sportindo com - the magz september 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

125 views

Category:

Documents


11 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz September 2010

Pemimpin Umum L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung JawabSutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.Arief T. Nur Gomo

Teguh, Wayan

Tim Redaksi George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & DesainRachmat Kurniawan, SE.

TjahyonoGalihseto R.A, SST

Promosi & IklanPT. Jaya Sportindo

DistribusiMangapul F. Hutahaean, SE.

Websitewww.sportindo.com

www.dennysantoso.comwww.duniafitnes.com

[email protected]

Cover :Agung

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan pertanyaan dari

pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Follow Denny Santoso on:Facebook: http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage Twitter: http://twitter.com/dennysantoso

L-Glutamine dan L-Taurine dalam CreaMax

Mesin atau Manual?

Saya mau bertanya, suami saya beberapa waktu yang lalu mengkonsumsi Creatine Monohyrate, lalu akan diteruskan mengkonsumsi CreaMax. Tetapi saya baca di labelnya, CreaMax mengandung L-Glutamine dan L-Taurine. Apa manfaat keduanya? Apa pula efek sampingnya? Soalnya setahu saya, taurine juga terkandung dalam minuman energi seperti K******d**** sehingga saya menjadi khawatir. Minta pencerahannya dong. Terima kasih.Bunda Oma ([email protected])

L-Glutamine adalah salah satu asam amino yang non esensial karena bisa diproduksi dalam tubuh. Asam amino ini bisa menjadi esensial (perlu asupan dari luar) ketika tubuh berada dalam keadaan tidak sehat atau mengalami luka, atau setelah olahraga yang berat. Fungsinya, antara lain sebagai salah satu penyusun protein, penghasil energi (selain glukosa), sumber nitrogen untuk proses anabolik.

Taurine adalah salah satu jenis asam organik dan salah satu komponen utama dalam empedu. Taurine adalah turunan asam amino sistein. Banyak digunakan dalam minuman energi antara 1000-2000 mg/serving. Hasil penelitian food safety Eropa tidak ada efek merugikan konsumsi taurine sebanyak 1000 mg/kg berat badan per hari (hasil penelitian untuk konsumsi taurine sendiri). Sumber yang saya baca menyebutkan juga, taurine tidak terbukti sebagai sumber energi. Hasil percobaan pada tikus membuktikan bahwa taurine hanya dibutuhkan untuk pemeliharaan fungsi otot. Selain itu berfungsi mencegah sakit liver pada hewan percobaan. Untuk penderita tekanan darah tinggi, suplemen taurine membantu menurunkan tekanan darah.Arief T Nur Gomo

Saya ingin bertanya, untuk membesarkan otot, manakah yang lebih efektif antara menggunakan mesin atau manual? Contohnya manakah yang lebih efektif untuk gerakan compound latihan dada? Bench press dengan menggunakan smith machine atau dengan alat manual (barbel/dumbel)? Saya sekarang fokus untuk membesarkan otot dada saya. Begitu pula untuk incline dan decline, manakah yang lebih bagus untuk menambah volume otot? Dumbbell fly atau mesin pec-deck? Mohon pencerahan. Thanks before.Marjan Hidayat ([email protected])

Manual menggunakan dumbel lebih menggerakkan serabut otot kita untuk tumbuh karena gerakan menggunakan dumbel ini beban bergerak terserah tubuh dan sendi kita. Sedangkan gerakan menggunakan mesin maka tubuh kita menuruti gerakan mesin sehingga kurang fleksibel.Sebagai saran, sebaiknya tetap divariasikan. Misalnya 2 minggu dengan mesin dilanjutkan 2 minggu dengan dumbel dan sebaliknya. Namun bagi pemula, sebaiknya banyak menggunakan mesin dulu karena MMC biasa belum terbentuk. Dengan mesin bisa terbantu mendapatkan MMC. Selamat praktek.

aat membaca majalah edisi September 2010 ini, barangkali fitness mania sedang bersama keluarga besar tercinta merayakan lebaran di kampung halaman. Setelah berpuasa penuh sebulan lamanya, fitness S

mania kemudian disajikan berbagai makanan khas lebaran yang biasanya berkuah santan kental, berlemak, atau serba manis. Apa keputusan fitness mania melihatnya? Langsung menyantapnya? Daripada bingung, sekalian saja fitness mania melakukan bulking. Namun sebelumnya, sesuai dengan tujuan awal majalah ini yaitu memberikan edukasi kepada pembaca, pahami dulu nutrisi apa yang penting bagi proses bulking dan bagaimana pula cara kerjanya. Semua kami tampilkan dalam Cover Story edisi ini.

Tak hanya itu, rubrik-rubrik lain dalam edisi ini juga menampilkan berbagai artikel yang sesuai dengan momen lebaran sekaligus liburan fitness mania. Dan akhirnya, saya atas nama pimpinan dan seluruh karyawan PT. Jaya Sportindo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Tetap sehat, selamat membaca, dan salam saya untuk keluarga tercinta Anda.

Page 5: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 6: Sportindo Com - The Magz September 2010

N R SIUT I T NG

PEN I UNTUK

L I GBU K N

PUASA TELAH BERAKHIR,

LEBARAN PUN TIBA.

BAGAIMANA

PERKEMBANGAN FITNESS

MANIA SETELAH SEBULAN

PENUH BERPUASA?

APAKAH TERJADI

PENURUNAN MASSA OTOT?

BERAT BADAN TURUN?

WELL, PUASA SUDAH

BERAKHIR DAN LEBARAN

DIWARNAI DENGAN

BERBAGAI MAKANAN

YANG SIAP DISANTAP

KAPAN SAJA. SEPERTINYA

MOMENNYA TEPAT UNTUK

BULKING BUKAN? SO, GO

AHEAD. EAT AS MUCH AS

YOU CAN. TAPI TUNGGU,

SUDAHKAH FITNESS MANIA

TAHU KONSEP BULKING

YANG BENAR?

Mo

de

l : Y

oa

n C

alo

sa

Page 7: Sportindo Com - The Magz September 2010

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Bp. Denny, konsep bulking yang benar adalah proses

menambah massa otot, bukan menambah berat badan semata.

Namun beberapa orang masih mengalami kegagalan dalam bulking yang benar. Ada yang tidak peduli mengonsumsi segala jenis makanan apa saja asal berat badannya bisa naik, tidak peduli apakah makanan tersebut mengandung lemak buruk yang tinggi. Pada saat berat badannya benar-benar naik, orang tersebut tidak mengetahui apakah yang naik massa otot atau lemak tubuh. Kenyataannya, kadar lemak tubuhnya yang naik drastis, namun massa ototnya tidak naik sama sekali atau hanya naik sedikit saja. Lebih lengkap dapat Anda baca di artikel yang ditulis oleh Bp. Denny di alamat website http://www.dennysantoso.com/bulking-tempo-dulu-vs-sekarang.html

Kendala-kendala Bulking Apa saja yang biasanya menjadi

kendala seseorang dianggap gagal melakukan proses bulking?

Diantaranya adalah :1. Jumlah asupan kalori makanan

masih kurang atau bahasa mudahnya jumlah makanan yang harus dikonsumsi untuk proses bulking masih kurang.

2. Jumlah kalori makanan yangdikonsumsi melebihi level maintenance yang mampu dikendalikan, yang penting asal berat badan bertambah, tidak peduli hanya lemak tubuh yang bertambah. Padahal jika hanya asal berat badan naik saja, justru akan diperlukan usaha yang lebih keras saat diet cutting nantinya dalam waktu yang lebih lama pula sehingga sangat beresiko akan kehilangan massa otot.

3. Tidak konsisten dengan pola makannya.

Lalu bagaimana caranya agar diet yang tepat bisa menghasilkan proses bulking yang berhasil dengan baik? Yang perlu Anda pahami adalah bagaimana pentingnya jenis nutrisi yang dikonsumsi sangat berpengaruh dalam keberhasilan program bulking Anda.

Asupan KaloriJumlah asupan kalori dari

makanan yang cukup sangat berkaitan dengan pertumbuhan massa otot Anda. Ingat, Anda sedang dalam proses bulking, penambahan massa otot, maka jumlah asupan kalori juga harus ditambah. Teori umumnya memang sangat mudah. Bunyinya, jika asupan kalori yang masuk lebih besar daripada jumlah kalori yang dibakar, maka berat badan Anda akan bertambah karena surplus jumlah kalori.

