latihan soal ukdi

Click here to load reader

Post on 29-Jan-2016

107 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Semangat!

TRANSCRIPT

1. Seorang perempuan,22tahun datang dengan diantar keluarganya keUGD RS dengan keluhan sesak nafas diserti mengi sejak 1 hari ini,keluhan juga dirasakan selama 1inggu ini,sekarang sudah 5kali diberikan pengobatan semprot hidung tetapi tidak ada perbaikan,untuk berbicara susah dan menjawab pertanyaan terbata-bata. Apakah serangan asmaticus yang paling tepat pada pasien ini?a. status asmatikusb. persisten sedangc. persisten beratd.intermitten sedange.intermitten berat2. Akan dilakukan penelitian kesinambungan iimunisasi balita disuatu kecamatan yang terdiri dari 15 kelurahan,sampel yang diambil sebanyak 20%.Diambil 3 kelurahan dari 15 kelurahan secara random .semua anak balita di 3kelurahan tersebut diteliti. metode sampling yang paling tepat pada penelitian ini adalah?a. simple random samplingb. convinendence samplingc. multistage samplingd. cluster samplinge.area sampling3. Seorang laki-laki,23 tahun datang dengan diantar keluarganya ke UGD RS dengan keluhan sesak nafas yang disertai mengi yang berat serta kontraksi otot pernafasan yang kuat,sebelumnya ada riwayat asma. Obat yang diberikan pada keadaan tersebut adalah?a. methylxanthinb. anti histaminc. long acting steroidd. short acting beta 2 agonise.long acting beta 2 agonis4. Seorang perempuan 20 tahun P2A2, datang ke puskesmas dianar dukun. Pasien tampak lemah setelah satu jam yang lalu melahirkan, namun plasenta belum keluar. Pada pemeriksaan didapatkan kondisi umum lemah, tekanan darah 90/50 mmhg, nadi 140x/m, emperatur 38 derajat celsius, RR 24x/m, TFU setinggi pusat dan kontraksi lemah, conjungtiva anemis, keringat dingin, urin pekat dan sedikit. Tindakan yang harus segera dilakukan adalah:a. Uterotonikb. Tampon vaginac. Manual plasentad. Tranfusi darahe. Infus cairan5. Seorang demam 5 hr, pada hr ke 3 demam sempat turun tetapi naik lagi. Keluhan mialgia, mimisan, gusi berdarah, efisusi pleura. Lab. AL < N, AT 3 bulan, disertai penurunan berat badan, demam pada malam hari. Pasien mendapatkan terapi OAT selama 1 bulan. Setelah minum, pasien merasakan nyeri sendi, pada pemeriksaan terdapat tofus. OAT penyebab keluhan tersebut adalah?

Sterptomizin

Etambutol

Isoniazid

Rimfapisin

pirazinamid

60. Terdapat pasien :

I. Pasien laki-laki 56 tahun dengan hernia inkaserata

II. Pasien laki-laki 6 bulan dengan invaginasi

III. Pasien laki-laki 20 tahun dengan volvulus

IV. Pasien laki-laki 50 tahun dengan peritonitis ec app perforasi

V. Pasien laki-laki dengan colelitiasis

Manakah pasien yang harus didahulukan?

Pasien I

Pasien II

Pasien III

Pasien IV

Pasien V

61. Laki-laki datang ke UGD dengan tidak sadarkan diri. Dari aloAx pasien terdapat riwayat muntah berwarna hitam dan BAB hitam. Px pisik somnolen, TD 100/70 mmHg, N 110x/m, konjungtiva anemis, ginekomasti +, spider nervi +, ascites +. Penyebab pasien tidah sadarkan diri adalah ?

Azotemia

Hiponatremia

Hiperuremia

Asidosis metabolik

62. Pasien wanita datang ke UGD dengan tidak sadarkan diri. Px fisik TD 130/90mmHg, N 120x/m, R 40x/m, cepat dan berbau aseton. GDS 350 mg%. diagnosisnya adalah?

Syok hipovolemik

KAD

Gagal ginjal kronik

Syok kardiogenik

Diabetic Non ketotik

63. Pasien datang Karena nyeri dibelakang kepala, memiliki riwayat HT, Px fisik TD 180/100mmHg, N 90x/m. pasien memiliki riwayat asma. Obat yang menjadi kontraindikasi adalah?

Captopril

Bisoprostol

Nefedipin

Metildopa

?64. Anak 4 tahun, mengeluh penisnya melengkuk jika ereksi, saat kencing pancaran tidak bisa lurus. Dari Px fisik OUE berada pada ventral penis. Dx?

