sportindo com - the magz maret 2011

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

180 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 2: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 3: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 4: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Pemimpin Umum L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung JawabSutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.dr. Jefry Tenggara, Sp.PD.

Wayan, Budi, Ida

Tim Redaksi George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Lingga Wastu, S.Sos.

Artistik & DesainRachmat Kurniawan, SE.

TjahyonoGalihseto R.A, SST

Promosi & IklanPT. Jaya Sportindo

DistribusiMangapul F. Hutahaean, SE.

Websitewww.sportindo.com

www.dennysantoso.comwww.duniafitnes.com

[email protected]

Arief T. Nur Gomo, STP, MSi.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com aThe M gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Follow Denny Santoso on:SixReps: http://sixreps.com/profile/dennysantosoFacebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan pertanyaan dari

pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

Menghilangkan Lemak di Pipi dan Bawah Dagu

Keringat dan Olahraga

Saya sudah berhasil menurunkan berat badan sebanyak 8 kg dalam tempo 3 minggu dari 80 kg menjadi 72 kg. Lemak sekitar perut sudah berkurang cukup banyak dengan latihan yang saya pelajari dari website duniafitnes.com. Tetapi timbunan lemak di pipi dan bawah dagu tidak kelihatan berkurang. Bagaimana cara menghilangkan timbunan lemak di bagian tersebut? Mohon pencerahannya. Salam sehat. (CT)

Teruskan saja perkembangan latihan dan diet Anda. Pada akhirnya, lama-lama timbunan lemak di wajah dan bawah dagu tersebut akan berkurang dengan sendirinya. Prinsip pemikiran yang sama adalah, kita tidak bisa memilih apakah kita bisa menggendutkan bagian tubuh tertentu terlebih dahulu bukan?

Setelah kita berolahraga sekian lama misalnya jogging ringan selama lebih dari 1 jam, keringat rasanya sudah tidak keluar lagi. Padahal badan masih terasa hangat tanda metabolis bekerja. Jika kemudian saya istirahat 15-20 menit, lalu jogging kembali, maka keringat mengucur kembali. Apakah ini tanda bahwa tubuh sudah mencapai batas maksimum “pembakaran” sehingga keringat tidak keluar lagi? Apakah keringatnya habis? Apakah pori-pori kulit sudah tertutup kotoran sehingga tidak bisa mengeluarkan keringat lagi? Atau apakah ada hal lain? Terima kasih dan keep healty. Diecky Yudha ([email protected])

Keringat adalah reaksi tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh yang meningkat. Keringat keluar ketika suhu tubuh naik. Tanpa olahraga pun, ketika suhu tubuh naik maka keringat akan keluar. Ruangan yang agak panas akan meningkatkan suhu tubuh, maka otomatis keringat keluar. Suhu badan naik bisa disebabkan beberapa hal, antara lain misalnya karena pembakaran lemak saat olahraga atau suhu udara yang panas misalnya saat sauna atau berjemur di pantai. Jadi keringat bukan tolok ukur pembakaran. Tidak keluar keringat bukan berarti pembakaran kalori terhambat. Berolahraga di temperatur dingin mungkin tidak menghasilkan keringat, tetapi pembakaran kalori tetap ada. Jadi untuk menjawab pertanyaan Anda :1. Keringat tidak bisa habis kecuali Anda sudah dehidrasi berat.2. Bila Anda latihan dan tidak berkeringat artinya latihan tersebut tidak cukup kuat atau

belum cukup lama untuk menghasilkan keringat. Bila Anda katakan kenapa setelah istirahat sebentar dan jogging kembali baru keluar keringat, saya rasa bila Anda tidak istirahat, keringat akan keluar setelah itu.

dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD.Sportindo Health ConsultantInterMED Health Care

vent binaraga dan body contest kembali ramai diadakan di berbagai daerah di Indonesia. Para fitness mania khususnya atlet binaraga Etentu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti pertandingan

tersebut seperti berdiet ketat, latihan intens, dan istirahat yang cukup. Salah satu bagian persiapan tersebut adalah fase carbohydrate depletion diet yang biasa dijalankan seminggu sebelum hari H. Nah, Cover Story edisi Maret 2011 ini mengulas program latihan yang dapat membantu kesuksesan fase carbohydrate depletion diet tersebut. Kesuksesan fase ini sangat berpengaruh terhadap performa otot saat bertanding karena bermanfat untuk membantu pembakaran lemak, pengurangan kadar air, mempertahankan massa otot, membuat otot terlihat penuh dan keras, serta meningkatkan performa otot secara keseluruhan. Anda ingin berhasil meraih target tersebut bukan?

Tak hanya itu, edisi ini akan menampilkan liputan event Ultimate Body Contest Blambangan 2011 yang kami selenggarakan pada 23 Januari 2011 yang lalu di Banyuwangi, Jawa Timur dimana juara pertama event tersebut dapat Anda simak di rubrik Exclusive Pose. Dan tentu saja, beragam artikel khas dari Sportindo.com The Magz mengenai nutrisi, kesehatan, suplementasi, gym profile, workout guide, dan masih banyak lagi tetap tersaji apik untuk Anda semua. Selamat menikmati.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 6: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 7: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

da berbagai macam carbohydrate depletion diet, namun artikel ini hanya akan membahas program latihannya saja. Sekedar untuk pengetahuan saja, A

carbohydrate depletion diet merupakan diet pengurangan asupan karbohidrat yang diterapkan untuk beberapa manfaat, diantaranya adalah untuk mengurangi kadar air dalam otot, membantu pembakaran lemak, membuat otot terlihat penuh dan keras, serta meningkatkan performa otot secara keseluruhan. Nah, program latihan dalam artikel ini adalah yang cocok diterapkan saat proses carbohydrate depletion diet tersebut.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa program latihan ini ditujukan untuk para atlet binaraga tingkat profesional. Karena itu, sebelumnya setiap atlet binaraga harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira seberapa kuatkah kondisi fisiknya mampu mengikuti volume program latihan fase carbohydrate depletion ini. Kondisi genetik masing-masing dan kemampuan recovery juga sangat berpengaruh terhadap tingkat keefektifan dan keberhasilan program latihan ini.

Akan tetapi bagaimanapun juga program latihan fase carbohydrate depletion memiliki beberapa kesamaan mendasar, diantaranya adalah :

1. Otot-otot paha (thighs) harus dilatih pada hari pertama program latihan atau 8 hari sebelum hari pertandingan (hari H), dilanjutkan dengan latihan otot-otot hamstring pada hari kedua, lalu otot-otot punggung pada hari ketiga, dan otot-otot dada di hari keempat.

Penerapan prinsip tersebut berdasarkan pada alasan :- Otot-otot besar cenderung lebih banyak

menyimpan kandungan air. Karenanya, dengan melatih otot-otot besar misalnya pada otot-otot kaki pada hari pertama atau 8 hari sebelum

Prinsip Dasar Latihan Fase Carbohydrate Depletion

hari H, kita dapat memastikan sudah tidak adalagi kandungan air dalam otot-otot kaki saat haripertandingan.

- Kita bisa memaksimalkan intensitas jika latihan kaki dilakukan di hari pertama program latihan. Seiring dengan proses diet pengurangan karbohidrat, energi akan semakin menurun. Karenanya, melatih otot-otot besar yang paling sulit dikurangi kadar airnya sebaiknya dilakukan di hari-hari pertama program latihan yaitu ketika level energi Anda masih besar.

2. Jumlah repetisi yang disarankan pada program latihan ini adalah sebanyak 15-25 repetisi (atau lebih jika diinginkan) kecuali untuk beberapa latihan otot-otot multi gabungan sebaiknya dilakukan sebanyak 10-12 repetisi untuk menjaga massa otot. Target dari program latihan fase carbohydrate depletion ini bukan untuk membangun massa otot tetapi untuk mempertahankannya sekaligus mengurangi kadar karbohidrat dari dalam otot-otot tubuh. Semakin baik Anda menerapkan proses pengurangan karbohidrat, semakin baik dan sukses pula proses carbohydrate loading nantinya ketika otot-otot tubuh akan dengan mudah menyerap karbohidrat.

3. Jagalah waktu istirahat maksimal hanya selama 1 menit pada jenis latihan dengan 10-12 repetisi dan hanya selama 30 detik pada jenis latihan dengan 15-25 repetisi atau lebih. Sekali lagi tujuan program latihan ini adalah untuk mempertahankan massa otot, bukan membangunnya.

