sportindo com - the magz agustus 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

106 views

Category:

Documents


3 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Pemimpin Umum L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung JawabSutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.dr. Jeffry Beta TenggaraIrwan Eden, Ari, Wayan

Tim Redaksi George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & DesainRachmat Kurniawan, SE.Petrus Dony Hariyanto

Tjahyono

Promosi & IklanPT. Jaya Sportindo

DistribusiMangapul F. Hutahaean, SE.

Websitewww.sportindo.com

www.dennysantoso.comwww.duniafitnes.com

[email protected]

Cover :Agung

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan pertanyaan dari

pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Follow Denny Santoso on:Facebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

ulan puasa kembali datang. Saya mewakili karyawan dan staf PT. Jaya Sportindo mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankannya. Dengan berpuasa tentu saja pola makan fitness mania akan B

mengalami perubahan, yang sebelumnya makan 5-6 kali sehari mungkin hanya makan sekitar 3 kali sehari saja. Lalu bagaimana trik agar fitness mania dapat merasa kenyang lebih lama sehingga tetap fit dan berenergi sepanjang hari? Salah satu solusinya adalah menambah konsumsi makanan tinggi serat dalam menu buka puasa dan terutama sahur. Karena itulah kami mengulas serba-serbi makanan berserat dalam Cover Story kali ini.

Tak hanya itu, berbagai artikel menarik dan semoga bermanfaat berkaitan dengan puasa kami sajikan untuk mendampingi Anda menjalani gaya hidup sehat. Diantaranya adalah bahasan apa saja nutrisi dan manfaat makanan khas bulan puasa yaitu kolak pisang dan ada juga 5 tips praktis tetap sehat menjalankan puasa. Sebuah rubrik baru juga kami tampilkan mulai edisi ini yaitu Healthy Food Recipe yang dipandu oleh konsultan gizi dan nutrisi Arief T. Nur Gomo yang sebelumnya sudah menjadi kontributor di website saya www.dennysantoso.com. Anda juga bisa membaca catatan perjalanan kunjungan Ultimate Nutrition owner, Brian beserta istrinya, Missy ke Indonesia. Jadi, selamat membaca dan tetap sehat!

Makanan Peningkat Level Testosterone

Lutut Nyut-Nyutan & Punggung Pegal

Air Es Bisa Membekukan Lemak?

Saya mau bertanya nih. Apa saja makanan yang bisa meningkatkan hormon [email protected]

Makanan yang bisa meningkatkan level testosterone yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang berkualitas baik. Lemak itu sendiri tidak jelek selama berasal dari lemak yang baik. Tetapi kelebihan karbohidrat yang biasanya bersamaan dengan makanan berlemak yang menjadi sumber kejelekan. Hasil penelitian menyebutkan level testosterone menurun jika konsumsi lemak menurun. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar testosterone :

Telur (kandungan protein berkualitas tinggi)Daging ayam dan sapi (kandungan protein berkualitas tinggi)Sayuran (terutama bayam, tomat, brokoli dan kubis. Mengandung mineral-mineral penting untuk metabolisme pembentukan testosterone)Buah-buahan (mengandung vitamin dan mineral, terutama apel, nenas, jeruk, dan mangga)Susu dan hasil olahan susu (mengandung vitamin, mineral, dan protein)Tiram dan salmon (sumber lemak yang baik dan protein yang berkualitas)

Selamat menikmati, dan kalau mau lebih cepat dan praktis, konsumsi suplemen peningkat lebel testosterone juga bisa sebagai pilihan.Arief T Nur Gomo

Lutut saya akhir-akhir ini sering nyut-nyutan kalau jongkok atau naik turun tangga, dan punggung saya mudah pegal kalau banyak aktivitas. Saya pikir saya perlu suplemen untuk memelihara sendi dan tulang rawan. Minta rekomendasi, mana yang paling tepat untuk kondisi lutut dan punggung saya tersebut. Glucosamine+Chondroitin+MSM, Glucosamine Sulfate, atau Joint Renew Complex? Saya baca ulasannya sama-sama oke sepertinya. Terimakasih.Laksmindra Fitria ([email protected])

Gunakan saja yang Glucosamine+Chondroitin+MSM. Joint Renew Complex juga bagus, tetapi komposisinya berbeda, jadi yang sekiranya cocok saja.

Saya mau tanya, apakah konsumsi air es/dingin bagus untuk program diet? Saya dengar air es bisa membekukan lemak sehingga sulit dibakar saat olahraga/fitnes. Bagaimana ya? Terimakasih.Prazt Weleh ([email protected])

Itu hanya mitos saja. Air dingin yang masuk ke dalam tubuh secara otomatis akan langsung disesuaikan dengan suhu tubuh ketika masuk ke dalam lambung.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 6: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

B

Jenis Serat Makanan

eberapa dari pembaca mungkin sudah tahu apa yang disebut dengan makanan berserat. Tetapi apakah sebenarnya yang dimaksud nutrisi serat dalam

makanan? Apa saja yang merupakan sumber makanan berserat? Apa pula manfaatnya bagi kesehatan?

Pada dasarnya istilah serat atau fiber pada makanan mengacu pada karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Serat makanan terkandung dalam semua jenis tanaman yang dapat menjadi bahan pangan, termasuk diantaranya buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan polong-polongan. Namun, tidak semua serat dalam makanan sama, karenanya ada beberapa kategori. Salah satunya adalah berdasarkan asal atau bahannya, misalnya serat dari biji-bijian adalah serat sereal. Penggolongan jenis serat yang paling umum adalah bagaimana serat tersebut terlarut dalam air. Penggolongan ini sangat penting terutama jika dikaitkan dengan manfaat fiber bagi kesehatan.

Serat LarutSerat larut (yang larut dalam air) akan menyerap air dan berubah menjadi seperti gel saat dicerna. Kondisi ini akan membuat lebih lamban dicerna. Serat larut antara lain terdiri atas pektin, gum, mucilage dan beta glucan. Serat larut dapat ditemukan pada :

Tumbuhan atau sayuran polong (legume) seperti kacang polong, kacang hijau, kacang kedelai, atau ercis. Oat, gandum hitam, dan jelaiBuah-buahan seperti apel, pir, pisang, strawberry, dan lain-lainSayur-sayuran lain seperti brokoli, wortel, ubi jalar, dan bawang

Serat Tidak LarutSerat tidak larut air bermanfaat mempercepat proses perjalanan makanan dalam lambung dan usus. Serat tidak larut antara lain terdiri atas lignin, selulosa dan

TAHAN LAPAR

DENGAN

MAKANAN BERSERAT

CO

VE

RS

TO

RY Beras Merah

Roti Gandum

Buah Berry

Alpukat

Bawang

Page 7: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

hemiselulosa. Serat tidak larut dapat ditemukan dalam makanan seperti :

Berbagai makanan dari gandum utuhBekatul gandum atau jagungKacang-kacangan dan biji-bijianFlax seed dan biji wijenSayur-sayuran seperti buncis, kembang kol, seledri, zukiniBuah-buahan seperti alpukat dan pisang

Berikut ini adalah jawaban pertanyaan diatas :Makanan yang banyak mengandung serat mampu melepaskan glukosa secara berkala ke dalam darah untuk diubah menjadi energi. Akibatnya, tubuh akan terasa bertenaga lebih lama.Kandungan serat yang tinggi dalam makanan dicerna lebih lama sehingga mampu membantu merasa kenyang lebih lama. Seandainya sudah waktunya makan, maka porsi makanan berikutnya tidak akan berlebihan karena sedang dalam kondisi tidak terlalu lapar. Sebagai bonusnya, Anda akan mampu menjaga berat badan.Indeks Glikemik atau Glycemic Index (GI) adalah angka yang memperlihatkan kemampuan karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. GI ditunjukkan dalam skala 0-100. Makanan dengan angka indeks dibawah 55 artinya GI-nya rendah. GI sedang ditunjukkan pada makanan pada angka GI 56-69. Sedangkan angka 70 keatas menunjukkan level GI yang tinggi. Nah, makanan mengandung serat yang tinggi menunjukkan Indeks Glikemik yang rendah karena melepaskan glukosa secara berkala. Makanan yang rendah level GI-nya baik untuk dikonsumsi karena tidak menyebabkan naiknya kadar gula darah terlalu drastis atau cepat. Sangat cocok untuk mencegah penyakit diabetes atau dikonsumsi oleh penderitanya.

