apa itu yoghurt

of 23 /23

Click here to load reader

Author: maulana-hilman-azhari

Post on 01-Jul-2015

268 views

Category:

Documents


2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Apa itu Yoghurt ?Oleh ohiofreshyoghurt

Yoghurt atau dalam bahasa Turki disebut jogurt atau yogurut, yang berarti susu asam. Pengertian Yoghurt adalah susu pasteurisasi yang difermentasikan dengan bakteri tertentu (bakteri probiotik streptococcus dan bakteri probiotik lactobaccillus) sehingga menghasilkan rasa asam dan aroma yang khas. Seiring dengan banyaknya penelitian tentang manfaat yoghurt bagi kesehatan, maka berkembanglah resep-resep pembuatan yoghurt dan aplikasinya dalam makanan atau pun minuman. Bagi sebagian orang yang menyukai rasa asam, yoghurt dapat diminum langsung tanpa ditambah apa pun sudah terasa lezat. Namun, bagi orang yang tidak menyukai rasa asam, yoghurt dapat dibuat variasinya sehingga terasa lebih nikmat. Begitu juga OHIO Fresh Yoghurt yang dikembangkan dalam cita rasa buah yang sangat nikmat, menyegarkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Karena OHIO Fresh Yoghurt memiliki kandungan gizi yang tinggi.Resep Yogurt (mudah dan bisa dicoba dirumah) chek this out

Resep Yogurt bahan yang dibutuhkan: -1 liter susu murni (yang murni atau yang di kemasan, namun lebih baik susu yang murni) -bibit yogurt 5% dari banyaknya susu murni (yogurt biasa tapi yang plain/tanpa rasa. bisa di dapatkan di supermarket) cara pembuatan yogurt: -panaskan susu sambil terus di aduk aduk (jangan sampai mendidih) -setelah itu susu tadi didinginkan sebentar -lalu masukan bibit yogurt tersebut -simpan di wadah tertutup selama 24 jam -jika sudah jadi bisa ditambahkan syrup atau buah buahan segar

silakan mencoba :)Yogurt banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, asam pantotenat, dan biotin adalah kumpulan zat-zat yang terkandung di dalam yogurt. Nah, sederet vitamin itu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan menambah daya ingat. Dengan rajin minum yogurt, terutama yang murni atau plan, bisa menjaga sel tubuh supaya tidak cepat menua. Hehehe, dengan kata lain, bisa bikin awet muda. Makanya enggak heran jika yogurt bisa dipakai sebagai bahan luluran, mandi susu untuk menghaluskan kulit. Rasa yogurt sedikit asam tapi segeeer. Yogurt dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Sebab jika rajin minum yogurt, usus menjadi bersih. Akibat pekerjaan bakteri baik yang dikandungnya. Pencernaan pun jadi lancar, tubuh pun sehat. Selain untuk kesehatan tubuh, yogurt juga dikenal baik untuk menjaga kehalusan kulit. Rajin meminum yogurt, juga menjadikan kulit tampak hal s, lembut dan tidak kering. Nah, kalo u sudah tahu manfaatnya, kini saatnya kita minum yogurt supaya sehat!

Cara Membuat Minuman YoghurtDipostkan oleh siadmin

Cara Membuat Yoghurt Minuman Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang diproses melalui proses fermentasi, membuat minuman Yoghurt yaitu dengan menambahkan kultur organisme yang baik, salah satunya yaitu bakteri asam laktat. Minuman Yoghurt mempunyai beberapa kelebihan di antaranya yaitu cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu karena laktosa yang terkandung pada susu, ampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik.

Cara pembuatan Yoghurt yang benar sangatlah sederhana meskipun terlihat agak sulit, beberapa alat yang kita butuhkan adalah panci berukuran kira -kira 40 cm, sendok pengaduk, toples kaca dengan tutup. Bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuatan yoghurt hanyalah susu. Susu yang di gunakan dapat berupa susu cair langsung tetapi yang perlu diperhatikan susu yang digunakan harussusu putih. berikut ini adalah langkah-langkah membuat minuman yogurt:

1.

Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 literlalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.

2.

Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Hal ini hanya bertujuan untuk menguapkan air sehingga nantinya akan terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.

3.

Jika sudah, solid yoghurt lalu diangkat dan didinginkan kira -kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit yoghurt sebanyak 2 5% dari jumlah yoghurt yang sudah mengental tadi. Bibit yoghurt memang tidak dijual di pasaran secara bebas tetapi dapat anda peroleh disalah satu toko. Atau secara sederhananya kita dapat menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa tambahan), tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit yoghurt.

4.

Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental .

5.

Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersisa semakin sedikit, dan yoghurt yang dihasilkan semakin bagus. Solid yoghurt yang belum diberikan ta mbahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yoghurtuntuk pembuatan selanjutnya.

6.

Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan sirup atau gula bagi yang tidak kuat asamnya, bahkan bisa ditambahkan dengan perasa tambahan makanan seperti rasa jeruk,strawberry dan leci yang dapat kita peroleh di apotek-apotek. Yoghurt dapat disajikan tidak hanya sebagai minuman, tetapi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah.

7.

Yoghurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Kalaupun kita ingin menggunakan wadah plastik sebaiknya yang agak tebal, akan tetapibila ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.

Dalam pembuatan yoghurt faktor yang harus diperhatikan adalah kebersihan, sebaiknya semua alat yang digunakan direbus terlebih dahulu dalam air mendidih selama 5 -10 menit. Apabila kebersihan tidak di perhatikan atau dijaga dapat mengakibatkan yoghurt tidak jadi, dengan ciri -ciri tidak berasam walaupun berbentuk solid, di permukaan solid ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam dan berbau asam yang sangat tajam. Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu : yang pertama Yoghurt tidak boleh terkena sinar matahari dan yang kedua adalah yogurt tidak boleh ditaruh dalam suhu ruangan,harus disimpan dalam suhu dingin/kulkas tetapi juga tidak boleh diletakkan dalam freezer. Yoghurt tidak boleh disimpan dalam freezer karena bahan dasar yoghurt yang berupa susu dapat pecah dan justru itu akan merusak yoghurt.

Homemade Yogurt Bahan : 1 ltr susu UHT plain 1 sachet susu bubuk Dancow instant 100 ml Yogurt Plain (contohnya merk Biokul) Alat penunjang yang dibutuhkan : Termos plastik Kantong plastik bening Cara Membuat : Masak susu sampai hangat (sambil diaduk) lalu tambahkan susu bubuk dan yoghurt plain, aduk rata. Tuang campuran susu tersebut ke dalam kantong plastik lalu ikat.

