kumpulan soal bedah ukdi

of 50/50
KUMPULAN SOAL BEDAH 1. Laki laki 43 tahun, datang dengan keluhan nyeri saat BAK. Nyeri terutama pada ujung penis dan skrotum. BAK sering berhenti tiba tiba dan lancar lagi dengan perubahan posisi. Apa diagnosis yang tepat untuk psien di atas? a. Nefrolithiasis b. Retensi urin c. Urethrolithiasis d. Inkontinenisa urin e. Vesicolithiasis 2. Laki-laki 34 tahun jatuh dari sepeda motor didapatkan laserasi daerah wajah, maxilla stabil, fraktur Lefort III, IV. Usulan pemeriksaan foto? a. Maxilla AP/Lat b. Cervical AP/lat c. CT scan d. Waters e. Thorax 3. Laki laki datang dengan keluhan nyeri perut, keluhan tambahan tidak bisa BAB dan kentut. Pada pemeriksaan fisik didapatkan bising usus menurun dan metallic sound (+). Foto polos abdomen didapatkan coil spring sign dan air fluid level. Diagnosis pasien adalah

Post on 11-Jan-2016

214 views

Category:

Documents

37 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

FK UNS

TRANSCRIPT

KUMPULAN SOAL BEDAH1. Laki laki 43 tahun, datang dengan keluhan nyeri saat BAK. Nyeri terutama pada ujung penis dan skrotum. BAK sering berhenti tiba tiba dan lancar lagi dengan perubahan posisi. Apa diagnosis yang tepat untuk psien di atas?

a. Nefrolithiasisb. Retensi urin

c. Urethrolithiasis

d. Inkontinenisa urin

e. Vesicolithiasis 2. Laki-laki 34 tahun jatuh dari sepeda motor didapatkan laserasi daerah wajah, maxilla stabil, fraktur Lefort III, IV. Usulan pemeriksaan foto?

a. Maxilla AP/Lat

b. Cervical AP/lat

c. CT scan

d. Waters

e. Thorax

3. Laki laki datang dengan keluhan nyeri perut, keluhan tambahan tidak bisa BAB dan kentut. Pada pemeriksaan fisik didapatkan bising usus menurun dan metallic sound (+). Foto polos abdomen didapatkan coil spring sign dan air fluid level. Diagnosis pasien adalah

a. illeus obstruksi komplit

b. illeus paralitik

c. Peritonitis

d.

e.

4. Laki laki 30 thn datang dengan keluhan nyeri pada scrotum kanan dan lipat paha kanan. Sejak 2 jam yg lalu. Pada pemeriksaan fisik teraba bagian seperti tali pada inguinal, scrotum kanan kosong. Apakah diagnosis yang tepat?

a. Hidrokel

b. Varikokel

c. Torsio testis

d. Hernia inguinalis

e. .5. Pasien datang dengan keluhan wajah bengkak. Pemeriksaan fisik ditemukan edema pipi kiri, bibir, dan terdapat maloklusi. Pemeriksaan penunjang apa yang paling tepat dilakukan?

a. Schedel, waters, caldwell

b. Schedel, schuller, caldwell

c. Schedel, waters, schuller

d. Schuller, stenver, waters

e. Schedel, schuller, stenver

6. Pasien kecelakaan. Ditemukan krepitasi pada lutut kiri. Tindakan apa yang harus dilakukan?

a. Reduksi

b. Fiksasi

c. Traksi

7. Pasien kecelakaan seminggu yang lalu, dibawa ke dukun tulang, sekarang dibawa temannya ke Rumah Sakit karena tidak sembuh. Pemeriksaan fisik ditemukan fraktur terbuka sepertiga tibia grade 3A. Tindakan apa yang harus dilakukan?

a. Debridement, fiksasi, antibiotik

b. Amputasi

8. Seorang perempuan berusia 34 tahun datang ke UGD dengan GCS 1-1-5 dimana 1 jam SMRS mengalami kecelakaan lalu lintas saat bersepeda. Pada pemeriksaan didapatkan tekanan darah 110/70, nadi 114x/menit, respi 30x/menit, rangsang meningeal (-), pinpoint pupil (-), babinski (+), dextra et sinistra. Jika terdapat herniasi otak pada pasien ini maka herniasi sudah sampai ke?

a. Medula oblongata

b. Mesensefalon

c. Pons

d. Subkorteks serebri

e. Korteks serebri

9. Laki-laki 20 tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri dan bengkak di lutut kanan disertai krepitasi. Ia juga mengeluhkan sendi panggul kanan tidak dapat digerakkan. Tidak ada luka sama sekali. Dari anamnesis didapatkan keterangan ia adalah penumpang mobil, duduk di samping supir, yang bertabrakan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Apakah tindakan sementara yang segera harus dilakukan pada pasien ini?

a. Reduksi

b. Fiksasi

c. Fasiotomi

d. Pembidaian

e. Traksi

10. Laki-laki 26 tahun dibawa ke IGD setelah mengalami kecelakaan motor dan cedera kepala berat. Di IGD hasil pemeriksaan adalah kesadaran sopor, pupil anisokor, refleks cahaya kedua pupil menurun. Anggota gerak tubuh kanan bereaksi lebih lambat dari yang kiri. Dokter memberikan manitol 20%. Apakah tujuan pemberian manitol?

