sportindo com - the magz januari 2011

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

190 views

Category:

Documents


24 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 2: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 3: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 4: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Pemimpin Umum L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung JawabSutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.dr. Jefry Tenggara, Sp.PD.

Teguh, Iwan, Mudiman

Tim Redaksi George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Lingga Wastu, S.Sos.

Artistik & DesainRachmat Kurniawan, SE.

TjahyonoGalihseto R.A, SST

Promosi & IklanPT. Jaya Sportindo

DistribusiMangapul F. Hutahaean, SE.

Websitewww.sportindo.com

www.dennysantoso.comwww.duniafitnes.com

[email protected]

Arief T. Nur Gomo, STP, MSi.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com aThe M gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Follow Denny Santoso on:SixReps: http://sixreps.com/profile/dennysantosoFacebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

Konsumsi Protein Membebani Ginjal?

Apa Beda Prohormone dan Growth Hormone?

Perlukah Minum Suplemen Saat Tidak Latihan?

Saya mau bertanya apakah jika terlalu banyak mengkonsumsi suplemen jenis tablet maka akan memberatkan kinerja ginjal? Misalnya pagi minum Amino 3 butir, sesudah sarapan minum Daily Complete Formula 2butir, lalu minum Amino lagi sebelum dan setelah latihan, serta minum Amino lagi sebelum tidur masing-masing 3 butir. Apakah ginjal tidak merasa terbebankan? Setahu saya harus banyak minum untuk mengimbangi.lunghwe ([email protected])

Sampai saat ini tidak pernah ada bukti yang dapat menyebutkan bahwa diet tinggi protein menimbulkan kerusakan pada ginjal yang sebelumnya sehat. Tentu saja hal yang berbeda bisa terjadi bila sudah dalam dalam kondisi menderita gangguan ginjal. Saya sendiri berpegang pada prinsip bahwa protein aman untuk ginjal.dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD.Sportindo Medical Consultant

Saya mau bertanya sama pakarnya terutama kepada dr. Jeffry. Apakah perbedaan dari prohormone dan growth hormone? Dan apa fungsi dari keduanya? Apakah konsumsi prohormone itu berbahaya? Mohon pencerahannya.Salam bugar,Daniel Audi (Banda Aceh)

Prohormone adalah bentuk awal dari suatu hormon. Misalnya proinsulin sebagai prohormon yang dalam tubuh diubah menjadi insulin, atau dalam hal steroid, androstenedione adalah prohormone sebagai steroid testosterone. Jadi dalam hal ini prohormone adalah sama dengan steroid.Growth hormone bukanlah steroid. Growth hormon adalah hormon pertumbuhan yang diproduksi dari otak. Jumlahnya sangat tinggi saat masa anak-anak dan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hormon ini memiliki berbagai fungsi untuk pertumbuhan anak hingga menjaga sistem imunitas pada saat dewasa. Tetapi hingga saat ini belum ada laporan efek samping berat pada penggunaan growth hormone.dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD. (Sportindo Medical Consultant)

Saya saat ini menerapkan latihan dengan home gym dengan mengkonsumsi suplemen IsoMass Xtreme Gainer dan Beta K. Goal saya adalah untuk muscle building. Pertanyaan saya, kalau sedang dalam masa tidak latihan, apakah saya harus tetap minum IsoMass Xtreme Gainer dan Beta K? Terima kasih.Darius Mulia ([email protected])

Jika Anda sedang dalam masa tidak latihan (off) untuk tujuan pemulihan (recovery), sebaiknya IsoMass Xtreme Gainer diganti dengan suplemen whey protein. Karena masa recovery membutuhkan asupan protein, bukan karbohidrat. Konsumsilah suplemen karbohidrat hanya saat hari latihan (on).Denny Santoso, S.Kom, SAC, Dip., CSN, CHt.

Ucapan Duka CitaSegenap Pimpinan dan Staf Redaksi Sportindo.com The Magz mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Stefanus Ukurov, atlet binaraga nasional asal Papua Barat. Semoga arwah almarhum diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amin

pa kabar fitness mania? Bagaimana pesta tahun baru Anda? Tentunya meriah bukan? Apa kabar pula bagi Anda para juara? Ya, ASportindo.com The Magz edisi pembuka tahun 2011 ini akan

menampilkan liputan khusus kejuaraan body contest yang kami selenggarakan di Denpasar dan Tulungagung yaitu Ultimate Body Contest Bali 2010 dan Ultimate Body Contest Guyub Rukun Jawa-Bali 2010. Simak siapa yang menjadi terbaik diantara yang terbaik. Dalam event tersebut saya juga meluncurkan sebuah jejaring sosial terbaru khusus untuk para fitness mania yaitu SixReps.com.

Tak hanya itu, beberapa event binaraga dan body contest baik tingkat daerah maupun nasional yang berlangsung di akhir tahun 2010 lalu juga kami sajikan tentunya di rubrik Events. Dan tentunya, untuk mendampingi Anda meraih sukses di tahun 2011, kami masih setia menampilkan berbagai rubrik nutrisi, kesehatan, fitnes, profil atlet, tips hingga resep makanan sehat. Akhir kata, saya mewakili segenap staf redaksi Sportindo.com The Magz mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2011.” Semoga Anda meraih apa saja yang terbaik bagi hidup Anda di tahun ini.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 6: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 7: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 8: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 9: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 10: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 11: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Apa kabar Pak Surahman? Bagaimana rasanya setelah berhasil meraih Juara III?

Bisa diceritakan bagaimana seorang penjual jamu keliling bisa menjadi seorang atlet binaraga berprestasi?

