korantempo 13 oct 2010

25
www.tempointeraktif.com www.korantempo.com RABU 13 OKTOBER 2010 EDISI NO. 3326 TAHUN X 56 HALAMAN RP 3.000 (LUAR JAWA + ONGKOS KIRIM) Istana Waspadai Isu Penggulingan Presiden »A4 PORTAL IMAM YUNNI (TEMPO) IKLAN IKLADITIA NOVIANSYAH (TEMPO) Lain negara, lain selera. .JAKARTA – Pemerintah akan me- nyampaikan klarifikasi kepada Tai- wan, yang melarang penjualan tiga jenis produk Indomie. Klarifikasi itu menyangkut perbedaan standar penggunaan pengawet nipagin da- lam kecap dan saus Indomie. “Kami meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan memberikan penjelasan kepada otoritas Taiwan,” kata Men- teri Perdagangan Mari Elka Panges- tu di Jakarta kemarin. Menurut Mari, kandungan nipagin Indomie sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Jadi, aman dikonsum- si,” kata dia. ALI NY | EKA UTAMI APRILIA | KARTIKA CHANDRA PEMERINTAH KLARIFIKASI HEBOH INDOMIE Aman dengan Catatan NIPAGIN atau metilparaben adalah pengawet antijamur yang biasa di- gunakan pada makanan dan kosmetik. Codex Alimentarius Commis- sion, badan bentukan Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengatur standar pangan, menetap- kan nipagin sebagai pengawet yang aman untuk makanan, dengan ambang aman maksimum 1.000 miligram per kilogram. Nama ilmiah: methyl p-hydroxybenzoate Rumus kimia: CH3(C6H4(OH)COO) AMBANG AMAN NIPAGIN Kadar nipagin yang boleh ada berbeda-beda antarnegara. Di mana Indonesia? WASPADAI EFEK KASUS INDOMIE A2 1.000 miligram/kilogram 0 500 250 550 1000 1000 250 250 0 AMBANG AMAN INDONESIA HONG KONG SINGAPURA BRUNEI TAIWAN AMERIKA SERIKAT AMBANG AMAN NIPAGIN Kadar nipagin yang boleh ada berbeda-beda antarnegara. Di mana Indonesia?

Upload: shouso

Post on 24-Jun-2015

784 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: KoranTempo 13 Oct 2010

www.tempointeraktif.com www.korantempo.com

RABU 13 OKTOBER 2010 EDISI NO. 3326 TAHUN X 56 HALAMAN RP 3.000

(LUAR JAWA + ONGKOS KIRIM) Istana Waspadai Isu Penggulingan Presiden »A4

PORTALIMAM YUNNI (TEMPO)

IKLAN

IKLADITIA NOVIANSYAH (TEMPO)

Lain negara, lain selera.

.JAKARTA – Pemerintah akan me-

nyampaikan klarifikasi kepada Tai-

wan, yang melarang penjualan tiga

jenis produk Indomie. Klarifikasi itu

menyangkut perbedaan standar

penggunaan pengawet nipagin da-

lam kecap dan saus Indomie. “Kami

meminta Badan Pengawas Obat dan

Makanan memberikan penjelasan

kepada otoritas Taiwan,” kata Men-

teri Perdagangan Mari Elka Panges-

tu di Jakarta kemarin.

Menurut Mari, kandungan nipagin

Indomie sesuai dengan ketentuan

yang berlaku. “Jadi, aman dikonsum-

si,” kata dia. ● ALI NY | EKA UTAMI APRILIA | KARTIKA CHANDRA

PEMERINTAH KLARIFIKASIHEBOH INDOMIE

Aman dengan CatatanNIPAGIN atau metilparaben adalah pengawet antijamur yang biasa di-gunakan pada makanan dan kosmetik. Codex Alimentarius Commis-sion, badan bentukan Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan OrganisasiKesehatan Dunia (WHO) untuk mengatur standar pangan, menetap-kan nipagin sebagai pengawet yang aman untuk makanan, denganambang aman maksimum 1.000 miligram per kilogram.

Nama ilmiah: methyl p-hydroxybenzoate

Rumus kimia: CH3(C6H4(OH)COO)

AMBANG AMANNIPAGINKadar nipagin yang boleh adaberbeda-beda antarnegara. Di mana Indonesia?

WASPADAI EFEK KASUSINDOMIE

A2

1.000 miligram/kilogram

0

500

250

550

10001000

250 250

0

AMBANGAMAN

IND

ON

ES

IA

HO

NG

KO

NG

SIN

GA

PU

RA

BR

UN

EI

TAIW

AN

AM

ER

IKA

SE

RIK

AT

AMBANG AMANNIPAGINKadar nipagin yang boleh adaberbeda-beda antarnegara. Di mana Indonesia?

