sportindo com - the magz maret 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

81 views

Category:

Documents


8 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Maret 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz Maret 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz Maret 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Pemimpin Umum

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung Jawab

Sutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.

dr. Jeffry Beta Tenggara

Iwan

Tim Redaksi

George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.

Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & Desain

Rachmat Kurniawan, SE.

Petrus Dony Hariyanto

Tjahyono

Promosi & Iklan

PT. Jaya Sportindo

Distribusi

Mangapul F. Hutahaean, SE.

Website

www.sportindo.com

www.dennysantoso.com

E-Mail

[email protected]

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan

pertanyaan dari pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Bergabunglah bersama Facebook Page saya untuk saling berinteraksi di alamat web :http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage

engan pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang suplemen olahraga dan nutrisi, Ultimate Nutrition terus melakukan penelitian dan pengembangan produknya. Setelah rangkaian produk Ultimate D

Nutrition dipercaya para atlet binaraga, angkat berat dan angkat beban dari seluruh dunia, kini Ultimate Nutrition mempersembahkan Full Combat, suplemen yang didesain khusus bagi Anda yang aktif dalam olahraga keras seperti tinju, karate, taekwondo, dan beladiri lainnya, serta olahraga dengan intensitas tinggi seperti berenang, basket, sepakbola, tennis, badminton dan lain-lain.

Empat suplemen utama Full Combat dapat segera Anda rasakan kedahsyatannya di Indonesia yaitu Protein Combat Powder, Pre Combat Powder, Post Combat Powder, dan Mass Gaining Powder. Keempatnya didesain khusus dan spesifik sesuai kebutuhan olahraga Anda yang keras dan berintensitas tinggi. Jadi tunggu apa lagi, coba dan rasakan Full Combat dan jadilah jadilah juara sejati!

Nyeri Lutut

Mencampur Susu Protein dengan Susu Biasa

Suplemen dan Kesuburan

Saya mohon pencerahannya. Lutut saya sakit saat main basket dan latihan beban kaki. Saat ini saya mengkonsumsi Glucosamine dan Chondroitin MSM, namun belum terasa efeknya. Bagaimana cara menyembuhkannya? Apakah saat masih sakit seperti ini boleh latihan kaki dengan beban ringan untuk memperkuat sendi-sendi ototnya? Terima kasih atas pencerahannya.Lee ([email protected])

Nyeri lutut harus dibedakan penyebab dan derajat beratnya. Paska latihan yang sering terjadi adalah kerusakan otot atau tendon otot. Bila derajat rusaknya cukup berat maka pengobatan bisa mencakup penggunaan obat injeksi di area yang sakit. Bila derajat rusaknya ringan maka cukup istirahat namun dalam jangka waktu yang disesuaikan dengan keluhan. Glucosamine dan chondroitin tidak akan membantu banyak untuk derajat kerusakan yang parah karena manfaatnya baru akan dirasakan pada penggunaan lebih dari satu bulan, sehingga jika kondisi Anda tergolong akut sebaiknya dilakukan pemeriksaan dokter.

Apakah baik mencampur susu protein tinggi seperti ProStar Whey dengan produk susu lain?Hari Santo Halim ([email protected])

ProStar Whey sudah mengandung 80% protein per serving. Jika ingin menambah kadar protein tinggal ditambahkan saja konsumsinya. Kalau tujuan Anda ingin menurunkan berat badan, pencampuran susu berprotein tinggi seperti ProStar Whey dengan susu biasa yang tinggi karbohidrat dan gula (kualitasnya dibawah ProStar Whey) akan membuat kelebihan karbohidrat dan gula disimpan sebagai lemak.

Dear all, saya mau bertanya. Biasanya wanita hamil kan tidak boleh mengkonsumsi suplemen tertentu. Nah, bagi sang suaminya apakah juga ada pantangan suplemen atau obat atau jamu tertentu yang harus dihindari jika misalnya saja berkeinginan memiliki anak. Terima kasih sebelumnya.Emerson T. ([email protected])

Suplemen itu jenisnya beragam. Vitamin dan asam folat yang wajib diberikan pada ibu hamil juga merupakan suplemen. Saya tidak bisa membuat list apa saja yang tidak boleh untuk pria yang berkeinginan mempunyai anak, tetapi bila Anda mengkonsumsi suplemen seperti whey atau amino, saya rasa tidak masalah karena nutrisinya juga terkandung dalam makanan kita sehari-hari.

Page 5: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

ContentsContents

11Exclusive Pose : Yanuar“Say no to drugs, say yes to supplements” 17

Ultimate Before After :Minie

22

12Nutrition :Brokoli, si Penangkal Berbagai PenyakitSelain kaya berbagai nutrisi penting, konsumsi brokoli juga berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas dan berbagai penyakit.

Article : 7 Cara Alternatif Perangi Flu dengan EfektifMusim penghujan akrab dengan penyakit flu. Tangkal segera dengan 7 cara alternatif namun efektif di halaman 22.

06Cover Story : Don't Just Believe…, Become the Champion with Full Combat!Ultimate Nutrition dengan bangga mempersembahkan Full Combat, suplemen yang didesain khusus bagi yang aktif berolahraga keras seperti tinju, karate, taekwondo, dan beladiri lainnya, serta olahraga berintensitas tinggi seperti berenang, basket, sepakbola, tennis, badminton dan lain-lain.

Page 6: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Cover

Sto

ryC

over

Sto

ryM

od

el :

Th

iag

o S

ilva

, U

FC

pro

fess

ion

al m

ixe

d m

art

ial a

rts

figh

ter

/ Te

am

Ulti

ma

te N

utr

itio

n F

ull

Co

mb

at

Page 7: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Olahraga yang keras, intens dan ekstrim membutuhkan latihan dan nutrisi yang ekstrim pula. Dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam bidang suplemen olahraga dan nutrisi, Ultimate Nutrition dengan bangga mempersembahkan Full Combat.

FULL COMBAT PROTEIN COMBAT POWDER

C l h p mu A d

ull ombat ada a su le en yang didesain kh sus bagi n a

a ra e i , a k d

yang ktif dalam olah ga keras sep rti t nju k rate, tae won o,

i r l a g

dan belad ri lainnya, se ta o ahrag den an intensitas tinggi Fs

b d i n

eperti berenang, basket, sepakbola, tennis, a m nto dan lain-lain.

at i ei n s a

Sa ni di Indon sia, Ultimate Nutr tio memper emb hkan empat

a m ow r

suplemen utam Full Co bat yaitu Protein Combat P de , Pre

o d st at P d sr.

C mbat Pow er, Po Comb owder, an Ma s Gaining Powde

Page 8: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

FULL COMBAT POST COMBAT POWDERost Combat Powder merupakan suplemen yang dirancang khusus untuk mempercepat pemulihan tubuh dan memaksimalkan pertumbuhan otot Anda setelah latihan atau pertandingan yang intens dan berat. Post Combat Powder P

mengandung kombinasi sempurna Creatine dan Glutamine yang mampu memulihkan otot yang letih dan membentuk otot ketika beristirahat setelah latihan atau pertandingan.Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil pertumbuhan otot yang cepat dan maksimal setelah berlatih atau bertanding dan ingin segera pulih untuk bisa segera berlaga kembali maka Post Combat Powder adalah suplemen yang cocok.

Keunggulan Full Combat Post Combat Powder :? Mengandung 8 gram Muscle Volumizing Blend

Dengan kombinasi Creatine dan Beta Alanine untuk menetralisir asam laktat yang muncul ketika berlatih atau bertanding, mengembalikan energi dan stamina setelah berlatih atau bertanding, sekaligus membantu perkembangan massa otot tubuh.

