umj tv toxpsistem repro smiv 230610

48
Trichomonas vaginalis; Trichomonas vaginalis; Toxoplasma gondid Toxoplasma gondid Oleh Oleh Tjahaja Haerani S Tjahaja Haerani S 250610 250610

Upload: ansyah-edison

Post on 23-Dec-2015

216 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

e

TRANSCRIPT

Trichomonas vaginalis;Trichomonas vaginalis;Toxoplasma gondidToxoplasma gondid

OlehOleh

Tjahaja Haerani STjahaja Haerani S

250610250610

Trichomonas vaginalisTrichomonas vaginalis

Manusia merupakan hospes parasit ini.Manusia merupakan hospes parasit ini.Penyakit: - trikomoniasis vaginaPenyakit: - trikomoniasis vagina - prostatitis pada pria- prostatitis pada pria

Distribusi geografikDistribusi geografik Ditemukan secara kosmopolit, Ditemukan secara kosmopolit, termasuk Indonesiatermasuk Indonesia

MorfologiMorfologi

T.vaginalisT.vaginalis : :

Tidak mempunyai kistaTidak mempunyai kista

Bentuk trofozoit :Bentuk trofozoit :

- berukuran kira-kira 17 mikron- berukuran kira-kira 17 mikron

- mempunyai 4 flagel anterior, - mempunyai 4 flagel anterior,

1 flagel posterior1 flagel posterior

membran bergelombangmembran bergelombang

DAUR HIDUPDAUR HIDUP

Pada wanita tempat hidup parasit ini di Pada wanita tempat hidup parasit ini di vagina dan pada pria di uretra dan prostat.vagina dan pada pria di uretra dan prostat.

Parasit ini hidup di mukosa vagina dengan Parasit ini hidup di mukosa vagina dengan makan bakteri dan leukosit.makan bakteri dan leukosit.

Trichomonas vaginalisTrichomonas vaginalis bergerak dengan bergerak dengan cepat berputar putar diantara sel-sel epitel cepat berputar putar diantara sel-sel epitel dan leukosit dfengan menggerakkan flagel dan leukosit dfengan menggerakkan flagel anterior dan membran bergelombang.anterior dan membran bergelombang.

Daur hidupDaur hidup

Trichomonas berkembang biak secara Trichomonas berkembang biak secara belah pasang longitudinal.belah pasang longitudinal.

Diluar habitat, parasit mati pada suhu Diluar habitat, parasit mati pada suhu 50C, tetapi dapat hidup selama 5 hari 50C, tetapi dapat hidup selama 5 hari pada suhu 0C.pada suhu 0C.

Daur hidupDaur hidup

Pada biakan parasit mati pd pH kurang Pada biakan parasit mati pd pH kurang dari 4,9 ini sebabnya parasit tidak dari 4,9 ini sebabnya parasit tidak dapat hidup di sekret vagina yang dapat hidup di sekret vagina yang asam (ph 3,8-4,4)asam (ph 3,8-4,4)

Parasit ini tidak tahan terhadap Parasit ini tidak tahan terhadap

- desinfektans - desinfektans

- zat pulasan - zat pulasan

- antibiotik.- antibiotik.

Infeksi terjadi secara langsung waktu Infeksi terjadi secara langsung waktu bersetubuh melalui bentuk trofozoit.bersetubuh melalui bentuk trofozoit.

Pada lingkungan sanitasi kurang baik, Pada lingkungan sanitasi kurang baik, banyak orang dalam satu rumahbanyak orang dalam satu rumah

Infeksi terjadi secara tidak langsung: Infeksi terjadi secara tidak langsung: melalaui - alat mandi al lap mandi melalaui - alat mandi al lap mandi

- alat sanitasi al “toilet seat”- alat sanitasi al “toilet seat”

Patologi dan gejala klinisPatologi dan gejala klinisT.vaginalisT.vaginalis,ditularkan ke dlm vagina mulai ,ditularkan ke dlm vagina mulai

berkembang biak, bila flora bakteri,pH dan berkembang biak, bila flora bakteri,pH dan keadaan fisiologi vagina sesuai.keadaan fisiologi vagina sesuai.

