soal ukdi cardiology

of 19 /19
1. Seorang wanita 45 tahun datang ke ugd, dengan keluhan nyeri dada kiri menjalar ke lengan kiri atas, berat, terasa tertindih. Dia pernah mengalami hal serupa bebrapa tahun yang lalu hilang saat istirahat, tetapi saat ini keluhan tetap dan tidak menghilang dengan istirahat lebih 30 menit. Pemeriksaan fisik TD 140/90, RR dbn, suhu dbn, t : dbn. Penanganan yang tepat untuk penderita? a. ISDN b. Captopril c. Propanolol d. Furosemide e. Nifedipine 2. Seorang laki-laki usia 28 tahun. Datang diantar keluarganya ke puskesmas setelah mengalami KLL. Pemeriksaan fisik TD 180/120, nadi 100 x/mnt, RR 22 x/mnt. Jantung tidak ditemukan murmur/gallop S3. Suara nafas vesikuler. Hasil Lab creatinin 1,1 mg/dl. Diagnosa pasien tersebut ? a. Hipertensi krisis b. Hipertensi akut c. Hipertensi emergency d. Hipertensi urgency e. Hipertensi kronis 3. seorang laki-laki usia 65 datang dengan keluhan nyeri di dada, kemudian tidak sadarkan diri. Pada pemeriksaan fisik tensi darah tidak ditemukan,nadi juga tidak ditemukan. Apa penanganan yang pertama kali dilakukan : a. DC shock b. infus kritaloid c. infus kolioid d. resusitasi jantung e. antiaritmia 4. Pria 75 tahun, dibawa ke UGD RS karena mendadak sesak 30 menit yang lalu, sesak timbul saat beraktivitas. 2 tahun ini pasien hidup sendiri dan mengaku mudah lelah, riwayat hipertensi (+). TD: 180/100 mmHg, N: 116x/menit, RR: 36x/menit, Tax: 36.8 C. Pemeriksaan awal apakah yang sesuai untuk dilakukan: a. Cardioangiografi b. Echocardiografi c. Elektrocardiografi d Biopsi Endomyokard e.. Foto Thorax 5. Seorang wanita usia 40 tahun datang dengan keluhan nyeri dada di sebelah kiri yang dirasakan setelah naik tangga dan dapat berkurang dengan istirahat. Keluhan dirasakan sejak 1 tahun yang lalu. Pasien rutin berobat ke puskesmas dengan terapi captopril. Tekanan darah saat ini 150/90 RR: 32x/menit HR: 100x/ menit. Terapi tambahan apa yang paling tepat diberikan untuk pasien? a. Clopidogrel b. Valsartan c. Simvastatin d. Isosorbid dinitrat

Author: davidperdana

Post on 14-Dec-2015

205 views

Category:

Documents


29 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

FK UNS

TRANSCRIPT

1. Seorang wanita 45 tahun datang ke ugd, dengan keluhan nyeri dada kiri menjalar ke lengan kiri atas, berat, terasa tertindih. Dia pernah mengalami hal serupa bebrapa tahun yang lalu hilang saat istirahat, tetapi saat ini keluhan tetap dan tidak menghilang dengan istirahat lebih 30 menit. Pemeriksaan fisik TD 140/90, RR dbn, suhu dbn, t : dbn. Penanganan yang tepat untuk penderita?

a. ISDN

b. Captopril

c. Propanolol

d. Furosemide

e. Nifedipine

2. Seorang laki-laki usia 28 tahun. Datang diantar keluarganya ke puskesmas setelah mengalami KLL. Pemeriksaan fisik TD 180/120, nadi 100 x/mnt, RR 22 x/mnt. Jantung tidak ditemukan murmur/gallop S3. Suara nafas vesikuler. Hasil Lab creatinin 1,1 mg/dl. Diagnosa pasien tersebut ?