BULKING ADALAH PROSES MENAMBAH MASSA OTOT TUBUH SECARA

BERTAHAP SAMPAI PADA TITIK BERAT BADAN TERTENTU YANG DIINGINKAN. BULKING BIASANYA DIIKUTI DENGAN CUTTING ATAU PROSES PENGIKISAN LEMAK TUBUH YANG DIAKIBATKAN

DARI PROSES BULKING.

Page 8: Sportindo Com - The Magz September 2010

Kedengarannya mudah bukan? Tidak juga! Bagi beberapa orang yang bertipe tubuh ectomorph, yang metabolisme tubuhnya sangat tinggi, membutuhkan 4.000-6.000 asupan kalori per hari untuk dapat menambah berat badan. Itu jumlah kalori yang sangat tinggi. Karenanya sangatlah penting untuk mengetahui level maintenance kalori Anda. Level maintenance kalori adalah level jumlah kalori yang dikonsumsi dimana Anda tidak mengalami kenaikan berat badan (stabil).

Ada beberapa cara untuk menghitung level maintenance. Ada yang berdasarkan berat badan, kadar lemak tubuh, usia, dan lain-lain. Namun cara yang paling mudah adalah dengan percobaan sendiri. Tulis jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari selama seminggu. Jika Anda tidak mengalami kenaikan berat badan, maka jumlah rata-rata kalori per hari adalah merupakan level maintenance kalori Anda. Namun perlu Anda ketahui juga, jumlah asupan kalori bukan satu-satunya patokan dasarnya. Penyerapan nutrisi dan waktu asupan kalori juga dapat berpengaruh dalam penambahan massa otot atau lemak.

Nutrisi Penting untuk Bulking

ProteinNutrisi terpenting dalam proses

pembentukan otot adalah ptotein karena ptotein dibutuhkan dalam pembentukan jaringan otot. Asam amino diperlukan dalam sintesis protein dalam otot, meski proses asam amino ini dihasilkan melalui hidrolisis protein. Secara umum, jumlah asupan protein yang dianjurkan (RDA) adalah 50 gr per hari. Namun jumlah tersebut diperuntukkan bagi mereka yang tingkat aktivitas dan metabolismenya termasuk sedang. Kalau Anda seorang atlet binaraga atau semi binaraga (ideal body) maka jumlah asupan kalori Anda jauh lebih besar. Kenapa butuh lebih banyak?

Salah satu penjelasan sederhananya adalah mereka yang aktif latihan fitnes seperti misalnya angkat beban, akan mengalami kerusakan kecil pada jaringan ototnya saat mengangkat beban. Nah, asam amino akan digunakan untuk sintesis jaringan otot yang baru pada bagian otot yang rusak tersebut. Tubuh akan memperbesar bagian otot tersebut sehingga menjadi lebih kuat dan mampu menahan beban yang sama saat latihan kembali.

Asam amino yang dibutuhkan tersebut berasal dari protein dalam makanan yang dikonsumsi. Proses

sintesis jaringan otot baru tersebut mengakibatkan berkurangnya stok asam amino dalam tubuh. Jika stok asam amino dalam tubuh tidak mampu mencukupi, maka tubuh akan melambatkan atau bahkan menghentikan proses sintesis protein atau pembentukan jaringan otot baru tersebut. Jadi ketersediaan asam amino dalam tubuh merupakan faktor penting dalam proses sintesis protein. Artinya, jika Anda tidak cukup mengkonsumsi protein, maka sintesis jaringan otot Anda tidak akan maksimal sehingga menghambat perkembangan otot.

Berapa jumlah protein yang harus dikonsumsi? Standar umum yang dianjurkan rata-rata adalah 1,5-2 gr protein per kilogram berat badan. Namun jumlah tersebut dianjurkan untuk atlet binaraga yang termasuk bermetabolisme lamban (endomorph). Untuk mudahnya, Anda dapat memakai patokan 2-3 gr per kilogram berat badan. Jadi jika Anda memiliki metabolisme yang lamban, pilihlah batas terbawah jumlahnya (2 gr/kg berat badan). Jika metabolisme Anda termasuk cepat, maka pilihlah batas tertinggi (3 gr/kg berat badan). Dan jika kira-kira Anda termasuk bermetabolisme sedang, maka jumlah asupan protein yang dianjurkan adalah diantaranya (2,5 gr/kg berat badan). Anda tidak perlu terlalu khawatir overdosis karena umumnya banyak dari kita kekurangan asupan protein.

KarbohidratAda mitos yang mengatakan bahwa

karbohidrat adalah musuh dalam proses bulking. Padahal faktanya karbohidrat merupakan nutrisi makro yang sangat bermanfaat untuk perkembangan massa otot. Karbohidrat membantu proses pembentukan otot dalam berbagai cara.

Karbohidrat mampu mencegah proses oksidasi asam amino dengan menyediakan simpanan energi yang siap dipakai kapan saja. Ketika karbohidrat dikonsumsi, akan diubah menjadi monosakarida dalam perut, lalu kemudian diserap dan dilepaskan dalam pembuluh darah. Sel-sel receptor akan merasakan kenaikan gula darah sehingga tubuh akan melepaskan insulin untuk menyalurkan sakarida ke dalam sel-sel tubuh.

Insulin terkait dengan GLUT (pengangkut glukosa) receptor di dalam sel, yang membuat perubahan dalam receptornya, membuat sel menjadi terbuka sehingga memungkinkan molekul-molekul sakarida masuk ke dalam sel. Dari dalam sel, sakarida ini mengalami proses polimer ke dalam glikogen.

Glikogen adalah polimer glukosa rantai bercabang yang merupakan simpanan energi siap pakai bagi sel. Jadi ketika tubuh membutuhkan energi, rantai bercabang tersebut akan dipecah dan glukosa akan dilepaskan untuk menyuplai sel dengan energi.

Nah, jika level glikogen rendah, tubuh akan mengoksidasi protein (asam amino) dan lemak sebagai energi. Artinya, proses oksidasi protein ini bisa membuat tubuh Anda kehilangan asam amino yang diperlukan sebagai sintesis protein.

Padahal semakin tinggi proses sintesis protein maka semakin cepat bertambah besar pula volume sel otot Anda. Tubuh cenderung akan menyimpan lebih banyak asam amino dalam sel untuk menjaga konsentrasi bentangan membran sel. Jadi, semakin banyak asam amino yang tersedia maka tingkat sintesis protein juga semakin tinggi. Penyerapan nutrisi karbohidrat dalam tubuh juga termasuk anabolik

PENGUKURAN KADAR LEMAK DENGAN FAT MONITOR PENTING

DILAKUKAN UNTUK MENGUKUR KADAR LEMAK TUBUH KITA

SEBELUM DAN SESUDAH BULKING.

Page 9: Sportindo Com - The Magz September 2010

secara hormonal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asupan karbohidrat akan menyebabkan pelepasan insulin. Insulin merupakan hormon yang sangat anabolik sehingga bersifat membawa dan memasukkan lebih banyak nutrisi (termasuk asam amino) ke dalam sel-sel. Insulin juga mampu menghalangi kerja hormon katabolik seperti glukogen dan kortisol, hormon katabolik utama yang dilepaskan saat latihan yang intens. Karena sifat-sifat anabolik dan anti katabolik tersebut, jelas terlihat bahwa insulin merupakan hormon yang sangat bermanfaat dalam sintesis protein otot. Karbohidrat juga bermanfaat untuk menjaga level simpanan glikogen. Level glikogen yang rendah dapat meningkatkan keletihan saat latihan sehingga mengakibatkan latihan kurang produktif dan menurunkan level energi.

Olahraga angkat beban merupakan aktivitas anaerobik yang membutuhkan ATP (penyimpan dan penghantar energi dalam sel).

Hidrolisis energi ATP dipakai untuk memeprkuat berbagai fungsi sel termasuk kontraksi otot. Tubuh kita hanya memiliki kandungan ATP yang sangat kecil, namun dapat didaur ulang kapan saja ketika dibutuhkan. Setelah simpanan ATP digunakan, maka tubuh akan mulai memecah glikogen untuk memproduksi ATP sebagai penyedia energi bagi tubuh.

Karena itulah simpanan glikogen otot yang cukup sangat bermanfaat saat latihan angkat beban berintensitas tinggi. Sesi latihan angkat beban berintensitas tinggi dapat menyedot hingga 40% simpanan glikogen otot. Karenanya konsumsi karbohidrat sepanjang hari sangat penting untuk menyuplai simpanan glikogen otot.

