tryout ukdi november

Download Tryout UKDI November

Post on 21-Dec-2015

54 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

tes

TRANSCRIPT

  • 1 | P a d i w w w . p a d i u k d i . c o m

    TRYOUT UKDI NOVEMBER

    OPHTALMOLOGY

    1. Seorang pria 19 tahun datang ke praktek dokter umum untuk mendapatkan surat keterangan sehat. Pada pemeriksaan pasien menyandang buta warna.Riwayat keluarga orang tua pasien bapak dan ibu pasien tidak menderita buta warna.Berapa persenkah faktor resiko buta warna pada anak laki-laki dari pria ini nanti jika ia menikah dengan perempuan normal dan bukan carrier:

    a. 0 b. 25 c. 50 d. 75 e. 100

    2. Seorang , 24 tahun datang dengan keluhan utama benjolan di kelopak mata kanan atas sejak 1 minggu yang lalu. Benjolan keras, tidak nyeri, tidak hiperemis, pseudoptosis. Apa penyebab benjolan tersebut:

    a. Hiperplasia epitel kelenjar Zeis b. Hiperproliferasi epitel kelenjar Moll c. Peradangan supuratif kelenjar Meibom d. Sebukan radang palpebra oleh S. Aureus e. Peradangan granulomatosa kronis kelenjar Meibom

    3. Wanita berusia 17 tahun ke puskesmas dengan keluhan benjolan timbul sejak 3 hari sebelumnya disertai rasa nyeri. Pada PF: benjolan setempat seukuran kepala jarum pentul. Warna kemerahan mengilat dan nyeri tekan. Diagnosa :

    a. Kalazion b. Hordeolum c. Dakroadenitis d. Abses palpebra e. Moluskum kontangiosum

    4. Laki-laki, 18 tahun mata merah sejak 3 hari yang lalu gatal, secret kental, px fisik: konjungtiva hiperemis, tidak ada penurunan penglihatan, pemeriksaan optalmoskopi gambaran cobble stone appearance pada konjungtiva. Diagnosis:

    a. Konjungtivits bacterialis b. Konjungtivitis viral c. Konjungtivitis vernal d. Konjungtivitis jamur e. Konjungtivitis inklusi

    5. Perempuan 40 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri mata kanan hebat, keluhan disertai penurunan penglihatan mendadak dan tampak adanya lingkaran seperti pelangi. Pasien juga merasakan nyeri kepala, mual dan muntah.Pada pemeriksaan mata dextra

  • 2 | P a d i w w w . p a d i u k d i . c o m

    didapatkan konjungtiva hiperemis pada perabaan bola mata dektra terasa lebih keras. Diagnosis:

    a.Glaucoma akut b. Katarak c. Endoptalmitis d. Uveitis akut e.Ulkus kornea

    6. Wanita 10 tahun, visus mata kanan 6/60 kiri 6/12, dengan pinhole kanan tetap kiri 6/60, koreksi kanan dengan +4 tetap, kemudian mata kiri dikoreksi dengan +1 jadi 6/6. Diagnosis:

    a.Ambliopia b. Strabismus c. Astigmatisma d. Astenopia e.Malingering

    7. Perempuan 50 tahun datang dengan keluhan mata kanan merah,kabur, dengan visus 1/60, konjungtiva hiperemis,fluorescence terdapat kornea defect infiltrat abu-abu dan satelit positif.Tepi tak teratur.Bilik mata depan terdapat hipopion,Penyebab paling mungkin:

    a. Jamur b. Virus c. Stafilokokus d. Pseudomonas e. Streptokokus

    8. Seorang pria usia 70 th penglihatan beberapa mata kanan sejak 6 bulan yang lalu, mata kiri

    hanya melihat cahaya saja sejak 1 bulan yang lalu. Pemeriksaan VOD 5/60 VOS lensa keruh pemeriksaan untuk menentukan diagnosis?

    a. Tes fluoresin b. Tes schrimer c. Tes shadow d. Tes sensibilitas e. Tes anel

    9. Pasien berusia 30 tahun datang dengan keluhan pandangan menjadi tidak jelas sejak 1 bulan lalu. Pada funduskopi: perdarahan subkonjungtival,tepi papil mengalami perdarahan. AVOD:5/5, AVOS :5/5, bintik buta membesar.Apakah diagnosis yang sesuai pada pasien ini?

    a. Neuritis retrobulbar b. Acute iskemik optik neuropati c. Atropi papil d. Hypertensive retinopathy e. Diabetic Retinopathy

    10. Anak 3 tahun mengalami mata juling sejak 3 bulan. Ibunya berkata sejak bayi pada anaknya sering didapatkan cahaya kuning pada tengah kedua matanya. PF: bola mata lebih keras dari normal. Funduskopi: didapatkan reflek kuning pada kedua mata. Diagnosa:

  • 3 | P a d i w w w . p a d i u k d i . c o m

    a. Glioma b. Ateroma c. Katarak kongenital d. Glaucoma e. Retinoblastoma

    11. Seorang laki-laki, 30 tahun matanya terciprat HCl dimatanya dan dibawa ke IGD dan tindakan awal yang harus dillakukan adalah:

    a. Bebat tekan b. Kompres dingin agar tidak nyeri c. Irigasi dan cuci bersih selama 15-30 menit d. Beri AB agar tidak terjadi infeksi e. Berikan analgetik

    12. Laki-laki berusia 40 tahun mengeluhkan mata kirinya tiba-tiba nyeri saat membaca koran dan disertai nyeri kepala sebelah kiri. Dari pemeriksaan fisik didapatkan mata merah, konjungtiva palpebra bengkak. Apa Diagnosis yang mungkin:

    a. Uveitis akut b. Konjunjtivitis akut c. Dakrioadenitis akut d. Keratitis e. Glaukoma sudut tertutup

    13. Seorang wanita 42 tahun mengeluh mata merah dan tajam penglihatan menurun sejak 5 hari yang lalu, hanya dapat hitung jari 3 meter. Berapakah tajam penglihatan pasien ini?

    a. 3/20 b. 3/60 c. 3/300 d. 5/30 e. 1/0

    14. Seorang laki-laki 50 tahun datang ke UGD dengan keluhan mata kiri buram 3 hari yang lalu setelah terkena pentalan kock saat bermain badminton. Dari pemeriksaan AVOS 1/300 palpebra hematom (+), terlihat hifema.Penyebab penurunan penglihatan mata pasien:

    a. Katarak b. Hifema c. Atropi N optikus d. Infeksi sekunder e. Glaukoma sekunder

    CARDIOLOGY

    15. Pasien batuk sejak 2 bulan dan pasien juga mendapatkan obat hipertensi. Obat hipertensi apa yang menyebabkan pasien batuk?

  • 4 | P a d i w w w . p a d i u k d i . c o m

    a. Captopril b. Valsartan c. Nifedipine d. Propanolol e. Hidrochlorthiazide

    16. Pasien datang dengan keluhan sesak, pada pemeriksaan fisik ditemukan suara jantung seperti derap kuda, apakah istilah untuk penemuan fisik tersebut?

    a. Murmur b. Opening Snap c. S3 d. S4 e. Gallop

    17. Pasien datang dengan sesak nafas,sesak muncul saat tidur. Pemeriksaan TVJ tidak meningkat,hepatomegali(-), S1,S2,S4(+), dijumpai ronki basah halus dikedua lapangan paru, edema tungkai (-).Penyebab sesak nafas:

    a. Pneumonia libaris b. Gagal jantung kanan c. Gagal jantung kiri d. Edema paru e. Gagal ginjal kronik

    18. Pria 57 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri dada yang dirasakan 1 bulan yang lalu. Nyeri kurang lebih 15 menit dan hilang dengan istirahat. Pemeriksaan lanjutan untuk menunjang diagnosis:

    a. Tes latih jantung b. Rontgen thoraks anteroposterior c. EKG d. Thalium scan e. Enzim jantung

    19. Wanita berusia 48 tahun datang dengan keluhan sesak nafas sejak 4 bulan yang lalu, disertai jantung berdebar. Sebelumnya pasien mempunyai riwayat penyakit demam, nyeri sendi dan ruam di kulit.Pemeriksaan fisik didapatkan TD 140/90 mmHg, ruam dikulit, pada auskultasi didapatkan opening snap dan murmur diastolic.Pada foto thoraks didapatkan pembesaran atrium kiri. Diagnosanya adalah:

    a. Penyakit jantung rematik b. Penyakit jantung kongestif c. Infark miokard akut d. Atrial septal defect e. Mitral stenosis