Epispadia

Hipospadia

Phymosis

Paraphymosis65. Seorang anak 3 tahun dibawa ibunya ke PKM. Berat badanya 12 kg. Dari perhitungan berat ideal adalah 14 kg. maka gizi anak tersebut adalah ?

gizi kurang

gizi cukup

gizi baik

gizi buruk66. Laki-laki datang ke praktek dokter dengan keluhan nyeri dada kiri, dan memberat jika naek tangga. TD 170/115 mmHg. Obat yang tepat untuk pasien adalah?

Tiazid

ISDN

Nefedipin

lisinopril67. wanita mengeluh gatal-gatal di tangal, sejak 1 minggu yang lalu. Sejak Pasien terbiasa mencuci baju dengan sabun cuci. Px fisik didapatkan fissure kasar dan Px laboratorium eosinofil. Dx?

DKI

DKA

DA

68. Wanita 28 tahun datang dengan keluhan sakit kepala berputar sejak 5 jam yang lalu. Keluhan disertai mual muntah, penurunan pendengaran pada telinga kanan. TTV dbn. Riw HT(-), DM(-). Dx?

Cefalgia akut

Cefalgia kronik

Vertigo perifer

Vertigo sentral

Tension headache69. Seorang laki-laki datang dengan membawa hasil pemeriksaan ibunya yang menyatakan bahwa hasilnya ca cervix iib. Anak pasien meminta penjelasan tentang hasil Px. Bagaimana seharusnya sikap kita?

Memberitahuakn tentang ca cervix secara umum

Memeberitahukan tentang hasilnya kepada anak pasien

Tidak memberiktahukan karena persifat rahasia

Menolak Karena bukan kompetensinya70. Pasien datang dengan keluhan kencing berwarna putih dan bengkak pada kaki sebelah kiri. Dari Px darah tepi ditemukan parasit dengan bentuk panjang dengan banyak inti,ujung tumpul. Tetangga pasien juga ada yang menderita hal yang sama. Parasit apakah yang dimaksud?

Brugia malayi

Brugia timori

Onchocerca volvulus

Wuchereria bancrofti71. Seorang detailer mengajak ke Hongkong secara gratis dengan syarat dokter harus menuliskan resep 30 perhari selama 3 bulan. Bagaimana sikap dokter seharusnya?

Menerima tawaran detailer

Menolak tawaran karena pasien kurang

Menolak tawaran karena tidak etis

72. Seorang anak di bawa ke UGD karena KLL, pada tangan terdapat luka dan didpatkan jari yang terputus, arteri ada yang putus. Karena tidak ada keluarga, dokter langsung melakukan tindakan. Sikap etik yang diambil dokter merupakan?

Juctice

Otonomi

Benefice

Non maleficienci73. Seorang laki-laki mengeluhkan terdapat benjolan di kemaluannya. Pada pemeriksaan didapatkan kelenjar papilar seperti jengger ayam. Penyebab ?

HPV

HIV

HSV

MCV74. Dx dari kasus diatas?

Condiloma acuminate

Herpes simplek

Sifilis75. Seorang wanita 30 tahun dibawa ke RS dengan keluhan sesak napas setelah mengerjaan pekerjaan rumah. Dialami sejak pasien melahirkan anak ketiga. TTV dbn, JVP meningkat, cardiomegali, hepar teraba dengan tepi tumpul 3 cm di bawah arcus costa. Tanda apalagi yang mungkin didapatkan?

Spider nervi

Ascites

Puffy face

Edem piting76. Seorang laki-laki datang dengan keluhan ada benjolan di lipatan paha sebelah kiri. Benjolan menghilang jika pasien berbaring. Tidak ada rasa nyeri. Dx?

Hernia femoralis

Hernia inguinalis

Hernis scrotalis

Torsio testis

77. Seorang laki-laki 30 tahun datang ke UGD karena demam yang dialaminya sejak 3 hari yang lalu. Riwayat memancing di kolam dekat rumahnya. Keluhan disertai dengan nyeri di kedua betis. t 38 C, Px lab lekosit meningkat, Hb normal, bilirubin meningkat, kreatinin meningkat. Apa Dx?

DHF

Demam typoid

Leptospirosis

DF78. Laki-laki 35 tahun datang ke tempat praktek, untuk ingin meminta surat keterangan sehat karena ingin melamar pekerjaan. Dari hasil Px fisik TD 150/90 mmHg, N 88x/m, R18x/m. Tindakan yang tepat?

Memberikan obat hipertensi

Melakukan Px EKG

Melakukan Px laboratorium

Meminta mengulang lagi TD79. Anak laki-laki 5 tahun diantar oleh ibunya karena tidak dapat melihat pada waktu sore hari, tidak riwayat trauma kepala dan mata. Pasien tidak suka susu dan sayuran. Ap Dx?

Miopi

Hipermitropi

Xerotalmus

Ablasio retina80. Laki-laki masuk UGD karena keluhan bintik2 kemerahan pada kedua tangan dan kaki. Riwayat demam (-), nyeri pada gigi disertai dengan perdarahan gusi, mudah lebab jika terbentur benda. TTV dbn, Hb 9, leukosit 15000, trombosit 100 ribu. Apa Dx?

