sportindo com - the magz juni 2009

32
sportindo.com The Magz FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE FREE MAGAZINE Pentingnya Latihan Peregangan Sebelum, Saat Jeda, dan Sesudah Berolahraga atau Beraktivitas PENYAKIT MAAG DAN PENANGGULANGANNYA PENYAKIT MAAG DAN PENANGGULANGANNYA KEPITING KEPITING Seafood Lezat, Kaya Manfaat Seafood Lezat, Kaya Manfaat MEREGANG TEGANG www.dennysantoso.com : www.dennysantoso.com : Pakai Pembakar Lemak Kok Malah Sering Lapar? LIPOSUCTION LIPOSUCTION Efektif dan Menarik, Namun Kadang Mematikan Efektif dan Menarik, Namun Kadang Mematikan DEDIE HERMAWAN DEDIE HERMAWAN “Awalnya Saya Kurus Sekali” “Awalnya Saya Kurus Sekali” SEBELUM Kembalinya Binaragawati Pertama Indonesia Kembalinya Binaragawati Pertama Indonesia Desi Fatimah Desi Fatimah EDISI 16 = JUNI 2009 C n entration Curl oc Latihan T rfo s ntuk Kekuat n e ku u a d n Pemb ntukan Bis p a e e C n entration Curl oc Latihan T rfo s ntuk Kekuat n e ku u a d n Pemb ntukan Bis p a e e IP T S IP T S 0 i s w 1 Tp Ho to nk Mo W ter Dri re a 0 i s w 1 Tp Ho to nk Mo W ter Dri re a

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

127 views

Category:

Documents


30 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

sportindo.comThe MagzFREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINEFR

EE M

AG

AZI

NE

Pentingnya Latihan Peregangan Sebelum, Saat Jeda, dan Sesudah Berolahraga atau Beraktivitas

PENYAKIT MAAG DAN PENANGGULANGANNYAPENYAKIT MAAG DAN PENANGGULANGANNYA

KEPITINGKEPITINGSeafood Lezat, Kaya ManfaatSeafood Lezat, Kaya Manfaat

MEREGANG

TEGANG

www.dennysantoso.com :

www.dennysantoso.com :

Pakai Pembakar Lemak Kok Malah Sering Lapar?

LIPOSUCTIONLIPOSUCTIONEfektif dan Menarik, Namun Kadang MematikanEfektif dan Menarik, Namun Kadang Mematikan

DEDIE HERMAWANDEDIE HERMAWAN“Awalnya Saya Kurus Sekali”“Awalnya Saya Kurus Sekali”

SEBELUM

Kembalinya Binaragawati Pertama IndonesiaKembalinya Binaragawati Pertama Indonesia

Desi FatimahDesi Fatimah

EDISI 16 = JUNI 2009

C n entration Curlo c

Latihan T rfo s ntuk Kekuat n e ku u

a

d n Pemb ntukan Bis pa e

eC n entration Curlo c

Latihan T rfo s ntuk Kekuat n e ku u

a

d n Pemb ntukan Bis pa e

e

IPT SIPT S

0 i s w 1 T p Ho to

nk Mo W terDri re a0 i s w 1 T p Ho to

nk Mo W terDri re a

Page 2: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Metabolisme yang aktif merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet Anda. Ketika sedang berdiet, tingkat metabolisme tubuh akan menurun sehingga menyebabkan diet semakin sulit. Turunnya metabolisme menyebabkan tubuh menyimpan energi lebih banyak sehingga sebagian besar makanan yang dikonsumsi akan disimpan sebagai lemak. Guggul mampu menaikkan kembali tingkat metabolisme tubuh yang menurun dengan cara meningkatkan fungsi thyroid tubuh yang berperan besar mengatur tingkat metabolisme. Hasilnya, tubuh menggunakan dan membakar kalori lebih banyak dan efektif sehingga sangat membantu diet.

· Membantu program diet dengan peningkatan metabolisme

· Meningkatkan fungsi thyroid tubuh· Menjaga tingkat metabolisme tubuh agar tetap aktif· Membantu tubuh menggunakan dan membakar kalori

lebih efektif· Membantu tubuh menggunakan energi lebih banyak

Page 3: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Pemimpin Umum

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung Jawab

Sutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM

dr. Jeffry Beta Tenggara

Ardi, Handoko

Tim Redaksi

George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.

Wahyu Wijaya, S.TP.

Artistik & Desain

Darmawan H.S

Rachmat Kurniawan, SE.

Petrus Dony Hariyanto

Promosi & Iklan

PT. Jaya Sportindo

Distribusi

Mangapul F. Hutahaean, SE.

Website

www.sportindo.com

www.dennysantoso.com

E-Mail

[email protected]

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan

pertanyaan dari pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

editor's letter

redaksiredaksi

sportindomail

sportindo.com aThe M gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

03

HIIT dan Pembakaran Lemak

Meal Replacement

Saya sudah banyak mengikuti program-program dari Bp. Denny. Yang ingin saya tanyakan sekarang adalah mengenai program HIIT (High Intensity Interval Training). Pada artikel Bp. Denny disebutkan bahwa untuk pembakaran lemak harus 65% dari penghitungan detak jantung, sementara untuk program HIIT harus melebihi dari detak jantung yang disarankan. Mohon bantuan masukannya. Terimakasih.Sandy ([email protected])

Penghitungan detak jantung maksimal atau disebut dengan istilah MHR (Maximal Heart Rate) diperoleh dari rumus MHR = 220 - Usia. Misalnya, untuk usia 30 tahun maka MHR-nya adalah 220 - 30 = 190 detak/menit. Angka ini adalah angka maksimal yang diperbolehkan untuk orang berusia 30 tahun, selain itu disarankan untuk tidak dilakukan dalam jangka waktu lama. Program HIIT bertujuan agar tubuh dapat berada dalam kondisi pembakaran lemak atau fat burning zone, yaitu dalam rentang 65-70% dari detak jantung maksimal. Sehingga diperoleh 65% x 190 = 123,5 dan 70% x 190 = 133. Berarti Anda cukup cari detak jantung per menit (bpm) berkisar 123,5-133 yang tertera pada mesin treadmill. Kondisi ini bisa dicapai dengan cara 2 menit berjalan (dalam kecepatan treadmill 5), kemudian disambung 1 menit berlari (kecepatan kencang hingga agak sulit untuk bicara). Kondisi ini diulang dan berlangsung sampai 10-20 menit. HIIT ini sebaiknya dilakukan seminggu minimal 2 kali. Jadi HIIT tidak akan melebihi detak jantung untuk membakar lemak, pada zona ini tubuh akan benar-benar membakar lemak.

Saya belum pernah mengkonsumsi suplemen pengganti makan atau meal replacement sebelumnya. Yang ingin saya tanyakan, apakah dengan konsumsi meal replacement benar-benar bisa untuk menggantikan makan besar jikalau kondisi saya tidak sempat untuk makan, ataukah bisa juga menggantikan makan seluruhnya dalam sehari?Ferre ([email protected])

Suplemen Meal Replacement sebaiknya untuk menggantikan snack, bukan menggantikan makan besar (big meal) apalagi menggantikan makanan secara keseluruhan. Di Amerika atau Eropa, kita dianjurkan makan meal sebanyak 6-8 kali sehari, dua atau tiga diantaranya adalah snack untuk istilah di Indonesia, dan itulah yang bisa digantikan oleh suplemen Meal Replacement seperti Magic Milk.

isakah Anda bayangkan jika otot Anda tiba-tiba dikontraksikan untuk bergerak secara mendadak, cepat, lincah, berlebihan dan bertekanan berat dari kondisi otot yang sebelumnya santai. Hasilnya tentu fatal, otot atau sendi Anda bisa tegang, cedera atau B

keseleo. Itulah mengapa penting untuk melakukan peregangan atau stretching sebelum berolahraga. Tetapi ternyata stretching tidak hanya dianjurkan dilakukan sebelum berolahraga atau beraktivitas berat tetapi juga saat jeda atau saat diantara dua gerakan berbeda dan sesudah berolahraga atau beraktivitas seharian. Lantas apa bedanya peregangan dan pemanasan? Mana yang lebih dulu? Apa dan bagaimana mengenai peregangan kami sajikan sebagai Cover Story edisi Juni 2009 ini.

Saya juga akan memberi penjelasan mengenai sebuah pertanyaan yang banyak sekali diajukan oleh Anda yang merasa sering lapar setelah mengkonsumsi suplemen pembakar lemak. Simak juga berbagai artikel nutrisi, kesehatan, diet, latihan dan tips yang sarat informasi dan manfaat. Selamat membaca dan tetap sehat!

Page 4: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

ContentsContents

05Exclusive Pose : Dedie Hermawan 17

Sporty Femme :Desi Fatimah

12

14Health File : MaagSalah satu dari rekan atau Anda sendiri pasti ada yang menderita penyakit yang membuat perut melilit ini. Simak pencegahannya di hal. 14.

06Cover Story : StretchingStretching tak hanya penting sebelum berolahraga, tetapi juga saat jeda dan sesudah berolahraga atau beraktivitas

Nutrition : KepitingSiapa yang hobi makan seafood pasti tahu menu kepiting. Selain lezat, kepiting juga sarat nutrisi, tetapi awas kolesterolnya!

Hal. 5 Exclusive Pose

Hal. 10 www.dennysantoso.com

Hal. 16 Hot Product

Hal. 17 Sporty Femme

Hal. 18 Tips

Hal. 20 Supplements

Hal. 22 Article

Hal. 24 Gym Profiles

Hal. 26-29 Events

Dedie Hermawan :"Awalnya saya kurus sekali".

Anda salah satu dari yang bertanya mengapa malah sering lapar setelah konsumsi suplemen pembakar lemak? Simak jawabannya langsung dari Bp. Denny.

