kuliah ke sebelas

Download Kuliah Ke Sebelas

Post on 23-Dec-2015

12 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Dks

TRANSCRIPT

  • Sejarah Pemikiran Ekonomi

  • PEMIKIRAN-PEMIKIRAN KEYNES

    KULIAH KESEBELAS

  • Karya-karyanya :Tahun 1913 menulis Indian Currency and Finance

    Memperlihatkan ketertarikannya pada masalah-masalah moneter.Tahun 1919 menulis The Economic Consequences of the peace

    Ia banyak mengkritik cara-cara yg digunakan oleh negara-negara yg menang perang dunia pertama (AS, Inggris, Perancis) dalam menekan negara-negara yg kalah perang (pihak Jerman).3.Tahun 1922 menulis A Revision of the treatyKedua buku ini di tulis sehubungan dgn pengalamannya sebagai delegasi Inggris melakukan perundingan perdamaian Versailles tahun 1919John Maynard Keynes (1883-1946)

  • 4. Tahun 1923 menulis A Tract on Monetary Reform Ia memperlihatkan keprihatinannya terhadap perubahan yg terjadi dalam daya beli uang.5. Tahun 1930 menulis A treatise on MoneyTerdiri dari dua volume. Volume pertama khusus menyajikan teori-teori tentang arti dan peran uang dalam perekonomian secara murni. Volume Kedua dijelaskan bagaimana teori-teori murni tentang uang tersebut diterapkan dalam perekonomian6. Tahun 1936 Ia meerbitkan buku The General Theory of Employment, Interest, and Money.Buku ini ditulis sebagai reaksi terhadap depresi besar-besaran yg terjadi tahun 30-an yg tidak berhasil dipecahkan dgn metode klasik dan neo-klasik.

  • KRITIKAN KEYNES THDP TEORI KLASIKTeori Say yg mengatakan bahwa Penawaran akan menciptakan permintaannya sendiri dikritik Keynes sebagai sesuatu yg keliru. Dlm kenyataan biasanya permintaan lebih kecil dari penawaran. Alasannya, sebagian dari pendapatan yg diterima masyarakat akan ditabung, & tdk semuanya dikonsumsi. Dgn demikian, permintaan efektif biasanya lebih kecil dari total produksi.Dlm perekonomian yg lebih maju masyarakatnya sudah mengenal tabungan, sebagian dari pendapatan akan mengalami kebocoran (Leakage). Hal itu dapat diketahui kebocoran dlm bentuk tabungan, sehingga arus pengeluaran tidak lagi sama dgan arus pendapatan. dgn demikian, permintaan Agregat akan lebih kecil dari penawaran agregat.Jumlah tabungan akan selalu sama dgn jumlah investasi dibantah Keynes. Alasannya motif orang untuk menabung tidak sama dgn motif pengusaha untuk menginvestasi. Pengusaha melakukan investasi didorong oleh keinginan untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Sementara itu, sektor rumah tangga melakukan penabungan didorong oleh berbagai motif yg sangat berbeda. Termasuk didalamnya ialah motif untuk berjaga-jaga (pre-cautionary motives). Perbedaan dalam motif ini menyebabkan jumlah tabungan tdk akan pernah sama dgn jumlah investasi