ITP

Leukemia

Hemophilia

Anemia hemolitik

81. Pasangan suami istri belum memiliki anak, pernikahan sudah 7 tahun. Istri haid teratur, tidak ada riwayat keputihan. Pemeriksaan HSG baik, Px selanjutnya?

Analisis sperma

Darah rutin

Urin rutin

Pemeriksaan HCG82. Pasien 24 tahun datang Karena nyeri perut kanan bawah, disertai mual muntal, penurunan nafsu makan. Nyeri dirasakan didaerah pusat. NT Mc burney (+). Apa Dx?

Cholelitiasis

Appendicitis

KET

ISK

83. Pada suatu daerah dilakukan penelitian, ditemukan penderita TB 50%. DBD 40%. Kemudian dilakukan penelitian mencari hubungan sebab akibat dari penyakit tersebut. Dan waktu dibutuhkan tidak lama. Penelitian yang dimaksud?

Kohort

Cross sectional

Deskriptif

84. Seorang wanita datang dengan mengeluh haid terlambat 1 bulan yang lalu, siklus haid 28 hari. Pada pemeriksaan fisik didapatkan uterus 2 jari di atas simpisis pubis. Bagaimanakah keadaan yang tepat dari kasus di atas?

a. usia kehamilan 12 mgg

b. usia kehamilan 10 mgg

c. besar masa kehamilan

d. kecil masa kehamilan

85. Seorang penderita TB mengkonsumsi OAT, kemudian pasien mengeluh lemas. Dari pemeriksaan didapatkan konjungtiva anemis, hb: 9 mg/dl. OAT yang berefek samping keluhan di atas?

a. INH

b. etambutol

c. streptomisin

d.pirazinamid

e. 86. seorang bayi berumur 5 bulan datang ke puskesmas ingin diimunisasi, belum pernah diimunisasi. Imunisasi apakah yang tepat diberukan saat ini?

a. BCG, polio, DPT

b. Hep. B, polio, DPT

c. BCG, Hep. B, DPT

d. BCG, campak, Hep. B

e. polio< campak, Hep.B

87. pasien laki-laki datang dengan penurunan kesadaran, demam naik turun selama 6 hari disertai menggigil. Baru pulang dari papua. Diagnosis yg tepat?

a. meningitis

b. enchepalitis

c. tetanus

d. malaria cerebral

88. Pasien datang ke UGD dengan keluhan luka di kakinya. Tetapi dokter jaga sedang keluar. Dasar etik apa yg mendasari tindakan dokter?

a. justice

b. aotonomy

c. altruisme

d. beneficience

e. nonmalficience

89. Seorang anak ketakuatan dan berkeringat dingin pada saat masuk lift. Pada saat di rumah juga dengan keluhan yg sama apabila berada pada ruangan yg gelap dan sempit. Gejala apakah?

a. phobia

b. lupa

c. lupa

90. Seorang wanita, sering berbicara sendiri, sering berteriak... pasien sehabis meklahirkan 1 bulan yang lalu.

a. skzofrenia

b. depresi

c. psikosi akut

d. depresi pasca melahirkan

e. lupa

91. Seorang dokter mendahulukan pasien karena merupakankeluarga teman sejawat di poli tempat prakteknya yang nomer antriannya masih lama. Kesalahan etika yang dilakuka dokter tersebut adalah?

a. justice

b. aotonomy

c. altruisme

d. beneficience

e. nonmalficience

92. seorang wanita datang ke UGD dengan penurunan kesadaran, GDS 500 mg/dl, pH 7,72 ,HCO3- (lupa).. kondisi pasien merupakan keadaaan?

a. KAD

b. HONK

c. koma hiperglikemi

d. asidosis metabolik

93. seorang perempuan mengeluh terasa mengganjal mata bola matanya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan selaput hingga mencapai bagian hitam...

pterigium derajat 1

pterigium derajat 2

pterigium derajat 3

94. klasifikasi hipospadia..???95. Seorang laki2 ditangkap karena mengambil jemuran pakaian dalam tetangganya. Termasuk apakah gejala ini?

phobia

kleptomania

96. Seorang wanita keluar cairan dari telinganya 3 hari yll. Pada px fisik didapatkan gambaran bombans pd membran timpani. Dx?

