laporan evaluasi semester 1 ruang perawatan interna jan-juni 2012

Download Laporan Evaluasi Semester 1 Ruang Perawatan Interna Jan-juni 2012

If you can't read please download the document

Upload: sofiantitalibo

Post on 05-Sep-2015

6 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

laporan evaluasi

TRANSCRIPT

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas izin-Nya laporan evaluasi semester 1 dapat disusun. Laporan ini di susun berdasarkan hasil evaluasi masalah yang terjadi di ruang rawat inap interna.

Masalah yang terjadi di ruang rawat interna merupakan tanggung jawab kita bersama khususnya petugas yang ada d ruang interna dan semua pegawai RS pada umumnya. Untuk itu bila terdapat masalah yang belum sepenuhnya dapat terselesaikan diharapkan kritik dan saran maupun bantuan lainnya yang dapat membantu.

PENYUSUN

TIM PERAWATAN INTERNA

BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Profesionalisme keperawatan melalui kegiatan praktek keperawatan dapat dilihat melalui pelaksanaan kegiatan pelayanan keperawatan yang berdasarkan Visi dan Misi yang jelas dan tertuang dalam pelaksanaan rencana strategis pelayan keperawatan disetiap bidang.

Upaya yang maksimal yang dibuktikan dalam setiap memberikan pelayanan, perawat haruslah bersikap profesional. Perawat Interna harus memahami tentang SPO yang terdapat didalam ruangan, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak di inginkan serta dapat meningkatkan mutu pelayanan diruangan. Disamping itu perawat juga memahani tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan agar pasien dan keluarga nyaman dan percaya akan pelayanan yang akan diberikan kepda mereka.

Selain bersikap profesional dan memahami tentang SPO, perawat dalam memberikan pelayanan haruslah ditunjang oleh sarana dan prasarana serta sarana penunjang lainnya. Karena pelayanan yang maksimal di dapat apabila semua sarana prasarana dan penunjang tersedia.

Oleh karena itu pada kesempatan ini, ruang perawatan interna akan melaporkan hasil pelayanan kami selama 1 (satu) semester untuk dijadikan acuan yang kiranya dapat meningkatkan kinerja kita kedepan yang lebih baik lagi.

TUJUAN

Mendapatkan respon positif dari pelayanan yang profesional dan maksimal.

VISI MISI

Visi

Meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dalam rangka mewujudkan pelayanan keperawatan yang berkualitas.

Misi

Menciptakan kerja sama yang baik antara petugas kesehatan.Memberikan pelayanan cepat, tepat dan akurat sesuai SPO dalam pelayanan keperawatan terhadap pasien.Mengurangi resiko infeksi nosokomial.

BAB II

PEMBAHASAN

KETENAGAAN

TABEL KETENAGAAN RUANG INTERNAL

Perawat

Dilihat dari jumlah Perawat yang ada di Ruang Interna yaitu sebanyak 16 orang, tidak sebanding dengan jumlah tempat tidur 30 buah. Menurut rumus Depkes jumlah kebutuhan tenaga adalah sebanyak 20 orang, dengan perhitungan sebagai berikut :

Rumus : Rata-rata pasien perhar

Menurut perhitungan perbandingan antara perawat dengan jumlah tempat tidur, jumlah perawat di ruang rawat inap tidak sebanding dengan jumlah tempat tidur. Untuk itu dibutuhkan penambahan tenaga perawat dengan perbandingan 1:3 dari total tempat tidur sebanyak 30, maka seharusnya jumlah perawat interna 30 orang tetapi pada kenyataannya perawat yang ada di ruang rawat interna hanya berjumlah 15 orang, sehingga dibutuhkan penambahan 15 perawat.

Petugas Administrasi

Ketenagaan administrasi di ruang rawat interna juga dibutuhkan untuk membantu perawat dalam melaksanakan registrasi pasien yang digunakan sebagai pelaporan ke bagian rekam medik. Jumlah tenaga yang ada saat ini 1 orang dengan status kontrak.

Saat ini yang terjadi diruang rawat interna banyak keluhan akibat dari kurang displin dan kelalaian dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga administrasi.

Oleh karena itu dibutuhkan tenaga administrasi yang profesional dan bertanggug jawab.

Cleaning Servis

Penunjang lainnya yang dapat membantu pelayanan yang optimal adalah kebersihan ruangan, sehingganya diperlukan petugas kebersihan. Saat ini petugas kebersihan yang ada d ruang interna berjumlah 2 orang, sedangkan luas rungan tidak sebanding dengan jumlah petugas kebersihan. Terkadang masih di dapati ruangan yang kotor, sehingganya di butuhkan penambahan tenaga untuk dapat menyelesaiakn pekrjaan tepat waktu.

Petugas Keamanan

Petugas keamanan sangat diperlukan, untuk ketertiban dan keamanan rungan sehingga pasien merasa nyaman dan aman serta perawat dalam melaksanakan tindakan bekerja dengan maksimal.

PASIENJumlah Pasien

Jumlah pasien makin hari makin bertambah dengan total dalam 1 semester ini bejumlah 653 jiwa dengan rata-rata 108-109 pasien/bulan.

Jaminan

Jaminan yang digunakan pasien selama rawat inap terdiri dari Askes sosial, Jamkesmas, Jamkesta/SKTM, Umum.

Cara Keluar

Cara keluar pasien terdiri dari Pulang Baik,Pulang Paksa,Rujuk,Meninggal. Selang bulan Januari-Juni 2012 pasien dengan status pulang paksa sebanyak 17,76%,untuk pulang paksa pada bulan juni mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya.

MASALAHDisiplin kerja masih perlu ditingkatkan Jadwal Dinas yang tidak sesuai Jaminan Pasien sering berubah Hak perawatan => Jamkesmas minta kelas 2Pembayaran / Adminstrasi => Minta keringanan Rujuk Pasien (Pendamping)Keamanan => Jam besuk, Penunggu pasien, petugas keamananKerusakan sarana/prasarana Banyak pasien pulang paksa (bulan Juni)Persediaan obat sering kehabisan Kedisiplinan dan tanggung jawab tenaga administrasiKurangnya tenaga cleaning servis

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Untuk meningkatkan mutu pelayanan di ruang rawat interna maka perlu adanya kerjasama antar bidang yang terkait, sehingga masalah yang terjadi diruangan dapat diatasi secara bersama, serta pelayanan yang diberikan kepada keluarga dan pasien mendapatkan hasil yang maksimal.

SARAN

Diharapkan apa yang menjadi masalah diruang interna mendapatkan penyelesaian dan mendapatkan respon yang positif dari petinggi RS untuk ditindak lanjuti.