Bagaimana Makanan Berserat Mampu Menahan Lapar?

Bulan Ramadhan telah tiba. Para

pembaca yang beragama Islam

tentu wajib menjalankan ibadah

puasa. Lalu bagaimana pola

makan fitness mania yang

terbiasa makan secara rutin 5-6

kali sehari? Makanan apa yang

kira-kira mampu memberi

asupan nutrisi secara berkala

sehingga lebih tahan terhadap

rasa lapar? Pilihannya adalah

makanan berserat.

Kacang-kacangan

Apel

Sayur Brokoli

Pisang

Ubi Jalar

Page 8: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Seperti yang disebut sebelumnya, makanan kaya seratyang menunjukkan angka GI rendah akan dicerna secara perlahan sehingga kadar gula darah tidak akan meningkat secara tajam dan cepat. Kondisi tersebut mengakibatkan tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak tubuh sebagai tenaga sehingga membantu membakar lemak alias membantu menjaga berat badan. Bonus lagi untuk Anda bukan?Jadi, jika Anda ingin ngemil pada saat setelah buka puasa, malam sesudah shalat tarawih, sebelum tidur, atau saat sahur, maka pilihlah pula makanan yang mengandung cukup serat. Hasilnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa khawatir menambah lemak tubuh.

Sejak lama kandungan serat dalam makanan dianggap bermanfaat bagi kesehatan diantaranya mampu mencegah dan mengurangi resiko berkembangnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, pembengkakan usus, dan konstipasi. Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi serat bagi kesehatan :

Konsumsi makanan tinggi serat terbukti mampu menurunkan resiko terserang penyakit jantung koroner sampai 40 persen lebih rendah daripada konsumsi. Serat tak larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah dengan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Penurunan kadar kolesterol dalam darah mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung atau aterosklerosis yang berujung pada penyakit jantung koroner.

Serat, terutama serat larut, dapat memperlambat penyerapan gula sehingga untuk pasien diabetes, serat dapat memperbaiki kadar gula dalam darah. Jadi konsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan resiko perkembangan penyakit diabetes terutama tipe 2.

Serat makanan meningkatkan massa dan ukuran feses serta melunakkannya, sehingga lebih mudah dikeluarkan dan menurunkan risiko Anda susah BAB. Para ahli menyarankan meningkatkan konsumsi makanan berserat secara bertahap, tidak secara mendadak berlebihan. Jangan lupa untuk juga meningkatkan konsumsi air karena serat bersifat menyerap air.

Pola makan yang tinggi serat dapat menurunkan resiko terkena gangguan pencernaan spesifik seperti hemoroid atau wasir, iritasi usus besar maupun luka disertai benjolan dalam usus besar (diverticular disease).

Makanan tinggi serat umumnya lebih lambat dicerna, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, Anda terhindar dari makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Sebagai tambahan, konsumsi makanan tinggi serat juga memberikan kalori yang lebih sedikit.

Adanya serat makanan menyebabkan feses dapat menyerap air yang banyak sehingga volumenya menjadi besar dan aksi

Manfaat Konsumsi Serat

Menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung

Mengontrol kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes

Mencegah konstipasi atau sembelit

Menurunkan resiko gangguan dan penyakit pencernaan

Membantu menurunkan berat badan

Mencegah kanker usus

CO

VE

RS

TO

RY

Flax Seed

Kacang Merah

Buah Pir

Sup Jagung

Page 9: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

teksturnya menjadi lunak. Volume feses yang besar akan mempercepat kontraksi usus untuk lebih cepat mengeluarkannya saat BAB. Feses yang besar dengan tekstur lunak juga dapat mengencerkan senyawa karsinogen (pemicu kanker) yang terdapat dalam dinding usus, sehingga konsentrasinya jauh lebih rendah. Dengan demikian akan terjadi kontak antara zat karsinogenik berkonsentrasi rendah dengan usus besar, dan kontak ini pun terjadi dalam waktu yang lebih singkat, sehingga tidak memungkinkan terbentuknya sel-sel kanker.

Sayur-mayur kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan bayam, memiliki kandungan nutrisi yang disebut indoles. Indoles dapat sedikit menekan tingkat estrogen pada pria dan sedikit meningkatkan kadar testoteron. Hal ini sangat kondusif untuk mencapai tampilan fisik yang lebih keras dan padat, serta sintesa protein yang lebih baik untuk pembentukan otot.

Disarankan mengkonsumsi setidaknya 20-35 gram serat makanan per hari untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dianjurkan mengkonsumsi serat pangan sebanyak usianya ditambah lima. Jadi misalnya usianya 5 tahun maka konsumsi serat makanan per hari yang dianjurkan adalah 10 gram. Namun Anda tidak perlu bingung akan angka jumlah serat yang dianjurkan tersebut karena bisa dikatakan jarang sekali terjadi konsumsi serat makanan melebihi jumlah yang dianjurkan. Cukupi saja kebutuhan serat makanan dari sumber-sumber serat terbaik yang mudah didapat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, sereal, dan makanan dari gandum utuh.

Pola makan yang sehat termasuk konsumsi makanan kaya serat hanya merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Selaian menjaga diet, olahraga yang rutin juga merupakan faktor penting agar metabolisme tubuh Anda tetap tinggi. Metabolisme tubuh yang tinggi mampu membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan dengan lebih baik sekaligus membakar lemak tubuh sehingga berat badan yang ideal akan selalu terjaga. Jadi, kunyah segera makanan berserat Anda dan rasakan energi yang lebih lama sehingga Anda tetap fit selama puasa.

Untuk tampilan otot lebih padat

Jumlah Asupan Serat yang Dianjurkan

Aan

Biasakan mengkonsumsi makanan segar atau minim pemrosesan (buah-buahan atau sayur-sayuran segar) minimal satu porsi dalam sehari.Konsumsilah buah-buahan dalam bentuk yang masih segar daripada yang sudah di-jus. Buah yang di-jus dapat mengurangi kadar seratnya.Begitu pula mengupas buah-buahan yang sebenarnya kulitnya dapat dimakan akan mengurangi kadar serat yang terkandung.Beralihlah secara bertahap ke nasi beras merah atau produk makanan gandum utuh daripada nasi beras putih, roti, atau pasta.Biasakan sarapan yang cukup dengan makanan kaya serat seperti oatmeal, sereal, kacang hijau, dan sejenisnya.Gantilah camilan Anda dengan buah atau sayuran segar daripada keripik, kue, biskuit, wafer, atau coklat.Variasikan konsumsi lauk dengan aneka masakan sayur-sayuran 2-3 kali seminggu sebagai pengganti daging-dagingan.Cobalah berbagai masakan seperti urap, salad sayuran, atau salad buah-buahan.Tingkatkan konsumsi makanan berserat secara bertahap, tidak secara mendadak berlebihan.Jangan lupa untuk juga meningkatkan konsumsi air karena serat bersifat menyerap air.

