karena merasa

perutnya buncit dan terlihat menggelembung. Sebagian besar perut

buncit ini biasanya disebabkan oleh faktor dasar seperti pola makan dan gaya

hidup. Untuk mengatasinya olahraga menjadi pilihan wajib bagi orang yang

ingin meratakan perutnya.

http

://ww

w.d

en

nys

an

toso

.co

m/o

lah

rag

a-u

ntu

k-m

en

ge

cilka

n-p

eru

t-bu

ncit.h

tml

Page 11: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 12: Sportindo Com - The Magz November 2010

ebek adalah spesies burung dalam keluarga Anatidae, yang olahan dagingnya menjadi berbagai masakan sudah dikenal di berbagai belahan dunia B

selama bertahun-tahun. Contohnya bebek Peking, masakan berbahan daging bebek dari Cina yang sudah dikenal sejak zaman Dinasti Ming. Karena kelezatannya, bebek Peking pun dikenal dan tersebar di hampir seluruh penjuru dunia. Meski demikian, belum tentu semua orang mengetahui nilai gizi yang terkandung dalam daging bebek.

ProteinSeperti halnya unggas lainnya, daging bebek pun merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam tiap 100 gram daging bebek panggang tanpa kulit mengandung 23,5 gram protein atau mencukupi sekitar 47% kebutuhan protein harian Anda.

LemakDaging bebek memiliki kandungan lemak sehat. Komposisi lemak pada daging bebek mengandung 35,7% lemak jenuh, 50,5% lemak tak jenuh tunggal (tinggi dalam asam linoleat) dan 13,7% lemak tak jenuh ganda (yang mengandung lemak esensial Omega 6 dan Omega 3). Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, daging bebek akan cukup memasok lemak sehat bagi tubuh Anda.

Kandungan Gizi Daging Bebek Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Saat ini variasi olahan daging bebek semakin mudah kita

jumpai. Lidah kita pun semakin dimanjakan dengan bermacam-macam masakan

berbahan dasar daging bebek, yang tak hanya

digoreng seperti halnya bebek goreng khas Surabaya,

tetapi juga dipanggang, dibakar, hingga diberi olesan

madu. Namun, tahukah Anda ternyata selain citarasanya

yang lezat dan gurih, daging bebek pun memiliki

kandungan gizi yang tinggi.

Nutrition

Page 13: Sportindo Com - The Magz November 2010

Vitamin

RiboflavinTiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,5 mg riboflavin atau memenuhi 28% dari kebutuhan sehari Anda, yang penting untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

Niacin Dalam 100 gram daging bebek panggang, terkandung 5,1 mg niacin (25% kebutuhan niacin sehari). Niacin berguna untuk membantu kesehatan kulit, sistem saraf dan sistem pencernaan.

Tiamin Sekitar 0,3 mg tiamin ditemukan dalam 100 gram daging bebek panggang (17% kebutuhan), yang penting untuk metabolisme energi serta fungsi saraf dan otot.

Asam Pantotenat Dengan mengkonsusmi 100 gram daging bebek panggang, akan memasok tubuh Anda dengan 1,5 mg asam pantotenat (15% kebutuhan harian). Vitamin ini sangat berperan untuk menjaga komunikasi antar sistem saraf dan reaksi enzimatik tubuh lainnya.

Vitamin B6Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,3 mg vitamin B6 atau memenuhi 13% dari kebutuhan sehari kita. Vitamin yang disebut juga dengan piridoksin ini berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak.

Vitamin B12 Daging bebek juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik, yang penting untuk mencegah anemia, dengan kandungan sebanyak 0,4 mcg vitamin B12 (memenuhi 7% kebutuhan) dalam tiap 100 gram daging bebek panggang.

Mineral

Selenium Selenium adalah mineral yang juga bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh Anda. Dan dalam 100 gram daging bebek panggang mengandung 22,4 mcg selenium (32% kebutuhan).

Fosfor Sekitar 203 mg fosfor (memenuhi 20% kebutuhan harian) akan Anda dapatkan dengan lam tubuh

mengkonsumsi 100 gram daging bebek panggang. Fosfor adalah mineral penting untuk proses mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh Anda.

Zinc Makanan hewani termasuk sumber zinc yang baik, termasuk juga daging bebek. Setiap mengkonsumsi 100 gram daging bebek panggang, Anda akan mendapat asupan zinc sebesar 2,6 mg (17% kebutuhan). Zinc dibutuhkan untuk membantu sistem imun tubuh dan diperlukan untuk sintesis DNA.

Zat besi Ada sekitar 2,7 mg zat besi yang terkandung dalam 100 gram daging bebek panggang (15% kebutuhan). Zat besi penting bagi pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah sehingga mencegah anemia.

Tembaga Konsumsi 100 gram daging bebek panggang akan memasok 0,2 mg tembaga dalam tubuh Anda (12% kebutuhan harian). Mineral ini penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Sodium Kandungan sodium dalam daging bebek tergolong cukup rendah, karena hanya mencapai 65 mg per 100 gram daging bebek panggang, yang berarti memasok 3% dari anjuran konsumsi sodium sehari untuk menjaga kerja otot dan level tekanan darah yang optimal.

Selain kandungan nutrisinya yang tinggi, daging bebek juga memiliki kelebihan dibandingkan unggas lain, yaitu tekstur dagingnya yang lebih kenyal serta citarasa yang lebih gurih. Namun tak jarang orang mengeluhkan hasil olahan daging bebek yang masih amis dan alot. Nah, untuk mendapatkan masakan dari daging bebek yang lezat dan sesuai selera Anda, maka Anda butuh pengenalan bahan dan teknik pengolahan yang tepat.