4. Terapkan berbagai jenis variasi gerakan latihan sehingga Anda benar-benar yakin telah “menghajar” semua sisi otot-otot tubuh Anda. Prinsip ini bahkan disarankan dilakukan pada seluruh program latihan menjelang kompetisi hingga sampai pada fase carbohydrate depletion. Otot-otot tubuh sangatlah kompleks, karenanya untuk dapat meraih juara, Anda harus memastikan seluruh sisi otot-otot tubuh sudah dilatih dengan benar.

5. Aturlah program latihan Anda agar hanya berkonsentrasi latihan pada satu bagian otot besar per hari dengan sedikit tambahan latihan kelompok otot kecil hanya dengan tujuan untuk menjangkau sisi-sisi otot yang belum terlatih. Saat konsentrasi latihan lengan yang dilakukan pada hari terakhir program latihan, Anda bisa menambahkan latihan otot bicep dan tricep yang merupakan kelompok otot-otot kecil.

Program latihan fase carbohydrate depletion adalah program latihan yang dirancang untuk membantu keberhasilan proses carbohydrate depletion yang biasanya diterapkan para atlet binaraga seminggu menjelang pertandingan binaraga. Jadi jika hari pertandingan adalah hari Sabtu, maka program latihan ini dapat mulai diterapkan pada hari Jumat atau delapan hari sebelum hari H sampai dengan hari Rabu, karena pada hari Kamis dan Jumat-nya merupakan waktu pemulihan (recovery) otot-otot Anda sebelum bertanding esok Sabtu-nya.

Setiap atlet binaraga harus mengetahui terlebih dahulu kira-

kira seberapa kuatkah kondisi fisiknya mampu mengikuti volume program latihan fase carbohydrate

depletion ini. Kondisi genetik masing-masing dan kemampuan

recovery juga sangat berpengaruh terhadap tingkat keefektifan dan keberhasilan program latihan ini.

COVERSTORY

Page 8: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Berikut ini adalah program latihan pendukung fase carbohydrate depletion yang mulai dilakukan 8 hari sebelum hari pertandingan. Disini kami contohkan hari pertandingan adalah

hari Sabtu, maka program latihan dimulai pada 8 hari sebelumnya atau pada hari Jumat.

PROGRAM LATIHAN

Catatan :- Jika waktu Anda memungkinkan, Anda bisa melatih paha (thighs) pada Jumat pagi dan kemudian

melatih hamstring pada Jumat sorenya. Cara ini disarankan agar Anda dapat melatih seluruh otot tubuh bagian bawah (yang memang lebih sulit untuk pulih) di hari Jumat dan Anda sudah bisa istirahat latihan beban di hari Rabunya.

- Latihan perut (abdominal) dapat dilakukan bersamaan dengan latihan kardio dengan kombinasi gerakan-gerakan latihan yang disukai.

JUMAT (THIGHS/CALVES)- Thighs

Squats (Jarak kedua kaki sedang, selebar lengan) 3 x 10-12

Squats (Jarak kedua kaki lebar) 3 x 10-12

Leg Press (Kedua kaki berdekatan) 3 x 20-25

Hack Squats 3 x 20-25

Leg Extensions (Jari kaki menghadap kedalam) 3 x 20-25

Leg Extensions (Jari kaki menghadap keluar) 3 x 20-25

- Inner/Outer Thighs

Abductor Machine 4 x 20-25

Adductor Machine 4 x 20-25

SABTU (HAMSTRINGS/GLUTES)

- Hamstrings

Lunges 3 x 10-12

Stiff Legged Dead-lifts 3 x 10-12

Lying Leg Curls 3 x 20-25

Single Legged Leg Curls 3 x 20-25

Seated Leg Curls 3 x 20-25

- Glutes

Butt Blaster 3 x 20-25

Wide Stance Leg Press (ditekan dengan tumit) 3 x 20-25

MINGGU (BACK)

- Back

Wide grip Pull-up to Front 3 x 10-12

Close Grip Pull-up (Reverse Grip) 3 x 10-12

V-Bar Pulldowns 3 x 20-25

One Arm Cable Rows (High Pulley) 3 x 20-25

Low Pulley Rows 3 x 20-25

Stiff Arm Pulldowns with Rope 3 x 20-25

Hyperextensions 3 x 20-25

SENIN (CHEST/CALVES)- ChestIncline DB Press 3 x 10-12Chest Dips 3 x 10-12Incline DB Flyes 3 x 20-25Flat DB Press 3 x 20-25DB Pullovers 3 x 20-25Cable Crossovers (tanpa low pulleys) 3 x 20-25

- CalvesSeated Calf Raises 3 x 20-25 Superset:Calf Press (Jari kaki menghadap kedalam) 4 x 20-25Calf Press (Jari kaki lurus kedepan) 4 x 20-25Calf Press (Jari kaki menghadap keluar) 4 x 20-25

SELASA (DELTS/TRAPS)- DeltoidsLateral Raises 3 x 10-12Wide Grip Upright Rows 3 x 20-25DB Shoulder Press 3 x 10-12Rear Delt Machine 3 x 20-25Bent Over Laterals 3 x 10-12Rear Delt Rows (dengan T-bar Row Machine) 3 x 20-25One Arm Cable Laterals 3 x 20-25Front Raises 3 x 10-12

- TrapesiusDB shoulder shrugs 4 x 20-25Close Grip Upright Rows 3 x 20-25

RABU (BICEPS/TRICEPS)- BicepsE-Z Curls 3 x 10-12Incline Curls 3 x 20-25Concentration Curls 3 x 20-25High Pulley Two Arm Curls 3 x 20-25Hammer Curls 3 x 20-25

- TricepsStraight Bar Pushdowns 3 x 10-12Rope Pushdowns 3 x 20-25Lying Triceps Extensions superset dengan Close Grip Bench Press 3 x 20-25Bench Dips 3 x 20-25

COVERSTORY

Page 9: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

PROGRAM LATIHAN PERUT

Rekomendasi Latihan Kardiovaskular

ergantung dari bagaimana perkembangan kondisi tubuh Anda dalam menjalankan proses carbohydrate depletion, namun diharapkan Anda bisa menambahkan T

latihan kardio selama 45 menit diluar program latihan beban tersebut diatas. Lebih bagus jika Anda dapat melakukan latihan kardio tepat sesudah latihan otot perut. Bahkan jika Anda merasa masih ada timbunan lemak yang harus dikikis, maka kami sarankan melakukan latihan kardio selama 45 menit sebanyak 2 kali sehari. Jadi misalnya cara yang terbaik adalah latihan kardio pertama dilakukan sesudah latihan perut di pagi hari, lalu latihan kardio kedua dapat dilakukan di sore hari sesudah latihan beban.

Perlu diperhatikan, jika memang Anda benar-benar serius akan mengikuti pertandingan binaraga, kami sarankan sebaiknya Anda menyewa seorang personal trainer binaraga atau bahkan pelatih fitnes khusus binaraga. Hal tersebut terutama sekali penting jika program latihan pendukung proses carbohydrate depletion ini baru pertama kali akan Anda lakukan. Dengan adanya personal trainer binaraga atau bahkan pelatih fitnes khusus binaraga yang mendampingi maka program latihan Anda akan lebih terarah dan tidak hanya sekedar menerka-nerka. Namun tentu saja, tidak ada larangan jika Anda ingin melakukan rangkaian program latihan ini hanya untuk target pribadi saja tanpa harus mengikuti sebuah kejuaraan binaraga. Selamat mencoba!

Berikut ini adalah program latihan untuk otot-otot perut. Semua gerakan dilakukan sampai failure. Namun Anda dapat menyesuaikan program latihan perut ini dengan waktu yang

Anda miliki dan kemampuan recovery sesudah latihan.

Catatan :- Daripada terlalu berkonsentrasi melakukan banyak repetisi di tiap gerakan latihan, lebih baik fokus pada kontraksi otot

semaksimal mungkin dengan tetap menghitung repetisinya. Kalau bisa, rasakan bagian otot mana yang terkontraksi agar Anda bisa memastikan hanya bagian otot yang diinginkanlah yang sedang dilatih. Rasakan bagaimana gerakan latihan “membakar” bagian otot yang dilatih pada setiap repetisi.

- Anda bisa melakukan program latihan tersebut dengan cara circuit training. Ingat, jagalah waktu istirahat maksimal hanya selama 1 menit pada jenis latihan dengan 10-12 repetisi dan hanya selama 30 detik pada jenis latihan dengan 15-25 repetisi atau lebih. Istirahatlah selama 60 detik pada akhir rangkaian latihan sebelum memulai lagi rangkaian latihan dari awal. Bahkan jika Anda merasa sudah rutin latihan otot perut maka Anda bisa melakukan rangkaian program latihan secara non stop.