a. Hipertensi krisis

b. Hipertensi akut

c. Hipertensi emergency

d. Hipertensi urgency

e. Hipertensi kronis

3. seorang laki-laki usia 65 datang dengan keluhan nyeri di dada, kemudian tidak sadarkan diri. Pada pemeriksaan fisik tensi darah tidak ditemukan,nadi juga tidak ditemukan. Apa penanganan yang pertama kali dilakukan :

a. DC shock

b. infus kritaloid

c. infus kolioid

d. resusitasi jantung

e. antiaritmia4. Pria 75 tahun, dibawa ke UGD RS karena mendadak sesak 30 menit yang lalu, sesak timbul saat beraktivitas. 2 tahun ini pasien hidup sendiri dan mengaku mudah lelah, riwayat hipertensi (+). TD: 180/100 mmHg, N: 116x/menit, RR: 36x/menit, Tax: 36.8 C. Pemeriksaan awal apakah yang sesuai untuk dilakukan:

a.Cardioangiografi

b.Echocardiografi

c.Elektrocardiografi

dBiopsi Endomyokard

e.. Foto Thorax

5. Seorang wanita usia 40 tahun datang dengan keluhan nyeri dada di sebelah kiri yang dirasakan setelah naik tangga dan dapat berkurang dengan istirahat. Keluhan dirasakan sejak 1 tahun yang lalu. Pasien rutin berobat ke puskesmas dengan terapi captopril. Tekanan darah saat ini 150/90 RR: 32x/menit HR: 100x/ menit. Terapi tambahan apa yang paling tepat diberikan untuk pasien?

a. Clopidogrel

b. Valsartan

c. Simvastatin

d. Isosorbid dinitrat

e. Acetil salicilat acid

6. Seorang wanita usia 40 tahun datang dengan keluhan sesak. Keluhan disertai dengan jantung berdebar. Dari hasil anamnesa didapatkan riwayat demam dan batuk waktu muda. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan opening snap dan murmur diastolic. Dari hasil pemeriksaan penunjang didapatkan pembesaran atrium kiri. Diagnosis pasien ini?

a. gagal jantung

b. Penyakit Jantung Rematik

c. IMA

d. OMI

e. angina pektoris

7. Seorang wanita usia 50 tahun datang dengan keluhan nyeri dada kiri yang menjalar ke lengan. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan bising pansistolik grade 2 dengan punctum maximum di apex cordis. Diagnosis pasien ini?

a. Mitral Regurgitasi

b. Mitral Stenosis

c. Aorta Regurgitasi

d. Aorta Stenosis

e. Trikuspid Regurgitasi

8. Seorang wanita usia 35 tahun dtg ke IGD dgn keluhan nyeri dada sblh kiri. Nyeri dirasakan spt tertekan sejak seminggu terakhir. Keluhan disertai jantung berdebar2 dan keringat dingin terus menerus. Pada pemeriksaan fisik dbn. Pemeriksaan EKG, EEG, neurologi tidak ada kelainan. Diagnosa yg tepat adl

a. Infark miokard

b. Pneumotorak

c. Ggn pencernaan pd katatonik

d. Ggn somatoform

e. Perikarditis

9. Gambar EKG. Apa yang harus dilakukan

a. Kardioversi 100 J

b. Kardioversi 200 J

c. Adrenalin

d. Amiodaron

e. Manuver valsava

10. Laki laki 74 th nyeri dada sejak 2 jam yll. R. HT dan DM tidak terkontrol sejak 5 thyll.PF TD 170/100 hr 124 rr 26 t 36.7. Gds 240. Troponin T meningkat, ST elevasi pd V1-V4. Dx?

a. Angina stable

b. Angina unstable

c. IMA

d. Infark miokard lama

e. Angina prinzmetal

11. Seorang laki-laki usia 50 tahun datang dengan keluhan nyeri dada dan rasa terbakar, dirasakan hilang timbul dalam 1 minggu terakhir ini. Pada pemeriksaan didapatkan TD 130/90, nadi 120x/menit, RR 24x/menit, suhu 36,8o C. Pasien mempunyai riwayat acute myocard infac 3 minggu yang lalu, dirawat inap, dan pulang dinyatakan sembuh oleh dokter. Apakah diagnosis pasien ini?

a. Stable angina

b. Unstable angina

c. Old myocard infarc

d. Recurrent myocard infarc

e. angina prinzmetal

12. Pasien datang 50 tahun dengan keluhan nyeri dada, di ulu hati menjalar ke bahu kiri, tidak membaik dengan istirahat, riwayat hipertensi (+), riwayat perokok (+). Diagnosis Penanganan pertama pada pasien ini?

