ustek bab a gecons.docx

Download Ustek Bab A Gecons.docx

Post on 28-Apr-2015

44 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KERANGKA ACUAN KERJA

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

Pemetaan Kebutuhan Guru

Kecamatan Bengkalis

Di kabupaten Bengkalis

I. Latar BelakangPenataausahaan data guru di Kabupaten Bengkalis selama ini masih dilakukan secara manual, sehingga memerlukan ruang untuk menyimpan data guru di Kabupaten Bengkalis. Apabila sewaktu-waktu diperlukan, proses rekapitulasinya relatif membutuhkan waktu, data yang tumpang tindih dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini mengarah kepada pemborosan waktu, tidak produktif dan tidak efisiennya proses penatausahaan kebutuhan guru. Dewasa ini masalah data terutama data spasial semakin diperlukan. Berkaitan dengan itu semakin meluas pula pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan perkembangan

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis

kak. 1

KERANGKA ACUAN KERJA

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

teknologi dalam memperoleh, merekam dan mengumpulan data yang bersifat keruangan (spasial). Kemajuan teknologi informasi saat ini, memungkinkan adanya keterpaduan basisdata. Keuntungan atau kelebihan dari sistem basisdata yang terotomasi adalah meminimalkan duplikasi data, menghemat tempat penyimpanan data, melindungi data serta mempertahankan konsistensi data. Basisdata guru yang tersusun dapat dihubungkan dengan data lokasi sekolah yang berbasis kebutuhan lokasi. Keterpaduan basisdata akan mengeliminir kemungkinan tumpang tindihnya suatu informasi pada entitas yang sama. Keterpaduan basisdata dapat dijadikan sebagai alat analisis dan pengambilan keputusan yang efektif. Untuk mengatasi permasalah ini dibutuhkan suatu basis data (database) yang baik (lengkap sesuai kebutuhan dan akurat), serta terknini (up to date). Untuk mencapai maksud terkumpulnya data kebutuhan guru di Kecamatan Bengkalis adalah sebagai bahan dasar perumusan program kerja dinas pendidikan di Kabupaten Bengkalis dalam pengambilan dan keputusan mengenai kebutuhan tenaga pengajar (guru) di Kecamatan Bengkalis. Pemetaan guru yang dilakukan untuk mengetahui berapa kekurangan tenaga pengajar (guru) di setiap sekolah negeri di Kecamatan Bengkalis. Sehingga kelebihan tenaga pengajar yang ada pada sekolah-sekolah dapat terdistribusikan secara merata. Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi, moto serta moto dan jargon Dinas pendidikan di Kecamatan Bengkalis yaitu: Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Terwujudnya pelayanan pendidikan yang merata dan berkualitas disemua jalur dan jenjang pendidikan menuju terwujudnya Medan Metropolitan yang berdaya saing, nyaman, meladeni dan sejahtera.

1. Pelayanan Pendidikan Yang Merata Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai bagi penduduk Kota Medan dan terjaminnya kesediaan biaya pendidikan bagi siswa yang kurang/tidak mampu. 2. Berkualitas Siswa mampu berdaya saing dan lulusan pendidikan menengah mampu menjawab tantangan dunia kerja.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis

kak. 2

KERANGKA ACUAN KERJA

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

3. Disemua jalur dan jenjang pendidikan Bahwa pembangunan pendidikan dilaksanakan pada pendidikan formal dan non formal secara merata/setara.

Misi Dinas Pendidikan Kota Medan:

1. Mempertahankan tuntas wajib belajar 9 (Sembilan) tahun dan rintisan wajib belajar dua belas tahun. 2. Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan secara merata. 3. Mewujudkan sekolah, PKPM dan Kursus sebagai basis peningkatan mutu. 4. Mewujudkan pelayanan dan Manajemen pendidikan yang lebih berkualitas.

Moto: Pendidikan bagi semua, semua mendidik

1. Pendidikan Bagi Semua: Pelayanan (kewajiban pemerintah) 2. Semua Mendidik: Kerja (Kewajiban Masyarakat)Jargon: P R I M A (Prestasi, beriman dan Integritas, Mandiri)

PRESTASI Berhasil membantu siswa sebagai individu dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi guna peningkatan kualitas hidupnya Pengelolaan pendidikan dengan komitmen menciptkan serta membangun SDM yang berilmu, intelektual, cerdas, kreatif dan berkualitas BERIMAN DAN INTEGRITAS Berhasil membantu pendidikan dan peserta didik sebagai individu yang mampu berfikir holistic,integralistik dan rasionalistik. Menciptakan pendidik dan peserta didik untuk menjadi individu yang berahlaq mulia, berkarakter, memiliki rasa empati dan peduli serta jujur dan disiplin. MANDIRI

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis

kak. 3

KERANGKA ACUAN KERJA

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

Pengelolaan manajement pendidik dilakukan dengan berbasis kompotensi, kreatif, inovatif, memiliki daya saing dan daya juang yang tinggi dengan menonjolkan prinsip efisien, efektif dan transparan. Prinsip-prinsip dasar manajemen pendidikan dilakukan dengan menciptakan SDM yang berbasis kompetensi, berkualitas, memiliki semangat leadership, mendorong peserta didik menjadi enterpeneurship dan bertanggung jawab tanpa meninggalkan prinsip efisiensi, efektif dan transparan

II. Maksud dan Tujuan PekerjaanMaksud dari pekerjaan ini adalah tersedianya suatu basisdata guru Kecamatan Bengkalis untuk mengetahui berapa kekurangan/kelebihan tenaga pegajar (guru) pada tiap sekolah negeri (TK, SD, SMP, SMK dan SMK) yang ada di Kecamatan Bengkalis. Tujuan pemetaan guru di Kecamatan Bengkalis adalah untuk mengumpulkan dan menyajikan data mengenai jumlah guru pada setiap sekolah negeri di Kecamatan Bengkalis.