- Karena program latihan ini bertujuan untuk membantu proses carbohydrate depletion maka jangan ragu-ragu jika Anda ingin melakukan latihan perut setiap hari.

O1. Partial Sit-Ups (sampai torso membentuk sudut 30 ) 3 x Failure

2. Knee-Ins 3 x Failure

3. Twisting Crunches on Swiss Ball 3 x Failure

4. Lying Leg Raises 3 x Failure

5. Swiss Ball Crunches 3 x Failure

6. Hanging Leg Raises 3 x Failure

7. Modified V-Ups 3 x Failure

8. Bicycle Crunches 3 x Failure

Aan

COVERSTORY

Page 10: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

awang putih adalah bagian dari keluarga Allium dan berhubungan erat dengan bawang merah, daun bawang, dan bawang B

bombay. Bawang putih segar (yang belum dihancurkan atau dipotong) mengandung senyawa belerang tak berbau yang disebut dengan alliin. Ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan, senyawa belerang lain, allicin, dilepaskan. Allicin kemudian dipecah dengan sangat cepat menjadi senyawa sulfur lainnya yang kemudian memberikan semua manfaat kesehatan dari bawang putih.

Manfaat Bawang Putih untuk KesehatanBerikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan Anda.

- Bawang putih dan penyakit jantung Bawang putih mencegah sel-sel darah yang diperlukan untuk pembekuan darah (platelet) menempel satu sama lain dan menempel pada dinding arteri, yang akhirnya mencegah penyumbatan arteri, sehingga memberi perlindungan terhadap stroke dan trombosis pembuluh darah koroner.

- Bawang putih dan kolesterol Ada bukti, dalam banyak penelitian, bahwa bawang putih mampu membantu menurunkan kadar lemak berbahaya, yaitu trigliserida dan kolesterol “jahat” (LDL), serta meningkatkan kolesterol “baik” (HDL). Penelitian lain menunjukkan bahwa bawang putih mencegah oksidasi kolesterol LDL, sehingga mencegah LDL menempel pada dinding arteri yang akan menyebabkan berbagai masalah jantung.

http://www.dennysantoso.com/bawang-putih-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-anda.html

Anda tentu mengenal tanaman yang satu ini. Bawang putih sudah banyak dikenal untuk

terapi berbagai penyakit selama ribuan tahun. Bawang putih

telah banyak digunakan untuk sifatnya sebagai anti bakteri dan untuk membantu mempercepat

penyembuhan luka.

- Bawang putih dan tekanan darah tinggi Bawang putih bertindak sebagai vasodilator, yang memperlebar pembuluh darah, sehingga memungkinkan lebih banyak darah yang lewat dan tekanan darah pun menurun.

- Bawang putih dan kanker Sebuah studi oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi bawang putih, bawang merah, dan tanaman lainnya dari keluarga allium dalam diet sehari-harinya, memiliki tingkat kejadian terkena kanker lambung yang lebih rendah daripada mereka yang tidak banyak mengkonsumsi makanan ini. Studi-studi lain juga menunjukkan bahwa bawang putih juga efektif untuk mencegah jenis kanker lainnya.

- Bawang putih dan sistem kekebalan tubuh Bawang putih mengandung senyawa belerang yang bertindak melawan bakteri dan mencegah infeksi. Dalam berbagai studi, bawang putih telah terbukti efektif melawan mikroba seperti Candida albicans, Cryptococca meningitis, Streptococcus dan Staphyloccocus. Allicin dalam bawang putih memblok enzim-enzim yang memungkinkan organisme untuk menyerang dan merusak jaringan tubuh.

Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat bawang putih bagi kesehatan, maka jangan hindari konsumsinya dalam diet Anda sehari-hari. Selain meningkatkan cita rasa makanan, Anda juga akan dapatkan berbagai manfaat sehatnya.

Bawang Putih Bawang Putih dan Manfaatnya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan AndaBagi Kesehatan Anda

Page 11: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

“Saya saat ini memang aktif bertugas sebagai Satpol PP di Pemkab Bojonegoro sejak tahun 2005,” ungkap Anton dengan tegas. “Saya tak pernah merasa malu, komandan dan teman-teman saya di Satpol PP sangat mendukung jika saya ikut body contest. Apalagi saya sebelumnya memang sudah aktif latihan dan menjadi instruktur fitnes,” tambah Anton yang mengaku bahwa dukungan terbesar adalah dari sang istri.

“Saya pertama kali ikut body contest tahun 2006 di Surabaya dan langsung dapat The Best Body. Sesudah itu mencoba bertanding di Pestaraga 2007 dan dapat Juara IV. Lalu di tahun 2010 dan awal 2011 ini alhamdulillah saya berhasil dapat Juara II tingkat nasional, Juara I di Tulungagung dan Blambangan serta yang terbaru Juara III di Jakarta,” ungkap Anton bersyukur. “Padahal dulu saya nggedein badan cuma karena suka berkelahi. Hahaha...,” kenangnya sehingga ia sempat mendapat julukan Anton Warrior.

Ditanya mengenai kemajuan prestasinya yang pesat akhir-akhir ini, Anton menjelaskan, “Jadi begini, seringkali event body contest diumumkan mendadak sehingga persiapan peserta menjadi kurang. Nah, karena itulah saya merubah program latihan saya menjadi medium setiap saat, sehingga jika ada event mendadak, saya bisa langsung siap bertanding dengan hanya menaikkan sedikit program latihan saya,” terangnya. “Selain itu saya juga melihat level eventnya. Jika levelnya nasional dan lawan-lawannya berat maka persiapan saya lebih keras,” tambahnya.

“Prinsip saya yang penting selalu semangat dan rajin berlatih untuk tujuan kesehatan dulu, lalu istirahatlah yang cukup, disiplin dalam konsumsi nutrisi yang baik, dan terakhir tentukanlah target walaupun hanya target kecil,” terang Anton berbagi tips sebelum menutup perbincangan.

Satpol PP Jawara Body Contest

Setelah meraih Juara II sebuah event body contest tingkat nasional di Jakarta dan menyabet Juara I berturut-turut di dua event lagi di Jawa Timur namanya mulai dikenal. Tak banyak yang tahu, jika Rian Anton berprofesi sebagai Satpol PP.

Nama :Tmpt, tgl lahir :

Status :Tinggi badan :

Berat badan :

Bag. tubuh favorit :Pekerjaan :

Gym :Hobi :

Suplemen :

Prestasi :

Rian Anton

Bojonegoro, 30 September 1982 Menikah

171 cm

Off season : 64 KgOn season : 62 Kg

Dada (chest) dan perut (abs) Satpol PP dan Personal TrainerGladiator Gym Bojonegoro

Bermain musik dan beladiri karate Iso Mass Xtreme Gainer, Amino 2000, & Prostar 100% Whey Protein

- Juara III Stadium Bodybuilding Championsip 2011 - Juara I Ultimate Body Contest Blambangan 2011- Juara I Ultimate Body Contest Tulungagung 2010

- Juara II Men Fitness Prolab Challenge Championship 2010 Jakarta

- Juara IV Body Fitness Pestaraga Jakarta 2007- Best Body L-Men 2006 & 2009 Surabaya

Aan

Rian Antonexclusive pose

Page 12: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

acang panjang (Vigna unguiculata subsp. Sesquipedalis) merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara melilit. Bagian yang K

dijadikan sayur atau lalapan adalah buah pokok dari tanaman tersebut. Tanaman ini mudah ditemukan di kawasan subtropis/tropis dan paling banyak ditanam di daerah Asia. Kacang panjang juga sering ditanam sebagai selingan di antara tanaman palawija lainnya. Umumnya kacang panjang dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian pendek sebelum dimasak.

Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kacang panjang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan serat, sehingga akan memasok berbagai nutrisi penting ke dalam tubuh kita. Nah, berikut ini berbagai kandungan nutrisi dalam kacang panjang dan manfaatnya bagi kesehatan.

ProteinDengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Si Hijau Panjang Sumber Protein, Vitamin B Kompleks, dan Serat

Kacang Panjang

Siapa yang tak kenal dengan kacang panjang? Kacang panjang sering kita temui sebagai sayur atau lalapan, sayur asem, tumisan, dan masih banyak lagi lainnya. Tahukah Anda bahwa si hijau panjang ini kaya akan berbagai nutrisi? Ingin tahu apa saja nutrisi yang terkandung dalam kacang panjang? Simak pembahasannya berikut ini.

