resep aneka kue (1)

Download Resep Aneka Kue (1)

Post on 04-Nov-2015

68 views

Category:

Documents

7 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

kue

TRANSCRIPT

Cake Kukus Yoghurt Strawberry

Untuk 1 loyang cake tulban (lubang di tengah) diameter 23 cm

Bahan:- 5 butir telur ayam suhu ruang- 225 gram gula pasir- 10 gram cake imulsifier (saya pakai Starkis)- 220 gram tepung terigu protein rendah (saya pakai Kunci Biru)- 30 gram susu bubuk- 150 gram yoghurt rasa strawberry - 75 ml minyak zaitun atau minyak sayur biasa- 10 butir strawberry segar, dihancurkan

Glaze:- 3 sendok makan selai strawberry- 1 sendok makan air

Cara membuat:Siapkan loyang cetakan bentuk tulban, olesi mentega dan taburi dengan tepung terigu, sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga putih, mengembang dan kental. Matikan mikser. Masukkan tepung terigu, dan susu bubuk dengan cara mengayaknya langsung diatas mangkuk adonan, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan minyak, aduk rata. Pastikan spatula menyentuh dasar mangkuk agar minyak yang mengendap bisa tercampur baik.

Tambahkan yoghurt, minyak zaitun dan strawberry yang telah dihancurkan plus jusnya. Aduk adonan dengan cara membalik-balikkan spatula hingga adonan tercampur dengan baik.

Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Panaskan dandang kukusan hingga air mendidih, gunakan air yang cukup banyak agar cukup untuk mengukus dalam waktu yang lama. Masukkan loyang berisi adonan, tutup permukaan kukusan dengan kain bersih yang menyerap air, kemudian tutup rapat dengan penutup kukusan. Kukus cake selama + 50 menit dengan api sedang hingga matang. Test dengan lidi atau tusuk sate apakah cake benar-benar telah matang.

Keluarkan cake dari dandang kukusan, diamkan sejenak hingga cake agak mendingin dan bagian tepi cake tampak terlepas dari loyang. Balikkan cake di piring datar dan dinginkan.

Menghias dengan glaze:

Masukkan selai dan air ke dalam panci kecil, panaskan di kompor sambil diaduk-aduk hingga selai mencair dan menjadi adonan yang kental. Tidak perlu sampai mendidih. Masukkan selai ke dalam kantung plastik segitiga, ikat rapat dan potong bagian ujungnya. Semprotkan selai ke atas permukaan kue.

Nah, cake siap dipotong-potong dan disajikan. Selamat mencoba.

Dorayaki Isi Pasta Kacang Merah

Untuk 7 buah dorayaki

Bahan:- 150 gram tepung terigu serba guna- 1 sendok teh baking soda- 2 butir telur- 3 sendok makan gula pasir- 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)- 1 sendok makan madu- 150 ml susu cair- pasta kacang merah (anko)Bahan anko:- 250 gram kacang merah- 5 sendok makan gula pasir- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat anko:

Siapkan kacang merah kering, cuci bersih. Masukkan ke dalam mangkuk besar/panci, masukkan air hingga seluruh kacang terendam air. Diamkan selama 1 malam. Tujuannya agar kacang cepat empuk kala direbus.

Jika anda merebus menggunakan panci pressure cooker: Tiriskan kacang merah, masukkan kacang ke dalam panci, tambahkan air hingga kacang terendam air. Tutup panci, pastikan anda menutup dengan benar dan ikuti secara seksama buku petunjuk yang disertakan pada panci anda. Rebus kacang dengan api besar hingga muncul bunyi desisan dari panci. Kecilkan api dan teruskan merebus selama 20 menit. Matikan api kompor, diamkan panci hingga desisan uap air hilang. Buka panci.

Jika anda merebus menggunakan cara biasa:Tiriskan kacang merah. Masukkan kacang ke dalam panci, tambahkan air hingga kacang terendam air. Rebus kacang dengan api besar hingga mendidih, matikan kompor, tutup panci dan diamkan kacang selama 10 menit. Tiriskan kacang, buang airnya.

Masukkan kacang ke dalam panci, tambahkan air hanya hingga kacang terendam air. Masak dengan api besar hingga mendidih kemudian kecilkan api dan masak hingga kacang empuk, tandanya kacang mudah hancur saat di pencet dengan jari tangan. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk membuat kacang empuk. Tambahkan air jika air rebusan berkurang.

Tiriskan kacang yang telah empuk, masukkan ke dalam panci. Tambahkan gula pasir dan garam, masak kacang hingga gula larut dan mengental. Matikan api kompor.

Hancurkan kacang. Jika anda menggunakan food processor maka masukkan kacang ke dalam alat dan proses dengan kecepatan rendah hingga hancur tetapi tekstur masih kasar. Kita tidak ingin membuatnya menjadi terlalu halus, walau tentu saja kembali ke selera anda masing-masing. Anda juga bisa menghancurkan kacang secara manual dengan alat penumbuk.

Masukkan kacang ke dalam plastik, ikat ujung plastik dan tekan-tekan kacang dengan alat penumbuk, punggung sendok atau alat apapun yang bisa membuat kacang menjadi lumat.Hasilnya adalah pasta kacang yang kental, pekat dan ketika dingin pasta menjadi kaku dan bisa dibentuk dengan mudah menggunakan telapak tangan. Membuat dorayaki:

Siapkan mangkuk, masukkan telur, gula, vanila ekstrak, dan madu, aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik. Tambahkan susu cair, aduk rata.Masukkan tepung dan baking soda dengan cara diayak, aduk adonan hingga tercampur baik.

