sportindo com - the magz februari 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

78 views

Category:

Documents


20 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Pemimpin Umum

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung Jawab

Sutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.

dr. Jeffry Beta Tenggara,

Wayan, Ari

Tim Redaksi

George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.

Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & Desain

Rachmat Kurniawan, SE.

Petrus Dony Hariyanto

Tjahyono

Promosi & Iklan

PT. Jaya Sportindo

Distribusi

Mangapul F. Hutahaean, SE.

Website

www.sportindo.com

www.dennysantoso.com

E-Mail

[email protected]

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan

pertanyaan dari pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Bergabunglah bersama Facebook Page saya untuk saling berinteraksi di alamat web :http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage

Kesemutan, Tremor, dan Badan Panas

Konsep Pembakaran Lemak yang Benar

Saya mau bertanya,1. Mengapa setiap habis melalukan angkat beban, terutama barbel, ujung-ujung jari saya

rasanya seperti kesemutan. Apakah ada kesalahan dalam memegang barbel atau pegangan alat? Ada yang menganjurkan saya untuk konsumsi obat anti pegal.

2. Setiap habis latihan beban, tangan saya seperti tremor dan bagian lengan terasa seperti masuk angin dan berkeringat, ditambah badan selalu terasa panas di malam hari (saya latihan sore hari). Apakah wajar keadaan saya ini?Adit ([email protected])

1. Semua yang Anda rasakan masih dalam batas wajar. Kesemutan bisa dialami oleh orang yang berlatih beban. Bisa karena saraf perifer atau gangguan kalsium. Silahkan saja jika mau konsumsi obat anti pegal. Tambahkan saja suplemen kalsium.

2. Soal tremor, bila sudah muncul, bisa jadi merupakan tanda overtraining. Rasa panas wajar terjadi karena itulah manfaat latihan beban, pembakaran masih berlanjut terus pada saat kita sudah selesai berlatih.

Mohon informasinya, bagaimana caranya menghitung heart rate 65%? Apakah ada alatnya? Bagaimana mencapai heart rate 65 % saat treadmill untuk membakar lemak? Bagaimana sebenarnya konsep pembakaran lemak yang benar?Yopi Wijaya ([email protected])Nofardiansyah R ([email protected])Toto Rusmanto ([email protected])

Perlu dimengerti bahwa 65% artinya adalah (220 - umur) x 65% = target detak jantung. Untuk mengukur seberapa detak jantung, hitung detak di nadi tangan selama 10 detik, dan kalikan hasilnya dengan 6. Hasilnya adalah detak kita per menit. Jika dirasa cukup menyulitkan, bisa menggunakan heart rate monitor seperti Ultimate Gear Heart Rate Watch.

Jika menggunakan alat ukur di treadmill, jangan dipegang terlalu erat. Semakin erat, malah semakin tidak berfungsi. Dipegang agak regang aja, pastikan (biasanya) muncul kode gambar hati yang menjadi berkedip setelah pegangan kita benar (tidak terlalu erat). Umumnya, 65% adalah kondisi dimana kita masih bisa melakukan treadmill sambil ngobrol dan tidak ngos-ngosan. Untuk membakar lemak di treadmill cukup berjalan cepat saja (tidak perlu sampai berlari), dengan target detak jantung sekitar 65%. Lakukan selama 45 menit setiap hari, maka berat badan akan turun secara perlahan.

Tubuh menggunakan 2 sumber energi, yaitu karbohidrat dan lemak. Tergantung jenis aktivitasnya, tubuh akan memilih sendiri kapan menggunakan karbo atau lemak. Olahraga eksplosif seperti lari atau angkat beban membutuhkan energi 'cepat' juga, yaitu karbohidrat. Olahraga yang lambat, pelan tapi konstan, membutuhkan energi yang slow juga, yaitu lemak. Poin berikutnya adalah, meskipun Anda hanya 'jalan', 20-30 menit pertama yang dibakar tetap karbohidrat baru kemudian lemak. Karbo adalah energi instan yang siap pakai. Kurang lebih seperti itu gambarannya.

ola diet yang benar dan sehat tidak hanya dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman berlemak buruk saja. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis yang banyak mengandung gula juga P

merupakan salah satu kuncinya. Bahkan konsumsi gula berlebihan akan mendatangkan berbagai masalah kesehatan selain kerusakan gigi dan obesitas. Bagaimana sebenarnya konsumsi gula berlebihan dapat memperngaruhi kesehatan Anda? Simak selengkapnya mengenai gula dalam Cover Story Sportindo.com The Magz edisi bulan Februari ini.

Wortel, salah satu sayuran paling dikenal dalam diet Anda, akan kami kupas ragam kandungan nutrisi dan manfaatnya dalam rubrik Nutrition. Sementara rekan saya dr. Jeffy akan membahas mengenai olahraga yang tepat untuk Anda yang sudah berusia lanjut dengan memperhatikan berbagai kondisi medis. Selain itu, saya akan mengulas lebih dalam mengenai komposisi tubuh berkaitan dengan pembakaran lemak. Tentunya beragam artikel khas dari kami masih akan menemani gaya hidup sehat Anda ditambah tips menarik dari duniafitnes.com. Selamat membaca dan tetap sehat.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 6: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

supan konsumsi gula tidak hanya bersumber dari minuman seperti teh, kopi, soft drink, jus, dan minuman manis lain, tetapi juga dari A

berbagai makanan manis seperti permen, es krim, snack, biskuit krim, wafer, kue, coklat, susu kental manis dan masih banyak lagi. Lalu kenapa mengkonsumsi gula berlebihan tidak baik untuk kesehatan?

Sebelumnya, mari kita bahas dulu bagaimana tubuh memroses gula yang masuk dalam tubuh. Ketika Anda mengkonsumsi gula sederhana dan olahan (seperti pada permen, minuman bersoda, atau kue manis) maka pankreas akan bereaksi menghasilkan insulin, hormon yang akan menyalurkan gula dalam aliran darah menuju ke jaringan dan sel-sel tubuh untuk digunakan lebih lanjut. Hasilnya, konsumsi gula sederhana yang berlebihan tersebut akan menaikkan level insulin. Kenaikan level insulin darah yang melebihi batas normal dapat memicu tekanan (depresi) pada sistem imun yang pada akhirnya akan memperlemah ketahanan tubuh Anda melawan penyakit. Sebuah penelitian juga menunjukkan berkurangnya sel-sel darah putih dalam tubuh secara signifikan hanya beberapa jam kemudian setelah mengkonsumsi gula olahan.

Dampak Terhadap Kesehatan

Kerusakan GigiYa, tentu saja ini adalah dampak konsumsi gula yang paling nyata. Bakteri di dalam plak gigi akan memetabolisasi gula menjadi asam laktat. Tingginya tingkat asam pada permukaan gigi akan memicu hilangnya mineral gigi sehingga menyebabkan kerusakan.

