sportindo com - the magz juni 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

114 views

Category:

Documents


6 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Pemimpin Umum

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung Jawab

Sutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.

dr. Jeffry Beta Tenggara

Wayan, Teguh

Tim Redaksi

George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.

Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & Desain

Rachmat Kurniawan, SE.

Petrus Dony Hariyanto

Tjahyono

Promosi & Iklan

PT. Jaya Sportindo

Distribusi

Mangapul F. Hutahaean, SE.

Website

www.sportindo.com

www.dennysantoso.com

E-Mail

[email protected]

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan pertanyaan dari

pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Bergabunglah bersama Facebook Page saya untuk saling berinteraksi di alamat web :http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage

onsumsi makanan yang sehat tentunya tak hanya sekedar memperhatikan faktor kandungan nutrisi yang cukup namun juga faktor keamanan makanan dari Kkandungan residu zat-zat kimia yang tertinggal dari proses budidaya dan berbahaya

bagi kesehatan. Salah satu solusinya adalah dengan memilih makanan organik. Meski perkembangan budidaya makanan organik di negara-negara maju dan berkembang sudah sangat pesat, namun di Indonesia sendiri makanan organik masih kurang mendapat respon positif. Karenanya, Cover Story edisi Juni 2010 ini akan mengupas tuntas apa saja yang perlu Anda ketahui soal makanan organik sebelum Anda mulai mencoba mengkonsumsinya.

Selain itu, pada rubrik Article akan kami sajikan panduan cara membaca label nutrisi yang sering diabaikan konsumen ketika membeli produk. Bukankah label nutrisi ditempel agar Anda dapat membaca kandungan nutrisinya sebelum Anda konsumsi? Khusus pada edisi ini pula, rekan saya dr. Jeffry Beta Tenggara akan memberikan dua artikel medis yang sangat layak Anda baca yaitu “Konsumsi Protein dan Pengaruhnya Bagi Ginjal” dan “Weight Training Pada Hipertensi.” Beberapa artikel lain khas Sportindo.com The Magz juga masih kami sajikan sebagai informasi penunjang gaya hidup sehat Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat membaca!

Cedera Lutut

Muscle Juice Revolution Kemasan Ekonomis

Produk-produk Baru Ultimate Nutrition

Saya mendapat kecelakaan dimana kaki kiri ditabrak oleh mobil. Saya sudah rontgen dan dinyatakan tidak ada yang patah. Namun setelah 3 minggu masih belum pulih. Jalan masih agak pincang dan kalau berdiri setelah duduk maka lutut dan betis bawah terasa sakit dan agak kram/kaku. Kira-kira apakah bisa pulih total sehingga bisa dipakai untuk kardio seperti jogging, sepeda atau berenang? Saya ingin bisa berolahraga lagi.Vina R. ([email protected])

Bila sudah dilakukan rontgen dan dinyatakan tidak ada pergeseran atau tulang yang patah maka kita harus evaluasi jaringan ikat di sekitar sendi yang sakit. MRI memang dapat memberi jawaban yang memuaskan, tetapi mahal dan tidak tersedia di semua Rumah Sakit. USG dapat membantu dalam mencari penyebab rasa nyeri dari kerusakan sendi atau jaringan ikat. USG sendi biasanya dilakukan radiolog. Alatnya menggunakan USG konvensional juga bisa. Bila memang ada kerusakan, maka istirahat adalah keharusan dengan disertai fisioterapi pada derajat ringan. Pada derajat yang lebih berat, dapat diberikan suntikan pada sendi yang sakit dan bedah merupakan pilihan terakhir.

Kapan ya Muslce Juice Revolution muncul yang kemasan ekonomisnya, seperti halnya Muscle Juice biasa & Prostar Whey? Cocok untuk kita yang low budget tapi ingin hasil optimal. Semoga bisa terwujud, kan ini juga demi kepuasan pecinta Ultimate Nutrition.cucu.gembul ([email protected])Bagaimana jika Muslce Juice Revolution juga tersedia dalam kemasan ukuran 2 lbs, 2,5 lbs dan 5 lbs.akim_siregar@ yahoo.com

Akan saya pikirkan.Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, CSN, CHt.

Bagaimana jika produk-produk baru Ultimate Nutrition bisa diimpor seperti misalnya Prostar Whey baru, Iso Supreme Whey Isolate, Protein Isolate, atau Whey Supreme.Mangala Dxvelt <mangala_dxvelt@ yahoo.com>

Prostar Whey baru sebentar lagi akan tersedia di Indonesia. Whey Supreme merupakan produk lama yang isinya concentrate protein saja. Protein Isolate menggunakan bahan baku wheat protein (gandum), sementara saat ini saya masih lebih mengutamakan yang berbahan baku whey protein (susu sapi) daripada wheat protein.Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, CSN, CHt.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 6: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Apa yang Disebut dengan Makanan Organik?

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan makanan organik. Hal tersebut bisa dimaklumi karena di Indonesia sendiri makanan organik belum dikenal luas di masyarakat. Namun kini beberapa gerai makanan cepat saji di Indonesia sudah menawarkan makanan organik kepada konsumennya meski baru berupa nasi putih dari beras organik. Yang dimaksud dengan makanan organik adalah makanan yang dihasilkan dari pembudidayaan secara organik yaitu tidak menggunakan pestisida sintetis, insektisida sintetis, herbisida sintetis, pupuk kimia sintetis, zat-zat kimiawi penumbuh, obat-obatan, rekayasa genetika, dan lain-lain. Artinya, petani atau peternak produk makanan organik :

Hanya menggunakan pembunuh hama alami, misalnya seperti predator dari hewan atau serangga pemakan hama, minyak anti-hama dari tumbuhan, bakteri pemakan jamur, dan lain-lain.Hanya menggunakan penyubur alami, misalnya seperti kompos dan rabuk.Hanya menggunakan makanan ternak alami dan organik pula.Tidak memberi ternak dengan suntikan atau obat-obatan antibiotik dan atau hormon pertumbuhan.

Tidak menggunakan irradiasi, misalnya sepertimenggunakan X-ray atau sinar radiasi lain sebagai pembunuh hama, merubah cara tumbuh tanaman, atau bahkan mencegah tanaman membusuk dengan zat-zat pengawet kimiawi.

Biasanya makanan yang termasuk organik sudah mendapat sertifikasi dari lembaga atau badan yang sudah ditunjuk resmi oleh pemerintah, dalam hal ini Departemen Pertanian untuk Indonesia.

Lalu apakah artinya makanan yang tidak termasuk organik yang kita makan sehari-hari adalah tidak sehat dan mengandung zat-zat kimia berbahaya? Tentu saja tidak, namun kita berhak untuk memilih, mendapatkan dan mengkonsumsi produk pangan yang sehat dan aman. Salah satunya adalah dengan memilih dan mengkonsumsi makanan organik.

Apakah makanan yang Anda makan

termasuk organik? Apa itu makanan organik? Apakah

lebih sehat dari makanan biasa?

Baca segera pembahasan dibawah ini.

Kupas Tuntas Kupas Tuntas Makanan Makanan

Organik

Cover

Sto

ryC

over

Sto

ry

Page 7: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Makanan Organik

Hingga saat ini para ilmuwan dan peneliti dari seluruh dunia masih terus melakukan penelitian terhadap makanan organik. Beberapa diantaranya menunjukkan hasil yang berbeda sehingga menimbulkan perdebatan soal makanan organik. Perdebatan yang paling mengemuka tentunya apakah makanan organik lebih sehat atau lebih bernutrisi daripada makanan non organik. Namun produksi makanan organik terus berkembang pesat di berbagai belahan dunia.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ingin Anda ketahui tentang makanan organik sebagai pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsinya :

Sulit untuk menjawabnya, namun makanan non organik yang dihasilkan dari pembudidayaan konvensional menggunakan pestisida, insektisida, herbisida, atau bahan kimiawi sintetis lainnya, dapat meninggalkan residu pada hasil pangannya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, residu dari bahan kimia sintetis seperti pestisida yang masuk berlebihan ke dalam tubuh manusia dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti berbagai jenis kanker, gangguan sistem syaraf, gangguan sistem hormon, dan iritasi kulit, mata dan paru-paru. Namun, perlu Anda ketahui pula, belum ada standar baku sebanyak apa residu pestisida pada makanan non organik dianggap termasuk berbahaya bagi kesehatan. Hanya, makanan organik lebih terhindar dari kemungkinan pencemaran zat-zat kimia pestisida, insektisida, maupun herbisida sehingga konsumen bisa lebih percaya diri bahwa makanan yang dikonsumsinya diproduksi dengan cara sehat.