? Mengandung 950 gram Muscle Uptake BlendFormula yang membantu menambah volume sel otot serta menyediakan energi tinggi untuk otot tubuh

? Mengandung 2000 mg Glutamine Alpha KetoglutarateFormula yang berfungsi membantu mengatasi rasa sakit pada otot, mempercepat pemulihan (recovery) membantu tubuh melepaskan hormon pertumbuhan serta meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

? Tidak mengandung gula

Post Combat Powder tersedia dalam kemasan botol ukuran 2,2 lbs (1 kg) dengan rasa Fruit Punch yang segar. Campurkan 1 scoop (20 gram) Post Combat Powder dengan 236 ml air. Konsumsi segera setelah berlatih atau bertanding. Pada hari off latihan dan pertandingan, konsumsilah di pagi hari pada kondisi perut kosong.

Cover

Sto

ryC

over

Sto

ryFULL COMBAT PRE COMBAT POWDER

Page 9: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

C a eru k n lemen aikFull omb t m pa a sup terb a An u t k me a k n erta d b gi da n u men ng a p n ingand kejua a n a un a i ja n a y

an r a ap p ! J d nga h n ap c a a a An , e ap j d er ay kem mpu n da t t i a ilahu r s t ers ma C a !

j a a eja i b a Full omb t

Aan

FULL COMBAT MASS GAINING POWDER

Page 10: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

etika kita melakukan program diet, apa tujuan kita? Pastinya adalah membakar Klemak 'kan? Ada satu hal disini yang harus

Anda pahami. Ketika Anda mengatakan hendak membakar lemak, itu berarti Anda mengatakan “gunakan lemak tubuh untuk mensuplai energi tubuh”. Mengurangi konsumsi nasi atau karbohidrat sudah merupakan salah satu langkah yang tepat. Tetapi pola pikir kita yang sering salah. Ketika kita mengurangi konsumsi nasi, padahal nasi adalah karbohidrat yang mana merupakan sumber energi utama untuk tubuh kita, tentunya tubuh kita akan berusaha mencari alternatif energi. Dalam kasus ini adalah lemak tubuh.

Ketika sumber energi tubuh utama dikurangi, maka pasokan energi yang siap saji di tubuh kita akan berkurang, tentunya kita akan merasakan sedikit lemas. Dan lemak, adalah sumber energi cadangan dimana proses pembakarannya membutuhkan proses yang lebih panjang. Proses yang panjang ini yang saya maksud adalah perubahan dari lemak tubuh Anda, untuk diangkut, diubah menjadi energi dan sampai digunakan oleh tubuh, ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada proses perubahan energi dari nasi yang kita makan sampai diubah menjadi energi. Anda bisa memperhatikan contohnya ketika membandingkan orang berlari marathon 42 km dan orang berlari cepat/sprint 100 meter.

Kenapa orang melakukan lari cepat cuma 100 meter? Kenapa tidak ada perlombaan lari cepat 5 km? Berlari cepat, membutuhkan energi yang cepat, dan energi itu diambil dari karbohidrat yang mana jumlahnya sangat sedikit di tubuh kita dan cepat habis. Karbohidrat adalah energi instan yang bisa membuat kita berlari cepat tetapi dalam waktu yang pendek. Ketika seseorang berlari marathon, energi yang digunakan adalah dari lemak, maka dari itu kita lihat orang berlari marathon bisa lari sejauh dan selama itu tetapi larinya juga seperti jogging, tidak secepat orang yang melakukan sprint 100 meter.

Perubahan sumber energi dari yang instan menjadi yang lambat ketika kita mengurangi nasi sewaktu diet inilah yang dirasakan oleh tubuh seperti lemas itu. Dan tentunya ini berakibat ke pola latihan kita yang tidak sekuat ketika kita tidak mengurangi konsumsi nasi.

http://www.dennysantoso.com/diet-koq-lemas.html

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutritionwww.sportindo.com www.dennysantoso.com

Diet Kok

Lemas?Apakah Anda pernah mendengar pertanyaan seperti ini, “Saya diet dengan mengurangi nasi, tapi kenapa kok saya jadi lemas ya?”. Nah, karena banyak pertanyaan serupa yang sering saya dapatkan, saya merasa topik ini perlu saya ulas supaya kita semua mengerti gambarannya.

Page 11: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

“Kemenangan ini sangat mengejutkan sekaligus sangat berarti bagi saya. Mengejutkan karena ini pertama kalinya saya meraih juara pertama dan saya tidak menyangka karena lawan-lawan saya rata-rata bagus badannya. Sangat berarti karena ini membuktikan latihan dan diet saya berhasil,” ucapnya senang.

“Sebelumnya saya mendapatkan support dari Master Gym Pamekasan training center pada masa persiapan, baik berupa teori latihan maupun dorongan moral,” tambah Yanuar yang juga rutin berlatih di salah satu gym di Lawang, Malang.

“Kalau sedang off season saya hanya latihan beban basic lima kali seminggu, Rabu dan Minggu off latihan, ditambah kardio dengan jogging di pagi hari sebelum bekerja. Sementara kalau sedang on season atau pra kontes, latihan saya ubah menjadi superset berseling untuk bagian otot punggung, dada, bahu, kaki, lengan, dan tentunya perut,” terang pria yang menjadi manajer sebuah supermarket di Lawang, Malang ini.

“Diet saya sama saja dengan yang lain kok. Makan sehat tinggi protein dan menghindari lemak. Saya suka ayam bumbu bawang yang saya masak sendiri dengan wajan teflon. Karbohidratnya masih nasi putih, tetapi harus diganti nasi beras merah jika sedang persiapan pra kejuaraan,” ucap Yanuar menerangkan dietnya.

Saat ditanya soal konsumsi suplemen, pria yang hobi bermain game dan membaca buku ini menjawab, “Wah, konsumsi suplemen sangat penting untuk maintenance otot dan mempercepat pengeringan otot. Menjelang 2 bulan sebelum kejuaraan, konsumsi suplemen bisa mempercepat pembentukkan massa otot dan memperjelas definisi otot-otot tubuh saya. Pokoknya say no to drugs, say yes to supplements,” pesan Januar mengakhiri.

Yanuar tidak pernah menduga keikutsertaannya dalam Ultimate Body Contest Blambangan 2010 membawanya meraih juara pertama.

Aan

Exclu

sive

Pose

Exclu

sive

Pose

Yanuar

Say Yes to Supplements

Say No to Drugs

Page 12: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

rokoli (Brassica oleracea L.) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau B

Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Tapi, sayuran ini belum lama masuk ke Indonesia, yaitu sekitar tahun 1970-an. Para ahli menyatakan brokoli berkhasiat untuk mencegah berbagai macam kanker dan penyakit degeneratif lain seperti penyakit jantung, stroke, serta untuk mencegah berbagai gangguan pencernaan.

Kandungan serat dalam 100 gram brokoli adalah sekitar 2,6 gram, yang berarti mampu memenuhi 10% dari kebutuhan serat kita per harinya. Serat sangat diperlukan untuk mencegah konstipasi atau sembelit, kanker kolon dan gangguan pencernaan lainnya serta mencegah penyakit jantung koroner, kegemukan atau obesitas dan diabetes.

Vitamin C 100 gram brokoli mampu memenuhi 149% kebutuhan harian vitamin C kita, karena kandungannya mencapai 89,2 mg. Vitamin C termasuk antioksidan kuat yang membantu menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Selain itu vitamin C juga meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan membantu menyerap zat besi.

Kandungan Zat Gizi Brokoli dan Manfaatnya

Kaya Serat

Sumber Vitamin

Brokoli, Sayuran Penangkal

Berbagai PenyakitBrokoli memang belum lama masuk ke Indonesia. Namun, popularitas brokoli sebagai sayuran kaya manfaat mulai mencuat. Di antara semua jenis sayuran kubis-kubisan, brokoli adalah yang paling sarat nutrisi untuk kesehatan. Dalam hal cita rasa, brokoli juga tak kalah dengan sayuran lain, karena bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Nutrit

ion

Nutrit

ion

Page 13: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Vitamin K Kandungan vitamin K dalam 100 gram brokoli mencapai 102 mcg atau memenuhi 127% kebutuhan vitamin K harian kita. Vitamin ini sangat penting untuk sintesis protein, pembekuan darah serta pembentukan tulang.