Meningkatkan Level Gula DarahIni juga salah satu dampak yang nyata. Senyawa organik dalam gula yaitu sukrosa mengandung Indeks Glikemik yang tinggi sehingga cepat direspon sistem

Gula, Gula, Tak Semanis

KenyataannyaBerapa gram Anda mengkonsumsi gula

setiap hari? Menurut sebuah penelitian, jumlah konsumsi gula rata-

rata penduduk Indonesia adalah 12,5 kilogram per tahun atau sekitar 34

gram sehari. Tak semanis namanya, gula, jika dikonsumsi berlebihan tidak

baik bagi kesehatan.

Cover

Sto

ry

Page 7: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

pencernaan tubuh dan dikirim langsung ke dalam aliran darah. Hal ini akan menaikkan gula darah hingga 66% lebih tinggi dari sebelumnya.

DiabetesDiabates terjadi ketika tubuh tidak mampu atau mengalami gangguan dalam memetabolisasi gula. Jadi diabetes terjadi ketika tubuh menyerang sel-sel penghasil insulin (disebut diabetes tipe 1) atau ketika sel-sel tubuh gagal (tidak peka lagi) dalam merespon insulin (disebut diabetes tipe 2). Tingginya glukosa dalam aliran darah akibat konsumsi gula berlebihan dalam jangka pendek dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi kekurangan energi karena tidak dapat memproses glukosa dan dalam jangka panjang meningkatkan keasaman darah sehingga merusak berbagai organ vital tubuh termasuk mata, ginjal, syaraf dan jantung.

Menyebabkan ObesitasHal lain yang perlu Anda perhatikan adalah asupan gula yang berlebih akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh dan menambah berat badan sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker. Dan tahukah Anda jika diet rendah lemak namun tinggi gula lebih meningkatkan level obesitas. Parahnya, tren diet tidak sehat ini terus meningkat setiap tahunnya.

Asam UratKaitannya adalah produksi asam urat yang berlebihan karena pengeluaran asam urat dari tubuh terhalang oleh tingginya level insulin akibat konsumsi gula yang berlebihan. Ketika konsentrasi asam urat dalam tubuh semakin tinggi, begitu pula dengan konsentrasi asam urat pada cairan sendi yang semakin lama akan mengendap membentuk kristal-kristal sehingga mengakibatkan penyakit asam urat pada sendi yang sangat menyakitkan.

KankerMenurut dr. Maoshing Ni, kandungan sakarin pada gula bersifat karsinogenik sehingga dapat memicu kanker. Meski masih kontroversial, namun sebuah penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan resiko kanker pada tikus-tikus yang diberi makan diet tinggi gula daripada yang tidak.

Batas Konsumsi Gula yang DisarankanPada tahun 2003, sebuah panel PBB melalui WHO

dan FAO menerbitkan laporan hasil penelitian dari 30 ahli dari seluruh dunia. Panel ini menyarankan batas konsumsi gula sedrhana yang dianjurkan adalah tidak melebihi 10% dari asupan energi pada diet yang sehat. Gula yang dimaksud disini adalah mengacu pada semua monosakarida dan disakarida yang terdapat pada makanan dan gula alami pada madu, sirup, dan jus buah. Sementara jumlah asupan karbohidrat secara total (karbohidrat sederhana ditambah karbohidrat kompleks) disarankan berkisar antara 55-75% dari asupan energi.

Panel resmi dari FAO ini juga menyatakan bahwa konsumsi makanan atau minuman tinggi kandungan gula memang mampu memberi asupan energi yang signifikan tetapi minim nutrisi. Sementara sebaliknya pembatasan konsumsi gula mampu menurunkan resiko naiknya berat badan yang tidak sehat. Dinyatakan pula bahwa anak-anak yang banyak mengkonsumsi soft drink beresiko untuk kelebihan berat badan (obesitas).

Sementara USDA merekomendasikan konsumsi gula untuk diet 2000 kalori adalah sebesar maksimal 10 sendok teh gula dalam sehari (bukan sendok makan) atau sekitar 50mL/ hari atau 50 gr gula per hari. Ingat, seperti yang sudah disebut diatas, gula juga berasal dari berbagai makanan manis lain (kue, permen, wafer, es krim, biskuit krim, snack, dan lain-lain). Jadi perhatikan batas konsumsi makanan dan minuman manis Anda. Sementara menurut Dr. Maoshing Ni, kebanyakan soft drink mengandung lebih dari 10 sendok teh gula.

Gula Aktivitas Ringan Aktivitas SedangGula Aktivitas Ringan Aktivitas Sedang

Page 8: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Aan

Page 9: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Beberapa Jenis Bahan Pemanis Pengganti Gula

yang Dianjurkan

Sirup Nektar Agave Gula Buah Fruktosa Madu Gula Bubuk Stevia

Page 10: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutritionwww.sportindo.com www.dennysantoso.com

Komposisi Tubuh

ebenarnya, ketika kita berbicara mengenai pembentukan tubuh, termasuk membuat tubuh Slebih langsing dengan membuang lemak, Anda

harus mengerti bahwa tubuh kita terdiri dari otot dan lemak. Hanya otot dan lemak lah yang berkontribusi terhadap naik turunnya badan kita. Tidak mungkin kan kulit kita bertambah berat? Atau rambut kita membuat badan kita naik 5kg? Yang bisa membuat berat badan kita naik maupun turun itu hanyalah otot dan lemak.

Ketika lemak bertambah, berat badan pun akan bertambah, ketika lemak berkurang, secara otomatis berat badan pun akan turun. Begitu juga dengan otot, ketika otot bertambah, maka berat badan pun akan bertambah dan ketika otot berkurang maka berat badan pun akan turun. Jadi jangan berpikir bahwa berat badan yang turun itu pastilah lemak Anda sudah berkurang. Kalau tidak hati-hati, maka otot pun bisa berkurang. Dan hal ini lah yang harus dihindari. Ketika kita ingin membentuk tubuh ideal dan membuang lemak, kita harus memperhatikan jangan sampai otot yang terbuang.

Apa tandanya kalau otot terbuang? Paling gampang adalah ketika mulai diet, berat Anda turun, dan rambut Anda mulai rontok. Itu artinya tubuh sudah kekurangan protein, maka supaya kita tidak jatuh sakit, maka tubuh mengambil protein dari

rambut, otot, dan tempat-tempat yang lain lagi. Bahkan kita jadi mudah sakit kalau kekurangan protein karena anti body tubuh kita semuanya juga terbuat dari protein. Tetapi daripada susah-susah mengamati rambut yang rontok, maka yang paling saya sarankan adalah menggunakan alat ukur lemak. Sehingga Anda benar-benar bisa memonitor apakah lemak atau otot yang sudah berkurang.

Dalam konsep penurunan berat badan, sebenarnya yang harus dilakukan adalah, menambah otot dan mengurangi lemak. Otot adalah kompor pembakar lemak, sehingga menambah otot akan membuat lemak terbakar lebih cepat lagi. Dan hal ini berlaku bagi cowok maupun cewek tanpa terkecuali.Intinya adalah, apabila Anda ingin mengurangi lemak, Anda harus benar-benar memantau mana yang turun. Ketika apabila ternyata otot Anda yang turun, maka dapat dipastikan, beberapa bulan setelah hal itu terjadi, berat Anda akan kembali naik dan itulah yang disebut dengan yoyo diet.