LemakLemak seringkali disalahartikan

banyak orang. Apalagi ada berbagai macam diet anti lemak yang membingungkan orang. Konsumsi nutrisi yang secukupnya adalah kuncinya! Termasuk juga lemak, yang merupakan nutrisi esensial bagi tubuh. Lemak merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh tubuh dan merupakan molekul yang paling efisien untuk dibakar dalam tubuh. Lemak juga diperlukan dalam sintesis beberapa jenis hormon. Lebih komplek lagi, lemak dibutuhkan untuk kesehatan rambut, kulit, dan bahkan kuku.

Lalu berapakah jumlah lemak yang baik untuk dikonsumsi? Pertanyaan ini sulit untuk dijawab karena jika asupan lemak terlalu sedikit, maka akan berpengaruh terhadap level testosteron. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang membuktikan bahwa diet rendah lemak (dibawah 15% dari total kalori) dapat menurunkan level testosteron secara signifikan. Sedangkan diet tinggi lemak (diatas 30% dari total kalori) mampu menaikkan level testosteron.

Meskipun lemak mampu mengingkatkan level testosteron, perlu Anda ingat bahwa testosteron hanya satu bagian kecil dari proses pembentukan otot. Masih ada berbagai faktor dan jenis hormon yang berperan dalam proses pembentukan otot selain testosteron. Artinya, jika Anda menaikkan jumalh kalori dari lemak, sebut saja misalnya 40% dari jumlah kalori harian Anda, memang mampu meningkatkan testosteron, namun akibatnya Anda juga akan mengalami kekurangan nutrisi lain bagi tubuh. Naiknya persentase jumlah asupan lemak tentunya akan mengurangi jatah persentase asupan protein dan karbohidrat Anda. Padahal jika Anda terlalu mengurangi jumlah asupan kalori protein, maka Anda juga akan kekurangan asam amino yang dibutuhkan dalam proses sintesis otot, sehingga mengurangi proses pembentukan otot Anda. Begitu juga jika Anda mengurangi jumlah asupan karbohidrat, maka Anda berbagai manfaat karbohidrat yang sudah dijelaskan diatas akan berkurang pula.

Sebagai tambahan, lemak merupakan molekul yang paling mudah disimpan menjadi jaringan lemak tubuh. Sedangkan protein dan karbohidrat harus dirubah dengan proses enzim untuk dapat disimpan sebagai lemak tubuh. Lemak tidak butuh perubahan tersebut untuk dapat disimpan sebagai jaringan lemak tubuh. Artinya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dapat menyembabkan kelebihan simpanan lemak tubuh. Jadi

konsumsi lemak secukupnya lebih dianjurkan pada diet saat proses bulking.

Lalu berapa jumlah asupan lemak yang disarankan? Dengan pertimbangan untuk tetap menjaga level testosteron yang baik maka jumlah konsumsi lemak yang efisien adalah sekitar 20-30% dari total kalori Anda. Sisa persentase kalorinya merupakan jumlah bagian yang tepat untuk konsumsi protein dan karbohidrat.

Peran Lemak bagi TubuhAnda pasti kemudian bertanya, jenis

lemak apa yang sebaiknya dikonsumsi? Yang sangat dianjurkan tentu saja yang termasuk lemak baik atau lemak tak jenuh seperti misalnya omega-3, omega-6, dan jenis-jenis lemak baik lainnya. Mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan laut, penggunaan minyak canola, minyak jagung, dan minyak zaitun, serta suplementasi flax seed dan minyak ikan merupakan cara yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan diet lemak Anda.

Tetapi bukan berarti Anda harus sama sekali menghindari lemak jenuh. Lemak jenuh dan kolesterol dibutuhkan dalam sintesis hormon steroid dalam tubuh, termasuk testosteron. Namun bukan berarti pula Anda harus berlebihan mengkonsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh lebih mudah disimpan sebagai lemak tubuh daripada lemak tak jenuh. Lemak jenuh bersifat “menggumpal” lebih padat dan kuat (dari sinilah istilah jenuh itu digunakan). Itulah mengapa lemak jenuh tetap padat dalam suhu ruangan. Karena itu pula lemak jenuh lebih susah untuk dimetabolisme dalam tubuh. Sebaliknya, lemak tak jenuh bersifat tidak “menggumpal” padat (tak jenuh) sehingga lebih mudah dimetabolisme dalam tubuh pula. Anda juga harus waspada terhadap asam lemak trans atau hydrogenated oils karena sangat susah dimetabolisme tubuh dan paling mudah disimpan sebagai lemak tubuh pula. Saran kami, tetap utamakan kesehatan Anda saat dalam proses bulking atau pembentukan otot. Diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Jadi untuk menjaga keseimbangan hormonal yang baik, tanpa harus meningkatkan resiko penyakit jantung dan lemak tubuh, pastikan jumlah konsumsi lemak jenuh Anda hanya 30% dari total asupan lemak Anda.

Setelah mengetahui nutrisi utama yang diperlukan dalam proses bulking atau pembentukan otot berikut segala manfaatnya, semoga wawasan Anda lebih terbuka dan menerapkan diet dengan nutrisi yang seimbang baik protein, karbohidrat, dan lemak. Selamat mencoba! Aan (dari berbagai sumber)

Page 10: Sportindo Com - The Magz September 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

MAKAN BERLEBIHAN

al ini mungkin tampak jelas, tetapi tidak ada salahnya mengatakan bahwa kita makan karena banyak alasan lapar dan nafsu H

makan, tentu saja tapi juga untuk merayakan sesuatu, misalnya Hari Raya seperti saat ini, atau untuk bersosialisasi, untuk menenangkan diri serta mengurangi kebosanan. Untuk menghindari makan terlalu banyak dan bertambahnya berat badan, terutama di Hari Raya Idul Fitri yang tentunya membuat kita dihadapkan pada sederet sajian lezat khas Lebaran yang sangat menggoda, maka pertama-tama kita harus memahami apa yang mendorong kita untuk makan.

Pikirkan tentang suara gemuruh di perut Anda. Ini adalah sensasi fisik. Sejumlah penelitian telah melihat bagaimana hormone, pada awal dan selesai makan, memainkan peran utama dalam menentukan berat badan. Termasuk hormon ghrelin, yang berfungsi memicu rasa lapar, dan leptin yang mengurangi rasa lapar itu. Perasaan lapar terkait dengan hormon-hormon ini. Waktu makan, emosi seperti stres atau kepuasan, dan bahkan jenis makanan yang Anda makan semua mempengaruhi hormon-hormon ini.

Masalah pada pengaturan nafsu makan dapat menjadi ringan dan memberikan kontribusi pada

Lapar: Perasaan fisik yang mengatakan Anda butuh makan

Appetite (nafsu makan): Keinginan untuk makan

http

://ww

w.d

en

ny

sa

nto

so

.co

m/m

ak

an

-be

rleb

iha

n.h

tml

perubahan berat badan secara bertahap, atau mungkin parah seperti anoreksia dan bulimia. Masalah nafsu makan dapat disebabkan oleh penyakit, obat-obatan atau bahkan masalah psikologis.

Ini adalah istilah yang diciptakan untuk semua alasan lain kenapa kita makan. Apakah Anda memperhatikan bahwa ketika memesan makanan ukuran jumbo, Anda biasanya akan menghabiskan semuanya? Apakah situasi tertentu, seperti menonton TV atau berbicara di telepon, dapat memicu makan berlebihan?

Ya, alasan kita makan sangat kompleks. Mengingat epidemi obesitas di negara kita dan di seluruh dunia pada umumnya, jelas bahwa makan berlebihan adalah masalah yang signifikan. Penting untuk mengetahui bagaimana melawan rasa lapar, menormalkan keinginan akan makanan, merasa kenyang dan puas, dan mengatasi situasi yang memicu kita untuk makan tanpa berpikir.

Nah, di momen Lebaran kali ini, marilah kita hindari makan berlebihan atau yang biasa disebut dengan overeating ini. Anda sendiri yang mengenal rasa lapar Anda, dan Anda sendiri pun yang tahu bagaimana mengendalikannya. Jadi, tetap terapkan pola makan sehat Anda!

