smt 2 1011

5
YAYASAN PENDIDIKAN BATIK SURAKARTA SMA BATIK 1 SURAKARTA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL Terakreditasi “A” Jl. Slamet Riyadi 445 Surakarta 57146 Telp.(0271) 710785, 723665 Fax.(0271) 723742 Website : www.smubatik1-slo.sch.id . Email : [email protected] ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari, tanggal : Kamis, 24 Februari 2011 Waktu : 07.00 – 08.30 WIB Kelas, Program : XII , IPA dan IPS PETUNJUK 1. Tulislah nomor tes, nama, dan nomor urut absen Anda pada tempat yang telah disediakan 2. Bacalah lebih dahulu soal-soal yang tersedia dengan saksama, kemudian kerjakan dengan penuh kesungguhan semua soal 3. Gunakan bolpoin yang tidak tembus 4. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan pada pengawas Jawablah soal-soal di bawah ini dengan uraian yang jelas dan lengkap! 1. Jelaskan isi gurindam di bawah ini! a. Apabila banyak berkata-kata di situlah jalan masuknya dusta b. Barang siapa mengenal akhirat tahulah ia dunia mudarat c. Barang siapa meninggalkan sembayang seperti rumah tiada bertiang d. Barang siapa meninggalkan zakat tiadalah hartanya beroleh berkat 2. a. Buatlah sebuah puisi yang didalamnya terdapat majas personifikasi dan majas litotes! b. Berilah garis bawah majas yang Anda maksudkan kemudian berilah penjelasan! 3. a. Apa maksud peribahasa “Jangan bergantung pada akar lapuk”? Berilah penjelasan! b. Buatlah paragraf dengan peribahasa “Jangan bergantung pada akar lapuk”! Soal B. Indonesia XII Smt Genap 1011 Page 1 F.751 /

Upload: buwarnisutopo

Post on 28-May-2015

855 views

Category:

Technology


4 download

TRANSCRIPT

Page 1: Smt 2 1011

YAYASAN PENDIDIKAN BATIK SURAKARTASMA BATIK 1 SURAKARTA

RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL Terakreditasi “A”

Jl. Slamet Riyadi 445 Surakarta 57146 Telp.(0271) 710785, 723665 Fax.(0271) 723742Website : www.smubatik1-slo.sch.id. Email : [email protected]

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAPSMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaHari, tanggal : Kamis, 24 Februari 2011Waktu : 07.00 – 08.30 WIBKelas, Program : XII , IPA dan IPS

PETUNJUK 1. Tulislah nomor tes, nama, dan nomor urut absen Anda pada tempat yang telah disediakan2. Bacalah lebih dahulu soal-soal yang tersedia dengan saksama, kemudian kerjakan dengan

penuh kesungguhan semua soal 3. Gunakan bolpoin yang tidak tembus 4. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan pada pengawas

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan uraian yang jelas dan lengkap!

1. Jelaskan isi gurindam di bawah ini!a. Apabila banyak berkata-kata

di situlah jalan masuknya dustab. Barang siapa mengenal akhirat

tahulah ia dunia mudarat c. Barang siapa meninggalkan sembayang

seperti rumah tiada bertiang d. Barang siapa meninggalkan zakat

tiadalah hartanya beroleh berkat

2. a. Buatlah sebuah puisi yang didalamnya terdapat majas personifikasi dan majas litotes!b. Berilah garis bawah majas yang Anda maksudkan kemudian berilah penjelasan!

3. a. Apa maksud peribahasa “Jangan bergantung pada akar lapuk”? Berilah penjelasan!b. Buatlah paragraf dengan peribahasa “Jangan bergantung pada akar lapuk”!

4. a. Buatlah penggalan drama yang dapat menunjukkan adanya konflik!b. Sebutkan tokoh dalam drama dan jelaskan karakter tokoh tersebut!c. Tuliskan tiga amanat drama tersebut!

5. a. Buatlah contoh silogisme positifb. Berdasarkan silogisme tersebut, tentukan entimennya!

6. Berilah penjelasan paragraf analogi dan berilah contoh minimal 50 kata! Berilah garis bawah kalimat yang menunjukkan adanya kesimpulan!

