sportindo com - the magz mei 2010

32

Upload: justinus-isbani

Post on 11-Aug-2015

94 views

Category:

Documents


19 download

TRANSCRIPT

Page 1: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 2: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 3: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 4: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Pemimpin Umum

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

Penanggung Jawab

Sutiyoso

Kontributor

FX Erwin Santoso, SE, MM.

dr. Jeffry Beta Tenggara

Wayan, Wilyanto Lung

Tim Redaksi

George Hendra Santoso, SE., CSN.

Andana Suparman, S.S.

Noerdiana Adiatie, S.Gz.

Artistik & Desain

Rachmat Kurniawan, SE.

Petrus Dony Hariyanto

Tjahyono

Promosi & Iklan

PT. Jaya Sportindo

Distribusi

Mangapul F. Hutahaean, SE.

Website

www.sportindo.com

www.dennysantoso.com

E-Mail

[email protected]

Redaksi hanya akan memuat tulisan, kritik, saran, dan pertanyaan dari

pembaca yang melampirkan biodata lengkap.

redaksiredaksi

editor's letter

sportindomail

sportindo.com MaThe gz

FREE FITNESS AND NUTRITION MAGAZINE

Bergabunglah bersama Facebook Page saya untuk saling berinteraksi di alamat web :http://www.facebook.com/dennysantoso.fanspage

Penanganan Thypus

Pegal Tak Mau Hilang Setelah Latihan

Nyeri Punggung Akibat Latihan Deadlift

Teman saya seorang binaragawan mengidap thypus padahal dia harus bertanding bulan Juli mendatang. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah. Apa ada cara supaya cepat mendapat kesembuhan? Terima kasih [email protected] memang benar yang teman Anda alami adalah infeksi typhoid, itu bukanlah masalah karena saat ini pengobatan typhoid sudah sangat baik dan cepat dalam mengatasi infeksi ini. Penyembuhan typhoid kurang lebih membutuhkan waktu seminggu setelah selesai pengobatan yang memakan waktu seminggu juga. Jadi teman Anda hanya butuh waktu off selama 2 minggu. Masih banyak waktu sebelum kompetisinya di bulan Juli. Pastikan istirahat cukup, makan makanan lunak dan tidak merangsang saluran cerna seperti sambal atau gorengan. Itu saja panduannya selama proses penyembuhan.Dr Jeffry Tenggara (Chief Residen Penyakit Dalam - FKUI RSCM)

Dear all, saya mau bertanya :1. Selain minum susu protein, adakah cara-cara lain menghilangkan pegal-pegal akibat latihan beban?

Sudah 3 hari ini saya masih pegal-pegal juga setelah latihan.2. Bagaimana kalau tidak minum susu protein? Apakah recovery otot tetap bisa cepat?3. Walaupun masih pegal, apakah latihan beban bisa terus dilakukan? Yustina Eny ([email protected])1. Anda bisa menggunakan berbagai produk analgesic penghilang rasa pegal yang banyak tersedia di

apotek ato toko obat. Kemudian Anda bisa melakukan peregangan aktif (active stretching). Misalnya pada otot dada yang sakit, cobalah latih stretching chest tersebut lebih aktif. Ingat, bukan latihan tapi peregangan (stretching). Bantu juga dengan latihan kardio.

2. Protein adalah kebutuhan otot, jadi konsumsi makanan berprotein sudah merupakan suatu keharusan. Kalau dari sisi suplemen, Anda bisa mengkonsumsi Glutamine yang sangat mempercepat recovery otot.

3. Apakah latihan beban bisa terus dilakukan? Kalau terlalu sakit ya jangan. Tetapi kalau tidak terlalu sakit masih dapat dilakukan dengan syarat beri jeda latihan sekitar 3 hari. Misalnya latihan chest hari Senin, lakukan berikutnya hari Kamis.

Latihan deadlift selalu saya sejajarkan dengan lebar kaki dan bahu. Bagi saya, latihan deadlift selalu menjadi “pembuka” untuk latihan punggung (back) karena tujuan latihan deadlift untuk otot punggung bawah (lower back). Hanya saja sudah 2 bulan ini saya istirahat latihan otot punggung karena syaraf punggung saya kejepit. Minggu lalu saya paksakan latihan deadlift sampai beban 60 kg sudah terasa sakit. Jadi terpaksa latihan punggung saya absenkan [email protected] deadlift hanya part of the isolation movement for back workout (bagian dari latihan terpisah untuk otot punggung). Kalau dilakukan sebagai pembuka latihan punggung, latihan deadlift akan berbahaya untuk sisa latihan punggungnya karena kalau lower back sudah lelah malah bisa mengancam resiko cedera pada latihan compound untuk punggung.Alasan kedua, karena bersifat isolation (terpisah), maka latihan deadlift hanya menggunakan single joint saja. Sehingga jika dilakukan sebagai pembuka latihan punggung padahal keseluruhan otot lain terutama area pinggul (hip) dan punggung bawah (lower back) masih “dingin” maka resiko cedera punggung juga besar. Karena itu disarankan sebaiknya memulai latihan dengan compound movement dulu baru kemudian ditutup dengan isolation movement agar area otot yang dilatih bisa lebih panas dan fleksibel.

erusaha latihan rutin dan keras saja ternyata tidak cukup berhasil untuk membentuk tubuh ideal yang Anda inginkan. Dan jika tidak berhasil, maka rasa jenuh dan bosan mudah menyerang sehingga Anda pun mudah B

menyerah. Padahal masalah tidak efektifnya latihan tersebut bisa diatasi dengan mengetahui cara latihan yang lebih smart dan lebih efektif serta tentu saja menerapkannya dengan benar. Apa saja masalah-masalah latihan yang biasa Anda alami dan bagaimana cara menanganinya akan kami kupas di Cover Story majalah edisi bulan Mei ini. Kami berikan 3 solusi untuk per masalah yang paling banyak dialami oleh para fitness mania.

Tak hanya itu, khusus bulan ini kami berikan Tips ekstra yaitu “Rahasia Ratakan Perut dalam Waktu Singkat,” 4 kunci utama paling efektif dan paling efisien dalam program pembakaran lemak di perut Anda. Rubrik duniaFitnes.com juga akan menampilkan artikel “Pembentukan Otot Bagi Hardgainer” bagi Anda yang tergolong kesulitan dalam membentuk tubuh ideal. Jadi, jangan buru-buru menyerah, nyalakan lagi semangat latihan Anda dan berlatihlah cara yang lebih efektif dan efisien. Train smarter, not just harder. Selamat membaca dan berlatih!

Page 5: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 6: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Solusi 1 : Lari sprint!

Solusi 2 : Jangan beristirahat diantara repetisi

Solusi 3 : Cobalah latihan pilates

Jangan salah kaprah! Bakarlah lemak perut Anda dulu sebelum mulai melakukan puluhan atau ratusan crunch dan gerakan latihan pengeras perut lainnya. Ya, hanya latihan kardio yang mampu membakar kalori dan lemak dari perut Anda. Cobalah latihan kardio dengan interval atau biasa disebut High Intensity Interval Training (HIIT). Menurut International Journal of Obesity, daripada Anda latihan kardio selama 40 menit dengan kecepatan stabil, melakukan lari cepat 8 detik dengan jeda istirahat 12 detik selama 20 menit terbukti lebih efektif membakar lemak. Tidak harus lari sprint, Anda bisa memilih berbagai latihan kardio yang Anda sukai asalkan ada unsur hentakan kecepatan berintensitas tinggi dan interval waktu. Anda bisa memilih bersepeda atau berenang selain lari sprint.

Ketika melakukan crunches misalnya pada gerakan sit-up, cobalah jangan sampai punggung atau lengan Anda menyentuh lantai untuk mencegah kondisi rileks atau istirahat. Otot-otot perut berada dalam tekanan yang konstan ketika kita duduk atau berdiri. Karenanya Anda perlu menambahkan tekanannya agar latihan Anda tidak terlalu enteng. Contoh gerakannya, berbaringlah menghadap atas sehingga punggung bawah Anda bertumpu pada bola latihan besar (stability ball) untuk mencegah punggung atas atau lengan beristirahat ketika melakukan crunch. Lakukan 3-4 set, 15 repetisi, 30 detik istirahat diantara set.