Makan tanpa berpikir (mindless eating): Sebagai faktor lain dari yang di atas

Page 11: Sportindo Com - The Magz September 2010

“Waktu tahun 2004 itu saya hanya asal latihan saja dan belum terarah. Baru mulai mengerti dan menerapkan latihan dan diet yang benar sejak tahun 2007,” kenang Vicky membuka perbincangan. “Kalau sekarang saya sudah biasa latihan dua kali sehari, pagi dan sore, seminggu 4 kali, dengan hari-hari off latihan Rabu, Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Lebih spesifik lagi, Vicky menjelaskan pola latihannya, “Saya latihan fitnes metode basic saja. Misalnya Senin pagi latihan otot besar seperti dada dan sorenya latihan otot punggung. Lalu Selasa latihan otot kecil seperti perut, sorenya latihan otot triceps, dan seterusnya. Sedangkan latihan kardio biasa saya lakukan di hari Selasa & Jumat setelah latihan beban.”

“Biasanya saya latihan kardio dengan sepeda statis menerapkan High Intensity Interval Training (HIIT). Jadi kombinasi bersepeda pelan 2 menit dan sprint 1 menit selama 15 menit, lalu diakhiri bersepeda pelan selama 15 menit. Bagi saya, metode tersebut sangat efektif membakar lemak. Jadi durasi total fitnesnya latihan beban 30 menit dan latihan kardio 30 menit. Kalau latihan bebannya sampai melebihi 30 menit, saya merasa hormon cortisol mulai keluar sehingga otot jadi tidak bias nge-pump. Kalau nekat diteruskan bisa-bisa otot menyusut atau katabolik. Kecuali kalau sedang program cutting, latihan beban bisa sampai 60 menit,” terang Vicky panjang lebar.

Sementara untuk urusan dietnya, Vicky membuka rahasianya, “Setiap orang berdiet dengan caranya sendiri-sendiri. Tetapi kalau saya cocok menerapkan high protein dan carbo berseling. Jadi misalnya hari Senin dan Selasa high protein, hari Rabu high carbo, lalu Kamis sampai Sabtu high protein, dan Minggunya high carbo.”

“Sumber protein saya ambil dari dada ayam dan daging sapi yang dimasak kukus atau bakar. Sehari bisa habis 1 kilogram. Ditambah sayur brokoli dan kacang merah yang dikukus. Sedangkan sumber karbohidrat saya ambil dari nasi beras merah. Untuk buah-buahan saya suka makan apel,” jelas Vicky soal menunya sehari-hari.

“Oleh beberapa teman dekat, saya diharapkan bisa menjajal kualifikasi binaraga kelas 55 atau 60 Kg. Katanya badan saya sudah terlalu besar, jadi sayang kalau terus bertanding di kelas body contest. Untuk perbahan itu, saya terus melakukan persiapan setiap hari. Fitness is not a hobby anymore. It's my way of life,” tutup Vicky semangat.

Vicky“Fitness is Not

A Hobby It's My Way of Life”

Mulanya hanya mengantar sang pacar untuk senam aerobik,

Vicky pun mulai tertarik kepada fitnes. Kini, Vicky telah menjadi

salah satu body contestant yang layak

diperhitungkan di Jawa Timur.

Mulanya hanya mengantar sang pacar untuk senam aerobik,

Vicky pun mulai tertarik kepada fitnes. Kini, Vicky telah menjadi

salah satu body contestant yang layak

diperhitungkan di Jawa Timur.

Aan/Cahyono

Page 12: Sportindo Com - The Magz September 2010

RAYAKAN

DENGAN BERBAGAI

SAJIAN SEHATSAJIAN SEHATSetelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan

lamanya, akhirnya tibalah saat bagi umat Muslim untuk merayakan hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Di seluruh penjuru Nusantara, Lebaran tak lepas dari tradisi

menyediakan berbagai hidangan lezat. Meskipun sajian khas Lebaran ini berbeda-beda di tiap daerah, namun

hidangan Lebaran hampir selalu identik dengan kue-kue kering dan minuman yang manis serta masakan yang

hampir selalu gurih, manis, berkuah santan kental, berminyak dan berlemak tinggi.

alam suasana seperti ini, ketika pola makan tidak terkontrol, maka berat badan pun akan naik, tekanan darah meningkat, kadar kolesterol darah meningkat, juga kadar gula darah, D

terutama pada penderita Diabetes, pun ikut naik. Padahal di masa liburan Lebaran ini, tentu aktivitas fisik dan rutinitas latihan menjadi terbatas, karena waktu luang Anda akan lebih banyak tersita dengan kesibukan saling mengunjungi keluarga dan teman-teman. Nah, Anda tentu tak ingin momen Lebaran yang harusnya menjadi hari yang memberikan berbagai kegembiraan, justru membuat Anda tidak dapat menerapkan pola hidup sehat.

Beraneka ragam masakan lezat yang menemani ketupat, seperti opor ayam, semur, lodeh, rendang, gulai, ditambah dengan berbagai jenis kue mulai dari nastar, kastangel, butter cookies, brownies, cake dan lain-lain tentu sangat menggiurkan. Apalagi minuman yang disajikan, mulai dari sirup, softdrink dan punch pun siap untuk dinikmati. Tapi jangan sampai lepas kontrol! Ingatlah bahwa setelah sebulan berpuasa, tubuh telah beradaptasi dengan kebiasaan pola makan ketika berpuasa. Untuk itu, perlu penyesuaian secara bertahap sebelum kembali ke pola makan semula. Saat Anda makan dalam porsi banyak secara mendadak justru akan mengganggu bahkan merusak sistem pencernaan Anda.

LEBARAN LEBARAN

Page 13: Sportindo Com - The Magz September 2010

ah, ternyata merayakan Lebaran tidak selalu berarti membuat pola makan Anda berantakan bukan? Dengan mengganti berbagai menu yang tinggi kalori, gula, hingga lemak yang biasanya tersedia di Hari Lebaran dengan menu-menu sehat di atas, Anda tentu akan menurunkan risiko untuk mengalami kenaikan berat N

badan hingga muculnya berbagai gangguan kesehatan akibat pola makan yang tidak seimbang selama ber-Lebaran. Untuk itu, marilah jadikan Lebaran kali ini lebih sehat dari tahun-tahun sebelumnya! Selamat merayakan Idul Fitri!

MENU SEHAT SAAT LEBARAN

Untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan selama Lebaran, mengubah pola menu sajian Anda saat Lebaran menjadi satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Lalu apa saja menu sehat yang bisa Anda sajikan

untuk merayakan Lebaran kali ini? Simak beberapa pilihan menu lezat berikut ini.

BBQUntuk membuat menu Lebaran Anda lebih sehat, cobalah untuk mengganti

masakan bersantan atau gorengan Anda dengan makanan yang diolah dengan lebih sehat, salah satunya adalah BBQ. Lezat bukan? Jika Anda ingin menu ayam, Anda bisa gantikan menu opor ayam Anda dengan ayam bakar. Pilih juga pengolahan dengan cara serba dipanggang ataupun dibakar untuk mengolah daging sapi maupun kambing. Jadi, daripada Anda menambah konsumsi lemak jenuh dan kalori ekstra dari semur daging ataupun gulai kambing, Anda tetap bisa nikmati semuanya dalam bentuk BBQ yang tak kalah nikmatnya.

Gado-GadoGado-gado yang terdiri dari

berbagai macam sayuran sangat cocok untuk Anda masukkan ke dalam menu Lebaran kali ini. Pada momen seperti ini, tubuh akan cenderung kekurangan vitamin, mineral dan nutrisi lain. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan sebagian besar masakan yang disajikan mengalami proses pemanasan berulang kali karena biasanya masakan Lebaran ini dibuat dalam jumlah banyak sekaligus agar lebih praktis. Namun tentu saja, proses pemanasan berulang ini akan menurunkan berbagai kandungan gizi di dalamnya, sehingga tubuh pun berisiko tinggi mengalami kekurangan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi penting lainnya. Nah, untuk itu, penuhilah kebutuhan serat, vitamin dan mineral dari berbagai macam sayuran yang terdapat pada gado-gado.

Es Buah atau Sop BuahMendengar namanya saja sudah terbayang bukan betapa nikmat dan

segarnya menu yang satu ini? Anda bisa siapkan es buah dengan memasukkan berbagai macam buah favorit Anda ke dalamnya. Atau Anda bisa buat sop buah dengan berbagai jenis buah yang dipotong kecil-kecil dan diberi kuah jus buah. Anda bisa pilih buah-buahan sehat seperti apel, jambu biji, melon, belimbing, anggur, stroberi hingga buah naga atau buah lainnya. Selain segar, berbagai buah ini tentu akan memberikan pasokan vitamin, mineral dan serat untuk Anda. Untuk itu, ketimbang memilih soft drink atau sirup untuk sajian Lebaran Anda, menggantinya dengan es buah ataupun sop buah merupakan pilihan terbaik.

