penuaan kulit

Download penuaan kulit

Post on 11-Dec-2015

20 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

kulit

TRANSCRIPT

Slide 1

BOOK READINGAGING OF SKIN ( PENUAAN KULIT )

DISUSUN OLEH :RIZKI NANDA PULUNGAN101001209

PEMBIMBING :Dr. Lisni Elisyah , Sp.kk

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA2014

DEFINISIPenuaan adalah proses normal yang tidak dapat dihindari dan diakhiri dengan kematian. Penyebab penuaan masih belum jelas bahkan sel yang dikultur akan menua yaitu setelah beberapa siklus tertentu sel akan berhenti membelah.

Teori PenuaanBermacam macam teori proses menua telah dikemukakan para ahli namun sampai saat ini mekanisme yang pasti belum diketahui. Batas waktu yang tepat antara terhentinya pertumbuhan fisik dan dimulainya proses menua tidak jelas, karena kedua proses tersebut saling berkaitan.

Ada beberapa teori penuaan, antara lain : Teori InflamasiMelalui respon inflamasi, tubuh melawan infeksi, menghilangkan kerusakan jaringan dan menyembuhkan sunburn dan proses oxidative lainnya. Kelebihan hasil inflamasi mempercepat penuaan, skar dan destruksi arsitektur jaringan normal.

Teori GlikasiDengan mengikat glukosa ke gugus protein yang bebas amino dan seterusnya, akan terjadi reaksi amadori yang bersifat ireversibel, yakni glikosilasi lanjut produk akhir (AGE) yang belum sepenuhnya dipahami. Hal ini juga terjadi dalam jumlah yang meningkat pada orang tua.Teori DNA DamageDNA terdiri dari struktur didalam cromosom di dalam nucleus sel. DNA ini terdiri dari materi genetic dan juga secara langsung fungsi sel yang ditempatinya. Sel dengan kerusakan DNA tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan mungkin dapat menjadi kanker.Teori Radikal BebasTeori radikal bebas dewasa ini lebih banyak dianut dan dipercaya sebagai mekanisme proses menua. Radikal bebas adalah sekelompok elemen dalam tubuh yang mempunyai electron yang tidak berpasangan sehingga tidak stabil dan reaktif hebat. Sebelum memiliki pasangan radikal bebas akan terus menerus menghantam sel sel tubuh guna mendapatkan pasangannya termasuk menyerang sel sel tubuh yang normal. Akibatnya sel sel akan rusak dan menua dan juga mempercepat timbulnya kanker.Proses PenuaanProses kulit menua mempunyai dua fenomena yang saling berkaitan yaitu proses menua Intrinsik dan ekstrinsik

Proses Menua IntrinsikMerupakan proses menua fisiologik yang berlangsung secara alamiah, disebabkan berbagai faktor dari dalam tubuh sendiri seperti genetic, hormonal dan rasial. Fenomena ini tidak dapat dicegah/dihindari dan mengakibatkan perubahan kulit yang menyeluruh sesuai dengan pertambahan usia.

1. GeneticFaktor genetic mempengaruhi saat mulai terjadi proses menua pada seorang seperti pada orang yang memiliki jenis kulit kering cenderung mengalami menua kulit lebih awal.

2. RasialManusia terdiri dari bermacam-macam ras dan masing-masing mempunyai struktur kulit yang berbeda terutama yang berperan didalam sistem pertahanan tubuh terhadap lingkungan seperti peranan pigmen melanin sebagai proteksi terhadap sinar matahari. Ras kulit putih lebih mudah terbakar sinar matahari (sunburn), lebih mudah terjadi gejala kulit menua dini, prakanker kulit dan kanker kulit di bandingkan ras berwarna

3. HormonalPengaruh hormone sangat erat hubungannya dengan umur. Proses menua fisiologis lebih jelas terlihat pada wanita yang memasuki masa klimakterium atau menopause. Pada masa itu penurunan fungsi ovarium menyebabkan produksi hormone seks seperti hormone esterogen berkurang dan akibatnya akan terjadi atrofi sel epitel vagina, pengecilan payudara, timbul tanda-tanda menua pada kulit seperti kulit menjadi kering dan elastisitasnya berkurang.