Diet ketat untuk pra kompetisi? IsoCool pilihannya! Susu whey protein isolate murni dan terbaik yang bebas gula dan lemak.

Desi Fatimah :"Kembalinya binaragawati pertama Indonesia"

= 10 Tips How to Drink More Water= Concentration Curl: Latihan Terfokus

untuk Kekuatan dan Pembentukan Bisep

Suplemen kombinasi terbaru untuk menyempurnakan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan secara signifikan.

Berencana mengambil jalan pintas dengan liposuction? Baca dulu apa kata dr. Jeffry Beta Tenggara tentang liposuction di rubrik Article.

= Bintang Fitness Cibinong= Perfect Body Gym Jakarta

= Untar Fitness Award 2009= Body Contest & Aerobic Competition

2009 Open Jawa Timur= Grand Opening Zona Gym Banda Aceh= Bandung Lautan Otot

st= 1 Anniversary Pramuka Body GymJakarta

Page 5: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Exclu

sive

Pose

Exclu

sive

Pose

05

“Anda boleh tidak percaya, tetapi dulu berat badan

saya hanya 48 Kg dengan tinggi badan 170 cm. Kurus sekali,” aku Dedie membuka pembicaraan. “Lantas setelah melihat seorang teman yang berbadan ideal, saya putuskan mencoba fitnes di tahun 2005.”

“Dengan target bulking, saya berusaha keras fitnes dan diet selama setahun meski waktu itu belum tahu teknik latihan dan program diet yang benar. Jadi bulking-nya tidak 100% bersih. Kadang saya cheat makan enak sesuai keinginan. Pokoknya saya terus latihan beban dengan beban yang cukup berat,” ujarnya.

“Akhirnya seiring waktu, berat badan saya naik bertahap, dari 48 Kg menjadi 60 Kg dan sekarang 70 Kg,” jelas pemuda yang mengaku masih single ini. “Lalu saya program cutting dengan latihan superset, piramid, atau divariasikan pengaturan set dan repetisinya. Saya beruntung memiliki banyak waktu untuk berlatih dan menjalani program diet yang saya inginkan,” ujarnya. “Bahkan saya hanya latihan beban murni sebagai fat burning,” tambahnya.

“Tahun 2007, saya mengikuti kejuaraan body fitness yang pertama yaitu Pestaraga 2007 dan berhasil meraih Juara VII. Sejak itu, saya terus termotivasi untuk meraih prestasi yang lebih baik hingga sekarang,” tegas Dedie.

Ditanya mengenai dietnya, Dedie menguraikan, “Yang jelas saya memaksimalkan aspuan protein setiap harinya baik dari ayam, putih telur, ikan, daging, tempe atau tahu. Semuanya saya rebus atau panggang, jauh dari digoreng kecuali cheat makan saat weekend. Untuk minuman saya menyukai jus wortel, apel, atau tomat.”

“Soal suplemen itu nomer dua, lebih baik konsumsi makanan alami. Kecuali untuk persiapan event, saya menambahkan suplemen berprotein tinggi dalam diet. Misalnya amino, BCAA, dan whey protein yang dikonsumsi pada pagi saat bangun tidur, sebelum dan sesudah latihan, dan malam sebelum tidur,” jelas Dedie saat ditanya soal suplemen.

Soal bagian otot favoritnya, Dedie menerangkan, “Saya kebetulan memang menyukai latihan chin-up untuk membentuk punggung (back) saya. Pokoknya melatih 1-2 bagian otot berbeda setiap latihan. Bagi saya kuncinya adalah fokus dengan tujuan atau target yang ingin dicapai. Selalu berdedikasi dengan latihan yang benar, nutrisi dan istirahat yang cukup,” tutup Dedie mengakhiri pembicaraan.

Dedie Hermawan“Awalnya Saya

Kurus Sekali”Sosok yang satu ini pastinya sudah

tidak asing lagi bagi para fitness mania. Berulang kali menyabet peringkat

pertama di berbagai kejuaraan ideal body atau body contest, Dedie

Hermawan mengaku dulunya bertubuh sangat kurus.

Nama : Dedie HermawanTTL : Jakarta, 28 Januari 1978TB : 170 cmBB : On Season : 68 Kg; Off Season : 70 KgBag. Tubuh fave : Punggung (back)Gym : Pramuka Gym JakartaPekerjaan : Personal TrainerSuplemen : Iso Sensation 93, Amino Bolic, BCAAPrestasi := Mr. Untar 2009, Best of the Best, & The Best Six-pack

Untar Fitness 2009= Juara IV Ideal Body Ultimate Bodybuilding

Championship 2008= Juara I Body Contest Siswaraga 2008= Juara I Body Contest Fit & Fresh 2008= Juara I Body Contest Bandung Raga 2008= Juara III Body Contest ISS Open 2008= Juara VII Pestaraga 2007

Aan

Lo

kasi : P

ram

uka

Gym

Jaka

rta

Page 6: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

06

Pentingnya Latihan Peregangan Sebelum, Saat Jeda, dan Sesudah Berolahraga atau Beraktivitas

Sebelum Tegang

Di tengah kesibukan dan rutinitas kerja, terkadang kita lupa untuk menyempatkan diri berolahraga.

Latihan peregangan atau stretching merupakan salah satu latihan kelenturan yang sangat bermanfaat

untuk kesehatan. Seiring bertambahnya usia, kelenturan tubuh akan berkurang dan berisiko lebih

mudah cedera. Kelenturan tubuh dapat dilatih dengan melakukan latihan peregangan setiap hari

pada sebelum, saat jeda, dan sesudah berolahraga atau beraktivitas.

Cover Story

Meregang

Page 7: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Apa itu Peregangan?

eknik peregangan telah digunakan bertahun-tahun untuk menghindari cedera dan keletihan otot. Pada dasarnya peregangan difungsikan untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian otot agar pemulihan otot berlangsung lebih cepat. Peregangan memiliki mekanisme yang sama dengan teknik T

pemijatan yaitu merelaksasikan kembali serat-serat otot yang kaku.Peregangan otot meningkatkan oksigenasi atau proses pertukaran udara didalam sel dan merangsang

sistem kerja getah bening. Selain itu, peregangan otot dapat memperbaiki postur tubuh kita dan menghindarkan dari berbagai rasa sakit otot yang sering terjadi di leher, bahu, dan punggung kita, bahkan menghindarkan dari sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Mengapa Peregangan Diperlukan?

Peregangan adalah salah satu komponen untuk keseimbangan olahraga apapun. Tanpa peregangan Anda akan lebih mudah cedera dan fleksibilitas gerakan Anda pun akan berkurang. Peregangan juga berperan untuk merelaksasi otot yang stress, meningkatkan performa saat olahraga inti. Apabila kita tidak pernah melakukan peregangan maka pergerakan sendi pun akan menjadi terbatas sehingga ketika melakukan gerakan-gerakan tertentu yang tiba-tiba dan memerlukan kelincahan seperti berlari atau melompat, maka faktor cedera pada sendi ataupun otot akan menjadi semakin besar. Dalam kaitannya dengan olahraga angkat beban, peregangan membantu mengurangi stress otot yang terjadi, sehingga rasa sakit otot yang tertunda atau biasa disebut DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) dapat diminimalkan.

Kapan Sebaiknya Peregangan Dilakukan?

Sebagian besar orang berpendapat bahwa peregangan sebaiknya dilakukan pada saat sebelum melakukan olahraga. Pada

kenyataannya, kapan waktu yang tepat melakukan peregangan seharusnya dibedakan berdasarkan jenis olahraga yang dilakukan.

1. Untuk olahraga angkat beban sebaiknyaperegangan dilakukan seusai Andaberlatih angkat beban. Mengapa? Bukanberarti Anda tidak boleh melakukanperegangan sebelum melakukan angkatbeban, angkat beban membutuhkankontraksi yang maksimum. Jadiperegangan yang dilakukan sebelumnyamalah akan membuat serat-serat ototmenjadi rileks sehingga kehilangankemampuannya untuk berkontraksimaksimal. Selain itu, peregangan yangdilakukan sesudah angkat beban akanmelancarkan peredaran darah danpenyaluran oksigen sehingga rasa sakitdapat diminimalkan.

2. Untuk olahraga dinamis seperti aerobik, peregangan sebaiknya dilakukansebelumnya untuk menghindari cederaakibat gerakan yang tiba-tiba danmemerlukan kelincahan.

3. Untuk olahraga ringan seperti berjalan cepat atau bersepeda, Anda dapat melakukan peregangan kapan saja, bisa pada saat sebelum, saat jeda, ataupun sesudah berolahraga.

07

Page 8: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa ketika melakukan peregangan tidak dalam kondisi otot yang kaku. Waktu yang sangat tepat untuk melakukan peregangan adalah setelah pemanasan yang cukup. Jadi sebaliknya lakukan pemanasan (warm-up) dahulu sebelum melakukan peregangan untuk memompa aliran darah Anda ke seluruh tubuh. Misalnya berlari di tempat selama 5-10 menit terlebih dahulu sebagai pemanasan sebelum peregangan, sehingga Anda mendapatkan manfaat peregangan yang optimal.

Bagaimana prinsip dasar peregangan?

Sebelum melakukan peregangan, gunakan pakaian yang tidak membatasi gerak dan membuat Anda merasa nyaman. Siapkan matras atau karpet untuk tempat peregangan. Peregangan dapat dilakukan dengan aman setiap hari dan harus melibatkan semua kelompok otot mayor (utama). Umumnya, orang-orang dewasa mempunyai empat titik otot tegang yang dapat diperkirakan sebelumnya. Empat titik tersebut adalah bahu bagian depan, punggung bagian bawah, otot-otot lutut, dan betis. Regangkan salah satu bagian otot tersebut kearah yang berlawanan. Permulaan ini akan membuat otot Anda rileks dan siap untuk peregangan selanjutnya. Lanjutkan untuk bagian otot yang lain, regangkan semampu Anda dan tahan selama kurang lebih 10 hitungan, lakukan sebanyak 5 kali.

