santi muspitasari 201131067

25
ASSALAMU’ALAIKU M WR.WB

Upload: fittri57

Post on 28-Jan-2015

126 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Santi muspitasari 201131067

ASSALAMU’ALAIKUM

WR.WB

Page 2: Santi muspitasari 201131067

MATERI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN

Disusun Oleh :Santi Muspitasari (2011-31-067)

Page 3: Santi muspitasari 201131067

PENGERTIANLayanan Penguasaan Konten adalah Bantuan yang

diberikan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau  

kompetensi (konten) tertentu melalui kegiatan belajar.

Kompetensi adalah kualitas seseorang atau kecocokan

seseorang  yang bisa ditampilkan untuk keperluan tertentu. Atau

Layanan penguasaan konten adalah layanan konseling yang

memungkinkan klien mengembangkan diri berkenaan dengan

sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi pelajaran yang

cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai

aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.

Page 4: Santi muspitasari 201131067

Tujuan Layanan Penguasaan Konten

Tujuan layanan PKO ialah dikuasainya suatu

konten tertentu. Penguasaan konten ini perlu bagi

individu atau klien untuk menambah wawasan dan

pemahaman, mengarahkan penilaian dan sikap,

menguasai cara diharapkan benar – benar aktif

mengikuti dan menjalani semua kegiatan yang ada

dalam proses layanan

Page 5: Santi muspitasari 201131067

Strategi Belajar yang Efektif dan Efisien

Page 6: Santi muspitasari 201131067

Pengertian Belajar

• Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti di museum, di laboratorium, di hutan dan dimana saja. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri dan akan menjadi penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.

Page 7: Santi muspitasari 201131067

• Selanjutnya…Cara belajar efektif adalah cara belajar yang sesuai dengan kondisi personal pembelajar, baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun penggunaan waktu. Sedangkan belajar efesien adalah cara belajar yang meminimalkan usaha tetapi mendapatkan hasil yang maksimal. Yang diminilkan disini juga berupa waktu, tempat, sarana dan prasarana belajar dan lain-lain. Biasanya seseorang belajar tidak terlalu lama, tetapi sangat menguasai materi tersebut, karena orang tersebut kemungkinan mempunyai cara efisien dalam belajar, selain metode yang mereka gunakan dalam belajar. Yang perlu diingat disini adalah, tidak ada orang pintar atau bodoh dalam belajar, yang ada hanyalah orang malas, dan tak tahu cara belajar yang baik.

Page 8: Santi muspitasari 201131067

Dibawah ini adalah cara belajar yang efektif dan efisien:

1. Jangan paksa belajar pada satu kegiatanbelajar yang istiqomah (rutin) belajar, ia akana meluangkan waktu setiap hari meskipun sebentar untuk mengulang pelajaran, latihan atau sekedar membaca materi pokok pelajaran. Kebiasaan ini sangat baik, jika dilakukan setiap hari. Hal itu, lebih baik ketimbang belajar satu sesi menjelang ujian, atau semester. seperti kata pepatah: “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.”

Page 9: Santi muspitasari 201131067

2. Saat mau belajar memiliki rencanaRencana belajar maksudnya adalah memiliki jadwal-jadwal belajar di

luar sekolah. Buatlah jadwal belajar harian, mingguan jam demi jam. Lalu usahakan dengan tegas, dan tepati semua jadwal yang kamu buat. Bagi warga belajar yang tidak teratur, biasanya tidak sebagus yang memiliki rencana dan rutin belajar.

Page 10: Santi muspitasari 201131067

3. Tepati rencana belajar sebagai kebiasaanMemiliki jadwal belajar itu bagus, yang terpenting dari itu adalah meneptai kegiatan jadwal belajar itu sesuai waktu yang ditetapkan dengan rutin dan menjadi kebiasaan. Misalnya, setiap malam jam 20.00 – 21.00 Wib. Nah, jika ini rutin dilakukan, maka kamu akan lebih fokus dan menikmati proses belajar sebagai bagian dari jam tubuh kamu seperti juga makan dan ibadah. Dampak dari semuanya, secara psikologis akan lebih tenang, fresh dan percaya diri serta lebih produktif.

Page 11: Santi muspitasari 201131067

4. Memiliki tujuan khusus di setiap kegiatan belajarTujuan khsusus dalam setiap sesi belajar itu maksudnya agar saat mau belajar sudah siap mau menyelesaikan problem apa, atau hendak memahami sesuatu yang dicari. Nah, dengan demikian, cobalah kamu mengatur tujuan belajar yang kamu lakukan itu setiap hari secara spesifik pada masalah yang telah disusun. Ini akan membantu sekali pada keseluruhan topi pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Page 12: Santi muspitasari 201131067

5. Sekali-kali jangan menunda belajarKebanyakan pelajar ada yang suka dan tidak suka dalam mata pelajaran. Dampaknya, jika kamu tidak suka dengan pelajaran tersebut akan mudah menunda belajar, dan lebih memilih kegiatan lain.Nah, warga belajar yang berhasil, biasanya tidak pernah menunda sesi belajar meski sibuk sekalipun. Jika kamu melakukan penundaan, maka masalah akan bertumpuk-tumpuk dan ini menjadi penyebab kegagalan dalam belajar. Jadi, sekali-kali jangan menunda belajar!

