hemodialisis dan intoksikasi alkohol

Click here to load reader

Post on 30-Jan-2016

331 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • HEMODIALISIS PADA INTOKSIKASI ALKOHOL

    dr Niarna Lusi SpPDBag.Penyakit Dalam RS PKU MuhammadiyahYogyakarta

  • Manifestasi Klinis :berkaitan dg :Interval waktu menelan Kecepatan penanganan dengan bikarbonat dan etanol Tingkat asidosis Kesiapan unit hemodialisis (Pappas, SC, Silverman M. 1982 )

  • Manifestasi KlinisAwal : ganguan saluran cerna : sakit perut, mual, munta-muntah Lanjut, depresi susunan syaraf pusat : sakit kepala, pusing,sakit otot, lemah, kehilangan kesadaran dan kejang-kejang ini berlangsung selama 12 24 jam.Jika tidak segera mendapat pertolongan yang tepat akan terjadi : Kerusakan syaraf optik (dilatasi pupil, penglihatan menjadi kabur, kebutaan permanen)

  • Manifestasi klinikAsidosis metabolik dengan gejala : mual, muntah, pernafasan lebih dalam dan cepat, tekanan darah menurun, syok kemudian koma dan akhirnya meninggalTingkat morbiditas dan mortalitas sangat tinggi meskipun sudah dengan perawatan intensif

  • Temuan otopsi org meninggal keracunan metanol meliputi edema serebral, infiltrasi lemak hati dan perdarahan akut pancreatitis, demyelinization saraf optik Orthner (1987) melaporkan bahwa sepertiga dari 124 pasien dengan keracunan metanol memiliki bukti terjadinya nekrosis putamen terutama terjadi pada kasus fatal.

  • Metabolisme metanolmetanol akan dimetabolisme di liver oleh enzim Alkohol Dehidrogenase ( DHA ) menjadi formaldehide selanjutnya oleh enzim Formaldehide dehidrogenase ( FDH ) diubah menjadi asam format.Kedua hasil metabolisme tersebut merupakan zat beracun bagi tubuh terutama asam format.

  • Asam FormatAsam format/asam formiat/asam metanoatsecara alami antara lain terdapat pada sengatlebahdansemut, sehingga dikenal pula sebagaiasam semutRumus kimia HCOOH atau CH2O2.Bahaya utama : korosif, iritatif, sensitezer

  • FormaldehidDaftar kegunaan formalinPengawetmayatPembasmi lalat dan serangga pengganggu lainnya.Bahan pembuatansutrasintetis,zat pewarna,cermin,kacaPengeras lapisangelatindankertasdalam duniaFotografi.Bahan pembuatanpupukdalam bentukurea.Bahan untuk pembuatan produkparfum.Bahan pengawet produkkosmetikadan pengeraskuku.Pencegahkorosiuntuk sumur minyakDalam konsentrasi yang sangat kecil (kurang dari 1%), Formalin digunakan sebagai pengawet untuk berbagai barangkonsumenseperti pembersih barang rumah tangga, cairan pencucipiring, pelembutkulit, perawatansepatu,shampoomobil,lilin, pasta gigi, dan pembersihkarpet.

  • Iritasi kepaladanmembran mukosa, yang menyebabkan keluarnya air mata, pusing, teggorokan terbakar, serta kegerahan.Pada tubuh manusia formaldehida dikonversi menjadiasam formatyang meningkatkan keasaman darah, menyebabkan napas pendek dan sering,hipotermia, koma, atau kematian.

  • Penatalaksanaan intoksikasi Alkoholpemberian etanol tingkat keracunan secara efektif dpt dikurangi karena memperlambat metabolisme metanol Hemodialisis adalah terapi sangat berguna karena metanol dan metabolitnya memiliki berat molekul rendah shg mudah didialisis.

  • Penatalaksanaan...Interval antara konsumsi dan awal terapi menjadi penentu penting dari kelangsungan hidup. Semakin dini penanganan memungkinkan pasien bertahan hidup. Penanganan lebih awal menurunkan laju metabolisme metanol, sehingga mengurangi tingkat asidosis metabolikkeberhasilan terapi ditentukan jumlah metanol yang telah dimetabolisme sebelum terapi mulai.