Kemudian masukkan plastik berisi susu tersebut ke dalam termos lalu tuang air hangat secukupnya (sampai kantong plastik berisi campuran susu terendam) Tutup rapat dan simpan selama 6 -8 jam. Susu akan mengental dan aroma serta rasanya akan terasa asam. Bila sudah jadi, ambil 100 ml yogurt untuk biang pembuatan yogurt berikutnya. Simpan dalam kantong plastik yang masih baru/steril sampai waktu akan digunakan.

Penyajian : Campurkan yoghurt dengan gula/fruktosa/simple sirup atau sirup secukupnya. Nikmat juga bila dicampur dengan jus buah dan ditambah dengan potongan buah. Note: Foto cara membuatnya bisa dilihat disini yaa....Bahan-bahan: 1 liter susu (bisa susu murni, maupun yang dijual dalam kemasan) 200 ml yogurt tanpa rasa (plain) Petunjuk Panaskan susu sampai hangat-hangat kuku. Diamkan agar susu mencapai suhu ruang. Lalu campurkan biang yogurt ke dalam susu. Aduk rata, taruh dalam wadah tertutup. Letakan wadah di tempat yang paling hangat di rumah Anda. Jika cuaca tidak memungkinkan, bungkus wadah dengan handuk atau selimut tebal. Biarkan selama 4 jam 8 jam. (Semakin lama semakin asam) Lalu taruh yogurt dalam kulkas dan yogurt pun siap disantap.

ANDA INGIN TAHU SEBERAPA HEBAT KHASIAT KEFIR? Disini saya akan mengulas setidaknya 100 khasiat dan manfaat kefir. Sebagian khasiat tersebut memang telah teruji secara klinis, dan sebagian lagi adalah khasiat dan manfaat yang secara turuntemurun telah diakui oleh masyarakat Eropa. Sekitar 80% khasiat dan manfaat kefir memiliki kemiripan dengan khasiat dan manfaat yoghurt. Langsung saja, inilah 100 khas dan manfaat kefir! iat

Selanjutnya NO KHASIAT KEFIR KETERANGAN / SUMBER 1 Sebagai sumber berbagai macam enzim pencernaan yang akan membantu meringankan proses pencernaan dalam saluran pencernaan Banyak kasus gangguan pencernaan disebabkan karena saluran pencernaan tidak mampu memproduksi enzim yang cukup untuk menyokong fungsi pencernaan. Hal ini diperparah dengan pola makan masyarakat modern yang cenderung tidak sehat

dan tidak seimbang gizi. Kefir adalah minuman organik satu-satunya di dunia yang mampu menghasilkan multienzim yang sangat baik bagi sistem pencernaan kita. Setidaknya terdapat lebih dari 6 macam enzim dalam kefir. 2 Merangsang produksi enzim di dalam tubuh dan membantu memperbaiki fungsi empedu dan pankreas, meringankan kerja empedu, liver dan pankreas Selain mampu memproduksi enzim, ternyata rajin mengkonsumsi kefir mampu merangsang produksi enzim di dalam tubuh sehingga menjamin suplai enzim yang cukup bagi tubuh. Produksi enzim yang mencukupi bagi sistem pencernaan akan menyebabkan kerja liver, empedu dan pankreas menjadi jauh lebih ringan. Hal ini akan mencegah timbulnya penyakit komplikasi diabetes, jantung, pankreas dan liver di usia lanjut yang sangat mematikan. Anda yang telah berusia diatas 40 tahun sangat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi kefir. 3 Memiliki sifat menekan berbagai macam radang organ penting bagian dalam tubuh (anti inflammatory) Kefir mampu merangsang limfe untuk memproduksi sel darah putih secara optimal untuk melindungi tubuh dari adanya infeksi. Selain itu rajin mengkonsumsi kefir akan mampu melancarkan aliran darah sehingga suplai sel darah putih ke seluruh tubuh akan menjadi sangat lancar. Dengan demikian proses penyembuhan radangakan menjadi jauh lebih cepat dengan rajin minum kefir. 4 Memperbaiki fungsi otot, sendi dan sistem motorik tubuh Rajin mengkonsumsi kefir akan mampu memperbaiki fungsi otot, sendi dan sistem motorik tubuh. Juga mampu meningkatkan reaksi otot serta mempercepat pemulihan otot yang stres. Imbangi dengan rajin berolahraga untuk menjaga otot tetap sehat. 5 Melindungi tubuh dari infeksi virus Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa kefir ternyata mampu merangsang sel tubuh untuk memproduksi suatu zat yang disebut Interferon-Beta (senyawa glikoprotein yang sangat penting untuk melawan infeksi virus) 14 kali lebih banyak dari biasanya, sehingga mampu menjaga tubuh dari serangan berbagai macam virus. 6 Menyembuhkan Candidiasis (serangan jamur pada organ se laput lendir pada mulut) Candidiasis biasanya menyerang bayi/batita dibawah umur 2 tahun. Candidiasis juga dapat menyerang orang dewasa yang mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama. Kefir dapat digunakan sebagai obat tetes mulut pada bayi yang terkena candidiasis dan dapat digunakan sebagai obat kumur bagi orang dewasa yang menderitanya. Umumnya dengan berkumur kefir, kandidiasis akan sembuh tidak lebih dari 72 jam pada orang dewasa. 7 Mampu mencegah paru-paru basah dan radang paru-paru (pneumonia) Kefir memiliki kemampuan meningkatkan kinerja paru-paru dalam menghalau benda asing, contohnya air. Mereka yang rajin mengkonsumsi kefir memiliki resiko terkena paru-paru basah yang jauh lebih kecil dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kefir. Paru-paru basah sering ditemukan di negara dingin, seperti Rusia, dan karena itu kefir sangat populer di Rusia, yang masyarakatnya sering menderita pneumonia. Pneumonia sering dipicu oleh paru-paru basah. Karena kemampuan kefir dalam menekan serangan paru-paru basah, maka secara tidak langsung kefir juga mampu menekan timbulnya radang paru paru (pneumonia). 8 Mencegah serangan asma, mencegah asma kambuh, mengobati asma saat sedang kambuh Asma (bengek) adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan hingga saat ini.Namun asma dapat dicegah untuk kambuh dengan rajin mengkonsumsi kefir. Khasiat kefir untuk mengobati asma akan lebih baik lagi apabila menggunakan susu kambing sebagai bahan bakunya. Optimalkan pertahanan tubuh anda dari serangan asma dengan rajin mengkonsumsi susu kambing, kefir (susu sapi atau susu kambing), daging kelinci dan jus apel serta olah raga yang cukup, istirahat yang teratur, jauhi pemicu