A. Nitrogliserin

B. beri nebulizer bronkodilator

C. pemeriksaan sputum 3x

D. roentgen thorax PAE. injeksi steroid intravena13. Anak 10 tahun demam 2 hari yang lalu disertai nyeri sendi. Awalnya bengkak dan nyeri keesokan harinya lutut kanan membaik tapi bengkak dan nyeri siku kanan tetap.

a. Stenosis Mitral

b. Stenosis Trikuspid

c. Insufisiensi Mitral

d. Insufisiensi Trikuspid

e. Stenosis Aorta

14. Laki-laki 55 tahun, masuk rumah sakit karena nyeri pada kaki kiri. Seminggu sebelumnya dirawat dengan Infark Myocard Acute. Kaki kiri dingin, pucat, nadi tidak teraba.

a. Deep venous

b. Rupture Iliac Aneurysm

c. Arterial Trombosis

d. Arterial Embolism

15. Laki-laki 60 tahun, masuk rumah sakit dengan badan lemah 1 jam yang lalu, 3 tahun yang lalu serangan jantung, 2 tahun yang lalu berhenti beraktivitas karena sesak napas semakin memberat. Tanda vital TD 80/40, N 125x/menit, (SYOK)

a. Epinefrin dosis?

b. Norepinefrin dosis?

c. Dobutamin dosis?

d. Dopamin dosis?

e. Fluid Challenge

16. Perempuan 69 tahun, masuk rumah sakit dengan keluhan nyeri ulu hati terasa terbakar disertai mual muntah, keringat dingin. Pemfis : Kardiomegali. EKG : Elevasi sandapan II,III,aVF, Lab : Troponin T (+)

Pemeriksaan penunjang apa yang selanjutnya dapat diperiksa :

a. Troponin I

b. CKMB

c. Amilase-lipase

d. troponin T

e. Mioglobin

17. Perempuan 69 tahun, masuk rumah sakit dengan keluhan nyeri ulu hati terasa terbakar disertai mual muntah, keringat dingin. Pemfis : Kardiomegali. EKG : Elevasi sandapan II,III,aVF, Lab : Troponin T (+). Diagnosis kasus tersebut :

a. Unstable Angina Pectoris

b. Stable Angina

c. Infark Myocard

d. STEMI

e. NSTEMI

18. Pasien laki-laki mengeluh nyeri dada saat aktivitas olahraga dan berkurang setelah istirahat. Dokter menjelaskan bahwa keadaan seperti itu wajar. Denyut jantung meningkat. Berdasarkan penjelasan tersebut, apa yang akan ditemukan dalam ekg nya?

a. Interval PR 10 th. Pada gbran ekg didapatkan :St depresi di v1-v4Apa dxnya?A. Angina stabilB. STEMIC. Angina prinzmetalD. Angina tidak stabilE. Perikarditis akut

71. Wanita 40 th, batuk kering, sejak bbrp hari. Pasien jg menderita hipertensi terkontrol. Px fisik : faring tonsil taa, TD 135/85, HR RR normal. Obat apa yang digunakan sehingga timbul keluhan tsb?A. PropanololB. CaptoprilC. NifedipinD. HCTE. Valsartan72. pasien datang keluhan tengkuk pegal. Tidak pusing, dan mimisan. Riwayat ayah pasien stroke dan meninggal. Pada pemeriksaan GDP 167 TD 170/100. Diagnosis dokter adalah

a. HT I

b. HT II

c. HT emergensi

d. TIA

73. seorang laki2 datang denan keluhan dada sesak, disertai dengan batuk. memiliki riwayat asma dan hipertensi tidak terkontrol. Hasil pemeriksaan fisik: TD: 170/110, nadi: 108x/mnt, suhu: 36. obat antihipertensi yg dpt diberikan?

A. ACE inhibitor

B. Beta blocker

C. Ca Channel Blocker

D. Angiotensin Reseptor blocke

E. Diuretic