rz magz edisi januari 2014

56
Bridging Your Love 04 Tahun 1 Januari 2014 Sekolah Juara Gudang Prestasi Anak Indonesia Tips Goz: Lajang & Uang Bincang: Fatin Sidqia Lubis Solusi Vindhy: Mencari Jati Diri

Upload: rumah-zakat

Post on 28-Nov-2014

1.316 views

Category:

Education


12 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Bridging Your Love

04Tahun 1

Januari 2014

Sekolah Juara Gudang Prestasi

Anak Indonesia

Tips Goz:Lajang & Uang

Bincang:Fatin Sidqia Lubis

Solusi Vindhy:Mencari Jati Diri

“Hidup adalah

rangkaian titik peristiwa

yang membentuk

lukisan diri.”

och

re

Kegiatan belajar mengajar salah

satu SD di Kec. Cimenyan, Bandung. Keterbatasan

ruangan membuat ruang kelas 4 dan 6 hanya dipisahkan oleh rak buku. “Sejatinya, semangat

belajar ada di dalam diri. Bukan sesuatu di luar

itu.”

@addurra_izzati

RZ MAGZ TEAMConsultative Board

Yayan Somantri, Nur Efendi,

Muhammad Trieha

Chief Editor

Iman Sulaeman

Artistic

M. Yusuf, Irvan A.

Newsroom

Linda Handayani, Prihatin

Nurlatifah, Indriyatna S,

Sari A Rahmawati

4

Photographer

Panca Susanto

Advertisement

Agustin Santriana

Distribution

Azhar Ahmad

Marketing Consultant

AM. Adhy Trisnanto

Legal Consultant

Yayan Sutarna, SH., MH.

Address

Jalan Turangga No. 25C

Bandung – Jawa Barat

Phone

(022) 7332407

Facsimile

(022) 7332478

SMS Centre

0815 7300 1555

Call Centre

0804 100 1000

E-mail

[email protected]

Web

www.rumahzakat.org

Cover :

Panca Sutanto

Driven by:

06 | Terpercaya dan Juara

09 | Sekolah Alam Sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini

10 | Jahe Pletok dan Kripik Elhasanah

16 | Sekolah Juara, Gudang Prestasi Yatim dan Dhuafa

14 | Belajar Dari Para Juara

12 | Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013

Nama adalah doa. Sekolah

Juara yang kami harapkan

dapat menghasilkan

para juara alhamdulillah

di tahun 2013 sebanyak

294 dari 1617 siswa dapat

berprestasi di luar sekolah.

Anak adalah aset bangsa. Ia akan tumbuh sesuai dengan lingkungan dimana ia tinggal. Di rumah tentu ada orang tua yang senantiasa mengawal perkembangannya, di lingkungan sekitar rumah ada teman-teman bermain yang bisa menjadi pengaruh besar pada segala tingkah lakunya, dan satu lagi, sekolah.

Ikhtisar

Diantara beragam sekolah dan sistem pendidikan alternatif yang tumbuh di Indonesia ini, salah satunya adalah sekolah alam.

Usaha Jahe Pletok dan Kripik Elhasanah

Kemauan adalah sesuatu yang dapat diciptakan. Jika ada sesuatu yang dapat mengukur kemauan, satu di antaranya adalah prestasi.

Multiple Intelligences adalah

sebuah teori kecerdasan dan

merupakan pendekatan dalam

pembelajaran yang dicetuskan

oleh Dr Howard Gardner pada

tahun 1983.

5

RZ Magz Muharram 1435 H

Foto seorang anak Sekolah Juara memegang piala dengan penuh keceriaan merupakan gambaran dari anak juara yang senantiasa bahagia karena berhasil mengukir prestasi. Siswa Sekolah Juara selalu dibimbing dan diarahkan untuk berprestasi sebanyak mungkin dan dalam bidang yang beragam.

COVER STORY

34 | Kiprah OIC Alliance Bantu Anak Yatim

35 | Pak Ogah

42 | Anak Kecil Berzakat?

37 | Lajang &Uang

46 | Dalam Passion, Tak Ada Rasa Terkekang

48 | Menulis itu Gampang

Ketika pengguna jalan alternatif makin banyak, pilihan terbaik ketimbang stagnan di jalan, beberapa orang berpikir untuk menjual jasa melancarkan yang ruwet. Jasa Pak Ogah.

Kesalahan umum yang juga sering terjadi yaitu sang lajang yang berasuransi padahal ia tak memiliki tanggungan untuk diproteksi. Tujuan utama asuransi jiwa adalah untuk melindungi orang-orang yang kita nafkahi

Fatin Shidqia Lubis, yang akrab disapa Fatin ini namanya meroket melalui salah satu ajang pencarian bakat di televisi swasta. Setelah semua tahap dilewati, Fatin berhasil meraih juara pertama. Semenjak itu, Fatin makin terkenal dengan image penyanyi remaja muslimah.

Saya teringat dulu saat masih bersekolah di tingkat menengah pertama terkesan sekali dengan bukunya Arswendo Atmowiloto “Mengarang Itu Gampang”, buku itu sempat saya perpanjang walaupun akhirnya buku perpustakaan itu entah hilang dimana dan saya harus menggantinya. Buku tersebut sempat menggugah saya untuk menjadi penulis.

RZ cabang Aceh bersama

OIC Alliance atau OKI

(Organisasi Konferensi

Islam) menjalin kerjasama

dalam program bantuan

anak yatim/ Orphan Kafala

Program (OKP).

...bahwasannya wajib mengeluarkan zakat pada harta anak kecil dan orang gila, dan ini adalah pendapat yang benar, karena zakat adalah hak harta maka tidak melihat siapa yang memiliki harta

RZ Magz Januari 2014

6

ssalamu’alaikum wr. wb.

Sebuah kesyukuran yang harus bersama kita panjatkan kepada Allah SWT karena izinNya kita masih bisa bersilaturahim di tahun yang baru ini. Salam dan salawat tak lupa kita haturkan kepada panutan kita Rasulullah Muhammad SAW. Semoga kita termasuk ke dalam barisan umatnya di akhirat kelak.

Sobat Zakat, di tahun 2014 ini, Rumah Zakat yang kini kami sebut dengan RZ kembali menyapa Anda melalui serangkaian gerakan bernama BIG SMILE Indonesia. Gerakan yang sudah kami canangkan sejak tahun lalu ini memiliki 4 program yang berorietasi pada pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. Alhamdulillah tahun lalu ada lebih dari 5,7 juta penerima layanan manfaat yang terbantu dengan 4 program tersebut.

Hal itu tentunya dapat terjadi berkat doa dan sinergi dari Sobat Zakat yang ada dari Aceh hingga Papua. Kami merasa sangat bersyukur karena di tahun 2013 bisa menjadi sarana yang menjembatani cinta dari lebih 135.000

Nur EfendiCEO Rumah Zakatsapa

donatur yang tersebar di nusantara hingga mancanegara. Tentunya kepercayaan ini menjadi sebuah spirit bagi kami untuk menjadi lebih baik.

Pada pertengahan Desember kemarin PT Honda Traiding Indonesia menyalurkan beasiswa juara untuk 114 siswa SD Juara Jakarta Barat. Alhamdulillah para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu tersebut mendapatkan dukungan untuk mendapatkan pendidikan gratis berkualitas sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Nama adalah doa. Sekolah Juara yang kami harapkan dapat menghasilkan para juara alhamdulillah di tahun 2013 sebanyak 294 dari 1617 siswa dapat berprestasi di luar sekolah. Tentunya hal ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memberikan fasilitas terbaik bagi para generasi penerus bangsa ini.

Doakan agar kami senantiasa amanah dan profesional.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Terpercaya dan Juara

7

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

KALENDER EVENT JANUARI 2014

Redaksi menerima karya tulis, saran serta masukan dari Sobat zakat untuk dimuat di RumahLentera, kirim ke SMS Center 0815 7300 1555 atau e-mail ke : [email protected] Untuk tulisan yang dimuat di rubrik Perspektif redaksi akan memberikan kenang-kenangan.

@liyaaAssalamualaikum wr.wb.Bagaimana cara untuk mendaftarkan anak di sekolah juara, apa ada syarat khusus?

Waalaikumsalam wr.wb.Sobat Liyaa, Sobat bisa langsung mendaftarkan sang anak ke SD Juara terdekat. Nanti ada tim kami yang akan melakukan survey apakah memenuhi syarat sebagai siswa juara atau tidak.

@andrewAssalamualaikum, saya punya anak asuh di RZ, apakah saya bisa bertemu dengan anak tersebut?

Wassalamuaalikum wr.wb.Waalaikumsalam, tentu Sobat Andrew bisa bertemu dengan anak asuh RZ, dengan syarat masih satu kota. Sobat Andrew bisa menghubungi RZ terdekat untuk mengkonfirmasikannya terlebih dahulu.

mentio

n

rumahzakatfans @rumahzakat

Pusat Pengembangan Potensi Anak1, 4, 5,8, 11, 12, 13, 18, 19, 20, 25, 26, 27

Semua Kantor Cabang

Parenting Class2, 9, 11 15, 19, 22

Medan, Bandung, Jaktim, Samarinda, Semarang

Outing1, 5, 19

Medan, Batam, Padang, Cimahi

Pembinaan Anak Program Kemensos Prosuka19

Semarang

Penyaluran Beasiswa12, 18 19, 26, 17, 26

Semua kantor Cabang

Juara Sehat19

Cimahi

135 135 Ribu Orang Telah Bergabung dalam Upaya Pemberdayaan Indonesia135 Ribu Orang Telah Bergabung dalam Upaya Pemberdayaan Indonesia135

Let Join Us!

9

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

ahulu semasa saya kecil, pilihan sekolah yang ada hanyalah sekolah negeri dan sekolah swasta. Umumnya semua orang akan berusaha sekuat

mungkin untuk memasukkan anaknya ke sekolah negeri, dengan alasan, lebih berkualitas dan biaya yang lebih terjangkau. Namun sekarang ini keadaan sudah jauh berbeda.

Populasi penduduk terus meningkat, sementara jumlah sekolah negeri tidak mengalami peningkatan yang sesuai. Sehingga terciptalah ‘pasar pendidikan’ di Indonesia. Beragam sekolah swasta berdiri untuk menampung beragam tingkat usia anak-anak, remaja hingga perkuliahan.

Perkembangan pola pikir, idealisme sebagian besar orang yang tidak terpuaskan dengan sistem pendidikan yang sudah ada, perbandingan sistem pendidikan di dalam dan di luar negeri yang makin ‘jomplang’, serta munculnya kebutuhan-kebutuhan spesifik dari sebagian besar calon murid dan para orangtua, maka muncullah sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan alternatif, yang menawarkan produk pendidikan yang berbeda, di antara beragam sekolah dan sistem pendidikan alternatif yang tumbuh di Indonesia ini, salah satunya adalah sekolah alam. Sampai dengan saat ini, sekolah alam sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Sekolah alam menjadi unik, karena konsep yang ditawarkannya. Secara fisik, sekolah alam memiliki ruangan kelas berupa saung-saung tanpa dinding. Ketiadaan dinding tersebut memiliki beberapa alasan. Alasan terpenting adalah, sekolah alam ingin menghapus kesan bahwa yang namanya belajar itu harus di dalam ruangan.. Belajar bisa di mana saja, karenanya sangat wajar

manakala sistem pembelajaran di sekolah alam sehari-harinya bisa sangat ‘mobile’.

Hampir 70% pembelajaran bisa dilakukan di luar kelas. Selain alasan tersebut, penggunaan sistem saung dengan dinding terbuka telah terbukti menghemat energi. Hampir sepanjang hari, pencahayaan di dalam kelas tercukupi oleh sinar matahari. Kelas-kelas juga tidak perlu di pasang AC dan struktur saung tradisional Indonesia, juga sudah cukup teruji tahan terhadap gempa.

Lingkungan sekolah alam biasanya sangat asri dengan banyak tanaman dan pepohononan serta beragam hewan peliharaan. Ini sangat mendukung keingintahuan anak-anak dalam melakukan beragam eksplorasi, observasi, hingga sekadar berlarian dan memanjat-manjat pohon. Semua ini ternyata mampu menekan tingkat stress di sekolah. Sekolah alam banyak dicari oleh para orangtua yang memiliki anak-anak hiperaktif, tipe anak yang akan tertekan jika hanya duduk-duduk saja di dalam kelas.Sekolah alam juga menjadi rekomendasi para psikolog kepada orangtua yang memiliki anak-anak yang perlu menyembuhkan diri dari trauma serta menjadi pilihan sekolah inklusi untuk anak-anak dengan diagnosa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Hal lain yang khas dari pendidikan di sekolah alam adalah, tiap harinya anak-anak dan para guru datang ke sekolah dengan menggunakan baju bebas. Karenanya mereka tak ada beban dalam belajar, bermain dan mengeksplorasi alam.

perspektif

Sekolah Alam Sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini

Yuni Khairun NisaFasilitator di Sekolah Alam Cikeas, Nagrak-Bogor

RZ Magz Januari 2014

10

PROFIL

Nama Produk: Jahe Pletok

Warga Binaan: Dwi Wahyuni Roziah

Harga: Rp15.000

Alamat usaha: Perum Jenggolo Indah Blok R-6, RT 28, RW VI, Desa Gogorante, Kediri

Contact Person: 081556617181

kulin

er

Jahe Pletok danKripik El Hasanah

11

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

PROFIL

Nama Produk : Kripik El Hasanah

Harga Rp7.500

Produksi warga binaan RZ cabang Palembang, Eliza Hayana

Dapatkan langsung di: Jalan Rawa Jaya No 1 Belakang Kampus IAIN Raden Fatah Palembang

Contact Person : 081275659651

RZ Magz Januari 2014

12

erubahnya kurikulum pendidikan menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menyempurnakan kurikulum yang telah ada sebelumnya.

Diberlakukannya Kurikulum 2013 merupakan upaya untuk menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk mewujudkannya 14 Sekolah Juara di seluruh Indonesia yang dikelola oleh Indonesia Juara Foundation sebagai mitra RZ dalam bidang pendidikan telah mengusung pendekatan Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk). Melalui konsep ini Anak-anak Juara yang merupakan binaan RZ di Sekolah Juara menjadi anak-anak dengan segudang prestasi. Tahun 2013, RZ telah mendirikan 11 SD Juara, di Bandung, Cimahi, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Yogyakarta, Semarang, Pekanbaru, Medan, dan Surabaya. Dua SMP Juara di Bandung dan Pekanbaru.

