ustek anta cipta

Download Ustek Anta Cipta

Post on 25-Sep-2015

31 views

Category:

Documents

15 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Teknik

TRANSCRIPT

PENDAHULUAN1.1 UmumDokumen Usulan Teknis ini merupakan salah satu persyaratan dalam penawaran yang kami ajukan dan disusun berdasarkan persyaratan teknis seperti yang tercantum dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK)/Terms of Reference (TOR).

Usulan Teknis ini berisikan uraian tahapan pelaksanaan pekerjaan dan metode penanganan pekerjaan dengan menyatakan perkiraan volume pekerjaan dan perkiraan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap tahapan pekerjaan, kebutuhan personil pelaksana dan peralatan yang akan digunakan. Dengan demikian diharapkan pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, sehingga penyelesaian pekerjaan dapat berjalan secara tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.

Pada penyusunan Usulan Teknis ini disusun dengan menggunakan sistematika laporan yang dapat secara mudah dipahami dan sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja (KAK).1.2 Latar Belakang

Rencana Kegiatan untuk suatu bangunan dapat terwujud dengan sempurna apabila rencana teknis dari bangunan tersebut tertata dengan baik. Pengawasan merupakan langkah penting dari pelaksanaan fisik baik bentuk maupun segi teknis serta kesesuaian maksud dari kegiatan yang dilaksanakan. Sebagai tugas utama dari konsultan pengawas adalah mengawasi pekerjaan klien yang diwujudkan dalam bentuk laporan yang implementasinya diharapkan berupa wujud kesesuaian gambar gambar dan realisasi bangunan yang merupakan satu kesatuan yang terkait.

1.3 Maksud Dan Tujuan ProyekMaksud dan tujuan dari paket pekerjaan ini adalah mempersiapkan data Pelaksanaan Bersama Kontraktor Pelaksana yang terdiri dari beberapa bagian pekerjaan meliputi :

Metode Pelaksanaan

Metode Peningkatan Kapasitas Pekerjaan di lapangan

Metode Peningkatan Struktur Kualitas Pekerjaan agar sesuai dengan Kriteria yang diinginkan

Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa jenis layanan jasa konsultasi yang dibutuhkan oleh Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah khususnya bidang bangunan memiliki beberapa tujuan strategis, antara lain :

Dukungan teknis Pelaksanaan pada masa pelaksanaan proyek termasuk mengumpulkan informasi terakhir mengenai lokasi bangunan yang tercantum dalam Kerangka Acuan Kerja.

Bantuan konsultasi teknis pada tahap penyusunan akhir Dokumen Pelaksanaan Proyek (Kontrak). Terkadang di dalamnya : Surat Perjanjian Kerja ( KONTRAK ) perhitungan volume pekerjaan dan gambar kerja

Mendukung upaya untuk melibatkan masyarakat agar dapat berpartisipasi seluas-luasnya selama masa pelaksanaan Pekerjaan tersebut.

1.4 Lingkup Pekerjaan

Konsultan Pengawas Teknis bertugas melaksanakan pengawasan teknis dilapangan secara rutin dan berkesinambungan, melaporkan hasil pekerjaan kepada pihak proyek. Agar pekerjaan yang dihasilkan dapat memenuhi syarat-syarat teknis dintaranya :a. Tepat Mutu

Hal ini berarti, semua pekerjaan yang telah diselesaikan memenuhi standar minimal kualitas, baik kualitas bahan yang digunakan, kualitas teknis pelaksanaan.

b. Tepat Volume

Total volume, dari masing-masing volume pekerjaan yang diselesaikan minimal sama dengan yang telah direncanakan dan disyahkan bersama, sehingga diharapkan tidak terdapat kekurangan-kekurangan volume yang tentunya juga akan berpengaruh terhadap nilai konstruksi yang dihasilkan.c. Tepat Waktu

Diharapkan dengan control berkala yang dilakukan konsultan, serta peringatan peringatan antisipasi dari awal, diharapkan pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

PENGALAMAN PERUSAHAAN2.1 Latar BelakangCV. Bumi Karya Konsultan telah berperan serta dalam pembangunan di Indonesia, khususnya di Propinsi Lampung untuk berbagai proyek-proyek strategis. Hingga saat ini telah beberapa pekerjaan baik di bidang pengawasan maupun perencanaan, terutama dilingkungan kecipta karyaan. Semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab CV. Bumi Karya Konsultan mampu diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang diterima oleh pengguna jasa.

Dalam rangka menambah pengalaman, CV. Bumi Karya Konsultan bersedia dan akan menjadi mitra lokal perusahan besar dalam melaksanakan proyek-proyek yang lingkupnya lebih besar. Dengan demikian, CV. Bumi Karya Konsultan membuka diri apabila mempunyai kesempatan dalam menangani proyek-proyek besar, yang secara kontraktual bukan termasuk pekerjaan dengan kelas C (Ce).