Setelah berkembang biak cukup banyak, Setelah berkembang biak cukup banyak, parasitparasitdegenerasi dan deskuamasi sel degenerasi dan deskuamasi sel epitel vagina,disusul serangan leukosit.epitel vagina,disusul serangan leukosit.

Di sekret vagina tdpt banyak leukosit dan Di sekret vagina tdpt banyak leukosit dan parasit yg bercampur dg sel-sel epitel.parasit yg bercampur dg sel-sel epitel.

Patologi dan gejala klinisPatologi dan gejala klinis

Sekret vagina keluar vagina Sekret vagina keluar vagina mnimbulkan gejala fluor albus mnimbulkan gejala fluor albus atau keputihan (“leukorrhoea”).atau keputihan (“leukorrhoea”).

Setelah lewat stadium akut, gejala Setelah lewat stadium akut, gejala brkurang dan dapat reda sendiri.brkurang dan dapat reda sendiri.

Pem. Pem. in speculoin speculo,nampak kelainan : ,nampak kelainan :

Vaginitis: Vaginitis:

-dinding vagina,portio, merah meradang.-dinding vagina,portio, merah meradang.

-infeksi berat,-infeksi berat,

tampak perdarahan-perdarahan kecil tampak perdarahan-perdarahan kecil (petechiae),fluor berkumpul dibelakang (petechiae),fluor berkumpul dibelakang portio, encer atau sedikit kental.portio, encer atau sedikit kental.

pd infeksi campurpd infeksi campur

berwarna putih ke kuning-kuningan atau berwarna putih ke kuning-kuningan atau putih kelabu dan berbusa.putih kelabu dan berbusa.

Pada infeksi campur:Pada infeksi campur:

berwarna putih ke kuning-kuningan berwarna putih ke kuning-kuningan atau putih kelabu dan berbusa.atau putih kelabu dan berbusa.

Banyaknya fluor yang dibentuk Banyaknya fluor yang dibentuk tergantung dari beratnya infeksi dan tergantung dari beratnya infeksi dan stadium penyakit.stadium penyakit.

Gejala utama adalah : fluor albusGejala utama adalah : fluor albus

Gejala tambahan:Gejala tambahan:- pruritus vagina atau vulvapruritus vagina atau vulva- disuriadisuria

Infeksi dapat menjalar, menyebabkan Infeksi dapat menjalar, menyebabkan uretritis.Kadang-kadang infeksi uretritis.Kadang-kadang infeksi terjadi tanpa gejala.terjadi tanpa gejala.

Demikian pula pada pria, Demikian pula pada pria,

-infeksi biasanya terjadi tanpa gejala,-infeksi biasanya terjadi tanpa gejala,

-dapat pula menyebabkan uretritis, -dapat pula menyebabkan uretritis, prostatitis dan prostato vesikulitis. prostatitis dan prostato vesikulitis.

Diagnosis berdasarkan gejalaDiagnosis berdasarkan gejala::- Keluhan keputihanKeluhan keputihan- Rasa panas dan gatal pd vaina/vulvaRasa panas dan gatal pd vaina/vulva- Adanya sekret encer, berbusa,berbau Adanya sekret encer, berbusa,berbau

tidak sedap, berwarna ke kuning-tidak sedap, berwarna ke kuning-kuningan,kuningan,

- Adanya lesi bekas garukan karena Adanya lesi bekas garukan karena gatal dan hiperemia pada vagina.gatal dan hiperemia pada vagina.

Diagnosis laboratorium, menemukan:Diagnosis laboratorium, menemukan:

Trichomonas vaginalis Trichomonas vaginalis - pada bahan serkret vagina, sekret uretra, pada bahan serkret vagina, sekret uretra,

sekret prostat dan urin.sekret prostat dan urin.