Proses Menua EkstrinsikTerjadi akibat berbagai faktor dari luar tubuh. Faktor lingkungan seperti sinar matahari, kelembapan udara, suhu dan berbagai faktor eksternal lainnya dapat mempercepat proses menua kulit sehingga terjadi penuaan dini. Perubahan pada kulit terutama terjadi di daerah terpajan seperti kulit wajah sehingga wajah terlihat lebih tua, tidak sesuai dengan usia yang sebenarnya. Berbagai usaha dapat dilakukan untuk mencegah/memperlambat terjadinya penuaan dini.

Faktor Lingkungan1. Sinar matahariSinar matahari merupakan faktor utama penyebab terjadinya proses menua kulit. Penuaan dini yang terjadi akibat paparan sinar matahari disebut dengan photoaging. Paparan sinar matahari kronik akan menghasilkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai kerusakan struktur kulit serta menurunkan respon imun.

2. Kelembapan udaraKelembapan udara yang rendah di daerah pegunungan/dataran tinggi, ruangan AC, paparan angin dan suhu dingin akan menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mempercepat proses menua kulit.

Secara garis besar gejala penuaan intrinsic dan penuaan ekstrinsik (photoaging) dapat dibedakan sebagai berikut:

PENUAAN INTRINSIKPENUAAN EKSTRENSIK Kulit tipis dan halus Kulit menebal dan kasar Kulit kering Kulit kering Kerut halus, garis ekspresi lebih dalam Kerut lebih dalam dan nyata Kulit kendur Bercak pigmentasi tidak teratur dapat timbul tumor jinak Pelebaran pembuluh darah (telangiektasi) Dapat timbul tumor jinak, prakanker maupun kanker kulitKlasifikasi Photoaging

TIPEKARAKTERISTIK1. Tidak keriputTipikal usia 20 30 tahunPhotoaging awalSedikit perubahan pigmenTidak ada keratosisSedikit atau tidak ada keriput2. Keriput dalam gerakanTipikal usia 30 40 tahunAwal menuju pertengahan photoaging3. Keriput saat istirahat4. Hanya keriputBerbagai masalah dan kelainan kulit dapat timbul pada kulit menua yaitu:Dengan adanya proses penuaan, maka akan terjadi :

Epidermis menjadi lebih tipis terutama akibat retraksi rete pegs.Penurunan kemampuan stratum korneum untuk regenerasi setelah kerusakan barier.Struktur lipid interselular dikatakan normal, namun komponen lipid total menurun, sedangkan distribusi kolesterol, seramid, dan asam lemak bebas normal.PH kulit sampai umur 70 tahun masih tetap, kemudian akan bertambah, terutama pada tungkai bawah.Produksi vitamin D, yang merupakan fungsi endokrin kulit, menurun bersama meningkatnya umur dan kecenderungan kurangnya sinar matahari.

Setiap gangguan pada kulit menua akan meningkatkan kehilangan air dan kemampuan untuk memperbaiki karier menjadi lambat.Menurunnya jumlah dari sel Langerhans antara 20 sampai 50%, sehingga kemampuan sebagai penyaji antigen berkurang.Perubahan-perubahan pada saraf kutan akan menyebabkan menurunnya fungsi kewaspadaan ( early warning ) terhadap ambang rasa sakit. Usia juga berefek perubahan permeabilitas kutan terhadap bahan-bahan kimia absorpsi perkutan, tergantung pada struktur obat.

FOTO AGING

KESIMPULAN

Penuaan merupakan proses normal yang tidak dapt dihindari dan diakhiri dengan kematian. Penyebab penuaan masih belum jelas bahkan sel yang dikultur akan menua yaitu setelah beberapa siklus tertentu sel akan berhenti membelah.

TERIMA KASIH