sportindo com - the magz mei 2011

Upload: adi-prathama

Post on 20-Jul-2015

198 views

Category:

Documents


8 download

TRANSCRIPT

EDITOR'S LETTER

S P O R T I N D OBERAPA LAMA PROGRAM FAT LOSS YANG BAIK?Saya mau bertanya, berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk program fat loss? Jika sudah 1 bulan belum mencapai target, apakah sebaiknya berubah ke program bulking atau tetap fat loss dengan mengganti variasi gerakan? Bagaimana latihan kardionya? Saya mulai merasa masuk fase plateu (stagnan), belum ada penurunan presentase lemak sebulan terakhir dengan berat badan tetap. Terima kasih atas jawabannya. Vidi Aprino ([email protected]) Berdasarkan pengalaman saya pribadi, fat loss program minimal 12 minggu (3 bulan) baru bisa optimal hasilnya. Program latihan tidak ada yang dirubah, hanya tambahkan latihan kardio 2 kali sehari: pagi sebelum sarapan dan sore/malam hari segera setelah selesai latihan angkat beban. Sedangkan dietnya rendah karbohidrat, tinggi protein, dan cukup serat. Hindari gula/makanan manis dan jangan makan karbohidrat lewat malam hari. Untuk suplementasinya, saya pilih konsumsi BCAA Powder, Glutamine, IsoCool, dan Super Complete Formula. Sedangkan untuk fat burn saya konsumsi Red Zone. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Irwan Eden (Team Ultimate Nutrition)

M A I L

ALERGI SOYSaya mau bertanya, adakah suplemen whey protein dari Ultimate Nutrition yang tidak mengandung kedelai? Kebetulan saya alergi kedelai. Terima kasih. Cufang ([email protected]) Semua suplemen whey protein dari Ultimate Nutrition seperti misalnya ProStar 100% Whey Protein, IsoCool, atau Iso Sensation 93 hanya menggunakan whey protein dari susu sapi murni. Kandungan soy lecithin hanya sebagai bahan pengemulsi dalam proses produksi. Soy protein berbeda dengan soy lecithin, jadi pastikan dulu Anda alergi dengan jenis yang mana? Alergi soy protein bukan berarti juga alergi soy lecithin.

T

ahukah Anda jika BCAA berperan dalam pembentukan 35% protein otot (muscle proteins) dan 40% persen otot rangka (skeletal muscle)? Ya, BCAA merupakan nutrisi penting dalam proses sintesis protein dalam rangka pembentukan otot tubuh. BCAA mampu memperbaiki jaringan otot dan berfungsi sebagai agen anabolik yang mencegah penyusutan otot saat tubuh menerima tekanan fisik yang terlalu besar seperti pada latihan yang intens. Hebatnya lagi BCAA juga mampu meningkatkan daya pulih otot sehingga Anda dapat segera latihan kembali. Dan nutrisi esensial yang luar biasa ini termasuk esensial yang artinya tidak mampu diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga Anda hanya bisa memperolehnya dari konsumsi makanan dan suplementasi. Semuanya tentang BCAA akan kami bahas tuntas dalam edisi Mei 2011 ini. Selain itu saya juga menampilkan tulisan mengenai kenapa saya tidak menyarankan Anda pergi ke slimming center. Tak ketinggalan juga artikel latihan yang kali ini menampilkan shoulders stretching dan gerakan push up yang menantang. Semoga sajian kami bermanfaat sebagai kontribusi pola hidup sehat Anda. Selamat membaca!

OSTEOARTHRITISSaya merasa nyeri di lutut kanan, beberapa waktu sebelumnya juga sempat bengkak. Apakah bantalan lutut saya lemah atau Osteoarthritis? Saya sudah konsultasi ke dokter umum dan dikasih obat paproxin, linax75, dan suplemen glukosamin. Hasilnya sudah mendingan pulih. Tetapi karena sering mondarmandir berakibat sakit kembali. Bagaimana solusinya? Apakah boleh latihan kardio dengan treadmil, soalnya saya tidak suka bersepeda statis? Saya sedih karena program latihan menjadi kacau. Apakah ada saran? Terima kasih. Ananta Julia ([email protected]) Osteoarthritis biasanya terjadi pada usia lanjut atau saat mengalami obesitas. Anda pastikan dengan periksa rongent dulu. Bila memang sudah terbukti benar, maka ada beberapa cara untuk mengatasi nyerinya : 1. Kurangi berat badan 2. Suplementasi dengan glukosamin 3. Fisioterapi untuk memperkuat otot di sekitar lutut 4. Suntikan obat di sendi sampai tahap tindakan operasi bila kondisinya parah Saran saya, Anda latihan angkat beban saja karena efektif menurunkan berat badan dan tidak membebani lutut, tetapi hindari gerakan squat. Konsultasikan dulu dengan internist untuk memastikan apa yang Anda alami, baru kemudian atur program latihan Anda. dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD. (Internist / Sportindo Medical Consultant)

PEMIMPIN UMUM L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHt. PENANGGUNG JAWAB Sutiyoso KONTRIBUTOR * FX Erwin Santoso, SE., MM. * dr. Jefry Tenggara, Sp.PD. * Arief T. Nur Gomo, STP, MSi. * Mudiman, Teguh, Daniel * Irwan Eden TIM REDAKSI * George Hendra Santoso, SE., CSN. * Andana Suparman, S.S. * Noerdiana Adiatie, S.Gz. * Lingga Wastu, S.Sos. ARTISTIK & DESAIN * Rachmat Kurniawan, SE. * Tjahyono * Galihseto R.A, SST PROMOSI & IKLAN PT. Jaya Sportindo DISTRIBUSI Mangapul F. Hutahaean, SE. WEBSITE www.sixreps.com www.sportindo.com www.dennysantoso.com www.duniafitnes.com E-Mail [email protected]

REDAKSI HANYA AKAN MEMUAT TULISAN, KRITIK, SARAN, DAN PERTANYAAN DARI PEMBACA YANG MELAMPIRKAN BIODATA LENGKAP.

Follow Denny Santoso on: SixReps: http://sixreps.com/profile/dennysantoso Facebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

04 sportindo.com Mei

cover story

Mencegah Keletihan Mental Penelitian menunjukkan hasil bahwa konsumsi BCAA dapat mengontrol tryptophan dalam tubuh sehingga mengurangi kelelahan. Kondisi level BCAA (terutama leucine) yang lebih tinggi daripada tryptophan mampu menurunkan level serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan molekul hormon yang levelnya dapat berubah karena kandungan berbagai nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Penelitian genetika juga menunjukkan bahwa serotonin sangat berkaitan dengan kondisi depresi akibat pengaruh lingkungan termasuk depresi akibat keletihan sesudah latihan. Karena itulah konsumsi BCAA yang cukup mampu meningkatkan mood menjadi lebih baik (positif) dan menurunkan keletihan mental sehingga dapat mempertahankan ketajaman mental selama latihan ketahanan yang lama. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Salah satu manfaat utama yang paling banyak diinginkan dari konsumsi BCAA adalah kemampuannya meningkatkan kekebalan tubuh. Setiap kali Anda datang ke gym untuk latihan angkat beban maka Anda sedang melakukan tekanan yang luar biasa pada otot-otot tubuh Anda. Jika otot-otot tubuh Anda tidak mampu bertahan terhadap level tekanan tersebut, maka pemulihan otot-otot tubuh Anda akan terganggu dan bahkan beresiko jatuh sakit. Konsumsi BCAA terbukti mampu memperbaiki gangguan kekebalan tubuh yang dijelaskan diatas. Karena BCAA merupakan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan hanya dapat diperoleh melalui makanan atau suplementasi, jika tubuh Anda tidak memiliki cukup kandungan BCAA yang dibutuhkan maka hasilnya adalah ketidakmampuan tubuh dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.Daging Sapi