Tips Konsumsi Serat Makanan Sehari-hari

Kacang Kulit

Wortel

Tumis Buncis

Seledri

SayurKembang Kol

Page 10: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 11: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 12: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutritionwww.sportindo.com www.dennysantoso.com

agi banyak orang, kurus identik dengan kurang makan, sehingga semua saran dan pengertian B

yang beredar adalah kalau mau gemuk ya makan yang banyak, makan lebih sering, minum susu dan sebagainya. Bahkan aturan-aturan diet seperti jangan makan sebelum tidur pun akan dilanggar demi menambah berat badan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas konsep dasar bagaimana menambah berat badan ideal. Setelah Anda mengerti konsepnya, maka Anda pasti bisa menambah berat badan Anda sesuai yang Anda inginkan.

1. Perlu Anda ketahui bahwa pada badan manusia, secara garis besar, yang bisa menambah atau mengurangi berat hanya ada 2 hal, yaitu OTOT dan LEMAK. Anda bisa menambah atau mengurangi OTOT dan Anda juga bisa menambah atau mengurangi LEMAK.

2. Pada orang yang kurus, tubuhnya tidak bisa menyimpan lemak. Saya pernah menulis artikel dengan judul Fat Level Point (http://www.dennysantoso.com/fat-level-point.html) yang menjelaskan mengenai hal ini.

3. Karena tidak bisa menyimpanlemak, maka kalau orang kurus berusaha menambah berat badan dengan menaikkan lemak dengan cara makan banyak, makan junk food, pizza, burger, permen, ice cream, dan sebagainya, yang terjadi adalah badan tidak akan bisa menyimpannya. Hasilnya otomatis lemak-lemak tersebut tetap akan dibuang oleh tubuh. Makanya orang kurus tidak bisa naik berat badannya meskipun sudah makan banyak.

4. Solusi kenaikan berat badan adalah dengan menaikkan OTOT karena sekali lagi, orang kurus tubuhnya tidak bisa menyimpan lemak.

5. Cara menaikkan otot, prinsipnya sederhana yaitu rusaklah otot Anda dan kemudian biarkan otot Anda memperbaiki dirinya sendiri. Tugas Anda adalah memberinya makanan bergizi yang dibutuhkan otot tersebut. Anda bisa menggunakan tambahan

suplemen seperti Muscle Juice untuk membantu konsumsi nutrisi Anda selama Anda ingin menambah berat badan Anda.

6. Satu-satunya cara merusak otot Anda tersebut adalah dengan cara berlatih beban. Lakukan latihan beban untuk seluruh otot tubuh Anda tetapi fokuskan berat maksimal pada otot-otot besar yaitu dada, punggung dan paha Anda.

Setelah membaca konsep dasar bagaimana menambah berat badan ideal yang saya tulis ini, saya harap Anda memiliki gambaran tentang bagaimana sebenarnya tubuh kita menambah berat badan. Jangan terpaku pada pemikiran kuno yang mengatakan bahwa kalau Anda kurus artinya Anda kurang makan.

Tugas Anda sekarang hanya satu, mendaftar ke tempat fitness, dan segeralah berlatih! Good luck.

Konsep Dasar Menambah Konsep Dasar Menambah

Berat Badan IdealBerat Badan Ideal

Barusan saya browsing internet, melihat-lihat

forum dan ternyata saya menemukan bahwa

pertanyaan bagaimana cara menambah berat

badan juga sama banyaknya dengan orang yang ingin menurunkan

berat badannya.

http://www.dennysantoso.com/konsep-dasar-menambah-berat-badan-ideal.html

Page 13: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 14: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

olak, yang juga disebut oleh sebagian orang sebagai kolek, merupakan makanan ringan yang dijadikan menu penyegar yang biasanya berupa K

rebusan buah pisang, umbi ubi jalar, biji nangka, atau singkong yang diberi kuah manis dan gurih yang terbuat dari gula kelapa atau gula jawa dan santan serta diberi daun pandan wangi sebagai pewangi. Tak jarang orang juga menambahkan kolang-kaling ke dalam kolak.

Kolak sangat populer dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Konsumsi kolak biasanya meningkat pada bulan Ramadan karena popularitasnya sebagai makanan pembuka puasa. Selain pembuatannya mudah, bahan yang digunakan untuk membuat kolak pisang pun sangat bervariasi. Ini bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan makanan yang ada di sekitar kita. Dan kali ini kita dibantu oleh seorang pakar industri dan teknologi pangan dan kuliner yang juga menjadi kontributor “Healthy Food Recipe” dalam blog DennySantoso.com, yaitu Bapak Arief T. Nur Gomo, untuk mengupas kandungan nutrisi dalam kolak pisang.

Kolak pisang yang bahan-bahannya terdiri atas pisang, labu, gula merah, gula pasir, santan kental dan air ini selain rasanya yang lezat, juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setelah menjalani puasa seharian, sehingga tubuh butuh pasokan nutrisi yang cepat diserap untuk mengembalikan level energi dan gula darah dalam tubuh. Meskipun demikian, untuk mengawali berbuka puasa, tetap disarankan untuk mengkonsumsi air putih dan untuk konsumsi kolak juga

Kolak pisang. Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Anda tentu setuju

bahwa kolak merupakan makanan khas yang selalu ada ketika bulan puasa tiba. Makanan ini juga menjadi menu favorit untuk berbuka puasa setelah seharian

menahan lapar dan dahaga. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih banyak

mengenai nutrisi apa saja yang terkandung dalam kolak yang kelezatannya sangat

menggugah selera ini.

sebaiknya tidak berlebihan agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang terlalu mendadak. Dan berikut ini adalah beberapa nutrisi esensial yang terkandung dalam kolak pisang.

KaloriTiap porsi kolak pisang atau sekitar 280 gram kolak

pisang mengandung 266,3 kalori. Energi yang diberikan oleh kolak pisang ini akan memenuhi sekitar 13% dari kebutuhan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Jadi, dengan mengkonsumsi satu porsi kolak pisang akan

Kandungan Nutrisi Dalam Kolak Pisang Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pulihkan Stamina Setelah Berpuasa

Dengan Lezatnya

Kolak Pisang

NU

TR

ITIO

N

Page 15: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

segera memasok energi bagi tubuh untuk memasok energi dan mengembalikan stamina tubuh yang menurun selama puasa.

Karbohidrat dan SeratTiap porsi kolak pisang ini mengandung karbohidrat

total sebesar 62,6 gram. Dari jumlah itu, tiap porsi kolak pisang memiliki kandungan serat sebesar 4 gram atau memenuhi sekitar 16% kebutuhan serat harian kita. Serat merupakan jenis karbohidrat yang diserap dalam jangka waktu lebih lama, sehingga tidak akan menimbulkan kenaikan yang drastis pada gula darah kita yang semula rendah sebelum berbuka. Selain itu, konsumsi serat yang cukup akan menjaga kesehatan pencernaan kita dan mencegah kita dari konstipasi atau buang air besar.

VitaminVitamin yang terkandung dalam setiap porsi kolak

pisang antara lain vitamin A, B1 dan vitamin C. tiap porsi kolak pisang mengandung 1146 IU vitamin A yang memenuhi sekitar 23% kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A penting untuk membantu kesehatan penglihatan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, kandungan vitamin B1 atau thiamin dalam tiap porsi kolak pisang ini mencapai 0,1 mg atau memenuhi 1% kebutuhan vitamin B1 sehari. Vitamin ini penting untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan saraf.

Tak ketinggalan, kandungan vitamin C dalam tiap porsi kolak pisang adalah mencapai 14 mg atau memasok sekitar 23% kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C, selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap fit selama puasa, juga dapat meningkatkan efektivitas penyerapan zat besi di dalam tubuh.

MineralSetiap porsi kolak pisang mengandung 47 mg fosfor

atau memenuhi sekitar 5,2% kebutuhan fosfor harian. Mineral ini penting untuk produksi energi agar pasokan energi tetap terhaga selama puasa, juga pnting untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, tiap 280 gram kolak pisang (1 porsi) mengandung 11,6 mg kalsium yang memenuhi 1,2% kebutuhan kalsium harian, di mana kalsium merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi, pembekuan darah serta fungsi saraf dan otot. Dan di samping kedua mineral tersebut, kandungan zat besi dalam tiap porsi kolak pisang mencapai 0,64 mg yang mampu mencukupi 1% kebutuhan zat besi harian. Besi merupakan komponen penting dalam pembentukan enzim yang berperan penting dalam berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta untuk pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.

