resep kue zebra kukus

Download Resep Kue Zebra Kukus

Post on 18-Oct-2015

157 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

kumpulan resep

TRANSCRIPT

Resep Kue Zebra Kukus

hmmm....bisa membayangkan gimana rasa kue ini??kue zebra kukus ini sangat mudah dibuat, tanpa oven lagi. Ada yang tertarik??banyak. Selamat mencoba resep ini ya...semoga sukses,,

Bahan 1 Kue Zebra Kukus :250 gr gula pasir.8 btr telur.1 sdm emulsifier.1/2 sdt garam.Bahan 2 Kue Zebra Kukus :250 gr tepung terigu.50 gr susu bubuk.Bahan 3 Kue Zebra Kukus :50 gr mentega, lelehkan.50 gr susu segar.Bahan 4 Kue Zebra Kukus :75 gr margarin, lelehkan.2 sdm kopi instan, cairkan.1 sdm mocca pasta.Cara Membuat Kue Zebra Kukus :Kocok bahan 1 hingga mengembang dan kental.Masukkan bahan 2 sambil diayak, aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian.Sebagian adonan dicampur dengan bahan 3, aduk rata dan sisihkan.Sebagian adonan yang lain dicampur dengan bahan 4, aduk rata dan sisihkan.Siapkan loyang bulat dengan ukuran 24 diameter. Olesi dengan margarin.Ambil 1 chentong adonan putih, tuang ke dalam loyang dengan mengisi bagian tengah terlebih dahulu.Ambil 1 chentong adonan mocca, tuang ke dalam loyang di atas adonan putih.Tuang adonan beselang-seling sampai adonan habis.Kukus adonan selama 1 jam.Angkat, potong-potong, kue zebra kukus siap disajikan.Selamat Mencoba...

--

Resep Kue BoluTaburCoklatBahan : Kuning telur 6 butir - Putih telur 4 butir - Gula halus 100 gram - Cake emulsifier 1 sdt - Tepung terigu 125 gram - Margarin 125 gram, cairkan sdt sodakue 175 cc air soda (Sprite/7Up) sdt vanilla 1 sdmcoklatbubuk untuk pewarna CetakanBoluKukus. Cara Membuat: Alasi 20 cetakanbolukukus dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya NamakuenyaAfrican Gateau. Dari yang saya baca di beberapa food blog milik teman-teman blogger lain pada intinya Africain Gateau adalah sponge cakecoklatyang dilapisi oleh vla. Gateau sendiri berartikueatau pastry yang dilapisi oleh vla dengan buah atau Tetapi saya masih tak punya oven sehingga membuat sponge cake adalah tidak mungkin. Padahal salah satu syaratnya gateau adalah boluyang ringan. Sehingga mau tak mau saya memodifikasi hampir semuaresepnya. Bermula dari ketidakpuasan terhadap hasilbolukukus buatanya beliau mencoba membuat kreasiresepyang lebih lezat, hasilnya sebuah brodukbolukukus dengan teksturkueyang lembut dengan warnacoklatpekat yang mirip brownies. Resep Kue BoluPisang Keju/coklat.Kueini sangat cocok menemani anda saat bersantai atau berkumpul bersama keluarga anda sambil minum teh atau kopi seru juga! smogaresepini berguna untk keluarga anda. Selamat Mencoba. 1 sendok makancokelatpasta 8. sendok makan pandan pasta. Cara MembuatResep Kue BoluKukus Jumbo: 1. Telur, gula, starkies, susu, terigu, vanili dikocok hingga mengembang 2. Bagi tiga, satu bagian bericokelatpasta sebagian lagi Resepmakanan membuat masakanKueNastar Isi Selai Nanas yang merupakanKueKering halal, enak, nikmat, sedap, lezat dan bergizi :Gunakan fitur pencarian yang ada di situs ini untuk mencariresep KueKering lainnya seperti aneka Tuang adonanbolukeatas pisang, ratakan. Panggang 15 menit hingga matang. 5] Penyelesaian : Balikkankuediatas selembar kertas roti beroles margarin. Lepaskan kertas pelapis dasar loyang. Olesi pisang dengan selaicoklatlalu gulung.

Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)

Saya kadang terheran-heran sendiri dengan resep-resep cake dalam negeri yang suka sekali menggunakan telur berbelas bahkan berpuluh butir. Lebih takjub lagi kalau menemukan resep yangsalah satu bahannya menyebutkan: 12 butir telur dan 6 kuning telur. Tobat! Lantas sisa 6 putih telur lainnya mau diapakan yak? Atau resep kue lapis legit yang menggunakan 90 butir telur. 90 butir! Hampir 6 kilo telur sendiri digunakan untuk satu loyang kue. Kolesterol tinggi dan boros!Akhirnya sayapun menghindari cake-cake yang seperti itu, selain berat diongkos juga kurang tantangan, dengan telur sebanyak itu cakenya pasti lezat. Bagi saya, akan menjadi satu kebanggaan tersendiri jika berhasil membuat cake dengan bahan yang minim tetapi dengan rasa yang sedap (alasan yang dicari-cari padahal sebenarnya ngirit menjadi fokus utama). Yah, yang penting hobi memasak masih bisa jalan terus tanpa berat di kocek. ^_^

Berbeda dengan resep cake dari luar yang sering saya gunakan sebagai bahan referensi. Rata-rata resep cakenya menggunakan telur dengan jumlah yang 'sedikit'. Kecuali mungkin untuk resepAngel Chiffon Cakeyang memang memerlukan putih telur dalam jumlah yang banyak.