Menunda Rasa Sakit Otot dan Mempercepat Pemulihan Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi BCAA dapat menunda terjadinya rasa sakit otot dan kerusakan otot akibat latihan ketahanan atau latihan kekuatan yang intens. Dengan berkurangnya rasa sakit otot dan kerusakan otot maka pemulihan otot akan menjadi lebih cepat sehingga Anda dapat lebih cepat kembali ke gym untuk kembali latihan. Target pembentukan otot tubuh otomatis juga akan menjadi lebih cepat. Membantu Program Diet Penurunan Berat Badan BCAA khususnya leucine, bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan terutama pada saat berdiet. Penelitian menunjukkan bahwa BCAA dapat membantu mengatur rasa kenyang, leptin (hormon dalam jaringan lemak tubuh yang mampu mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh dalam kondisi kenyang), glukosa, jaringan penyimpan lemak, dan berat badan secara keseluruhan. Bahkan sebuah penelitian penambahan asupan nutrisi BCAA terhadap para atlet gulat profesional yang sedang menjalani diet rendah kalori, menunjukkan mampu membantu para pegulat ini lebih banyak menurunkan berat badan. BCAA juga bermanfaat untuk berbagai terapi penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti mempercepat pemulihan korban luka bakar dan pasien penderita Hepatic encephalopathy (penyakit akibat gagal hati). Berbagai manfaat konsumsi BCAA untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit akan dibahas secara spesifik dalam rubrik Health File di halaman 14 edisi ini.

keju cottage

Kacang Mede

Kedelai

SUMBER BCAA DALAM MAKANANHasil olahan susu dan daging merah merupakan sumber utama BCAA. Sumber makanan lain yang juga kaya kandungan BCAA adalah putih telur dan whey protein. Berikut adalah sumber-sumber makanan kaya BCAA per jenisnya : Leucine : whey protein, casein protein, putih telur, kedelai, susu sapi, dan keju cottage Isoleucine: daging merah, daging unggas, ikan, whey protein, casein protein, putih telur, kedelai, keju cottage, susu, dan kacang mede Valine : whey protein, casein protein, putih telur, kedelai, keju, susu, dan keju cottage

Untuk pembahasan mengenai makanan kaya BCAA akan dibahas secara lebih mendalam di rubrik Nutrition di halaman 12 edisi ini.

08 sportindo.com Mei

SuplementasiMeskipun BCAA terkandung dalam beberapa jenis makanan, namun penjelasan mengenai besarnya manfaat esensial BCAA diatas menunjukkan pentingnya mengkonsumsi suplementasi BCAA tambahan ke dalam diet Anda. Anjuran ini terutama sekali penting untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan untuk memperoleh manfaat optimal BCAA dalam rangka pembentukan otot tubuh yang diinginkan.

Siapa yang Membutuhkan BCAA?Sesuai dengan penjelasan diatas, mereka yang paling membutuhkan asupan BCAA adalah para atlet binaraga, atlet angkat berat, atlet body contest, dan para atlet lainnya yang rutin menerapkan latihan kekuatan atau ketahanan seperti angkat beban. Jadi para atlet yang aktif bertanding dalam olahraga ketahanan seperti lari, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi jenis olahraga ketahanan lainnya tentunya juga akan mendapatkan manfaat esensial dari konsumsi BCAA.

Kapan dan Berapa Dosis yang Dianjurkan?Sebenarnya BCAA dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari, terutama sekali saat kondisi perut kosong untuk mempermudah penyerapan ke dalam tubuh sebelum Anda mengkonsumsi jenis asam amino yang lain. Karena itu BCAA baik dikonsumsi diantara waktu makan Anda. Namun waktu yang paling disarankan mengkonsumsi BCAA adalah langsung saat sebelum dan sesudah latihan. Anda yang menjalani olahraga ketahanan dalam waktu lama seperti bersepeda, berlari, jogging, atau trekking juga dapat mengkonsumsi BCAA selama waktu latihan. Jumlah konsumsi (dosis) yang dianjurkan adalah 7-12 gram BCAA per hari, dimana dalam jumlah ini sudah dapat memicu sintesis protein untuk membentuk dan memperbaiki otot tubuh. Anda juga dapat mencampurkan suplementasi BCAA dengan minuman energi atau minuman khusus olahraga untuk dikonsumsi. Kandungan gula dalam sports drink atau energy drink dapat mensuplai karbohidrat bagi tubuh sebagai sumber energi untuk bahan bakar latihan Anda.

Aan

sportindo.com Mei 09

KENAPA SAYA TIDAK MENYARANKAN PERGI KE SLIMMING CENTER?Kenapa saya tidak menyarankan pergi ke slimming center? Mungkin judul di atas terlihat cukup kontroversial. Sedangkan mungkin saja beberapa dari Anda sudah pernah pergi ke slimming center, mengikuti semuanya, dan berhasil mengecilkan lingkar pinggang, menurunkan berat badan. Lalu kenapa saya membuat artikel ini?

melakukan sedot lemak membuat slimming center merupakan satu-satunya pilihan ketika ingin menurunkan berat badan secara instan. Sekarang kita lihat konsep pembakaran lemak. Bayangkan tubuh kita adalah sebuah mesin, di mana mesin itu bekerja dan hidup setiap harinya. Dalam konsep pembakaran lemak, tubuh ini memiliki 2 fungsi. Yang pertama adalah menimbun lemak. Ketika kita makan berlebihan, tubuh berusaha menyimpannya untuk situasi di mana kita membutuhkannya. Kita sendiri berusaha melakukan investasi 'kan kalau income kita melebihi penggunaan sehari-hari kita? Yang kedua adalah menggunakan lemak untuk dibakar secara rutin dan mesin tubuh bekerja secara efisien. Kita tidak akan menimbun sembako kalau suplai sembako tetap stabil tanpa ada ancaman apapun 'kan? Ketika tubuh Anda kelebihan berat badan, maka tubuh kita berfungsi pada mode yang pertama, menimbun lemak. Satu-satunya cara untuk mengubah tubuh menjadi mode kedua yakni membakar lemak, maka yang harus dilakukan adalah makan yang benar dan olahraga yang pintar. Saya sudah mempunyai banyak sekali artikel tentang ini. Nah apa yang terjadi ketika orang pergi ke slimming center? Tubuh jelas masih dalam mode pertama, dan mindset orang tersebut adalah mencari jalan pintas untuk menurunkan berat badan, juga malas berolahraga. Ada banyak orang yang katanya berhasil menurunkan berat badan atau mengecilkan perut ketika menyelesaikan program di slimming center tersebut. Tetapi pertanyaan saya adalah, ketika proses slimming itu selesai, tubuh ada pada mode yang mana? Pertama atau kedua? Kalau tidak berolahraga dan tidak diet, meskipun slimming center tersebut menunjukkan pengecilan perut dan sebagainya, tubuh masih dalam mode pertama yaitu menimbun lemak. Sehingga itulah yang seringkali terjadi, bahwa setelah turun berat badannya, maka dalam 3-4 bulan, berat badan kita kembali naik, bahkan bisa kembali naik lebih tinggi dari sebelumnya. Patokan kita cuma satu sebenarnya untuk menurunkan berat badan kita, yaitu mengubah mode tubuh dari menimbun lemak menjadi membakar lemak. Cara apapun yang ditempuh, apakah bagus atau tidak, sebelum bertanya ke orang lain, analisalah dengan berpikir bahwa metode yang hendak dijalani, apakah bisa mengubah mode tubuh? Kalau tidak bisa, berarti hasilnya tidak akan permanen. Itulah kenapa saya tidak menyarankan pergi ke slimming center.Link

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt. www.dennysantoso.com Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

ali ini saya coba ulas mengenai orang yang pergi ke slimming center dari sisi psikologis. Orang memilih pergi ke slimming center dibandingkan ke fitness center dengan berbagai alasan, tetapi alasan yang sering saya dengar adalah mereka malas berolahraga, mereka punya duit dan pengen hasil yang lebih instan. Sedot lemak terdengar agak menakutkan, bahkan berita mengenai beberapa orang yang meninggal setelah

K

Ketika tubuh Anda kelebihan berat badan, maka tubuh kita berfungsi pada mode yang pertama, menimbun lemak. Satusatunya cara untuk mengubah tubuh menjadi mode kedua yakni membakar lemak, maka yang harus dilakukan adalah makan yang benar dan olahraga yang pintar.

