buku panduan blok sistem hematologi 2

Download Buku Panduan Blok Sistem Hematologi 2

Post on 11-Oct-2015

107 views

Category:

Documents

9 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

gg

TRANSCRIPT

BUKU PANDUAN

BUKU PANDUAN

BLOK SISTEM HEMATOLIMFATIKAFAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON2014Kata Pengantar

Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Yang Maha Kuasa, karena atas bimbinganNya, buku blok Hematolimfa dapat diselesaikan.

Penyusunan buku blok ini dalam rangka penyelenggaraan proses pembelajaran dalam bentuk Proram Based Learning (PBL). Buku penuntun ini berisi materi pembelajaran BLOK KEDOKTERAN HEMATOLIMFATIKA yang diperuntukan bagi mahasiswa semester VI dan digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan Program Based Learning.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan buku penuntun blok ini masih terdapat kekurangan, oleh sebab itu kritik dan saran yang sangat membangun sangat dibutuhkan demi penyempurnaan ke depan.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang turut membantu dalam proses penyusunan buku penuntun blok ini, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Ambon, Februari 2014

Tim Penyusun

BUKU PANDUAN

SISTEM HEMATOLIMFATIKAFakultas

: Kedokteran UNPATTI

Kode Blok

: KDR 363Nama Blok

: SISTEM HEMATOLIMFATIKASemester : VISKS

: 4 (EMPAT)

Tim Penyusun

: dr. Vebiyanti

Konsulen

: dr. Yusuf Huningkor, Sp.PD dr. Denny Yolanda, Sp.PD

dr. Winny Leiwakabessy,Sp.P.A

dr. Inggrid Hutagalung, Sp.PK

dr. Achmad Tuahuns, Sp.B

dr. Debora Lantang, M.Kes

dr. Roby Kalew, Sp.A

Prof. DR. Mulyohadi Ali,dr., Sp.FK

Team Gizi Klinis UNHAS

Team Radiologi UNHAS Ketua PPD Unpatti

Pembantu Ketua 1

dr. J. Manuputty, MPH

DR. Maria Nindatu, Dra, M.KesLEMBAR PENGESAHAN

Pejabat yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama

: dr. J. Manuputty, MPH

NIP

: 140117598Jabatan: Ketua Program Pendidikan Dokter Universitas Pattimura

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, maka dengan ini kami menyatakan:

Judul Buku: Buku Panduan Blok HematolimfatikaPenyusun: dr. Vebiyanti

Dapat digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Pembelajaran Blok Sistem Hematolimfatika, pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) PPD Unpatti Tahun Akademik 2014/2015.

Demikian lembaran pengesahan ini dibuat agar dapat digunaakan seperlunya.

Ambon, Februari 2014

Ketua PPD

dr. J. Manuputty, MPH

NIP: 140117598DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

2ISI KODE MATA KULIAH

3LEMBARAN PENGESAHAN

4DAFTAR ISI

5PENDAHULUAN

6KOMPETENSI BLOK

7 - 8TUJUAN PEMBELAJARAN

9 - 11KONTEN PEMBELANJARAN

12

RENCANA PEMBELAJARAN BLOK

13 - 14METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

15 - 17

TUTORIAL : SKENARIO DAN REFERENSI

17 - 19SISTEM PENILAIAN

20 - 21PENUTUP

22

PENDAHULUAN

Blok Hematolimfa ini diberlakukan bagi mahasiswa semester VI (Enam) selama 4 minggu. Dalam blok ini mahasiswa akan mendapatkan pelajaran tentang penyakit penyakit yang berhubungan dengan Hematologi dan Limfatik serta penatalaksanaannya, selain itu mahasiswa juga akan belajar tentang konsep-konsep yang meliputi epidemiologi, patogenesis penyakit, manifestasi klinis, faktor resiko dan metode diagnostik yang berkaitan Hematologi dan Limfatik. Ilmu-ilmu yang terkait dengan materi Hematologi dan Limfatika pada semester VI adalah Ilmu Bedah, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Gizi, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Radiologi, Ilmu Farmakologi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Ilmu-ilmu ini yang kemudian digunakan dalam menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan penyakit Hematologi dan Limfatika. Disamping pemahaman tentang materimateri terkait, mahasiswa juga diharapkan terampil dalam berkomunikasi, terampil dalam melakukan pemeriksaan fisik, terampil memilih pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis terkait dengan Hematologi dan Limfatik, serta mampu bekerja dilaboratorium dalam pemeriksaan sampel darah. Proses pembelajaran sistem Hematologi dan Limpatik ini meliputi kegiatan kuliah oleh dosen pakar, pratikum, tutorial dalam kelompok PBL, kegiatan skills lab dan tugas mandiri. Kuliah pakar disesuaikan dengan dengan pokok bahasan yang telah ditetapkan dengan merujuk pada Standart Kompetensi Dokter Indonesia 2013, sehingga dapat menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mendalami penyakit pada sistem Hematologi dan Limpatik melalui kegiatan skill lab, mengerjakan tugas mandiri, tutorial dalam PBL, serta praktikum. Proses belajar yang juga memanfaatkan teknologi informasi secara elektronik dan non elektronik dapat membantu mahasiswa memecahkan masalah dengan informasi terkini dan sesuai dengan Evidence Based Medicine.KOMPETENSI BLOK

