isi pkm k 2015

13
A. JUDUL PROGRAM JERSY (Jelly Daun Sirsak Asyik) : Makanan Ringan Pencegah Penyakit Kanker B. LATAR BELAKANG MASALAH Kesehatan adalah hal yang berharga untuk semua orang. Aktivitas manusia yang semakin padat dalam kegiatan, membuat manusia lupa lalai menjaga kesehatannya. Kondisi ini diperparah dengan asupan makanan yang seringkali tidak sehat baik dalam penyajiannya maupun kandungan isinya. Tidak heran dewasa ini banyak penyakit berkembang termasuk berbagai jenis penyakit kanker. Kanker, seperti telah diketahui meupakan penyakit yang menyebabkan kematian. Sejauh ini usaha yang dilakukan untuk menanggulangi kanker adalah dengan mendeteksi sedini mungkin. Pengobatan yang dilakukan dapat berupa pembedahan, kemoterapi, radioterapi atau kombinasi diantara ketiganya. Pengobatan kanker ini bukanlah hal yang mudah bagi penderita kanker. Selain memerlukan biaya, dan waktu, penderita juga perlu sabar dan tabah. Tindakan seperti kemoterapi itu, memiliki efek samping yang tidak ringan, seperti: rambut rontok, lemas, mual, muntah, diare, sembelit, mati rasa pada jari-jari tangan, penurunan sel darah putih. Kondisi yang demikian mendrorong masyarakat secara mandiri mengembangkan berbagai cara untuk melengkapi terapi kanker/ complementary therapy termasuk dengan membuat ramuan dari tetumbuhan yang berkhasiat. Pengobatan ini dikenal dengan istilah terapi herbal. Terapi ini tampaknya sangat diminati oleh berbagai kalangan.Salah satu yang saat ini sedang tren adalah daun sirsak. Sudah banyak penelitian mengenai khasiat daun sirsak diantaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh McLaughlin dari Universitas Purdue, Amerika Serikat. Pada tahun 1995-1996 ditemukan bahwa daun sirsak memiliki senyawa acetoginin yang pada prinsip dasarnya dapat menghambat ATP yang

Upload: dzirnith-martinoz

Post on 23-Jan-2016

231 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Kesehatan

TRANSCRIPT

Page 1: Isi PKM K 2015

A. JUDUL PROGRAM

JERSY (Jelly Daun Sirsak Asyik) : Makanan Ringan Pencegah Penyakit Kanker

B. LATAR BELAKANG MASALAH

Kesehatan adalah hal yang berharga untuk semua orang. Aktivitas manusia yang semakin padat dalam kegiatan, membuat manusia lupa lalai menjaga kesehatannya. Kondisi ini diperparah dengan asupan makanan yang seringkali tidak sehat baik dalam penyajiannya maupun kandungan isinya. Tidak heran dewasa ini banyak penyakit berkembang termasuk berbagai jenis penyakit kanker.

Kanker, seperti telah diketahui meupakan penyakit yang menyebabkan kematian. Sejauh ini usaha yang dilakukan untuk menanggulangi kanker adalah dengan mendeteksi sedini mungkin. Pengobatan yang dilakukan dapat berupa pembedahan, kemoterapi, radioterapi atau kombinasi diantara ketiganya. Pengobatan kanker ini bukanlah hal yang mudah bagi penderita kanker. Selain memerlukan biaya, dan waktu, penderita juga perlu sabar dan tabah. Tindakan seperti kemoterapi itu, memiliki efek samping yang tidak ringan, seperti: rambut rontok, lemas, mual, muntah, diare, sembelit, mati rasa pada jari-jari tangan, penurunan sel darah putih.

Kondisi yang demikian mendrorong masyarakat secara mandiri mengembangkan berbagai cara untuk melengkapi terapi kanker/ complementary therapy termasuk dengan membuat ramuan dari tetumbuhan yang berkhasiat. Pengobatan ini dikenal dengan istilah terapi herbal. Terapi ini tampaknya sangat diminati oleh berbagai kalangan.Salah satu yang saat ini sedang tren adalah daun sirsak. Sudah banyak penelitian mengenai khasiat daun sirsak diantaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh McLaughlin dari Universitas Purdue, Amerika Serikat. Pada tahun 1995-1996 ditemukan bahwa daun sirsak memiliki senyawa acetoginin yang pada prinsip dasarnya dapat menghambat ATP yang dibutuhkan oleh sel kanker. Sebelumnya, yaitu 70 tahun silam sirsak diketahui bermanfaat antibakteri, anticendawan dan antiparasit. Mengingat banyaknya kandungan yang dimiliki oleh daun sirsak, maka saat ini dikembangkan berbagai macam sediaan yang didasari oleh daun sirsak berbentuk kapsul, kaplet, atau teh. Sediaan ini diharapkan dapat dikonsumsi untuk membantu penyembuhan penyakit kanker.