Page 2: KoranTempo 13 Oct 2010
Page 3: KoranTempo 13 Oct 2010

BERITA UTAMA R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A2EDITORIAL

Jangan Biarkan KPK Lumpuh

Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah seolahsengaja menelantarkan Komisi PemberantasanKorupsi. DPR tidak segera memilih calon ketua

lembaga antikorupsi ini. Kejaksaan pun masih meng-ambangkan nasib dua Wakil Ketua KPK yang menjaditersangka. Jika negara kita benar-benar serius meme-rangi korupsi, ketidakpastian ini harus segera diakhiri.

Telah sebulan lebih sebenarnya Presiden SusiloBambang Yudhoyono menyerahkan dua nama calonpemimpin KPK, yaitu Bambang Widjojanto dan Busy-ro Muqoddas, kepada Dewan.Tapi hingga kini KomisiIII DPR belum juga mengadakan uji kelayakan dankepatutan. Sikap ini bertolak belakang dengan tuntut-an mereka agar pemerintah segera mencari calonpengganti Ketua KPK.

Politikus Senayan justru lebih mendahulukan selek-si calon Kepala Polri, yang baru diusulkan pada 4 Ok-tober lalu. Uji kelayakan calon Kepala Polri jelas pen-ting, tapi seleksi calon Ketua KPK lebih mendesak di-dahulukan mengingat kekosongan jabatan pemimpinKPK sudah berlangsung sangat lama.

Dewan beralasan, sebelum menggelar uji kelayakanmereka harus terlebih dulu mengadakan rapat internaluntuk menyepakati masa jabatan calon pemimpin KPKterpilih. Usulan masa jabatan empat tahun berasal dariPanitia Seleksi Pemimpin KPK, yang diketuai MenteriHukum Patrialis Akbar. Adapun sebagian anggota De-wan meminta calon terpilih hanya menjabat hingga2011, sesuai dengan akhir masa jabatan Antasari.

Publik jelas mempertanyakan sikap DPR yang ter-kesan mengulur-ulur waktu. Apalagi, dalam rapat de-ngan KPK, mereka justru mempersoalkan langkahlembaga ini menjerat beberapa politikus dalam kasussuap. Adakah anggota Dewan menyimpan dendam se-hingga sengaja mempermainkan KPK? Jika hal initerjadi, sikap politikus Senayan amat kekanak-kanak-an karena tidak bisa membedakan kepentingan kole-ga dari kepentingan negara.

Negara ini berkepentingan agar KPK segera memilikipimpinan yang komplet agar bisa bekerja maksimal.Apalagi, nasib dua wakil ketua lembaga ini, yakni BibitSamad Rianto dan Chandra Hamzah, hingga sekarangjuga belum jelas. Setelah Mahkamah Agung menolakpeninjauan kembali penghentian kasus mereka, kedua-nya terancam diadili, yang berarti harus nonaktif.

Itulah pentingnya Kejaksaan Agung segera memu-tuskan nasib Bibit-Chandra. Kejaksaan bisa mengelu-arkan deponering alias mengesampingkan perkara se-hingga keduanya tak perlu diadili. Harus diakui, pilih-an ini tidak mudah karena memerlukan persetujuanlembaga lain, seperti DPR. Opsi lain adalah mengadilimereka dengan tuntutan bebas. Sebab, tuduhan bah-wa mereka menyalahgunakan wewenang jelas rekaya-sa. Jaksa pun tidak memiliki bukti yang cukup untukmenuntut mereka bersalah. Sidang pengadilan bisadilakukan dengan cepat agar keduanya segera aktiflagi sebagai pejabat KPK.

Presiden Yudhoyono harus mendorong kejaksaanuntuk mengambilkan keputusan secepatnya. DPR punmesti segera menggelar pemilihan Ketua KPK agarkinerja lembaga ini tak terganggu. Sikap mengulur-ulur waktu sama saja dengan membiarkan komisi an-tikorupsi dalam keadaan lumpuh. ●

KUTIPAN

“Lima ratus gram itu kira-kira 2 kilogramkecap, berbahaya kalau ada yang makansehari sampai 500 bungkus.”

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, ten-tang zat pengawet dalam kecap mi instan Indomie yang ianilai masih aman karena kadarnya hanya 1 gram per bung-kus, di Jakarta kemarin.

“Tidak etis kalau saya bertanya ke beliau.Soal itu, hanya beliau dan Tuhan yang ta-hu.”