Atlet binaraga di kelas berat sulit memiliki otot tubuh yang kering. Apa tips dari Anda?

Baiklah, terakhir apa target Anda ke depan?

Alhamdulillah baik, terima kasih. Saya sangat bersyukur bisa meraih Juara III. Itu semua merupakan buah hasil persiapan keras saya

sebelumnya. Tetapi sejujurnya, bagi saya meraih juara bukan segalanya. Bagi saya, mengikuti kejuaraan binaraga itu rasanya

bagaikan sedang hari raya. Rasanya senang bisa ketemu dengan teman-teman sesama atlet binaraga dari seluruh tanah air.

Sekarang saya masih berjualan jamu dengan kios menetap. Kalau untuk fitnes, awalnya saya hanya

latihan sendiri di rumah. Tetapi karena banyak masyarakat yang tertarik ingin bergabung lalu

saya memperluas tempat latihan saya menjadi tempat fitnes yang bisa dipergunakan banyak orang. Nah, saya ingin menjaga kedua profesi

saya tersebut terus berjalan karena sudah terlanjur dikenal seperti itu, yaitu sebagai penjual jamu dan sebagai atlet binaraga.

Kendalikanlah pola makan, kurangilah konsumsi gula, hindari makanan tinggi natrium, dan

berlemak buruk. Latihannya, saya memakai metode superset. Jangan buang-buang waktu latihan agar

kalori benar-benar terbakar. Usahakan cepat dan efektif. Lakukan latihan kardio seperti lari atau jogging

pada pagi dan sore hari. Namun jika tidak kuat cukup sekali sehari saja, jangan dipaksakan.

Saya cuma ingin menjadi atlet binaraga yang baik dan bisa lolos bertanding di cabang

olahraga binaraga PON. Itu saja.

SURAHMANPENJUAL JAMU

ATLET BINARAGA

Siapa sangka, mantan penjual jamu keliling ini sebenarnya sudah banyak mengukir prestasi. Terakhir, pria asli Gresik ini berhasil menyabet Juara III Kelas 75 kg di sebuah event kejurnas binaraga di Batam.

Cahyono

MERANGKAP

Page 12: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

ak hanya pada saat umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha yang identik dengan daging kambing, masakan lezat dari daging T

kambing sangat mudah kita jumpai sehari-hari di sekitar kita. Dan tak hanya dijadikan sate, gulai, atau tongseng, daging kambing juga dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat lainnya seperti sop, soto, nasi goreng, dan sebagainya.

Hidangan berbahan daging kambing telah dikenal secara luas di seluruh penjuru dunia, terutama di daerah Timur Tengah, India, Pakistan, Meksiko serta Karibia. Daging kambing memiliki aroma dan cita rasa yang kuat dan khas. Dan meskipun diklasifikasikan sebagai daging merah, daging kambing ternyata kaya akan kandungan berbagai nutrisi yang lengkap. Apa saja kandungan nutrisi daging kambing dan bagaimana cara pengolahan daging kambing yang sehat itu?

Daging kambing kaya akan protein. Dalam tiap 100 gram daging kambing panggang mengandung 27 gram protein, sehingga merupakan alternatif sumber protein yang baik untuk Anda.

Daging Yang Kaya Nutrisi Penting

Protein

Menikmati Lezatnya

Daging Kambing Dengan

SehatAnda tentu sudah tak asing dengan berbagai hidangan lezat hasil olahan daging kambing. Namun, banyak juga orang yang menghindari konsumsi daging kambing karena dianggap memicu berbagai penyakit. Benarkah demikian? Lalu, bagaimana agar tetap bisa menikmati kelezatan daging kambing dengan cara yang sehat?

Lemak

Kolesterol

Vitamin dan Mineral

Daging kambing sering dianggap tidak sehat karena masyarakat meyakini kandungan lemak dalam daging kambing sangat tinggi. Padahal, sebenarnya daging kambing mengandung lemak yang lebih rendah daripada daging sapi. Dalam tiap 100 gram daging kambing panggang mengandung 3 gram lemak, dengan 0,9 gram lemak jenuh dan 1,4 gram lemak tak jenuh tunggal serta 0,2 gram lemak tak jenuh ganda.

Daging kambing memang cukup tinggi kolesterol, yaitu sekitar 75 mg dalam setiap 100 gram daging kambing panggang. Untuk itu, sebaiknya konsumsilah daging kambing secukupnya agar tidak terjadi kelebihan konsumsi kolesterol.

Kandungan vitamin dalam daging kambing terutama adalah vitamin B kompleks yang penting untuk membantu meringankan dan mengatasi kelelahan serta kegelisahan akibat stres. Selain itu vitamin B kompleks juga penting untuk mencegah anemia, gangguan penglihatan, kerusakan saraf dan otak serta gangguan jantung.

Page 13: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Beberapa kandungan vitamin B kompleks dalam 100 gram daging kambing panggang antara lain:- 0,6 mg riboflavin (memenuhi 36% kebutuhan

harian); - 3,9 mg niacin (memenuhi 20% kebutuhan

harian); - 1,2 mcg vitamin B12 (memenuhi 20%

kebutuhan harian);- 0,1 mg thiamin (memenuhi 6% kebutuhan

harian).

Daging kambing juga kaya akan berbagai mineral penting bagi tubuh kita. Setiap 100 gram daging kambing panggang mengandung beberapa mineral seperti:

mg zinc (memenuhi 35% kebutuhan harian), yang penting dalam mendukung proses pertumbuhan, fungsi reproduksi serta meningkatkan daya tahan tubuh.

