tabloid media agro juni 2015

16
C MYK C MYK TABLOID BULANAN No.105/Juni 2015 VISI PT Perkebunanan Nusantara VII (Persero) menjadi perusahaan agribisnis berbasis karet, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global. MISI 1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan. 2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa, sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan. 3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi 4. Membangun tata kelola usaha yang efektif 5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing guna menumbuh-kembangkan perusahaan. Visi dan Misi Indeks Komisaris Utama PTPN VII Prof. Dr. H.A. Anshori Mattjik dan Anggota Dewan Komisaris Harus Sulham, S.H. didampingi Komite Manajemen Risiko dan Komite Audit melakukan kunjungan ke Unit Tulungbuyut, PG Bungamayang, dan Unit Bekri pada 4—5 Juni 2015. Komnas HAM Apresiasi Kerja Tim PTPN VII, Pemkab, dan Polres Dewan Komisaris Kunjungi Kebun dan Pabrik Pelatihan ESQ untuk pekerja Distrik Muaraenim Sebaik-baik motivasi dalam bekerja adalah untuk mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian seorang manusia selaku khalifah di muka bumi kepada Tuhan yang Mahasempurna haruslah ikhlas. Hal.5 Hal.8 Hal.11 Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) RI memberikan apresiasi yang tinggi kepada PTPN VII, Pemkab, dan Polres Muaraenim dalam menangani dan menyelesaikan tuntutan masyarakat.

Upload: vocong

Post on 31-Dec-2016

238 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: Tabloid Media Agro Juni 2015

1TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

C MYK

C MYK

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

VISIPT Perkebunanan Nusantara VII (Persero) menjadi perusahaan agribisnis berbasiskaret, kelapa sawit, teh dan tebu yang tangguh serta berkarakter global.MISI1. Menjalankan usaha perkebunan karet, kelapa sawit, teh dan tebu dengan mengunakan

teknologi budidaya dan proses pengolahan efektif serta ramah lingkungan.2. Mengembangkan usaha industri yang terintegrasi dengan bisnis inti (karet, kelapa,

sawit, teh dan tebu) dengan menggunakan teknologi terbarukan.3. Mengembangkan sumber daya manusia yang berbasis kompetensi4. Membangun tata kelola usaha yang efektif5. Memelihara keseimbangan kepentingan stakeholders untuk mewujudkan daya saing

guna menumbuh-kembangkan perusahaan.

Visi dan Misi

Indeks

Komisaris Utama PTPN VII Prof. Dr. H.A. AnshoriMattjik dan Anggota Dewan Komisaris Harus Sulham,

S.H. didampingi Komite Manajemen Risiko dan KomiteAudit melakukan kunjungan ke Unit Tulungbuyut, PGBungamayang, dan Unit Bekri pada 4—5 Juni 2015.

Komnas HAM Apresiasi KerjaTim PTPN VII, Pemkab, dan Polres

Dewan Komisaris KunjungiKebun dan Pabrik

Pelatihan ESQ untuk pekerjaDistrik Muaraenim

Sebaik-baik motivasi dalam bekerja adalah untukmengabdi kepada Tuhan. Pengabdian seorangmanusia selaku khalifah di muka bumi kepadaTuhan yang Mahasempurna haruslah ikhlas.

Hal.5

Hal.8 Hal.11

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia(HAM) RI memberikan apresiasi yang tinggi kepadaPTPN VII, Pemkab, dan Polres Muaraenim dalam

menangani dan menyelesaikan tuntutan masyarakat.

Page 2: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 2

dariREDAKSI

Redaksi menerima sumbangan artikel, cerita pendek, humor, puisi, kartun, foto-foto, berita kegiatan,dan lainnya yang sesuai dengan visi dan misi penerbitan. Naskah diketik rapi, bisa dikirim hasil printout,tetapi lebih dihargai dalam disket. Khusus untuk artikel maksimal 5 halaman folio spasi ganda.

Kami juga menerima keluhan, saran, kritik, nasihat, atau informasi untuk sesama di lingkunganperusahaan yang akan kami muat di Surat Pembaca. Atau kirim SMS ke no. 0813 69782555.

Silakan kirim karya Anda ke Redaksi Tabloid Media Agro 7, Kantor Direksi PTPN VII Jl. Teuku UmarNo. 300, Bandarlampung. Naskah disertai dengan identitas dan alamat yang jelas. Pengirim yang tulisannyadimuat (kecuali surat pembaca), sebagai ucapan terima kasih, Redaksi akan memberikan cinderamata.

PENERBITPT Perkebunan Nusantara VII

PEMBINADireksi PT Perkebunan Nusantara VII

PEMIMPIN UMUM/PENANGGUNG JAWABBudi Santoso

PEMIMPIN REDAKSIY. Hadi Nugroho

WAKIL PEMIMPIN REDAKSISofian Machmud

SEKRETARIS REDAKSIAndi FirmansyahSTAF REDAKSI

Singgih Larsito, Sasmika D.S., Willy Mulyawan, SultanM.R., R. Uliati Sidabutar, Hasanuddin Z. Arifin,

Nurjanah, Ketut Oktabayuna, Saidan, Marhaedy EffendiBIRO-BIRO

Distrik dan Unit Usaha/PabrikDISTRIBUSI

Ja’far, Das’ad GaniALAMAT REDAKSI

Kantor Direksi PTPN VIIJln. Teuku Umar No. 300, Kedaton, Bandarlampung

Telp. (0721) 702233, Faksimili (0721) 702775Email: [email protected]

Kepahitan dan Cangkir CantikKebutuhan utama tanaman sebagai

makhluk hidup adalah air. Sama denganmanusia dan hewan, tanaman akan hidup,tumbuh, berkembang, dan menghasilkan jikatercukupi kebutuhan airnya. Bahkan, sebagiantanaman ada yang membutuhkan lebih banyakair sebagai syarat untuk hidup dan produktif.Misalnya padi. Karena itu, syarat utamakeberhasilan dalam bisnis perkebunan adalahketercukupan air untuk tanaman.

Selama ini kita abai dan semata-matamenaggantungkan pasokan air dari hujan.Akibatnya, pada saat musim kemarau tiba kitakekurangan air. Jangankan untuk menyiramtanaman, bahkan untuk kebutuhan hidupmanusia pun sulit. Seiring dengan semakinmenipisnya hutan tropis kita, sumber-sumbercadangan air juga jauh berkurang. Danau,embung, dan rawa-rawa yang dulu menjadipenampungan air pun mendangkal dan takmampu menampung dalam jumlah yang besardan dalam waktu yang lama.

Karena itu, menurut Prof. Ahmad AnshoriMattjik, sudah saatnya kita kembali melakukanmanajemen air agar kebutuhan untuk hidupmanusia, hewan, dan tanaman mencukupi.Limpahan air dari langit pada saat musim hujansangatlah banyak. Namun, dari jumlah itu hanyasedikit sekali yang bisa termanfaatkan, sisanyahilang ke laut. Diperlukan desain dan rekayasaagar pasokan air selama musim hujan bisadisimpan dan dicadangkan untuk kebutuhanselama kemarau.

Hal ihwal manajemen air dan sistem irigasiperkebunan menjadi pokok pembicaraan MediaAgro edisi bulan ini. Pak Mattjik sebagaiKomisaris Utama perusahaan kita, kembalimenggugah kita untuk melakukan tindakanantisipasif dengan mengelola air agar bisnisperkebunan kita berhasil secara berkelanjutan.Jika tidak dari sekarang kita membangun sistemirigasi dan manajemen air yang baik, dipastikankita akan menghadapi banyak kesulitan padamasa yang akan datang.

Sejumlah kegiatan juga kami laporkan,antara lain kegiatan menjelang dan selama bulanRamadhan, training SDM di Muaraenim, kun-jungan Komisi VI DPR-RI, dan ragam kegiatanlainnya, baik yang dilaksanakan oleh KantorDireksi, Distrik, maupun Unit. Semoga menjadibacaan yang bermanfaat dan menginspirasi kitasemua. Selamat menikmati. Redaksi.

Tanpa membuang waktu, dia pun menceritakansemua masalahnya kepada Pak Tua yang bijak.Pak Tua mendengarkannya dengan seksama. Ialalu mengambil segenggam garam dan memintatamunya untuk mengambil segelas air.Ditaburkannya garam itu ke dalam gelas, laludiaduknya perlahan.

“Coba, minum ini, dan katakan bagaimanarasanya,” ujar Pak Tua.

“Pahit. Pahit sekali,” jawab sang anak muda,sambil meludah kesamping.

Pak Tua pun tersenyum, lalu mengajaktamunya berjalan ke tepi telaga di dalam hutandekat tempat tinggalnya. Kedua orang itu berjalanberdampingan, dan akhirnya sampailah mereka ketepi telaga yang tenang.

Pak Tua lalu menaburkan segenggam garamke dalam telaga itu. Dengan sepotong kayu diaseolah-olah mengaduk-aduk dan tercipta riak air,mengusik ketenangan telaga itu. “Coba, ambil airdari telaga ini, dan minumlah,” perintahnya.

“Bagaimana rasanya?” Tanya Pak Tua saattamu itu selesai mereguk air.

“Segar,” sahut tamunya.“Apakah kamu merasakan garam di dalam air

itu?” tanya Pak Tua lagi.“Tidak sama sekali,” jawab si anak muda.Pak Tua menepuk-nepuk punggung si anak

muda. “Anak muda, dengarlah. Pahitnya kehidupanadalah layaknya segenggam garam, tak lebih dantak kurang. Jumlah dan rasa pahit itu sama, danmemang akan tetap sama,” katanya.

“Tapi, kepahitan yang kita rasakan akan sangattergantung dari wadah yang kita miliki. Kepahitan itudidasarkan dari perasaan tempat kita meletakkansegalanya. Itu semua akan tergantung pada hatikita. Jadi, saat kamu merasakan kepahitan dankegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yangbisa kamu lakukan. Lapangkanlah dadamumenerima semuanya. Luaskanlah hatimu untukmenampung setiap kepahitan itu.”

Pak Tua itu melanjutkan, “Hatimu adalahwadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumuadalah tempat kamu menampung segalanya. Jadi,jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlahlaksana telaga yang mampu meredam setiapkepahitan itu dan mengubahnya menjadi kesegarandan kebahagiaan.”

Keduanya lalu beranjak pulang. Mereka sama-sama belajar pada hari itu. Pak Tua, si orang bijakitu, kembali menyimpan “segenggam garam”, untukanak muda yang lain, yang sering datang padanyamembawa keresahan jiwa.

Cangkir yang CantikSepasang kakek dan nenek pergi belanja di

sebuah toko suvenir untuk mencari hadiah buat cucumereka. Mata mereka tertuju pada sebuah cangkircantik. “Lihat cangkir itu,” kata si nenek kepadasuaminya. “Kau benar, inilah cangkir tercantik yangpernah aku lihat,” jawab si kakek.

Saat mereka mendekat, tiba-tiba cangkir ituberkata, “Terima kasih atas perhatian Anda. Perludiketahui bahwa aku dulunya tidak cantik. Sebelummenjadi cangkir yang dikagumi, aku hanyalahseonggok tanah liat yang tidak berguna. Namunsuatu hari ada seorang perajin dengan tangan kotormelempar aku ke sebuah roda berputar.

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglahseorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya

gontai dan air muka yang ruwet. Tamu anak muda itu memang tampak sepertiorang yang tak bahagia.

Kemudian ia mulai memutar-mutar aku hinggaaku merasa pusing. Stop! Stop! Aku berteriak, Tetapiorang itu berkata “belum!” lalu ia mulai menyodokdan meninjuku berulang-ulang. Stop! Stop! teriakkulagi. Tapi orang ini masih saja meninjuku, tanpamenghiraukan teriakanku.

Bahkan lebih buruk lagi, ia memasukkan akuke dalam perapian. “Panas! Panas!” Teriakku dengankeras. Stop! Cukup! Tapi orang ini berkata “Belum!”Akhirnya ia mengangkatku dari perapian danmembiarkan aku sampai dingin. Aku pikir, selesailahpenderitaanku.

Oh ternyata belum. Setelah dingin akudiberikan kepada seorang wanita muda dan ia mulaimewarnai aku. Asapnya begitu memualkan. Stop!Stop! Aku berteriak. Wanita itu berkata “belum!”

Lalu ia memberikan aku kepada seorang priadan ia memasukkanku lagi ke perapian yang lebihpanas dari sebelumnya! Tolong! Hentikanpenyiksaan ini! Sambil menangis aku berteriaksekuat-kuatnya. Tapi orang itu tidak peduli dan terusmembakarku. Setelah puas “menyiksaku” kini akudibiarkan mendingin.

Setelah benar-benar dingin, seorang wanitacantik mengangkatku dan menempatkanku dekatkaca. Aku melihat diriku. Aku terkejut sekali. Akuhampir tidak percaya, karena di hadapanku berdirisebuah cangkir yang begitu cantik. Semuakesakitan dan penderitaanku yang lalu menjadi sirnatatkala kulihat diriku. (dbs)

AIR, AIR, dan AIR

Page 3: Tabloid Media Agro Juni 2015

3TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

AKTUALITA

alamkunjungan kerjaspesifik ini kami men-cari informasi tentangproduksi dan distribusi

gula. Lampung merupakan salahsatu produsen gula nasional,”kata Dodi Reza Alex Noerdin,pimpinan rombongan anggotaKomisi VI DPR-RI yang berkun-jung ke Provinsi Lampung.

Menurutnya, Komisi VI yangmembidangi pedagangan, perin-dustrian, investasi, koperasi,usaha kecil dan menengah, sertaBUMN itu mengirimkan 4 timkunjungan kerja spesifik, yaitu keLampung, Jawa Timur, JawaTengah, dan Banten.

Anggota Komisi VI yangikut dalam rombongan tim keLampung: Tifatul Sembiring(PKS), Dwi Aroem Hadiati (Par-taiGolkar), Siti Mukaromah(PKB), Melani L. Suharli (PartaiDemokrat), Nyat Kadir (PartaiNasdem), dan Ihsan Yunus (PDIPerjuangan).

Dodi Reza menjelaskanmasalah pergulaan nasionalselama ini lumayan rumit. “Disatu sisi kita ingin memperkuatindustri gula kita, sementara disisi lain masih diperlukan imporraw sugar, karena stok gula takmencukupi untuk kebutuhannasional,” katanya.

Namun, pada kenyataan-nya impor gula justru memukulindustri gula nasional dan petanitebu. “Karena itu kami inginmendengar bagaimana upayaprodusen gula, terutama PTPNVII, dalam meningkatkan kinerjaagar biaya produksi gula men-jadi lebih efisien,” katanya.

Dodi juga minta agar PTPNVII dapat meningkatkan kinerja,meningkatkan kontribusi pen-dapatan pemerintah melaluidividen, ikut mengembangkanperkebunan tebu rakyat, danmeningkatkan pembinaan usahamasyarakat melalui PKBLdanprogram-progran lainnya.

Rombongan Komisi VIDPR-RI mendapat pemaparan

Kunjungan Kerja SpesifikKomisi VI DPR-RI

dari Pemprov Lampung yangdisampaikan Sekretaris Pro-vinsi Arinal Djunaidi, dari Direk-tur Utama PTPN VIIKusumandaru N.S., DirekturProduksi PT Adi KaryaGemilang Beni,dan DirekturLegal PT Sugar Labinta Ahyar.

Sekprov Arinal Djunaidimengaharapkan dukungan danbantuan anggota DPR untukmerealisasikan Provinsi Lam-pung sebagai lumbung pangannasional, lumbung ternak, danmernjadi daerah penghasilkomoditas perkebunan terbesar.

“Di Lampung areal kebuntebu mencapai 113 ribu hektaredan menjadi penyumbang 37persen produksi gula nasional,”kata Arinal. Dia berharap in-dustri gula Lampung dapatditingkatkan sehingga ikutmenyukseskan swasembadagula nasional.