Folat Folat atau vitamin B9 dalam 100 gram brokoli segar mencapai 63 mcg (16% kebutuhan) yang berguna untuk sintesa sel-sel baru. Dan pada kondisi yang berhubungan dengan pertumbuhan sel, seperti kehamilan, kanker atau penyakit lain meningkatkan kebutuhan akan folat, sehingga baik untuk mengkonsumsi sumber folat yang satu ini.

Vitamin A Tiap 100 gram brokoli segar mengandung 623 IU vitamin A atau memenuhi 12% kebutuhan harian vitamin A. Betakaroten atau pro vitamin A yang terkandung dalam brokoli bertindak sebagai antioksidan dan penting untuk pemeliharaan sel kornea dan epitel dari penglihatan, juga membantu pertumbuhan dan reproduksi tulang dan gigi.

Vitamin B6 Kandungan 0,2 mg vitamin B6 per 100 gram brokoli segar mampu mencukupi 9% kebutuhan vitamin B6 harian kita, yang berperan dalam metabolisme dan sintesis asam amino nonesensial dan asam lemak, serta produksi sel darah merah.

Kandungan mineral dalam 100 gram brokoli segar antara lain 0,2 mg mangan (10% kebutuhan) yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sendi, 316 mg kalium (9% kebutuhan) yang berperan penting untuk perkembangan daya kerja fisik dan mental, 66 mg fosfor (7% kebutuhan) yang penting untuk otein

Sumber Mineral

metabolisme lemak, karbohidrat dan protein dalam ATP sistem transfer energi tinggi, serta 21 mg magnesium (5% kebutuhan) untuk menguatkan tulang dan sendi. Selain itu, brokoli juga kaya akan kandungan kalsium yang mencapai 47 mg per 100 gramnya (memenuhi 5% kebutuhan harian kalsium) yang sangat penting untuk pembentukan tulang, persendian dan gigi, juga mengandung 2,5 mcg selenium (memenuhi 4% kebutuhan) untuk meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh serta berperan sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai penyakit. Brokoli juga kaya akan zat besi yaitu mencapai 0,7 mg zat besi per 100 gram brokoli segar yang mampu memenuhi 4% kebutuhan harian kita. Zat besi ini diperlukan untuk menproduksi hemoglobin dan oksigenasi sel-sel darah merah, serta memproduksi energi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dalam 100 gram brokoli segar, kandungan kromiumnya mencapai 22 mcg, sehingga brokoli juga merupakan sumber kromium yang baik, terutama untuk menngontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Selain itu, brokoli juga kaya akan antioksidan seperti glucosinolates, yang memecah zat yang disebut sulforaphane, bermanfaat sebagai antikanker, serta antioksidan flavonoid yang berfungsi meningkatkan aktifitas vitamin C sebagai antioksidan untuk atherosclerosis dan penggumpalan darah.

Karena termasuk sayuran yang mudah rusak, maka perlu dipahami tips dalam memilih, menyimpan dan mengolah brokoli, antara lain:1. Pilih brokoli yang kuntumnya kering

Sumber Kromium dan Antioksidan

serta masih segar, yaitu memilikibatang yang masih keras. Janganpilih brokoli yang ada bercak kehitaman atau kekuningan karenaitu tanda kotoran, kelayuan ataupembusukan.

2. Brokoli bisa disimpan di dalam lemari pendingin hingga 4 hari. Pastikan brokoli bersih dari ulat. Jika ada ulat, celupkan ke dalam air hangat dengan posisi ke arah bawah dan setelah ulat keluar, angkat dan kibaskan brokoli.

3. Masukkan brokoli ke dalam plastik hitam guna menjaga kelembabannya. Plastik hitam membuat brokoli terisolasi dari cahaya dan memperlambat metabolismenya. Hasilnya adalah warna hijau dan kesegarannya akan bertahan lebih lama.

4. Memasak brokoli butuh waktu sebentar saja agar nutrisinya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Agar brokoli tetap hijau segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan sedikit garam.

Dari segudang nutrisi brokoli dan manfaatnya bagi kesehatan, maka tak ada alasan lagi untuk menjauhi brokoli sebagai menu harian kita. Apalagi setelah mengetahui cara memilih, menyimpan dan mengolahnya yang mudah. Kelezatan dan khasiat kesehatan brokoli bisa kita nikmati baik dengan dimakan mentah sebagai lalapan, ditumis, dijadikan sup ataupun dikukus. Diana

Brokoli segar

Page 14: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

dr. Jeffry Beta TenggaraChief ResidenIlmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Hea

lth F

ile

Pengertian Dasar

alam darah hanya ada 3 jenis lemak dasar, yaitu kolesterol, trigliserida dan fosfolipid. Karena sifat lemak yang tidak D

dapat larut dalam air (komponen utama darah adalah air), maka 3 bentuk lemak tersebut harus bercampur dengan zat pelarut untuk dapat beredar dalam darah. Zat tersebut adalah suatu jenis protein yang disebut Apoprotein (disingkat Apo). Senyawa lemak (kolesterol+trigliserida+fosfolipid) jika bergabung dengan Apo akan membentuk lipoprotein (LP).

LP berbeda dalam ukuran, densitas, komposisi lemak dan komposisi Apo. Perbedaan tersebut membentuk beberapa jenis LP yaitu HDL, LDL, IDL, VLDL, kilomikron dan Lp(a). Jadi istilah HDL atau LDL dan lainnya adalah suatu bentuk gabungan kolesterol, trigliserida, fosfolipid dan protein.

Apa Beda dari Masing-Masing LP Tersebut?Agar tidak terlalu membingungkan, saya hanya akan membahas HDL, LDL, VLDL.

HDL (high density lipoprotein) adalah bentuk LP yang memiliki komponen kolesterol paling sedikit. Dibentuk di usus dan hati, HDL akan menyerap kolesterol bebas dari pembuluh

darah atau bagian tubuh lain seperti sel makrofag, kemudian membawanya ke hati. Hal inilah yang membuat HDL dijuluki kolesterol baik.

VLDL (very low density LP) adalah LP yang dibentuk di hati yang kemudian akan diubah di pembuluh darah menjadi LDL (low density LP). Bentuk LP ini memiliki komponen kolesterol paling banyak dan akan membawa kolesterol tersebut ke jaringan seperti dinding pembuluh darah.

Apa Artinya dan Apa Risikonya?Bila kadar kolesterol di pembuluh darah

tinggi, diameter pembuluh darah menjadi sempit (analogikan dengan selang air yang dinding dalamnya tertutup oleh lumut, maka aliran air tidak lancar). Pada keadaan yang berat dimana terjadi sumbatan total dari pembuluh darah maka akan terjadi kerusakan organ, misalkan bila pembuluh koroner tertutup, maka terjadi serangan jantung, atau bila terjadinya di pembuluh darah otak, akan terjadi stroke.

HDL akan membawa kolesterol bebas dari pembuluh darah ke hati sehingga diameter pembuluh melebar, sedangkan bila kadar VLDL dan LDL tinggi, akan terjadi hal sebaliknya yang akan memperberat penyempitan pembuluh darah.

Lemak, Trigliserida

dan Pengaturan Kolesterol

Sering saya mendapat pertanyaan mengenai

kolesterol dan trigliserida. Apa

perbedaannya? Apa makna dari kadar

trigliserida tinggi? Atau apa beda dari LDL, HDL dan VLDL?

PENGGUNAAN OBAT ADALAH MERUPAKAN

JALAN TERAKHIR UNTUK

MENURUNKAN KADAR

KOLESTEROL DAN TRIGLISERIDA

Page 15: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Bagaimana dengan Trigliserida (TG)?