Tips Peregangan

Peregangan otot adalah jenis latihan yang minimal harus kita lakukan setiap hari. Apabila bagi rutin dilakukan, peregangan harus dilakukan sebelum dan sesudah olahraga untuk menghindari cedera saat berolahraga dan membantu pemulihan otot yang stress. Demikian juga bagi mereka yang tidak atau jarang berolahraga, latihan peregangan dapat membantu mengurangi stress dan mengurangi ketegangan otot terutama di bagian kepala, leher dan punggung.

Artinya bahwa peregangan otot adalah hal yang harus dilakukan oleh siapa saja setiap hari minimal 15-20 menit. Bahkan setelah seharian beraktivitas yang melelahkan juga dianjurkan melakukan peregangan untuk menghindari stress. Banyak metode peregangan yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah contoh latihan peregangan otot yang dapat dilakukan sendiri oleh Anda setiap hari.

Peregangan memerlukan manuver atau gerakan yang bisa memperpanjang atau mengulur dengan lembut dan hati-hati bagian otot dan tendon tubuh. Anda juga dapat meregangkan otot yang kondisinya dingin, namun Anda harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi keseleo berat, peregangan yang berlebihan, atau malah mencederai otot Anda.

Peregangan untuk Lengan

1. Silangkan lengan ke arah yangberlawanan kemudian tahan selama 10hitungan, ulangi sebanyak 2 kali.

2. Posisikan lengan dibelakang punggung,tahan selama 10 hitungan, ulangisebanyak 2 kali.

3. Luruskan kedua lengan didepan dada, kemudian ke belakang, dan keataskepala. Untuk masing-masing gerakantersebut, tahan selama 10 hitungan,ulangi sebanyak 2 kali.

4. Tarik tangan kanan oleh tangan kiri dibelakang kepala dan sebaliknya.Lakukan masing-masing sebanyak 2 kalidalam 10 hitungan.

08

Mo

de

l : Atik ; L

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter

Page 9: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Peregangan untuk Leher dan Kepala

Peregangan untuk Pinggang

1. Tundukan kepala kebawah, tahansebentar, kembali dan tarik ke belakang, tahan sebentar, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan masing-masing sebanyak 2 kali dalam 10 hitungan.

2. Patahkan kepala ke kanan dan kekiri hingga menyentuh bahusecara bergantian, masing-masingsebanyak 2 kali dalam 10hitungan.

3. Gerakkan kepala menengok ke kanan dan ke kiri secarabergantian, masing-masingsebanyak 2 kali dalam 10 hitungan.

4. Putar kepala ke kanan berlawananarah jarum jam dan balik arah kekiri, masing-masing sebanyak 2kali dalam empat putaran.

1. Letakkan kedua tangan dipinggang, kaki direnggangkan lebih lebar, lalu patahkan pinggangke kanan, disusul patahkan leherke kanan diikuti tangan kiri diletakan diatas kepala mengarahke kanan sehingga terasa tarikandipinggang dan leher. Lakukan kekiri secara bergantian, masing-masing sebanyak 2 kali dalam 10hitungan.

2. Letakkan kedua tangan di pinggang, kaki direnggangkanlebih lebar, lalu bungkukkan badanke depan secara perlahan, raihkedua ujung ibu jari dengan keduatangan. Tarik dan tahan sebentarsebanyak 10 hitungan. Lakukan masing-masing sebanyak 2 kali.

Peregangan untuk Kaki

Peregangan untuk Punggung

Manfaat Peregangan

1. Duduklah bersila, kedua telapak kaki saling menempel, kemudianbungkukkan tubuh Anda, tahanselama 10 detik.

2. Posisikan salah satu kaki kedepan kemudian bungkukkan tubuh Anda serendah-rendahnya, tahan selama10 detik.

3. Angkat salah satu kaki, pegangtelapak kaki dengan tangan, tarikdan tahan selama 10 detik.

1. Berdirilah menyandar lurus pada dinding. Usahakan seluruh bagian punggung dan belakang tubuh menempel pada dinding.

2. Tahan selama 10 detik dan ulangisekali lagi.

1. Melunakkan kekakuan otot dan meningkatkan kemampuanjangkauan gerakan tubuh, sehinggagerakan tubuh menjadi lebihefisien. Kelenturan hanya membutuhkan sedikit energi untukdilakukan, namun mampumenjangkau gerakan tubuh yangluas. Jadi tubuh yang lentur justrumeningkatkan performa tubuhsecara keseluruhan karenamenciptakan gerakan yang menggunakan energi secara lebihefisien.

2. Mempersiapkan tubuh untuk latihan. Peregangan sebelumberlatih tidak hanya membuat ototmenjadi lentur tetapi juga dapatmeminimalisir terjadinya salahurat. Otot yang lentur dapatmengurangi kecenderunganterjadinya cedera akibat gerakanyang berlebihan dan tiba-tiba.

Selain itu juga membantupemulihan rasa sakit dan pegalseusai latihan.

3. Memperbaiki postur tubuh.Peregangan otot bagian punggungbawah, bahu dan dada akanmembantu meluruskan posturpunggung Anda sehinggamencegah punggung yangbengkok.

4. Membantu mengurangi ataumengelola stress. Peregangan ototyang baik akan mengurangi ketegangan dan membuat Andalebih rileks. Ketegangan otot dapat cenderung mengurangi sirkulasidarah dan oksigen ke seluruhtubuh. Peregangan meningkatkansuplai darah dan oksigen agarlebih lancar pada otot.

5. Meringankan ketegangan yangmenimbulkan ketidakstabilan danmenurunkan risiko sakit padapunggung bawah (lower backpain). Untuk itu lakukan jugaperegangan pada area bawahpunggung ini agar mengurangirisiko sakit punggung bawah.

Jadi seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa waktu yang tepat untuk melakukan peregangan. Peregangan bisa dilakukan sebelum, selama jeda dua gerakan olahraga berbeda, dan sesudah aktivitas olahraga dan fitnes. Atau juga bisa dilakukan saat Anda akan beraktivitas rutin yang tak berhubungan dengan olahraga atau fitnes sekalipun. Perlu Anda ingat sekali lagi, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu dan kemudian disusul peregangan. Luangkan sedikit waktu sekitar 15-20 menit untuk melakukan peregangan setiap hari. Selamat mencoba dan rasakanlah manfaat dari latihan peregangan.

09

Wahyu

Page 10: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

etapi ada juga beberapa orang yang menggunakan Ultra Ripped dan setelah mencobanya beberapa hari, mereka mengatakan T

bahwa koq mereka sekarang jadi gampang lapar? Yang manakah yang benar? Apa yang membedakan kondisi kedua orang ini? Dan solusi seperti apa yang diharapkan? Karena mereka mengatakan bahwa kalau lapar kan berarti makan terus dan berarti tidak bisa mengurangi berat badan?Kita harus membedakan kondisi kedua orang yang saya ceritakan di atas. Kasus pertama adalah seseorang yang kelebihan berat badan dan nafsu makannya tinggi. Setelah minum Ultra Ripped yang bisa membantu menurunkan nafsu makan, memang benar bahwa nafsu makannya berkurang. Dan itu sudah menjadi solusi tersendiri, tidak ada masalah.

Kasus kedua, orang yang menggunakan Ultra Ripped mengatakan bahwa mereka koq sekarang jadi gampang lapar? Hal ini kalau kita cermati, tentunya berbeda dengan kasus orang pertama dimana awalnya mereka sudah kelebihan nafsu makan. Tetapi di kasus kedua mereka mengatakan 'jadi gampang lapar' yang berarti sebelumnya mereka tidak gampang lapar. Beberapa orang yang kelebihan berat badan, biasanya mereka telah melakukan diet sendiri yang sering kali saya perhatikan dietnya sangat ngawur. Seperti contohnya makan sehari cuma 1-2x saja. Proses ini justru akan membuat tubuh mereka menjadi susah sekali menurunkan berat badan plus proses ini akan memperlambat metabolisme.

Kadang saya bertanya ke mereka, koq kuat sih sehari makan 1-2x sehari? Mereka menjawab, saya sudah biasa seperti ini dan saya juga tidak merasa lapar. Nah rasa tidak gampang lapar ini bukti bahwa metabolisme tubuh mereka sudah sangat lambat. Dan ketika mereka mulai menggunakan Ultra Ripped dan

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutritionwww.sportindo.com www.dennysantoso.com Facebook & Friendster: [email protected]

mulai menuruti saran saya untuk makan lebih sering dan berolahraga, maka Ultra Ripped mulai bekerja.

Ingat bahwa suplemen pembakar lemak seperti Ultra Ripped mempunyai 2 fungsi utama, yaitu menahan nafsu makan (untuk kasus orang pertama) dan meningkatkan metabolisme tubuh (untuk kasus orang kedua). Ketika orang dalam kasus kedua ini mulai melakukan semuanya, dan ultra ripped melakukan tugasnya yaitu membantu meningkatkan metabolisme, maka tubuh mereka akan mulai membakar lemak. Proses peningkatan metabolisme ini lah yang akan membuat kita merasa gampang lapar.

Solusinya adalah ketika Anda sudah mencapai tahap ini, manfaatkan rasa lapar itu sebaik mungkin. Ketika lapar datang, Anda harus makan, jangan malah ditahan. Tetapi perhatikan dengan apa yang Anda masukkan ke dalam mulut. Ketika rasa lapar datang, pastikan Anda mengkonsumsi makanan TINGGI PROTEIN dan SERAT.