Juru Bicara Kepresidenan Bidang Hukum, Denny Indra-

yana, soal nama Jaksa Agung baru pilihan Presiden SusiloBambang Yudhoyono, di Jakarta kemarin.

Penjelasan melalui

Kantor Dagang dan

Ekonomi Indonesia

di Taipei.

JAKARTA –– Pemerintah di-minta mewaspadai efek do-mino setelah pemerintah Tai-wan memutuskan melaku-kan penarikan produk Indo-mie dari pasar mereka. “Se-bab, masalah ini terkait de-ngan kesehatan manusia. Ja-di, negara lain akan bereak-si,” kata Wakil SekretarisUmum Asosiasi PengusahaIndonesia (Apindo) FrankySibarani di Jakarta kemarin.

Penarikan yang dilakukanTaiwan dikhawatirkan akanmenimbulkan ketidakperca-yaan negara lain kepada pro-duk makanan dan minumanasal Indonesia “Jadi, peme-rintah sudah harus siaga sa-tu,”Franky menegaskan.

Dia juga mengimbau agarKementerian Perdagangandan Kementerian Perindus-trian segera menyelesaikanmasalah ini. “Misalnya, Ke-menterian Perdagangan ha-rus melakukan pendekatansecara diplomasi kepada pi-hak Taiwan.”

Jumat pekan lalu pemerin-tah Taiwan mengumumkanpenarikan produk mi instanIndomie produksi PT Indo-food CBP Sukses MakmurTbk dari pasar. Penarikan di-lakukan setelah Biro Ke-amanan Makanan Departe-men Kesehatan Taiwanmengaku menemukan me-thyl p-hydroxybenzoate danbenzoic acid, dua bahan pe-ngawet yang dilarang digu-nakan untuk makanan.

Ketua Kamar Dagang danIndustri Indonesia Suryo

Bambang Sulisto memintapemerintah bersikap tegasatas pelarangan tersebut. Mi-salnya,“Apakah kita juga ha-rus mengambil sikap untukmempersulit produk luar ne-geri ke Indonesia.”

Sikap tegas pemerintah di-perlukan untuk menyikapiproduk impor yang bisamengancam dunia usaha da-lam negeri. “Kalau mengan-cam eksistensi industri danlapangan kerja, mungkin ha-rus dipikirkan lagi langkah-langkah untuk mengaman-kannya,”kata Suryo.

Ihwal klarifikasi yang dila-kukan pemerintah, KepalaBadan Pengawas Obat danMakanan (BPOM) Kustanti-nah menyatakan akan segeradisampaikan melalui KantorDagang dan Ekonomi Indo-nesia di Taipei. “Kami ber-

tanggung jawab atas ke-amanan, manfaat, mutu giziproduk yang beredar.”

Produsen Indomie, Indo-food, akan melakukan pende-katan dengan pengusaha diTaiwan. “Kami akan tanganikasus ini business to busi-ness,” kata Komisaris PT In-dofood Sukses Makmur Fran-ciscus Welirang. Sampai kinibelum ada pengaruh terha-dap kegiatan ekspor Indomie.

Setelah sempat terpurukpada perdagangan sahamSenin lalu, kemarin harga sa-ham produsen Indomie, PTIndofood CBP Sukses Mak-mur Tbk (ICBP), kembali na-ik Rp 100 menjadi Rp 5.550.Kenaikan yang sama jugadialami saham PT IndofoodSukses Makmur Tbk (INDF),sebesar Rp 175 menjadi Rp5.050 per lembar.

Menurut analis saham PTFinancorpindo Nusa, Helen,investor kembali membeli sa-ham setelah manajemen In-dofood dan BPOM memberipenjelasan. Lagi pula pangsapasar Indomie di Taiwan danHong Kong relatif kecil di-banding di Indonesia. “Se-hingga secara fundamentaltidak akan banyak berpenga-ruh terhadap pendapatanperseroan.”

Menyusul Taiwan, peng-awas produk makanan Si-ngapura,Agri-Food and Vete-rinary Authority (AVA), se-dang melakukan investigasiterhadap produk Indomie diwilayahnya. Seperti dikutipChannelnewsasia, hasilpengujian akan segera di-umumkan kepada publik da-lam waktu dekat. ● EKA UTAMI APRILIA

| M REZA | SUTJI DECILYA | VIVA B. KUSNANDAR | ALI NY

JAKARTA — Ahli pangan dangizi dari Institut PertanianBogor, Dedi Fardiaz, menya-takan bahan pengawet natri-um benzoat dan metil p-hi-droksibenzoat (nipagin),yang digunakan dalam kecapmanis dan saus cabai mi in-stan, aman dikonsumsi. Apa-lagi kadar penggunaannyamasih di bawah ambang ba-tas bahaya, seperti diaturoleh Badan Pengawas Obatdan Makanan (BPOM).