Mengenal Multiple Intelligences

Multiple Intelligences (MI) adalah sebuah teori kecerdasan dan merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang dicetuskan oleh Dr. Howard Gardner pada tahun 1983, yang tidak bersepakat bahwa kecerdasan itu statis (seperti IQ) tapi dinamis. Dalam MI setiap anak punya potensi kecerdasan yang berbeda seperti cerdas musik, cerdas gambar, cerdas angka, cerdas diri, cerdas alam, cerdas bahasa, cerdas gerak, cerdas gaul. Setiap potensi kecerdasan yang dimiliki anak bisa menjadi pendekatan yang efektif untuk melejitkan sang anak hingga mendapatkan benefiditas. Inti dari MI itu adalah membuat siswa nyaman dalam belajar karena pembelajaran yang

tero

po

ng

Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013

Perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia terus mengalami penyempurnaan. Berawal dari

digulirkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di tahun 2004,

kemudian mengalami perubahan di tahun 2006 dengan menggunakan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan terakhir diberlakukan

Kurikulum 2013.

13

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

efektif ketika gaya mengajar guru sama dengan gaya belajar siswa.

“Dalam implementasinya belum semua sekolah menerapkan MI karena belum semua sekolah di indonesia memahami tentang pentingnya pendekatan yang tepat untuk Kegiatan Belajar Mengajar,” ungkap Direktur Indonesia Juara Foundation Arif Taat Ujiyanto. “Beberapa sekolah masih menggunakan pola tradisional guru sebagai sentral aktifitas KBM (Teacher Centre), sehingga pelajaran menjadi membosankan bagi anak. Namun saat ini sudah mulai bermunculan sekolah-sekolah yang peduli terhadap keefektifan pembelajaran dengan bermigrasi dari Teacher Centre menuju Student Centre sehingga approach yang akan digunakan dalam KBM dan lesson plan lebih bervariatif, kreatif dan atraktif sehingga pembelajaran bisa jauh lebih efektif,” kata Arif.

Implementasi MI approach dalam KBM harus sistematis, tidak bisa parsial. MI harus diterapkan diawal pembelajaran, proses dan penilaian. Diawal pembelajaran guru harus memetakan kecerdasan yang dimiliki anak. sehingga ketika proses KBM pendekatannya tepat. Contoh, untuk anak yang memiliki kecerdasan kinestetik maka pembelajaran apapun akan efektif ketika melibatkan aktifitas fisik. Anak yang visual akan efektif kalau ada media pembelajaran dengan gambar-gambar yang menarik dan seterusnya.

Penerapan Multiple Intelligences di Sekolah Juara

“Sekolah Juara menerapkan pendekatan MI dalam KBM, dan alhamdulillah prestasi demi prestasi terus dihasilkan. Di tahun 2013 ini kurang lebih ada 300 anak yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Mereka nyaman belajar, dan terus termotivasi untuk berprestasi dengan potensi yang bervariasi,” tutur Arif. “Kata sukses penerapan MI di suatu sekolah ini sangat bergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kalau kata sukses ini dimaksudkan berhasil mengantarkan siswa/siswinya di suatu sekolah untuk menemukan kondisi akhir terbaik sesuai dengan potensi yang dimiliki, itulah MI. Namun kalau dilihat dari kognitif/akademiknya saja (seperti nilai UN dan lainnya) itu bukan MI,” ucap Arif. MI hanya pendekatan dalam pembelajaran dengan MI siswa akan dapat pengalaman belajar yang menyenangkan sesuai yang diharapkan (gaya belajarnya), Riset menyebutkan siswa kesulitan belajar ketika gaya mengajar guru tidak sesuai dengan gaya belajar siswa. Namun apabila gaya mengajar guru sama dengan gaya belajar siswa maka pelajaran akan mudah dan menyenangkan.

Tujuan Penerapan Multiple Intelligences dalam Kurikulum 2013

“Tujuannya penerapan MI adalah memberikan treatment yang tepat kepada setiap anak yang memiliki keunikan masing-masing sehingga target kurikulum bisa tercapai. Dengan MI siswa akan nyaman belajar, ketika nyaman maka lahirlah prestasi, dengan prestasi lahirlah kepercayaan diri dan menemukan benefiditas bagi dirinya,” kata Arif. Pendekatan MI sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang mengacu pada Student Centre,, ini juga sangat inline dengan tema Kurikulum 2013 yakni kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi, karena dalam MI kreativitas, inovasi dan produktivitas sangat dikedepankan.

“Untuk penilaian idealnya mengacu pada autentik assesment. Tidak fair lah kalau belajar 6 tahun/ 3 tahun berprestasi, namun ketika Ujian Nasional (UN) sedang sakit sehingga hasilnya tidak bagus sehingga tidak lulus. Saya sepakat UN ada tapi tidak menjadi penentu kelulusan. UN sebatas mengukur akademik siswa untuk keperluan pendataan dan riset. Kalau hanya UN yang dijadikan kelulusan, kita sering dengar terjadi kebocoran dan kecurangan bahkan ada kerjasama antara guru dan muridnya agar nama sekolah bagus. Ini sangat fatal, kita menanamkan budaya korupsi sejak dini,” pungkas Arif Taat Ujiyanto.

“Tujuannya penerapan

MI adalah memberikan

treatment yang tepat kepada

setiap anak yang memiliki

keunikan masing-masing

sehingga target kurikulum

bisa tercapai.”

RZ Magz Januari 2014

14

restasi adalah sesuatu yang akan selalu menghadirkan keajaiban-keajaiban dalam kehidupan kita. Pada setiap prestasi selalu ada

proses panjang menciptakan kemauan. Bukan hanya kemauan untuk mencapai prestasi tapi juga kemauan untuk terus-menerus yakin bahwa setiap prestasi dapat diraih asal ada kemauan. Seberapa banyak prestasimu dalam hidup, sebanyak itulah Allah SWT menganugerahkan keajaiban ketahanan diri untuk tetap mau memperjuangkannya.

Keajaiban itu dialami Riani Anggraini, koordinator relawan RZ Palembang. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas sriwijaya ini berhasil menjadi salah satu peserta lomba Debat Konstitusi tingkat nasional yang diadakan Mahkamah Konstitusi RI pada 2011. Pada tahun yang sama ia menjadi Juara I Lomba Debat Politik Tingkat Universitas. Setahun kemudian, ia menjadi Best Speaker Lomba Debat Politik Tingkat Universitas. Pada setiap pencapaian prestasi, kemauan selalu dapat mengalahkan setiap hambatan dalam mencapai kemenangan. “Menjadi relawan RZ mengeksplorasi kemampuan diri saya. Perlahan tapi pasti keaktifan saya sebagai relawan juga berpengaruh pada pembentukan karakter saya secara pribadi. Saya menjadi lebih kuat dan berani,” kata relawan yang bergabung dengan RZ sejak 2006 ini.

Mengerti. Itulah hikmah lain yang didapat Riani selama

Kemauan adalah sesuatu yang dapat diciptakan. Terdapat banyak keajaiban dalam proses penciptaannya. Jika ada

sesuatu yang dapat mengukur kemauan, satu di antaranya adalah prestasi.

(Willa Cather).

BelajarDari Para Juara

tero

po

ng

Inspirasi Relawan RZ yang Berprestasi

15

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

menjalani aktivitasnya sebagai relawan. “Di luar sana banyak orang yang perlu pertolongan dari sisi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Dengan menjadi relawan RZ, saya bisa berbagi banyak orang meskipun bukan milik sendiri. Saya jadi mengerti, berbagi adalah salah satu cara untuk menghidupkan hidup,” kata Riani. Jika hidup sudah bisa dihidupkan, satu demi satu prestasi pasti lebih cepat dapat diraih.

Keajaiban yang sama juga dialami oleh Muhammad Iqbal dan Dyah Ayu. Dua orang relawan ini berprestasi dalam bidang olahraga. Iqbal adalah jagoan dalam bidang karate. Ia meraih juara 2 lomba karate Remaja Putra tingkat nasional. Dalam usia muda. mahasaiswa jurusan manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan ini telah berbisnis bubur Mas Bro, Snack Daikatsu, sampai ke bisnis properti. Keberanian untuk memulai satu demi satu bisnisnya berasal dari kemauan yang terus-menerus diciptakan.

Ia menjadi relawan tahun 2009, saat itu diadakan Diksar Regional Kalimantan, Sulawesi, Papua yang diadakan di Samarinda. Kata Iqbal, “Menjadi relawan itu menyenangkan karena saya bisa bertemu dengan banyak orang baru dengan latar belakang yang berbeda. Saya bisa menambah banyak ilmu baru. Bisa berbagi dengan orang banyak juga menjadi kebahagiaan tersendiri. Sedikit saja bantuan tenaga kita ternyata bisa meringankan beban orang lain.”Menghargai hidup adalah pelajaran yang didapat oleh Iqbal dari aktivitasnya menjadi relawan RZ. “Ada teman yang berkata, ‘Ngapain sih kerja buat orang lain tapi nggak dibayar?’ Buat saya, menyumbang waktu, tenaga dan pikiran dengan menjadi relawan RZ merupakan upaya

untuk mengaktualisasi diri, membuat saya menghargai hidup, karena hidup bukan hanya tentang uang, melainkan hidup untuk persiapan hidup kita bersama lebih baik di dunia dan akhirat,” Kata Iqbal.

Selain Iqbal, ada Dyah Ayu yang aktif menjadi Koordinator relawan RZ Jember. Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Fisipol Universitas Negeri Jember ini selain aktif dalam berbagai kegiatan penyaluran RZ juga berprestasi dalam bidang olahraga futsal dan Taekwondo. Ternyata anggapan bahwa jilbab menghambat perempuan untuk berprestasi dalam bidang olahraga itu tidak benar. Perempuan yang lahir di Jombang 22 tahun yang lalu ini menjadi Juara 2 Taekwondo Open Mandiri Cup Kabupaten Jember 2010. Tahun ini ia juga menjadi Juara 1 Futsal Putri Rektor Cup Universitas Jember dan melanjutkan prestasinya menjadi Juara 1 Futsal Putri Kejuaraan Nasional ITS Futsal Championship. Dalam tim futsalnya Dyah menjadi satu-satunya personil yang menggunakan jilbab. Dalam sisi akademik, ia juga menjadi salah satu peserta Visiting Student di Universiti Sains Malaysia 2012 di Penang, Malaysia. “RZ amazing! RZ adalah rumah kedua dan keluarga bagi saya. berawal dari RZ saya bisa menjadi lebih dewasa dan mengerti bagaimana caranya membina

Riani

Iqbal

RZ Magz Januari 2014

16

masyarakat dan berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang. Bersama tim relawan saya bisa enjoy melakukan kegiatan organisasi,” ujar Dyah. Keajaiban pencapaian prestasi juga dialami oleh Budi, relawan RZ Surabaya yang berkiprah hanya dengan satu kaki. Ia aktif dalam NPC (National Paralympic Committee) Kota Surabaya, dibawahi KONI Surabaya. Organisasi ini menjadi wadah altet-atlet yang memiliki kekurangan fisik. Dalam dua tahun terakhir Budi berhasil menaklukkan dua kejuaraan. Pada tahun 2012 lalu ia mengikuti lomba lempar lembing khusus orang-orang berkebutuhan khusus Jawa Timur. Ia berhasil meraih peringkat dua. “badan lawan saya besar sekali. Dia mantan tentara yang kakinya hancur karena terkena bom dan diamputasi. Badannya sudah benar-benar bagus dan terlatih, lebih besar dari saya. Itulah mengapa saya hanya menjadi juara dua,” ujar Budi sambil tertawa.

Pada pertengahan tahun lalu, mahasiswa jurusan Sosiologi UNESA menjadi ini juara satu dalam lomba lari. Kakinya yang hanya satu membawanya memenangkan kejuaraan lari, satu hal yang dikhawatirkan tidak dapat dilakukan oleh orang-orang yang kehilangan kaki. “Saya pernah nyoba pakai kaki palsu, tapi ndak enak. Saya tidak bebas bergerak mengangkut kornet superqurban, obat-obatan, atau keperluan lainnya” tuturnya. Ia tidak pernah berpikir untuk menggunakan kaki palsu. Satu kaki kini sudah amat cukup baginya.

Kiprahnya sebagai relawan membuatnya dapat mengunjungi berbagai tempat untuk membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial. “Saya suka menjadi relawan RZ. Di sini saya mendapat keluarga baru, pengalaman baru, banyak ilmu baru yang tidak saya dapatkan di kampus. Saya juga dapat terjun langsung ke masyarakat,” ujar Budi.

Sekolah Juara Gudang Siswa BerprestasiTentang perjuangan mencapai prestasi, siswa Sekolah Juara yang mayoritas berasal dari keluarga kurang mampu dapat menjadi inspirator. Kondisi ekonomi keluarga tidak meyurutkan kepercayaan diri mereka untuk berperestasi dalam berbagai bidang lomba. Selama 2013 terdapat 294 siswa Sekolah Juara yang berprestasi. Setiap bulan rata-rata 14 Sekolah Juara binaan RZ yang tersebar di 12 Kota dan 1 Kabupaten di Indonesia ini meraih 26 prestasi. Bahkan pada Maret 2013, sebanyak 71 prestasi diraih dengan penuh percaya diri oleh para siswa Sekolah Juara ini.

Farah, siswa SD Juara Jakarta selatan menjadi Juara satu lomba tari. Bersama 10 temannya Farah mengeksplorasi kecerdasan kinestetiknya dalam perlombaan yang selenggarakan oleh Kejurda DKI Jakarta. Di SD Juara Medan ada Aminah Hafidztunnisa, juara satu lomba menulis cerpen Mizan yang bertema lingkungan hidup. Kecerdasan linguistiknya membawa ia menjadi yang terbaik dalam ajang menulis tingkat nasional ini. Dalam bidang olahraga, Arilasari menjadi juara tiga dalam kejuaraat taekwondo Pra Junior memperebutkan Piala Walikota Pekanbaru. Dari SMK Juara Subang, M rizan Fauzan meraih juara empat

Dyah

Dyah

17

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

Pidato Bahasa Sunda yang dilaksanakan As Syifa Boarding School. Siswa yang mendapat pendidikan spesifik tentang dunia peternakan ini menunjukan kemampuannya dalam penjagaan budaya lokal.

Serunya menjalani proses pencapaian prestasi dialami oleh M. Thoriq, Azmi Almutawakkil, dan Annas Syifa siswa kelas enam dan kelas empat SD Juara Cimahi. Tiga siswa yang penuh percaya diri ini meniti prestasinya dalam lomba Keserasian Shalat yang diadakan oleh Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI). Mereka meniti prestasi dari tingkat Gugus Ahmad Yani. Menjadi salah satu pemenang di tingkat gugus, mereka melaju ke tingkat Kota Cimahi. Menjadi tim terbaik di Cimahi, tiga putra-putri terbaik SD Juara Cimahi ini melanjutkan perjuangannya ke tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di Tasikmalaya.