C. PERUMUSAN MASALAH

Kebutuhan masyarakat sangat tinggi terhadap sediaan herbal yang dapat menunjang pengobatan penyakit kanker. Dewasa ini telah dikembangkan berbagai sediaan yang mengandung daun sirsak berbentuk kapsul, kaplet, atau teh. Sayangnya sediaan ini dianggao kurang praktis dan tidak semua kalangan menyukainya, apalagi ditambah dengan rasanya yang pahit dan berbau daun. Oleh karena itu perlu dikembangkan berbagai jenis sediaan yang mengandung daun sirsak. Melalui usulan ini kami mencoba mengembangkan sediaan daun sirsak yang berbentuk jelly.

Page 2: Isi PKM K 2015

D. TUJUAN PROGRAM

Tujuan dari pengembangan JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik), adalah sebagai berikut :1. Menghasilkan pilihan terapi herbal yang memiliki rasa yang lebih enak

untuk dikonsumsi.2. Menghasilkan makanan yang berkhasiat untuk semua umur (kecuali

bayi)3. Menguji kreatifitas mahasiswa untuk menciptakan peluang usaha

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Luaran yang diharapkan JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik), adalah sebagai berikut :

1. Produk dengan modifikasi baru dapat bersaing di kalangan makanan ringan masyarakat

2. Produk dikemas dengan bentuk yang menarik

F. KEGUNAAN PROGRAM

1. Bagi Masyarakat Biasa Dengan adanya produk JERSY, jelly daun sirsak ini dapat menjadi

suatu makanan ringan tetapi berkhasiat mencegah penyakit gula darah, demam, darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh dan energi.

2. Bagi Masyarakat Penderita KankerDengan adanya produk ini memberikan obat pelengkap dengan

modifikasi baru, sehingga orang yang menderita penyakit kanker mempunyai pilihan.

3. Bagi MahasiswaDengan adanya produk ini dapat menjadi ajang bagi suatu

kreativitas mahasiswa. Ajang kreativitas yang dilakukan dapat memacu ide-ide yang dimiliki mahasiswa supaya berkembang untuk menghasilkan produk-produk makanan yang berkhasiat lainnya.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

1. Studi Pasar dan PersainganProduk luaran yang nanti akan dihasilkan adalah sebuah produk

yang merupakan alternatif makanan yang berkhasiat yang berbentuk jelly dan dengan campuran daun sirsak. Produk ini ditawarkan kepada semua kalangan masyarakat termasuk penderita kanker. Adapun pesaingnya adalah makanan ringan seperti biskuit, chiki, atau jelly dengan merek lain. Masyarakat umumnya mengkomsumsi makanan yang hanya memberikan rasa enak namun kecil nilai kebermanfaatannya bahkan justeru mengandung karsinogenik, dengan adanya jelly campuran daun sirsak ini

Page 3: Isi PKM K 2015

memberikan pilihan jajanan lain bagi masyarakat umum dan penderita kanker.

2. Penjualan dan PemasaranJERSY (Jelly Daun Sirsak Asik) adalah jelly daun sirsak yang

merupakan makanan alternatif yang dapat memberi manfaat kesehatan. Penjualan produk JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik) ini pada permulaannya akan dilakukan dengan cara menjualnya di kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar Universitas Indonesia. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengembangkan usaha ke depan sebagai berikut :

a. Perencanaan dan Pelaksanaan Produksi 1) Menentukan cara produksi berdasarkan ilmu dan

teknologi yang dimiliki. 2) Merencanakan produksi dari bahan dan tenaga kerja.

b. Strategi PemasaranStrategi pemasaran pasar yang dilakukan adalah dengan

membuka dan mengembangkan pasar dengan menggunakan fasilitas gerai dan menawarkan pembeli secara langsung. Pemasaran awal akan dilakukan free testing atau mencoba secara gratis bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar Universitas Indonesia. Kegiatan free testing ini dilakukan pada hari biasa saat jam istirahat dengan lama sekitar tiga jam. Setelah kegiatan ini produk akan dipasarkan ke berbagai fakultas dan masyarakat.

