rpp ipa 8 2012-2013

222
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 01) Sekolah : SMP Negeri 1 Petang Mata Pelajaran : IPA Kelas / Semester : VIII / 1 Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia. Kompetensi Dasar :1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Indikator : 1. Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial) 2. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup . (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, percaya diri) 3. Membandingkan metamorfosis dan metagenesis. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis) 4. Menentukan bagian akar yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya . (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif) Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan ) A. Tujuan Pembelajaran : Pertemuan I : 1. Melalui kajian pustaka peserta didik mampu menjelaskan pengertian pertumbuhan pada makhluk hidup 2. Melalui kajian pustaka peserta didik mampu menjelaskan pengertian perkembangan pada makhluk hidup 3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup 1

Upload: endra-kuswara

Post on 12-Jan-2016

60 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

RPP IPA 8

TRANSCRIPT

Page 1: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 01)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar :1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan

pada makhluk hidup.Indikator :

1. Menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, peduli sosial)

2. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, percaya diri)

3. Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif, berpikir logis dan kritis)

4. Menentukan bagian akar yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan I :1. Melalui kajian pustaka peserta didik mampu menjelaskan pengertian pertumbuhan

pada makhluk hidup2. Melalui kajian pustaka peserta didik mampu menjelaskan pengertian

perkembangan pada makhluk hidup3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan factor-faktor yang

mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup4. Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu membedakan cirri tumbuhan

dengan hewan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya

Pertemuan II :5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian

metamorfosis dan metagenesis6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan metagenesis pada

tumbuhan paku 7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan bagian tumbuhan

yang mengalami pertumbuhan paling cepat 8. Melalui praktek di LAB peserta didik mampu melakukan percobaan pertumbuhan

pada biji kacang hijau

B. Materi Pembelajaran : Pertumbuhan dan perkembangan

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan :Pertumbuhan mengalami proses pertambahan atau kenaikan volume, panjang atau

tingggi , pertambahan massa yang sifatnya irreversible ( tidak dapat kembali ke bentuk semula ) sedangkan perkembangan mengalami proses menuju tercapainya kedewasaan,

1

Page 2: RPP IPA 8 2012-2013

yang tidak dinyatakan dengan ukuran, tetapi dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, yaitu :1. Faktor internal : gen dan hormon2. Faktor eksternal : suhu, cahaya, makanan, unsur hara, airMetamorfosis adalah perubahan bentuk dan struktur yan terjadi pada hewan mulai dari embrio sampai dewasa.Metagenesis adalah suatu pergantian generasi dari aseksual ke generassi seksual dan sebaliknya.Pertumbuhan pada tumbuhan dibagi menjadi dua, yaitu : perumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.Pertumbuhan primer terjadi akibat pembelahan sel-sel penyusun jaringan merisistem dan terjadi pada ujung akar.Pertumbuhan sekunder terjadi sebagai aktifitas titik tumbuh sekunder, yaitu kambium. Pertumbuhan ini menyebabkan akar dan batang tumbuhan membesar. C. Metode Pembelajaran :

Model Pembelajaran:o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusio Ceramaho Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pertumbuhan dan perkembangan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pertumbuhan dan

15 menit

2

Page 3: RPP IPA 8 2012-2013

Perkembangan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta tentang proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan manusia(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamaati dan mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan perbedaan ciri pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan tumbuhan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan tugas membuat eksperimen perkecambahan pada kacang ijo. (tugas terstruktur)(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan .

20 menit

3

Page 4: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 – 10(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang metamorfosis dan metagenesis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta tentang metamorphosis kupu-kupu dan metagenesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan pengertian metamorfosis dan metagenesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan ingin tahu)

15 menit

4

Page 5: RPP IPA 8 2012-2013

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan fase-fase metamorphosis kupu-kupu dan metagenesis (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif, dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan perbedaan metamorfosis dan metagenesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif, dan ingin tahu)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai metamorfosis dan metagenesis pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan komutatif)

- Siswa mencatat hasil pengamatan dan mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan.

20 menit

5

Page 6: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, kerja keras dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar :Sukses belajar IPA VIII Tiga Serangkai, mari belajar ilmu alam sekitar, Jakarta: pusat pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Teori dan aplikasi Fisika SMP kelas VIII Yudistira, LKSMedia Pembelajaran : Charta, LKS.

F. Penilaian :

a. Teknik Penilaian : Tes , Penilaian sikap, Proyekb. Bentuk instrumen : Tes uraian, pengamatanc. Instrumen:

Tes tulis (Uraian )Indikator:1. Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

1. Sebutkan 2 macam perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan! Skor 10

2. Apakah yang dimaksud dengan Ireversibel? Skor 103. Sebutkan 3 ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada hewan! Skor 6

2. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup .4. Sebutkan 4 faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan! Skor 85. Apakah yang dimaksud dengan etiolasi? Skor 10

3. Membandingkan metamorfosis dan metagenesis6. Apakah yang dimaksud dengan metagenesis? Skor 127. Sebutkan generasi gametofit dan generasi sporofit dalam pergiliran keturunan tumbuhan paku! Skor 128. Jelaskan perbedaan antara metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna! Skor 109. Tuliskan secara lengkap metamorfosis pada kupu-kupu! Skor 10

4. Menentukan bagian akar yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup10. Bagian tumbuhan manakah yang mengalami pertumbuhan paling cepat? Skor 12

6

Page 7: RPP IPA 8 2012-2013

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR: Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

KELAS / SMT : VIII / 1       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum10 10 6 8  10 12 12 10 10 12 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Nilai = Jumlah skor

7

Page 8: RPP IPA 8 2012-2013

TUGAS TERSTRUKTUR

LEMBAR KERJA SISWA

I. Judul : Pertumuhan dan PerkembanganII. Tujuan : Mengamati Pertumbuhan dan Perkembangan pada biji kacang hijau.

III. Alat dan Bahan :Alat : -Cawan Petri

-Alat penyemprot tanamanBahan :

- Kapas- Air- Biji kacang hijau

IV. Prosedur Kerja :1. Siapkan cawan Petri 2. Basahi kapas lalu atur dalam cawan Petri 3. Masukkan biji kacang hijau ke dalam air yang tenggelam 4. Letakkan biji kacang hijau di atas kapas5. Semprot kapas dalam cawan Petri dengan air setiap hari sampai biji

tumbuh/ berkecambah6. Mengukur pertambahan panjang kecambah setiap hari, selama 6 hari

V. Hasil Pengamatan :Isilah tabel pengamatan di bawah ini!

no Yang diamati Hari ke-1 2 3 4 5 6

1 Panjang akar (cm)2 Panjang batang3 Jumlah daun

VI. Pembahasan :1. Mengapa kapas perlu dibasahi ? …………………….................2. Apa tujuan biji kacang hijau dimasukkan ke dalam air ?3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan kecambah pada

biji kacang hijau ?4. Pada bagian manakah pada kecambah yang mengalami pertumbuhan yang

paling cepat ?5. Dimanakah terdapat jaringan meristem pada tumbuhan ?6. Kesimpulan apa yang dapat kamu buat dari kegiatan ini ?

Rubrik Penilaian unjuk kerja :

No. Aspek Skor 1. Kebersamaan dalam kelompok 20 2. Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar 20 3. Memperoleh data dari percobaan 20 4. Membuat kesimpulan dengan benar 40 Jumlah skor 100

8

Page 9: RPP IPA 8 2012-2013

   

Aspek dan skor perolehan

Sko

r p

ero

lleha

n

Nila

i Ke

tun

tasa

n M

inim

um

Tu

ntas

Tid

ak

tunt

as

Keb

ers

amaa

n d

ala

m

kelo

mpo

k

Me

laku

kan

keg

iata

n d

enga

n

pros

edur

ya

ng

ben

ar

Me

mpe

role

h d

ata

dar

i pe

rcob

aan

Me

mbu

at k

esi

mpu

lan

de

nga

n be

nar

  Skor maksimum 20 20 20 40 100No Nama          

1              2              3              4              5              

Jumlah              Rata-rata             Daya serap (%)             Ketuntasan            

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

9

Page 10: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 02)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar :1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia Indikator :

1. Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak , remaja,dewasa dan manula(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, dan kreatif )

2. Membedakan cirri-ciri anak-anak dan remaja .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu, percaya diri, berpikir kritis, komunikatif, dan kreatif )

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan tahap perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak , remaja, dan dewasa

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan cirri-ciri morfologi anak-anak dan remaja

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membandingkan cirri-ciri morfologi antara anak-anak dan remaja pada laki-laki atau perempuan

B. Materi Pembelajaran :Perkembangan Manusia Ciri-ciri morfologi anak-anak dan remajaPerbandingan ciri-ciri morfologi antara anak-anak dan remaja laki-laki / perempuan Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia :Ovum + sperma bertemu di tuba falopi – zigot – morula – blastula – gastrula – embrio janin (fetus) – bayi – anak-anak – remaja – dewasa – manula. Pertumbuhan dan perkembangan manusia meliputi dua fase, yaitu :1. Perkembangan embrionik, yaitu masa pembuahan sampai lahir2. Perkembangan pascaembrionik, yaitu masa setelah lahirDitandai dengan masa balita (0-4) tahun, masa anak-anak (5-11) tahun, masa remaja (12-17) tahun, masa dewasa (18-40) tahun, masa manula (>40 tahun).Masa remaja adalah masa dimana laki-laki maupun perempuan mengalami pubertas.Masa pubertas adalah masa dimana dimulainya pematangan sel kelamin baik pada laki-laki maupun perempuan.Masa pubertas ada dua, yaitu pubertas primer dan pubertas sekunder.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

10

Page 11: RPP IPA 8 2012-2013

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang perkembangan manusia .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Tahap Perkembangan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca)

- Guru dibantu siswa memasang charta tentang proses perkembangan pada manusia(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan proses perkembangan pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan perbedaan ciri perkembangan pada laki-laki dan perempuan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri, gemar membaca dan ingin tahu)

15 menit

20 menit

11

Page 12: RPP IPA 8 2012-2013

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Guru memberikan tugas tentang proses perkembangan manusia. (tugas terstruktur)Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, berpikir logis, kreatif dan ingin tahu)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Perkembangan pada manusia .Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.Nilai pendidikan karakter yang komunikatif dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A no.1 – 10Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar .Buku siswa, LKS,Charta/ Foto yang dibawa siswa tentang tahapan perkembangan manusia

F. Penilaian Hasil Belajar .Teknik : Tes tulis, Uraian dan proyekBentuk Instrumen :

Tes isian dan tes tertulis, pengamatanContoh Instrumen :Instrumen tes isian dan uraian

1. Perkembangan remaja terjadi pada usia antara ……… tahun hingga …….tahun Kunci : 10 tahun sampai 15 tahun (perempuan )

11 tahun ssampai 16 tahun ( laki-laki)Skor : 50

2. Kemukakan 2 ciri yang membedakan antara anak-anak dan remaja perempuan .Kunci :

12

Page 13: RPP IPA 8 2012-2013

Anak-anak Remaja- suara melengking- tidak tumbuh rambut pada ketiak- buah dada kecil- panggul kecil- belum mengalami mentruasi

- suara membesar- tumbuh rambut di ketiak- buah dada membesar- pinggul membesar- mengalam imentruasi

Skor : 50

Instrumen Pengamatan :Buatlah laporan hasil wawancara tentang pertumbuhan dan perkembangan balita di sekitar tempat tinggalmu!