Menurut penelitian Auburn University di Montgomery, Alabama, gerakan pilates seperti Teaser untuk otot perut terbukti lebih efektif 38% menekan otot rectus abdominis dan lebih efektif 245% pada otot oblique daripada gerakan crunch di lantai. Berbaringlah di lantai menghadap atas, kedua kaki diangkat, angkat bahu sampai membentuk sudut 90 derajat dengan kedua kaki, dan angkat kedua tangan keaatas. Lalu angkat bahu dan renggangkan kaki membentuk huruf “V” sehingga kedua lengan paralel dengan kedua kaki. Tahan sebentar lalu kembalikan bahu ke posisi semula dengan kedua kaki masih terangkat. Lakukan 6-10 repetisi.

KENAPA LATIHAN SAYA TIDAK ADA HASILNYA?

ga na n n res lu i 2 0 n d b a i?

Ba ima perkemba ga o s 01 A da i ul n kelima in

a ih da a a t d r in o ga u h e

M s kah An t h n berdie an ut ber lahra ? S da kah l mak

t u n t b r n u a rat d hka en u t bu

ub h A da er aka da per t And a? Su a h b t k u h

A d t lih en a mulai er at id al?

a ni lat n u k emb ra k at u p ka u h

Menj la iha ntu p aka n lema a embentu n t bu

mema t s d g ca n n D u h

ng idak emu ah men u pka teori ya. ib tu kan motivasi

a y ng in g la p a a a a n meny i

d n disiplin a t g i pu . Teta i p k h And aka erah beg tu

s j Tentu a t b n o a n a beb pa a u

a a? ny idak uka ? C b A da b ca era kebias an ata

t ny s l ih n b ikut A a A d ga la a

epat a ma a ah lat a er ini. p kah n a ju menga miny ?

iy , o a h b p usi g .

Jika a c b la ebera a sol yan kami berikan

Masalah : Saya sudah sit-up habis-habisan

tetapi perut saya tetap buncit

Melakukan lari cepat 8 detik dengan jeda

istirahat 12 detik selama 20 menit

terbukti lebih efektif membakar

lemak

Model : Yoan

Page 7: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Solusi 1 : Akali tubuh Anda

Solusi 2 : Fokuskan pada otot-otot bagian belakang

Solusi 3 : Tiru gerakan ice skate atau rollerblade

Cobalah lakukan gerakan plyometric seperti misalnya jump squat, diikuti segera dengan free-weight exercise seperti misalnya leg press. Gerakan plyometric efektif membakar kalori dan benar-benar “menghajar” otot sehingga penting untuk pengerasan otot tanpa harus banyak repetisi atau beban ekstra. Memaksimalkan latihan Anda dengan program gerakan plyometric akan membentuk otot lebih lean dan mempersingkat waktu latihan karena menguras energi lebih banyak.

Sisipkan gerakan hip extensions dan step-ups dalam program latihan Anda. Menurut penelitian American Council on Exercise di San Diego, masing-masing gerakan tersebut melatih lebih efektif 55% pada otot hamstring, 79% pada otot pantat, daripada gerakan squat. Lakukan hip extensions sebanyak 12 repetisi dengan bergantian kaki. Untuk step-ups, lakukan 12 repetisi menggunakan dumbel 3-4 kilo di masing-masing tangan, dan bergantian kaki.

Kecuali Anda memang bisa melakukan olahraga ice skate atau rollerblade, cobalah tiru gerakannya untuk melatih otot-otot pantat. Berdirilah berpegangan pada kursi atau palang di depan Anda. Angkat kaki kanan ke belakang hingga menegang, lalu gerakkan ke samping kearah jam 4 sebanyak 12 repetisi. Lakukan bergantian kaki. Pastikan sentakan gerakannya cukup menegangkan kaki dan mengkontraksikan otot-otot pantat Anda.

Solusi 1 : Kombinasikan

Solusi 2 : Fokuskan pada pembakaran

Solusi 3 : Mulailah latihan kekuatan

Jika Anda merasa nyaman hanya melakukan jogging atau berjalan kaki saja saat latihan kardio, maka tubuh hanya membutuhkan sedikit kalori. Kombinasikan latihan treadmill Anda dengan yang lain seperti bersepeda untuk “menyentak” pertahanan lemak tubuh Anda.

Penelitian University of Guelph di Ontario membuktikan 7 sesi latihan kardio dengan interval selama periode 2 minggu dengan minimal 3 sesi latihan dalam 1 minggu mampu membakar lemak 36% lebih efektif pada satu jam pertama latihan. Sesi latihan yang dimaksud termasuk lari sprint selama 4 menit sebanyak 10 kali dengan 2 menit istirahat diantara jeda. Pertahankan latihan interval dan pengerasan otot ini untuk hasil yang lebih cepat.

Beri interval latihan kardio Anda dengan latihan kekuatan sebanyak 1-3 hari seminggu (4-6 set per latihan) sehingga pembakaran lemak akan terus meningkat. Latihan kekuatan mampu membantu membentuk otot dan memperjelas definisi otot. Bakarlah kalori lebih banyak dengan cara gerakan latihan berkontraksi cepat, misalnya angkatan barbel atau dumbel (dead lift, barbell squat, atau high-pull snatch) yang ditahan dua hitungan sebelum kembali ke posisi semula. Pilih beban yang cukup menantang beratnya.

Masalah : Saya sudah latihan kardio

sampai berkeringat banyak tetapi belum juga kurus

Masalah : Saya sudah ratusan kali squat dan lunge

tetapi otot-otot tubuh bagian bawah masih belum lean

Model : Yoan & Andjani

Mo

de

l : An

dja

ni

Page 8: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Solusi 1 : Tambahkan bebannya

Solusi 2 : Ubah-ubah beban dan repetisinya

Solusi 3 : Jangan melulu latihan beban dengan alat bermesin

Agar benar-benar terbentuk keras, pastikan otot-otot lengan menjadi failure setelah melakukan 1 set gerakan dengan 10 repetisi. Maksudnya, jika Anda masih belum merasa letih setelah 1 set tersebut, berarti bebannya masih kurang berat. Tambahkan bebannya sampai pada berat yang membuat otot-otot lengan benar-benar terasa letih setelah 1 set gerakan dengan 10 repetisi.

Jika Anda sudah melakukan Solusi 1 diatas, pada latihan kekuatan berikutnya, gunakanlah beban yang lebih berat dan kurangi repetisinya. Misalnya pilih dumbel 5 kilo untuk 8 repetisi. Lalu pada latihan berikutnya, kurangi berat bebannya dan tambahkan repetisinya. Misalnya pilih dumbel 3 kilo untuk 12 repetisi. Teknik ini disebut latihan bergelombang yang mampu mencegah kejenuhan otot-otot lengan Anda dengan berbagai cara sehingga hasilnya lebih efektif.

Jika Anda terlalu sering latihan beban hanya menggunakan alat bermesin, Anda hanya akan melatih bagian serat otot yang sama berulang-ulang dan melupakan bagian serat otot yang lainnya. Cobalah gunakan beban bebas, misalnya seperti dumbel, sehingga lebih banyak bagian serat otot yang terlibat karena harus menjaga kestabilannya. Cobalah triceps extensions dengan dumbel. Sambil berdiri memegang dumbel di kedua tangan, kedua kaki sedikit terbuka, bungkukkan badan ke depan sehingga torso sejajar lantai. Regangkan dumbel ke samping, lalu ayunkan dumbel ke bawah. Tahan satu hitungan pada puncak gerakan sebelum kembalu ke posisi semula. Lakukan sebanyak 3 set dan 15 repetisi.