Sementara Direktur UtamaPTPN VII Kusumandaru N.S.mengaharapkan bantuan dandukungan Anggota Komisi VIuntuk mencari solusi bagi penam-bahan modal kerja perusahaanagar investasi tidak lagi mem-pergunakandana dan perbankan.

Solusi tersebut antara laindengan mempercepat prosesmenjual saham perdana melaluiIPO (initial public offering) dibursa saham atau memberikantambahan penyertaan modalnegara (PMN).

“Khusus untuk produksigula, PTPN VII pada musimgiling tahun 2015 menargetkanproduksi gula sebanyak179.147 ton,” katanya. PGBungamayang yang mulaigiling pada 2 Mei menargetkanperolehan gula 110.183 ton,sementara PG Cintamanisyang buka giling pada 7 Meimematok 68.964 ton.

Target sejumlah itu me-ngalami kenaikan yang cukupsiginifikan dibandingkan denganmusim giling tahun sebelumnya.“Kami meyakini target itu bisa

tercapai, karena kami telahmelakukan sejumlah langkahperbaikan pabrik gula dan pening-katan kinerja lahan,” katanya.

Perbaikan dilakukan sejakbeberapa tahun lalu, mulai daribudidaya (on-farm) hinggapengolahan tebu (off-farm).Karena itu, seiring denganberbagai perbaikan tersebut kitayakin bisa mencapai target.Dengan banyaknya perubahan

T Perkebunan Nusantara (PTPN) VIImenyelenggarakan sosialiasi danpelatihan pengisian blanko LaporanHarta Kekayaan Penyelenggara Negara

(LHKPN), Rabu (24/6/2015). Pelatihan diikutiseluruh General Manager Distrik, KepalaBagian, dan Manager Unit Kebun wilayahLampung.

Kepala Bagian SDM PTPN VII HabibWibowo menjelaskan sosialisasi dan pelatihantersebut sebagai komit-men PTPN VII dalammendukung gerakan In-donesia bersih. Menurut-nya, pejabat di PTPN VIIharus mengatakan “tidak”untuk korupsi.

Berdasarkan Ins-truksi Menteri BUMN No.I N S - 0 2 / M B U / 2 0 0 7tentang PenyelenggaraNegara yang Wajib Me-nyampaikan LHKPN di Lingkungan BUMN,yang mempunyai kewajiban mengisi LHKPNadalah Direksi BUMN, Dewan Komisari BUMN,Dewan Pengawas BUMN, pejabat strukturalsatu tingkat di bawah direksi, dan pejabat lainyang memiliki fungsi strategis di lingkunganBUMN (pejabat setingkat manajer).

Habib Wibowo menjelaskan LHKPNadalah daftar seluruh harta kekayaan seorangpejabat penyelenggaran negara (besertapasangan dan anak yang masih menjaditanggungan), yang dituangkan dalam formulirLHKPN yang ditetapkan oleh KomisiPemberantasan Korupsi (KPK).

Dengan melakukan pelaporan harta ini,tambah Habib, ada beberapa manfaat yangdiperoleh di antaranya untuk menghindarimunculnya fitnah, menanamkan keterbukaan

Latihan Mengisi Blanko LHKPNdan tanggung jawab, keteretiban administrasidokumen harta, dan backup dokumen harta.

Pelaporan tersebut dilakukan atas dasarpelaksanaan Undang Undang No. 28 Tahun 1999tentang Peneyelenggara Negara yang Bersihdan Bebas dari KKN, yang ditindaklanjuti denganInstruksi Meneg BUMN No. INS-01/MBU/2009tentang Penyelenggara Negara Wajib Menyam-paikan Laporan Harta Kekayaan PenyelenggaranNegara (LHKPN) di Lingkungan Badan Usaha

Milik Negara dan SuratEdaran Menteri NegaraBUMN No. SE-05/MBU/2013 tentang RoadmapMenuju BUMN Bersih.

Juga Surat Keputus-an Direksi PTPN III(Persero) No. 3.00/HOLD/SKPTS/04/2015 tentangPenyampaian LaporanHarta Kekayaan Penye-lenggara Negara (LHKPN)

bagi Pejabat yang Menduduki Jabatan Strukturaldi PTPN III (Persero) dan PTPN I, II, IV s/d XIVyang ditindaklanjuti dengan Surat KeputusanDireksi PTPN VII No. SDM/Kpts/137/2015tentang Laporan Harta Kekayaan PenyelenggaraNegara (LHKPN) Pejabat Struktural di Ling-kungan PTPN VII.

Berdasarkan UU No. 28 Tahun 1999, pe-nyelenggara negara yang wajib menyampaikanLHKPN adalah pejabat pada Lembaga TertinggiNegara, pejabat pada Lembaga Tinggi Negara,Menteri, Gubernur, Hakim, pejabat negara lainsesuai dengan ketentuan perundang-undanganyang berlaku. Pejabat lain adalah yang memilikifungsi strategis dalam kaitannya denganpenyelenggara negara, yaitu Direksi, Komisaris,dan Pejabat Struktural lainnya pada BUMN danBUMD. (tim)

Anggota Komisi VI DPR-RI melakukankunjungan kerja spesifik untuk menggali

informasi tentang gula di Lampung, Senin(15/06/2015). Selain bertemu dengan Pemprov

Lampung, rombongan juga berdialog denganDireksi PTPN VII, PT Sugar Labinta, dan PT

Adi Karya Gemilang, diruang Rapat KantorDireksi PTPN VII.

D“

dari hasil perbaikan tersebut,secara bertahap target akanterus naik, seiring denganpeningkatan kapasitas pabrikdan perluasan areal tanam tebu.

Rombongan juga men-dengarkan pemaparan dariDireksi PT Adi Karya Gemilang,perusahaan yang baru be-berapa tahun belakangan me-ngusahakan kebun tebu. “Kamibaru membangun pabrik gula di

Lampung Tengah,” kata Direk-tur Produksi PT Adi KaryaGemilang Beni.

Rombongan juga mencariinformasi tentang hal ikhwalgula rafinasi, termasuk pere-darannya di Lampung. Keesok-an harinya, rombongan KomisiVI DPR-RI juga meninjau pabrikgula rafinasi PT Sugar Labintadi Tanjungbintang, LampungSelatan. (tim)

P

Page 4: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 4

LaporanUTAMA

ak ada makhluk hi-dup, termasuk tana-man yang dapat berta-han hidup, tumbuh,

berkembang, dan menghasil-kan tanpa air. Percuma sajalahan luas jika kekurangan ataubahkan tak ada air,” kataKomisaris Utama PTPN VIIProf. Dr. H.A. Anshori Mattjik,saat diwawancarai wartawanMedia Angro 7 di sela-selawaktu kunjungan di Pabrik GulaBungamayang, Jumat (05/06/2015).

Menurutnya, perusahaanyang bergerak di bisnis per-kebunan perlu memperhit-ungkan kebutuhan air untukkomoditas tanaman yang di-usahakannya. Dengan de-mikian, harus dicari sumber-sumber air yang dapat me-menuhi kebutuhan air tersebut.“Itulah yang disebut mana-jemen air, yang selama inikurang menjadi perhatian,” kataKomut yang akrab disapa PakMattjik itu. Berikut hasil wa-wancara selengkapnya.

****

Pentingnya Manajemen Airdi Bisnis Perkebunan

Dalam bisnis perkebunan aset terpenting setelah lahan adalah air. Sebab, semua tanaman membutuhkanair untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan menghasilkan. Karena itu, manajemen air menjadi sangat

penting untuk mendukung keberhasilan dalam bisnis perkebunan.

Seberapa pentingkahmanajemen air untukkeberhasilan dalam bisnisperkebunan?

Yang tentu sangatpenting dan sangatmenentukan. Semua tanamanmembutuhkan air yangmencukupi agar bisa hidup,tumbuh, berkembang, danmenghasilkan. Setelah itubaru diperlukan pupuk danpemeliharaan. Pupuk hanyadiperlukan sesuai kebutuhantanaman, dosisnyabergantung pada kondisilahan. Pupuk baru dapatdiserap tanaman jika ada air.

Sama dengan makhlukhidup lainnya, yaitu manusiadan hewan, kebutuhan utamatanaman adalah air. Bahkan,untuk tanaman tertentumembutuhkan air lebihbanyak, seperti padi. Karenaitu, diperlukan manajemen airagar kebutuhan air untuktanaman tercukupi.Manajemen air ini untukmengatur persediaan air dandistribusinya ke tanaman.

Penjelasan konkretnya?Kita beruntung hidup di

wilayah tropis. Hampirsepanjang setengah tahunkita mendapat pasokan daridari Tuhan, curahan hujan darilangit, yang jumlahnya sangat

T“

besar. Melimpah-limpah,bahkan pada saat-saattertentu jadi banjir bandang.Namun dari pasokan air yangbegitu besar, sedikit sekaliyang bisa kita simpan, taklebih dari sepuluh persen,baik yang kita tampungmaupun yang meresap ketanah. Sebagian besar atau90 persen lebih hanyut kelaut. Jadi, labih banyak yangmubazir.

Nah, begitu masuk enambulan musim kemarau, kitakekeringan, kebun kitakekurangan air. Seharusnyakita mempunyai banyaktempat penampungan airdengan kapasitas yang besarsebagai persediaan menyiramtanaman pada musimkemarau. Itulah pentingnyamembangun danau-danau,merivitalisasi embung-embung, dan melakukanpenghijauan di sekitarnya.Hutan kita telah menipis, takada lagi daerah resapan. Kitaharus membuat sumber-sumber air untuk selanjutnyadibuat sistem irigasi.

Selama ini kita kurangperhatian, merasa bahwabiaya untuk membuat danmerevitalisasi embung-embung itu mahal. Padahal,ini investasi penting.Bandingkan berapa kerugianyang akan kita alami jikatanaman kekeringan. Bukanhanya di kebun tebu, kebunsawit dan karet jugamembutuhkan cadangansumber air yang bisadimanfaatkan saat tanamanmembutuhkan.

Sudah saatnya kitamembangun sistem irigasi

untuk kebun. Apalagi banyaklahan kita yang dilewatisungai dan cekungan-cekungan yang selama inijuga tidak bisa ditanami. Kitaseharusnya membuat desainsemacam dam atau embunguntuk penampungan air diseluruh kebun kita.Membangun irigasi menjadiprioritas agar usaha kebunkita berkelanjutan.

Dalam beberapa bulanterakhir Dewan Komisaristurun ke kebun dan pabrik.Ada misi khusus?

Ya, misi khususnyauntuk meningkatkan produksidan kinerja. Secara teknis,para pekerja sudah ahli danpaham. Tapi banyak jugayang larut dalam kebiasaanyang tidak sesuai denganprinsip dan norma teknis.Nah, biasanya orang yangbaru datang bisa melihat dimana kekurangan dankebiasaan-kebiasaan yangsebenarnya keliru itu. Itulahmisinya kami turun langsungke kebun-kebun dan pabrik.

Misalnya di kebun karet,secara teknis yang diaturdalam SOP atau standardoperating procedur bidangsadap pada satu sisiseharusnya cukup untukeksploitasi selama lima tahun.Dalam prakteknyabagaimana? Kan adapenyadap yang boros kulit,sehingga usia ekploitasimenjadi lebih singkat. Kitaharus peringatkan para pekerjaagar mematuhi SOP, kembalike norma teknis yang benar.

Sebenarnya para pekerjabanyak yang sudah paham,apalagi para asisten kebunyang pada umumnya sarjana.Persoalannya bagaimanakontrol mereka ke bawah,

bagaimana merekamenggerakkan, mendukung,dan menyokong para mandordan penyadap agar lebihproduktif dan tetap berpegangpada SOP. Manajemen jugaharus menyediakan peralatanyang cukup agar prosespanen tidak terhambat.

Misi lainnya?Kita memberi motivasi

kepada semua pekerja. Yangkinerjanya sudah baik, kitaminta dipertahankan danditingkatkan lagi. Yangkinerjanya kurang baik, kitaminta segera dibenahi dandiperbaiki. Kalau yang lainbisa, Anda juga harus bisa,dong. Ada prinsip yang selalusaya sampaikan kepadateman-teman bahwa bukankarena uang kita senang,tetapi mari kita senang dulumenjalankan tugas danpekerjaan, baru mendapatkanuangnya. Saya mengajakbekerja dengan hati,melaksanakan tugas denganhati ikhlas, bukan karenaterpaksa. Segala sesuatu jikadilakukan dengan hatisenang, insyaallah akanmemperoleh hasil lebih baik.Misalnya dalam memeliharatanaman, selain hal-hal teknisjuga dibutuhkan ketulusan.Tanaman itu juga makhlukhidup yang membutuhkansentuhan kasih sayang daripemeliharanya.

Pendapat Bapak tentangharga komoditas pertaniandan perkebunan, terutamakaret, yang tak jugabergerak naik meski nilaidolar terus menguat?

Inilah kelemahan petanikita sejak dulu. Sebagaiprodusen tak bisamenentukan harga jual.

Prof. Dr. H.A. Anshori Mattjik

Menjadi tugas pemerintahuntuk melindunginya. Harusada buffer price yangditentukan pemerintah.Sebab, petani sebagaiprodusen perlu margin, selisihantara harga jual dan biayaproduksi. Jadi, perlu adasubsidi di harga produksi.

Subsidi bukan di hargapupuk seperti selama ini. Kitatidak tahu siapa yangmenikmati subsidi pupuk itu.Jadi, perlu kebijakanpemerintah untuk hargakomoditas pertanian, jangandiserahkan ke pasar bebas.Selama ini pasar yangmenetukan harga komoditaspertanian yang membuat petanikita sering merugi dan terpuruk.

Pendapat Bapak tentangholding BUMNPerkebunan?

Holding yang sekarangini belum jalan. Sebaiknyakalau holding, pusatnya tidakjadi pemain juga. Lha, kita inikan masih begitu. PTPN IIIsebagai induk juga menjadipemain yang sama denganPTPN yang jadi anakperusahaannya. Jika holdingdijalankan dengan benar, sayayakin BUMN perkebunanakan makin kuat. Nah,mungkin sekarang sedangdicari formulasinya,bagaimana melaksanakanholding ini.

Ada khusus saran dannasihat untuk seluruh insandi perusahaan kita ini?

Bekerjalah dengangembira, senang, danbahagia. Berikan produktivitasyang tinggi agar memperolehreward yang tinggi pula. Danini yang sangat penting:bekerjalah dengan jujur danikhlas. (tim)

Page 5: Tabloid Media Agro Juni 2015

5TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

LaporanUTAMA

i Unit Tulungbuyut,rombongan berkelilingkebun karet dipanduDirektur Produksi PTPN

VII M. Natsir, didampingi KepalaBagian Tanaman Christian Priyo,Manajer Distrik Wayseputih BudiFirman, dan Manajer Unit Tulung-buyut Joko Lelono.

Di areal tanaman karetyang telah menghasilkan,Komut berdiskusi dengan paraasisten tentang tata cara pe-nyadapan, pemakaian bidangsadap, dan proses-proseseksploitasi panen lainnya.Sementara di areal tanamanbelum menghasilkan, Komutmeminta penjelasan mengenaipemeliharaan dan perawatantanaman.

Rombongan juga meninjaulahan eks karet di Tulungbuyutyang pada tahun ini ditanamitebu. Ada sekitar 160 ha lahanyang di-replanting dan kiniditanami tebu. “Kalau memangbelum ada anggarannya untukreplanting karet, tak ada salah-nya dimanfaatkan untuk tebu.Tapi harus segera dibuat em-bung-embung untuk penam-pung air agar bisa menyiramtanaman jika tak ada hujan,”kata Komut yang akrab disapaPak Mattjik.

Direktur Produksi M.Natsir berharap produktivitastebu di lahan bekas karetterebut juga akan tinggi, sepertiyang dihasilkan di bekas lahansawit di Bekri yang bisa men-capai 100 ton per ha. “Melihatkondisi tanaman yang bagus,mudah-udahan bisa tercapai100 ton lebih,” katanya.