Setelah Anda mengetahui ternyata mengolah daging bebek tak sesulit yang dibayangkan, maka mulailah berkreasi untuk mengolah daging unggas yang satu ini. Selain menikmati kelezatan daging bebek yang gurih, empuk dan kenyal, Anda juga akan dapatkan kandungan gizinya yang berlimpah.

Memilih dan Mengolah Daging Bebek

Pili bebe yang masih ud sehingga agingny

h km a d a

lebih empuk dan gurihlih daging bebe ang segar ya tu ya g ku it y

Pik y

i n l n abe warna put h, jan an pilih ya g sudah be warna

r i g n r kebiruan an berbau tidak s dap

d eSetel h memb li daging eb k, ika tidak se er

a e b e j g adigu akan cepat impa dalam ee er

n , s n fr z

ebel m meng la , sebaiknya bersihkan d gi g

S u o ha n

be ek dar u it atau le aknya, a ar lebih sehat

b i k l m gSe e ah d cuci be si , daging bebe ebaiknya direbus

t l i r hk s

en an anek r mpah-re pa seperti tum san

d g a e m hi

kun it dan ahe, ser i, bawang utih, dan da n jeruk.

y j a pu

I i bertuj an untuk melun kkan sek l gu

n u a a i smen hi a gk n bau a isnya.

g l n a mRebus daging b be selama kurang lebih 1 jam, bisa

e kim s k dengan p nci tert tup ataupun pr sto.

d a aa u e

Setelah direbus, da ing b bek bisa iola menjadi

g e d h masakan apa un s suai sel ra An a. N mu , agar

p e e d a nlebih seha , eb k bisa diolah dengan cara dibakar

t b eatau dipa ggang.n

T s M il d n M yimp n a ing eb :

ip em ih a en a D g B ek

T s M il d n M yimp n a ing eb :

ip em ih a en a D g B ek

T ps e g l h ag ng Be k:

i M n o a D i be

T ps e g l h ag ng Be k:

i M n o a D i be

Dagin

g Be

be

k Pan

ggang Tan

pa K

ulit

Diana

Page 14: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 15: Sportindo Com - The Magz November 2010

? Menurunkan kolesterol? Membantu dalam terapi diet untuk

berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan saluran cerna

Banyak orang, termasuk di Indonesia, mengklaim bahwa mereka telah menjalani pola diet sehat, namun tetap gagal mencapai tingkat minimum konsumsi serat yang dianjurkan yaitu sebesar 25-35 gram per hari. Inilah sebabnya mengapa orang menjadi rentan terhadap berbagai gangguan pencernaan bahkan kanker usus besar, di mana makanan pokok untuk melawan kanker usus besar adalah serat. Itu adalah salah satu makanan yang terbaik baik untuk pencernaan yang sehat.

Serat memiliki 2 tipe ditinjau dari segi kelarutannya, yakni serat larut dan serat tak larut. Namun, keduanya memiliki fungsi yang saling berkaitan untuk meningkatkan kesehatan saluran

Melawan Kanker Kolon (Kanker Usus Besar)

Serat Larut dan Tak Larut

Diana

Healthfiles

pencernaan. Serat larut akan membantu memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga difermentasi oleh bakteri baik yang terdapat di dalam usus lebih baik. Sedangkan serat tak larut akan membantu menahan air serta menambah berat dan volume feses sehingga lebih mudah dikeluarkan, membuat kenyang lebih lama dan juga memperlambat penyerapan gula.Untuk itu, Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan segar, karena ini adalah cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam diet Anda. Sayuran dan buah-buahan sangat baik bagi saluran cerna Anda dan dapat diproses atau bahkan dicerna oleh tubuh dengan mudah. Tak hanya kaya serat, sayuran dan buah-buahan juga kaya akan vitamin dan mineral yang akan membantu tubuh Anda berfungsi lebih optimal.

Mulai sekarang, pastikan konsumsi serat Anda senantiasa tercukupi setiap harinya. Demi pencernaan yang sehat. Dan demi tubuh yang sehat pula!

Anda tentu sudah akrab dengan istilah “You Are What You Eat”. Ini menunjukkan bahwa apa yang kita makan mencerminkan seperti apa diri kita. Buktinya, banyak yang mengalami gangguan kesehatan akibat buruknya pola diet yang dijalani setiap harinya. Sebaliknya, jika

diet sehari-hari kita berisi makanan sehat, tentu kita akan menjalani hidup sehat.

MAKANANSEHATUNTUKPENCERNAAN

SEHATM

od

el : A

nja

ni

Page 16: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 17: Sportindo Com - The Magz November 2010

VANITURUN

17 KILOGRAM DALAM

4 BULAN!“Dulu aku disinggung teman-teman dan

keluarga soal berat badanku yang sudah mencapai 75 kg. Lalu aku asal diet yang ternyata caranya keliru sampai kena sakit lambung parah dan harus dirawat di rumah sakit. Saat sakit itu, berat badanku kembali bertambah dan nafsu makan semakin besar,” kenang Vani.

“Akhirnya aku mulai mencari info-info diet dan olahraga dari teman-teman. Jadilah saya latihan fitnes kembali, kali ini dengan bantuan personal trainer sehingga lebih serius dan fokus. Ia memberi jadwal diet dan sebuah buku tulisan Denny Santoso yang berjudul “Rahasia Diet." Saya pahami buku tersebut dan saya praktekkan tips-tips dietnya seperti pola makan 5-6 kali sehari untuk menaikkan metabolisme. Dari situ pula saya mulai mengenal suplemen Ultra Ripped dari Ultimate Nutrition,” jelas Vani.