Solusi 1 : Tingkatkan latihan secara bertahap

Solusi 2 : Sesuaikan dengan mood

Solusi 3 : Rencanakan target latihan Anda

Jangan merasa nyaman dengan level latihan yang itu-itu saja. Tingkatkan kualitas dan kuantitas latihan Anda, misalnya minggu ini Anda harus bisa menyelesaikan jogging 5 putaran lapangan, mencoba latihan superset, atau berhasil mengangkat barbel lebih berat. Peningkatan latihan secara bertahap untuk mencapai target kecil-kecilan membuat Anda selalu termotivasi untuk berlatih lebih semangat.

Jikalau Anda merasa jenuh latihan di gym, coba sekali-kali ikuti mood Anda untuk berolahraga apa hari ini. Misalnya Anda sedang ingin berenang untuk menyegarkan hari Anda yang sibuk dan penat, mengajak rekan-rekan kerja Anda bermain futsal bersama, atau jogging sore bersama kekasih Anda di

lokasi wisata outdoor di kota Anda. Dengan berolahraga mengikuti mood, Anda akan merasa olahraga sudah menjadi bagian hidup, bukan lagi dianggap sebagai sebuah tugas apalagi beban.

Cobalah buat catatan bulanan hasil latihan Anda. Tuliskan latihan apa saja yang sudah Anda lakukan dan bagaimana hasil yang sudah diperoleh, misalnya berapa kilogram Anda berhasil menurunkan berat badan untuk program fat loss. Atau untuk lebih mudahnya, cobalah bandingkan dengan program latihan yang tersedia di majalah maupun website yang sudah dirancang keberhasilannya. Kalau latihan Anda masih belum berhasil, catatan akan sangat berguna untuk mengoreksi apa yang salah dengan program latihan atau mungkin diet Anda.

Masalah : Saya sudah merasa bosan

setelah beberapa hari latihan

Masalah : Otot lengan saya susah mengeras

meskipun sudah menambah waktu latihan lengan

Berenang dapat menyegarkan hari Anda dan mungkin juga sesuai

dengan mood Anda

Mo

de

l : Yo

an

Mo

de

l : A

an

g

Page 9: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Masalah : Saya sibuk bekerja dan tak punya banyak

waktu berolahraga sehingga makin sulit membakar lemak

Masalah : Saya suka latihan kardio

tetapi saya mudah merasa bosan

Solusi 1 : Mainkan game

Solusi 2 : Ajaklah sparing partner

Solusi 3 : Bergabunglah dengan komunitas atau klub olahraga

Coba mainkan game untuk diterapkan dalam latihan Anda. Misalnya ambillah satu lembar uang kertas di kantong Anda. Jika Anda mendapat seribu rupiah, lakukan lari sprint 1 menit. Jika mendapat 5 ribu rupiah, naikkan 5% kemiringan treadmil. Jika mendapat 10 ribu rupiah, jogging kecepatan sedang selama 10 menit, dan seterusnya. Pisahkan lembaran uang yang sudah Anda ambil tersebut. Di akhir latihan, Anda akan merasa senang melihat jumlah lembaran uang yang berarti jumlah latihan yang Anda lakukan. Buatlah game sendiri yang sesuai dengan keinginan Anda.

Kemalasan berolahraga dapat dengan mudah diatasi dengan cara mengajak orang-orang terdekat Anda untuk berolahraga bersama. Buatlah kompetisi kecil-kecilan atau tantangan menyelesaikan satu sesi latihan kardio misal adu lari, bersepeda atau berenang. Atau bergantianlah menentukan jenis latihan kardio apa yang akan dikerjakan. Anda juga bisa membuat dua tim untuk saling berkompetisi. Anda sama sekali tidak akan merasa sedang latihan tetapi hanya bersenang-senang bersama.

Tidak menemukan sparing partner? Daftarkan diri Anda untuk bergabung dengan beberapa klub atau komunitas olahraga kardio di kota Anda. Ada banyak sekali komunitas bersepeda, berenang, atau trekking yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda. Carilah informasinya di internet atau langsung saja datang dan bertanya jika melihat ada komunitas yang sedang berkumpul di arena atau pusat olahraga di kota Anda.

Solusi 1 : Tingkatkan intensitasnya

Solusi 2 : Variasikan latihan

Solusi 3 : Terapkan fitness lifestyle dalam aktivitas sehari-hari

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, latihan dengan interval seperti High Intensity Interval Training (HIIT) sangat efektif membakar lemak. Jika Anda hanya punya waktu 20 menit sehari untuk berolahraga, tidak masalah! Kombinasikan beberapa jenis kardio berintensitas tinggi dan latihan kekuatan. Kombinasikan jogging dengan lari sprint, skipping, atau step-ups. Kombinasikan juga latihan kekuatan seperti lunge dengan shoulder press atau squat dengan triceps extension. Hentakan latihan HIIT akan membuat pembakaran lemak lebih efektif dan sekaligus efisien waktu.

Latihan monoton terus-menerus hanya akan membuat otot Anda jenuh sehingga pembakaran lemak menjadi kurang efektif. Jadi manfaatkan sedikit waktu Anda tersebut untuk mengikuti jenis olahraga lain yang benar-benar berbeda dengan latihan rutin Anda. Misalnya cobalah kelas kickboxing, jiujitsu, step aerobic, power yoga, atau jenis olahraga lain yang tidak terlalu membutuhkan waktu lama. Jenis olahraga berbeda akan mengaktifkan kembali pembakaran kalori dan melatih lebih banyak bagian otot tubuh yang kurang dilatih.

Masih juga butuh waktu latihan ekstra? Anda bisa menerapkan fitnes di lingkungan kerja Anda. Misalnya memilih tangga biasa daripada lift atau eskalator, memilih berjalan kaki menuju atau kembali dari kantin saat makan siang, atau kalau Anda ingin lebih tertantang, bersepedalah ke kantor.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! Aan

Mo

de

l : An

dja

ni

Mo

de

l : Yo

an

Page 10: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

ww

w.d

ennysanto

so.c

om

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.

www.dennysantoso.comTips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutrition

L. Denny Santoso, S.Kom, SAC. Dip., CSN., CHT.Tips Latihan, Pola Makan dan Panduan Suplementasi Ultimate Nutritionwww.sportindo.com www.dennysantoso.com

SehatSehatdengan

SeratSeratA

Mencegah konstipasi atau sembelit

Menurunkan risiko gangguan pencernaan Pola makan yang tinggi

Menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung

Mengontrol kadar gula darah

Membantu menurunkan berat badan

da banyak alasan untuk mengkonsumsi serat, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari serat. Sebenarnya serat

makanan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat tidak larut (insoluble fiber). Serat larut (serat yang larut di dalam air) antara lain terdiri atas pektin, gum, mucilage dan beta glucan, seperti pada sayuran, buah, produk kedelai, bijian-bijian. Serat tidak larut antara lain lignin, selulosa dan hemiselulosa seperti pada sereal, kulit buah, sayuran terutama berbentuk daun, dan kacang-kacangan.

Serat makanan meningkatkan massa dan ukuran feses serta melunakkannya, sehingga lebih mudah dikeluarkan dan menurunkan risiko susah BAB.

serat dapat menurunkan risiko terkena gangguan spesifik seperti hemoroid atau wasir, iritasi usus besar maupun luka disertai benjolan dalam usus besar (diverticulitis).

Serat tak larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah dengan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Penurunan kadar kolesterol dalam darah mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung atau aterosklerosis yang berujung pada penyakit jantung koroner.

Serat, terutama serat larut, dapat memperlambat penyerapan gula, di mana untuk pasien diabetes, serat dapat memperbaiki kadar gula darah. Diet dengan serat tinggi juga dapat menurunkan risiko perkembangan diabetes tipe 2.

Makanan tinggi serat umumnya lebih lambat diserap sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan Anda terhindar dari makan berlebihan. Diet tinggi serat juga memberikan kalori yang lebih sedikit.