Untuk kontrol pasca pengobatan, Untuk kontrol pasca pengobatan, pem.langsung dg menggunakan mikroskop ,pem.langsung dg menggunakan mikroskop ,

ditunjang dg melakukan pembiakan sekret ditunjang dg melakukan pembiakan sekret vagina atau bahan lain dalam medium yg vagina atau bahan lain dalam medium yg cocok.cocok.

PengobatanPengobatan

Perbaiki keadaan vagina dg mbersihkanPerbaiki keadaan vagina dg mbersihkan

mukosa vagina,menggunakan obat per os mukosa vagina,menggunakan obat per os dan lokal.Metroninazol 2 x 250 mg/hr dan lokal.Metroninazol 2 x 250 mg/hr selama 5-7 hari, untuk istri dan suami.selama 5-7 hari, untuk istri dan suami.

Dosis lokal untuk wanita adalah 500 mg Dosis lokal untuk wanita adalah 500 mg metronidazol dlm bentuk tablet vagina metronidazol dlm bentuk tablet vagina sehari sekali selama 5-7 hari.sehari sekali selama 5-7 hari.

PrognosisPrognosis

Prognosis trikomoniasis baik bila dilakukan Prognosis trikomoniasis baik bila dilakukan pengobatan secara tepat.pengobatan secara tepat.

EpidemiologiEpidemiologi

Trikomoniasis ditemukan dimana-mana. Suatu Trikomoniasis ditemukan dimana-mana. Suatu penelitian menunjukkan bhw parasit ini penelitian menunjukkan bhw parasit ini ditemukan pd semua bangsa/ras dan pada ditemukan pd semua bangsa/ras dan pada semua musim.semua musim.

Pd pria umumnya kecil,mungkin ok parasit lebih Pd pria umumnya kecil,mungkin ok parasit lebih sukar ditemukan dan infeksi biasa tanpa sukar ditemukan dan infeksi biasa tanpa gejala.gejala.

Pencegahan:Pencegahan:

Ok trikomoniasis merupakan penyakit Ok trikomoniasis merupakan penyakit hubungan kelamin, kasus-kasus tanpa hubungan kelamin, kasus-kasus tanpa gejala pada pria perlu mendapat gejala pada pria perlu mendapat pengobatan yang tuntas.pengobatan yang tuntas.

Suami dari wanita yg trikomoniasis Suami dari wanita yg trikomoniasis perlu diberi pengobatan yg sama perlu diberi pengobatan yg sama seperti isterinya sampai parasit tidak seperti isterinya sampai parasit tidak ditemukn lagi pd pembiakan kontrol.ditemukn lagi pd pembiakan kontrol.

Trima kasihTrima kasih

Toxoplasma gondiiToxoplasma gondii

OlehOleh

Tjahaja Haerani STjahaja Haerani S

Toxoplasma gondii Toxoplasma gondii Hospes definitif :Hospes definitif :

- kucing dan binatang sejenisnya. - kucing dan binatang sejenisnya.

Hospes perantara : Hospes perantara :

- manusia,mamalia lain dan burung.- manusia,mamalia lain dan burung.

Parasit ini menyebabkan:Parasit ini menyebabkan:

- toksoplasmosis kongenital - toksoplasmosis kongenital

- toksoplasmosis akuisita- toksoplasmosis akuisita

Distribusi geografik:Distribusi geografik:

kosmopolit pd manusia dan binatang.kosmopolit pd manusia dan binatang.

Morfologi dan daur hidupMorfologi dan daur hidup

Dalam sel epitel usus kecil kucing Dalam sel epitel usus kecil kucing berlangsung daur aseksual (skizogoni) berlangsung daur aseksual (skizogoni) dan daur seksual (gametogoni, dan daur seksual (gametogoni, sporogoni) yang menghasilkan ookista sporogoni) yang menghasilkan ookista

yang dikeluarkan bersama tinja.yang dikeluarkan bersama tinja.