Belum ada bukti penelitian yang cukup pasti yang menentukan makanan organik lebih bernutrisi daripada makanan non organik biasa. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berlawanan.

Anak-anak terutama bayi, memiliki metabolisme, fisiologi, dan biokimia yang berbeda dari orang dewasa. Maksudnya, anak-anak lebih sensitif dalam memetabolisme paparan zat kimia seperti pestisida dibandingkan orang dewasa. Padahal anak-anak cenderung makan lebih banyak karena sedang dalam masa pertumbuhan. Sebagai pilihan, Anda bisa memilih susu organik atau makanan organik untuk anak-anak.

Apakah lebih aman?

Apakah lebih bernutrisi?

Apakah lebih baik bagi anak-anak?

Apakah rasanya lebih enak?

Apakah aman bagi lingkungan?

Apakah aman bagi binatang?

Belum ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa makanan organik berasa lebih enak karena dibudidayakan secara organik. Beberapa hasil penelitian menunjukkan hasil yang berlawanan. Namun makanan organik cenderung lebih segar karena tidak menggunakan bahan-bahan pengawet yang bersifat kimiawi. Karena itu pula makanan organik memang ditujukan untuk segera dikonsumsi saat masih segar. Dan tentunya Anda bisa membedakan bagaimana rasanya makanan yang segar alami dengan makanan yang segar karena pengawet.

Ya tentu saja. Budidaya konvensional yang menggunakan pestisida, insektisida atau herbisida dapat membunuh makhluk hidup lain selain hama, seperti binatang-binatang kecil yang tidak merugikan dan bahkan burung. Bahkan membuat hewan-hewan tersebut kesulitan bereproduksi karena terpapar pestisida. Selain itu budidaya organik juga berkontribusi terhadap konservasi air dan tanah. Beberapa dari orang-orang yang memilih membeli makanan organik beralasan karena memberi penagruh aman bagi lingkungan (green lifestyle).

Dapat dikatakan iya jika dilihat dari hasilnya. Daging ternak dari ternak yang digembalakan di padang rumput terbuka lebih berkualitas daripada yang hanya dikurung di kandang saja.

Page 8: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Bagaimana Mengetahui Jenis Makanan Organik?

Menurut GreenLifestyle Indonesia (www.greenlifestyle.or.id) ada beberapa cara untuk mengenali suatu produk makanan termasuk organik, diantaranya adalah :

Periksalah ciri-ciri produk. Ciri-ciri pangan organik seperti sayur dan buah secara kasat mata sekarang tidak terlalu berbeda. Tidak semua sayur dan buah organik harus bolong-bolong atau berpenampilan buruk akibat termakan hama atau ulat (karena tidak menggunakan pestisida), akan tetapi bisa juga bagus dan mulus karena memang pas sedang musimnya dan pengendalian hama terpadunya baik. Kalau dari rasa untuk yang sudah biasa mengkonsumsi makanan organik memang terasa perbedaannya, diantaranya teksturnya lebih renyah, padat, dan aroma yang lebih kuat.

Sayuran organik seperti kacang panjang, buncis dan wortel terasa lebih manis dan renyah, memiliki kesegaran yang lebih lama.

Nasi yang berasal dari beras organik lebih beraroma, pulen, empuk dan lebih awet

Produk hasil hutan (madu hutan, lada, dan lainnya) merupakan produk organik, karena tumbuh dengan sendirinya tanpa perawatan manusia

Cermati label sertifikasi atau penjaminan sebagai produk organik. Di Indonesia ada badan khusus yang didirikan untuk sertifikasi produk organik, salah satunya yaitu BIOCert Indonesia, lembaga sertifikasi dan inspeksi produk pertanian organik, ramah lingkungan dan sosial yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional [KAN] dan telah diverifikasi oleh Otoritas Kompeten Pertanian Organik [OKPO] Departemen Pertanian RI.

Kenali sumber atau produsen atau petani yang mensuplai produk makanan organik. Bisa dilakukan kunjungan langsung ke lahan pertanian bila memungkinkan sehingga terjalin hubungan saling mempercayai antara produsen dan konsumen.

Pilih produk lokal setempat, setidaknya melakukan variasi dan keragaman konsumsi pangan sehari-hari, seperti buah, kita bisa beralih ke jenis buah-buahan lokal setempat seperti kecapi, manggis, salak, jambu bol, atau belimbing untuk menggantikan buah-buahan impor (setidaknya memperkecil jejak karbon). Dari segi nilai gizi, buah-buahan lokal tidak kalah hebat dengan buah impor seperti pear.

Makanan Apa Saja yang Sebaiknya Organik?

Sebuah kelompok nirlaba dari Amerika Serikat yang bergerak di bidang penelitian dan advokasi untuk perlindungan kesehatan masyarakat dan lingkungan bernama Environmental Working Group (EWG) melakukan penelitian atas buah-buahan dan sayuran yang paling banyak dan paling sedikit terkontaminasi pestisida. Hasilnya adalah yang dikenal dengan nama “Dirty Dozen”, yaitu 12 buah-buahan dan sayur-sayuran yang paling banyak terkontaminasi residu pestisida.

Dirty Dozen tersebut adalah :1. Seledri2. Persik/ kesemek3. Strawberry4. Apel5. Blueberry6. Nectarine (sejenis persik yang lebih kecil, berkulit

merah)7. Paprika8. Bayam9. Kale (sejenis kubis)10. Cherry11. Kentang12. Anggur

EWG juga meneliti sayuran dan buah-buahan apa saja yang paling bersih dari kontaminasi residu pestisida dan menghasilkan “Clean 15”, yaitu :1. Bawang2. Alpukat3. Jagung manis4. Nanas5. Mangga6. Sweet pea (sejenis tanaman polong-polongan

berbunga)7. Asparagus8. Kiwi9. Kubis10. Terong11. Blewah12. Semangka13. Jeruk keprok14. Ubi jalar15. Melon

Sekali lagi ini merupakan hasil penelitian EWG dari Amerika Serikat. Budidaya pertanian dan peternakan di Indonesia dan di negara-negara lain bisa berbeda. Pestisida sendiri dilarang dipergunakan di Amerika Serikat kecuali oleh lembaga pemerintahan, misalnya Environmental Protection Agency (EPA). Penggunaan pestisida beracun juga sudah dilarang di negara-negara Uni Eropa. Jadi jika Anda memang ingin membeli salah satu dari 12 macam makanan di daftar pertama (Dirty Dozen), Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli jenis organik. Sebaliknya jika ingin membeli salah satu dari 15 macam makanan di daftar kedua, maka Anda tidak perlu repot memilih yang jenis organik.

Cover

Sto

ryC

over

Sto

ry

Page 9: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Kenapa Makanan Organik Lebih Mahal?