Siapa yang tak kenal dengan kacang panjang? Kacang panjang sering kita temui sebagai sayur atau lalapan, sayur asem, tumisan, dan masih banyak lagi lainnya. Tahukah Anda bahwa si hijau panjang ini kaya akan berbagai nutrisi? Ingin tahu apa saja nutrisi yang terkandung dalam kacang panjang? Simak pembahasannya berikut ini.

Page 13: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Vitamin B KompleksDalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita. Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.

Mineral Kacang panjang juga kaya akan berbagai mineral, antara lain:Magnesium tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.Mangan tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.Fosfor tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 mg fosfor (18% kebutuhan), yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.Besi tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan), di mana zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot. Tembaga tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.Potassium atau kalium tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.Zinc tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 1,1 mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.Kalsium tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.Selenium tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

Serat Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal, sehingga kadar kolesterol dan trigliserida darah pun optimal.

- Jika Anda ingin mengkonsumsi kacang panjang sebagai lalapan, yang artinya dikonsumsi dalam kondisi mentah, maka pilihlah kacang panjang yang masih muda.

- Pilih kacang panjang yang berwarna hijau muda, masih segar, biji-bijinya tidak menonjol, dan renyah atau mudah dipatahkan.

- Sebelum dikonsumsi mentah maupun dimasak, pastikan Anda cuci kacang panjang dengan air bersih.

- Simpan kacang panjang di lemari pendingin, atau tempat yang kering dan teduh.

Kacang panjang merupakan sayuran yang kaya akan berbagai nutrisi untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi kacang panjang, maka kita akan memasok berbagai nutrisi penting bagi kesehatan kita. Untuk itu, mulailah konsumsi kacang panjang dalam menu makan Anda. Entah itu untuk sayur lalapan, campuran sayur asem, ditumis dengan sambal, dimasak gulai, atau apapun yang Anda sukai.

Diana

Tips Seputar Kacang PanjangTips Seputar Kacang Panjang

Kacang Panjang Rebus

Page 14: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Health F

iles

Omega 3, Solusi Sehat Kurangi Nyeri

Makanan Sumber Omega-3

Banyak orang yang menggunakan obat anti peradangan untuk mengatasi rasa sakitnya. Tetapi, obat-obatan seperti ini seringkali menimbulkan efek samping yang berbahaya, terutama untuk penggunaan jangka panjang. Nah, nutrisi esensial Omega-3 lebih aman untik mengatasi rasa sakit, juga lebih banyak manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Selain membantu mengurangi rasa sakit, asam lemak Omega-3 juga dapat meredakan peradangan pada tubuh dan juga membantu mengatasi gangguan pada jantung. Jika Anda sedang dalam masa pemulihan dan menggunakan obat-obatan tertentu, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen Omega-3.

Kandungan Omega-3 dengan kadar tertinggi bisa Anda dapatkan pada berbagai ikan, seperti ikan makarel, salmon, harring, sarden, dan tuna. Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi ikan minimal 2-3 kali per minggu untuk memasok Omega-3 dalam tubuh untuk membantu menurunkan risiko peradangan.

Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat Omega-3 dari minyak biji rami, serta kacang-kacangan seperti kenari. Tubuh Anda akan mengubah jenis Omega-3 yang ditemukan dalam makanan tersebut tetapi dengan tingkat manfaat yang berbeda dengan yang murni dari minyak ikan.

Untuk membantu mencegah dan mengatasi nyeri maupun peradangan, suplemen minyak ikan atau Omega-3 banyak tersedia. Tapi pilihlah suplemen Omega-3 berkualitas terbaik. Perhatikan berapa banyak kandungan asam lemak Omega-3 dalam suplemen tersebut. Pilihlah suplemen yang tinggi Omega-3. Salah satunya adalah suplemen Omega-3 dari Ultimate Nutrition.

Nah, sekarang konsumsilah Omega-3 secara teratur dan rasakan manfaatnya untuk menghilangkan rasa nyeri yang Anda alami, dan juga berbagai manfaat untuk kesehatan lainnya.

Ringankan Nyeri Dengan

Omega-3Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa beberapa jenis nyeri kronis dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan maupun suplemen yang kaya asam lemak esensial Omega-3. Lemak baik Omega-3 atau dikenal dengan sebutan “minyak ikan” terbukti dapat mengurangi intensitas nyeri sendi, rematik arthritis, sakit leher dan punggung, serta rasa sakit akibat radang usus dan kram saat menstruasi.

Salmon

Tuna

Lingga

Kacang-kacangan

Page 15: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Health

File

s

Tanda dan Gejala Hipertensi

Faktor Risiko Penyebab Hipertensi

Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala dan pusing, penglihatan kabur, jantung berdebar, dan sesak nafas. Sedangkan sebagian orang lainnya tidak mengalami gejala meskipun mereka mengidap penyakit ini. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memeriksa tekanan darah secara teratur. Hal ini sangat penting, khususnya bagi Anda yang memiliki risiko tinggi mengidap hipertensi.

Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi:- Sakit kepala- Kelelahan- Vertigo- Detak jantung yang cepat.- Pusing saat akan tidur atau bangun.

Risiko umum penyebab stroke salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena tekanan darah tinggi merusak pembuluh darah yang lemah kemudian mengakibatkan pendarahan di otak. Dan, Anda juga beresiko terkena stroke jika memiliki masalah penyempitan pada pembuluh arteri. Berikut ini adalah faktor risiko lainnya, antara lain:- Merokok- Tidak adanya aktivitas fisik, seperti kurang

olahraga- Diabetes- Kolesterol darah abnormal- Kelebihan berat badan atau obesitas

Kenali Hipertensi &Perubahan Gaya Hidup

untuk Mengatasinya

Tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan sebutan hipertensi adalah masalah kesehatan utama yang menjangkiti masyarakat modern. Tidak banyak orang yang tahu banyak informasi mengenai tekanan darah tinggi. Apa penyebab hipertensi? Apa gejala hipertensi? Bagaimana penyakit ini dapat di diagnosa? Apa yang perlu di khawatirkan? Temukan jawabannya dalam artikel ini sehingga Anda dapat mulai menjalani hidup dengan lebih sehat.

Pencegahan HipertensiCara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah:- Latihan dan olahraga yang cukup- Istirahat yang ideal selama 7-8 jam- Makan-makanan yang beraneka ragam dan

bergizi seimbang- Jalan kaki atau jogging pagi hari selama

setengah jam- Hindari pemakaian garam pada makanan- Jangan merokok atau mengkonsumsi minuman

beralkohol- Jangan berlebihan dalam meminum teh dan

kopi- Bebaskan pikiran Anda dari stres dan tekanan - Istirahat satu atau dua jam di tengah rutinitas.- Minum air yang cukup setiap hari

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mengatasi HipertensiMengubah gaya hidup dapat membantu Anda setidaknya mengurangi risiko negatif yang ditimbulkan oleh hipertensi. Contohnya:- Jika sebelumnya Anda malas berolahraga, maka lakukan

olahraga semampu Anda- Perbanyak jalan kaki daripada mengemudi atau menggunakan

kendaraan- Ajak anak-anak, teman-teman maupun keluarga Anda

melakukan kegiatan fisik bersama-sama- Habiskan waktu selama 30 sampai 40 menit untuk berolahraga

sebanyak 2-3x seminggu

Dengan melakukan aktivitas fisik yang rutin, jantung Anda secara perlahan akan semakin kuat sehingga dapat dengan mudah memompa aliran darah untuk mengurangi risiko Anda terkena stroke dan penyakit ginjal. Tak pernah ada kata terlambat! Mulai sekarang cobalah untuk mengubah gaya hidup dan perbaiki pola makan Anda, serta lakukan olahraga secara teratur. Lakukan hal ini untuk diri Anda sendiri dan untuk keluarga Anda! Diana

Page 16: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 17: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

ma : i os i Na M mi R n

mpt, l hir : B nda A e 22 a

T tgl a a c h, Janu ri 1978

T ng da : 6 i gi ba n 15 cm

b n : 44 gBerat ada k

a tub fa r : BicB g. uh vo it eps

k r a : Wi a taPe e ja n rast s

Gy : a m & K g da Ac

m B nda Gy in Gym Ban eh

o gH bi : Travelin

e n : t e Ami Supl me X r me no &

s Whe rPro tar 100% y P otein

“Ya, beruntung sekali saya bisa berkenalan dengan beberapa fitness mania khususnya para figur woman fitness. Selain bisa banyak belajar dari mereka, saya juga menjadi berani untuk menjajal kemampuan saya ikut dalam kompetisi woman fitness,” jelas Mimi membuka obrolan.