Komposisi Tubuh, pengetahuan ini yang sepertinya paling sering diremehkan atau bahkan tidak

diketahui oleh semua orang yang mau membentuk tubuh. Biasanya cowok yang ingin membentuk

badan, menurut mereka tubuh isinya hanya otot saja, sedangkan bagi para cewek yang ingin

membuang lemak, menurut mereka tubuh isinya hanyalah lemak saja. Benarkah begitu?

http://www.dennysantoso.com/komposisi-tubuh.html

Page 11: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Sudah seharusnya orang Banjar bangga dengan atlet binaraga asal

Bumi Antasari berusia 27 tahun yang satu ini. M. Anshari terus berusaha

mengukir prestasi yang terbaik dengan bertanding di berbagai

daerah di Indonesia meski lawannya di kelas 55 Kg semakin banyak diminati para pemula di setiap

pertandingan binaraga.

Pesaing binaraga kelas 55 Kg banyak diminati oleh para atlet pemula.

Bagaimana pendapat Anda?

Bagaimana pola latihan Anda sebenarnya?

Lalu bagaimana pula dengan pola dietnya?

Ada minuman dan makanan favorit?

Itu justru semakin memacu dan menantang saya untuk mengukur

keberhasilan diri. Kalau lawannya sedikit malah kurang enak karena kurang

menantang. Saya harus mempersiapkan latihan dan diet yang lebih baik

dari mereka.

Saya latihan minimal 3 kali dan maksimal 5 kali seminggu pada pagi dan sore hari selama 1-2 jam. Pagi hari saya latihan

otot kecil, lengan, abs untuk membakar lemak. Siangnya latihan paha, dada

(pectoral muscle), dan trapesius. Metode latihan basic saja tetapi kalau

pra-kompetisi memakai superset.

Sebagai contoh kalau untuk pra-kompetisi saya melakukan 2 bulan diet

ketat yang terbagi atas 3 minggu pertama tanpa gula dan garam atau

yodium, lalu 4 minggu berikutnya konsumsi garam atau yodium kembali, lalu 1 minggu berikutnya kembali tidak

mengkonsumsi garam atau yodium, hingga 3 hari sebelum hari pertandingan mengurangi konsumsi air. Protein saya ambil dari sumber dada ayam, kacang-

kacangan, tahu, tempe, dan susu protein.

Untuk minuman, saya suka mengkonsumsi asam jawa dicampur gula

merah yang diminum 3 kali seminggu setelah makan. Fungsinya untuk

mengeringkan dan mengurangi lemak di bagian perut. Kalau makanan favorit

saya adalah nasi sop khas Banjarmasin, tetapi hanya dikonsumsi sekali-kali

sebagai cheat saja dan saat tidak akan bertanding. Hahaha…

Muhammad Anshari

Berjuang demiBumi Antasari

Aan

Page 12: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Wortel yang memiliki nama Latin Daucus carota merupakan sayuran jenis umbi yang biasanya berwarna jingga. Bagian

yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidupnya 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Konon, pada ratusan tahun sebelum Masehi, orang-orang Yunani dan Romawi mempublikasikan manfaat wortel bagi kesehatan untuk pertama kalinya.

Kaya Beta KarotenTiap 100 gram wortel segar mengandung 16705 IU vitamin A yang mampu memasok 334% kebutuhan harian kita akan vitamin A. Kandungan vitamin A pada wortel tersedia dalam bentuk beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Wortel merupakan sumber beta karoten terbaik di antara berbagai jenis sayuran. Beta karoten berguna untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata serta membantu meningkatkan sistem kekebalan, sistem pencernaan, saluran pernapasan, dan membangun gigi, rambut, dan tulang yang kuat. Beta karoten juga mempunyai efek penyembuhan terhadap kulit dan diyakini mampu membantu menghaluskan kulit.

Kaya Vitamin CDalam 100 gram wortel segar, kandungan vitamin C-nya mencapai 5,9 mg (memenuhi 10% dari kebutuhan harian). Karena merupakan sumber antioksidan, yaitu dengan adanya kandungan vitamin C dan beta karoten, wortel merupakan makanan yang baik untuk melawan berbagai macam kanker dan penyakit lain serta memperkuat kekebalan tubuh.

Kandungan Zat Gizi Wortel beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

WortelSayuran dengan Segudang

ManfaatWortel termasuk salah satu jenis sayuran yang paling digemari karena citarasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Tak hanya itu, wortel juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Jadi, beruntunglah Anda yang menyukai sayuran favorit kelinci yang satu ini.

NU

TR

ITIO

NN

UT

RIT

ION

Page 13: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Kaya Vitamin B6Tiap 100 gram wortel segar mengandung 0,1 mg vitamin B6 (7% kebutuhan harian), yang berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak. Vitamin B6 juga berperan dalam produksi sel darah merah untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb).

Kaya Vitamin KVitamin K merupakan kebutuhan penting untuk sintesis protein dan dalam pembekuan darah. Vitamin K juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Dalam 100 gram wortel mampu memberikan kita 13,2 mcg vitamin K yang memenuhi 16% kebutuhan harian vitamin K kita.

Kaya Berbagai Mineral Penting

Tinggi Serat

Wortel mengandung 320 mg kalium atau potassium (9% kebutuham harian) yang sangat penting untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot dan membantu mengontrol tekanan darah

Dalam tiap 100 gram wortel juga mengandung 0,1 mg mangan (memenuhi 7% kebutuhan). Mangan berfungsi dalam metabolisme karbohidrat dan aktivitas enzim serta memelihara kesehatan sendi.

Wortel juga sering digunakan untuk membantu masalah kewanitaan (seperti mengatur siklus haid dan memperbanyak air susu ibu) karena kandungan kalsiumnya. Tiap 100 gram wortel segar mengandung 33 mg kalsium atau memenuhi 3% kebutuhan kalsium harian kita.

Kandungan serat dalam 100 gram wortel segar yaitu 2,8 gram atau memenuhi sekitar 11% dari kebutuhan harian kita akan serat, sehingga konsumsi wortel juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan kita serta membantu melindungi kita dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hiperkolesterol dan lain-lain.

Agar kita bisa memperoleh manfaat wortel secara maksimal, maka berikut ini ada beberapa tips dalam memilih, menyimpan maupun mengolah wortel yang baik:

Memilih wortelPilih wortel yang masih muda dan segar yaitu yang teksturnya keras, halus, segar dan warnanya orange cerah. Jangan memilih wortel yang sudah lunak, berkerut maupun “berkayu”.

Menyimpan wortelWortel segar dibungkus dalam plastik atau kertas sebelum disimpan di lemari es. Sebelum menyimpan, buang dulu batang daunnya (bila ada). Jangan simpan wortel atau sayuran lain terlalu lama, karena makin segar makin bagus.

Mengolah wortelCucilah wortel dalam keadaan utuhmenggunakan air mengalirKalau Anda gunakan wortel organik, sebelum diolah cukup dicuci dan disikat saja bagian luarnya. Sedangkan untuk wortel unorganik, lebih baik dikupas tipis dulu kulitnya Jangan terlalu lama memasak wortel. Masukkan wortel setelah air mendidih, kemudian segera angkat.