Manfaat serat untuk kesehatan antara lain:

Mencegah kanker usus

Untuk tampilan otot lebih padat

Adanya serat makanan dalam feses menyebabkan feses dapat menyerap banyak air sehingga volumenya menjadi besar sehingga mempercepat kontraksi usus untuk lebih cepat BAB dan tekstur feses menjadi lunak yang dapat mengencerkan senyawa karsinogen (pemicu kanker) yang terkandung di dalamnya, sehingga konsentrasinya jauh lebih rendah. Kontak antara zat karsinogenik (konsentrasi rendah) dengan usus besar, dalam waktu lebih singkat mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

Sayur-mayur kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan bayam, memiliki kandungan yang disebut indoles. Indoles dapat sedikit menekan tingkat estrogen pada pria dan sedikit meningkatkan kadar testoteron. Hal ini sangat kondusif untuk mencapai tampilan fisik yang lebih keras dan padat, serta sintesa protein yang lebih baik untuk pembentukan otot.

Untuk memelihara kesehatan, dianjurkan untuk memperbanyak asupan serat seperti sayur dan buah, juga menjaga pola makan sehat serta berolahraga teratur. Namun, saat ini kebanyakan orang cenderung memilih mengonsumsi suplemen untuk menambah asupan serat. Salah satunya adalah Vegetable Greens dari Ultimate Nutrition yang mengandung semua manfaat sayuran.

http://www.dennysantoso.com/sehat-dengan-serat.html

Page 11: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

“Ya, ketika tahun 2007 di Bandung itulah saya mulai mengenal apa itu diet dan latihan fitnes yang baik dan benar. Saya banyak belajar teknik fitnes dari Ade Iman dan belajar diet dari Irwan Eden. Saya memberanikan diri ikut kejuaraan binaraga pertama kali yaitu Bandung Raga 2007 dan saya berhasil meraih Juara I kelas 70 Kg,” jelas Lay mengawali percakapan.“Sekarang saya menetap di Parompong, Bandung yang berudara sejuk dimana saya bisa mengkonsumsi capcay brokoli, jamur tiram, dan shitake dari hasil kebun sendiri. Haha…,” ujar Lay senang. “Selain itu, menu diet saya biasanya roti gandum, ikan tongkol masak panggang, dada ayam fillet, kacang tanah sangrai, susu kedele, dan jus apel.”

Sementara itu mengenai latihannya, Lay menjelaskan, “Saat ini saya biasa latihan dengan metode beban sedang dan banyak repetisi tetapi tidak terlalu lama. Paling lama hanya 1 jam, dua kali sehari. Pagi saya latihan otot punggung, lengan, dan diakhiri kardio dengan treadmill dan cross training. Sorenya latihan otot paha dan perut. Saya memang tidak cocok latihan hardcore karena dulu pernah bikin saya susah tidur. Jadi sekarang saya latihan sesuai dengan keinginan pikiran dan tubuh saja,” tambahnya.

“Sekarang saya sedang diet ketat dan latihan intens untuk persiapan PORDA Jawa Barat 2010 mewakili Kota Bandung. Namun dalam jiwa dan darah saya tetaplah orang Medan yang akan berusaha meraih prestasi binaraga terbaik dimanapun saya berada,” tutup Lay penuh semangat.

Lay Jannes Manullang

Merantau dari Medan

DimanapunRaih Prestasi

Aan

Setelah melihat penampilan atlet binaraga peraih Mr. Asia 1985 dari

Singapura, Abdul Rahman, di Medan, Jannes Manullang yang

saat itu masih pelajar SMP, langsung termotivasi untuk fitnes.

Namun Lay, begitu panggilan akrabnya sebagai orang Batak asli,

baru menemukan arti binaraga yang sebenarnya setelah pindah

merantau ke Bandung.

Lo

kasi : M

y Gym

Ba

nd

un

g

Page 12: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

uah asal Amerika Tengah dan Meksiko yang memiliki nama latin Persea americana ini ialah B

tumbuhan penghasil buah yang kini banyak dibudidayakan di daerah tropis di dunia, termasuk di Indonesia. Buahnya memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Vitamin C dan E dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin C penting untuk membentuk kolagen, serat dan struktur protein, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan membantu tubuh menyerap zat besi. Sedangkan vitamin E selain membantu melindungi sel dengan aktivitas

Nutrisi dan Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Kaya Vitamin

antioksidannya, juga dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Sehingga kombinasi vitamin C dan vitamin E membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar. Dalam tiap 100 gram buah alpukat segar mengandung 10 mg vitamin C (memenuhi 17% kebutuhan harian) dan 2,1 mg vitamin E (memenuhi 10% kebutuhan).

Kandungan vitamin B6 dalam 100 gram buah alpukat segar mencapai 0,3 mg atau 13% dari kebutuhan harian kita. Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pre-menstruasi yang umumnya diderita wanita setiap bulan, juga membantu tubuh untuk mensintesis asam amino non esensial serta produksi sel darah merah.

Alpukat termasuk sumber vitamin K yang baik, dengan kandungan mencapai 21 mcg atau memasok 26% kebutuhan vitamin K sehari kita.

Alpukat memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya alpukat, apokat atau avokad. Banyak manfaat dari alpukat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna coklat pada produk dari bahan kulit. Dan daging buahnya yang lezat diyakini khasiatnya terhadap kesehatan dan kecantikan karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Sehat & Cantikdengan

Alpukat Alpukat

Page 13: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Vitamin K penting untuk sintesis beberapa protein termasuk dalam pembekuan darah, juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang.

Folat merupakan koenzim penting dalam sintesa sel-sel baru. Dan setiap 100 gram buah alpukat segar mengandung 81 mcg atau memenuhi 20% kebutuhan folat sehari. Selain itu, Kandungan asam pantotenatnya mencapai 1,4 mg (memenuhi 14% kebutuhan) dalam tiap 100 gram buahnya yang berperan dalam metabolisme sebagai bagian dari koenzim A yang berperan untuk membawa molekul dalam proses pemecahan glukosa, asam lemak dan metabolisme energi.

Dalam 100 gram buah alpukat segar mengandung 1,7 mg (memenuhi 9% kebutuhan) niasin (vitamin B3). Niasin memiliki keunikan di antara vitamin B karena tubuh dapat membentuknya dari asam amino triptofan. Niasin juga membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan.

Riboflavin (vitamin B2)membantu enzim untuk menghasilkan energi dari nutrisi penting untuk tubuh manusia, di mana kandungannya dalam 100 gram alpukat mencapai 0,1 mg (me-menuhi 8% kebutuhan harian kita).

Kaya MineralAlpukat adalah sumber potasium (kalium) yang baik, yang berfungsi membantu mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Kandungannya dalam 100 gram alpukat segar adalah 485 mg (memenuhi 14% kebutuhan).

Zat besi dan tembaga diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia. Dan dalam tiap 100 gram buah alpukat mengandung 0,5 mg besi (3% kebutuhan) dan 0,2 mg tembaga (9% kebutuhan).

Alpukat juga kaya akan mineral mangan dan seng yang bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga. Kandungan mangan dalam tiap 100 gram alpukat adalah 0,1 mg (7% kebutuhan) dan mengandung 0,6 mg seng (memenuhi 4% kebutuhan seng sehari).

Dalam 100 gram alpukat juga mengandung 29 mg magnesium (memenuhi 7% kebutuhan) untuk memberikan kesehatan dan menguatkan tulang dan sendi. Tiap 100 gram alpukat juga mengandung

52 mg fosfor (memenuhi 5% kebutuhan fosfor kita sehari) yang fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi dan untuk sintesa DNA.

Berbeda dari kebanyakan buah, alpukat mengandung gula buah atau fruktosa dalam jumlah kecil, tapi serat selulose yang melimpah. Serat ini baik juga untuk mengendalikan kadar gula darah. Dan di tiap 100 gram buah alpukat segar mengandung 6,7 gram serat (memenuhi 27% kebutuhan).

Alpukat memang mengandung lemak yang cukup tinggi, namun dalam bentuk lemak tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Kandungan asam lemak Omega 3 dalam 100 gram alpukat mencapai 110 mg dan 1689 mg asam lemak Omega 6.