OMA supuratif

OMSK

OMA stadium hiperemis

OMA stadium perforasi

97. Sumber perdarah epistaksis posterior?

arteri sphenoidalis

lupa

lupa

98. Terapi malaria lini pertama? Artesunat-amodiakuin-primakuin

99. Obat antiepilepsi?

100. Anak laki-laki berusia 3 tahun datang diantar neneknya ke tempat praktek dokter dengan keluhan diare setelah makan bubur kacang hijau 2 hari yll. Frekuensi diare 3-4 kali sehari, dalam tinja didapatkan sisa makanan yang belum tercerna. Berat badan di timbang tiap bulan di posyandu sejak 6 bulan. Px fisik tampak CM, muka bulat, perut buncit, BB 9,2 kg. Dx ? Marasik-kwasiokor

Marasmus

Kwashiorkor

Sindrom nefrotik

Beri-beri

101. Bayi perempuan lahir dirawat di rung khusus karena tampak kuning. Bayi merupakan anak ke tiga. Lahir cukuo bulan degn AP 5/8. Ibu berusia 28 tahun, gol darah B rh-, ayah golongan darah O rh+. Hasil lab menunjukan Hb 15, bil total 8, gol darag O. apakah penyebabnya?

Inkompabilitas ABO Inkompabilitas rhesus

Atresia duktus hepatikus

Hepatitis A

toxsoplasma

102. Seorang bayi laki-laki usia 3 hari dibawa ibunya ke dokter dengan keluhan kulit tampak kuning. Kehamilan ibu cukuo bulan dan selama kehamilan tidak pernah sakit yang berarti. Saat akan melahirkan, selpaut ketuban pecah > 18 jam. Tidak ada perbedaan gol darah antara ayah-ibu. Px fisik BB bayi 3100 gr. Apakah penyebabnya? Trauma saat melahirkan

Bayi kekurangan cairan

Fungsi hepar belum sempurna

Infeksi akibat ketuban pecah dini

Konsumsi ASI

103. Anak laki-laki 2 tahun dengan keluhan pucat dan kuning. Px fisik ditemukan konjungtiva anemis dan sclera ikterik, serTA hepatosplenomegali. Px lab Hb 7,4 g/dl, HT 20,7 %, MCV 33,5 fl. Apusan darah tepi menunjukan eritrosit mikrositik hipokromik dengan anisopolikilositosis. Apakah Px penunjang yang tepat?

Kadar bilirubin

Hitung retikulusit

Elektrofurosiensi Hb

Px sumsum tulang

Kadar Fe darah

104. Seorang ibu datang k PKM, dengan mengendong bayinya yang berusia 5 nulan untuk dilakukan imunisasi. Ia melahirkan di klinik bersalin. Menurutnya saat di klinik, bayinya sudah diimunisasi, 2x disuntik dan 1x ditetes vaksin di mulut sebelum pulang. Tetapi sejak saat itu tidak pernah di bawa untuk imunisasi lagi. Imunisasi dasar apa saja yang seharusnya sudah diberikan? HB-2,HB-3, DPT 1, DPT 2, Polio 2

HB-2, HB-3, DPT 1, Polio 1

HB-2, DPT 1, DPT 2, Polio 1, Polio 2

HB-2, DPT 1, Polio 1

HB-2, DPT 1, polio 2

105. Seorang wanita 55 tahun, bertubuh gemuk, bekerja sebagai penjual rujak, setiap malam mengeluh nyeri jari 1,2,3 kanan. Sehingga menggangu tidurnya. Beberapa minggu kemudian tangan kanannya tidak kuat untuk memegang, terasa tebal pada volar 3 1/2 jari, otot pangkal ibu jari mengecil. Topical diangnosis kasus ini adalah? Radiks c6-c7

Mielum c6-c7

N. medium

N. uknaris

N. radialis

106. Laki-laki 53 tahun datang ke RS untuk control pemyakit HT-nya, pasien mengeluh jantungya berdebar-debar dan otot terasa lemah. Pasien sering mengkonsumsi obat perangsang kencing. Pada Px Ro jantung membesar, kelainan EKG. Efek samping obat yang paling mungkin adalah?

Hipokalemi

Hiponatremia

Hipokalsemia

Hipomagnesium

Def zat besi

107. Perempuan 56 tahun pergi ke dokter praktek umum dengan keluhan keluar cairan putih dari kemaluan. Setelah dilakukan Px didapatkan kesimpulan CA servik. Dokter mengatakan Dx pasien tersebut, dan pasien mengatakan apakah benar saya menderit pernyakit tersebut. Upaya apakah paling tepat dilakukan dokter tersebut? Rujuk ke psikiter

Melakukan tes psikolog

Menyarankan banyak beribadah

Menyarankan banyak aktifitas

Melakukan konseling individu

108. Seorang wanita 21 tahun keluhan keua sisi penglihatan gelap. Px fisik TD 90/70 mmHG, nyeri kepala berdenyut. Px fisik dbn. Pengobatan ?

Diklofenak

Morfin sulfat

PCT

hidrokortison

109. seorang wanita mengeluh gatal sehabis mencuci baju dan alat rumah tangga. PX dermatologi tampakfisura di telapak tangan berwarna putih. Dx?