Mengkonsumsi sayuran segar yang kaya nutrisi seperti wortel adalah salah satu cara yang baik untuk senantiasa hidup sehat. Dan setelah menge-tahui berbagai kandungan gizi wortel dan manfaat-nya bagi kesehatan, maka marilah kita masukkan wortel dalam menu makan kita sehari-hari. Diana

Wortel Segar

Page 14: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

dr. Jeffry Beta TenggaraChief ResidenIlmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Hea

lth F

ile

ktivitas fisik secara rutin memiliki dampak yang baik untuk meningkatkan kesehatan lansia (lanjut usia), namun aktivitas fisik yang salah akan menimbulkan A

resiko lebih besar dari manfaat yang diperoleh.

Latihan pada lansia perlu dibedakan berdasar beberapa kondisi :

Penyakit yang diderita, seperti penyakit jantung, darahtinggi, diabetes atau rematikKebiasaan olahraga sebelumnyaStatus kognitif pasien : apakah ada kepikunan?Riwayat apakah pernah jatuh sebelumnya

Sebagai panduan awal untuk memulai latihan pada lansia, tentukan terlebih dahulu apakah kondisinya memungkinkan? Apakah ada kontraindikasi? Hal ini harus dijawab oleh dokter keluarga Anda terlebih dahulu setelah melalui pemeriksaan yang baik.

Bagian I dari artikel ini akan menekankan mengenai pemahaman kondisi yang terjadi pada seorang lansia. Sedangkan mengenai latihan serta diet yang tepat, secara spesifik akan dibahas di bagian II.

Bagian I : Olahraga untuk Lanjut Usia

ada lansia yang sehat masih terjadi penurunan kadar massa otot hingga 40% dan digantikan oleh jaringan Plemak. Selain terjadi penurunan secara kuantitatif

dari massa otot, kualitas kekuatan otot yang dimiliki juga menurun. Perubahan lain dalam sistem muskuloskeletal lansia juga mencakup perubahan kekuatan dan komposisi tulang. Kehilangan massa tulang adalah gambaran khas dari lansia sebagai akibat kehilangan mineral tulang, perubahan

sistem hormonal, penurunan aktivitas, dan kurangnya paparan sinar matahari.

Seiring dengan bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi organ secara sistemik, seperti penurunan fungsi ginjal, fungsi jantung, mata, maupun fungsi kognitif (intelektual) yang harus diperhatikan sebelum merencanakan diet dan olahraga yang sesuai. Pembahasan berikut adalah mengenai beberapa perubahan organ yang penting untuk Anda ketahui.

JantungJantung adalah organ muskular (sebagian besar adalah

otot) yang berperan dalam memompa darah untuk beredar di seluruh tubuh. Jantung yang mengalami beban berat secara kronik akibat penyakit-penyakit tersebut diatas, akan mengalami pembesaran otot. Berbeda dengan otot bisep yang bisa dilatih hingga membesar dan bertambah kuat, pembesaran otot jantung akan mengakibatkan kelelahan otot dan kegagalan (failure) dalam memompa darah. Apabila hal ini telah mencapai batas ambang yang dapat ditoleransi akan menimbulkan keluhan seperti lelah, sesak nafas dan pada kondisi berat dapat terjadi henti jantung.

GinjalGinjal adalah organ yang memiliki fungsi utama untuk

menyaring darah dan membuang racun hasil metabolisme maupun racun yang kita konsumsi secara tidak sengaja. Pada lansia sehat, ginjal akan tetap berfungsi baik. Pada atlet binaraga yang mengkonsumsi protein tinggi tanpa ada kelainan sebelumnya, ginjal tidak akan mengalami gangguan secara bermakna. Bahkan pada seorang donor ginjal sekalipun hanya memiliki satu buah ginjal, masih cukup untuk berfungsi dalam menopang kebutuhan badan. Namun bila ginjal mengalami kerusakan yang diakibatkan terutama oleh hipertensi, kencing manis, infeksi berulang, atau batu ginjal, akan terjadi perubahan dalam struktur dan fungsinya. Jaringan perut akan menumpuk sebagai respon dari perbaikan kerusakan sehingga filter yang ada akan tidak berfungsi baik. Akibat dari gagal ginjal adalah sesak, muntah hebat hingga kejang yang mengharuskan untuk dilakukan cuci darah.

Elderly Exercise

OLAHRAGA UNTUK LANJUT USIA

DAN SESUAI KONDISI MEDIS TERTENTU

Dok, saya sudah tua, cucu saya sudah 6 orang, apa perlu olahraga?

Aktivitas saya hanya menunggu cucu sambil berbenah rumah,

menyapu atau mengepel sampai saya berkeringat, apa sudah cukup?

Dok, saya punya penyakit jantung, apa aman buat saya berolahraga?

Pertanyaan-pertanyaan diatas sering saya dapatkan pada saat berjumpa dengan pasien yang

berusia diatas 60 tahun.

Page 15: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Kognitif otakPada lansia, umumnya (namun tidak selalu) terjadi

penurunan fungsi intelektual/ kognitif. Penyakit yang sering kita lihat adalah kepikunan/ demensia, parkinsonisme, atau stroke dengan berbagai gejalanya. Beberapa kondisi diatas memang dapat dicegah dan salah satunya adalah dengan latihan fisik teratur.

Gangguan penglihatan dan pendengaranPada lansia beberapa penyakit yang sering dijumpai

adalah katarak, gangguan retina karena kencing manis dan hipertensi. Penurunan fungsi mata dan telinga harus diperhatikan dalam merencanakan olahraga karena akan berpengaruh dalam sistem keseimbangan dan resiko jatuh pada lansia.

Gangguan atau penurunan fungsi organ diatas harus terlebih dahulu dimengerti dan disesuaikan untuk merencanakan latihan fisik pada lansia. Latihan yang salah atau tidak tepat akan menimbulkan resiko yang lebih berbahaya. Namun dengan latihan yang tepat, manfaat latihan bagi lansia juga akan sangat signifikan. Bagian II akan mengupas latihan yang tepat dan manfaat dari latihan tersebut, serta diet untuk kondisi penyakit tertentu.

Bagian II: Olahraga Sesuai Kondisi Medis Tertentu

emilihan olahraga yang tepat bagi lansia sebenarnya bersifat individual karena harus disesuaikan dengan Pkondisi fisik masing-masing individu dan kebiasaan

berlatih sebelumnya.Bentuk latihan aerobik adalah bentuk yang paling

aman bagi lansia secara umum. Latihan aerobik meliputi lari ringan (jogging) ataupun jalan cepat, berenang, atau senam seperti tai-chi, maupun yoga. Dengan frekuensi 3-4 kali seminggu selama 30 menit tiap kali latihan akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan lansia.

Penderita DM (Diabetes Mellitus)Bagi penderita DM (Diabetes Mellitus), latihan aerobik

merupakan bentuk latihan utama yang sangat bermanfaat bagi pengendalian gula darah. Olahraga yang dianjurkan adalah lari ringan selama minimal 30 menit 4 kali seminggu dengan target denyut jantung 60% dari denyut maksimal. Latihan beban merupakan latihan tambahan yang dapat meningkatkan efektivitas pengendalian gula darah. Namun perlu diingat bahwa penderita DM sering disertai komplikasi lain seperti penyakit jantung atau darah tinggi sehingga latihan beban lebih baik diawasi oleh seorang personal trainer yang mengerti tentang kondisi medis tersebut.