FitosterolFitosterol atau phytosterol merupakan sterol yang

terdapat dalam tanaman dan mempunyai struktur mirip kolesterol. Fitosterol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di usus sehingga membantu menurunkan jumlah kolesterol yang memasuki aliran darah. Karena itu, dalam upaya menurunkan kadar kolesterol,

persatuan ahli jantung di Amerika Serikat menganjurkan perubahan pola hidup termasuk di antaranya mengonsumsi makanan yang mengandung fitosterol dalam diet sehari-hari kita.

Nah, ternyata kolak pisang tak hanya membuat kita tergiur akan kelezatannya, namun juga akan kandungan nutrisinya bagi kesehatan kita. Tak terbatas pada bahan-bahan kolak seperti yang dibahas di atas, Anda juga bisa membuat kolak pisang kreasi Anda sendiri, bukan? Selamat berpuasa!

? Bahan Kolak Pisang :1000 gram pisang, 100 gram labu, 100 gram gula merah, 100 gram gula pasir, 65 gram santan kental dan 720 gram air untuk 7 porsi.

? Nutrition Fact Kolak Pisang Per Porsi :Serving Size : 280 gramKalori : 266,3 kkalLemak total : 2,7 g Asam lemak jenuh : 2,1 gAsam lemak tak jenuh : 0,3 gKarbohidrat total : 62,6 gDietary fiber : 4 gGula dan pati : 25,6 gProtein : 1,9 gKalsium : 11,6 mgFosfor : 47 mgBesi : 0,64 mgVitamin A : 1146 IUVitamin B1 : 0,1 mgVitamin C : 14 mgPhytosterol : 24,1 mg

Diana

Kolak Pisang

Page 16: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 17: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Dibesarkan dari keluarga yang mencintai olahraga,

wanita yang bekerja sebagai seorang sekretaris di sebuah perusahaan

perkebunan ini kini sudah terbiasa hampir setiap hari latihan fitnes sebelum dan

sepulang bekerja.

“Sudah menjadi tradisi keluarga, dulu papa saya selalu menyuruh semua anak-anaknya untuk berolahraga. Jadi sampai sekarang pun tanpa paksaan saya sudah berolahraga,” terang Merry membuka perbincangan. “Saya benar-benar mengenal fitnes itu sekitar tahun 2000. Awalnya hanya jogging dan aerobik. Sekarang saya fitnes dua kali sehari, pagi sebelum berangkat bekerja dan sore sesudah bekerja, terutama kalau pas bisa pulang kerja cepat. Saya beruntung lokasi tempat tinggal saya berdekatan dengan tempat fitnes. Durasi latihan fitnes cukup satu jam saja. Jogging masih saya lakukan rutin setiap Minggu pagi, sedangkan aerobik tiga kali seminggu,” tambahnya. “Di badan itu terasa segar kalau sehabis olahraga. Kalau tidak berolahraga sehari saja rasanya seperti ada yang kurang. Orang-orang itu salah kaprah kalau mengira setelah berolahraga malah ngantuk atau lesu. Saya sudah membuktikan, justru sebaliknya, badan terasa segar dan siap beraktifitas,” terang Merry yang hobi membaca buku saat waktu senggang ini.

Mengenai dietnya, Merry menjelaskan, “Saya termasuk orang yang tidak menyukai makan daging. Tetapi saya bukan vegetarian. Hanya saja misalya seperti daging sapi, saya tidak suka rasanya. Teksturnya berasa keras biarpun sudah dimasak berbagai macam masakan. Saya lebih suka makan tahu dan tempe rebus sebagai lauk dan sumber protein waktu makan besar. Saya bukan termasuk orang yang mudah merasa bosan dengan menu makan yang itu-itu saja setiap hari. Kadang-kadang saja saya selingi dengan makan ikan, terutama untuk makan siang. Nasinya beras merah dengan berbagai macam sayuran yang direbus. Favorit saya brokoli rebus.”

Merry juga menambahkan, “Untuk sarapan saya makan oatmeal dan minum susu kedelai setelah fitnes. Saya sangat suka minum susu kedelai. Selain sebagai sumber protein, rasanya juga enak dan mengandung isoflavon yang bagus untuk kesehatan kulit. Lalu saya juga suka makan apel dan pisang yang harus dimakan langsung, tidak dijus. Supaya metabolisme tubuh dalam mencerna serat buah menjadi lebih bagus,” terangnya.

“Mungkin karena melihat saya segar dan aktif, di kantor sudah ada tiga orang rekan kerja yang memutukan untuk mulai ikut berolahraga lho. Bagus kan? Hehehe...,” tutup Merry bangga.

Merry“Meat Hater, Soy Lover”

Sporty Femme

Aan

Lokasi : H

elios Fitn

ess Jakarta

Page 18: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

& H

ealth F

ile

dr. Jeffry Beta TenggaraChief ResidenIlmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Berawal dari konsep bahwa saat ini kita tinggal di lingkungan yang banyak tercemar oleh polusi, baik dari makanan, asap

maupun polusi lain yang tidak terhitung jumlahnya, muncul pemikiran bahwa diperlukan suatu cara untuk membersihkan badan dari kontaminasi tersebut.

Konsep detoksifikasi yang dijual kepada masyarakat saat ini banyak yang tidak tepat dan hampir tidak memiliki manfaat yang baik, hal ini akan kita bahas lebih lanjut.

Bila kita ingin melakukan detoksifikasi, maka terlebih dahulu harus diketahui apa jenis toksin yang ingin kita bersihkan bukan? Program detoksifikasi yang ada saat ini tidak dapat menjelaskan apa jenis racun yang ingin dibersihkan. Istilah polutan ataupun radikal bebas adalah terminologi yang sangat umum dan tidak spesifik untuk menjelaskan target detoksifikasi.

Memang benar bahwa kita terpajan oleh berbagai polutan, bahkan manusia sebenarnya tinggal dalam kolam polutan yang dapat merusak kerja tubuh, namun badan kita juga diciptakan dengan organ untuk melawan atau menetralkan racun tersebut yaitu liver dan ginjal. Kedua organ ini memiliki kapasitas kerja yang luar biasa dalam membersihkan racun.

Jadi adakah program detoksifikasi yang benar? Jawabnya pasti ada. Saya berikan contoh program detoksifikasi yang memang memiliki cara

Detoksifikasi: Detoksifikasi: Mitos & Fakta

kerja dan target yang sudah jelas. Detoksifikasi dari opiat (narkoba) dengan nalokson, dalam hal ini, target nya adalah resptor opiat di otak, dan nalokson bekerja melalui kompetisi dengan opiat. Contoh lain adalah hemodialisa atau cuci darah pada orang gagal ginjal, racun yang menjadi target adalah ureum dan creatinin yang dibuang oleh alat dialisa.

Bagaimana dengan pembersihan usus yang banyak ditawarkan? Saya tidak melihat kegunaan dari hal ini juga. Kenapa? Karena memang usus kita diciptakan dalam kondisi kotor. Kuman yang ada dalam usus berguna untuk mencerna makanan untuk diserap, jadi mengapa kuman yang berguna bagi tubuh kita justru dibersihkan?

Jadi apakah buah yang banyak digunakan untuk program detoksifikasi tidak berguna? Tentu tidak, buah adalah makanan yang banyak memiliki manfaat, karena mengandung vitamin, serat serta antioksidan, namun hanya dengan makan buah sebagai program detoksifikasi juga mengakibatkan hal yang tidak baik karena tubuh kita akan mengalami ketidakseimbangan nutrisi.