Setelah mendengarkanpresentasi tentang target dancapaian Unit Tulungbuyut,rombongan melanjutkan kun-jungan kerjanya ke PG Bunga-mayang. “Dari angka-angkayang dicapai saat ini, sayayakin Unit Tulungbuyut bisamencapai 100 persen dariRKAP. Yang penting dikawalterus dengan baik,” tambahDirprod.

Di PG Bungamayang, Ko-mut juga berkeliling melihat kebuntebu dan selanjutnya mende-ngarkan pemaparan dari paraasisten dan manajer di WismaTamu. Tahun ini, PG Bunga-mayang pada musim giling tahunini menargetkan produksi gulasebanyak 110.183 ton.

Selama masa giling yangdirencanakan berlangsungselama 181 hari akan meng-giling 1.283.462 ton tebu darilahan seluas 16.497, yaitu daritebu inti dan tebu rakyat.“Kapasitas pabrik 7.100 tontebu per hari. Target rendemen

Dewan Komisaris KunjungiKebun dan Pabrik

rata-rata 8,56 persen. Kegiatangiling diharapkan lancar tanpaada hambatan, baik teknismaupun nonteknis, baik dipabrik maupun di kebun,” ujarGeneral Manager PG Bunga-mayang.

Upaya yang dilakukanuntuk mencapai target produksidan rendemen antara lainmeninergikan kegiatan mulaidari kebun, yaitu dari tebang,muat, dan angkut, hinggaproses pengolahan tebu dipabrik.

“Selain memperkecillosses di kebun dan di pabrik,kegiatan yang juga sangatpenting adalah meminimalisasiadanya gangguan dalam pro-ses pengolahan. Juga tetapmenjaga kekompakan pekerjadari seluruh lini,” katanya.

Jumlah tebu yang akandigiling tahun ini direncanakanmeningkat 16 persen, diban-dingkan realisasi tahun 2014.“Ini semua berkat kerja kerasdan dukungan seluruh jajaranmanajemen dan karyawanDistrik Bungamayang sertakerja sama yang baik denganpetani dan mitra perusahaan,”ujarnya.

Peningkatan target pro-duksi tahun 2015 tidak terlepasdari upaya-upaya yang telahdilakukan seperti penataanvarietas tanaman, penambahansarana irigasi, perbaikan mututebang, muat dan angkut padasaat panen tebu serta per-baikan mesin produksi.

Keesokan harinya, rom-bongan Dewan Komisaris me-ninjau Unit Bekri. Selain melihatproses panen tebu, rombonganjuga menyaksikan proses landclearing lahan bekas sawitdengan cara tumbang-cacah-timbun. Dengan cara ini, lahanyang di- land clearing langsungbersih, tak tersisa sedikit punpelepah atau batang sawitkarena dicacah dan ditimbun.

Tinjau Wilayah BengkuluAnggota Dewan Komisaris

PTPN VII Prof. Dr. Haryonodidampingi Komite ManajemenRisiko dan Komite Audit sertaKepala Bagian Tanaman Chris-tian Priyo ke Distrik WilayahBengkulu pada 24—26 Juni2015.

Rombongan tiba dari Ja-karta Rabu pagi (24/6), turundari pesawat disambut GaneralManager Distrik Bengkulu M.Safip dan langsung melanjutkanperjalanan ke Unit Ketahun.Prof. Haryono didampingi HeriSuheri (Komite ManajemenRisiko) dan Roni Sitorus (Ko-mite Audit).

Rombongan di UnitKetahun meninjau beberapa af-deling. Sugeng BudiPrasongko, Manajer Unit Keta-hun, dengan serius menje-laskan kinerja Unit Ketahun.Menurutnya, produktivitas karetdi Ketahun termasuk tinggidibandingkan dengan kebunlain. Selain itu, kualitas getah-nya bagus karena memilikikadar karet yang tinggi.

Sorenya rombongan kem-bali ke Bengkulu dan dilan-jutkan dengan buka puasabersama bersama staf Distrik.Kemudian dilanjutkan dengansholat terawih berjemaah diMasjid Raya Baitul Ihsan Kom-plek Padang Harapan Beng-kulu.

Keesokan harinya, Kamis(24/6), rombongan melaksana-kan kunjungan ke Unit Talopino.Heri Suheri menjelaskan ke-pada Komisaris bahwa tana-man kelapa sawit di Unit Ta-lopino punya potensi yangsangat baik. Bahkan tertinggiproduktivitasnya se-PTPN VII.

Rata-rata tanaman kelapasawit usia 6 tahun kisaranprotasnya hanya 15 ton/ha,tetapi di Unit Talopino bisamencapai 19 ton/ha. “Ini ca-paian yang luar biasa,” kata HeriSuheri. Namun, luasan areal diTalopino hanya sekitar 400 ha.

Perjalanan dilanjutkan keUnit Padangpelawi, menujubukit gadis. Lagi-lagi rom-bongan komisaris puas melihattanaman karet yang bongsordan bagus. Heri Suheri kembalimengatakan bahwa kebunPadangpelawi merupakan ke-bun masa depan. “Kalau maumelihat kebun karet yangbagus, ya di Bengkulu,” selo-rohnya sambil tertawa lepas.

Masih menurut Heri Suheri,tanaman karet di Bengkulusangat baik, pada usia 3—4tahun sudah memiliki lingkarbatang yang cukup untuk disa-dap. Tentunya tidak mudahuntuk menjadikan seperti itu.

Perlu perlakuan yang baikdalam pengelolaan areal.

Acara dilanjutkan denganbuka puasa bersama di rumahManajer Unit Padangpelawi.Anggota Dewan Komisarisdidampingi GM Distrik Beng-kulu, Manajer Padangpelawi,Manajer Talopino, dan lainyamenuju masjid untuk sholatterawih. Kali ini Prof. Haryonobertindak sebagai penceramahdi sela-sela sholat Isyak dansholat Terawih.

Dalam ceramahnya Prof.Haryono menyampaikan bahwaAllah Swt. menciptakan segalasesuatu itu ada manfaatnya.“Kita ambil contoh lebah yangdiabadikan pada Quran suratAn-Nahl,” katanya.

Dia pun menguti Ayat 68-69, yang artinya,”Dan Tuhanmumengilhamkan kepada lebah:buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayudan di tempat-tempat yangdibikin manusia. Kemudianmakanlah dari segala (macam)buah-buahan lalu tempuhlahjalan Tuhanmu yang telahdimudahkan (bagimu). Dariperut lebah itu keluar minuman(madu) yang bermacam-ma-cam warnanya, di dalamnyaterdapat obat yang menyem-buhkan bagi manusia. Sung-guh, pada yang demikian itubenar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagiorang yang berpikir.”

Kemudian Prof. Haryonomengambil iktibar (pelajaran)dari sisi lain, yaitu tentangkehidupan lebah yang ber-kelompok (koloni) yang masing-masing memiliki tugas. “Samaseperti kita di PerkebunanPadangpelawi ini, hidup danbekerja secara berkelompokdan mempuyai tugas masing-masing. Saya melihat di Pa-dangpelawi ini sangat senang,kebunnya bagus, karyawanyabagus dan jamaahnya sangarramai,” katanya.

Dia menjelaskan padakoloni lebah juga ada breefingseperti halnya yang dilakukandi PTPN VII kepada para sinder.Lebah yang lebih awal setelahberjalan berkilo-kilometer se-telah menemukan bunga yangdapat diambil madunya, kem-bali ke sarangnya untuk mem-berikan penjelasan (breefing)kepada rekan-rekanya dansetelah memahami rute lokasibunga, mereka pun berbon-dong-bondong menuju lokasiuntuk mengambil sari madu daribunga itu.

Demikianlah secara terusmenerus mereka melakukankoordinasi dalam melaksa-nakan tugasnya dengan penuhtanggung jawab. “Harapan sayasebagaimana yang saya lihat,semua karyawan Unit Padang-pelawi dapat meningkatkankinerjanya sesuai tugas pokokdan fungsinya masing-masingdengan penuh tanggung jawab,”katanya.

Setelah sholat terawih,Prof. Haryono sibuk memenuhipermintaan anak-anak yangmeminta tanda tangan setelahmembuat resume inti ceramah.Diselingi sedikit dialog dengananak-anak sehingga membuatsuasana menjadi cair. Sebelumkembali kepenginapan, rom-bongan Dewan Komisaris fotobersama dengan pengurusmasjid.

Saast perjalanan pulang,Heri Suheri menaruh banyakharapan kepada sinder-sindermuda di lapangan. Hendaknyaskill dan knowlegde yang sudahmereka miliki diaplikasikanselama bertugas yang disokongdengan attitude yang baik.

“Dengan pergeseran nilaiyang kini serba instan mem-pengaruhi pula budaya per-kebunan, sehingga tidak jarangditemui di lapangan para sinderattitude-nya kurang baik danperlu dibenahi dan diting-katkan,” katanya. tim

Komisaris Utama PTPN VII Prof. Dr.H.A. Anshori Mattjik dan Anggota Dewan

Komisaris Harus Sulham, S.H.didampingi Komite Manajemen Risiko

dan Komite Audit melakukan kunjunganke Unit Tulungbuyut, PG Bungamayang,

dan Unit Bekri pada 4—5 Juni 2015.

D

Kunjungan komisaris ke distrik bengkulu

Page 6: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 6

WARTA

alau pada Ramadhantahun lalu buka puasabersama danmemerikan santunan

kepada 105 anak yatim, padaRamadhan 1436 H/2015 M inijumlah peserta bertambah,yaitu 205 yatim piatu. Merekaberasal dari sembilan pantiasuhan yang ada di KotaPalembang, yaitu PantiAsuhan Cinta Kasih, Ar-Razzaq, Miftahul Jannah, Al-Hafiz, At-Taqwa, Romadhon,Ya Ummi, Al Islam dan An-Nur.

“Kegiatan sosial sepertiini terus kita tingkatkan.Insyaallah pada bulanRamadhan tahun depan kitamengundang lebih banyak lagianak yatim piatu untuk bukabersama dengan kami di sini,”kata General Manager (GM)Distrik Banyuasin, H.WahyuSupriatna, S.P. pada saatmemberikan sambutan,Selasa 30 Juni 2015 dilapangan tenis DistrikBanyuasin Jalan Kol H.BurlianKm 9 Palembang.

Buka puasa bersamayang dikemas secarasederhana tersebut dihadirisegenap keluarga besar

Buka Bersama dengan205 Yatim Piatu

PTPN 7 Distrik Banyuasin.Menurut Wahyu, berbukapuasa bersama anak yatimmerupakan suatu kenikmatandan sebagai ungkapan rasyasyukur kepada Allah SWT.

“Momentum seperti inisangat penting untuk berbagi,karena tidak semua orangbisa menikmatinya. Kitaberdoa semoga tahun depankita masih bisa menemuibulan Ramadhan,” kataWahyu.

Wahyu yang masihrangkap jabatan sebagaiManajer Unit Betung

mengungkapkan bahwakegiatan yang samadilakukan secara serentak diseluruh Unit Usaha yang adadi wilayah kerja DistrikBanyuasin, yaitu Unit Betung,Musilandas, Tebenan,Betungkrawo, UPKSTalangsawit, dan UnitBentayan.

Kegiatan buka bersamayang juga menggandengIkatan Kekeluargaan Istri (IKI)Distrik Banyuasin itu diisidengan pembacaan ayat sucial-Quran dan ceramah agamayang disampaikan oleh UstadBuchroni dari PondokPesantren IzzudinPalembang.

Dalam ceramahnya,Buchroni antara lainmengataan bahwa di dalambulan suci Ramadhan AllahSWT memberi kesempatankepada kaum Muslim untukmeningkatkan iman dantakwa melalui berpuasa.“Puasa ini sebagai medialatihan dan pembelajaran,selain sebagai bulan rahmahdan maghfirah,” katanya.

Sebelumnya, yaitu padaSelasa, 16 Juni 2015, Distrik

Banyuasin jugamelaksanakan pengajiandalam rangka menyambutdatangnya bulan suciRamadhan 1436 Hijriah.Kegiatan yang dilaksanakandi ruang rapat Kantor DistrikBanyuasin itu, selain di hadirioleh seluruh unsur pimpinandan pekerja di lingkunganDistrik Banyuasin, jugamenghadirkan Ustad Drs. H.Suhaimi, yang memberikantausiah berkaitan dengandatangnya bulan Ramadhan.

Menurut Ustad Suhaimi,umat Islam wajib menyambutRamadhan dengan gembira,haru, dan bahagia, karenadatangnya bulan yang penuhberkah dan maghfiroh. Ayat-ayat yang menjelaskan tentangpuasa dalam al-Quran terdapatpada Surah al-Baqarah dariayat 183 hingga 187.

Ayat-ayat tersebutmerupakan dalil yang

ecara rutin setiap Sabtu pagiDistrik Banyuasinmelaksanakan kegiatan senamjantung sehat dan aerobik. Tapi

pada Sabtu, 13 Juni 2015, inimerupakan hari terakhir senam jantungsehat bersama pimpinan Ir. H.A.Afifuddin, M.M., General ManagerDistrik Banyuasin.

Sebab, Afifuddin yang hobiolahraga tenis lapangan ini mendapatpromosi jabatan, yaitu menjadi

Senam Terakhir Afifuddindi Banyuasin

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan suci Ramadhankeluaraga besar PTPN 7 Distrik Banyuasin menyelenggarakan buka puasa

bersama sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

menunjukkan kewajibanpuasa bagi orang-orangberiman, yang ditentukanpada hari-hari tertentu saja,yaitu pada bulan Ramadhan.“Puasa dalam bahasa Arabdisebut shiyaam atau shoum,yang berarti menahan diri,”kata Suhaimi.

Definisi puasa secarabahasa adalah menahan diriuntuk tidak berbuat sesuatu.Pada bulan Ramadhanterdapat suatu malam yangistimewa, yang disebut lailatulQadar, yaitu malam yang lebihbaik daripada seribu bulan.

“Diiringi dengan aktivitasibadah shalat tarawih,memperbanyak membaca al-Quran, serta diakhiri denganmembayar zakat Fitrah danshalat Idulfitri, lengkaplahproses penghambaan diri kitakepada Allah dan berbuat baikdengan sesama manusia,”kata Suhaimi. (tim)

K

Direktur Produksi di PTPN XIIIKalimantan. “Saya dan keluargamengucapkan terimakasih kepadateman-teman di Distrik Banyuasinyang telah bekerja sama dalammengembangkan dan memajukanPTPN VII. Saya juga minta maaf jikadalam kebersamaan kita selama iniada perbuatan dan ucapan saya yangsalah,” kata Afifuddin dalam katasambutannya setelah senam.

Menurutnya, sampai saat ini para

pekerja di Distrik Banyuasin telahberhasil mempersembahkan yangterbaik kepada perusahaan. “Olehkarena itu, saya berharap apa yangsudah kita raih bersama terusdilanjutkan dan ditingkatkandengan semangat yang lebih tinggilagi,” kata Afif di hadapan parapekerja, staf, dan manajer unit seDistrik Banyuasin.

Selama hampir 2,5 tahunmemimpin Distrik Banyuasin,menurut Afif banyak kenangan danpengalaman hidup yangdiperolehnya. Demikian puladengan teman serta sahabat.“Ketika saya menerimapemberitahuan bahwa sayaditugaskan di PTPN XIIIKalimantan, saya langsungmenyatakan siap. Untuk itu sayamohon doa teman-teman semuaagar saya sukses di tempat tugasyang baru,” kata Afif.

Kegiatan senam yang diisidengan perpisahan tersebut jugaditandai dengan penyerahan

bingkisan dan cinderamata dariseluruh karyawan Distrik Banyuasinkepada Afifuddin. “Semoga menjadikenangan yang indah,” komentarseorang karyawan. (tim)

S

Page 7: Tabloid Media Agro Juni 2015

7TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

WARTAirektur Utama PTPNVII Kusumandaru N.S.dalam sambutannyamengatakan kegiatan

yang diadakan kali ini sebagaisarana mempererat tali sila-turahmi antarkaryawan seka-ligus mempersiapkan diri me-nyambut bulan Ramadhansebagai bulan penggemblenganuntuk memperkuat keimanandan ketakwaan.

“Puasa itu menjadikan kitaagar selalu menahan ego dannafsu kita sehingga kita men-jadi lebih profesional. Pe-ngertian profesional itu meliputitiga macam, yakni profesionaldalam bidang skill atau kete-rampilan, bidang tingkah laku,dan bidang kejujuran,” katanya.

Kusumandaru menghim-bau agar semua karyawanPTPN VII manfaatkan bulanRamadhan untuk perbaikan diridan merefleksikan makna Ra-madhan dalam kehidupan se-hari-hari. “Mari kita pupuksolidaritas dan empati dengansesama. Ramadhan adalahbulan yang mengajari kita untukdisiplin. Ramadhan hendaknyamendorong karyawan untukdapat meningkatkan kinerja,”tambahnya.

Puasa juga melatih ke-pekaan dalam kehidupan so-sial. “Kita dapat merasakanpenderitaan kaum dhuafa,merasakan bagaimana deritakaum yang selalu kekurangan.Jika pada saat puasa kitamampu menahan diri untuktidak makan yang halal padasiang hari, sudah selayaknyajika kita juga bisa menolakyang haram. Dan semogadalam kita dapat keberkahan,”katanya.

Kusumandaru mengajakseluruh insan PTPN VII terusbekerja keras. “Dengan puasakita berlatih menghadapi semuakekurangan dan kesulitan.Harapannya kita semua men-

Manyambut Bulan Suci untukPerbaikan Diri

jadi lebih kuat dan tahanbanting, mampu mencari solusiuntuk mengatasi semua ma-salah, terutama pada masa-masa sulit, sehingga bisakeluar menjadi pemenang,”tegasnya.

Menurutnya, tak ada alas-an untuk bermalas-malasanpada bulan puasa. “Kita harustetap bersemangat, karenapuasa diwajibkan memang untukmendidik kita menjadi lebihdisiplin dan jujur. Meski tak adaorang lain yang melihat, kitatetap puasa karena yakin bahwasemua perilaku kita diawasi olehAllah SWT,” ujarnya.

Sementara Ustad AhmadBuchori Muslim dalam cera-mahnya menjelaskan bahwabulan Ramadhan adalah bulan-nya umat Nabi Muhamad SAW.Bulan Ramadhan memilikikeutamaan-keutamaan di an-taranya satu-satunya namabulan yang disebut dalam AlQuran dan merupakan bulanditurunkannya Al Quran.

Menurut Buchori, keisti-mewaan lain bulan Ramadhanadalah merupakan bulan yangpenuh bkeberkahan. Selain itubulan Ramadhan dipilih sebagaibulan wajib berpuasa, karenabulan ini dibuka pintu surga,ditutup pintu neraka, setan-setan dibelenggu, dan ada satumalam yang lebih baik dariseribu bulan, yaitu lailatul qadar.

“Nabi Muhammad SAWmengatakan bahwa barang

siapa yang tidak memanfaatkanbulan Ramadhan dengan ber-puasa dan memperbanyakamal kebajikan, mereka akanjauh dari rahmat Allah,” ujarnya.

Menurut Buchori, bulanRamadhan merupakan kesem-patan untuk menyelamatkan diriagar tidak masuk dalam neraka.“Dalam menghadapi Ramadhan,kita siapkan ilmunya, sehinggakita bisa memanfaatkan bulanRamadhan sebaik-baiknya.Jangan sampai kita melakukanibadah puasa tapi tdak men-dapat apa-apa,” katanya.

Ada dua hal yang harusdiketahui dan dipahami dalammenghadapi bulan Ramadhan.Pertama bagaimana agar iba-dah puasa itu sah dan keduabagaimana agar ibadah kitaditerima oleh Allah SWT.

Orang yang wajib ber-

Merajut Silaturahmi lewat Safari Ramadhanetika memasuki bulansuci Ramadhan, kegiatansafari merupakan aktivitastahunan yang rutin

diselenggarakan oleh UnitRejosari. Pada Ramadhan 1436 Hini kegiatan dilaksanakan setiapminggu di masjid dan mushola disekitar lingkungan perusahaan.

Masjid dan mushola yangmenjadi tempat kegiatan safariRamadhan tahun ini adalah MasjidNurussalam Desa Negararatu,Mushola Syuhada DusunTelogorejo, Masjid Amal SyuhadaDesa Rejosari, dan Masjid AlIkhlas Desa Simbar. Adapun timsafari meliputi karyawan pimpinandan karyawan pelaksana di UnitRejosari.

Banyak manfaat yang dapatdipetik dari kegiatan safari

Ramadhan, antara lain menjadi ajangsilaturrahmi dan saling mengenal lebihjauh, dalam hal ini antara aparatpemerintah daerah denganmasyarakat. Disamping itu juga dapat

menjadi sarana yangbermanfaat bagiupaya-upayaperbaikan umat dimasa depan.

Selain sebagaiwadah silaturrahmi,kegiatan SafariRamadhan jugamenjadi mediapenyampaianinformasi bagi PTPNVII Unit Rejosarikepada masyarakat,demikian jugasebaliknya sebagaiwadah untuk

menampung aspirasi dari masyarakat.Sebenarnya banyak media yang

dapat digunakan untuk saling bertukarinformasi antara perusahaan denganmasyarakatnya, namun pertemuan

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII menggelarpengajian di Ruang Rapat Lantai I Kantor Direksi, Selasa (16/6/2015). Kegiatan yang mengambil tema“Dengan puasa perbaiki diri, perbanyak amal sholeh untuk membentuk pribadi profesional yang bertakwa,”itu diikuti seluruh karyawan kantor Direksi.

D

puasa yakni orang Islam, orangsudah balig, orang yang bera-kal, dan bebas dari uzur. Sah-nya kita puasa ada dua, yangpertama niat dan tidak mela-kukan hal-hal yang membatal-kan puasa.

“Agar puasa kita diterima

Allah, perlihara apa yang diwa-jibkan. Bila berpuasa tidakmenjalankan sholat wajib,misalnya, maka puasanya tidakditerima Allah. Hiasi hidup kitaselama bulan Ramadhan de-ngan amal-amal kebaikan,”ujarnya. (tim)

K dalam Safari Ramadhan memilikisuasana yang berbeda, karenadiwarnai oleh kepentingan ibadahpuasa, berbuka bersama, ibadahshalat Isya, Tarawih dan Witirberjamaah.

Masyarakat sangat antusiasdengan adanya kegiatan ini, danmengucapkan terima kasih ataskehadiran tim safari dari PTPN VII UnitRejosari. Pada kesempatan tersebut,disamping diisi dengan ceramahagama, juga dilaksanakan pemberianbantuan, yaitu berupa perlengkapanmasjid serta perlengkapan beribadah.

Atas bantuan yang diberikan,masyarakat sangat berterima kasihdan akan memanfaatkan semaksimalmungkin bantuan yang diberikantersebut. Dan diharapkan dapatmempererat hubungan baik antaramasyarakat dan perusahaan.(tim)

Page 8: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 8

AKTIVITAS

eorang priabertubuh tinggi,berkaca matahitam, dan

mengenakan seragam PTPNVII berjalan melenggang dihadapan puluhan pekerjaWilayah Distrik Muaraenim.Lalu dia berpantomin seolahsedang bermain golf. Tepuktangan yang meriahmenyambutnya. Pria itumelambaikan tangan kesegenap penjuru sampaitepuk tangan mereda. Diakemudian berkata “Begini nihgaya mandor besar PTPNVII.”

Suara tepuk tangan riuhbergema. Pria berseragambiru itu lalu berkacakpinggang, berlagak sedangmenghirup cerutu danmengangguk-angguk jumawa.Tingkah laku danpenampilannyamenggambarkan betapagagah kehidupannya sebagaipekerja PTPN VII yang telahsukses.

Pria berkulit putih danberseragam biru PTPN VII itubernama Andry Fallash, dandia bukanlah salah satupekerja PTPN VII. Ayah darisatu anak itu adalah trainer

Pelatihan ESQ untuk pekerja Distrik Muaraenim

Membangun Karakter Mulia untukTingkatkan Kinerja

Emotional Spiritual Quotient(ESQ) yang mendapatkanlisensi langsung dari AryGinanjar Agustian. Diamencoba mengilustrasikanhasil kerja keras yangbertujuan untuk mendapatkanuang, yakni kehidupan yangmewah dan glamour.

“Uang, anak, kesehatan,dan bahkan wanita, semuabisa menjadi motivasi kitadalam bekerja di PTPN VII.Dengan kerja keras, kita akanbisa meraih itu semua, namunapakah itu akan menjadiabadi?” tanya Andry kepadaseluruh peserta dihadapannya.

Hari itu, Sabtu tanggal 13Juni 2013, bertempat di HotelGrand Zuri Muaraenim,sebanyak 85 pekerja PTPNVII terdiam oleh pertanyaanAndry Fallash. Mereka adalahperwakilan pekerja dariseluruh Unit dalam WilayahDistrik Muaraenim yangmengikuti program pelatihanESQ yang dihelat pada 13sampai 14 Juni 2015.

Andry menguraikanmotivasi yang berorientasikepada materi seringkaliberujung dengan benturan.Karena manusia yang sulit

merasa puas, sedangkanperusahaan terkadang sulitmemenuhi seluruh keinginanpekerja. Akibatnya bekerjayang hanya mengejar materiakan rentan menimbulkanpenyakit hati serta melakukankecurangan dalam bekerja.

Sementara motivasi yangberorientasi kepadakebahagiaan emosional jugamembuat pekerja hanyamengejar penghargaan.Akibatnya adalah mudahkecewa jika tidak dipuji danrajin bekerja hanya saatdiawasi. Padahal bentukpenghargaan kepada pekerjatidak selalu berupa pujian.

Jika motivasi bekerjauntuk meraih kebahagiaanfisik atau kebahagiaanemosional bukanlah motivasiyang hakiki, Andrymenambahkan bahwamotivasi untuk kebahagiaanspirituallah sebagaijawabannya.

Andry kemudianmengajak seluruh pesertauntuk merenungkan kembalipekerjaan sehari-hari. Diamengingatkan bahwaseringkali karena kesibukandan rutinitas kerja maka kitalupa bahwa semua pekerjaan

Sebaik-baik motivasi dalam bekerja adalah untuk mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian seorangmanusia selaku khalifah di muka bumi kepada Tuhan yang Mahasempurna haruslah ikhlas. Dengan

kekuatan berlandaskan pada tauhid maka tercipta manusia yang bernilai tinggi.

S

Peserta melakukan permainan

peserta pelatihan bersalaman akrab

Page 9: Tabloid Media Agro Juni 2015

9TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

yang kita lakukan secarasungguh-sungguh telahmemberikan kontribusi danmanfaat pada orang lain.

Dan Rasululllahmengatakan bahwa sebaik-baiknya orang adalah orangyang paling banyakbermanfaat bagi orang lain.“Setiap kali seusai makansaya selalu bersyukur, dansaya berterima kasih kepadaorang-orang yang telahberjasa dalam prosespembuatan minyak gorengsehingga bahan makananbisa dimasak. Orang-orangmulia yang berjasa dalamproses yang menghasilkanminyak goreng itu termasukpara karyawan PTPN VII,” uraiAndry.

khalifah Allah itu tak pernahmembiarkan waktu berlalutanpa arti. Dunia adalah aset,amanah, sekaligus ujian yangpenuh tantanganmenggairahkan bagi dirisetiap manusia.

Diiringi gema dari alunankomposisi musikinstrumentalia, para pekerjaWilayah Distrik Muaraenimyang hadir di ruangan itumendengarkan uraian AndryFallash dengan khidmat.Terkadang suasana menjadiharu ketika trainermenguraikan betapa kecilnyamanusia di tengah alamsemesta ciptaan Allah danbetapa banyak kesalahan dandosa yang telah diperbuatselama menjalani kehidupan.

Suasana haru itumerupakan bagian dari zeromind process (penjernihanemosi) untuk menumbuhkankesadaran dan pikiran yangjernih dalam menerima semuamateri yang disampaikandalam pelatihan ESQ. Prosestersebut diikuti dengan mentalbuilding (pembangunan mental)yang di dalamnya termasukmenjadikan pengabdian kepadaTuhan sebagai motivasi dalambekerja.

Membangun mentaluntuk membentuk karakteryang mulia, tutur Andry, harusdiiringi dengan menetapkanmisi atau mission state.“Pentingnya misi itu dapatkita lihat di Angkatan LautKerajaan Inggris. Merekamenyatakan Britain rules thewaves atau Inggris yangmengatur gelombangsamudera. Kata-kata itutertanam di alam bawah sadartentara Inggris sehinggamenjadi dorongan batiniahyang sukses menjadikanInggris negara yang memilikikoloni terluas di abad

pertengahan,” terangnya.Menetapkan sebuah misi

mampu mendorong sebuahpergerakan. Namun yangharus diwaspadai adalahpenetapan misi berdasarkannafsu logika saja danseringkali mengabaikan suarahati spiritual atau fitrah.Dampaknya adalahmenimbulkan kerusakan ataukesesatan. Contohnya adalahmisi Nazi Hitler yang memicuperang besar danmenyengsarakan manusia.

Andry melanjutkan misiitu hendaknya tidak terpakukepada logika saja, tetapijuga mampu sejalan dengansuara hati dan fitrah manusia.“Misi kita untuk menjalankanpekerjaan dengan maksimalbernapaskan motivasi untukmengabdi kepada Allah akanmenjadi energi yang terusmenjaga supaya motivasi itutidak menurun ataumemudar,” katanya.

Misi sebagai sebuahlangkah nyata dapatdiibaratkan sebagai suatulangkah awal untukmembangun wawasan tentangtujuan akhir, yaitu cita-citadan visi. Kedua hal inilah yangakan turut menentukan apayang kelak akan diraih.

“Sebagai orang yang

beriman, long term vision atauvisi jangka panjang kitaadalah surga, sementara midterm vision atau visimenengah adalah menjadikandunia sebagai sarana untukmencapai surga, dan shortterm vision atau misi jangkapendek kita adalahmelakukan yang terbaiksetiap waktu,” tutur Andrymenjabarkan visi manusia.

Dalam sambutannya saatmembuka acara, ManajerUPKS Sungailengi OktaKurniawan, menyatakanbahwa pelaksanaan pelatihanESQ ini merupakan bentukpenghargaan perusahaankepada pekerja.

“Kondisi perusahaan saatini kurang menggembirakan,meski demikian perusahaanmasih bisa memberikanpenghargaan denganmemberikan pelatihan ini,karena salah satu tugasmanajemen adalahmeningkatkan kompetensipekerja,” jelas Okta.

Menurut Okta, bagipekerja PTPN VII wujudkonkret perilaku mulia dapatdimulai dengan melakukanyang terbaik setiap waktu.Sehingga tidak ada waktuyang terbuang sia-sia tanpahasil. Semua aktivitas kerja

dilakukan secara maksimalsehingga memberikan hasilkonkret sebagai wujud kinerja.

“Manajemen sangatberharap, hasil training ESQini dapat memberikan manfaatkepada pekerja secaraindividu sehingga juga akanmemberikan kontribusi padaperusahaan. Output daripelatihan ini adalahpeningkatan kinerja personal,yang diikuti denganpeningkatan kinerja unit dandalam cakupan lebih luasakan meningkatkan kinerjaperusahaan,” papar Okta.

Pernyataan ini diaminioleh Arpawi, KoordinatorSPPN VII Sumsel II, yangsangat mengapresiasilangkah manajemenperusahaan, khususnyamanajemen UPKSSungailengi yang berinisiatifmelaksanakan pelatihanESQ.

“Pelatihan ini akanmemberikan ilmupengetahuan yang baru padapekerja, sehingga akanmenimbulkan kesadarandalam diri pekerja untukmelakukan perbaikan-perbaikan agar meningkatkankualitas diri yang akanberdampak positif bagiperusahaan,” ujar Arpari.(tim)

Peserta pelatihan saling menyemir sepatu Kabid AKU DMRE memberikan sertifikat

Trainer memberikan materi

Maka jadikanlah kerjasehari-hari di PTPN VIIsebagai wujud pengabdiananda kepada Tuhan, demikiantrainer profesional itumenyimpulkan. Sebaik-baikmotivasi dalam bekerja adalahmotivasi untuk mengabdikepada Tuhan. Pengabdianseorang manusia selakukhalifah di muka bumi kepadaTuhan yang Mahasempurna.Dengan kekuatan yangberlandaskan pada tauhidakan tercipta manusia yangbernilai tinggi.

Iman yang telahmengetuk kesadaran jati dirisebagai hamba sekaligus

Page 10: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 10

WARTA

iperlukan sosialisasisecara kontinyuagar semua karya-wan paham dan

mengerti tentang hal ikhwalhubungan industrial,” kataKepala Bagian SDM Kantor Di-reksi PTPN VII Habib Wibowopada kegiatan SosialisasiHubungan Industrial PTPN VIIdi ruang Rapat Lantai I KantorDireksi, Rabu (17/6/2015).

Menurutnya, sosialisasi inimerupakan program bagianSDM yang diikuti seluruh Ma-najer dan Sinder Umum danSDM seluruh unit kerja yangada di wilayah Provinsi Lam-pung, Sumatera Selatan, danBengkulu.

“Sosialisasi ini dilaksa-nakan minimal satu tahun sekaliatau bila ada perubahan un-dang-undang tentang ketena-

Sosialisasi tentang Hubungan Industrial

gakerjaan,” ujar Habib. “Tahunini telah dilaksanakan untukwilayah kerja Sumatera Selatandan kali ini diperuntukkan bagiManajer dan Sinder Umumwilayah kerja Lampung danBengkulu,” tambahnya.

Habib menjelaskan materisosialisasi kali ini adalahoptimalisasi lembaga kerja-sama bipartit, proses pe-ngangkatan pekerja tidak tetap,dan mekanisme hubungan kerjapekerja tidak tetap.

Di PTPN VII ada dua kar-yawan yakni karyawan tetapdan tidak tetap. Hubungan in-dustrial ini diperuntukan bagikaryawan tidak tetap.

Dalam melaksanakan pe-ngangkatan karyawan baru diPTPN VII sesuai dengan kebu-tuhan perusahaan, kemampuankeuangan perusahaan danketentuan yang berlaku. Kar-yawan tidak tetap terdiri daripekerja PKWT, outsourcing,honorer (keahlian tertentu) danpekerja harian lepas.

Habib menjelaskan dalampengangkatan karyawan tidaktetap ini harus sesuai. “Jangansampai kita salah menem-patkan. Misalnya, pekerja yangseharusnya menjadi PKWT

ditempatkan sebagai pekerjaoutsourcing. Dalam penem-patan ini jangan sampai me-nimbulkan polemik baru.Diharapkan dengan adanyahubungan industrial yang baikdengan para karyawan bisamenghasilkan produksi yangbaik pula,” harapnya.

Dasar hukum:1. Undang-Undang RI No.13 Tahun 2003

tentang Ketenagakerjaan;2. Permenakertrans RI No. 19 Tahun

2012, tanggal 14 November 2014tentang Syarat-syarat Penyerahansebagian Pelaksanaan Pekerjaankepada Perusahaan Lain;

3. Kepmenakertrans RI No. KEP.100/MEN/VI/2004 tanggal 21 Juni 2004tentang Ketentuan PelaksanaanPerjanjian Kerja Waktu Tertentu;

4. Kepmenakertrans RI No. KEP-255/MEN/2003 tanggal 31 Oktober 2003tentang Tata Cara Pembentukan danSusunan Keanggotaan LembagaKerja Sama Bipartit;

5. SK Direksi PTPN VII No. 7.6/Kpts/116/2003 tanggal 1 April 2003 tentangSistem Hubungan Kerja Pekerja TidakTetap;

6. SK Direksi PTPN VII No. Sdm/kpts/214/2013 tanggal 30 Agustus 2013tentang Penyempurnaan PedomanPengadaan, Pengangkatan, danPenempatan Pekerja.

Optimalisasi Lembaga Kerja Sama(LKS) Bipartit

LKS Bipartit adalah forum komunikasidan konsultasi mengenai hal-hal yangberkaitan dengan hubungan industrial disatu perusahaan yang anggotanya terdiridari pengusaha dan serikat pekerja/serikat

PT Perkebunan Nusantra (PTPN) VII berkomitmen melaksanakan hubungan industrial denganbaik dan benar, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. Karena itu, agar terjadikesamaan pandang dan tidak memicu konflik, setiap karyawan harus memahami berbagai halterkait dengan hubungan industrial.

D“Di PTPN VII ada dua

karyawan yaknikaryawan tetap dan

tidak tetap. Hubunganindustrial ini

diperuntukan bagikaryawan tidak tetap.

Menurutnya, bila suatuperusahaan melaksanakanhubungan industrial denganbaik, maka hasil yang didapatjuga akan baik. Tapi sebaliknya,bila hubungan industrial dengankaryawan tidak baik, makaperusahaan juga akan me-ngalami kesulitan bahkan bisaambruk.

“Untk itu, PTPN VII ber-komitmen untuk melaksanakanhubungan industrial dengankaryawan sesuai dengan pera-turan dan perundang-undangyang berlaku,” katanya. (tim)

Sosialisasi SDM hub industrial

HUBUNGAN INDUSTRIAL di PTPN VIIburuh yang sudah tercatat di instansi yangbertanggung jawab di bidangketenagakerjaan.

Fungsi LKS Bipartit adalah:1. Sebagai forum komunikasi, konsultasi,

dan musyawarah antara pengusahadan wakil serikat pekerja/serikat buruhatau pekerja/buruh pada tingkatperusahaan;

2. Sebagai forum untuk membahasmasalah hubungan industrial diperusahaan guna meningkatkanproduktivitas kerja dan kesejahteraanpekerja/buruh yang menjamin kelang-sungan usaha dan menciptakanketenangan kerja.

Tata cara pembentukan LKS bipartit:a) Pengusaha dan wakil serikat pekerja/

serikat buruh mengadakan musya-warah untuk membentuk, menunjuk,dan menetapkan anggota LKS Bipartitdi perusahaan dengan komposisiperbandingan 1:1 yang jumlahnyadisesuaikan dengan kebutuhandengan ketentuan paling sedikit enamorang dan paling banyak 20 orang.

b) Anggota LKS Bipartit menyepakatidan menetapkan susunan pengurussekurang-kurangnya terdiri dariseorang ketua, seorang sekretaris,dan anggota.

c) Pembentukan dan susunan pengurusLKS Bipartit dituangkan dalam beritaacara yang ditandatangani oleh

pengusaha dan wakil serikat pekerja/serikat buruh di perusahaan.

d) LKS Bipartit yang sudah terbentukdicatatkan kepada instansi yangbertanggung jawab di bidang ketena-gakerjaan kabupaten/kota selambat-lambatnya 14 hari kerja setelahpembentukan.

Proses Pengangkatan PekerjaTidak Tetap

PTPN VII berkomitmen melaksa-nakan pengangkatan karyawan barusesuai dengan kebutuhan perusahaan,kemampuan keuangan perusahaan, danketentuan yang berlaku. Hal ini dibuktikandengan telah dilakukan pengangkatanpekerja tidak tetap setiap tahun selamaempat tahun terakhir.

Tahun 2011 diangkat 420 orang untukPabrik Gula Bungamayang danCintamanis. Tahun 2012 diangkat 373 or-ang untuk ditempatkan di Unit Rejosari,Bekri, Bentayan, dan Suta. Tahun 2013diangkat sebanyak 770 orang untuk UnitResa, Beki, Betu, Beka, Beta, Sena, Suta,Wabe, Wali, Bege, Mula, dan Tebe. Tahun2014 diangkat 14 orang untuk Kandir,Distrik Wayseputih, Beka, dan Beta.Kemudian tahun 2015 pengangkatan danjumlahnya dalam proses yang akandiperuntukkan Unit Mula, Keda, danTrikora.Mekanisme Hubungan Kerja PekerjaTidak Tetap

1. PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu)adalah hubungan kerja dalam waktutertentu atau untuk pekerjaan tertentudengan menerima upah berdasarkankesepakatan kedua pihak dan selesaidalam waktu tertentu.

2. Outsourcing adalah penyerahansebagian pelaksanaan pekerjaankepada pihak lain berdasarkan keten-tuan yang berlaku.

3. Honorer (keahlian tertentu) adalahhubungan kerja untuk melaksanakanpekerjaan berdasarkan keahliantertentu yang dituangkan dalamperjanjian kerja individual (individuallabour agreement).

4. Pekerja harian lepas adalah hubungankerja untuk melaksanakan pekerjaanyang berubah-ubah dalam hal waktudan volume pekerjaan serta upahdidasarkan pada kehadiran harian.

1) PKWTSyarat dan ketentuan:- PKWT hanya untuk pekerjaan tertentu

yang menurut jenis dan sifat ataukegiatan pekerjaannya akan selesaidalam waktu tertentu.

- Hubungan kerja diatur dalamperjanjian kerja yang dibuat secaratertulis antara PTPN VII dan pekerja.

- Bagi PKWT di Pabrik Gula jangkawaktu perjanjian kerja mulai dari awalgiling sampai dengan akhir giling.

Hak-hak Pekerja PKWT:

Page 11: Tabloid Media Agro Juni 2015

11TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

WARTA

ami sangat menga-presiasi kerja timPemkab, Polres,dan PTPN VII dalam

menangani dan menyelesaikantuntutan masyarakat Lubai.Mekanisme yang dikedepan-kan secara persuasif dan tidakada tindakan yang represif,”kata Dianto Bachriadi, Ph.D,selaku ketua tim sekaligusKomisioner Komnas HAM Sub-komisi Pemantauan dan Pe-nyidikan.

Hal ini disampaikan priaasal Lahat Sumsel itu setelahmendengarkan paparan dariAsisten I Sekab Muaraenim,paparan Kapolres Muaraenim,dan penjelasan Manajer UnitBeringin Wiyoso, dalam perte-muan di Ruang Rapat BupatiMuaraenim pada 18 Juni 2015.

Rapat tersebut dilatarbe-lakangi adanya pengaduanRismaludin bin Arsah yangmengatasnamakan PersatuanMasyarakat Pribumi Lubai(PMPL) ke Komnas HAM RI.

Terkait tuntutan masyarakat terhadap areal HGU Unit Beringin

Komnas HAM Apresiasi Kerja Tim PTPN VII,Pemkab, dan Polres

Warga Desa Sumbermulia itumengadukan dan menuduhPTPN VII Unit Beringin telahmelakukan tindakan sewenang-wenang dengan merusak posdan tanaman milik warga sertamengusir warga yang tengahmenggarap lahan sengketaseluas 1.414 ha.

Asisten I Sekab Muara-enim Drs. Bulgani Hasan, M.M.menuturkan bahwa tuntutan itusebelumnya telah diselesaikanpada tahun 2002 dengan bukti-bukti dokumen yang ada di UnitBeringin. Rismaludin yang saatini menuntut merupakan anakdari salah satu koordinatormasyarakat yang menuntutpada tahun 2002.

“Pembukaan Unit Beringintelah sesuai prosedur, danberdasarkan keputusan tigaMenteri untuk pelaksanaan pro-gram PIR Khusus atau PIR-SusI-B. Tanah yang dicadangkanuntuk proyek PIR-Sus berasaldari tanah yang diserahkanberdasarkan keputusan marga

dan kemudian ditetapkan de-ngan SK Gubernur pada tahun1981,” jelas Bulgani.

Tuntuan masyarakat mulaimuncul seiring dengan ber-gulirnya masa reformasi padatahun 2000 dan diselesaikanpada tahun itu juga melalui timyang ditetapkan oleh Bupati,yang terdiri dari unsur pe-merintahan dan aparat TNI danPolri. “Jadi, apa yang dituntutbelakangan ini sama dengantuntutan pada tahun 2002 dansudah diselesaikan,” katanya.

Sementara Kapolres Mua-raenim AKBP Nuryanto, M.Si.menambahkan bahwa penga-duan masyarakat yang di-maksud tersebut tidak adadasar hukumnya. Meski de-mikian, tetap ditanggapi olehPolres dan diberikan penjelasanbahwa tuntutan tersebut telahada solusinya dalam penye-lesaian seperti yang dijelaskanoleh Asisten I Sekab Mu-araenim.

“Pada tanggal 23 Maret2015 kelompok tersebut mela-kukan unjuk rasa, perusakanlahan, membuat lubang, danmenutup akses jalan sertamendirikan posko. Fakta-faktadi lapangan menunjukkan bah-wa pengaduan kelompok initidak berdasar, karena lahanyang dituntut sudah diselesikanpada tahun 2002,” urai Kapolres.

Upaya yang telah dilaksa-nakan oleh Pemkab, Polres danPTPN VII inilah yang diapresiasioleh Dianto Bachriadi selakukomisioner Komnas HAM.Menurutnya ini merupakansalah satu indikasi bahwaeksistensi perusahaan memilikiarti yang posisif bagi daerah.

Dalam kesempatan lain,General Manager Distrik Muara-enim, Ir. Robert Simanjuntak,M.M. menegaskan bahwaPTPN VII akan selalu ber-komitmen terhadap pengem-bangan masyarakat.

“Kami tegaskan bahwakami selalu berkomitmen bah-wa keberadaan PTPN VII harusmemberikan manfaat bagimasyarakat dan lingkungan disekitarnya,” tegas Robert saatmenerima kunjungan Tim Kom-nas HAM di Kantor DistrikMuaraenim.

Wujud konkret dari komit-men itu adalah pola penang-anan tuntutan melalui pen-dekatan yang persuasif danmengedepankan musyawarahuntuk mufakat. Selain itu,mengembangkan kehidupandan ekonomi masyarakat da-lam kegiatan community devel-opment melalui Program Ke-mitraan dan Bina Lingkungan(PKBL).

“Meskipun tuntutan ma-syarakat tidak memiliki dasar

yang kuat, dalam penyele-saiannya kami selalu membukadiri untuk bermitra denganmereka. Realisdasinya adalahdalam penyelesaian tuntutanmasyarakat pada tahun 2002sampai tahun 2012, kami selalumemberikan program kemitraanusaha, seperti ternak ayam,”tutur Manajer Unit BeringinWiyoso menambahkan.

Bahkan, salah satu adikdari Rismaludin juga telahmenerima program kemitraandari Unit Beringin, yakni peter-nakan ayam pada semester IItahun 2014 yang lalu. Hal inimerupakan bukti bahwa PTPNVII selalu berkomitmen untukmemberikan manfaat bagimasyarakat.

Menanggapi penjeleasandan bukti-bukti yang ada,Dianto Bachriadi menyimpulkanbahwa proses pembukaankebun dan penerbitan SK HGUUnit Beringin telah sesuaidengan prosedur yang berlaku.

Dia juga mengharapkansupaya pola penanganan tun-tutan dan konflik seperti inidapat terus dipertahankan.Harapannya agar hal ini dapatmemberikan edukasi kepadamasyarakat agar tidak mudahterprovokasi dan bisa me-manfaatkan keberadaan peru-sahaan untuk mengembangkanperekonomian mereka. (dbs)

- Upah ditetapkan berdasarkan UMP/UMSP setempat.

- Dapat diperintahkan lembur dandiberikan premi sesuai ketentuanberlaku.

- Diikutsertakan dalam BPJS Ketena-gakerjaan dan BPJS Kesehatan.

2) OutsourcingTerdiri atas: 1) Penyediaan jasa

pekerja yang didasarkan satuan orang; 2)Pemborongan pekerjaan yang didasarkansatuan hasil.Syarat dan ketentuan:- Outsourcing hanya untuk pekerjaan

yang bersifat penunjang/tidak berhu-bungan langsung dengan prosesproduksi.