“Kalau BPOM menyata-kan makanan tersebut sudahmelewati kajian mereka, ber-arti tak berbahaya,”kata De-di saat dihubungi semalam.Ia yakin lembaga tersebut te-lah memiliki standar takaran

zat pengawet yang aman di-konsumsi tubuh.

Dalam urusan ini, menurutBPOM, batas maksimummetil p-hidroksibenzoat da-lam kecap mi instan adalah250 miligram per kilogram.Kepala BPOM Kustantinahmenyatakan penggunaan ke-dua bahan pengawet yangmasuk kategori bahan tam-bahan pangan itu diatur da-lam Peraturan Menteri Kese-hatan No. 722 Tahun 1988.

Dengan mengikuti keten-tuan itu, Kustantinah men-jamin produk mi instan yangterdaftar di Indonesia amandikonsumsi. Jaminan jugadisampaikan oleh MenteriKesehatan Endang Rahayu

Sedyaningsih. “Kandunganpengawet yang ada di ke-capnya masih jauh di bawahambang batas,” katanya ke-marin.

Menurut Dedi, tak hanyasaus dan kecap dalam kema-san mi instan yang mengan-dung pengawet natrium ben-zoat dan metil p-hidroksiben-zoat. Produk saus dan kecapdalam kemasan botol yangberedar di pasar juga meng-andung bahan serupa.“Mi in-stan justru tak mengandungzat itu,”katanya.

Batas natrium benzoatyang aman dikonsumsi tu-buh setiap hari, kata Dedi,harus kurang dari 10 mili-gram per kilogram berat tu-

buh. Ia mencontohkan, untukseseorang yang memiliki be-rat badan 60 kilogram, batasmaksimumnya adalah 600miligram sehari. “Tak bolehlebih banyak dari itu.”

Selama konsumsinya takmelebihi batas, Dedi melan-jutkan, bahan pengawet takmemiliki efek samping bagikesehatan, bahkan dalamjangka panjang. Sebab, organtubuh, seperti lever dan gin-jal, secara otomatis akanmendetoksifikasi atau mem-buang zat tersebut saat ma-suk ke tubuh.“Asal takaran-nya sedikit atau di bawahambang batas,”ujarnya.

● ANTON SEPTIAN | RIRIN AGUSTIA | DIANING SARI |

DWI WIYANA

Pemerintah Diminta WaspadaiEfek Kasus Indomie

Di Bawah Ambang, Aman Dikonsumsi

Dalam foto yang dirilis Biro Kesehatan Masyarakat Kota Taipei kemarin, petugas kesehatan masyara-kat memeriksa produk mi asal Indonesia, yakni Indomie dan Mie Sedap, di sebuah toko di Taipei.

BIRO KESEHATAN UMUM TAIPEI (AP)

Page 4: KoranTempo 13 Oct 2010

BERITA UTAMA R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A3

Divonis penjara

1,5 tahun.

JAKARTA—Terdakwa kasusmafia hukum, Sjahril Djo-han, divonis 1,5 tahun penja-ra dan denda Rp 50 juta sub-sider 4 bulan kurungan.Vonisini lebih ringan dari tuntutanjaksa, yakni 2 tahun penjaradan denda Rp 75 juta subsi-der 6 bulan kurungan.

Menurut majelis hakim,Sjahril terbukti memberikangratifikasi sebesar Rp 500juta kepada Susno Duadji,yang saat itu menjabat Ke-pala Badan Reserse Krimi-nal Mabes Polri. Perbuatanitu melanggar Pasal 13 Un-dang-Undang Tindak Pida-na Korupsi, seperti dakwaankesatu subsider yang disam-paikan jaksa. “Perbuatanterdakwa tidak sesuai de-ngan upaya negara untukbersih dari korupsi, kolusi,dan nepotisme,”kata Sudar-

win di Pengadilan Negeri Ja-karta Selatan kemarin.

Dalam dakwaan kesatusubsider, jaksa Sila Pulung-an menyatakan Rp 500 jutayang diserahkan Sjahril ke-pada Susno berasal dari Ha-posan Hutagalung, pengaca-ra PT Salmah Arowana Les-tari. Uang itu diberikan un-tuk memuluskan kasus klienHaposan yang ditangani Ba-reskrim Polri dalam kaitandengan PT Salmah Arowa-na. Dalam nota pembelaan-nya, Sjahril juga mengakutelah menyerahkan uang se-besar Rp 500 juta dari Ha-posan Hutagalung kepadaSusno tersebut.