“Meski belum berhasil mendapat juara, tetapi saya merasa senang bisa bertanding dengan para peserta lain yang sudah senior. Saya jadi bisa melihat dan belajar apa yang menjadi kekurangan saya. Selain itu saya juga bisa menyalurkan hobi dan mencari pengalaman baru,” ujar penggemar steam dada ayam dan steak daging sapi ini menambahkan.

Mimi juga menerangkan, “Di Banda Aceh sendiri saya belum pernah melihat atau bertemu dengan figur fitnes wanita. Ya, maklum saja, disini belum pernah diadakan kejuaraan semacam woman fitness karena mungkin bertentangan dengan hukum syariah yang diterapkan di Nanggroe Aceh Darussalam. Saya sendiri mengenal fitnes sejak tahun 2006 karena berusaha mencari kesibukan setelah pulih dari bencana tsunami Aceh.”

“Selain dari internet, saya juga banyak belajar fitnes dari suami saya yang juga seorang natural fitness mania,” ujar ibu satu putri ini menuturkan. “Menurut saya, asalkan memiliki komitmen yang kuat, tidak ada halangan bagi wanita khususnya di daerah saya untuk bisa menyalurkan hobinya di bidang fitnes. Berusaha disiplin latihan, jaga pola makan yang sehat, dan jangan cepat putus asa pasti bisa kok,” tutup Mimi berbagi motivasi.

MimiWoman Fitness

Contestant Pertama dari Aceh

Aan

Bersosialisasi dengan

sesama pecinta fitnes via

internet mampu

membangkitkan motivasi

bagi Mimi. Meski berasal

dari ujung barat

Indonesia, yakni Banda

Aceh, Mimi tak gentar

bertanding woman

fitness hingga ke

Jakarta bahkan

Yogyakarta.sporty

fem

me

sporty

fem

me

Page 18: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

K

Nah, berikut ini beberapa tips bagi Anda untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah:

ulit kita memang akan mengalami kekeringan akibat cuaca panas,

perubahan suhu, polusi udara, debu, kurangnya nutrisi, serta faktor lainnya, tetapi berbeda dengan bibir. Tidak seperti bagian kulit kita yang lainnya, bibir kita tidak dilengkapi dengan kelenjar lemak dan keringat, sehingga kelembaban bibir pun rentan mengalami gangguan.

1. Minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit dan bibir Anda.

2. Gunakan pelembab bibir atau lip balm maupun tabir surya untuk bibir. Anda juga bisa gunakan pelembab alami berupa madu untuk menjaga kelembaban alami bibir Anda.

3. Konsumsi cukup sayur dan buah, terutama sumber vitamin B, C, E, serta mineral.

Tips Atasi Bibir Kering

& Pecah-Pecah

Hampir semua orang pernah mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah yang sangat mengganggu. Namun, jangan sepelekan kondisi yang satu ini. Karena bibir yang kering dan pecah sangat mudah mengalami luka sehingga timbullah rasa sakit. Selain itu, jika kondisi ini tidak segera diatasi, bisa menimbulkan infeksi.

4. Memijat bibir untuk melancarkan perederan darah di bibir. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat bibir Anda.

5. Hindari merokok atau minum alkohol berlebihan, karena kandungan di dalamnya akan membuat bibir Anda kering, kusam, dan tidak sehat.

6. Hindari membasahi bibir Anda dengan ludah (menjilat bibir), karena air liur mengandung kelenjar dan enzim tertentu yang justru bisa membuat bibir teriritasi dan menjadi semakin kering. Jika Anda merasa bibir Anda kering, minumlah air putih untuk membasahi bibir Anda.

7. HIndari mengelupas kulit bibir yang pecah-pecah karena bisa menyebabkan luka yang justru memicu terjadinya infeksi pada daerah tersebut.

8. Hindari bernafas lewat mulut. Biasanya sewaktu tidur, kita secara tidak sadar akan bernafas melalui mulut. Ini akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah.

9. Hindari pemicu terjadinya bibir kering dan pecah-pecah, seperti panas terik, polusi udara, dehidrasi, dan lain-lain.

10. Waspadai gejala anemia akibat kekurangan zat besi, yang salah satu tandanya adalah bibir kering dan pecah-pecah, disertai dengan kelelahan, pusing, sakit kepala, dan sebagainya. Pastikan Anda penuhi kebutuhan zat besi Anda melalui makanan sehari-hari maupun suplementasi zat besi.

11. Waspadai kekurangan vitamin B, yang salah satu tanda dan gejalanya termasuk bibir kering dan pecah-pecah. Pastikan Anda cukup mengkonsumsi sumber vitamin B maupun suplemen dalam diet Anda setiap harinya.

Jika Anda mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah, belum terlambat untuk mengatasinya dengan cara yang tepat. Ikuti tips di atas dan dapatkan kembali bibir sehat Anda! Diana

Hindari pemicu terjadinya bibir

kering dan pecah-pecah, seperti panas terik, polusi udara dan dehidrasi...

Page 19: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 20: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 21: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Prostar 100% Whey Protein

Manfaat Prostar 100% Whey Protein Bagi Anda:

Protein adalah nutrisi yang sangat penting, terutama bagi mereka yang berlatih dengan intensitas tinggi, dan dalam jangka waktu lama. Protein merupakan bahan dasar untuk pertumbuhan dan perkembangan otot Anda. Selain itu, protein sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan tubuh Anda setelah latihan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein Anda, Ultimate Nutrition telah mengembangkan Prostar 100% Whey Protein, suplemen protein berkualitas tinggi yang mengandung whey protein isolate dan concentrate, dengan kandungan protein tinggi yang mencapai 83% per servingnya. Prostar 100% Whey Protein mengandung semua asam amino esensial dan non-esensial untuk membentuk dan memelihara otot setelah latihan yang intensif, baik dalam durasi latihan yang pendek maupun panjang. Selain itu, Prostar 100% Whey Protein memiliki kadar BCAA yang lebih tinggi untuk membantu mempercepat proses pemulihan otot dan mencegah penyusutan otot Anda. Prostar 100% Whey Protein adalah whey yang diisolasi melalui proses micro dan ultra filtration untuk memastikan whey protein dengan kualitas yang sangat tinggi.

- Mengandung protein tinggi untuk meningkatkan massa otot Anda lebih optimal.

- Mengandung asam amino esensial dan non esensial yang lengkap untuk menunjang perbaikan dan pertumbuhan otot Anda.

- Meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh Anda.

- Mencegah penyusutan otot Anda.- Tidak menambah lemak ke dalam tubuh Anda.- Membentuk dan memelihara otot Anda setelah

latihan yang intensif.- Dapat dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.- Membantu mengencangkan dan memadatkan

otot bagi wanita.

Prostar 100% Whey Protein adalah pilihan terbaik bagi Anda yang bergaya hidup aktif dan menginginkan perkembangan dan pembentukan otot yang maksimal. Dengan kandungan protein tinggi serta lemak dan gula yang sangat rendah, Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition adalah nutrisi untuk juara, apa pun tujuan Anda!

Beta K

Manfaat Beta K Bagi Anda:

Beta K adalah suplemen kombinasi dari Kre-Alkalyn dan Beta Alanine yang berfungsi untuk meningkatkan energi dan kekuatan secara signifikan. Kre-Alkalyn merupakan suplemen Creatine jenis baru yang berguna untuk memberikan tenaga lebih eksplosif tanpa efek kram otot, tanpa 'efek basah' serta tidak menyerap air sehingga otot tetap kelihatan kering. Selain itu Kre-Alkalyn tidak memerlukan "fase loading" seperti Creatine. Sedangkan Beta Alanine adalah suplemen yang berguna untuk meningkatkan potensi latihan dan menambah efek Kre-Alkalyn. Penelitian menunjukkan suplementasi dengan Beta Alanine menunda kelelahan dan meningkatkan potensi dan perkembangan otot. Kombinasi antara Beta Alanine dan Kre-Alkalyn merupakan kombinasi terbaik dan terkuat untuk meningkatkan massa otot yang kering tanpa menambah lemak tubuh.

- Membantu Anda membentuk massa otot yang besar, kering, dan bebas lemak.

- Menambah energi, tenaga, dan stamina Anda dengan cepat dan eksplosif.

- Sebagai penyedia stamina dan kekuatan otot yang sangat tinggi bagi Anda.