http://www.dennysantoso.com/kenapa-saya-tidak-menyarankan-pergi-ke-slimming-center.html

10 sportindo.com Mei

EXCLUSIVE POSE

YUSWARDISEMBUH DARI SAKIT KARENA FITNES

Tahun 2007, saya mencoba ikut body contest di Malang untuk sekedar mencari pengalaman. Ternyata saya berhasil mendapat Juara II. Waktu itu pola diet saya masih belum benar dan belum mengenal suplemen. Namun sejak saat itu saya semakin termotivasi untuk belajar diet dan latihan yang benar serta mengikuti pertandingan berikutnya, kenangnya. Karena sambil bekerja, saya harus membagi waktu untuk latihan, terutama saat harus persiapan ikut kejuaraan. Biasanya pagi hari saya mengantar anak ke sekolahnya, lalu bekerja sampai jam 4, baru kemudian jam 5 sore saya bisa latihan, ujar pria yang bekerja di bidang perlengkapan bangunan di Malang ini. Saya latihan 4-5 kali seminggu selama kurang lebih 1,5 jam per sesi. Saat off season saya latihan metode basic berdasarkan urutan program latihan pada umumnya. Tetapi kalau on season saya menambahkan repetisi gerakan untuk bagian otot yang belum berkembang, terang Yus menambahkan. Untuk diet, pagi saya sarapan oatmeal, siangnya nasi beras merah dengan dada ayam atau tuna dimasak kukus. Untuk makan malam saya hanya makan 2 butir apel. Untuk camilan, saya suka makan kacang hijau rebus ditambah gula merah buatan istri saya sendiri karena kaya protein, praktis, dan menghindari ngemil makanan lain yang kurang sehat, terang ayah dari dua orang anak ini. Minum suplemen juga wajib, mulai dari saat sarapan, di sela-sela waktu makan, sebelum dan sesudah latihan, serta malam sebelum tidur. Pilihan saya Iso Sensation 93 kemasan 5 Lbs yang habis cuma dalam waktu 2 minggu. Hahaha..., tambahnya sambil tertawa. Istri kadang menegur kok saya banyak minum suplemen. Saya bilang daripada uang habis untuk berobat karena sakit, kan mending minum suplemen untuk mendukung olahraga. Sehatnya terasa dan bisa menjadi solusi bagi yang sakit. Kalau bentuk badan menjadi bagus karenanya, itu nilai plus! tutup Yuswardi setengah berpesan.

Nama : Yuswardi Wongtono TTL : Langkat, 3 Agustus 1981 Status : Menikah Pekerjaan : Wiraswasta Tinggi badan: 170 cm Berat badan : On season : 63 kg; Off season : 72 kg Bag. tubuh favorit : Back dan biceps Gym : M Gym Kampus ABM Malang Suplemen : Iso Sensation 93, Iso Cool, Amino 2002, dan Ultra Ripped Prestasi : - Semifinalis Nasional BOC Men's Health Surabaya - Semifinalis Surya Naga Body Contest 2008 Surabaya - Juara III Ultimate Body Contest 2008 Malang - Juara II Man Hunt Araya Plaza 2007 Malang

Aan

sportindo.com Mei 11

Nutrition

Branched Chain Amino Acid (BCAA) atau asam amino rantai cabang yang terdiri dari leucine, isoleucine, dan valine, termasuk asam amino esensial karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan harus kita dapatkan melalui diet. BCAA bisa kita dapatkan baik melalui real food (makanan sehari-hari) ataupun melalui suplemen. Artikel berikut ini akan membahas apa saja makanan dan suplemen yang kaya BCAA itu. Makanan yang kaya protein biasanya merupakan sumber BCAA yang baik. Begitu juga dengan suplemen. Beberapa suplemen, meskipun bukan suplemen BCAA murni, mengandung BCAA dalam jumlah yang cukup tinggi. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya, maka kita bisa mengkonsumsi beberapa jenis golongan makanan dan suplemen berikut ini.

Putih TelurPutih telur yang dikeringkan (tepung putih telur) atau dikenal dengan dried egg whites merupakan sumber BCAA tertinggi dengan kandungan BCAA dalam tiap 100 gramnya mencapai 16,58 gram, yang terdiri dari 6837 mg leucine, 4580 mg isoleucine, dan 5163 mg valine. Tepung putih telur banyak dimanfaatkan dalam industri pangan maupun sebagai suplemen bagi binaragawan.

KedelaiSoy protein isolate mengandung BCAA tertinggi setelah tepung putih telur, dengan kandungan BCAA sebesar 15,13 gram tiap 100 gramnya, yang terdiri dari 6782 mg leucine, 4253 mg isoleucine, dan 4099 mg valine. Kacang kedelai juga merupakan sumber BCAA yang baik, di mana tiap 100 gram kacang kedelai segar mengandung 3309 mg leucine, 1971 mg isoleucine, dan 2029 mg valine, atau 7,31 gram BCAA. Kedelai juga merupakan alternatif sumber protein terbaik bagi vegetarian. Selain itu, kedelai juga mengandung antioksidan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Rumput LautRumput laut jenis spirulina yang dikeringkan mengandung kadar BCAA yang cukup tinggi yaitu sebesar 11,67 gram dalam tiap 100 gram spirulina kering, dengan 4947 mg leucine, 3209 mg isoleucine, dan 3512 mg valine. Selain kaya BCAA, spirulina juga kaya akan berbagai fitokimia yang berguna untuk melindungi kesehatan tubuh. Spirulina dalam bentuk bubuk biasanya dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan.

Susu dan OlahannyaWhey protein merupakan salah satu suplemen berbasis susu yang tinggi kandungan BCAA-nya. Whey protein yang paling murni, yaitu whey protein isolate, mengandung sekitar 26% kadar BCAA dalam tiap 100 gram proteinnya. Selain itu, whey protein juga memiliki daya cerna dalam tubuh yang sangat tinggi sehingga kita bisa mendapatkan asupan BCAA dan asam amino esensial lainnya dengan optimal. Selain itu, susu bubuk non fat atau tanpa lemak pun memiliki kandungan BCAA yang tinggi, yaitu 3542 mg leucine, 2188 mg isoleucine, dan 2420 mg valine atau total 8,15 gram BCAA dalam tiap 100 gramnya. Sedangkan produk olahan susu yang kaya BCAA adalah keju. Keju parmesan, keju bertekstur keras asal Italia, merupakan jenis keju dengan kadar BCAA tertinggi di antara jenis keju lainnya, yang mengandung 4013 mg leucine, 2202 isoleucine, dan 2853 mg valine dalam tiap 100 gram keju parmesan parut, sehingga total BCAA yang dikandungnya adalah 9,01 gram per 100 gramnya.

12 sportindo.com Mei

Ikan dan SeafoodIkan dan seafood juga merupakan sumber BCAA yang baik. Di antara semua jenis ikan, ikan laut dalam merupakan sumber BCAA terbaik. Ikan cod, tuna, salmon, dan makarel merupakan ikan dengan kandungan BCAA yang tinggi. Selain mengandung BCAA yang cukup tinggi, ikan-ikan laut dalam ini pun dikenal sebagai sumber asam lemak sehat Omega 3 terbaik. Selain itu, seafood seperti remis, cumi-cumi, gurita, siput, maupun lobster juga kaya akan BCAA, di mana remis memiliki kandungan BCAA tertinggi di antara seafood lainnya, dengan setiap 100 gram remis yang sudah dimasak mengandung 3807 mg leucine, 1655 mg isoleucine, dan 2075 mg valine (7,54 gram BCAA).

DagingDaging sapi dikenal sebagai sumber BCAA yang cukup baik. Bagian daging sapi yang paling kaya asam amino rantai cabang ini adalah bagian topside atau round, yaitu bagian daging sapi yang terletak di bagian paha belakang sapi mendekati area pantat sapi. Tiap 100 gram daging sapi bagian round tanpa lemak yang dimasak dengan sedikit air (braising) mengandung 2873 mg leucine, 1643 mg isoleucine, dan 1792 mg valine atau total BCAA sebesar 6,31 gram.