Sebagai kesimpulan, walau banyak terpajan polutan maupun zat beracun baik dari makanan dan lingkungan, kita juga memiliki mekanisme pertahanan badan untuk melakukan netralisasi. Hidup dengan pola makan seimbang dan olahraga adalah cara detoksifikasi yang terbaik.

Seiring dengan makin tingginya perhatian masyarakat tentang kesehatan, saat ini banyak sekali ditawarkan produk-produk atau teknik untuk meningkatkan kebugaran atau kesehatan, yang salah satunya adalah detoksifikasi. Apa sebenarnya detoksifikasi itu?

Page 19: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

pakah Anda telah memasuki usia 50 atau 60 tahun dan mengalami gejala-gejala pembesaran prostat? A

Suplemen kesehatan mungkin menjadi pelengkap perawatan diri yang baik, terutama bagi orang-orang yang telah didiagnosa mengalami pembesaran prostat atau benign prostatic hypertrophy (BPH) melalui pemeriksaan medis. BPH, sebuah pembesaran non-kanker dari kelenjar prostat, dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti rasa sakit saat buang air kecil, infeksi saluran kencing, batu kandung kemih dan penyakit ginjal. Sebelum Anda jadi lebih khawatir dengan kesehatan prostat Anda, langkah berikutnya adalah untuk mempertimbangkan berbagai pilihan pengobatan.

Jika operasi atau pembedahan terlalu berat untuk Anda pertimbangkan, dan gejala-gejala yang Anda alami tidak cukup parah untuk itu, Anda dapat memilih solusi yang menarik, yaitu melalui kekuatan penyembuhan herbal untuk membantu masalah prostat Anda. Untuk meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan keseimbangan hormon yang lebih baik dalam prostat, Saw Palmetto adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari cara untuk mengatasi masalah saluran

HEA

LTH

FIL

E

kencing. Selain itu, Anda bisa juga mencoba mengkombinasikan minyak Saint John's Wort dengan sedikit lavender, rosemary dan minyak chamomile, kemudian gosokkan pada kulit di bawah skrotum setiap hari.

Sebagai sebuah alternatif alami yang populer untuk meredakan gejala gangguan prostat, Saw Palmetto dalam bentuk suplemen/ekstrak mengandung bahan aktif yang menenangkan dari asam lemak, sterol dan flavonoid (terkenal akan manfaat antioksidannya terutama dalam buah-buahan). Para ahli kesehatan merekomendasikan 160 miligram ekstrak Saw Palmetto yang terstandarisasi hingga 85% asam lemak/sterol. Dan Anda bisa gunakan Saw Palmetto dari Ultimate Nutrition, yang merupakan 100% Premium Saw Palmetto Berries.

Anda bisa konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah mengkonsumsi suplemen untuk kesehatan prostat dua kali sehari cocok untuk Anda. Secara umum, ekstrak saw palmetto tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau menyusui.

Jadi, jika Anda ingin menjaga kesehatan prostat Anda, mulailah konsumsi Saw Palmetto sekarang juga!

SAW PALMETTO UNTUK KESEHATAN PROSTAT ANDA

http

://ww

w.d

en

nysa

nto

so.co

m/sa

w-p

alm

etto

-un

tuk-ke

seh

ata

n-p

rosta

t-an

da

.htm

lDiana

Page 20: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Tip

s

5 Tips Praktis Tips Praktis Agar Tetap Sehat

diBulan Puasa

Kurangi kafein dan natrium. Kurangi konsumsi kafein Anda, entah itu dari kopi, teh, soda dan sebagainya, sebaiknya dimulai sejak beberapa hari sebelum Anda memulai puasa. Kafein memiliki sifat diuretik, sehingga akan membuat Anda lebih banyak kehilangan air, vitamin ataupun garam penting dari dalam tubuh yang akan dibutuhkan sepanjang hari. Cukupi konsumsi air minum Anda terutama di malam hari dan saat sahur. Kurangi juga konsumsi garam (natrium) dalam diet Anda, terutama saat sahur. Ini akan membantu mengurangi keinginan Anda untuk minum sepanjang hari. Makanan yang berbumbu tajam dan merangsang harus dihindari juga, termasuk makanan yang terlalu pedas, makanan dengan kadar gula tinggi, makanan berlemak dan lain- lain.

Cobalah untuk memasukkan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi untuk membuat kenyang lebih lama dan membantu kesehatan pencernaan, karena karbohidrat kompleks mampu diserap tubuh secara perlahan, seperti nasi merah, roti gandum, oat, kacang-kacangan, serta sayur dan buah yang kaya serat lainnya. Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga akan memasok vitamin dan mineral penting bagi tubuh Anda.

Jangan lewatkan makan sahur. Makan sahur adalah waktu makan yang sangat penting untuk menyuplai tubuh Anda dengan nutrisi penting yang dibutuhkannya untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Saat menjalankan puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi selama sekitar 14 jam. Untuk itu, agar tubuh dapat menjalankan fungsi dengan optimal, sel-sel tubuh membutuhkan energi dan nutrisi dalam jumlah cukup. Ketika Anda tidak makan sahur, kebutuhan energi dan nutrisi Anda tidak akan terpenuhi sehingga tubuh akan cepat lelah, daya tahan menurun dan membuat tubuh menjadi tidak fit selama puasa.

Jangan “berpesta” atau makan berlebihan saat berbuka puasa. Makan dalam jumlah banyak sekaligus justru dapat menyebabkan kelesuan dan gangguan pencernaan lainnya. Berbuka memang sebaiknya dilakukan segera setelah Maghrib tiba, namun pilihlah air putih atau teh hangat dan makanan ringan yang manis secukupnya untuk mengembalikan energi yang terkuras selama seharian. Sebelum mengkonsumsi makanan yang lebih berat, beri jeda untuk sistem pencernaan Anda beradaptasi setelah perut dalam kondisi kosong seharian. Jadi kuncinya adalah makan secara bertahap saat berbuka.

Tetap berolahraga teratur. Menjalankan puasa bukan berarti tidak berolahraga sama sekali. Aktivitas fisik rutin tetap dibutuhkan untuk menjaga stamina, kebugaran serta peredaran darah yang lancar, sehingga Anda tetap fit selama berpuasa. Anda dapat terus berlatih beberapa saat sebelum berbuka puasa dan pada malam hari. Berolahraga menjelang waktu berbuka juga baik dan akan membakar lemak tubuh lebih banyak.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh memang telah lama diketahui dan dibuktikan melalui berbagai penelitian. Namun demikian, tak jarang orang yang menjalankan puasa malah menjadi kurang fit dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Untuk itu, lakukan puasa dengan benar dengan mengikuti tips di atas untuk dapatkan kondisi tubuh yang tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan ini!

Bagi umat Muslim, tentunya sudah banyak sekali persiapan yang dilakukan untuk menyambut bulan puasa. Namun,

seringkali kita cenderung melupakan hal-hal penting agar tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa.

Berikut adalah beberapa tips praktis yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan puasa dalam kondisi tubuh yang tetap sehat dan bugar.

Diana

Page 21: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Tip

sWorkout Guide Series

BODY STRETCHING

Seated Torso Reach

Seated Trunk Twist

Standing Torso Reach

Tahapan Pelaksanaan:Duduklah di atas matras dengan memanjangkan kaki kiri dengan lutut kanan ditekuk dan ditarik mendekat ke tubuh Anda.Letakkan tangan kiri Anda rata di atas matras di sebelah kiri pinggul. Gerakkan lengan kanan Anda ke atas dan melewati kepala, bungkukkan badan Anda ke kiri. Cobalah untuk menurunkan siku kiri dekat dengan lantai. Tahan selama 15-20 detik. Ulangi untuk sisi tubuh lainnya.