Coba diingat kembali, biasanya ketika kita lapar, semua yang kita masukkan ke dalam mulut pasti KARBOHIDRAT. Entah itu nasi, jagung, kentang, roti, ubi, atau snack2 yang pasti terbuat dari tepung, biskuit, permen, coklat. Itu semua akan disimpan menjadi lemak. Tetapi sekarang setelah mengetahui dan membaca artikel saya. Saya sangat berharap Anda mulai mengubah yang Anda makan ketika lapar menjadi Protein dan Serat. Maka nanti hasilnya, setelah beberapa minggu, Anda akan melihat bahwa lingkar perut Anda akan semakin mengecil

Pakai pembakar lemak

kok malah sering lapar?

Setelah beberapa bulan website saya mengenai Panduan Diet berjalan

(http://www.dennysantoso.com/pembakarlemak) dan setelah sekitar 10.000 orang lebih bergabung di dalamnya, terdapat banyak pertanyaan seputar rasa lapar yang sering kali dikirimkan ke saya. Ada yang bertanya, saya mudah sekali lapar, jadi saya sering makan dan akhirnya berat badan saya naik

tidak terkontrol lagi, apakah Ultra Ripped bisa membantu mengurangi rasa lapar saya? Dan

setelah mereka mencoba Ultra Ripped, mereka berkomentar bahwa rasa laparnya sudah

banyak berkurang.

10

Mo

de

l : Aa

ng

; Lo

kasi : P

erm

ata

Jing

ga

Page 11: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

• Suplemen pembakar lemak lipotropik yang mengangkut asam lemak untuk dijadikan energi

• Membantu program diet atau penurunan berat badan

• Meningkatkan energi dan stamina

• Mensuplai carnitine pada otot agar tetap tone dan sehat

• Tanpa efek samping dan cocok bagi semua orang

• Berguna untuk mengurangi kolesterol, untuk hasil terbaik kombinasikan dengan Omega-3

Page 12: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

K

Kandungan Nutrisi KepitingKaya akan protein

epiting sangat mudah kita jumpai di pasar tradisional atau supermarket. Kepiting juga disajikan sebagai seafood

dalam beragam jenis masakan baik di warung-warung tenda di tepi jalan maupun di restoran kelas atas. Kepiting diolah menjadi berbagai masakan lezat seperti kepiting asam manis, kepiting bumbu lada hitam, kepiting gulai, asparagus kepiting bahkan omelet kepiting atau sekedar dimasak kepiting rebus saja. Daging kepiting tidak hanya diminati karena rasanya yang lezat tetapi juga menyehatkan mengandung beragam nutrisi penting.

Bukan hanya dagingnya yang mempunyai nilai komersil, cangkangnya pun pun memiliki nilai lebih. Kulit kepiting diekspor dalam bentuk kering sebagai sumber chitin, chitosan dan karotenoid yang dimanfaatkan oleh berbagai industri sebagai bahan baku obat, kosmetik, pangan, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut memegang peran sebagai antiviral dan anti bakteri. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai bahan pengawet makanan yang murah dan aman.

Kandungan protein kepiting kurang lebih sekitar 22 gr/100 gr. Kandungan asam aminonya juga berprofil lengkap. Asam amino yang jumlahnya paling tinggi tiap 100 gramnya adalah glutamate 3474 mg, aspartat 2464 mg,

Di balik cangkangnya

yang keras, kepiting ternyata memiliki daging

yang lembut seperti daging

ikan. Tidak hanya itu, seafood 'mahal' ini sangat diminati

banyak orang karena rasanya

yang sangat lezat.

KepitingSeafood Lezat, Kaya Manfaat

12

NutritionNutrition

Page 13: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

arginin 1946 mg, lysine 1939 mg dan leusin 1768 mg.

Seperti halnya hasil hewani laut lainnya, kepiting juga kaya asam lemak omega-3 yaitu sebesar 407 mg /100 gr.

Kepiting juga mengandung vitamin B 12

yang tinggi yaitu sekitar 10,4 mcg/100 mg. Kandungan ini sudah mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin B sebesar 174%. Selain itu kepiting 12

juga mengandung niacin dan riboflavin dalam jumlah yang cukup baik untuk kesehatan.

Sebagai hasil laut, kepiting juga kaya kandungan mineral. Kandungan mineral yang tertinggi untuk 100 gr kepiting adalah selenium 48 mcg (68% kebutuhan harian), copper 0,7 mg (37% kebutuhan harian) dan zinc 5,5 mg (36% kebutuhan harian).

4 Kandungan protein yang tinggi berfungsi vital bagi tubuh sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, dan pembentuk sistem kekebalan tubuh.

4 Kandungan vitamin B sangat baik 12

untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam

Kaya asam lemak omega-3

Tinggi kandungan vitamin B12

Kaya mineral zinc, copper dan selenium

Manfaat Kandungan Nutrisi Kepiting

lemak, produksi sel darah merah, serta meningkatkan kesehatan syaraf dan kulit.

4 Asam lemak omega-3 dalam kepiting berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mencegah penyakit kardiovaskular (jantung), meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata, dan meningkatkan kecerdasan otak bila diberikan sejak dini.

4 Mineral selenium berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Selenium diyakini berperan dalam mencegah kanker dan pengrusakan kromosom, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri serta mencegah peradangan.

4 Mineral copper berfungsi sebagai komponen enzim redox, pembentukan selda rah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.

4 Mineral zinc berfungsi untuk komponen pembentuk enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, mencegah kerontokan rambut.

4 Kerang sangat cocok untuk menu diet yang tinggi protein karena mengandung lemak jenuh yang sangat rendah hanya 0,2 gram/ 100gram.

13

Tips Sehat Konsumsi Kepiting

= Sebaiknya Anda tidak mengolah kepitingdengan cara digoreng

= Meski mengandung berbagai nutrisiyang menyehatkan, kepiting jugamengandung kolesterol yang cukuptinggi yaitu 76 mg/ 100gr. Konsumsikolesterol per hari yang dianjurkanmaksimal sekitar 300 mg. Sajian kepitingberukuran sedang setiap hari sudahcukup untuk mendapatkan semuamanfaatnya.

= Kepiting mengandung basa purin yangdapat meningkatkan kadar asam uratdalam darah. Pengidap penyakit asamurat atau gout lebih baik menghindariatau sangat membatasi konsumsikepiting.

= Untuk kepiting cangkang lunak/soka,kulitnya tidak perlu disisihkan, nilainutrisinya juga tinggi, terutamakandungan chitosan dan karotenoidyang biasanya banyak terdapat padacangkang.

Kepiting Rebus

Wahyu

Page 14: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Apa itu Penyakit maag?

akit maag adalah nama akrab dari salah satu gangguan pada sistem pencernaan kita. Penyakit ini S

menyerang lambung maupun duodenum atau usus duabelas jari. Lambung dan duodenum adalah bagian dari organ pencernaan kita. Sebagaimana diketahui, sistem pencernaan kita terdiri dari bermacam-macam organ, yang dimulai dari mulut hingga anus. Lambung dan duodenum ini adalah tempat mencerna makanan tahap kedua setelah makanan dicerna di mulut kita. Gangguan atau radang pada lambung dan duodenum ini juga disebut sebagai gastritis dan duodenonitis.

Bagaimana terjadinya gangguan pada lambung/duodenum? Makanan yang masuk ke lambung akan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim pencerna makanan serta asam lambung (HCl). Pada orang sehat, terdapat suatu keseimbangan antara enzim dan asam lambung dengan daya tahan mukosa lambung (lapisan lendir pada lambung). Artinya keberadaan enzim dan asam lambung tidak menimbulkan gangguan pada lapisan mukosa lambung. Bila terjadi gangguan keseimbangan produksi asam lambung maka akan terjadi kerusakan pada mukosa yang menimbulkan rasa sakit (nyeri). Bila

Maag memang bukan penyakit yang sulit diobati, tetapi jangan pernah menyepelekan penyakit ini. Sebagian besar orang menderita penyakit maag kronik karena tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Tetapi, tidak sedikit juga orang yang telah memahami penyakit ini sehingga lebih mudah untuk mengantisipasinya bila terserang gejalanya.

Maag memang bukan penyakit yang sulit diobati, tetapi jangan pernah menyepelekan penyakit ini. Sebagian besar orang menderita penyakit maag kronik karena tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Tetapi, tidak sedikit juga orang yang telah memahami penyakit ini sehingga lebih mudah untuk mengantisipasinya bila terserang gejalanya.

PPeennyyaa

MM&&PPeennaann

14

Health F

ile

Health F

ile

Page 15: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

gangguan ini terjadi terus menerus, maka terjadi luka pada lapisan mukosa lambung. Gangguan keseimbangan tersebut, dapat disebabkan karena makan tidak teratur, konsumsi zat yang membuat produksi asam lambung berlebih, masalah psikis dan dapat juga karena infeksi.

ada awalnya, seseorang yang terserang penyakit ini Pmengabaikannya saja, yaitu rasa

perih dan kembung di ulu hati. Kemudian berlanjut dengan mual dan disertai muntah. Pada saat ini, penderita biasanya baru menyadari penyakitnya. Keadaan ini berlanjut dengan berkurangnya nafsu makan. Bila hal ini terus dibiarkan, akan berakibat semakin parah dan akhirnya asam lambung akan membuat lambung luka.