DKA

DKI

DA

Liken planus

110. Wanita mengeluh sakit jantung, berdebar-debar . Px fisik dbn, tetapi pasien merasa dirinya sakit. Dx?

Gangguan hipokondria

Gangguan somatisasi

Gangguan cemas menyeluruh

Skizofren

111. Seorang anak 16 tahun, diantar ibunya untuk memeriksaakan.ibunya cemas karena anaknya pergi dengan pacarnya, 1 minggu tidak pulang. Ibunya ingin mengetahui apakah anaknya melakukan hubungan seksual, maka sikap dokter? Melakukan pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan, tetapi hasilnya tidak diberitahukan kpda ibunya

Melakukan PX dan melaporkan kepada ibunya

Tidak melakukan Px

Menyuruh ibunya untuk melapor ke polisi dahulu, lalu dokter akan memeriksa

112. Bayi 1 bulan, keluhan muntah 4x tiap menyusu sejak 3 hari yll. Px fisik cuping hidung -, R 68x/m. demam -,whezzing-, ronki-, retraksi subkosta+. Dx?

Bronkiolitis

Brokiektasis

Pneumonia

HMD

113. Laki-laki 10 datang Karena sesak napas disertai mengi sejak kemaren. 1 minggu ini sudah 5 kali serangan berulang. Sudah diberikan obat semprot namun tidak membaik. Ketika ditanya masih bisa menjawab dengan terbata-bata. Termasuk jenis asma apakah?

Asma persisten ringan

Asma persisten sedang

Asma persiten berat

Asma intermiten sedang

Asma intermiten berat

114. Seorang anak laki-laki , mengeluh bila BAK tidak semestinya, menangis. Px fisk prepotium tertarik ke belakang. Dx?

Hipospadia corona Hipospadia corporis

Hipospadia gland

Hipospadia skrotal

115. Laki-laki 60 tahun, datang tidak sadarkan diri. Menurut keluarganya pasien muntah, riwyat DM tak terkontrol, GDS 280 mg, napas bau keton. Dx? HONK

KAD

Alkalosis metabolik

116. Wanita 40 tahun, datng ke UGD karena mulutnya mencong ke kanan dan matanya tidak dapat menutup. Deficit neurologi mana?

N. optikus dx

N. oclomotorium dx

N.fasialis dx

N. trigeminus dx

N.optikus sinistra

117. Wanita 47 tahun dtang karena nyeri perut seperti terbakar, menjalar sampai kepunggung belakang. Px mual, muntah. Dx?

Appendicitis

Cholesistitis

Hepatitis

pielonefritis

118. wanita 36 tahun megeluh bahwa mendadak tungkai tidak dapat digerakkan, kemudian kedua tangganya lemah. TD 150/100mmHg. Neurologis dbn. Dx? OA

AR

GBS

Duchen muskuler

epilepsi

119. sekelompok orang dibawa ke RS karena muntah, pucat, biru mukanya, banyak mengeluarkan air liur, diketahui mereka habis mengkonsumsi singkong bakar. Bahan karsinogen yang memungkinkan gejala tersebut? Arsen

Na bikarbonat

Organofosfat

disinfektan

120. Seorang laki-laki berusia 18 tahun mengalami deman yang hilang timbul, menggigil dan splenomegali. Pemeriksaan laboratorium sel darah merah membesar, terdapat granul schuffner dan ditemukan parasit yang berbentuk iregular/ amoeboid. Kemungkinan, pasien ini mengalami infeksi....

Plasmodium falciparum

Plasmodium vivax

Plasmodium ovale

Plasmodium malariae

Plasmodium rhodain

121. Seorang wanita berusia 27 tahun yang sudah menikah selama 1 tahun, telat haid 3 bulan. Ia mengeluarkan darah sedikit-sedikit sejak 2 hari yang lalu dengan disertai kram perut. Ia juga mengalami mual dan muntah yang hebat. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 160/90 mmHg, denyut nadi 120/ menit, tinggi fundus uteri 1 jari di bawah pusat , ballottement negatif, denyut jantung janin negatif, plano test (tes kehamilan) positif, albumin urin (+).

Diagnosis yang mungkin untuk pasien ini adalah.......

Abortus iminens

Hipertensi gravidarum

Inpartu

Pre-eklamsia berat

Mola hidatidosa

122. Seorang wanita berusia 25 tahun, belum menikah, mengalami terlambat haid selama 10 minggu. Plano test positif. Ia mengalami perdarahan pervaginam selama 2 minggu. Satu minggu sebelumnya ia pergi ke dukun bayi dan di beri ramuan yang di masukan ke vagina. Beberapa hari ini perdarahan semakin banyak dan berbau tidak enak disertai demam. Dilakukan pemeriksaan didapatkan tekanan darah 90/70 mmHg, denyut nadi 112 kali/menit. Suhu aksila 37,50C dan suhu rektal 390C. Vaginal touche: flek (+), bau (+). Portio terbuka dan teraba jaringan.