Tidak seperti kolesterol yang disimpan dalam jaringan hati atau dinding pembuluh darah, TG akan disimpan dalam sel lemak dibawah kulit (yang menjadikan six pack abs sangat sulit diperoleh). Apa artinya bila kadar TG tinggi? Berbahayakah? Kadar TG yang tinggi akan merubah metabolisme VLDL menjadi suatu bentuk large VLDL. Bentuk L-VLDL ini akan menjadi LDL yang sangat mudah teroksidasi dan merusak HDL yang pada akhirnya akan memperberat kandungan kolesterol pembuluh darah.

Berapa kadar laboratorium yang baik?

Kolesterol total:<200 : optimal200-239 : diinginkan>240 : tinggi

LDL :<100 : optimal100-129 : mendekati optimal>130 : tinggi

HDL :>40/>50 : optimal (pria/wanita)

Trigliserida :<150 : optimal150-200 : medekati optimal>200 : tinggi

Sekarang setelah mengerti apa itu kolesterol dan trigliserida, kemudian bagaimana cara mengendalikan kadarnya?

ekitar 60-70% kolesterol dalam darah diproduksi sendiri oleh hati Sdan hanya 30% yang berasal dari

makanan, ini menyebabkan ada orang yang sudah mengatur makanan secara ketat namun masih memiliki kadar kolesterol tinggi namun ada juga yang makan dengan bebas (termasuk junk food) namun memiliki kadar kolesterol yang rendah. Jadi faktor genetik berperan penting, namun kita dapat memaksimalkan usaha untuk menurunkan kadar kolesterol darah melalui beberapa cara dibawah ini.

Cholesterol Management

Olah Raga dan Penurunan Berat BadanObesitas telah terbukti berhubungan dengan kadar LDL, VLDL dan trigliserida yang tinggi sertra HDL yang rendah, penurunan berat badan akan memperbaiki profil lemak darah dan sekaligus menurunkan tekanan darah. Olah raga seperti apa yang terbaik? Saat ini secara medis, yang terbaik adalah latihan aerobik yang menggunakan otot besar selama minimal 30 menit, 4 kali seminggu. Makin sering dan makin lama, makin baik hasilnya.

DietWalau diet hanya berperan dalam 30% kadar kolesterol darah, namun ini faktor yang harus dimaksimalkan. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi antara lain, daging sapi atau ayam tanpa lemak atau kulit, putih telur (tanpa bagian kuning), susu skim untuk menggantikan full cream, canola oil, minyak biji bunga matahari, minyak zaitun untuk menggantikan minyak kelapa. Perhatikan konsumsi ikan harus lebih banyak daripada daging. Pilihlah sumber lemak yang baik karena mengkonsumsi lemak baik akan membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh kita.

ObatSaat ini tersedia berbagai obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, antara lain golongan statin seperti simvastatin, atorvastatin (lipitor), pravastatin (pravachol), golongan fibrat seperti gemfibrozil (lopid), golongan pengikat

asam lemak dan golongan asam nikotinat. Hanya fibrat dan statin yang akan dibahas disini karena merupakan terapi utama yang dipakai oleh kalangan medis.

StatinMerupakan golongan obat yang paling sering digunakan. Mekanisme kerjanya adalah menghambat pembentukan kolesterol di hati. Penggunaan statin sekali sehari saat makan malam dapat memperbaiki profil lemak darah secara efektif. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat ini akan mempengaruhi fungsi hati, sehingga diperlukan pemantauan berkala terutama bagi yang memiliki penyakit hati sebelumnya.

FibratMekanisme kerjanya terutama meningkatkan bersihan/clearance kolesterol dan trigliserida di hati. Obat ini terutama digunakan untuk memperbaiki profil trigliserida. Efek samping yang perlu diawasi adalah miopati (kerusakan otot) dan kombinasi dengan statin akan meningkatkan kejadian ini.

Mengingat efek samping yang dapat timbul, maka penggunaan obat adalah merupakan jalan terakhir untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, dan olah raga serta pengaturan diet merupakan terapi paling aman dan cukup efektif dalam mengontrol kadar lemak darah.

Plak kolesterol dalam pembuluh darah

Page 16: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

HOT PRODUCT

PROSTAR WHEYSusu berprotein tinggi rendah lemak dan gula yang baik untuk perkembangan otot

Mengandung 23 gram protein per serving yang baik untuk pertumbuhan otot dan perbaikan jaringan

Meningkatkan daya tahan tubuh dan daya pulih tubuh

Mengandung gula dan lemak yang sangat rendah

Cocok untuk program pembentukkan otot, pembentukkan tubuh, program fat loss serta untuk mempercepat proses penyembuhan setelah operasi

Mengandung gabungan protein berkualitas tinggi yaitu Isolate dan Concentrate protein

Merupakan whey protein dengan harga terbaik yang bisa Anda dapatkan

Mo

de

l : Tem

my ; L

oka

si : My G

ym B

an

du

ng

rostar Whey adalah suplemen protein berstandar internasional Pdengan kandungan protein

mencapai 81% per servingnya sehingga memberikan tubuh Anda protein berkualitas tinggi yang terbuat dari campuran whey protein isolate dan concentrate. Suplemen protein telah terbukti meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan massa otot, peningkatan kecepatan recovery otot, serta peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Prostar Whey diproses dengan sistem premium cold - micro filtration sehingga keutuhan protein yang terkandung tetap terjamin dan sangat mudah larut. Prostar Whey mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat rendah sehingga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Prostar Whey cocok dijadikan minuman penambah protein kapanpun dan dimanapun.

Page 17: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

erasa kurang puas dengan hasilnya, menginjak bulan September 2009, Minie menambahkan latihan beban ringan. Khusus M

hari Sabtu bahkan Minie berlatih dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Selain fitnes rutin, Minie merasa dietnya masih kurang teratur, karenanya mulai Oktober 2009 ia menyewa jasa personal trainer untuk membantunya latihan dan diet yang benar agar hasilnya efektif.

Jadi selain fokus latihan beban dan kardio 5 kali seminggu, Minie berdiet dengan makan roti gandum, atau beras merah sebagai sumber karbohidrat. Sedangkan untuk protein, ia makan ayam kukus, ikan bakar, dan putih telur. Tak lupa berbagai sayuran seperti brokoli rebus juga dikonsumsi.

Selama program penurunan berat badan ini, Minie mengkonsumsi suplemen pembakar lemak Ultra Ripped Fast Acting Formula. Selain itu karena kebutuhan protein yang meningkat sebagai respon dari aktivitas fitnesnya, Minie juga mengkonsumsi suplemen asam amino dan susu tinggi protein yaitu Amino 2000 dan ProStar Whey Protein.

Hasilnya cukup luar biasa, menginjak awal Desember 2009, berat badan Minie menjadi 55 Kg atau berhasil turun 15 kilogram. Mendengar kabar adanya event kejuaraan woman fitness tingkat nasional pada pertengahan Desember 2009, Minie memberanikan diri ikut serta. Alasannya sederhana saja, ia ingin bertemu dengan para peserta woman fitness lain untuk semakin memotivasi dirinya selain tentunya mendapatkan pengalaman berharga. Tidak ada target untuk harus menjadi juara. Keberanian yang pantas diacungi jempol.

Setelah event ini, Minie mulai menambah target pembentukan otot disamping program weight loss-nya. Selain melakukan variasi latihan beban, untuk dietnya Minie menambahkan konsumsi protein dari tuna atau dada ayam kukus dengan karbohidrat dari kentang rebus. Setiap pagi ia sarapan oatmeal dan susu protein. Tak lupa sebagai camilan, Minie mengunyah tablet amino untuk suplai protein tubuhnya kapan dan dimana saja.

