mc & protokoler 2

15
OLEH : ANDI NURUL HUDA

Upload: gilang-muharam

Post on 31-Aug-2014

3.379 views

Category:

Technology


16 download

DESCRIPTION

MC & PROTOKOLER

TRANSCRIPT

Page 1: Mc & protokoler 2

OLEH : ANDI NURUL HUDA

Page 2: Mc & protokoler 2

KONSEP BERFIKIRSeseorang harus memahami kepribadiannya

sebelum menciptakan sebuah komunikasi. Memang sangat sulit untuk berkepribadian seperti yang kita inginkan, dalam hal ini ingin menjadi orang yang selalu siap tampil berbicara di depan banyak orang.

Page 3: Mc & protokoler 2

PERMASALAHNNamun, permasalahannya yaitu tidak semua

orang mampu berbicara dengan baik dan benar di depan banyak orang. Hal tersebut sesuai dengan pengalaman saya dan sebagian teman saya, bahwa untuk berbicara di depan banyak orang terdapat beberapa halangan yang terkadang tidak bisa diidentifikasikan alasannya. Oleh karena itu, saya tertarik untuk membahas masalah ini sebagai bahan penulisan laporan kali ini.

Page 4: Mc & protokoler 2
Page 5: Mc & protokoler 2

POLA KOMUNIKASI YANG TERJADIONE WAY COMMUNICATIONSTWO WAY COMMUNICATION

FEED BACKYES/NO

Page 6: Mc & protokoler 2

APAKAH MC SEORANG KOMUNIKATORKomunikator yang baik yaitu apabila ia

berkomunikasi sesuai dengan motivasi dari dalam dirinya. Yakni motivasi untuk memberikan pengetahuan baru bagi pendengarnya. Artinya, motivasi akan menjadi lebih penting dibandingkan umur, jabatan, status keuangan, ras, agama, pendidikan, jenis kelamin, dan berbagi unsur lainnya saat berkomunikasi.

Page 7: Mc & protokoler 2

APAKH MC – PUBLIC SPEAKERS

menyampaikan pesan atau ide kepada publik dengan metode yang sesuai sehingga publik bisa memahami pesan atau ide, dan kemudian memperoleh manfaat dari pesan tersebut. Sehubungan dengan ini seorang public speaker pun dituntut untuk mampu memilih metode yang tepat untuk menyampaikan pesannya.

Page 8: Mc & protokoler 2

APA DAN SPERTI APA MC ?MC adalah orang pertama, dan satu-satunya

orang, yang berhak membuka acara atau berbicara secara “resmi” kepada hadirin. Jangan lupa, karena MC adalah orang pertama yang berbicara dalam suatu acara, maka MC harus memperkenalkan diri sendiri kepada hadirin. “Introduce yourself, even if you think everyone should know who you are,” kata toastmaster.org dalam “Being A Master of Ceremony”.

Page 9: Mc & protokoler 2

MC adalah orang pertama, dan satu-satunya orang, yang berhak membuka acara atau berbicara secara “resmi” kepada hadirin. Jangan lupa, karena MC adalah orang pertama yang berbicara dalam suatu acara, maka MC harus memperkenalkan diri sendiri kepada hadirin. “Introduce yourself, even if you think everyone should know who you are,” kata toastmaster.org dalam “Being A Master of Ceremony”.

Page 10: Mc & protokoler 2

PENGERTIAN MCMaster of Ceremony. Artinya “penguasa acara”,

pemandu acara, pengendali acara, pembawa acara, pengatur acara, atau pemimpin upacara.

MC bertindak selaku “tuan rumah” (host) suatu acara atau kegiatan/pertunjukan. Ia nerperan mengumumkan susunan acara dan memperkenalkan orang yang akan tampil mengisi acara. Ia pula yang bertanggung jawab memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu, serta meriah atau khidmat dari awal hingga akhir.

Page 11: Mc & protokoler 2

INGAT !Jangan samakan MC dengan

protokoler/protokol. Kedunya berbeda. MC itu bagian dari aktivitas protokoler. MC adalah pembawa acara yang bertugas untuk mengendalikan jalannya acara. Sedangkan protokol adalah tata acara, khususnya acara resmi, seperti acara kenegaraan atau melibatkan pejabat negara; pengaturan keseluruhan kegiatan dari awal hingga akhir.

Page 12: Mc & protokoler 2

SYARAT JADI MC ?Sering muncul pertanyaan, apa syarat jadi MC?

Atau… bagaimana sih caranya jadi MC? Secara umum, seorang MC idealnya memiliki performance (penampilan) yan good looking, orangnya enak dipandang dan suaranya enak didengar.

MC harus bersikap sebagai penghubung yang mampu menjembatani antara keinginan hadirin dan kepentingan penyelenggara/panitia. Karenanya ia harus: sopan, ramah, antusias, dan hangat; percaya diri, tidak pemalu, tidak juga terburu-buru.

MC harus mampu memotivasi hadirin agar tetap bersemangat. Ajakan tepukan tangan (applaus), bahkan teriakan dan pekikan, bisa membantu memeriahkan dan mengundang spirit acara.

Page 13: Mc & protokoler 2

PRINSIP BERBICARAPrinsip berbicara bagi seorang MC dirumuskan

dalam “B-C-A-E Formula”, yakni: Brief – Ringkas, langsung ke inti (straight to the pooint), tidak bertele-tele; Clear – Jelas, langsung dimengerti, tidak membingungkan, pengucapan kata demi kata dilakukan dengan jelas; Audibel – Dapat didengar dengan baik, powerful; dan Ease – Lancar, mengalir.

Kelancaran berbicara salah satu faktor pendukungnya adalah berwawasan luas. Khususnya berkaitan dengan tema acara, sehingga bisa memberikan pengantar yang memikat dan menimbulkan interest.

Jangan lupa, MC adalah “penghibur” juga. Karenanya ia harus humoris. Dengan demikian, ia akan mampu menyegarkan suasana dengan joke-joke yang menghibur hadirin.

Page 14: Mc & protokoler 2

TUGAS & PERAN MCharus memastikan acara berjalan lancar, tepat

waktu. Mengumumkan acara atau susunan acara yang akan berjalan. Harus paham benar keseluruhan acara yang akan berlangsung. Menarik perhatian hadirin untuk mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir.

Menyusun acara dengan baik dan berkoordinasi dengan panitia. Mengecek pengeras suara (mike) atau sound-system agar berfungsi dengan baik.

Mengecek kesiapan acara dan kehadiran orang-orang penting yang akan tampil dan hadir.

Berkonsentrasi menyimak detil jalannya acara. Mengendalikan waktu agar acara berjalan sesuai

dengan alokasi waktu yang ditetapkan, de el el…MC-lah yang ‘mengenalkan pembicara’

(introducing of the speaker) atau pengisi acara sebelum mereka tampil di podium dan pengantar materi yang akan disampaikannya.

Page 15: Mc & protokoler 2

SEE U NEXT WEEK

THANX FOR YOUR ANTENTIONS