Pertimbangan hanya memilih organik untuk Dirty Dozen juga karena harga produk organik lebih mahal 10-40% daripada produk makanan budidaya biasa. Penyebab mahalnya produk pangan organik diantaranya adalah :

Masih terbatas budidaya dan jumlah produksinyaPengeluaran yang lebih besar untuk jumlah tenaga kerja yang lebih banyak karena menggunakan cara manual Perawatan yang lebih ekstra dan rumit (tidak menggunakan pestisida, penyubur kimia, atau obat-obatan)Petani organik harus menunggu penyuburan tanahnya secara organik sebelum kembali bercocok tanamPeternak organik harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk mendapatkan pakan ternak yang organik dan penggembalaan yang lebih luasJauhnya rantai antara pembudidaya dengan konsumenkarena jarangnya pembudidaya pangan organikJumlah pembudidaya pangan organik masih terlalusedikit untuk mendapat perhatian dan bantuan daripemerintah

Namun kendala harga ini tergolong relatif karena bisa diatasi dengan :

Membeli langsung kepada petani/ peternak lokal secara langsung baik yang sudah bersertifikat organik ataupun belum (tidak semua mampu mendapatkan sertifikasi)Membeli di pasar tradisional daripada di supermarketMembeli saat menjelang penjual tutup karena makanan organik tidak menggunakan bahan pengawet sehingga tidak bisa disimpan lama. Penjual akan menjual lebih murah daripada menyimpannya.Prioritaskan membeli jenis organik dari daftar makanan dirty dozen diatas, tidak perlu semua pangan harus organikManfaatkan promo potongan harga karena kini makanan organik semakin dipopulerkanMenanam tanaman organik sendiri di pekarangan atau halaman. Bagi yang lahannya sempit bisa membudidayakan tanaman buah dalam pot (tambulampot) secara organik. Tanah pekarangan atau kebun sebagaian besar adalah organik, karena hampir tidak ada pemilik pekarangan yang memberikan pupuk kimia. Sehingga hasil tanaman tersebut adalah organik. Hasil bisa langsung dinikmati oleh pemilik.

Dimana Bisa Mendapatkan Produk Makanan Organik?

Meski masih terbatas, untuk Indonesia, Anda bisa mendapatkan produk makanan organik di beberapa tempat seperti :

Pasar Tani MPPO (Masyarakat Peduli Petani Organik) di halaman Departemen Pertanian RI di Ragunan, Jakarta, setiap hari Jumat jam 07:30-14.00 (tersedia sayur, buah, beras, kacang-kacangan, dan produk makanan organik lain).Membuka bagian konsumen untuk melihat daftar penjual makanan organik di website Aliansi Organis Indonesia (AOI) dan Jaringan Kerja Pertanian Organik Indonesia (Jaker PO) di alamat: www.organicindonesia.org dan www.jakerpo.orgSupermarket khusus sayur, buah, dan produk hewan. Saat ini di pasaran sudah beredar berbagai produk organik, bukan hanya beras, sayuran dan buah organik, namun juga daging, ayam, telur kampung, susu organik, makanan ringan, dan lain-lain. Pusat-pusat budidaya organik seperti Kandaga Organic (www.kandagaorganic.com), Sahani Yogyakarta (www.sahani.org), Pasar Tani Lestari Boyolali, PPLH Seloliman Mojokerto, dan Soripada Taruntung.Restoran, rumah makan, atau café penyedia menu makanan organik. Atau bisa menghubungi departemen pertanian dan dinas-dinas pertanian terdekat.

Seperti kata pepatah, mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Berusaha hidup lebih sehat adalah sangat penting. Namun ingat, bagaimanapun juga, mengkonsumsi sayur dan buah yang tidak organik dan bahkan mungkin masih mengandung residu pestisida masih jauh lebih baik daripada tidak mengkonsumsi sayur dan buah sama sekali.

TipsTips

Aan (dari berbagai sumber)

Page 10: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutritionwww.sportindo.com www.dennysantoso.com

anyak orang dengan badan yang kurang ideal, menemui saya, dan ketika saya mengatakan kalau B

mereka harus fitness untuk membentuk tubuhnya, entah kenapa, mereka selalu bertanya “Kalau nanti berhenti latihan, badanku kembali gendut ga?”

Pertanyaan ini sebenarnya membuat saya geli sendiri karena contohnya seperti orang yang mau bekerja, supaya punya penghasilan dan kaya. Ketika saya menyarankan untuk bekerja A atau B, kemudian mereka bertanya “Kalau nanti saya berhenti bekerja, apakah saya kembali miskin?”

Memang analogi ini tidak serupa, tetapi kemiripannya adalah apabila bekerja akan memberikan Anda kekayaan, buat apa Anda berpikir untuk berhenti? Dan apabila berolahraga akan memberikan Anda kesehatan, buat apa Anda berpikir untuk berhenti?Kembali ke topik semula, apakah berhenti latihan akan membuat badan kembali gendut untuk orang yang awalnya gendut, atau kembali kurus untuk yang dulunya kurus?

Hal ini harus kita amati dari dua sisi. Yang pertama adalah dari sisi pola diet kita itu sendiri. Ketika kita olahraga dengan 'benar' dan makan juga dengan benar, badan kita terbentuk, otot kita

Berhenti Latihan,

Badan Kembali

Gendut?Ini pertanyaan yang sering kali saya temui di mana pun saya berada. Baik ketika saya menyarankan seseorang berolahraga untuk membentuk tubuh, maupun mereka yang sudah berolahraga pun masih dihantui oleh pertanyaan yang satu ini.

jadi bagus dan lemak kita terbakar. Dan ketika kita berhenti berolahraga, berarti pengeluaran kalori tubuh kita kan juga berkurang. Tetapi ketika hal itu tidak diimbangi dengan pengurangan kalori makanan, maka yang terjadi adalah berhenti olahraga dan badan kita akan menjadi gendut.

Yang sebaiknya dilakukan adalah ketika Anda tidak berolahraga, pola makan juga harus disesuaikan dengan pengeluaran kalori yang sudah berkurang tersebut. Tetapi saya tidak menyarankan Anda untuk berhenti berolahraga lho di sini.

Sudut pandang yang kedua adalah dari sudut pandang badan kita sendiri. Ketika kita berlatih, maka otot kita akan rusak dan terus akan diperbaiki asalkan nutrisi kita mencukupi. Otot yang baru akan dibuat lebih kuat dari sebelumnya, karena otot kita pandai dan dia berpikir kalau sebelumnya dibuat olahraga seperti itu aja rusak (terbukti dengan rasa sakit atau pegal setelah kita berolahraga), maka otot yang baru harus dibuat lebih kuat dari sebelumnya.

Permasalahannya adalah otot kita bukan benda mati, sehingga ketika kita tidak berolahraga, maka otot kita tetep akan rusak dan diperbaiki terus menerus oleh tubuh meskipun tidak sebesar ketika kita berolahraga. Otot

kita akan berpikir yang sama dengan yang tadi, yaitu ketika rusak, dia akan berpikir, buat apa otot diperkuat, toh tidak digunakan, kalau diperkuat dia akan boros kalori, mending diperbaiki tetapi secukupnya saja, tidak perlu terlalu kuat seperti sebelumnya.

Proses ini yang lama-kelamaan akan membuat otot kita kembali mengecil setelah lama tidak latihan beban dan akhirnya kembali seperti semula. Tinjauan ini adalah dari sudut pandang otot dimana ototlah yang memberikan 'bentuk' ke tubuh kita.

Ada satu faktor tambahan, yaitu faktor genetik. Biasanya, yang awalnya kurus, begitu berhenti latihan, akan kembali kurus dan yang awalnya gendut, akan kembali gendut. Ini adalah sisi genetik, tetapi kedua faktor di atas tadi sangat menentukan.Nah, sekarang Anda telah mengerti dengan jelas, bahwa ada dua sudut pandang, yaitu lemak akan bertambah apabila Anda tidak mengendalikan diet Anda setelah berhenti, dan otot akan mengecil. Dengan proses pemikiran seperti tadi, Anda sudah bisa menjawab sendiri pertanyaan “Apakah ketika seseorang berhenti latihan, badannya kembali gendut?”Semoga tulisan saya ini membuka wawasan Anda.

http://www.dennysantoso.com/berhenti-latihan-badan-kembali-gendut.html

Page 11: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Selamat atas kemenangan Anda di event Bodiku di Bali. Bagaimana rasanya bisa meraih Juara I?

Anda kan asli Papua, bagaimana ceritanya Anda bisa berkarir sebagai atlet binaraga di Kalimantan Timur?