Akhirnya bulan Januari 2010, Minie mendapatkan tubuh yang cukup ideal dengan berat badan 50 kg dan bentuk otot yang cukup ideal. Bahkan Minie pun kembali ikut dalam sebuah kejuaraan woman fitness di Cikarang, Jakarta.

Minie

Turun 20 Kg dalam 5 Bulan

Langsung ikut Woman Fitness

Competition

Setelah merasa dirinya kurang menarik karena

berat badan mencapai 70 Kg dan tinggi badan 152 cm, Minie memutuskan untuk mulai berolahraga dengan berlatih di gym

pada bulan Juli 2009 setelah berkenalan

dengan seorang member gym yang biasa mengikuti body contest. Pada bulan

Agustus 2009, Minie mulai serius belajar latihan meski hanya latihan kardio 5 kali seminggu sepulang

bekerja.

After :50 Kg

Aan

Before : 70 Kg

Nama: Minie ud rw

A. S ja o

empat gl hi di n, 12 Ju i 9

T, t la r : Ma u

n 197

T gg b d n: 152 cm

in i a a

Ber bada: 50 kg

atn

S tus: Men h

ta

ika

( or ng utri us tahu )

1 a pia 9 n

eker a

rcha dis r o sport app re

Pja n

: Men e f

a l

G

: Ak a Gy , Bint ro Sekt r IX

ym

m l ma o

T a ne: Ri al A us f ( e ins Hotel

r i r

z Y u K mp ky)

Page 18: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Tip

s

nda tentu bertanya-tanya, bagaimana kaitannya antara gigi dan penyakit jantung? Pada gigi yang terinfeksi, bakteri yang berasal Adari jaringan penyangga gigi akan masuk ke pembuluh darah

dan dapat berjalan ke seluruh organ vital dan menimbulkan infeksi, sehingga tak hanya risiko penyakit jantung dan stroke saja yang mengintai, tapi bisa juga meningkatkan ancaman bagi para penderita diabetes dan penyakit saluran pernafasan.

Seperti yang sudah kita ketahui, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kita dianjurkan untuk gosok gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride serta periksa rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Namun, kesehatan gigi dan mulut juga ditentukan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu, simaklah tips berikut:

Air putih tak hanya berfungsi sebagai penghilang dahaga. Dengan minum air putih, tanpa terasa kotoran dan bakteri yang menumpuk di dalam mulut juga ikut tersingkirkan.

Tingkat keasaman cola dan soda lainnya akan merusak email gigi sehingga gigi jadi rapuh dapat menimbulkan gigi berlubang (karies).

Makanan yang manis dan lengket seperti permen lebih mudah menempel di gigi dan meninggalkan gula di sana, sehingga dapat digunakan oleh bakteri sebagai tempat untuk berkembang dan membuat suasana mulut menjadi asam sehingga gigi mudah berlubang.

Sayur dan buah yang kaya serat menjadi pembersih alami untuk daerah gigi dan gusi. Selain itu, serat juga mampu menyingkirkan bakteri dan plak. Air liur yang keluar saat mengunyah serat dapat membantu mempertahankan keseimbangan pH mulut kita. Pilih juga buah-buahan yang kaya vitamin C, yang mampu membantu memperbaiki jaringan oral yang rusak, sekaligus mencegah infeksi.

Penelitian yang dilakukan University of Illinois College of Dentistry menemukan bahwa teh hitam dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan radang gusi.

Nah, sekarang Anda tahu bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ingatlah bahwa selain mencegah berbagai penyakit, gigi dan mulut yang sehat juga akan menunjang penampilan kita, bukan?

1. Minum Air Putih yang Banyak

2. Hindari Minuman Bersoda

3. Kurangi Makanan yang Manis dan Lengket

4. Perbanyak Sayur dan Buah Segar

5. Cobalah Konsumsi Teh Hitam

Makanan & Minuman untuk Kesehatan GigiGigi

Mulai sekarang, jangan abaikan

kesehatan gigi dan mulut Anda! Hasil

penelitian yang dimuat dalam Journal

of Periodontology dan American

Journal of Cardiology menyatakan

bahwa infeksi gigi bisa jadi memicu

stroke dan penyakit jantung. Dan

selain menggosok gigi secara teratur

dan rutin melakukan pemeriksaan gigi

tiap 6 bulan sekali, pola makan yang

baik juga akan menunjang kesehatan

gigi dan mulut Anda.

Mulai sekarang, jangan abaikan

kesehatan gigi dan mulut Anda! Hasil

penelitian yang dimuat dalam Journal

of Periodontology dan American

Journal of Cardiology menyatakan

bahwa infeksi gigi bisa jadi memicu

stroke dan penyakit jantung. Dan

selain menggosok gigi secara teratur

dan rutin melakukan pemeriksaan gigi

tiap 6 bulan sekali, pola makan yang

baik juga akan menunjang kesehatan

gigi dan mulut Anda.

Diana

Teh Hitam

Page 19: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Tip

sWorkout Guide Series

ChestChestWeight TrainingWeight Training

Flat Barbell Press

Cable Crossover

Mo

de

l : Yo

an

; Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r, Ma

lan

gM

od

el : Y

oa

n ; L

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter, M

ala

ng

Page 20: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

KOMBINASI KOMBINASI ISO MASS XTREME GAINER

Supple

ments

Supple

ments

Ingin menambah berat badan dan massa otot dengan cepat? Tapi merasa sulit memenuhi pola makan 5-6 kali sehari akibat

aktivitas yang super padat? Padahal untuk menambah berat badan dan massa otot dalam proses bulking, diperlukan

berbagai nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, asam lemak esensial, vitamin dan mineral serta berbagai nutrisi penting lain. Oleh karena itu, gunakanlah Iso Mass Xtreme Gainer, suplemen

terlengkap dan terbaik untuk menambah berat badan dan massa otot secara signifikan, serta konsumsilah Iso Meal Xtreme

Bar, pengganti makanan ringan bernutrisi tinggi yang sangat cocok untuk memasok kebutuhan nutrisi sekaligus membentuk

otot Anda kapan pun dan dimana pun Anda berada.

Iso Mass Xtreme Gainer

Keunggulan Iso Mass Xtreme Gainer:

Iso Mass Xtreme Gainer, dengan kandungan 65 gram whey protein per serving yang padat nutrisi, 4 tipe glutamine, energi 940 kalori, formulasi 60 bahan terbaik pembangun massa otot, 7 tipe creatine yang bekerja cepat, serta diperkaya beta alanine, norvaline, AAKG, enzim dan lactoferine.

Iso Mass Xtreme Gainer adalah suplemen penambah massa otot terbaik dari Ultimate Nutrition. Anda tidak lagi harus pusing memikirkan kombinasi suplemen mana yang Anda butuhkan untuk menambah berat dan massa otot secara optimal. Iso Mass Xtreme Gainer merupakan suplemen all in one untuk Anda yang ingin menjalani proses bulking. Hal ini karena Iso Mass Xtreme Gainer diformulasikan khusus dengan rasio karbohidrat dibanding protein 16:13. Iso Mass Xtreme Gainer didesain khusus untuk Anda yang menginginkan tambahan otot secara maksimal tanpa menambah timbunan lemak.

Protein lepas berkala (time-release protein) untuk mensuplai kebutuhan protein untuk otot selama Anda beraktivitas sekaligus selama beristirahat di malam hari.Karbohidrat kompleks mensuplai energi, mengisi glikogen otot yang telah terpakai sehabis berlatih serta memberi kekuatan bagi tubuh untuk mempercepat daya pulih dan pertumbuhan massa otot.Kombinasi 7 creatine untuk menambah power dan meningkatkan pertumbuhan otot.Kombinasi 4 tipe glutamine untuk meningkatkan perkembangan otot dan daya pulihMultivitamin dan multimineral serta dilengkapi antioksidan untuk memaksimalkan fungsi tubuh dan menjaga daya tahan tubuh6 jenis asam lemak esensial untuk menjaga massa otot dan mengoptimalkan mental dan daya tahan tubuh, merangsang tubuh menggunakan lemak di dalam tubuh sebagai energi serta mengurangi timbunan lemak dalam tubuh dan juga berfungsi menambah massa otot.Arginine Alpha-Ketoglutarate (AAKG) untuk memperlancar peredaran darah serta melebarkan pembuluh darah (vasolidasi) sehingga otot akan lebih cepat menerima nutrisi, air dan oksigenBeta Alanine untuk melindungi jaringan otot sehingga menunda keletihan ototEnzim kompleks untuk meningkatkan penyerapan nutrisi yang terkandung dalam suplemen.