Dalam Sapta Lomba PAI ini mereka mengikuti lomba Keserasian Sholat, Pildacil, Kaligrafi, Tilawah, Tahfidz, dan Cerdas Cermat. Saat ditanya tentang kompetitor terberat, Toriq berujar, “Saingan berat kita tim dari Tasikmalaya.”

Dalam sela pembicaraan bersama tim RZMagz Syifa menceritakan keinginanya bersekolah di Madinah. Sebagian orang mungkit takpercaya siswa yang belajar di sekolah gratis bercita-cita sekolah ke luar negeri. Dengan polos Azmy berujar, “Biarin, biar dapet gelar Lc.”

Dalam perlombaan tingkat Provinsi Jawa Barat tiga siswa ini mendapat Juara Harapan III. Bagi mereka, prestasi ini adalah kebahagiaan yang menjadi awal dari prestasi lain. “Jadi Juara Harapan III seneng, Apalagi kalo nanti bisa jadi juara internasional,” kata M. Thoriq. Tiga siswa ini juga sudah terbiasa mengikuti kompetisi lain. Menjadi juara atau tidak, itu hal yang berbeda. “Aku pernah ikutan lomba mewarnai, tapi nggak menang,” kata Annas Syifa. Sebelumnya, Thoriq juga pernah mengikuti lomba adzan. “Nggak juara,” kata Thoriq dengan datar. Dari pengalaman mereka dapat terlihat bahwa menjadi juara bukan hanya tentang apa yang telah dicapai tapi seberapa kuat kita bertahan untuk terus mengupayakain yang terbaik untuk mencapainya.

“Saya jadi mengerti, berbagi adalah salah satu cara

untuk menghidupkan hidup.” - Riani-

Annas Syifa , M. Thoriq dan Azmi Almutawakkil

RZ Magz Januari 2014

18te

rop

ong

Sekolah Juara, Gudang Prestasi Anak Indonesia

19

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

nak adalah aset bangsa. Ia akan tumbuh sesuai dengan lingkungan di mana ia tinggal. Di rumah tentu ada orang tua yang senantiasa mengawal

perkembangannya. Di lingkungan sekitar rumah ada teman-teman bermain yang bisa menjadi pengaruh besar pada segala tingkah lakunya, dan satu lagi, sekolah. Sekolah mempunya porsi yang cukup besar dalam membentuk karakter anak setelah ia keluar dari rumah. Sekolah adalah instansi yang dipercaya untuk lebih lanjut memberikan berbagai macam bekal pendidikan anak demi masa depan yang cerah.

Pada tahapannya sekolah mempunyai perannya masing-masing. Mulai dari SD, SMP, SMU hingga perguruan tinggi, mempunyai porsi untuk membentuk karakter dan perkembangan seorang anak. Pendidikan sejak dini tentu akan sangat berpengaruh terhadap segala potensi yang dapat dieksplore pada diri seorang anak. Menurut Chief Program Officer RZ, Heny Widiastuti setiap anak dianugerahkan potensi yang beragam. Tidak adil jika sekolah hanya mengembangkan satu bidang potensi tanpa menggali bidang potensi yang lain. Juara tidak hanya lahir dari bidang yang selama ini telah banyak melahirkan juara.

Sekolah Juara adalah sekolah binaan RZ yang menerapkan konsep Multiple Intelligences dalam proses pembelajarannya. Dengan konsep ini berbagai potensi yang dimiliki anak-anak akan tergali dan tereksplore dengan utuh. Sebab setiap anak memiliki potensi kecerdasan yang berbeda-beda seperti kecerdasan linguistic, kecerdasan logik matematik, kecerdasan visual dan spasial, kecerdasan music, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan naturalis. Namun di Sekolah Juara ada satu lagi kecerdasan yang diterapkan, yaitu kecerdasan spiritual. Karena kecerdasan spiritual ini sangat penting dieksplore untuk membekali anak-anak juara agar mereka mempunyai hubungan baik dengan Sang Maha Pencipta segala kecerdasan tersebut. Setiap hari Anak Juara dibiasakan untuk shalat dhuha sebelum memulai proses belajar mengajar, mereka juga dibimbing dalam program hafalan Qur’an. Di luar itu, ekstra kulikuler yang diperuntukan bagi Anak Juara amat beragam. Mulai dari melukis yang bisa dilakukan dengan berdiam di ruangan, karawitan, tatalu, paduan suara maupun kegiatan lapangan seperti sepak bola juga pramuka. Di Sekolah Juara juga ada Market Day, yaitu pembelajaran berwirausaha bagi Anak-anak Juara dengan cara berjualan.

“Market Day ini bertujuan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi anak-anak juara. Di Market Day SD Juara Surabaya

kali ini agak berbeda dengan sebelumnya. Kami ingin mengenalkan konsep foodcourt atau pujasera ke anak-anak. Setiap pembeli yang ingin berbelanja di stand tersebut akan mendapatkan struk/nota yang harus diisi dan uangnya dibayarkan di kasir. Setelah mendapatkan tanda tangan petugas kasir, pembeli bisa menukarkan struk pembayaran dengan barang yang akan dibeli,” ujar Darwati, Guru SD Juara Surabaya.

Sekolah Juara yang ditujukan bagi keluarga kurang mampu ini telah berdiri di 12 kota dan kabupaten di Indonesia. Terdiri dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Meski tak sedikitpun biaya yang dipungut kepada para siswanya, Sekolah Juara mengutamakan kualitas dalam segala proses pembelajarannya. Dengan konsep Multiple Intelligences, Sekolah Juara berhasil menggali berbagai potensi yang dimiliki oleh siswanya. Hal itu terbukti dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh para anak juara, baik prestasi di bidang akademik, olah raga maupun kesenian. Hingga Desember 2013, 14 Sekolah Juara telah melahirkan 294 siswa berprestasi, dari total siswanya yang sebanyak 1617. Prestasi tersebut ditorehkan mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

RZ Magz Januari 2014

20

“Kami membuat target khusus yang terukur untuk pencapaian prestasi siswa. Hal ini berlaku di semua Sekolah Juara dengan parameter yang disesuaikan dengan daerah masing-masing,” tutur Heny.

Dengan metode pembelajaran yang komprehensif atau menyeluruh, Sekolah Juara memang didedikasikan untuk melahirkan anak-anak bermental juara yang siap menjawab tantangan zaman. Sistem pembelajarannya tidak hanya di dalam kelas atau ruangan sehingga membuat variasi kegiatan belajar mengajar makin kreatif dan membuat anak-anak merasa fun selama mengikuti segala proses belajarnya. Field trip ke lapangan juga sering diadakan sebagai pembelajaran langsung bagi para siswa, seperti ke stasiun Kereta Api, kantor pos, museum atau juga belajar di alam seperti ke kebun sayur dan kebon binatang.

Hadirnya Sekolah Juara dapat menjadi bukti bahwa sekolah yang gratis tetap bisa menunjukkan segala kualitasnya. Selain itu juga untuk memberikan harapan kepada anak yatim dan dhuafa yang tidak punya kemampuan yang cukup untuk membayar biaya pendidikannya. Sebab pendidikan adalah hak semua orang, sehingga bagi yang berkelebihan rizki bisa turut berpartisipasi menyekolahkan mereka dengan berdonasi melalui RZ melalui beasiswa ceria maupun juara.

“Permasalahan kemiskinan di Indonesia tidak bisa selesai dengan sekejap. Salah salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas anak bangsa melalui pendidikan yang berkualitas. Kami ingin memotong rantai kemiskinan melalui pendidikan,” pungkas Heny.

Sekolah Juara yang ditujukan bagi keluarga

kurang mampu ini telah berdiri di 12 kota dan

kabupaten di Indonesia

Agar Bisa Membantu

Lebih Banyak

RZ Magz November 2013

6

ssalamu’alaikum wr wb

Segala puji hanya milik Allah SWT yang masih memberikan kesempatan bagi kita untuk bersilaturahim meski melalui sebuah media tanpa secara langsung bertegur sapa. Salam dan shalawat tak lupa kita haturkan kepada suri teladan kita Nabi Muhammad SAW yang semoga di akhirat kelak kita semua mendapatkan syafaat darinya.

Bersama tulisan ini saya ingin menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi Sobat Zakat baik perorangan, komunintas, maupun korporat, dalam program Superqurban 1434 H. Semoga amal ibadah qurban kita diterima Allah SWT dan menjadi jalan bagi kita untuk bertemu denganNya kelak. InsyaAllah amanah qurban Sobat Zakat akan kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan baik di dalam maupun di luar negeri.

Alhamdulillah di bulan Oktober lalu, para petani binaan RZ yang berada di Subang memanen hasil ladang mereka yang berupa kedelai. Dari tanah 1 hektar yang mereka garap itu dihasilkan 5 ton kedelai. Tentunya ini menjadi sebuah hal yang harus disyukuri bersama, mengingat

kedelai merupakan salah satu bahan baku utama dalam rantai pangan masyarakat Indonesia.

Tak hanya para petani Subang saja yang bahagia saat memetik hasil pemberdayaan tapi juga masih banyak saudara-saudara kita lainnya dari berbagai daerah yang turut merasakan hal serupa. Semua itu bisa terjadi berkat sinergi Anda, para donatur RZ yang mempercayakan ZIS dan dana kemanusiaan lainnya kepada kami untuk kemudian digunakan dalam upaya pemberdayaan masyarakat Indonesia

Di bulan November ini insyaAllah kami akan bekerjasama dengan Dirjen Pajak RI untuk mengkampanyekan zakat sebagai salah satu objek yang dapat mengurangi pajak penghasilan. Alhamdulillah dengan berdonasi melalui RZ, pajak Sobat Zakat bisa berkurang. Mengenai pajak dan zakat ini akan dibahas oleh tim redaksi RZ Magz lebih lanjut.

Doakan semoga kami tetap amanah dan profesional.

Wassalamu’alaikum wr wb

Dengan Wakaf,Mari Bangun Jembatandi Cigawir Garut

Bagi pelanggan XLCaranya SMS dengan formatWAKAF kirim ke 5000 untuk berwakaf Rp5000 dan ke 2500 untuk berwakaf Rp2500

Dengan Wakaf,Mari Bangun Jembatandi Cigawir GarutBagi pelanggan XLCaranya SMS dengan formatWAKAF kirim ke 5000 untuk berwakaf Rp5000 dan ke 2500 untuk berwakaf Rp2500

Dengan Wakaf,Mari Bangun Jembatandi Cigawir Garut

Bagi pelanggan XLCaranya SMS dengan formatWAKAF kirim ke 5000 untuk berwakaf Rp5000 dan ke 2500 untuk berwakaf Rp2500

RZ Magz Januari 2014

22

Perkem

bang

an Pro

gram

Rum

ah Zakat N

ovemb

er 2013

pro

gre

ss

Rum

pun ProgramJenis Program

Jan- 2013

Feb- 2013

Mar-13

Apr-13

Mei-13

Jun-13Jul-13

Agust-13

Sep-13O

kt-13N

op-13Total 20

13Satuan

Layanan Bersalin

113

135

111

131

126

143

116

123

106

10

8

96

1.308

orang

Layanan Kesehatan Ibu dan Anak

3.299

4.270

3.680

3.333

2.527

2.687

2.733

1.875

3.135

3.304

2.345

33.188

orang

Pemeriksaan Kesehatan U

mum

7.503

8.397

7.127

7.963

6.60

1

6.996

6.553

5.108

7.819

7.131

6.757

77.955

orang

Pemeriksaan G

igi95

125

117

10

6

112

111

142

375

121

125

133

1.562

orangSiaga Sehat

19.884

53.579

42.949

53.332

50.994

46.185

40.363

49.096

51.284

53.076

70.635

531.377

orang

Layanan Pengantaran Am

bulans1.199

1.482

1.423

1.535

1.526

1.398

1.531

1.475

1.485

1.661

1.660

16.375

pengantaran

Khitan

149

32

10

57

105

1.077

833

8

2

39

51

2.363

orang

Siaga Gizi B

alita62

20

0

1.064

1.0

61

1.165

340

972

218

819

543

350

6.794

orangB

antuan Langsung Kesehatan97

18

57

45

31

29

28

7

23

7

14

356

orang

Siaga Posyandu2.324

6.070

6.0

57

6.820

8.881

8.408

8.490

8.523

9.153

11.213

10.591

86.530

orang

UK

S1.283

1.669

2.387

2.0

27

3.623

2.980

1.903

1.977

4.877

6.129

3.256

32.111

orang

Am

bulance Gratis

38

-

20

-

-

1

-

-

760

819

unitM

obil Klinik

20

-

-

2

-

-

-

-

-

22

unitK

linik RB

G8

-

-

-

-

-

-

-

-

8

unit

Beasisw

a Ceria

8.020

9.375

8.432

9.0

53

9.209

8.817

8.0

92

7.199

7.136

7.345

8.821

91.499

orangB

easiswa Juara

213

172

330

348

170

173

103

40

9

516

602

125

3.161

orang

Pengembangan Potensi A

nak345

385

50

2

421

449

325

374

462

453

393

348

4.457

orangSekolah Juara

1.557

1.602

1.40

0

1.598

1.596

1.593

1.771

1.769

1.779

1.716

1.773

18.154

orangLA

B Juara

115

114

114

114

114

114

176

126

111

148

109

1.355

orang

Educare Non Program

69

309

407

470

111

20

9

317

444

730

69

458

3.593

orangPA

UD

4.072

4.898

5.762

8.167

10.465

11.176

-

-

-

44.540

orang

Sekolah Juara (Gedung)

13

-

-

-

-

-

1

-

-

-

14

buah

Pembinaan M

asyarakat4.540

7.0

65

10.244

13.480

11.531

10.897

63.818

10.252

19.318

14.230

165.375

orangPelatihan Skill Produktif

237

713

365

191

179

710

554

842

1.305

428

5.524

orang

Sarana Usaha M

andiri76

10

6

225

96

166

137

84

163

195

167

1.415

orangPem

berian Modal U

saha 77

10

8

77

108

154

95

86

115

151

19

990

orang

Pendampingan B

isnis2.930

3.0

42

3.868

3.578

4.209

3.460

3.344

4.432

5.740

4.227

38.830

orang

Pendampingan G

MP

620

816

856

904

1.0

36

776

926

2.233

2.083

1.319

11.569

orang

Penguatan Produk67

10

0

265

273

272

108

156

217

439

276

2.173

orang

Penguatan Jaringan40

239

140

182

246

633

85

147

80

0

240

2.752

orangB

antuan Langsung Ekonomi

154

4.366

3.650

3.784

1.422

1.033

1.624

931

8.534

544

26.0

42

orangPelatihan B

ina Ternak Nusantara

-

12

57

86

136

130

197

167

173

276

1.234

orangB

udidaya Agro

6

15

11

17

36

25

40

47

197

orang

Kam

pus Relaw

an850

366

420

329

452

548

559

299

187

338

543

4.891

orang

Bantuan Siaga B

encana58.611

6.111

20.599

4.786

3.60

0

1.600

1.20

0

400

11.0

34

4.950

13.518

126.409

paket

Penyaluran Superqurban21.20

3

10.729

16.348

10.136

6.026

48.211

12.932

84.130

12678

57.085

16.939

296.417

paket

Penyaluran Siaga Gizi

31.293

-

100

2.60

0

-

6.00

0

200

12.0

00

0

00

52.661

paket

SuperqurbanSiaga G

izi

Bersama Masyarakat Ternak NusantaraBerdayakan Peternak

Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pangan dengan beternak sendiri, bahkan berpotensi menjadi negara pengekspor produk peternakan (Pusat litbang Peternakan Departemen Peternakan RI). Selama tahun 2013 Masyarakat Ternak Nusantara (MTN) melaksanakan

pemberdayaan masyarakat program Bina Ternak Nusantara. Sebanyak 300 peternak di Subang dan 70 peternak di Bandung mendapatkan edukasi dalam meningkatkan keilmuan, skill, dan agropreneur. Dukung pemberdayaan peternak nusantara bersama MTN.