3,7 mg zat besi (memenuhi 21% kebutuhan harian), yang penting untuk transportasi oksigen ke seluruh tubuh, mencegah anemia serta mendukung sistem enzimatik dalam tubuh.

201 mg fosfor (memenuhi 20% kebutuhan harian), yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi serta dalam metabolisme energi.

11,8 mg selenium (memenuhi 17% kebutuhan harian), yang bertindak sebagai antioksidan yang penting untuk melindung sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan kulit dan rambut serta mencegah berbagai penyakit.

0,3 mg tembaga (memenuhi 15% kebutuhan harian), yang penting dalam pembentukan hemoglobin, pelepasan energi, juga kesehatan kulit dan rambut.

Zinc :

Zat besi :

Fosfor :

Selenium :

Tembaga :

5,3

Setelah mengetahui berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalam daging kambing, Anda tentu ingin tahu bagaimana cara memilih daging kambing yang baik serta cara pengolahan yang sehat. Simak tips berikut ini.

- Pilihlah bagian daging kambing yang paling sedikit lemaknya.

- Pilihlah daging yang masih segar, yaituberwarna cerah dan berbau khas yang tajam,serta tekstur daging yang masih kenyal.

- Buang semua lemak yang masih ada padadaging sebelum mengolahnya.

- Lebih baik mengolah daging kambing dengan cara dipanggang agar lebih sehat.

- Jika Anda ingin membuat sop kambing, makabuang kaldu daging kambing atau air rebusanpertama saat merebus daging kambing, karenakaldu ini mengandung lemak tinggi.

- Sebaiknya Anda hindari pengolahan denganmenambahkan lemak ke dalam masakan Anda.Jadi batasi pengolahan dengan menggunakanminyak ataupun santan.

Tips Memilih Daging Kambing:

Tips Mengolah Daging Kambing:

Daging Kambing Panggang

Nah, sekarang Anda mengetahui bahwa daging kambing merupakan makanan yang sarat nutrisi, sehingga tak ada salahnya bagi Anda untuk mengkonsumsi daging kambing. Tetapi ingat, karena kandungan kolesterol di dalamnya cukup tinggi, maka perhatikan berapa banyak masakan daging kambing yang Anda konsumsi, jangan sampai berlebihan! Jadi, marilah kita mulai menikmati kelezatan daging kambing dengan lebih sehat.

Diana

Page 14: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

rtikel ini tidak akan membahas secara luas tentang kanker payudara. Tetapi, secara umum akan membahas mengenai alasan-alasan atau A

penyebab utama yang membuat para wanita mengidap kanker payudara, yaitu:

Lingkungan adalah salah satu penyebab utama wanita mengidap kanker payudara. Setiap paparan radiasi yang berasal dari lingkungan dapat menjadi penyebab kanker bagi para wanita. Pengunaan radiasi untuk pengobatan suatu penyakit lainnya ternyata dapat memicu terjadinya kanker payudara.

Pestisida dan DDT merupakan faktor lingkungan yang juga memicu kanker payudara. Pestisida umumnya digunakan dalam kegiatan pertanian. Nah, pestisida dapat masuk ke dalam tubuh Anda melalui produk pertanian yang mengandung pestisida.

Diet seperti ini dapat memicu kanker payudara. Jika makanan Anda mengandung terlalu banyak lemak, kemungkinan besar Anda beresiko terkena kanker payudara. Batasilah asupan lemak dari makanan Anda. Diet Anda haruslah seimbang. Makanlah secara teratur agar tubuh Anda tetap mendapat asupan antioksidan untuk melawan hal-hal buruk penyebab penyakit dalam tubuh.

Inilah penyebab lain dari kanker payudara. Kebiasaan meminum alkohol berlebihan akan meningkatkan resiko Anda untuk mengidap kanker payudara kapan saja. Jadi, jika Anda memang ingin meminum alkohol, konsumsilah secara terbatas dan tidak berlebihan.

1. Lingkungan dan Sekitarnya

2. Pola Makan Yang Tidak Seimbang

3. Alkohol

5 PENYEBAB UTAMA KANKER PAYUDARA

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Sebenarnya pria juga memiliki resiko terkena kanker ini, hanya saja kemungkinannya sangat kecil sekali. Proses pengobatannya pun terbilang tidak murah dan memakan waktu yang cukup lama.

Health F

iles

Page 15: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Health

File

s

Menjaga Kesehatan Untuk Jangka Panjang

Prakteknya!

anyak orang berusaha mencapai berbagai macam tujuan untuk kesehatan dan kebugaran, kemudian Bmelakukannya dengan caranya sendiri. Tetapi

banyak juga dari mereka yang salah tafsir. Yang terpenting untuk Anda lakukan adalah membangun program untuk kesehatan jangka panjang. Cara yang paling sederhana adalah Anda harus paham bahwa pencegahan penyakit merupakan faktor penting untuk mencapai hidup sehat yang dibangun dari kesadaran sendiri maupun komunitas di sekitar lingkungan.

Beberapa strategi untuk mencapai tujuan kesehatan jangka panjang ada dalam 5 tips berikut ini:

1. Langkah pertama untuk pencegahan penyakit sebagai individu adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan baik. Cucilah tangan Anda secara berkala selama 20 detik untuk menyingkirkan kuman, lakukan hal ini sebelum dan setelah makan, dan juga setelah Anda keluar toilet, menyentuh kotoran, bahan kimia, lumpur, oli, dan lain sebagainya. Para dokter menyarankan agar kita mencuci tangan dengan air hangat yang mengalir dan menggunakan sabun anti-bakteri. Pastikan Anda membersihkan tangan dengan benar, sela-sela jari dan kuku dengan baik, karena biasanya kotoran sering tersangkut di area ini.

