2011-1-00578-mnti bab 3

Upload: reny-reiny-yohezher

Post on 07-Oct-2015

10 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

aa

TRANSCRIPT

BAB3

METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Latar Belakang Perusahaan

PT. Waskita Karya (Waskita) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada I Januari 1961. Waskita semula banyak bergerak di bidang pembangunan bangunan air seperti pengerukan, pelabuhan dan irigasi. Pada tahun 1973 status Waskita berubah menjadi Persero dan bisnisnya berkembang sebagai kontraktor urnum yang melaksanakan berbagai jenis pekeljaan konstruksi seperti jalan, pelabuhan, jembatan, bandar udara, gedung, pabrik, dan lain-lain.Proyek-proyek berteknologi tinggi mulai dilakukan Waskita pada tahun 1980-an dan alih teknologi dikembangkan melalui Keija Sarna Operasi maupun Keija Sarna Usaha dengan kontraktor asing. Sejak tahun 2006 perusahaan yang berkantor pusat di Jalan MT. Haryono Kav.IO Cawang, Jakarta 13340 ini mengembangkan pasarnya hingga luar negeri dengan membuka beberapa cabang di Abu Dhabi, Dubai, dan Jedah.Pada tahun 1995 Waskita mulai melaksanakan Sistem Manajemen Mutu ISO

9002:1994, disempurnakan pada tahun 2003 (ISO seri 9001:2000), diperbaharui pada tahun 2009 (ISO 9001:2008). Hal ini dilengkapi dengan Occupational Health & Safety Assessment Series (OHSAS) 18001:1999 pada tahun 2005 yang disempurnakan melljadi OHSAS 18001:2007 pada tahun 2008. Komitmen Waskita terhadap lingkungan ditunjukkan dengan menerapkan ISO 14001:2004 (Environment Management System) pada tahun 2006.

3.1.1 Visi dan Misi Perusahaan

Visi perusahaan merupakan cita-cita atau gambaran tentang kondisi perusahaan yang ingin dicapai dalam tempo waktu I 0 tahun mendatang. Visi perusahaan: "Menjadi badan usaha terkemuka daiam industri konstruksi". Artinya:I. Menduduki posisi 3 besar dalam pencapaian pangsa pasar nasional.

2. Mengembangkan bisnis baru yang terkait dengan bidang industri konstruksi.

3. Dalam kurun waktu IO tahun kedepan sudah memasuki pasar intemasional.

Adapun misi perusahaan merupakan Iandasan didirikannya Perusahaan, yang mencakup uraian tentang produk/jasa yang diusahakan, sasaran pasar, serta kesanggupan perusahaan untuk meningkatkan kemanfaatan kepada semua pihak yang berkepentingan. Misi perusahaan: "Meningkatkan nilai perusahaan meialui produk danjasa konstruksi yang bermutu dan berdaya saing tinggi". Artinya:I. Peningkatan kineija perusahaan secara berkesinambungan.

2. Menghasilkan produk dan jasa sesuai standar mutu, waktu dan biaya dengan mempedulikan keselamatan keija dan lingkungan.3. Pengembangan sumber daya dan kesejahteraan karyawan.

3.1.2 Tujuan dan Kebijakan Waskita

Tujuan PT. Waskita Karya adalah "Meraih laba, membangun citra, dan mengembangkan profesionalisme".PT. Waskita Karya (Persero), sebagai Badan Usaha Jasa Konstruksi,

selalu mengendalikan resiko terhadap Keselamatan-Kesehatan Keija,

untuk memenuhi kepuasan Stakeholders. Sebagai bentuk komitmen tersebut, manajemen selalu:Mematuhi peraturan perundangan dan persyaratan yang berlaku

Meningkatkan kineija secara berkesinambungan

Mencegah cidera, sakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan

Memberikan pelatihan, menyediakan tempat dan sarana keija yang sehat, aman dan nyaman kepada seluruh karyawan

3.1.3 Logo Perusahaan

Logo perusahaan adalah gambar yang menunjukkan identitas perusahaan yang dipasang pada setiap produk, asset, sarana komunikasi dan publikasi.

WASKITA

Hun.l : Blue {0,0,117) I L23Elllps : Red (189,0,47) I L37Text : SWISS nt Blk Ex ( Italic)

Sumber: PT. Waskita Karya

Gambar 3.1 Logo PT. Waskita Karya

3.1.4 Struktur OrganisasiSuatu organisasi adalah sekelompok orang yang bekeija sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan struktur organisasi adalah kerangka

antar hubungan dari orang-orang atau unit-unit organisasi yang masing-masing memiliki tugas, tanggung jawab dan wewnang tertentu. Strnktur organisasi menunjukkan satuan-satuan organisasi dan garis wewenang sehingga terlihat jelas batasan-batasan tugas, wewenang dan tanggung jawab dari setiap personil dalam organisasi. Dengan demikian diharapkan terciptanya kejelasan arah dan koordinasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut ini adalah struktur organsisasi yang ada di PT. Waskita Karya:

Dewan Komisaris j

j Komite Nomina_si &Remunerasr H KomiteAudit JI Komit e Resio & rAsuransr

I orr. Keuangan I Direktur Utama Ir [Dir. Pe&ngSeDmMbanganr I Dir. Operas! I ,- Dir. Operasi II [-

IBiro KeuanganSekretarialPerusahaan

IH IBiro SCMI FSatuann[Pengawasan InternI BiroSistem'T

[ Biro Pemasaran..1riro Perencan_aan &l_ Pengendalran 1Negeri & EPCAnak Perusahaan r I Wilayah luar r-lWlayah Barat _j- I Divisi GedungJ PengembanganUnit Program Bisnis J Wlayah Tengah I Divisi SipilKemltraan & Bina f-Ungkungan

Sumber: PT. Waskita Karya I Wilayah limur I

Gambar3.2Strnktur Organisasi PT. Waskita Karya

3.1.5 Proyek PT. Waskita Karya

Sehubungan dengan ditempatkannya penulis untuk melaksanakan survey dan pengambilan data di salah satu proyek yang sedang beijalan oleh kantor pusat PT. Waskita Karya, serta penyebaran kuesioner melalui fax ke proyek proyek lainnya, berikut ini merupakan penjabaran secara garis besar mengenai proyek-proyek tersebut.Proyek Perpustakaan Universitas Indonesia (UI), dimana penulis ditempatkan, bertempat di Komplek Kampus Universitas Indonesia, Depok. Pemberi keija proyek adalah Universitas Indonesia dengan PT. Cakra Manggilingan Jaya sebagai manajemen konstruksinya (MK) dan PT. Arkonin sebagai Konsultan Perencana Struktur dan Sipil. Sedangkan PT. Waskita Karya (Persero), Divisi Gedung, berperan sebagai perencana dan kontraktor. Kantor Waskita di Proyek ini juga sekaligus menangani Proyek Vokasi Universitas Indonesia, yang mana merupakan proyek pembangunan gedung perkuliahan.Proyek lainnya adalah Proyek Signature Park dan Proyek Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS. USU) Medan. Proyek Signature Park yang bertempat di Jakarta merupakan proyek pembangunan apartemen, sedangkan Proyek RS. USU Medan yang ditangani Waskita adalah proyek pembangunan rumah sakit di lingkungan Universitas Sumatera Utara, Medan.

3.1.6 Struktur Organisasi Proyek PT. Waskita Karya

Dibawah ini merupakan struktur organisasi PT. Waskita Karya untuk

Proyek Perpustakaan UI. Struktur organiasi proyek Waskita lainnya memiliki

0"-[;.ADI'wiBOWo _":-!""'l!lgw"'

IJ')J

.........

....... -- ---- - ---"

H.Isa

-.--,,,.,,

-0o'a8. :, . '

:Kusbandi MusliM Hulup

Kfmng:Vier: Peru bill:

Adminittri

1 Mifuh"!.)'], Drafter :Hcrdi Anno no:FuoniAli5:.W.endr. nrnk!DidikQS : BerliM'I.J Searuris:Ferdi;an.a. St.lflogiWit :Snt'Penl;rtom8.,"-'fc...:..:.

JlElAKSANASTRUICTUR

Hu i GUnitRO RoyT.

Sub.Spea in

PEI.AICSANAAR!iiTEICTUR

Dasep S udin1;J}iflg Su}initNurHidwpt

Sub.Spea;h.rt

Sub.Spc:ri Doly

W.ahidSSURVEYOR.......Asisten : HasnrAsittM :D