www.masyarakatternak.org | @masyarakaternak

Bank Mandiri Syariah490 000 7070Yayasan Masyarakat Ternak

Bank Mandiri131 0000 335358Yayasan Masyarakat Ternak Nusantara

11 Titik BanjirTelah Disambangi

Anda pun Bisa Turut Membantu!Transfer Donasi Peduli Banjir

Mandiri 132000 481 974 5

RZ Magz Januari 2014

24

Market Day di SD Juara Surabaya

jurn

alis

cili

k

Menyambut akhir tahun ajaran semester ganjil , SD Juara Surabaya mengadakan market day. Kegiatan ini dilaksanakan pada 17-19 Desember 2013. Sejak kegiatan ini diumumkan, banyak siswa yang mendaftar untuk ikut menyemarakkannya.Market day ini adalah agenda rutin tahunan. Salah satu hal unik di market day tahun ini adalah adanya enam kasir yang siap melayani pembeli dan akan diganti apabila kurang senyum, kurang ramah, kurang perhatian dan efisien dalam melayani pembeli. Setiap stand penjualan akan mendapat penilaian dari segi kerapian, kebersihan dan yang paling tinggi peminatnya.

Tema market day tahun ini adalah Spiritual Enterpreneurship Dengan Strategi yang Kreatif dan Inovatif. Anak-anak yang belajar menjadi enterpreneur diarahkan untuk gemar bersedekah/berinfaq dari omset yang sudah didapatkan. Mereka berinfaq 2,5 – 15 % dari hasil penjualan untuk pembangunan masjid di dekat sekolah.

Hari pertama sangat heboh dan menyenangkan karena banyak kasir yang kewalahan melayani para pembeli. Tapi tidak jadi masalah sebab hal tersebut adalah efek samping dari dagangan yang ludes terjual habis.

Yang unik di hari kedua yaitu banyak produk yang tak laku terjual. Hal itu karena produknya kurang

menarik perhatian dan berbagai alasan lainnya. Ini menjadi tantangan tim sales untuk menghabiskan semua produknya agar tidak mengalami kerugian. Akhirnya para tim sales bahu membahu untuk meminimalisasi barang dagangan yang tersisa. Tapi apa boleh buat, tetap saja barang dagangan yang tak layak jual tidak laku. Ini juga menjadi pelajaran produsen dagangan untuk lebih cermat dan tahu keinginan dan selera pembeli.

Di hari ketiga sekaligus hari terakhir market day, ada beberapa produk baru yang dijual seperti ikan hias dan makanan khas dari Malang. Kedua produk baru itu laku keras. Ini membuktikan bahwa sebagai produsen harus mampu melihat pasar yang mulai jenuh dengan produk lama. Bila dalam beberapa hari pengadaan market daydiselingi dengan produk baru yang berbeda maka akan mengurangi kejenuhan pasar sehingga barang yang dipasarkan dapat terjual semua.

Nah teman–teman, inilah yang berhasil saya liput selama kegiatan market daydi SD Juara Surabaya. Semoga banyak pelajaran dan manfaat yang didapat untuk menyukseskan kegiatan market day tahun depan. Ingat selalu kebersamaan, kerjasama, gotong-royong, kesetiakawanan dan profesionalisme dalam berdagang.

Bagi yang belum berkesempatan meramaikan kegiatan ini, selamat mencoba tahun depan!!! SEMANGAT!!!

Pasha Pradana Setiawan - Siswa SD Juara Surabaya

kom

ik

RZ Magz Januari 2014

26

RZ Magz Oktober 2013

Buat kamu yang masih SD, kamu punya kesempatan untuk mengirimkan jawabanmu. Kirimnya ke [email protected]. Dengan Subject: Seandainya.... Tulis juga nama lengkap, umur dan asal daerah. Jawaban diterima redaksi paling lambat 20 November 2013. Jawaban yang menarik akan diterbitkan di RZ Magz lho.... Itu berarti kesempatan buatmu untuk menginspirasi anak-anak se-Indonesia. Ayo RZ Cilik, buktikan kalo kamu sangat menginspirasi. Kirimkan Fotomu juga yaa...

Pertanyaan edisi selanjutnya:

Seandainya aku seorang guru, maka aku mau....

sean

dai

nya

Vazira Yusri Octaviani, 10 th, Pekanbaru-Riau. Jadi buku karena buku itu bermanfaat bagi orang, Jika tidak ada buku pasti kita tidak bisa belajar. Jadi, buku itu adalah gudang ilmu.

M. Arfhin Dita, 12th, Pekanbaru-RiauJadi matahari agar aku bisa menerangi dunia.

Marlinda Mulya, 13 th, Pekanbaru-Riau. Memiliki suatu usaha besar seperti rumah

zakat agar Aku bisa membantu semua orang yang kesusahan di luar sana dan mendirikan

sekolah-sekolah gratis.

M. Thoriq, 11 th, Cimahi Jadi polisi agar dapat menegakkan ketertiban, menjaga keamanan dan menolong orang yang kecelakaan.

M. Azmi, 9 th, CimahiJadi Astronot biar bisa lihat bumi dari jauh.

27

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

kaleido

skop

BERSAMA PEMKOT BANDUNG, RZ LUNCURKAN KAMPUNG JUARABANDUNG. Dalam rangka mendukung program pemerintah Kota Bandung yakni one village one playground, Rumah Zakat (RZ) meluncurkan program Kampung Juara di Babakan Asih RT 9 Kec. Bojongloa Kaler Kota Bandung. Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam peluncuran Kampung Juara, Minggu (29/12) berharap semoga warga di daerah tersebut dapat memanfaatkan Bale Balapan seoptimal mungkin.

“Terima kasih kepada RZ dan para donaturnya yang telah mendukung program dari Pemkot Bandung untuk

menyediakan ruang terbuka untuk memicu produktivitas dan kreativitas warga,” ungkap Ridwan Kamil.

“Di Bale Warga yang dinamakan Bale Balapan ini masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mengaji, rapat, posyandu, latihan seni dan sebagainya,” ungkap Chief Program Officer RZ Heny Widiastuti. #Agustin Santriana

RZ Magz Januari 2014

28

BERBAGI SENYUM DENGAN GERAKAN INDONESIA MENDONGENG

BANDUNG. Relawan RZ menggelar acara “INDONESIA MENDONGENG” dengan tema berbagi senyum untuk sahabat ala Rasulullah SAW. Acara menarik ini digelar di 12 kota dan mendapatkan dukungan 14 mitra yang terdiri dari perusahaan dan lembaga sosial. Acara ini serentak digelar di 12 kota dari Aceh hingga Jayapura pada hari Rabu (25/12).#Diky Taufik

114 SISWA SEKOLAH JUARA DAPATKAN BEASISWA

JAKARTA. PT Honda Traiding Indonesia menyalurkan beasiswa untuk anak yatim dan dhuafa melalui Program Beasiswa Juara RZ, Rabu (18/12). Masayoshi Machishima, Presiden Direktur Honda menyerahkan secara langsung beasiswa untuk 114 siswa SD Juara Jakarta Barat kepada Asep Nurdin sebagai Chief Funding Officer RZ.

Penyerahan donasi beasiswa ini dilaksanakan di Sekolah Juara Jakbar Jl.Kemanggisan Pulo Palmerah. Para siswa penerima beasiswa menyambut kehadiran PT Honda Traiding Indonesia dengan pentas nasyid dan marawis. Jumlah siswa yang mendapatkan pendidikan di sekolah gratis dengan pendekatan multiple intelligences ini sebanyak 114 siswa. Linda Handayani

RZ GELAR SEMINAR HIV

JAKARTA. Dalam memperingati hari AIDS Sedunia, RZ bersama Cita Sehat Foundation Jakarta Selatan menggelar Seminar HIV yang berkerjasama dengan Jurusan Epidemiologi Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (10/12). Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium FKIK dan dihadiri oleh dr. Nadia M.Epid selaku Kasubdit HIV-AIDS Ditjend P2PL Kemenkes RI.# Ridwan Sahidin

29

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

PERINGATI HARI IBU DENGAN OLIMPIADE IBU DAN ANAK JUARA

MALANG. RZ cabang Malang menggelar Olimpiade Ibu dan Anak Juara sebagai bentuk apresiasi atas pengorbanan ibu yang tiada henti dan semangat anak yang membahagiakan ibu, Minggu (22/12). Dalam olimpiade ini terdapat beberapa perlombaan seperti: Adzan, tilawah, hafalan Al Qur’an . Kekompakan Ibu dan Anak Juara dapat dilihat di Olimpiade Menghias Kue. #Salman Ibnu Eko

PELATIHAN KADER POSYANDU DI ACEH

ACEH. RZ cabang Aceh menggelar pelatihan bagi kader posyandu di wilayah Integrated Community Development Darussalam (ICD) di Desa Lieue, Kabupaten Aceh Besar Jumat (6/12). Aksi digelar di gedung PKK Desa Lieue, diawali dengan pemberian materi oleh Maulidar dari Puskesmas Lambaro Angan seputar fungsi 5 meja bagi kader posyandu.# Yasir Arafad

MOBIL GOWES ADA DI POSYANDU CINTA ABADI

YOGYAKARTA. Guna menambah kedatangan peserta dan layanan posyandu, Posyandu Cinta Abadi, Banguntapan, Bantul menghadirkan Mobil Gowes untuk pertama kalinya pada hari Selasa (3/12). Kehadiran Mobil Gowes ini merupakan inisiatif tim RZ dan para kader Posyandu.

Semenjak adanya mobil gowes, para penerima manfaat yang memiliki balita tidak lagi direpotkan oleh anaknya karena sudah bisa menunggangi mobil gowes layaknya mobil roda empat berpedal sepeda dan tersedia permainan. Ketika antrean, anak-anak dapat mempergunakan mainan yang ada. #Derajat Prasojo

RZ Magz Januari 2014

30

EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN RZ DI KOKODA

SORONG. RZ menggelar Ekspedisi Bhakti Relawan RZ bekerja sama dengan relawan lokal di Kampung Kokoda di Sorong, Papua Barat, Rabu (11/12). Lokasi Suku Kampung Kokoda ini sebagai program awal pembinaan masyarakat Asli Papua, dengan Program Taman Baca Al- Hijrah yang dapat digunakan warga untuk menambah ilmu pengetahuan melalui membaca.#Faris Khoirurijal

PASAR SEMI MODERN ALA SISWA SD JUARA SURABAYA

SURABAYA. Siswa SD Juara Surabaya setelah menempuh ujian akhir semester, Rabu (18/12) menjelang penerimaan hasil raport siswa mendekor kelasnya menjadi pasar semi modern. Dengan arahan guru mereka, akhirnya ruang kelas menjadi tempat berkumpul pengusaha cilik dengan perannya masing-masing,. Ada yang berprofesi sebagai penjual, pembeli, tim produksi, marketing dan kasir.#Huda Noviyanti

PGN GELAR AKSI SIAGA SEHAT DI MUSI BANYUASIN

PALEMBANG. Mobil Sehat PGN bersama RZ cabang Palembang menggelar Aksi Siaga Sehat di Desa Teluk Kijing, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (12/12).Penerima Manfaat yang mengikuti aksi ini lebih dari 200 orang kebanyakan dari golongan lansia. Mereka menyimak penyuluhan yang diberikan oleh dokter dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. “Terima kasih PGN bersama RZ, senang sekali bisa mengikuti aksi ini karena layanan yang diberikan gratis dan untuk warga yang kurang mampu,“ ujar salah seorang Penerima Manfaat Tati (38).#Kandri

31

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

RZ PEKANBARU LUNCURKAN PROGRAM LINGKUNGAN SEHAT

RIAU. RZ cabang Pekanbaru meluncurkan program lingkungan sehat, Minggu (1/12). Program ini meliputi: Kebun Gizi dan Sedekah Sampah di Lingkungan Perumahan Dwi Utama Permai, Simpang Tiga, Bukit Raya, Minggu (1/12). Program ini diresmikan langsung oleh Branch Manager RZ Kota Pekanbaru, Resti Hartanti.

Acara ini diikuti juga oleh warga lingkungan RT 6/RW 4 Kelurahan Simpang Tiga, yang meliputi 4 Perumahan yakni: Dwi utama Raya, Dwi Utama Permai, Yepupa dan Puri Air Dingin. Kegiatan disemarakkan dengan senam sehat yang diikuti seluruh peserta. #Fitri Yana

RZ SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR PONTIANAK

PONTIANAK. RZ menyalurkan makanan dan logistik ke lokasi banjir di Kab. Landak, Pontianak, berupa 300 paket Superqurban, 300 kg beras, 200 paket makanan bayi, 200 psc sabun mandi, 6 karton pembalut wanita dan 5 karton popok bayi Selasa, (17/12). Penyaluran tersebut dipimpin langsung oleh Branch Manager Pontianak, Asrul Putra Nanda. #Asrul

RZ SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR BALEENDAH

BANDUNG. RZ sebagai lembaga sosial yang selalu tanggap bencana mengirimkan para relawannya untuk membantu meringankan beban para korban banjir di Kecamatan Baleendah dan Kecamatan Rancaekek, Kabupaten. Bandung (16/12). Para relawan menyalurkan bantuan berupa paket Kornet Superqurban untuk para pengungsi. Mereka masih berharap bantuan dari pemerintah atau lembaga lainnya, terutama untuk kebutuhan anak-anak. #Diky Taufik

RZ Magz Januari 2014

32

UJIAN SEMESTER DI SD JUARA MEDAN

MEDAN. SD Juara Medan Medan melangsungkan ujian semester I tahun pelajaran 2013/2014, Selasa (10/12). Tanggal ujian sudah sejak lama disosialisasikan kepada siswa agar siswa memiliki persiapan yang matang untuk meghadapi soal - soal ujian.Selama ujian berlangsung jam kedatang siswa yang biasanya masuk pukul 07.15 WIB, menjadi pukul 08.00 WIB. Hal ini dilakukan agar tidak ada siswa yang terlambat. Ujian semester ini dilakukan selama 1 minggu.# Fahriza Akbar.

