ft 1122#5

Upload: nugraha-rika

Post on 16-Jul-2015

163 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

FT 1122#5ASPEK PERANCANGAN BUSANA ( FUNGSIONAL, STRUKTURAL, DEKORATIF

ASPEK FUNGSIONAL Desain yang memperhatikan tentang manfaat dan penampilan busana yang dipakai seseorang. Dengan kata lain desain fungsional perlu difikirkan secara keseluruhan atau bagian-bagiannya berfungsi untuk apa. Ciri Umum :1. 2.

Busana memberikan keleluasaan bergerak Busana yang diesain hendaknya dapat mencegah dan menhindari dari kemungkinan bahaya Secara fisiologis dapat mempengaruhi keadaan fisik. Secara fungsional dapat melindungi pemakai dari temperatur cuaca.

3.

Ft 1122#5

Hal 1

Ciri Khusus 1. Bersifat Temporer dimana busana dipergunakan untuk suatu kondisi beberapa saat dari seseorang (Baju Hamil) 2. Menyesuaikan dengan perkembangan usia ( Baju Bayi ) 3. Busana yang dirancang disesuaikan dengan profesi sesuai dengan pekerjaannya ( Baju Dokter) 4. Busana yang didesain sesuai dengan kesempatan ( Busana Pesta)

Ft 1122#5

Hal 2

ASPEK STRUKTURAL Aspek Struktural pada busana adalah susunan garis, bentuk yang di padupadankan menjadi suatu rancangan model busana . Dapat dibentuk menjadi berbagai macam Siluet ( A, I, H, T, Y, V, X, O, S/Bustle ) Terdapat Ciri :1.

Sesuai dengan fungsi, kesempatan pemakaian, bagian dari rancangan itu dapat difungsikan ( Saku, kancing )

2.

Sesuai dengan struktur tubuh (tinggi, pendek, langsing )Sesuai dengan aktifitas yang dilakukan sehingga tidak mengganggu gerak pemakai tetapi tetap mempertahankan bentuknya ( penempatan elemen/ unsur desain )- garis, bentuk, rupa, tekstur, dll.

3.

Ft 1122#5

Hal 4

Gambar 1

Gambar 2

ASPEK DEKORATIF Desain Busana yang dibuat untuk memperindah desain struktur yang baik sebagai hiasan saja atu mempunyai fungsi ganda Terdapat 3 cara dalam mengerjakan desain dekoratif :1.2.

Melalui warna, pola, motif kainMelalui detail konstruksi ( quilting, patchwork, smok) Dengan hiasan atau bahan lain ( bermacam pita, renda, kancing, dll)

3.

Ft 1122#5

Hal 4

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3