latihan soal ukdi

Click here to load reader

Post on 29-Jan-2016

104 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Semangat!

TRANSCRIPT

1. Seorang perempuan,22tahun datang dengan diantar keluarganya keUGD RS dengan keluhan sesak nafas diserti mengi sejak 1 hari ini,keluhan juga dirasakan selama 1inggu ini,sekarang sudah 5kali diberikan pengobatan semprot hidung tetapi tidak ada perbaikan,untuk berbicara susah dan menjawab pertanyaan terbata-bata. Apakah serangan asmaticus yang paling tepat pada pasien ini?a. status asmatikusb. persisten sedangc. persisten beratd.intermitten sedange.intermitten berat2. Akan dilakukan penelitian kesinambungan iimunisasi balita disuatu kecamatan yang terdiri dari 15 kelurahan,sampel yang diambil sebanyak 20%.Diambil 3 kelurahan dari 15 kelurahan secara random .semua anak balita di 3kelurahan tersebut diteliti. metode sampling yang paling tepat pada penelitian ini adalah?a. simple random samplingb. convinendence samplingc. multistage samplingd. cluster samplinge.area sampling3. Seorang laki-laki,23 tahun datang dengan diantar keluarganya ke UGD RS dengan keluhan sesak nafas yang disertai mengi yang berat serta kontraksi otot pernafasan yang kuat,sebelumnya ada riwayat asma. Obat yang diberikan pada keadaan tersebut adalah?a. methylxanthinb. anti histaminc. long acting steroidd. short acting beta 2 agonise.long acting beta 2 agonis4. Seorang perempuan 20 tahun P2A2, datang ke puskesmas dianar dukun. Pasien tampak lemah setelah satu jam yang lalu melahirkan, namun plasenta belum keluar. Pada pemeriksaan didapatkan kondisi umum lemah, tekanan darah 90/50 mmhg, nadi 140x/m, emperatur 38 derajat celsius, RR 24x/m, TFU setinggi pusat dan kontraksi lemah, conjungtiva anemis, keringat dingin, urin pekat dan sedikit. Tindakan yang harus segera dilakukan adalah:a. Uterotonikb. Tampon vaginac. Manual plasentad. Tranfusi darahe. Infus cairan5. Seorang demam 5 hr, pada hr ke 3 demam sempat turun tetapi naik lagi. Keluhan mialgia, mimisan, gusi berdarah, efisusi pleura. Lab. AL < N, AT 3 bulan, disertai penurunan berat badan, demam pada malam hari. Pasien mendapatkan terapi OAT selama 1 bulan. Setelah minum, pasien merasakan nyeri sendi, pada pemeriksaan terdapat tofus. OAT penyebab keluhan tersebut adalah?

Sterptomizin

Etambutol

Isoniazid

Rimfapisin

pirazinamid

60. Terdapat pasien :

I. Pasien laki-laki 56 tahun dengan hernia inkaserata

II. Pasien laki-laki 6 bulan dengan invaginasi

III. Pasien laki-laki 20 tahun dengan volvulus

IV. Pasien laki-laki 50 tahun dengan peritonitis ec app perforasi

V. Pasien laki-laki dengan colelitiasis

Manakah pasien yang harus didahulukan?

Pasien I

Pasien II

Pasien III

Pasien IV

Pasien V

61. Laki-laki datang ke UGD dengan tidak sadarkan diri. Dari aloAx pasien terdapat riwayat muntah berwarna hitam dan BAB hitam. Px pisik somnolen, TD 100/70 mmHg, N 110x/m, konjungtiva anemis, ginekomasti +, spider nervi +, ascites +. Penyebab pasien tidah sadarkan diri adalah ?

Azotemia

Hiponatremia

Hiperuremia

Asidosis metabolik

62. Pasien wanita datang ke UGD dengan tidak sadarkan diri. Px fisik TD 130/90mmHg, N 120x/m, R 40x/m, cepat dan berbau aseton. GDS 350 mg%. diagnosisnya adalah?