Rasa nyeri ini disebabkan oleh rangsangan asam lambung terhadap lapisan mukosa lambung, sehingga ujung-ujung syaraf yang ada pada lambung lebih peka terhadap rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan di daerah ulu hati dan terasa jelas sehingga bisa ditunjukkan dengan pasti lokasinya. Kadang-kadang nyeri ini

Keluhan dan Gejala

dirasakan di dinding dada depan atau bisa juga di punggung. Selain nyeri, rangsangan asam lambung tadi juga mengakibatkan munculnya rasa mual. Nyeri ini akan terasa saat lambung kosong dan hilang setelah diisi makanan.

ila penyakit maag ini sudah disadari oleh penderitanya, Bsebenarnya sangat mudah

mengatasinya. Artinya, tidak dibiarkan berlanjut terus sehingga menjadi luka lambung yang semakin menyebar dan kronik. Berikut beberapa solusi mengatasi maag :

= Pengaturan makan. Janganbiarkan perut lama dalam keadaan kosong. Keadaan kosong ini dapat mengakibatkan asam lambung yang sudah diproduksi tidak mempunyai bahan untuk dicerna dan pada akhirnya dinding lambung sendiri yang menjadi sasarannya. Porsi makanan sebaiknya tidak terlalu banyak, tetapi sedikit dengan frekuensi sering.

= Pilih makanan yang tepat untuk lambung Anda. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman pedas dan asam. Hindari

Bagaimana Solusinya?

kkiit t

aaaag g gggguullaannggaannnnyyaa

makanan berlemak, karena lemak memang sulit dicerna oleh lambung. Selain itu, tekstur makanan sebaiknya lembut (lunak).

= Minum air putih. Karena bisa mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sepeti teh, kopi atau soft drink. Bila harus mengkonsumsi obat-obatan penahan nyeri (analgetik), maka sebaiknya diminum setelah makan dan tidak dalam keadaan perut kosong.

= Hindari stress. Ambilah waktu untuk refreshing sebab stress dapat memperparah maag Anda.

= Apabila maag tidak bisa diatasi dengan cara diatas, gunakan obat-obatan yang tepat untuk membantu meringankan rasa sakit. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan obat maag yang tepat.

anyak orang beranggapan jikalau memiliki penyakit maag tidak bisa menjalankan program B

diet penurunan berat badan, sebab untuk diet harus melewatkan makan yang justru berbahaya bagi lambung. Anggapan ini salah besar, memang melewatkan makan malah akan membuat maag semakin parah, namun dalam diet penurunan berat badan kita dianjurkan untuk makan sebanyak 5-6 kali sehari dalam porsi cukup dan seimbang akan membuat lambung senantiasa terisi. Selain itu, pengaturan pola makan dengan makanan sehat, nutrisi yang cukup serta seimbang akan sangat membantu dalam penyembuhan sakit maag dan program penurunan berat badan. Tentunya, maag tidak lagi menjadi halangan bagi Anda untuk menjalankan diet penurunan berat badan.

Maag dan Diet

15

Wahyu

Page 16: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

socool adalah protein shake yang mengandung 100% whey protein isolate murni, proteinnya sangat tinggi yaitu 89% I

(26 gram) kadar protein per serving dan mengandung kadar BCAA yang sangat tinggi juga. Kualitas proteinnya merupakan protein yang dapat dicerna dan diserap sangat cepat, sehingga menciptakan kondisi anabolik yang berkesinambungan di dalam tubuh. Mengandung 0 gram karbohidrat dan 0 gram lemak, sangat sempurna untuk mendukung program diet dan bagi Anda yang mempunyai diabetes. Kadar protein yang tinggi akan memaksimalkan proses pemulihan dan pertumbuhan otot. Isocool juga harus menjadi salah satu suplemen yang dikonsumsi pada saat diet menjelang kompetisi supaya definisi ototnya semakin tajam dan maksimal.

IsoCool dari Ultimate Nutrition tersedia dalam ukuran 2lb dan 5lb, dengan rasa yang lezat seperti Cherry Berry, Juice Apple dan Peach Parfait.

Protein Whey Isolate adalah protein whey dengan kualitas tertinggi, memiliki nilai biologis (BV) tertinggi yaitu 147. Teknologi ColdPure yang digunakan untuk memproses Protein Whey Isolate, menghasilkan bubuk dengan kadar protein yang sangat tinggi, bahkan Isocool adalah satu-satunya suplemen protein dengan komposisi protein murni tanpa adanya lemak ataupun karbohidrat sisa.

IsoCooL100% Whey Protein Isolate Murni untuk Membentuk otot kering dengan definisi yang tajam. Cocok untuk pembentukkan otot bebas lemak.

Pemakaian: 1 Scoop dicampur dengan 250ml air, konsumsi 1-3x sehari, atau lebih, sesuai dengan kebutuhan protein harian Anda.

HO

T P

RO

DU

CT

HO

T P

RO

DU

CT

16

Mo

de

l : Yo

an

Ca

losa

; Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r Ma

lan

g

Meningkatkan daya tahan tubuh dan daya pulih tubuh

Cocok bagi penderita diabetes atau kolesterol

Protein membantu pertumbuhan otot,perbaikan luka dan jaringan

Tersedia dalam rasa jus yang lezat

100% Whey protein isolate murni (Protein paling murni dan terbaik)

0 gram gula dan lemak, sangat cocok untuk program diet maupun pembentukkan badan

Page 17: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

SP

OR

TY FEMM

ES

PO

RTY FEM

ME

17

“Waktu itu saya masih berprofesi sebagai personal trainer dan instruktur di Klub Ade Rai Gatot Subroto sejak tahun 2000. Lalu Mas Ade Rai meminta saya tampil menjadi bintang tamu di event Pestaraga 2001 sebagai binaragawati mendampingi Syafrizaldy,” ujar Desi menceritakan. “Setahu saya waktu itu belum ada sosok binaragawati selain saya. Karena itulah saya sempat ragu-ragu, apalagi isunya bakal ada binaragawati tandingan. Tetapi akhirnya saya sukses berpose di depan para penonton,” kenang Desi.

“Di Indonesia belum pernah diadakan kejuaraan binaraga khusus wanita, karenanya setelah penampilan tersebut saya tidak pernah berpose lagi. Namun sekarang, setelah melihat mulai ramainya event Miss Fitness, saya kembali berlatih keras dan berdiet ketat untuk berlaga. Hasilnya di event Untar Fitness Award 2009 yang lalu saya meraih Juara V untuk kategori Miss Fitness,” ungkap Desi. “Hasil tersebut membuat saya semakin bersemangat untuk lebih ber-prestasi,” tambah personal trainer yang melatih sekitar 25 orang klien ini.

Ditanya mengenai rahasia pembentukan tubuhnya, Desi menjelaskan, “Orang-orang banyak yang mengira saya memakai steroid untuk membentuk tubuh agar bisa lebih berotot, padahal murni hanya dengan latihan dan diet saja. Saya latihan beban dua kali sehari pada pagi dan sore hari sebanyak 5 kali seminggu. Polanya sama saja dengan yang lain, yaitu melatih bagian otot yang berbeda setiap latihan, kecuali perut memang saya latih setiap hari.”

Untuk dietnya, Desi juga menambahkan, “Saya biasa mengkonsumsi roti gandum, nasi merah, dan oatmeal sebagai karbohidrat. Proteinnya saya pilih dari dada ayam, daging, putih telur, dan ikan yang dimasak rebus. Khusus pra kompetisi konsumsi protein harus ditingkatkan sampai 3 kali lipat berat badan. Camilannya buah-buahan seperti apel, pisang, pepaya, dan nanas. Bisa juga sebagai pengganti cairan untuk pra kompetisi. Jangan lupa kurangi atau pantang konsumsi garam dan lemak.”

“Bagi para wanita jangan ragu-ragu untuk menjadi binaragawati, apalagi masih jarang. Jangan takut latihan berat dengan beban yang ditambah terus. Kalau lemaknya masih banyak, tambahkan kardio 2 kali sehari pada sebelum dan sesudah latihan beban. Wanita cenderung lebih sulit membentuk otot karena hormonnya berbeda dengan pria. Jadi dibutuhkan usaha dan kesabaran ekstra, selain menguji mental juga lho,” tutup Desi berpesan.

Desi FatimahKembalinya

Binaragawati Pertama

IndonesiaAnda yang pernah menyaksikan event

Pestaraga 2001 tentu masih ingat dengan penampilan seorang binaragawati yang

memukau para penonton. Desi Fatimah, begitu nama lengkap wanita bertubuh atletis yang mengaku terjun ke dunia fitnes sejak tahun

1999 ini, disebut-sebut sebagai sosok binaragawati pertama Indonesia.

Nama : Desi FatimahTTL : Madura, 17 September 1977TB : 159 cmBB : On Season : 50 Kg / Off Season : 55 KgBag. Tubuh Fave : PantatPekerjaan : Personal TrainerGym : Gold's Gym Summarecon Mall SerpongSuplemen : Amino 2002, Xtreme Amino, Ultra

Ripped & ProstarHobby : Berenang & jalan-jalanPrestasi := Juara V Miss Fitness Untar Fitness Award 2009= Binaragawati Bintang Tamu Pestaraga 2001

Aan

Page 18: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Tubuh membutuhkan air untuk membentuk darah, cairan getah bening, mencegah peradangan, mengatur suhu tubuh, dan

sirkulasi cairan tubuh (sistem ekskresi). Tanpa air yang tercukupi, proses tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Berikut tips agar Anda dapat mencukupi kebutuhan akan air sehari-hari.

2. Minum lebih banyak saat Anda berolahraga, aktif secara fisik, dan sedang menghadapi cuaca dan suhu udara lebih panas.

4. Pilih air mineral yang rendah sodium (kurang dari 30 mg/100 ml) karena kandungan garam membuat retensi urin, kembung, dan bahkan meningkatkan tekanan darah.

1. Jadikan ritual pagi. Ketika kita bangun tidur, pasti akan merasa haus. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan aktivitas lain yaitu meminum dua gelas air. Jadikan sebagai rutinitas sehingga Anda terbiasa untuk minum lebih banyak air setiap harinya.

3. Minum lebih banyak juga jika Anda sedang diet protein tinggi, diet serat tinggi, menderita diare/ muntaber dan dalam masa penyembuhan luka bakar.