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

13

Page 14: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 03)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar :1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan

hubungannya dgn kesehatan .

Indikator :1. Menyebutkan macam-macam jaringan penyusun gerak

pada manusia Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif, percaya diri dan ingin tahu)

2. Membedakan anatomi dan fungsi tulang rawan , tulang keras, otot dan sendi yang menyusun rangka tubuh.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

3. Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.4. Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan

dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya .

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan jaringan penyusun sistem gerak .

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membedakan fungsi alat gerak dan sendi sebagai penyusun kerangka tubuh

3. Melalui pengamatan model rangka manusia/carta, peserta didik mampu mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya masing-masing.

4. Melalui tugas kelompok membuat kliping, peserta didik dapat mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem gerak dan upaya mengatasinya .

B. Materi Pembelajaran :Sistem gerak pada manusia

Sistem gerak adalah sistem kerja sama yang dilakukan oleh otot dan tulang. Otot adalah alat gerak aktif, sedangkan tulang adalah alat gerak pasif.Tulang rawan adalah tulang yang mengandung zat perekat dan sedikit zat kapur sedangkan tulang keras adalah tulang rawan yang telah mengalami proses osifikasi. Sendi adalah hubungan antara tulang.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusio Ceramaho Pemberian tugas

14

Page 15: RPP IPA 8 2012-2013

o Diskusi dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)- Guru melakukan presensi siswa.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Gerak.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Gerak.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta tentang Sistem Gerak.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan pengertian Sistem Gerak pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan jaringan dan organ penyusun sistem gerak pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan tentang sistem gerak (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Guru membagikan prosedur kerja pratikum sistem Gerak pada anggota masing-masing kolompok.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , berpikir logis, kreatif dan ingin tahu)

Elaborasi ( Menelusuri )

15 menit

15

Page 16: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru menugaskan siswa untuk menggaris bawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Gerak .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A no.1 – 10(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa. (Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)- Guru melakukan presensi siswa.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Gerak.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-

10 menit

16

Page 17: RPP IPA 8 2012-2013

masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai sistem Gerak pada Manusia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang model rangka(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati bagian tulang dan otot(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan sistem alat gerak (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan bagian-bagian rangka(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai sistem Gerak pada manusia pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Siswa mencatat hasil pengamatan dan mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menunjukkan model rangka pada siswa dan meminta siswa menunjukkan bagian tulang dan namanya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan mandiri, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa melaksanakan pratikum di LAB tentang sistem Gerak.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Siswa membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.

15 menit

20 menit

17

Page 18: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

- Siswa mengerjakan soal tentang Sistem Gerak pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, komunikatif dan ingin tahu)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Gerak .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan gerak mendata kelainan dan penyakit pada sistem gerak (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar .1 Buku siswa 2 LKS3 Model rangka tubuh manusia 4 Buku biologi VIIIa Ganeca Exact Bandung5 Biologi VIII Regina6 Berbagai referensi yang relevan7 Charta otot

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulisb. Bentuk Instrumen : Tes pilihan gandac. Contoh Instrumen :

1. Di bawah ini yang merupakan contoh sendi engsel adalah …..a. Tulang hasta dgn tulang pengumpil

18

Page 19: RPP IPA 8 2012-2013

b. Siku dan lututc. Siku dan pergelangan tangan d. Ruas jari dan ruas tulang rusuk

Kunci jawaban ; BLEMBAR KERJA SISWA

I. Judul : Sistem gerak pada manusia

II. Tujuan : Mengamati bentuk tulang –tulang penyusun tengkorak .

III. Alat dan Bahan :- charta- Model Rangka Tubuh Manusia .

IV. Langkah kerja :1. Gunakan model atau charta tengkorak manusia 2. Kemudian amatilah bentuknya dan sebutkan nama-nama tulang penyusunnya .3. Catatlah nama tulang tersebut ke dalam table berikut !

Tabel :NO Nama Tulang

Pembentuk TengkorakBentuk Jumlah

1 Rangka Pembentuk Wajaha. Tulang rahang atas b. ……………………….c. ……………………….d. ……………………….e. ……………………….f. ……………………….g. ……………………….

2 Pembentuk tulang otak a. ……………………….b. ……………………….c. ……………………….d. ……………………….e. ……………………….f. ……………………….g. ……………………….

Rubrik .NO Aspek

Yang DinilaiSkor

1Skor

2Skor

3Skor

4Skor

51234

Kerja sama kelompokKecepatan waktu menjawabKerapian hasil kerjaKebenaran jawaban

Jumlah skor

NK = Skor perolehan X 100 Skor mak

19

Page 20: RPP IPA 8 2012-2013

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Sistem Gerak pada ManusiaNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

20

Page 21: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 04)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar :1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan

hubungannya dgn kesehatan .

Indikator :1. Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar

pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan manusia .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan adalah percaya diri, ingin tahu, kreatif)

2. Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat seperti karbohidrat, protein, lemak, glukosa yang ada di dalamnya .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan adalah , ingin tahu, kreatif)

3. Membandingkan pencernaan mekanik dgn kimiawi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan adalah percaya diri, ingin tahu, kreatif)

4. Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan uji makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan adalah disiplin, ingin tahu, kreatif, tanggung jawab)

5. Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia yang bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan adalah , ingin tahu, kreatif, tanggung jawab)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan lima macam organ penyusun sistem pencernaan pada manusia .

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan 5 macam kelenjar pencernaan pada manusia

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membedakan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan pada manusia

4. Melalui praktek uji bahan makanan, peserta didik mampu menyebutkan 4 jenis zat yang terkandung dalam bahan makanan

5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan pencernaan mekanik dgn kimiawi .

6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

B. Materi Pembelajaran :

21

Page 22: RPP IPA 8 2012-2013

Sistem pencernaan pada manusia Kandungan zat pada makanan Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan Pencernaan manusia dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut :Pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawiSistem pencernaan manusia meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.Saluran pencernaan :Mulut – tekak – tenggorokan – lambung – usus halus – usus besar – poros usus – dubur (anus).Kandungan zat pada makanan, yaitu protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin.Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan, yaitu appendiksitis, diare, konstipasi, xerostomia, parotitis, hernia.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusi dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Pencernaan manusia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Pencernaan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta tentang Sistem Pencernaan.

15 menit

22

Page 23: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan pengertian Sistem Pencernaan pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan organ penyusun sistem pencernaan pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan tentang sistem pencernaan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa melaksanakan pratikum di LAB tentang uji bahan makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengerjakan soal tentang uji bahan makanan pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan mandiri, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Pencernaan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.

20 menit

23

Page 24: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 95 Evaluasi A no.1 - 10

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Pencernaan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Pencernaan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati organ penyusun pencernaan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan sistem pencernaan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan penyakit pada sistem pencernaan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai Sistem pencernaaan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif,

15 menit

24

Page 25: RPP IPA 8 2012-2013

dan tanggung jawab)- Siswa mencatat hasil pengamatan dan

mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.- Guru menunjukkan model sistem pencernaan pada

siswa dan meminta siswa menunjukkan organ pencernaan

- Siswa mendata penyakit pada sistem pencernaan.- Siswa mendiskusikan data yang diperoleh di masing-

masing kelompoknya.- Siswa membuat catatan hasil diskusi kelompok

untuk dilaporkan.- Siswa mengerjakan soal tentang Sistem

pencernaan pada LKS yang diberikan guru.- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara

berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Pencernaan pada manusia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

25

Page 26: RPP IPA 8 2012-2013

E. Sumber Belajar .1 Buku siswa 2 Buku referensi 3 LKS5. Bahan makanan mengandung karbohidrat /amilum, protein dan lemak,glukosa6. Larutan penguji makanan : lugol,yodium, biuret, kertas tik.

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulis dan unjuk kerjab. Bentuk Instrumen : Tes pilihan ganda, tes isian, tes uraian , tes lisan,rubric

c. Contoh Instrumen :1. Tes isian .

1 Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimiawi adalah ……….2. Pilihan Ganda. 2. Perhatikan gambar sistem pencernaan di bawah ini !

Kelenjar pencernaan ditunjukkan oleh nomer ……

a. 1b. 2c. 3d. 4

Kunci jawaban ; B3. Tes Uraian 3. Berikan 3 contoh makanan yang mengandung karbohidrat ( amilum ) !

4. Tes Lisan .1. Berilah 2 contoh kleainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia .2. Bagaimana cara mengatasi diare kerena infeksi kuman .

Uji Petik Kerja

Tujuan : Mengetahui peranan air liur dalam proses pencernaan makanan secara kimia

Alat dan bahan : - 4 buah tabung reaksi- Gelas beker- Pembakar spritus- Cawan Petri- Pipet tetes- Nasi- Gula pasir- Air- Air liur- Larutan Fehling A dan B

Langkah Kerja :

Rubrik Penilaian / Pedoman penskoran unjuk kerja siswa .N Kegiatan / deskripsi Skor Skor Skor Skor Skor

26

Gb sistem pencernaan

manusia

Page 27: RPP IPA 8 2012-2013

O Aspek yang dinilai 1 2 3 4 512

34

Kelengkapan bahan makanan yang diuji Ketrampilan dalam melakukan kegiatan Ketelitian dalam membaca hasilKerjasama dalam kelompokMembuat kesimpulan dgn benar

Cara Penilaian dg memberi tanda rumput pada kolom yang tersedia dgn ketentuan sbb.

a. Beri nilai 5 , jika unsur yang dinilai sangat sesuai dgn criteria .b. Beri nilai 4 , jika unsur yang dinilai sesuai dgn criteria .c. Beri nilai 3 , jika unsur yang dinilai cukupsesuai dgn criteria .d. Beri nilai 2 , jika unsur yang dinilai kurangsesuai dgn criteria .e. Beri nilai 1 , jika unsur yang dinilai tidak sesuai dgn criteria .

Cara menilai :NK = Jumlah skor perolehan X 100

Jumlah skor maksimum

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Sistem Gerak pada ManusiaNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

27

Page 28: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 05)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar :1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan

hubungannya dgn kesehatan .

Indikator :1. Menyebutkan macam organ penyusun sistem

pernapasan pada manusia secara berurutan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif)

2. Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif)

3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan lima macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia secara berurutan .

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan perlakuan udara pernapasan dalam rongga hidung

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menentukan tempat terjadinya proses pertukaran gas pernapasan pada sistem pernapasan manusia

4. Melalui pengamatan pada charta, peserta didik mampu membedakan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan dengan mengamati model alat pernapasan .

5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membedakan proses pernapasan dada dan proses pernapasan perut

6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan pengertian udara pernapasan / udara tidar

7. Melalui tugas kelompok, peserta didik mampu mendata contoh kelaianan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya .

B. Materi Pembelajaran :Sistem pernapasan pada manusia

28

Page 29: RPP IPA 8 2012-2013

Bernapas adalah pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida. Alat- alat pernapasan, yaitu :Hidung – tekak – trakea – bronkus – bronkiolus – alveolus – paru-paru (pulmo).Proses pernapasan ada dua, yaitu : pernapasan inspirasi dan ekspirasi.Penyakit pernapasan, antaralain :

- bronkitis- Asma- TBC- Pneumonia C. Metode Pembelajaran :

Model Pembelajaran:o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusi kelompok dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta tentang Sistem Pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan pengertian Sistem Pernapasan

15 menit

29

Page 30: RPP IPA 8 2012-2013

pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan organ penyusun sistem pernapasan pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan tentang inspirasi dan ekspirasi sistem pernapasan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa melaksanakan pratikum di LAB tentang Sistem Pernapasan mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengerjakan soal tentang Pernapasan pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Pernapasan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

20 menit

30

Page 31: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari buku Sukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 107 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan siswa untuk membaca buku

Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu siswa memasang charta(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mendata penyakit pada sistem pernapasan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai sistem Pernapasan anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mencatat hasil pengamatan dan mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

31

Page 32: RPP IPA 8 2012-2013

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan siswa untuk menggarisbawahi

materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menunjukkan model sitem pernapasan pada siswa dan meminta siswa menunjukkan organ pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendata penyakit pada sistem pernapasan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan data yang diperoleh di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Sistem Pernapasan pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkankomunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh siswa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi).

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Pernapasan pada manusia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20

20 menit

32

Page 33: RPP IPA 8 2012-2013

soal di rumah dari LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar .1. Buku siswa kelas VIII2. LKS3. Model alat pernapasan 4. Referensi yang relevan .

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulis dan unjuk kerja, penugasan b. Bentuk Instrumen : Tes pilihan ganda, , tes uraian , tugas rumah

c. Contoh Instrumen :1. Tes pihan ganda .

1. Pertukaran udara secara difusi terjadi didalam …..a. Alveolusb. Tracheac. Bronchusd. Broncheolus

2. Intrumen tes uraian 2. Jelaskan perbedaan proses inspirasi dan ekspirasi 3. Instrumen tugas rumah .Buatlah daftar nama kelaianan dan daftar nama penyakit yang berhubungan dgn sistem pernapasan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan cara mengatasinya .

No

Nama KelainanPenyakit

Gejala kelaian/ Penyakit

Upaya mengatasinya

1234567

NK = Jumlah skor perolehan X 100 Jumlah skor maksimum

Rubrik Penilaian / Pedoman penskoran unjuk kerja siswa .

NO

Kegiatan / deskripsiAspek yang dinilai

Skor1

Skor2

Skor3

Skor4

Skor5

1

2

3

Kerja sama dalam kelompok

Ketepatan mencari data penyakit dan upaya mengatasinya.

Ketepatan waktu siswa dalam menyelesaikan tugas

33

Page 34: RPP IPA 8 2012-2013

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 06)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar :1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia

dan hubungannya dgn kesehatan .

Indikator :1. Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran

darah pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Menjelaskan fungsi jantung fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah manusia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

3. Mendata berbagai penyakit yang berhubungan dgn sistem peredaran darah manusia yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :Pertemuan I

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mengidentifikasi macam-macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia .

2. Melalui unjuk kerja, menunjukkan organ peredaran darah manusia pada charta.

Pertemuan II3. Melalui kajian pustaka, peserta didik menyebutkan fungsi jantung , fungsi

pembuluh darah dan darah dalam sistemperedaran darah manusia.4. Melalui tugas rumah, peserta didik mampu menyebutkan contoh penyakit yang

berhubungan dgn sistem peredaran darah manusia yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari .

B. Materi Pembelajaran :Sistem peredaran darah manusia Sistem peredaran darah pada manusia dilakukan oleh jantung, pembuluh darah darah, dan getah bening.Fungsi jantung adalah memompa darah. Jantung manusia terbagi menjadi 4 ruangan, yaitu : bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, dan serambi kiri.Ada 3 macam pembuluh darah, yaitu : arteri, vena, dan kapiler.

34

Page 35: RPP IPA 8 2012-2013

Fungsi darah adalah mengedarkan oksigen, mengedarkan sari makanan, mengedarkan hormon, mengangkut sisa oksidasi, membantu menutup luka, dan membunuh kuman-kuman penyakit.Penyakit yang berhubungan dengan sistem transportasi, antaralain : anemia, leukimia, leukopenia, hemofilia.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Kajian pustaka o Diskusi kelompok dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Peredaran Darah.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Peredaran Darah.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan gemar membaca)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang Sistem Peredaran Darah.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian Sistem Peredaran Darah pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

35

Page 36: RPP IPA 8 2012-2013

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan organ penyusun sistem Peredaran Darah pada manusia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang sistem Peredaran Darah (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komutatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang Sistem Peredaran Darah(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang sistem Peredaran Darah pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komutatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Peredaran Darah

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari buku Sukses Belajar IPA 2

20 menit

36

Page 37: RPP IPA 8 2012-2013

Penerbit Tiga Serangkai hal 120 Evaluasi A no.1 - 10

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Sistem Peredaran Darah.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Sistem Peredaran Darah.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati organ penyusun peredaran darah(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan sistem peredaran darah (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan penyakit pada sistem peredaran darah(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai Sistem Peredaran Darah Manusia pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

37

Page 38: RPP IPA 8 2012-2013

- Peserta didik mencatat hasil pengamatan dan mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menunjukkan model Sistem Peredaran Darah pada peserta didik dan meminta peserta didik menjelaskan Sistem peredaran darah(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendata penyakit pada sistem peredaran darah.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan data yang diperoleh di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Sistem peredaran darah pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Sistem Peredaran Darah pada manusia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

20 menit

38

Page 39: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar . Buku siswa kelas VIII LKS Charta Referensi yang relevan .

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulis dan, penugasan b. Bentuk Instrumen : Tes pilihan ganda, tes uraian , tugas rumah c. Contoh Instrumen :1. Tes pihan ganda .1. Bagian darah yang berfungsi mengedarkan oksigen adalah ……..

a. Plasma darah b. Trombositc. Leukositd. Eritrosit Kunci : eritrosit skor 1

2. Intrumen tes uraian 2. Jelaskan fungsi jantung dalam sistem peredaran darah ?

……………………………………Kunci : alat pemompa darah / pusat peredaran darah manusia. Skor 2

3. Instrumen tugas rumah .Buatlah daftar nama kelainan dan daftar nama penyakit yang berhubunhan dgn sistem peredaran darah pada manusia yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan cara mengatasinya .

No

Nama KelainanPenyakit

Gejala kelaian/ Penyakit

Upaya mengatasinya

1234567

Rubrik Penilaian / Pedoman penskoran unjuk kerja siswa .NO

Kegiatan / deskripsiAspek yang dinilai

Skor1

Skor2

Skor3

Skor4

Skor5

1 Ketepatan waktu menyerahkan

39

Page 40: RPP IPA 8 2012-2013

234

Kebenaran jawaban Banyaknya data yang diperolehKerapian

NK = Jumlah skor perolehan X 100 Jumlah skor maksimum

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 07)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Indikator :1. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan pada akar,

batang dan daun .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Menunjukkan letak epidermis , kortek dan stele pada tumbuhan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, teliti)

3. Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat menjelaskan perbedaaan struktur akar, batang dan daun .

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan masing-masing 3 fungsi akar, batang dan daun

3. Melalui praktek LAB, peserta didik dapat mengamati jaringan yang ada pada akar, batang, dan daun dgn menggunakan mikroskop

4. Melalui pengamatan, peserta didik dapat menggambarkan jaringan yang ada pada akar, batang dan daun dari hasil pengamatan .

5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menunjukkan letak bagian-bagian jaringan pada tumbuhan

6. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan fungsi masing-masing jaringan yang terdapat pada tumbuhan.

B. Materi Pembelajaran :Struktur dan fungsi jaringan pada akar, batang dan daun tumbuhan .Fungsi akar :- melekatkan tumbuhan pada subtrat serat menyerap air dan garam mineral dari

subtrat tersebut- membantu menegakkan batang

40

Page 41: RPP IPA 8 2012-2013

- membantu pernapasan- membantu pengangkutan air dan zat nutrisi- tempat menyimpan cadangan makananFungsi batang :- Mendukung bagian tumbuhan yang ada di atas tanah- Sebagai jalur transportasi air dan garam mineral- Pada tumbuhan tertentu berfungsi sebagai tempat menyimppan cadangan makananFungsi daun :- tempat fotosintesis- tempat menyimpan cadangan makanan

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Demonstrasi o Diskusi kelompok dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Struktur dan Fungsi jaringan akar, batang, dan daun(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Struktur dan fungsi jaringan akar, batang, dan daun.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta

15 menit

41

Page 42: RPP IPA 8 2012-2013

tentang Struktur dan fungsi jaringan akar, batang dan daun.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian Struktur jaringan pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan struktur jaringan pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang struktur jaringan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan pesera didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang Struktur jaringan pada tumbuhan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.

20 menit

15 menit

42

Page 43: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Struktur Jaringan pada tumbuhan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 135 Evaluasi A 1-10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Struktur Jaringan pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai struktur Jaringan pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar

15 menit

43

Page 44: RPP IPA 8 2012-2013

membaca, kreatif, dan tanggung jawab)- Guru dibantu peserta didik memasang charta

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati struktur jaringan pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta siswa mengamati dan mendiskusikan fungsi struktur jaringan pada tumbuhan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai Sistem jaringan pada tumbuhan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencatat hasil pengamatan dan mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menunjukkan fungsi sistem jaringan pada tumbuhan pada peserta didik dan meminta peserta didik menjelaskan fungsi jaringan tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan data yang diperoleh di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Struktur Jaringan pada tumbuhan pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap

20 menit

15 menit

44

Page 45: RPP IPA 8 2012-2013

kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Struktur Jaringan pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar .a.Buku siswa kelas VIIIb. LKSc.Referensi yang relevan .d. Charta

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : tes tulis dan unjuk kerja b. Bentuk Instrumen : Tes isian , tes uji petik kerja

c. Contoh Instrumen :1. Tes isian .

1. Jaringan pada daun yang berfungsi tempat berlangsungnya fotosintesis adalah …..Kunci : Jaringan tiang / palisade.Skor : 2

2. Intrumen tes uji petik kerja produk .1. Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan

letak epidermis

2. Gambarlah irisan melintang daun kemudian sebutkan bagian-bagianya .Gb irisan daun

3. Tes unjuk kerja .Rubrik Penilaian / Pedoman penskoran unjuk kerja siswa .

NO

Kegiatan / deskripsiAspek yang dinilai

Skor1

Skor2

Skor3

SkorMak

45

Page 46: RPP IPA 8 2012-2013

12

3

Cara melihat objek pd chartaTampilan gambar yang dibuat pada kertas kerjaKebenaran memberikan keterangan gambar .

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 08)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan tranfomasi

energi pada tumbuhan hijau .Indikator :

1. Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

3. Menjelaskan factor-faktor yang memperngaruhi fotosintesis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan bagian tumbuhan yang paling berperan dalam fotosintesis .

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mendeskripsikan proses fotosintesis

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis .

B. Materi Pembelajaran :Fotosintesis pada tumbuhan .

Energi matahari dimanfatkan oleh tumbuhan untuk membuat makanan (fotosintesis) yang secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Pertama, klorofil terkena sinar matahari, maka molekul air yang ada di klorofil akan terurai menjadi hidrogen dan Oksigen. Oksigen pada akhirnya akan keluar dari daun melalui mulut daun (stomata). Energi dari sinar matahari juga ditangkap dan disimpan dalam bentuk energi kimia.