Kompetensi Blok Sistem Hematolimfa disesuaikan dari standar kompetensi dokter Indonesia (SKDI) yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Adapun kompetensi dan komponen-kompetensi adalah sebagai berikut:

Table 1. Kompetensi dan Komponen Kompetensi Blok

AREAKOMPETENSI INTIKOMPONEN KOMPETENSI BLOK

IKemampuan menggali dan bertukar informasi (secara verbal dan non verbal) dengan pasien dan keluarga, masyarakat, kolega dan profesi lainnyaMembina komunikasi secara verbal dan non verbal (melalui proses mendengarkan, dengan aktif dan berkomunikasi dengan bahasa yang santun dan dapat dimengerti) terhadap lawan bicara (dalam role play dan atau skill lab)

Mampu melakukan tatalaksana konsultasi dan rujukan dengan baik dan benar

IIKemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam metode untuk menegakkan diagnosis, mengenali faktor resiko, pemberian terapi dan pencegahan penyakit sebagai upaya peningkatan kesehatan pasienMampu mengakses teknologi informasi dan menilai informasi dan pengetahuan yang diperoleh serta mengaplikasikan evidence-based medicine (EBM) ( dalam Problem Based Learning) untuk memecahkan masalah

IIIKemampuan menyelesaikan masalah berdasarkan landasan ilmiah kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapatkan hasil yang optimum Mengintegrasikan konsep dasar dan prinsip ilmu hematologi dan limfatika yang telah diperoleh sebelumnya baik melalui sumber: kuliah, jurnal ilmiah elektronik dan non elektronik, majalah kesehatan dan sumber lainnya yang dapat dipercaya (dalam Problem Based Learning )

IVMampu melakukan prosedur klinis sesuai masalah, kebutuhan pasien dan sesuai kewenanangan dengan memperhatikan keselamatan pasien, diri sendiri dan orang lainMemperoleh dan mencatat informasi yang akurat serta penting tentang masalah pasien dari pasien sendiri ataupun dari keluarganya dengan anamnesis yang mendalam (dalam skill lab dan PBL )

Melakukan pemeriksaan fisik dengan cara yang seminimal mungkin menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bagi pasien (dalam skill lab)

Mengidentifikasi, memilih dan kemudian melakukan prosedur klinik dan laboratorium hematologi dasar serta laboratorium penunjang sesuai dengan masalah pasien (dalam skill lab , praktikum hematologi dan PBL)

Memilih dan melakukan ketrampilan terapetik, serta melakukan tindakan preventif sesuai dengan kewenangannya (dalam PBL dan skill lab)

TUJUAN PEMBELAJARANTujuan Pembelajaran Umum

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Blok Sistem Hematolimfatika mahasiswa semester VI FK-Unpatti diharapkan mampu mengaplikasikan Ilmu Hematologi dan Limfatika yang telah didapat dengan metode kuliah dan pembelajaran berbasis masalah (diskusi, tutorial PBL) dan praktikum dalam praktik kedokterannya kelak dan sesuai dengan kompetensinya.Tujuan Pembelajaran Khusus

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran blok Sistem Hematologi dan Limfatika, mahasiswa diharapkan mampu menegakkan diagnosis penyakit-penyakit pada Sistem Hematologi dan Limfatika dengan menjelaskan prinsip penegakkan diagnosis dan penatalaksanaan kelainan kelainan pada Sistem Hematologi dan Limfatika.Table 2. Tujuan Pembelajaran Blok

AREAKOMPETENSI INTIKOMPONEN KOMPETENSILEARNING OUTCOMESSPESIFIC LORAN

AHLEARNING APPROACH

Mengetahui dan memahami kontrak pembelajaran blok1. Memahami peraturan dalam pembelajaran blokAKontrak Kuliah

2. Memahami metode belajar dan sistem penilain belajar blok

I

Kemampuan menggali dan bertukar informasi (secara verbal dan non verbal) dengan pasien dan keluarga, masyarakat, kolega dan profesi lainnyaMembina komunikasi secara verbal dan non verbal (melalui proses mendengarkan, dengan aktif dan berkomunikasi dengan bahasa yang santun dan dapat dimengerti) terhadap lawan bicara (dalam role play dan atau skill lab)

Mendemonstrasikan keterampilan berkomunikasi dan membangun hubungan dengan pasien simulasi pada kelainan Hematologi dan Limfe1. 1. Memperhatikan dan menghormati lawan bicara dalam role play/ simulasi (skils lab)2. K,PCSL Gathering

3. 2. Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti untuk memberikan informasi dan menjelaskan tindakan yang akan diberikan dalam role play/ simulasi keterampilan klinik (skills lab)

3. Mengkonfirmasi kejelasan informasi yang diberikan untuk pemeriksaan Hematolimfe dasar dan penunjang dalam role play/simulasi keterampilan klinik (skills lab)

4.Mampu menyampaikan informasi yang terkait dengan kesehatan pasien (termasuk berita buruk, informed consent dan hasil