Page 21: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

DAN ISO MEAL XTREME BAR

Iso Meal Xtreme Bar

Keunggulan dari Iso Meal Xtreme Bar:

�A�n�d�a� �p�a�s�t�i� �t�a�h�u� �b�a�h�w�a� �m�e�m�e�n�u�h�i� �p�o�l�a� �m�a�k�a�n� �i�d�e�a�l� �5�-�6� �k�a�l�i� �s�e�h�a�r�i� �t�e�r�k�a�d�a�n�g� �s�u�l�i�t� �d�e�n�g�a�n� �a�d�a�n�y�a� �a�k�t�i�f�i�t�a�s� �h�a�r�i�a�n� �y�a�n�g� �p�a�d�a�t�.� �O�l�e�h� �k�a�r�e�n�a� �i�t�u� �k�a�m�i� �m�e�m�b�e�r�i� �s�o�l�u�s�i�n�y�a�,� �I�s�o� �M�e�a�l� �X�t�r�e�m�e� �B�a�r� �m�e�r�u�p�a�k�a�n� �b�a�r� �b�e�r�n�u�t�r�i�s�i� �t�i�n�g�g�i� �y�a�n�g� �s�a�n�g�a�t� �c�o�c�o�k� �u�n�t�u�k� �m�e�n�g�g�a�n�t�i� �m�a�k�a�n�a�n� �r�i�n�g�a�n� �s�e�k�a�l�i�g�u�s� �m�e�m�b�e�n�t�u�k� �o�t�o�t� �A�n�d�a�.� �I�s�o� �M�e�a�l� �X�t�r�e�m�e� �B�a�r� �b�e�r�i�s�i� �3�1� �g�r�a�m� �p�r�o�t�e�i�n� �b�e�r�k�u�a�l�i�t�a�s� �t�i�n�g�g�i�,� �5�8� �g�r�a�m� �k�a�r�b�o�h�i�d�r�a�t�,� �s�e�r�a�t�,� �O�m�e�g�a� �3�,� �k�a�l�s�i�u�m� �d�a�n� �z�a�t� �b�e�s�i� �y�a�n�g� �d�i�r�a�n�c�a�n�g� �k�h�u�s�u�s� �u�n�t�u�k� �m�e�m�a�s�o�k� �k�e�b�u�t�u�h�a�n� �n�u�t�r�i�s�i� �d�i�m�a�n�a�p�u�n� �A�n�d�a� �b�e�r�a�d�a�.

�M�e�r�u�p�a�k�a�n� �M�e�a�l� �B�a�r� �t�e�r�l�e�z�a�t� �y�a�n�g� �a�d�a� �d�i� �p�a�s�a�r�a�n�M�e�n�g�a�n�d�u�n�g� �p�r�o�t�e�i�n� �t�i�n�g�g�i� �b�e�r�k�u�a�l�i�t�a�s�P�r�a�k�t�i�s� �d�a�n� �m�u�d�a�h�M�e�m�e�n�u�h�i� �k�e�b�u�t�u�h�a�n� �n�u�t�r�i�s�i� �o�t�o�t� �d�a�n� �t�u�l�a�n�g� �A�n�d�a�,� �s�e�r�t�a� �m�e�m�p�e�r�l�a�n�c�a�r� �p�e�r�e�d�a�r�a�n� �d�a�r�a�h�.�M�e�n�g�a�n�d�u�n�g� �s�e�r�a�t� �u�n�t�u�k� �k�e�s�e�h�a�t�a�n� �p�e�n�c�e�r�n�a�a�n� �A�n�d�a

Manfaat Kombinasi:

Pemakaian Kombinasi:

Memasok tubuh dengan protein berkualitas tinggi yang diperlukan dalam perkembangan massa ototMemenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan ototMemperlancar peredaran darah untuk penyerapan nutrisi lebih optimalMeningkatkan penyerapan nutrisi yang terkandung dalam suplemenPraktis dikonsumsiMenjaga massa otot, daya tahan dan daya pulih tubuhMenjaga kesehatan pencernaan

Pagi : 1-2 scoop Iso Mass Xtreme GainerSnack Pagi : ½ bar Iso Meal Xtreme BarSnack Siang : ½ bar Iso Meal Xtreme BarSebelum Latihan (sore) : 1-2 scoop Iso Mass Xtreme GainerSetelah Latihan : 1-2 scoop Iso Mass Xtreme Gainer

UNTUK MAKSIMALKAN PROGRAM BULKING ANDA

Model : Entokh ; Lokasi : Tirta Mulya Healthy Center, Bandung

Page 22: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

lu disebabkan oleh infeksi virus yang berasal dari kelompok orthomyxoviridae atau virus influenza. Flu mudah sekali menular, biasanya lewat batuk atau bersin. Orang yang daya F

tahan tubuhnya lemah akan sangat mudah tertular penyakit ini. Berikut ini beberapa solusi alternatif alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melindungi Anda dari serangan flu:

7 Cara Alternatif Memerangi Flu dengan Efektif

Masa-masa peralihan musim ataupun memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, membuat kita

jadi lebih rentan terkena penyakit flu. Namun, seringkali kita menganggap enteng penyakit ini

karena umum diderita pada musim-musim seperti ini. Namun, gangguan flu ini bisa menghambat

berbagai aktivitas sehari-hari kita, sehingga kita harus berupaya untuk meningkatkan sistem

kekebalan tubuh kita dari serangan flu.

2. Tingkatkan Kesehatan Thymus

Thymus adalah kelenjar seukuran kepalan tangan terletak di belakang tulang dada Anda di bagian tengah dada Anda. Thymus berperan penting dalam fungsi limfatik dan sistem imun atau kekebalan tubuh. Thymus terus berkembang dan ukurannya mencapai puncak di usia awal 30-an, kemudian mulai menyusut hingga ukuran sebesar kacang polong pada usai sekitar 70 tahun. Hal ini akan membuat energi dalam tubuh Anda berkurang.

Untuk meningkatkan kesehatan thymus, orang Cina biasa menggunakan akar Astragalus. Studi menunjukkan astragalus adalah suatu adaptogen, yang artinya memperbaiki ketidakseimbangan metabolisme, meningkatkan imunitas dan vitalitas secara keseluruhan. Dosis yang biasa dikonsumsi sekitar 100-150 mg per hari. Namun ada juga cara lain untuk merangsang thymus, yaitu dengan menggunakan akupresur.

1. Kacang Hijau, Sumber Nutrisi Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang hijau yang sudah banyak dikenal di seluruh penjuru nusantara ini memiliki berbagai nutrisi penting yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh kita. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang baik, tinggi serat serta kaya asam lemak esensial, juga sumber vitamin A, B1, C dan E, serta beberapa mineral penting seperti potassium, fosfor, kalsium, zat besi, zinc hingga selenium, sehingga kacang hijau ini memiliki berbagai khasiat kesehatan termasuk untuk menguatkan fungsi limpa dan lambung serta meningkatkan imunitas kita terhadap berbagai penyakit. Minumlah air rebusan bersama dengan kacang hijaunya untuk mendapatkan semua nutrisinya.