a. Menurunkan aliran darah serebral

b. Menurunkan tekanan darah sistemik

c. Menurunkan tekanan intraserebral

d. Menurunkan tekanan vena sentral

e. Menurunkan tekanan darah arteri

11. Bayi 8 bulan datang dengan keluhan perut kembung. Riwayat mekonium keluar lebih dari 24 jam. Sejak 6 bulan BAB tidak lancar 3-4x/hari dibantu obat pencahar. Tanda vital normal, keadaan kaheksia, terdapat gambaran peristaltik usus, terdengar metalic sound, colok dubur cair dan menyemprot. Diagnosis?

a. Hirschprung disease

b. Konstipasi fungsional

c. Anal membran stenosis

d. Ileus paralitik

e. Invaginasi anus

12. Seorang pasien sebelumnya jatuh dari kamar mandi dan kepalanya terbentur, saat itu pasien pingsan kemudian terbangun dan kepala pusing. Beberapa saat kemudian pasien mengalami penurunan kesadaran. Diagnosis?

a. Perdarahan Subarachnoidb. Perdarahan subduralc. Oedema cerebrid. Perdarahan intracerebrale. Perdarahan epidural

13. Laki-laki 32 tahun datang ke IGD karena hilang kesadaran, 1 jam yang lalu mengalami KLL. Meningeal sign (-). Pupil pinhole. Babinski (+) dekstra sinistra. Terjadi herniasi apa?

a. Mesensefalon

b. Pons

c. Medulla oblongata

d. Korteks serebri

e. Subkorteks serebri

14. Laki-laki 59 tahun, sudah beberapa hari tidak BAB, disertai mual muntah. Pemeriksaan fisik dinding abdomen lebih tinggi daripada toraks, metallic sound (+), bising usus meningkat, foto polos abdomen tampak gambaran step ladder. Diagnosis?

a. Ileus obstruktif

b. Ileus paralitikc. Peritonitisd. Apendisitise. Colitis ulseratif15. Wanita keluhan borok di payudara kanan, riwayat diberikan obat-obat tradisional. Hasil pemeriksaan fisik ada llimfadenopati di aksila kanan. Tindakan yang dilakukan?

a. Rujuk ke dokter bedah untuk mastektomi

b. Rujuk ke dokter bedah untuk radioterapi

c. Rujuk ke dokter bedah untuk kemoterapi

d. Rujuk ke dokter bedah untuk biopsi insisi

e. Rujuk ke dokter bedah untuk biopsi eksisi

16. Pasien datang dengan keluhan sesak nafas. Pasien ditusuk pakai pisau di hemitoraks kiri mengenai rongga parietal. Hasil x-ray menunjukkan paru kiri kolaps. Hal ini dapat terjadi akibat a. Kehilangan tekanan negatif pleura

b. Gangguan surfaktan

c. Terdorong hemitoraks sebelahnya

d. Paru terisi cairan

17. Seorang perempuan berusia 30 tahun dibawa ke UGD RS dengan penurunan kesadaran sejak 3 jam yang lalu akibat tabrakan motor dengan kecepatan tinggi. Pemeriksaan fisik RR 25x/menit, TD 120/70, Nadi 98x/menit. Mata terbuka dengan rangsang nyeri, melokalisasi rangsang nyeri yang diberikan, dan tidak dapat mengeluarkan suara. Dari gambaran CT scan kepala massa hiperdens berbentuk bulan sabit (cresent) di temporoparetal kiri dengan midlineshift lebih dari 5 mm. Diagnosis?

a. Epidural hematoma

b. Subdural hematoma

c. Intercerebral hematoma

d. EDH dengan tanda herniasi cranial

e. Subarachnoid hemorrhage

18. Laki-laki 32 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan luka robek di kelopak mata kanan. Dari pemeriksaan didapatkan luka robek di margin palpebra kanan sebesar 10 mm. Apakah tatalaksana yang tepat bagi pasien?

a. Observasi 1 minggu

b. Pasang kassa tekan

c. Jahit traksi dengan silk 4-0

d. Jahit continuous dengan chromic 4-0

e. Rujuk ke ofthalmologi

19. Laki-laki 72 tahun datang dengan keluhan tidak dapat BAK sejak 2 hari SMRS. Dari anamnesis didapatkan riwayat sulit BAK sejak 6 hari yang lalu. Dari pemeriksaan didapatkan nyeri tekan suprapubis dan retensi urin. Kateter tidak dapat dipasang pada pasien ini. Pemeriksaan yang paling tepat?

a. USG

b. CT scan abdomen bawah

c. IVP

d. Uro CT

e. Cystografi

20. Laki-laki 42 tahun, pekerjaan tukang ojek, datang dengan keluhan demam yang tidak turun selama 3 minggu. Keluhan disertai dengan keringat berlebihan dan nafsu makan sangat menurun. Dari pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum baik, tanda vital normal tapi suhu 38.2, pasien sangat kurus dengan TB 160 cm dan BB 38 kg, turgor kulit melambat. Pada pemeriksaan teraba benjolan pada leher kanan dan kiri, multiple seperti tasbih, kenyal, mobile, tidak ada nyeri tekan. Ada bagian yang pecah berbentuk seperti ulkus, dengan sikatriks disekitarnya. Pemeriksaan fisik paru tidak jelas adanya kelainan. Apa diagnosis pasien di atas?

a. Non hodgin limfoma

b. Limfadenopati metastasis

c. Limfadenopati generalisata

d. Limfadenopati maligna

e. Limfadenopati TB

21. Pasien datang dengan LUTS lalu dilakukan tes PSA dan hasilnya normal. Berapa nilai normal PSA?

a.