Bukankah ada perbedaan antara angkat berat dan binaraga, bagaimana perubahannya?

Lalu bagaimana latihan Anda sekarang? Ceritakan juga tentang dietnya.

Usia Anda masih muda, ada target yang ingin diraih ke depannya?

Terima kasih, saya merasa sangat bersyukur dan bangga bisa mendapat Juara I karena untuk kejuaraan binaraga kategori nasional terbuka seperti Bodiku 2010 itu, sangat sulit untuk bisa menjadi juara. Lawan-lawannya sangat berat, bahkan ada atlet dari Malaysia di kelas saya (65 Kg).

Sebenarnya saya pergi ke Kalimantan Timur dari tahun 2004 untuk kuliah. Saat itu pula saya mulai belajar angkat berat dan langsung ikut kejuaraan daerah angkat berat tingkat Kalimantan Timur tahun 2004, menghasilkan Juara III. Namun rekan-rekan saya banyak yang terjun di cabang binaraga. Jadilah saya beralih ke binaraga.

Ya, benar sekali, yang paling susah adalah penyesuaian dengan metode latihan yang berbeda. Kalau angkat berat mengutamakan latihan kekuatan, maka latihan binaraga mengutamakan ketahanan dan pembentukan otot.

Saya latihan fitnes dua kali sehari, pagi dan sore. Pagi biasanya latihan fitnes untuk otot-otot besar seperti kaki, punggung, dada, dan bahu. Sorenya latihan biceps dan kardio dengan bersepeda. Kalau seminggu menjelang bertanding, saya tambahkan jogging supaya serat-serat otot kaki leboh bagus. Menu makan saya kalau pagi oatmeal dan amino. Untuk makan besar, proteinnya dada ayam rebus, putih telur, kacang hijau, dan kacang merah. Sedangkan karbohidratnya makan ubi rebus karena disini susah cari beras merah. Saya suka wortel untuk sayurannya dan minum jus alpukat biar segar kalau badan terasa panas setelah latihan.

Untuk jangka pendek, saat ini saya sedang bersiap-siap mengikuti PORPROV 2010 pada bulan November di Samarinda mewakili Kutai Kertanegara. Untuk jangka panjangnya, saya ingin bisa masuk PRAPON mewakili Kalimantan Timur dan meraih juara. Doakan saja ya.

Atlet muda binaraga asli Papua ini baru saja meraih Juara I pada kejuaraan binaraga tahunan Bodiku di

Bali. Meski sudah langganan juara di tingkat daerah, baginya menjadi Juara I di kelas nasional terbuka

adalah berbeda.

“DARI KEKUATAN KE KETAHANAN”

Oto Wantik

Aan

Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r, Ma

lan

g

Page 12: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Labu siam. Sayuran buah yang sangat umum kita jumpai ini memiliki

banyak nama. Orang Jawa Barat

menyebutnya waluh siam atau ada yang menyebutnya lèjèt, orang Jawa Tengah

menyebutnya sebagai jipang, sedangkan

manisah adalah sebutan labu siam di Jawa Timur.

Tak hanya memiliki banyak sebutan yang

berbeda, labu siam juga memiliki begitu banyak

manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

u a , B k a atM r h er h si

n nda Me duniaL u Saab i mL u Saab i m

piridoksin ini mencapai 0,1 mg (memenuhi 4% kebutuhan harian). Vitamin ini sangat penting dalam metabolisme asam amino dan mensintesis asam amino non esensial serta membantu produksi sel darah merah.

NiasinLabu siam mengandung niasin yang berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida pun turun. Dalam tiap 100 gram labu siam segar mengandung 0,5 mg niasin (mencukupi 2%).

SeratDengan mengkonsumsi 100 gram labu siam, kita akan mendapatkan 1,7 gram serat atau memenuhi 9% dari kebutuhan serat harian kita. Dan kandungan serat dalam labu siam ini berpotensi mengikat zat karsinogenik penyebab kanker di usus.

ManganMangan merupakan mineral yangs angat penting untuk membantu aktifitas enzim, yang dalam tiap 100 gram labu siam segar terkandung 0,2 mg mangan atau mencukupi 9% kebutuhan harian kita.

Copper atau tembagaMineral yang merupakan komponen enzim dan

abu siam atau Sechium edule adalah tanaman suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang merambat dan dapat tumbuh baik di L

dataran tinggi maupun dataran rendah yang konon berasal dari Jamaika. Di Indonesia, tumbuhan ini didatangkan dari Thailand oleh orang Belanda dan sampai saat ini banyak dibudidayakan di pekarangan, dengan buah menggantung sehingga mudah dipanen.

FolatAsam folat sangat penting dalam proses pematangan sel darah merah serta sintesa DNA dan sel-sel baru. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Dan dengan mengkonsumsi 100 gram labu siam, kita akan mendapatkan 93 mcg folat atau mencukupi 23% kebutuhan asam folat harian kita.

Vitamin CLabu siam merupakan sayuran sumber vitamin C yang baik. Tiap 100 gram labu siam segar mengandung 7,7 mg vitamin C atau memenuhi 13% kebutuhan harian. Vitamin ini selain membantu fungsi enzim, juga bekerja sebagai antioksidan sehingga membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi, serta membantu penyerapan zat besi.

Vitamin KVitamin yang berperan penting dalam pembentukan faktor pembekuan darah ini dapat kita temukan sebanyak 4,1 mcg (memenuhi 5% kebutuhan) dalam setiap 100 gram labu siam segar.

Vitamin B6Dalam tiap 100 gram labu siam segar, kandungan vitamin yang sering disebut juga sebagai

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Page 13: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Pilih labu siam yang bentuknya baik, bulat, padat dan tidak ada memar.Perhatikan bagian luarnya. Pilih yang berwarna hijau cerah, dengan tekstur keras dan pastikan tidak ada bercak coklat atau hitamnya.Simpan labu siam dalam kantong plastik tertutup di lemari es dan labu siam dapat bertahan sampai 7 hari.Labu siam yang masih muda kulitnya masih cukup lembut,sehingga tidak perlu mengupas kulitnya. Tapi labu siam yang lebih tua kulitnya akan menjadi keras dan kasar sehingga perlu dikupas terlebih dahulu. Untuk mengupas kulitnya, bisa dengan cara membelah labu siam jadi 2 atau 4 bagian, lalu rebus dalam sedikit air selama 7 sampai 9 menit. Tiriskan dan kupas. Atau dengan cara mengukus labu siam yang sudah dibelah tadi selama 18 hingga 22 menit. Angkat dan kupas.

Tips Memilih, Menyimpan & Mengolah Labu Siam:

membantu pembentukan sel darah merah dan tulang ini terkandung sebanyak 0,1 mg atau memenuhi sekitar 6% dari kebutuhan harian kita akan tembaga.

SengDalam tiap 100 gram labu siam akan didapatkan 0,7 mg (mencukupi 5% kebutuhan) seng yang sangat diperlukan oleh berbagai jenis enzim dan protein lain untuk menjalankan fungsinya. Menurut penelitian, defisiensi enzim pada anak-anak dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan fungsi seksual.

KaliumLabu siam adalah sumber kalium yang baik, karena mengandung sekitar 125 mg kalium tiap 100 gram labu siam segar atau mencukupi 4% kebutuhan kalium harian kita, sehingga mengkonsumsi labu siam sangat baik untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

Selain itu, labu siam memiliki efek diuretik yang bagus, yang melancarkan buang air kecil, sehingga mampu menurunkan kadar natrium dalam darah melalui urin. Hal ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, efek diuretik labu siam ini juga membantu pengeluaran kelebihan asam urat dari dalam tubuh, sehingga labu siam juga baik untuk penderita asam urat tinggi.

Labu siam adalah salah satu sayuran yang murah dan paling mudah kita dapatkan, namun memberikan banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan kita. Jadi mulailah perbanyak konsumsi labu siam. Bisa dijadikan lalapan, campuran sayur asam dan sebagainya.