asma dan jauhi stres fisik maupun pikiran. Saat asma menyerang, jauhkan diri anda dari pemicu asma (debu, dingin, stres dll) dan segera minum susu kambing dan kefir. 9 Sangat efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Sangat baik bagi penderita diabetes Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa kefir sangat efektif menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Rajin mengkonsumsi kefir terbukti menurunkan kadar gula darah hingga ke batas normal. Perhatian: Para penderita diabetes harus tetap disiplin dan menjaga pola makan sehat, menjauhi gula berlebihan, rajin berolahraga dan jauhi stres. Mengkonsumsi kefir tidak boleh dijadikan pembenaran seorang penderita diabetes untuk meninggalkan pola makan sehat rendah gula. 10 Mengobati masuk angin Ini adalah pengalaman saya pribadi. Saat saya masuk angin, sama sekali tidak cukup disembuhkan dengan obat masuk angin maupun dikerok. Jadi saya mencoba mengkonsumsi 2 gelas (400 ml) kefir hangat dan dilanjutkan dengan mandi air hangat dan makan secukupnya serta langsung beristirahat. Masuk angin saya sembuh keesokan harinya! 11 Mampu meredakan dan menyembuhkan penyakit bronkitis Kefir ternyata efektif dalam meredakan dan menyembuhkan bronkitis. Di wilayah asal kefir yaitu Kaukasia, dimana suhu udara sangat dingin dan banyak debu pemicu bronkitis, ternyata para penduduknya yang sangat rajin mengkonsumsi kefir hampir tak ada yang menderita bronkitis. 12 Mengobati infeksi saluran pernafasan atas Khasiat kefir dalam menyehatkan paru -paru dan menekan radang membuatnya efektif dalam menyembuhkan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Anak-anak yang rajin mengkonsumsi kefir memiliki resiko terkena ISPA dua kali lebih sedikit dibandingkan dengan anak-anak yang tidak pernah minum kefir. 13 Mampu meredakan flu dan mencegah flu babi Di negara-negara Eropa, dimana serangan flu sangat sering terjadi, ternyata mereka yang rajin mengkonsumsi kefir lebih sedikit memiliki resiko terkena flu. Kefir tampaknya bekerja efektif dalam menghambat serangan virus, termasuk virus influenza atau flu. 14 Mampu mengobati tukak lambung (gastritis) Sepintas tampak aneh jika kefir yang asam dapat mengobati tukak lambung. Awalnya saya juga tidak percaya. Namun setelah melihat literatur ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut, saya mulai rajin mengkonsumsi kefir. Ternyata asam yang ada pada kefir adalah asam laktat yang aman bagi lambung. Luar biasa, saya yang dulu menderita tukak lambung ringan, selalu mual setiap mengkonsumsi secangkir kopi, kini saya kuat mengkonsumsi 2 gelas (400 ml) kefir yang asam dalam sekali minum dan tidak merasa nyeri lambung sedikitpun. Saya kini juga sering mengkonsumsi teh hijau pekat dalam keadaan perut kosong dan tidak ada masalah. Maag saya sekarang sembuh! 15 Mencegah dan meringankan haemorrhoid (ambeien/wasir) Wasir disebabkan karena membengkaknya pembuluh darah pada rectum dan anus. Hal ini biasa disebabkan karena sir ulasi k darah yang tidak lancar, kemungkinan akibat terlalu sering duduk dalam waktu lama, serta diduga juga akibat kolesterol tinggi. Fungsi kefir untuk melancarkan aliran darah dan menurunkan kolesterol jahat secara tidak langsung membuat ambeien atau wasir dapat dicegah. 16 Mencegah dan mengobati encok Rajin mengkonsumsi kombucha dan diselingi dengan konsumsi kefir sangat efektif dalam mencegah maupun mengobati encok. Bibit kefir dan kombucha dapat anda beli di sini, di rajayoghurt.com. 17 Memperkuat otot jantung. Mencegah jantung koroner Kefir memiliki banyak nutrisi yang sangat mudah diserap tubuh. Sebagian nutrisi pada kefir diyakini diperlukan bagi otot jantung untuk tetap beroperasi dalam kondisi optimalnya. Penelitian di Eropa juga menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi kefir memiliki resiko terkena jantung koroner yang lebih kecil dibanding meraka yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi kefir.

18 Menyehatkan ginjal. Memperbaiki fungsi ginjal. Meringankan kerja ginjal Kefir sangat berkhasiat menyehatkan ginjal. Mereka yang rajin mengkonsumsi kefir memiliki resiko gangguan ginjal yang jauh lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi kefir. 19 Sangat efektif mempercepat penghentian perdarahan pada luka baru maupun lamaKefir adalah sumber vitamik K alami yang sangat penting bagi tubuh. Vitamik K sangat penting untuk membantu mempercepat penghentian perdarahan pada luka. 20 Melindungi tubuh dari serangan TBC Dengan rajin mengkonsumsi kefir, kekebalan tubuh anda akan meningkat dan paru-paru akan mendapatkan suplai sel darah putih yang cukup untuk melindungi tubuh dari serangan TBC. 21 Sebagai sumber bakteri probiotik yang baik bagi usus Sebagian besar bakteri kefir memang memiliki kemampuan probiotik. Probiotik adalah sebuah kemampuan dari bakteri untuk menekan bakteri jahat yang ada dalam saluran pencernaan. Untuk mendapatkan efek probiotik dari kefir, biasakan untuk selalu mengkonsumsi kefir dalam keadaan segar dan tanpa pengawet serta tidak dipasteurisasi. 22 Mengendalikan berat badan Penelitian menunjukkan bahwa beberapa zat alami yang terdapat pada kefir mampu berperan dalam mengendalikan kadar lemak darah. Dengan demikian secara tidak langsung mampu menekan pembentukan lemak tubuh dan membuat berat badan lebih terkendali. 23 Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis Kefir benar-benar merupakan sumber kalsium organik yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Unsur magnesium yang juga terdapat pada kefir akan ikut berperan meningkatkan efektifitas penyerapan kalsium ke dalam tulang kita. Kefir yang dibuat menggunakan susu sapi murni adalah sumber kalsium organik dengan tingkat penyerapan kalsium praktis 100%. 24 Membersihkan saluran pencernaan Ini adalah efek yang sangat meyakinkan dari kombinasi asam laktat dan enzim-enzim pada kefir. Kombinasi ini mampu membuat usus halus bekerja aktif mencerna makanan, sekaligus berperan aktif melewatkan sisa makanan yang tidak tercerna. Selain itu bakteri probiotik akan membantu mengendalikan bakteri patogen dalam usus halusmaupun usus besar. 25 Sumber alternatif pengganti susu bagi penderita lactose intolerance (tidak cocok susu) Susu boleh jadi merupakan salah satu minuman terbaik. Namun beberapa orang memiliki reaksi negatif terhadap laktosa pada susu, ditandai dengan diare. Hal itu karena adanya laktosa dalam susu. Pada kefir, laktosa tersebut telah diurai oleh bakteri kefir menjadi asam laktat yang dapat ditolerir oleh penderita lactose intolerance. 26 Menyegarkan badan Karena bentuknya yang cair, kefir dapat dengan san cepat diserap oleh gat tubuh dan dengan demikian cepat menyegarkan badan. 27 Mengoptimalkan metabolisme tubuh Kefir mengandung banyak vitamin, terutama vitamin B, yang berperan aktif dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh. Selain itu masih banyak vitamin lain, serta kalsium dan unsur-unsur lain, dan tentu saja protein sebagai zat pembangun tubuh. Protein kefir adalah juga protein susu yang juga sangat mudah diserap oleh tubuh. 28 Mencegah penyakit saat perubahan musim Ini adalah efek tidak langsung dari k hasiat kefir sebagai sumber bakteri probiotik dan manfaat mengoptimalkan metabolisme tubuh. Penyakit perubahan musim umumnya adalah gangguan pencernaan, diare, typhus dan sejenisnya. Dengan mengkonsumsi kefir, anda akan mendapatkan suplai bakteri probiotik serta peningkatan metabolisme tubuh. Telah banyak bukti ilmiah menyatakan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi kefir jauh lebih sedikit terkena resiko serangan gangguan pencernaan pada saat perubahan musim.