Penderita Jantung Koroner atau Gagal JantungLansia dengan penyakit jantung koroner maupun gagal

jantung, sangat tidak disarankan untuk latihan beban maupun latihan yang menggunakan gerakan mendadak seperti tennis, badminton, atau high impact aerobic. Hal ini disebabkan perubahan mendadak dalam gerakan latihan akan memacu jantung untuk menyesuaikan diri dengan meningkatkan denyut secara cepat. Pada lansia dengan

gangguan koroner maupun gagal jantung, hal ini dapat mengakibatkan henti jantung mendadak dan kematian. Olah raga bagi penderita jantung adalah olahraga yang bersifat kontinyu dan ditingkatkan secara progresif seperti berenang, jogging selama 10 menit sebanyak 2-4 kali seminggu yang kemudian ditingkatkan hingga 30 menit tiap sesi latihan.

Penderita OsteoporosisPenderita osteoporosis akan mendapat manfaat yang

sangat baik dengan latihan beban sedang. Penggunaan beban dalam latihan akan mempertahankan kekuatan otot dan meningkatkan densitas masa tulang sebagai mekanisme kompensasi terhadap beban tersebut. Namun perlu diperhatikan derajat kerusakan tulang yang sudah terjadi sebelumnya karena latihan beban yang salah dapat beresiko patah tulang pada penderita pengeroposan tulang yang sudah berat. Perlu juga dicukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D bagi lansia.

Penderita StrokePenderita stroke juga akan mendapat banyak manfaat

dengan latihan beban. Stroke pada umumnya akan mengakibatkan kelumpuhan otot satu sisi tubuh. Bila otot yang sudah lumpuh ini tidak dilatih maka akan terjadi pengecilan dan semakin lama akan menjadi permanen. Sisi tubuh yang lumpuh pada awalnya harus dilatih secara pasif (digerakkan oleh orang lain) namun secara perlahan harus terus dilatih secara aktif. Pada beberapa orang dengan stroke yang ringan hingga sedang, kelumpuhan yang terjadi akan tidak nampak lagi dengan latihan intensif selama beberapa bulan.

Penderita HipertensiBagaimana dengan penderita darah tinggi? Untuk yang

satu ini, saya harus mengatakan bahwa aerobik masih merupakan latihan terbaik dibanding latihan beban. Penderita hipertensi dengan tekanan darah diatas 150/90 mmHg juga memiliki resiko dalam latihan beban seperti pecahnya pembuluh darah di mata, ataupun di otak yang mengakibatkan stroke.

Bentuk latihan sesuai kondisi medis diatas adalah merupakan bentuk umum yang dapat Anda lakukan. Perlu diingat juga bahwa seringkali beberapa penyakit terjadi pada orang yang sama sehingga perlu penyesuaian lebih lanjut. Namun apapun juga, latihan fisik akan selalu memberikan hasil yang baik dibandingkan tidak berlatih sama sekali.

Page 16: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Proses katabolik (penyusutan otot) merupakan proses yang sangat tidak diinginkan

ketika kita berolahraga dan ingin mencapai bentuk tubuh ideal. Amino Bolic adalah suplemen yang menyediakan tubuh Anda dengan asam amino esensial untuk membantu Anda senantiasa berada di dalam keadaan anabolik (pembentukan otot). Asam amino, Taurine dan Glutamine yang terdapat pada Amino Bolic juga berfungsi untuk menambah tingkat sintesis protein, mengurangi keletihan dan kram setelah berolahraga serta membantu proses pemulihan tubuh.

HOT PRODUCT

AMINOBOLICAgen anti katabolik terbaik yang berguna untuk mencegah penyusutan otot

dan membantu perkembangan otot

Ukuran : 210 Caps

Pemakaian : 7 kapsul sebelum latihan

Mengaktifkan keadaan anabolik (pembentukan otot) dan mencegah katabolik (penyusutan otot)

Peningkatan level pemulihan dan sintesis protein

Berkurangnya gangguan otot setelah berlatih seperti rasa letih dan sakit

Lebih dari 6000 mg Leucine per serving untuk mendongkrak kondisi anabolis Anda

Peningkatan efisiensi kalori untuk penambahan massa otot dengan kondisi rendah lemak

Mengandung glutamine untuk membantu daya pulih (recovery) dan daya imun tubuh Anda

Mo

de

l : An

ton

Wira

wa

n ; L

oka

si : My G

ym B

an

du

ng

Page 17: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Meski kini sibuk bekerja sebagai seorang finance

accounting, Lia tetap melanjutkan rutinitas latihan fitnesnya yang

sudah dijalani sejak masa kuliah.

“Aku sudah terbiasa latihan fitnes dari sejak jaman kuliah dulu. Jadi sekarang meski sudah bekerja pun aku tetap latihan fitnes seperti biasa. Setelah pulang bekerja kan waktunya masih luang banyak, jadi tidak ada alasan capek atau tidak ada waktu. Fitnes 4 atau 5 kali seminggu tidak masalah” terang Lia membuka percakapan. “Yang aku rasakan justru dengan fitnes, badan jadi lebih bugar, fit, dan segar,” tambah gadis yang bekerja di sebuah perusahaan distributor bunga ini.

“Sebenarnya dulu aku cuma mengenal aerobik, tetapi setelah mencoba fitnes, pembentukan otot tubuh jadi lebih cepat. Kalau aerobik kan langsing doang, tetapi kalau ditambah dengan fitnes, tubuh lebih cepat terbentuk dan berotot,” jelas gadis berlengan indah ini. “Kini malah beberapa teman sudah ikut-ikutan mencoba, meski hanya aerobik. Kalau wanita memang biasanya kurang mengerti penggunaan peralatan fitnes, tetapi bisa tanya ke instruktur kok” tambah Lia.

“Soal makan, aku tidak terlalu menerapkan strick diet, hanya makan semi bersih saja. Jadi lauknya serba dibakar atau direbus seperti ayam bakar, tuna sashimi, atau steak. Sementara nasinya beras merah yang aku masak dan bawa sendiri, kalau bosan bisa diganti ubi rebus atau roti gandum,” ujar gadis penggemar es krim ini. “Makan es krim cuma kadang-kadang saja kok, paling cuma seminggu sekali sebagai cheat. Hahaha…”

“Pokoknya tetap latihan rutin, jaga makanan, dan istirahat yang cukup. Aku mau lebih berotot dan lebih lean lagi biar penampilan makin oke dan seksi,” pesan Lia menutup perbincangan.

