ustek kumuh probolinggo.pdf

Download USTEK KUMUH PROBOLINGGO.pdf

Post on 02-Oct-2015

232 views

Category:

Documents

83 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 1 - 1

    1. PENDAHULUANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

    1.1. LATAR BELAKANGArus urbanisasi dari tahun ketahun semakin meningkat sehingga

    jumlah penduduk yang tinggal di kawasan perkotaan semakin meningkatpula. Peningkatan jumlah penduduk tersebut akanberdampak padameluasnya kawasan terbangun dan pesatnya perkembangan fisikperkotaan dikawasan Sub Urban. Akan tetapi perkembangan tersebutseringkali tidak diimbangi dengan peningkatan pelayanan prasaranasarana dan utilitas (PSU). Akibatnya akan menimbulkan ataumeluasnyapemukiman kawasan kumuh.

    Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(BAPPENAS), tingkat kekumuhan kawasan pemukiman di Indonesiamencapai 2,9 % per tahun pada tahun 1999 2004, dari 47.000 Hamenjadi 57.000 Ha. Sementara pada tahun 2004 2009, menurut UnitedNation Development Programe (UNDP) luas pemukiman kumuh diIndonesia bertambah sebesar 1,37 % per tahunnya, sehinggadiperkirakan luas permukiman kumuh di Indonesia mencapai 57.800 Ha.Meluasnya pemukuman kumuh di perkotaan telah menimbulkandampak pada peningkatan frekuensi bencana (kebakaran dan banjir),meningkatnya potensi kerawanan dan konflik sosial,menurunnya tingkatkesehatan masyarakat dan menurunnya kialitas pelayanan prasaranasaranapemukiman.

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 1 - 2

    Untuk itu perlu upaya penanganan kawasan kumuh secaraterintegrasi sehingga diharapkandapat terwujudnya lingkunganpemukiman yang layak huni, sehat, aman, serasi danteratur.Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka PemerintahKabupaten Probolinggo melakukantahap awal identifikasi pemukimankumuh melalui kegiatan PEMETAAN KAWASAN PERMUKIMAN KUMUHKABUPATEN PROBOLINGGO .

    1.2. MAKSUD DAN TUJUANDari latar belakang yang sudah dikemukakan maka Maksud dari kegiatanPemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo adalah: Mengetahui persebaran kawasan permukiman kumuh yang ada diKabupaten Probolinggo Tujuan Pemetaan Kawasan Permukiman KumuhKabupaten Probolinggo adalah :

    1. Mengetahui gambaran terstruktur mengenai persebaranpermukiman kumuh yang ada di Kabupaten Probolinggo

    2. Mengetahui permasalahan permukiman kumuh3. Memetakan permukiman kumuh4. Merumuskan rekomendasi strategi penanganan

    1.3. SASARANSasaran yang hendak dicapai dalam Pemetaan Kawasan PermukimanKumuh Kabupaten Probolinggo, adalah : Terpetakannya Permukimankumuh Yang ada di Kabupaten Probolinggo.

    1.4. LOKASI PEKERJAANLokasi Pekerjaan pada kegiatan ini adalah di Kabupaten Probolinggo.

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 1 - 3

    1.5. SUMBER PENDANAANPekerjaan ini dibiayai dari sumber pendanaan : APBD Kab. ProbolinggoTahun Anggaran 2014 melalui DPA-SKPD Dinas PU. Cipta Karya Kab.Probolinggo.

    1.6. NAMA DAN ORHANISASI PEJABAT PEMBUATKOMITMENNama PPK : Pejabat Pembuat Komitmen Penyusunan dan Analisis

    DatabaseSatuan Kerja : Dinas PU. Cipta Karya Kab. Probolinggo

    1.7. DATA PENUNJANGData dasar :1. RTRW Kabupaten Probolinggo2. Kabupaten Probolinggo Dalam Angka3. Kecamatan Dalam AngkaData Penunjang :1. Study terkait kawasan kumuh2. Data sosial ekonomi yang terkait kawasan kumuh3. Institusi dan kelembagaan

    1.8. STANDART TEKNIS DAN REFERENSI HUKUMLandasan hukum dalam Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh

    di Kabupaten Probolinggo ini peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan yang terkait atau mengatur, antara lainA. Standar Teknis- Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 45/PRT/M/2007 tentangPedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.- Semua Ketentuan dan Peraturan serta Standar Nasional Indonesiatentang Bangunan Gedung.

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 1 - 4

    B. Referensi Hukum- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 tentangPerubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentangPengadaan Barang/Jasa Pemerintah- Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatandan Belanja Daerah Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2014- Peraturan Bupati Nomor 29 Tahun 2013 tentang Standar Biaya UmumAnggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Probolinggo TahunAnggaran 2014- Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2012 tentang Sistem dan ProsedurPengelolaan Keuangan Daerah- Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah(DPA-SKPD) Tahun Anggaran 2014

    1.9. RUANG LINGKUP DAN LINGKUP KEGIATANA. LINGKUP LOKASI

    Pada Tahun Anggaran 2014 ini lokasi Kegiatan PemetaanKawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo, ini diarahkanpada wilayah Kabupaten Probolinggo

    B. LINGKUP KEGIATANSesuai dengan maksud, tujuan dan sasaran tersebut diatas maka ruanglingkup kegiatan Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh KabupatenProbolinggo adalah :1. Identifikasi sebaran kawasan kumuh di Kabupaten Probolinggo2. Rumusan permasalahan kawasan permukiman kumuh sehingga secaraterstruktur dapat diidentifikasi penyebab kekumuhan masing-masingkawasan3. Pemetaan kawasan permukiman kumuh yang telah teridentifikasi4. Rumusan rekomendasi strategi penanganan kawasan permukimankumuh

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 1 - 5

    1.10. JANGKA WAKTU PELAKSANAANJangka waktu penyelesaian pekerjaan Jasa Konsultansi ini adalah60 (enam puluh) hari kalender terhitung sejak dikeluarkannya SPMK.