- Tanpa efek samping dan tanpa fase loading.

Lingga

Page 22: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

HEA

LTH

Y F

OO

D REC

IPE

Oleh :

Healthy Food and Recipe Contributor

Arief T. Nur Gomo, STP, MSi.

http://www.dennysantoso.com/baked-chicken-with-lemon-juice.html

aging ayam banyak digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang populer di berbagai belahan dunia. Daging ayam D

biasanya diambil dari ayam broiler yang memang sengaja diternakkan untuk diambil dagingnya. Akan tetapi banyak juga yang mengolah daging ayam yang berasal bukan dari ayam broiler.

Daging ayam adalah salah satu makanan dengan kualitas protein terbaik. Daging ayam secara umum lebih menyehatkan dibandingkan dengan daging merah (daging sapi) disebabkan karena daging sapi mengandung lemak dan kolesterol lebih banyak dibandingkan dengan daging ayam. Dari segi kandungan protein, daging ayam memiliki kandungan protein lebih banyak dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu kualitas protein daging ayam lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi.

Itulah sedikit cerita tentang daging ayam. Kali ini kita akan membuat salah satu olahan daging ayam yang mudah cara membuatnya dan menyehatkan. Nah, biar nggak keburu kelaperan ngebayanginnya, langsung aja kita buat baked chicken with lemon juice.

Bahan:- 1 potong dada ayam tanpa tulang dan kulit- 1 sdm lemon juice

- 50 g bawang Bombay (potong melintang)- Lada untuk taburan

Cara membuat:1. Cuci bersih daging ayam dan tiriskan sebentar.

Sayat permukaannya beberapa kali.2. Siapkan aluminium foil diatas baki oven.

Letakkan daging ayam ditengah aluminium foil.3. Siram dengan lemon juice.4. Letakan potongan bawang Bombay

di permukaan dan di sekeliling daging ayam.5. Bungkus rapi dengan aluminium foil.6. Masukkan dalam oven dan panggang pada

suhu 200°C selama sekitar 25 menit.7. Angkat. Buka bungkus aluminium foilnya.

Pindahkan diatas piring saji dan taburi dengan lada secukupnya atau sesuai selera. Sajikan.

Untuk 1 porsi

Tips dan saran:1. Sajikan bersama saos sambal,

saos tomat atau mayonnaise.2. Cara lain penyajian: taburkan serutan keju

chedar atau parmesan di permukaannya.3. Bisa disajikan sebagai lauk untuk makan siang.

Masakan olahan daging ayam sudah menjadi

salah satu menu yang hampir tiap hari kita jumpai dan kita

konsumsi, entah itu di rumah, restoran, dan bahkan menu ini tak pernah absen dalam

setiap hidangan pesta. Nah, untuk menghilangkan

kebosanan terhadap menu masakan ayam, kali ini

Arief T Nur Gomo punya solusinya. Simak resep-resep

berikut sebagai alternatif memasak ayam yang sehat

dan menggugah selera!

B k h na ed C icke B k h na ed C icke B k h na ed C icke e n uwith L mo J ice e n uwith L mo J ice

Nilai gizi per porsiKalor : 282 k ali km Le ak: 3.2 gKarbohidrat: 5 gSerat: 0.9 gProtein: 58.4 g

Page 23: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

ebagai salah satu jenis sayuran, kol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu kol mempunyai manfaat untuk S

menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika diolah dengan cara dikukus. Jika dikukus, serat pangan yang terdapat pada kol akan berfungsi lebih baik dalam berikatan dengan asam empedu di pencernaan. Ketika proses ini terjadi, asam empedu akan lebih mudah dihasilkan, sehingga menurunkan kadar kolesterol. Kol mentah masih memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol tetapi tidak sebaik dengan kol yang dikukus.

Kol adalah sumber yang baik dari sinigrin. Sinigrin merupakan salah satu senyawa glucosinolate yang memiliki fungsi sebagai anti kanker. Glucosinolate adalah senyawa yang menyebabkan rasa pahit pada kol. Sinigrin dalam kol dapat dikonversi menjadi allyl isothiocyanate (AITC) yang bersifat anti kanker terutama untuk kanker empedu, kanker usus, dan kanker prostat.

Penggunaan microwave pada kol dapat mengurangi manfaat antikankernya. Microwave kol selama 2 menit dapat menghancurkan myrosinase sejumlah sama dengan mengukus selama 7 menit. Myrosinase adalah enzim yang membantu konversi

Chicken Cabbage Saute Chicken Cabbage Saute Chicken Cabbage Saute with Peanut Saucewith Peanut Sauce

glucosinolate menjadi senyawa antikanker.Memasak dengan cara menumis memiliki manfaat yang hampir sama dengan cara mengukus, selain itu bisa menambah citarasa. Pada resep berikut kita akan membuat tumisan menggunakan kol.

Bahan:- 100 g kol- 100 g daging ayam rebus tanpa kulit

(disuwir-suwir)- 40 g peanut butter- 2 siung bawang putih- 1 sdm (10 g) vinegar- 2 sdm (20 g) kecap manis- 1 sdt (5 g) gula- 2 sdt minyak zaitun (olive oil)- 2 sdm air

Cara membuat:1. Campur rata peanut butter, vinegar, kecap manis,

dan gula. Sisihkan.2. Tumis bawang putih sampai harum dengan minyak

zaitun. Gunakan api kecil.3. Masukkan campuran peanut butter. Aduk rata.4. Masukkan potongan kol, suwiran daging ayam, dan

air, kemudian aduk sebentar sampai agak layu(sekitar 5 menit).

5. Angkat dan sajikan.

Untuk 3 porsi

Tips dan saran:1. Jika ingin agak pedas, tambahkan potongan

cabe dalam campuran peanut butternya.2. Dapat dijadikan isian roti gandum atau

pendamping nasi merah.3. Untuk vinegarnya, bisa menggunakan

apple vinegar atau rice vinegar.

Kol atau kubis (cabbage) adalah jenis sayuran yang memiliki nama latin Brassica oleracea L. yang termasuk keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae). Bagian yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah bagian daunnya. Umumnya berwarna hijau tapi beberapa jenis memiliki warna merah atau keunguan. Daun ini tersusun rapat membentuk bulatan atau bulat pipih yang disebut krop, kop atau kepala, sehingga tanaman ini sering juga disebut kubis kepala (head cabbage atau heading cabbage). Sedangkan sebutan kol sendiri berasal dari bahasa Belanda, kool.

a eNil i gizi p r porsiE i 3nerg : 19 kkala :Lem k 13.7 gr

:Ka bohidrat 5.4 grSe at: 1.8 g

2Protein: 1 g

http://www.dennysantoso.com/chicken-cabbage-saute-with-peanut-sauce.html

Page 24: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Gym Profiles

Ida

aerah sekitar Kota Harapan Indah Bekasi adalah daerah pemukiman padat penduduk yang berkembang pesat dan maju. Untuk memenuhi D

kebutuhan olahraga kebugaran di daerah tersebut, Body Fit Station yang telah berdiri sejak tahun 2004 dan memiliki 2 cabang lain (Kayu Putih, Jaktim dan Mal Matahari, Puri Daan Mogot, Jakbar) membangun gedung baru yang dirancang khusus untuk tempat fitnes, aerobik, dan sauna di Jl. Raya Pejuang Kav. PGRI No. 1, Kel. Pejuang, Kec. Medan Satria, Bekasi. Tinggi

2 2ruangan mencapai 5 m, luas 350 m untuk fitnes, 400 m untuk aerobik, lantai standar international, dan parkir

2gratis seluas 2.000 m . Sirkulasi udara sangat nyaman dan asri karena dilengkapi AC di semua ruangan.

en Body Gym merupakan fitness center berlokasi strategis di kota Majalengka tepatnya di Jl. Raya Pasar Cigasong yang Z

merupakan jalur utama kota Majalengka. Zen Body Gym didirikan oleh Jejen Jaenal M. yang merupakan atlet binaraga kota Majalengka dan juga staff di STIKes YPIB Majalengka. Selain hobi dari pemiliknya, yang melatar belakangi didirikannya Zen Body Gym adalah menjadikan masyarakat Majalengka menjadi sehat dan kuat, sesuai dengan motonya yaitu “Stay Fit & Strong.“

Dengan alat-alat fitnes baru dan lengkap, serta didukung oleh 10 Instruktur aerobik bertaraf nasional, member pun semakin bertambah banyak dan merasa semakin nyaman karena dapat menikmati fasilitas lengkap tanpa merogoh kocek lebih dalam. Dengan tarif Rp. 90.000-an/bulan untuk pasangan (pria dan wanita) selama minimal 3 bulan, Anda sudah dapat menjaga kesehatan dan kebugaran. Body Fit Station juga dilengkapi kafe jus buah-buahan segar, yoghurt asli (tanpa pengawet), dan bermacam suplemen Ultimate Nutrition. Segeralah bergabung sekarang juga agar Anda tetap sehat dan fit. Untuk informasi hubungi nomor telepon (021) 88880988 / 93880988. Budi

Didukung oleh peralatan fitnes yang lengkap dan instruktur yang berpengalaman sehingga mampu membuat para member merasa nyaman dan puas berlatih di Zen Body Gym. Sampai saat ini Zen Body Gym sudah memiliki 285 member aktif setiap bulannya. Zen Body Gym buka setiap hari, dari hari Senin sampai dengan Minggu dari jam 08:00-21:00. Jadi tunggu apalagi, segera datang dan bergabunglah bersama Zen Body Gym Majalengka. Untuk info lebih lanjut, bisa menghubungi nomor telepon 085294344444.