Menurut hakim Sudarwin,ada sejumlah pertimbanganyang meringankan bagiSjahril. Selain sopan dalampersidangan, belum pernahdihukum, dan berusia lanjut,kesehatan terdakwa berusia65 tahun itu sudah menurun.Bahkan beberapa kali Sjah-

ril melakukan operasi. “Ter-dakwa juga kooperatif mem-beri keterangan yang sebe-narnya, meskipun yang ber-sangkutan tersangkut di da-lamnya,”katanya.

Amar putusan lain, majelishakim membebaskan Sjahrildari dakwaan kesatu primer,dakwaan kedua primer, dandakwaan kedua subsider.Dalam dakwaan kedua,Sjahril dituduh terlibat per-mufakatan jahat dalam pem-bukaan blokir rekening Ga-yus Tambunan, terdakwalain dalam kasus mafia hu-kum, sebesar Rp 25 miliar.Caranya, dengan menyuapSusno sebesar Rp 3,5 miliar.

Majelis hakim mengakukesulitan menemukan faktamengenai pembukaan blokirRp 25 miliar milik Gayus.Sebab, ada ketidaksesuaianfakta antara keterangan ter-dakwa dan saksi-saksi dipersidangan. “Dakwaan ke-dua primer dan kedua se-

kunder tidak terpenuhi ka-rena tak cukup hanya de-ngan keterangan Haposan,”kata Sudarwin.

Hotma Sitompoel, peng-acara Sjahril Djohan, me-nyatakan pihaknya masihpikir-pikir untuk mengaju-kan banding atau tidak ter-hadap vonis tersebut. Sikapserupa diambil oleh jaksaSila Pulungan. “Masih adawaktu tujuh hari. Kami akanpikir-pikir dulu, akan ban-ding atau tidak,”ujarnya.

Hotma menggarisbawahiamar putusan hakim bahwatidak ada sangkut-paut anta-ra kliennya dan kasus Gayus.“Biar kalian tahu semua, un-tuk kasus Gayus, enggak adasangkut-pautnya,” katanya.Sedangkan soal kasus suappercepatan penanganan ka-sus PT Salmah Arowana,Sjahril dinilai sekadar mem-buat dan menyerahkan grati-fikasi untuk Susno.“Itu saja,”kata Hotma. ● ISMA SAVITRI | DWI WIYANA

JAKARTA — Pengacara bekasPemimpin Redaksi MajalahPlayboy Indonesia Erwin Ar-nada kemarin mendaftarkanpeninjauan kembali (PK) atasputusan kasasi kepada Mah-kamah Agung, melalui Peng-adilan Negeri Jakarta Selatan.

Pengacara menilai majelishakim kasasi melakukan ke-salahan dengan memvonisErwin bersalah dan menghu-kumnya 2 tahun penjara.Alasannya, majelis hakim takmenggunakan Undang-Un-dang Pers sebagai dasar pen-jatuhan putusan, melainkanKitab Undang-Undang Hu-kum Pidana. Dalam berkaspermohonan PK, pengacaraErwin mengajukan KetuaDewan Pers Bagir Manan se-bagai saksi.

“Sebagai mantan KetuaMahkamah Agung, dia ber-pengalaman menangani ka-sus yang melibatkan pers,”ka-ta pengacara Erwin, TodungMulya Lubis, di PengadilanNegeri Jakarta Selatan, JalanAmpera Raya. Bagir dinilaisangat pas untuk menjelas-kan dalam persidangan ihwal

pentingnya penggunaan Un-dang-Undang Nomor 40 Ta-hun 1999 tentang Pers dalamperkara kliennya.

Perkara ini muncul karenapemberitaan Playboy ditu-duh sebagai pornografi olehsejumlah organisasi kema-syarakatan Islam. Erwin di-penjara di Lembaga Pema-syarakatan Cipinang sejak 9Oktober lalu, sebagai pelak-sanaan vonis MahkamahAgung pada 29 Juli 2009. Er-win dinilai terbukti menyiar-kan tulisan, gambar, ataubenda yang melanggar keso-panan. Vonis ini membatal-kan putusan Pengadilan Ne-geri Jakarta Selatan danPengadilan Tinggi DKI Ja-karta yang membebaskanErwin dari dakwaan.