    1.11. KEBUTUHAN PERSONILAdapun kebutuhan personil yang dibutuhkan didalam melaksanakankegiatan ini adalah sebagai berikut :

    Team Leader yaitu Satu orang Sarjana Lingkungan S1 yangLulus perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swastayang telah lulus ujian Negara atau yang telah diakreditasiatau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi,Memiliki sertifikat SKA, mempunyai pengalaman minimal 5(lima) tahun di bidangnya.

    Tenaga Ahli yaitu Satu orang Sarjana Teknik Sipil/Arsitek /Planologi S1 yang Lulus perguruan tinggi negeri atauperguruan tinggi swasta yang telah lulus ujian Negara atauyang telah diakreditasi atau perguruan tinggi luar negeriyang telah diakreditasi, Memiliki sertifikat SKA, mempunyaipengalaman minimal 3 (Tiga) tahun di bidangnya,

    Tenaga Pendukung Tenaga Drafter yaitu 2 (dua) orang Sarjana Teknik

    Arsitektur/Sipil S1 yang Lulus perguruan tinggi negeri atauperguruan tinggi swasta yang telah lulus ujian Negara atauyang telah diakreditasi atau perguruan tinggi luar negeriyang telah diakreditasi, mempunyai pengalaman minimal 4(Empat) tahun di bidangnya,

    Tenaga Surveyor yaitu 2 (dua) orang Sarjana TeknikSipil/Arsitektur S1 yang Lulus perguruan tinggi negeri atauperguruan tinggi swasta yang telah lulus ujian Negara atauyang telah diakreditasi atau perguruan tinggi luar negeriyang telah diakreditasi, mempunyai pengalaman minimal 3

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 1 - 6

    (Tiga) tahun di bidangnya, Tenaga Administrasi yaitu Satu orang lulusan SMA / D3

    yang mempunyai pengalaman minimal 3 (Tiga) tahun dibidangnya.

    1.11. PELAPORAN1. Laporan Pendahuluan memuat :rencana kerja konsultan,metodologi pelaksanaan pekerjaan,jadwalpenugasan tenaga ahli, dan pengamatan sementara terhadap semuadokumen-dokumen perencanaan di daerah.Laporan Pendahuluan diserahkan dalam rangkap 5 (lima).

    2. Laporan Antara berisi antara lain : data primer atau sekunder LaporanAntara didiskusikan dengan pemrakarsa/pengguna jasa dan PemerintahKabupaten Probolinggo.Laporan antara diserahkan dalam rangkap 5 ( lima).

    3. Laporan Akhir berisikan dokumen hasil (output) dari studi, yang telahdikonsultasikan dengan pemrakarsa/pengguna jasa dan PemerintahKabupaten ProbolinggoLaporan Akhir diserahkan rangkap 10 (sepuluh)

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh Kabupaten Probolinggo 2 - 1

    2. PROFIL PERUSAHAANNNNNNNNNNN

    PT. GEO PLANO KONSULTAN, yang bergerak dalam bidang Kontruksi seperti :

    Tata Lingkungan, Teknik Sipil, Jasa Survey dan bidang-bidang Non Kontruksi lainnya

    seperti : Pengembangan Pertanian dan Pedesaan, Transportasi, Telematika, Jasa Study,

    Penelitian, dan Bantuan Teknik, senantiasa berupaya untuk turut mengambil bagian

    dalam memberikan kontribusi bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,

    terutama dalam memberikan pelayanan serta jasa di bidang Konsultansi Teknis maupun

    non Teknis.

    Dengan didukung oleh tenaga-tenaga ahli berpengalaman dan profesional serta fasilitas

    pendukung yang memadai sebagai asset utama perusahaan, telah banyak memberikan

    dukungan dan jasa Konsultansi dalam berbagai bidang pekerjaan teknis ataupun non

    teknis yang dikelola oleh Instansi Pemerintah maupun swasta.

    Dengan dukungan tenaga-tenaga ahli dan profesional yang berpengalaman dari berbagai

    disiplin ilmu, perusahaan kami membentuk satu team kerja handal dengan pola

    pengelolaan manajemen yang profesional dalam menangani setiap pekerjaan yang telah

    dan akan dikerjakan.

    PT. GEO PLANO KONSULTAN , yang berkedudukan Di Bumi Indah 11, berupaya

    untuk memunculkan tenaga-tenaga ahli terbaiknya dengan harapan perusahaan dapat

    lebih meningkatkan pelayanannya dan memberikan produk yang paripurna dan berhasil

    guna secara maksimal.

    Perusahaan kami senantiasa memberikan pelayanan yang terpadu kepada semua

    mitra kerja, dan akan memberikan produk kerja berdasarkan pendekatan kerja multi

    disiplin, agar analisis yang diberikan benar-benar dapat berdaya guna dan bermanfaat

    bagi semua pihak.

    ORGANISASI PERUSAHAAN

  • USULAN TEKNISPT. GEOPLANO KONSULTAN

    Pemetaan Kawasan Permukiman Kumuh K