2.2 Data Perusahaan

Nama Perusahaan

:CV. Bumi Karya KonsultanAkta Notaris Pendirian:Selvi Fitrian Liu, SH tanggal 2 Nopember 2011 No: 13Alamat

:Jln. Way Umpu No. 58 Kel.Yosorejo Kec.Metro Timur

Direktur Utama

:Rinaldi Eko Setianto, STNPWP

:03.102.297.3-321.000SIUJK

:1.351024.0709.2.00243, Tanggal 13 Mei 2013

berlaku sampai dengan Tanggal 13 Mei 20162.3 Lingkup Layanan dan Jasa

CV. Bumi Karya Konsultan memberikan layanan dengan jangkauan yang luas untuk beberapa bidang dan sub bidang, diantaranya sebagai berikut Bidang layanan yang kami berikan tercantum dalam Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konsultansi Konstruksi yang diterbitkan oleh Badan sertifikat asosiasi (INKINDO) Daerah Lampung dengan diregistrasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Daerah Lampung adalah sebagai berikut :

1. Bidang / Layanan Sipil, yang meliputi :

Jasa Nasehat / Pra-Disain dan Disain Enjiniring Bangunan.

Jasa Nasehat / Pra-Disain dan Disain Enjiniring Pekerjaan Teknik Sipil Transportasi.

2. Bidang / Layanan Arsitektural, yang meliputi :

Jasa Nasehat / Pra-Disain dan Disain Administrasi Kontrak Arsitektural.3. Layanan Jasa Inspeksi Teknik , yang meliputi :

Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Bangunan.

Jasa Enjiniring Fase Konstruksi dan Instalasi Pekerjaan Teknik Sipil Transportasi.

2.4 Stuktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi CV. Bumi Karya Konsultan seperti digambarkan pada diagram berikut :

Gambar 2.1.Struktur Organisasi PerusahaanDAFTAR PENGURUS PERUSAHAAN

Gambar 2.2. Daftar Pengurus Perusahaan

PEMAHAMAN TERHADAP KAKSetelah mempelajari uraian yang terdapat dalam Kerangka Acuan Kerja Pengawasan teknis Pembangunan Jembatan Wilayah III Kabupaten Lampung Tengah, Tahun Anggaran 2015, dan setelah mengikuti aanwijzing, kami telah memahami sepenuhnya hal-hal yang berkaitan dengan Pengawasan sebagai berikut :3.1 Pemahaman Terhadap Lingkup PekerjaanKegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada Pengawasan teknis Pembangunan Jembatan Wilayah III Kabupaten Lampung Tengah, Tahun Anggaran 2015 meliputi:

1. Masa pelaksanaan jasa layanan tersebut adalah selama kegiatan fisik berlangsung berikut masa pemeliharaannya.2. Lingkup pekerjaan yang harus dilakukan oleh konsultan supervisi sesuai dengan tahapannya adalah sebagai berikut :(a) Melakukan Pengawasan pelaksanaan pekerjaan :Konsultan supervisi akan bertindak sebgai pengawas dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan menjamin bahwa semua hasil pekerjaan fase konstruksi sesuai dan memenuhi syarat perencanaan teknis, spesifikasi teknis dari dokumen kontrak.

(b) Melakukan Review Design (Kaji Ulang Perencanaan) jika dijumpai adanya ketidaksesuaian antara perencanaan dengan kondisi lapangan.(c) Memeriksa dengan sungguh-sungguh dan memastikan akurasi volume pekerjaan yang terpasang di lapangan.(d) Menjamin bahwa semua laporan yang diserahkan telah menggambarkan realita progress pekerjaan dan dibuat secara aturan yang benar, teliti dan memuat semua catatan tentang hal-hal yang berkaitan dan mempengaruhi operasional kegiatan.3. Selama berlangsungnya pekerjaan, setiap kemajuan pekerjaan sesuai dengan lingkup tugasnya harus dilaporkan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).4. Setiap hasil pengawasan konstruksi diketahui dan disetujui oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).5. Hasil akhir yang dituangkan dalam Laporan Akhir Pengawasan Konstruksi harus mencakup seluruh bagian pekerjaan yang tercantum dalam Dokumen Kontrak fisik lengkap dengan gambar-gambarnya.6. Membuat rekomendasi hasil pengawasan teknis, baik yang sifatnya pembangunan baru maupun perbaikan prasarana dan sarana yang ada, berupa usulan paket pekerjaan yang disepakati oleh pihak proyek.3.2 Pemahaman Terhadap Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan sebagaimana ditetapkan dalam Kerangka Acuan Kerja adalah 90 (Sembilan puluh) hari kalender sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

3.3 Pemahaman Terhadap Tenaga Ahli Konsultan memahami bahwa untuk melaksanakan pekerjaan ini diperlukan berbagai tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam menangani proyek proyek perencanaan prasarana pengairan. Sesuai dengan ketentuan dalam Kerangka Acuan Kerja, kebutuhan tenaga ahli untuk pekerjaan ini meliputi :a. Koordinator Pengawas (Team Leader)

Koordinator Pengawas (Team Leader) disyaratkan seorang Sarjana (S1) dengan latar belakang pendidikan di bidang Teknik Sipil lulusan Universitas/Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah diakreditasi atau yang telah lulus ujian negara atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah diakreditasi. Team leader adalah berpengalaman dalam melaksanakan pekerjaan pengawasan bangunan struktur, lebih diutamakan yang telah mempunyai pengalaman minimal 4 (empat) tahun, diutamakan yang telah mengikuti pelatihan tenaga ahli konsultansi bidang Pekerjaan Umum (PU) dari LPJK. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai. Ketua tim hendaknya memunyai kemampuan memimpin dan dapat bekerja sama dengan pihak lain, serta mempunyai sertifikat keahlian (SKA) dibidangnya. b. Inspector

Inspector disyaratkan seorang lulusan SMK atau STM atau yang telah disamakan, berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan pengawasan Jasa Konsultansi sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.

TANGGAPAN TERHADAP KAKPara tenaga ahli kami se