Ookista bentuk lonjong menghasilkan Ookista bentuk lonjong menghasilkan

2 sporokista yang masing-masing 2 sporokista yang masing-masing mengandung 4 sporozoit.mengandung 4 sporozoit.

Bila ookista tertelan oleh mamalia lain atau Bila ookista tertelan oleh mamalia lain atau burung(hospes perantara),mk pd brbagaiburung(hospes perantara),mk pd brbagai

jaringan hospes perantara ini dibentuk jaringan hospes perantara ini dibentuk kelompok-kelompok trofozoit yang kelompok-kelompok trofozoit yang membelah secara aktif disebut membelah secara aktif disebut takizoittakizoit (bentuk yang membelah cepat).(bentuk yang membelah cepat).

Kemudian kecepatan takizoit Kemudian kecepatan takizoit Toxo plasma Toxo plasma gondii gondii membelah berkurang secara membelah berkurang secara berangsur dan terbentuklah kista yang berangsur dan terbentuklah kista yang mengandung mengandung bradizoit bradizoit (bentuk yang (bentuk yang membelah perlahan).membelah perlahan).

Masa ini adalah masa infeksi klinis menahun Masa ini adalah masa infeksi klinis menahun yg biasanya merupakan infeksi laten.yg biasanya merupakan infeksi laten.

Pada hospes perantara tidak dibentuk Pada hospes perantara tidak dibentuk stadium seksual ttp dibentuk stadium stadium seksual ttp dibentuk stadium istitahat yi kista jaringan.istitahat yi kista jaringan.

Bila kucing (h.definitif) makan h.perantara Bila kucing (h.definitif) makan h.perantara yang terinfeksi, maka terbentuk lagi yang terinfeksi, maka terbentuk lagi bertbagai stadium seksual di dlm sel epitel bertbagai stadium seksual di dlm sel epitel usus kecilnya.usus kecilnya.

Bila H.perantara mengandung kista Bila H.perantara mengandung kista jaringan jaringan T.gondii T.gondii maka masa prapaten maka masa prapaten (sampai dikeluarkan ookista) adalah 3-(sampai dikeluarkan ookista) adalah 3-5 hari, sedangkan bila kucing makan 5 hari, sedangkan bila kucing makan tikus yang mngandung takizoit, maka tikus yang mngandung takizoit, maka prapaten biasanya 5-10 hari.prapaten biasanya 5-10 hari.

Tetapi bila ookista langsung tertelan Tetapi bila ookista langsung tertelan oleh kuycing, mk masa prapaten 20-24 oleh kuycing, mk masa prapaten 20-24 hari. Kucing lebih mudah terinfeksi oleh hari. Kucing lebih mudah terinfeksi oleh kista jaringan daripada oleh ookista.kista jaringan daripada oleh ookista.

Diberbagai jaringan tubuh kucing juga Diberbagai jaringan tubuh kucing juga ditemukan trofozoit dan kista jaringan.ditemukan trofozoit dan kista jaringan.

Pd manusia takizoit ditemukan pd infeksi akut Pd manusia takizoit ditemukan pd infeksi akut dan dapat memasuki tiap sel yang berinti.dan dapat memasuki tiap sel yang berinti.

Bentuk takizoit menyerupai bulan sabit Bentuk takizoit menyerupai bulan sabit dengan satu ujung yang runcing dan ujung dengan satu ujung yang runcing dan ujung lain yang agak membulat.lain yang agak membulat.

Panjangnya 4-8 mikron,mempunyai satu Panjangnya 4-8 mikron,mempunyai satu inti yang letaknya kira-kira ditengah. inti yang letaknya kira-kira ditengah. Takizoit pada manusia adalah parasit Takizoit pada manusia adalah parasit obligat intraselular. obligat intraselular.

Takizoit berkembang biak dalam sel Takizoit berkembang biak dalam sel secara endodiogeni. Bila sel penuh dg secara endodiogeni. Bila sel penuh dg takizoit, sel menjadi pecah dan taqkizoit takizoit, sel menjadi pecah dan taqkizoit memasuki sel-sel disekitarnya atau memasuki sel-sel disekitarnya atau difagositosais oleh sel makrofag.difagositosais oleh sel makrofag.