Diana

Diana

L s

iam

dm

say

r

ab

ui

asak

u

Page 14: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Hea

lth F

ile

rotein diperlukan untuk berbagai macam kegunaan, dari pembentukan enzim untuk fungsi pencernaan, fungsi control gula Pdarah atau tekanan darah, pembentukan sel baru dalam badan

untuk menggantikan sel yang rusak, dan berbagai fungsi dasar tubuh lainnya. Bagi para olahragawan, protein merupakan nutrisi vital pembentukan otot.

Selalu menjadi pertanyaan bagaimana keamanan konsumsi protein dalam jumlah besar (terutama pada yang aktif melakukan fitness)? Bagaimana dengan kabar bahwa protein akan merusak ginjal atau membuat kerja ginjal menjadi berat?

Ginjal manusia ada 2 buah dan di dalamnya terdapat jutaan nefron yang bekerja seperti filter (seperti saringan bila kita memasak). Nefron ini akan membuang zat hasil metabolisme yang memiliki ukuran kecil sehingga bisa melalui celah saringan nefron tersebut. Bagaimana dengan protein? Apa hubungan protein dengan ginjal?

Protein dapat mempengaruhi ginjal melalui 2 jalan :

1. Protein dalam tubuh akan dimetabolisme dan membentuk ureum. Ureum adalah senyawa buangan dalam ukuran kecil yang akan keluar melalui ginjal. Pada ginjal yang mengalami gangguan, ureum akan tertahan (tidak dapat dibuang) ,dan inilah yang menjadi bahaya karena dapat meracuni otak.

2. Protein sendiri dapat merusak ginjal apabila ginjal mengalami kebocoran dari awalnya. Pada ginjal sehat, protein tidak akan dapat melalui saringan nefron karena ukurannya yang besar. Bila ginjal dapat melewati nefron yang bocor, maka dapat mengakibatkan kerusakan jaringan ginjal di luar nefron.Jadi bagaimana keamanan diet tinggi protein? Penelitian telah banyak membuktikan, pada GINJAL SEHAT, diet tinggi protein hingga 4g/KgBB/hari aman dilakukan. Namun bila Anda sudah memiliki gangguan ginjal, diet tinggi protein tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Konsumsi Protein dan

Pengaruhnya Bagi Ginjal

Konsumsi Protein dan

Pengaruhnya Bagi Ginjal

dr. Jeffry Beta TenggaraChief ResidenIlmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Bagi para olahragawan,

protein merupakan nutrisi vital

pembentukan otot.

Protein merupakan sumber nutrisi utama bagi tubuh manusia. Bagi

anak yang masih dalam pertumbuhan, protein merupakan bahan baku bagi tumbuh kembang badan, sedang bagi orang dewasa,

protein berguna untuk mempertahankan kerja organ

dalam tubuh. Bahkan pada lansia, protein tetap menjadi kebutuhan

dasar yang utama bagi metabolisme dalam badan.

Page 15: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

erbeda dari panduan yang selama ini diberikan oleh para dokter, latihan beban ternyata memberikan manfaat yang bermakna dalam pengendalian tekanan darah Bbila dilakukan dengan tepat.

Laporan yang dikeluarkan oleh American Heart Association menyebutkan bahwa kombinasi antara latihan aerobik dan latihan beban memberikan manfaat dalam menurunkan risiko komplikasi hipertensi secara bermakna dibandingkan latihan aerobik saja.

Panduan dari AHA menyebutkan bahwa latihan beban direkomendasikan untuk dilakukan pada penderita penyakit jantung dan hipertensi dengan metode 1 set dengan 10-15 repetisi. Hal ini memang berbeda dibandingkan dengan pada orang sehat yang dapat melakukan hingga 3 set dengan 10 repetisi.

Jenis latihan beban yang dapat dilakukan adalah chest press, shoulder press, triceps extension, crunch atau curl, leg press, calf raises dan bicep curls. Namun perlu ditekankan bahwa latihan beban adalah merupakan latihan tambahan dari latihan aerobik yang masih merupakan latihan terbaik.

Latihan beban yang dilakukan oleh penderita hipertensi dan penyakit jantung harus dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang dan dengan perlahan. Dari semua panduan yang saya baca, ada satu aturan yang harus diikuti dalam latihan ini: Dilarang Menahan Nafas.

Beberapa panduan lain yang harus dilakukan antara lain:Latihan dilakukan dengan full range of motion, tidak menahan nafas dengan cara mengeluarkan nafas saat melakukan kontraksi otot dan menarik nafas saat fase relaksasiLakukan latihan berganti antara bagian atas dan bawah tubuh untuk memberikan waktu istirahat cukup antara latihanBatasi beban yang digunakan hingga dapat dilakukan repetisi sejumlah 10-15 kaliBatasi latihan dalam satu set, 2 hari per minggu

Baik latihan beban atau aerobik pada penderita hipertensi membutuhkan pengawasan yang baik dari dokter Anda.

Beberapa larangan dalam melakukan latihan yaitu, penyakit jantung koroner akut, gagal jantung berat, gangguan irama jantung, radang otot jantung, hipertensi hingga 180/110 dan beberapa penyakit lain yang harus Anda pastikan sebelum mulai latihan.

Saat ini latihan beban sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang, dan semakin lama, banyak manfaat ditemukan dalam latihan beban terhadap pengendalian penyakit kronik. Selanjutnya kami akan terus mengupas manfaat latihan beban untuk penyakit yang lain.

Weight Training

pada Hipertensi

Weight Training

pada Hipertensi

Hipertensi seperti yang beberapa kali saya ulas, merupakan kondisi yang dialami oleh banyak orang dan dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi hingga bersifat fatal.

Latihan beban yang dilakukan oleh

penderita hipertensi dan

penyakit jantung harus dilakukan

dengan intensitas ringan hingga

sedang dan dengan perlahan.

Page 16: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 17: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Win

The Real Sporty Female

“Sebelumnya saya merupakan atlet hockey dari tahun 1992 semasa kuliah. Saya memilih hockey karena merupakan cabang olahraga yang paling berpeluang untuk bertanding di tingkat nasional dan di Indonesia sendiri atletnya jarang, apalagi yang wanita,” ungkap Win membuka obrolan. “Bersama tim hockey putri yang mewakili Jakarta, kami berhasil meraih Juara III pada PON XIV 1997 di Jakarta dan Juara II pada PON XVII 2008 di Samarinda,” tambahnya menguraikan prestasi sebagai atlet hockey.

“Setelah PON di Samarinda itu, saya off dulu tidak ikut kejuaraan apapun. Tetapi saya harus maintenance bentuk badan dan kebetulan ada teman yang mengajak ikut kejuaraan woman fitness, jadilah saya berlatih fitnes. Hasilnya saya langsung meraih Juara IV,” kenang Win menceritakan peralihannya dari hockey ke woman fitness.

“Mungkin karena sudah biasa bertanding, saya merasa tertantang seperti apa woman fitness itu. Lama-lama ketagihan juga. Apalagi kini saya bekerja sebagai seorang instruktur dan personal trainer, harus bisa memberi contoh kepada klien dan publik. Jadi sangat berpengaruh bagi karir saya. Ditambah pula saya memang sangat mencintai olahraga, apalagi sangat bermanfaat bagi tubuh juga,” akunya.

“Sekarang ini saya juga menjadi instruktur olahraga yang tergolong baru yaitu aquarobic. Aquarobic sebenarnya merupakan olahraga rekreasi outdoor. Bagi mereka yang mengalami cedera sendi atau yang berusia lanjut disarankan untuk melakukan olahraga di air untuk mengurangi benturan di sekitar persendian. Jadi airnya berfungsi sebagai beban, sama seperti weight training,” jelas Win soal karir barunya.