5. Jadikan warna urin sebegai indikasi. Ketika urin Anda jernih artinya tubuh Anda mendapatkan air dalam jumlah cukup. Ketika urin berwarna kuning gelap mengindikasikan bahwa Anda

10 Tips How to Drink

More Water

Tip

s

mengalami dehidrasi atau kekurangan air. Segera konsumsi air yang cukup.

7. Konsumsi lebih banyak air ketika minum kopi dan teh. Minum kopi dan teh dalam jumlah cukup banyak dapat menyebabkan efek diuretik yaitu melancarkan pembuangan air dari tubuh melalui urin. Karenanya konsumsilah lebih banyak air putih/ mineral.

9. Selalu sediakan minimal segelas air di dekat Anda bekerja. Para pekerja kantoran yang banyak duduk seringkali melupakan konsumsi air secara reguler. Minum segelas air akan memperlancar peredaran darah ke otak sehingga membantu memberikan inspirasi dan kesegaran saat bekerja atau saat bertukar pikiran.

6. Minum akan membuat Anda merasa kenyang. Banyak orang yang salah mengartikan haus dengan lapar. Meminum 1-2 gelas air akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan menunda lapar.

8. Meski disarankan minum minimal 8 gelas air sehari, biasakan minum secara bertahap daripada sekali minum dalam jumlah banyak. Mulailah dengan dua gelas di pagi hari, saat beraktivitas, saat makan siang, sore, makan malam dan sebelum tidur.

10. Tambahkan lemon. Anda bisa menambahkan sari lemon ke dalam air, apabila Anda menginginkan rasa yang berbeda, sehingga dapat meminum air lebih banyak.

Banyak para ahli kesehatan berpendapat bahwa lebih

banyak minum air akan membantu meningkatkan

metabolisme dan memberikan banyak energi.

Banyak para ahli kesehatan berpendapat bahwa lebih

banyak minum air akan membantu meningkatkan

metabolisme dan memberikan banyak energi.

Wahyu/Aan

18

Page 19: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Workout Guide Series Tip

s

B

Tahapan Pelaksanaan

Tips Saat Melakukan Gerakan Ini

Otot-otot Utama yang Terpengaruh

Gerakan-gerakan Otot

1. Duduklah pada bench dengan kaki terbuka lebar menyentuh tanah.2. Untuk memulai gerakan pada bisep, posisikan lengan kiri pada pinggang

untuk menyeimbangkan.3. Genggam dumbbell dengan tangan kanan (genggaman menghadap atas

(supinated)). Posisikan dumbbell berada diantara kedua kaki dengan triseplengan kanan bertumpu pada paha dalam.

4. Ayunkan (curl) dumbbell hingga mendekati dada dengan trisep bertumpupada paha dalam. Tarik nafas ketika mengayun dumbbell sampai mendekatke dada. Tahan sebentar ketika dumbbell mencapai posisi puncak dan tahannafas sebentar.

5. Kemudian hembuskan nafas seluruhnya ketika kembali mengayunkan dumbbell ke posisi awal.

6. Ketika Anda telah selesai melakukan repetisi, gantilah dengan lengan yang kiri dan ulangi kembali.

= Pusatkan gerakan hanya pada gerakan lengan bawah dengan trisep bertumpu pada paha dalam. Usahakan badan tidak bergerak terbawamomentum ayunan gerakan.

= Tarik nafas (kira-kira 70% dari maksimal) dan tahan ketika mengayunkanbeban, berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh, menjaga di posisi yangaman pada saat bergerak dan memudahkan untuk mengontrol gerakan.

= Rasakan kontraksi maksimal pada 3 bagian otot (bisep brachii, brachialis,danbrachioradialis). Gunakan genggaman netral dengan genggaman tanganmenghadap ke badan.

= Untuk variasi dan kekuatan dari bisep, mulailah posisi awal dengangenggaman supinated (palm up) ketika mengayunkan beban.

Bisep brachii, terdiri dari long head dan short head. Garis pemisah tersebut dapat dilihat pada para bodybuilder yang memiliki definisi otot yang baik. Brachialis terletak diantara bisep dan dekat dengan siku lengan. Brachialis hampir terlibat pula dalam concentration curl. Pada bagian permukaan lengan bawah, brachioradialis termasuk salah satu otot yang terbesar pada lengan bawah.

Bisep brachii memiliki tiga peranan yaitu mengayunkan lengan bawah, memutar lengan dan pergelangan, serta kestabilan dari keterlibatan bahu. Brachialis terutama menpengaruhi ayunan lengan. Fungsi brachioradialis berperan dalam perputaran pergelangan tangan, tentu saja memiliki peranan penting saat mengayunkan lengan.

Concentration CurlLatihan Terfokus untuk Kekuatan dan Pembentukan Bisep

19

Concentration curl adalah latihan terbaik untuk meningkatkan massa otot bisep. Meskipun otot trisep lebih banyak peranannya untuk berbagai olahraga, namun bisep yang kuat diperlukan untuk menyeimbangkan perkembangan otot dan kekuatan pada kedua sisi lengan atas.

Concentration Curl A

Concentration Curl BWahyu

Mo

de

l : Wiyo

no

; Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r

Page 20: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Kombinasi Ultra Ripped New

and Improved Formula

dengan

GuggulSempurnakan pembakaran lemak dan turunkan berat badan secara signifikan

Tidak percaya diri dengan tubuh Anda

yang gemuk? Celana yang semakin sempit dari hari ke

hari? Langkah Anda semakin berat, cepat lelah dan tidak

berstamina? Saatnya mulai merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jangan biarkan lemak menumpuk lebih banyak lagi di setiap bagian tubuh Anda. Selain berpola hidup makan sehat dan rutin berolahraga, cobalah kombinasi Ultra Ripped New and Improved

Formula dan Guggul untuk mempercepat penurunan berat

badan Anda secara signifikan!

20

Supple

ments

Supple

ments

Mo

de

l : Jen

ny L

ynn

, Tea

m U

ltima

te N

utritio

n U

SA

Page 21: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Ultra Ripped New and Improved Formula

Ultra Ripped New and Improved Formula mengandung bahan-bahan pembakar lemak terefektif :

Ultra Ripped New and Improved Formula adalah solusi terbaik untuk membakar lemak secara cepat dan membuang lemak berlebih di dalam tubuh dengan cara mempercepat metabolisme. Ultra Ripped New and Improved Formula mengandung bahan-bahan alami bersifat termogenik untuk memaksimalkan pembakaran lemak pada saat berolahraga dan menekan nafsu makan. Ultra Ripped dengan formula baru ini merupakan weight loss supplement terlengkap saat ini dan dapat digunakan sebelum berolahraga untuk memperoleh tambahan energi dan stamina.

= Yerba Mate, hampir mirip dengan kafeinnamun bebas efek samping seperti kafein jadiaman bagi tubuh.

= Guarana, adalah sumber energi tinggi yangbekerja mempertajam mental, mencegahkeletihan dan menambah semangat.

= Cayenne Pepper, mampu meningkatkan suhutubuh (thermogenik) sehingga akanmeningkatkan pengeluaran energi.

= Bitter Orange, memiliki sifat thermogenesisuntuk menekan nafsu makan, meningkatkanenergi dan metabolisme pembakar lemak.

= Green Tea, bekerja sebagai antioksidan,

21

Guggul

Guggul berguna untuk:

Metabolisme yang aktif merupakan salah satu kunci keberhasilan program diet Anda. Guggul adalah tumbuhan tradisional yang telah lama digunakan di India yang berguna untuk meningkatkan fungsi thyroid agar metabolisme tubuh tetap aktif karena thyroid berperan besar dalam mengatur tingkat metabolisme. Ketika berdiet, tingkat metabolisme akan menurun, sehingga menyebabkan diet terasa semakin sulit. Hal ini terjadi karena tingkat metabolisme yang turun menyebabkan tubuh menyimpan energi lebih banyak, sehingga sebagian besar makanan yang kita konsumsi akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Guggul meningkatkan kembali metabolisme tubuh sehingga Anda dapat menggunakan kalori lebih efektif untuk membantu program diet.

= Membantu mempercepat program dietdengan peningkatan metabolisme

= Meningkatkan fungsi thyroid tubuh= Menjaga tingkat metabolisme tubuh agar

tetap aktif= Membantu tubuh menggunakan

kalori lebih efektif= Membantu tubuh menggunakan

energi lebih banyak

Manfaat Kombinasi :

= Memacu metabolisme agar aktif membakarlemak setiap saat

= Bersifat termogenik untuk membantu tubuhmembakar lemak

= Membakar kalori lebih banyak= Meningkatkan energi dan stamina sehari-hari= Menekan nafsu makan= Membantu tubuh efektif menggunakan kalori

sebagai energi sehingga tidak ditimbun sebagailemak

= Membantu program diet atau penurunan beratbadan dan mempertahankan berat ideal

Sebelum sarapan : 2 kapsul Ultra Ripped New and

Improved Formula

Sesudah sarapan : 1 kapsul Guggul

Makan siang : 1 kapsul Guggul setelah makan siang

Sebelum olahraga (sore) : 2 kapsul Ultra Ripped New and

Improved Formula

Makan malam : 1 kapsul Guggul setelah

makan malam

Pema aian K m asi :k o bin

Wahyu

Page 22: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Apa itu Liposuction (LPS)?