MOBIL JUARA RZ KUNJUNGI SD ISLAM ALKHOIR SOLO

SOLO. Mobil Juara RZ kunjungi SD Islam Unggulan AlKhoir Solo, Selasa (10/12). Kunjungan ke sekolah atas permintaan dari salah seorang tim pengajar yang merupakan relawan RZ Solo. “Dengan adanya kunjungan ini, siswa-siswa antusias membaca buku-buku yang ada di Mobil Juara, ” ujar Firman, Guru SDI Unggulan Al Khoir.#Lilik Purwanto

SEHAT CERIA BERSAMA ANAK JUARA

SAMARINDA. RZ cabang Samarinda menggelar pembinaan Anak Juara di masjid Al-Khoir Samarinda, Minggu (15/12). Materi pembinaan yang diberikan mengambil tema tentang “Berkenalan dengan HIV Aids”. Tema ini diambil untuk memperingatai hari AIDS Sedunia yang jatuh pada bulan Desember . Keceriaan tampak di wajah anak-anak binaan yang berasal dari 4 Koordinator Wilayah.# Eni Ayu Sulistyowati

33

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

33

Januari datang, temen-temen kantor pada sibuk nyiapin

terompet tahun baru. Juned tetep anteng dengan

kerjaannya. Iseng-iseng saya ajak ngobrol.

“Ned, gak kerasa ye udah Januari aje..”

“Iya mas, berarti saya hampir setahun kerja di sini..”

“Eh tahun baru Elu maen ke mana?”

“Paling di rumah aja, banyak merenung.”

“ Lho, gak ikut makan sama niup terompet bareng

temen-temen?”

rest area

Terompet Tahu Baru

“Enggak ah Mas, ntar nyaingin malaikat Isrofil. Kalo tiba-tiba

niupnye berbarengan sama tiupan terompet Sangkakala

gimana?”

“ Waduh, Aye ikutan merenung aja deh..”

Slipi, Desember 2013

Setobuje

Ngga ngerti, Ini manusia tahun baru apanya yang dirayain cuy?

Kurang tau cuy, yg jelasmereka abisnya jgn nyampah...

RZ Magz Januari 2014

34

RZ cabang Aceh bersama OIC Alliance atau OKI (Organisasi Konferensi Islam) menjalin kerjasama dalam program bantuan anak yatim/ Orphan Kafala Program (OKP). Dari kerjasama ini RZ pun menerima apresiasi dari Islamic Development Bank (IDB) atas program pemberian Beasiswa Ceria kepada 1000 anak yatim korban tsunami Aceh. Penghargaan tersebut disampaikan oleh Chief Trust Funds IDB, Moh. Yusri bin Yusof kepada CEO RZ Nur Efendi, Jumat (29/11). Untuk mengetahui kiprah lembaga ini dalam menggulirkan program tersebut, Redaksi RZ Magz berkesempatan mewawancarai Senior Database OIC Alliance Muqni Affan Abdullah.

Sudah berapa lama Anda berkiprah di OIC Alliance, berapa jumlah karyawannya?Sekitar 5 tahun, jumlah karyawannya sekarang ini 14 orang.

Sejak kapan bekerjasama dengan RZ dan program apa yang dikerjasamakan?Sejak Oktober 2010 dalam program bantuan anak yatim/ Orphan Kafala Program (OKP)

Dari negara mana saja yang menjadi donatur untuk program OKP OIC Alliance? Umumnya donatur kami dari negara-negara anggota OKI, diantaranya Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Turki, Malaysia dan beberapa negara Arab lainnya.

Mengapa RZ dipilih untuk bekerjasama dalam program Orphan Kafala Program (OKP)? Karena kiprah dan pengalaman RZ selama ini dalam bidang sosial dan kemanusiaan, khususnya pendampingan anak yatim sehingga menjadi salah satu pertimbangan kami dalam menjadikannya sebagai salah satu mitra kami dalam mengimplementasikan program ini di Aceh

Berapa jumlah anak yatim, dan di daerah mana saja yang mendapat beasiswa maupun bantuan? Hingga saat ini ada 5310 anak yatim yang aktif menerima bantuan OKI setiap bulannya, anak yatim tersebut tersebar di beberapa daerah, yaitu: Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie,

Kiprah OIC Alliance Bantu Anak Yatim di Aceh

par

tner

Pidie Jaya dan Aceh Utara. Secara keseluruhan ada sekitar 13 ribu lebih anak yatim yang sudah mendapatkan bantuan OKI sejak 2007 hingga sekarang, sebagian besarnya sudah selesai dari program ini karena umumnya sudah tamat SMA atau pindah lokasi tempat tinggal atau diputuskan karena alasan lainnya.

Apakah di Aceh saja program ini digulirkan?Program dukungan anak yatim di Aceh ini merupakan pilot project OKI untuk keseluruhan negara-negara anggota OKI, saat ini baru dilaksanakan di Aceh Indonesia, ke depan mungkin akan diimplementasikan juga di negara-negara anggota OKI lainnya atau di daerah lainnya di Indonesia.

Adakah permasalahan yang ditemui ketika menggulirkan program OKP? Tentunya semua program yang dilakukan tidak terlepas dari masalah, keberadaan kantor Aliansi OKI ini tujuannya untuk meminimalisir masalah tersebut, juga dengan koordinasi dengan pihak pemerintah dan dinas terkait merupakan upaya untuk melancarkan program ini di lapangan.

Adakah saran untuk RZ? Saran kami tentunya agar RZ sebagai lembaga yang mengimplementasikan program ini di lapangan lebih proaktif melihat permasalahan dan upaya memberikan solusi yang bijak serta berkoordinasi dengan kami dalam mensukseskan program ini, tentunya ini membutuhkan upaya kita bersama dalam mensukseskannya agar lebih tepat sasaran dan sulutif terhadap persoalan-persoalan yatim dan wali dalam mewujudkan cita-cita pemerintah menuju Aceh yang damai dan bermartabat.

35

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

AM Adhy TrisnantoMarketing Consultant Rumah Zakat, merupakan salah seorang

perintis industri periklanan moderen Indonesia

howdhy

etiap keadaan pasti akan memberi peluang bisnis. Ketika musim hujan tiba, mantel hujan jadi laku. Bukan saja mantel untuk berhujan-hujan, tapi

juga mantel untuk menghangatkan badan dalam ruang kantor yang dingin ber-AC. Sebaliknya waktu musim panas,permintaan sup buah, jus terong belanda, es cincao, dan sejenisnya meningkat, mengalahkan keinginan menyeruput teh nasgitel (panas-legi-kentel).

Begitulah halnya, maraknya pak Ogah di seantero Jakarta. Makin banyak orang bawa mobil dan motor, makin penuh jalan-jalan. Makin rendah kecepatan laju kendaraan, bahkan kadang ada di titik zero, tidak bergerak, macet total. Situasi “ramai lancar” hanya ada di jelang larut malam atau lepas subuh, atau saat hari-hari libur panjang. Persis seperti semut beriring, yang akan berkelok ramai-ramai saat di depannya ada penghalang, demikian pula kita, manusia. Kalau jalan besar padat merayap, ya masuk saja ke jalan yang lebih longgar. Jalan busway misalnya (aneh amat istilah busway ini). Tapi siapa yang berani masuk ke jalan ini sekarang? Ancaman denda setengah juta rupiah pasti membuat semua orang akan mikir: manfaat nerobos jalan busway ga seimbang dengan dendanya. Atau jalan-jalan tikus, jalan-jalan alternatif. Kita nyaris tidak peduli akan penghuni rumah-rumah sepanjang jalan tikus, yang ditilik dari namanya saja pasti jalan sempit. Rumah-rumah yang biasanya kecil dan tanpa halaman ini pasti menjadi korban kebisingan lalu lintas lengkap dengan suara klaksonnya. Hebatnya, sering kita lihat anak-anak balita masih sempat bermain di pinggir jalan...

Ketika pengguna jalan alternatif makin banyak, karena setiap kepala berpikir sama: ini pilihan terbaik ketimbang stagnan di jalan, beberapa orang berpikir untuk menjual jasa melancarkan yang ruwet. Jasa Pak Ogah. Bottle neck adalah “neraka” buat pengguna jalan, sebaliknya “surga” bagi pak Ogah. Meskipun kadang dalam keadaan

emosional akibat jalan macet, pengguna jalan yang sudah di (coba) lancarkan bukannya memberi selembar duit lusuh malah sebaliknya mengumpat-umpat.

Coba diamati, bagaimana pak Ogah menyikapi beraneka ragam tipe manusia yang dihadapinya? Ada contoh-contoh yang bisa dijadikan telaah menarik yang saya alami nyaris tiap hari. Yang satu pak Ogah berpenampilan rapi, bersepatu, berkupiah putih bak seorang haji (mudah-mudahan beliau memang sudah pernah dimuliakan sebagai tamu Allah), memang operasinya di dekat mesjid. Senyum tak pernah hilang dari wajahnya. Dengan tenang dia menuntun mobil dan motor yang perlu dilewatkan duluan, dan menyetop mobil dan motor yang bisa ditunda jalannya. Tidak pernah ada protes terdengar dari mereka yang disetop. Sebaliknya banyak pengendara mobil dan motor yang didahulukan menyerahkan sesuatu dalam genggaman kepada beliau.

Satu lagi pak Ogah yang senantiasa berpasangan. Baju mereka lusuh, tanpa alas kaki, celana pendek. Lebih sering berkeringat ketimbang segar. Yang satu cukup jelas etniknya, Tionghoa. Dan justru dia yang menarik. Bahasa tubuhnya dalam gerakan lentur ketika meminta mobil-motor berhenti pasti dimaknai orang sebagai memohon. Gesturnya ketika mempersilahkan mobil-motor jalan juga mengisyaratkan permintaan maaf telah mengganggu perjalanan, dan ungkapan terimakasih karena bersedia bekerjasama. Wajahnya jarang senyum, wajahnya senantiasa dipasang serius.

Sepintas, cara dua tokoh kita ini beda ketika melakukan pekerjaan yang sama. Tapi kalau dikaji lebih jauh sebenarnya yang mereka lakukan adalah mengundang empati orang agar tugasnya bisa berjalan lancar. Mereka ikhlas menjalani pekerjaan sederhana itu.

Pak Ogah

RZ Magz Januari 2014

36si

nerg

i

Mitra Program

BALAI TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

Program Adopsi Pohon

BANJAR TV Publikasi Media

BANK CIMB NIAGA TBKPenerimaan Pembayaran ZIS dan Qurban

BANK DANAMON INDONESIA

Program Donasi Reward Point

BANK MANDIRI Payment Channel

BP3 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ABATA

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

CPA XPRESS Kartu Diskon

CV WIDIA MAULIANA Shopping Charity

CV. DINAMIKA SELARAS

Telemarketing

DKM AL IKHLAASH PT OTICS INDONESIA

Program Siaga Sehat dan khitanan Massal

DKM ASY SYIFA RS BHINEKA BHAKTI HUSADA

Pengelolaan Dana ZIS

DKM AT TAQWA DENSO INDONESIA GRUP

Beasiswa Ceria

DKM MASJID AL-FATH Program Superinfaq

FOOD COURT SUDIRMAN PLAZA

Shopping Charity

GERBANG SINERGI PRIMA

Office Channeling

GRAMEDIA TOKO BUKU Shopping Charity

HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT

Dompet Peduli yatim

JAKARTA INTERNASIONAL CONTAINER TERMINAL

Klinik Sehat JICT

JASAMARGAPelatihan Las dan Menjahit

KELOMPOK TANI MANGROVE WONOREJO

Program Penanaman dan Perawatan Mangrove

KELOMPOK TANI MODEL DESA KONSERVASI I DESA PADABEUNGHAR

Program Adopsi Pohon

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

KOPERASI SEJAHTERA BERSAMA UNIT USAHA RITEL SB MART

Shoping Charity

KRAKATAU KONSULTAN

Optimalisasi Pengelolaan ZIS Karyawan

MTE BAKRIE TELECOMOptimalisasi Pengelolaan ZIS Karyawan

PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA

Optimalisasi Pengelolaan ZIS Karyawan

PERTAMINA EP ASSET 1 FIELD RANTAU

Pendampingan Pelatihan Kerajinan

PERTAMINA GASDesa Binaan dan Program CSR 2013

PERTAMINA MARKETING OPERATION REGION III

Pelatihan dan pendampingan koperasi

Pemberdayaan Masyarakat

Pertamina Sehati di Posyandu di Desa

Pengembangan Kewirausahaan Kerupuk Kembang Rose

PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA

Kemitraan Masyarakat Ternak Nusantara

PT. ASTRA HONDA MOTOR

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

PT. ASURANSI ADIRA DINAMIKA

i-card

PT. BANK BRI SYARIAH

Pelayanan Tabungan Co-Branding Untuk Penyaluran Dana Mustahik

PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH

Penerimaan Pembayaran ZIS dan Qurban

PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

PT. BANK MEGA SYARIAH

Penerimaan Pembayaran Qurban

PT. DIHITAL JAYA SOLUSI

Pengumpulan Zakat Melalui Selular dan Aplikasi Multimedia

PT. HARIFF DAYA TUNGGAL ENGINEERING

Pengelolaan Donasi PT Hariff

PT. MIZAN GRUP Beasiswa Ceria

PT. NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI

Beasiswa Khusus

PT. POS INDONESIAPengumpulan dana ZIS dan Qurban

PT. PROCTER & GAMBLE HOME PRODUCTS INDONESIA

Desa Sehat

PT. SANESTRI BANGUN JAYA

Penerimaan Pembayaran ZIS

PT. SEMEN INDONESIAOne Village One Product

Siaga Posyandu

PT. SRIBOGA FLOUR MILL

Desa Binaan

PT. TRIMEGAH MEDIA PRIMA

Beasiswa Ceria

RUMAH ATHAR Shopping Charity

RUMAH SAKIT AL-ISLAM

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

RUMAH SAKIT HASANAH GRAHA AFIAH

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA

Pelayanan Kesehatan

SANESTRI BANGUN JAYA

Unit Rumah Zakat

SANTOSA BANDUNG INTERNATIONAL HOSPITAL

Pelayanan Kesehatan

SKI KOPINDOSAT Program Beasiswa Ceria

SKYE SAB INDONESIAProgram Layanan E Money

TOWER BERSAMA GRUP

Monik Keliling

UPZ AL KHIDMAH KORPRI

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN BAITUL JIHAD KEMANG PRATAMA