Tahapan Pelaksanaan:Duduklah di atas matras di lantai dengan kaki kiri lurus ke depan dan kaki kanan ke samping kiri melintasi kaki kiri yang diluruskan. Putar badan ke kanan dengan pandangan lurus ke belakang. Tahan selama 10 hitungan. Ulangi untuk sisi tubuh lainnya.

Tahapan Pelaksanaan:Berdirilah dengan kaki selebar bahu dan jari-jari kaki Anda menunjuk lurus ke depan. Tempatkan tangan kiri di pinggul untuk penyangga dan tarik lengan kanan Anda ke atas melewati kepala, bungkukkan badan Anda ke kiri. Tahan selama 15-20 detik. Ulangi untuk sisi tubuh lainnya.

Erwin

P r ngan p t d la k n de ga ma

e ega da a i ku a n n a nt a h ri da a us melib tka m a ke k

se i p a n h ra n se u lompo

t ma or (ut ma Ter a a m t it k otot

oto y a ). d p t e pa t i g ng ya g p t d pe kir ka seb lu nya, y i

te a n da a i r a n e m a tu

b h ag an de n, u ggu g a an b wa , oto -

a u b i pa p n n b gi a h t

o lu ut a eti . J ka terla j r m n la i o

tot t , d n b s i n u e ga m tot

y ng tert ri a au b gi n o o y n ce r , m ka

a a k t a a t t a g de a ake u gkin n tela e j d k g ngan t t d

m n a h t r a i ete a o o iki ar empa t ti ta i la s tu a a u tu

se t t i k d . Sa h a c r n k m n n tka leksib li s ta l n ur n,

e i gka n f i ta a u ke e t aeka gu menja i n p ng n menjadi sua u

s li s d ka erega a t

ge a n yang eny n n ada h de ga

r ka m ena gka la n nmen kut ela y gagi i k s o .

Mo

de

l : Ya

nu

ar ; L

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter M

ala

ng

Page 22: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Bagi Anda yang tengah menjalani puasa, berpuasa akan melatih kita untuk menahan lapar. Tapi, apakah Anda mengalami kesulitan menahan nafsu makan? Gunakanlah Hoodia, suplemen alami untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, metabolisme tubuh akan sedikit menurun ketika berpuasa, yang artinya pembakaran kalori pun juga menurun. Jangan khawatir, Anda dapat gunakan Guggul, yang akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, gunakan kombinasi Hoodia dan Guggul, dan raihlah keberhasilan dalam program diet Anda!

HOODIAHoodia telah lama diteliti karena kegunaannya sebagai penahan nafsu makan. Hal ini disebabkan karena tanaman Hoodia mengandung zat penting yang berfungsi di otak untuk mengirim sinyal bahwa Anda telah kenyang sehingga nafsu makan Anda berkurang. Hoodia membuat otak Anda berpikir bahwa tubuh Anda sudah terisi oleh makanan walaupun perut Anda kosong, yang pada akhirnya akan memangkas nafsu makan Anda. Hoodia berbeda dengan produk weight loss seperti Ephedra yang berfungsi sebagai stimulan. Hoodia merupakan produk alami yang tidak memiliki efek stimulan apapun. Hoodia digunakan untuk mengurangi nafsu Anda terha-dap makanan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Manfaat Hoodia Bagi Anda:• Membantu mengurangi nafsu makan Anda• Membuat Anda kenyang lebih lama• Tidak memiliki efek samping terhadap tubuh Anda• Membantu program diet Anda

DIET LEBIH OPTIMAL DENGAN KOMBINASI

HOODIA GUGGUL

DAN

Page 23: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Manfaat Yang Akan Anda Dapatkan Dari Kombinasi Hoodia dan Guggul:

• Membantu mengurangi nafsu makan Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama

• Meningkatkan metabolisme tubuh Anda agar tubuh Anda lebih efektif membakar kalori

• Membantu program diet Anda agar lebih optimal

Pemakaian Kombinasi:

• Sebelum sarapan : 1 kaplet Hoodia• Setelah sarapan : 1 kapsul Guggul• Sebelum makan siang : 1 kaplet Hoodia• Setelah makan siang : 1 kapsul Guggul• Setelah makan malam : 1 kapsul Guggul

Page 24: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

GARDEN SALAD FOR MAIN DISH

Salad adalah suatu sajian makanan yang terdiri dari

potongan-potongan makanan siap santap yang biasanya

disajikan dingin, namun ada beberapa jenis salad yang

disajikan hangat. Ada banyak jenis salad antara lain salad

sayuran, salad buah, salad pasta, dan salad campur

(biasanya terdiri dari daging, daging ayam, atau ikan). Salad

bisa disajikan sebagai makanan pembuka, makanan

pendamping, atau sebagai makanan utama.

arden salad atau green salad adalah jenis salad yang terdiri Gdari campuran berbagai jenis

lettuce atau selada, dan merupakan jenis makanan yang sering digunakan sebagai salah satu makanan diet. Selain bahan sayuran selada, ada bahan lain juga yang digunakan untuk melengkapi sajian Garden Salad ini yaitu salad dressing dan mayonnaise.

Oleh :

Arief T Nur GomoHead of Research and Development DepartmentPT. Bionic Natura, Healthy Food.

Bahan-bahan :- 150 gr minyak zaitun- 50 gr cuka apel

Cara membuat :1. Campurkan minyak zaitun dan cuka apel sampai tercampur merata. Cuka apel bisa digantikan

dengan cuka biasa, cuka beras, atau lemon juice.2. Simpan campuran dalam botol bersih atau bisa langsung digunakan. Bila campuran belum akan

digunakan, simpan dalam pendingin, dan kocok sebelum digunakan.

Salad dressing dan mayonnaise banyak dijual di pasaran. Kebanyakan menggunakan minyak kedele. Untuk sajian yang lebih sehat, kita bisa membuat salad dressing dan mayonnaise dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Di berbagai situs di internet bisa kita temukan cara-cara membuat salad dressing dan mayonnaise. Disini saya coba berbagi bagaimana membuat salad dressing dan mayonnaise dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Diperlukan sedikit seni untuk membuat mayonnaise agar campuran yang digunakan bisa membentuk pasta berwarna putih. Ikuti petunjuk cara membuat dengan benar.

HEA

LTH

Y F

OO

D REC

IPE

Salad Dressing

Bah n- haa ba n

PelengkapBah n- haa ba n

Pelengkap

Page 25: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Bahan-bahan salad :- 4 butir putih telur (dikukus matang, dipotong dadu)- 250 gr tahu (dikukus matang, potong dadu)- 200 gr nata de coco (buang airnya, cuci bersih, tiriskan)- 80 gr selada hijau- 70 gr salada merah- 50 gr salada keriting- 25 gr salad dressing- 60 gr mayonnaise

Cara membuat :1. Cuci bersih dengan air masak semua bahan sayuran dengan air matang

dan tiriskan sampai kering.2. Kukus putih telur dan tahu sampai matang. Angkat. Dinginkan. Potong

dadu.3. Cuci bersih nata de coco dengan air matang. Tiriskan sampai kering.4. Setelah kering potong-potong sayuran dengan panjang sekitar 2 cm.5. Campuran semua bahan dalam mangkuk besar.6. Masukkan salad dressing dan campur rata. Sajikan.7. Bila ingin menambahkan mayonnaise, campurkan terlebih dahulu salad

dressing dan mayonnaise sampai rata kemudian ditambahkan ke dalam campuran sayur.

Bahan-bahan :- 2 kuning telur- 30 gr (sekitar 3 sdm) lemon juice- 1 sdm gula pasir- ¼ sdt garam- 200 gr (1 cup) minyak zaitun- Tambahkan bumbu yang lain sesuai selera

misalnya lada.