  • Poin penting : keberhasilan penanganan keracunan metanol sedini mungkin dan agresif koreksi thd asidosis metabolik. diagnosis asidosis metabolik harus cepat pada pasien dengan dugaan keraacunan terapi etanol mungkin dipertimbangkan

  • pemberian etanol dan hemodialisis akan menghambat jalur metabolisme utama metanol dan etilena glikol (alkohol dehidrogenase), etanol mencegah pembentukan metabolit toksik utama (asam format, asam glikolat dan asam oksalat) (EKINS, B.R., ROLLINS,D.E., 1987)

  • Peran HemodialisisHemodialisis untuk pengobatan keracunan metanol pertama kali dilaporkan pada tahun 1961Gonda (1978) : HD adalah terapi ideal karena metanol memiliki berat molekul rendah, mudah didialisisHemodialisis mampu koreksi asidosis metabolik

  • PENGERTIAN HEMODIALISISHemodialisis berasal dari kata haemo yang berarti darah dan dilisis sendiri merupakan proses pemurnian suatu sistem koloid dari partikel-partikel bermuatan Pada proses digunakan selaput Semipermeabel sebagai dializer. Proses pemisahan ini didasarkan pada perbedaan laju transport partikel.

  • FUNGSI HEMODIALISAHemodialisis berfungsi membuang produk-produk sisa metabolisme seperti potassium/K dan urea dari darah dengan menggunakan mesin dialiser.

  • PRINSIP KERJA MESIN HEMODIALISAPrinsip dari Hemodialisis adalah proses osmotis dan ultrafiltrasi pada ginjal buatan, dalam membuang sisa-sisa metabolisme tubuhdarah dipompa keluar dari tubuh lalu masuk kedalam mesin dialiser ( yang berfungsi sebagai ginjal buatan ) untuk dibersihkan dari zat-zat racun melalui proses difusi dan ultrafiltrasi oleh cairan khusus untuk dialisis (dialisat)

  • Hemodialisis

  • SKEMA PROSES HEMODIALISIS

  • HEMODIALISISDarah pasien dipompa ke dalam kompartemen darah dializer. Dializer adalah fiber sintetis yang berlobang/pori pori sebagai tempat ultrafiltrasi.Cairan dialisat mengalir di luar dializer dg arah yang berlawanan.Ultrafiltrasi terjadi dg cara meningkatkan tekanan hidrostatik darah melintasi membran, dan menerapkan tekanan negatip pada dialisat menyebabkan air dan zat zat terlarut berpindah darah ke dialisat

  • Hemodialisis disarankan pada kondisi :asidosis metabolikgangguan visual menelan lebih dari minimum dosis yang fatal (30 ml metanol absolut)Mungkin pasien tidak memiliki salah satu dari indikasi diatas, hemodialisis tetap disarankan

  • Hemodialisis harus dipertimbangkan pada semua kasus keracunan alkohol/metanol meskipun tidak ditemukan asidosis metabolik

  • Tepat waktu HD, bikarbonat, etanol dan terapi suportif dapat menyelamatkan nyawa Hemodialisis (HD) adalah metode tercepat menghapus kedua metabolit asam beracun

  • Dimulainya hemodialisis konvensional, menurunkan ambang konsentrasi lethal metanol serta dapat menyelamatkan nyawa dr keracunan metanol akut (Reza Hekmat , Fariboorz Samini) Studi di Indian (91 sample) melaporkan bahwa kematian yang tinggi pada keracunan metanol, berkaitan dengan keterlambatan pengobatan dan tdk mendapat HD.

  • Rekomendasi dosis HDDosis belum sepakatdialisat bikarbonat lebih tepat, karena semua pasien mengalami asidosis berat dan diperlukan pengganti bikarbonat. dialisat asetat pd intoksikasi alkohol belum diteliti pada pasien dengan asidosis berat, secara teoritis asetat mungkin memperburuk asidosis.

  • laju aliran dialisat harus lebihbesar dari 250 ml / menit waktu dialisis harus panjang, dianjurkan 8 jam jika analisis metanol tidak tersedia. Sebuah studi menggunkan waktu 4-6 jam karena tingginya jumlah pasien (Kute, FB. Godara, S.M. 2012)

  • Dosis HD.....Dialyser ukuran besar, high flux membran untuk menjaga aliran darah tetap tinggi laju aliran darah lebih dari 250 ml / menit Akses vaskuler femoralis atau kateter vena subklavia adalah rute disukaishunt arteriovenosa membutuhkan waktu padahal HD harus dimulai segera, sehingga kurang tepat

  • HD membersihkan 200 mL / menit untuk metanol dan 223 mL / menit untuk as. format pada QB 100-400 mL / menit.Dalisis peritoneal dan terapi penggantian ginjal lain tidak efisien dalam membersihkan alkohol dan metabolitnya dan tidak dianjurkan.

  • Durasi HD dpt dihitung menggunakan rumus:

    (-V ln (5 / A) /0.06 k) V adalah air tubuh total dalam liter A adalah konsentrasi alkohol awal dalam mmol / L k adalah 80% dari dialyzer urea clearance mL / menit pada laju aliran darah yang digunakan

  • Alhamdulillah