“Sebagai wanita yang aktif berolahraga, saya berharap cabang woman fitness bisa lebih diterima di masyarakat. Untuk para wanita, tidak perlu takut badannya akan menjadi seperti laki-laki karena hormonnya berbeda. Dengan makan makanan yang bernutrisi tinggi terutama protein dan karbohidrat kompleks, istirahat yang cukup dan kalau bisa tambahan suplemen, kita bisa mendapatkan tubuh yang kita inginkan. Apabila menjadi sebuah prestasi itu adalah bonusnya. Yang penting berusaha hidup sehat untuk masa depan,” pesan Win menutup perbincangan.

sportyfemme

Tak hanya juara di lapangan tetapi juga juara di panggung. Mngkin itulah kalimat yang tepat untuk

menggambarkan wanita yang satu ini. Win, begitu panggilang

akrabnya, sebelumnya merupakan seorang atlet hockey nasional

berprestasi dan kini menjadi atlet women fitness dengan mudah

meraih prestasi pula.

Aan

Page 18: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Tip

s

ubuh merespon stres dengan meningkatkan jumlah hormon stres yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, yaitu cortisol dan adrenalin. Hormon-hormon ini bertanggung jawab untuk T

sebagian besar gejala yang terkait dengan stres seperti tekanan darah yang meningkat dan ketegangan otot. Dan berikut ini adalah makanan kaya nutrisi yang membantu fungsi kelenjar adrenal sangat membantu mengurangi stres.

1. Karbohidrat Kompleks. Karbohidrat mendorong otak untuk mengeluarkan serotonin dan noradrenalin, yang memberikan rasa nyaman, memperbaiki mood dan menjaga level energi. Namun, pilihlah karbohidrat yang baik yaitu karbohidrat kompleks seperti sereal dan roti gandum utuh, beras merah ataupun oatmeal.

2. Buah Tinggi Vitamin C. Jeruk, berry (blackberry, stroberi, anggur, blueberry, raspberry dan sebagainya), papaya, belimbing dan buah-buahan lain yang banyak mengandung vitamin C dapat mengurangi stres dengan menurunkan tingkat kortisol dan tekanan darah menjadi normal kembali.

3. Sumber Magnesium. Kandungan magnesium dalam bayam, kacang-kacangan seperti kedelai, almon, dan juga ikan berfungsi untuk mengatur kadar kortisol. Magnesium cenderung banyak dibuang dari tubuh ketika kita sedang stres dan makan makanan kaya magnesium akan memasok kadar magnesium dalam tubuh.

4. Bawang Putih. Mengandung zat detoksifikasi yang disebut alicina, yang memberikan rasa dan bau bawang putih dan berperan sebagai antibiotik kuat, juga dapat mengurangi kolesterol, tekanan darah dan meningkatkan mood. Sebuah penelitian di Jerman juga menemukan bahwa orang yang gugup atau stres akan menjadi rileks dan tenang setelah mengkonsumsi bawang putih.

5. Ikan Kaya Omega-3. Untuk menjaga kortisol dan adrenalin dalam tubuh tetap dalam level normal, konsumsilah ikan yang banyak mengandung Omega-3, seperti ikan tuna dan salmon. Selain mengurangi stres, Omega-3 juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung. Jadi, mulailah mengkonsumsi ikan paling tidak dua kali seminggu.

Dengan mengetahui strategi meredakan stres dan menurunkan tekanan darah dengan memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika stres menyerang, mari kita mulai masukkan makanan-makanan tersebut dalam menu harian kita!

Makanan Penurun

Stres & Tekanan Darah

Stres. Kata ini pasti sudah akrab dalam aktivitas sehari-hari kita. Stres merupakan bagian dari kehidupan kita, karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Dan dengan mengurangi stres, akan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Salah satunya melalui pemilihan makanan yang dapat membantu mengurangi stres sehingga membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Roti Gandum

Belimbing

KacangAlmond

Bawang PutihIkan Salmon

Diana

5

Page 19: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Tip

sWorkout Guide Series

Tahapan Pelaksanaan:Berdirilah dengan kaki dan badan tegap, kedua tangan lurus di samping, kedua kaki lurus tidak perlu terlalu menutup, jagalah kepala tetap tegak, bahu mundur ke belakang dan dada membusung

Genggamlah sepasang dumbbell di bagian samping tubuh, lengan dan bahu rileks, tetapi kontraksikan sedikit untuk membantu tarikan beban secara nyaman dan menjaga bahu supaya lurus dengan dada yang membusung

Hembuskan napas Anda sambil mengangkat bahu setinggi mungkin, jagalah supaya bahu tetap mundur dan dada membusung, serta tatapan mata lurus ke arah depan

Trapesius & Neck Weight Training

Tahapan Pelaksanaan:

Berdirilah tegap, genggam barbell dengan genggaman tangan menghadap ke bawah, perhatikan jarak antar genggaman sekitar 20 cm

Hembuskan nafas sambil mulai mengangkat barbell ke atas, usahakan badan tetap tegak saat mengangkat barbell, angkatlah sampai tepat di atas dada

Ambil nafas ketika kembali ke posisi awal

Setelah mencapai momentum angkatan pundak maksimal, tahan selama 1-2 detik

Turun, ambil nafas dan relaksaksikan pundak secara perlahan kembali ke posisi awal

U RIG T OWP H R

DUMBBEL H UL S R G

Diana

Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r, Ma

lan

g

Page 20: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Apakah Anda bermasalah dengan lemak di perut yang membuat Anda terlihat buncit? Atau dengan lemak yang menggelambir di lengan Anda? Ataukah paha yang besar sangat

mengganggu penampilan Anda? Ingin punya bentuk tubuh ideal? Kami punya solusinya! Kombinasi L-Carnitine dan CLA Pure yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh Anda

agar berlangsung lebih optimal, serta Soy Protein yang kaya protein akan membantu membuat tubuh Anda lebih kencang dan langsing.

Bentuk Tubuh Ideal Anda dengan Kombinasi

L-Carnitine, CLA dan Soy Protein!

Page 21: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Pemakaian Kombinasi:Sarapan : 3 sendok makan Soy ProteinPagi setelah sarapan : 1 softgel CLASnack pagi : 3 sendok makan Soy ProteinSetelah makan siang : 1 softgel CLASebelum latihan : 1 tablet L-Carnitine 1000 mg atau

1-2 tablet L-Carintine 500 mg atau 15 ml (2 sendok makan) L-Carnitine Liquid

Setelah latihan : 3 sendok makan Soy ProteinSetelah makan malam : 1 softgel CLA

Mo

de

l : An

dja

ni ; L

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter

Page 22: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Cara Membaca Daftar Bahan

Cara Membaca Label Nutrisi

Daftar bahan memberikan informasi tentang bahan makanan, bumbu dan bahan kimia dalam produk makanan tersebut. Bahan makanan yang tercantum ditulis dalam urutan sesuai beratnya. Bahan makanan yang paling banyak dipakai disebutkan pertama dan yang paling sedikit dituliskan terakhir. Hindari makanan dengan lemak, minyak dan gula (atau turunan dari bahan-bahan itu) dicantumkan pertama dalam daftar bahan. Selanjutnya, jika Anda tidak pernah mendengar tentang bahan itu atau sulit melafalkannya, kemungkinan besar itu adalah bahan kimia atau tidak alami.

Label nutrisi memberi Anda informasi gizi lebih rinci tentang produk makanan. Di sini Anda akan memahami kandungan produk makanan sehingga Anda dapat memilih yang sehat. Ketika membandingkan produk makanan, pastikan Anda membandingkan dengan ukuran porsi yang sama.

1. Ukuran Sajian (Serving Size): Ukuran sajian akan menunjukkan ukuran

porsi atau sajian yang direkomendasikan. Jika Anda tidak terbiasa mengukur atau menimbang makanan, ukurlah porsi makanan Anda sampai dengan ukuran porsi standar. Jika Anda makan lebih atau kurang dari ukuran

Sekarang ini, produsen produk makanan harus

menyertakan Daftar Bahan (Ingredient) dan Label Nutrisi (Nutrition

Fact) pada setiap produk makanan olahan. Label ini adalah sarana untuk

membantu Anda memilih makanan sehat.