2. Ketika berada di toilet umum, hindari penggunaan handuk toilet yang tersedia untuk mengeringkan tangan, lebih baik gunakan tisu dan mesin pengering yang disediakan. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya

Anda tentu pernah mendengar pepatah “Sedia payung sebelum hujan” atau “Lebih baik mencegah daripada

mengobati”. Tindakan pencegahan penyakit adalah faktor penting guna menjaga kesehatan. Sangat penting bagi

Anda untuk mengetahui cara untuk melakukan pencegahan terhadap datangnya penyakit.

5 TIPS PENTING

UNTUK MENCEGAH PENYAKIT

Anda membawa sendiri handuk ataupun tisu basahuntuk membersihkan tangan dengan steril agar tidak terkontaminasi kuman dan bakteri.

3. Jika ada bayi dalam keluarga, pastikan tangan Anda steril dan sudah dibersihkan sebelum menyentuh, memberi makan atau bermain dengan mereka, karena bayi sangat rentan terkena penyakit. Hal inijuga berlaku saat Anda melakukan kontak fisik denganorang yang sedang dalam masa pemulihan dan penyembuhan dari penyakit, dan juga saat kontak dengan lansia.

4. Menyiapkan makanan yang higienis, cuci tangan sebelum dan setelah makan. Saat memasak makanan laut, daging dan unggas mentah, sangat penting untuk membersihkannya sebelum dimasak. Jangan gunakan piring yang sama untuk menyimpan makanan yang sudah dimasak dengan yang mentah. Atur temperatur suhu mesin pendingin dengan tepat untuk menyimpan makanan di dalamnya.

5. Yang terakhir adalah, obat rumah yang sederhana sebagai disinfektan yang dilarutkan dalam air untuk membersihkan tempat memasak, tempat penyajian makanan dan gunakan tisu serta pakaian memasak sekali pakai saja untuk mencegah penyakit dan menjaga kebersihan Anda.

Jadi sekarang Anda sudah membaca artikel ini dan 5 tips di dalamnya yang sangat bermanfaat! Ingatlah selalu pepatah di atas, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Mulailah jaga kebersihan untuk mencegah datangnya penyakit. Mulai dari diri Anda sendiri untuk kehidupan lebih sehat dan bebas dari penyakit!

Tim Sportindo

Page 16: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 17: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Apa saja kesibukan Anda saat ini?

Wah, bagaimana Anda membagi waktu?

Bisa diceritakan seperti apa diet Anda?

Apa pendapat Anda mengenai konsumsi suplemen?

Sebagai fitness center owner, saya aktif mengembangkan usaha saya dengan menjadi instruktur dan sebisa mungkin mungkin mengikuti berbagai event kompetisi aerobik di Jawa Timur baik bersama dengan

teman-teman membawa nama sanggar atau bertanding sendiri. Saya sendiri juga seorang ibu rumah tangga.

Biasanya setelah mengajar semam aerobik, baru saya berlatih fitnes untuk diri saya sendiri. Kalau sedang

persiapan kejuaraan, saya latihan 5 kali smeinggu, 2 kali sehari, berdurasi 1,5 jam dengan metode superset.

Sedangkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga tetap harus nomor satu. Jadi kalau pas off latihan, saya selalu

usahakan berkumpul bersama keluarga.

Saya makan biasa 3 kali sehari dengan komposisi tinggi protein, rendah lemak, dan rendah karbohidrat.

Camilannya macam-macam buah-buahan. Saya juga rutin minum vitamin C untuk menjaga kondisi tubuh

agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Bagi saya konsumsi suplemen sangat berpengaruh terhadap pembentukan tubuh dan pencapaian prestasi

saya. Saya sendiri sudah terlanjur cocok dengan suplemen dari Ultimate Nutrition.

Selain itu dalam rangka mengembangkan usaha fitnes dan aerobik,

tentu saja saya juga mendapatkan keuntungan

materi dari penjualan suplemen.

AyongSudah Terlanjur Cocok, Tidak Mau yang LainSudah Terlanjur Cocok, Tidak Mau yang Lain

Nama wanita yang satu ini bagi masyarakat Malang, Jawa Timur mungkin dikaitkan dengan sebuah nama fitness center. Hal tersebut memang benar adanya, Ayong merupakan pemilik dari Ayong Fitness Center Malang yang sudah malang melintang di dunia aerobik di Jawa Timur.

Galih

Page 18: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

G

1. Adas

2. Jeruk Limau

3. Kunyit

4. Jahe

5. Peppermint

6. Cabai Rawit

angguan pencernaan umumnya disebabkan beberapa hal, seperti makan berlebihan, makan terlalu cepat, makan makanan berlemak dan mengandung banyak minyak. Selain itu terlalu banyak konsumsi kafein,

alkohol, dan cokelat ataupun perasaan gugup dan trauma juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah Anda konsumsi beberapa jenis tanaman herbal yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur dan jamu berikut ini.

Adas bermanfaat untuk membantu mengatasi gas berlebih dan menjaga kestabilan asam lambung, serta meringankan kram usus. Daun adas juga dapat digunakan sebagai teh dengan manfaat yang sangat banyak.

Jeruk limau adalah salah satu varietas tumbuhan mint yang bermanfaat untuk mengurangi stres, rasa cemas, gangguan tidur, menambah nafsu makan, dan mengurangi gangguan pencernaan. Jeruk limau biasanya dicampur bersama bahan lain yang memiliki efek relaksasi untuk membantu proses pemulihan.