“Saya yang biasanya makan macam-macam makanan junk food dan snack diharuskan berubah hanya makan nasi beras merah, roti gandum, dan lauk yang serba direbus mulai dari putih telur, ayam, tempe, dan tahu rebus. Tidak boleh makan gorengan dan makanan manis,” katanya. “Belum lagi latihannya, saya hampir saja menyerah. Saya harus latihan beban berat selama 45 menit lalu disambung dengan kardio mulai dari lari, sepeda, dan jalan cepat selama 1 jam. Jadwalnya 5 kali seminggu pula,” terangnya.

“Awalnya saya masih suka nyuri-nyuri makan junk food, tetapi personal trainer saya bilang percuma saja latihan capek-capek kalau masih ngemil makanan tidak sehat. Satu bulan pertama, berat badan saya bisa turun sekitar 5 kg. Karena keberhasilan itu, saya jadi lebih termotivasi untuk turun lebih banyak lagi. Meski sempat break latihan ketika lebaran yang lalu, saya tetap diet ketat. Malah sempat sakit perut waktu makan makanan berlemak. Rupanya tubuh saya sudah nyadar tak lagi cocok dengan makanan berlemak. Hehehe…,” ujarnya senang.

“Akhirnya berat badan saya total turun 17 kg menjadi 58 kg hanya dalam waktu 4 bulan! Semua itu karena diet yang benar, fitnes yang serius, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi suplemen. Pokoknya asalkan ada niat dan usaha pasti bisa. Jangan cuma nongkrong di gym” pesan Vani yang kini berat badannya mencapai 55 kilogram. “Karena lemak tubuh sudah semakin berkurang, saya serius latihan dan diet untuk membentuk otot. Kini set dan repetisi latihanku ditambah dan untuk dietnya bisa menghabiskan 20 butir putih telur rebus setiap hari. Saya ingin sekali bisa ikut body contest,” kata Vani mengungkapkan targetnya. Oke, selamat untuk Vani.

ni h m a k

Va tidak perna eny ng adir

rinya akan be hasil unk n be a

menur a rat b dannya me a id . A la i

nj di eal pa gp j ng

r t

er ua annya cukup be a s

p n jk n

ampai er ah atuh sa it dadir a

s i t

aw t di rumah ak t akibat die k u.yang elir

Aan

Page 18: Sportindo Com - The Magz November 2010

erubahan cuaca yang terjadi saat ini, di mana terkadang cuaca panas menyengat tiba-tiba dalam sekejap berubah menjadi hujan yang begitu lebat, P

membuat Anda harus lebih menjaga daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Berikut ini 5 cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara alami.

1. DietMakanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Antioksidan memerangi radikal bebas sehingga menekan kerusakan sel dan mendukung sistem kekebalan tubuh.Lemak sehat, seperti asam lemak Omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan, minyak canola, minyak zaitun, biji rami ataupun sayuran dapat membantu meningkatkan produksi senyawa yang terlibat dalam mengatur kekebalan tubuh Anda. Selain itu, konsumsilah protein dalam jumlah yang cukup untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalam tubuh Anda. Minum air yang cukup juga dapat membantu menangkis infeksi dan memperkuat daya tahan Anda.

2. OlahragaBerlatih secara teratur dapat memobilisasi sel T, sejenis sel darah putih yang dikenal untuk menjaga tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang berolahraga sedang (seperti jalan cepat) secara rutin memiliki risiko terkena flu hanya setengah dari mereka yang tidak rutin berolahraga.

3. StresStres kronis dapat berdampak negatif pada kekebalan tubuh. Stres berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda dan meningkatkan kerentanan Anda terhadap penyakit.

4. Kebersihan Diri dan Tidur Menjaga tangan Anda tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan dan setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi dan fasilitas umum.Kebiasaan sehat lain yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit adalah tidur yang cukup selama 8 jam setiap hari, yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

5. Herbal dan SuplemenTanaman herbal seperti astragalus, echinacea, dan elderberry serta bawang putih dan jahe dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Juga perlu pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, seperti suplemen multivitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda yang penting dalam membantu memelihara fungsi tubuh Anda tetap optimal serta memelihara daya tahan dan imunitas tubuh Anda.

Jadi, tetaplah sehat dan fit dalam menghadapi cuaca ekstrim ini dengan daya tahan tubuh yang kuat melalui tips-tips di atas!

Cuaca ekstrim akhir-akhir ini tak hanya berdampak pada aktivitas sehari-hari,

namun juga pada kesehatan kita. Di tengah tuntutan untuk tetap beraktivitas seperti

biasa, tubuh pun rentan terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Untuk

itu, pastikan daya tahan tubuh Anda tetap terjaga selama musim pancaroba ini.

HADAPI CUACA EKSTRIM

DAYA TAHAN

KUAT

DAYA TAHAN

KUAT

DENGAN

TUBUH

HADAPI CUACA EKSTRIM

DENGAN

TUBUH

Diana

Page 19: Sportindo Com - The Magz November 2010

Workout Guide Series

Mo

de

l : J

am

es

Ab

an

ith ; L

oka

si : A

tlas

Fitn

ess

Ce

nte

r M

ala

ng

Mo

de

l : Ag

us P

an

co ; L

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter M

ala

ng

Tahapan Pelaksanaan:

? Posisi berdiri dengan satu kaki maju ke depan dan punggung tegak

? Badan condong ke depan sedikit

? Posisi siku di bawah merapat ke badan

? Telapak tangan menghadap ke bawah memegang rope di posisi semula

? Sudut siku tidak berubah dan rope diturunkan hingga siku lurus

? Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat mengangkat beban

Tahapan Pelaksanaan:

? Posisi berdiri dengan satu kaki maju ke depan dan punggung tegak

? Badan condong ke depan sedikit

? Posisi siku di bawah merapat ke badan

? Telapak tangan menghadap ke atas memegang handle di posisi semula

? Sudut siku tidak berubah dan handle diturunkan hingga siku lurus

? Tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat mengangkat beban

http://www.duniafitnes.com/workout-guide/arms/triceps/triceps.html#rope_press_down

Rope Press Down

http://www.duniafitnes.com/workout-guide/arms/triceps/triceps.html#reverse_grip_press_down

Reverse Grip Press Down

Page 20: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 21: Sportindo Com - The Magz November 2010

CLA Pure

Manfaat CLA Pure Bagi Anda:

Iso Sensation 93

CLA atau Conjugated Linoeic Acid adalah lemak baik yang berfungsi mengurangi lemak tubuh Anda sekaligus meningkatkan massa otot Anda. CLA mengendalikan kadar lemak tubuh Anda dengan membakar lemak jahat yang tersimpan. Tidak hanya mampu meningkatkan serat otot sambil mengurangi lemak tubuh, studi juga telah menunjukkan bahwa CLA mampu bertindak sebagai anti katabolik, antioksidan, peningkat daya tahan tubuh, dan keunggulan lainnya sebagai anti kanker. Beberapa studi lain telah menunjukkan efek penurun kolesterol yang canggih pula. Semuanya ini membentuk lipid yang terstruktur. Sebuah 'perancang lemak'. Selain itu, CLA juga mempunyai efek menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda. CLA dari Ultimate Nutrition mengandung 1000 mg CLA murni yang telah didesain khusus dan telah dipatenkan dengan menggunakan bahan baku yang telah teruji sehingga juga mampu menjadi agen anti katabolik, antioksidan, peningkat daya tahan tubuh serta penurun kadar kolesterol.

Mengurangi kadar lemak sekaligus meningkatkan massa otot di dalam tubuh AndaBerfungsi sebagai antioksidan dan membantu menurunkan kolesterol AndaMembantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda

Iso Sensation 93 adalah suplemen protein yang memiliki kualitas terbaik dan tertinggi di kelasnya dengan kandungan protein mecapai 93% kadar protein per serving, mengandung 100% Isochill Whey Protein Isolate dan nutrisi lengkap lainnya seperti immunoglobulin (IgG), Laktoferrin (Lf) dan glycomacropeptide (GMP). Iso Sensation 93 diperkuat dengan Glutamine Complex dan SI Complex yang membuat tubuh Anda anabolik (membentuk otot), memberikan daya pulih serta memperbaiki imunitas tubuh untuk mendukung latihan intens Anda. Selain itu Iso Sensation 93 juga mengandung Colostrum yang membantu pertumbuhan otot Anda, proses perbaikan dan mencegah infeksi. Kandungan D Complex membantu pencernaan Anda sehingga dapat menyerap kandungan protein dalam Iso Sensation 93 secara maksimal.

Manfaat Iso Sensation 93 Bagi Anda:

Manfaat Yang Anda Dapatkan Dari Kombinasi CLA Pure dan Iso Sensation 93:

Pemakaian Kombinasi:

Memasok tubuh Anda dengan whey protein isolate terbaik dari Ultimate Nutrition, dengan kandungan protein yang sangat tinggi Membantu Anda meningkatkan massa otot bebas lemakMenambah daya tahan dan daya pulih tubuh AndaMenambah penyerapan protein yang Anda konsumsiHampir tidak mengandung gula dan lemak sehingga tidak akan menambah lemak di tubuh Anda

Mengurangi kadar lemak dalam tubuh Anda dengan optimalMembantu meningkatkan massa otot bebas lemak dalam tubuh AndaMeningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh AndaMeningkatkan penyerapan protein yang Anda konsumsiMembantu menurunkan kadar kolesterol Anda

Sarapan : 1 scoop Iso Sensation 93Setelah sarapan : 1 softgel CLA PureSetelah makan siang : 1 softgel CLA PureSebelum latihan : 1 scoop Iso Sensation 93Setelah latihan : 1 scoop Iso Sensation 93Setelah makan malam : 1 softgel CLA Pure

Lemak Berlebih Impian Anda

Sensation Sensation 9393

Page 22: Sportindo Com - The Magz November 2010

HEA

LTH

Y F

OO

D REC

IPE

Having Fun with Ultimate Nutrition Soy Protein (Bagian 2)

Dalam industri makanan, soy protein (protein kedelai) telah digunakan sejak tahun 1959

dikarenakan sifat fungsionalnya yang berperan dalam pembuatan produk-produk makanan seperti salad, makanan untuk vegetarian, daging tiruan, keju, non-dairy creamer, dan makanan bayi. Tahun-tahun belakangan ini kepopuleran soy protein meningkat disebabkan karena manfaat kesehatannya. Hasil penelitian membuktikan bahwa soy protein dapat mencegah masalah pada jantung, menurunkan kadar kolesterol (LDL), mencegah osteoporosis, mengurangi dan mencegah penimbunan lemak pada bagian perut, serta mencegah resiko kanker.

Soy protein adalah produk yang menyehatkan karena kadar lemaknya rendah, dan mengandung senyawa fitokimia seperti isoflavon dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, serta fitosterol.

Soy protein digunakan juga sebagai suplemen untuk olahraga kebugaran dan body building karena manfaatnya sebagai salah satu sumber protein terbaik untuk membangun otot. Hasil penelitian menyebutkan juga bahwa protein (termasuk soy protein) dapat membantu mencegah pengaruh buruk akibat overtraining. Manfaat protein atau soy protein untuk tujuan muscle building akan lebih baik jika dikonsumsi bersama karbohidrat dalam jumlah tertentu.