Mengetahui cara membaca label ini akan membantu Anda untuk

membuat keputusan yang lebih baik tentang

makanan yang Anda beli dan siapkan.

Cara Membaca Label Nutrisi

Page 23: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

porsi yang direkomendasikan, maka informasi pada label nutrisi harus disesuaikan untuk mengetahui jumlah nutrisi yang Anda konsumsi (misalnya, jika Anda makan 2 kali lipat dari porsi standar, semua nilai gizi harus dikalikan 2).

2. Kalori (Calories): Kalori menunjukkan ukuran berapa banyak energi

yang Anda dapatkan dari satu porsi makanan. Ingat bahwa jumlah porsi yang Anda konsumsi menentukan jumlah kalori yang Anda makan. Misalnya, jika Anda konsumsi 2 porsi makanan, berarti Anda konsumsi kalori 2 kali lipat dari jumlah kalori per porsi yang tercantum di label nutrisi. Salah satu ukuran yang bisa Anda jadikan dasar untuk menilai suatu produk makanan itu tinggi kalori antara lain sebagai berikut:

40 kalori = rendah100 kalori = sedang400 kalori atau lebih = tinggi

3. Kalori dari lemak (Calories from Fat): Kalori dari lemak menunjukkan berapa banyak kalori

dari makanan yang berasal dari lemak. Setiap gram lemak bernilai 9 kalori. Tidak lebih dari 30% dari kalori Anda dalam sehari yang berasal dari lemak. Jadi sebaiknya Anda konsumsi maksimum 3 gram lemak atau 30 kalori lemak per 100 kalori makanan.

4a. Total lemak (Total Fat): Jumlah lemak total menunjukkan berapa banyak

lemak baik itu lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda) dan lemak buruk (lemak jenuh dan trans) dalam makanan. Optimalnya konsumsi lemak tidak lebih dari 3 gram per 100 kalori. Ketika membandingkan produk makanan, lihat jumlah lemak total, lemak jenuh dan kalorinya dalam tiap sajian. Pilihlah yang paling sedikit.

4b. Lemak jenuh (Saturated Fat): Lemak jahat atau lemak jenuh ditemukan dalam

berbagai makanan seeprti mentega, margarin, lemak dari daging sapi dan babi, susu full cream, telur, kelapa dan minyak kelapa serta makanan cepat saji. Sebaiknya hindari atau batasi makanan yang mengandung lemak jenuh. Asupan harian lemak jenis ini sebaiknya tidak lebih dari 10% dari asupan kalori Anda dalam sehari (kurang dari 1 gram per 100 kalori).

4c. Lemak trans (Trans Fat): Lemak trans yang juga termasuk lemak jahat

terbentuk selama proses memasak dan / atau pengolahan. Lemak ini cukup sering ditemukan dalam produk makanan komersial dan harus dihindari dalam diet.

5a. Kolesterol (Cholesterol): Jumlah kolesterol menunjukkan berapa banyak

kolesterol total, yang terdiri atas kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) dalam tiap sajian. Sebaiknya konsumsinya tidak lebih dari 300 mg per hari. Pilih produk yang jumlah kolesterolnya paling sedikit.5b. Natrium (Sodium): Jumlah natrium dalam tiap porsi. Sebaiknya konsumsinya tidak lebih dari 2.400 mg per hari. Pilih produk yang jumlah natriumnya paling sedikit.

6a. Karbohidrat (Carbohydrate): Jumlah karbohidrat dalam makanan, termasuk

karbohidrat sederhana dan gula, karbohidrat kompleks dan serat. Ketika makanan mengandung karbohidrat, akan lebih baik jika karbohidrat tersebut mengandung banyak serat.

6b. Serat (Dietary Fiber): Berapa banyak serat dalam satu porsi. Ini ditemukan

dalam karbohidrat kompleks seperti gandum dan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Cobalah untuk konsumsi serat 20 dan 35 gram per hari. Semakin tinggi kandungan serat dari suatu produk makanan, semakin rendah kadar gulanya.

6c. Gula (Sugar): Jumlah gram karbohidrat per porsi yang khusus

terdiri dari gula. Cara terbaik adalah dengan memilih kadar gula yang paling rendah. Saat melihat total karbohidrat, semakin dekat nilai gram gula dengan nilai total gram karbohidrat, semakin sedikit seratnya, yang artinya rasa kenyang akan semakin sedikit.

7. Protein: Berapa gram protein dalam satu porsi. Menjaga

keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak dalam makanan sangat dianjurkan. Jika makanan yang dipilih tidak mengandung protein, coba tambahkan makanan lain yang mengandung protein.

8. % Daily Values: Menunjukkan persentase angka kecukupan gizi

harian Anda dari produk makanan tersebut. Namun yang perlu dicatat adalah hal ini didasarkan pada diet 2.000 kalori. Secara umum, nilai sebesar 5% dianggap rendah dan nilai 20% dianggap tinggi.

9. Vitamin dan Mineral: Berapa banyak vitamin dan mineral dalam tiap porsi.

Anda harus mencapai 100% untuk semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Untuk memastikan Anda mendapatkan asupan yang dibutuhkan sehari-hari, Anda bisa konsumsi multivitamin.

10. Jumlah yang Dianjurkan (Recommended Amounts): Jumlah harian yang direkomendasikan untuk setiap

zat gizi untuk diet 2.000 kalori dan 2.500 kalori. Jika Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak atau kurang dari 2.000 atau 2.500 kalori per hari untuk menjaga berat badan yang sehat, jumlah yang direkomendasikan untuk lemak, karbohidrat dan protein juga akan berubah.

11. Kalori per gram (Calories per Gram): Menunjukkan jumlah kalori yang terkandung dalam

tiap makronutrien (lemak, karbohidrat dan protein). Dan sebaiknya pilih makanan yang seimbang, mengandung semua nutrisi.

Setelah mengetahui cara membaca label nutrisi dalam produk makanan, maka sekarang Anda pasti dapat membuat kualitas pola makan Anda menjadi lebih baik, karena Anda sudah tahu cara memilih makanan yang lebih sehat, bukan?

Article

Diana

Kalori menunjukkan ukuran berapa banyak energi

yang Anda dapatkan dari

satu porsi makanan. Ingat bahwa jumlah

porsi yang Anda konsumsi

menentukan jumlah kalori

yang Anda makan.

Page 24: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Gym

Pro

file

s

Aan

Aan

pron Gym merupakan sebuah gym yang diberi nama sama dengan sebuah komplek Rumah Susun Apron di Kemayoran, Jakarta Pusat. Letaknya pun berdekatan, A

tepatnya di Komplek Angkasa Pura Blok K/31 Kemayoran, di belakang Polsek Metro Kemayoran. Dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu sebesar 60 ribu rupiah/bulan untuk fitnes dan 100 ribu rupiah/bulan untuk aerobik, para member bisa menikmati dua ruang fitnes dengan peralatan yang cukup lengkap termasuk alat-alat kardio. Sedangkan untuk aerobik terletak di lantai paling atas. Usai latihan, Anda bisa bersantai di ruang depan untuk membeli suplemen atau aksesoris fitnes dan aerobik atau menikmati makanan di rumah makan di samping gym yang buka setiap malam.

Gym milik Bp. Wisnu dan Bp. Sunu ini menjadi tempat latihan rutin sekitar 200 member setiap bulannya. Para instruktur Apron Gym yaitu Wahyono dan Dwi siap memandu para member berlatih dengan benar agar “Stay Fit and Strong” seperti motto gym ini. Jadi tunggu apa lagi, segeralah bergabung dengan Apron Gym. Buka non-stop setiap hari Senin-Sabtu jam 07:00-21:00, Minggu dan hari libur jam 07:00-17:00. Untuk info hubungi (021) 4248869.

ika Anda melihat Inferno Gym dari depan mungkin Anda hanya akan melihat sebuah gym yang kecil. Tapi jangan Jsalah sangka, gym berlantai tiga ini memiliki fasilitas

peralatan fitnes impor berstandar internasional yang lengkap dan modern. Semua ruangannya full AC dan terlihat nyaman. Di lantai pertama Anda akan menemukan berbagai alat kardio modern, berbagai suplemen, kostum, dan aksesoris fitnes, serta ruang ganti dan loker di bagian belakang. Sedangkan pada dua lantai diatasnya, Anda akan menemukan berbagai peralatan fitnes pembentuk otot tubuh dengan panduan tiga instruktur berpengalaman yaitu Ajo, Sheri, dan Nano.