29 Baik bagi kesehatan jantung Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi kefir ternyata dapat menurunkan resiko serangan jantung. Fungsi kefir yang mampu mengendalikan kadar lemak dan kolesterol darah tampaknya secara tidak langsung mampu membuat beban jantung berkurang secara nyata. 30 Baik bagi kesehatan liver, ginjal, lambung dan usus Kesehatan liver dan ginjal bermula dari kesehatan lambung dan usus. Reputasi kefir yang luar biasa dalam menyehatkan saluran pencernaan (termasuk lambung dan usus) berimbas pada membaiknya fungsi liver dan ginjal yan memang g memiliki koordinasi secara langsung dengan saluran pencernaan. Jaga kesehatan anda dengan rajin mengkonsumsi kefir. 31 Menyehatkan kulit tubuh dan kulit wajah Telah banyak uji klinis membuktikan hal ini. Kefir memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi kulit wajah maupun kulit tubuh. Masyarakat Barat terutama kaum hawa, secara tradisional banyak memanfaatkan kefir sebagai lulur untuk kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Perawatan kulit dari dalam dapat dilakukan dengan cara meminum kefir seperti biasa. 32 Membantu penyerapan nutrisi ke otak Membaiknya sirkulasi darah memberikan efek yang sangat positif pada metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancar sungguh sangat disukai oleh salah satu organ tubuh terpenting kita, yaitu otak. Dengan rajin mengkonsumsi kefir, penyerapan nutrisi ke otak akan selalu terjaga dalam kondisi optimalnya. 33 Membantu meredakan rasa sakit saat haid/menstruasi Pendekatan non -ilmiah dari kesaksian banyak perempuan Eropa mempercayai bahwa mengkonsumsi kefirsecara rutin memang membantu meredakan rasa sakit saat menstruasi. 34 Baik bagi ibu hamil, sumber kalsium dan magnesium selama hamil Kalsium dan magnesium tidak hanya dibutuhkan dalam aktivitas normal saja. Di masa kehamilan, kalsium dan magnesium benarbenar merupakan dua unsur yang sangat esensial, terutama kalsium yang benar benar mutlak perlu. Kebutuhan kalsium bagi ibu hamil dapat membengkak mencapai 3 kali lipat kebutuhan orang normal, dan kalsium organik yang ada di susu murni dan kefir merupakan pilihan terbaik. 35 Memperkuat tulang janin dalam kandungan Kalsium yang mencukupi selama kehamilan tidak saja berfungsi untuk membentuk tulang, namun juga memperkuat tulang janin dalam kandungan. Selain rajin mengkonsumsi kefir, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna mutlak perlu, disamping istirahat yang teratur, tidak stres dan tidak mengkonsumsi rokok, alkohol maupun obat-obatan yang sangat membahayakan janin. 36 Baik bagi ibu menyusui, meningkatkan kualitas dan kuantitas air susu Kalsium susu (dan jug a kalsium kefir) memiliki peran vital dalam peningkatan kualitas dan kuantitas air susu. Banyak ibu menyusui yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kefir membantu meningkatkan produksi ASI. 37 Kalsium kefir 100% organik sehingga dapat diserap tubuh dengan sempurna Hewan mamalia dan juga manusia telah dibekali secara genetik untuk memproduksi makanan terbaik untuk anak -anak mereka yang baru lahir. Bayi yang baru lahir praktis tidak bisa mengkonsumsi apapun selain air susu, dan pencernaan mereka yang lemah hanya mampu menyerap nutrisi yang paling mudah diserap. Karena itulah air susu mamalia dan manusia pasti memiliki seluruh nutrisi yang paling mudah diserap tubuh. Nutrisi tersebut termasuk kalsium. Kalsium pada susu sapi dan kambing sebagai bahan baku kefir adalah jenis kalsium organik yang praktis mampu diserap dengan sempurna oleh tubuh. 38 Baik bagi orang yang sedang dalam proses penyembuhan Metabolisme tubuh yang optimal akan sangat membentu mempercepat proses penyembuhan. Mengkonsumsi kefir akan mem bantu mengoptimalkan metabolisme tubuh dan secara tidak langsung akan membantu mempercepat