  • PERAN PEMERINTAH DLM PEREKONOMIANKeynes menyarankan agar perekonomian tdk diserahkan begitu saja pada mekanisme pasar. Hingga batas tertentu, peran pemerintah justru diperlukan Misalnya, kalau terjadi pengangguran, pemerintah bisa memperbesar penge-luarannya untuk proyek-proyek padat karya. Dgn demikian, sebagian tenaga kerja yg menganggur bisa bekerja, yg akhirnya akan meningkatkan penda-patan masyarakat. Kalau harga-harga naik cepat, pemerintah bisa menarik jumlah uang beredar dgn mengenakan pajak yg lebih tinggi. Inflasi yg tak terkendali pun tidak sampai terjadi.Keynes lebih sering mengandalkan kebijaksanaan fiskal. Dgn kebijaksanaan Fiskal, pemerintah bisa mempengaruhi jalannya perekonomian. Langkah itu dilakukan dgn menyuntikkan dana berupa pengeluaran pemerintah untuk proyek-proyek yg mampu menyerap tenaga kerja. Kebijaksanaan ini sangat ampuh dlm meningkatkan output & memberantas pengangguran, terutama pada situasi saat sumber-sumber daya belum dimanfaatkan secara penuh.Bagi Keynes Campur tangan pemerintah terutama diperlukan kalau perekonomian berjalan tdk sesuai dgn yg diharapkan.Pandangan Keynes sering dianggap sbg awal dari pemikiran ekonomi mo-dern. Ia banyak melakukan pembaharuan & perumusan ulang doktrin-dok-trin klasik & neo-klasik. Karena Keynes menganggap peran pemerintah perlu dlm melaksanakan pembangunan, Keynes sering disebut Bapak Ekonomi Makro. Selain itu juga sering disebut Bapak Ekonomi Pembangunan. Keynes melihat hubungan diantara variabel-variabel ekonomi (seperti penda-patan, konsumsi,tabungan, pajak, pengeluaran pemerintah, ekspor-impor, pengangguran, inflasiSecara besar-besaran atau agregatif.

  • Pengakuan terhadap ilmu ekonomi sebagai cabang ilmu tersendiri diberikan pada abad Ke XVIII, setelah tokoh Adam Smith muncul dalam percaturan ekonomi (1729-1790).Adam Smith tokoh utama dari aliran ekonomi yg dikenal sbg aliran klasik.Aliran atau mashab yg dikembangkan oleh Adam Smith disebut mashab klasik sebab gagasan-gagasan yg ia tulis sudah banyak dibahas dan dibicarakan oleh pakar-pakar ekonomi jauh sebelumnya.Misalnya, soal paham individualisme tdk banyak berbeda dgn paham hedo-nisme yg dikembangkan oleh Aristippus & disempurnakan oleh Epicurus.Begitu juga pendapatnya agar pemerintah melakukan campur tangan seminimal mungkin dalam perekonomian (laissez faire laissez passer) sudah dibicarakan oleh Francis Quesnay.Pembahasan Smith lebih banyak bersifat mikro dgn penekanan pada penentuan harga.

  • Melalui analisis mikro, ia mengurakan masalah pembangunan dan kebijaksanaan-kebijaksanaan untuk memacu pertumbuhan ekonomi.Pendekatan yg digunakan Smith adalah pendekatan deduktif, yg digabung dgn penjelasan historis. Bidang yg paling disukai Adam Smith adalah falsafah moral. Bukunya yg pertama The Theory of moral sentiments (ditulis tahun 1759), bayak menghubungkan masalah ekonomi dan masalah moral.Penulisan buku The wealth of Nation (ditulis tahun 1776) dianggap sebagai pancangan pertama tonggak sejarah perkembangan ilmu ekonomi. Oleh sebab itu ia diberi gelar Bapak Ilmu EkonpmiDalam banyak hal pemikiran Adam Smith sejalan dgn paham kaum Fisiokrat yg menganggap produksi barang-barang dan jasa sebagai sumber utama kemakmuran suatu negara

  • Perbedaan antara pandangan Smith dgn pandangan aliran Fisiokrat hanyalah pada penekanan faktor yg paling dominan dalam menetukan kemakmuran negara.Kaum Fisiokrat menganggap alamlah yg paling menentukan kemakmuran bangsa. Sebaliknya Smith menganggap manusia sebagai faktor produksi utama. Alasannya alam (tanah( tidak ada artinya kalau tidak ada sumber daya manusia yg pandai mengolahnya sehingga bermanfaat bagi kehidupan. Dalam The wealth of nation diterangkan bahwa orang tidak perlu membuat sendiri barang barang yg kalau dibeli lebih rendah harganya daripada dari barang-barang ciptaan dalam negeri, lebih baik membelinya dari luar negeri, dibanding membeli buatan dalam negeri yg harganya lebih tinggi.