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN BINA INSAN ZAKAT

Superinfak

YAYASAN INDONESIA BANGKIT MANDIRI

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN K-LINK PEDULI

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN MASJID AT TAUFIQ

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN MASJID BABUSSALAM

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN MASJID BABUSSALAM

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN MASJID SALAHUDDIN DIREKTORAT JENDRAL PAJAK

Optimalisasi Pengelolaan ZIS

YAYASAN PENDIDIKAN DAN DAKWAH AS SALAM

Pendampingan dan Pemberdayaan ZIS

YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM

Optimalisasi Dana Zakat Yayasan

Mitra Program

Babussalam Travel Beasiswa ceria SMP

Cahaya Tiara Foundation

Infaq Qurban

CV. Jroh Communications

Beasiswa ceria SMA

Beasiswa ceria SMP

Beasiswa ceria SD

Infaq/Shadaqah

Insidental Bencana Alam

CV. Kids Learning Center (KLC)

Zakat Profesi

Kantor Hukum Hayun Shobri & Associates

Zakat Profesi

MITRA IHSAN SEJAHTERA

Infaq/Shadaqah

Beasiswa ceria mahasiswa

Beasiswa ceria SMA

Beasiswa ceria SMP

Beasiswa ceria SD

Persero PT Industri Telekomunikasi Indrustri

Siaga gizi balita

Perusahaan Gas NegaraOperasi atau layanan kesehatan secara umum

PT Centro Links Indonesia

Infaq/Shadaqah

Zakat Profesi

PT FADILLINDO JASA ANTARAN

Beasiswa ceria SMP

Beasiswa ceria SD

PT Khalisha EntrepriseInsidental Bencana Alam

Zakat Perdagangan

PT PERTAMINA MARKETING OPERATION REGION III

pelatihan kewirausahaan

PT Solusi Profesional Medika Indonesia

Zakat Profesi

PT Waru Abadi Infaq/Shadaqah

PT. Jakarta International Container Terminal

Operasi atau layanan kesehatan secara umum

PT. Jamsostek Zakat Profesi

PT. Pertamina EP Field Rantau

pelatihan kewirausahaan

PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Bantuan Bebas Siaga Sehat

PT. Tridaya Teknologi Zakat Perdagangan

PT. TUGU PRATAMA Infaq/Shadaqah

toko sunnah Beasiswa ceria SD

Wijaya Karya, PT. (Corp)Toilet sehat keluarga (TOSKA)

Yayasan Sahm Al-NourSumbangan Khusus Fisabilillah Produktif

PT Pelabuhan Indonesia 2

Pembangunan Sumur

37

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

eorang lajang seringkali kurang memperhatikan urusan keuangannya. Bisa jadi karena masih belum memiliki visi yang jelas akan masa depannya,

sehingga santai saja dan ikut kemana arah angin. Mungkin juga belum merasa perlu karena merasa perjalanan hidupnya masih panjang, Belum punya kewajiban menafkahi siapapun. Maka yang terjadi kemudian adalah si lajang asal-asalan dalam mengatur uang. Gaji pertama, untuk traktir teman-teman dan orangtua. Nanti saja mulai menabungnya, gaji kedua. Tapi yang terjadi di bulan kedua adalah merasa perlu untuk beli pakaian yang lebih layak untuk bekerja. Bulan ketiga ada lagi kebutuhan lainnya, cicil kendaraan. Bulan keempat, kelima, keenam dan seterusnya ada saja keperluan ini dan itu, dan lagi-lagi saving untuk masa depan cuma impian.

Padahal ketika sudah tidak lajang nantinya, saving jadi terasa susah lagi, tentu dengan alasan yang berbeda, “Sekarang kan sudah ada tanggungan, berat kalau harus saving.” Maka solusi pertama agar si lajang tidak mengacaukan kondisi keuangannya adalah dengan menetapkan visi masa depannya. Tetapkan tujuan-tujuan keuangan di masa depan untuk dicapai. Mulai dari rencana karir dan pendidikan, rencana berkeluarga, dan pencapaian-pencapaian pribadi lainnya.Mulai dari yang sederhana, tetapkan target kapan akan menikah. Jangan sampai karena belum punya calonnya juga kemudian belum melakukan apa-apa untuk menyiapkannya. Karena biasanya, jika calonnya sudah ada, sudah terlambat untuk menyiapkan dananya. Yang benar adalah, siapkan dananya dari sekarang, sehingga saat calonnya sudah ada, sudah siap kapan pun juga.

Terkait dengan karir juga sebaiknya punya rencana yang jelas. Apakah akan bekerja atau buka usaha. Jangan jadikan karyawan sebagai pelampiasan karena gagal buka usaha. Atau sebaliknya, menjadikan bisnis sebagai pelarian karena tak diterima kerja dimana-mana. Kalau sudah jelas maunya, insya Allah terbuka jalannya.

Ahmad GozaliIndependent Financial Planner, Wealth Optimizer, Chairman of Zelts Consulting

tips goz

Tips kedua, mulai dari langkah kecil untuk melakukan lompatan besar. Terkadang seorang lajang tak berani melangkah karena melihat besarnya tujuan di depan dengan keterbatasan kemampuan. Seringkali mereka bilang, “Bagaimana mau bercita-cita punya rumah sendiri kalau harganya naik terus?” Pertanyaan ini malah melemahkan keinginan kita untuk mandiri punya rumah sendiri. Seharusnya karena harga rumah naik terus, maka siapkan saja dulu semampunya. Agar rezeki yang turun berikutnya bisa dialokasikan untuk menutupi kekurangannya.

Dan tips ketiga, belajar. Banyak sekali produk keuangan yang ditawarkan, tapi tidak semua cocok untuk lajang. Banyak sekali produk keuangan yang tersedia, jangan sampai menutup diri dan hanya tahu seadanya sehingga tidak optimal dalam berinvestasi. Misalnya ketika saya menjelaskan tentang reksadana, masih ada pertanyaan “bagaimana hasil reksadana dibanding deposito?”. Ini pertanyaan yang menurut saya lucu. Karena tidak ada hasil investasi yang lebih rendah dari deposito, jadi produk apapun pasti lebih tinggi dari deposito. Tentu dengan risiko yang juga lebih tinggi. Pertanyaan seperti ini muncul karena pemahaman yang masih terbatas.

Kesalahan umum yang juga sering terjadi yaitu sang lajang yang berasuransi padahal ia tak memiliki tanggungan untuk diproteksi. Tujuan utama asuransi jiwa adalah untuk melindungi orang-orang yang kita nafkahi jika terjadi sesuatu pada diri kita sendiri sebagai pencari nafkah. Maka jika belum ada yang dinafkahi, belum prioritas untuk berasuransi.

Lajang keren bukan lajang yang bisa tenteng gadget beken di atas sepeda motor mentereng. Lajang keren adalah lajang yang jelas maunya, fokus pada tujuannya dan tidak galau dengan isi kantongnya.

Lajang & Uang

RZ Magz Januari 2014

3838

ketimbang mengidentifikasikan dirinya dengan nama Dea atau Ayu.

Yang menjadi masalah sebenarnya adalah ketika seseorang gagal untuk memformulasikan jati diri yang tepat untuk dirinya dan berakhir dengan identitas yang rapuh. Kesolidan atau kerapuhan jati diri sangat dipengaruhi oleh porosnya/ pusat jati dirinya. Citra bisa bayangkan jati diri itu seperti sebuah roda yang jari-jarinya bertemu di tengah. Jika dibuat daftar,seseorang menjadikan hal-hal di bawah ini sebagai poros jati dirinya:• Oranglain.Termasukdidalamnya:

a. Orang tua. Mereka mengidentifikasikan dirinya dengan orang tua mereka. Bisa jadi ketika ditanya, “Siapa dirimu?”, lalu ia berkata “Saya adalah anak pejabat”.

b. Teman/sahabat. Mereka yang menjadikan teman/ sa-habat sebagai poros jati dirinya menemukan dilema cukup menyulitkan ketika ia menyadari bahwa teman-temannya memiliki perilaku negatif, namun ia sulit melepaskan diri dari mereka karena beresiko kehilangan jati dirinya. Orang ini cukup beruntung ketika menemukan teman yang positif. Namun ketika ia berhenti hanya sampai menjadikan teman sebagai poros utama jati dirinya, ia akan menemukan dirinya sebagai seorang yang rapuh ketika terpisah dari te-man/ sahabatnya.

Vindhy Fitrianti, S.PsiDosen, Trainer & Praktisi Emotional Freedom Technique

Menemukan Jati Diri

solusivindhy

Assalamualaikum Wr. Wb.

Teh, sekarang saya duduk di bangku SMA kelas X. Di umur segini saya merasa belum mengenal dan menemukan jati diri saya, teh. Gimana caranya agar saya bisa mengenal diri saya? Makasih, Teh..

Citra, Solo

Wa’alaikumussalam Wr Wb.Saya senang sekali dengan anak muda seperti Citra yang memiliki keinginan untuk mengenal dirinya. Kenapa ini penting? Karena jati diri atau identitas diri secara psikologis dapat mempengaruhi seseorang baik positif atau negatif. Tergantung bagaimana formulasi dari identitas diri yang dimiliki. Dan, memang di usia Citra merupakan periode yang penting untuk memformulasikan jati diri ini.

Bagaimana sebenarnya jati diri ini terbentuk ? Seseorang biasanya mendapatkan jati dirinya melalui pengalaman yang mereka lalui, hal-hal yang mereka lakukan, dan objek/sesuatu yang mereka mengidentifikasikan diri dengannya. Misalnya, ketika ada seseorang yang ditanya, “Siapa dirimu?” lalu ia menjawab “Saya adalah penulis buku”, maka orang tersebut dikatakan mengidentifikasikan dirinya dengan apa yang ia kerjakan

39

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

39

• Pekerjaan/halyangdilakukan/titel.Banyakorangyang mengidentifikasikan dirinya dengan hal ini. Misal, “Saya adalah manajer hotel”, “Saya ini senang sekali makan”, “Saya ini lulusan luar negeri”, “Saya ini pega-wai rendahan”, dsb.

• Objekdiluardirinya/padadirinya.Orang-orangini adalah mereka yang menjadikan materi seba-gai porosnya. Misalnya, “Saya adalah pemilik mobil mewah”. Kejadiannya sama seperti orang-orang yang menjadikan pekerjaannya sebagai poros. Ketika mobil mewahnya hilang, maka hilang pulalah jati dirinya. Sedangkan untuk yang menjadikan objek pada dirinya sendiri sebagai poros, Citra akan mendapati mereka termasuk orang-orang yang berkata, misalnya, “Saya adalah perempuan cantik berkulit putih dengan rambut hitam berkilau”. Dan jati dirinya akan sangat bergantung pada kualitas porosnya.

Sampai sini Citra mungkin bisa mengambil kesimpulan. Yaitu, jika seseorang menjadikan objek di luar dirinya yang bersifat tidak abadi seperti pekerjaan, kesejahteraan, pencapaian, teman, orang tua sebagai poros jati diri mereka, maka menjadi rapuh pulalah jati diri tersebut saat kehidupan berada dalam kondisi yang menantang dan melenyapkan poros tersebut. Lalu bagaimana selanjutnya? Ketika poros jati diri ini ternyata memegang peranan yang begitu penting, maka pastikan poros jati diri yang Citra miliki bukanlah sesuatu yang mudah lenyap, hilang berganti, dan tidak abadi.

• Karakter,kemampuandanketerampilan.Halinirelatiftidak mudah lenyap, tidak mudah hilang berganti, meski-pun ia tetap tidak abadi. Misalnya, “Saya adalah orang yang persisten, tangguh, dan pembelajar.”

• Halyangpalingsoliduntukdijadikanporosjatidiriada-lah sesuatu yang abadi, positif, tidak lenyap, dan tidak hilang berganti. Dan tidak ada yang memenuhi kriteria tersebut kecuali Dzat Yang Maha Sempurna. Dialah Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Maka ketika Citra benar-benar menjadikan Allah SWT sebagai poros jati diri, tidak ada kerugian kecuali kebaikan yang banyak.

Nah, yang perlu diingat dan dilakukan dalam menentukan poros jati diri, ikhtiarkan agar seluruh potensi rasio, perasaan, lisan, bahkan tindakan meyakini pusat yang sama. Setelah poros ini ditentukan, Citra dapat memulai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini yang merangkum jati diri seseorang. Jawaban pertanyaan-pertanyaan ini dapat

Citra ibaratkan seperti jari-jari pada roda. • SiapaCitra?• ApayangmembuatCitraunik/khas/berbedadariorang

lain ?• Apanilai-nilaiyangCitrapegang/yakini?• Apaidentitasfisikmu?(yangmembedakanmusecara

fisik dari orang lain)• Bagaimanakarakterdankepribadianmu?• BagaimanaCitramenilaidirisendiridalamhubungannya

/ interaksi dengan orang lain ? • Apapekerjaanmu/hal-halyangseringdilakukan/ho-

bimu ?• Apacita-citamu?Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ada yang diperoleh dari pengalaman, perenungan, bahkan feed back dari orang lain. Karena pengalaman senantiasa mengikuti waktu yang kita lalui, maka jawaban dari pertanyaan di atas akan terus dilengkapi seiring bertambahnya usia dan pengalaman Citra. Maka, selalu terlibat dalam pengalaman yang positif, teman dan sahabat yang positif lagi shaleh, informasi-informasi seperti buku dsb yang juga positif, akan membantu Citra melengkapi roda jati diri. Dan di atas itu semua, poros roda lah yang paling menentukan. Dengan ini semua, insya Allah Citra akan memiliki jati diri sebagai salah satu bekal untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam kehidupan. Untuk kemudian mempertanggungjawabkannya kelak di hadapan Yang Maha Sempurna. Selamat berikhtiar, sungguh Allah menyukai anak muda yang menjaga dirinya dan mendekatiNya.

Seseorang mendapatkan jati

dirinya melalui pengalaman

yang mereka lalui, hal yang

mereka lakukan, dan objek/

sesuatu yang mereka

mengidentifikasikan diri

dengannya.

RZ Magz Desember 2013

40

Assalamualaikum wr wrb,

Dok, saudara saya berumur 24 tahun mengalami gatal di lipatan lutut sebelah dalam. Setelah diperiksa ternyata terkena jamur. Nah, yang mau saya tanyakan kenapa jamur bisa menyebabkan gatal? Terima kasih, Dok.

Lena, Jakarta

Waalaikumussalam wrwb.

