ahlan magz

Download Ahlan Magz

Post on 05-Feb-2016

245 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Ahlan Magazine edisi perdana tema utama galau masa depanmu.... inilah majalah pertama di pesantren kita . dan apabila ditemukan banyak kesalahan dalam penulisan isi kami mohon maaf dan maklum!!~ kalo mau download ini linknya: https://drive.google.com/#folders/0B6DKkjOlR0suOXJSNWxUaTBOcXM

TRANSCRIPT

  • AHLAN MAGZ.News

    So tunggu apalagi??

    Bruan.. Tunjukin

    bakat Kalian..!!

    Publish or Perish

    Ada yang baru lho...Buat kawula muda semua yang punya bakat terpendamdalam bidang jurnalistik, khususnya tulis-menulis, ataupunya info terkini buat dipublikasikan, kita dari redaksi

    AHLAN Magz. Menyediakan lahan untuk ngembanginkreatifitas kalian. Silahkan kirimkan naskah kalian keJamiyyah Tholabah Qism Mading. Karya yang terpilih

    akan di muat di majalah AHLAN Magz. edisi mendatang

  • Segala puji dan syukur atas kehadirat Allah yang telah mengizinkan majalah AHLAN edisi pertama ini bisa terbit dan berada di genggaman kalian. Ternyata, tidak sedikit dari kalangan anak muda saat ini yang melihat masa depan mereka dengan suram. Salah satu faktornya, mereka beralasan karena mereka menuntut ilmu di pesantren dan tidak mendapatkan pendidikan umum yang mememadai. Maka, kami selaku redaksi memandang perlu untuk mengangkat dan membahas tema ini dengan mengangkat judul GALAU MASA DEPANMU?. Dalam proses penerbitan majalah yang pertama kali ini, tak luput dari beberapa hambatan yang kita hadapi. Kami segenap redaksi majalah AHLAN mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi untuk menerbitkan majalah ini. Dan kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan dalam penerbitan majalah ini. Semoga majalah ini bermanfaat bagi para pembacanya.

    SALAM REDAKSISALAM REDAKSI

    AHLAN MAGZ.1

  • DAFTAR ISISalam Redaksi................................................................................... 1Daftar Isi............................................................................................ 2Ahlans Crew..................................................................................... 3Remaja Galau Memikirkan Masa Depan?......................................... 4Nggak Diam Buat Galau.................................................................... 6Opini.................................................................................................. 9Keyakinan Sesat Pada Jimat.............................................................. 10Peringatan dari Kejahatan-Kejahatan Setan...................................... 13Urgensi Belajar Fiqih......................................................................... 17Mengenal Rasa Malu Hati................................................................. 21Bagaimana Kaum Salaf Menuntut Ilmu............................................ 26Sedih.................................................................................................. 30Parkour Masuk Mahad..................................................................... 33Hancur................................................................................................ 36Syukur................................................................................................ 37Sebatang Kara.................................................................................... 38Pengalaman Saya Selama Menjadi Santri PIA.................................. 40Istifsar................................................................................................ 43Profil.................................................................................................. 45Tempat Sampah Tercanggih di Dunia................................................ 49Brain Wash......................................................................................... 51Sistem Kekebalan Tubuh................................................................... 55Puding Coklat Cream........................................................................ 57TTS.................................................................................................... 58

    AHLAN MAGZ.2

  • AHLAN Magz.Redaction...

    AHLAN MAGZ.3

    PIMPINAN UMUM Syiwaprabu Sasrabhirawa PIMPINAN REDAKSI Ahmad Miqdad Aljaba REDAKTUR PELAKSANA Muh. Nuril Huda SEKRETARIS Alfi Aulia Rahman KEUANGAN Muadz EDITOR Muh. Ramadhan Al-Faris, Musyafi Usman, Naufal Abdurrazzaq, Muh. Jundi Rahman Al-Faruqi REPORTER Muh. Azzam, Ismail Nur Alamsyah, Muh. Hafidz Jarullah, Ammar Maarif, Bimo LAYOUT DAN TATA ARTISTIK Abdul Aziz Ammar, Hambali Rasyid, Muh. Jafar Ishaq, Aris Rahman Irfani, Muh. Sholeh MARKETING Saad Abdillah Hanif, Muh. Nashirul Haqqi, Muhasib Al-Jihad, Muhammad Nashiruddin

  • nih, barangkali bisa ngasih solusi dan jawab pertanyaan gue, katanya dalam hati. Mbah, saya mau tanya. Mbah kan sudah tua, pasti pernah bingung juga memikirkan masa depan, kira-kira apa ya solusinya agar tidak takut masa depan? Kata orang tua (sambil tersenyum simpul), Nak..., saya juga pernah muda sepertimu, saya juga pernah memikirkan apa yang ada di hatimu, tapi akhirnya saya sadar, waktu muda hanya saya habiskan untuk memikirkan masa depan, akhirnya masa sekarang menjadi berantakan.

    Orang tua itu menambah-kan, Sebenarnya yang perlu dikhawatirkan adalah masa sekarang, mengapa demikian?

    AHLAN MAGZ.4

    Anak-anak muda sekarang emang lagi banyak dilanda kerisauan tentang apa yang mereka hadapi di masa yang akan datang. Hampir setiap jam mereka memikirkan masa depannya. Besok kalo gue udah lulus sekolah mau kemana ya? Mau terus sekolah ato nikah? Kalo nikah uang gak punya, kata salah seorang remaja yang bingung memikirkan masa depannya. Ia dihantui perasaan takut, gelisah, bingung dan resah gara-gara masa depan yang belum jelas.