7. Iklan lowongan pekerjaan

Berdasarkan iklan tersebut buatlah:a. Paragraf pembuka surat lamaran pekerjaanb. Paragraf penutup surat lamaran pekerjaan

Soal B. Indonesia XII Smt Genap 1011 Page 1

DICARIAss Mgr (Pria/S1) dan SPG (SMEA/Wanita). Data Entry (SMEA/Pria) Kirim ke PT Batik Keris, Jalan Slamet Riyadi 497 Surakarta paling lambat satu minggu setelah iklan ini terbit

(Solopos, 22 Februari 2011)

F.751 / WKS.1.14

Page 2: Smt 2 1011

8. a. Buatlah contoh satu ide pokok!b. Tentukan kalimat utama berdasarkan ide pokok tersebut!c. Kembangkan kalimat utama yang Anda buat menjadi sebuah paragraf deduktif!

9. Calon ketua OSIS SMA Batik 1 Surakarta akan menyampaikan orasi secara bergantian. Mereka ingin audiens mau memilihnya. Berdasarkan ilustrasi tersebut buatlah contoh paragraf penutup untuk mengakhiri orasinya (minimal 50 kata).

10. Buatlah contoh kritik dan esai masing-masing satu paragraf!

Selamat Mengerjakan Semoga Sukses

Soal B. Indonesia XII Smt Genap 1011 Page 2

Page 3: Smt 2 1011

KUNCI JAWABAN KELAS XII SEMESTER 2 BAHASA INDONESIASMA BATIK TAHUN AJARAN 2010/2011

1. a. Orang yang banyak bicara biasanya terselip kata-kata yang tidak nyata/ dibuat-buat sehingga muncul kebohongan-kebohongan yang dapat membuat dirinya berdusta.

b. Orang yang mengenal akan kehidupan esok di akhirat, mereka akan selalu menjaga hidupnya dengan baik agar tidak rugi. Hidupnya digunakan untuk hal-hal baik yang dapat mendatangkan ketenteraman batinnya.

c. Orang yang tidak mau bersembahyang/ melakukan sembahyang hanya sekehendak hatinya, sebenarnya mereka itu termasuk orang-orang yang hidupnya tidak memiliki pegangan/ tidak mempunyai pegangan hidup sehingga hidup di dunia hanya akan semaunya saja.

d. Orang yang tidak berzakat/ memberikan sebagian hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan, harta yang dimiliki itu sebenarnya tidak mendatangkan kebaikan (hartanya kurang barokah)

2. Majasa. Personifikasi: Bulan tersenyum padakub. Litotes: Maukah naik ke gerobakku?

3. Peribahasa “Jangan bergantung pada akar lapuk” artinya jangan mengharapkan bantuan pada orang yang tidak mampu/ bisa membantu

4. Drama (terserah korektor)5. Silogisme positif

PU: Semua makhluk hidup membutuhkan airPK: Hewan termasuk makhluk hidupK : Hewan membutuhkan air

6. Analogi (terserah korektor)7. Paragraf pembuka dan penutup surat lamaran

a. Berdasarkan iklan harian Solopos tanggal 14 Februari 2011 saya membaca bahwa PT Batik Keris membutuhkan asisten manager.

b. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.8. Ide pokok, kalimat utama (terserah korektor)9. Penutup pidato

Untuk mengakhiri pidato dalam rangka memperingati hari Kesehatan dan Gizi, dapat saya simpulkan sebagai berikut: 1. seluruh warga sekolah harus berpartisipasi untuk mewujudkan tema yang dicanangkan oleh dinas kesehatan, yaitu “ Manfaat Mutu Makanan yang Bergizi,”; 2. Seluruh warga perlu memperhatikan makanan yang bergizi dan tidak bergizi.Untuk itulah marilah kita tetap memperhatikan gizi makanan yang kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing-masing.

10. Contoh kritikDalam karya Iwan Simatupang, Ziarah, misalnya setiap peristiwa yang menimpa tokoh kita terjalin dalam rangkaian yang tidak menunjukkan hubungan kualitas, karena peristiwa itu hanya terjadi dalam pikiran atau batin tokoh itu. Khayalan dan imajinasi tumpang tindih dengan kejadian yang dialami oleh tokoh ini. Teknik penceritaan tersebut juga digunakan oleh tokoh Putu Wijaya. Hampir semua novelnya bercirikan teknik penceritaan demikian. Dalam publik, misalnya, Putu Wijaya bercerita tentang banyak tokoh dan para tokohnya mengembangkan peristiwa sendiri-sendiri. Penggalan ini menunjukkan hadirnya banyak tokoh tetapi tidak jelas siapa yang menjadi tokoh utamanya. Alangkah baiknya kalau tokohnya tidak terlalu banyak tetapi sudah dapat diketahui tokoh utamanya.

Soal B. Indonesia XII Smt Genap 1011 Page 3