Diagnosis untuk pasien ini adalah.......

Abortus iminens

Abortus insipien

Abortus inkomplit

Aborus spontan

Abortus septik

123. Seorang wanita berusia 35 tahun P2G2 mengalami perdarahan selama 2 minggu, dan setiap hari ia harus ganti 5-6 pembalut dan dismenorea (+). Pada pemeriksaan fisik, pasien tampak anemis, tekanan saran 120/70 mmHg, denyut nadi 92 kali/ menit. Teraba massa di abdomen yang berbatas tegas, setinggi 1 jari dibawah pusat, mobile padat. Nyeri (-). Vaginal touche: flek (+), portio tertutup licin. Korpus uteri ante fleksi sebesar 18-20 minggu. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan Hb 7,6 g/dL. Plano test (-). Kemungkinan diagnosis untuk pasien ini adalah.... Kanker serviks

Kanker endometrium

Polip serviks

Mioma uteri

Geburt mioma

124. Seorang pria di bawa ke UGD dengan keluhan sesak napas. Pasien sudah 2 kali dirawat seperti ini. Pada pemeriksaan didapatkan ronki pada kedua basal paru dan pitting edema pada ekstrimitas. Diagnosis........

Gagal jantung kiri

Gagal jantung kanan

Gagal jantung kongestif

Hipertensi pulmonal125. Seorang perempuan berusia 40 tahun datng ke puskesmas dengan keluhan batuk berdahak sejak 2 minggu yang lalu. Keluhan disertai penurunan berat badan dan nafsu makan. Enam bulan lalu pasien pernah mengalami hal yang sama, pasien sudah berobat selama 3 bulan dan mendapat obat yang membuat urinnya berwarna merah. Obat diminum tidak teratur dan pasien jarang kontrol ke puskesmas. Saat ini pasien merasa kondisinya lebih buruk dibanding 6 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan dahak ditemukan bakteri tahan asam.

Apakah diagnosis yang paling tepat untuk pasien ini?

Tb paru kasus baru

Tb paru kasus kronik

Tb paru kasus kambuh

Tb paru kasus putus obat

Tb paru kasus gagal terapi

126. Seorang laki-laki berusia 55 tahun datang ke dokter dengan keluhan nyeri pada sendi jari kaki dan tangan sejak 1 minggu yang lalu. Pasien menderita Tb paru dan sedang mendapat terapi sejak satu bulan yang lalu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh sendi metatarsofalangeal dan metakarpofalangeal tampak bengkak, pergerakan terbatas.

Obat apakah yang dapat menyebabkan keluhan tersebut?

INH

Etambutol

Rifampisin

Pirazinamid

Streptomisin

127. Seorang laki-laki berumur 16 tahun terjatuh saat mengendarai sepeda. Ditemukan darah pada muara uretra eksterna dan skrotum tampak bengkak.

Apakah pemeriksaan yang dianjurkan?

IVU

BNO

Uretrocystografi

Uretrografi

Cystografi

128. Seorang pasien wanita, umur 25 tahun, baru saja digigit oleh kera dan terdapat luka pada tangan kanannya. Tindakan pertama terhadap luka adalah dibersihkan dengan......

Air sabun 20%

Povidon iodine

Alkhohol 96%

Larutan hidroksi peroksida

Air

129. Seorang laki-laki berumur 35 tahun, merasa cemas, berkeringat dingin setiap kali akan memimpin suatu rapat rutin. Ia baru saja diangkat sebagai pemimpin perusahaan cabang tersebut dan ia belum banyak mengenal karyawan2 barunya. Ia merasa selalu menjadi pusat seluruh karyawannya. Ia menyadari bahwa kecemasan tersebut berlebihan dan tidak beralasan. Ia berpendidikan tinggi sehingga ia tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Gangguan yang dialami laki-laki tersebut.....

Panik

fobik

Penyesuaian

Stres spsifik

non spesifik

130. Seorang pilot datang ke praktek anda dengan keluhan nyeri kepala. Tiba-tiba pasien kejang, riwayat kejang sebelumnya tidak ada. Anda menyarankan pasien untuk memberi tau atasannya dan tidak menerbangkan pesawat. Tindakan etis yang anda lakukan adalah....

Menunggu hasil terapi

Memberi cuti panjang

Memberi tau atasannya

Menjaga rahasia

????????

131. Ditawarin detailer obat, asal memakai syarat 30 resep/ hari, obat yang diberikan sesuai kompetensi. Bagaimana sikap kita??

Diterima

Diterima dengan syarat dokter

Ditolak, tidak etis

Ditolak, merugikan pasien

????