Pengacara juga bakalmenghadirkan saksi perwa-kilan Playboy internasionaluntuk menjelaskan perbeda-an substansi majalah Play-boy Indonesia dengan Play-boy di luar negeri, seperti diAmerika Serikat, Jepang, danEropa. ● ARIE FIRDAUS | RENNY FITRIA SARI |

RIRIN AGUSTIA | JOBPIE S

Sjahril Djohan TerbuktiMenyuap Susno Duadji

Ketua Dewan PersBela Erwin Arnada

IKLAN

Page 5: KoranTempo 13 Oct 2010

Koalisi SipilTolak Timur Pradopo JAKARTA –– Koalisi Masyarakat Si-pil untuk Reformasi Polri meno-lak pencalonan Komisaris Jende-ral Timur Pradopo sebagai calontunggal Kepala Kepolisian RI.Koalisi menyampaikan surat pe-nolakan terbuka kepada KomisiIII Bidang Hukum Dewan Perwa-kilan Rakyat kemarin.

“Kami mendesak anggota DPRagar menggunakan kewenangan-nya untuk menolak Timur Prado-po,”kata Poengky Indarti, perwa-kilan Koalisi, yang membacakansurat penolakan dalam rapat pen-jaringan aspirasi masyarakat diKomisi III DPR.

Koalisi ini meminta DPR tidakhanya menjadi stempel bagi usul-an Presiden Susilo BambangYudhoyono.“Itu kembali ke masaOrde Baru,”ujar Poengky.

Dalam suratnya, Koalisi menun-tut Timur bertanggung jawab atassejumlah kasus dugaan pelanggar-an hak asasi manusia. Koalisi me-nyebutkan kasus penembakan ma-hasiswa di Trisakti dan Semanggi(1999), serta kerusuhan Mei (1998).Saat itu Timur Pradopo menjabatKepala Kepolisian Resor JakartaBarat. “Komnas HAM menyata-kan beberapa peristiwa itu tergo-long pelanggaran HAM berat,”ujar Poengky, yang juga DirekturImparsial, lembaga yang banyakmengurusi persoalan hak asasi.

Menurut Koalisi, saat menjabatKepala Kepolisian Daerah MetroJaya, Timur juga gagal mencegahsejumlah kasus kekerasan di IbuKota. Misalnya, kerusuhan di JalanAmpera, ketika Pengadilan NegeriJakarta Selatan menyidangkan ka-sus Blowfish belum lama ini.“Ke-dekatan dia dengan ormas pelakukekerasan pun bertentangan de-ngan sikap kepolisian,” kataPoengky.

Haris Azhar, anggota Koalisidari Komisi untuk Orang Hilangdan Korban Tindak Kekerasan,juga meminta Dewan memperso-alkan kenaikan pangkat Timurmenjadi jenderal bintang tigayang terkesan mendadak.

Di tempat terpisah, Timur me-ngatakan siap menjalani uji kepa-tutan dan kelayakan calon Kapolridi DPR.“Sudah dipersiapkan,”kataKepala Badan Pemeliharaan Ke-amanan Polri itu saat menghadiriperingatan ulang tahun ke-51 Per-satuan Purnawirawan ABRI,di Pu-ri Ardhya Garini,Pangkalan UdaraHalim Perdanakusuma, kemarin.

Wakil Ketua Komisi HukumDPR Tjatur Sapto Edy mengata-kan, sebelum memasuki proses fitand proper test, Komisi memangmengundang beberapa kalanganuntuk meminta masukan soal ca-lon Kapolri.“Itu merupakan ben-tuk klarifikasi,” kata Tjatur sebe-lum rapat kemarin. “Kami inginmelihat rekam jejak calon Kapol-ri.”● SANDY INDRA PRATAMA | EKO ARI WIBOWO

TANAH LONGSOR MOROWALI

10 OrangTewas, 100Hilang MOROWALI –– Sepuluh orang tewastertimbun tanah longsor yang ter-jadi di Kabupaten Morowali, Pro-vinsi Sulawesi Tengah, kemarinsiang. Sekitar 100 orang lainnyadilaporkan hilang.

Koordinator Taruna Siaga Ben-cana Provinsi Sulawesi Tengah,Saiful Bahri, mengatakan 100-anorang yang belum ditemukan ituumumnya karyawan PT Agro Nu-sa Abadi yang membuat pangkal-an di Desa Bunta, Kecamatan Pe-tasia, Morowali.

“Ada kemungkinan tertimbunatau terbawa longsor ke rawa-ra-wa,” kata Saiful saat dihubungikemarin.

Bupati Morowali Anwar Hafidmengatakan, pihak perusahaansudah membawa korban bencanatanah longsor yang terluka ke Ru-mah Sakit Umum Kolonedalo.“Kami sudah menerima laporan,hingga kini belasan yang luka-lu-ka sudah dilarikan ke rumah sa-kit,”kata Anwar melalui telepon.