Kunyit adalah rempah-rempah yang dikenal memiliki rasa pedas dan warna emas yang khas. Kunyit memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, selain sebagai bumbu masak. Dalam pengobatan tradisional, kunyit biasa dicampur dengan madu dan asam jawa untuk membantu mengurangi sakit perut. Manfaat lainnya adalah mengatasi gangguan fungsi hati, arthritis, dan mengatur menstruasi.

Jahe telah lama digunakan sebagai obat herbal di Asia, India, dan Arab. Di Indonesia, jahe diolah menjadi minuman berkhasiat seperti wedang jahe, sekoteng dan bandrek yang dipercaya untuk menghangatkan tubuh dan melancarkan pencernaan. Di era modern sekarang ini, para ahli kesehatan masih merekomendasikan jahe sebagai obat alternatif untuk keluhan mual dan muntah. Jahe merupakan obat anti mual yang unik dibanding dengan yang lainnya, karena bereaksi secara langsung pada perut, sedangkan obat lain bekerja melalui otak terlebih dahulu.

Peppermint digunakan untuk meringankan sakit perut dan melancarkan pencernaan. Peppermint juga dapat membantu Anda mengatasi sakit kepala, iritasi kulit, rasa mual akibat cemas, diare, kram saat menstruasi, dan perut kembung. Selain itu, peppermint mampu melemaskan otot-otot yang berkontraksi melawan gas pencernaan dan meningkatkan aliran empedu untuk pencernaan lemak. Namun, untuk penderita gastroesophageal reflux disease atau GERD, hindari pengunaan peppermint.

Mungkin agak membingungkan, karena sebagian orang menanggap cabai rawit merupakan penyebab sakit perut. Penelitian di Amerika menemukan bukti bahwa konsumsi 0,5-1,0 gram cabai rawit tiga kali sehari dapat mengurangi dispepsia! Konsumsi capsaicin bermanfaat untuk mengurangi keluhan pada perut.

Nah, mulailah atasi gangguan pencernaan yang Anda alami dengan tanaman herbal hebat di atas! Namun ingat, hindari konsumsi yang berlebihan dari salah satu atau seluruh tanaman herbal tersebut.

6 TANAMAN HERBAL UNTUK ATASI GANGGUAN

PENCERNAAN

Lingga

ernahkah An a me as anP

d r ak s bah dan saki pada perut e

tsetelah akan? G ggu n

m an apencern an ter ebut dikenal a s

dengan istilah ispepsia.d ni

Imerup an pe ebab terj dinya ak ny akembung, endawa, dan mual.

s Un uk itu, atasilah angguan t

gpence naan An a d ngan r d ebeberapa ana h rbal di

t man e ekitar kita berikut ni!s

i

Page 19: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 20: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 21: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Kombinasi ini sangat aman dan bermanfaat bagi para wanita maupun pemula, serta Anda yang sensitif terhadap kafein. Jadi, gunakanlah kombinasi ini untuk hasil diet dan latihan

yang lebih optimal!

L-Carnitine merupakan molekul seperti vitamin yang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh sebagai asam alpha-hydroxy yang utamanya terletak di jaringan otot. Produk L-Carnitine dari Ultimate Nutrition terbuat dari bahan baku khusus yang telah memenuhi standar USP yaitu Lembaga Internasional yang memberi regulasi kualitas pada bahan baku suplemen agar lebih terjamin.

Manfaat L-Carnitine Bagi AndaMengangkut asam lemak menjadi energi bagi otot Anda.Meningkatkan metabolisme tubuh Anda.Mengurangi kolesterol dalam tubuh Anda.Membantu mengurangi berat badan Anda.Sebagai salah satu bahan detoksifikasi liver Anda.Tidak memiliki efek samping dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja, baik pria maupun wanita, termasuk para pemula.

L-Carnitine

Prostar 100% Whey ProteinProtein adalah nutrisi yang sangat penting bagi Anda yang berlatih dengan intensitas tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan tubuh secara optimal. Untuk memenuhi kebutuhan protein Anda, Ultimate Nutrition mengembangkan Prostar 100% Whey Protein sebagai pilihan terbaik bagi Anda yang bergaya hidup aktif.

Dengan kandungan protein tinggi, kadar lemak dan gula yang sangat rendah dan juga tambahan BCAA menjadikan Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition sebagai nutrisi untuk juara, apa pun tujuan Anda!

Manfaat Prostar 100% Whey ProteinMembantu Anda meningkatkan massa otot yang optimal.Meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh Anda.Mencegah penyusutan otot Anda.Tidak menambah lemak ke dalam tubuh Anda.Membentuk dan memelihara otot Anda setelah latihan yang intensif.Dapat dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.Membantu mengencangkan dan memadatkan otot bagi wanita.

Page 22: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

? ½ sdt vanilla bubuk? 50 g kacang tanah sangrai, hancurkan kasar? 50 g kismis, dried fruit atau sukade

1. Kocok menggunakan mixer yaitu minyak, telur, gula palem, dan gula halus sampai tercampur rata. Sisihkan.

2. Panaskan oven dan siapkan loyang datar yang diolesi tipis dengan minyak nabati.

3. Campur tepung oatmeal, soda kue, garam dan vanilla bubuk.

4. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur sambil diaduk rata.

5. Masukkan kacang tanah dan kismis, dan diaduk rata.6. Siapkan 2 sendok makan, kemudian adonan disendok ½

sendok makan dan diletakkan diatas baki yang sudah diolesi tipis minyak nabati. Lakukan sampai baki penuh. Beri jarak sekitar ukuran 2 jari antara adonan kukis di baki.