LiaSibuk Bekerja

Bukan Alasan Tidak Fitnes

Nama : Julia Sofmi, SETempat, tgl. lahir : Tanjung Karang, 1 Juli 1978Tinggi badan : 167 cmBerat badan : 56 cmBag. tubuh favorit : Punggung dan lenganStatus : SinglePekerjaan : Finance accountingGym : Gold's Gym City Loft JakartaHobi : Olahraga & jalan-jalan

Sporty FemmeSporty Femme

Aan

Lo

ka

si :

Ho

kit

a G

ym

, J

ak

art

a T

imu

r

Page 18: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Tip

s

ola makan yang rendah natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko Ppenyakit jantung, serta sangat disarankan untuk

membantu program diet kita. Jadi, simaklah 6 tips berikut untuk mengurangi asupan garam Anda:

Batasi konsumsi makanan olahan, seperti makanan kalengan, ikan yang diawetkan seperti ikan asin, teri, dan lain-lain, juga berbagai biskuit, krakers, keripik dan minuman kaleng, juga berbagai makanan yang menggunakan penyedap makanan, pemanis buatan ataupun pengawet makanan. Lebih baik konsumsi makanan segar, baik buah dan sayuran, maupun berbagai jenis makanan hewani seperti unggas, daging, dan sebagainya karena semua makanan yang melalui proses pengawetan akan mengalami penambahan natrium.Bacalah label makanan atau nutrition fact saat berbelanja. Cari sereal, biskuit, kecap, sayuran kaleng, atau makanan lain yang rendah natrium.Jika Anda merasa telah makan Anda terlalu banyak

6 Tips Kurangi Konsumsi Garam Kurangi Konsumsi Garam

dalam Dietdalam DietNatrium memang sangat dibutuhkan untuk fungsi saraf dan otot kita, tapi kebanyakan orang selalu mengkonsumsi terlalu banyak

natrium dalam diet sehari-hari. Sebagian besar natrium yang kita konsumsi berasal dari garam (40% dari garam terdiri atas natrium)

yang kita tambahkan ke makanan sehari-hari atau dari makanan olahan yang sering kita konsumsi.

Diana

makanan tinggi natrium, imbangi dengan menambahkan konsumsi makanan tinggi potasium atau kalium, seperti buah dan sayuran segar.Jika Anda ingin menambahkan garam saat memasak, tambahkan garam di akhir atau sesaat sebelum masakan matang atau bahkan setelah masakan matang. Dengan begitu Anda hanya perlu menambah garam jauh lebih sedikit karena semakin lama memasak makanan, semakin banyak rasa asin akan hilang sehingga jika garam ditambahkan si tengah memasak, maka tentunya akan membutuhkan garam lebih banyak. Lebih baik gunakan rempah-rempah atau bumbu alami lain untuk menambahkan rasa masakan daripada Anda tambahkan banyak garam. Anda bisa juga gunakan garam diet yang rendah natrium.

Lakukan tips di atas untuk menjaga tekanan darah, mengurangi risiko terkena stroke atau penyakit jantung, serta membantu keberhasilan program diet kita. Mengurangi asupan garam dalam diet kita tidaklah sulit bukan?

Page 19: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Tip

sWorkout Guide Series

Barbell Row with Smith MachineTahapan Pelaksanaan:

Posisi kaki berdiri selebar bahu dengan ujung jari menghadap ke depanKaki sedikit ditekukPosisi punggung tegak dengan pinggang sedikit ditekukPosisi tangan memegang Stang Barbell selebar bahuPosisi Stang Barbell di bawah dan agak merapat ke lututTangan menarik Stang Barbell ke arah perutTarik nafas saat mengangkat beban dan hembuskan nafas saat menurunkan beban

DeadliftTahapan Pelaksanaan:

Posisi punggung tegak dengan kaki lurus sejajar bahuPosisi tangan memegang Stang Barbell dengan jarak selebar bahuTarik beban ke arah badan AndaPosisi punggung tetap tegak dengan tubuh cenderung tekuk ke depan sedikitPerhatikan agar posisi kaki sejajar bahuLutut sedikit ditekuk sehingga Stang Barbell bisa sedikit lebih diturunkan dekat lututTarik nafas saat menurunkanbeban dan hembuskan nafas saatmengangkat beban

Mo

de

l : Ed

en

g S

am

ba

sM

od

el : B

am

ba

ng

Back Back Weight TrainingWeight Training

Page 20: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Testosteron, seperti yang sudah umum diketahui, merupakan salah satu hormon

paling penting untuk meningkatkan massa otot dan menrunkan lemak tubuh. Dan seiring bertambahnya usia, produksi testosteron

dalam tubuh mulai mengalami penurunan. Oleh karena itu penggunaan suplemen

testosterone booster untuk memicu produksi testosteron oleh tubuh secara alami. Tribulus

Terrestris merupakan suplemen penambah testosteron, dan berdasarkan penelitian klinis,

suplemen ini akan bekerja lebih baik jika dikombinasikan dengan ZMA, yang tidak hanya

akan membantu meningkatkan kadar testosterone namun juga meningkatkan

kualitas tidur Anda sehingga proses pemulihan setelah latihan berat akan dicapai lebih

optimal. Sehingga, kombinasi kedua suplemen ini akan membantu Anda meningkatkan

testosterone untuk meningkatkan perkembangan massa otot, sekaligus

meningkatkan vitalitas, kualitas tidur serta daya pulih Anda.

Supple

ments

Supple

ments Tribulus

Terrestris

Page 21: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Manfaat Kombinasi:

Pemakaian Kombinasi:

Meningkatkan kadar testosteron Anda dengan lebih maksimal Meningkatkan vitalitas tubuh dan sekaligus kualitas tidur Anda.Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan massa otot serta mengurangi lemak tubuh Meningkatkan gairah seksual, libido dan kesuburanMembantu meningkatkan kekuatan, daya tahan dan daya pulih tubuh Anda

Setelah sarapan pagi atau sebelum latihan : 1-2 kapsul Tribulus TerrestrisSebelum tidur : 3 kapsul ZMA (laki-laki) atau 2 kapsul (perempuan)

& ZMA

Mo

de

l : Ed

en

g S

am

ba

s ; Lo

kasi : M

y Gym

Ba

nd

un

g

Diana

Page 22: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

1. Tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi

Tidurlah lebih awal pada malam hari dan bangkitlah dari tempat tidur ketika matahari mulai terbit. Pastikan Anda tidur setidaknya 8 jam setiap harinya. Cobalah berjalan santai sekitar 20 sampai 30 menit satu jam sebelum Anda tidur untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Kita telah memasuki musim hujan sekarang. Dan akhir-akhir ini cuaca menjadi semakin dingin. Maka kita harus tetap

menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit musim hujan seperti flu, diare, demam berdarah, dan sebagainya. Tak

hanya itu, musim penghujan juga seringkali membuat kita malas untuk beraktivitas. Oleh karena itu, simaklah 5 tips dari Yellow Emperor berikut yang diyakini keberhasilannya selama ribuan tahun untuk mengembalikan energi dan vitalitas Anda, serta meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan

sekaligus memberikan ketenangan.

Tetap Fit Kala Musim Hujan

Datang

2. Buat diri Anda senang dan puas

Sebaiknya Anda hindari emosi yang berlebihan karena itu akan menghabiskan cadangan energi Anda.

Buat diri Anda bahagia. Gunakan hari-hari dingin Anda di musim hujan untuk tetap di rumah dan bercengkerama buku favorit Anda, atau melakukan hobi Anda, seperti membaca, menonton film, memasak atau apa pun yang menyenangkan bagi Anda.