- Hubungan kerja dilakukan antarlem-baga (PTPN VII dengan pihak III) yangdituangkan dalam perjanjian kerjasama yang berlaku selama satutahun.

- Perusahaan penyedia jasa tenagakerja harus memenuhi syarat: berba-dan hukum, memiliki izin pengerah/penyedia tenaga kerja, memilikikeahlian tertentu yang dibutuhkanperusahaan, dan tercantum dalamDRLP PTPN VII.

Pengupahan:1. Penyediaan jasa pekerja (satuan or-

ang) hanya untuk posisi sopir, petugaskeamanan, petugas kebersihan,petugas catering, petugas di pertam-bangan dan perminyakan. Upahberdasarkan UMP/UMSP setempat,

mendapat BPJS Ketenagakerjaan danBPJS Kesehatan, Pakaian kerja satustel/tahun, THR sesuai ketentuan, danfee untuk pihak kedua.

2. Pemborongan pekerjaan (satuanhasil): upah berdasarkan hasil kerjayang didapat (misalnya Rp/kg, Rp/ha), mendapat BPJS Ketenagaker-jaan, dan fee untuk pihak kedua sertatali asih sudah termasuk dalamperhitungan upah.

3) Honorer (keahlian tertentu)a) Hubungan kerja diatur dalam

perjanjian kerja individual antaraPTPN VII dan pekerja dalamberbentuk full/part timer denganjangka waktu sesuai kebutuhanperusahaan.

b) Perjanjian kerja honorer hanyauntuk jabatan yang memilikikeahlian tertentu atau jabatanyang seharusnya diisi olehkaryawan tetap.

c) Hak-hak pekerja honorer(keahlian tertentu):

Full Timer:- Upah 80% dari gaji karyawan tetap

sesuai jenjang penyetaraan jabatanatau minimal sesuai UMP/UMSPsetempat.

- BPJS Ketenagakerjaan dan & BPJSKesehatan.

- Pakaian kerja 1 stel/tahun.- THR dan bonus sesuai ketentuan.Part Timer:- Upah dihitung berdasarkan

proporsional waktu kerja dalam satubulan.

- BPJS Ketenagakerjaan.

4. Pekerja Harian LepasSyarat dan ketentuan:- Melaksanakan pekerjaan yang

berubah-ubah dalam hal waktu dan vol-ume pekerjaan serta upah didasarkanpada kehadiran.

- Hubungan kerja diatur dalamperjanjian kerja yang dibuat secaratertulis antara PTPN VII dan pekerja.

- Pelaksanaan pekerjaan kurang dari 21

No. Hubungan kerja Penghasilan Dasar Membayarkan

1. PTPN 7 dengan Pihak III Upah PB,74 PTPN 7Premi Rp/ha

2. Pihak III dengan Pekerja Upah Rp/HK PTPN 7Premi tidak ada

3. PTPN 7 dengan Pekerja Upah Tidak ada PTPN 7Premi (sesuai PB.74)

hari dalam satu bulan.- Apabila pekerja/buruh bekerja 21 hari

atau lebih selama tiga bulan berturut-turut atau lebih maka perjanjian kerjaharian lepas berubah menjadi PKWTT.

Hak-hak pekerja harian lepas:- Diberikan upah harian berdasarkan

perhitungan besarnya upah sebulanyang tidak boleh lebih kecil dari UMP/UMSP setempat.

- Penghitungan besarnya upah sebulanadalah upah sehari dikalikan 25 bagipekerja atau buruh yang bekerja enamhari kerja dalam satu minggu.

Contoh kasus hubungan industrial, hubungan kerja pekerja borong(satuan hasil)

Hubungan kerja pekerja outsourcing (satuan orang):- Apabila tidak masuk kerja/mangkir, upah dipotong.- Pembayaran upah dilakukan oleh PTPN VII.Hubungan kerja pekerja harian lepas:- Untuk mengisi jabatan penyadap hanca tetap/produktif.- Upah per hari masih di bawah UMP/UMSP setempat.- Tidak diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM)RI memberikan apresiasi yang tinggi kepada PTPN VII,Pemkab, dan Polres Muaraenim dalam menangani danmenyelesaikan tuntutan masyarakat. Pola penangananterhadap masyarakat Lubai yang menuntut areal HGU

Unit Beringin dinilai mengedepankan musyawarah danmenghargai nilai-nilai kemanusiaan.

“K

Page 12: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 12

WARTA

elain PTPN VII ada limaintansi yang juga me-raih penghargaan seru-pa yakni CV Bumi Wa-

ras, Tupperware, RRI, danUnila. Kepala PMI LampungAditya mengucapkan terimakasih kepada PTPN VII yangtelah secara rutin melaksa-nakan donor darah untuk PMI.

Sehari setelah menerimapenghargaan tersebut, yaitupada Senin (15/06/2015), PTPerkebunan Nusantara VIIbekerja sama dengan PMICabang Lampung kembalimenggelar kegiatan sosial do-nor darah. Kegiatan yang diikutikaryawan Kantor Direksi danDistrik Waysekampung terse-but berhasil mengumpulkan 98kantong darah dari 102 pen-donor.

“Kegiatan ini merupakanbentuk kepedulian dan per-hatian PTPN VII terhadapkepentingan sesama. Apalagihingga saat ini kebutuhan darahuntuk pasien rumah sakit diBandarlampung masih kurang.

Tiga Kali Terima PenghargaanKelompok Donor Terbaik

Kita berharap ini dapat mem-bantu,” kata Sekretaris Peru-sahaan PTPN VII Ir. H.Sukarnoto.

Menurutnya, aksi sosialdonor darah dilaksanakansecara rutin setiap tiga bulansekali sejak beberapa tahunlalu. Selain itu, pada momen-tum tertentu juga dilaksanakandi setiap unit usaha, baik diLampung, Sumatera Selatan,maupun Bengkulu.

Kegiatan tersebut sangatbermanfaat, karena itu terusditingkatkan dari tahun ketahun. “Kami mengucapkanterima kasih kepada parakaryawan yang selama ini telahdengan sukarela mendonorkandarahnya,” kata dia.

Hal tersebut menjadikanPTPN VII selama tiga tahunberturut- turut (2012—2014)memperoleh penghargaan se-bagai kelompok donor terbaik

ua unit kerja PTPerkebunanNusantara (PTPN) VII menerima

penghargaan perlindungandan lingkungan hidup dariGubernur Lampung.Penghargaan diserahkan olehWakil Gubernur BachtiarBasri pada saat upacaraPeringatan Hari LingkunganHidup se-Dunia Tahun 2015Tingkat Provinsi Lampung diLapangan Kopri, KantorGubernur, Senin (8/6/2015).

Kedua unit kebun yangmenerima penghargaan yakniUnit Kebun Bungamayangdan Unit Kebun Wayberulu.Penghargaan diberikan ataskinerja perusahaan dalampengelolaan lingkungan hidup.

Dalam sambutanya WakilGubernur Lampung BachtiarBasri mengatakan menurutsitus resminya UNEP, padatahun 2050 jumlah penduduk

Wabe dan Buma Raih Penghargaan Lingkungan

di dunia mencapai 7 miliarjiwa. Apabila masihmempertahankan polakonsumsi yang sama sepertisaat-saat ini, maka dibutuhkan“3 bumi” untuk dapatmemenuhi keinginan dankebutuhan penduduk dunia.

Oleh karena itu, sebagaipenduduk bumi dituntut untukmengubah pola konsumsi yanglebih peduli lingkungan danberkelanjutan, dan mengubah

diri dalam menggunakansumber daya yang ada di bumiini, terutama di bumi Lampungsai bumi ruwai jurai.

Bachtiar mengajakseluruh warga masyarakatProvinsi Lampung untuksecara terus menerusmeningkatkan kepedulian danusaha bersama untukmelestarikan lingkunganhidup, dalam rangkaterwujudnya misi Provinsi

Provinsi Lampung, tidak lagipada posisi marjinal atausebagai pelengkapadministrasi belaka.

Wakil Gubernur Lampungyakin dan percaya bahwapara Kepala DaerahKabupaten/Kota se ProvinsiLampung sependapat bahwainstitusi lingkungan hidup didaerahnya harus makindiperkuat dan diberdayakanserta diakui.

Untuk itu peran danfungsi badan atau kantorlingkungan hidup, baik padaPemerintahan Provinsi atauPemerintah Kabupaten/Kota,harus lebih berkembang dansemakin mumpuni, mampumenjawab dan menyelesaikanberbagai persoalan maupunpermasalahan lingkunganhidup yang muncul diberbagai daerah kabupaten/kota di Provinsi Lampung,kata Bachtiar Basri. (tim)

Untuk ketiga kalinya PTPerkebunan Nusantara

(PTPN) VII menerimapenghargaan sebagai

Kelompok DonorTerbaik Kategori

Instansi BUMN Tahun2014 dari Unit Transfusi

Darah PembinaProvinsi Lampung.

Penghargaandiserahkan oleh KepalaPMI Provinsi Lampungdr. Aditya, M. Biomed,di Mal Boemi KedatonBandarlampung, Sabtu

(14/6/2015).

kategori instansi pemerintahdan BUMN.

Sementara petugas PMICabang Lampung Dokter Jakamenjelaskan setiap bulan ke-butuhan darah untuk pasienrumah sakit di Kota Bandar-lampung mencapai 3.500 kan-tong. Dari jumlah itu barusekitar 70 persen terpenuhi daridonor sukarela.

Setiap hari permintaandarah dari seluruh rumah sakitdi Kota Bandarlampung 100kantong lebih. “Permintaan itudapat dipenuhi dari donorsukarela dan donor keluargapasien. Untuk itu PMI terusmelakukan sosialisasi melaluimedia cetak dan elektronikmengajak masyarakat Lam-pung untuk mendonorkan da-rahnya,” jelas Jaka.

Dokter Jaka berharap ke-giatan rutin donor darah yangdilaksanakan PTPN VII ini terus

dilanjutkan, kegiatan seperti itusangat membantu PMI dalammenyediakan stok darah. “PMIjuga terus melakukan sosialisasitentang manfaat donor darahbagi si pendonor,” katanya.

PMI Cabang Lampung juga

siap mendatangi perusahaan,instansi, atau kelompok masya-rakat yang ingin melakukan do-nor darah. “Jika pendonornya 50orang lebih, kami siap mela-kukan kegiatan pengambilan do-nor darah,” katanya. (tim)

S

Lampung “Menuju LampungSejahtera 2015-2019.”

Kepedulian dan usahabersama yang dilakukan, baikoleh pemerintah kabupatenmaupun pemerintah kotadalam rangka melestarikanlingkungan melalui berbagaipogram dan kegiatannya,harus berlandasan prinsipperlindungan dan pengelolaanlingkungan hidup, sebagaimana amanat Pasal 28 UUD1945. Bahwa setiap orangberhak hidup sejahtera lahirdan batin, bertempat tinggal,dan mendapatkan lingkunganhidup yang baik dan sehatserta berhak memperolehpelayanan kesehatan.

Pada peringatan HariLingkungan Hidup tahun 2015ini, Wakil Gubernur Lampungmengharapkan lingkunganhidup harus bisa menjadigarda terdepan dalam setiapproses pembangunan di

D

Page 13: Tabloid Media Agro Juni 2015

13TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

ara pakar dunia mendefinisikanpuasa adalah menahan rasalapar (stravasi) sebagaipantangan mengonsumsi nutrisi,

baik total atau sebagian dalam jangkawaktu tertentu. Sedangkan dalam Islampuasa adalah menahan diri dari makan,minum, dan berhubungan seks mulaidari terbit fajar hingga terbenammatahari dengan disertai niat.

Dalam penelitian ilmiah, tidak ditemukan efek merugikan puasaRamadhan, baik bagi kesehatan paru,jantung, ginjal, hati, mata, profilendokrin, hematologi, dan fungsineuropsikiatri.

Hasil penelitian dari tahun 1960-2009 yang diperoleh dari Medline danjurnal lokal negara-negara Islam,terdapat manfaat yang luar biasa yangtak disangka oleh para ilmuwanmengenai keistimewaan puasaRamadhan bagi kesehatan manusia.Berikut 20 keistimewaan puasa bagikesehatan.

1. Keseimbangan anabolisme dan katabolisme

Dalam berpuasa terjadikeseimbangan anabolisme dankatabolisme yang berakibat asamamino dan zat lainnya memberikanmanfaat dalam peremajaan sel dankomponennya dengan memproduksiglukosa darah dan mensuplai asamamino dalam darah sepanjang hari.

Cadangan protein yang cukupdalam hati karena asupan nutrisi saatbuka dan sahur, tidak mengganggukondisi tubuh namun menciptakankondisi tubuh untuk terusmemproduksi protein esensial sepertialbumin, globulin, dan fibrinogen.

Hal tersebut dapat terjadi karenadisaat kita tidak berpuasa dalam jangkapanjang atau berpuasa Ramadhanterdapat penumpukan lemak dalamjumlah yang besar, sehingga berisikopada sirosis hati. Sedangkan dalamberpuasa Ramadhan, fungsi hati jauhlebih aktif dan baik.

2. Tidak mengakibatkan pengasaman dalam darah

Puasa Ramadhan menurut parapeneliti, asam amino teroksidasidengan pelan dan zat keton tidakmeningkat dalam darah sehingga tidakakan mengakibatkan pengasamandalam darah.

3. Tidak berpengaruh pada sel darah manusia

Ternyata puasa Ramadhan tidakmempengaruhi sel darah manusia dantidak terdapat perbedaan jumlahretikulosit, volume sel darah merahserta rata-rata konsentrasi hemoglobin(MCH, MCHC) dibandingkan denganorang yang tidak berpuasa.

4. Penderita diabetes tipe II tidak berpengaruh

Hal ini dapat terjadi karena tidakadanya perbedaan protein gula, proteinglikosilat dan hemoglobin glikosilat.

HALAMAN 13-14, BINA ROHANI

BinaROHANI

Keistimewaan Berpuasa bagiKesehatan Manusia

Namun, pada penderita diabetestertentu, sebaiknya berkonsultasi kedokter jika ingin berpuasaRamadhan. Seperti penderita diabetesdengan keton yang meningkat, ibuhamil, usia anak atau komplikasi lainseperti gagal ginjal dan jantung.

5. Pengaruh pada ibu hamil dan menyusui

Manfaat puasa ramadhan yangluar biasa, karena ibu hamil dan ibumenyusui dan kelompok tidak hamildan tidak menyusui di perkampunganafrika barat. Ternyata dari hasilpenelitian, disimpulkan bahwa tidakterdapat perbedaan kadar glukosaserum, asam lemak bebas, trigliserol,keton, beta hidrosit butirat, alanin,insulin, glucagon, dan hormontiroksin.

6. Pengaruh pada janin saat ibu hamil

Dari hasil penelitian DepartemenObsteri dan Ginekologi dari GaziantepUniversity Hospital, terhadap 36 wanitasehat dengan kehamilan tanpakomplikasi berturut-turut selama 20minggu atau lebih, yang berpuasaselama bulan Ramadhan untukmengevaluasi efek Ramadhan padajanin, pengukuran Dopplerultrasonografi dalam peningkatandiamater biparietal janin (BPD),peningkatan panjang tulang paha janin(FL), meningkatkan berat badandiperkirakan (EFBW), profil biofisikjanin (BPP), indeks cairan amnion(AFI), dan rasio arteri umbilikalissistol/diastol (S/D) rasio.

Kortisol serum ibu, trigliserida,kolesterol total, low-density lipoprotein(LDL), high density lipoprotein (HDL),very low density lipoprotein (VLDL),dan LDL/HDL rasio juga dievaluasisebelum dan sesudah Ramadhan.

Hasil penelitian menunjukkanbahwa, tidak ada perbedaan signifikanyang ditemukan antara keduakelompok usia janin, berat badan ibu,perkiraan kenaikan berat badan janin(EFWG), BPP janin, AFI, dan rasioarteri umbilikalis S/D.