7. Panggang dalam oven sekitar 15-20 menit sampai matang (berwarna kecoklatan).

8. Keluarkan dari oven dan dinginkan pada suhu ruangan.9. Kukis yang masih agak basah bisa dipanggang lagi sekitar

5 menit.10. Kukis yang sudah kering bisa disimpan dalam toples dan

ditutup rapat.

Untuk 56 keping

Cara membuat:

HEA

LTH

Y F

OO

D REC

IPE

Oleh :

Healthy Food and Recipe Contributor

Arief T. Nur Gomo, STP, MSi.

http://www.dennysantoso.com/mealkiss-oatmeal-kukis.html

Oatmeal. Anda tentu sudah akrab

dengan makanan yang satu ini. Kalau Anda bosan dengan cara

menyajikan oatmeal yang itu-itu saja, kali ini Arief T. Nur Gomo

memberikan solusinya! Ya, kali ini beliau akan mengajak

Anda untuk membuat snack sehat berbahan oatmeal.

Simak resep dan cara membuatnya

berikut ini!

Meal iss k(O tmeal ukis)a K

Nilai gizi per keping:Kalori: 63.2 kkalKarbohidrat: 4.9 gProtein: 1 gLemak: 4.4 g

Page 23: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

http://www.dennysantoso.com/oatmeal-bread-healthy-bread.html

oti (bread) adalah salah satu makanan tertua yang berasal dari zaman neolitik. Diperkirakan asal mula pembuatan roti adalah pemanggangan pasta biji-bijian R

(grain-paste) yang merupakan campuran tepung biji-bijian serealia dan air. Di beberapa kebudayaan, selain dengan cara dipanggang dalam oven, adonan roti pun bisa dimatangkan dengan cara digoreng, dikukus, atau dipanggang diatas wajan. Nama makanannya pun berbeda sesuai dengan cara pemasakannya.

Roti adalah makanan pokok orang Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Makanan ini masuk dan diperkenalkan di Indonesia sejak masyarakat Indonesia berinteraksi dengan para pedagang dan penjajah dari benua Eropa. Lama-kelamaan roti mendapat tempat tersendiri di kuliner Indonesia dan bahkan beberapa jenis roti diolah menggunakan bahan dengan cita rasa lokal.

Roti bukan makanan pokok masyarakat Indonesia, akan tetapi sering dikonsumsi sebagai snack. atau makanan selingan. Seiring dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang gizi makanan, roti pun mulai digunakan sebagai pengganti nasi. Tidak hanya itu, teknologi pembuatan roti sudah mulai menggunakan bahan-bahan yang mengandung serat pangan (dietary fiber) yang tinggi seperti biji gandum utuh, beras pecah kulit, ubi jalar ungu, dan oatmeal untuk meningkatkan nilai gizinya.

Penambahan bahan yang mengandung serat pada adonan roti secara umum akan membuat roti menjadi agak keras dan kurang lembut waktu dikunyah. Namun dengan perbandingan jumlah bahan yang tepat bisa tetap menghasilkan roti yang tidak keras dan tetap lembut waktu dikunyah.

Roti yang kaya serat pangan memang menjadi salah satu makanan populer bagi orang yang sedang melakukan diet atau orang-orang yang telah mengerti tentang makanan sehat. Roti gandum contohnya. Roti gandum diolah dengan menambahkan tepung gandum utuh (whole meat flour) dalam formula roti. Agak sulit memang mendapatkan tepung gandum utuh untuk keperluan rumah tangga. Akan tetapi kita bisa mengganti tepung gandum utuh tersebut dengan bahan sumber serat yang lain yaitu oatmeal seperti yang tersaji di resep sehat kita berikut ini.

Bahan :

Cara Membuat :

? 500 g terigu protein tinggi ? 50 g oatmeal instan? 75 g gula palem ? 5 g ragi instan? 2 g bread improver ? 300 g air hangat? 50 g margarine ? 5 g garam halus? 20 g susu bubuk skim (skim milk)

Bahan olesan: 1 kuning telur dan 1 sdm susu cair rendah lemak (campur rata).

1. Campurkan terigu, oatmeal, gula palem, ragi instan, bread improver dan susu bubuk.

2. Gunakan mixer dengan pengaduk spiral untuk mencampur bahan kering tersebut. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil. Jika agak sulit menggunakan mixer dengan pengaduk spiral, adonan bisa diulen dengan tangan sampai kalis. Pencampuran adonan akan lebih mudah jika menggunakan mixer khusus roti.

3. Setelah adonan kalis, masukkan garam dan margarine kemudian diulen lagi sampai kalis.

4. Istirahatkan adonan pada suhu ruang sekitar 25-30 menit.

5. Potong-potong adonan dan timbang sekitar 100 g. Bulatkan dengan rapi.

6. Istirahatkan lagi sekitar 10-15 menit di atas loyang oven yang telah diolesi tipis minyak. Beri jarak antara roti.

7. Sebelum dipanggang, oleskan permukaan roti dengan bahan olesan secukupnya.

8. Panggang pada suhu 180°C selama sekitar 20 menit.9. Angkat. Siap dihidangkan.

Untuk 10 buah

Oatmeal BreadHealthy Bread

Nilai gizi per potong:Kalori: 273 kkalLemak: 6 gKarbohidrat: 45 gSerat: 2 gProtein: 9 g

Page 24: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

Gym ProfilesGym Profiles

Pondok Aren, TangerangANDI'S GYMANDI'S GYM

Karangpilang, Surabaya

Agus Panco

idak banyak gym yang menyediakan fasilitas kolam renang. Karena itulah Bp. Andi Sofian, yang dikenal sebagai pengusaha sepatu, bekerjasama T

dengan VBR Sports Center untuk mendirikan sebuah gym bernama Andi's Gym yang terintegrasi dengan fasilitas kolam renang outdoor. Hasilnya, sekitar 50 orang member yang aktif berlatih fitnes di Andi's Gym dengan tarif 50 ribu rupiah/bulan, dapat juga menikmati fasilitas dua buah kolam renang outdoor dengan hanya menambah tarif 25 ribu rupiah/bulan saja.