Syok hipovolemik

KAD

Gagal ginjal kronik

Syok kardiogenik

Diabetic Non ketotik

63. Pasien datang Karena nyeri dibelakang kepala, memiliki riwayat HT, Px fisik TD 180/100mmHg, N 90x/m. pasien memiliki riwayat asma. Obat yang menjadi kontraindikasi adalah?

Captopril

Bisoprostol

Nefedipin

Metildopa

?64. Anak 4 tahun, mengeluh penisnya melengkuk jika ereksi, saat kencing pancaran tidak bisa lurus. Dari Px fisik OUE berada pada ventral penis. Dx?

Epispadia

Hipospadia

Phymosis

Paraphymosis65. Seorang anak 3 tahun dibawa ibunya ke PKM. Berat badanya 12 kg. Dari perhitungan berat ideal adalah 14 kg. maka gizi anak tersebut adalah ?

gizi kurang

gizi cukup

gizi baik

gizi buruk66. Laki-laki datang ke praktek dokter dengan keluhan nyeri dada kiri, dan memberat jika naek tangga. TD 170/115 mmHg. Obat yang tepat untuk pasien adalah?

Tiazid

ISDN

Nefedipin

lisinopril67. wanita mengeluh gatal-gatal di tangal, sejak 1 minggu yang lalu. Sejak Pasien terbiasa mencuci baju dengan sabun cuci. Px fisik didapatkan fissure kasar dan Px laboratorium eosinofil. Dx?

DKI

DKA

DA

68. Wanita 28 tahun datang dengan keluhan sakit kepala berputar sejak 5 jam yang lalu. Keluhan disertai mual muntah, penurunan pendengaran pada telinga kanan. TTV dbn. Riw HT(-), DM(-). Dx?

Cefalgia akut

Cefalgia kronik

Vertigo perifer

Vertigo sentral

Tension headache69. Seorang laki-laki datang dengan membawa hasil pemeriksaan ibunya yang menyatakan bahwa hasilnya ca cervix iib. Anak pasien meminta penjelasan tentang hasil Px. Bagaimana seharusnya sikap kita?

Memberitahuakn tentang ca cervix secara umum

Memeberitahukan tentang hasilnya kepada anak pasien

Tidak memberiktahukan karena persifat rahasia

Menolak Karena bukan kompetensinya70. Pasien datang dengan keluhan kencing berwarna putih dan bengkak pada kaki sebelah kiri. Dari Px darah tepi ditemukan parasit dengan bentuk panjang dengan banyak inti,ujung tumpul. Tetangga pasien juga ada yang menderita hal yang sama. Parasit apakah yang dimaksud?

Brugia malayi

Brugia timori

Onchocerca volvulus

Wuchereria bancrofti71. Seorang detailer mengajak ke Hongkong secara gratis dengan syarat dokter harus menuliskan resep 30 perhari selama 3 bulan. Bagaimana sikap dokter seharusnya?

Menerima tawaran detailer

Menolak tawaran karena pasien kurang

Menolak tawaran karena tidak etis

72. Seorang anak di bawa ke UGD karena KLL, pada tangan terdapat luka dan didpatkan jari yang terputus, arteri ada yang putus. Karena tidak ada keluarga, dokter langsung melakukan tindakan. Sikap etik yang diambil dokter merupakan?

Juctice

Otonomi

Benefice

Non maleficienci73. Seorang laki-laki mengeluhkan terdapat benjolan di kemaluannya. Pada pemeriksaan didapatkan kelenjar papilar seperti jengger ayam. Penyebab ?

HPV

HIV

HSV

MCV74. Dx dari kasus diatas?