SaladSalad merupakan makanan yang

merupakan campuran dari potongan-potongan bahan-bahan makanan siap santap dan umumnya terdiri dari setidaknya satu jenis sayuran mentah atau buah-buahan segar. Sehingga, salad juga menjadi salah satu pilihan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin, mineral dan serat. Anda bisa siapkan salad sayuran maupun salad buah dengan pilihan salad dressing yang sehat, misalnya dengan yogurt, atau salad dressing yang rendah lemak, dan sebagainya. Kandungan vitamin dan mineral dalam salad sangat dibutuhkan tubuh untuk melangsungkan fungsi tubuh yang optimal. Sedangkan kandungan seratnya sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

Diana

Page 14: Sportindo Com - The Magz September 2010

S

Air Oksigen

ebenarnya, tanpa disadari, selain dihirup oksigen pun masuk melalui saluran pencernaan. Oksigen masuk ke saluran pencernaan melalui makanan dan minuman

yang kita konsumsi sehari-hari.Manusia dalam keadaan normal membutuhkan oksigen

sebanyak 535,7 gram per hari atau sekitar 375 liter per hari. Oksigen untuk tubuh ini diperoleh melalui proses pernapasan. Sekali bernapas, paru-paru bisa menampung sekitar 500 ml udara. Pada saat berolahraga, kebutuhan ini meningkat 5-10 kali lipat. Hal ini bisa dirasakan saat kita terengah-engah waktu berolahraga yang berarti suplai oksigen dalam tubuh berkurang. Sebenarnya dengan berolahraga secara teratur bisa meningkatkan keefektifan paru-paru dalam menghirup oksigen sehingga kita tidak sampai terengah-engah.

Molekul air sebenarnya sudah mengandung oksigen. Satu molekul air mengandung 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Air dalam suhu ruangan mengandung oksigen sebanyak 10 ppm (part per million atau milligram per liter). Pada suhu lemari pendingin kadar oksigen bisa meningkat sampai 15 ppm. Air oksigen secara umum dihasilkan dengan cara menyuling air terlebih dahulu sehingga bebas mineral kemudian baru ditambahkan oksigen. Dengen teknologi Oxygen Keeper, oksigen dimasukkan ke dalam air biasa yang bisa sampai 10 kali lipat kadarnya. Umumnya air oksigen mengandung 80 ppm per botolnya.

Air oksigen ini memiliki kelemahan yaitu oksigen yang dikandungnya tersebut sangat labil dan mudah terlepas kembali pada suhu ruangan, terkena panas atau terpapar cahaya matahari langsung, sehingga menjadi air biasa. Oleh sebab itu, di kemasan botol air oksigen selalu dituliskan untuk segera diminum sampai habis untuk mencegah kehilangan oksigennya. Selain itu, air oksigen tidak memiliki kandungan mineral yang diperlukan tubuh karena menggunakan air destilasi.

Oksigen merupakan komponen utama

kehidupan. Tanpa oksigen, roda kehidupan

tidak akan berjalan. Oksigen terdapat bebas

di udara dan dihirup untuk digunakan tubuh

dalam menghasilkan energi untuk

melakukan aktifitas. Teknologi yang maju

memungkinkan untuk memasukkan oksigen

murni kedalam wadah dan digunakan untuk

keperluan tertentu. Selain itu, oksigen pun

bisa ditambahkan ke dalam air dengan

pertimbangan untuk memperoleh manfaat

oksigen yang lebih baik lagi. Seperti halnya

yang dijual di pasaran dengan

sebutan air oksigen, yang

harganya lebih mahal

dibanding air

kemasan biasa.

Page 15: Sportindo Com - The Magz September 2010

Air Segi Enam (Hexagonal)

Manfaatnya Belum Terbukti

Air segi enam juga diklaim mengandung lebih banyak oksigen dibanding air biasa. Mengapa disebut disebut segi enam (hexagonal)? Itu disebabkan karena molekul air yang satu ini memang berbentuk segi enam. Sebenarnya bentuk molekul air alami memiliki bentuk seperti huruf V dengan 2 atom hidrogen di ujung-ujungnya dan 1 atom oksigen di pusatnya. Yang membedakan air hexagonal dengan air biasa yaitu formasi susunan molekul airnya.

Dalam satu tetes air terkandung milyaran molekul air yang bergerak bebas dan tak beraturan. Sedangkan dalam bentuk padat (es dan salju), setiap enam molekul air tersusun secara teratur dan membentuk water cluster yang berstruktur cincin segi enam. Bagian tengah cincin yang kosong ini yang mampu mengikat oksigen lebih banyak sehingga tidak lolos ke udara bebas.

Air hexagonal secara alami banyak terdapat di pegunungan yang berhawa sejuk. Sedangkan di perkotaan, air ini sangat sulit dijumpai karena udara yang panas dan polusi. Dengan teknologi kekuatan medan magnet dan infrared, air hexagonal bisa diciptakan meskipun tidak dalam suhu dingin atau kondisi beku. Inilah air hexagonal yang dijual di pasaran.

Prof. Dr. Waluyo Soeriodibroto, MSc., PhD., SpG(K), ahli gizi dari Universitas Indonesia, mengemukakan bahwa sampai sejauh ini belum terbukti secara ilmiah ataupun secara klinis tentang manfaat kedua jenis air tersebut. Menurut beliau, selama ini peminum air oksigen dan heksagonal tersugesti dari pengakuan sepihak para produsen atau testimoni dari peminum yang belum pasti kebenarannya.

Ditambahkan lagi, bahwa air oksigen selain rentan suhu, juga bisa terurai selama penyimpanan. Itu sebabnya produsen menganjurkan untuk meminumnya kurang dari 20 menit setelah dibuka, sedangkan sebagian lain menyarankan produknya disimpan di lemari es dan terhindar dari cahaya matahari.

Air hexagonal yang secara struktural lebih kuat pun belum

memiliki bukti yang signifikan apakah struktur ini tidak berubah saat masuk tubuh, yang mana suhu tubuh sekitar 37°C. Kemungkinan air ini akan baik di lambung bersama enzim pencernaan. Kalaupun bisa mencapai usus, kapiler mukosa usus pun tak bisa menyerap oksigen sebaik paru-paru.

Alih-alih menjadi sehat, lanjutnya, produksi radikal bebas akibat adanya oksigen yang berlebih ini malah berpotensi destruktif atau merusak pada tubuh. Bila oksigen dalam perut berada dalam kadar rendah memang tidak ada pengaruhnya, namun bila kadarnya tinggi bisa berbahaya karena oksigen bersifat radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu faktor pencetus kanker.

Sudah jelas bahwa air dan oksigen merupakan syarat wajib bagi kehidupan. Air merupakan komponen utama penyusun tubuh manusia karena 65-70% tubuh manusia terdiri dari air. Sedangkan oksigen diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi yang diperlukan dalam menjalankan aktifitas kehidupan.Pembuatan air hexagonal memerlukan energi magnetik atau getaran yang dipaksakan. Penggunaan energi ini juga bisa berdampak pada pelepasan radikal bebas. Namun, ini tidak berarti air oksigen atau air hexagonal yang terurai berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya, air yang bersih, sejuk dan segar sudah cukup memberikan manfaat bagi tubuh. Minum air dingin (air es) akan terasa lebih segar dibanding air hangat karena kandungan oksigennya lebih tinggi. Oksigen juga masuk dalam saluran pencernaan melalui makanan. Pada saat mengunyah dan menelan, tanpa kita sadari oksigen juga masuk ke saluran pencernaan.

Konsumsi air oksigen dan hexagonal memang dipengaruhi oleh gaya hidup dan jargon-jargon dari para produsen. Jadi masih perlukah konsumsi air oksigen atau hexagonal? Pilihan ini tergantung dari keyakinan konsumen tentang manfaatnya. Yang jelas, untuk konsumsi kedua jenis air ini kita harus merogoh kantong lebih dalam lagi.

Tentang Air dan Oksigen: Apa Yang Sebaiknya Dilakukan?

Air merupakan komponen utama penyusun tubuh

manusia karena 65-70% tubuh manusia

terdiri dari air. Sedangkan oksigen

diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi

yang diperlukan dalam menjalankan aktifitas

kehidupan.

