kumpulan resep kue dan masakan

Download Kumpulan Resep Kue Dan Masakan

Post on 29-Nov-2015

35 views

Category:

Documents

16 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Kumpulan resep kue dan masakan

Kue Mangkok

Bahan :350 gr tepung beras350 gr gula pasir250 gr tape singkong600 ml air hangat60 gr tepung terigu2 sdt baking powderpewarna merah, hijau, kuning butir kelapa tidak terlalu tua, parut dan digarami

Cara membuat : Campurkan tepung beras dengan tape singkong dan 200 ml air. Uleni selama 30 menit atau sampai adonan lembut.

Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni lagi 15 menit supaya tercampur rata.

Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk sampai rata. Terakhir masukkan sisa air sedikit demi sedikit sampai habis. Diamkan selama 30 menit. Bagi adonan menjadi 3 bagian, warnai tiap adonan dengan pewarna merah, hijau, dan kuning.

Sementara itu panaskan cetakan dalam dandang yang mendidih airnya. Pakai api besar supaya cetakan panas betul. Isi cetakan dengan adonan sampai penuh.

Kukus selama 30 menit sampai kue merekah. Selama mengukus, lapisi tutup dandang dengan serbet dan dandang jangan dibuka. Setelah matang, angkat. Tunggu sampai kue dingin, keluarkan dari cetakan. Hidangkan dengan parutan kelapa yang telah diberi garam.

Bolu Kukus Pelangi

Bahan:

6 butir telur200 gram gula pasir200 gram tepung terigu. Pada praktek menggunakan tepung terigu segitiga biru.1/2 sendok teh garam1 sendok makan emulsifier. Ini berfungsai untuk melembutkan adonan. Dipasaran bisa ditemukan berbagai merek emulsifier seperti Ovalet, SP, Spontan 88, TBM, dan lainnya. emulsifier bisa juga diganti dengan Baking Ingredient.80 ml santan kental50 ml minyak sayurPewarna makanan yang berwarna merah, kuning, dan hijau.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi:

-Mixer telur, gula, emulsifier, dan garam hingga adonan berwarna pucat dan mengental.-Tambahkan tepung terigu, aduk secara perlahan hingga rata.-Tambahkan santan dan minyak sayur dan aduk rata dengan spatula atau sutil.-Jika sudah, bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian beri warna merah (pink), satu bagian beri pewarna kuning, dan satu bagian lainnya beri warna hijau. Pastikan masing-masing adukan memiliki warna yang rata.-Siapkan loyang yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti. Tuang adonan merah, kukus selama 10 menit. sebelum 10 menit tutup kukusan jangan dibuka agar kue bolunya mengembang sempurna. Selain itu, gunakan juga handuk atau kain lap bersih untuk memberi alas pada tutup kukusan. Alas ini diperlukan agar tidak ada tetesan uap yang jatuh kedalam adonan kue bolu pelangi yang sedang kita kukus.Setelah 10 menit masukkan lapisan yg kuning. Kukus lagi selama 10 menit.-Kemudian yang terakhir masukkan lagi adonan yang berwarna hijau. Untuk warna pelapis yang terakhir ini, kukus selama 30 menit hingga benar-benar matang.

:: sambel goreng pete ::

Sambal Goreng Petai memiliki rasa yang pedas dan memiliki sensasi khas petai. Menambah selera makan, cocok untuk teman makan ayam atau ikan bakar/goreng. Tidak kalah lezat dengan Sambal Petai yang disajikan segar.

Bahan:

2 - 3 papan petai, ambil isinya, buang kulit ari, belah dua50 ml air1/2 sdm gula merah, iris tipisMinyak untuk menumis secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan:

100 gram cabai merah3 butir bawang merah2 siung bawang putih1 butir kemiri1/2 sdt garam1/4 sdt terasi

Cara Membuat:

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.Masukkan petai, aduk-aduk sebentar.Tambahkan gula merah lalu tuangkan air, aduk hingga rata.Tunggu hingga sambal sedikit mengering atau tidak terlalu berair.Angkat, dan sajikan sebagai teman makan ayam atau ikan goreng/bakar.