7. Penurunan glukosa dan berat badan

Berpuasa bulan Ramadhan dapatmenurunkan glukosa dan berat badandari studi kohor yang dilakukan oleh81 mahasiswa Universitas Teheran ofMedical Sciences saat berpuasa yangmelakukan evaluasi berat badan,indeks massa tubuh (BMI), glukosa,trigliserida (TG), kolesterol, lipoprotein,densitas rendah (LDL), high densitylipoprotein (HDL), dan Very LowDensity lipoprotein (VLDL), sebelumdan sesudah Ramadhan yangmenunjukkan bahwa Puasa Ramadhandapat menyebabkan menurunnyaglukosa dan berat badan.

8. Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok

Ternyata berpuasa di bulan

ramadhan tidak mempengaruhi fungsikelenjar gondok manusia. Berdasarkanhasil penelitian yang dilakukan, terlihatbahwa tidak terdapat perbedaan kadarplasma tiroksin (TS), tiroksin bebas,tironin triyodium dan hormonperangsang gondok (TSH) padapenderita laki-laki yang berpuasa.

9. Pengaruh pada hormon virgisteron

Berpuasa di bulan ramadhan jugamenunjukkan bahwa tidak memberikanpengaruh pada hormon virgisteron saatmelaksankana puasa. Tetapi, 80persen populasi penelitianmenunjukkan bahwa terdapatpenurunan hormon prolaktin yangberguna dan sebagai harapan barubagi penderita infertilitas ataukemandulan wanita yang disebabkanoleh hormon prolaktin

10. Bermanfaat bagi jantungTernyata dalam berpuasa

Ramadhan, terjadi peningkatan HDLdan apoprotein alfa 1. dan terjadipenurunan LDL yang sangatbermanfaat bagi kesehatan jantungdan pembuluh darah. Dari beberapapenelitian terlihat “chronobiological”menunjukkan bahwa saat berpuasaRamadhan memiliki pengaruh padaritme penurunan distribusi sirkadiandari suhu tubuh, hormon kortisol,melatonin dan glisemia yang dimanasetiap perubahan tersebut berpengaruhbagi peningkatan kesehatan manusia.

11. Merestorasi fungsi dan kinerja selSaat berpuasa terjadi terjadi

perubahan dan konversi masif dalamasam amino yang terakumulasi darimakanan, sebelum didistribusikandalam tubuh terjadi format sulang.Sehingga, memberikan tunas baru seluntuk memperbaiki dan merestorasifungsi dan kinerjanya.

Dari makan sahur dan buka,sehingga terbentuk tunas-tunasprotein, lemak, fosfat, kolesterol danlainnya untuk membangun sel barudan membersihkan sel lemak yangmenggumpal dalam hati. Jumlah selyang mati dalam tubuh sekitar 125 jutaperdetik, yang lahir dan meremajalebih banyak lagi.

12. Efektif meningkatkan konsentrasi urin

Berpuasa bulan Ramadhan, tentusaja konsumsi air semakin berkurangyang berguna dalam meningkatkankonsentrasi urin dalam ginjal sertameningkatkan kekuatan osmosis urinhingga mencapai 1000 sampai 12000ml osmosis/kg air. Hal inimemberikan pelindungan terhadapfungsi ginjal.

Kekurangan air dalam darahmeminimalkan volume air yang beradadalam darah, sehingga memicu kinerjamekanisme lokal pengatur pembuluhdarah dan prostaglandin yang padaakhirnya memicu fungsi dan kerja seldarah merah.

13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tenyata berpuasa jugameningkatkan limfosit hingga sepuluhkali lipat. Dari hasil penelitian terbaruyang menyatakan bahwa terjadipenurunan kadar apo-betta, danmenaikkan kadar apo-alfa 1dibandingkan dengan puasa sebelumpuasa. Hal tentu sangat bermanfaatkarena dapat menjauhkan kita dariserangan penyakit jantung danpembuluh darah.

14. Penurunan berbagai hormonBerpuasa dapat menurunkan

berbagai hormon, yang kita ketahuibahwa penurunan hormon merupakansalah satu hidup jangka panjang.Dari penelitian endokrinologi yangmenunjukkan bahwa pola makansaat puasa yang bersifat rotatifmenjadi beban dalam asimilasimakanan di dalam tubuh, sehinggadalam hal ini terjadi penurunanpengeluaran hormon sistempencernaan dan insulin dalam jumlahbesar yang merupakan salah saturesep hidup jangka panjang.

15. Bermanfaat dalam pembentukan sperma

Buat laki-laki, berpuasa di bulanramadhan juga memberikan manfaatdalam pembentukan sperma. Daripenelitian yang dilakukan bahwahormon testoteron, prolaktin, lemotin,dan hormon stimulating folikel (FSH).Hasil penelitian tersebutmembuktikan bahwa berpuasa dibulan Ramadhan bermanfaat bagipembentukan sperma melaluiperubahan hormon hipotalamus -pituatari testicular dan pengaruh padakedua testis.

16. Bermanfaat bagi penderita radang sendi

Parameter yang diteliti adalahfungsi sel penetral (netrofil) danprogresifitas klinis penderita, dimanapenelitian tersebut menyimpulkanbahwa terdapat korelasi antaramembaiknya radang sendi danpeningkatan sel penetral dalammembasmi bakteri.

(dari berbagai sumber)

Ternyata berpuasa di bulan Ramadhanmemberikan manfaat yang besar bagikesehatan, baik dari aspek psikologis,

imunopatofisiologis, maupun biomolekular.

P

Page 14: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 14

MOTIVASIanyak pelayan di restorannyakeluar ketika Jerry pindahkerja, sehingga mereka dapat

tetap mengikutinya dari satu restoranke restoran yang lain. Alasan mengapapara pelayan restoran tersebut keluarmengikuti Jerry adalah karenasikapnya. Jerry adalah seorangmotivator alami.

Jika ada karyawan sedangmengalami hari yang buruk, dia selaluada di sana, memberitahu karyawantersebut bagaimana melihat sisi positifdari situasi yang tengah dialami.

Melihat hal tersebut benar-benarmembuat aku penasaran. Jadi padasuatu hari aku temui Jerry danbertanya padanya, “Aku tidak mengertibagaimana caranya menjadi orangyang berpikiran positif sepanjangwaktu. Bagaimana kamu dapatmelakukannya?”

Jerry menjawab, “Tiap pagi akubangun dan berkata pada diriku, akupunya dua pilihan hari ini. Aku dapatmemilih untuk berada di dalamsuasana yang baik atau memilihberada dalam suasana yang busuk.Aku pun selalu memilih dalamsuasana yang baik.”

Kemudian Jerry melanjutkan,“Tiap kali sesuatu terjadi, aku dapatmemilih untuk menjadi korban atauaku belajar dari kejadian itu. Akuselalu memilih belajar dari hal itu.Setiap ada sesorang menyampaikankeluhan, aku dapat memilih untukmenerima keluhan mereka atau akudapat mengambil sisi positifnya. Akuselalu memilih sisi positifnya.”

“Tetapi tidak selalu semudah itu,”protesku.

“Ya, memang begitu,” kata Jerry.“Hidup adalah sebuah pilihan. Saat kamumembuang seluruh masalah, setiapkeadaan adalah sebuah pilihan. Kamumemilih bagaimana bereaksi terhadapsemua keadaan. Kamu memilihbagaimana orang-orang di sekelilingmuterpengaruh oleh keadaanmu. Kamumemilih untuk ada dalam keadaan yangbaik atau buruk. Itu adalah pilihanmu,bagaimana kamu hidup.”

Beberapa tahun kemudian, akudengar Jerry mengalami musibah yangtak pernah terpikirkan terjadi dalambisnis restoran: membiarkan pintubelakang tidak terkunci pada suatupagi dan dirampok oleh tiga orangbersenjata.

Saat mencoba membuka brankas,tangan Jerry gemetaran karena gugupdan salah memutar nomor kombinasi.Para perampok panik danmenembaknya. Untungnya, Jerrycepat ditemukan dan segera dibawake rumah sakit.

Setelah menjalani operasi selama18 jam dan seminggu perawatanintensif, Jerry dapat meninggalkanrumah sakit dengan beberapa bagianpeluru masih berada di dalamtubuhnya.

Aku melihat Jerry enam bulansetelah musibah tersebut. Saat akutanya Jerry bagaimana keadaannya,dia menjawab, “Jika aku dapat yanglebih baik, aku lebih suka menjadiorang kembar. Mau melihat bekasluka-lukaku?”

Aku menunduk untuk melihatluka-lukanya, tetapi aku masih jugabertanya apa yang dia pikirkan saat

Kisah Motivasi Paling Indah

terjadinya perampokan. “Hal pertamayang terlintas dalam pikiranku adalahbahwa aku harus mengunci pintubelakang,” jawab Jerry. “Kemudiansetelah mereka menembak dan akutergeletak di lantai, aku ingat bahwaaku punya dua pilihan: aku dapatmemilih untuk hidup atau mati. Akumemilih untuk hidup.”

“Apakah kamu tidak takut?”tanyaku.

Jerry melanjutkan, “Para ahlimedisnya hebat. Mereka terus berkatabahwa aku akan sembuh. Tapi saatmereka mendorongku ke ruang gawatdarurat dan melihat ekspresi wajahpara dokter dan suster aku jadi takut.Mata mereka berkata: orang ini akanmati. Aku tahu aku harus mengambiltindakan.”

“Apa yang kamu lakukan?” tanyasaya.

“Di sana ada suster gemuk yangbertanya padaku,” kata Jerry. “Diabertanya apakah aku punya alergi. Ya,jawabku. Para dokter dan susterberhenti bekerja dan merekamenunggu jawabanku. Aku menariknafas dalam-dalam dan berteriak:peluru! Di tengah tertawa mereka akukatakan: Aku memilih untuk hidup.Tolong aku dioperasi sebagai oranghidup, bukan orang mati.”

Jerry dapat hidup karena takdirTuhan dan keahlian para dokter, tetapijuga karena sikap hidupnya yangmengagumkan. Aku belajar dari diabahwa tiap hari kamu dapat memilihapakah kamu akan menikmatihidupmu atau membencinya.

Satu hal yang benar-benarmilikmu yang tidak bisa dikontrol olehorang lain adalah sikap hidupmu,sehingga jika kamu bisamengendalikannya maka segala haldalam hidup akan jadi lebih mudah.

Kisah Bunga MawarSuatu ketika, ada seseorang

pemuda yang mempunyai sebuah bibitmawar. Ia ingin sekali menanamnya dikebun belakang rumahnya. Pupuk dansekop kecil telah disiapkan, juga potkecil tempat mawar itu akan tumbuhberkembang. Dipilihnya pot yangterbaik, dan diletakkan di sudut yangcukup mendapat sinar matahari. Iaberharap bibit mawar itu dapat tumbuhsempurna.

Disiraminya setiap hari. Dengantekun, dirawatnya pohon itu. Tak lupa,jika ada rumput yang menganggu,segera disiangi. Beberapa waktukemudian, mulailah tumbuh kuncupbunga itu. Kelopaknya mulai merekah,walau warnanya belum terlihatsempurna.

Pemuda ini pun senang, kerjakerasnya mulai membuahkan hasil.Diselidikinya bunga itu dengan hati-hati. Ia heran, sebab tumbuh pula duri-duri kecil yang menutupi tangkai-tangkainya. Ia menyesalkan mengapaduri-duri tajam itu muncul bersamaandengan merekahnya bunga yangindah. Tentu, duri-duri itu menganggukeindahan sang mawar.

“Mengapa dari bunga seindah initumbuh banyak sekali duri yangtajam? Ini menyulitkanku merawatnya.Setiap kali kurapikan, selalu sajatanganku terluka. Selalu saja adabagian dari kulitku yang tergores,”katanya.

Layaknya taman-taman berbunga,sesungguhnya di dalam jiwa kita jugaada tunas mawar dan duri yang akanmerekah.

Namun sayang, banyak dari kitayang hanya melihat “duri” yangtumbuh. Banyak dari kita yang hanyamelihat sisi buruk dari kita yang akanberkembang. Kita sering menolakkeberadaan kita sendiri. Kita kerapkecewa dengan diri kita dan tak maumenerimanya. Kita berpikir bahwahanya hal-hal yang melukai yang akantumbuh dari kita.

Kita menolak untuk menyiramihal-hal baik yang sebenarnya telahada. Dan akhirnya kita kecewa, kitatak pernah memahami potensi yangkita miliki. Banyak orang yang takmenyangka bahwa mereka jugasebenarnya memiliki mawar yangindah di dalam jiwanya. Banyak orangyang tak menyadari adanya mawar itu.Kita, kerap disibukkan dengan duri-durikelemahan diri dan onak-onakpesimistis. Orang lain lah yang kadangharus menunjukannya.

Jika kita bisa menemukan“mawar-mawar” indah yang tumbuhdalam jiwa, kita akan dapatmengabaikan duri-duri yang muncul.Kita, akan terpacu untuk membuatnyamerekah dan terus merekah hinggaberpuluh-puluh tunas baru akanmuncul.

Pada setiap tunas itu, akanberbuah tunas-tunas kebahagiaan,ketenangan, kedamaian, yang akanmemenuhi taman-taman jiwa kita.Kenikmatan yang terindah adalah saatkita berhasil untuk menunjukkan dirikita tentang mawar-mawar itu, danmengabaikan duri-duri yang muncul.

Semerbak harumnya akanmenghiasi hari-hari kita. Aromakeindahan yang ditawarkannya, adalahlayaknya ketenangan air telaga yangmenenangkan keruwetan hati. Mari,kita temukan “mawar-mawar”ketenangan, kebahagiaan, kedamaianitu dalam jiwa-jiwa kita. Mungkin, ya,mungkin, kita akan juga berjumpadengan onak dan duri, tapi janganlahitu membuat kita berputus asa.Mungkin, tangan-tangan kita akantergores dan terluka, tapi janganlah itumembuat kita bersedih nestapa.

Biarkan mawar-mawar indah itumerekah dalam hatimu. Biarkankelopaknya memancarkan cahayakemuliaan-Nya. Biarkan tangkai-tangkainya memegang teguh harapandan impianmu. Biarkan putik-putikyang dikandungnya menjadi bibit danbenih kebahagiaan baru bagimu.

Sebarkan tunas-tunas itu kepadasetiap orang yang kita temui, danbiarkan mereka juga menemukankeindahan mawar-mawar lain dalamjiwa mereka. Sampaikan salam-salamitu, agar kita dapat menuai bibit-bibitmawar cinta itu kepada setiap orang,dan menumbuh-kembangkannya didalam taman-taman hati kita. (dbs)

Jerry adalah seorang manajer restoran di Amerika. Dia selalu dalam semangat yang baikdan selalu punya hal positif untuk dikatakan. Jika seseorang bertanya kepadanya tentang

apa yang sedang dia kerjakan, dia akan selalu menjawab, “ Jika aku dapat yang lebih baik,aku lebih suka menjadi orang kembar!”

B

“Tiap pagi aku bangun danberkata pada diriku, aku punyadua pilihan hari ini. Aku dapat

memilih untuk berada di dalamsuasana yang baik atau memilih

berada dalam suasana yangbusuk. Aku pun selalu memilih

dalam suasana yang baik.”

Lama kelamaan, pemuda ituenggan memperhatikan sang mawar.Ia mulai tak peduli. Mawar itu takpernah disirami lagi. Dibiarkannyarumput-rumput yang menganggupertumbuhan mawar itu. Kelopaknyayang dahulu mulai merekah, kini sayu.Daun-daun yang tumbuh di setiaptangkai pun jatuh satu-persatu.Akhirnya, sebelum berkembangdengan sempurna, bunga itu punmeranggas dan layu.

Jiwa manusia sama sepertimawar. Di dalam setiap jiwa, selaluada bunga mawar yang indah. Tuhanyang menitipkannya kepada kita untukdirawat. Tuhan yang meletakkankemuliaan itu di setiap kalbu kita.