Hingga tadi malam, petugas ga-bungan polisi, tentara, dan timpenanggulangan bencana sibukmengevakuasi korban. Bekerjasama dengan karyawan PT AgroNusa yang selamat, mereka mem-berikan pertolongan pertama ke-pada para korban.

Dalam sepekan terakhir, hujanderas mengguyur wilayah Moro-wali, kabupaten yang berjarak450 kilometer dari Kota Palu. Pe-gawai Pemerintah KabupatenMorowali, Amirullah Sia, menga-takan longsor terjadi saat karya-wan PT Agro Nusa makan siangdi salah satu kamp, persis di kakibukit.

Tanah longsor, menurut Ami-rullah, tiba-tiba saja menimbunkamp tempat karyawan PT ArgoNusa makan siang dan istirahat.Selain itu, sejumlah rumah karya-wan, sejumlah kendaraan, danalat berat milik perusahaan per-kebunan sawit itu tertimbun.

● DARLIS MUHAMMAD

“Itu ancaman serius bagi

masa depan demokrasi.”

JAKARTA –– Orang-orang yang ber-ada di sekitar Presiden Susilo Bam-bang Yudhoyono rupanya mulai me-waspadai isu penggulingan Presi-den di tengah jalan. Juru bicara ke-presidenan, Julian Aldrin Pasha,misalnya, mengatakan isu penggu-lingan Presiden Susilo BambangYudhoyono sudah keterlaluan.“Sa-ya kira itu too much, terlalu jauh,”kata Julian di Kompleks Istana Ke-presidenan kemarin.

Menurut Julian, di era demokrasiseperti saat ini, setiap warga nega-ra memiliki hak menyampaikanpendapat, termasuk mengkritik pe-merintah. Pemerintah juga akanmendengarkan kritik itu secaraterbuka.

Hanya, menurut Julian, akan le-bih baik bila kritik itu disampaikandemi kepentingan rakyat. “Bukanhanya untuk kepentingan politik.”

Menteri Koordinator Perekonomi-an Hatta Rajasa juga mengatakan

bahwa setiap gerakan yang mengarahkepada penggulingan Presiden SusiloBambang Yudhoyono merupakan ge-rakan yang melanggar konstitusi.

Menurut Hatta, berbeda pendapatdalam demokrasi merupakan halyang biasa.Begitu pula soal ketidak-puasan, protes, atau kritik terhadappemerintah.“Tapi, kalau mau menu-runkan presiden, itu inkonstitusio-nal,”ujar Hatta di Jakarta kemarin.

Menurut Hatta, sistem demokrasiyang berlaku saat ini merupakanhasil perjuangan panjang yang me-nelan banyak korban. Karena itu,“Jangan kita bermimpi untuk kem-bali lagi kepada sistem lama yangtidak lagi menaati demokrasi danpranata hukum.”

Hatta menanggapi berbagai per-temuan yang dihadiri para tokohyang gencar mengkritik pemerintahYudhoyono akhir-akhir ini.

Ketua Umum Partai Amanat Na-sional ini juga meminta seluruhkomponen masyarakat menghor-mati hasil pemilihan umum. Kalaumemang ada pihak-pihak yangingin mengganti presiden,kata Hat-

ta, tunggulah sampai pemilihanumum presiden pada 2014.

“Siapa pun warga negara ini bo-leh bertarung,” ujar Hatta. Setelahbertarung dan terpilih presiden ba-ru,“Kita hormati. Beri kesempatandia memimpin.”

Ketua Umum Dewan PimpinanPusat Partai Demokrat, Anas Urba-ningrum, juga mengkritik gerakanyang mengarah pada upaya peng-gulingan Presiden Yudhoyono di te-ngah masa jabatannya.“Itu pikiranorang yang gelap mata, sehinggagagal melihat masa depan demo-krasi kita,” kata Anas tadi malam,seperti dikutip Antara.

Menurut Anas, upaya menggu-lingkan presiden hasil pemilihanyang demokratis hanya merupakanjalan pintas bagi orang-orang yanganti dan melawan konstitusi. “Ituancaman serius bagi masa depandemokrasi,” ujar Anas. Meskipunsaat ini masih berskala minor, me-nurut Anas, gerakan serupa tidakboleh dibiarkan.“Mesti disadarkanbahwa pilihan jalan itu destruktif.”

● EKO ARI WIBOWO

JAKARTA –– Tim forensik dari MarkasBesar Kepolisian RI masih terus me-nyelidiki penyebab terbakarnya ger-bong kereta api di Stasiun Rangkas-bitung, Lebak, Banten, Senin lalu.