UnggasSelain berbagai makanan dan suplemen yang sudah disebutkan di atas, daging unggas seperti ayam, kalkun, maupun bebek ternyata juga memiliki kandungan BCAA yang cukup tinggi. Setiap 100 gram dada ayam tanpa lemak yang digoreng mengandung 2509 mg leucine, 1765 mg isoleucine, dan 1659 mg valine (total BCAA 5,93 gram). Sedangkan 100 gram sayap kalkun tanpa lemak yang dipanggang mengandung 2458 mg leucine, 1604 mg isoleucine, dan 1639 mg valine (total BCAA 5,7 gram).

Bagi Anda yang menjalani program pembentukan tubuh, BCAA merupakan nutrisi penting yang harus Anda konsumsi untuk mengoptimalkan hasil latihan Anda. Selain itu, bagi Anda yang menjalani aktivitas fisik dan olahraga secara intensif, BCAA juga merupakan nutrisi esensial untuk mendukung performa Anda. Untuk menjaga dan mencegah penyusutan otot Anda, mengurangi kelelahan dan mempercepat pemulihan, serta membantu meningkatkan energi, maka Anda membutuhkan BCAA. Oleh karena itu, pilihan berbagai makanan kaya BCAA di atas sebaiknya Anda masukkan dalam pola makan sehat Anda setiap harinya untuk memasok asam amino esensial ini. Dan ingat bahwa tubuh kita membutuhkan tak hanya satu, tetapi banyak jenis nutrisi setiap harinya, maka konsumsilah beraneka ragam makanan setiap hari, termasuk beraneka ragam makanan kaya BCAA di atas.Diana

sportindo.com Mei 13

Health File

SUPLEMENTASIPENYAKIT BCAA UNTUK TERAPI BERBAGAIBerbagai studi telah dilakukan untuk mempelajari manfaat BCAA dalam mengobati penyakit. Salah satu yang telah terbukti efektif dan merupakan yang paling dikenal adalah penggunaan suplementasi BCAA untuk pasien penyakit hati. Namun, ternyata suplementasi BCAA juga bermanfaat dalam terapi berbagai kondisi kesehatan lainnya. Apa sajakah itu?

BCAA (Branched ChainAmino Acid) atau biasa disebut juga dengan asam amino rantai cabang terdiri atas asam amino esensial Leucine, Isoleucine, dan Valine. Ketiga asam amino ini merupakan pemain kunci dalam proses sintesa protein dan produksi energi. Selain itu, BCAA juga memberikan manfaat lain terkait dengan fungsi masing-masing asam amino penyusunnya. MANFAAT BCAA UNTUK MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN BCAA merupakan nutrisi yang memegang peranan penting dalam proses sintesa protein dan pemulihan atau penyembuhan dalam tubuh. Masing-masing asam amino yang terkandung dalam BCAA memiliki fungsi tersendiri yang saling menunjang proses pemulihan dan pertumbuhan otot. Leucine penting untuk penyembuhan luka terutama pada kulit dan tulang serta melindungi otot. Isoleucine membantu produksi energi dan penting dalam proses pembentukan hemoglobin. Valine membantu menjaga keseimbangan nitrogen yang sangat penting untuk perkembangan otot. Untuk itu, suplemen BCAA akan membantu tubuh saat jaringan tubuh yang mengalami kerusakan atau luka sedang dalam proses penyembuhan, dan menjaga jaringan otot dari katabolisme atau pemecahan selama beraktivitas fisik atau berolahraga intensif. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, BCAA dapat memberikan manfaat positif pada beberapa

gangguan kesehatan, antara lain: PENYAKIT HATI BCAA telah cukup lama dikenal dalam perawatan bagi pasien penyakit hati. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Gastroenterology tahun 2003, suplementasi BCAA terbukti mampu meningkatkan fungsi hati, mengurangi waktu rawat inap di rumah sakit, dan meningkatkan kualitas hidup pasien sirosis hepatis atau penyakit hati kronik. Suplementasi BCAA juga penting untuk menjaga kadar albumin serum bagi pasien sirosis. KANKER Pasien kanker umumnya mengalami penurunan kemampuan sintesa protein dan glutamine yang mempengaruhi respon imun atau kekebalan tubuh. Keadaan ini bahkan semakin memburuk setelah pasien kanker menjalani terapi. Penelitian yang dilakukan University of Trieste, Trieste, Italy, pada tahun 2006, menemukan bahwa pemberian suplementasi BCAA dapat meningkatkan sintesa protein otot dan glutamine. KELELAHAN Triptofan adalah sebuah asam amino yang normalnya berada di aliran darah dan berikatan dengan plasma protein darah yang sangat penting, yaitu albumin. Namun selama aktivitas fisik atau latihan yang berat dan lama, triptofan akan melepaskan ikatannya dengan albumin yang kemudian diubah jadi zat

kimia lain bernama serotonin yang akan memicu kelelahan dan penurunan performa fisik dan mental. Menurut University College of Physical Education and Sports and Department of Physiology and Pharmacology, Karolinska Institutet, yang bertempat di Stockholm, Swedia, meningkatkan konsumsi BCAA akan menurunkan jumlah triptofan bebas dalam darah sehingga mengurangi kelelahan dan meningkatkan performa fisik. PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marielle Engelen PKJ, dkk., pada tahun 2007, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa suplementasi soy protein dengan BCAA dapat meningkatkan anabolisme atau pembentukan protein pada pasien Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) atau dikenal dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). CEDERA OTAK Sebuah studi telah dilakukan untuk meneliti apakah suplementasi BCAA pada pasien trauma kepala (traumatic brain injury) dapat meningkatkan pemulihan kognitif dan mempengaruhi konsentrasi plasma tirosin yang merupakan prekursor neurotransmiter katekolamin serta konsentrasi plasma triptofan yang merupakan prekursor neurotransmiter serotonin di otak. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa suplementasi BCAA dapat memperbaiki skor Disability Rating Scale (DRS) tanpa menyebabkan efek negatif

pada tirosin dan triptofan. DRS merupakan parameter yang digunakan untuk menjelaskan prognosa cedera kepala, yang mencerminkan kerusakan (impairment), ketidakmampuan (disability), dan kecacatan (handicap). LUKA BAKAR DAN SEPSIS Pada kejadian luka bakar, terjadi hipermetabolisme yang memicu terjadinya katabolisme protein berlebihan dan ekskresi nitrogen urin yang meningkat. Protein juga hilang melalui eksudat. Oleh karena itu, BCAA akan membantu meningkatkan keseimbangan nitrogen dan mencegah laju katabolisme protein dalam tubuh. Selain itu, leucine telah diteliti efeknya dan berguna untuk sintesis protein pada luka bakar dan sepsis (infeksi dalam darah yang menyebabkan peradangan di seluruh tubuh). Berdasarkan penelitian, pasien yang selamat dari sepsis ternyata memiliki kadar BCAA dalam darah yang lebih tinggi daripada yang meninggal. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat BCAA yang masih terus dikembangkan sebagai bagian dari terapi medis karena BCAA merupakan nutrisi esensial dengan beragam manfaat bagi tubuh. Namun tentu saja penggunaan suplemen BCAA untuk terapi medis akan berbeda dengan penggunaan suplemen BCAA untuk tujuan lain, misalnya untuk menjaga otot dari penyusutan. Jika Anda memiliki kondisi medis seperti di atas, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan terapi dengan BCAA yang tepat.Diana