Ibu Lena yang dirahmati Allah, saya ucapkan terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan gatal akibat infeksi jamur yang dialami oleh saudara Ibu merupakan keluhan yang cukup sering ditemukan di masyarakat kita. Berdasarkan keterangan yang Ibu sampaikan, kemungkinan besar kondisi yang dialami oleh saudara Ibu adalah infeksi jamur yang mengenai lapisan kulit paling luar (atau biasa disebut infeksi superfisial). Dalam dunia medis, penyakit semacam ini dikenal dengan istilah dermatofitosis, atau penyakit kulit akibat jamur golongan dermatofita.

Seperti pada kebanyakan infeksi jamur lainnya, dermoatofitosis merupakan penyakit yang lebih sering

ditemukan pada daerah yang panas dan beriklim lembab. Hal ini dikarenakan kondisi udara yang lembab lebih memudahkan jamur untuk berkembang biak. Meskipun dapat mengenai semua golongan usia, penyakit ini lebih sering ditemukan pada usia pra adolesen atau dewasa muda dan anak-anak. Wanita yang sedang mengasuh anak kadang lebih sering terkena infeksi ini karena frekuensi kontak/sentuhan yang lebih sering dengan anak-anak.

Jamur golongan dermatofita yang menyebabkan penyakit dermatofitosis ini memiliki sifat mencerna lapisan tanduk (keratin) pada kulit, karena memiliki suatu enzim yang disebut keratinase. Jamur ini biasanya menginfeksi hanya lapisan kulit luar. Penularan penyakit ini terjadi melalui kontak langsung dengan jamur penyebabnya, dan dapat berasal dari berbagai sumber baik sesama manusia, binatang, ataupun dari tanah.

Pada pasien yang mengalami penyakit dermatofitosis, keluhan yang biasa dijumpai adalah adanya bercak merah yang bersisik dan gatal. Riwayat kontak dengan orang yang juga mengalami infeksi serupa biasanya didapatkan pula pada pasien ini. Terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi lebih berisiko mengalami penyakit ini, diantaranya: - Lingkungan yang lembab dan panas- Kekebalan tubuh yang rendah

dr. Hilmi Sulaiman RathomiLulus dengan predikat cum laude

dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kandidat Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran,

Healthcare Program dan Project Management di Rumah Zakat

Gatal Karena Jamur

resepdokhil

41

RZ Magz Safar 1435 H

- Kegemukan atau obesitas- Adanya penyakit diabetes mellitus atau kencing manis

Mekanisme munculnya keluhan gatal pada penyakit akibat infeksi jamur ini mirip dengan timbulnya rasa gatal akibat penyebab lain. Pada pasien yang terinfeksi jamur golongan dermatofita, jamur masuk ke lapisan luar kulit setelah merusak lapisan keratin kulit. Masuknya jamur pada lapisan kulit akan memicu terjadinya reaksi radang oleh tubuh. Pada peradangan tersebut, terdapat salah satu sel kekebalan tubuh yang pecah dan mengeluarkan zat yang bernama histamin. Zat inilah yang merangsang ujung saraf di kulit yang bertugas dalam menerima rangsang gatal, sehingga timbullah rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk. Obat-obatan yang seringkali diresepkan oleh dokter untuk mengurangi rasa gatal biasanya juga bekerja dengan cara menghambat pengeluaran histamin dari sel-sel tubuh tadi.

Untuk mengobati penyakit infeksi jamur yang dialami oleh saudara Ibu, beberapa hal yang saya sarankan adalah:- Menjaga kebersihan (higiene) pribadi dan menghindari

pemakaian pakaian atau handuk secara bersamaan- Mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga

kekebalan tubuh- Menghindari menggunakan pakaian yang terlalu tebal

dan tidak menyerap keringat- Mengusahakan agar daerah yang terinfeksi selalu kering

dan tidak lembab- Menjalani pengobatan hingga tuntas, baik dengan krim

atau salep anti jamur hingga bercak hilang ataupun obat minum sesuai saran dari dokter yang memeriksa

Demikian penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat dalam membantu mengatasi keluhan yang dialami oleh saudara Ibu, dan memberikan tambahan pengetahuan bagi Ibu Lena sendiri. Wassalamualaikum wr wb.

dermoatofitosis merupakan penyakit yang lebih sering

ditemukan pada daerah yang panas dan beriklim lembab

Bakteri jamur

RZ Magz Januari 2014

42

Anak KecilBerzakat?

Assalamualaikum Wr Wb,Ustadz, apabila anak kecil sudah berpenghasilan cukup fantastis seperti artis-artis cilik jaman sekarang, apa mereka wajib zakat? ataukah harus orang tuanya yang zakat, sementara memang harta tersebut dimiliki sang anak?

Terima kasih,

Isma, tangerang

Sobat Isma yang dirahmati Allah SWT, masalah ini menjadi perdebatan di kalangan ulama, namun Jumhur ulama mengatakan bahwa harta anak kecil yang sudah memenuhi syarat zakat maka wajib dikeluarkan zakat oleh walinya. Syeikh Muhammad bin Sholih al-Ustaimin berkata: “Masalah ini ada perbedaan pendapat di antara para ulama. Sebagian mereka berkata bahwa harta anak kecil dan orang gila tidak wajib dikeluarkan zakatnya, karena memang keduanya tidak mukallaf. Sementara sebagian ulama lainnya berkata bahwasannya wajib mengeluarkan zakat pada harta anak kecil dan orang gila, dan ini adalah pendapat yang benar, karena zakat adalah hak harta maka tidak melihat siapa yang memiliki harta. (Lihat Fatawa Arkanil Islam hal. 423)

Ada beberapa dalil yang dikemukakan oleh Jumhur ulama yang menunjukkan wajibnya zakat pada harta anak kecil:

Pertama: firman Allah Ta’ala: “Ambillah zakat dari harta

mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.” (QS At Taubah: 103) dan firman Allah SWT pula: “... Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)” (QS. Al Ma’arij: 24-25). Ayat-ayat di atas menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan harta kepada hamba-hamba-Nya, dengan mengadakan suatu hak padanya yang wajib diberikan kepada orang yang tidak berharta. Dan juga, Dia perintahkan Nabi SAW memungut hak tersebut dari harta orang pada waktunya, supaya menjadi pembersih, penjaga dan pemelihara baginya, yang dalam hal ini Allah SWT tidak membeda-bedakan antara seorang pemilik harta dengan seorang yang lain, dan tidak mengistimewakan suatu harta dari harta yang lain.

Kedua: Hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari (1386) dengan sanad dari Abu Bakar RA: “Inilah kewajiban zakat yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW atas kaum muslimin.” Kata-kata “al Muslimin” adalah kata-kata umum, mencakup orang yang telah dewasa maupun yang belum, yang berakal maupun yang tidak, sementara itu ada suatu prinsip: Wa al-Ashlu baqa’ al-am ‘ala ‘umumihi ma lam yarid dalilun ‘an al-Syari’ bi takhshishihi, artinya: “Kata-kata umum tetap umum, selagi tidak ada dalil dari syari’ yang mentakhsishnya.”

Kardita Kintabuwana, Lc, MA,Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat lulusan Jami’ah Al Islamiyah Madinah (Lc.) dan Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (MA)sedang menyelesaikan S3 di UIN Jakarta

tanyaustaddidit

43

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

Untuk Konsultasi langsung, Ustadz Kardita dapat ditemui di Rumah Zakat cabang Bandung, Jl. Turangga No. 33

Ad-Daruquthni dalam Sunannya (2/110) telah mengeluarkan dari Abdullah bin Umar RA, secara marfu’ sampai kepada Nabi SAW, bahwa beliau bersabda: “Barangsiapa menjadi wali seorang anak yatim yang berharta, maka hendaklah ia memperdagangkannya bagi si yatim itu, dan jangan membiarkannya sampai termakan oleh zakat.” Anak yatim adalah anak yang belum baligh telah ditinggal mati ayahnya. Demikian pula Imam Asy-Syafi’i Rahimahullahu Ta’ala telah meriwayatkan dalam al-Umm (2:23-24) bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Perdagangkanlah harta anak-anak yatim, sehingga tidak dimusnahkan atau dihabiskan oleh zakat.” Kesimpulan dari kedua hadits di atas menunjukkan bahwa apabila harta tidak diperdagangkan maka ia akan habis dan musnah karena zakat, dan hal itu karena mesti dikeluarkan zakatnya terus-terusan, sementara harta itu tidak dikembangkan. Dan mengeluarkan zakat dari harta anak kecil itu tak mungkin diperbolehkan, kalau bukan karena wajib. Sebab, walinya pun tidak boleh menyedekahkan harta anak kecil itu. Dengan demikian berarti menunjukkan wajibnya zakat pada harta anam yatim.

Juga berdasarkan sabda Rasulullah SAW kepada Mu’adz tatkala beliau mengutusnya ke Yaman, “Beritahukanlah kepada mereka, bahwasannya Allah mewajibkan zakat harta mereka yang diambil dari orang kaya dan diberikan kepada orang fakir di antara mereka.” (HR . Muttafaq alaihi). Dalam hadits tadi dijelaskan bahwa zakat diambil dari orang kaya tanpa memandang apakah dia sudah dewasa atau masih kanak-kanak.

Ketiga: Atsar yang diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Muwaththa’nya (1: 251) beliau meriwayatkan dari Umar RA, dia berkata: “Perdagangkanlah harta anak-anak yatim, niscaya ia tidak termakan oleh zakat.” Sedang Imam Asy-Syafi’i dalam al-Ummnya (2: 23-24) juga meriwayatkan dari Umar, bahwa dia berkata kepada seseorang: “Sesungguhnya pada kita ada harta anak yatim yang cepat benar habis oleh zakat.” Kesimpulan dari kedua atsar ini pun sama dengan kesimpulan hadits tersebut di atas, bahkan ini didukung pula oleh apa yang telah diriwayatkan oleh Malik dari Abdur Rahman al-Qasim, dari ayahnya, dia berkata: “Aisyah ra pernah menjadi waliku bersama seorang saudaraku sebagai dua anak yatim dalam asuhannya. Dia mengeluarkan zakat dari harta kami.” (Az-Zarqani ‘alal Muwaththa’: 2/325)

Keempat: Qiyas kepada Zakat Fitrah, karena ijma’ menetapkan wajibnya Zakat Fitrah atas anak-anak kecil dan orang-orang gila. Jadi, sebagaimana kekanakan dan penyakit gila tidak menghalangi wajibnya Zakat Fitrah dari badan anak kecil dan orang gila, maka patut pula bila hal itu tidak menjadi penghalang bagi zakat harta masing-masing, manakala telah terpenuhi padanya syarat-syarat wajibnya zakat.

Kelima: tujuan zakat adalah untuk menutupi kebutuhan para fakir dan membersihkan harta, dengan mengambil sebagian dari harta itu yang menjadi hak orang-orang yang patut menerimanya, tanpa memandang sifat pemiliknya, asal dia seorang muslim yang tunduk kepada peraturan Islam secara umum. Dengan demikian, kaitan zakat ialah dengan harta anak kecil maupun orang gila itu, bukan dengan orangnya, apalagi bila diingat bahwa harta mereka bisa saja berkenaan dengan hutang. Jadi, zakat pun sama dengan hutang, dengan alasan, masing-masing merupakan kewajiban yang berkenaan dengan harta.

Keenam: zakat bukanlah ibadat badaniyah semata-mata sehingga harus diterapkan padanya syarat-syarat taklif, atau kewajibannya terpengaruh dengan kurangnya kepatutan si mukallaf, tetapi merupakan ibadat yang lebih cenderung kepada soal harta, di samping merupakan pemelihara bagi salah satu segi keseimbangan ekonomi, dan evaluasi menyeluruh bagi kecukupan. Oleh sebab itu semua pemilik harta harus sama ketundukannya kepada peraturan ini.

Prof. DR. Wahbah Zuhaili berkata: “Pendapat ini (zakat atas harta anak kecil) lebih tepat karena padanya terdapat kemaslahatan bagi orang-orang fakir dalam memenuhi kebutuhan mereka disamping mensucikan jiwa dan melatihnya untuk berakhlak dermawan dan empati dengan orang lain” (Al-Fiqh al-Islami wa adillatuhu: 2/740). Syeikh Sayyid Sabik juga menjelaskan dalam kitabnya Fiqh al-Sunnah bahwa zakat diwajibkan kepada setiap muslim yang merdeka (laki-laki atau perempuan; dewasa atau kanak-kanak) dan memiliki harta yang melebihi nishab (Fiqh al-Sunnah: 1/240).

Sobat Isma yang baik, mudah-mudahan penjelasan yang singkat tadi bermanfaat. Wallahu a’lam bi al-shawwab.

bid

ik

Salah satu batu lengkung raksasa di Arches National

Park, Utah, Amerika Serikat yang terbentuk

akibat erosi air dan angin yang menggerus batu

pasir selama jutaan tahun.

Foto: @shernend

RZ Magz Januari 2014

46b

inca

ng

Dalam Passion, Tak Ada Rasa

TerkekangFatin Shidqia Lubis, yang akrab disapa Fatin

ini namanya meroket melalui salah satu ajang pencarian bakat di televisi swasta. Setelah semua

tahap dilewati, Fatin berhasil meraih juara pertama. Semenjak itu, Fatin makin terkenal dengan image

penyanyi remaja muslimah. Mari kita simak hasil bincang-bincang dengan Fatin.

Fatin Sidqia Lubis

47

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

Ini adalah hal yang saya sukai

jadi saya tidak merasa terkekang

Hallo Fatin.. Ini pertama kalinya ke Bandung atau sudah beberapa kali? Gimana rasanya?

Udah pernah ke Bandung sebelumnya. Bandung salah satu kota terenak saya perform karena cuacanya bagus dan Fatinistic yang ada di Bandung seru-seru. Oleh-oleh makanannya enak-enak dan bajunya bagus-bagus, jadi seru.

Fatin pernah terlibat dalam film layar lebar kan. Lebih suka acting atau nyanyi?

Nyanyi. Karena saya memang suka nyanyi. Kalau acting saya baru sekali dan kurang begitu suka. Buat saya tantangan acting itu skrip. Karena saya biasanya lihat lirik, ini lihatnya skrip. Di skrip itu diatur saya harus ngomong apa, setelah siapa, itu rasanya beda.

Fatin tahu gak kalau beberapa sinlge Fatin menjadi top request di Bandung? Menurut fatin gimana? Karena pangsa pasar di Indonesia paling banyak di Bandung.

Iya menurut saya beberapa lagu saya ceritanya dialami banyak orang dan kebanyakan remaja banyak yang suka lagu melow. Jadi saya bersyukur dan memang saya sudah mikir kalo lagu ini memang pas untuk pasar sekarang.

Apa yang membedakan Fatin dengan penyanyi lain di luar sana, selain Fatin ini juara salah satu acara pencarian bakar?