Page 13: Santi muspitasari 201131067

6. Dahulukan pelajaran yang paling sulitKarena pelajaran yang sulit butuh konsentrasi tinggi, usaha dan mental pelajar, maka dahulukan dan jadikan perhatian yang utama. Nah, jika kamu memulai dengan yang sulit-sulit, percaya atau tidak, ini akan mengantarkan kamu menjadi pelajar yang meningkat dan sangat akan sangat efektif bagi kelangsungan pembelajaran kamu.

Page 14: Santi muspitasari 201131067

7. Selalu mengulang catatan sebelum mulai mengerjakan tugasPastikan kamu mengulang atau membaca terlebih dahulu catatan yang dimiliki sebelum mengerjakan tugas. Karena itu, buatlah catatan yang baik selama mengikuti pelajaran di kelas. Karena hal ini akan membantu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Jadi, pastikan kamu tahu persis bagaimana mengerjakan tugas utama itu dengan benar.

Page 15: Santi muspitasari 201131067

8. Jangan biarkan ada gangguan selama belajar Hal yang bisa menenangkan itu perlu dicari. Karena itu, carilah tempat belajar yang aman dari gangguan. Sebab, saat kamu terganggu, maka ini akan mengganggu konsentrasi belajar dan ini sungguh mengganggu belajar kamu.

Page 16: Santi muspitasari 201131067

9. Ikuti belajar kelompok dengan efektifPercaya atau tidak, belajar kelompok dengan efektif akan membawa banyak keuntungan. Seperti mendapat bantuan teman, menyelesaikan tugas dengan cepat, memahami konsep dengan tepat dan bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman lainnya. Masih ingatkah pepatah, “Dua kepala lebih baik daripada satu kepala?”. Jadi, gunakan pepatah ini untuk belajar. Lalu mana kelompok belajar yang tidak efektif? yaitu mereka yang minim dari persiapan dan strategi belajar.

Page 17: Santi muspitasari 201131067

10. Catat ulang setiap tugas, dan materi setiap minggu terakhirAda pengalaman yang bagus dari kebiasaan para pelajar yang sukses yaitu mereka selalu setiap akhir pekan mengulang catatannya. Kenapa begitu? Karena dengan mengulang catatan setiap akhir minggu, maka satu sisi dia lebih menguasai pelajaran selama seminggu, dan akan mempersiapkan materi apa saja yang belum dikuasai pada minggu berikutnya sehingga kamu akan lebih siap menerima konsep-konsep baru dalam pelajaran pada minggu berikutnya.

Page 18: Santi muspitasari 201131067

11. Hindari Belajar BerlebihanTernyata sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus, begitu juga dalam belajar, seperti jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan.Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

Page 19: Santi muspitasari 201131067

12. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan UjianHindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian, karena dengan mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya.

Page 20: Santi muspitasari 201131067

13. Disiplin Dalam BelajarKedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adaya sifat disiplin dalam diri Anda, dapat dipastikan pelajaran yang Anda lakukan dapat efektif dan efisien.

Page 21: Santi muspitasari 201131067

14. Menjadi Aktif Bertanya dan DitanyaAda pepatah Malu bertanya sesat di jalan, ternyata pepatah ini benar, terlebih jika dalam pelajaran. Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya.

Page 22: Santi muspitasari 201131067

15. Belajar Dengan Serius dan TekunKetika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika Anda sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

Page 23: Santi muspitasari 201131067

Gaya Belajar Efektif

1. Gaya Belajar Visual2. Gaya Belajar Audio3. Gaya Belajar Kinesthetic

Page 24: Santi muspitasari 201131067

Prinsip Belajar• Berikut ini disajikan sepuluh prinsip belajar yang

semestinya diketahui oleh seorang trainer dan juga mesti disadari oleh seseorang yang ingin belajar lebih efektif. Item-item berikut disarikan dari buku “The Trainer’s Handbook, Mitchell, 1987“ :

1. Mempelajari apa yang siap untuk dipelajari. 2. Kita pelajari yang terbaik dari apa yang pernah kita

lakukan.3. Kita belajar dari Kesalahan.4. Kita belajar lebih mudah terhadap sesuatu yang kita

kenal.5. Kita menyukai adanya perbedaan sense dalam belajar.6. Kita belajar secara metodik dan sistematik.7. Kita tidak dapat mempelajari sesuatu yang tidak

dimengerti.8. Kita belajar melalui latihan.9. Kita belajar lebih baik ketika kita mengetahui kemajuan

kita.10. Kita menanggapi dengan lebih baik ketika apa yang kita

pelajari disajikan secara unik terhadap setiap orang.

Page 25: Santi muspitasari 201131067

WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB