rpp microteaching hukum pascal.docx

Download RPP MICROTEACHING HUKUM PASCAL.docx

Post on 28-Dec-2015

234 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah AtasMata Pelajaran: FisikaKelas / Semester: X / Semester IIMateri: Fluida StatikSub Materi Pokok: Hukum PascalAlokasi Waktu: 1 x 15 menit=======================================================================================A. KOMPETENSI INTIKI.1 Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.KI.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.KI.3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan.1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena fluida.2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.3.1 Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari.4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.4.2 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan.

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSIa. Kognitif1. Produk: Mengetahui bunyi Hukum Pascal dari aplikasi kehidupan sehari-hari. Menghitung tekanan dengan menggunakan persamaan Hukum Pascal.2. Proses:Mengamati demonstrasi dari alat peraga sederhana.b. Psikomotor:Melakukan percobaan untuk membuktikan Hukum Pascal dengan botol berlubang pada sisi bawahnyac. Afektif1. Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:a. Jujurb. Pedulic. tanggung jawab2. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:a. Bertanya,b. Menyumbang ide atau berpendapat,c. Menjadi pendengar yang baik,d. Berkomunikasi.D. TUJUAN PEMBELAJARANa. Kognitif1. Produk:Setelah mengamati demonstrasi dan melakukan percobaan dengan alat sederhana, siswa dapat memahami bunyi Hukum Pascal dan merumuskan persamaannya dengan benar.

2. Proses:Siswa diberikan LKSuntuk melakukan percobaan dengan menggunakan botol yang berlubang sehingga siswa dapat mengaitkan dan menyimpulkan dari demonstrasi sebelumnya sehingga memahami bunyi Hukum Pascal secara tepat.b. Psikomotor:1. Siswa terampil menggunakanalat dan bahandalam melakukan percobaan untuk mengetahui bunyi Hukum Pascal dengan menggunakan botol yang berlubang sesuai rincian LKS.2. Siswa dapat menyimpulkan persamaan Hukum Pascal dari demostrasi dengan alat peraga dari guru.c. Afektif1. KarakterTerlibatdalam proses belajarmengajarberpusatpadasiswa, paling tidak siswadi nilai pengamatmembuatkemajuandalammenunjukkanperilakuberkarakter meliputi: kejujuran, peduli, dantanggung jawab.2. Keterampilan sosial:Terlibatdalam proses belajarmengajarberpusatpadasiswa, paling tidaksiswadi nilaipengamatan membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadipendengar yangbaik, berkomunikasi.

E. MATERI PEMBELAJARANHUKUM PASCALI. PendahuluanBila ditinjau dari zat cair yang berada dalam suatu wadah, tekanan zat cair pada dasar wadah tentu saja lebih besar dari tekanan zat cair pada bagian di atasnya. Semakin ke bawah, semakin besar tekanan zat cair tersebut. Sebaliknya, semakin mendekati permukaan atas wadah, semakin kecil tekanan zat cair tersebut. Besarnya tekanan sebanding dengan massa jenis, percepatan gravitasi dan ketinggian/kedalaman zat cair. Dapat dirumuskan Ph = tekanan hidrostatis (N/m2 atau Pascal)g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)= massa jenis zat cair (kg/m3)h = kedalaman zat cair (m)Setiap titik pada kedalaman yang sama memiliki besar tekanan yang sama. Hal ini berlaku untuk semua zat cair dalam wadah apapun dan tidak bergantung pada bentuk wadah tersebut. Apabila ditambahkan tekanan luar misalnya dengan menekan permukaan zat cair tersebut, pertambahan tekanan dalam zat cair adalah sama di segala arah. Jadi, jika diberikan tekanan luar, setiap bagian zat cair mendapat jatah tekanan yang sama.Atmosfir Bumi memberikan tekanan pada semua benda yang bersentuhan dengannya, termasuk fluida lainnya. Tekanan luar yang bekerja pada fluida disalurkan ke seluruh fluida. Misalkan untuk persamaan di atas, tekanan yang disebabkan oleh tekanan air pada kedalaman 100 m di bawah permukaan danau adalah , atau 9,7 atm. Bagaimana pun, tekanan total pada titik ini disebabkan oleh tekanan air ditambah tekanan udara di atasnya.

II. Bunyi Hukum PascalJika seseorang memeras ujung kantong plastik berisi air yang memiliki banyak lubang maka air akan memancar dari setiap lubang dengan sama kuat. Blaise Pascal menyimpulkannya dalam hukum Pascal yang berbunyi, Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arahBlaise Pascal (1623-1662) adalah fisikawan Prancis yang lahir di Clermount pada 19 Juli 1623. Pada usia 18 tahun, ia menciptakan kalkulator digital pertama di dunia. Ia menghabiskan waktunya dengan bermain dan melakukan eksperimen terus-menerus selama pengobatan kanker yang dideritanya. Ia menemukan teori hukum Pascal dengan eksperimenya bermain-main dengan air.

III. Persamaan Hukum PascalJika suatu fluida yang dilengkapi dengan sebuah penghisap yang dapat bergerak maka tekanan di suatu titik tertentu tidak hanya ditentukan oleh berat fluida di atas permukaan air tetapi juga oleh gaya yang dikerahkan oleh penghisap. Berikut ini adalah gambar fluida yang dilengkapi oleh dua penghisap dengan luas penampang berbeda. Penghisap pertama memiliki luas penampang yang kecil (diameter kecil) dan penghisap yang kedua memiliki luas penampang yang besar (diameter besar).

Gambar1:Fluida yang Dilengkapi Penghisap dengan Luas Permukaan BerbedaSesuai dengan hukumPascalbahwatekananyang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan sama besar ke segala arah, maka tekanan yang masuk pada penghisap pertama sama dengan tekanan pada penghisap kedua.Penghisap 1 memiliki luas penampang A1 (lebih kecil) dan penghisap 2 memiliki luas penampang A2 (lebih besar). Jika penghisap 1 ditekan dengan gaya F1, zat cair akan menekan penghisap 1 ke atas dengan gaya pA1. Akibatnya, terjadi keseimbangan pada penghisap 1 dan berlakuatau. . . .(*)Sesuai hukum Pascal, bahwa tekanan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah, pada penghisap 2 bekerja gaya ke atas gaya pA1. Gaya yang seimbang dengan ini adalah gaya F2, yang bekerja pada penghisap 2 dengan arah ke bawah. atau. . . .(**)Dengan menyamakan ruas kanan (*) dan (**), diperolehAtauDengan P = tekanan/pascal (N/m2)F = Gaya (N/m2)A = Luas penampang (m2)Dari persamaan tersebut menyatakan bahwa perbandingan gaya sama dengan perbandingan luas penghisap.Pada gambar di atas, penampang penghisap berbentuk silinder dengan diameter (garis tengah), misalkan penghisap 1 berdiameter D1 dan penghisap 2 berdiameter D2, makadan

Jika nilai perbandingan ini dimasukkan ke persamaan,makaDari persamaan di atas menyatakan bahwa perbandingan gaya sama dengan perbandingan kuadrat diameter.Ada berbagai macam satuan tekanan. Satuan SI untuk tekanan adalah newton per meter persegi (N/m2) yang dinamakan pascal (Pa). Satu pascal sama dengan satu newton per meter persegi. Dalam sistem satuan Amerika sehari-hari, tekanan biasanya diberikan dalam satuan pound per inci persegi (lb/in2). Satuan tekanan lain yang biasa digunakan adalah atmosfer (atm) yang mendekati tekanan udara pada ketinggian laut. Satu atmosfer didefisinikan sebagai 101,325 kPa yang hampir sama dengan 14, 70 lb/in2. Selain itu, masih ada beberapa satuan lain diantaranya cmHg, mmHg, dan milibar (mb).1 mb = 0,001 bar1 bar = 105Pa1 atm = 76 cm Hg = 1, 01 x 105Pa= 0, 01 bar1 atm = 101,325 kPa = 14, 70 lb/in2Untuk menghormati Torricelli, fisikawan Italia penemu barometer (alat pengukur tekanan), ditetapkan satuan dalam torr, dimana 1 torr = 1 mmHg.

IV. Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari1. Dongkrak hidrolikPrinsip kerjaPrinsip kerja dongkrak hidrolik adalah dengan memanfaatkan hukumPascal. Dongkrak hidrolik terdiri dari dua tabung yang berhubungan yang memiliki diameter yang berbeda ukurannya. Masing-masing ditutup dan diisi air. Dengan menaik turunkan piston, maka tekanan pada tabung pertama akan dipindahkan ke tabung kedua sehingga dapat mengangkat beban yang berat. Definisi dongkrak hidrolik adalah jenis pesawat dengan prinsip hukum pascal yang berguna untuk memperingan kerja. Dongkrak ini merupakan sistem bejana berhubungan (2 tabung) yang berbeda luas penampangnya. Dengan menaik turunkan piston, maka tekanan pada tabung pertama akan dipindahkan ke tabung kedua sehingga dapat mengangkat beban yang berat.2. Tensimeter atau sfigmomanometerPrinsip kerja:Cairan yang tekanannya akan diukur ha