2. Kedua, dengan menggunakan energi yang telah disimpan tadi, karbondioksida yang berasal dari udara digabungkan dengan bahan yang telah disiapkan

46

C6H12O6

Page 47: RPP IPA 8 2012-2013

(namanya RuBp) sehingga terbentuklah molekul organik baru. Molekul organik baru tersebut kemudian diproses lebih lanjut melalui beberapa tahapan sehingga terbentukalahkarbohidrat (glukosa,amilum) dan bahan –bahan organik lainnya. Reaksi fotosintesis dapat dirumuskan sebagai berikut :6 CO2 + 6H2O

C. Metode Pembelajaran :

Model Pembelajaran:o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusi kelompok dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang fotosintesis pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Fotosintesis.

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang Fotosintesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian Fotosintesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

15 menit

47

+ 6O2

Page 48: RPP IPA 8 2012-2013

kreatif, dan tanggung jawab)- Dengan menggunakan charta peserta didik

mengamati dan mendiskusikan proses fotosintesis pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang fotosintesis.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserat didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Fotosintesis pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ,

20 menit

48

Page 49: RPP IPA 8 2012-2013

komunikatif, tanggung jawab)- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan

10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

Pertemuan II.

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang proses fotosintesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk membaca

buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai fotosintesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati proses fotosintesis secara sederhana(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru membagikan bahan diskusi mengenai proses fotosintesis beserta faktor yang mempengaruhinya pada tumbuhan pada anggota masing-masing kolompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencatat hasil pengamatan dan

15 menit

49

Page 50: RPP IPA 8 2012-2013

mengerjakan bahan diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru menunjukkan proses fotosintesis pada tumbuhan pada peserta didik dan meminta peserta didik menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan data yang diperoleh di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang Proses fotosintesis pada tumbuhan pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang proses fotisintesis tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 20 soal di rumah dari LKS

20 menit

50

Page 51: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan yang akan depan. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

E. Sumber Belajar .a. Buku siswa kelas VIIIb. LKSc. Referensi yang relevan .d. Lingkungan sekolah .e. Charta penampang daun

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : tes tulis dan unjuk kerja b. Bentuk Instrumen : Tes isian , tes uji petik kerja produk , pilihan gandac. Contoh Instrumen :1. Intrumen Tes uraian .

1. Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhiproses fotosintesis.2. Intrumen tes ujipetik kerja produk . 2. Deskripsikan makna perubahan warna setelah ditetesi iodium .3. Tes Pilihan Ganda 3. Bagian daun yang melakukan fotosintesis adalah …..

a. jaringan palisade.b. Stomatac. Epidermis atasd. Pembuluh angkut

G. Rubrik Penilaian .

No Indikator yang dinilai Skor1

Skor2

Skor3

Jumlah

123

45

Kerjasama kelompokKemampuan menggunakan alatMelakukan kegiatan dgn prosedur yang benarMenganalisa data hasil percobaan Membuat kesimpulan

Keterangan :a. Benar skor 3b. Mendekati benar skor 2c. Salah skor 1d. Tidak membuat skor 0

Nilai = Jumlah skor perolehan X 100Jumlah skor maksimum

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

51

Page 52: RPP IPA 8 2012-2013

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 09)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan Kompetensi Dasar : 2.3 Mengidentifikasi macam –macam gerak pada tumbuhan .Indikator :

1. Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Membedakan gerak nasti dgn gerak taksis(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

3. Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan pada tumbuhan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan .

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu membedakan gerak nasti dgn gerak taksis

3. Melalui praktek LAB, peserta didik mampu melakukan percobaan tentang gerak pada tumbuhan .

B. Materi Pembelajaran :Gerak pada tumbuhan Macam-macam gerak pada tumbuhan adalah :

Gerak endonom, yaitu gerak yang belum diketahui penyebanya. Contoh : rotasiplasma sel

Gerak esionom, yaitu gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh rangsang dari luar :

52

Page 53: RPP IPA 8 2012-2013

- Gerak tropisme : - Fototropisme : Fototropisme positif dan fototropisme negatif

- Gerak nasti : Fotonasti, termonasti, seismonasti- Gerak taksis : fototaksis dan kemotaksis

Gerak higroskopis, yaitu gerak yang terjadi karena perbedaan kadar air dalam sel.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusi kelompok dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Gerak pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Gerak pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang Gerak pada Tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan

15 menit

53

Page 54: RPP IPA 8 2012-2013

toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)- Dengan menggunakan charta peserta didik

mengamati dan mendiskusikan pengertian Gerak pada Tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan proses gerak pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang Gerak pada Tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang Gerak pada Tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi dan tanggung jawab)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Gerak pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

20 menit

54

Page 55: RPP IPA 8 2012-2013

kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)- .Guru memberikan penilaian secara tertulis,

unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 142 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar .a.Buku siswa kelas VIIIb. LKSc.Referensi yang relevan .d. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : tes tulis dan proyek b. Bentuk Instrumen : Tes isian , Identifikasi,c. Contoh Instrumen :1. Tes isian .

1. Hal yangmembedakan gerak nasti dgn gerak taksis adalah ………….Kunci : Gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh rangsangan , tapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri , sedangkan gerak taksis adalah gerak seluruh tubuh tanaman yang berpindah tempat dan pindahnya dipengaruhi oleh rangsangan .

2. Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 macam yaitu : a. …………..b…………….

3. Proyek .Rubrik Penilaian / Pedoman penskoran unjuk kerja siswa .

No Aspek yang dinilai Skor

12

34

Melakukan kegiatan dgn prosedur yang benar sesuai LKSMemperoleh data dari percobaanKetepatan waktu dalam mengumpulkanMembuat kesimpulan sesuai pengamatan

2

422

Jumlah 10

55

Page 56: RPP IPA 8 2012-2013

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 10)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan Kompetensi Dasar : 2.4 Menidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan

yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari Indikator :

1. Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendifinisikan pengertian hama dan penyakit

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan hama dan penyakit

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan jenis-jenis hama , penyakit pada tumbuhan

B. Materi Pembelajaran :Pengertian hama dan penyakitPerbedaan hama dan penyakitJenis-jenis hama dan penyakit Hama adalah hewan (umumnya serangga, burung, dan lain-lain ).Penyakit adalah penyimpangan pelaksanaan fungsi normal proses fisiologi yang mengganggu, merusak atau malahan dapat menghentikan kegiatan vital makhluk hidup karena serangan patogen. Hama tanaman yang dapat merusak tanaman :

56

Page 57: RPP IPA 8 2012-2013

1. kelompok hewan menyusui, misanya tikus, kera, gajah2. kelompok hewan serangga, misalnya :walang sangit, ulat, wereng, belalang,

kumbang, dan lain-lain3. kelompok burung, misalnya burung pipit, manyar dan gelatik

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Ekperimeno Diskusi kelompok dan tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang hama dan penyakit pada tumbuhan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai hama dan penyakit pada tumbuhan.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta mengenai hama dan penyakit pada tumbuhan

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian Hama dan penyakit pada tumbuhan

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Dengan menggunakan charta peserta didik

15 menit

57

Page 58: RPP IPA 8 2012-2013

mengamati dan mendiskusikan hama dan penyakit pada tumbuhan

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang hama dan penyakit pada tumbuhan.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik melaksanakan pratikum di LAB tentang Peserta didik mendiskusikan hasil pratikum di masing-masing kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang hama dan penyakit pada tumbuhan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

58

Page 59: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari buku LKS A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar . Buku siswa kelas VIII LKS Referensi yang relevan Lingkungan Carta berbagai organisme yang dpt

menimbulkan kerusakan pada tumbuhan .

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Fortopolio dan tes tulis.b. . Contoh Instrumen :

1. Amatilah tumbuhan disekitarmu , kemudian tuliskan gangguan hama dan penyakit yang dapat menyerang tumbuhan tersebut . Untuk lebih memantapkan datamu tanyakanlah pada narasumber ( petani) tentang hama dan penyakit tersebut .

2. Fortopolio .

Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan membuat laporannya

Rubrik Penilaian / Pedoman penskoran unjuk kerja siswa .

No Aspek yang dinilai Skor

1234

Sistimatika apenulisan Isi tulisanKetepatan mengumpulkan tugasKerapian tugas yang dikumpulkan

3322

Jumlah 10

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

59

Page 60: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 11)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi . Kompetensi Dasar : 3.1.Menjelaskan konsep atom , ion, dan molekul Indikator :

1. Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion dan molekul )(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendeskripsikan pengertian dari atom, ion dan molekul

2. Melalui kajian pustaka, memberikan 3 contoh materi yang terdiri atas ion-ion.3. Melalui diskusi kelompok, peserat didik mampu memberikan 3 contoh molekul

B. Materi Pembelajaran :Atom, ion dan molekulMateri merupakan sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang, sedangkan

partikel adalah bagian terkecil dari materi yang masih mempunyai sifat sama dengan materi tersebut. Materi tersusun dari partikel-partikel yang dapat berbentuk atom, molekul, atau ion.Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat sama dengan unsur tersebut.Ion adalah kumpulan atom yang bermuatan listrik.

60

Page 61: RPP IPA 8 2012-2013

Molekul adalah partikel netral yang terdiri dari dua atau lebih atom

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Ceramah.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang atom, ion dan molekul.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai atom, ion dan molekul.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian atom, ion dan molekul.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang atom, ion dan molekul beserta contohnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan

15 menit

61

Page 62: RPP IPA 8 2012-2013

toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komutatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komutatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komutatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komutatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komutatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 1 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komutatif, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS

62

Page 63: RPP IPA 8 2012-2013

Buku referensi lainnya

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulisb. Bentuk Intrumen : Tes uraian c. Contoh Instrumen :

1. Diskripsikan pengertian dari: a. Atomb. Ionc. Molekul

2. Berikan 3 contoh materi yang tersusun atas ion-ion3. Berikan 3 contoh molekul yang terdapat di sekitar kita

PENILAIAN TES URAIAN :

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Menjelaskan konsep atom, ion dan molekulKELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3

 Skor

maksimum40 30 30 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          

63

Page 64: RPP IPA 8 2012-2013

Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 12)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi . Kompetensi Dasar : 3.2. Menghubungkan konsep atom,ion dan molekul dgn

produk kimia sehari-hari .Indikator :

1. Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan hubungan atom,ion dan molekul

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia .

B. Materi Pembelajaran :Hubungan atom, ion dan molekul

Atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur sedangkan ion merupakan kumpulan atom yang bermuatan listrik dan molekul merupakan kumpulan atom yang bersifat netral. Contoh atom : Atom besi (Fe), atom tembaga (Cu), atom aluminium (Al), dan lain-lain. Contoh ion : Na+, NH4+, K+, N3-. Contoh molekul :Molekul unsur : Hidrogen (H2), Belerang (S8). Molekul senyawa : air (H2O), Karbondioksida (CO2)

64

Page 65: RPP IPA 8 2012-2013

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Ceramah.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang hubungan atom, ion dan molekul.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai hubungan atom, ion dan molekul.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang hubungan atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan hubungan atom, ion dan molekul.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang penyusun salah satu produk kimia.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

65

Page 66: RPP IPA 8 2012-2013

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komutatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang hubungan atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 150 Evaluasi A no.1 - 10

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat-alat lab.

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulisb. Bentuk Intrumen : Tes uraian, pilihan ganda.