Arti

cle

Akupresur

L gus rumi t Cherokee RoseHoneysuck el

Page 23: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Terserang flu pasti bisa membuat kita sangat tersiksa dengan berbagai gejalanya yang mengganggu aktivitas kita. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, jagalah baik-baik tubuh kita dan tingkatkan daya tahan tubuh selagi kita sehat.

5. Beta karoten Untuk Meningkatkan Imunitas

Beta-karoten sudah banyak dikenal sebagai antioksidan kuat untuk meningkatkan fungsi imunitas. Lalu bagaimana kita mendapatkan manfaat beta karoten ini? Konsumsilah lebih banyak sayuran berwarna oranye, termasuk wortel, squash, butternut squash, labu, ubi jalar dan sebagainya Selain itu, semua itu juga sumber Vitamin C yang sangat baik, yang juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh kita.

4. Sehat dengan Produk-Produk Lebah

Royal jelly telah lama dianggap sebagai ramuan panjang umur yang meningkatkan energi, kejantanan, dan kekebalan. Kaya akan vitamin dan kolagen, serta protein yang mengandung substansi antibakteri, yang efektif terhadap bakteri tertentu, termasuk streptococcus dan staphylococcus.

Bee propolis yang kaya akan flavonoid merupakan antioksidan kuat, anti-mikroba, dan antibiotik alami yang dihasilkan oleh lebah. Saat ini royal jelly dan bee propolis sudah banyak dipasarkan dalam bentuk suplemen.

6. Sup Penin kat Imunitasg

Campurkan amur shiitake, kubis, w rtel, j

ojah se a , o eg no, dan bawa g putih e g r r a npad sup Anda. Jamur shi t ke a

i amengandun polis karida st ro , dan g a , e lco marin, se ta vita n da mineral ang

u r mi n yme ingkatka fungsi kek balan t buh, n n e ukub s me l ki emampu n untuk i mi i k amen ngkatkan kemamp an tu uh i u bmelawa infeksi, jahe me duk ng

n n upen ernaa yang sehat, seda gkan c n

noregano dan a ang putih ser a b rbagaib w

t e a uran ain dalam sup akan sa g ts y l

n a be man aat b gi keseh tan kitar f a a .

Royal Jelly

Jamur Shiitake

Diana

Artic

le

Page 24: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Gym

Pro

file

s

H&MRadio Dalam, Jakarta Selatan

Gym

Aan

Aan

agaimana jadinya jika sebuah gym terletak dalam komplek bangunan kos. Tentunya akan sangat menguntungkan bagi para penghuni kosnya. Ya, H & M Gym yang berlokasi di Jl. B

Pete VI No. 48 Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini terletak di lantai dua sebuah bangunan kos besar. Namun jangan salah sangka, H & M Gym yang launching sejak 2 April 2006 ini terbuka untuk umum, bukan hanya untuk para penghuni kos disitu saja.

Owner sekaligus personal trainer dan instruktur H & M Gym, Riyanto, merupakan atlet binaraga nasional kelas 60 Kg yang masih aktif sampai sekarang. Anda bisa memanfaatkan alat-alat fitnes yang lengkap termasuk peralatan latihan kardio dengan tarif yang terjangkau. Iuran member per bulan hanya dipatok 60 ribu rupiah saja. Berbagai aksesoris dan suplemen fitnes juga lengkap tersedia. Jadi, jika Anda ingin membentuk tubuh ideal atau menurunkan berat badan dapat langsung meluncur ke lokasi atau ke cabang H & M Gym di Jl. H. Dilun No. D5 Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan atau telepon dulu di nomor (021) 71538468/ 32540875/ 085880813331. H & M Gym buka setiap Senin-Kamis dan Sabtu-Minggu pukul 8:00-21:00 (Jumat libur).

nda mencari fitness center dan aerobik khusus wanita? Femme Fitness adalah tempatnya. Ya, Femme Fitness merupakan tempat fitnes dan aerobik yang dikhususkan A

untuk kaum hawa saja, kaum adam dilarang masuk. Bahkan para instruktur fitnes dan aerobik di Femme Fitness semuanya adalah wanita.

Menurut Ibu Khadijah selaku owner, Femme Fitness di-launching resmi pada 15 Desember 2008 dengan fasilitas ruangan aerobik dan fitnes yang full AC, eksklusif dan nyaman. Peralatan fitnesnya lengkap termasuk alat-alat latihan kardio. Program senamnya juga sangat beragam mulai aerobik, body language, belly dance, kegel, dan yoga. Tersedia juga ruangan steam, café, locker dan shower. Selain itu Femme Fitness juga menyediakan berbagai produk kebutuhan wanita dan suplemen diet. Karena nyaman dan eksklusif, tak heran sekitar 200 wanita aktif berolahraga di Femme Fitness. Banyak diantaranya adalah para wanita berjilbab.

Jadi tunggu apa lagi ladies? Segera kunjungi Femme Fitness di Jl. Condet Raya No. 44 Jakarta Timur atau bisa telepon dulu di nomor (021) 8411840. Femme Fitness buka setiap Senin-Jumat jam 7:00-21:00, Sabtu jam 7:00-17:30 dan Minggu 7:00-14:00.

FemmeFitness

Condet, Jakarta Timur

Page 25: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

EVENTS

Subang

PT. Jaya Sportindo Family Day 2010Ciater, Subang, Jawa Barat

alam rangka mempererat hubungan kerja dan lebih mengenal antar sesama staf D

dan keluarga, PT. Jaya Sportindo Cabang Jakarta mengadakan event Family Day 2010. Acara yang sudah ketiga kalinya diadakan ini berlangsung pada Minggu, 7 Februari 2010 di wisata pemandian air panas alam Ciater, Subang, Jawa Barat. Dengan mengendarai tiga buah bus eksekutif, para peserta yang terdiri atas seluruh pimpinan, karyawan dan keluarga PT. Jaya Sportindo Cabang Jakarta berangkat tepat pukul 7 pagi.

Setelah tiba di Ciater pada pukul 10:00, rombongan berkumpul di Dayang Sumbi Hall untuk acara perkenalan lebih dekat, makan siang, games, pembagian doorprize, bernyanyi dan berjoget menikmati hiburan bersama. Games berjoget berpasangan mengapit jeruk dan joget dangdut tampak paling meriah. Semua peserta kebagian doorprize utama maupun hiburan.

Usai itu, pukul 2 siang para peserta menikmati semua wahana yang ada di pemandian air panas

alam Ciater. Tidak hanya berenang dan berendam air panas, para peserta ada yang bermain outbond, paintball, masuk wahana rumah hantu, dan lain-lain.

Sebelum kembali ke Jakarta pada pukul 16:30, tak lupa rombongan

membeli oleh-oleh khas Subang. Tiba dengan selamat di Jakarta sekitar pukul 20:30, semua peserta terlihat senang dan puas menikmati Family Day 2010. Sukses selalu untuk PT. Jaya Sportindo dan Ultimate Nutrition! Aan

Page 26: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

EVENTS

Se Jawa-Bali Banyuwangi

vent bertajuk Ultimate Body Contest Blambangan 2010 Se Jawa Bali ini diselenggarakan pada hari Minggu, 31 E

Januari 2010, bertempat di Hotel AJM, Genteng, Banyuwangi. Dalam event ini turut hadir Ketut Arnawa sebagai Guest Poser sekaligus juri bersama dengan Sondang Iswanto dan Wiyono. Event ini dipimpin langsung oleh Vice President PT. Jaya Sportindo, Bapak Erwin Santoso, SE, MM. yang dibantu oleh Bapak Benny selaku agen Ultimate Nutrition untuk wilayah Banyuwangi dan pemilik Kebo Lajer Gym, sekaligus ketua PABBSI Banyuwangi. Event ini diikuti oleh 165 peserta dari berbagai daerah seperti Malang, Lumajang, Madura, Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan Bali.

