silabus bisnis global genap 2011 2012

7
Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012 hal 1 dari 7 hal SILABUS BISNIS GLOBAL ACCT 19104 SEMESTER GENAP 2011-2012 1. Pengajar No Nama Pengajar Alamat Email 1 Evony Silvino V - A [email protected] 2 Edward Tanujaya / Indah Melati - B [email protected] / indah.[email protected] 3 Desti Fitriany - C [email protected] 4 Maya Novita /(Bhs. Inggris) - D [email protected] 2. Deskripsi Mata Ajaran Mata ajaran ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa apa, mengapa dan bagaimana bisnis internasional itu. Penekanan diarahkan kepada pengenalan isu-isu globalisasi, situasi dan kompetisi pasar internasional dan perspektif untuk mengelola bisnis yang bersinggungan dengan pasar internasional ini. Jenis : Wajib Jumlah SKS :2 Mata ajar prasyarat : Pengantar Bisnis (MGMT 11001) 3. Tujuan 3.1. Tujuan Yang Berkaitan Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif Tujuan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif adalah agar mahasiswa memperoleh gambaran yang lebih komprehensif dan integral mengenai konsep bisnis internasional dan lingkungan globalisasi. Mata ajaran seyogyanya dapat menjadi pembuka jalan bagi mahasiswa yang berminat untuk memperdalam mata ajaran berbasis pengetahuan internasional, seperti Akuntansi Internasional, Keuangan Internasional dan lainnya. 3.2. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft- skills) Deskripsi Pengembangan ketrampilan teknis Ada Pengembangan ketrampilan analitikal Ada Pengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting) Ada Pengembangan ketrampilan mengelola waktu Ada Pengembangan ketrampilan menulis Ada Pengembangan ketrampilan presentasi (public speaking) Ada UNIVERSITAS INDONESIA FAKULTAS EKONOMI

Upload: anastasia

Post on 21-Oct-2015

62 views

Category:

Documents


8 download

DESCRIPTION

Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 1 dari 7 hal

SILABUS

SILABUSBISNIS GLOBAL

ACCT 19104SEMESTER GENAP 2011-2012

1. Pengajar

No Nama Pengajar Alamat Email

1 Evony Silvino V - A [email protected] Edward Tanujaya /

Indah Melati - B

[email protected] /[email protected]

3 Desti Fitriany - C [email protected] Maya Novita /(Bhs. Inggris) - D [email protected]

2. Deskripsi Mata AjaranMata ajaran ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa apa, mengapadan bagaimana bisnis internasional itu. Penekanan diarahkan kepada pengenalanisu-isu globalisasi, situasi dan kompetisi pasar internasional dan perspektif untukmengelola bisnis yang bersinggungan dengan pasar internasional ini.Jenis : WajibJumlah SKS : 2Mata ajar prasyarat : Pengantar Bisnis (MGMT 11001)

3. Tujuan3.1. Tujuan Yang Berkaitan Dengan Peningkatan Kemampuan KognitifTujuan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif adalah agarmahasiswa memperoleh gambaran yang lebih komprehensif dan integral mengenaikonsep bisnis internasional dan lingkungan globalisasi. Mata ajaran seyogyanyadapat menjadi pembuka jalan bagi mahasiswa yang berminat untuk memperdalammata ajaran berbasis pengetahuan internasional, seperti Akuntansi Internasional,Keuangan Internasional dan lainnya.

3.2. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft-skills)

DeskripsiPengembangan ketrampilan teknis Ada

Pengembangan ketrampilan analitikal Ada

Pengembangan ketrampilan penetapan tujuan (goal setting) Ada

Pengembangan ketrampilan mengelola waktu Ada

Pengembangan ketrampilan menulis AdaPengembangan ketrampilan presentasi (public speaking) Ada

UNIVERSITAS INDONESIAFAKULTAS EKONOMI

Page 2: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 2 dari 7 hal

Pengembangan ketrampilan kerjasama kelompok Ada

Pengembangan kepercayaan diri Ada

Pengembangan ketrampilan memecahkan masalah Ada

Pengembangan ketrampilan bahasa Inggris Ada

4. Bahan Bacaan4.1. Wajib:Griffin, Ricky W., and Pustay, Michael W. International Business: A Managerial

Perspective. 6th Edition, Prentice Hall. 2010 (GP)

4.2. Pelengkap:Ball, Donald., et.al. International Business – The Challenge of Global Competition,

12th Edition Mc Graw Hill. 2010(BD)

5. Metode Pengajaran

Kegiatan kuliah tatap muka diawali dengan presentasi kelompok, diskusi terbuka danditutup dengan lecturing sebagai penyimpul diskusi dan penghubung materi kuliah.Bahan pengajaran merupakan kombinasi antara studi kasus dan teori.Rincian metode pengajaran yang digunakan pada mata ajaran ini adalah:

Deskripsi Metode

Pengerjaan kasus Ada

Kuliah Ada

Diskusi kelas AdaProyek kelompok Ada

Laboratorium (in-class experiential exercises) Tidak

Penggunaan komputer Ada

Proyek penelitian independen Ada

Pembelajaran kerjasama (cooperative learning) Ada

6. Evaluasi Hasil Pembelajaran

Dalam mata ajaran ini kelas dibagi menjadi 8 kelompok. Tiap kelompok akanbergiliran melakukan presentasi masing – masing satu kali, mulai dari pertemuan kedua sampai pertemuan ke sembilan. Presentasi membahas topik yang sudahditentukan, dengan pembahasan meliputi:

- Teori singkat- Kondisi dan permasalahan yang dihadapi- Pemecahan masalah dengan menggunakan best practice yang ada sebagai

acuan (benchmarking)- Lesson to learn untuk pemerintah/perusahaan Indonesia

Mahasiswa waijb mencari kasus-kasus riil yang terjadi dalam kurun waktu kurangdari 5 (lima) tahun. Setelah dilakukan presentasi akan dilangsungkan diskusi. Semuamahasiswa diwajibkan untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi yang dilakukan didalam kelas.

Page 3: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 3 dari 7 hal

Menjelang akhir perkuliahan, tiap kelompok diwajibkan mengumpulkan makalahyang berisi tentang ”Indonesia dan Bisnis Global” yang membahas hubunganIndonesia dengan perusahaan multinasional/global dalam tingkatan pemerintah,industri, atau perusahaan, yang mencakup kebijakan pemerintah, investasi asing diIndonesia, investasi dari Indonesia di luar negeri dan sebagainya. Tiap kelompokmenguraikan tantangan dan peluang yang dihadapi, dan bagaimana prospek yangada bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Makalah harus disusun denganmemperhatikan kaidah karya tulis ilmiah. Kelompok dengan makalah terbaik akandiberikan kesempatan untuk mempresentasikannya pada pertemuan terakhir.

Penilaian dari mata ajaran ini didasarkan pada presentase sebagai berikut :

Tugas dan Presentasi KelompokMakalah ProyekUjian Tengah SemesterUjian Akhir SemesterPartisipasi, Absensi, Lain-lain

15%20%25%25%15%

7. Kebijakan Umum

Kode etik mahasiswa yang mencakup kejujuran akademik adalah hal yang sangatpenting, tidak hanya bagi kredibilitas dan harga diri mahasiswa itu sendiri, namunjuga mencerminkan nilai dan standar yang dianut oleh FEUI secara keseluruhan.Mahasiswa didorong untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran, namunpengerjaan tugas-tugas tetap harus dilakukan secara jujur, mandiri, bukan menyalinpekerjaan orang lain dan kemudian diakui sebagai karyanya.

7.1. KehadiranSesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpaketerangan maksimum 20%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadiran lebih dari20% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir.

7.2. PersiapanMahasiswa diasumsikan TELAH MEMBACA bahan ajar sebelum perkuliahandimulai. Mahasiswa harus menunjukkan motivasi dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk belajar secara mandiri. Pusat pembelajaran adalah diri mahasiswasendiri, bukan dosen. Dosen berperan sebagai fasilitator dan nara sumber prosesbelajar.

7.3. Fotokopi BukuSesuai dengan Kode Etik di lingkungan FEUI yang menghormati hak atas kekayaanintelektual (HAKI), mahasiswa diharuskan membawa buku teks asli ke kelas; bukanfotokopi. Buku teks tidak harus edisi terbaru sesuai silabus, selama bisa menunjangpembelajaran. Mahasiswa yang tidak memiliki buku asli, dapat meminjam darimahasiswa senior atau Perpustakaan FEUI.

7.4. Pedoman PenulisanMakalah penulisan menggunakan standar huruf Times New Roman, font 12, spasi1,5, kertas A4.

Page 4: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 4 dari 7 hal

7.5. PlagiarismePlagiarisme adalah mengutip hasil karya orang lain (meliputi namun tidak

terbatas pada kata-kata/data/ide/tabel/diagram), baik sebagian atau seluruhnya,tanpa menyebutkan sumbernya, atau menyajikan ulang hasil karya orang lainseakan-akan karya si penyaji.

Plagiarisme termasuk juga menyalin sebagian atau seluruh pekerjaanmahasiswa lain atau menyalin dari buku, jurnal, Web, majalah, koran, dan lain-lain.

Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkanuntuk penilaian lainnya tanpa menyebutkan sumbernya.

Sanksi atas Plagiarisme Satu kali, makalah diberi nilai nol atau maksimum E Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai E Tiga kali, dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI Nama dan pas foto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan

plagiarisme

Panduan untuk Mencegah PlagiarismePanduan untuk mencegah plagiarisme dapat diakses di situs FEUI. Bagi mahasiswayang belum jelas, dapat menghubungi Departemen Akuntansi FEUI.

Statement of AuthorshipBagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harusmenyertakan Statament of Authorship (terlampir) di halaman depan makalah/papernya.