Oleh :

Healthy Food and Recipe Contributor

Arief T Nur Gomo

Page 16: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 17: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 18: Sportindo Com - The Magz September 2010

Sebaiknya Anda baca dulu dan ikuti tips-tips berikut ini sebelum mulai pesta makan lebaran Anda :

1. Jangan gila-gilaan makan saat Lebaran. Tubuh Anda baru saja didetoksifikasi selama sebulan penuh. Hargailah apa yang sudah dicapai tubuh Anda. Jangan kembali Anda racuni dengan junk food, apalagi rokok dan alkohol. Tubuh juga perlu beradaptasi kembali dengan pola waktu makan Anda yang kembali normal. Pelan-pelan, kembalilah pada pola makan dengan porsi kecil dengan frekuensi 5-6 kali sehari.

2. Hindari mengkonsumsi kue-kue dan snack khas Lebaran yang serba manis.

Rata-rata kue-kue dan snack khas Lebaran mengandung gula dan lemak yang tinggi serta termasuk karbohidrat sederhana ber-Glycemic Index yang tinggi pula. Anda tak ingin gula darah dan respon insulin Anda melonjak naik untuk menimbun lemak bukan?

3. Hindari makanan bersantan dan berminyak. Opor ayam Lebaran yang menjadi masakan khas nenek

atau ibu Anda memang sangat menggiurkan, namun minyak dan santannya mengandung lemak jenuh atau

STOP RAKUS MAKAN

lemak jahat yang super tinggi. Kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah akan melonjak melebihi HDL (kolesterol baik) Anda.

4. Gunakan minyak zaitun atau canola, kaldu sayuran, jus tomat atau anggur khusus untuk memasak.

Anda bisa memilih bahan-bahan tersebut daripada memakai minyak dan mentega untuk menumis masakan khas Lebaran keluarga Anda.

5. Pilihlah berbagai buah dan sayuran segar yang kaya serat.

Sebagai ganti makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi, pilihlah buah dan sayuran. Selain lebih sehat, itung-itung Anda bisa berdiet saat Lebaran karena praktis Anda akan sibuk bersilaturahmi dan tak sempat berolahraga.

6. Bagaimana jika Anda masih tetap nekat melahap berbagai makanan kaya lemak, kolesterol dan gula berkarbohidrat sederhana?

Jika memang tidak dapat menghindarinya, maka siapkan Carb Bloc dan Fat Bloc dari Ultimate Nutrition. Carb Bloc akan mengurangi penyerapan karbohidrat, menjaga kadar gula darah dan mengurangi kalori yang masuk. Sementara Fat Bloc akan mengikat minyak dan lemak, melancarkan dan membersihkan pencernaan, serta menurunkan kolesterol. Minumlah masing-masing 2 kapsul 15-30 menit sebelum makan. Tak perlu khawatir overdosis karena cara kerja keduanya berlainan.

Nah, agar tidak malah menambah berat badan selepas berpuasa selama sebulan penuh, beberapa tips di atas akan membantu Anda. Selamat berlebaran dengan sehat!

Siapa yang tak tergoda menyantap lezatnya ketupat opor ayam, gulai kambing, rendang daging, atau sambal goreng ati bikinan nenek saat lebaran? Pastinya mantap sekali rasanya jika bisa mencicipi semua hidangan khas lebaran tersebut setelah manahan lapar sebulan penuh berpuasa. Tapi jangan keburu nafsu dulu, kalau Anda nekat makan, sudah siapkah Anda dengan kandungan lemak dan kalorinya yang siap menimbun di perut dan pinggang Anda?

SAAT LEBARAN!SAAT LEBARAN!

Diana

Page 19: Sportindo Com - The Magz September 2010

Workout Guide Series

Tahapan Pelaksanaan:

? Duduklah di bangkudecline bench crunch

? Kaki dikaitkan padabantalan yang tersedia

? Tangan berada di samping kepala

? Posisi badan sejajardengan paha

? Tekuklah perut tanpa menggerakkan pinggang

? Tarik nafas saat tidur dan hembuskan nafas saat menekuk perut

ABS WEIGHT TRAINING

Decline Bench Crunch

Hip Thrust

Tahapan Pelaksanaan:

? Posisi tidur terlentang

? Kedua tangan diletakkan di samping badan

? Kaki lurus ke atas

? Angkat pinggul hingga mendorong ujung kaki naik lebih tinggi lagi

? Tarik nafas saat kaki turun dan hembuskan nafas saat kaki naik

Mo

de

l : W

iyo

no

, L

oka

si : A

tlas

Fitn

ess

Ce

nte

r M

ala

ng

Mo

de

l : A

gu

s P

an

co, L

oka

si : A

tlas

Fitn

ess

Ce

nte

r M

ala

ng

Page 20: Sportindo Com - The Magz September 2010

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian

semua orang. Begitu pun dengan Anda,

bukan? Untuk mendapatkan bentuk tubuh

yang ideal, maka Anda pun harus

membuang lemak berlebih dalam tubuh

Anda. Untuk mengoptimalkan

hasil diet Anda dalam rangka

mendapatkan tubuh indah

yang Anda inginkan, gunakan

kombinasi pembakar lemak

generasi terbaru, Fat Burning

Combat Final Round, untuk

membakar lemak tubuh

Anda dengan efektif,

dan susu tinggi protein

berkualitas tinggi,

Protein Combat Powder,

untuk memasok semua

nutrisi penting bagi

pertumbuhan dan

perkembangan otot Anda.

Mo

de

l : Ke

tut A

rna

wa

Page 21: Sportindo Com - The Magz September 2010

Kombinasi Fat Burning Combat Final Round

&Protein Combat PowderOPTIMALKAN HASIL DIET DAN DAPATKAN TUBUH IDEAL SEKARANG JUGA!

untuk membantu Anda mendapatkan tubuh ideal impian Anda dengan cepat.

Fat Burning Combat Final Round diformulasikan untuk menekan nafsu makan dan membakar lemak Anda serta membantu penurunan berat badan Anda. Produk alami ini mengandung kandungan yang unik mulai dari serat, tanaman alami dan antioksidan, yang bekerja sama untuk menekan nafsu makan Anda.

Selain itu, suplemen termogenik ini akan membantu meningkatkan suhu tubuh sehingga memungkinkan tubuh membakar kalori menjadi panas untuk digunakan sebagai energi dan mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Protein Combat adalah susu berprotein tinggi dengan time release protein dan asam lemak esensial untuk kesehatan jantung, serat dan enzym untuk meningkatkan penyerapan suplemen yang Anda konsumsi

Manfaat Protein Combat Powder Bagi Anda:? Memasok tubuh Anda dengan protein

kompleks time release berkualitas tinggiuntuk perkembangan otot Anda

? Membantu Anda membentuk otot bebas lemak serta meningkatkan daya tahan dandaya pulih tubuh Anda

? Membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan meningkatkan penyerapan suplemen yang Anda konsumsi

? Mendukung kesehatan jantung dan kolesterol Anda dengan kandungan lemak baik di dalamnya

Full Combat Protein Combat Powder adalah suplemen protein dengan kandungan 6 jenis protein lepas berkala yang mampu memasok tubuh Anda dengan asam amino berkualitas tinggi selama 8 jam, selama Anda beraktifitas sekaligus selama beristirahat di malam hari, sehingga mampu memasok nutrisi bagi otot Anda sepanjang hari.

Full Combat Protein Combat Powder juga mengandung serat yang membantu memperlancar pencernaan serta lemak baik seperti Omega 3, MCT, CLA dan Canola Oil untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta menjaga kadar kolesterol Anda. Selain itu, Full Combat Protein Combat Powder juga dilengkapi dengan kandungan enzim protease dan

Protein Combat Powder

? Meningkatkan daya tahan, daya pulihserta kesehatan jantung dan pencernaan Anda

? Membantu mengoptimalkan hasil diet Anda untuk membentuk tubuh ideal

? Sebelum sarapan : 3 kapsul liquid Fat Burning Combat Final Round

? Sarapan : 1 scoop Protein Combat Powder

? Sebelum latihan (sore) : 3 kapsul liquid Fat Burning Combat Final Round

? Setelah latihan : 1 scoop Protein Combat Powder

Pemakaian Kombinasi:

Catatan:? Konsumsilah Fat Burning Combat Final

Round dengan 355 ml air atau minuman non-kafein lain. Jangan dikonsumsi kurang dari 4 jam sebelum tidur.