Condiloma acuminate

Herpes simplek

Sifilis75. Seorang wanita 30 tahun dibawa ke RS dengan keluhan sesak napas setelah mengerjaan pekerjaan rumah. Dialami sejak pasien melahirkan anak ketiga. TTV dbn, JVP meningkat, cardiomegali, hepar teraba dengan tepi tumpul 3 cm di bawah arcus costa. Tanda apalagi yang mungkin didapatkan?

Spider nervi

Ascites

Puffy face

Edem piting76. Seorang laki-laki datang dengan keluhan ada benjolan di lipatan paha sebelah kiri. Benjolan menghilang jika pasien berbaring. Tidak ada rasa nyeri. Dx?

Hernia femoralis

Hernia inguinalis

Hernis scrotalis

Torsio testis

77. Seorang laki-laki 30 tahun datang ke UGD karena demam yang dialaminya sejak 3 hari yang lalu. Riwayat memancing di kolam dekat rumahnya. Keluhan disertai dengan nyeri di kedua betis. t 38 C, Px lab lekosit meningkat, Hb normal, bilirubin meningkat, kreatinin meningkat. Apa Dx?

DHF

Demam typoid

Leptospirosis

DF78. Laki-laki 35 tahun datang ke tempat praktek, untuk ingin meminta surat keterangan sehat karena ingin melamar pekerjaan. Dari hasil Px fisik TD 150/90 mmHg, N 88x/m, R18x/m. Tindakan yang tepat?

Memberikan obat hipertensi

Melakukan Px EKG

Melakukan Px laboratorium

Meminta mengulang lagi TD79. Anak laki-laki 5 tahun diantar oleh ibunya karena tidak dapat melihat pada waktu sore hari, tidak riwayat trauma kepala dan mata. Pasien tidak suka susu dan sayuran. Ap Dx?

Miopi

Hipermitropi

Xerotalmus

Ablasio retina80. Laki-laki masuk UGD karena keluhan bintik2 kemerahan pada kedua tangan dan kaki. Riwayat demam (-), nyeri pada gigi disertai dengan perdarahan gusi, mudah lebab jika terbentur benda. TTV dbn, Hb 9, leukosit 15000, trombosit 100 ribu. Apa Dx?

ITP

Leukemia

Hemophilia

Anemia hemolitik

81. Pasangan suami istri belum memiliki anak, pernikahan sudah 7 tahun. Istri haid teratur, tidak ada riwayat keputihan. Pemeriksaan HSG baik, Px selanjutnya?

Analisis sperma

Darah rutin

Urin rutin

Pemeriksaan HCG82. Pasien 24 tahun datang Karena nyeri perut kanan bawah, disertai mual muntal, penurunan nafsu makan. Nyeri dirasakan didaerah pusat. NT Mc burney (+). Apa Dx?

Cholelitiasis

Appendicitis

KET

ISK

83. Pada suatu daerah dilakukan penelitian, ditemukan penderita TB 50%. DBD 40%. Kemudian dilakukan penelitian mencari hubungan sebab akibat dari penyakit tersebut. Dan waktu dibutuhkan tidak lama. Penelitian yang dimaksud?

Kohort

Cross sectional

Deskriptif

84. Seorang wanita datang dengan mengeluh haid terlambat 1 bulan yang lalu, siklus haid 28 hari. Pada pemeriksaan fisik didapatkan uterus 2 jari di atas simpisis pubis. Bagaimanakah keadaan yang tepat dari kasus di atas?

a. usia kehamilan 12 mgg

b. usia kehamilan 10 mgg

c. besar masa kehamilan

d. kecil masa kehamilan

85. Seorang penderita TB mengkonsumsi OAT, kemudian pasien mengeluh lemas. Dari pemeriksaan didapatkan konjungtiva anemis, hb: 9 mg/dl. OAT yang berefek samping keluhan di atas?

a. INH

b. etambutol

c. streptomisin

d.pirazinamid

e. 86. seorang bayi berumur 5 bulan datang ke puskesmas ingin diimunisasi, belum pernah diimunisasi. Im