makalah : apa itu agama , apa itu islam

Download Makalah : Apa itu Agama , Apa itu Islam

Post on 10-Jul-2015

895 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ini yang berjudul “Agama Islam” Makalah ini berisikan pengertian tentang apa itu agama , berbagai jenis agama yang ada di dunia saat ini , serta kedudukan islam jika di bandingkan dengan agama – agama lain nya serta tanggapan dari beberapa cendikiawan barat tentang islam. Makalah ini di susun dengan harapan dapat menjadi bahan referens

TRANSCRIPT

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ini yang berjudul Agama Islam Makalah ini berisikan pengertian tentang apa itu agama , berbagai jenis agama yang ada di dunia saat ini , serta kedudukan islam jika di bandingkan dengan agama agama lain nya serta tanggapan dari beberapa cendikiawan barat tentang islam. Makalah ini di susun dengan harapan dapat menjadi bahan referensi dan perbandingan untuk rekan rekan sekalian yang membutuhkan. Kami , Penulis telah mencoba melakukan yang terbaik dalam penyusunan makalah ini , tetapi kami hanyalah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Akhir kata, Kami sampaikan terimakasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang terlibat dan turut membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah selalu memberkahi dan Meridhai segala usaha kita.

Bandung, 9 Oktober 2011

Penyusun

1

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................................................ 1 DAFTAR ISI .............................................................................................................. 2 BAB I .......................................................................................................................... 3 PENDAHULUAN ...................................................................................................... 3 A. Latar Belakang ....................................................................................................... 3 B. Rumusan Masalah .................................................................................................. 4 C. Tujuan ..................................................................................................................... 4 D. Manfaat ................................................................................................................... 5 E. Metode Penulisan ................................................................................................... 5 BAB II ........................................................................................................................ 6 AGAMA ISLAM ....................................................................................................... 6 A. Agama .................................................................................................................... 6 B. Macam Agama dan Kedudukan Islam ................................................................... 7 C. Makna Kata Islam dan Syariat Islam ..................................................................... 9 D. Peranan Agama Islam dalam Menentramkian Batin dan Membina Kedamaian ..10 E. Pendapat Cendikiawan Barat tentang Islam .........................................................11 BAB III .....................................................................................................................14 PEMBAHASAN ......................................................................................................14 A. Kenapa harus beragama ? .....................................................................................14 B. Kenapa Islam agama yang benar, bukan agama lainnya ? ...................................18 C. Darimana Islam bersumber ? ................................................................................21 D. Kenapa Islam lebih baik dari agama lainnya ? .....................................................23 BAB IV .....................................................................................................................27 PENUTUP ................................................................................................................27 Daftar Pustaka .........................................................................................................28

2

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Kata "Agama" berasal dari bahasa Sansekerta gama yang berarti "tradisi".[1]. Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal daribahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan. Islam sebagai agama besar yang diakui dunia, bahkan di beberapa negara, Islam Menjadi agama mayoritas , Indonesia termasuk kedalam nya, Indonesia merupakan negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia, hal ini merupakan suatu kebanggaan serta tantangan tersendiri bagi negara Indonesia. Dalam ilmu pebandingan ,agama Islam merupakan agama samawi, yaitu agama yang diturunkan melalui wahyu Allah SWT. Islam adalah agama samawi yang turun terakhir dalam rangka menyempurnakan ajaran-ajaran agama yang sebelumnya yang juga merupakan wahyu dari Allah SWT. Dalam perjalanannya sekarang Islam mengalami banyak tantangan banyak paradigma masyarakat dunia yang menganggap bahwa Islam adalah agama teroris, sejak tejadinya tragedi di gedung WTC pada tanggal 11 september 2001, belum lagi dengan serangkaian serangan bom oleh orang orang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan Islam. Lambat laun pandangan orang barat terhadap Islam berubah , hingga timbul anggapan bahwa Islam adalah agama teroris.