    20. Laki-laki, 62 tahun ke UGD dengan keluhan sesak napas yang bertambah berat sejak 2 hari yang lalu. Awalnya sesak napas timbul saat aktivitas dan berkurang saat istirahat.sejak 2 hari yang lalu sesak dirasakan terus menerus. Sesak berkurang bila posisi setengah duduk. Pasien perokok dan terdapat riwayat darah tinggi dan penyakit jantung koroner, namun tidak berobat

  • 5 | P a d i w w w . p a d i u k d i . c o m

    teratur. Sejak 3 tahun yang lalu mudah lelah jika aktivitas berat.pemeriksaan fisik: TD 160/90, RR = 32x/i, nadi 112x/i, JVP = 5+4, ronki basah halus, jantung gallop (+),abdomen: hepatomegali teraba 3 jari dibawaharcus costae, 4 jari dibawah proc.xipoideus pada EKG ditemukan kesan RVH.Apakah diagnosis yang tepat pada pasien ini?

    a. AHF b. CHF fungsional kelas 1 c. CHF fungsional kelas 2 d. CHF fungsional kelas 3 e. CHF fungsional kelas 4

    21. Wanita 35 tahun cepat lelah jika bekerja, TD 130/90 RR; 24x, auskultasi jantung didapat S1 dan komponen pulmonalmengeras (P2). Terdengar murmur diastolik dan sistolik di apeks dimana intensitas murmur sistolik tidak dipengaruhi oleh pernapasan. Diagnosa:

    a. stenosis dan regurgitasi katup mitral b. stenosis katup mitral dan hipertensi pulmonal c. regurgitasi katup mitral dan hipertensi pulmonal d. stenosis dan regurgitasi katup mitral disertai hipertensi pulmonal e. Stenosis katup mitral dan stenosis aorta

    22. Pria 30 tahun keluhan sesak nafas kurang lebih 3 bulan yang lalu. TD 90/60 mmHg, denyut nadi kecil, nafas 30 X/menit, batas jantung kanan di garis parasternal kanan, batas jantung kiri 1 jari lateral midclavicula sinistra, suara jantung 1 dan 2 melemah. Diagnosa:

    a. Hipertrofi ventrikel kanan b. Hipertrofi ventrikel kiri c. Hipertrofi atrium kiri d. Cardiomiopati e. Efusi perikardial

    23. Laki-laki, 45 tahun, keluhan nyeri dada dan sesak selama 32 menit, berkeringat dingin, Pada pemeriksaan EKG ditemukan ST elevasi, Q patologis, diagnosa yang tepat pada pasien ini adalah?

    a. Peritonitis b. Miokarditits c. Infark miokard akut d. Angina pectoris stabil e. Angina pectoris tidak stabil

    24. Seorang laki-laki 57 tahun datang ke dokter umum dengan keluhan utama nyeri dada kiri 30 menit saat lari pagi, nyeri terasa seperti terbakar menjalar ke bahu kiri leher, hingga permukaan dalam tangan selama 3-5 menit. Nyeri berkurang setelah istirahat.Pernah mengalami gejala serupa 3 bulan yang lalu.Riwayat trauma (-), dan asma (-).Pasien perokok berat > 10 batang /hari. Dari pemeriksan fisik TD : 110/90 mmHg, Nadi 96x/menit, RR 16 x/menit. Apa terapi awal yang baik diberikan saat serangan:

    a. Captopril b. Propanolol c. Nitrogliserid d. Verapamil

  • 6 | P a d i w w w . p a d i u k d i . c o m

    e. Diltiazem

    25. Laki-laki 40 tahun mengalami nyeri dada menjalar ke rahang dan lengan kiri. Nyeridirasakan 20 menit, keluhan muncul saat aktivitas dan berkurang saat istirahat.Pada EKG ditemukan Q patologis dan elevasi ST di I, aVL, V4-V6. Dimanakah lokasi MCI:

    a. Inferior b. Anteroseptal c. Lateral d. Anterolateral e. Posterior

    26. Pada pa