bahan ukdi

Click here to load reader

Post on 06-Nov-2015

100 views

Category:

Documents

16 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

bahan ukdi

TRANSCRIPT

TO UKDI XXIII 12 Januari 2013

REGIO 3 FK UNJANISOAL THT

1. Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun, dibawa orang tuanya untuk berobat dengan keluhan nyeri tenggorokan. Keluhan dirasakan sejak 2 hari yang lalu. Keluhan disertai panas badan dan nyeri menelan. Keluhan tidak disertai sesak nafas maupun sulit membuka mulut. Pada pemeriksaan didapatkan tonsilo palatina T1-T1, kripta melebar, faring hiperemis (+), terdapat bintik-bintik berwarna putih pada dinding faring, trismus (-).

Mikroorganisme penyebab tersering pada kasus di atas adalah...

a. Haemophylus influenzae

b. Streptococcus - hemoliticus grup A

c. Streptococcus aureus

d. Candida albicans

e. Moxarella

Etiologi yang paling banyak mengenai anak-anak adalah Streptococcus - hemoliticus grup A sebanyak 30%.2. Seorang laki-laki berusia 56 tahun, datang dengan keluhan adanya benjolan di leher sebelah kanan sebesar bola tenis. Keluhan diawali hidung tersumbat kemudian telinga kanan terasa tersumbat, mimisan, dan sering tersedak saat makan dan minum. Keluhan disertai penurunan berat badan yang drastis dalam satu bulan terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan massa dengan konsistensi kenyal di leher. Pada pemeriksaan radiologi didapatkan massa pada jaringan lunak di daerah nasofaring.

Lokasi yang paling sering terjadi penyakit tersebut adalah...

a. Fossa rosenmuller

b. Dinding lateral nasofaring

c. Dinding anterior nasofaring

d. Atap nasofaring

e. Dasar nasofaring

Fossa rossenmuller merupakan tempat peralihan epitel sehingga mudah mudah bila terjadi infeksi.3. Seorang laki-laki berusia 40 tahun, datang dengan keluhan utama sesak nafas berat. Sebelumnya pasien mengeluhkan panas badan, batuk-batuk berdahak, lemah badan sejak 7 hari yang lalu. Pasien merupakan seorang peternak ayam.

Etiologi dari penyakit di atas adalah...

a. Rhinovirus

b. Haemophylus influenza

c. Virus influenza H5N1d. Virus influenza

Ditinjau dari segi pekerjaan, pasien merupakan seorang peternak ayam.4. Seorang wanita berusia 20 tahun, datang dengan keluhan adanya benjolan di depan telinga kanan yang terasa nyeri. Menurut ibu pasien, sejak lahir terdapat lubang pada depan telinga kanan yang terasa nyeri dan mengeluarkan cairan berbau.

Diagnosis penyakit di atas adalah...

a. Kista brachialis

b. Abses

c. Kista brachialis yang terinfeksid. Folikulitis

Kista yang terinfeksi karena didapatkan adanya nyeri dan mengeluarkan cairan yang berbau.5. Seorang wanita berusia 17 tahun, datang dengan keluhan sering bersin-bersin. Keluhan disertai hidung berair berwarna putih dan encer. Keluhan dirasakan timbul jika pasien berdekatan dengan kucing peliharaannya, terpapar debu, dan cuaca dingin. Keluhan tidak dirasakan setiap hari dan tidak mengganggu aktivitas pasien sehari-hari. Dari hasil pemeriksaan rhinoskopi anterior didapatkan mukosa pucat (livide), sekret serous +/+, konka inferior hipertrofi (2/3 cavum nasi), septum di tengah, pasase udara menurun.

Diagnosis penyakit di atas adalah...

a. Rhinitis alergiPada pemeriksaan didapatkan mukosa pucat, sekret serosa yang merupakan khas pada rinitis alergi.6. Seorang wanita berusia 17 tahun, datang dengan keluhan sering bersin-bersin. Keluhan disertai hidung berair berwarna putih dan encer. Keluhan dirasakan timbul jika pasien berdekatan dengan kucing peliharaannya, terpapar debu, dan cuaca dingin. Keluhan tidak dirasakan setiap hari dan tidak mengganggu aktivitas pasien sehari-hari. Dari hasil pemeriksaan rhinoskopi anterior didapatkan mukosa pucat (livide), sekret serous +/+, konka inferior hipertrofi (2/3 cavum nasi), septum di tengah, pasase udara menurun.

Pengobatan penyakit di atas adalah...

a. Klorfeniramin maleat

b. Difenhydramin

c. Loratadine

Loratadine merupakan obat golongan antihistamin generasi 2 yang memiliki efek sedatif rendah.7. Seorang anak laki-laki berusia 3,5 tahun dibawa oleh orangtuanya dengan keluhan lubang hidung kiri berbau sejak 20 hari yang lalu. Keluhan disertai panas badan, hidung berair dan mimisan berulang. Dari hasil pemeriksaan rhinoskopi anterior didapatkan sekret mukopurulen +/-, septum nasi di tengah, pasase udara hanya dari lubang hidung kanan.

Diagnosis penyakit di atas adalah...

a. Benda asing a. r. cavum nasi sinistra

Secara epidemiologi, kejadian benda asing sering terjadi pada anak usia 3-5 tahun.8. Seorang laki-laki berusia 35 tahun, datang dengan keluhan nafas berbau pada hidung kiri. Keluhan disertai penurunan penciuman. Keluhan nyeri kepala dan nyeri di daerah pipi kiri tidak ada. Keluhan dirasakan bertambah berat jika pasien menunduk. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nafas berbau, tidak ada ganngguan pasase udara. Pada pemeriksaan gigi didapatkan gigi premolar kiri berlubang.