14 sportindo.com Mei

BELAJAR DARI PENGALAMAN

ICHA

Sejak ikut fitnes mulai September 2009, selama setahun saya belum berhasil menurunkan berat badan. Saya asal nge-gym saja tanpa ikut program latihan yang jelas, buka Icha. Karena tidak berhasil, saya coba lebih serius dengan menyewa jasa Personal Trainer. Nah, selama tiga bulan mulai September sampai Desember 2010 itulah saya digembleng habis oleh PT saya, tambah gadis yang dilatih oleh Ancak dari Calosa Fitness Center Malang ini. Program latihannya sangat berat dan dietnya juga ketat. Saat angkat beban, berat bebannya ditambahkan sampai cukup menantang. Saya jadi tahu kenapa dulu latihan saya tidak berhasil rupanya karena hanya bermain repetisi saja sementara berat beban kurang, jelas Icha. Setelah sesi angkat beban, ditambah lagi sesi kardio jalan cepat untuk membakar lemak lebih efektif, tambahnya. Dietnya gak kalah berat, saya harus diet rendah karbo dan tinggi protein. Saya harus berhenti makan nasi putih dan mengurangi makanan manis, diganti dengan karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah, roti gandum, dan serat dari sayur dan buah. Untuk proteinnya saya hanya makan tempe, tahu, daging dada ayam, atau ikan kerapu yang dimasak panggang atau kukus. Oh iya, tidak lupa minum suplemen susu whey protein dan pembakar lemak juga, ceritanya panjang lebar. Di awal diet, konsentrasi saya sempat berkurang sehingga agak mengganggu jadwal kuliah. Bahkan saya sempat mengalami sugar craving sehingga cheating. Diamdiam ngemil makanan manis. Akibatnya berat badan saya jadi bertambah kembali, kenang mahasiswi sebuah perguruan tinggi di Malang ini. Ada lagi faktor penting yang saya lupakan. Karena masih ada part-time job sampai malam, saya lupa istirahat cukup. Akibatnya metabolisme tubuh jadi terganggu, ungkapnya. Akhirnya saya berusaha disiplin ngatur waktu. Kalau tak sempat latihan sore, saya jalan cepat di pagi hari. Kadang ditambah push-up dan sit-up. Setelah 3 bulan, hasilnya bisa saya lihat langsung di depan cermin. Bagian perut lebih rata dan otot pantat juga lebih kencang, tambahnya. Total berat badan saya turun 5 kg dalam 3 bulan dari 60 kg menjadi 55 kg. Meski terlihat sedikit tetapi ketika diukur dengan fat monitor, ternyata selain lemak saya berkurang, massa otot saya juga bertambah. Menurut PT saya, kondisi ini justru bagus untuk hasil yang permanen, kata Icha senang. Sekarang saya masih terus maintenance latihan dan diet. Makin terbiasa dan tidak sugar craving lagi karena saya tetap konsumsi karbohidrat sederhana per 3 hari sekali untuk mendapat energi. Saya tidak mentarget apa-apa karena yang penting hidup sehat. Prinsipnya, dengan disiplin dan motivasi untuk mau latihan dan mengatur pola makan, bentuk badan ideal yang diinginkan akan cepat tercapai, tutupnya berbagi tips. Aan

PENGALAMAN ASAL IKUT FITNES TANPA PROGRAM YANG JELAS MEMBUAT ICHA MENDAPAT PELAJARAN BERHARGA DALAM USAHANYA MENURUNKAN BERAT BADAN.

NamaIcha Gunawan, TTLProbolinggo, 27 Juni 1990, StatusSingle, Tinggi badan165 cm, Berat badan55 kg, GymCalosa Fitness Center Malang, SuplemenProstar 100% Whey Protein & Ultra Ripped Fast Acting Formula, HobiTraveling

SPORTY FEMME

sportindo.com Mei 17

Tips

MEMILIH NUTRISI

YANG TEPAT SEBELUM

LATIHAN1 2 3

Nutrisi sebelum latihan atau pre workout nutrition sangat penting karena menentukan apakah Anda dapat mencapai potensi maksimum Anda selama latihan. Bagaimana dengan Anda? Apakah asupan nutrisi sebelum latihan Anda sudah tepat? Asupan nutrisi yang tepat sebelum latihan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan performa latihan Anda, menurunkan tingkat kerusakan otot, dan memberikan tubuh Anda bahan baku untuk proses pemulihan. Berikut ini 5 nutrisi penting untuk dikonsumsi sebelum latihan untuk memaksimalkan latihan dan vitalitas tubuh Anda:

4

5

PROTEIN KARBOHIDRAT KOMPLEKSKarbohidrat adalah sumber energi utama dalam latihan. Namun pilihlah karbohidrat kompleks yang lambat serap sekitar satu atau dua jam sebelum latihan akan memberikan energi secara konstan bagi tubuh Anda saat berlatih. Sumber yang baik dari karbohidrat ini antara lain seperti oatmeal, roti gandum, beras merah, dan lain-lain. Hindari konsumsi karbohidrat sederhana yang memiliki Indeks Glikemik tinggi karena melepaskan insulin terlalu cepat. Penurunan tingkat insulin akan membuat Anda cepat merasa lelah. Protein merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan otot. Tanpa itu, otot Anda tidak akan tumbuh. Konsumsilah sekitar 40 menit sebelum latihan untuk memasok nutrisi, menjaga tubuh dalam keadaan anabolik, dan mencegah kerusakan otot selama sesi latihan. Salah satu asam amino yang sangat penting sebelum latihan adalah BCAA (Branched Chain Amino Acid), asam amino yang penting untuk mencegah katabolisme atau pemecahan otot Anda menjadi energi. BCAA diperlukan untuk menjaga keseimbangan nitrogen dan mencegah kerusakan otot. Whey protein merupakan pilihan sumber protein sekaligus BCAA yang baik, tetapi untuk memasok BCAA dalam tubuh Anda, maka bisa juga mengkonsumsi suplemen BCAA.

AIRPastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik sebelum latihan, selama latihan, maupun setelahnya, dengan minum air yang cukup. Dehidrasi akibat kurangnya minum air bisa mengganggu proses metabolisme tubuh sehingga menurunkan performa latihan dan menghambat pemulihan setelah latihan.

BUAHBuah-buahan dikemas dengan vitamin dan karbohidrat untuk bahan bakar latihan Anda. Buah-buahan yang baik dikonsumsi sebelum latihan antara lain pisang, dengan karbohidrat untuk sumber energi dan kalium untuk mencegah kram, ataupun jeruk yang memberikan energi secara cepat, kaya vitamin C dan mengandung elektrolit yang juga mencegah kram.

ASAM LEMAK ESENSIALAsam lemak ini diperlukan untuk mempertahankan tingkat testosteron yang tinggi dan menjaga tingkat energi. Ikan dan selai kacang merupakan pilihan asam lemak esensial yang baik. Memasak dengan minyak canola, minyak zaitun atau minyak wijen juga bermanfaat.

Lingga

PERHATIKANLAH ASUPAN NUTRISI ANDA SEBELUM BERLATIH UNTUK MENDAPATKAN PERFORMA LATIHAN YANG MAKSIMAL SERTA MENGOPTIMALKAN HASIL LATIHAN ANDA!

18 sportindo.com Mei

HEALTHYFOODRECIPE

Camilan Sehat dari Prostar 100% Whey Protein:

Chewy Chilled Whey Bar & Muscle Power Bar

Oleh : Arief T. Nur Gomo, STP, MSi. Healthy Food and Recipe Contributor Head of Research and Development Department PT. Bionic Natura, Healthy Food

Anda tentu sudah akrab dengan snack dalam bentuk batangan yang sering disebut energy bar ataupun protein bar. Nah, kali ini Arief T Nur Gomo akan mengajak Anda untuk membuat sendiri camilan sehat ini dengan menggunakan Prostar 100% Whey Protein. Selain tinggi protein, Prostar 100% Whey Protein juga mengandung lemak dan gula yang rendah, serta tambahan BCAA yang penting untuk meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh dan otot Anda, serta performa Anda.