132. Seorang laki-laki, ada benjolan di ujung kemaluan seperti jengger ayam, tidak bernanah dan tidak nyeri. Penyebab penyakit ini:

HPV

HIV

HSV

Sitomegalo virus

????

133. Seorang anak laki-laki tampak pucat, lemas. Keluhan ini bukan pertama muncul. Kakak pasien juga mengalami keluhan serupa dan di lakukan transfusi darah secara bertahap 1-2 bulan. Pemeriksaan laboratorium yang diperhatikan......

Hemoglobin

Kadar feritrin

?????

Hemoglobin dan morfologi eritrosit

Hemoglogin dan jumlah eritrosit

134. Wanita 23 tahun bengkak pada tungkai kiri, terasa ganjal dan tidak nyeri. Sebagian penduduk juga mengalaminya. Vital sign normal, pitting oedem (+) pada tungkai kiri. Diagnosis......

OA

Filariasis

Chikungunya

Gagal jantung

Alergi

135. Seorang wanita 42 tahun dibawa ke ugd dalam keadaan tidak sadar. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 160/100 mmHg, nadi 120 kali/menit, respirasi 40 kali/menit cepat dan bau keton. Pada pemeriksaan lab di dapatkan GDS 560 mg/dL, pH 7,1, k 33,3 mek/L, na 129 mek/l. Keton plasma +. Apa kemungkinan diagnosisnya......

Syok hipovolemik

Ketoasidosis diabetika

Gagal ginjal kronis

Syok kardiogenik

??????? (lupa)

136. Anak sudah bisa menegakkan kepalanya bisa mengikuti gerakan benda, sudah bisa duduk tegak dan mengoceh tidak jelas, jika dilihat dari perkembangan tersebut maka umur anak tersebut adalah.......

1 bulan

3 bulan

6 bulan

9 bulan

12 bulan

137. Seorang laki-laki usia 50 tahun datang dengan keluhan pendengaran berkurang pada kedua telinga. Pasien mengidap hipertensi 12 tahun. Diagnosis kemudian adalah Sensory Neural Hearing Loss (SNHL). Pemeriksaan garpu tala yang mungkin ditemukan dari pasien ini adalah........

Bone conduction = Air conduction

Bone conduction < Air conduction

Uji Rhinne negatif pada kedua telinga

Lateralisasi positif pada telinga kiri

Uji schwabach positif telinga kiri

138. Priroritas pasien yang didahulukan untuk operasi:

VI. Hernia inkarserata

VII. Invaginasi

VIII. Volvulus

IX. Peritonitis ec. App perforasi

X. (lupa)

I

II

III

IV

V

139. Seorang pri dibawa ke puskesmas karena kencing tidak keluar dari ujung penis. Muara uretra tidak terletak di ujung penis, penis bengkok ke ventral. Diagnosis........

Phimosis

Paraphimosis

Hipospadia

Hidrokel

Verikokel

140. Seorang anak laki-laki 5 tahun, sejak 5 hari yll demam,T 38,5 C. R 20x/m. batuk berlendir, muntah, penurunan nafsu makan. Tosil T0-T0. Uvula dan faring hiperemis, dan tampak patekie pada palatum. Perkiraan Dx? Tonsilofaringotis

Faringitis

Laryngitis

Stomatitis

tonsilitis

141. wanita 24 tahun mengeluh kalau mengalami penurunan penglihatan. Dia tidak dapat melihat sisi tepi kanan kiri lapang pandang. Untuk mengerakkan bola mata tak ad kelainan, visus ODS normal. Px perimetri menyempit. Pasien mengalami gangguan haid dalam 4 bulan. Kira- kra di man kelainannya?

N. optikus

Kiasma optikus

Radiotia optikus

Lobus oksipitalis

Traktur optikus ( kalo g salah )

142. Seorang anak laki-laki, umur 5 tahun, sejak 5 hari yang lalu demam, suhunya 38,5C, Respirasi 20x/menit. Batuk berlendir, muntah, dan penurunan nafsu makan. Tonsil T0-T0. Uvula dan faring hiperemis, dan tampak petekie pada palatum. Perkiraan diagnosis untuk anak ini adalah:

a. Tonsilofaringitis.

b. Faringitis.

c. Laringitis.

d. Stomatitis.

e. Tonsilitis.