Statement of Authorship

“Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugasterlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan oranglain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untukmakalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelasbahwa saya/kami menyatakan dengan jelas menggunakannya.Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapatdiperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanyaplagiarisme.”

Nama :NPM :Tandatangan :Mata Ajaran :Judul Makalah/Tugas :Tanggal :Dosen :(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)

Page 5: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 5 dari 7 hal

8. Jadwal KuliahPertemuan

Pokok Bahasan BahanBacaan

I OVERVIEW, GROUP FORMATION ANDINTRODUCTION TO GLOBALISATION & GLOBALBUSINESS

An Overview of International Business What is International Business? Why Study International Business International Business activity The Era of Globalization The Temporary Causes Globalization

Global Marketplace And Business Centers The Market place of North America The Marketplace of Western Europe The Marketplace of Eastern Europe and Central

Europe The Marketplace of Asia The Market place of Africa and Middle East The Market place of South America

GP: Bab 1-2B: Bab 1-2

II GLOBAL BUSINESS ENVIRONMENT

Legal ,Technological, And Political Forces The Legal Environment The Technological Environment The Political Environment

The Role Of Culture Characteristic of Culture Elements of Culture Seeing the Forest Not The Trees International Management and Cultural Differences

Presentation of the group 1: Foreign Investment inSoutheast Asia facing Environmental Factors

GP: Bab 3-4B: Bab 6-13

III GLOBAL BUSINESS ENVIRONMENT

Ethics And Social Responsibility In InternationalBusiness The Nature of Ethics and Social Responsibility in

International Business Ethics in Cross-Cultural and International Contexts Managing Ethical Behavior across Borders Social Responsibility in Cross Cultural and

International Contexts Areas of Social Responsibility Managing Social Responsibility across Borders Regulating International Ethics and Social

ResponsibilityPresentation of the group 2: CSR Practice of MNCand Local Companies in Indonesia

GP: Bab 5B: Bab --

Page 6: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 6 dari 7 hal

IV GLOBAL BUSINESS ENVIRONMENT

Foreign Exchange And International FinancialMarkets The Economic of Foreign Exchange The Structure of the Foreign-Exchange Market The International Capital Market

International Trade And Investment Theory International Trade and the World Economy Classical Country-Based Trade Theories Modern Firm-Based Trade Theories An Overview of International Investment International Investment Theories Factors Influencing Foreign Direct Investment

Presentation of the group 3: Government Policy toInfluence Foreign Investment (Indonesia or G20countries)

GP: Bab 7-8B: Bab 5-6

V GLOBAL BUSINESS ENVIRONMENT

Formulation Of National Trade Policies Rationales for Trade Intervention Barriers to International Trade Promotion of International Trade Controlling Unfair Trade Practices

International Cooperation Among Nations The General Agreements on Tariffs and Trade and

the World Trade Organization Regional Economic Integration The Europe Union Other Regional Trading Blocks

Presentation of the group 4: EU, ASEAN, and WTOroles in World Economy

GP: Bab 9-10B: Bab 2 &4

VI MANAGING GLOBAL BUSINESS

International Strategic Management The Challenges of International Strategic

Management Strategic Alternative Components of an International Strategy Developing International Strategies Levels of International Strategy

Strategies For Analyzing And Entering ForeignMarkets Foreign Market Analysis Choosing a Mode of Entry Exporting to Foreign Markets International Licensing Specialized Entry Modes for International Business

GP: Bab11-12B: Bab 14-15

Page 7: Silabus Bisnis Global Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus Bisnis Global Genap 2011-2012

hal 7 dari 7 hal

Foreign Direct Investment

Presentation of the group 5: MNC entering newmarkets (i.e. Southeast Asia or Indonesia)

VII MANAGING GLOBAL BUSINESS

International Strategic Alliances International Corporate Cooperation Benefits of Strategic Alliances Scope of strategic Alliances Implementation of Strategic Alliances Pitfalls of Strategic Alliances

Presentation of the group 6: Airlines Alliances orMNC alliances

GP: Bab13B: Bab 14

VIII MANAGING GLOBAL BUSINESS OPERATION

International Marketing International Marketing Management Product Policy Pricing Issues and Decisions Promotion Issues and Decisions Distribution Issues and Decisions

International Operations Management The Nature Of International Operations

Management Product Management International Service Operation Managing Productivity in International Business Managing Quality in International Business Managing Information in International Business

Presentation of the group 7: MNC MarketingStrategy in Southeast Asia

GP: Bab16-17B: Bab 16-17

IX MANAGING GLOBAL BUSINESS OPERATION

International Financial Management Financial Issues in International Trade Managing Foreign Exchange Risk

International Accounting and Taxation Accounting practices across border IAS/IFRS International Tax Issues

Presentation of the group 8: MNC & IAS/IFRSAdoption

GP: Bab18-19B: Bab 19

X INDONESIA AND GLOBAL BUSINESSPresentation by Best Paper Group

FinalAssignment