Kaya Serat

Kaya Lemak Baik

Tips Memilih Alpukat:Sebaiknya jangan menilai kematangan buah alpukat dari warna kulitnya, karena buah alpukat yang berwarna lebih tua atau kecoklatan, belum tentu sudah matang. Cobalah tekan sedikit buah alpukat itu. Jika lebih lunak berarti sudah matang.

Sekarang Anda tahu, bahwa dengan menikmati kelezatan buah alpukat, kita juga akan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Dan sebaiknya kita menyantap buah alpukat segar tanpa dimasak agar zat gizi dan senyawa fitokimiawinya menjadi tetap utuh. Namun tetap harus diingat bahwa alpukat mengandung cukup banyak lemak yang bisa membuat berat badan tubuh kian bertambah, jadi konsumsilah secukupnya dan nikmatilah manfaatnya.

Diana

Alpukat Segar

Page 14: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

dr. Jeffry Beta TenggaraChief ResidenIlmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM

Hea

lth F

ile

WasirSi kecil yang sangat menganggu

Stage 2: mulai muncul benjolan namun bisa hilang atau kempes sendiriStage 3: benjolan muncul namun masih bisa ditekan masuk kedalam secara manualStage 4: benjolan sudah menetap dan tidak dapat masuk lagi

Pengobatan wasir dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu perubahan pola makan dan intervensi dari dokter.

Pada wasir tahap awal, tujuan utama adalah untuk mencegah tidak terjadi

Jadi bagaimana mengobati wasir ini?

Perubahan Pola Makan

Sering kita lihat atau mungkin alami sendiri kondisi wasir. Wasir atau dalam bahasa

medis disebut hemorrhoid adalah kondisi yang ditandai

dengan pembengkakan pembuluh darah vena di

sekitar anus sehingga Nampak seperti benjolan di area

tersebut dan meneteskan darah terutama saat buang air

besar (BAB).

Wasir akan makin berat apabila ada tekanan dari rongga perut terutama saat

BAB hingga mengakibatkan pembengkakan

wasir makin berat.

Page 15: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Sumber : http://www.manchesterhaemorrhoidcentre.co.uk/exports/slide_grading.jpg

perburukan stage dari wasir itu sendiri. Wasir akan makin berat apabila ada tekanan dari rongga perut terutama saat BAB hingga mengakibatkan pembengkakan wasir makin berat.

Makanan yang tinggi serat baik larut atau tidak larut dibutuhkan untuk mempermudah pasase kotoran di usus sehingga mudah dikeluarkan tanpa mengedan. Hal lain yang dapat dilakukan sendiri adalah dengan berendam air hangat (bukan air panas) saat mandi dengan tujuan untuk relaksasi dari pembuluh darah di area tersebut dan kemudia diikuti dengan kompres dingin untuk menekan reaksi radang.

Intervensi medis dibagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu tindakan invasif seperti operasi dan tindakan non-invasif yaitu dengan obat-obatan.

Pemberian obat akan membantu untuk wasir stage awal berupa cream untuk meredakan reaksi radang, pelicin untuk mempermudah aliran kotoran sehingga tidak perlu mengedan. Namun obat-obatan tidak cukup untuk digunakan pada wasir stage 3-4 sehingga dibutuhkan tindakan yang bersifat invasif.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, terdapat 2 jenis wasir, yaitu wasir

Intervensi Medis

dalam dan luar (hal ini ditentukan oleh dokter Anda). Pada wasir dalam yang belum menonjol, dapat dilakukan penyuntikan skleroterapi oleh dokter internis Anda. Namun pada wasir

dalam yang sudah menonjol keluar dan wasir luar, maka tindakan operasi oleh dokter bedah merupakan suatu keharusan.

Makanan yang tinggi serat baik larut atau

tidak larut dibutuhkan untuk mempermudah pasase kotoran di usus

sehingga mudah dikeluarkan tanpa

mengedan.

Page 16: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 17: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Rahasia Rahasia Ratakan Perut Ratakan Perut

dalam Waktu Singkatdalam Waktu Singkatmengkonsumsi Prostar Whey Protein yang mengandung 81% protein per serving gabungan dari whey protei isolate dan concentrate serta rendah karbohidrat dan lemak untuk membantu mencukupi kebutuhan protein Anda sehari-hari. Ingat, dengan aktif latihan maka Anda butuh asupan protein lebih banyak pula. Prostar Whey Protein bisa Anda minum kapan saja 2-4 serving sehari atau sebelum dan sesudah latihan.

Sedangkan untuk membantu membakar lemak Anda, konsumsilah Ultra Ripped Fast Acting Formula. Mengandung bahan-bahan alami untuk membantu membakar lemak tubuh Anda secara thermogenik, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan energi dan stamina. Konsumsilah 1-2 kapsul di pagi atau sore hari atau sebelum latihan.

Selamat berlatih dan dapatkan segera bentuk perut ideal Anda yang rata dan menarik!

Jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan dan

meratakan perut buncit berlemak dalam waktu singkat, maka 4 tips

ampuh berikut ini adalah rahasianya. Namun, waktu singkat

ini jangan diasumsikan dalam hitungan hari, karena tidak ada hasil yang instan. Terapkan tips

berikut ini untuk hasil yang optimal.

Aan

Mo

de

l : Ad

ele

ne

& K

om

ara

Latihan beban dahulu, latihankardio kemudian

Jika lemak perut Anda sudah cukup berkurang, gabungkan latihan beban dan latihan kardio dengan urutan yang benar. Latihan beban terlebih dahulu baru kemudian diakhiri latihan kardio. Bukan sebaliknya! Begitu tiba di gym, setelah pemanasan singkat, lakukan latihan beban selama 30-45 menit untuk membakar kalori dan karbohidrat. Setelah itu, barulah akhiri dengan latihan kardio selama 15-45 menit dengan target detak jantung pada level 65%. Cukup jalan cepat saja, bukan berlari.

Konsumsi suplemen bertujuan untuk mempercepat meraih target pembakaran lemak perut, bukan sebagai obat dengan hasil instan tanpa berolahraga! Anda bisa

Bantu percepat dengan suplemen

Pahami konsepnya : gabungkan latihan beban dan kardio jenis HIIT

Konsep yang benar untuk membakar lemak perut Anda adalah dengan kombinasi latihan beban dan dan latihan kardio. Ingat, pembakaran lemak di perut tidak akan berhasil jika hanya latihan otot perut saja. Harus latihan bagian tubuh secara merata termasuk otot-otot besar seperti kaki, punggung, dada, dan bahu. Latihan perut akan membantu kekuatan otot, sedangkan latihan beban akan membentuk otot. Lakukan banyak repetisi untuk latihan perut dan lakukan 6-12 repetisi untuk bagian otot lain.

Namun jika lemak perut Anda berlebihan, disarankan untuk “membakarnya” terlebih dahulu dengan latihan kardio metode High Intensity Interval Training (HIIT). HIIT adalah metode berlatih yang menggabungkan latihan berintensitas tinggi dan sedang dalam beberapa interval. Contoh paling mudah adalah jalan cepat 1 menit disusul lari sprint 30 detik lalu jalan cepat 1 menit lagi disusul lari sprint 30 detik lagi dan seterusnya. Total waktunya antara 15-30 menit saja. Jika Anda menggunakan treadmill, lakukan cara yang sama namun ubah elevasi treadmill menjadi posisi mendaki saat lari sprint. Tidak harus lari sprint, Anda bisa memilih berbagai latihan kardio yang Anda sukai asalkan ada unsur gabungan hentakan gerakan berintensitas tinggi dan sedang misalnya bersepeda atau berenang selain lari sprint.