:: Puding Tiramisu ::

Bahan-bahannya :

Susu segar 500 mlWhipping cream 100 mlAgar-agar bubuk putih 1 bungkusKopi instan 1 sdt , larutkan dengan 1 sdm air panasDark cooking chocolate 50 g , potong kecilGula pasir 75 gKahlua 1 sdm , jika sukaPelengkap:saus cokelatcokelat serut

Cara membuat Puding Tiramisu :

Masak semua bahan puding dengan api sedang sambil aduk-aduk hingga cokelat larut dan mendidih.Kemdian angkat, sambil terus diaduk-aduk sebentar. Tambahkan Kahlua, jika suka, aduk rata.Tuangkan adonan ke dalam loyang atau cetakan sesuai selera Anda.Setelah itu dinginkan. Simpan dalam lemari es hingga dingin, dan mengeras.Selanjutnya potong-potong puding, dan sajikan dengan Pelengkapnya,

:: Sus Vla Vanila ::

Bahan Sus:150 gram tepung terigu protein sedang125 gram margarin atau butter200 ml air1 sdm gula pasir4 butir telur

Bahan Vla:50 gram tepung maizena75 gram gula pasir2 butir kuning telur500 ml susu UHT rasa vanila

Cara Membuat Sus:Rebus air, tambahkan mentega dan gula pasir hingga adonan cair dan mendidih.Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis. Angkat, dinginkan.Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.Masukkan adonan dalam plastik segitiga yang ujungnya sudah dilubangi dan diberi cetakan bentuk bintang besar.Di atas loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung tipis, semprotkan adonan. Lakukan hingga adonan habis, beri jarak karena sus akan mengembang.Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200 derajat celsius selama 25 menit atau hingga matang.Angkat, dinginkan.

Cara Membuat Vla:Larutkan maizena dengan sedikit susu.Kocok lepas telur, campur dengan larutan maizena.Rebus susu hingga mendidih bersama gula pasir, aduk-aduk hingga gula larut.Tuangkan larutan maizena, telur dan susu. Aduk cepat hingga mendidih dan tercampur rata.Angkat, dinginkan.Cara Penyajian:Gunting bagian pinggir sus, seperempat atau setengah bagian dan jangan sampai putus.Masukkan vla dalam cetakan segitiga yang ujungnya sudah dilubangi.Semprotkan pada bagian dalam vla.Lakukan hingga semua sus habis.

:: Roti Kukus Isi Coklat ::

Bahan:

200 gram gula pasir2 butir telur275 gram tepung terigu protein sedang2 sendok teh emulsifier (tbm/sp)1/2 sendok teh Baking powder1/2 sendok teh essence vanilla60 gram cokelat bubukCoklat blok yang sudah dipotong dadu

Cara membuat:

Kocok telur, gula pasir, emulsifier selama 10 menit hingga adonan menjadi pucat.Masukkan tepung terigu dan baking powder, setelah tepung terigu masuk, kocok secara perlahan, tambahkan essence vanilla dan cokelat bubuk, aduk hingga rata.Isi setengah bagian mangkuk cetakan dengan adonan.Tambahkan cokelat blok yang sudah dipotong dadu kemudian tambahkan adonan di atasnya.Kukus di dalam panci kukusan selama 10 menit dengan api besar, setelah mengembang angkat dan lepaskan dari cetakannya, siap untuk dihidangkan.Kejutan cokelat di dalam roti kukus Anda akan membuat orang-orang terkasih Anda terkesan sejak gigitan pertama.