Sta iot nSta iot nSt t na io--

BekasiBekasi

MAJALENGKAZEN BODY GYMZEN BODY GYM

Page 25: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

Diana

Bagaimana Treadmill Dapat Membantu?

Cukup dengan meluangkan waktu rehat antar waktu lari mampu membantu penyembuhan kerusakan sendi dan memperkuat persendian. Namun, pengkondisian latihan lari dengan baik bisa menjadi sangat bermanfaat, dan berlari itu sendiri bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, sehingga pelari ingin melakukannya rutin setiap hari. Bantalan pada treadmill juga dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran energi agar tidak seperti saat berlari pada permukaan keras.

http://www.duniafitnes.com/featured/treadmill-dan-manfaatnya-untuk-lindungi-sendi-anda.html

T DMREA ILL T DMREA ILL

DAN MANFAATNYAUNTUK LINDUNGI SENDI ANDA

erlari pada permukaan keras lama-kelamaan akan menyakitkan lutut dan kaki. Apalagi bagi B

mereka yang terbiasa melakukannya selama lebih dari sepuluh atau dua puluh tahun. Namun, latihan dengan treadmill sangat mampu mengurangi timbulnya rasa sakit tersebut. Hampir semua treadmill tersedia dengan bantalan yang bisa mengurangi tekanan yang menyebabkan sakit yang dihasilkan dari aktifitas berlari pada permukaan keras. Studi menunjukkan bahwa berlari di atas treadmill mengurangi dampak pada persendian hingga 15% dibandingkan berlari pada permukaan keras.

Ketika berlari pada permukaan yang keras, diperlukan sejumlah tekanan untuk mendorong tubuh ke arah depan dengan menggunakan betis serta untuk menekan dampak dari pendaratan kaki. Bantalan treadmill membantu mengurangi tekanan ini. Berkaitan dengan ini, pelari treadmill dapat mengerahkan usaha pada otot-otot paha depan yang lebih besar dan lebih efisien dalam pembakaran kalori.

Banyak merek treadmill mengakui kelebihan bentuk bantalan produk mereka. Nama-nama merek dagang juga merefleksikan kesan bahwa bantalan produk perusahaan mereka unik dan unggul. Sulit untuk membuktikan kebenaran di balik pengakuan dan kesan yang digambarkan tersebut karena para produsen biasanya tidak banyak memberikan informasi mengenai bagaimana mekanisme bantalan produk mereka benar-benar bekerja. Sebagian besar mekanisme pada treadmill menggunakan sistem penyesuaian yang memungkinkan para

Lalu, Bagaimana Memilih Treadmill Untuk Manfaat Optimal?

penggunanya untuk memilih tingkatan dari kaku hingga sangat lembut. Pada mesin treadmill yang harganya lebih mahal, sistem penyesuaian bisa langsung diterapkan sewaktu menggunakan mesin. Sedangkan pada mesin lainnya, sistem penyesuaian hanya bisa dilakukan tidak pada saat berlari di atas treadmill.

Hampir semua cara mengencangkan atau mengendurkan tread belt pada sistem bantalan dilakukan dengan cara meningkatkan atau mengurangi ketegangan bentuk tegangan pegas yang berfungsi memberikan tekanan terhadap bagian bawah sabuk. Sangat dianjurkan untuk mengatur ketegangan pada tread belt sampai pada titik di mana penggunanya dapat merasakan efek penyesuaiannya, tetapi dengan kondisi tapakan kaki tetap kokoh. Tingkat kenyamanan ini harus memungkinkan penggunanya dapat berlari secara aman dan efisien, bahkan selama bertahun-tahun.

Nah, marilah berlari di atas treadmill untuk membantu melindungi kesehatan sendi kita. Selamat berlatih!

Page 26: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

EVENTS

Ultimate Body Contest 2011 kali ini digelar di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu, 23 Januari 2011 yang lalu. Seperti tahun

sebelumnya, event ini kembali digelar di Hotel AJM, Genteng, Banyuwangi. Sejak dibukanya pendaftaran peserta pada jam 08:00, pengunjung sekaligus calon peserta sudah tampak ramai memadati tempat berlangsungnya event yang sudah ditunggu-tunggu ini. Dalam UBC Blambangan 2011 kali ini, selain body contest juga diadakan kompetisi binaraga yang diikuti oleh para atlet pemula.

Setelah pendaftaran ditutup, acara pun dimulai dengan technical meeting yang dipandu oleh Vice President PT. Jaya Sportindo Bp. Erwin Santoso, SE, MM. dibantu Wiyono. Dan sebagai pembuka event ini, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, S.Sos. memberikan sambutan pembukaan. Para peserta seluruhnya berjumlah 204 orang untuk body contest dan 25 peserta untuk kompetisi binaraga.

Kejuaraan diawali dengan babak penyisihan body contest yang mengambil 20 finalis untuk masuk ke babak final. Sebagai dewan juri dalam kejuaraan ini, ditunjuk para atlet binaraga dari Team Ultimate Nutrition yaitu Wiyono, Ketut, dan Sondang. Usai penyisihan body contest, giliran para peserta binaraga beraksi diatas panggung. Kompetisi binaraga mempertandingkan 5 kelas yaitu kelas 55 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg, dan 75 kg.

Guest Poser kali ini adalah atlet binaraga profesional dari Team Ultimate Nutrition, Sondang Ruddy. Setelah itu, kompetisi binaraga kembali dilanjutkan dengan memasuki babak final. Akhirnya terpilihlah pemenang dari masing-masing kelas binaraga yang dipertandingkan, yang disusul dengan penyerahan hadiah berupa uang tunai, trophy, dan bingkisan dari Ultimate Nutrition.

Tak berapa lama, acara pun segera dilanjutkan dengan diumumkannya nama-nama finalis body contest yang akan melaju ke babak penentuan. 20 peserta yang dinyatakan lolos ke babak final pun tampil diatas panggung untuk beradu tubuh ideal mereka di hadapan juri menunjukkan penampilan terbaik mereka. Setelah melakukan penilaian dan seleksi untuk menentukan siapa yang layak menyabet gelar juara, rupanya dua peserta dari Gladiator Gym Bojonegoro yaitu Rian Anton dan Ken Watanabe kembali berturut-turut meraih Juara I dan II dalam UBC Blambangan 2011 kali ini. Setelah penyerahan hadiah berupa uang tunai, trophy, dan bingkisan dari Ultimate Nutrition, para pemenang body contest menutup acara dengan berfoto bersama.