Cara membuat :1. Campurkan kuning telur, lemon juice, gula

pasir, dan garam.2. Siapkan minyak zaitun.3. Campuran telur dikocok menggunakan mixer

dengan kecepatan sedang. Masukkan minyak zaitun sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.

4. Agar bisa berhasil, ikuti petunjuk berikut : masukkan sekitar ¼ minyak zaitun sambil dikocok sampai campuran berbentuk agak kental. Masukkan lagi sekitar ¼ minyak zaitun sambil dikocok terus. Pastikan minyak zaitun telah tercampur dengan sempurna sebelum menambahkannya lagi. Ciri-cirinya yaitu campuran akan semakin kental. Lakukan sampai semua minyak zaitun habis. Bila berhasil, akan terbentuk pasta berwarna putih-krem seperti mayonnaise yang dijual di pasaran.

5. Mayonnaise bisa segera digunakan. Bila belum akan digunakan, simpan mayonnaise dalam botol selai yang bersih dalam pendingin. Mayonnaise yang dibuat bisa tahan disimpan selama 1-1,5 minggu.

Nilai gizi per porsi :

Kalori 202, kkal: 8

Karbohidrat 5,5 r: gro ein : 7,0 grP temak : 1 ,0 gr

L 7

G e n a adr e S l

G e n a adr e S l

n k 4 Po siU tu rn k 4 Po siU tu r

T ps Pe ya i n S l d i n j a a a :

1. Ja an c m n salad dr sse ing u ng a purka

ata

ayonnaism e ila b lum ak isa p a ar b e an d nta g

s g a y a e a rj g be

ke e ar n sa ur nnya t t p te a a. Bila lum

a n dis j an ukka ampur a ur

ka a ik , mas n c an s y an

da u at u ko k m ka r pors n

lam mangk k a ta a n pe i da

tup ra ala ndin in.ditu pat d m pe g

2 Peng an s s m oalad dre sing n ay nnaise bis

. guna da

a

e ua ra e a ng ka lam

s s i sele . L m k ya diguna n da

p m uat alad e sing ay nnaises dr s da

e b an n m o ini

te g long le a ik.r o m k ba

3 a ba n ba ng o ba , r me h at u

. T m ha wa B m y pap ika ra a

at e ada a t me mba

hijau, au s dikit l bis un uk na h

cit ra a.a s

Healthy Mayo

Setelah salad dressing dan mayonnaise siap digunakan, sekarang waktunya menyiapkan garden salad. Bahan-bahan yang digunakan bisa dari berbagai macam sayuran, tergantung selera dan kesukaan kita, akan tetapi disini saya menggunakan campuran berbagai jenis selada dan beberapa bahan yang merupakan sumber protein bermutu.

Penggunaan daging dalam salad, saya gantikan dengan tahu dan putih telur yang bebas kolesterol. Saya menggunakan nata de coco untuk memberikan kesegaran dan sebagai sumber serat yang baik untuk resep salad berikut. Penggunaan salad dressing dan mayonnaise bisa digunakan terpisah atau dicampurkan untuk memberikan cita rasa yang “creamy”.

Page 26: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

Gym

Pro

file

s

Aan

Fitness Universitas Indonesia, Depok

Point

Pass BangetCondet, Jakarta Selatan

Gymym yang satu ini juga berdekatan dengan sebuah jembatan gantung di daerah Pasar Minggu, Jakarta, tetapi lokasi persisnya adalah di Jl. Pucung No. 8, Condet Balekambang, G

Jakarta Selatan. Pass Banget Gym dimiliki oleh seorang penduduk Betawi asli Condet bernama Komeng “Alright” yang sekaligus menjadi instruktur gym yang dibuka sejak 1 Januari 2009 ini. Menurut Komeng, ia menamakan gym-nya ini Fitness Center Negeri “Pass Banget Gym” karena mematok tarif yang murah meriah untuk kepuasan latihan yang maksimal. Betapa tidak, hanya dengan membayar 50 ribu rupiah tiap bulan, Anda bisa latihan memanfaatkan dua lantai ruangan fitnes dengan peralatan lengkap termasuk alat-alat kardio mulai dari jam 7 pagi sampai jam 12 malam non stop setiap hari, Minggu dan hari libur tetap buka. Dijamin benar-benar bisa puas latihan kapan saja.

Sehabis latihan, Anda bisa bersantai sambil memesan jus segar atau membeli berbagai macam suplemen fitnes yang tersedia. Komeng yang dikenal sangat ramah dan akrab ini juga menyatakan akan segera membuka Pass Banget Gym II. Jadi tunggu apa lagi, segera bergabunglah dengan Pass Banget Gym mumpung dibuka pendaftaran gratis bagi member baru selama bulan promo. Atau mungkin Anda ingin mencoba dulu? Cukup bayar 5 ribu rupiah saja untuk sekali kunjungan. Info lebih lanjut telepon saja di (021) 91420039.

erlokasi di dalam salah satu kampus terbaik di Indonesia, Fitness Point menjadi pusat aktifitas fitnes para mahasiswa Universitas Indonesia di Depok. Namun tentu saja tidak B

hanya kalangan mahasiswa yang boleh menjadi member, siapa saja boleh bergabung. Fasilitas seperti ruangan fitnes ber-AC dengan peralatan yang lengkap, ruang aerobik terpisah yang dilengkapi peralatan kardio sudah bisa dinikmati dengan hanya membayar iuran bulanan sebesar 70 ribu rupiah untuk fitnes mahasiswa dan 80 ribu rupiah untuk fitnes umum, 100 ribu rupiah untuk aerobik, 120 ribu rupiah untuk chacha, dan 150 ribu rupiah untuk taekwondo.

Anda juga bisa menemukan kelas tari daerah dan yoga di Fitness Point. Bahkan juga disewakan ruangan untuk berbagai keperluan seperti latihan modern dance, drama, dan lain-lain. Menurut Ariesta, selaku owner, di Fitness Point juga tersedia martial arts shop yang menjual berbagai keperluan beladiri. Selain itu juga dijual berbagai macam suplemen fitnes. Ariesta juga mengklaim akan segera membuka ruangan fitnes khusus wanita. Jadi, tunggu apalagi segera kunjungi Fitness Point di Gedung Gedung Engineering Center, FT-UI, Depok, atau tepatnya di dekat Jembatan Texas. Buka setiap Senin-Jumat jam 10:00-21:00 dan Sabtu jam 10:00-18:00. Hubungi 021-99902978 atau 021-95334034 untuk info lebih lanjut. Aan

Page 27: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

EVENTS

KAB. BANDUNG

PORDA JAWA BARAT XI

ada tanggal 4-5 Juli 2010 yang lalu, Gedung Dewi Sartika, Soreang, Kabupaten Bandung menjadi ajang pembuktian siapa yang terbaik antar atlet binaraga se-Jawa Barat. Ya, mereka bertanding dalam Pekan Olahraga P

Daerah Jawa Barat XI. Kabupaten dan kota se-Jawa Barat mengirimkan atlet-atlet binaraga terbaik mereka, meski sebelumnya sangat mungkin terjadi bursa perwakilan atlet dari daerah lain. Bahkan para atlet yang biasanya tergabung dalam satu tim, terpaksa kali ini harus saling bersaing mewakili daerah berbeda. Hal ini juga terjadi pada Team Kembar Gym Bandung. Para dedengkot tim binaraga yang paling terkenal dari Bandung ini harus saling beradu otot dengan rekan yang sebelumya menjadi satu tim.

Hasilnya luar biasa. Para atlet yang saat diluar event ini merupakan Tim Ultimate Nutrition, berhasil meraih pretasi gemilang. Sebut saja Irwan Eden, Entokh, dan Edeng Sambas masing-masing berhasil menyabet emas. Tak mau kalah, medali perak juga diraih Ronnie Omero, Edy Suy, dan Anton Wirawan. Para peraih medali emas berhak untuk tampil dalam Pra PON 2011. Selamat untuk para pemenang.