Untuk mendapatkan manfaat soy protein di kehidupan sehari-hari, salah satu caranya dengan mengolah menjadi snack sehat yang akan kita buat kali ini yaitu biskuit soy protein. Snack ini bebas laktosa sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita lactose intolerance. Berikut ini bahan beserta cara membuatnya.

- 50 g UN Chocolate Soy Protein- 50 g terigu protein rendah- ½ tsp baking powder- 2 tsp coklat bubuk- 20 g oatmeal instant- 65 g minyak kedelai- 25 g gula palem- 1 butir telur

1. Campur rata bahan kering yang terdiri soy protein, terigu, baking powder, coklat bubuk dan oatmeal. Sisihkan.

2. Campurkan minyak kedele, gula palem dan telur. Kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata.

3. Turunkan kecepatan mixer menjadi rendah. Masukkan sedikit demi sedikit campuran bahan kering sampai habis. Adonan akan berbentuk butiran-butiran.

4. Kumpulkan adonan dengan tangan dan bentuk seperti bola.

Bahan:

Cara Membuat:

5. Gunakan lembaran plastik. Taruhadonan diatas plastik kemudianditutup lagi dengan lembaran plastik yang lain. Giling menggunakan gilingan kayu sampai adonan setebal kurang lebih ¼ cm.

6. Cetak menggunakan cetakan bulat berdiameter 5 cm.

7. Letakkan adonan yang sudah dicetak ke loyang yang sudah diolesi tipis minyak sawit.

8. Lakukan sampai adonan habis.9. Olesi permukaannya dengan

kocokan telur.010. Panggang dalam oven suhu 200 C

selama sekitar 15-20 menit.11. Angkat. Dinginkan. Sajikan. Simpan

dalam toples tertutup rapat agartahan lama.

Untuk 26 keping3 keping per sajian

Kalori : 47 kkalLemak : 2,8 gKarbohidrat : 3 gSerat : 0,1 gProtein : 2,2 g

Nilai gizi per keping:

Setelah ber-having fun dengan UN

Soy Protein di Healthy Food Recipe

sebelumnya, kali ini Arief T Nur

Gomo kembali mengajak Anda

berkreasi dengan Ultimate Nutrition

Soy Protein untuk membuat biskuit

coklat dan protein bar yang sehat

dan pasti kelezatannya akan

menggoyang lidah.

hoc l te Soy Pr t i B scuitC o a o e n i

1. Agar coklatnya lebih terasa dan bentuknya lebih menarik bisa ditambahkan choco chips secukupnya.

2. Untuk anak-anak, bentuk cetakan bisa divariasi sesuai kegemaran anak-anak agar menarik.

3. Sajikan bersama teh atau kopi dan dapat juga sebagai snack sehat di kantor atau di perjalanan.

Tips dan Saran:

http://www.dennysantoso.com/having-fun-with-un-soy-protein-part-3-chocolate-soy-protein-biscuit-2.html

Page 23: Sportindo Com - The Magz November 2010

http://www.dennysantoso.com/having-fun-with-un-soy-protein-part-4-fruits-soy-bar.html

S

Bahan:

atu lagi makanan berbentuk batangan (bar). Fruit soy bar adalah salah satu makanan

kaya protein dan serat. Makanan berbentuk batangan ini mengandung protein dari soy protein dan putih telur, dietary fiber dari oatmeal dan buah kering, serta asam lemak (omega-9 dan omega-6) yang menyehatkan dari kacang tanah. Makanan ini bisa menjadi pilihan sehat sebagai snack atau bekal untuk berolahraga.

Protein yang merupakan kandungan utama makanan ini adalah salah satu zat gizi yang penting bagi para olahragawan, dan sangat diperlukan bagi mereka yang melakukan latihan dengan waktu yang lama dengan intensitas yang tinggi. Protein memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otot. Protein bisa diperoleh dari berbagai jenis bahan makanan, akan tetapi tidak semua bahan makanan dapat menyediakan protein dengan kualitas tinggi. Soy protein adalah salah satu sumber protein yang berkualitas tinggi. Soy protein memberikan berbagai manfaat yang sama dengan bahan makanan yang berasal dari susu. Kelebihan soy protein yaitu tidak mengandung laktosa sehingga cocok untuk penderita lactose intolerance dan bebas kolesterol. Selain itu, cocok untuk vegetarian.

- 95 g UN Soy Protein Chocolate Flavor

- 80 g oatmeal instant- 100 g peanut butter- 30 g susu bubuk rendah

lemak- 2 butir putih telur (di-mixer

sampai mengembang)- 30 g kismis- 20 g dried fruit- 125 ml air matang

Cara Membuat:1. Campur rata soy protein, oatmeal

instant, peanut butter, susu bubuk, putih telur, kismis, dan dried fruit.

2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil dicampur atau diulen dengan tangan sampai rata.

3. Masukkan dalam cetakan brownies segi empat ukuran setengah yang sudah diolesi tipis dengan minyak. Padatkan dan rapikan dengan tangan.

4. Panggang dalam oven pada suhu 160oC selama sekitar 20 menit.

5. Angkat. Dinginkan.6. Keluarkan dari cetakan dan potong

menjadi 8 batangan.7. Jika ingin lebih kering, panggang

kembali potongan tersebut selama sekitar 10-15 menit.