Tentunya sangat menyenangkan, setelah membentuk otot dengan latihan beban di gym, para

member bisa berlatih kardio dengan berenang untuk membakar lemak sekaligus menghilangkan kepenatan aktivitas. Sdr. Adam dan Maman sebagai instruktur siap memandu para member mendapatkan tubuh impiannya. Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda di Andi's Gym yang berlokasi di Jl. Sumatera No. 1 Villa Bintaro Regency, Pondok Aren, Tangerang atau telepon dulu di nomor (021) 7459907 untuk info lebih lanjut. Andi's Gym buka setiap hari (non-stop) jam 08:00-21:00 WIB.

Teguh

itness center yang satu ini juga menyediakan fasilitas kolam renang. Bahkan, The Body Art memiliki fasilitas yang sangat komplit. Mulai dari F

ruang fitnes berperalatan lengkap, baru, dan modern dengan 5 jenis program fitnes; ruangan aerobik yang luas dan nyaman dengan 8 jenis kelas aerobik (3 sesi/hari); sauna; loker; handuk bersih; kolam renang; serta lokasi parkir yang luas dan aman.

Di The Body Art, Anda tidak hanya asal fitnes, tetapi akan dipandu untuk mengukur tinggi, berat, lingkar badan, dan kadar lamak tubuh lebih dulu untuk mengetahui program apa yang akan dijalankan dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan. Lalu member

bisa memilih sendiri jadwal latihan dan berkonsultasi pada 2 orang ahli nutrisi dan fitnes yang disediakan. 4 orang instruktur fitnes, 14 orang instruktur aerobik, dan 6 orang personal trainer termasuk atlet binaraga nasional Agus Panco, siap memandu member berlatih dengan benar dan efektif. Tak heran, sudah sekitar 900 orang terdaftar menjadi member di fitness center milik Bp. Ario Agus Suyudanto ini. Buka setiap hari (non-stop) jam 6:30-21:00 WIB, The Body Art siap menjadikan olahraga sebagai gaya hidup Anda. Kunjungi segera The Body Art di Jl. Raya Mastrip Kebraon No. 322-324, Karangpilang, Surabaya, telepon (031) 7674221.

FITNESS, AEROBIC & SWIMMING POOLFITNESS, AEROBIC & SWIMMING POOLTHE BODY ARTTHE BODY ART

Page 25: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

EVENTS

Kelas 55 Kg :

Kelas 60 Kg :

Kelas 65 Kg :

Kelas 70 Kg :

Kelas 75 Kg :

Juara I : Rudy Thunder (Team Ultimate Nutrition Kembar Gym Bandung)

Juara II : Agus S. (PABBSI Kalimantan Timur)Juara III : Ryanto Suyono (PABBSI Riau)Juara IV : Iie Chaniago (PABBSI Riau)Juara V : Mihardi A. (PABBSI Bengkulu)Juara VI : Oseveit Mofu (PABBSI Papua Barat)

Juara I : Jefry Wuaten (PABBSI Palu)Juara II : Edyson Saiba (PABBSI Papua Barat)Juara III : A. RidwanJuara IV : Agung Wan (PABBSI Sumatera Utara)Juara V : Ade Teten (Surabaya)Juara VI : Faizal (PABBSI Kalimantan Timur)

Juara I : Otto Wantik (PABBSI Kalimantan Timur)Juara II : Sumardi Jumat (Polis Gym Brunei Darussalam)Juara III : Irwan Eden (Team Ultimate Nutrition

Kembar Gym Bandung)Juara IV : Harry (Team Met RX)Juara V : Sadarius (Fatma Gym)Juara VI : Faizal (Dinasti Gym)

Juara I : Anton Wirawan (Team Ultimate Nutrition Kembar Gym Bandung)

Juara II : Kurniawan Black (OK Gym Jakarta)Juara III : Aziz Nur (Atlantik Fitness)Juara IV : Fredy Mae (Odiseus Gym)Juara V : Dahlan Karim (PABBSI Papua Barat)Juara VI : Eko Sugiarto (The Body Art Gym)

Juara I : Stefanus Ukurop (PABBSI Papua Barat)Juara II : Surahman (Man's Fitness Gresik)Juara III : Mulyadi (PABBSI Riau)Juara IV : Sondang Ruddy (Team Ultimate Nutrition Bali)

etelah lama para atlet binaraga tanah air haus akan kejuaraan binaraga tingkat nasional, akhirnya pada 4-5 Desember S

2010 yang lalu, dahaga itu terpuaskan. Bertempat di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta, event betajuk Prolab Challenge Championship mempertandingkan 8 kelas binaraga (termasuk dua kelas invitasi), men fitness, dan women fitness.

Di depan dewan juri dari PABBSI, para atlet binaraga dari Tim Ultimate Nutrition berhasil menyabet juara hampir di semua kelas, meski sebagian atlet membawa nama PB PABBSI daerah perwakilan mereka. Tak ketinggalan pula 3 wanita dari Tim Ultimate Nutrition juga bertanding di kategori women fitness.