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM

1. Persiapan dan PerencanaanPersiapan untuk pelaksanaan program produk ini adalah observasi

lapangan. Observasi lapangan dilakukan untuk mengetahui harga bahan baku, mutu serta ketersediaan yang digunakan untuk pembuatan produk.

2. ProduksiJERSY (Jelly Daun Sirsak Asik) akan diproduksi di Laboratorium

Gizi Universitas Esa Unggul dan cara penjualannya langsung kepada mahasiswa dan masyarakat. JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik) akan dicetak dengan bentuk yang bervariasi dan dikemas dengan kemasan plastik yang menarik.

3. Penjelasan Proses

a. Proses Pembuatan Produk JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik)1) Pemilihan Bahan

Bahan baku pembuatan produk JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik) ini adalah memilih bubuk daun sirsak dengan kualitas halus dan lembut, sehingga dapat tercampur dengan jelly pada saat dimasak. Jelly yang digunakan adalah tektur yang kenyal, serta untuk pemanis tampilan dan rasa menggunakan buah strawberry, sirsak dan jeruk yang masih segar. Buah-buahan tersebut dipotong kecil-kecil.

Page 4: Isi PKM K 2015

2) PembuatanSediakan panci ukuran sedang lalu masukan gula sebanyak seratus dua puluh lima gram kira-kira dua gelas kecil, lalu masukkan jelly bubuk ukuran lima belas gram dan bubuk daun sirsak sebanyak lima gram kemudian campur dengan air ukuran setengah liter. Panaskan diatas kompor dengan diaduk hingga mendidih. Setelah bahan mendidih maka dinginkan selama beberapa menit hingga uapnya menghilang, lalu tuankan bahan ke dalam cetakan dengan bentuk yang bervariasi. Kemudian, tambahkan potongan buah ke dalam setiap cetakan. Masukkan ke dalam lemari pendingin, setelah satu jam keluarkan dan kemas menggunakan plastik yang menarik.

b. Penyajian ProdukProduk akan dicetak dengan berbagai macam bentuk, lalu

dikemas menggunakan plastik yang menarik.

4. KeberlanjutanProduk JERSY (Jelly Daun Sirsak Asik) ini diharapkan dapat

diterima dan menjadi makanan ringan berkhasiat yang disukai oleh masyarakat. Dengan banyaknya peminat, maka usaha ini dapat penulis kembangkan sehingga dapat menciptakan produk-produk inovatif lainnya dengan menggunakan bahan daun sirsak.

I. JADWAL KEGIATAN

No. BulanKegiatan 1 2 3 4

1. Observasi bahan baku2. Observasi pasar dan target3. Produksi4. Pendistribusian dan penjualan5. Pelaporan perkembangan produksi6. Pelaporan akhir program.

J. RANCANGAN BIAYA

1. Biaya Tetap

No Rincian Banyak Jumlah (dalam rupiah )1. Kompor Gas 3 1.500.0002. Talenan 3 50.0003. Centong 3 50.0004. Pisau 6 100.0005. Timbangan bahan 1 100.0006. Cetakan jelly 6 150.0007. Panci 3 150.0008. Gunting 6 100.000

Page 5: Isi PKM K 2015

9. Tempat 1 5.000.000Jumlah 7.200.000

2. Biaya Variabel

No Bahan Banyak/Volume Jumlah (dalam satuan rupiah)

1. Gas elpiji 3 tabung 60.0002. Jelly Bubuk 100 gr 50.0003. Daun Bubuk 100 gr 20.0004. Gula 1.000 gr 20.0005. Strawberry 1 bungkus 20.0006. Jeruk Kaleng 1 kaleng 25.0007. Sirsak 1 buah 15.0008. Plastik 1 bungkus 10.000

Jumlah 220.000

Tabel di atas untuk produksi tiga puluh buah

3. Publikasi dan dokumentasi

a. Pamflet Rp.90.000b. Spanduk Rp.90.000

Jumlah Rp. 180.000

4. Rekapitulasi Rencana Anggaran

No Rincian Jumlah ( dalam rincian )1. Anggaran tetap 7.200.0002. Anggaran variabel 220.0003. Anggaran publikasi dan dokumentasi 180.000

Jumlah 7.600.000

K. DAFTAR PUSTAKACahyadi, Wisnu. 2012. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan

Pangan. Jakarta : PT. Bumi AksaraJohanes Situmorang. 2014. Khasiat Sirsak dalam Dunia Kesehatan.

