skripsi revisi bab v april 2015

2
59 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikatakan terbukti bahwa : 1. Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan pengontrolan tekanan darah pada pasien hipertensi. 2. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pengontrolan tekanan darah pada pasien hipertensi. 3. Terdapat hubungan antara sikap dengan pengontrolan tekanan darah pada pasien hipertensi. 4. Variabel yang paling berhubungan adalah sikap pasien. 5.2 Saran 5.2.1 Bagi Tenaga Kesehatan Diharapkan lebih memberikan penyuluhan bagi penderita yang mempunyai penyakit hipertensi melalui konseling dan pemasangan poster-poster dan pembagian leaflet pada penderita hipertensi sehingga diharapkan penderita dapat melakukan perubahan yang lebih baik terhadap cara melakukan perawatan dengan baik. 5.2.2 Bagi Pasien Semoga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi untuk klien yang menderita

Upload: thenewaasitumorang

Post on 16-Dec-2015

221 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

skripsi revisi bab v april 2015

TRANSCRIPT

59

BAB VKESIMPULAN DAN SARAN5.1 KesimpulanBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikatakan terbukti bahwa :1. Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan pengontrolan tekanan darah pada pasien hipertensi.2. Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pengontrolan tekanan darah pada pasien hipertensi.3. Terdapat hubungan antara sikap dengan pengontrolan tekanan darah pada pasien hipertensi.4. Variabel yang paling berhubungan adalah sikap pasien.

5.2 Saran5.2.1Bagi Tenaga KesehatanDiharapkan lebih memberikan penyuluhan bagi penderita yang mempunyai penyakit hipertensi melalui konseling dan pemasangan poster-poster dan pembagian leaflet pada penderita hipertensi sehingga diharapkan penderita dapat melakukan perubahan yang lebih baik terhadap cara melakukan perawatan dengan baik.5.2.2Bagi PasienSemoga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi untuk klien yang menderita hipertensi sehingga diharapkan penderita dapat melakukan perubahan yang lebih baik terhadap cara perawatan penyakit hipertensi.5.2.3Bagi Peneliti SelanjutnyaPenelitian dapat dikembangkan dengan jumlah populasi lebih banyak dan jumlah variable yang diteliti juga ditambah, sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih akurat.