Kista jaringan dibentuk didlm sel hospes Kista jaringan dibentuk didlm sel hospes bila takizoit yang membelah telah bila takizoit yang membelah telah membentuyk dinding .membentuyk dinding .

Ukuran kista berbeda-beda. Ada kista Ukuran kista berbeda-beda. Ada kista kecil hanya mengandung beberapa kecil hanya mengandung beberapa organisme. Ada yg berukuran 200 organisme. Ada yg berukuran 200 mikron berisi kira-kira 3000 organisme.mikron berisi kira-kira 3000 organisme.

Kista jaringan dpt ditemukan didlm Kista jaringan dpt ditemukan didlm hospes seumur hidup, terutama di hospes seumur hidup, terutama di

- otak,- otak,

- otot jantung - otot jantung

- otot bergaris- otot bergaris

Di otak kista berbentuk lonjong atau Di otak kista berbentuk lonjong atau bulat sedangkan di otot kista bulat sedangkan di otot kista mengikuti bentuk sel otot.mengikuti bentuk sel otot.

Cara infeksi:Cara infeksi:

1.1.Pd toksoplasmosis kongenital transmisi Pd toksoplasmosis kongenital transmisi Toxoplasma Toxoplasma kepada janin terjadi in kepada janin terjadi in utero melalui plasenta,bila ibunya utero melalui plasenta,bila ibunya mendapat infeksi primer waktu ia hamil.mendapat infeksi primer waktu ia hamil.

2. Pada toksoplasmosis 2. Pada toksoplasmosis akyuisita infeksi akyuisita infeksi dpat terjadi,bila makan daging mentah/ dpat terjadi,bila makan daging mentah/ kurang matang (mis sate),bila daging kurang matang (mis sate),bila daging tsb mengandung kista jaringan atau tsb mengandung kista jaringan atau takizoit takizoit ToxoplasmaToxoplasma..

3. Infeksi dapat di laboratorium pada 3. Infeksi dapat di laboratorium pada orang yang bekerja dg binatang orang yang bekerja dg binatang percobaan yang diinfeksi dgT gondii percobaan yang diinfeksi dgT gondii melalui jarum suntik at alat lab lain melalui jarum suntik at alat lab lain yg terkontaminasi dengan T gondii.yg terkontaminasi dengan T gondii.

Wanita hamil tidak dianjurkan untuk Wanita hamil tidak dianjurkan untuk bekerja dg T gondii yang hidup. bekerja dg T gondii yang hidup.

Infeksi dg T gondii juga pernah Infeksi dg T gondii juga pernah terjadi waktu mengerjakan autopsi.terjadi waktu mengerjakan autopsi.

4. Infeksi dpt terjadi dg transplantasi 4. Infeksi dpt terjadi dg transplantasi organ dari donor yan g menderita organ dari donor yan g menderita toksoplasmosis laten.toksoplasmosis laten.

5. Transfusi darah lengkap juga 5. Transfusi darah lengkap juga dapat menyebabkan infeksi.dapat menyebabkan infeksi.

Patologi dan gejala klinisPatologi dan gejala klinis

Setelah invasi di usus, mk parasit Setelah invasi di usus, mk parasit memasuki sel ata difagositosis. Sebagian memasuki sel ata difagositosis. Sebagian parasit mati sebagian berkembang biak parasit mati sebagian berkembang biak dlm sel menyebabkn sel hospes pecah dlm sel menyebabkn sel hospes pecah dn menyerang sel-sel lain.dn menyerang sel-sel lain.