66

Page 67: RPP IPA 8 2012-2013

c. Contoh Instrumen :1. Jelaskan hubungan atom-atom yang sejenis dan yang tidak sejenis.2. Pada air Accu yaitu asam sulfat terdiri atas beberapa unsure …….

a. 1b. 2c. 3d. 4

3. Deskripsikan hubungan atom, ion dan molekul !4. Sebutkan komponen yang menyusun air accu !

INSTRUMEN PENILAIAN :

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Menghubungkan konsep atom,ion dan molekul dgn produk kimia

sehari-hari .KELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum30 10 30 30 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          

67

Page 68: RPP IPA 8 2012-2013

Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 13)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi . Kompetensi Dasar : 3.3. Membandingkan molekul unsure dan molekul senyawa Indikator :

1. Menjelaskan dengan simbul perbedaan molekul unsure dgn molekul senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian molekul unsure beserta contohnya

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan molekul senyawa beserta contohnya

3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mamapu menunjukkan beberapa contoh molekul unsure dalam kehidupan sehari-hari .

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menunjukkan beberapa contoh molekul senyawa dalam kehidupan sehari-hari .

B. Materi Pembelajaran :

68

Page 69: RPP IPA 8 2012-2013

Perbandingan molekul unsure dan molekul senyawa .Molekul unsur dapat terbentuk dari unsur sejenis. Contoh : Oksigen (O2), Nitrogen (N2) sedangkan molekul senyawa adalah molekul yang terdiri dari dua jenis atom atau lebih contohnya : air (H2O), karbondioksida (CO2)

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Ceramah.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang molekul unsur(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai molekul unsur.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang molekul unsur(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian molekul unsur(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang molekul

15 menit

69

Page 70: RPP IPA 8 2012-2013

unsur beserta contohnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang molekul unsur (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 155 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggungjawab)

20 menit

Pertemuan IINo. Struktur Kegiatan Pembelajaran Alokasi

70

Page 71: RPP IPA 8 2012-2013

Waktu1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.

(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang molekul senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai molekul senyawa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang molekul senyawa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan pengertian molekul senyawa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang molekul senyawa beserta contohnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

15 menit

20 menit

71

Page 72: RPP IPA 8 2012-2013

kreatif, dan tanggung jawab)- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi

secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentangmolekul unsur dan molekul senyawa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, menghargai prestasi dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru menginformasikan ulangan pada pertemuan berikutnya (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Charta.

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulis, tes lisan .b. Bentuk Intrumen : Tes isian, pilihan ganda. c. Contoh Instrumen :

Pertemuan 1:1. a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan molekul unsure !

b. Sebutkan 3 contoh molekul unsure !2. a. Jelaskan apa yang dimaksud dengn molekul senyawa ! b. Sebutkan 3 contoh molekul senyawa !

Pertemuan 2 :1. Berikut ini manakah yang termasuk molekul unsure !

a. Hidrogen, Oksigen, Nitrogen.b. Hidrogen, Alkohol, Amoniak.

72

Page 73: RPP IPA 8 2012-2013

c. Alkohol, Amoniak, air.d. Asam Sulfat, Perunggu, Besi.

2. Tulislah rumus molekul dari :a. Nitrogenb. Hidrogen c. Garam dapur.d. Air.e. Gula pasir.

73

Page 74: RPP IPA 8 2012-2013

PENILAIAN TES PILIHAN GANDA

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Membandingkan molekul unsure dan molekul senyawa KELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

74

Page 75: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 14)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan . Kompetensi Dasar : 4.2. Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan

efek samping bahan kimia .Indikator :

1. Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan dalam kehidupan sehari-hari .

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memahami adanya efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk yang diketahui dalam kehidupan sehari-hari .

B. Materi Pembelajaran :Kegunaan dan efek samping bahan kimia .Kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari pada makanan, contohnya : pewarna kue, minuman, dll sedangkan dalam industri, contohnya: pewarna tekstil, cat, pemutih pakaian, dll

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Kajian pustaka.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang bahan kimia dalam makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.

10 menit

75

Page 76: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai bahan kimia dalam makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang bahan kimia dalam makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan efek samping bahan kimia dalam makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan menggunakan charta peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang bahan kimia dalam makanan beserta contoh dan efek sampingnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

15 menit

20 menit

76

Page 77: RPP IPA 8 2012-2013

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang bahan kimia dalam makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Kemasan bahan makanan .

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulisb. Bentuk Intrumen : Tes isian c. Contoh Instrumen :

Pertemuan 1:1. Sebutkan bahan kimia yang terkandung pada jenis produk yang anda

amati ( jenis pewarna, jenis pemanis dll .)2. Sebutkan pula fungsi serta efek sampingan yang terkandung pada

bahan-bahan tersebut .

77

Page 78: RPP IPA 8 2012-2013

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek

samping bahan kimia .KELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2

 Skor

maksimum50 50 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

78

Page 79: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 15)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan .

Kompetensi Dasar : 4.3. Mendeskripsikan bahan kimia alami dan buatan dalam

kemasan yang terdapat dalam bahan makanan .Indikator :

1. Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna , pemanis , pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat :1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan tentang pengertian

bahan-bahan kimia alami .2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan contoh-contoh

bahan kimia alami sebagai bahan pengawet , pemanis,penyedap , pewarna .3. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan tentang pengertian

bahan kimia buatan .4. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan contoh-contoh bahan

kimia buatan sebagai bahan pewarna, pemanis, penyedap, pengawet.5. Melalui tugas kelompok, peserta didik dapat mencari contoh-contoh bahan

kemasan yang menggunakan bahan kimia alami sebagai bahan pengwet , pemanis, dan pewarna dan penyedap.

6. Melalui tugas kelompok, peserta didik mampu mencari contoh-contoh makanan kemasan yang menggunakan bahan kimia buatan sebagai bahan pengawet , penyedap, pemanis, dan pewarna.

B. Materi Pembelajaran :Bahan kimia alami dan buatan .Bahan kimia alami yang terdapat pada makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang dapat dikonsumsi. Sedangkan bahan kimia buatan yang terdapat pada makanan merupakan bahan kimia hasil olahan manusia.Contoh dan fungsi bahan kimia alami dan buatan .Contoh bahan kimia alami : cabe (pewarna merah), kunyit (pewarna kuning), daun suji (pewarna hijau)Contoh bahan kimia buatan : vetsin (penyedap makanan)Contoh bahan makanan yang mengandung bahan kimia alami dan buatan yang digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis ,penyedap dan pengawet.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

79

Page 80: RPP IPA 8 2012-2013

Metode pembelajaran :o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Kajian pustaka.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh kemasan makanan tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam makanan(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan makanan yang di bawa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

15 menit

80

Page 81: RPP IPA 8 2012-2013

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan pada

10 menit

81

Page 82: RPP IPA 8 2012-2013

kemasan makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh makanan yang mengandung bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati kemasan makanan peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang pengawet, pemanis, pewarna, penyedap makanan yang alami atau buatan beserta contohnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.

15 menit

20 menit

15 menit

82

Page 83: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan informasi kepada peserta didik untuk ulangan pada pertemuan berikutnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Kemasan bahan makanan .

F. Penilaian Hasil Belajar .

a. Teknik Penilaian : Tes tulisb. Bentuk Intrumen : Penugasan .c. Contoh Instrumen :

Pertemuan 1:1. Jelaskan bahan-bahan kimia alami dan buatan yang dapatdigunakan

sebagai baha pewarna, pengawet, penyedap, pemanis,yang terdapat dalam bahan makanan kemasan .!

2. Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya, buat laporan tentang bahan kimia alami dan buatan yang ada pada makanan tersebut .

83

Page 84: RPP IPA 8 2012-2013

FORMAT PENILAIAN :

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan bahan kimia alami dan buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan .KELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2

 Skor

maksimum50 50 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

84

Page 85: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 16)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan .

Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan sifat / pengaruh zat aditif dan

psikotropika Indikator :

1. Menjelaskan pengertian zat aditif dan psikotropika .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Menjelaskan dampak negative dari zat aditif ( rokok, dan minuman keras .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendifinisikan zat aditif 2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendifinisikan psikotropika3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik menyebutkan 2 dampak negative dari

merokok.4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan 2 dampak

negative psikotropika bagi kesehatan .

B. Materi Pembelajaran :Zat aditif dan psikotropika 1. Zat Aditif adalah istilah untuk zat-zat yang pemakaiannya dapat menimbulkan

ketergantungan fisik yang kuat dan ketergantungan fisik yang kuat dan ketergantungan psikologis yang panjang. Kelompok zat adiktif adalah narkotika (zat atau obat yang berasal dari tanaman) atau bukan tanaman, baik sintetik maupun semisintetik, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan ketergantungan, ganja, opium, kokain, sadativa, nikotin, alkohol.

2. Psikotropika adalah zat atau obat , baik alamiah maupun sintetik dan berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat. Zat adiktif hampir semuanya termasuk ke dalam golongan psikotropika, tetapi tidak semua psikotropika menimbulkan ketergantungan. Contoh psikotropika : LSD, amfetamin

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Ceramaho Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

85

Page 86: RPP IPA 8 2012-2013

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang bahan zat adititif dan psikotropika.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai zat aditif dan psikotropika(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh zat adititif dan psikotropika(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan tentang pengaruh negatif dari zat aditif dan psikotropika .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada

15 menit

20 menit

86

Page 87: RPP IPA 8 2012-2013

LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang zat aditif dan psikotropika.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan pada kemasan makanan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan

10 menit

87

Page 88: RPP IPA 8 2012-2013

pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh makanan yang mengandung bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru dibantu peserta didik memasang charta tentang atom, ion dan molekul(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati kemasan makanan peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang pengawet, pemanis, pewarna, penyedap makanan yang alami atau buatan beserta contohnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

88

Page 89: RPP IPA 8 2012-2013

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 –10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Kemasan bahan makanan .

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulis b. Bentuk Intrumen : Tes uraian.c. Contoh Instrumen : Tes isian :

1. Apakah yang dimaksud dgn zat aditif ?2. Apakah yang dimaksud dgn zat psikotropika ?3. Berikanlah 2 contoh dampak negative penggunaan zat aditif !4. Berikanlah 2 contoh minuman keras !

89

Page 90: RPP IPA 8 2012-2013

FORMAT PENILAIAN :

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan sifat / pengaruh zat aditif dan psikotropika KELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4

 Skor

maksimum25 25 25 25 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

90

Page 91: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 17)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 1Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan .

Kompetensi Dasar : 4.5. Menghindarkan diri dari pengaruh zat aditif dan

psikotropika. Indikator :

1. Menjelaskan cara menghidarkan diri dari zat aditif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat, gemar membaca)

2. Mendata zat aditif dan psikotropika yang digunakan di bidang kedokteran .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, tanggung jawab)

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran ( 1 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menghidari diri dari zat aditif dan psikotropika .

2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mendeskripsikan efek samping dari penyalahgunaan NAPZA.

B. Materi Pembelajaran :Cara menghindari diri dari pengaruh zat aditif dan psikotropika.

Upaya agar terhindar dari penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika memerlukan peran bersama antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah.1. Peran keluarga

Antar anggota keluarga harus saling menjaga dan mempertebal ketaqwaan kepada Tuhan.

2. Peran masyarakatMengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika

3. Peran sekolahSekolah sangat perlu memberikan penyuluhan yang cukup kepada siswa tentang bahaya penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika

4. Peran pemerintahPemerintah perlu menegakkan aturan yang sangat tegas dan jelas terhadap pelanggaran penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan observasi .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Ceramaho Pemberian tugas

91

Page 92: RPP IPA 8 2012-2013

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat aditif dan psikotropika.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai cara menghindari diri dari zat aditif dan psikotropika(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh zat aditif dan psikotropika di bidang kedokteran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan bersama kelompoknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan

15 menit

20 menit

92

Page 93: RPP IPA 8 2012-2013

kreatif)- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi

secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat aditif dan psikotropika.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari buku Sukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar .

Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tulis b. Bentuk Intrumen : Tes uraianc. Contoh Instrumen : Tes isian :

1. Sebutkan beberapa cara untuk menghindari penyalahgunaan NAPZA.2. Sebutkan beberapa zat aditif dan psikotropika yang sering digunakan

dalam bidang kedokteran .

93

Page 94: RPP IPA 8 2012-2013

FORMAT PENILAIAN :

PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Menghindarkan diri dari pengaruh zat aditif dan psikotropika.KELAS / SMT : VIII / 1

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2

 Skor

maksimum50 50 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

94

Page 95: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANRPP 18)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha , gaya dan energi dalam

kehidupan sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya , penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya .

Indikator :1. Melukiskan penjumlahan gaya da selisih gaya-gaya segaris baik searah maupu

berlawanan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif, gemar membaca)

2. Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya : licin,agak kasar, kasar.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif, gemar membaca)

3. Menyebutkan beberapa contoh gaya gesekan yang menguntungkan dan yang merugikan .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif, )

4. Membandingkan berat dan massa suatu benda.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :1. Melalui kajian pustaka, peserta didik menjelaskan pengertian gaya .2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menggambarkan gaya dalam

bentuk vector.3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memadukan 2 gaya atau

lebih yang segaris.4. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian

gaya gesekan .5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh

permukaan benda terhadap besarnya gaya gesekan .6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan 2 contoh

gaya gesekan yang menguntungkan .7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyebutkan 2 contoh

gaya gesekan yang merugikan .8. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan pengertian

massa dan berat .9. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan hubungan

massa dan berat .

B. Materi Pembelajaran :Gaya .Gaya adalah suatu dorongan dan tarikan.Jenis-jenis gaya :- Gaya sentuh (gaya otot, pegas, gaya gesek)- Gaya tak sentuh (gaya gravitasi bumi, gaya listrik, gaya magnet)Penjumlahan gaya :

95

7 N 4 N

Page 96: RPP IPA 8 2012-2013

Resultan gaya = 4 N + 7 N = 11 N

Resultan gaya = 4 N - 7 N = -3 NGaya gesek makin besar terjadi pada benda yang permukaannya kasar, sedangkan makin licin permukaan benda gaya geseknya makin kecil.Gaya gesek yang menguntungkan ,contohnya : gesekan pada rem sepeda, berjalan di permukaan yang kasar.Gaya gesek yang merugikan : berjalan di permukaan yang licin, gesekan ban dengan aspal.Perbedaan massa dengan berat adalah : Massa adalah segala sesuatu yang terkandung dalam zat sedangkan berat adalah massa yang dipengaruhi oleh gravitasi.

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan observasi .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Ceramaho Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang gaya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam

15 menit

96

4 N 7 N

Page 97: RPP IPA 8 2012-2013

Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Gaya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh gaya dalam fisika(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan penjumlahan gaya dan resultan gaya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Gaya dan penjumlahannya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 –

20 menit

97

Page 98: RPP IPA 8 2012-2013

10(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Gaya gesek dan contohnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh Gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan

- Peserta didik mencari contoh gaya gesek- Dengan mengamati dan mencari informasi

peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang perbedaan massa dan berat

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi

kelompok untuk dilaporkan.- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada

LKS yang diberikan guru.- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi

secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.

20 menit

98

Page 99: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis, tes unjuk kerja b. Bentuk Intrumen : Tes pilihan ganda

Tes uraianc. Contoh Instrumen : Tes pilihan ganda :1. Dua buah gaya msing-masing F1 = 25 N ke kanan, dan F2 =10 N ke kiri,

hasil perpaduan nya adalah :a. 250 N ke kananb. 35 N ke kananc. 35 N ke kirid. 15 N ke kanan

2. Sebuah vector yangpanjangnya 6 cm melukiskan gaya 150 N , maka vector yang panjangnya 2,5 cm melukiskan gaya …..a. 25 Nb. 35 Nc. 37,5 Nd. 75 N

Tes Uraian :1. Apa yang dimaksud dgn gaya gesekan !2. Beri 2 contoh keuntungan dari gaya gesekan !

Tes Unjuk Kerja !Tujuan :Mengetahui perbedaan berat dengan massa.Alat :- Neraca PegasBahan :- Balok aluminium- BatuCara Kerja :Timbanglah benda –benda yang telah disediakan !Jawablah pertanyaan berikut :Kemudian tentukan berapa berat dan berapa massanya !

Kesimpulan :Apakah perbedaan berat dengan massa ?

G. Rubrik Penilaian .

No Indikator yang dinilai Skor1

Skor2

Skor3

Jumlah

1 Kerjasama kelompok

99

Page 100: RPP IPA 8 2012-2013

23

45

Kemampuan menggunakan alatMelakukan kegiatan dgn prosedur yang benarMenganalisa data hasil percobaan Membuat kesimpulan

Keterangan :e. Benar skor 3f. Mendekati benar skor 2g. Salah skor 1h. Tidak membuat skor 0

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

100

Page 101: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 19)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha , gaya dan energi dalam

kehidupan sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari .

Indikator :1. Mendemontrasikan hokum I Newton secara sederhana dan penerapannya dalam

kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, gemar membaca, kreatif)

2. Mendemontrasikan hokum II Newton secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, gemar membaca, kreatif)

3. Mendemontrasikan hokum III Newton secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti, gemar membaca, kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui pratikum LAB, peserta didik mampu melakukan percobaan Hukum I Newton

2. Melalui pratikum LAB, peserta didik mampu, melakukan percobaan Hukum II Newton

3. Melalui pratikum LAB, peserta didik mampu melakukan percobaan Hukum III Newton

4. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu merumuskan Hukum I Newton

5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu merumuskan Hukum II Newton

6. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu merumuskan Hukum III Newton

7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memecahkan soal-soal yang berkaitan dgn hokum Newton II

8. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu mencari contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari .

B. Materi Pembelajaran :Hukum Newton.Bunyi Hukum 1 Newton :”Suatu akan tetap diam atau tetap bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol.”Prinsip inilah yang menyebabkan orang akan terdorong ke depan ketika bus tiba-tiba direm secara mendadak. Hukum 1 Newton dikenal dengan sebutan hukum kelembaman.Bunyi Hukum II Newton :

101

Page 102: RPP IPA 8 2012-2013

”Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda tidak sama dengan nol, benda akan bergerak dengan percepatan yang besarnya sebanding dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa kelembamannya.

Bunyi Hukum III Newton :”Apabila sebuah benda mengerjakan gaya (gaya aksi) kepada benda yang lain, benda kedua akan mengerjakan (gaya reaksi) pada benda pertama yang besarnya sama dan arahnya berlawanan .

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan observasi .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang penerapan Hukum Newton.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Penerapan Hukum Newton.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh penerapan

15 menit

102

Page 103: RPP IPA 8 2012-2013

Hukum Newton (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan Penerapan Hukum Newton(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Penerapan Hukum Newton.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

103

Page 104: RPP IPA 8 2012-2013

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Perumusan Hukum Newton dan penyelesaian masalah menggunakan Hukum Newton(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai perumusan Hukum Newton dan penyelesaian masalah menggunakan Hukum Newton(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh peyelesaian masalah dengan Hukum newton(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang pemecahan masalah tentang Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan gemar membaca)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

15 menit

20 menit

104

Page 105: RPP IPA 8 2012-2013

kreatif, dan tanggung jawab)- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi

secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 200 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis , unjuk kerjab. Bentuk Intrumen : Tes uraian

Uji petik kerja

c. Contoh Instrumen : Tes Uraian :

1. Bagaimana Bunyi hukum I Newton ? 2. Sebuah benda massanya 2 kg mendapatkan gaya konstan 5,0

Newton . Berapakah percepatan yang dialami benda tersebut ?3. Sebuah benda Massanya 10 kg diletakkan di atas meja , jika

percepatan grafitasi 9,8 m/s2 , berapakah gaya yang diberikan meja pada benda tersebut ?

4. Apa beda massa dengan berat ?

105

Page 106: RPP IPA 8 2012-2013

5. Berapakah besar gaya yang dikerjakan kepada suatu benda yang bermassa 2 kg dengan percepatan 1 m/s2 ?

FORMAT PENILAIAN :

PENILAIAN TES URAIANMATAPELAJARAN : IPA FisikaKompetensi Dasar : Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari .Kelas / Semester : VII / 1        

   Butir soal dan skor perolehan

SkorPero

-leha

n

Nilai

KM

Tun

tas

Tid

aktu

ntas

Ket1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum

10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 70

No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              11              12              13              14              15              16              17              18              19              20              

Jumlah            Rata-rata              Daya serap             Ketuntasan            

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

106

Page 107: RPP IPA 8 2012-2013

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 20)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha , gaya dan energi dalam

kehidupan sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 5.3. Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya , prinsip “ usaha dan energi serta penerapanya dalam kehidupan sehari-hari .

Indikator :1. Menyebutkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, ingin tahu)2. Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.

( Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)3. Membedakan konsep energi kinetic dan energi potensial pada suatu benda yang

bergerak .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, cermat)

4. Menjelaskan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, cermat)

5. Menjelaskan kaitan antara energi dan usahaNilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

6. Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyebutkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari .

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan konsep energi 3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memberikan contoh perubahan

energi dalam kehidupan sehari-hari.4. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu membedakan energi kinetic dan

energi potensial .5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan hukum kekekalan

energi 6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memberikan contoh –contoh

kehidupan sehari-hari yang berhubungan dgn hukum kekekalan energi 7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan kaitan antara energi

dan usaha8. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memberikan penerapan daya

dalam kehidupan sehari-hari .

B. Materi Pembelajaran :Usaha dan energi .Bentuk-bentuk energi, yaitu :

107

Page 108: RPP IPA 8 2012-2013

- energi listrik- energi panas- energi mekanik- energi potensial- energi kinetik

1. Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya.Energi potensial = massa x konstanta gravitasi x ketinggian

2. Energi Kinetik adalah energi yang dimiliki benda saat benda mulai bergerak.Hukum kekekalan energi :”Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan tetapi energi dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lain.”

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan observasi .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Ceramaho Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Energi dan bentuknya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam

15 menit

108

Page 109: RPP IPA 8 2012-2013

Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Bentuk energi dan perubahannya serta Hukum kekekalan Energi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh perubahan bentuk Energi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan perubahan bentuk energi tersebut(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Bentuk energi dan perubahahnnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- .Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan

20 menit

109

Page 110: RPP IPA 8 2012-2013

10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Hubungan Energi dan Usaha dan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai kaitan energi dan usaha serta daya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh penerapan daya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang usaha, energi dan daya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.

15 menit

20 menit

110

Page 111: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar .

Buku kimia siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis b. Bentuk Intrumen : Tes usaian / isisan

c. Contoh Instrumen :

Tes Uraian :

1. Sebutkan 3 macam tentang bentuk-bentuk energi dan berikan contohnya masing-masing 2 buah .

111

Page 112: RPP IPA 8 2012-2013

2. Dalam rangkaian listrik tertutup dgn sebuah lampu menjadi perubahan energi ………………

3. Jelaskan perbedaan antara energi kinetic dan energi potensial !4. Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan contohnya dalam

kehidupan sehari-hari!5. Bagaimana hubungan antara energi dgn usaha ?