Jakarta: EGC Mugiyono. 2010. Pengobatan Herbal dari Alam. Jakarta: PT GramediaSediaoetama, Achmad Djaeni. 2013. Ilmu Gizi II. Jakarta : PT. Dian

Rakyat.Swadoyo. 2011. Pengobatan Alternatif Dengan Esktrak Tumbuhan.

Bandung: GrafikaWinarno, F.G. 2015. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta : PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Page 6: Isi PKM K 2015

LAMPIRAN

1. Biodata Ketua dan Anggota

A. Ketua

1) Identitas Diri

1. Nama Lengkap Muhammad Rozikhin

2. Jenis Kelamin Laki-laki

3. Program Studi Ilmu Keperawatan

4. NIM 201333040

5. Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta, 08 Juni 1994

6. E-mail [email protected]

7. No. Telp. / HP 081295543068 / 089608392684

2) Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SDN Cikuya II SMPN 1 Cisoka SMAN 8 Kab. Tangerang

Jurusan IPA

Tahun Masuk-Lulus 2000-2006 2006-2009 2009-2012

3) Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No. Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

1.

2.

3.

4) Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir

No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun

1. Penerima PKM AI DIKTI didanai DIKTI 2013

2. The 3rd winner english debate team DIKBUD Prov. Banten 2011

3. Juara III LKTI BioFisika Se-Nasional UPI 2010

4. Penerima Mahasiswa Beasiswa Unggulan KEMENLU dan DIKTI 2012

5. Anggota Tim Satgas RUU Keperawatan ILMIKI Regional 3 2014

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat

dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian

dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan

dalam pengajuan usulan PKM-K.

Jakarta, 1 Oktober 2015

Pengusul,

Page 7: Isi PKM K 2015

(Muhammad Rozikhin)

1). Anggota

A. Identitas Diri

1. Nama Lengkap Teuku Ilhamsyah Putra

2. Jenis Kelamin Laki-laki

3. Program Studi Ilmu Keperawatan

4. NIM 201433024

5. Tempat dan Tanggal Lahir Tangerang, 17 Mei 1996

6. E-mail [email protected]

7. No. Telp / Hp 085719506626

B. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama InstitusiSDI GUNUNG

JATISMPN 9 TANGERANG

SMAN 8 KOTA

TANGERANG

Jurusan IPA

Tahun Masuk-Lulus 2002-2008 2008-2011 2011-2014

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

No. Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

1.

2.

3.

D. Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir

No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun

1. Juara 2 Lomba Nasyid Univ. Tarumanegara 2013

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan

dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai

ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu

persyaratan dalam pengajuan usulan PKM-K.

Jakarta, 1 Oktober 2015

Pengusul,

Page 8: Isi PKM K 2015

(Teuku Ilhamsyah Putra)

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap Elyana F. Tjoa

2 Jenis Kelamin Perempuan

3 Program Studi Ilmu Keperawatan

4 NIM 201533067

5 Tempat Tanggal lahir Seira, 17 Februari 1997

6 Email [email protected]

7 No. tlp/HP 082398656664

B. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMANama Institusi SD NASKAT SMP N 2

TANSELSMAN AMPERA

Jurusan IPATahun Masuk-Lulus 2002-2008 2008-2011 2011-2014

C. Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir

No. Jenis PenghargaanInstitusi Pemberi

PenghargaanTahun

1 Anggota PASKIBRAKA Kec. MTB 2012-2013

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan

dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai

ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu

persyaratan dalam pengajuan usulan PKM-K

Jakarta, 1 Oktober 2015

Pengusul,

Page 9: Isi PKM K 2015

(Elyana F. Tjoa)

Page 10: Isi PKM K 2015

10