8. Angkat dan dinginkan lagi.

Untuk 8 batang

Oleh :

Healthy Food and Recipe Contributor

Arief T Nur Gomo

RF UITS SOY BAR

Nilai gizi per batang:Kalori : 198 kkalLemak : 7,6 gKarbohidrat : 15 gSerat : 2,3 gProtein : 17 g

Tips dan Saran:

1. Bisa disiapkan sebagai bekal untuk berolahraga

2. Bisa untuk bekal anak-anak ke sekolah.

3. Bisa dijadikan sebagai snack selingan yang bergizi dan mengenyangkan ataupun untuk sarapan pagi.

4. Jika terlalu besar ukurannya, bisa dipotong lebih kecil dan disajikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Page 24: Sportindo Com - The Magz November 2010

erdorong dari keinginan membentuk tubuh yang proposional, Bp. Haryanto Wirawansa terdorong untuk mendirikan sebuah gym yang berlokasi di daerah Sorong, Papua. Dengan memakai nama Intense Fitness Club, Bp. Haryanto mengklaimnya sebagai fitness center terlengkap dan terbesar di daerah Sorong, bahkan T

se-Indonesia Timur. Beberapa fasilitas yang tersedia di Intense Fitness Club adalah ruang cardio dengan peralatan lengkap, ruang fitnes dengan alat-alat terbaru dan modern, ruang spinning berperalatan lengkap, ruang aerobik yang nyaman dan luas. Semua ruangan tersebut sudah berpendingin udara, bersih, dan nyaman. Lalu tersedia pula ruang ganti dan sauna terpisah pria dan wanita, serta shower air dingin dan panas.

Intense Fitness Club dikelola dengan manajemen profesional dan dibantu para instruktur yang ahli dibidang masing-masing, antara lain Denny, Dede, Ivan, Misbach, dan Meta. Dengan motto “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” masyarakat Sorong dan sekitarnya yang ingin membentuk tubuh ideal bisa datang langsung ke Intense Fitness Club di Jl. Mambruk no. 12, Sorong, Papua Barat. Buka Senin-Sabtu jam 07:00-21:00 WIT, Minggu dan hari libur jam 15:00-20:00 WIT. Untuk informasi bisa telepon di (0951) 333955.

nda sedang mencari dan ingin latihan di gym dengan peralatan lengkap dan baru di daerah Manado? Maka Hardcore Gym adalah pilihan yang tepat. Hardcore Gym baru saja di-launching resmi pada A

9 Mei 2010 yang lalu oleh pemiliknya Bp. Andris Tanzil. Berlokasi sangat strategis di dekat Universitas Sam Ratulangi Manado dan kawasan business on boulevard di kota Manado, Hardcore Gym memiliki fasilitas ruangan fitnes dengan alat-alat weight training dan kardio yang lengkap dibawah panduan para instruktur yang berpengalaman. Berbagai fasilitas tambahan seperti loker, kamar mandi, dan konter berbagai suplemen fitnes dapat Anda jumpai di Hardcore Gym. Dengan tarif yang terjangkau yaitu 175 ribu rupiah/bulan, Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas tersebut.

Jadi tunggu apa lagi? Segera saja datang dan daftarkan diri Anda ke Hardcore Gym di Jl. Ahmad Yani No. 37, Sario, Manado atau telepon dulu di (0431) 862433 untuk informasi lebih lanjut. Hardcore Gym buka Senin-Sabtu jam 07:00-08:30.

Gym ProfilesGym Profiles

Sorong, Papua Barat

INTENSE FITNESS CLUB

INTENSE FITNESS CLUB

HARDCORE GYMHARDCORE GYMManado, Sulawesi Utara

Ardi

Budi

Page 25: Sportindo Com - The Magz November 2010

http://www.duniafitnes.com/featured/total-body-workout-penyegaran-dari-kepala-hingga-kaki.html

Hasil Optimal Dengan Waktu Minimal

Latihan Apa Saja Untuk Total Body Workout?

Telah menjadi panduan umum dalam dunia fitness untuk melatih satu bagian tubuh pada waktu latihan, seminggu sekali. Pola latihan ini dapat sangat efektif, namun seringkali dapat menyebabkan overtraining dan memerlukan komitmen yang berat, terutama untuk urusan waktu. Untuk itu, jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal dengan waktu yang minimal, total body workout adalah salah satu solusinya.Pada awalnya Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana Anda bisa melatih seluruh tubuh Anda dalam satu waktu latihan. Banyak orang sudah terbiasa untuk melakukan 4-5 latihan per bagian tubuh dengan sekitar 12-20 set. Tetapi dalam total body workout, Anda akan melatih seluruh tubuh Anda dalam satu latihan, dan Anda akan berlatih hanya 1-2 latihan dengan 4-6 set per bagian tubuh dan frekuensi latihan menjadi 3 kali per minggu.

Latihan ini berfokus pada gerakan dasar dan melibatkan multi sendi. Latihan-latihan ini merangsang respon tubuh secara maksimal, bukan hanya pada serat otot target, tetapi juga dalam pelepasan hormon-hormon yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan otot. Selain itu, latihan ini juga akan memberikan efek sinergis pada respons tubuh Anda untuk tiap sesi latihan. Singkatnya, tubuh Anda akan merespon dengan baik, terutama jika itu adalah perubahan drastis dari apa yang telah Anda lakukan saat ini.

Total Body

orW kout: Penyegaran Dari Kepala Hingga Kaki

Jika merasa jadwal Anda terlalu padat untuk meluangkan waktu pergi ke gym 5-6 kali seminggu atau merasa badan Anda dipaksa berlatih terlalu keras dan membutuhkan perubahan rutinitas latihan yang menyegarkan, total body workout bisa jadi latihan yang Anda butuhkan. Seperti apa total body workout itu? Simak artikel berikut.