proses penyembuhan. 39 Dipercaya mampu meredakan stres Beberapa penelitian ilmiah menunjang pernyataan ini. Telah cukup banyak konsumen kefir yang mengakui adanya manfaat pereda stres dalam kefir. Dugaan sementara, hal ini berasal dari membaiknya sistem pencernaan mereka, serta makin lancarnya proses metabolisme tubuh sehingga menyebabkan stress tubuh berkurang. 40 Memiliki kandungan zat gizi yang lebih lengkap dari susu murni Setelah mengalami proses fermentasi, pada kefir terbentuk banyak zat organik hasil fermentasi, yang tidak terdapat pada susu. Zat-zat tersebut ternyata memiliki nilai gizi tersendiri, yang baik untuk tubuh, sehingga dapat disimpulkan bahwa kefir memang memiliki kandungan zat gizi yang lebih lengkap dibandingkan susu murni. 41 Membantu menurunkan kolesterol jahat Tidak hanya lemak darah saja yang mampu dikendalikan oleh kefir. Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol tipe LDL yang merugikan kesehatan juga dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi kefir secara teratur. 42 Mampu membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi Hipertensi berhubungan dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah. Khasiat No 41 diatas memberikan efek positif terhadap penurunan tekanan darah. 43 Menjaga kesehatan kuku Testimonial banyak perempuan Eropa yang rajin mengkonsumsi kefir menunjukkan bahwa mengkonsumsi kefir secara rutin ternyata meningkatkan kualitas kuku tangan dan kaki mereka. Diduga bahwa kalsium organik pada kefir memberikan kontribusi yang sangat positif tidak hanya untuk tulang, namun juga kuku. 44 Baik bagi penderita patah tulang karena mampu mensuplai kalsium dan magnesium untuk proses regenerasi tulang yang patah Proses regenerasi tulang membutuhkan suplai kalsium yang tinggi. Mengkonsumsi susu dan kefir sangat baik bagi penderita patah tulang. Konsultasi dengan dokter ahli tulang mutlak perlu untuk mendapatkan informasi mengenai nutrisi apa saja yang diperlukan selama proses regenerasi tulang. 45 Dipercaya memperpanjang umur Hasil penelitian yang dilakukan pada masyarakat Kaukasia dimana penduduknya mengkonsumsi kefir lebih banyak dari penduduk lain di muka bumi ini secara mengejutkan menemukan fakta bahwa masyarakat Kaukasia peminum kefir memiliki usia rata-rata yang sangat panjang, melampaui 100 tahun, dan praktis tanpa masalah kesehatan serius hingga usia rata-rata 85 tahun. Serangan jantung dan kolesterol tinggi serta diabetes praktis tidak ditemui di sana. Secara tradisi telah dapat dibuktikan bahwa kefir ternyata memiliki khasiat untuk memperpanjang umur. 46 Sebagai antioksidan penangkal radikal bebas Kefir mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi radikal bebas pemicu kanker yang ada di dalam tubuh. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari serangan tumor maupun kanker. 47 Dapat membersihkan tubuh dari endapan racun sisa metabolisme Organ tubuh kita yang berperan penting dalam proses detoksifikasi (membuang racun hasil metabolisme) adalah liver. Karena kefir memberikan efek positif pada liver, maka secara tidak langsung kefir mampu membersihkan tubuh dari endapan racun sisa metabolisme. 48 Mencegah kanker saluran pencernaan dan kanker usus besar Kefir ternyata tidak hanya mampu membersihkan saluran pencernaan dari bakteri merugikan. Beberapa penelitian telah memberikan hasil yang positif bahwa kefir ternyata juga mampu mencegah timbulnya kanker duodenum, usus halus, dan usus besar. Beberapa kanker dalam stadium paling awal serta malignant (sel potensial kanker) dapat diterapi secara bertahap dengan rajin mengkonsumsi kefir. Selain itu, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat mutlak perlu untuk mencegah kanker.

49 Dipercaya mencegah kanker prostat Kanker prostat sangat umum menyerang kaum pria, terutama yang telah berusia diatas 50 tahun. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau (green tea) terbukti mampu menurunkan resiko serangan kanker prostat. Jika konsumsi green tea tersebut diimbangi dengan konsumsi kefir secara teratur, maka resiko terkena kanker prosetat dapat ditekan menjadi lebih rendah lagi. Selain itu, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat mutlak perlu untuk mencegah kanker. 50 Sebagai Produk Organik Pengganti Obat (POPO) yang murah, natural dan terbukti khasiatnya selama ratusan tahun Pernahkah anda sakit dan harus berobat? Berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk segala macam obat-obatannya? Jika anda harus mengkonsumsi obat-obatan paten, maka anda tidak mustahil mengeluarkan uang belasan juta rupiah untuk biaya pengobatan. Sela in itu mengkonsumsi obat-obatan akan membuat liver anda menjadi sangat menderita. Sekali liver anda rusak, tidak ada obatnya. Karena itulah anda dapat mencoba perawatan kesehatan yang organik, natural dan murah dengan rajin mengkonsumsi kefir. Belilah kefir sekarang juga. Saya memiliki banyak produk yang sesuai untuk anda konsumsi. Dan yang terpenting, produk saya natural, organik dan murah serta mampu menjauhkan diri anda dari ketergantungan akan obat obatan kimiawi yang dapat merusak liver dalam jangka panjang. NO KHASIAT KEFIR KETERANGAN / SUMBER 51 Mampu mencegah timbulnya berbagai jenis tumor Mengkonsumsi kefir bersam -sama dengan teh hijau dipercaya mampu mencegah timbulnya berbagai jenis tumor, baik jinak maupun ganas. Banyak tumor jinak yang telah terbentuk dapat dikendalikan dengan rajin mengkonsumsi kedua jenis minuman kesehatan tersebut. Selain itu, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat mutlak perlu untuk mencegah tumor. 52 Meningkatkan daya tahan tubuh pada saat cuaca sangat tidak menentu Perub ahan cuaca tropis yang sangat ekstrem dan tidak menentu menyebabkan banyak timbul epidemi penyakit saluran pencernaan seperti diare, typhus dan sejenisnya. Dengan mengkonsumsi kefir, anda akan mendapatkan suplai bakteri probiotik serta peningkatan metabolisme tubuh. Telah banyak bukti ilmiah menyatakan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi kefir jauh lebih sedikit terkena resiko serangan gangguan pencernaan pada saat perubahan musim. Imbangi konsumsi kefir dengan makanan yang lengkap nutrisinya, istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta banyak mengkonsumsi air putih maupun teh hijau. 53 Mengurangi resiko terkena sariawan Sariawan disebabkan karena adanya luka dan disertai infeksi ringan pada rongga mulut. Terkadang sariawan sulit sembuh dalam waktu cepatkarena banyaknya bakteri merugikan pada rongga mulut kita yang terus menerus menginfeksi sariawan tersebut. Dengan berkumur menggunakan kefir, maka efek antibakteri dan antiradang yang dimiliki kefir mampu melindungi rongga mulut dari radang yang berkepanjangan sehingga dengan demikian seriawan dapat sembuh jauh lebih cepat. 54 Sebagai minuman awet muda Di Kaukasia, dimana banyak orang mengkonsumsi kefir secara rutin dalam jangka panjang, setelah diteliti ternyata masyarakatnya mampu mencapai umur rata-rata diatas 85 tahun. Banyak juga yang mencapai umur 100 tahun lebih dan masih tampak segar bugar. Mereka juga sangat jarang menderita penyakit berat maupun mematikan. Padahal mereka hidup di lingkungan yang sangat dingin dan medan yang berat. Kefir sangat baik dikonsumsi sebagai minuman panjang umur. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang diberi asupan kefir terbukti memiliki umur rata-rata 15% lebih panjang dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan asupan kefir.