Jadi, jika Anda ingin mencoba kenyamanan berlatih dengan berbagai peralatan fitnes modern segeralah bergabung dengan 150 orang member yang rutin berlatih di Inferno Gym milik Bp. Yunan Djamal ini. Buka setiap hari Senin-Jumat jam 07:00-22:00 dan Sabtu jam 07:00-18:00 (Minggu dan hari libur tutup). Kunjungi Inferno Gym di alamat Jl. Mangga Dua Raya No. 39 AA, Jakarta Barat atau telepon dulu di nomor (021) 92004897 atau 08888184233 untuk informasi lebih lanjut.

ApronKemayoran, Jakarta Pusat

Gym

InfernoMangga Dua, Jakarta Barat

Gym

Page 25: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 26: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

EVENTS

Banjarmasin

ebagai salah satu organisasi masyarakat yang bergerak di Sbidang kepemudaan, Komite

Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) juga menunjukkan kepedulian terhadap perkembangan body contest di tanah air. Hal ini terbukti pada sebuah event bernama KNPI Cup Body Contest Open Competition 2010 yang berlangsung pada Minggu, 11 April 2010 di Gedung Pemuda Jl. Lambung Mangkurat No. 02 Banjarmasin. Kejuaraan terbuka yang mengambil tema “Generasi muda yang sehat, mendulang prestasi, jauh dari narkoba” ini diikuti oleh 124 orang peserta dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, hingga Kapuas dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

KNPI CUP BODY CONTEST OPEN COMPETITION 2010

Setelah penyisihan pertama, babak semi final menyaring 20 peserta dari 50 peserta yang lolos untuk masuk babak final. Akhirnya setelah bersaing ketat menampilkan proporsi tubuh terbaik, tampil sebagai juara pertama adalah Andri Saputra. Dalam event ini pantia juga menampilkan guest pose dari atlet binaraga M. Anshari (Team Ultimate Nutrition). Panitia berharap dari para peserta event ini dapat mengembangkan tubuhnya kearah binaraga sehingga akan diperoleh atlet-atlet binaraga dari Banjarmasin selain tentunya juga merupakan salah satu usaha mencegah penggunaan narkoba. Selamat kepada KNPI Banjarmasin dan para juara. Erwin

Daftar Juara :

Juara I : Andri SaputraJuara II : Dayat BuleJuara III : Edo SyakirHarapan I : Riza FahleviHarapan II : AndianiHarapan III : Gatot

Page 27: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

EVENTS

Karawang

ndEnergic & Health 2 Competition

paya menggelorakan semangat olahraga terutama Ubagi para pecinta fitnes dan

aerobik terus dikibarkan oleh berbagai penggiatnya. Salah satunya oleh Bp. Bambang Uwit dari Bambang Uwit Fitness Center and Aerobic Karawang. Dengan dukungan berbagai pihak dan sponsor, Bp. Bambang Uwit kembali menyelenggarakan kejuaraan Energic

& Healthy Competition yang kedua di Karawang, Jawa Barat. Event ini berlangsung pada Minggu, 9 Mei 2010 yang lalu di Sport Hall Adiarsa, Karawang.

Ratusan peserta putri mengawali acara pada pagi harinya dengan bertanding dalam kategori Aerobik dan Modern Dance. Pada kategori ini turut diramaikan dengan penampilan dari selebriti Vicky Burki sebagai

instrukturnya. Siangnya giliran puluhan pria berbadan kekar mengikuti penyisihan kategori Body Ideal Contest dan Semi Binaraga. Dengan tema “Groovy Your Bodies for Healthy Life,” acara ini tergolong sukses. Selamat kepada para pemenang dan sukses selalu untuk Bambang Uwit Fitness Center and Aerobic Karawang.

Teguh

Page 28: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

EVENTS

"Bodiku" Kejuaraan Binaraitiadakannya cabang olahraga binaraga pada PORPROV Bali 2010 D

membuat kecewa beberapa atlet dan pecinta binaraga di Bali. Sebagai reaksinya, Komang Arnawa, atlet binaraga nasional dan Drug Free Pro World Champion (2 kali) asal Bali tidak tinggal diam. Bekerja sama dengan PABBSI Bali dan berbagai sponsor, Komang menggelar event tahunan Bodiku, Kejuaraan Binaraga Nasional Terbuka 2010 di Gedung Ksirarnawa, Art Center Bali pada 15 Mei 2010 yang lalu. Dengan mengambil tema “Drug Free Competition, Say No To Steroids” maka lima kelas binaraga ditambah satu kelas semi-professional pun digelar memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah. Tak urung puluhan atlet binaraga senior dari seluruh Indonesia menyerbu Bali. Bahkan ada juga atlet dari Malaysia.

Sebelumnya, registrasi dan timbang badan dilakukan pada 13 Mei 2010 di tempat yang sama. Ade Iman dari Jawa Barat berhasil meraih Juara I untuk kelas Semi-Professional yang diikuti oleh atlet-atlet kelas berat. Selain pertandingan, panitia juga menampilkan guest pose dari Komang Arnawa dan Ade Rai, serta untuk pertama kalinya di Indonesia tampil Sam Atrill, World Natural Figure Champion (juara dunia putri bertubuh ideal alami) dari Australia. Selain itu diadakan pula Superpump Push-Up Challenge yaitu kontes push-up terbanyak dalam waktu 2 menit. Acara semakin meriah dengan hiburan demonstrasi beladiri, rapper dan break dance performance. Menurut Komang, akan dirilis DVD dan T-Shirt resmi dari event Bodiku ini untuk para pecinta binaraga. Salut untuk Komang Arnawa dan selamat untuk para pemenang! Wayan

Bp. Sutiyoso dari Ultimate Nutrition menyerahkan hadiah untuk juara Kelas 60 kg

Komang Arnawa tampil menjadi guest pose

Ade Iman meraih Juara I Kelas Semi-Profesional

Page 29: Sportindo Com - The Magz Juni 2010

Denpasar

ga Nasional Terbuka 2010

Daftar Juara :

Kelas 60 kg : Juara I : Jefri Wuanten (PABBSI Sulteng)Juara II : Junaedi (Max Gym Malang)Juara III : Agustiawan (Kutai Kertanegara)

Kelas 65 kg : Juara I : Oto Wantik (Kutai Kertanegara)Juara II : Alfian (Gaspari)Juara III : Harry (Team Met-Rx)

Kelas 70 kg :Juara I : Manan Roy (Twinlab)Juara II : Rudi Herianto (Gaspari)Juara III : Lius Heriyanto (Badung)

Kelas 75 kg :Juara I : Erwin Lukmansyah (KLAR Jakarta)Juara II : Meni (Universal)Juara III : Surahman (Gersik Man's Fitness)

Kelas 75+ kg :Juara I : Agus Widya (Salatiga)Juara II : Ketut Arnawa (Team Ultimate Nutrition Bali)Juara III : Elvis (Gaspari Jakarta)

Kelas Semi-Profesional :Juara I : Ade Iman (Jawa Barat)Juara II : Zetri (Malaysia)Juara III : Ayub Wahyudi (Max Gym Malang)Harapan I : Ketut Arnawa (Team Ultimate Nutrition Bali)Harapan II : Cornelis Amo (Team Ultimate Nutrition)Harapan III : Elvis (Gaspari Jakarta)

Page 30: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 31: Sportindo Com - The Magz Juni 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz Juni 2010