Selengkapnya para juara PORDA Jabar XI adalah sebagai berikut :

Juara Kelas 55 Kg :Juara I : Uus M. Yusuf (Kab. Tasikmalaya)Juara II : Ronnie Omero (Kota Bandung)Juara III : Lucky Samuray (Kab. Garut)

Juara Kelas 60 Kg :Juara I : Irwan Eden (Kota Badung)Juara II : Harry Purnomo (Kab. Bandung)Juara III : Rudi Thunder (Kab. Bandung Barat)

Juara Kelas 65 Kg :Juara I : Entokh (Kota Bandung)Juara II : Edy Suy (Kota Cimahi)Juara III : Opit (Kab. Sukabumi)

Juara Kelas 70 Kg :Juara I : Iwan Tito (Kab. Bekasi)Juara II : Anton Wirawan (Kab. Bandung)Juara III : Sovian (Kab. Bandung Barat)

Juara Kelas 75 Kg :Juara I : Ade Iman (Kab. Bekasi)Juara II : Aziz Man (Kab. Cianjur)Juara III : Erwin (Kab. Bekasi)

Juara Kelas 80 Kg :Juara I : Duden Muladi (Kab. Sukabumi)Juara II : Rachmat (Kab. Kuningan)Juara III : Asep Hermansyah (Kab. Garut)

Juara Kelas 85 Kg :Juara I : M. Edeng Sambas (Kota Bandung)Juara II : M. Qadavi (Kab. Bekasi)Juara III : Edi Susanto (Kab. Bekasi)

Juara Kelas 85+ Kg :Juara I : Dody Lesmana (Kab. Tasikmalaya)Juara II : Ali Karna (Kab. Bandung)Juara III : Awing (Kab. Cianjur)

Irwan Eden

Page 28: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

EVENTS

KUPANG

Turnamen Binaraga & AerobikKAPOLDA CUP se BALI-NUSRA

engda PABBSI NTT dan Pengkot PABBSI Kupang bersinergi dengan Kapolda NTT untuk meningkatkan prestasi para atlet P

binaraga potensial di wilayah ini. Maka, Turnamen Binaraga Kapolda Cup pun digelar. Meski hanya khusus se Bali-Nusra, namun direncanakan tahun ini juga akan diselenggarakan event tingkat nasional.

Tanggal 3 Juli 2010, acara diawali dengan pawai atlet binaraga nasional yaitu Iwand Samuray dan Fuadi keliling kota Kupang, dilanjutkan dengan timbang badan di Aula Eltari Kupang yang dipandu oleh panitia dan juri undangan dari PB PABBSI yaitu Bp. Ubaidillah. Semua atlet dan official dengan seksama mengikuti acara ini.

Keesokan harinya berempat di Ballroom Hotel Oriental Kupang, tepat jam 9.00 WITA acara dimulai. Para atlet se Bali-Nusra berjibaku menunjukkan kemampuan terbaiknya. Panitia menyediakan hadiah yang cukup besar, bahkan The Best Athlete akan mendapatkan satu unit sepeda motor. Sementara itu lomba aerobik yang dipandu Ester Suwito menyelingi event ini. Pada momen yang baik ini juga dilangsungkan Pelantikan Pengkot PABBSI Kota Kupang.

Final dilangsungkan sore sampai malam hari disaksikan ratusan penonton yang memenuhi acara, terutama saat bintang tamu Iwand Samuray dari Team Ultimate Nutrition Padang tampil berpose bebas. Begitu juga saat guest poser Fuadi tampil, para hadirin yang terdiri dari pejabat pemerintah, Pengurus KONI dan masyarakat umum sungguh merasa terhibur.

Juara Kelas 55 Kg :Juara I : DanceJuara II : Madi KamapolaJuara III : MusJuara IV : Alex MatonisJuara V : Polce

Juara Kelas 60 Kg :Juara I : Roland RoyJuara II : Dedy KossoJuara III : Ake MusaJuara IV : SefrinJuara V : Dance

Kelas 65 Kg :Juara I : Jeffren AsamayJuara II : AbaneJuara III : Octavianus TakanjandjiJuara IV : EusJuara V : Andre

Kelas 70 Kg :Juara I : EllyJuara II : James AbanithJuara III : AgustinusJuara IV : Freedy Juara V : Made Tiger

Kelas 75 Kg :Juara I : Made DwijaJuara II : WitoJuara III : Dewa DharmaJuara IV : MiftaJuara V : Aie

Kelas 75+ Kg :Juara I : Hendra ZeinJuara II : JepangJuara III : Mex

Wayan

Page 29: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

EVENTS

BEKASI

BODY CONTEST & AEROBIC COMPETITIONFIT FOR TWO FITNESS, BTC

eliat menggelorakan cabang body contest dan aerobik juga dilakukan oleh Fit For Two Fitness yang bermarkas di Mal Bekasi Trade Center (BTC), Bekasi. Hal tersebut G

diwujudkan dengan diadakannya event Body Contest and Aerobic Competition yang telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Juli 2010 bertempat di Convention Centre Mal BTC, Bekasi.

Ratusan peserta dari berbagai penjuru daerah datang untuk berpartisipasi dalam event ini. Menurut Nahdudin Udin dan Dermaria Sianturi dari Fit For Two Fitness, kejuaraan ini diikuti oleh 300 peserta Body Contest dan peserta Aerobic Competition yang datang dari penjuru Jabodetabek, Karawang, Subang, Bandung, dan Yogjakarta. Selamat untuk para pemenang dan salut kepada Fit For Two Fitness Bekasi.

Pemenang Body Contest :Juara I : Yana (Fitness Center Karawang)Juara II : Dede Wahyudi (Fit For Two Fitness Bekasi)Juara III : Alprido (Dennis Fitness Yogyakarta)Juara IV : Gery (Fitness Bogor)Juara V : Ali (TOP Fitness Cikarang)Juara VI : Rendy (Fitness Bogor)

Ari

Page 30: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010

EVENTS

BOGOR

AMIGO FITNESSTOURING 2010

emi menjalin keakraban dan kekompakan sesama member, kali ini giliran keluarga besar Amigo Fitness, Citereup, Sentul, Bogor, D

mengadakan kegiatan Touring 2010 pada Sabtu, 10 Juli 2010 yang lalu. Dengan mengambil tema “Jadikan Hari Esok Tetap Hidup Sehat dengan Berolahraga,” rombongan berangkat secara konvoi menggunakan sepeda motor dari markas Amigo Fitness sejak pagi hari dipimpin oleh Sdr. Donni Sheen dan Sdr. Andis dengan diawali doa bersama. Para peserta touring berkendara melewati rute Bukit Pelangi Mega Mendung Cisarua menuju Vila Tugu Cisarua, Bogor.

Di Vila Tugu, para peserta mengadakan acara ramah-tamah agar lebih saling akrab, disusul games karaoke dan joget dangdut. Ayam bakar yang sudah dipersiapkan menjadi menu santap siang bersama.

Menurut Donni, sebenarnya event touring ini bertujuan sebagai percobaan sebelum event puncak yang akan digelar pada tutup tahun 2010 nanti. Tetapi diluar dugaan, banyak member Amigo Fitness beserta keluarga dan orang-orang terdekatnya mendaftarkan diri dan berpartisipasi. Mungkin para peserta memanfaatkan momen libur hari besar untuk sekaligus berwisata. Alhasil, acara yang tadinya sederhana berubah menjadi meriah, seru, dan lucu.

Sebelum kembali ke markas, acara ditutup dengan doa dan berfoto bersama. Donni berpesan semoga dari event kecil Amigo Fitness ini dapat menghasilkan sesuatu yang besar dan tentunya positif. Salut untuk kekompakan para member Amigo Fitness! Wayan

Page 31: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz Agustus 2010