Pemeriksaan penunjang yang diusulkan adalah...

a. Pemeriksaan radiologi posisi Cadwel

b. Pemeriksaan radiologi posisi Waters

c. Pemeriksaan radiologi posisi Schedel lateral

d. Pemeriksaan radiologi posisi Schedel AP

e. Pemeriksaan radiologi panoramik

Pada soal, pasien diduga mengalami sinusitis maksilaris sehingga dilakukan pemeriksaan foto Waters.9. Seorang laki-laki berusia 35 tahun, datang dengan keluhan nafas berbau pada hidung kiri. Keluhan disertai penurunan penciuman. Keluhan nyeri kepala dan nyeri di daerah pipi kiri tidak ada. Keluhan dirasakan bertambah berat jika pasien menunduk. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nafas berbau, tidak ada ganngguan pasase udara. Pada pemeriksaan gigi didapatkan gigi premolar kiri berlubang.

Diagnosis pasien di atas adalah...

a. Sinusitis et causa rhinogen

b. Sinusitis et causa dentogen

Pasien diduga dengan sinusitis maksilaris yang disebabkan oleh adanya riwayat gigi karies pada premolar kiri atas.10. Seorang wanita berusia 17 tahun, datang dengan keluhan nyeri pada daerah di bawah mata kiri di samping hidung kiri. Keluhan timbul bila pasien merasa cemas, terpapar dingin, dan setelah memakan makanan pedas. Keluhan disertai nyeri kepala dan bertambah berat jika pasien menunduk.

Diagnosis pada penyakit di atas adalah...

a. Sinusitis et causa rhinogen

b. Sinusitis et causa dentogen

Dari anamnesis soal ini, mengarah ke rinosinusitis vasoogenik.11. Seorang wanita berusia 17 tahun, datang dengan keluhan nyeri pada daerah di bawah mata kiri di samping hidung kiri. Keluhan timbul bila pasien merasa cemas, terpapar dingin, dan setelah memakan makanan pedas. Keluhan disertai nyeri kepala dan bertambah berat jika pasien menunduk.

Hasil yang kemungkinan didapatkan dari pemeriksaan penunjang adalah...

a. Gambaran radioopak pada sinus maksilaris sinistra

b. Gambaran radiolusen pada sinus maksilaris sinistra

c. Gambaran radioopak pada sinus maksilaris dekstra

d. Gambaran radiolusen pada sinus maksilaris dekstra

e. Gambaran radioopak pada kedua sinus maksilaris

12. Seorang anak perempuan berusia 5 tahun, datang dengan keluhan nyeri telinga kiri. Sebelumnya pasien mengeluhkan demam dan batuk-pilek. Keluhan disertai penurunan pendengaran dan telinga seperti tersumbat. Dari pemeriksaan fisik didapatkan gigi karies. Saat akan dilakukan pemeriksaan, daun telinga kanan dan kiri pasien ditarik, tragus ditekan, keluhan nyeri telinga tidak bertambah.

Kemungkinan hasil yang didapatkan pada pemeriksaan otoskopi adalah...

a. Membran telinga tenang

b. CAE edema dan hiperemis

c. Membran telinga perforasi dan terdapat sekret serosanguinolenta

d. Membran telinga perforasi dan terdapat sekret mukopurulen

e. Membran telinga intak, buldging, hiperemis, dan refleks cahaya menurun

Pasien dengan otitis media akut stadium supurasi, edema yang hebat pada mukosa telinga tengah dan hancurnya sel epitel superficial serta terbentuknya eksudat yang purulen yang menyebabkan membran timpani bulging ke arah telinga luar, pasien tampak kesakitan, nadi dan suhu meningkat.Sumber : Buku THT FKUI Hal.67

13. Seorang laki-laki berusia 20 tahun, datang dengan keluhan nyeri menelan. Keluhan tidak disertai sesak nafas maupun sulit membuka mulut. Pada pemeriksaan orofaring ditemukan T1-T1, faring hiperemis (+), lapisan putih pada dinding faring (+) dan mudah berdarah, trismus (-).

Diagnosis pada pasien di atas adalah...

a. Difteri

Difteri khas pada tonsilitis dengan lapisan pputih, jika membran dilepaskan akan mudah berdarah.14. Seorang laki-laki berusia 20 tahun, datang dengan keluhan nyeri menelan. Keluhan tidak disertai sesak nafas maupun sulit membuka mulut. Pada pemeriksaan orofaring ditemukan T1-T1, faring hiperemis (+), lapisan putih pada dinding faring (+), trismus (-).

Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan langsung di Puskesmas adalah...

a. Apus tenggorokan dan dilakukan tes resistensi

b. Apus tenggorokan dan dilakukan pewarnaan gram

c. Apus tenggorokan dan dilakukan tes sensitifitas

d. Apus tenggorokan dan dilakukan kultur

e. Apus tenggorokan dan dilakukan pewarnaan Ziehl-Neilssen

Pemeriksaan gram dilakukan pada pasien dengan faringitis, hasil yang diharapkan adalah mendapatkan bakteri gram +. Pemeriksaan gram mudah dilakukan di Puskesmas.15. Seorang laki-laki berusia 25 tahun, datang dengan keluhan sulit membuka mulut. Keluhan disertai nafas berbau. Sejak 7 hari yang lalu, pasien mengeluh nyeri menelan yang mengakibatkan air liur yang menetes. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tonsil dan faring hiperemis, kripta melebar, tonsil kanan terdorong ke median, uvula terdorong ke kiri, dan saat dilakukan perabaan fluktuasi (-). Pada lidah terdapat selaput tebal.

Diagnosis penyakit di atas adalah....