Berikut adalah latihan yang direkomendasikan untuk Total Body Workout:

Anda juga dapat mengikuti gerakan-gerakan dasar dengan latihan isolasi berikut:

? Quads: Squats, Leg Press, Hack Squats? Chest: Bench press, Incline press, dips (bisa dengan

dumbbell atau barbel)? Back: Deadlifts, Chins, Pulldowns, Bentover Rows, T-Bar

Rows

Untuk latihannya, pilih 1-2 gerakan dasar untuk setiap bagian tubuh dan lakukan tidak lebih dari 6 set. Sebagai contoh, latihan bisa terdiri dari squat 5×5, bench press 3×8, incline press 3×8, chins 3×10 dan bent over rows 3×8.

? Hamstrings: Lying atau seated ham curls? Calves: Seated atau standing calf raises? Shoulders: Shoulder Press (dumbbell atau barbell), lateral

atau front raises? Arms: Dumbell atau preacher curls, lying triceps extension,

triceps pushdowns? Abs: Crunches

Untuk pola latihannya, cukup pilih 2-3 dari kelompok otot tersebut dan lakukan 2-3 set latihan isolasi favorit Anda, dan di sesi latihan berikutnya, lakukan 2-3 kelompok otot lain. Misalnya, jika Anda melatih bahu dan lengan dalam satu latihan (setelah latihan kaki, dada, punggung Anda), maka latihlah hamstring, calve dan abs di latihan berikutnya.Latihan-latihan total body workout ini dikatakan efektif karena menstimulasi pertumbuhan otot. Jadi, cobalah latihan ini! Selamat berlatih! Diana

Page 26: Sportindo Com - The Magz November 2010

B

1. Banyak Orang Yang Kurang Tidur

anyak mitos yang berkembang di masyarakat seputar kebiasaan tidur yang beberapa di antaranya pasti

pernah Anda dengar. Tapi belum tentu semua mitos tersebut benar dan belum tentu juga semuanya salah. Berikut ini ada beberapa mitos dan fakta mengenai kebiasaan tidur yang dapat membantu Anda menemukan cara terbaik untuk mengatasi gangguan tidur yang Anda alami.

Fakta: Jika Anda benar-benar membutuhkan tidur kurang dari 6 jam sehari, maka Anda

termasuk langka. Penelitian tentang mutasi genetik yang baru ditemukan saja menyatakan bahwa hanya kurang 1% orang yang memiliki sifat genetik yang membuatnya tidak bermasalah ketika tidur dalam waktu 20-25% lebih sedikit dari kebutuhan tidur manusia yang dianjurkan.

Tips: Menurut David Schulman, MD, seorang peneliti tidur dari Emory University, Anda sudah tidur dalam waktu yang cukup ketika Anda bisa bangun secara teratur tanpa jam alarm dan pada waktu yang sama setiap harinya. Tapi kebanyakan dari kita membutuhkan 7 sampai 8 jam tidur untuk

Mitos dan Fakta Kebiasaan Tidur

Bagian 1Gangguan tidur ada berbagai macam. Salah satu yang paling sering ditemui adalah insomnia. Menurut data Konferensi Nasional III Psikoterapi 2010, sekitar 10% dari seluruh penduduk Indonesia mengalami masalah yang satu ini. Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki masalah dengan tidur Anda, ada kemungkinan satu atau dua kebiasaan tidur yang Anda lakukanlah yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari dan membuat Anda lelah keesokan harinya.

Arti ecl

Page 27: Sportindo Com - The Magz November 2010

tetap sehat. Jadi, mulailah tidur dan bangun secara rutin setiap harinya.

Fakta: Beberapa orang mengatakan bahwa tidur siang membuat mereka lebih cepat mengantuk, tapi cukup dengan kurang dari 20 menit tidur siang akan membuat Anda jauh lebih fresh setelahnya. Hanya 10 hingga 20 menit yang Anda butuhkan untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang, seperti peningkatan kewaspadaan, performa, dan mood yang lebih baik. Ini dikarenakan selama tidur, otak Anda menghasilkan berbagai jenis gelombang, yang sesuai dengan seberapa dalam Anda tidur. Setelah sekitar 20 menit, otak tidur bisa masuk ke dalam apa yang disebut slow-wave sleep, yang merupakan fase terdalam dari tidur. Jika Anda tidur siang terlalu lama, Anda mungkin merasa gugup dan bingung ketika bangun tidur, bukannya segar, karena tidur siang lebih lama membuat Anda tidur terlalu nyenyak atau terlalu dalam. Namun demikian, tidur siang juga penting, karena menurut Johns Hopkins Sleep Disorders Center, tubuh akan memicu rasa kantuk di antara jam 1 siang hingga 4 sore.

Tips: Untuk membuat tidur menjadi ritual harian Anda, cobalah mengkondisikan diri dengan hal-hal yang berhubungan dengan tidur (bantal favorit Anda atau masker mata), atau tidur siang di kursi atau sofa yang nyaman untuk menghindari godaan untuk tidur terlalu lama.

Fakta: Itu tidak benar untuk semua orang. Pada kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa bahkan latihan keras sebelum tidur pun tidak menimbulkan masalah tidur bagi banyak orang (dan dalam beberapa kasus justru bisa membantu mengatasi insomnia).

Tips: Bereksperimenlah! Jika Anda berolahraga di malam hari dan merasa bahwa latihan Anda membuat Anda terjaga semalaman, jadwal ulang latihan Anda di pagi hari selama beberapa hari untuk melihat apakah kualitas tidur Anda bisa lebih baik.