Hilangkan kemurungan musim hujan Anda dengan terapi cahaya. Studi menunjukkan bahwa paparan sinar matahari merangsang kelenjar pineal, yang mempengaruhi produksi bahan kimia otak seperti serotonin, neurotransmiter yang mengatur mood atau suasana hati. Serotonin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda, meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami untuk melawan benda asing dan sel-sel kanker. Jika cuaca memungkinkan, beradalah di luar ruangan setiap hari dan biarkan matahari memandikan tubuh Anda. Namun demikian, tetap hindari paparan langsung sinar matahari dalam jangka waktu terlalu lama antara jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

AR

TIC

LE

AR

TIC

LE

Page 23: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

5. Hindari berlama-lama kedinginan

Pakaian hangat, memberikan perhatian khusus pada bagian tengah tubuh Anda. Dalam pengobatan Cina, perut dianggap sebagai gudang energi tubuh. Menjaga perut Anda tetap hangat dan terlindung dari cuaca ekstrim sangat besar manfaatnya. Cara yang baik untuk menambah energi Anda yaitu bisa dengan menempatkan botol air panas di perut Anda.

Minum teh hangat untuk menjaga vitalitas dan membuat Anda bersemangat. Selain teh, coba juga meminum secangkir air jahe panas, atau bisa diganti kayu manis atau cengkeh, untuk mengusir dingin, menghangatkan ginjal/ sistem adrenal Anda, dan menyalakan gairah sensual Anda. Ramuan Cina dapat melindungi cadangan energi Anda dan meningkatkan kekebalan tubuh. Astragalus dan ginseng dianggap sebagai adaptogen - bahan alami yang meningkatkan resistensi tubuh terhadap stres fisik dan lingkungan, dengan demikian meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk seluruh tubuh, mampu memberikan toleransi tinggi terhadap stres, vitalitas fisik, dan kekebalan, coba kombinasi yang seimbang dari berbagai ramuan herbal tradisional Cina yang mendukung fungsi sehat dari sistem tubuh.

Musim hujan memang tak dapat dihindari, tapi kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan agar senantiasa fit dan bersemangat. Semoga tips di atas memberikan Anda langkah-langkah untuk tetap sehat dan bahagia di musim penghujan ini. Selamat mencoba!

4. Hindari makanan mentah dan dingin

Untuk menjaga kesehatan dan energi Anda di bulan-bulan yang dingin, Yellow Emperor merekomendasikan untuk menghindari makanan mentah dan dingin atau beku, mengurangi garam untuk melindungi ginjal, dan meningkatkan konsumsi makanan dengan citarasa pahit (seperti kale, misalnya). Jadi hindari sayuran mentah, salad dingin, ataupun makanan dan minuman dingin.

Anda bisa mengkonsumi berbagai makanan yang menghangatkan tubuh yang juga kaya zat besi seperti bayam, brokoli, plum kering, gandum, quinoa, bunga matahari dan biji wijen, kenari, ubi jalar, labu, kale, bawang putih, daun bawang, lobak dan peterseli. Kemudian minumlah air hangat atau panas.

3. Jagalah cadangan energi Anda

Gerakan fisik sangat penting untuk sirkulasi energi, tapi hindari berkeringat berlebihan. Dalam pengobatan Cina, keringat dipandang sebagai sebuah energi yang hilang. Lakukan aktivitas dalam level moderat. Berjalan adalah salah satu aktivitas moderat untuk menjaga pasokan energi Anda. Atau pertimbangkan untuk berlatih tai chi yang sangat efektif dalam menyeimbangkan energi.

Hindari kegiatan yang menghabiskan energi. Jangan mencoba melakukan terlalu banyak kegiatan dalam satu hari. Cobalah membuat hanya satu atau dua aktivitas yang prioritas setiap harinya. Dan pastikan Anda memberikan diri Anda waktu pribadi, bukan hanya dari orang lain, tetapi juga dari kami fasilitas modern yang selama ini tak lepas dari hidup Anda, seperti TV, komputer, dan handphone. Coba ini: pilih satu hari dalam seminggu untuk menyendiri dari semua fasilitas teknologi. Matikan TV. Batasi waktu Anda untuk mengecek dan membalas email. Ini adalah cara untuk menjaga energi Anda dan mengurangi stres.

ARTICLEARTICLE

Diana

Page 24: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

Gym

Pro

file

s

Arnold

itness center untuk kelas menengah ke bawah memang cocok untuk daerah Cikarang, Kab. Bekasi yang dipenuhi oleh berbagai kawasan industri. Oleh karena itu, Bp. Yudha Iswandi F

mendirikan Sega Fitness Center pada 3 Februari 2008. Sega Fitness Center berlokasi di kawasan strategis Sentra Niaga H. Abd. Malik Lt. 3, Jl. Imam Bonjol No. 12, Warung Bongkok, Cikarang Barat, Kab. Bekasi.

Dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu 75 ribu rupiah/bulan, pendaftaran 25 ribu rupiah, dan 8 ribu rupiah untuk insidentil, para member sudah bisa menikmati fasilitas peralatan fitnes yang cukup lengkap termasuk alat-alat kardio di ruangan yang luas. Para member juga bisa mengikuti kelas aerobik di ruangan terpisah. Selain itu, Sega Fitness Center juga menyediakan berbagai suplemen fitnes, aksesoris dan kostum fitnes. Kelas fitnes dibuka setiap hari pukul 9:00-21:00 dan kelas aerobik setiap Senin, Rabu dan Jumat pukul 16:30. Tunggu apa lagi, segeralah bergabung di Sega Fitness Center agar tubuh tetap bugar atau untuk membentuk tubuh ideal. Untuk informasi telepon dulu di nomor (021) 8903883 / 081321703470.

au tau tempat nongkrongnya jago-jago panco Kab. Bekasi? Arnold Sport Mania adalah tempatnya. Berdiri sejak 17 Februari 2008, Bp. Ardy, sang pemilik M

menjadikan Arnold Sport Mania sebagai klub kebugaran dan binaraga bagi siapa saja yang ingin membentuk tubuh dengan cepat dan murah karena para member hanya membayar 60 ribu rupiah untuk iuran bulanan, 15 ribu rupiah untuk pendaftaran, atau 6 ribu rupiah saja untuk insidentil.

Anda yang ingin latihan bisa parkir secara gratis dan langsung masuk ruang fitnes untuk menggunakan peralatan fitnes yang cukup lengkap termasuk alat-alat kardio. Arnold Sport Mania juga menyediakan berbagai suplemen fitnes, kostum dan aksesoris fitnes. Jika tertarik, langsung saja bergabung bersama 100 member aktif lainnya dengan panduan instruktur Bp. Yayat dan Bp. Ardy. Arnold Sport Mania berlokasi di Jl. Imam Bonjol No. 11 Cikarang Barat (depan Kec. Cikarang Barat). Telepon (021) 92256044 / 085814115930. Buka setiap hari pukul 08:00-21:00.