Menurut saya yang membedakan adalah suara. Karena tiap orang punya suara yang berbeda-beda. Semoga dengan suara ini orang bisa spontan tahu kalo itu adalah suara saya.

Atmosfer lagu di kota Bandung menurut Fatin gimana?

Saya banyak kenal teman-teman dari Bandung yang suaranya bagus. Jado buat saya Jakarta dan Bandung itu beda tipis. Kayak bersaudara dekat. Jadi seru aja.

Fatin kan sekarang sedang menjadi ambassador salah satu produk kerudung. Nah, fashion yang Fatin banget itu seperti apa?

Saya orangnya santai banget. Kalau kemana-mana gak terlalu memperhatikan penampilan, yang penting nyaman dan matching. Paling celana jeans, kaos panjang dan kerudung. Kerudungnya gak diapa-apain. Kalo diapa-apain itu berarti bukan saya.

Apa yang membedakan Fatin yang dulu dan yang sekarang sebagai seorang remaja dengan brand image penyanyi muslimah?

Dulu saya pemalu banget. Kalau ketemu orang baru gak tahu harus berbuat apa. Penginnya cepet-cepet pergi. Sekarang sudah lebih bisa. Kalau dulu jadwalnya gak sepadat sekarang. Mau main ya tinggal main. Kalau sekarang mau apa-apa harus lihat tanggal dulu. Saya juga harus ngebooking teman-teman dari jauh hari biar bisa main. Itu saja yang berubah, yang lainnya tidak.

Fatin pernah merasa terkekang gak dengan jadwal yang padat, padahal Fatin masih remaja?

Gak, sih. Karen setiap bulan pasti ada liburnya dan ini adalah hal yang saya sukai jadi saya tidak merasa terkekang.

RZ Magz Januari 2014

48

ak terasa, tulisan ini akan menjadi tulisan ke-25 saya di media ini. Saya teringat dulu saat masih bersekolah di tingkat menengah pertama terkesan

sekali dengan bukunya Arswendo Atmowiloto “Mengarang Itu Gampang”, buku itu sempat saya perpanjang walaupun akhirnya buku perpustakaan itu entah hilang dimana dan saya harus menggantinya. Buku tersebut sempat menggugah saya untuk menjadi penulis. Era itu saya juga banyak membaca buku karya Emha Ainun Najib (nama singkat saya – trieha – adalah korban kekaguman saya pada Emha saat itu), saya juga menikmati sekali tulisan Danarto, Umar Kayam dan sebagainya.

Suatu saat, saya sempat mengangankan ada sebuah alat atau software yang bisa merekam suara dan mengkonversinya menjadi teks, jadi kalau saya lagi malas mengetik bisa direkam aja trus keluar deh dalam bentuk teks. Dan ajaibnya, semua sekarang telah tersedia. Sebut saja misal Dragon Naturally Speaking (http://www.nuance.com/dragon/index.htm) atau aplikasi VoiceBase (http://www.voicebase.com/) bisa juga DictationPro (http://dictation-pro.software.informer.com/download/), kalau kurang cocok bisa mencoba Free Audio Converter (http://www.freemake.com/free_audio_converter/). Ada juga beberapa aplikasi Android yang bisa Anda temukan misal dengan keyword : convert voice to text. Mana yang terbaik mungkin Anda coba saja dulu, toh saya hanya berbagi bukan jadi agen promosi.

Jika alat itu ada mungkin para ustadz yang seringnya tak cukup waktu menulis bisa kita bantu menjadikan ceramahnya bahkan menjadi buku. Para jurnalis bisa makin

Menulis Itu Gampang

48

Muhammad TriehaIdeaspreneur, @triehaChief Creative Officer Global Garda MediaCEO InspiraTV

cepat bekerja karena tak perlu lagi mentranskrip rekaman narasumber, semua tinggal di-convert seperti juicer, memang namanya teknologi belum sepenuhnya bebas ampas, bisa jadi karena aplikasi ini umumnya disetting dengan pendeteksian bahasa Inggris. Jadi kalau alatnya sempat bingung ya mungkin softwarenya sedang pusing menerka-nerka pilihan kata paling tepatnya.

Tapi jangan salahkan saya ya kalau misal ruang kerja staf Anda jadi berisik pada ngomong sendiri di headphone-nya gara-gara ingin mencoba teknologi ini..kita optimalkan saja teknologinya selama aman dan nyaman. Mengapa harus aman karena ngeri juga sekarang semua perangkat teknologi bisa disadap, jangankan yang sudah jadi suara bulat, yang masih kresek-kresek saja bisa dienkripsi. Harus nyaman juga karena ya itu tadi, jangan sampai terjadi kegaduhan baru di ruang kerja, kalaulah ini terjadi seharusnya kita bersyukur mereka-mereka ini mungkin berbakat jadi telemarketing atau call center.

Jadi seharusnya menulis itu gampang. Softwarenya sudah ada, kalaulah tetap dengan komputer sekarang sudah ada laptop, tablet, smartphone atau entah teknologi apa lagi nanti yang keluar, kalau semua masih repot mari kembali ke cara orisinil menulis : dengan kertas dan alat tulis. Apakah menulis itu harus standar mengarang ala dulu kita diajarkan di sekolah? Hmmm..menurut saya sih bagaimana medianya dan kepada siapa target pembaca kita. Ada kalanya perlu, ada waktunya malah tidak perlu.

Coba kita perhatikan fenomena Buzzfeed.com (http://www.buzzfeed.com/) kata seorang teman yang sedang kuliah di

trieha’sideas

49

RZ Magz Rabiul Awal 1435 H

49

Amerika sana, web ini sedang populer justru karena gaya jurnalismenya yang tidak ‘seketat’ aturan penulisan berita yang lazim sebagaimana banyak kantor berita mapan lakukan. Gaya tulisannya sepertinya sengaja dibuat agak ‘ngawur’ biar menghibur. Mungkin pembacanya, yang kebanyakan adalah generasi Y (terlahir pasca tahun 1981 ke atas) yang pengennya serba ringkas, instan dan tak perlu berpikir keras untuk sekedar membaca berita.

Kalau di Bandung saya heran sekali ada buku yang bisa membuat saya begitu terpingkal, judulnya Watir, tulisannya dominan berbahasa Sunda campur-campur dengan bahasa Indonesia dan mungkin sebagian idiom Inggris yang dipakai seenaknya, misal Dont like join mix (jangan suka ikut campur) atau Know content alias tahu isi alias #gehu (toge tahu), dll. Apakah laku? Ternyata kenceng juga penggemarnya. Tentu jenis buku seperti ini tak bisa sepenuhnya untuk konsumsi umum, banyak yang harus disensor mungkin karena beberapanya terlalu kasar dan banyak cerita soal hantu (yang anehnya selalu sial..hehe..)

Nah kalau mau buku yang tetap menghibur, menginspirasi dan bisa dibaca semua umur ada yang baru dari Rumah Zakat, judulnya INDONESIA JUARA : Kisah usaha sekolah mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua. Disini kita bisa membaca bagaimana perjuangan bapak ibu guru di Indonesia Juara Foundation dan Rumah Zakat mengembangkan Sekolah Juara, sekolah gratis berkualitas bagi para siswa kurang mampu. Ada cerita tentang siswanya, orang tuanya, guru-gurunya yang semua sangat membanggakan sekaligus menggetarkan. Pantas saja jika kemudian Sekolah Juara tumbuh berkembang sampai-sampai banyak donatur yang ingin menyekolahkan anaknya sampai maksa padahal quota untuk siswa non kurang mampu sangat terbatas kursinya.

Sekali lagi tulisan ini ingin menegaskan bahwa menulis itu gampang. Hanya butuh kemauan dan pembiasaan. Tidak

harus yang rumit dan terlalu intelek, karena umumnya malah kurang banyak peminatnya, tapi juga jangan terlalu asal karena kata Nabi kita, banyak tertawa bisa mengeraskan hati kita. Idenya menulisnya dari mana? Ya dari mana saja, yang penting mulai dan mulai. Pidi Baiq, Imam Besar The Panas Dalam, saja bisa membuat buku dari hasil twitterannya, disusun eh jadilah sebuah buku, laris pula! Wah saya tak bisa menulis panjang, okelah bagaimana kalau dipadu dengan gambar, foto atau karikartun misalnya, mengapa tidak?

Saya masih meyakini, setiap penulis yang baik selalu seorang pembaca yang baik. Zaid bin Tsabit misalnya, di masa sangat belia, Zaid yang saat itu berusia 13 tahun mendaftar perang ke hadapan Rasulullah. Dengan menyeret pedangnya yang berat Zaid bin Tsabit menghampiri Rasulullah, meski tidak sanggup mengangkat pedangnya, semangatnya sungguh tinggi. Akan tetapi di dalam peperangan yang sesungguhnya semangat saja tidak cukup, postur tubuh Zaid serta usianya yang masih terlalu belia membuat Rasulullah Saw tidak bisa menerimanya untuk bergabung dengan pasukan perang Badar.

Mendapati dirinya ditolak masuk ke dalam barisan mujahidin, Zaid muda menjadi sangat sedih. Sesampai di rumah, ia menemui ibundanya tercinta an-Nawar binti Malik dan berkata, “Rasulullah saw melarangku berjihad.” Lalu apa jawabannya ibunya, “Jangan bersedih, engkau bisa membela Islam dengan cara lain. Jika tidak mungkin dengan jihad ke medan perang, cobalah berjihad melalui lisan atau tulisan.” Ketika dewasa, Zaid lah yang dipilih untuk menjadi ketua tim pembukuan wahyu dalam satu mushhaf Al Quran. Abu Bakar mengatakan kepadanya: “Engkau adalah seorang pemuda yang cerdas dan kami tidak meragukanmu”. Dan memang, Zaid adalah penulis dan pembaca wahyu nomor satu di zamannya.

Bagi saya, menulis adalah salah satu cara untuk memanjangkan usia kita. Kita tidak tahu kapan Allah akan memberhentikan usia biologis kita, dan dengan menulis, merekam, mengaudiokan atau mengaudiovisualkan ide kita semoga itu semua mampu memperpanjang usia kebaikan kita bagi orang banyak. Dengan segala keterbatasan manusia untuk mengingat, maka menulis menurut saya adalah satu ikhtiar yang tak akan pernah ketinggalan zaman.

Terima kasih. Selamat Tahun Baru 2014.

RZ Magz Januari 2014

50

1) Di antara ucapan paling menakjubkan ialah kata-kata seekor #semut ketika bala tentara Sulaiman yang agung merambah negerinya.

2) Bala tentara jin, insan, burung, dan hewan tertata rapi dalam barisan (QS 27: 17), lalu ayat ke-18 mengabadikan ucap si #semut.

3) “Wahai para #semut; masuklah ke dalam rumah tinggal kalian; agar Sulaiman dan pasukannya tak menginjak kalian sedang mereka tak menyadari.”

4) Sungguh berlimpah pelajaran dari kata-kata sang #semut ini. Pertama; ucapan indah ini ditujukan untuk menyelamatkan kaumnya.

5) Ucapan yang bertujuan menyelamatkan kehidupan sangat mahal nilainya. Mari kita berlatih untuk bicara hal sedemikian. #semut

6) Seorang muslim bicara hal yang baik; benar isinya, indah caranya, tepat waktunya, bermanfaat, dan berpahala. Atau diam. #semut

7) Atau setidaknya selamatkan sesama dari gangguan tangan dan lisan kita. Mari bicara mulia, menjaga jiwa, menyelamatkan hidup. #semut

8) Pelajaran ke-2; Yang hendak diselamatkan #semut adalah sesama semut; yang andaipun mati, tiada kan mempertanggungjawabkan ‘amal.

9) Kalimat #semut menyelamatkan semut ini dimuliakan Al Qur’an. Maka betapa lebih mulia lagi kalimat manusia tuk selamatkan manusia.

10) Sebab hidup #semut hanya soal hajat, sedang hidup manusia adalah soal amanah ibadah yang kan dipertanggungjawabkan dengan rinci.

11) Pelajaran ke-3, ucapan #semut ditujukan untuk menyelamatkan hidup kawan-kawannya di dunia. Ini mulia dan Allah mengabadikannya.

12) Maka alangkah lebih mulia lagi tiap ucapan manusia yang ditujukan untuk menyelamatkan sesama di kehidupan akhiratnya. #semut

13) Inilah dakwah, ucapan yang merayu-rayu sesama tuk ber-ihsan dalam ‘amal dan ber-ikhlas dalam hati mengesakan Allah. #semut

14) Pelajaran ke-4, #semut pemimpin itu mengatakan, “..Masuklah kalian ke dalam rumah tinggal (maskanah~>masakin) kalian..”

15) Berkata @dr_almuqbil; Hatta #semut-pun memiliki tempat berdiam dan berlindung bagi yang dipimpinnya. Maka hendaklah demikian..

16) ..tiap insan berusaha agar mampu menyediakan tempat berteduh dan bernaung bagi mereka yang ada dalam tanggung jawabnya. #semut

17) Sebab bagi insan beriman rumah bukan cuma tempat tinggal, ia juga tempat menyembah Allah, membina keluarga, dan menanamkan tauhid. #semut

18) Firman Allah; “Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya, ‘Ambillah olehmu berdua beberapa rumah di Mesir untuk tempat tinggal.. #semut

#ha

shta

g

Belajar Dari Semut

51

19) ..bagi kaummu. Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu sembahyang serta gembirakanlah.. #semut

20) ..orang-orang yang beriman.” (QS 10: 87). #Semut berlindung bagi hidup di bumi; insan mengguna rumahnya bagi hayat dunia akhirat.

21) Pelajaran ke-5 dari ucapan #semut ialah prasangka baik. Simaklah kalimat, “..Agar Sulaiman dan pasukannya tak menginjak kalian..

22) ..sedang MEREKA TAK MENYADARINYA” (QS 27: 18). Alangkah mulia si #semut yang berprasangka baik bahwa jikapun mereka terinjak..

23) ..pastilah itu tanpa sengaja; sebab Sulaiman dan bala tentaranya tak menyadari kehadiran para #semut di bawah kaki mereka.

24) Betapa jelita prasangka baik pada sesama hamba Allah, sebab buruk sangka pada saudara hakikatnya adalah menuduh diri sendiri. #semut

25) Yakni membayangkan bahwa seandainya kita berada di posisi beliau, kita akan melakukan hal buruk yang kita tuduhkan. #semut

@salimafillah

RZ Magz Januari 2014

52

Field Rantau Medan

teri

ma

kasi

h

BIG SMILE Indonesia adalah sebuah gerakan pengibaran semangat optimisme bangsa melalui rangkaian gempita aksi senyum

pemberdayaan untuk Indonesia yang lebih membahagiakan

Mari Bergabung!

www.rumahzakat.orgrumahzakatfans@rumahzakat

“Saatnya Indonesia Tersenyum Lebih Lebar”