55 Menyehatkan rambut, memelihara kesuburan rambut Belum ada penelitian ilmiah yang menunjang pernyataan ini. Namun dari berbagai sumber di Rusia serta dari banyak testimonial perempuan Rusia berkembanglah kepercayaan yang umum bahwa kefir mampu menyehatkan dan memelihara kesuburan rambut. 56 Mencegah/meredakan panas dalam Kefir memiliki karakter yang 'dingin' dan segar sehingga mampu membantu anda meredakan panas dalam. 57 Menjaga kesehatan organ reproduksi Dari berbagai sumber di Eropa, Rusia serta dari banyak testimonial perempuan Eropa berkembanglah kepercayaan yang umum bahwa kefir mampu menyehatkan dan memelihara kesehatan organ reproduksi. Jika dianalisis secara logika sederhana, semakin tinggi kadar lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh akan menurunkan kesehatan organ reproduksi. Dengan rajin mengkonsumsi kefir, maka kadar lemak dan kolesterol jahat dalam darah/tubuh akan berkurang, dan tentunya akan memberikan dampak positif bagi kesehatan organ reproduksi. 58 Mempercepat pemulihan saat lelah karena aktivitas berat Karena segala nutrisi kefir sangat mudah diserap tubuh, maka mengkonsumsi kefir pada saat tubuh kita lelah karena aktivitas berat akan sangat membantu menyegarkan dan memulihkan tubuh. 59 Menjaga kesehatan rongga mulut Rajin mengkonsumsi kefir akan membantu menjaga keseimbangan bakteri dan mikroflora lain yang terdapat di dalam rongga mulut. Bakteri dan jamur yang tidak menyehatkan akan ditekan pertumbuhannya sehingga kesehatan rongga mulut akan sangat terjaga. Selain itu rajin mengkonsumsi kefir mampu menghilangkan bau mulut (bau mulut yang berasal dari lambung/usus) 60 Menyehatkan organ-organ hormonal dalam tubuh Meskipun penelitian mengenai hal ini masih sangat sedikit, namun kandungan vitamin B pada kefir dipercaya memberikan pengaruh secara tidak langsung terhadap perbaikan kinerja organ-organ hormonal dalam tubuh. 61 Membantu menambah massa otot bagi para olahragawan Karena kefir memiliki kemampuan untuk menekan kadar lemak di dalam tubuh, maka kefir sangat baik bagi para olahragawan, karena selama proses olahraga, lemak tubuh yang terbuang dan terbakar akan dapat digantikan oleh massa otot. 62 Sebagai sumber asam amino esensial bagi tubuh Susu adalah sumber asam amino esensial bagi tubuh. Karena itu kefir sebagai proguk turunan langsung dari susu memilikimanfaat yang sama sebagai sumber asam amino esensial bagi tubuh. Dibandingkan protein telur atau daging, protein susu dan kefir jauh lebih mudah diserap oleh tubuh. 63 Meningkatkan kesehatan dan kekuatan gusi Enzim yang dihasilkan kefir ternyata memiliki kemampuan untuk menjaga gusi dari berbagai masalah, seperti perdarahan gusi saat menggosok gigi. 64 Membantu menjaga kesehatan persendian Banyak testimonial di masyarakat Eropa menyatakan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi kefir lebih sedikit mengalami masalah pada persendiannya. kefir adalah sahabat yang baik untuk tulang dan sendi kita. 65 Meningkatkan elastisitas pembuluh darah Kefir tidak hanya bermanfaat untuk menekan kadar lemak dan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Setelah kolesterol jahat be rhasil dikendalikan, maka kefir dapat melanjutkan manfaatnya sebagai pemelihara kekuatan dan elastisitas pembuluh darah. Untuk mendapatkan hasil yang sangat optimal, sangat dianjurkan untuk juga rajin mengkonsumsi teh hijau, yang memang telah terbukti meningkatkan elastisitas pembuluh darah. 66 Cocok untuk dikonsumsi para semi-vegetarian Seorang semi-vegetarian membutuhkan sumber protein yang cepat diserap oleh tubuh, hal itu karena protein nabati dari sayuran yang mereka

konsumsi sangat lambat diserap tubuh. Untuk mendapatkan protein yang cepat terserap tersebut, para semi-vegetarian dianjurkan mengkonsumsi kefir sebagai salah satu pilihan. 67 Sebagai bahan campuran masakan yang menyehatkan, terutama untuk beberapa menu masakan khas Eropa Di wilayah Mediterania (Eropa Selatan) kefir banyak digunakan sebagai 'saus' untuk menu daging kalkun, kebab, roti daging, dan lain-lain. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Mediterania untuk mencoba menu tersebut. Di Jakarta ada beberapa restoran khas Turki yang menyediakan menu daging dengan saus kefir yang nikmat. 68 Jika rajin mengkonsumsi kefir sejak muda, dipercaya mampu mencegah kepikunan dini Masih sedikit penelitian ilmiah yang menunjang pernyataan ini. Namun karena kefir memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk otak, tak ada salahnya kita mempercayai pernyataan tersebut. Saya percaya. Anda? 69 Sebagai salah satu sumber kalsium terbaik bagi wanita yang memasuki masa menopause Telah terbukti secara medis bahwa masa menopause sangat bertanggung jawab akan hiangnya banyak l kalsium dari tulang kaum perempuan. Untuk mencegah osteoporosis pada masa menopause, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium organik. Susu dan kefir adalah pilihan yang sangat baik untuk itu. 70 Menyehatkan para manula Para manula sangat membutuhkan suplai kalsium organik agar tulang mereka tetap sehat. Susu dan kefir adalah pilihan yang sangat baik untuk itu. Para manula yang rajin mengkonsumsi susu dan kefir terbukti memiliki resiko osteoporosis yang lebih rendah dibanding mereka yang sangat jarang mengkonsumsi susu dan kefir. 71 Menjaga kesehatan sistem saraf Vitamin B yang terdapat pada kefir memiliki benefit yang sangat baik bagi kesehatan sistem saraf tubuh kita. Kalsium yang terdapat pada kefir juga dibutuhkan bagi sistem saraf. 72 Baik untuk dikonsumsi para perokok Sebenarnya, tidak ada yang lebih baik bagi seorang perokok selain berhenti merokok. Namun, jika seorang perokok belum bisa menghentikan kebiasaan merokoknya, dia bisa menjaga kesehatannya dengan rajin mengkonsumsi kefr. Perhatian: Kefir i bukan merupakan suplemen untuk para perokok, dan tidak boleh dijadikan pembenaran seseorang untuk meningkatkan aktivitas merokoknya. 73 Mampu menekan beberapa jenis alergi Kefir yang dibuat dari susu kambing menghasilkan senyawa yang baik untuk meredakan beberapa jenis alergi, terutama alergi yang dapat menyebabkan atshma (asma/bengek). 74 Menjaga kesehatan paru-paru serta organ tubuh lainnya Dengan banyaknya kandungan zat gizi pada kefir, maka hal tersebut memberikan benefit yang sangat besar bagi kesehatan organ-organ tubuh yang penting. Selain itu manfaat antioksidan yang terkandung pada kefir mampu menangkal radikal bebas yang biasanya masuk melalui saluran pernafasan, khususnya paru -paru. 75 Menjaga kesehatan otak Kefir menyehatkan pembuluh darah di seluruh tubuh kita, dan tentunya pembuluh darah otak juga. Pembuluh darah otak yang sehat secara tidak langsung akan meningkatkan kesehatan otak itu sendiri. 76 Menjaga kesehatan sel darah merah Kefir dipercaya membantu proses penyera pan zat besi oleh tubuh, dan dengan demikian secara tidak langsung mampu menjaga kesehatan sel darah merah. 77 Dipercaya mencegah kanker payudara, kanker leher rahim Jika kanker prostat menyerang kaum adam, maka kanker payudara dan leher rahim merupakan ancaman mematikan bagi kaum hawa. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau (green tea) terbukti mampu menurunkan resiko serangan kanker payudara dan leher rahim. Jika konsumsi green tea tersebut diimbangi dengan konsumsi kefir secara teratur, maka resiko terkena kanker payudara dan leher

rahim dapat ditekan menjadi lebih rendah lagi. Selain itu, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat mutlak perlu untuk mencegah kanker. 78 Secara tidak langsung mampu meredakan insomnia (susah tidur) Susu mu memang rni mengandung senyawa alami pemicu relaksasi. Karena itu mengkonsumsi susu murni sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Kefir yang dibuat dari susu murni secara tidak langsung juga membantu meningkatkan proses relaksasi sebelum tidur sehingga membantu meredakan insomnia dan dapat meningkatkan kualitas tidur. 79 Mampu meredakan vertigo Vertigo (pusing) dapat disebabkan karena tidak lancarnya suplai darah segar ke otak dikarenakan pembuluh darah pada otak yang tidak dalam kondisi baik. Kefi r dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak sehingga dapat digunakan sebagai terapi untuk meredakan vertigo. 80 Efektif melawan infeksi jamur Candida albicans dan Candida vaginalis Jamur Candida albicans dan C. vaginalis penyebab keputihan ternyata dapat dilawan dengan rajin mengkonsumsi kefir. Berita baik bagi kaum hawa. 81 Meredakan diare, baik diminum selama diare Fungsi probiotik pada kefir terbukti mampu menekan bakteri merugikan pada usus halus maupun besar. Pada kasus diare, mengkonsumsi kefir memberikan manfaat yang luar biasa dengan terkendalinya serangan bakteri penyebab diare (biasanya coliform bacteria seperti E. coli) dan membuang mereka keluar dari dalam tubuh. Saya pernah mengalami diare, dan segera mengkonsumsi kefir. Diare yang saya alami langsung reda/terkendali dalam waktu 36-48 jam saja. 82 Membantu menjaga kesehatan tubuh saat kurang tidur Sesekali saya sangat sibuk sehingga hanya tidur 3-4 jam saja per harinya. Sebelum rajin mengkonsumsi yoghurt dan kefir, badan saya tidak fit saat bangun dari tidur yang hanya 3-4 jam. Namun sejak rajin mengkonsumsi kefir, saya tetap segar bahkan walaupun hanya tidur 3 jam hari itu. Perhatian: Kurang tidur selama 3 hari berturut-turut sangat merugikan kesehatan. Jika kesibukan anda sangat padat, usahak untuk kurang tidur tidak an lebih dari 3 hari berurutan. Istirahat yang cukup akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran anda. Jangan menggunakan konsumsi kefir sebagai pembenaran untuk terus -menerus kurang tidur. 83 Menekan pertumbuhan bakteri E. coli dan bakteri patogen saluran pencernaan lainnya Fungsi probiotik pada kefir terbukti mampu menekan bakteri merugikan pada usus halus maupun besar. Pada kasus diare, mengkonsumsi kefir memberikan manfaat yang luar biasa dengan terkendalinya serangan bakteri penyebab diare (biasanya coliform bacteria seperti E. coli) dan membuang mereka keluar dari dalam tubuh. Untuk hasil maksimal, minumlah kefir dengan sesekali divariasi dengan minum teh hijau, yang juga memiliki kemampuan anti coliform. 84 Membantu meringankan kerja liver selama proses detoksifikasi dalam tubuh Rajin mengkonsumsi kefir secara rutin akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengoptimalkan fungsi organ-organ penting dalam tubuh, termasuk liver. Jika fungsi liver mencapai titik optimumnya, maka kerja liver dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh akan semakin ringan. 85 Dipercaya mencegah timbulnya jerawat Dulu saya berjerawat. Sejak rajin mengkonsumsi yoghurt dan kefir, jerawat saya berkurang 99%. Sangat luar biasa. Silakan anda mencobanya. Hasil mungkin bervariasi pada setiap orang. 86 Baik dikonsumsi orang yang tinggal di tempat dengan polusi udara yang tinggi Kefir memiliki sifat mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru sehingga sangat baik dikonsumsi orang yang tinggal di tempat dengan polusi udara yang tinggi, seperti di negara-negara berkembang. Bandung adalah kota berpolusi udara terparah di Indonesia. Anda yang tinggal di Bandung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kefir.