Juara V : Nasirwan (PBD Bengkalis)Juara VI : Fabian Aristanto (Team Ultimate Nutrition Malang)

Juara I : Agustinus Logo (PABBSI Papua Barat)Juara II : Elvis (Team Gaspari)Juara III : Doddi L. (Atlas Gym)Juara IV : Aan (Team Met RX)Juara V : Ligarta (PABBSI Sumatera Utara)Juara VI : Lycku

Juara I : Otto Wantik (Tenggarong, Kaltim)Juara II : Iwand Samuray (Tim Ultimate Nutrition Sumatera Barat)Juara III : Cornelius Amo (Tim Ultimate Nutrition Kalimantan Timur) Juara IV : Roni Omero (Tim Ultimate Nutrition Kembar Gym Bandung)Juara V : Harry (Team Met RX)

Juara I : M. Edeng Sambas (Tim Ultimate Nutrition Jawa Barat)Juara II : Mursal (King Gym)Juara III : Stefanus Okurop (Papua Barat)Juara IV : Aan (Team Met RX)Juara V : Agustinus Logo (PABBSI Papua Barat)

Juara I : Randy Latumahina (Magnum Gym)Juara II : Rian Anton (Gladiator Fitness & Gym)Juara III : Ying Yuzius (Celebrity Fitness)Juara IV : Ken Watanabe (Gladiator Fitness & Gym)Juara V : Cherie Zanuar (Ramboe)Juara VI : Nico Paticene (Saddam's Fitness)

Juara I : Ponnie Atmadja (Celebrity Fitness)Juara II : Miralty Firmansyan (Ramboe Gym)Juara III : Sukma Tri Handayani (Golden Gym Malang)Juara IV : Any (Tim Ultimate Nutrition Banjarmasin)Juara V : Yani Syafrilah (Tim Ultimate Nutrition Malang)Juara VI : Yuyun (Team Kembar Gym Bandung)

Kelas 75+ Kg :

Kelas Invitasi s/d 70 Kg :

Kelas Invitasi 70+ Kg :

Daftar Juara Kategori Men Fitness :

Daftar Juara Kategori Women Fitness :

PROLAB CHALLENGE CHAMPIONSHIP CHAMPIONSHIP

2010

Aan

DAFTAR JUARA KATEGORI BINARAGA :

JAKARTA

Page 26: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 27: Sportindo Com - The Magz Januari 2011

ORPROV VIII Kalimantan Selatan juga telah diselenggarakan di P

Kotabaru pada 28 November 2010 sampai 5 Desember 2010 yang lalu dengan mempertandingan 24 cabor (cabang olahraga). Cabor Binaraga sendiri dipertandingkan pada tanggal 4 Desember 2010 di Aula Kampus STIKIP Kotabaru. Ajang bergengsi ini turut dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Bp. H.M Irwan Anshari SE, MM., Ketua KONI Provinsi Kalsel, Bp. Dr. Karlie Hanafi, SH, MH., Ketua Umum KONI Kota Banjarmasin, Bp. Drs. H. Djumardi Masrun, MM., dan Ketua PABBSI Kota Banjarmasin, Bp. H. Mudiman, AR., yang juga bertindak sebagai pelatih kontingen cabor binaraga Kota Banjarmasin.

EVENTS KOTABARU

PEKAN OLAHRAGA PROVINSI

PORPROV VIII KALSEL 2010

DAFTAR JUARA CABOR BINARAGA

Kelas 55 Kg :Juara I : Saidi (Kota Banjarmasin)Juara II : Wahyu (Kab. Tabalong)Juara III : Agus (Kab. Hulu Sungai Utara)

Kelas 60 Kg :Juara I : Anshari (Kota Banjarmasin)Juara II : Nico Wombaki (Kota Banjarmasin)Juara III : M. Ridhani (Kota Banjarmasin)

Kelas 65 Kg :Juara I : Bambang (Kab. Tabalong)Juara II : Noorhidayat (Kota Banjarmasin)Juara III : Darmanto (Kab. Kotabaru)

Kelas 70 Kg :Juara I : Sumino (Kota Banjarmasin)Juara II : Saukani (Kab. Kotabaru)Juara III : Budianto (Kota Banjarbaru)

Kelas 75 Kg :Juara I : Didin (Kota Banjarmasin)Juara II : Hariyadi (Kota Banjarmasin)

Kelas 75+ Kg :Juara I : Yudhi (Kab. Hulu Sungai Utara)Juara II : Sumanto (Kab. Tabalong)Juara III : Darma (Kota Banjarmasin)

Dalam event yang diikuti oleh lebih dari 4 ribu atlet ini, kontingen cabor binaraga Kota Banjarmasin mendapatkan total 9 medali, dengan rincian 4 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu, sehingga menyabet predikat sebagai Juara Umum pada PORPROV VIII Kalimantan Selatan 2010 untuk cabor binaraga. PABBSI Kota Banjarmasin sendiri memberangkatkan 10 atlet kontingen cabor binaraga yang difasilitasi oleh keluarga besar Bp. Aidil Syarifuddin A.Z dan berlatih di Bhanoa Saijaan. Selamat atas terselenggaranya PORPROV VIII Kalimantan Selatan 2010, serta kepada PABBSI dan kontingen cabor binaraga Kota Banjarmasin atas kemenangan yang telah diraih. Mudiman

Page 28: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 29: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 30: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 31: Sportindo Com - The Magz Januari 2011
Page 32: Sportindo Com - The Magz Januari 2011