:: Kue Kering Coco Crunch ::

Bahan Bahan:

125 grm Margarin100 grm mentega180 grm Gula halus2 butir kuning Telur250 grm Tepung Terigu25 grm Coklat Bubuk50 grm MaizenaKoko Krunch secukupnya

Cara Membuat:

Kocok margarine, Mentega, dan gula hingga lembut.Tambahkan kuning telur satu per satu dan aduk dengan spatula hingga merata.masukan terigu yg sudah di ayak, coklat bubuk, dan tepung Maizena aduk hingga merata dan bisa di bentuk.Bentuk adonan menjadi bola bola kecil .siapka loyang, dah olesi dengan margarine.pipihkan bola-bola pada loyang, dan beri taburan koko krunch.Panggang adonan tersebut pada oven dgn suhu 180 C selama kurang lebih 20 menit.setelah matang, angkat dan diamkan terlebih dahulu agar mengeras dan bs di sajikan

:: KUE KERING COKLAT CAPUCINNO ::

Bahan-bahan kue kering coklat : 1 sdt vanili bubuk 1 butir kuning telur 15 gr coklat bubuk 25 gr maizena 200 gr tepung terigu protein sedang atau rendah 150 gr butter/mentega 75 gr tepung gula 50 gr capucino 100 gr dark coklat, lelehkan.

[-] Toping 15 gr coklat bubuk + sdt pasta coklat 1 sdm air jeruk nipis 25 gr capucino butir putih telur ukuran kecil 125 gr tepung gula [-] Cara membuat kue kering coklat : Kocok butter, margarine, tepung gula dan vanili sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan telur aduk sampai rata. Masukkan secara bertahap campuran susu, coklat bubuk, tepung terigu, dan maizena ke dalam adonan, aduk dengan menggunakan sendok kayu, lakukan hingga tepung habis. Masukkan dark coklat yg sudah dilelehkan , aduk rata Giling adonan setebal cm, potong menjadi kotak kecil. Panggang dengan suhu 160 derajat hingga kue matang lalu dinginkan. Cara membuat toping : Campur putih telur dan gula halus secara bertahap hingga rata. Masukkan air jeruk nipis aduk rata. Bagi menjadi dua adonan, satu bagian campur dgn capucino instan, satu bagian campur dengan coklat bubuk + pasta coklat. Penyelesaian Masukkan bahan toping ke dalam plastik segitiga, potong kecil ujungnya. Hias dengan toping putih bagian pinggir mengikuti bentuk kue, penuhi bagian yg kosong dengan toping coklat, beri hiasan ikan kecil warna-warni dari bahan gula. Panggang kembali 5 menit dengan suhu rendah.:: KAREE KOFTA ::

Bahan 1: 350 gr Daging cincang /giling)1 ea Bawang Bombay (cincang)1 btg Seledri (cincang)2 butir Telur Ayam

Bumbu Halus:2 cm Kunyit (dibakar) sdt Ketumbar sdt Jinten3 ea Cabai Merah sdt MericaGaram secukupnya

Kuah:5 siung Bawang Merah3 ea Cabai2 cm Jahe2 siung Bawang Putih2 btg Serai1 sdt Ketumbar1 cm Kunyit (bakar) sdt Jinten4 sdm Mentega300 ml Santan (dari 1 butir kelapa)2 ea Tomat (potong kasar)200 ml AirGaram secukupnya

Cara Membuatnya:1. Campur semua bahan 1 dengan semua bahan bumbu halus, lalu aduk rata2. Bentuk adonan bulat-bulat sebesar kelereng, sisihkan3. Kuah: Bahan kuah berupa bawang merah, cabai merah, jahe, bawang putih, serai, ketumbar, kunyit dan jinten dihaluskan dan tumis dengan mentega hingga harum.4. Tuang santan dan air, didihkan5. Masukkan bola2 daging, tomat dan garam, Aduk rata. Masak bola2 daging di atas api kecil hingga matang. Angkat dan selamat menikmati.

:: ROTI MARYAM ::

Bahan:500 gr Terigu (Cakra)200 ml Air2 bh Telur Ayam125 gr MentegaGaram secukupnya

Cara