  • MEKANISME PASAR BEBASSmith sangat mendukung motto laissez faire-laissez passer yg menghendaki campur tangan pemerintah seminimal mungkin dlm perekonomian.Smith menghendaki agar pemerintah sedapat mungkin tidak terlalu banyak campur tangan mengatur perekonomian. Biarkan sajalah perekonomian berjalan wajar tanpa campur tangan pemerintah. Nanti akan ada suatu tangan tak kentara (invisible hands) yg akan membawa perekonomian tersebut ke arah keseimbangan. Jika banyak campur tangan pemerintah, pasar justru akan mengalami distorsi yg akan membawa perekonomian pada ketidakefisienan (inefficiency) & ketidakseimbangan.Menurut ajaran klasik & fisiokrat kepentingan individulah yg mesti di utamakan. Tugas negaralah untuk menjamin terciptanya kondisi bagi setiap orang untuk bebas bertin-dak melakukan yg terbaik bagi diri mereka masing-masing.

    2

  • TEORI NILAI (VALUE THEORY)Menurut Smith, barang mempunyai dua nilai. Pertama, nilai guna (value in use). Kedua nilai tukar (value in exchange).Nilai tukar atau harga suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga (labor) yg diperlukan untuk menghasilkan barang tsb.Hubungan antara nilai guna & nilai tukar suatu barang yg mempunyai nilai guna tinggi kadang-kadang tdk mempunyai nilai tukar (tdk bisa ditukarkan dgn barang lain). Sebaliknya, ada barang yg mempunyai nilai tukar sangat tinggi, tetapi tidak begitu berfaedah dalam kehidupan.Contohnya, air & intan. Menurut Smith, tdk ada jenis barang yg lebih berguna dari air. Akan tetapi, dlm kenyataan sehari-hari air sangat berguna tadi tak bisa ditukarkan dgn barang2 lain. Intan, di pihak lain, tdk begitu berguna bagi kehidupan. Namun, dari sedikit intan bisa ditukarkan dgn sejumlah besar barang lain yg jauh lebih besar faedah (utiliti)nya.Nilai tukar dapat diartikan dgn kemampuan sesuatu barang untuk memperoleh barang lain. Hal itu berarti nilai tukar suatu barang sama dgn harga barang itu sendiri.

    2

  • TEORI PEMBAGIAN KERJAProduktivitas tenaga kerja dapat ditingkatkan melalui pembagian kerja (division of labor)Pembagian kerja akan mendorong spesialisasi, orang akan memilih mengerjakan yg ter-baik sesuai dgn bakat & kemampuan masing2.Adanya spesialisasi berarti setiap orang tidak perlu menghasilkan setiap barang yg dibutuhkan secara sendiri-sendiri. Akan tetapi hanya menghasilkan satu jenis barang saja. Kelebihan barang atas kebutuhan sendiri itu dipertukarkan (diperdagangkan) di pasar.

  • TEORI AKUMULASI KAPITALSetiap orang berkeinginan untuk meningkatkan kesejahteraannya. Peningkatan kesejahteraan bisa diperoleh dgn meningkatkan laba.Cara terbaik untuk itu ialah dgn melakukan investasi, yaitu membeli mesin-mesin dan peralatan. dgn mesin-mesin & pera-latan yg lebih canggih, maka produktivitas labor akan semakin meningkat. Peningkatan produktivitas labor ini berarti peningkatan produksi perusahaan. Jika semua perusahaan melakukan hal yg sama, output nasional, yg juga berarti kese-jahteraan masyarakat, akan meningkat pula.

  • Penghargaanyag sangat tinggi terhadap Smith adalah karena ia berhasil menciptakan sebuah sistem ekonomi.Sistem ekonomi itu berupa sistem ekonomi pasar, yg kadang-kadang juga disebut Sistem ekonomi liberal (karena sistem ini memberikan kebebasan yg seluas-luasnya Bagi individu-individu atau unit-unit perekonomian mela