87 Baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani rehabilitasi narkoba Narkoba merusak saraf para pecandunya. Kefir baik bagi saraf kita serta secara tak langsung membantu liver dalam proses detoksifikasi. Karena itu kefir cocok dikonsumsi untuk terapi rehabilitasi dan detoksifikasi narkoba. Perhatian: Jauhi narkoba sebelum saraf kita rusak dan mengkonsumsi kefir jangan digunakan sebagai alasan maupun pembenaran untuk terus mengkonsumsi narkoba. 88 Baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani rehabilitasi alkohol Alkohol berlebihan jelas-jelas merusak liver dalam jangka panjang. Khasiat kefir nomor 84 diatas cocok bagi orang-orang yang sedang menjalani rehabilitasi alkohol, selama liver mereka masih belum mengalami kerusakan parah. Hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka panjang. Sekali liver anda rusak parah, tidak ada satupun obat yang mampu memulihkannya. Sekali liver anda rusak parah, mengkonsumsi kefir tidak akan banyak membantu. 89 Baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani terapi tulang punggung Kandungan nutrisi yang tinggi pada kefir ditambah kandungan kalsium organik yang sangat banyak akan sangat bermanfaat bagi orang yang sedang menjalani terapi tulang punggung, karena tulang punggung yang sedang dalam proses perbaikan akan sangat membutuhkan suplai nutrisi dan kalsium organik yangcukup. 90 Baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani penyembuhan pasca operasi Orang yang sedang menjalani penyembuhan pasca operasi sangat membutuhkan kalsium, protein dan zat gizi lainnya untuk mempercepat pemulihan kesehatan mereka. Kefir memiliki banyak zat gizi yang bagus serta protein dan kalsium yang sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga cocok diberikan kepada meraka yang sedang menjalani masa penyembuhan pasca operasi. Perhatian: Masa penyembuhan pasca operasi sangan membutuhkan pengawasan dan saran dari dokter yang merawatnya. Pastikan anda telah mendapat persetujuan mengenai jenis makanan apa saja yang boleh diberikan kepada pasien tersebut. Berikan kefir hanya atas seijin dokter yang menangani pasca operasi tersebut. 91 Baik diminum untuk membantu meredakan rematik Kalsium organik pada kefir bermanfaat untuk meredakan rematik yang biasanya diderita oleh para manula. Untuk mengoptimalkan proses penyembuhan rematik, dapat dilakukan dengan cara menkonsumsi kefir diselingi dengan yoghurt dan kombucha. Bibit yoghurt, kefir dan kombucha dapat dibeli di sini, di rajayoghurt.com. 92 Meningkatkan kualitas sel sperma Sel sperma yang sehat memerlukan kalsium dan protein terbaik untuk pembentukannya. Kefir mengandung kalsium dan protein yang sangat baikbagi pembentukan sperma yang sehat dan kuat. Rajin mengkonsumsi kefir dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, dan secara tidak langsung tentunya mampu meningkatkan kesuburan kaum pria. 93 Diyakini baik bagi penderita autisme Autisme hingga saat ini belum ada obatnya. Karena itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baik bagi perkembangan saraf penderitanya. Kefir memiliki banyak nutrisi organik yang baik bagi perkembangan saraf para penderita autisme. Perhatian: Penderita autis dilarang mengkonsumsi susu sapi, kambing dan mamalia lainnya, karena itu, gunakan susu kedelai untuk membuat kefir. 94 Mengkonsumsi kefir secara teratur baik untuk perkembangan sel otak anak -anak Seperti halnya susu yang mengandung asam amino yang baik untuk otak, juga DHA dan kolin, maka kefir yang dibuat dari susu sapi maupun susu kambing terbaik juga akan membawa senyawa organik asam amino esensial, DHA dan kolin tersebut. Tentu saja jika dikonsumsi secara teratur oleh anak-anak, kefir akan juga bermanfaat bagi perkembangan dan aktivitas sel otak mereka. 95 Sebagai pengganti susu untuk anak-anak yang tidak suka susu Banyak anak yang tidak suka mengkonsumsi susu karena rasa dan aromanya yang sangat tidak disukai mereka. Namun, dengan merubah susu menjadi kefir, dari pengalaman saya pribadi menunjukkan bahwa anak -anak yang

tidak suka mengkonsumsi susu ternyata mau, dan bahkan suka untuk mengkonsumsi kefir. Hal itu karena rasa dan aroma susu tidak lagi terlalu dominan di kefir. 96 Sebagai pengganti susu untuk orang dewasa yang tidak suka minum susu Banyak remaja maupun orang dewasa yang tidak suka mengkonsumsi susu karena rasa dan aromanya yang sangat tidak disukai mereka. Namun, dengan merubah susu menjadi kefir, dari pengalaman saya pribadi menunjukkan bahwa orang yang tidak suka mengkonsumsi susu ternyata mau, dan bahkan suka untuk mengkonsumsi kefir. Hal itu karena rasa dan aroma susu tidak lagi terlalu dominan di kefir. 97 Baik dikonsumsi bagi penderita anemia (kurang darah) Kefir diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses penyerapan zat besi oleh tubuh, sehingga dipercaya mampu meningkatkan kualitas sel darah merah. Baik untuk dikonsumsi oleh para penderita kurang darah. 98 Dipercaya mampu mengobati cacingan Meski baru terbatas pada kepercayaan saja, namun penelitian menunjukkan bahwa warga Kaukasia penggemar kefir ternyata memiliki sedikit sekali, hampir tidak ada kasus cacingan. Diduga kefir berperan besar dalam mengeliminasi serangan cacing pada saluran pencernaan. 99 Baik untuk diminum setiap saat dalam segala kesempatan. Dapat dicampur dengan aneka buah segar, buah-buah tropis, aneka manisan, kue kering, biskuit, bronis. Sangat cocok sebagai minuman teman makan siang di suasana panas. Cocok diminum di tepi pantai, sehabis olah raga, maupun saat pesta. Tentu saja! Kefir tak hanya sehat tapi juga nikmat. Sangat jarang ada minuman yang menyehatkan tapi sekaligus juga nikmat dikonsumsi. Kini banyak orang mencari dan mengkonsumsi kefir lebih untuk alasan sekedar dinikmati karena rasanya yang sangat enak. Begitubanyak orang di Indonesia mulai membutuhkan kefir, dan ini peluang bagi kita untuk mengembangkannya sebagai minuman untuk kesehatan maupun untuk kuliner kelas atas. Kefir sebagai kuliner benar -benar sangat mudah dikreasi menjadi ribuan bahkan jutaan menu variasi. Selain itu, iklim Indonesia yang tropis akan benar-benar menciptakan kebutuhan akan kefir sebagai minuman segar di Indonesia. Inilah peluang bagi anda untuk menjaring pasar yang sangat melimpah ini. 100 Mengkonsumsi Kefir, Yoghurt, Kombucha akan sangat membantu menyempurnakan kesehatan anda! Semua produk yang saya jual di rajayoghurt.com adalah organik, alami, berkhasiat tinggi dan sangat murah. Telah banyak orang yang merasakan khasiat dan manfaat dari Kefir.

Baik untuk diminum setiap saat dalam segala kesempatan.

Dapat dicampur dengan aneka buah segar, buah-buah tropis, aneka manisan, kue kering, biskuit, bronis.. Sangat cocok sebagai minuman teman makan siang di suasana panas. Cocok diminum di tepi pantai, sehabis olah raga, maupun saat pesta. Tentu saja! Kefir tak hanya sehat tapi juga nikmat. Sangat jarang ada minuman yang menyehatkan tapi sekaligus juga nikmat dikonsumsi. Kini banyak orang mencari dan mengkonsumsi kefir lebih untuk alasan sekedar dinikmati karena rasanya yang sangat enak. Begitu banyak orang di Indonesia mulai membutuhkan kefir, dan ini peluang bagi kita untuk mengembangkannya sebagai minuman untuk kesehatan maupun untuk kuliner kelas atas. Kefir sebagai kuliner benar-benar sangat mudah dikreasi menjadi ribuan bahkan jutaan menu variasi. Selain itu, iklim Indonesia yang tropis akan benar-benar menciptakan kebutuhan

100 Mengkonsumsi Kefir, Yoghurt, Kombucha akan sangat membantu menyempurnakan kesehatan anda!

akan kefir sebagai minuman segar di Indonesia. Inilah peluang bagi anda untuk menjaring pasar yang sangat melimpah ini. Semua produk yang saya jual di rajayoghurt.com adalah organik, alami, berkhasiat tinggi dan sangat murah. Telah banyak orang yang merasakan khasiat dan manfaat dari Kefir.