Mekanisme LPS

LPS adalah prosedur bedah yang sangat populer saat ini. Menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery, LPS dilakukan di Amerika sebanyak 406.384 kali pada tahun 2006 dan angka ini terus meningkat dengan semakin majunya perkembangan medis dan keadaan sosio-ekonomi suatu negara. Siapa yang sebenarnya merupakan kandidat baik untuk dapat menjalani prosedur ini?= Usia diatas 18 tahun= Dalam kondisi kesehatan yang optimal= Telah mencoba berbagai macam cara dalam

menurunkan berat badan namun gagal= Tidak memiliki penyakit seperti diabetes,

penyakit jantung atau darah tinggi= Pasien dengan usia yang makin tua

umumnya memiliki elastisitas kulit yangburuk sehingga diperlukan tambahanprosedur yang disebut tummy tuck untukmemotong kelebihan kulit

Bagaimana LPS dilakukan? Ada beberapa teknik yang digunakan oleh dokter namun pada prinsipnya adalah dilakukan pemisahan jaringan lemak yang menempel kuat dengan kulit diatasnya. Lemak dilepaskan dengan menggunakan alat yang disebut canula kemudian disedot dengan aspirator. Pelepasan lemak dari

Liposuctionefektif, menarik

namun kadang mematikan

jaringan kulit ini bisa dengan cara manual, dengan bantuan alat mekanik atau dengan ultrasound, namun yang paling banyak digunakan adalah dengan cara manual.

Tergantung dari luasnya sayatan dan penghancuran lemak yang dilakukan, umumnya pasien dapat kembali beraktivitas seperti biasa dalam 2 hari hingga 2 minggu. Perban elastis digunakan hingga 4 minggu setelah LPS dilakukan. Paska LPS umumnya terjadi bengkak atau memar yang akan menghilang dalam waktu 2-4 minggu sehingga hasil yang nyata dapat langsung terlihat setelah itu.

Umumnya dokter mengambil hingga 5 kg lemak dalam sekali prosedur LPS, namun hal ini tergantung dari metode yang digunakan dan kondisi pasien. Jumlah pengambilan lemak yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan kerutan di kulit sehingga akan terlihat kurang baik, dan semakin banyak lemak yang diambil, makin tinggi risiko komplikasi bagi pasien.

Fase Pemulihan

Berapa banyak lemak yang diambil dalam sekali prosedur?

dr. Jeffry Beta TenggaraResiden Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Art

icle

Beberapa kali kita mendengar seorang public

figure atau selebritis, promotor tinju terkenal dan bahkan baru-baru ini yang

ramai diberitakan yaitu seorang dokter meninggal

setelah menjalani prosedur liposuction (LPS). Artikel kali

ini saya akan membahas mengenai prosedur LPS ini

secara jelas untuk Anda sebelum mengambil keputusan menjalani

prosedur ini.

22

Page 23: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Mengapa LPS bisa menjadi fatal?Menyimak cara pelaksanaan LPS diatas, maka saya rasa menjadi mudah bagi Anda untuk mengerti mengapa prosedur ini berbahaya.= Pendarahan. Pada saat penghancuran

lemak, ada kemungkinan ada pembuluhdarah yang tertusuk dan pecah tanpadiketahui operator

= Bengkak dan nyeri= Infeksi paska operasi= Emboli. Pada saat dilakukan penghancuran

lemak dengan canula besi, ada pembuluhdarah yang pecah dan jaringan lemak masukke sirkulasi yang kemudian menyumbat ditempat lain seperti otak atau jantung.

= Gangguan cairan yang terjadi selamaoperasi.

= Tertusuknya organ dalam perut saat canula besi digunakan untuk menghancurkan lemak, hal ini yang terjadi pada kasus kematian akibat liposuction yang beberapa saat lalu dilaporkan.

Biasanya hal yang menyebabkan kematian adalah karena pendarahan, emboli dan tertusuknya organ dalam pasien. Mengapa hal ini bisa terjadi? Seperti sudah dijelaskan diatas, bahwa dalam prosedur LPS adalah dilakukannya pelepasan jaringan lemak dari kulit diatasnya, hal ini dilakukan secara blind sehingga kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Memang angka kejadian komplikasi ini tidak banyak, hanya sekitar 0,5% namun mengingat beratnya risiko bila terjadi, Anda perlu berpikir secara matang sebelum melakukannya.

23

Liposuction Process

Page 24: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Gym Profiles

Wawan

Perfect Body Gym

Jakarta Barat

24

ym yang satu ini juga baru saja di-launching sehingga peralatannya masih baru dan lengkap termasuk peralatan latihan kardio. Perfect Body Gym berlokasi G

di Jl. Kemanggisan Raya No. 106 Jakarta Barat dengan area parkir yang luas. Menurut Bp. Fajar selaku owner, Perfect Body Gym buka pada Senin-Jumat pukul 07:00-21:00 dan Sabtu-Minggu pukul 07:00-16:00 (libur nasional tutup). Selain fitnes, gym ini juga menyediakan kelas aerobik dengan jadwal Senin-Jumat pukul 09:00-10:00 dan pukul 18:30-19:30, serta Sabtu pukul 09:00-10:00. Bagi Anda yang ingin bergabung untuk membentuk tubuh cukup membayar Rp.35.000,- untuk pendaftaran dan iuran bulanan Rp.150.000,- untuk umum, Rp.125.000,- untuk mahasiswa dan pelajar serta Rp.25.000,-/sekali kunjungan insidentil. Segera daftarkan diri Anda dengan menghubungi telepon 021-5324786 atau 021-92216030.

ibinong sebagai daerah penyangga ibukota, memiliki tempat fitnes yang menawarkan berbagai macam fasilitas dengan harga terjangkau. Bintang Fitness, C

begitu nama gym ini, berlokasi di Perumahan Cipta Graha Blok P No. 10 Pemda Cibinong, menawarkan bagi masyarakat Cibinong yang ingin berolahraga dan membentuk tubuh ideal dengan hanya membayar iuran bulanan Rp.50.000,- untuk umum dan Rp.40.000 untuk pelajar serta Rp.7.000,-/sekali latihan. Menurut Ibu Ning selaku owner, Bintang Fitness baru saja dibuka pada tanggal 18 Februari 2009 yang lalu dengan peralatan fitnes yang baru, bersih, dan lengkap termasuk alat-alat kardio. Segera kunjungi Bintang Fitness buka setiap hari non-stop tanpa libur dipandu oleh para instruktur berpengalaman.

Wawan

Cibinong, Jawa Barat

Bintang Fitness

Page 25: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

EVENTS

Dedie Hermawan dan Melly raih Mr. UNTAR dan Ms. UNTAR 2009UNTAR Fitness Award ke-2 2009 Jakarta Jakarta Barat

25

enyusul sukses event Untar Fitness Award 2008 setahun yang lalu, kembali diadakan acara serupa pada tahun ini. Berlokasi di gedung olahraga Lt. 8 Kampus I Universitas Tarumanagara Jakarta, Untar M

Fitness 2009 mempertandingkan kategori mister dan miss fitness, fitness model mahasiswa, aerobik profesional, pemula, dan mahasiswa, serta body combat pada Kamis, 7 Mei 2009 yang lalu. Acara berlangsung lebih meriah dari tahun sebelumnya dan diikuti ratusan peserta yang memperebutkan hadiah total 50 juta rupiah. Setelah penjurian yang ketat, Dedie Hermawan berhasil menyabet Mr. Untar 2009 bersanding dengan Melly yang meraih Ms. Untar 2009.

Mr. Untar 2009, The Best Six-Pack & The Best of the Best Putra: Dedie Hermawan

Ms. Untar 2009, The Best of the Best Putri: Melly

The Best Sexy Woman : Ling-lingThe Best Performance : CalvinThe Best Platinum : FransiskusThe Best Exist : Jomardi

Mister FitnessJuara I : Dedy MuzamilJuara II : Ricky DaudJuara III : Dedie HermawanJuara IV : Adi DharmaJuara V : Zaidan

Miss FitnessJuara I : MellyJuara II : ElisabethJuara III : LinJuara IV : FemiJuara V : DesiJuara VI : Elly

Body Combat Pria/Wanita UmumJuara I : SonyJuara II : AnankJuara III : HanzJuara IV : EkoJuara V : SyarifJuara VI : Rere

Aerobic Profesional PutriJuara I : HellenaJuara II : IkkaJuara III : SiskaJuara IV : DesiJuara V : AsihJuara VI : Dade

Aerobic Profesional PutraJuara I : EkoJuara II : Iwan KCJuara III : SulisJuara IV : IdrisJuara V : LudyJuara VI : Dio

Daftar Juara

Aan

Page 26: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

EVENTS

26

Body Contest and Aerobic Competition 2009 Pasuruan, Jawa TimurOpen Jawa Timur

da beberapa kelas yang diperlombakan, yaitu aerobic Amix impact kategori <35 tahun

dan >36 tahun, Body Language, dan Body Contest (usia bebas) yang menjadi acara inti. Selain itu, disuguhkan juga beberapa acara seperti senam bersama yang berhadiah door prize dan guest pose oleh James Abanith (Team Ultimate Nutrition).

Pada kategori Body Contest, Boy dari SAFA Fitness Centre Malang keluar sebagai pemenang setelah menyisihkan 39 peserta lainnya. Menurut Ibu Susi selaku pemilik gym dan penyelenggara acara, event ini diadakan untuk mempererat kebersamaan dan memotivasi para member untuk menjalankan pola hidup sehat dan semakin giat dalam berlatih. Dalam acara ini hadir juga Bp. Erwin Santoso, SE, MM., Vice President PT. Jaya Sportindo sebagai perwakilan Ultimate Nutrition yang sharing tips-tips latihan dan nutrisi pada saat jeda penyisihan ke semi final.

Pada tanggal 10 Mei 2009 lalu, Cis Jamada Gym dan Ultimate Nutrition mengadakan event regional Body Contest and Aerobic

Competition 2009 Open yang bertempat di Jl. Raya Kasri 9 Alfamart Lantai II,

Pandaan-Pasuruan, Jawa Timur.