CHEWY CHILLED

Nilai gizi per batang: Kalori: 189 kkal Lemak: 9 g Karbohidrat: 10 g Serat: 2.5 g Protein: 17 gmenyuplai energy untuk aktifitas. Selain energy bar, beberapa produsen makanan yang jeli melihat kebutuhan protein oleh penggemar olahraga kebugaran dan body building sehingga mereka menciptakan protein bar. Protein bar mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan energy bar, untuk menyuplai kebutuhan otot yang rusak pada saat latihan. Sumber protein yang digunakan dalam pembuatan protein bar umumnya menggunakan protein-protein yang berkualitas tinggi seperti dari whey protein, soy protein dan protein telur. Terdapat banyak jenis protein bar dan cara pengolahannya pun berbedabeda, ada yang tanpa dimasak, ada yang dipanggang, dan ada yang dibekukan. Di resep berikut ini akan kita buat protein bar menggunakan UN Prostar 100% Whey Protein dan cara pembuatannya pun mudah. Sesuai dengan namanya, protein bar ini harus disimpan dalam chiller/pendingin dan memiliki tekstur kenyal. Now, get your spoon and bowl then start to blend.

WHEY BARC AR A M E M B U A T Campur rata oatmeal instan, tepung oatmeal instan, whey, dan almond. Masukkan peanut butter dan campur rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Masukkan dalam cetakan berukuran 15,5x10x4 cm (atau cetakan brownies persegi panjang ukuran setengah), yang sudah diolesi minyak nabati. Simpan dalam freezer sekitar 1 jam. Keluarkan dan potong menjadi 9 bagian. Bungkus dengan plastik segi empat atau kertas roti. Simpan dalam chiller/pendingin selama semalam. Siap dikonsumsi keesokan harinya. Untuk 9 batangan akanan berbentuk batangan (bar) mulai diperkenalkan sekitar akhir tahun 1960 dalam rangka mendukung pengembangan program luar angkasa AS untuk menyediakan makanan yang bergizi bagi astronot. Makanan ini disebut dengan Space Food Stick dan masih diproduksi sampai sekarang. Makanan ini menyediakan energi atau tenaga bagi yang memakannya sehingga lebih dikenal dengan nama energy bar. Energy bar mengandung 3 komponen zat gizi utama yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Energy bar mengandung karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan protein dan lemak untuk

M

BAHAN 75 g oatmeal instan 25 g oatmeal instan dihaluskan 132 g Prostar 100% Whey Protein Vanilla flavor 30 g almond cincang (disangrai) 100 g peanut butter 100 ml susu rendah lemakTIPS DAN SARAN Konsumsi segera setelah dikeluarkan dari pendingin. Jangan dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan karena whey bar akan menjadi agak lengket (sticky) dan terlalu kenyal.

http://www.dennysantoso.com/chewy-chilled-whey-bar.html

22 sportindo.com Mei

HEALTHYFOODRECIPE

esuai dengan namanya, makanan ini pastinya berbentuk batangan, mengandung protein whey untuk pembentukan otot, dan gula yang diperlukan sebagai sumber tenaga instan. Selain itu makanan ini mengandung serat pangan yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Whey protein biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman dan buat sebagian orang sepertinya agak kurang praktis karena harus selalu memerlukan gelas, botol minuman, atau shaker bila ingin dikonsumsi setelah melakukan aktifitas olahraga. Akan tetapi mencampurkan whey dengan beberapa bahan, kita bisa membuat makanan berbentuk batangan sehingga lebih mudah dibawa kemanamana. Sebelum melanjutkan ke resepnya, kita lihat terlebih dahulu beberapa manfaat whey bagi kesehatan, sebagai berikut: WHEY DAPAT MENEKAN NAFSU MAKAN. Whey mengandung GMP (glycomacropeptide) yang ternyata mempunyai kemampuan menstimulasi hormon dalam pencernaan

S

yang mengirimkan pesan ke otak kalau kita sudah kenyang, sehingga nafsu makan kita berkurang. MENDORONG METABOLISME DAN PEMBENTUKAN OTOT (LEAN MUSCLE). Dalam pembentukan otot, lemak akan digunakan sebagai bahan bakar. Peningkatan massa otot akan meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak. MENJAGA MASSA OTOT. Whey mempunyai kualitas asam amino yang tinggi dengan susunan yang hampir mendekati susunan asam amino otot manusia. Asam amino sistein dan glutamine yang yang terkandung dalam whey sangat berperan menjaga massa otot, terutama selama latihan dan dalam program weight loss. Dengan menjaga massa otot akan membantu mempertahankan metabolism dan mempunyai manfaat terhadap kesehatan secara keseluruhan. MEMPUNYAI INDEKS GLIKEMIK RENDAH. Whey mempunyai nilai IG yang rendah sehingga cocok digunakan dalam program weight control. Makanan dengan Indeks glikemik rendah akan memberikan rasa kenyang

lebih lama, meminimalkan produksi insulin dan menjaga sensitivitas insulin. Hasil penelitian menyebutkan dengan konsumsi makanan ber-IG rendah pada waktu makan pertama akan mengurangi jumlah makanan pada waktu makan kedua. DIET KALSIUM. Whey mengandung kalsium dimana kalsium memegang peranan penting dalam pengaturan metabolisme energi dan secara konsekuen menurunkan berat dan lemak tubuh. SEBAGAI PEMBENTUK SENYAWA ANTIOKSIDAN. Kandungan sistein dan metionin dalam whey berfungsi dalam pembentukan glutathione dalam tubuh. Glutathione disebut juga sebagai The Master Antioxidant yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. SEBAGAI MAKANAN SUMBER PROTEIN YANG BAIK UNTUK BERBAGAI USIA. Whey protein cocok untuk berbagai usia yang berperan dalam diet yang sehat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Whey juga bisa dikonsumsi oleh bayi (infant)

karena mengandung komponen-komponen yang hampir sama dengan komponen-komponen yang ditemukan di ASI. Susu formula bayi pun banyak menggunakan whey protein sebagai salah satu bahan formulanya. Susu formula yang dibuat berbahan baku whey protein ternyata dapat mengurangi tangisan bayi akibat sakit perut. Untuk ibuibu yang sedang hamil atau menyusui memerlukan sejumlah protein yang bisa diperoleh dari whey protein, terlebih dahulu harus dikonsultasikan dengan dokter. Kehamilan dapat meningkatkan kebutuhan protein tubuh sampai 33%. Demikianlah manfaat whey protein yang bisa kita peroleh jika kita mengkonsumsinya secara teratur. Selanjutnya mari kita ikuti resep berikut.

BAHAN 30 g UN Prostar 100% Whey Protein 100 g sirup vanilla 100 g oatmeal instan 15 g minyak canola 55 g air CARA MEMBUAT Campur rata whey dan oatmeal. Tambahkan sirup vanilla, minyak canola, dan air sambil terus diaduk sampai rata. Timbang sebanyak 50 g dan cetak menggunakan aluminium foil sesuai bentuk yang diinginkan. Panggang dalam oven pada suhu 160C selama sekitar 30 menit. Angkat. Dinginkan. Kemas atau simpan dalam toples kedap udara. Untuk 6 batangan

MUSCLE

POWER BAR

TIPS DAN SARAN Tambahkan campuran buah kering untuk meningkatkan citarasanya. Ganti jenis sirup dengan rasa yang lain untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.http://www.dennysantoso.com/muscle-power-bar.html

Nilai gizi per batangan Energi: 144 kkal Lemak: 3.8 g Karbohidrat: 21.2 g Serat: 1.6 g Protein: 6.3 g

sportindo.com Mei 23

Article

Setiap orang yang berlatih beban secara teratur untuk membentuk tubuh tentu menginginkan perkembangan otot seoptimal mungkin. Namun, apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang telah berlatih dengan sangat keras tetapi belum mendapatkan perkembangan otot seperti yang Anda inginkan? Apakah otot Anda mengalami katabolisme atau penyusutan?

Apa Itu Katabolisme?Katabolisme adalah suatu reaksi pemecahan molekul kompleks menjadi lebih sederhana yang melibatkan pelepasan energi. Bagaimana dengan katabolisme otot? Efek katabolik berarti digunakannya protein otot Anda sebagai sumber energi. Ketika kita berlatih dengan cukup berat dan dalam durasi yang cukup panjang, otot seringkali mengalami proses katabolisme yang mengakibatkan menyusutnya otot Anda. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi bukan? Dengan pengaturan nutrisi yang tepat, Anda bisa mencegah penyusutan otot dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otot Anda.