? Bagi yang memiliki gangguan maag, kelainan jantung dan tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk mengkonsumsi Fat Burning Combat Final Round, karena produk ini mengandung kafein.

? Protein Combat Powder dapat dikonsumsi 2-4 serving sehari, kapan saja saat Anda merasa memerlukan tambahan protein, untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Page 22: Sportindo Com - The Magz September 2010

HEA

LTH

Y F

OO

D REC

IPE

nda tahu Schootel? Ya… makanan ini merupakan salah satu makanan Aolahan pasta yang cukup terkenal. Di

luar negeri, makanan ini biasanya dijadikan sebagai menu utama, karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Di Indonesia, makanan ini lebih banyak dikonsumsi sebagai makanan pendukung (potongannya harus kecil-kecil untuk mengimbangi nilai kalorinya yang cukup tinggi). Beberapa orang yang sudah mulai sadar mengenai nilai gizi suatu makanan biasa mengkonsumsinya sebagai menu utama (pengganti nasi dan lauk pauk).

HEALTHY SCHOOTELSCHOOTEL

Lebaran segera tiba. Berbagai

hidangan khas lebaran seperti ketupat

atau lontong opor ayam, rendang

daging, gulai ayam atau kambing,

sambal goreng kentang, ayam goreng,

dan lain-lain tentunya sangat

menggoda untuk disantap. Tetapi

kandungan lemak berbagai makanan

khas lebaran tersebut sangatlah tinggi.

Kalau Anda nekat menyantapnya,

apalagi berlebihan, bisa-bisa setelah

lebaran berat badan Anda akan naik

cukup banyak. Food scientist kita,

Arief T. Nur Gomo punya solusi

masakan lain yang cocok disajikan

sebagai hidangan lebaran.

Oleh :

Healthy Food and Recipe Contributor

Arief T Nur Gomo

Page 23: Sportindo Com - The Magz September 2010

ertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri kali ini, tak ada salahnya jika Anda mencoba Bmemasukkan menu schootel sehat ini

menjadi salah satu hidangan Lebaran. Schootel ini dibuat menggunakan bahan-bahan bergizi dan mudah didapat serta bermanfaat untuk kesehatan.

Nah.. pengen tau rasanya seperti apa? Let's try resep berikut.

500 ml susu cair low fat400 g macaroni2 sdm tepung terigu1 siung bawang bombay (potong kotak-kotak)4 siung bawang putih (rajang kecil-kecil)250 g tempe200 g jamur tiram (disobek-sebek)180 g keju processed cheddar (diparut)16 g penyedap rasa ayam1 sdm minyak sawit untuk menumis *)2 buah telur (dikocok)

1. Didihkan 1 liter air, masukkan macaroni ke dalamnya sampai agak lunak sekitar 10 menit. Angkat, saring, kemudian bilas dengan air dingin, sisihkan.

2. Tempe dipotong kotak-kotak kemudian direbussebentar (sekitar 5-10 menit) dalam airmendidih untuk menghilangkan bau langu.Angkat, tiriskan, dan sisihkan.

3. Larutkan terigu dalam 500 ml susu. Aduk,sisihkan.

Bahan:

Cara Membuat:

4. Panaskan minyak sawit dalam wajan denganapi kecil. Masukkan bawang putih dan bawangbombay, tumis sampai harum. Masukkantempe, jamur tiram sambil terus diaduk.

Masukkan satu persatu macaroni, susu,penyedap, dan ¾ keju parut sambil diaduk.

5. Setelah agak kering, angkat dan masukkandalam baskom gelas lonjong (diameter sekitar25 cm) yang telah diolesi dengan minyakmargarine. Ratakan.

6. Taburi sisa keju parut di atasnya, kemudiankocokan telur disiram merata di permukaan.

07. Panggang dalam oven suhu sekitar 220 Cselama 15-20 menit (atau sampai matang,permukaannya coklat).

8. Angkat, dinginkan, potong-potong dan sajikan.Tambahkan saos tomat atau sambal jika suka. **)

Untuk 12 potong/porsi

Catatan:

*) Untuk meningkatkan nilai gizi dan kesehatan, minyak sawit bisa digantikan dengan minyak zaitun.

**) Makanlah buah untuk melengkapi nilai gizi makanan ini.

Nilai gizi per porsiKalori : 283.7 kkal

Protein : 18.2 gKarbohidrat : 33.8 g

Lemak : 12 g

Page 24: Sportindo Com - The Magz September 2010

Gym

Pro

file

s

Aan

MaxxGym

MousyaGym

Aan

ousya Gym baru saja di-launching resmi 12 Juli 2010 yang lalu oleh pemiliknya Bp. Widodo. Tak heran jika ruangan fitnes Mousya Gym masih terlihat bersih dan M

nyaman. Alat-alat angkat beban dan kardionya yang lengkap juga terlihat masih baru dan modern. Fasilitas kantin dengan menu sehat, kamar mandi, dan ruang gantinya juga bersih dan nyaman. Anda juga bisa membeli berbagai macam suplemen fitnes dengan harga diskon di Mousya Gym. Meski baru, namun jangan heran jika sudah ada 120 member aktif yang terdaftar. Hal ini dikarenakan beberapa member berasal dari sebuah gym di Penggilingan yang tutup sehingga beralih ke Mousya Gym.

Meski fasilitasnya masih serba baru, Mousya Gym mematok tarif yang sangat terjangkau, iuran bulanan hanya 75 ribu rupiah saja dengan biaya pendaftaran cuma 25 ribu rupiah. Anda juga bisa membayar 15 ribu rupiah saja untuk latihan per kunjungan. Instruktur Bp. Sahlan siap memandu member berlatih dengan benar dan efektif. Maka segera saja daftarkan diri Anda di Mousya Gym yang berada di Jl. Sentra Primer No. 71, Cakung, Penggilingan, Jakarta Timur (deretan samping Kantor Walikota Jakarta Timur) atau hubungi receptionist Ibu Nunung di 081315023742. Buka Senin-Sabtu jam 08:00-22:00 dan Minggu jam 08:00-17:00.

nda ingin mencari gym dengan peralatan lengkap dan modern di daerah Cengkareng, Jakarta Barat? Maka Maxx Gym adalah pilihan yang tepat. Berkunjung ke Maxx Gym, Anda akan A

menemukan ruangan gym yang luas dan nyaman yang ber-AC dan full music dengan peralatan fitnes impor yang lengkap dan terawat termasuk treadmill elektrik dan sepeda digital. Ruangan aerobiknya juga nyaman, luas, dan juga ber-AC. Tersedia juga kamar mandi shower, loker, berbagai macam kostum dan aksesori fitnes dan senam, serta suplemen fitnes lengkap. Kelas aerobik dan fitnes dibuka setiap hari. Lokasi parkir juga luas dan gratis. Anda bisa menikmati semua fasilitas tersebut dengan iuran bulanan hanya 150 ribu rupiah (pendaftaran 50 ribu rupiah).

Menurut pemiliknya, Ibu Tjie Tjoan Nio, sekitar 70 member aktif berlatih di Maxx Gym. Jika Anda menghendaki program khusus pembentukan, penurunan, dan pelangsingan badan atau konsultasi latihan, suplemen dan nutrisi, Sdr. Hendry selaku instruktur dan personal trainer siap membantu. Jadi segera saja datang dan daftarkan diri Anda ke Maxx Gym di Jl. Bojong Indah Raya No. 18E Cengkareng, Jakarta Barat, telepon (021) 30808997 / (021) 99217828. Buka Senin-Jumat jam 08:00-21:00 dan Sabtu jam 08:00-14:00.

Cengkareng, Jakarta Barat

Penggilingan, Jakarta Timur

Page 25: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 26: Sportindo Com - The Magz September 2010

EVENTS

Bogor

TANDING BENCH PRESSARENA FITNESS BOGOR

nilah akibatnya kalau pemilik gym merayakan ulang tahun pernikahannya. Acaranya I

benar-benar berbeda dari wedding anniversary pada umumnya. Bp. Johan, pemilik Arena Fitness Bogor, sedang berbahagia merayakan ulang tahun pernikahanya yang ke-7. Maka, beliau merayakannya dengan menggelar event tanding bench press pada Selasa, 29 Juni 2010 yang lalu untuk seluruh member Arena Fitness Bogor. Alhasil, para member ramai-ramai berpartisipasi untuk adu jumlah repetisi bench press. Acara berlangsung penuh canda tawa dan sorakan semangat untuk para peserta.