Erwin

Page 27: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

EVENTS

Grand Opening Zona GymBanda Aceh Banda Aceh, NAD

27

epat pada tanggal 20 April 2009 yang lalu, Ultimate Nutrition yang diwakili Bp. Ardy Tmelakukan touring ke kota Banda Aceh dan

daerah-daerah sekitarnya seperti Bireun, Sigli, dan Lhokseumawe. Kunjungan resmi ini juga sekaligus dalam rangka Grand Opening Zona Gym Banda Aceh yang berlokasi di Komplek Terminal Keudah Banda Aceh. Menurut pemiliknya, Bp. Maisada Z.P., mengklaim Zona Gym menjadi salah satu gym terlengkap dan terbesar di Banda Aceh dan sekaligus agen resmi Ultimate Nutrition.

Dalam peresmian ini juga diramaikan dengan lomba-lomba seperti bench press, standing barbell curl, front side lateral, dan sit-up yang diikuti oleh para fitness mania dari beberapa gym di Banda Aceh. Acara berlangsung seru dan meriah seperti yang tergambar dalam foto-fotonya. Selamat dan sukses untuk Bp. Maisada dan Zona Gym Banda Aceh. Ardi

Page 28: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

EVENTS

Ultimate Nutrition Team Borong JuaraBandung, Jawa BaratBandung Lautan Otot 2009

etelah jeda cukup lama tidak ada kejuaraan binaraga, Sabtu dan Minggu, 9-10 Mei 2009 yang lalu, PABBSI Bandung S

dan ArtaBody Gym Bandung menggelar event bernama Bandung Lautan Otot 2009 - Kejuaraan Terbuka Binaraga, Body Contest & Aerobic. Tak pelak, event yang berlangsung di Aula Utama Pusbiktek PU Bandung ini menarik animo puluhan binaragawan senior dan yunior dari Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta dan daerah-daerah lainnya. Belum lagi ratusan peserta body contest dan aerobik yang turut berpartisipasi.

Acara hari pertama mempertandingkan Aerobik Pemula dan Umum yang diikuti para peserta pria dan wanita. Sorenya digelar technical meeting binaraga oleh PABBSI. Pada hari kedua barulah diadakan penyisihan kategori binaraga yang diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Usai penyisihan binaraga, giliran puluhan peserta body contest berjalan mengelilingi ruangan dan deretan penonton sebelum naik ke panggung. Penjurian body contest berlangsung dengan cepat hingga mengumumkan 10 finalis terbaik.

Malamnya, para finalis body constest dan binaraga bersaing ketat. Dedi Muzamil berhasil meraih Juara I Body Contest. Sementara juara kelas binaraga didominasi oleh Ultimate Nutrition Team. Di Kelas 55 Kg, Rony Emero dan Lucky Samuray dari Ultimate Kembar Gym Bandung sukses menyabet Juara I dan IV. Hiburan dari sexy dancers menyelingi untuk menghibur para penonton.

Berikutnya di Kelas 60 Kg, masih dari Ultimate Kembar Gym Bandung, Andri Wirawan dan Rudy Thunder menggondol Juara I dan V. Masih kurang puas juga, giliran pentolan Ultimate Kembar Gym Bandung, yaitu Irwan Eden enteng saja merebut Juara I Kelas 65 Kg bersama dengan Edy Suy yang menduduki Juara II. Bahkan kembali Ultimate Kembar Gym Bandung dengan Anton Wirawan berhasil merebut Juara II di Kelas 70 Kg.

Kelas 75 Kg tak luput dari amukan Ultimate Nutrition Team. Kali ini Lay Jannes Manullang (Ultimate Orbit Gym Bandung) sukses menempati Juara I. Sementara itu, Ali Karna dari Galby Gym Padalarang berhasil meraih Juara I di Kelas terberat 75+ Kg. Kejuaraan ini juga menampilkan guest poser memukau A. Ghadavi dari Silver Tech dan Edeng Sambas dari Ultimate Nutrition Elite Team. Selamat untuk para juara!

Para Juara Kelas 75+ Kg

Sexy Dancers memanaskan suasana

Para Finalis Body Contest berpose

PABBSI & Panitia berfoto bersama The Best Pose & The Best Bodybuilder

28

Guest Poser, Edeng Sambas

Aan

Page 29: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

EVENTS

Daftar Juara Binaraga Senior

Rony Omero, Juara I 55 Kg Lucky Samuray, Juara IV 55 Kg

Andri Wirawan, Juara I 60 Kg Rudy Thunder, Juara V 60 Kg

Irwan Eden, Juara I 65 Kg Edy Suy, Juara II 65 Kg

Anton Wirawan, Juara II 70Kg Jannes Manullang, Juara I 75 Kg

29

Kelas 55 KgJuara I : Rony Omero (Ultimate Kembar Gym Bandung)Juara II : Opid (Dahgym Sumedang)Juara III : Arif (Satria Fitness Club Sumedang)Juara IV : Lucky Samuray (Ultimate Kembar Gym Bandung)Juara V : Obryn (Galby Gym Padalarang)

Kelas 60 KgJuara I : Andri Wirawan (Ultimate Kembar Gym Bandung)Juara II : Anto (HM Gym Jakarta)Juara III : Iwan (My Club Tangerang)Juara IV : Robby (Fitness City)Juara V : Rudy Thunder (Ultimate Kembar Gym Bandung)

Kelas 65 KgJuara I : Irwan Eden (Ultimate Kembar Gym Bandung)Juara II : Edy Suy (Ultimate Kembar Gym Bandung)Juara III : Rif Davaro (Bandung)Juara IV : Vian (Sportisi Metrofit Bandung)Juara V : Arif Purnomo (Fire Gym Bandung)

Kelas 70 KgJuara I : Zalfator Konggoman

(Satria Fitness Club Sumedang)Juara II : Anton Wirawan (Ultimate Kembar Gym Bandung)Juara III : Asep Leam (Met-RX Team Garut)Juara IV : Dadan D. (Banjaran Pro Gym)Juara V : Didin (Orbit Gym Bandung)

Kelas 75 KgJuara I : Lay Jannes Manullang

(Ultimate Orbit Gym Bandung)Juara II : Azizmin (Galby Gym Padalarang)Juara III : Obenk (PABBSI Sukabumi)Juara IV : Rusdi (Fire Gym Bandung)Juara V : Willi (Sportisi Metrofit Bandung)

Kelas 75+ KgJuara I : Ali Karna (Galby Gym Padalarang)Juara II : Temmy (Fire Gym Bandung)Juara III : Archi (Fitness City)Juara IV : DadangJuara V : Efriadi (Tegar Gym)

The Best Bodybuilder: Irwan Eden (Ultimate Kembar Gym Bandung)

The Best Pose: Rony Omero (Ultimate Kembar Gym Bandung)

Body ContestJuara I : Dedy Muzamil (Jakarta)Juara II : Angie (IDS Lampung)Juara III : Kusnoto (Agung Fitness Pemalang)Juara IV : Redi (Putra Jaya)Juara V : Randy L. (Jakarta)

Aerobik PemulaJuara I : LelaJuara II : ShellyJuara III : Nur

Aerobik UmumJuara I : RinaJuara II : PutriJuara III : Wulan

Page 30: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

30

EVENTS

st1 Anniversary Pramuka Body Gym JakartaJakarta Timur

Handoko

Tepat pada tanggal 8 Mei 2009 yang lalu Pramuka Body Gym Jakarta

Timur merayakan hari jadinya yang pertama.

ada pukul 17:00, Outdoor Aerobic bersama di lapangan parkir Pramuka Body Gym mengawali

stPkegiatan 1 Anniversary ini. Peserta yang terbaik dan terheboh dalam aerobic mendapatkan hadiah dan doorprize. Setelah makan-makan bersama, giliran para member pria bersaing dalam lomba Bench Press yang dibagi dalam kelas ringan dan berat. Ibu Asih dan Ibu Vivi selaku owner berharap perayaan ini akan menambah keakraban para member dan agar semakin giat berlatih. Selamat kepada Pramuka Body Gym.

Juara Bench Press Kelas Ringan :1. Andre2. Aslan

Juara Bench Press Kelas Berat :1. Fredy2. Michael

Page 31: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

Advertisements

31

Bessing Fitness & SaunaBessing Fitness & SaunaAlat FitnessSwimming poolCabin Sauna & Steam

Sauna & Steam HeatersWhirlpool /Jacuzi

Menjual :

Contact : PascalOffice : Kalisari III No. 2 Jakarta Timur 13780

Phone : 085885958819 / 081514444445 / 94886464email : [email protected]

Melayani Penjualan se-Indonesia

Cabin Sauna Cabin Steam

Jacuzi / Whirlpool Panas / Dingin

Mesin WhirlpoolCabin Sauna

T-Bar Row

Shoulder Machine Chest Machine

• Mengurangi penyerapan karbohidrat dan gula pada tubuh

• Mengurangi asupan kalori yang masuk

• Mengurangi proses perubahan karbohidrat menjadi glukosa menjadi lemak

• Menjaga kadar gula darah dengan mencegah produksi insulin berlebihan

Kurangi Penyerapan Karbohidrat Kurangi Penyerapan Karbohidrat

Dengan Carb BlocDengan Carb Bloc

Page 32: Sportindo Com - The Magz Juni 2009

HoodiaHoodia adalah suplemen mengandung zat khusus dari tanaman Hoodia yang berfungsi mengirimkan sinyal ke otak untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan berlebihan dan ngemil sehingga tubuh tidak menimbun lemak dan karbohidrat berlebih. Hasilnya, Anda bisa mempertahankan diet yang sehat dan bentuk tubuh ideal. Hoodia merupakan produk alami tanpa efek samping dan stimulan apapun.

Kontrol Nafsu Makan dan Bakar Lemak Secara Cepat Alami

Kontrol Nafsu Makan dan Bakar Lemak Secara Cepat Alami

Ultra Ripped New and Improved FormulaSuplemen pembakar lemak revolusioner dengan formula bahan-bahan alami khusus yang bersifat thermogenik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak secara efektif, menahan nafsu makan, memberikan energi dan stamina.