Selamat kepada para pemenang dan segenap panitia atas terselenggaranya acara ini. Semoga event ini menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan bibit-bibit baru berkualitas dalam rangka memajukan dunia fitnes di Indonesia. Galih

BLAMBANGAN2011

Pose down para finalis Body Contest

Most Muscular Pose oleh peserta binaraga

Tiga finalis binaraga berpose Abdominal and Thigh

Para pemenang UBC Blambangan 2011

Page 27: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

BANYUWANGI

Juara I : Rian Anton (Bojonegoro)Juara II : Ken Watanabe (Bojonegoro)Juara III : Huri (Jember)Juara IV : Roni (Banyuwangi)Juara V : Yanuar (Pamekasan)Juara VI : Wahid (Banyuwangi)Juara VII : Nurkolis (Banyuwangi)Juara VIII : Awarin (Banyuwangi)Juara IX : Arif (Lumajang)Juara X : Toni (Banyuwangi)

Juara I : Unyil Baweh (Indian Gym, Srono)Juara II : Kelik (Kebolajer Gym, Genteng)Juara III : Wayan (Kebolajer Gym, Genteng)

Juara I : Awarin (ADM Gym, Gendoh)Juara II : Rudi (ADM Gym, Gendoh)Juara III : Latip (Kebolajer Gym, Genteng)

Juara I : Wahid (Winner Gym, Simbar)Juara II : Solimik (John Power Gym, Rogojampi)Juara III : Mada (Extreme Gym, Genteng)

Juara I : Nurkolis (Ultra Gym, Banyuwangi)Juara II : Rahmat (Arista Gym, Rogojampi)Juara III : Hari (Java Gym, Genteng)

Juara I : Black (Gandoels Gym, Purwoharjo)Juara II : Hendrik (Fajar Gym, Banyuwangi)Juara III : Slank (Exotic Gym, Muncar)

Kelas 55

Kelas 60

Kelas 65

Kelas 70

Kelas 75

DAFTAR JUARA BODY CONTEST :

DAFTAR JUARA BINARAGA

Wakil Bupati Banyuwangi & para tamu VIP di deretan depan Panitia acara berfoto bersama

Sambutan Wakil Bupati Banyuwangi Technical meeting oleh Bp. Erwin

Bp. Erwin berfoto bersama Juara I, Rian Anton

Para peserta Body Contest berlaga di babak final

Para finalis Body Contest memamerkan tubuh idealnyaGuest Poser, Sondang Ruddy

Page 28: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

EVENTS

ertandingan binaraga yang luar biasa terjadi pada Sabtu, 26 Februari 2011 yang lalu, di MGK Kemayoran, Jakarta. Para P

atlet binaraga yang pernah menjadi juara Asia bertanding dalam kategori invitasi memperebutkan hadiah utama senilai 30 juta rupiah. Selain kategori invitasi, event yang digelar oleh Stadium Group dibawah pimpinan Bp. Rudy Santoso bekerjasama dengan PB PABBSI ini juga mempertandingkan 3 kelas binaraga, serta body contest untuk pria dan wanita.

Para atlet dari Malaysia benar-benar mendominasi juara kategori binaraga. Hanya Ketut Arnawa dari Team Ultimate Nutrition Bali yang berhasil menyelamatkan Juara I Kelas 75+ kg dari serbuan atlet luar negeri. Hadir dalam event ini Ketua Umum PB PABBSI, Menteri Keuangan RI, Kasdam TNI, Kapolres Jakarta Pusat, dan para tamu VIP dari pihak sponsor. Selamat untuk para pemenang!

BEST OF THE BESTSTADIUM BODYBUILDING CHAMPIONSHIP 2011

Aan

Para juara kategori invitasi

Sambutan Ketua Umum PB PABBSI Bp. Adang Daradjatun Guest Poser Syafrizaldy Kelas 75+ kg

Para Finalis Kelas 65-75 kg

Page 29: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

JAKARTA PUSAT

Kelas Men Fitness :

Kelas Women Fitness :

Kelas <65 kg :

Juara I : Dedie Hernawan (Pramuka Body Gym)Juara II : Dody Syahputra (Team Sportisi Indonesia)Juara III : Rian Anton (Gladiator Gym Bojonegoro)Juara IV : Randy Latumahina (Team ABS)Juara V : Ying Yulius (Team ABS)

Juara I : SukmaJuara II : YayaJuara III : Desy FatimahJuara IV : SusanJuara V : Putri

Juara I : Fajar Upak (ATM Kuala Lumpur)Juara II : Slamet Junaedi (Max Gym Malang)Juara III : Iwan Tito (Team Universal)Juara IV : Sahri (Hardcore Gym)Juara V : M. Alipi (Power Sport Gym)

DAFTAR JUARA

Kelas 65-75 kg :

Kelas 75+ kg :

Kelas Invitasi :

Juara I : Buda Anchah (Tentara Udara Malaysia)Juara II : Erwin Lukmansyah (KLAR Senopati)Juara III : Mheni (Team Universal)Juara IV : Ramadhan (Team Twinlab)Juara V : Vian (Team Sportisi Indonesia)

Juara I : I Ketut Arnawa (Team Ultimate Nutrition Bali)Juara Ii : Ubaidilah (Rockafella)Juara III : Elfis Djery Siappa (Team Gaspari Nutrition)Juara IV : Made Dwija (Kupang, NTT)Juara V : Achmad Ghadavi (Team ABS)

Juara I : Sazali bin Abd Samad (Malaysia)Juara II : Putu Sembah (DKI Jakarta)Juara III : Othman bin Yahya (Malaysia)Juara IV : Zetri (Malaysia)Juara V : MD Noor Syugri bin Nasir (Malaysia)Juara VI : M. Edeng Sambas (Team Ultimate Nutrition Bandung)

Para Finalis Kategori Women Fitness

Juara I - VI Kategori Invitasi

Para Finalis Kategori Body ContestPara Finalis Kelas 65 kg ke bawah

Finalis Kategori Invitasi

I Ketut Arnawa Juara I kelas 75+ kg

Page 30: Sportindo Com - The Magz Maret 2011

EVENTS JAKARTA UTARA

alam rangka HUT ke 4 Indo Fitness Tondano pada tanggal 15 Januari D

2011, diadakanlah berbagai event strength competition untuk para membernya. Kompetisi yang digelar antara lain adalah lomba bench press, triceps pressdown, sit up, dan preacher curl. Tujuan dari acara ini tak lain untuk menciptakan kebersamaan antar member Indo Fitness Tondano. Adapun pihak sponsor yang membantu terlaksananya perlombaan ini adalah Bp. Alex selaku distributor Ultimate Nutrition di wilayah Sulawesi Utara. Sportindo.com the Magz mengucapkan selamat ulang tahun untuk Indo Fitness Tondano dan semoga semakin sukses!

p. Leo, salah seorang atlet angkat berat Indonesia, Bhari Minggu siang, 23

Januari 2011 yang lalu merasa sangat bahagia. Hal itu karena fitness center yang ia kelola yaitu Nagafit Sport Fitness di-launching secara resmi. Bp. Leo merupakan salah satu personil dari Nagaguard, yaitu kelompok bodyguard dari Nagaswara Records, salah satu perusahaan rekaman besar di Indonesia. Karenanya tak heran, Nagafit Sport Fitness diresmikan langsung oleh Bp. Rahayu Kertawiguna, CEO Nagaswara Music Corp., dihadiri oleh para personil dari Nagaguard dan beberapa artis dari Nagaswara Records, diantaranya adalah Aldi Taher dan Bagus dari grup Kingkong dan Nata dari grup 2Racun.

Acara diawali dengan sambutan Bp. Rahayu dan para tamu undangan, doa bersama, dan peresmian Nagafit Sport Fitness secara simbolis dengan

pemotongan tumpeng nasi beras merah yang disusul makan bersama-sama. Kemudian acara dilanjutkan dengan mencoba alat-alat fitnes baru bersama-sama. Launching resmi Nagafit Sport Fitness juga dihadiri oleh atlet adu panco Indonesia yang baru saja meraih peringkat 5 dunia pada kejuaraan arm wrestling internasional di Las Vegas, Amerika Serikat, yaitu James Harrison Anes yang kebetulan berasal dari Tanjung Priok. Jadi, bagi Anda yang tertarik bergabung dengan Nagafit Sport Fitness, segera kunjungi lokasinya di Jl. Usaha No. 32 (Belakang Kantor Pos Ampera), Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, atau hubungi Bp. Leo di nomor telepon (021) 97221116 untuk informasi lebih lanjut, mumpung sedang ada promosi pendaftaran member baru gratis dan kesempatan bergabung menjadi anggota Nagaguard. Selamat dan sukses untuk Nagafit Sport Fitness!

LAUNCHING NAGAFIT SPORT FITNESS

EVENTS MINAHASA

HUT Ke-4 INDO FITNESS TONDANO

Bench press :Juara I : Rico PalandengJuara II : Youky KowaasJuara II : Noel Felano

Triceps pressdown :Juara I : Alvin SimelerJuara II : JunitronJuara III : Nando Pinangkaan Preacher curl :Juara I : Fandy SungeJuara II : Yanny WorekJuara III : Donald Rumampuk Sit up :Juara I : Yori RumangitJuara II : Noel FelanoJuara III : Efert Rantung

DAFTAR JUARA :

Aan

Wayan

Page 31: Sportindo Com - The Magz Maret 2011
Page 32: Sportindo Com - The Magz Maret 2011