Selain menghindari makanan berlemak dan goreng-gorengan, hindari pula makanan manis dan karbohidrat sederhana seperti nasi, kentang, biskuit, wafer, es krim, soda, sirup dan sejenisnya. Lebih baik konsumsi karbohidrat tinggi serat seperti oatmeal, berbagai sayuran dan buah-buahan. Sebaliknya, tambahlah konsumsi makanan berprotein tinggi seperti misalnya daging (sapi atau ayam), ikan, putih telur, tempe, dan tahu. Ingat, jangan digoreng. Masaklah dengan direbus, dipanggang, atau dibakar.

Diet kurangi konsumsi karbohidrat, sebaliknya tambah konsumsi protein

Tip

s

Page 18: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Tip

s

adi, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi bukanlah sesuatu hal yang sulit bukan? Lakukan tips di atas dan berhentilah menjadi “burung hantu” dan Jberalihlah menjadi “ayam jantan” yang siap berkokok di pagi hari!

& Bangun Lebih PagiApakah Anda mengalami gangguan tidur? Apakah Anda ingin tidur lebih awal dan lebih nyenyak kemudian bangun lebih pagi dan memulai hari dengan badan dan pikiran yang segar dan bersemangat? Untuk itu, cobalah tips berikut!

1. Buatlah Rutinitas TidurMulailah tidur teratur pada jam yang sama dan berikan tubuh Anda waktu beristirahat dan bersantai, selama minimal 8 jam sebelum alarm Anda berdering kencang esok paginya. Mungkin Anda bisa mengawali tidur Anda dengan ritual seperti mandi air hangat, minum secangkir teh chamomile serta menyembunyikan tubuh Anda di bawah selimut sambil membaca atau menulis buku harian.

8 Tips Tidur Lebih Nyenyak

3. Matikan TV dan KomputerTelevisi dan internet akan membuat kita tidur lebih larut. Jadi jangan menonton TV di tempat tidur dan berhentilah surfing di internet jauh sebelum jam tidur Anda tiba.

2. Stop Kafein Jauh Sebelum Jam Tidur Anda

Jika Anda suka minum kopi, gantikan kopi Anda ke kopi decaffeinate dan

konsumsilah maksimal jam 4 sore atau sebelumnya.

6. Konsumsi Snack Sebelum TidurMakan berat sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda dan membuat lebih sulit bagi Anda untuk bangun di pagi hari. Konsumsi snack malam Anda dengan menu ringan seperti susu hangat, buah dan salad atau sup sayuran.

4. Buka TiraiSalah satu cara paling efektif untuk segera bangkit dari tempat tidur adalah dengan membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar Anda. Alasan praktis dari hal ini adalah sulit untuk tidur dengan silaunya mata Anda akibat sinar matahari.

5. Kenali Motivasi AndaApakah Anda ingin datang ke tempat kerja tanpa terlambat lagi? Apakah Anda ingin memiliki waktu untuk mencatat daftar belanjaan di pagi hari sebelum anak-anak Anda bangun? Pikirkan tentang motivasi Anda untuk bangun lebih awal dan tuliskan alasannya.

7. Buatlah Janji di Pagi HariJadwalkan latihan di gym, bertemu teman ataupun periksa gigi di pagi hari. Hal ini membuat Anda wajib bangun lebih awal tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang lain karena Anda harus bertanggung jawab pada jadwal janji Anda.

8. Berikan Diri Anda InsentifJika Anda adalah tipe orang yang menanggapi

positif terhadap imbalan untuk setiap pekerjaan yang dilakukan, maka ini sangat penting. Hal ini

sangat sederhana tapi setelah Anda berusaha keras untuk bangun dari tempat tidur yang

nyaman lebih awal dari biasanya, beri sedikit hadiah untuk diri Anda.

Page 19: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Tip

sWorkout Guide Series

Shoulder Weight Training

Bent Over Lateral Raise

Front Barbell Raise

Tahapan Pelaksanaan:

Posisi berdiri dengan punggung tegak dan tubuh sedikit condong ke depanKaki dibuka selebar bahu dengan sudut lutut sedikit ditekukPosisi lengan memegang dumbbell di bawah dengan siku sedikit ditekukTelapak tangan menghadap ke dalamGerakkan Lengan ke samping membentuk setengah lingkaran dengan siku tetap sedikit ditekuk (sudut tidak berubah)Posisi siku tidak lebih tinggi dari bahuTarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat mengangkat beban

Tahapan Pelaksanaan:

Posisi tubuh berdiri, punggung tegakdengan kaki sejajar bahuPosisi kaki maju satuTangan lurus memegang stang barbell sejajar bahu di bawahGerakkan Stang barbell ke atas hingga lengan parallel dengan bahuTarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat mengangkat beban

Mo

de

l : Ke

tut ; L

oka

si : Atla

s Fitn

ess C

en

ter M

ala

ng

Mo

de

l : Jam

es A

ba

nith

; Lo

kasi : A

tlas F

itne

ss Ce

nte

r Ma

lan

g

Page 20: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

SUPPLEMENTS

An a sed n da a ro r m d a g l m p g a

l Ingi en mb h b rat

bu king? n m a a e

ba a e l gus to a g ad n s ka i o t y n y ng

esar, a a e n ? U k i

b p dat d n k ri g ntu tu

d p rl ka u l me s y n

i e u n s p e nta i a g

te . u a nlah s e

pat G n ka Mu cl Juice

l ti n d n Kre Al lyn y n

Revo u o a - ka , a g

ru a a ko bina i u l me

me p k n m s s p e n

y n s mp rn ntu m mb ntu

a g e u a u k e a

m be k ot t y ng n em ntu o a A da

n inka s ta ngo m l n

i g n er me pti a ka

pr m b l n An aogra u ki g d .

Page 21: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

SUPPLEMENTSManfaat yang Anda Dapatkan dari Kombinasi Muscle Juice Revolution dan Kre-Alkalyn:

Memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan massa otot Anda yang optimalMembantu meningkatkan performa latihan dengan menjaga stamina dan power Anda ketika berlatihMencegah Anda dari penyusutan otot serta membantu meningkatkan volume otot Anda secara signifikanMembantu Anda mendapatkan perkembangan otot yang padat dan keringMerupakan kombinasi terbaik untuk membantu mengoptimalkan program bulking Anda

Pemakaian Kombinasi: Pagi : 1 - 2 scoop MJ RevoSebelum Latihan : 1 - 2 scoop MJ Revo + 2 kapsul Kre-AlkalynSetelah Latihan : 1 - 2 scoop MJ Revo

Mo

de

l : Irwa

n E

de

n ; L

oka

si : Tirta

mu

lya H

ea

lthy C

en

ter, C

ima

hi

Page 22: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

i zaman sekarang ini tidak sedikit dari kita yang terjebak dalam aktivitas D

rutin harian kita hingga tanpa disadari, kita jatuh dalam kelelahan yang bertumpuk-tumpuk dan ketika ini berkelanjutan dari waktu ke waktu, dapat mengakibatkan banyak hal negatif, seperti ketika kita sering meluapkan emosi dengan cara mengkonsumsi alkohol, merokok, atau makan berlebihan hingga sampai terjadinya gangguan saraf. Namun cara terbaik untuk menghindari semua itu adalah pencegahan dan mulai tingkatkan stamina. Anda bisa mulai dengan 5 tips berikut:

5 Langkah Tingkatkan Stamina dan Kebugaran

Apakah Anda terjebak dalam rutinitas dalam aktivitas harian Anda yang super padat hingga tak dapat meluangkan waktu untuk beristirahat? Ada yang bilang, bahwa jika Anda tidak beristirahat cukup dan teratur, Anda akan mati lebih cepat akibat kelelahan yang sangat. Berikut adalah 5 langkah untuk mengurangi stress sekaligus meningkatkan stamina dan kebugaran Anda.

2. Konsumsi Antioksidan Untuk Efek Menenangkan dan MeremajakanBerbagai buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan flavonoid telah terbukti meningkatkan daya tahan tubuh karena sifat antioksidannya. Hal ini dianggap sebagai penambah stamina yang baik untuk meningkatkan ketahanan dan konsentrasi fisik dan mental, sementara pada saat yang sama juga menenangkan saraf. Berbagai buah seperti buah berry merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mencoba bahan-bahan herbal yang akan menyediakan energi yang melimpah, memfokuskan pikiran dan meminimalkan stres.