FORMAT PENILAIAN :

PENILAIAN TES URAIANMATAPELAJARAN : IPA FisikaKompetensi Dasar : Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya , prinsip “ usaha dan energi serta penerapanya dalam kehidupan sehari-hari .Kelas / Semester : VII / 1

       

   Butir soal dan skor perolehan

Skor

100

Nilai

KM

Tun

tas

Tid

aktu

ntas

Ket1 2 3 4 5

 Skor

maksimum

25 25 25 25 70

No Nama          

1              2              3              4              5              6              7              8              9              10              11              12              13              14              15              16              17              18              19              20              

Jumlah            Rata-rata              Daya serap             Ketuntasan            

112

Page 113: RPP IPA 8 2012-2013

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 21)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha , gaya dan energi dalam

kehidupan sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 5.4. Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari .

Indikator :1. Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai

dalam kehidupan sehari-hari misalnya ( pengungkit ) , katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak , bidang miring dan roda gigi (gear). (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

2. Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dgn pesawat sederhana .

3. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 6 Jam pelajaran ( 3 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian pesawat 2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan bagian-bagian utama

tuas , katrol bidang miring dan gear dalam kehidupan sehari-hari .3. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menghitung keuntungan mekanik

tuas dgn rumus M = Ik / Ib4. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menghitung keuntungan mekanik

bidang miring dgn rumus M = S/h5. Melalui praktek LAB, peserta didik mampu melakukan percobaan untuk mencari

keuntungan mekanik tuas dan bidang miring

B. Materi Pembelajaran :Pesawat sederhana .Jenis-jenis pesawat sederhana :1. Tuas/ pengungkit

Tuas jenis 1 : titik tumpu – titik beban – titik kuasaTuas jenis 2 : titik beban – titik tumpu – titik kuasaTuas jenis 3 : titik tumpu – titik kuasa – titik bebanKeuntungan mekanik (Km) = Beban : kuasa atau lengan kuasa : lengan beban

2. Bidang miringContoh : baji, sekrup, tangga

3. KatrolKatrol terdiri dari katrol bergerak, katrol tetap, dan katrol ganda

4. Roda dan poros

C. Metode Pembelajaran :

113

Page 114: RPP IPA 8 2012-2013

Model Pembelajaran:o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan eksperimen .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pesawat sederhana.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Pesawat sederhana.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh Pesawat sederhana dalam fisika(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis pesawat sederhana(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

15 menit

20 menit

114

Page 115: RPP IPA 8 2012-2013

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang jenis –jenis pesawat sederhana(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

10 menit

115

Page 116: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru memberikan motivasi tentang pengungkit dan bidang miring beserta keuntungan mekanisnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh penerapan pengungkit dan bidang miring(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari keuntungan mekanis tuas dan bidang miring(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang keuntungan mekanis tuas dan bidang miring(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.

15 menit

20 menit

15 menit

116

Page 117: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, komunikatif dan tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan III

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang katrol dan roda beserta keuntungan mekanisnya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh penerapan pengungkit dan bidang miring(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

117

Page 118: RPP IPA 8 2012-2013

- Peserta didik mencari keuntungan mekanis katrol dan roda(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang keuntungan mekanis katrol dan Roda(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10

20 menit

118

Page 119: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar . Buku fisika siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis , tes unjuk kerjab. Bentuk Intrumen : Tes uraian , Uji petik kerja prosedur dan produk

c. Contoh Instrumen : Instrumen:

1. Pesawat adalah untuk ………………………………..Kunci : mempermudah melakukan usaha

2. Tuas yang panjangnya 1,5 meter titik tumpunya diletakkan pada jarak 0,5 meter dari titik beban . Keuntungan mekanik tuas adalah …….

a. 3 mb. 2 mc. 1 m d. 0,5 m

3. Uji petik kerja prosedur dan produk .Lakukan kegiatan untuk memahami prinsip kerja tuas dgn alat-alat sebagai berikut :

a. Penggarisb. Tali secukupnyac. Beban 6 buah

Rubrik .1. Lembar Observasi .

No Aspek yang dinilai Skor1 Merancang alat dengan benar 22 Melakuka kegiatan dgn prosedur yang benar 43 Memperoleh data dari percobaan 24 Membuat kesimpulan 2

Jumlah Skor 10

119

Page 120: RPP IPA 8 2012-2013

Rubrik penilaian sikap dalam praktek Pesawat sederhanaNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

120

Page 121: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 21)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha , gaya dan energi dalam

kehidupan sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 5.4. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari –hari.

Indikator :1. Menyelidiki perubahan tekanan pada benda padat, cair dan gas

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)2. Menyelidiki susunan molekul suatu zat

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)3. Menyelidiki gaya tarik antar molekul zat (adhesi dan kohesi)

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)4. Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan

perubahan wujud zat(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat menyelidiki perubahan tekanan pada benda padat, cair, dan gas

2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyelidiki susunan molekul suatu zat.

3. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menyelidiki gaya tarik antar molekul zat (adhesi dan kohesi)

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan perubahan wujud zat

B. Materi Pembelajaran :TekananTekanan adalah gaya berbanding luas bidang tekan.1. Tekanan zat padat

Tekanan = gaya : luas bidang tekan2. Tekanan zat cair Tekanan hidrostatis = massa jenis x konstanta gravitasi x tinggi zat cair Hukum Pascal :

121

Page 122: RPP IPA 8 2012-2013

Hukum Archimides = gaya tekan ke atas sama dengan berat zat cair yang dipindahkan.

3. Tekanan zat Alat ukur tekanan gas adalah barometer

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan eksperimen .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Tekanan pada benda padat dan cair.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai dan Tekanan pada benda padat, cair dan gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari contoh Tekanan pada benda padat, cair dan gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis Tekanan pada benda padat, cair atau gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

20 menit

122

Page 123: RPP IPA 8 2012-2013

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang tekanan pada benda padat, cair dan gas (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 210 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

10 menit

123

Page 124: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru memberikan motivasi tentang tekanan pada benda gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh penerapan taekanan pada benda gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang Tekanan pada benda gas(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan

15 menit

20 menit

15 menit

124

Page 125: RPP IPA 8 2012-2013

menghargai prestasi)3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat

rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 233 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, mandiri, kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

E. Sumber Belajar . Buku fisika siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis b. Bentuk Intrumen : Tes uraian c. Contoh Instrumen : Instrumen:1. Apa yang dimaksud dengan tekanan ? skor 502. Jika diketahui gaya yang bekerja pada lantai 5 N dan luas alas sepatu yang

menekan lantai 5 cm2. tentukan berapakah tekanan yang dialami oleh lantai ? Skor 50

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 18Juli 2011

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

125

Page 126: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 22)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep penerapan getaran , gelombang dan

optika dalam produk teknologi sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameternya .

Indikator :1. Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)2. Mengukur periode dan frekwensi suatu getaran

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan teliti)3. Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan tranversal

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)4. Mendeskrispsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang , frekwensi

dan panjang gelombang.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik dapat mendefinisikan pengertian getaran 2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu memberi contoh benda yang

melakukan getaran dalam kehidupan sehari-hari 3. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan hubungan antara

frekwensi dan periode suatu getaran4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menghitung periode suatu

getaran , jika frekwensinya diketahui 5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu mendifinisikan pengertian

gelombang6. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu membedakan gelombang tranversal

dan longitudinal ditinjau dari arah rambatnya terhadap arah getaran 7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan hubungan antara

cepat rambat , frekwensi dan panjang gelombang 8. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menghitung cepat rambat

gelombang , jika panjang gelombang dan frekwensi diketahui

B. Materi Pembelajaran :Getaran dan gelombang Getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik setimbang. Sat

126

Page 127: RPP IPA 8 2012-2013

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan eksperimen .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Getaran dan Gelombang.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Getaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari pengertian getaran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan contoh –contoh benda yang melakukan getaran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

20 menit

127

Page 128: RPP IPA 8 2012-2013

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tanggung jawab dan kreatif)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, tanggung jawab dan kreatif)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang getaran(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari LKS Evaluasi A no.1 – 10

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang gelombang(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin

10 menit

128

Page 129: RPP IPA 8 2012-2013

tahu, kreatif dan gemar membaca)- Guru mengarahkan peserta didik untuk

membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh gelombang(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari perbedaan gelombang meknik dan elektromagnetik(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang gelombang longitudinal dan tranversal(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi

20 menit

129

Page 130: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

E. Sumber Belajar . Buku siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek (penggaris,statif, benang ,pegas,beban, stop watch )

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis , tes unjuk kerjab. Bentuk Intrumen : Tes isian , Tes identifikasi, dan tes uraian c. Contoh Instrumen : Instrumen:

1. Getaran adalah ……………………………….2. Coba berikan 3 contoh benda yang melakukan getaran dalam kehidupan

sehari-hari .3. Coba jelaskan hubungan antara periode dan frekwensi getaran .4. Sebuah pegas bergerak 50 kali dalam waktu 2,5sekon. Hitunglah :

a. Frekwensi getaran b. Periode getaran

5. Sebuah benda memiliki periode getaran 2 sekon , maka frekwensinya adalah …………………………….

6. Apakah yang dimaksud dgn gelombang ?7. Coba jelaskan apa perbedaan gelombang trnversal dgn gelombang

longitudinal ditinjau dari arah rambat gelombang8. Tulislah hubungan antara kecepatan rambat gelombang , panjanag

gelombang, dan frekwensi gelombang .9. Sebutkan 3 contoh dalam kehidupan sehari-hari mengenai gelombang

tranversal dan gelombang longitudinal .10. Gelombang air laut merambat dgn kecepatan 80 m/s jika panjang

gelombang 15 meter , tentukan frekwensi gelombang laut tersebut .

130

Page 131: RPP IPA 8 2012-2013

FORMAT PENILAIAN :PENILAIAN TES URAIAN

MATA PELAJARAN : IPAKOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameternyaKELAS / SMT : VIII / 2

       

   

Butir soal dan skor perolehan

Sko

r P

ero-

leha

n

Nil

ai K

etun

tasa

n M

inim

um Tun

tas

Tid

ak tu

ntas

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 Skor

maksimum10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 100

No Nama          

1              2            3            4            5            6            7            8            9            

10            Jumlah          Rata-rata          Daya serap          Ketuntasan                     

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

131

Page 132: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 23)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep penerapan getaran , gelombang dan

optika dalam produk teknologi sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :1. Membedakan infrasonic , ultrasonic dan audiosonik.2. (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif) 3. Memaparkan karakteristik gelombang bunyi , menunjukkan gejala resonansi

dalam kehidupan sehari-hari .(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

4. Memberi contoh pemanfaatan dan dampak bunyi dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian bunyi 2. Melalui kajian pustaka, menjelaskan pengertian infrasonic, ultrasonic, dan

audiosonik3. Melalui eksperimen, peserta didik mampu melakukan kegiatan tentang resonansi

menggunakan bandul sederhana.4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menyimpulkan hasil percobaan

dan mempresentasikan 5. Melalui diskusi kelompok, peserat didik mampu menyebutkan sarat-sarat

resonansi 6. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan tentang hukum

Mersene 7. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan tentang jenis-jenis

pemantulan bunyi 8. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu, menyebutkan fungsi pemantulan

bunyi .