Usai perandingan bench press, Bp. Johan mengadakan touring bareng ke obyek wisata Cihideung, Kabupaten Bogor. Untuk acara jalan-jalan bersama ini, seluruh member Arena Fitness Bogor mengajak serta anggota keluarganya. Selain menikmati keindangan alam, acara diisi dengan makan bersama diatas daun pisang untuk menambah kekompakan dan keakraban sesama member dan keluarganya. Sebelum kembali ke markas Arena Fitness Bogor di Jl. Pahlawan No. 61C, Bogor, para member ber-pose down bersama memperlihatkan otot-otot hasil latihannya. Selamat ulang tahun pernikahan ke-7 untuk Bp. Johan dan sukses selalu untuk Arena Fitness Bogor. Wayan

Pe en g Lombm an a

ch Pr s :Ben e s

Juar I : Ad ana e Uj g

ar II : Agu lya iJu a s Mu d

ar III j Y n iJu a : Ad i u ard

Page 27: Sportindo Com - The Magz September 2010

EVENTS

Talkshow Beautiful at Every StageJakarta

Denny

ada hari Sabtu, 7 Agustus 2010, bertempat di The Apartment Restaurant, P

Kuningan, Jakarta, digelar sebuah talkshow bertajuk Beautiful at Every Stage. Menariknya, dalam acara yang juga dihadiri oleh CEO PT. Jaya Sportindo, Bapak Denny Santoso, S.Kom., SAC. Dip., CSN., CHt. ini, salah satu pembicaranya adalah kontributor rubrik Healthy Food Recipe di DennySantoso.com, yaitu Bapak Arief T. Nur Gomo, STP., MSi.

Event eksklusif ini diselenggarakan atas kerja sama antara sebuah media fashion dan kecantikan, Fashionese Daily, dan produk perawatan kulit dan anti penuaan dini, RoC. Acara ini dimulai pada jam 11.00, diawali dengan ramah tamah, yang diikuti oleh para peserta talkshow serta semua tamu dan undangan yang hadir di sana. Dalam sesi ramah tamah ini, diadakan juga konsultasi kesehatan dan kecantikan kulit. Sampai pada jam 11.30, acara dilanjutkan dengan makan siang.

Selepas makan siang, sekitar

jam 12 siang, talkshow pun dimulai. Dalam talkshow ini, pembicara pertama yang menyampaikan materi adalah Prof. Dr. dr. Retno Widowati S, SpKK(K), seorang dermatologis, yang menjelaskan mengenai seluk beluk kesehatan kulit dan proses penuaan dini beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sesi berikutnya pun dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Arief T. Nur Gomo, yang menjelaskan mengenai berbagai nutrisi penting dan peranannya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Materi yang bertema Foods for Beauty ini juga dapat disimak di www.DennySantoso.com.

Tak berapa lama setelah materi selesai disampaikan, acara dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol mengenai tips fashion yang dipandu oleh Fashionese Daily. Tak hanya sampai situ, sesi berikutnya dilanjutkan dengan acara facial bersama serta melanjutkan acara konsultasi kulit dari RoC, dan di sini diperkenalkan pula produk terbaru RoC. aligus

Antusiasme para peserta talkshow sebenarnya masih nampak hingga menjelang berakhirnya acara. Namun demikian, sesi terakhir ini pun sekaligus menutup rangkaian talkshow yang berlangsung meriah sepanjang berjalannya acara ini.

Page 28: Sportindo Com - The Magz September 2010

EVENTS

PANGKAL PINANG

BABEL OPEN CHAMPIONSHIP 2010ota yang dikenal sebagai kota Serumpun Sebalai ternyata tidak sepi akan kegiatan olah K

raga. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan pada saat menjelang HUT Kemerdekaan RI. Salah satu cabang yang dipertandingkan adalah Kejuaraan Binaraga pada 8 Agustus 2010 yang lalu. Kejuaraan ini ternyata cukup menyedot perhatian masyarakat Bangka Belitung karena tergolong baru dan jarang diselenggarakan di daerah ini.

Kejuaraan binaraga ini dimotori oleh Angga Fitness bekerjasama dengan Pengda PABBSI Kota

Babel, KONI Babel dan

didukung oleh Pemerintah Provinsi Babel yang kebetulan juga sedang mengkampanyekan Visit Archi Babel 2010. Kejuaraan yang diselenggarakan di Gedung Hamidah di pusat kota Pangkal Pinang ini diikuti oleh para atlet binaraga yang berasal dari berbagai daearah di Indonesia. Selain binaraga, diselenggarakan juga kejuaraan Ideal Body yang menyedot atlet dari kalangan semi binaraga.

“Kita selenggarakan event ini selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, juga mendukung pemerintah dalam rangka Visit Archi Babel 2010 karena daerah kami sangat potensial di bidang pariwisata. Juga untuk menunjukkan bahwa meskipun kita tergolong provinsi baru tetapi potensi atlet kita bisa dikembangkan dan dibanggakan” demikian ungkap

Angga, penyelenggara.Secara umum hasil kejuaraan ini

didominasi oleh atlet tuan rumah dan atlet dari Jawa Barat yang berasal dari Team Ultimate. Seperti Rudi Thunder dari Team Ultimate Kembar Gym Bandung yang menyabet Juara I di Kelas 55 kg dan Entokh dari Team Ultimate Gymnastium Bandung yang meraih Juara I di kelas 70 kg sekaligus mendapat gelar sebagai The Best Poser. Atlet dari Babel yang meraih Juara I adalah Yosef Borjav di Kelas 60 kg yang sekaligus meraih The Best Bodybuilder dan Elvis yang menjadi pemenang Kelas 70+ kg. Sementara Juara I di Kelas 65 kg direbut oleh Iwan Tito dari Jawa Barat. Sedangkan untuk kategori Body Contest, Juara I disabet oleh Wilyanto Lung dari Jetset Palembang.

Sebagai hiburan, panitia menampilkan guest poser dari Elite

Team Ultimate Nutrition, M. Edeng Sambas yang spontan menyedot animo penonton untuk mengambil gambar. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung setiap tahun, tentunya dengan tawaran hadiah yang semakin menarik. Salut kepada tim penyelenggara dan kita tunggu event yang sama tahun depan.

Wayan

Page 29: Sportindo Com - The Magz September 2010

EVENTS

Jakarta Timur

GEBYAR AEROBIC FIESTA& IDEAL BODY CONTEST 2010 LIRA SPORT

engan semangat dan tekad untuk memasyarakatkan olahraga, mengolahragakan D

masyarakat, dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-65 serta membantu suksesnya Indonesia Sehat 2010, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sport Jakarta Timur menggelar kejuaraan aerobik dan body contest memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pemuda dan Olahraga RI dan Piala Tetap Presiden LIRA. Acara berlangsung pada Minggu siang, 8 Agustus 2010 yang

lalu di Gelanggang Remaja, GOR Jakarta Timur Jl. Otista, Jakarta Timur.

Selain piala, panitia juga menyediakan hadiah uang tunai jutaan rupiah, medali, dan bingkisan dari sponsor. Para instruktur aerobik senior seperti Vicky Burki, Sukoco, Raymond, Jinoth dan Neva pun didatangkan untuk memandu para peserta aerobik yang bertanding dalam 6 kelas senam. Sedangkan untuk kategori ideal body contest, banyak didominasi oleh para peserta pemula dari berbagai daerah. Hal ini membuat para peserta lebih percaya diri berkompetisi menampilkan otot-otot tubuh idealnya di hadapan juri. Sementara itu di sekitar acara, para peserta dan penonton terlihat mengerumuni beberapa stand sponsor termasuk berbagai macam suplemen dari Ultimate Nutrition. Selamat untuk para pemenang dan salut kepada LIRA Sport Jakarta Timur.

Pemenang Kategori Ideal Body Contest

Juara I :

Juara II :

Juara III :

Harapan I :

Harapan II :

Harapan III :

Juara Favorit :

Indra (Rahmat Fitness Center, Cibinong)

Andre (Segar Bugar, Pondok Gede)

Cherie (Jakarta)

Ali (Cikarang)

Rangga (Bogor)

Andi (Jakarta)

Ari Wibowo (Akmal Body Gym, Jakarta)

Teguh

Page 30: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 31: Sportindo Com - The Magz September 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz September 2010