3

Di tengah badai yang menerpa umat Islam tersebut, namun justru timbul suatu pemikiran untuk meneliti ada apakah dengan Islam ? Berbagai pertanyaan muncul di benak orang-orang yang tidak mengenal Islam. Berangkat dari penjelasan di atas kami pun mencoba mengangkat tema agama Islam sebagai bahan pembahasan pada makalah ini. B. Rumusan Masalah Untuk memperjelas kesimpulan dan menghindari perluasan pembahasan maka kami akan membatasi masalah menjadi point-point berikut : 1. Kenapa manusia harus beragama ? 2. Kenapa Islam adalah agama yang benar , bukan agama lain nya? 3. Darimana Islam bersumber ? 4. Kenapa Islam lebih baik dari agama lain nya ?

C. Tujuan Pada dasarnya penulisan makalah ini mempunyai tujuan yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Tujuan Umum dalam penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan agama. Tujuan Khusus penulisan makalah ini adalah: 1. Untuk Mengetahui apa itu pengertian agama 2. Untuk Mengenal berbagi jenis agama lain selain Islam 3. Untuk Mengetahui Kedudukan Islam sebagai suatu agama 4. Untuk Mengetahui peranan Islam sebagai sebuah agama 5. Untuk Mendengarkan pendapat beberapa orang cendikiawan barat tentang Islam

4

D. Manfaat

Makalah ini di tulis dengan harapan

semoga dapat mambawa manfaat,

khususnya bagi kami sebagai penulis dan umumnya semoga bermanfaat bagi temanteman di kelas IF17K serta semua orang yang membutuhkan. Kami menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini. Semoga teman-teman semua dapat memberikan saran dan kritik membangun.

E. Metode Penulisan Dalam proses penyusunan makalah ini menggunakan metode kepustakaan dan Metode analisis data, yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan studi kepustakaan dan studi studi dokumen-dokumen yang berdasar pada buku-buku literature. Metode Analisis Data, data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif yaitu analisis yang dilakukan dengan memahami dan merangkai data yang telah dikumpulkan dan disusun secara sistematis, kemudian ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang diambil dengan menggunakan cara berpikir deduktif yaitu cara berpikir yang mendasar kepada hal-hal yang bersifat umum dan kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus.

5

BAB II AGAMA ISLAM Kata Islam berasal dari kata aslama,yang tunduk,patuhdan berserah diri. Islam adalah nama dari agama wahyu yang di turunkan Allah Swt. Kepada Rosul-rosul Nya yang berisi wahyu Allah untuk di sampaikan kepada manusia . agama Islam berisi tentang aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan Allah,manusia dengan manusia,manusia dengan alam. Islam dalam pengertian ini adalah agama yang di bawa para Rasul Allah,sejak nabi adam sampai Nabi Muhamad Saw. Islam yang di turunkun kepada Nabi Muhammad Saw adalah wahyu Allah terakhir kepada manusia. Karena itu agama ini sudah sempurna dan senantiasa sesuai dengan tingkat perkembangan manusia sejak masa di turunkanya empat belas abad manusia yang lalu hingga akhir peradaban manusia yang di tutup dengan hari kiamat.

A. Agama Manusia memerlukan agama, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan dan keyakinan manusia, istilah agama dalam bahasa inggris di sebut religion berasal dari bahasa latin religio yang berarti agama , kesucian, kesalahan, ketelitian batin. Menurut webster's dictionary agama di artikan antara lain: 1. percaya kepada Tuhan atau kekuatan superhuman yang di ataskan dan di sembah sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta. 2. Expresi dari kepercayaan di atas berupa amal dan ibadah 3. A. Suatu sistem kepercayaan, peribadatan, amal dan sebagainya B. suatu sistem kepercayaan, pengalaman, nilai etika dan sebagainya yang menyerupai suatu sistem, seperti humanisme. 4. Suatu keadaan jiwa atau cara hidup yang mencerminkan kecintaan atau kepercayaan kepada Tuhan. Kehendak dan perilakunya sesuai dengan aturan Tuhan seperti tampak dalam kehidupan kebiaraan. Sehingga sering disebut : ia telah mencapai agama. 5. Sesuatu objek yang dianggap berharga dan menjadi tujuan hidupnya , misalnya kesucian adalah agama bagi nya. 6. Amal ibadat yang tampak 7. Aturan agama atau lingkungan agama.

6

B. Macam agama dan kedudukan Islam Kebutuhan manusia akan hal-hal yang bersifat keyakinan dan supranatural mendorong manusia untuk mencari agama, hal tersebut adalah alasan utama lahirnya berbagai macama agama didunia. M