Dengan adanya parasit di dlm makrofag dn Dengan adanya parasit di dlm makrofag dn limfosit mk penyebaran secara limfosit mk penyebaran secara hematogen dan limfogen ke seluruh hematogen dan limfogen ke seluruh badan mudah terjadi.Parasitemia badan mudah terjadi.Parasitemia berlangsung bbrp mgguberlangsung bbrp mggu

T gondii dpt menyerang semua organ T gondii dpt menyerang semua organ dan jaringan tubuh hospes kecuali dan jaringan tubuh hospes kecuali sel data merah (tidak berinti)sel data merah (tidak berinti)

Kista jaringan dibentuk bila sudah Kista jaringan dibentuk bila sudah ada kekebalan dn dapat ditemukan ada kekebalan dn dapat ditemukan di berbagai alat dan jaringan, di berbagai alat dan jaringan, mungkin untuk seumur hidup.mungkin untuk seumur hidup.

Kerusakan pd jaringan tubuh tgntung pd:Kerusakan pd jaringan tubuh tgntung pd:

1.1.umur,pd bayi kerusakan lebih berat dp umur,pd bayi kerusakan lebih berat dp orang dewasaorang dewasa

2.2.Virulensi strain ToxoplasmaVirulensi strain Toxoplasma

3.3.Jumlah ParasitJumlah Parasit

4.4.Organ yg diserangOrgan yg diserang

Lesi pd susunan saraf pusat,dan mata Lesi pd susunan saraf pusat,dan mata biasanya lebih berat dan permanen ok biasanya lebih berat dan permanen ok jaringan ini tdk mempunyai kemampuan jaringan ini tdk mempunyai kemampuan untuk beregenerasi.untuk beregenerasi.

Kelainan pd SSP berupa nekrosis yg Kelainan pd SSP berupa nekrosis yg disertai dg kalsifikasi.disertai dg kalsifikasi.

Penyumbatan akuaduktus Sylvii oleh Penyumbatan akuaduktus Sylvii oleh karena ependimitis mengakibatkan karena ependimitis mengakibatkan hidrosefalus pada bayi.hidrosefalus pada bayi.

Pd infeksdi akut di retina ditemukan Pd infeksdi akut di retina ditemukan reaksi peradangan fokal dg reaksi peradangan fokal dg edema dan infiltrasi leukosit yg edema dan infiltrasi leukosit yg dpt menyebabkn kerusakan total dpt menyebabkn kerusakan total dn pd proses penyembuhan dn pd proses penyembuhan menjadi parut(sikatriks) dg atrofi menjadi parut(sikatriks) dg atrofi retina dan koroid, disertai retina dan koroid, disertai pigmentasi.pigmentasi.

Di otot jantung dan otot bergaris Di otot jantung dan otot bergaris dpt ditemukan T gondii tanpa dpt ditemukan T gondii tanpa menimbulkn peradangan. Di alat menimbulkn peradangan. Di alat tubuh lainnya seperti limpa dan tubuh lainnya seperti limpa dan hati parasit ini lebih jarang hati parasit ini lebih jarang ditemukanditemukan

DiagnosisDiagnosis

Toksoplasmosis akut : menemukan takizoit Toksoplasmosis akut : menemukan takizoit dlm biopsi otak at sumsum tulang, cairan dlm biopsi otak at sumsum tulang, cairan serebrospinal.serebrospinal.

Tes serologiTes serologi- tes warna Sabin dan Feldmantes warna Sabin dan Feldman- Tes hhemaglutinasi tdk langsung (IHA)Tes hhemaglutinasi tdk langsung (IHA)- Tes anti fluoresen tdk langsung (IFA)Tes anti fluoresen tdk langsung (IFA)- ELISAELISA

PengobatanPengobatan

Spi sekarang hanya membunuh takizoit tdk Spi sekarang hanya membunuh takizoit tdk membasmi kistanya. ,jadi hanya membasmi kistanya. ,jadi hanya memberantas infeksi akut tdk infeksi memberantas infeksi akut tdk infeksi kronis.kronis.

Pirimetyamin dan sdulfonamid bekerja Pirimetyamin dan sdulfonamid bekerja sinergistik, mk dipakai sbgai kombinasi sinergistik, mk dipakai sbgai kombinasi selam 3e minggu atau sebulanselam 3e minggu atau sebulan