SegaCikarang, Bekasi

Fitnes Center & Aerobic

Sport ManiaCikarang, Bekasi

Aan

Aan

Page 25: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

da beberapa langkah yang mudah diterapkan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko cedera saat latihan beban.A

Langkah 1 - Warm-Up atau PemanasanHal ini mungkin terdengar sangat klise, tetapi banyak para pelaku fitnes, terutama yang masih muda, terlalu bersemangat untuk latihan beban dan melewatkan pemanasan dengan alasan untuk menghemat waktu. Ini adalah kesalahan besar. Pemanasan yang tepat akan meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga metabolisme Anda juga akan siap untuk latihan beban berat sekalipun. Selain itu, otot yang telah melalui proses pemanasan dapat menyerap oksigen lebih efektif, sehingga dapat mencegah terjadinya kelelahan. Pemanasan bisa berupa latihan kardio selama 5-10 menit di treadmill atau sepeda statis.

Langkah 2 - Stretching atau PereganganKegagalan untuk meregang akan membuat otot Anda makin kurang fleksibel dari waktu ke waktu, sehingga latihan beban Anda malah bisa sia-sia. Sebagai tambahan, peregangan antar set dapat meluruhkan asam laktat, dan bersamaan dengan itu juga membawa nutrisi, sehingga membuat Anda lebih kuat untuk melanjutkan ke set berikutnya. Peregangan juga dapat membantu Anda untuk pulih lebih cepat antara sesi latihan.

Langkah 3 - SeimbangAda 2 sisi mata uang dalam hal ini, seimbang dalam artian Anda berdiri dan duduk saat Anda melakukan

Latihan

dengan

Tidak seorang pun datang ke gym dan berencana untuk cedera. Namun, hampir tiap orang pasti pernah mengalami cedera, saat melakukan latihan beban untuk mendapatkan tubuh yang diidamkan.

latihan beban harus dalam posisi yang baik dan benar, dan juga seimbang dalam konteks kekuatan otot. Anda harus yakin bahwa otot Anda berada dalam kondisi yang kuat. Salah satu cara meningkatkan kekuatan otot Anda adalah dengan melakukan latihan beban. Menurut Mitchel Beazley, dalam buku The Complete Book of Men's Health, latihan beban juga dapat mencegah kehilangan massa tulang atau osteoporosis, yang berisiko menimbulkan cedera.

Langkah 4 - Pencegahan yang AmanSalah satu yang berperan penting dalam pencegahan cedera adalah pengetahuan tentang peralatan yang digunakan untuk latihan beban. Selain itu hati-hatilah juga dengan tehnik yang Anda pergunakan dalam melakukan latihan beban. Kesalahan teknik memegang beban dapat berakibat fatal bagi otot Anda. Jadi selalu tanyakan kepada trainer Anda tentang penggunaan alat dan tehnik yang benar dalam berlatih. Jika Anda sudah merasakan sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda, segeralah beristirahat. Jangan memaksakan diri Anda karena akan memperparah cedera yang Anda alami.Jadi mulailah berlatih dengan aman dan hindarilah cedera dengan langkah-langkah sederhana tersebut. Ingat kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Sumber : http://www.duniafitnes.com/featured/latihan-beban-dengan-aman.html

Beban Beban

AmanAman

Mo

de

l : Aa

ng

Page 26: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

EVENTS

Balikpapan Raga Walikota Cup Ke-2Tahun 2009 Balikpapan

enyusul sukses acara yang pertama, kembali PABBSI Kota Balikpapan mengadakan kejuaraan body contest M

antar klub di seluruh Indonesia memperebutkan piala Walikota Balikpapan. Acara berlangsung pada hari Jumat, 25 Desember 2009 di Gedung Nasional Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam babak penyisihan, dengan mengadopsi cara dan pose binaraga, sebanyak 55 peserta menampilkan 7 pose wajib dan most muscular pose di hadapan dewan juri yang terdiri atas Bp. Purnama (PABBSI Balikpapan), Ita Erna Satoto (gym owner), dan Agus Kencana (Modelling Agency).

Seluruh peserta disaring masuk babak 20 besar hingga hanya menyisakan 10 peserta terbaik yang masuk babak final. Akhirnya peserta bernama Bambang dari Kalimantan Selatan berhasil meraih Juara I dan berhak mendapatkan uang tunai senilai 1,5 juta rupiah. Selamat kepada para pemenang!

Daftar Juara :Juara I : Bambang (Kalsel)Juara II : Muslimin (Samarinda)Juara III : Fahruddin (Kutai Timur)Harapan I : Hadi (Balikpapan)Harapan II : Anom Bimo (Balikpapan)

Wayan

Page 27: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

EVENTS

Sukabumi

ntuk menjalin keakraban dan kekompakkan antara pemilik Sega Fitness Center Cikarang (Bp. U

Yudha Iswandi) dan para membernya, diadakan touring bersama memperingati tahun baru 2010. Acara dipusatkan di obyek wisata Pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Rombongan berangkat bersama-sama menggunakan belasan sepeda motor dari Cikarang mulai hari Kamis, 31 Desember 2009. Begitu sampai di lokasi, semua peserta touring mengadakan acara doa dan makan malam bersama dengan menu sate, ikan, dan ayam bakar sembari menunggu malam pergantian tahun.

Esoknya, para peserta pria mengikuti kegiatan sepakbola antar member Sega Fitness Center yang berlangsung seru dan penuh canda tawa diatas pasir tepi Pantai Palabuhanratu. Acara ditutup dengan berfoto pose down bersama-sama diatas karang sebelum akhirnya seluruh rombongan pulang kembali ke Cikarang.

Touring Sega Fitness Center Memperingati Tahun Baru 2010

Aan

Page 28: Sportindo Com - The Magz Februari 2010

EVENTS

JF Jambi Gelar Ideal Body Contest& Aerobic Competition 2009 Sarolangun

paya Junli Fitness (JF) Jambi untuk memperkenalkan ideal body contest dan aerobik yang masih sangat asing di telinga U

masyarakat Kabupaten Sarolangun, Provinsi

Jambi ini patut diacungi jempol. JF Jambi menggelar Ideal Body Contest dan Aerobic Competition 2009 pada 26-27 Desember 2009 yang lalu dan berlangsung di Ballroom Hotel Abadi Sarolangun, Jambi. Upaya JF Jambi

memperkenalkan olahraga tersebut nampaknya berbuah manis, kejuaraan yang baru pertama kali digelar di kabupaten yang baru berkembang ini ternyata banyak menarik minat peserta dan masyarakat untuk mengikuti dan menyaksikannya. Selain dari Sarolangun sendiri,

para peserta juga berasal dari provinsi tetangga yaitu Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan yang

ikut mendaftar.Bukan hanya itu, saking menariknya, sang

Bupati Sarolangun, Bp. H. Hasan Basri Agus, yang

wajahnya dikenal mirip dengan Presiden SBY, rela

meluangkan waktunya untuk membuka dan menyaksikan langsung kejuaraan ini. Sebagai

hadiah, para peserta memperebutkan trofi dan piagam serta uang tunai jutaan rupiah. Selain

itu, acara ini juga dihadiri bintang tamu Remus

Ade dari Jakarta (juara L-Men The Best Semarang dan Yogyakarta 2009). Selamat kepada para

pemenang. Ari

Page 29: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 30: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 31: Sportindo Com - The Magz Februari 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz Februari 2010