1. Memulihkan Diri Dengan TidurKetika Anda tidur siang, Anda berada dalam kondisi yang baik. Albert Einstein, Winston Churchill, dan Thomas Edison, semua adalah penggemar tidur. Apa yang mereka tahu adalah bahwa tidur siang benar-benar bisa meningkatkan efektivitas mereka. Penelitian telah menemukan bahwa beberapa manfaat tidur termasuk meningkatkan fungsi kognitif atau daya pikir, produkstivitas yang lebih baik, menghilangkan stres, dan kesehatan lebih baik secara keseluruhan. Pastikan Anda tidur siang selama 30 menit atau di kurang, karena tidur lebih lama lagi akan membuat Anda masuk ke tahap tidur yang lebih dalam, sehingga sulit untuk bangun.

Jika Anda hanya memiliki 5 menit luang, tutuplah mata dan pijat lembut kening Anda. Beristirahat sejenak bahkan dapat mengurangi stres dan membantu Anda lebih rileks, meningkatkan stamina yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan semua aktivitas seharian Anda.

Cara tercepat untuk meningkatkan stamina dan kebugaran adalah dengan memulai berlatih meditasi selama 15-20 menit setiap hari. Apa pun jenis latihan yang Anda lakukan, sebaiknya Anda melakukannya setiap hari. Anda bisa juga melakukan meditasi dengan bantuan panduan dari CD ataupun dari internet.

Page 23: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Semoga artikel ini akan membantu Anda keluar dari rutinitas dan meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh Anda! Ikuti tips di atas dan dapatkan hidup yang sehat, aktif dan tentu saja, bahagia!

5. Ambil Waktu Sejenak Untuk Menjauh Dari Teknologi

Otak Anda, seperti komputer, dapat menangani banyak informasi pada saat bersamaan. Membuat tubuh dan pikiran Anda bekerja terlalu keras adalah kunci pemicu stress. Untuk mengevaluasi jika Anda bekerja terlalu keras, Anda dapat memeriksa semua yang Anda lakukan setiap hari. Apakah Anda harus menonton berita di TV atau membacanya di internet, dan juga memeriksa ratusan email setiap harinya? Informasi yang sangat banyak ini juga bisa jadi sangat berbahaya terutama ketika Anda sudah mulai menginjak usia paruh baya karena mulai memiliki sedikit toleransi untuk stress, yang dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Cobalah untuk mengambil satu hari penuh untuk bebas dari teknologi. Matikan TV, batasi waktu memeriksa email Anda dan matikan telepon atau handphone Anda. Bahkan dengan libur setengah hari pun sudah akan mengurangi stres dan menjaga stamina Anda.

4. Buat Suasana Tenang Di RumahDalam keseharian kita yang sibuk, ada juga waktu Anda merasa sangat lelah ketika Anda berada di rumah. Berilah diri Anda waktu selama 20 30 menit pertama ketika Anda tiba di rumah. Jangan langsung menghadap komputer dan memeriksa email Anda. Beri diri Anda waktu sebelum Anda mulai mengerjakan pekerjaan rumah Anda seperti memasak atau membersihkan rumah. Apa yang akan Anda lakukan selama waktu tersebut? Tenangkan diri Anda untuk membantu Anda mengembalikan stamina, seperti mendengarkan musik di kamar Anda, mandi untuk menyegarkan diri, atau berjalan cepat mengelilingi kompleks perumahan Anda. Istirahat ini akan melindungi Anda dari stres akibat melompat dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya. Anda akan menemukan bahwa mood Anda akan membaik, stamina Anda akan meningkat, dan Anda akan lebih bahagia menghabiskan waktu dengan keluarga Anda di rumah.

3. Lepaskan Ketegangan Dengan Aliran Darah yang Lancar

Tekanan konstan dari beban pekerjaan Anda dan bsia juga dari keluarga Anda dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol, yang merupakan penyebab langsung sakit otot dan sendi. Apakah Anda mengalami sakit punggung dan nyeri leher? Itu semua dapat merupakan manifestasi stres dalam tubuh Anda. Anda dapat melepaskan ketegangan fisik dan emosional dengan olahraga teratur, terapi pijat, yoga, tai chi atau kegiatan yang membuat energi dan aliran darah Anda mengalir dengan lancar.

Untuk mengurangi stress yang tinggi, tariklah nafas yang dalam selama 5 menit sebelum latihan. Sedangkan ketika berolahraga, perlambatlah nafas Anda dengan menghitung sampai sepuluh untuk masing-masing tarikan nafas. Ketika Anda mengeluarkan nafas dan lepaskan semua kekhawatiran dan pikiran negatif. Setelah 5 menit, Anda akan segera mengalami relaksasi lebih dalam.

Diana

Page 24: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Gym

Pro

file

s

TigerPondok Cabe

Fitness Club

Aan

Master GymFitness & Aerobic

Klender, Jakarta Timur

Aan

aru saja launching resmi tanggal 20 Maret 2010 yang lalu, Tiger Fitness Club sudah ikut meramaikan dunia fitnes. Terbukti baru sebulan saja, sudah sekitar 100 orang member B

yang bergabung. Hal tersebut karena owner Tiger Fitness Club yaitu Anto Reog sudah berpengalaman di dunia fitnes. Anto Reog juga dikenal aktif di pengembangan seni dan budaya terutama Reog Ponorogo. Tarif menjadi member Tiger Fitness Club juga sangat terjangkau yaitu hanya 50 ribu rupiah/bulan saja. Atau kalau ingin mencoba dulu, Anda cukup membayar 5 ribu rupiah saja untuk sekali latihan fitnes sepuasnya.

Tiger Fitness Club yang hadir di tengah-tengah perkampungan Pondok Cabe ini memiliki peralatan fitnes yang lengkap termasuk alat-alat kardio. Tersedia juga berbagai aksesoris dan suplemen fitnes. Jadi seperti mottonya: “Segera bentuk tubuh Anda menjadi sehat, kuat dan indah”, segera kunjungi Tiger Fitness Club di Jl. Lombok RT. 06/07 No. 61 Pondok Cabe Ilir (belakang Masjid Agung Al-Ikhlas, masuk via Pondok Cabe I) yang buka setiap hari dari jam 08:00-23:00 non stop tanpa libur. Untuk informasi hubungi nomor telepon 081318539442.

aerah Klender, Jakarta Timur terutama di sekitar Rusun Klender memang merupakan tempat yang cukup ramai. Karena sangatlah tepat jika Bp. H. Nellys Sukidi D

mendirikan Master Gym Fitness & Aerobic. Kini, sudah sekitar 400 orang member aktif fitnes dan aerobik setiap bulannya. Anda bisa menikmati fasilitas ruangan fitnes ber-AC dengan peralatan yang lengkap termasuk alat-alat kardio di lantai dasar. Ruang ganti, kamar mandi, loker, dan berbagai aksesoris dan suplemen fitnes juga tersedia di lantai dasar. Sementara yang ingin berlatih aerobik dan body language bisa naik ke ruangan ber-AC di lantai atas. Setelah fitnes atau aerobik, Anda bisa beristirahat santai di café yang tersedia di halaman.

Didit, selaku pengelola Master Gym, siap menerima member baru dengan tarif bulanan fitnes hanya 75 ribu rupiah (umum), 65 ribu rupiah (pelajar), aerobik 90 ribu rupiah, dan body language 135 ribu rupiah. Tersedia juga paket pelajar hanya 10 ribu rupiah setiap hari jam 11:00-15:00. Dengan moto: “Jadikan tubuh sehat dan ideal”, segera daftarkan diri Anda di Master Gym Fitness & Aerobic di Jl. Teratai Putih Raya Blok 19 No. 4, Perumnas Klender, Jakarta Timur, telepon (021) 8610460 atau 97268189. Buka setiap hari jam 07:30-22:00.