24 sportindo.com Mei

Model : Ketut

Bagaimana BCAA Bekerja?Selama latihan beban yang intens, tubuh biasanya dalam kondisi yang sangat katabolik. Dalam kondisi ini gudang penyimpanan glikogen dalam tubuh akan cepat habis dan hati harus bekerja untuk mensintesis glukosa sebagai sumber energi. Suplemen BCAA mampu mencegah tubuh membakar protein otot sebagai bahan bakar sehingga mencegah kerusakan otot. BCAA mengorbankan dirinya sendiri untuk dijadikan bahan bakar. Dengan mengurangi pemecahan protein selama latihan, maka kemungkinan Anda meningkatkan massa otot menjadi semakin besar karena proses sintesis protein juga meningkat. Pelepasan BCAA dikenali sebagai sinyal oleh tubuh untuk menghentikan sintesis protein pada otot, terutama pada saat stres. Konsumsi BCAA, terutama pada saatsaat stres akan mempengaruhi sinyal ini dan memungkinkan sintesis protein untuk terus berjalan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada orang obesitas, suplemen BCAA ditemukan dapat menginduksi anabolisme atau pembentukan otot dan menghemat nitrogen sehingga para subyek penelitian dapat membakar lemak tubuh, bukan otot.latihan intensif tersebut BCAA terus dimetabolisme untuk meneningkatkan energi secara signifikan, maka sejumlah besar BCAA akan dimetabolisme dan dapat mengakibatkan berkurangnya kadar BCAA dalam otot. Untuk itulah, suplemen BCAA dibutuhkan untuk memasok BCAA ke dalam tubuh, terutama otot. Pengaruh suplementasi BCAA sebelum dan setelah latihan terhadap metabolisme protein otot dan kerusakan otot akibat latihan telah banyak diuji melalui berbagai studi. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa suplemen BCAA oral (77 mg/kg berat badan) sebelum latihan terbukti memberikan peningkatan level BCAA selama latihan dan menekan pemecahan protein otot. Selain itu, suplementasi asam amino dengan tambahan BCAA juga terbukti mengurangi rasa nyeri otot setelah latihan. Para ahli meyakini bahwa stimulasi sintesis protein oleh leucine dan penekanan pemecahan protein otot pasca latihan oleh BCAA bertanggung jawab atas efek protektif suplementasi BCAA terhadap kerusakan dan nyeri pada otot setelah latihan. Selain itu, sintesis protein otot meningkat setelah latihan. Dari temuan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan BCAA meningkat akibat aktivitas olahraga. Suplementasi BCAA sebelum dan setelah latihan memiliki efek menguntungkan untuk mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh latihan dan olahraga, serta meningkatkan sintesis protein otot, sehingga suplementasi BCAA merupakan suplemen yang sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan massa otot. Leucine yang merupakan salah satu asam amino dalam BCAA yang menarik karena dapat dimetabolisme langsung di otot, bukan di hati seperti asam amino lainnya. Semua orang tahu bahwa BCAA memiliki aktivitas anti-katabolik, tapi tidak mengetahui apa penyebabnya. Banyak orang menganggap otot memiliki cadangan BCAA. Leucine tidak secara otomatis bertindak sebagai agen anabolik (membentuk otot). Tapi banyak juga zat lainnya yang mempengaruhi sifat anabolik dalam leucine yang masih diteliti hingga saat ini. Sebuah penelitian menemukan fakta pada orang yang menderita trauma dan cedera bahwa dosis tinggi BCAA efektif dalam mencegah katabolisme otot dan mempromosikan sintesis protein sehingga perbaikan dan penyembuhan otot berjalan dengan lebih baik. Jadi, BCAA sangat dibutuhkan oleh Anda yang giat berolahraga, terutama untuk dikonsumsi sebelum dan setelah latihan untuk mengurangi kerusakan otot. Lingga

Nutrisi untuk Mencegah Katabolisme OtotBCAA atau Branched Chain Amino Acid adalah asam amino yang sudah dikenal sebagai agen antikatabolik atau mencegah katabolisme otot. Manfaat utama dari BCAA adalah mengurangi kerusakan otot, meningkatkan cadangan glikogen otot, meningkatan kesehatan dan kekebalan tubuh, serta meningkatkan daya tahan otot. Bagi Anda yang berlatih intensif dan ingin pulih lebih cepat setelah latihan, meningkatkan ukuran otot, mengurangi nyeri otot, dan meningkatkan sistem imunitas maka BCAA adalah solusi yang tepat.

BCAA mengandung 3 asam amino dari keseluruhan 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh yaitu leucine, isoleucine, dan valine. BCAA dapat dioksidasi dalam otot rangka, sementara asam amino esensial yang lain dipecah terutama di hati. Latihan sangat meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan oksidasi BCAA. BCAA diyakini berkontribusi dalam metabolisme energi selama latihan sebagai sumber energi. Selama sesi latihan aerobik atau latihan beban yang berdurasi panjang, BCAA dapat dioksidasi dalam mitokondria di otot menghasilkan energi. Dan karena selama

Pengaruh BCAA pada Pencegahan Katabolisme Otot dan Peningkatan Pertumbuhan Otot

sportindo.com Mei 25

Gym Profiles

FERO FITNESS CENTERCIBINONG, BOGORecamatan Cibinong merupakan sebuah jantung kawasan industri dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat sehingga sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai buruh. Karena itulah Bp. Medi berinisiatif mendirikan sebuah gym bernama Fero Fitness Center pada 26 November 2006 di Pabuaran, Cibinong. Dengan biaya membership yang sangat terjangkau Anda sudah bisa menikmati peralatan fitnes yang cukup lengkap. Bp. Medi sangat berdedikasi dalam mengelola dan memandu para member Fero FC. Tak heran kini Fero FC menjadi pusat kebugaran bagi sekitar 100 orang member aktif per bulannya. Selain itu, tentunya Anda bisa mendapatkan berbagai jenis suplemen penunjang fitnes di Fero FC. Untuk bergabung, Anda cukup membawa uang 50 ribu rupiah saja untuk biaya member satu bulan karena biaya pendaftaran digratiskan. Atau jika Anda ingin mencoba dulu, per kunjungan latihan hanya cukup membayar 5 ribu rupiah saja. Jadi tunggu apa lagi segera kunjungi Fero FC yang berlokasi di Jl. Bedahan No. 111 RT.06 RW.02 Pabuaran, Cibinong, Bogor. Buka Senin-Kamis dan Sabtu jam 09:0021:00, Jumat jam 13:00-21:00, dan Minggu jam 09:00-18:00. Untuk info hubungi nomor telepon 081388955568. Teguh

K

TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA

NAGAFIT SPORT FITNESSemenjak launching 23 Januari 2011 yang lalu, Nagafit Sport Fitness terus mendapat member baru dari berbagai wilayah di Jakarta. Bahkan beberapa member datang dari tempat yang jauh dari lokasi gym. Ada yang tertarik bergabung karena ingin berjumpa artis dari Nagaswara Records atau karena ingin bergabung dengan Nagaguard. Bp. Leo, sang owner, ingin merubah image Jakarta Utara yang oleh sebagian orang dianggap kurang aman. Bp. Leo ingin menunjukkan bahwa Jakarta Utara khususnya Tanjung Priok juga punya atlet-atlet olahraga berprestasi. Karenanya ia menjamin kenyamanan latihan para membernya. Dengan ruangan ber-AC yang bersih dan berbagai peralatan fitnes baru bermerk ternama, Anda dapat berlatih dengan nyaman. Peralatan kardio seperti treadmil otomatis juga tersedia. Kelas yang paling digemari member di Nagafit adalah beladiri Thai Boxing yang digelar setiap 2 kali seminggu di lokasi indoor dan outdoor. Selain itu juga terdapat kelas aerobik untuk para wanita dengan ruangan terpisah. Dengan biaya pendaftaran hanya 25 ribu rupiah, membership fitnes 100 ribu rupiah, atau cukup menambah 50 ribu rupiah lagi untuk plus aerobik atau thai boxing, segera kunjungi lokasinya di Jl. Usaha No. 32 (Belakang Kantor Pos Ampera), Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, atau hubungi nomor telepon (021) 97221116 untuk info lebih lanjut. Buka non-stop setiap hari jam 08:00-22:00.Aan