Page 15: Tabloid Media Agro Juni 2015

15TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015

WAWASAN

ahukah bahwa cacingtanah jenis Lumbricusrubellus mempunyainilai ekonomi yang

tinggi dan bermanfaat bagikesehatan dan kehidupanmanusia? Dody Baswardojo,peternak cacing Lumbricusrubellus yang tinggal di KotaBengkulu mengatakan bahwaberternak cacing jenis inisangat menguntungkan.

Beternak cacing sangatmudah dan hemat biaya sertatidak perlu perlakuan khusus.“Harga jual cacing tanah jenislumayan tinggi.Perkembangbiakannya jugarelatif sangat cepat. Denganperlakuan yang baik danpemberian pakan yang cukupdalam waktu 1-2 bulan dapatmenghasilkan menjadi 80-100persen dari bibit yang ditanambahkan lebih,” katanya.

Tanah media bekascacing (kascing) jugadimanfaatkan menjadi pupuk.Jadi, media bekas ternakcacing tidak terbuang,dengan sedikit sentuhanmempunyai nilai jual denganharga cukup baik, yaitu Rp2.000/kg. “Usaha berternakcacing tanah jenis ini dapatmengurangi penganguran danmenciptakan lapangan kerjasecara mandiri,” katanya.

Cacing tanah jenisLumbricus rubellus jugasangat baik bagi kesehatan.Terutama untuk menjagastamina, meningkatkan dayatahan tubuh, dan pengobatanberbagai macam jenispenyakit. Harga jualnya puncukup baik. Bibit cacing Rp40.000/kg dan kalaudikeringkan bisa mencapaiRp500.000/kg.

Dody Baswardoyo (66),mengisi masa tuanya denganbeternak cacing tanah jenisLumbricus rubellus sejakawal tahun 2015 lalu di KotaBengkulu. Sebetulnya sudahsejak tahun 1994 mengenalcacing tanah jenis ini, tapisecara khusus berternak barudilakoninya beberapa waktuyang lalu.

Karena keuletan danketekunanya, kini memilikibeberapa puluh galengan.Setiap galengan ditanam 10-15 kg bibit cacing. Selainmemperkerjakan 5 karyawan,Dody juga menjalin kemitraandengan para petani yangtersebar di kabupaten/kota seProvinsi Bengkulu.

Menurut Dody, banyakcara untuk berternak cacing.Bisa menggunakan mediakotak, ember plastik, atausistem rak. Dapat puladengan membuat galengan ditanah atau permukaan lainya.

Menangguk Untung dariUsaha Cacing Tanah

Oleh Agus Tobationostaf di Distrik Banyuasin

Cacing tanah jenis Lumbricusrubellus hidup di tanahgembur, di atas permukaantanah kisaran 5-10 cm.

Kelembaban tanah harusterjaga agar cacing tetaphidup. Kondisi tanah tidakboleh kering dan jangan pulabasah atau tergenang air.Pemberian makanan punharus mendapat perhatiankhusus agarperkembangbiakan cacingberlangsung normal. Agarcacing bertelur lebih banyak,disarankan untuk diberimakan berupa batang/pelepahpisang yang merupakantempat favorit cacing.

Kepada petani mitra,Dody memberikankemudahan bibit cacing danmenampung semua hasilnya.Sehingga para petani terjaminpemasaran hasil produksinyadengan harga yang baik.Sebelum memberikan bibitcacing kepada petani mitra,Dody terlebih dulumemberikan bimbinganteknis.

Setelah itu meninjaulokasi untuk kelayakanya.Baru setelah semuanya siapdan memenuhi kelayakanstandar ternak cacing, bibitdiberikan. Tidak itu saja, parapetani selalu diberi bimbingansecara berkala danpenyuluhan agar hasilnyabaik.

Sebagai tambahanpengetahuan, dalam setiap 10kg cacing dapatmenghasilkan 1 kg bubukatau cacing kering. Sebelummemulai berternak cacing,perlu dipelajari dulu sifat-sifatcacing tanah. Setelah itupersiapkan lahan yang akandigunakan sebagai media.

Media dapat disesuaikandengan kondisi lokasi. Kalautidak memiliki lahan yangcukup, dapat menggunakankotak, ember, atau rak-rak

yang diatur sedemikian rupa.Selain itu dapat juga dihalaman terbuka(perkarangan/kebun) yangsejuk seperti di bawah pohonatau kalau di perkebunanseperti PTPN7 dapat diternakdibawah batang sawit ataubatang karet (rambung).

Karena cacing jenis inimemerlukan banyak oksigen,media yang dipersiapancukup dengan kedalamam 5-10 cm saja. Media utamayang merupakan habitataslinya adalah bekas kotoransapi yang sudah menjaditanah. Dapat ditambahkandengan sampah sayuransebagai makanan organik.

Pengolahan cacing dapatdilakukan denganmembersihkan kotoranyaterlebih dahulu lalu dicucidengan air bersih, direbus(siram air panas) lalu dijemurditerik matahari atau dioven.Bila jumlahnya banyak dantidak cukup waktu untukmembersihkan, cacing bisa dikarantina (didiamkan selamasehari semalam) agarkotoranya terbuang.

Setelah cacing kering,dapat diblender untuk dibuatekstrak cacing. Selanjutnyadimasukkan kedalam kapsuldan siap dikonsumsi sebagaiobat. Menurutnya konsumsicacing tanah jenis Lumbricusrubellus sangat aman, karenaalami. Jadi tidak mempunyaiefek samping atau dikenalsebagai obat herbal. Dapatdikonsumsi mentah-mentahjika tidak merasa jijik.

Wargono (54), tetanggaDody, telah merasakanmanfaat esktrak Lumbricrusrubellus. Menurutnyakomsumsi baru berjalan lebihkurang dua minggu diamerasakan enak badan,menghilangkan pegal-pegaldan fresh di badan.

“Apalagi pekerjaan sayamenuntut stamina dan kondisiyang fit,” katanya. MenurutWargono, beberapa rekanyajuga telah mengonsumsisuplemen cacing ini. Bahkanada salah seorang rekanyayang memiliki nyeri di kakidan di tangan setelahmengonsumsi esktrakLumbricus rubellus menjadisembuh.

Menurut Dody, tanahbekas cacing (kascing)setelah diayak menggunakansaringan bisa dimanfaatkanmenjadi pupuk organik yangsiap jual. Hasil samping inidapat digunakan sebagaitambahan penghasilan karenanilai jualnya cukup tinggi.Hasil penjualan kascing dapatdigunakan untuk memberiupah karyawannya.

“Musuh utama dalamberternak cacing tanah jenisLumbricus rubellus adalah raguuntuk memulai,” kata Dody.

MengenalLumbricus rubellus

Cacing tanah termasukbinatang invertebrata (tidakbertulang belakang), hidup didalam tanah gembur danlembab. Cacing tanah Lumbri-

cus rubellus dipercayamuncul sejak 120 juta tahunsilam. Cacing ini sangat unikkarena tidak punya kaki, tidakpunya otak, dan tidak punyaparu-paru, tapi malah punya 5jantung. Cacing ini jugatermasuk satu dari sedikitjenis binatang yanghermaprodit.

Hasil penelitian selamasekitar 50 tahun menunjukkanbahwa cacing tanah memilikikekebalan humoral dan selularmekanisme. Selain itu telahditemukan bahwa cairan selomcacing tanah mengandungkadar protein sangat tinggiyaitu sekitar 76%, lebih tinggidibandingkan daging hewanmamalia (65%) atau ikan(50%).

Selain itu mengadung 20jenis asam amino berkadartinggi 17%, karbohidrat 45%,lemak dan abu 1,5%,amino,enzym lumbrokinase,peroksidase, katalase,selulose, asam glutamat,cytolytic, proteolitik,antimikroba, hemolitik,hemagglutinating, tumorolytic,dan kegiatan mitogenic.

Cacing tanah adalahhewan yang telah hidupdengan bantuan sistempertahanan mereka sejak faseawal evolusi. Oleh sebab itu iaselalu dapat menghadapiinvasi mikroorganismepatogen di lingkungannya.

Protein yang dimiliki olehcacingtanah memilikimekanisme antimikroba yangberbeda dengan mekanismeantibiotik yang membunuhmikrorganisme tanpa merusakjaringan tubuh. Antibiotikmembunuh mikroganismebiasanya dengan dua cara,yaitu dengan menghentikanjalur metabolik yang dapatmenghasilkan nutrient yangdibutuhkan olehmikroorganisme ataumenghambat enzim spesifikyang dibutuhkan untukmmbantu menyusundindingsel bakteri.

Sedangkan mekanismeyang dilakukan oleh proteinyang dimiliki oleh cacingtanah adalah denganmembuat poridi dinding selbakteri. Hal ini menyebakansitoplasma sel bakterimenjadi terpapar denganlingkungan luar yang dapatmengganggu aktivitas dalamsel bakteri dan menyebabkankematian. Dengan cara ini,bakteri menjadi lebih susahuntuk menjadi resisten karenayang dirusak adalah struktursel milik bakteri itu sendiri.(dbs)

Kita pasti tahu cacing tanah. Bahkan di antara kita mungkin juga sudah tahubahwa cacing tanah dapat menyuburkan tanah. Malahan ada juga sebagianorang yang memanfaatkan cacing tanah untuk obat tifus. Tetapi kebanyakanorang merasa jijik terhadap cacing.

T

Cacing tanah jenisLumbricus rubellus juga

sangat baik bagikesehatan. Terutama

untuk menjaga stamina,meningkatkan daya tahan

tubuh, dan pengobatanberbagai macam jenispenyakit. Harga jualnyapun cukup baik. Bibit

cacing Rp 40.000/kg dankalau dikeringkan bisa

mencapai Rp500.000/kg.

Pemberikan makanansebaiknya dilakukan dua kalisehari yaitu pagi dan sore.Dengan perlakuan yang cukupdalam waktu 1-2 bulan bibitcacing dapat berkembangmenjadi 80-100 persenbahkan bisa menjadi lebihbanyak lagi.

Cara panen punsederhana, yaitu denganmengumpulkan cacing yangsudah besar dan menyisihkanyang kecil serta telurnya.Cacing yang akan diolahdisisihkan dan yang akanditanam dimasukan kembalike media yang sudahdipersiapkan sebelumnya.

Page 16: Tabloid Media Agro Juni 2015

TABLOID BULANANNo.105/Juni 2015 16

ua setengah bulan lalu sudah ground-breaking. Artinya, ada progres. Dibagi 4sesi. Tol Trans-Sumatera ini saya lihat

ada progres. Saya ke sini hanya memastikan bahwasejak groundbreaking pembangunan tol adaprogresnya,” ujarnya.

Menurut Presiden, kondisi sejak 2,5 bulandicanangkan, sudah kelihatan ada kemajuan.Apalagi ada UU yang menaungi pembangunantol. ”Saya berharap sebelum ASEAN Games 2018,tol ini selesai. Ini target kami,” ujarnya.

Di lokasi groundbreaking tol Lampung di DesaSabahbalau, Jatiagung, Lampung Selatan, PresidenJokowi membagi-bagi buku dan kaus kepada anak-anak. Warga pun girang dan memanggil-manggilnama Jokowi. Beberapa warga bahkan inginmengajak bersalaman.

Jokowi tersenyum sambil melambaikan tangankepada warga. Ketika sampai di mobil, ia memintaPaspampres mengatur warga agar mendekat. Wargasecara bergantian menerima buku dan kaus Jokowi.Antrean panjang terdiri dari anak-anak hingga orangtua.

Presiden Jokowi datang ke Lampung dalamrangka menghadiri peletakan batu pertama(groundbreaking) pembangunan Dermaga VIPelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Selain itu,dia juga meresmikan tiga kapal motor penumpang(KMP) rute Merak-Bakauheni. Usai peresmian,

Presiden Tinjau Progres Toldi Sabahbalau

enteri BUMN Rini Soemarnountuk kedua kalinya melaku-kan rapat kerja dengan Pe-merintah Provinsi Lampung

membahas percepatan pembangunanjalan tol Sumatera ruas Bakauheni—Terbanggibbesar.

Menteri BUMN datang ke Lampungdengan menumpang KMP Port Link IIIdari Pelabuhan Merak, Banten yangbersandar di Dermaga III PelabuhanBakauheni, Senin (8/6/2015), sekitarpukul 13.00. Rini Soemarno yang datangbersama Direktur Jenderal Bina MargaKementerian Pekerjaan UmumHediyanto disambut Wakil GubernurLampung Bachtiar Basri, Kakanwil BPNProvinsi Lampung Ing Karsim, Ketua TimII Persiapan Pembangunan Jalan TolTauhidi yang juga Asisten I BidangPemerintahan Pemprov Lampung, dansejumlah pejabat pemprov dan pemkabLamsel.

Menteri BUMN sempat singgah kekantor PT ASDP Indonesia Ferry

Presiden Joko Widodo meninjaukemajuan pelaksanaan jalan tol di

Sabahbalau, Jatiagung, Lampung Selatan,Sabtu sore, 13/6/2015. Begitu tiba,

Presiden Jokowi langsung menuju kelokasi pembangunan tol Lampung

didampingi Menteri Agraria, MenteriPekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,dan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

D“

Presiden Jokowi pun meninjau Desa Sabahbalauyang merupakan salah satu lokasi groundbreakingjalan tol Sumatera.(tim)

Meneg BUMN MatangkanPercepatan Jalan Tol

M

(Persero) Cabang Bakauheni selama ku-rang lebih 30 menit sebelum meneruskanperjalanan ke Bandar Lampung. MenteriBUMN dijadwalkan setiap dua pekansekali menggelar rapat rutin bersamaDinas Bina Marga Provinsi Lampung.Sebelumnya Rabu (27/5/2015) lalu,Menteri BUMN juga sempat meninjaulokasi pembangunan jalan tol di Bakau-heni.

Menurut Rini Soemarno, pem-bangunan jalan tol trans-Sumatera (JTTS)dari Pelabuhan Bakauheni ke Palem-bang, Sumatera Selatan, harus sudahselesai sebelum sebelum pelaksanaanAsian Games Agustus 2018 di Palem-bang. Oleh sebaba itu, cara pem-bangunannya harus diubah.

“Pembangunannya dikerjakan em-

pat perusahaan BUMN, dengan empattitik penetapan lokasi (penlok). Jadipekerjaannya dapat dilakukan ber-samaan dengan proses pembebasanlahan, sehingga target tiga tahun bisatercapai,” kata Menteri BUMN di Pela-buhan Bakauheni, Senin (8/6/2015).

Rini menjelaskan pembangunanJTTS ruas Bakauneni-Terbanggi Besardengan pengelola PT HUtama Karya(HK) yang dibagi empat penlok akandikerjakan empat perusahaan BUMN.Penlok I ruas Bakauheni-Sidomulyodikerjakan PT Pembangunan Perumahan(Persero) Tbk, penlok II ruas Sidomulyo-Kotabaru dikerjakan PT Waskita Karya,penlok III ruas Kotabaru-Gunungsugihdikerjakan PT Adi Karya, dan penlok IVruas Gunungsugih-Terbanggibesar

dikerjakan PT Wijaya Karya. “SebelumLebaran empat penlok tersebut harussudah selesai, sehingga pengerjaannyabisa bersamaan dengan proses pem-bebasan lahan,” ucap Menteri BUMN.

Menanggapi itu, Wagub BachtiarBasrie menyatakan kesiapan menye-lesaikan penlok di empat titik sebelumlebaran. “Kami yakin sebelum Lebaranempat penlok JTTS ruas Bakauneni-Terbanggi sudah selesai,” ujar Wagub.

Diketahui, kini tim persiapan pem-bangunan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggo Besar telah menyelesaikan duapenetapan lokasi (penlok) yangditandatangani Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo. Dan telah diserahkankepada Kementerian Pekerjaan Umum danKementerian Perumahan Rakyat. (tim)

Kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno

Kunjungan Presiden Joko Widodo