Setelah melalui serangkaian seleksi dan penilaian, diperoleh 10 orang pemenang dan 1 juara kategori The Best Abdominal. Juara 1 diraih oleh Yanuar, asal Madura, sedangkan gelar The Best Abdominal diraih oleh Supri dari Srono. PT. Jaya Sportindo, selaku distibutor resmi Ultimate Nutrition, adalah sponsor tunggal dalam event akbar yang disambut antusias oleh masyarakat Banyuwangi ini, ditandai dengan ramainya pengunjung yang datang untuk menyaksikan acara ini. Dalam event Ultimate Body Contest kali ini, PT. Jaya Sportindo berterima kasih atas dukungan terhadap acara yang pertama kali diadakan di Blambangan ini, diharapkan semoga bisa meningkatkan kesadaran generasi muda untuk memulai pola hidup yang sehat bersama Ultimate Nutrition.

ULTIMATE BODY CONTEST BLAM

Daftar Juara:Juara I : Yanuar (Pamekasan)Juara II : Nurkholis (Jajag)Juara III : Huri (Lapendos)Juara IV : Arif (Lumajang)Juara V : Aji (Pamekasan)Juara VI : Benny (BWI)Juara VII : Danu (Lumajang)Juara VIII : Supri (Srono)Juara IX : Taim (Rogojampi)Juara X : Wahid (Rogojampi)

The Best Abdominal : Supri (Srono)

Cahyono

Babak penyisihan

Bp. Erwin memberi penjelasan sebelum para finalis berlaga

Para finalis berpose menunjukkan definisi otot-ototnya di depan juri

Pemanasan sebelum maju ke panggungPendaftaran peserta

Page 27: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

BANGAN 2010

ULTIMATE BODY ULTIMATE BODY ULTIMATE BODY

CONTEST CONTEST CONTEST BLAMBANGAN2010Se Jawa-Bali

Inilah para juara Ultimate Body Contest Blambangan 2010 Se Jawa-Bali

Deretan tamu VIP Para panitia berfoto bersama di akhir kejuaraan

Bp. Erwin Santoso terlibat langsung dalam technical meeting, talkshow, dan bahkan pengukuran kadar lemak

Page 28: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

EVENTS

dr. Jeffry Membuka Health Care and Beauty Clinic

ada hari Jumat, 12 Februari 2010 yang lalu, dr. Jeffry Beta Tenggara, Chief Residen P

Department Ilmu Penyakit Dalam RSCM Jakarta yang tak lain juga merupakan kontributor Sportindo.com The Magz resmi membuka sebuah Health Care and Beauty Clinic bernama InterMED bersama rekannya. InterMED berisikan sebuah grup medis profesional yang bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan dan kecantikkan berkualitas tinggi.

Beberapa program dari InterMED diantaranya adalah :

Program Pertolongan Pertama: membantu memahami lebih baik tentang pertolongan pertama untuk keadaan daruratDokter Keluarga: memilih pengobatan terbaik bagi keluarga dari dokter yang benar-benar mengetahui kondisi pasien

Perawatan di Rumah:mendapat perhatian medis dirumah dengan biayaterjangkau.

Jadi tujuan utama pendirian InterMED adalah mempermudah masyarakat memperoleh layanan kesehatan yang baik. InterMED juga menyediakan fasilitas medical check-up. Medical check-up penting untuk mengetahui kondisi tubuh lebih awal dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Beauty clinic adalah salah satu layanan utama dari InterMED. Permasalahan kecantikan seperti keriput, selulit, tahi lalat dan sebagainya dapat diselesaikan di

klinik ini dengan berbagai layanan modern seperti botox, peeling, facial mask, vitamin injection, dan lain-lain. InterMED dapat membuat penampilan Anda lebih baik.

Selain itu InterMED juga dapat memberikan pertolongan darurat tim medis dengan sepeda motor untuk memberi pertolongan pertama dan menjaga pasien sampai ambulans datang untuk pertolongan lebih lanjut.

Anda yang membutuhkan berbagai layanan InterMED dapat langsung mengunjungi lokasinya di Gedung Perkantoran Hijau Arkadia,

nd2 Floor, Tower F, Jl. Letjen. TB. Simatupang Kav. 88, Jakarta atau telepon dulu di (021) 7800654, Fax: (021)78849252, atau Emergency Call: 087 877 911 911.

Jakarta

Hendra

Page 29: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

Tangerang

Kejuaraan Terbuka Nico Fitness

Body Contest & Aerobic 2010

inggu pagi, 21 Februari 2010 yang lalu, ratusan instruktur dan penggemar aerobik M

berkumpul di GOR Kota Tangerang Jl. A. Dimyati No. 29 untuk mengikuti Kejuaraan Terbuka Body Contest & Aerobic 2010 dalam rangka HUT ke-1 Nico Fitness & Aerobic Tangerang. Panitia membagi kategori aerobik menjadi Aerobik Pemula (35 tahun kebawah dan keatas), Body Language, dan Instruktur Se-Tangerang dan Banten sehingga hampir semua orang bisa ikut serta.

Menjelang siang, giliran ratusan pria bertubuh ideal menyerbu lokasi termasuk para peserta senior dari Jakarta untuk mengikuti body contest. Karena bersifat terbuka, kondisi tersebut cukup menyulitkan para peserta pemula karena rata-rata dari segi ketebalan dan definisi otot, mereka kalah dengan para peserta senior. Terbukti setelah babak penyisihan dan final, para peserta senior mendominasi juara.

Dalam kejuaraan ini, panitia menyediakan hadiah uang tunai jutaan rupiah, trofi dan juga doorprize berupa handphone dan peralatan elektronik lainnya. Sebagai hiburan, ditampilkan guest pose dari Leonidas, atlet binaraga peraih medali emas PON Kaltim 2008 Kelas 85+Kg. Event ini termasuk sukses dengan dipadati ratusan penonton. Selamat untuk Nico Fitness & Aerobic Tangerang dan selamat juga untuk para pemenang.

Daftar Juara Body Contest :

Juara I : Ricky Daud (Team Sportisi)Juara II : Dody Syahputra (Atlantik Gym)Juara III : Rudy Tanjung (Abdy Fitness Bogor)Harapan I : Dedy Muzamil (BSA Beny Jakarta)Harapan II : Jody (Popeye Fitness Center)Harapan III: Guntur Saputra (Exclusive Gym)

Aan

EVENTS

Para Juara Bodycontest

Page 30: Sportindo Com - The Magz Maret 2010

EVENTS

Tangerang

Outbond Bersama Member FANTASTIC FITNESS GADING SERPONG

engikuti outbond bersama-sama di lokasi wisata kini menjadi pilihan para member fitnes dan M

gym untuk mempererat tali persaudaraan sekaligus refreshing. Seperti halnya kegiatan yang dilakukan para member Fantastic Fitness, Gading Serpong, Tangerang pada tanggal 31 Januari 2010 yang lalu, mereka mengikuti outbond bersama di daerah Taman Wisata Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Acara ini dipimpin oleh Sdr. Edy Putra selaku ketua panitia dan Bp. Yohanes Ruddy selaku pengelola fitnes. Para member mengikuti beberapa kegiatan seperti flying fox, trampolin, lomba lari rintangan berkelompok, lomba dayung perahu berkelompok, dan sepakbola lumpur. Meski diterpa cuaca yang hujan dan panas berganti-ganti, para member Fantastic Fitness terlihat antusias dan semangat mengikuti semua kegiatan outbond.

Malamnya para pemenang menerima hadiah dari panitia. Pemenang untuk member terfantastik pria diraih Bp. Endah dan member wanita terfantastik diraih Catherine. Sedangkan untuk pemenang lomba berkelompok dimenangkan oleh tim putih yang terdiri atas Yohanes, Rano, Ferry, Edi, Catherine, Lukas, dan Novel. Sebelum kembali ke Jakarta, acara ditutup dengan makan malam bersama.

Iwan

Page 31: Sportindo Com - The Magz Maret 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz Maret 2010