B. Materi Pembelajaran :Bunyi .

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan eksperimen .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

132

Page 133: RPP IPA 8 2012-2013

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Bunyi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Bunyi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari pengertian Bunyi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan contoh –contoh benda yang melakukan Bunyi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi

kelompok untuk dilaporkan.- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada

LKS yang diberikan guru.- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi

secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

15 menit

20 menit

15 menit

133

Page 134: RPP IPA 8 2012-2013

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang Bunyi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Hukum Mersene, Pemantulan Bunyi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh Bunyi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari perbedaan Pemantulan

15 menit

134

Page 135: RPP IPA 8 2012-2013

Bunyi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang Pemantulan Bunyi.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 288 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

20 menit

135

Page 136: RPP IPA 8 2012-2013

E. Sumber Belajar . Buku siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulisb. Bentuk Intrumen : Tes isian , Tes pilihan gandac. Contoh Instrumen :

1. Infrasonik adalah …………………………2. Ultrasonik adalah …………………………3. Audiosonik adalah …………………………4. Guntur terdengar 2 sekon sesudah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi 400

m/s kilat terjadi pada jarak …………….a. 1600mb. 800 mc. 400 md. 200 m

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

136

Page 137: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 24)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep penerapan getaran , gelombang dan

optika dalam produk teknologi sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubunganya dgn bentuk cermin dan lensa.

Indikator :1. Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat-sifat

perambatan cahaya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, cermat)

2. Menjelaskan hukum pemantulan cahaya yang diperoleh melalui percobaan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, cermat)

3. Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan pengamatan/ percobaan (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, cermat)

4. Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cekung dan cermin cembung.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, cermat)

5. Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan cembung.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan percaya diri, cermat)

Alokasi Waktu : 6 Jam pelajaran ( 3 X pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat :1. Melalui eksperimen, peserta didik menunjukkan sifat-sifat perambatan cahaya

melalui contoh gejala dalam kehidupan sehari-hari 2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan hukum pemantulan

melalui percobaan 3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan proses

pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar , cermin cekung,dan cermin cembung melalui percobaan .

4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan hukum pembiasan melalui percobaan

5. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan dalam lensa cekung dan lensa cembung melalui percobaan

6. Melalui diskusi kelompok, peserta didik msmpu merumuskan hubungan antara jarak focus, jarak benda dan jarak bayangan

7. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menggunakan hubungan antara jarak focus, jarak benda dan jarak bayangan untuk persoalan – persoalan sederhana

B. Materi Pembelajaran :Cahaya

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan eksperimen .

137

Page 138: RPP IPA 8 2012-2013

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Ceramaho Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran . Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang Cahaya dan Sifatnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai Cahaya dan sifatnya.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari pengertian Cahaya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mendiskusikan contoh –contoh benda yang melakukan cahaya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi

kelompok untuk dilaporkan.- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada

LKS yang diberikan guru.

15 menit

20 menit

138

Page 139: RPP IPA 8 2012-2013

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi tentang cahaya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 308 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, mandiri ,kerja keras dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pembiasan cahaya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan

10 menit

139

Page 140: RPP IPA 8 2012-2013

kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh pembiasan cahaya(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari informasi pembentukan bayangan pada cermin dan lensa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses

20 menit

140

Page 141: RPP IPA 8 2012-2013

pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari buku Sukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

Pertemuan III

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang pembentukan bayangan pada lensa cembung dan lensa cekung(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh pembentukan bayangan pada lensa cembung dan cekung

- Peserta didik mencari informasi pembentukan bayangan pada lensa cembung dan lensa cekung(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang pembentukan bayangan pada lensa

15 menit

141

Page 142: RPP IPA 8 2012-2013

cembung dan lensa cekung.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.

20 menit

142

Page 143: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

E. Sumber Belajar . Buku siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis , tes unjuk kerjab. Bentuk Intrumen : Tes isian , Tes pilihan ganda, Uji petik kerja prosedur

c. Contoh Instrumen : Instrumen Isian .

1. Sifat-sifat cahaya dapat dilihat gejalanya dalam kehidupan sehari-hari adalah …………………….( rambatnya lurus,dapat dipantulkan dan dibiaskan .)

Instrumen Pilihan Ganda.2. Sebuah kendaraan berada di belakang sepeda motor dgn jarak 10

meter , jika bayangan terlihat pada kaca sepion adalah pada jarak 10 cm , berapakaf besar focus dari spion tersebut ?

a. 10,5 cmb. 9,9 cmc. 8,7 cmd. 7,6 c

3. Contoh petik kerja prosedur dan produk .Lakukan kegiatan untuk menemukan hubungan antara jarak hubungan antara jarak focus, jarak benda, dan jarak bayangan dgn menggunakan alat-alat .

a. cerminb. meja opticc. lampud. layar

Rubrik :

No Aspek Skor1 Merangkai alat dgn benar 22 Melakukan kegiatan dgn prosedur yang benar 43 Memperoleh data dari percobaan 24 Membuat kesimpulan dg benar 2

Jumlah skor 10

Rubrik penilaian sikap dalam praktek CahayaNO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

143

Page 144: RPP IPA 8 2012-2013

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

144

Page 145: RPP IPA 8 2012-2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 25)

Sekolah : SMP Negeri 1 PetangMata Pelajaran : IPAKelas / Semester : VIII / 2Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep penerapan getaran , gelombang dan

optika dalam produk teknologi sehari-hari .

Kompetensi Dasar : 6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupannya sehari-hari .

Indikator :1. Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optic

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif) 2. Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif) 3. Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat,rasa ingin tahu)4. Menjelaskan prinsip kerja kamera dan lup sebagai alat optic

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan cermat,rasa ingin tahu)5. Menjelaskan cara kerja mikroskop , teropong, dan periskop sebagai alat optic .

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif)

Alokasi Waktu :4 Jam pelajaran ( 2 X pertemuan )A. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat :1. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan pengertian alat optic2. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan fungsi mata sebagai

alat optic3. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu membuat sketsa gambar

pembentukan bayangan benda pada retina4. Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menjelaskan beberapa cacat mata

dan cara penanggulanganya dgn menggunakan kaca mata 5. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan prinsip kerja kamera

dan lup6. Melalui kajian pustaka, peserta didik mampu menjelaskan cara kerja mikroskop,

teropong, dan periskop

B. Materi Pembelajaran :Alat- alat optic

C. Metode Pembelajaran :Model Pembelajaran:

o Direct Intrukton (DI)o Cooperatif Learning (CL)o Diskusi dan eksperimen .

Metode pembelajaran :o Eksperimen o Diskusi kelompok dan tanya jawab o Diskusi informasio Pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran .

145

Page 146: RPP IPA 8 2012-2013

Pertemuan I

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab dan disiplin)

10 menit

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari informasi alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi

15 menit

20 menit

146

Page 147: RPP IPA 8 2012-2013

(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan , komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan 10 soal di rumah dari bukuSukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 88 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

20 menit

Pertemuan II

No. Struktur Kegiatan PembelajaranAlokasi Waktu

1 Pendahuluan - Salam dan berdoa.(Nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan Religius)

- Guru melakukan presensi peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan disiplin dan peduli sosial)

- Guru memberikan motivasi tentang cara kerja alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan rasa ingin tahu dan kreatif)

- Guru menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan ingin tahu, kreatif dan gemar membaca)

- Guru mengarahkan peserta didik untuk membentuk kelompok.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan toleransi, komunikatif, dan tanggung jawab)

10 menit

147

Page 148: RPP IPA 8 2012-2013

2 Kegiatan Inti

Eksplorasi ( Menggali )- Guru menugaskan peserta didik untuk

membaca buku Sukses Belajar IPA 2, Ilmu Alam Sekitar dan literatur IPA yang lain mengenai contoh cara kerja alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mencari informasi cara kerja alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

- Dengan mengamati dan mencari informasi peserta didik mengamati dan mendiskusikan tentang cara kerja alat optic(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab)

Elaborasi ( Menelusuri )- Guru menugaskan peserta didik untuk

menggarisbawahi materi – materi yang penting.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan gemar membaca, kreatif, dan tanggung jawab

- Peserta didik membuat catatan hasil diskusi kelompok untuk dilaporkan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengerjakan soal tentang pada LKS yang diberikan guru.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kreatif, dan tanggung jawab)

- Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi secara berkelompok melalui presentasi hasil diskusi (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab)

Konfirmasi- Guru memberikan umpan balik positif dan

penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan oleh peserta didik.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, kreatif, dan tanggung jawab)

- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya paling baik.

- (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi)

15 menit

20 menit

15 menit

3 Penutup - Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman hasil diskusi(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

- Guru memberikan penilaian secara tertulis, unjuk kerja, dan sikap dan untuk dikerjakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan menghargai prestasi, dan tanggung jawab)

- Guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, diskusi yang sudah dilaksanakan.(Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan,

20 menit

148

Page 149: RPP IPA 8 2012-2013

komunikatif, tanggung jawab)- Guru memberikan Penugasan menyelesaikan

10 soal di rumah dari buku Sukses Belajar IPA 2 Penerbit Tiga Serangkai hal 324 Evaluasi A no.1 - 10 (Nilai pendidikan karakter yang ditanamkan, komunikatif, tanggung jawab)

E. Sumber Belajar . Buku siswa kelas VIII LKS Buku referensi lainnya Alat praktek optik

F. Penilaian Hasil Belajar .a. Teknik Penilaian : Tes tertulis , tes unjuk kerjab. Bentuk Intrumen : Tes isian , Tes pilihan ganda, Pengamatanc. Contoh Instrumen :

1. Jelaskan secara singkat dan jelas bagian-bagian organ mata beserta fungsinya masing-masing.

2. Orang yang tidak dapat benda-benda yang letaknya jauh dikatakan mengalami cacat mata ………..a. Miopib. Hipermetropic. Presbiopid. Atigmatisma

Rubrik :No Aspek Skor1 Siswa mampu menyebutkan alat-alat yang

diperlukan untuk dapat membuat sebuah teropong bintang .

2

2 Siswa mampu menunjukkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sebuah teropong bintang.

2

3 Sisaw mampu merangkai sebuah teropong bintang dgn benar.

2

4 Siswa mampu menempatkan dan mengatur posisi lensa dgn benar

2

5 Siswa mampu menggunakan teropong dgn baik untuk mengamati benda-benda sekitarnya .

2

Jumlah skor 10

Rubrik penilaian sikap dalam praktek alat optic

NO

NAMA

SISWA

PERILAKU NILAI

KETTANGGUN

GJAWAB

KERJASAMA

KEDISIPLINAN

MENGHARGAITEMAN

Keterangan:1=sangat kurang2=kurang

149

Page 150: RPP IPA 8 2012-2013

3=cukup4=baik5=amat baik

Catatan : Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap indikator prilaku

Deskripsi nilai:Nilai 18-20 berarti amat baikNilai 14-17 berarti baikNilai 10-13 berarti sedangNilai 6-9 berarti kurang Nilai 0-5 berarti sangat kurang

Mengetahui,Kepala SMP Negeri 1 Petang Petang, 13 Juli 2015

Guru Mata Pelajaran IPA

Ni Made Serigati, S.Pd., M.M.Pd Dra Ni Made SuastiniNip. 19610219 198012 2 007 NIP. 19650317 200701 2 007

150