3. ustek rss

Download 3. USTEK RSS

Post on 10-Feb-2016

233 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

usulan Teknis Perencanaan

TRANSCRIPT

USULAN TEKNIS / PENAWARAN TEKNIS

A. BENTUK DATA ORGANISASI PERUSAHAAN 1. Latar Belakang.Dalam menghadapi era globalisasi sangat dirasakan kebutuhan konsultan perencanaan dan konsultan pengawasan di Indonesia sebagai penunjang berhasilnya pembangunan.Didorong oleh kebutuhan tersebut.CV. ADYCITRA CONSULTAN didirikan oleh suatu group/kelompok Insinyur/Sarjana Teknik Sipil dan Management Proyek, serta sarjana pendukung lainnya. Sejak berdirinya perusahaan ini telah banyak mengerjakan berbagai proyek, terutama perencanaan dan pengawasan pembangunan jalan, dan jembatan serta bangunan sipil lainnya didaerah Provinsi Papua .

2. Personil Perusahaan.Untuk menjamin keberhasilan CV. ADYCITRA CONSULTAN telah menghimpun banyak tenaga, baik tenaga teknik maupun non teknik, diantara Sarjana Teknik Sipil, Arsitektur, Geodesi, Geologi, Teknik Penyehatan, Planologi, Ekonomi, Pertanian dan Tenaga Teknis/Administrasi Menengah sebagai penunjang.

3. Organisasi Perusahaan.Untuk mengantisipasi pelaksanaan beberapa pekerjaan perusahaan membuat organisasi pelaksana seperti, Jalan dan Jembatan, Gedung, Irigasi, Pelabuhan, Transmigrasi, Teknik Penyehatan, Teknik Pembangkit Listrik, Teknik Perencanaan Kota (Tata Ruang), Teknik Managemen, Planologi, Teknik Landscaping, Survey Topografi, Soil Investigation, selain yang tersebut diatas juga membantu beberapa Bank Pemerintah dalam pengawasan Kredit Proyek yang disalurkan.Semua pelayanan yang diberikan ditangani oleh Para Tenaga/Staf Ahli Sarjana baik S1, S2 maupun Pendidikan khusus yang mempunyai latar belakang disiplin ilmu yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang ditanganinya.Untuk jelasnya kami sajikan dalam bagan berikut ini :

Bagan Organisasi Perusahaan

Instansi/BadanPemberi Tugas

DIREKTUR

TEAM MANAJEMENSekretariatKeuanganAdm. Proyek

Seksi Cipta Karya& PermukimanPerencanaanPengawasanSeksi IrigasiPerencanaanPengawasanSeksi Jalan &JembatanPerencanaanPengawasan

Seksi SurveySeksi Survey

Fasilitas serta Organisasi yang serupa juga kantor-kantor proyek yang menangani pelaksanaan proyek secara mandiri. Bantuan dari kantor induk hanya dalam keadaan mendesak saja yang keseluruhannya menunjuk kepada direktur sebagai penanggung jawab utama dengan di wakili oleh manejer masing masing bidang.

4. Lingkup Pelayanan.Layanan yang dikerjakan CV. ADYCITRA CONSULTAN berupa pemberian saran-saran untuk menyusun suatu rencana induk atau rencana perluasan dan juga diikuti dengan jenis kegiatan yang berupa Survey/Collecting Data, Study Pendahuluan, Feasibility Study, Pemetaan, Penyelidikan Tanah ( Soil Investigation ) Perancangan Detail, Perkiraan Biaya, Spesifikasi, Dokumen Tender, Pembuatan Kontrak. Pengawasan Konstruksi, Pengawasan Teknis dan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan erat dengan perencanaan maupun pengawasan. Secara singkat lingkup pelayanan CV. ADYCITRA CONSULTAN dapat diperinci sebagai berikut : Feasibility Study ; Pengukuran Pemetaan ; Penyelidikan Tanah ; Contruction Management ; Perencanaan Jalan dan Jembatan ; Pengawasan Supervisi Jalan dan Jembatan; Perencanaan dan Pengawasan Gedung-gedung ; Perencanaan Jaringan Listrik ; Perencanaan dan Pengawasan Jaringan Irigasi ; Perencanaan dan Pengawasan Jaringan Air Minum dan Sanitary ; dan Perencanaan / Pengawasan Dermaga Pelabuhan.

5. Pengalaman Kerja Perusahaan.Pengalaman-pengalaman CV. ADYCITRA CONSULTAN dalam menangani pekerjaan sampai saat ini telah banyak diberbagai instansi, antara lain : Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Papua Dinas PU Pengairan Provinsi Papua Dinas Perhubungan Provinsi Papua Departemen Perhubungan. Dan lain-lain di tingkat kota dan kabupaten diwilayah Papua dan Papua Barat.

6. Pengalaman Umum Perusahaan.Rekaman pengalaman proyek yang telah dan sedang dilaksanakan oleh CV. ADYCITRA CONSULTAN disajikan pada Lampiran. Informasi yang diberikan dalam formulir ini adalah berupa uraian singkat tentang, waktu pelaksanaan, jumlah man month proyek, Pemberi Tugas, nilai kontrak dan posisi Konsultan dalam proyek tersebut.

7. Fasilitas yang Dimiliki Perusahaan.Seiring dengan perkembangan yang dialami oleh CV. ADYCITRA CONSULTAN maka saat ini CV. ADYCITRA CONSULTAN telah memiliki perangkat pendukung yang memadai untuk mendukung terlaksananya kegiatan juga di lengkapi dengan perangkat lunak, perangkat keras yang dioperasikan oleh personil professional.Dengan keterangan dan data seperti diuraikan diatas jelaslah bahwa CV. ADYCITRA CONSULTAN memiliki kemampuan yang dapat diandalkan dan benar-benar professional sehingga sangat tepat bila diserahi tugas dalam memberikan pelayanan rekayasa / perencanaan pada pekerjaan ini.