143. Seorang wanita, umur 24 tahun, datang dengan keluhan pemurunan penglihatan. Ia tidak dapat melihat sisi tepi kanan dan kiri lapang pandangnya. Pada pemeriksaan mata, otot untuk menggerakkan bola mata tak ada kelainan, visus mata OD/OS normal, pemeriksaan perimetri menyempit. Pasien ada gangguan haid dalam 4 bulan belakangan ini. Dimanakah kira-kira letak kelainannya?

a. Nervus optikum

b. Kiasma optikum

c. Radiotia optikum

d. Lobus oksipitalis

e. (lupa, kalo gak salah traktus optikum)

144. Seorang wanita, usia 30 tahun hamil 35 minggu, ingin SC pada tanggal 17 Agustus. Dokter awalnya menolak, serta memberitahukan resiko yang akan terjadi pada ibu dan janin. Namun pasien memaksa. Akhirnya dokter mau menyanggupi, dan pasien disuruh masuk rumah sakit 1 hari sebelum SC. Dari kasus ini, dimanakah letak malpraktek dokter tersebut?

a. Dokter menyuruh pasien tersebut masuk RS 1 hari sebelum SC.

b. Inform consent tidak lengkap.

c. Dokter tidak memberikan obat untuk kematangan paru janin.

d. SC pada hari libur besar.

e.

145. Seorang pasien laki-laki, dibawa ke UGD, karena kepalanya baru saja kena pukul. Saat datang, kondisinya CM, 30 menit kemudian, ia terjadi penurunan kesadaran, sampai koma. Nadi 100x/menit. Apakah yang terjadi pada pasien ini?

a. Contussio cerebri.

b. Perdarahan epidural.

c. Perdarahan subdural.

d. Perdarahan subarachnoid.

e. Perdarahan intracranial.

146. Datang seorang pasien wanita umur 18 tahun, sejak 3 hari yang lalu mengalami batuk darah. Sejak 1 bulan yang lalu, pasien batuk disertai penurunan nafsu makan. 1 tahun yang lalu, pasien pernah mendapatkan pengobatan TB rutin selama 6 bulan penuh. Pasien merasa kondisinya membaik, sehingga tidak pernah control lagi, dan belum dinyatakan sembuh. BTA sputum +/+/-. Strategi pengobatan yang paling tepat untuk pasien ini adalah :

a. Seumur hidup.

b. Menunggu uji sensitivitas Bakteri M. Tuberculosis

c. OAT Kategori 1

d. OAT Kategori 2

e. OAT kategori 3

147. Pasien laki-laki, 24 tahun, datang dengan keluhan 4 hari ini tidak bisa BAB, dan 3 hari tidak bisa flatus, perut terasa kembung, serta pasien juga mengeluh mual. Pada pemeriksaan radiologi, tampak air fluid level (+), herring bone (+), loop loop colon membesar, dinding jaringan menebal, tak tampak udara bebas di cavum pelvis. Diagnosisnya adalah :

a. Ileus obstruktif dengan acites.

b. Ileus obstruktif dengan pneumoperitoneum.

c. Ileus paralitik dengan acites.

d. Ileus obstruktif dengan pneumopeeitoneum.

e. .

148. Seorang pria, usia 50 tahun, mempunyai keluhan mudah sesak nafas, setelah menaiki 5 anak tangga. Keluhan ini menghilang jika pasien beristirahat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan JVP 53cm. pengobatan yang tepat diberikan pada pasien ini adalah:

a. Digoksin

b. Spironolakton.

c. Diuretic.

d. Captopril.

e.

149. Seorang laki-laki, 20 tahun, datang dengan keluhan nyeri perut sebelah kanan atas. Pemeriksaan fisik didapatkan ia demam 37,3 C, nyeri pada intercostal sebelah kanan bawah, nyeri tekan (+). Hepatomegali (+), pada pemeriksaan radiologis tampak elevasi diafragma bagian dextra. Organism yang dapat menimbulkan keluhan diatas adalah:

a. Yersinia sp.

b. Entamoeba histolitica.

c. E.coli.

d. Leptospira Interogans.

e. Enterobacter sp.

150. Seorang pasien datang dengan keluhan muntah darah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda-tanda ia Hepatitis + (eritem palmar(+), spider nevi(+),dll). Yang menyebabkan gejala adalah

a. Gastroenteritis.

b. Pecahnya varises esophagus.

151. Seorang pasien laki-laki 20 tahun datang dengan keluhan terdapat bintik-bintik merah pada

lengan dan kakinya. Ia juga mudah lebam jika terantuk, serta sikat gigi mudah berdarah.

Kemungkinan diagnosisnya adalah :

a. Hemofilia

b. ITP

c. DIC

152. Seorang pasien laki-laki, datang dengan keluhan jika tidur pada malam hari, terutama jika terkena kipas angin, hidung sering tersumbat. Tidak ada riwayat nyeri pada wajah. Ada riwayat atopi di keluarganya. Kalau pagi hari, hidung sering tersumbat dan berair, konkanya pucat.

a. Sinusitis

b. Rhinitis alergika

c. Rhinitis vasomotor.

153. Seorang anak perempuan 5 tahun datang dengan keluhan susah menggerakkan kedua tungkainya. 1 minggu yang lalu pasien mempunyai riwayat demam, 2 hari kemudian kaku di tungkai dan punggungnya. Diagnosisnya adalah :

a. GBS

b. DMH

c. Polimielitis