Okeh, saya hentikan sesicurhatsaya yang mungkin membuat anda bosan. Mari kita bahas Cake Coklat Kukus, cake ini merupakan contoh salah satu dari banyak cake yang menggunakan bahan murah meriah tetapi dengan hasil akhir yang mantap. Dan bagi anda yang alergi dalam panggang memanggang seperti teman kantor saya, Meta. Cake ini layak untuk dicoba. Tekstur cakenya begitumoistdan lembut, rasanya juga lezat sehingga sulit dipercaya kue ini keluar dari dandang kukusan.

Membuatnya juga sangat mudah dan relatif cepat.So,kali ini singkirkan mikser dan oven anda ya, kita tidak membutuhkannya. Berikut tipsnya:Gunakan baking powder yang berkualitas dan masih fresh, jika baking powder anda telah mendekati kadaluarsa atau telah lama anda simpan dan tidak jelas tanggal masa berlakunyajangan digunakan. Saran saya, gunakan baking powder double acting. Untuk tahu seperti apa BP double acting silahkan klik diMengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier dan Ragi Rotiyang pernah saya posting sebelumnya. Semoga anda menjadi tercerahkan. ^_^Panaskan dandang hingga benar-benar airnya mendidih sebelum loyang kue kita masukkan supaya panas dandang kukusan stabil.Isi air di dandang kukusan hingga hampir menyentuh kawat saringan, kukus cake selama 40 menit tanpa dibuka-buka dengan api sedang hingga kue matang. Membuka dandang bahkan hanya untuk sekedar mengintip karya anda akan menyebabkan panas di dalam dandang berkurang sehingga kue tidak mekar.Baca artikelTips Sukses Mengukus Cakeyang pernah saya sharing sebelumnya.Berikut resep dan cara pembuatannya.

Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)Resep diadaptasikan dari The Lazy Chef,Steamed Moist Chocolate Cake

Untuk 1buah cake loyang tulban (bolong di tengah) diameter 20 cm, tinggi sekitar 15 cm

Resep cake kukus lainnya: Cake Kukus Lapis Coklat KejuCake kukus tanpa mikser :Cake Kukus Pisang Zebra Hijau dan Coklat

Bahan cake:- 170 gram mentega/margarine- 150 gram gula halus (blender gula pasir hingga menjadi tepung)- 200 ml susu cair(anda bisa pakai susu kotak UHT, susu kental manis atau susu bubuk yang dicairkan dengan air. Yang penting susu berbentuk cair, coklat atau putih semua bisa)- 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu- 110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna (mis. Segitiga Biru atau Kunci Biru)- 50 - 60 gram coklat bubuk, gunakan kualitas yang baik agar cake berwarna gelap dengan rasa nendang dan tidak pahit. Saya pakai merk Bensdorp.- 1/4 sendok teh baking soda (resep asli 1/2 sendok teh), jika tidak pakai BS ganti dengan 1/4 sendok teh baking powder- 1 sendok teh baking powder (resep asli 1/2 sendok teh), sebaiknya gunakan BP double acting, kondisi masihfreshagar bekerja dengan baik dan cek masa kedaluarsanya- 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan topping untuk pelapis permukaan cake (optional)- 150 gram coklat blok putih- 30 gram mentega- 50 ml susu cair- coklat messes untuk taburan

Cara membuat:Siapkan loyang yang berlubang tengahnya, saya menggunakan loyang chiffon dengan garis tengah 25 cm. Anda bisa menggunakan loyang loaf. Olesi mentega agak banyak dan taburi tepung terigu hingga merata. Pastikan seluruh permukaan loyang tertutupi tepung.

Dalam panci kecil, campur gula, mentega, susu dan vanila. Panaskan dengan api kecil hingga gula dan mentega larut, aduk-aduk Tidak perlu sampai mendidih, jika mentega dan gula telah meleleh segera angkat. Biarkan supaya agak sedikit mendingin.

Ayak bahan kering: tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder di dalam mangkuk. Sisihkan.

Jika larutan mentega gula sudah agak hangat tandanya jari tangan anda terasa nyaman ketika dicelupkan ke dalamnya, masukkan kocokan telur ke dalamnya. Jangan masukkan telur ketika mentega dan gula masih panas karena telur ayam bisa menjadi berserabut. Aduk rata.

Masukkan larutan telur, mentega dan gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk-aduk pelan. Jangan mengaduk adonan kuat-kuat dan aduk hanya sebentar (seperlunya saja) yang penting sebagian besar tepung telah basah dan bercampur larutan. Jika masih ada tepung yang menggumpal dengan ukuran sebesar kacang tanah (bukan sebesar biji salak ya) biarkan saja. Adonan yang terbentuk agak cair dan ketika di sendokkan akan mengalir jatuh dengan mudah.

Tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air kemudian baru ditutup dengan penutup dandang.

Kukus selama 45 menit dengan api sedang dan jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus. Angkat kue dan biarkan agar mendingin sebelum dilepaskan dari loyang. Biarkan cake dingin sempurna di rak kawat.

Sambil menunggu cake dingin, kita buat toppingnya.

Masukkan coklat blok, mentega dan susu cair ke dalam panci. Panaskan hingga semua bahan meleleh. Angkat. Aduk-aduk coklat hingga menjadi cairan kental.

Pastikan cake benar-benar dingin sebelum diolesi topping. Letakkan alas di bawah rak kawat, siram cake dengan lapisan topping hingga semua permukaannya tertutup topping. Sendoki bahan topping yang meleleh turun dan siramkan kembali ke permukaan yang toppingnya belum merata. Taburi dengan coklat messes ke seluruh permukaan topping.

Diamkan cake agar topping mengeras atau masukkan ke kulkas+10 menit.Potong-potong cake dengan pisau tajam dan cake siap disajikan.

Source:The Lazy Chef,Steamed Moist Choc