2. Tidur Siang Hanya Akan Membuat Anda Lebih Lelah

3. Latihan Terlalu Dekat Dengan Jam Tidur Membuat Anda Tetap Terjaga

4. Mengantuk Selama Meeting AtauSeminar Adalah Hal Biasa

5. Tidurlah Lebih Awal Jika Anda Menderita Insomnia

Fakta: Normal untuk merasa sedikit lebih lelah pada sore hari karena ritme sirkadian (jam biologis) alami tubuh Anda.

Meskipun itu akibat ritme alami tubuh Anda, tetapi Anda tidak harus merasa kepala Anda sangat berat dan sulit berkonsentrasi. Bahkan, jika Anda merasa lelah di siang hari, Anda mungkin telah kehilangan banyak dari jam tidur Anda. Jika Anda membutuhkan 8 jam tidur dan hanya mendapatkan 7 jam setiap harinya selama seminggu, maka Anda telah kehilangan hampir setara dengan tidur satu malam. Untuk itu, tubuh Anda akan merespon dengan menagih semua “hutang tidur” Anda, yang dikaitkan dengan masalah kesehatan kronis yang serius seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Tips: Ketika sesekali tidur Anda terganggu, maka pastikan mendapatkan satu malam dengan tidur berkualitas untuk membuat Anda merasa lebih segar.

Fakta: Menjauh dari tempat tidur.Jika Anda menderita insomnia, ini bisa membuat kondisi Anda jauh lebih buruk. Ini dipicu oleh sesuatu yang disebut homeostat tidur. Sebuah sistem yang dikendalikan oleh kimia otak, seperti nafsu makan Anda. Semakin lama jeda waktu antar jam makan Anda dan semakin aktif Anda, maka Anda menjadi semakin lapar. Demikian juga homeostat tidur Anda, yang memicu suatu kondisi “kelaparan” untuk tidur berdasarkan berapa lama

Anda telah terjaga dan seberapa aktif Anda.

Semakin Anda “lapar” akan tidur, semakin cepat Anda tertidur dan semakin nyenyak Anda tertidur. Bila Anda menderita insomnia, para ahli menyarankan Anda untuk membiarkan homeostat tidur Anda menyesuaikan diri secara alami, tanpa mencoba untuk mengkompensasi waktu tidur Anda dengan tidur di jam yang berbeda ataupun tidur dengan jauh lebih lama.

Tips: Pergi ke tempat tidur satu jam lebih awal dari biasanya (untuk membuat diri Anda lebih lelah). Jika Anda merasa tetap tidak bisa tidur, bangunlah dan tinggalkan kamar tidur. Cobalah membaca atau melakukan aktivitas ringan lainnya. Dua tips lainnya yang dapat membantu membawa Anda pada tidur alami adalah mandi air hangat sebelum tidur. Ini sementara membuat suhu tubuh Anda naik, tetapi berbaring setelahnya akan membuatnya turun kembali karena otot-otot Anda rileks dan menghasilkan lebih sedikit panas. Tidur cenderung mengikuti penurunan tajam pada suhu tubuh. Juga, melakukan olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa 30 45 menit olahraga teratur akan membantu penderita insomnia menikmati tidur dengan lebih baik.

Nah, beberapa mitos beserta tips untuk mengatasi gangguan tidur Anda di atas akan membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Namun Anda tak perlu khawatir, karena artikel ini belum berakhir sampai di sini. Di edisi berikutnya, kita akan lanjutkan pembahasan seputar mitos dan fakta kebiasaan tidur lainnya. Sampai bertemu di artikel berikutnya! Diana

Page 28: Sportindo Com - The Magz November 2010

Malang, JatimEVENT

LOMBA AEROBIK SOFT OPENING THE GYMLOMBA AEROBIK SOFT OPENING THE GYMGREENHILLS CLUB HOUSEGREENHILLS CLUB HOUSE

encoba memberikan suatu pelayanan baru di area hunian masyarakat kota Malang, M

GreenHills Club House menggelar soft opening pusat kebugaran bernama The GYM dengan menggelar lomba Aerobik pada hari Minggu pagi, 3 Oktober 2010 bertempat di GreenHills Residence, Jl. Bukit Palem Raya 1 & 3, Ngijo, Karangploso, Malang, Jawa Timur. Pemiliknya, Bp. Abdi, bermaksud memperkenalkan pada masyarakat setempat dan kota Malang untuk gemar berolahraga.

Acara diawali senam bersama Miss Aying, salah satu Instruktur senam yang sudah cukup terkenal di Malang. Lalu dilanjutkan dengan lomba beberapa kelas senam aerobik seperti Pemula, Non Pemula, Body Language (BL), dan Instruktur. Para kontestan yang hadir, selain dari fitness mania terdekat juga datang dari luar kota Malang, seperti dari kota Blitar

dan Kediri. Antusiasme para pendaftar lomba dari kalangan remaja, ibu rumah tangga, hingga kaum pria cukup meramaikan acara ini. Para peserta juga diperkenankan mencoba berbagai fasilitas The GYM yang baru saja dibuka. Selain memiliki peralatan fitnes yang lengkap, The GYM juga memiliki ruangan tersendiri untuk Body Language (BL).

Di sekitar lokasi acara juga terdapat stand dari Club House GreenHills Residence yang menawarkan promo-promo baru bagi para membernya dan stand Ultimate Nutrition yang memperkenalkan produk-produk suplemen untuk para fitness mania dan masyarakat yang hadir. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah uang tunai dan bingkisan dari sponsor kepada para pemenang lomba. Selamat atas pembukaan The GYM GreenHills Club House Malang dan semoga sukses.

Galih

Page 29: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 30: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 31: Sportindo Com - The Magz November 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz November 2010