B. TANGGAPAN DAN SARAN TERHADAP KAK DAN PERSONIL/FASILITAS PENDUKUNG DARI PPKTanggapan UmumSecara umum, kerangka acuan kerja telah menjabarkan dengan rinci mengenai kajian yang akan dilakukan pada pekerjaan ini. Mulai dari latar belakang, maksud tujuan, ruang lingkup, kebutuhan tenaga ahli, jangka waktu, dan sebagainya.Dari penjabaran tersebut, konsultan telah memahami secara keseluruhan mengenai pelaksanaan kajian.Tanggapan dan saran yang dikembangkan dari penelaahan kerangka acuan kerja tersebut dijabarkan. Tanggapan Mengenai Maksud dan TujuanBerdasarkan maksud dari pekerjaan ini adalah mempersiapkan suatu detail engineering design (DED) yang lengkap untuk Pembangunan Rumah Sederhana Sehat yang telah ditentukan sehingga mendapatkan suatu detail engineering design (DED) yang nantinya dapat dipergunakan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur. Tanggapan dan Saran Mengenai Lingkup KajianKerangka acuan kerja menjabarkan beberapa hal yang menjadi ruang lingkup dalam pekerjaan ini. Lingkup jasa konsultansi berupa konsultansi teknik, antara lain:1. Tahap Persiapan 2. Pekerjaan Survey Lapangan 3. Pengendalian Survey Pendahuluan dan Survey Detail 4. Proses detail 5. Pengendalian proses perencanaan

Tanggapan dan Saran Mengenai Lokasi KegiatanKonsultan telah memahami bahwasannya lokasi kegiatan berada pada Kota Jayapura.

Tanggapan dan Saran Mengenai Jangka Waktu PelaksanaanSecara umum, jangka waktu tersebut merupakan jangka waktu yang cukup singkat untuk melakukan pekerjaan DED. Namun demikian, dengan jadual kerja yang optimal serta adanya koordinasi program secara terpadu, maka alokasi waktu akan dapat menghasilkan hasil studi sesuai dengan maksud dan tujuan studi.

Tanggapan dan Saran mengenai Kebutuhan Personil/Fasilitas Pendukung dari PPKDalam pelaksanaan pekerjaan ini alangkah baiknya dilibatkan pesonil pendukung yang lebih banyak yang mendukung pekerjaan ini, untuk menunjang kinerja tenaga ahli.Selain itu terdapat hal yang sangat vital harus dilakukan untuk menunjang tercapaikan tujuan dan sasaran pelaksanaan studi ini, yaitu adanya pelaksanaan survey, baik survey instansi maupun survey langsung di lapangan.Untuk itu sangat diperlukan surveyor untuk melaksanakan survey terutama survey lapangan.

Selain itu juga, saran yang dapat dikemukakan pada personil dan fasilitas pendukung dari PPK antara lain dapatnya dilakukan diskusi secara reguler untuk membahas setiap tahap dalam pelaksanaan kajian. Selain itu, diharapkan adanya dukungan data dan masukan dari PPK.

C. DAFTAR PENGALAMAN DAN URAIAN PENGALAMAN

Pada bagian ini, di lampirkan pengalaman dan uraian dari pengalaman pekerjaan yang pernah dilakukan oleh Penyedia Jasa.

D. PENDEKATAN DAN METODOLOGI

Kegiatan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat mengandung pengertian pembangunan Rumah Sederhana Sehat Tersebut dengan cara peningkatan terhadap kondisi fisik bangunan, lingkungan, utilitas, sistem kegiatan didalamnya.

Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat yang menjadi tugas calon konsultan adalah suatu Penyusunan Desain yang komprehensif dan mendalam yang akan memberikan hasil kesimpulan sekaligus rekomendasi.

Di dalam penyusunan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat, diperlukan adanya kajian dan perhitungan komprehensif terhadap berbagai aspek baik fisik maupun nonfisik yang meliputi antara lain : Fungsi kantor dan jenis-jenis kegiatan yang ada di dalam dan disekitar lokasi site. Kondisi eksisting fisik : Kantor dan prasarananya pendukungnya Daerah Kab. Jayapura Rencana Pengembangan Wilayah / Lingkungan dalam RUTRK DAN RDTRK Kota Jayapura. Undang-undang dan Peraturan yang terkait.

D.1.1. Tujuan dan Sasaran Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana SehatTujuannya Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat adalah: menghasilkan dokumen Rancangan Teknis Detail (DED) yang meliputi gambar DED dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat.Sesuai tujuan tersebut maka sasaran yang menjadi target Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat adalah tersusunnya DED (Detail Engineering Design) untuk pekerjaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat

D.1.2. PENDEKATAN DAN METODOLOGIa. MetodologiPada garis besarnya, strategi untuk menjawab dan melaksanakan tugas penyusunan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat sesuai Kerangka Acuan Kerja akan dilakukan dengan metodologi Analisis-Sintesis secara deskriptif disertai dengan melakukan langkah-langkah tindakan : Melakukan Pendekatan Perumusan Masalah Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat. Melakukan Pendekatan Pemecahan Masalah secara komprehensif. ] Mengajukan Usulan Kebutuhan Tenaga Ahli dan Tenaga Pendukung yang dipersiapkan menangani Pekerjaan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat dan mengajukan usulan Schedule Pelaksanaan Pekerja