Adonan yang terbentuk tidak sepekat adonan pancake, jika spatula diangkat maka adonan akan turun dengan mudah. Diamkan adonan selama 15 menit, akan tampak muncul gelembung-gelembung udara.

Siapkan penggorengan datar anti lengket, teteskan sedikit minyak. Dengan tisu dapur, oleskan permukaan penggorengan hingga lapisan minyak menutup permukaan loyang.

Note: Minyak hanya melapisi saja, membuat permukaan penggorengan menjadi berkilat, jika penggorengan tampak terlalu berminyak, bersihkan dan serap kelebihannya dengan tisu. Minyak yang berlebihan akan membuat permukaan kue tidak mulus. Mengolesi minyak hanya sekali saja saat akan memulai menggoreng untuk selanjutnya tidak perlu mengolesi minyak lagi.Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dipanaskan. Saya menuangkan adonan ke dalam gelas ukur yang memiliki ujung runcing untuk menuang, ini membuat adonan tidak menetes-netes kemana-mana dan akan merusak penampilan dorayaki. Pastikan anda menuang dengan takaran yang sama, anda bisa menggunakan sendok sayur untuk mendapatkan ukuran dorayaki yang sama. Rata-rata dorayaki memiliki diameter sekitar 10 cm.Panggang adonan dengan api kecil hingga adonan tampak muncul gelembung-gelembung besar, seperti gambar. Balikkan dengan spatula, diamkan sebentar sekitar 20 detik, jangan ditekan. Angkat dorayaki, tutup setiap kue yang matang dengan kain agar permukaannya tidak kering.

Jika panas penggorengan tepat dan minyak tidak berlebih maka permukaan kue akan menjadi mulus. Nah jika anda bertanya mengapa kue saya memiliki motif lingkaran, maka jawaban saya adalah terus terang saya bingung juga ^_^. Kemungkinan karena penggorengan saya terlalu tebal sehingga kue cepat matang di tengah namun bagian tepinya masih belum terbentuk, ini terlihat saat adonan di panggang maka gelembung-gelembung udara banyak terbentuk di tengah namun di bagian tepi belum terbentuk gelembung. Jika menggunakan penggorengan yang lebih tipis sepertinya kue akan merata warnanya dan matangnya. Ini baru teori saya. ^_^

Sekarang kita akan membuat setiap lapisan kue menjadi sandwich. Pasangkan masing-masing kue dengan ukuran yang sama. Bulatkan anko (pasta kacang merah) hingga sebesar bola ping-pong atau sesuai selera anda, yang jelas jika isi kurang banyak maka dorayaki tidak akan berbentuk cembung.

Letakkan bola kacang merah di tengah kue, tutup dengan lapisan kue lainnya. Bungkus kue dengan plastic wrap, karena plastic wrap saya habis maka kue saya bungkus dengan plastik biasa. Tekan kue hingga mau mengatup. Ingat, bagian tengah harus lebih tinggi dari bagian tepi.

Tekan-tekan tepi kue hingga menempel satu sama lain. \Jika kue terlalu kering permukaannya maka sulit untuk menempel, karena itu anda harus menutup setiap kue yang telah matang digoreng dengan kain agar kelembabannya terjaga.

Nah, seperti ini tampilan dorayaki, cembung dan tinggi di tengah. Anda bisa membungkus semua kue dengan plastic wrap dan siap untuk dibawa sebagai bekal atau .... langsung santap saat itu juga dengan segelas teh hangat. Yummy!

Red Velvet Cake Versi KukusUntuk 3 lapis cake dengan ukuran loyang 23x23x10 cm

Bahan A (anda bisa menggunakan 1/2 resep bit di bawah):- 200 gram bit merah- 250 ml air

Bahan B:- 4 butir telur ukuran sedang- 100 gram susu cair- 25 gram krim kental, bisa menggunakan dairy dan non dairy cream- 1 buah jeruk lemon, peras airnya

Bahan C:- 220 gram mentega/butter- 200 gram margarine- 200 gram gula pasir- 1 sendok teh vanila ekstrak - 1 sendok makan pasta pewarna merah (saya menggunakan 1 1/2 sendok makan dan warna cake terlalu menyala, anda bisa kurangi sesuai selera anda)

Bahan D (ayak jadi satu):- 400 gram tepung terigu protein rendah- 35 gram coklat bubuk, saya pakai Bensdorp- 20 gram susu bubuk - 1 sendok teh baking powder double acting- 1/2 sendok teh garam

Topping cream cheese:- 250 gram cream cheese, biarkan cream cheese disuhu ruang agar lembut jika cream cheese terlalu kaku dan keras- 100 gram mentega, suhu ruang- 150 gram gula halus (haluskan gula pasir dengan blender)- 100 gram krim kental pilih yang non dairy cream- 1 sendok teh vanilla ekstrak- 1 sendok teh rhum essence (optional)

Cara membuat:Siapkan loyang, olesi permukaannya dengan margarine. Taburi bagian sisi-sisi loyang dengan tepung. Alasi bagian dasar loyang dengan kertas baking, olesi permukaan kertas dengan margarine. Potong kertas lebih panjang dibandingkan loyang sehingga ada bagian kertas yang masih keluar dari dalam loyang, sisa kertas sebagai pegangan dan memudahkan kita saat akan mengeluarkan cake dari loyang.

Siapkan kukusan, beri air yang banyak dan panaskan hingga mendidih. Anda juga bisa memanggangnya di suhu 170'C.

Rebus bit dan air hingga bit menjadi lunak dan matang. Masukkan bit ke dalam blender dan proses hingga halus. Sisihkan hingga bubur bit menjadi benar-benar dingin. Ambil 70 gram adonan bit untuk