III. Sasaran Pekerjaan Mendata guru pada setiap sekolah-sekolah satuan pendidikan negeri (TK, SD,SMP, SMA dan SMK) berdasarkan Kelurahan/desa di di Kecamatan Bengkalis; Membuat basis data yang dilengkapi dengan keterangan bila diperlukan seperti gambar foto peta lokasi sekolah, baik secara manual maupun komputerisasi; Menyusun kesimpulan dan rekomendasi kebutuhan guru di Kecamatan Bengkalis.

IV. Kegunaan Pemetaan Kebutuhan GuruAdapun kegunaan pemetaan kebutuhan guru di Kecamatan Bengkalis ini adalah: a. Sebagai bahan dasar untuk pengambilan keputusan yang efektif sehingga tidak terjadi sebaran guru yang tidak merata;

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis

kak. 4

KERANGKA ACUAN KERJAb. c. d. e. f. g.

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

Sebagai bahan untuk mengidentifikasi dan memprioritisasi pengadaan CPNS formasi tenaga guru di Kecamatan Bengkalis; Perumusan rencana tindak (tujuan, sasaran, kebutuhan sumber daya, peranan dan tanggung jawab implementasi) program pendidikan di Kecamatan Bengkalis; Dokumentasikan dalam rencana strategis dalam bentuk digital; Pengembangan rencana operasional tahunan; Implementasi program, kegiatan dan anggaran berbasis GIS; Monitor, review, evaluasi dan pemutakhiran rencana berbasis GIS.

V. Acuan Pemetaan Kebutuhan Guru5.1. Kebutuhan Guru untuk Taman Kanak-kanak (TK) Pegawai dalam TK terdiri atas Guru TK dan Kepala TK. Komponen untuk menghitung kebutuhan guru TK adalah rombongan belajar atau kelas dan Kepala TK. Rumus perhitungannya adalah:

JGTK = JRB + KTK

Keterangan : JGTK JRB KTK = Jumlah Guru TK = Jumlah rombongan belajar/kelas = Kepala Taman Kanak-kanak

1. Contoh Daftar Kebutuhan Tenaga Pendidikan untuk Taman Kanak-kanak Di Kecamatan BengkalisNama Sekolah TK A TK B TK C Dst.. Jumlah RB Nol kecil RB Nol Besar Guru TK Kepala TK Total Pegawai Kebutuhan Guru D A K L

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis

kak. 5

KERANGKA ACUAN KERJA

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

Dari daftar kebutuhan dalam tabel contoh diatas, maka dapat diketahui jumlah kebutuhan tenaga Pendidikan untuk taman kanak-kanak seperti guru TK dan Kepala TK di Kecamatan Bengkalis.

2. Jenjang Pendidikan untuk Taman Kanak-Kanak (TK)Untuk menjadi guru Taman Kanak-Kanak (TK) diperlukan jenjang pendidikan seperti Sekolah Pendidikan Guru (SPG), Sekolah Guru Agama (SGA), Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK). Untuk mengetahui kualifikasi jenjang pendidikan yang dibutuhkan untuk TK dibuat daftar kebutuhan dalam tabel contoh dibawah ini:

Nama Sekolah TK A TK B TK C Dst.. Total

Jenjang Pendidikan SPG SGA PGTK

Jumlah

5.2. Kebutuhan Tenaga Pendidikan Untuk Guru Sekolah Dasar (SD) Tenaga pendidikan dalam SD terdiri atas Guru SD dan Kepala sekolah, Guru pendidikan Jasmani dan Kesehatan (GP), serta Guru Agama (GA). Komponen untuk menghitung kebutuhan tenaga pendidikan SD adalah rombongan belajar atau kelas dan Kepala Sekolah, GP, dan GA. Rumus perhitungannya adalah: JGSD = JRB + 1 KS + 1 GP + 1 GA

Keterangan: JGSD = Jumlah Guru SD JRB KS GP GA = Jumlah rombongan belajar/kelas = Kepala sekoalh = Guru pendidikan jasmani dan kesehatan = Guru Agama (untuk guru agama minimal 1 orang)

1. Contoh Daftar Kebutuhan Tenaga Pendidikan Sekolah Dasar (SD)Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis

kak. 6

KERANGKA ACUAN KERJANama sekolah SDN 1 SDN 2 SDN 3 Dst Jumlah I Jumlah Rombongan Belajar/Kelas II III IV V VI

PEMETAAN KEBUTUHAN GURU KECAMATAN BENGKALIS DI KABUPATEN BENGKALIS

Jumlah Guru

Kepala sekolah

Jumlah GP

Jumlah GA D

Keb.Guru A K L

Keterangan:

D = Jumlah guru yang dibutuhkan A = Jumlah guru yang ada K = Jumlah guru yang kurang L = Jumlah guru yang lebih

Dari contoh perhitungan diatas, maka tenaga pendidikan SD untuk Kecamatan Bengkalis dapat diketehui jumlah dan kebutuhan Guru SD, Kepala sekolah, Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (GP) dan Guru Agama (GA).

2. Jenjang Pendidikan untuk SDUntuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD) diperlukan jenjang pendidikan seperti SPG, DI, DII, DIII, DIV. Untuk mengetahui kualifikasi jenjang pendidikan yang dibutuhkan untuk SD dibuat daftar kebutuhan dalam tabel contoh dibawah ini:Nama Sek