S

26 sportindo.com Mei

N , B ER G A N T IA N ER G I K E G Y M A R I A N D A P A LA T D EN G A N G ER A K A S ET IA P H ER B A G A I A. M EN C O B A B TE K N IK Y A N G B ER B ED T IH A N DAN A D A LA ATA J IK A T ER N Y NG ANDA B A G A IM A N A A N T A N G D A R I P A D A Y A M EN Y A N G L EB IH L A K U K A N S EK A R A N G ? LAH ANDA T ANNYA ADA K EU N T U N G N D I R U M A H T A N P A A LA M EL A K U K A T IH A N A P A K A H IT U ? DAPAT L! LA YANG MAHA

L A T I H A N P E N U H T A N T A N G A N

Banyak orang melakukan latihan bench press atau butterflies, tetapi mengabaikan push up. Latihan push up memiliki pengaruh merata pada seluruh bagian tubuh. Seluruh otot tubuh akan bekerja dan mendapatkan dampak yang bersamaan saat Anda melakukannya. Banyak orang yang mengatakan Push up terlalu mudah bagi saya, apakah tidak ada tantangan lain?. Push up, seperti semua latihan, memiliki variasi yang membuatnya menjadi lebih sulit dan tentunya menantang.

Push Up!

Berikut hal yang bisa Anda lakukan agar push up menjadi lebih menantang sehingga Anda tetap menyukai melakukan latihan yang satu ini.

1. Lebar TanganPosisi tangan dapat mengubah tingkat kesulitannya. Anda dapat memulai dari posisi normal, posisi tangan sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Rasakan peningkatan kesulitan pada setiap repetisinya.

Apakah Anda pernah mencoba push up dengan kaki di udara atau menempel di tembok? Semakin tinggi posisi kaki Anda, maka push up akan semakin menantang Anda.

4. PliometrikCoba versi pliometrik, untuk menambah daya ledak Anda. Lakukan push up seperti biasa. Tetapi, saat akan mendorong ke atas, lakukan sekuat tenaga agar tubuh bagian atas Anda terdorong ke udara, kemudian tepukkan tangan Anda! Hal ini akan membuat push up Anda lebih menantang! Sekarang Anda sudah tahu apa saja yang dapat Anda variasikan pada latihan push up. Apakah Anda masih meremehkan push up sebagai latihan ringan? Cobalah lakukan inovasi dan variasi push up lainnya agar Anda tetap termotivasi melakukannya!

3. Daya TahanSeperti halnya latihan lain, Anda dapat menambahkan tekanan pada push up! Salah satunya dengan memakai rompi berisi pemberat, atau menambahkan beban lainnya. Atau Anda bisa menempatkan rantai di punggung Anda, atau gunakan pemberat lainnya di tangan dan kaki Anda. Semakin banyak Anda mendorong, push up akan semakin sulit, sulit dan sulit!

2. Ketinggian KakiTentu saja mudah saat Anda melakukan push up yang normal dengan tangan dan kaki menyentuh tanah.

sportindo.com Mei 27

Events

Juara 1 - 10 Body Contest

Peserta Body Contest

Juara 1, 2, 3

alam upaya menggelorakan semangat para fitness mania tanah air khususnya di Semarang, Bp. Faiz selaku pemilik pusat kebugaran Lion Gym Semarang menyelenggarakan event Gebyar Body Contest 2011. Kejuaraan yang berlangsung di pusat kuliner Pondok Daun Pantai Marina Semarang pada hari Minggu, 13 Maret 2011 yang lalu ini juga sebagai peringatan ulang tahun Lion Gym ke-8. Di luar dugaan para peserta berdatangan dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Total peserta

D

GEBYAR BODY CONTEST 2011berjumlah 47 orang yang sebelumnya mendaftarkan diri di markas Lion Gym di Jl. Borobudur Utara Raya No. 39 Manyaran, Semarang. Dengan tema Gaya Hidup dan Pola Makan yang Sehat, kejuaraan dimulai tepat pukul 10:00 pagi. Terlihat beberapa peserta pemula yang harus beradu otot tubuh ideal dengan para peserta senior yang biasa bertanding di event body contest tingkat nasional. Babak penyisihan yang ketat menyisakan 10 orang finalis yang maju ke babak final. Akhirnya terpilih sebagai Juara I adalah Dendi asal Solo disusul Rian Anton dari

Juri bersama Ketua LION GYM

Daftar Juara :Juara I : Dendi (Solo) Juara II : Rian Anton (Bojonegoro) Juara III : Beny (Jepara) Juara IV : Tedy (Magelang) Juara V : Anggara (Magelang) Juara VI : Budi P. (Semarang)

LION GYM

SEMARANGBojonegoro di posisi kedua dan Beny dari Jepara di posisi ketiga. Dalam event ini Bp. Faiz bekerjasama dengan Ketua Yayasan Sosial Lindu Aji Bp. Ikhwan Ubaidillah yang sekaligus menjabat Ketua KONI Semarang, Bp. Daniel S. selaku distributor Ultimate Nutrition di Semarang, dan Bp. Bowo selaku pemilik tempat wisata Pantai Marina Semarang. Selamat ulang tahun dan sukses selalu untuk Lion Gym Semarang serta selamat kepada para pemenang!

Daniel

spanduk selamat datang ketua KONI Semarang

28 sportindo.com Mei

GEBYAR BODY CONTEST 2011DONA RAGA FITNESS

Events

KAPUAS

Para Peserta berpose di babak final

Guest Pose oleh Ridhani, Anshari & Agus

Pembagian hadiah kepada para juara

Para penonton antusias menyaksikan

Stand Ultimate Nutrition

DAFTAR JUARA Juara I : Juara II : Juara III : Harapan I : Harapan II : Harapan III :

Aulia Rahman (Body Fit Gym, Banjarmasin) Gatot (Cabanas, Banjarmasin) Rahmat Wijaya (Bhanoa, Banjarbaru) Ramadhan (BSC, Banjarmasin) Amdian (Shella, Banjarmasin) Dikin Agasi (Dalfena, Banjarmasin) masing meraih Juara II dan III. Menurut Bp. Antoni Rahman, ST. selaku perwakilan Ultimate Nutrition Banjarmasin, kualitas dari para peserta dalam body contest kali ini sangat meningkat drastis, ditambah lagi animo para fitness mania yang sangat tinggi, sehingga beliau dari pihak sponsor sangat senang bisa ikut berpartisipasi. Selamat untuk para pemenang dan panitia atas suksesnya acara ini!Mudiman

alam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-60 dan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-205, Dona Raga Fitness kembali menggelar sebuah event body contest bertajuk Gebyar Body Contest 2011. Kejuaraan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 April 2011 lalu di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Kuala Kapuas. Dalam kejuaraan ini tercatat 73 orang peserta dari

D

berbagai daerah turut berpartisipasi. Setelah acara pembukaan, kejuaraan pun segera dimulai. Satu per satu peserta tampil ke panggung untuk berpose menunjukkan tubuh idealnya di hadapan para juri dan penoton yang terlihat memenuhi lokasi acara. Melalui proses seleksi yang ketat, dewan juri memilih 10 peserta untuk lolos bertanding di babak final. Kejuaraan ini diselingi dengan penampilan guest

pose para atlet binaraga nasional asal Kalimantan seperti Ridhani, Anshari, dan Agus. Masuk babak final, 10 peserta bersaing habishabisan untuk menjadi pemenang. Rupanya para peserta dari Banjarmasin masih terlau kuat sehingga mendominasi juara. Akhirnya Aulia Rahman asal Body Fit Gym Banjarmasin berhasil menyabet gelar Juara I, disusul oleh Gatot dan Rahmat Wijaya yang masing-

sportindo.com Mei 29