Page 25: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 26: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

EVENTS

BODY CONTEST HUNTING 2010Palembang

etset Fitness Palembang kembali memberikan kesempatan kepada Jpara fitness mania pecinta body

contest di kota Palembang dengan menyelenggarakan event Body Contest Hunting 2010. Kontes ini diadakan pada hari Jumat, 19 Maret 2010 yang lalu di Hotel Classie Palembang. Dibuka pukul 10 pagi oleh MC yang memberi pengarahan dan sistem penjurian. Pukul 11 dimulailah tahap seleksi awal dengan 5 peserta pertama tampil ke atas panggung dan terus berikutnya sampai semua perserta melakukan pose wajib (front double biceps, side chest, side triceps, back double biceps, abdominal and thighs, dan most muscular). Berakhir mendapatkan 10 finalis, acara dilanjutkan dengan hiburan para dancer dan dilanjutkan games serta door prize untuk penonton dan suporter yang hadir.

Usai break makan siang dan sholat Jum'at, dimulailah babak final dimana 10 finalis diminta berpose bebas dan pose wajib yang diarahkan oleh MC. Setelah penilaian ketat, akhirnya Alfrie dari Palembang berhasil merebut juara pertama. Juri juga memilih peraih the best six pack dan the best performance. Body Contest Hunting 2010 yang diselenggarakan oleh Jetset Fitness Palembang ini merupakan kontes dengan hadiah terbesar khusus untuk daerah Palembang. Selain mendapat trofi, Juara I berhak atas uang tunai Rp. 1.200.000,-, Juara II : Rp. 800.000,-, dan Juara III : Rp. 500.000,-, serta masih banyak hadiah suvenir menarik dari para sponsor yang berpartisipasi dalam event ini. Selamat untuk para pemenang dan sukses selalu untuk Jetset Fitness Palembang.

JETSET FITNESS

Daftar Juara :Juara I : Alfrie (Palembang)Juara II : Anggi (Lampung)Juara III : Derwin (Palembang)The Best Six Pack : Jay (Palembang)The Best Performance : Anggi (Lampung)

Wilyanto Lung

Page 27: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

EVENTS

Kapuas

Kapuas Body Contest 2010

ada hari Sabtu, 27 Maret 2010, bertempat di Gedung Kesenian PGandang Garantung, Kapuas,

Kalimantan Selatan, digelar sebuah event akbar bertajuk Kapuas Body Contest 2010. Event yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Kapuas ke-204 dan HUT Kabupaten Kapuas ke-59 ini digelar oleh Donaraga Fitness Kapuas.

Kejuaraan ini diikuti oleh 99 peserta dan setelah melalui proses seleksi, akhirnya diperoleh 3 juara dan 9 juara harapan, dimana Shodikin dari Banjarmasin keluar sebagai juara pertama. Dan untuk menambah kemeriahan acara ini, sebelum pengumuman pemenang, semua yang hadir dalam acara ini dihibur oleh atraksi DJ Bob, Dancer, Fashion serta yang ditunggu-tunggu yaitu penampilan Guest Pose dari Team Ultimate Nutrition Banjarmasin, M. Anshari dan Ridani.

Penyerahan hadiah berupa uang pembinaan, tropi serta piagam penghargaan diserahkan oleh Bp. Antoni Rahman ST., mewakili agen Ultimate Nutrition Banjarmasin bersama dengan Kadispora Kabupaten Kapuas, Bp. Edy Lukman Hakim. Dalam event ini, panitia bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung suksesnya acara, antara lain Bapak Kadispora, Polda Kalsel, Donaraga Fitness, Hotel Walet Mas, dan Hotel Danau Mare, dan seluruh pengisi. Selamat kepada semua pemenang dan pihak penyelenggara.

Daftar Juara :Juara I : Shodikin (Busso Fitness Banjarmasin)Juara II : Dayat Bule Cabanas (Rattan Inn

Banjarmasin)Juara III : Gatot (Rattan Inn Banjarmasin)Harapan I: Andi Saputra (Sheila Banjarmasin)Harapan II: Riza Fahlevi (Power Gym

Banjarmasin)

Diana

DONARAGA FITNESS

Page 28: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

EVENTS

udah menjadi kebiasaan di Bumi Rafllesia, Bengkulu, sebelum menggelar suatu S

acara, diadakan arak-arakan keliling kota. Begitu juga dengan kejuaraan Star Fitness Open Tournament se-Sumatera yang diadakan oleh Star Fitness & Dessy Studio Bengkulu ini. Untuk memperkenalkan jenis olahraga dan menarik simpati masyarakat diadakanlah arak-arakan berkeliling kota Bengkulu yang menampilkan atlet binaraga nasional yaitu Irwan Eden dan Taat Pribadi serta Jinot dan Vicky Burky dari cabang aerobik.

Sabtunya, 27 Maret 2010 bertempat di Ballroom Grage Horizon Hotel Bengkulu, para peserta yang datang dari berbagai penjuru provinsi di Sumatera berbondong-bondong mendaftarkan diri. Esoknya, barulah digelar kejuaraan Binaraga Pemula Dibawah 65 Kg, Binaraga Pemula Diatas 65 Kg, Kejuaraan Body Fitness se-Sumatera, Kejuaraan Body Contest se Bengkulu, dan Aerobic Competition.

“Kami sengaja mengusung tema “Berani Tampil Baru Luar Biasa” untuk menggugah para atlet daerah yang masih malu-malu padahal berpotensi sangat besar,” ungkap Ibu Dessy yang merupakan pimpinan Dessy Studio dan Star Fitness Bengkulu. Selaras dengan hal itu, Ketua Pengcab PABBSI Kota Bengkulu, Bapak Irwan Ali menyampaikan, potensi Bengkulu untuk menyelenggarakan event binaraga tingkat nasional sangat besar karena animo masyarakat sangat mendukung. Posisi Bengkulu juga tidak terlalu jauh dari Jakarta, sarana dan prasarana memadai, dan para peserta maupun penonton bisa sekalian berwisata di berbagai objek wisata menarik seperti Pantai Panjang, Pulau Enggano, Danau Dendam Tak Sudah, Benteng Marlborough, Pusat Latihan Gajah Seblat dan lain lain. Selamat untuk para pemenang dan Star Fitness & Dessy Studio Bengkulu.

Star Fitness Open Tour

Wayan

Page 29: Sportindo Com - The Magz Mei 2010

Bengkulu

nament Se-SumateraDaftar Juara :

Binaraga Pemula Dibawah 65 Kg :

Binaraga Pemula Diatas 65 Kg :

Body Fitness :

Body Contest :

Juara I : Ming (Team Champion, Palembang)Juara II : Hapid Irianto (Sumatera Selatan)Juara III : M. Arian (Aditya Gym, Curup)Juara IV : Totok (Star Fitness, Bengkulu)Juara V : Mihar (Star Fitness, Bengkulu)

Juara I : Wiliyanto (Team Champion, Palembang)Juara II : Angie (Ides Lampung)Juara III : M. Zaidan (Tegar 88, Bengkulu)Juara IV : Efriadi (Tegar 88, Bengkulu)Juara V : Dase Sebarnas (Aditya Gym, Curup)

Juara I : Wiliyanto (Team Champion, Palembang)Juara II : Angie (Ides Lampung)Juara III : M. Zaidan (Sumatera Selatan)Juara IV : M. Arian (Aditya Gym, Curup)Juara V : Putra Mas Wigoro (Curup)Juara VI : Totok (Star Fitness, Bengkulu)

Juara I : Putra Mas Wigoro (Curup)Juara II : David (City Gym, Bengkulu)Juara III : Yang (Aditya Gym, Curup)Juara IV : David Koto (Star Fitness, Bengkulu)Juara V : Firman (Iqbal Gym Manna)Juara VI : Abdul Halim (Tegar 88, Bengkulu)

Page 30: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 31: Sportindo Com - The Magz Mei 2010
Page 32: Sportindo Com - The Magz Mei 2010