    Suatu hari ia sedang jalan-jalan, sambil jalan-jalan ia melihat ada orang yang sudah tua, Wah, ada orang tua

  • Apa mungkin masa depan ada tanpa masa sekarang? Masa depan memang penting, tetapi masa sekarang lebih penting. Masa depan adalah buah dari apa yang kita lakukan di masa sekarang, misalnya berbuat baik, maka akan mendapatkan kebaikan pula nantinya. Jika kita selalu berbuat buruk, maka keburukan juga yang akan didapat kelak.

    Terus Gimana Dong...?Masa depan adalah hasil dari hari ini. Kebanyakan dari

    kita selalu melihat jauh ke depan. Memikirkan dan takut akan suatu yang belum pasti. Kita harus sadar kalo pikiran tanpa perbuatan nggak akan pernah menghasilkan sesuatu. Jadi, untuk kita-kita para pemuda yang lagi risau oleh ketidakpastian masa depan agar menjaga impian kita. Menjadikan hati kita lebih kuat dari keraguan dan memastikan kesungguhan usaha kita sebesar impian tersebut. Ikhlas saat bekerja keras dan jujur dalam amalan sederhana yang menuntun kita menuju impian.

    Oleh karena itu, mulai sekarang kita berbuat sebaik mungkin, menjaga ilmu yang telah didapat dan dipelajari serta mengmalkannya. Karena, kalo ilmu yang kita dapat nggak diamalkan, bagaikan sayur tanpa garam. Begitu juga kita dituntut untuk menjadi remaja yang besar untuk memperoleh impian besar. Berpikir positif, bertingkah baik, sopan dan santun kepada siapapun, mulai dari kalangan muda maupun tua, dikenal maupun tidak. Kita juga jangan takut dengan yang namanya masa depan, karena masa depan belum datang. Masa depan yang baik adalah baiknya masa sekarang. Bagi siapa aja yang lagi galau memikirkan masa depan agar mulai bertindak yang baik untuknya dari sekarang, karena Allah subhanahu wa taala menciptakan kita sebagai manusia yang berkwalitas. Maka bawalah diri kita sehati-hati kita membawa barang mahal! Salam sukses....(W.A.)

    AHLAN MAGZ.5

  • AHLAN MAGZ.6

    UTAMA II

  • Sebut saja Ahmad, santri dengan sorot mata tajam ini baru aja tersirat di benaknya sesuatu, Gimana aku bisa menggapai cita-citaku sebagai dokter? Pelajaran IPA aja nggak ada di sekolah ini.

    Ketertarikannya pada dunia kedokteran bentrok dengan orang tuanya yang ingin Ahmad menjadi ustadz. Dilema dalam hati Ahmad bergejolak dan menghasilkan pemikiran salah, Aku nggak akan belajar agama, biar orang tuaku tau akan hal ini.

    Sudah biasaMemang sesuatu yang lumrah jika semangat pemuda bak api yang

    berkobar. Tak sa tu dinding pun yang bisa menghalanginya. Namun, semangat yang baik seperti ini jika nggak ada pawangnya, maka akan jadi liar dan tak terarah. Pencarian jati diri pun terjadi di usia tersebut. Nggak hanya Ahmad, masih banyak pemuda lain yang tertimpa dilema seperti itu.

    Seorang pemuda yang baik adalah yang bisa berfikir kreatif dalam segala perkara. Seperti halnya Ahmad ketika bergaul dengan teman-temannya, atau dalam mengorasi bawahannya di organisasi yang ia miliki. Hal ini benar-benar berguna dalam meminimalisir perasaan rancu terhadap mimpi yang telah ia bangun. Cara kreatif dalam memilih jalan hidup akan mendatangkan 1000 jalan hidup lainnya.

    Membangun sebuah mimpi dibutuhkan beberapa aspek untuk menguatkannya. Yaitu dengan percaya diri yang tinggi dan semangat yang tak pernah putus (selama kita nggak pernah sombong atas apa yang kita raih). Juga senantiasa menggantungkan impian kita pada Allah dengan sendirinya.

    Dimana ada jalan, di situ ada kemauanPeribahasa yang tergolong basi ini mungkin sering kita remehkan. Namun

    ada banyak makna tersirat di dalamnya. Selama kita menginginkan sesuatu, maka hati kita akan tergerak untuk melakukan apa pun untuk mencapai sesuatu tersebut.

    Dengan satu syarat, kemauan tersebut harus benar-benar terpatri di dalam dada kita. Kalo ini udah kita miliki, seakan karpet merah terbentang di depan kita memberikan kesempatan pada kita untuk melangkah.

    AHLAN MAGZ.7

  • Dalam menempuh perjalanan menuju cita-cita, nggak akan semudah kita menggambar garis lurus di atas selembar karton. Semua pasti ada aral yang akan menyapa kita di tengah perjalanan. Ketika dengan sapaan yang nggak sopan seperti itu, maka hati kita akan terluka dan kita akan berhenti melangkah, maka tamatlah perjalanan kita. Namun, apabila kita melangkah dengan sabar, secara nggak langsung kita menjadikan aral itu sebagai batu loncatan untuk terus maju.

    Tidak semua yang baik ba