Kepala Biro Penerangan Masya-rakat Polri Brigadir Jenderal I KetutUntung Yoga Ana mengatakan, timPolri belum bisa memastikan penye-bab kebakaran 24 gerbong keretaitu.“Harus melalui penelitian ilmiahdan membutuhkan waktu,” kataYoga di Markas Besar Polri kemarin.

Yoga tidak memastikan kapan

publik bisa mengetahui hasil pene-litian laboratorium forensik ataskebakaran itu.“Tergantung tingkatkesulitannya.” Soal dugaan bahwagerbong kereta itu sengaja dibakar,kata Yoga, itu juga harus dibuktikandulu.“Itu tugas penyidik.”

Hingga kemarin Kepolisian Le-bak telah menerima enam saksi.Mereka pegawai dan petugas ke-amanan stasiun.

Senin dinihari lalu, tiga rangkai-an kereta api yang terparkir di sta-siun terbakar. Tak ada korban jiwa

dalam peristiwa tersebut. Tapi pe-ristiwa tersebut sempat melumpuh-kan jalur kereta Rangkas-Jakarta.

Ihwal jumlah gerbong yang ter-bakar, aparat mengungkapkan databerbeda-beda. Polisi menyebutkan24 gerbong terbakar, 18 di antara-nya rusak berat. Adapun DirekturJenderal Perkeretaapian TundjungInderawan mengatakan 21 gerbongterbakar, 17 di antaranya rusak pa-rah. Sedangkan Kepala Stasiun Be-sar Rangkasbitung, Suratman, me-nyebutkan yang terbakar 22 ger-

bong dari 67 gerbong yang ada diRangkasbitung.

Kebakaran kereta di Rangkasbi-tung rupanya memicu kekhawatir-an pengelola stasiun kereta lain. DiDaerah Operasi 6 Jawa Tengah-Yogyakarta, misalnya, PT KeretaApi menambah jumlah polisi khu-sus penjaga kereta.“Kami menam-bah 16 personel, biasanya hanyaada 6 orang,” kata pejabat humasPT Kereta Api Daops 6, Eko Budi-yanto, kemarin. ● SUTJI DECILYA | WASI’UL ULUM |

FEBRIYAN | MUH SYAIFULLAH | NALIA RIFIKA

Istana Waspadai Isu Penggulingan Presiden

Polisi Terus Selidiki Penyebab Kebakaran Kereta Rangkas

Sejumlah warga mencari sisa-sisa barang mereka setelah terjadi kebakaran di Kampung Janis,Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, kemarin. Sekitar 30 mobil pemadam dikerahkan untukmematikan api yang menghanguskan permukiman padat itu.

EKO SISWONO TOYUDHO (TEMPO)

Yang Tersisa

NASIONALR A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A4

Page 6: KoranTempo 13 Oct 2010

NASIONAL R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A5

Saksi mengakui barang

bukti yang disodorkan

hakim adalah benda

yang dikemasnya.

JAKARTA — Hidayat, saksi persi-dangan perkara pemasok senja-ta untuk pelatihan militer diAceh dengan terdakwa AhmadSutrisno, mengaku dibayar Rp50 ribu oleh terdakwa BrigadirSatu Tatang Mulyadi untuk me-ngemas sejumlah senjata dan pe-luru di gudang senjata MarkasBesar Kepolisian RI.

Persidangan di PengadilanNegeri Jakarta Timur kemarinmendengarkan keterangan em-pat saksi dari Deputi LogistikMabes Polri, yakni Anwar, SriWahyuningsih, Hidayat, danWuryanto.

Dalam kesaksiannya, Hidayatmengaku tidak mengetahui un-tuk apa Tatang meminta dia me-ngemas senjata dan peluru kedalam kardus air mineral.“Sayatakut bertanya dan lapor keatasan,” kata Hidayat di Peng-adilan Negeri Jakarta Timur ke-marin.

Pernyataan Hidayat itu men-dapat tanggapan dari hakim ke-tua Wahyu Prasetyo.“KetakutanAnda itu berdampak luas,”kataWahyu.

Sedangkan hakim Tri Widodomengatakan, “Hanya untuk Rp50 ribu, kamu mau bantu? Su-dah untung kamu tidak disel,”kata Widodo kepada Hidayat.

Sehari-hari Hidayat bertugasmembuat laporan pinjam, pa-kai, dan pengembalian senjatadi gudang. Tatang Mulyadi danBriptu Abdi Tunggal bertugasmemperbaiki senjata dan me-megang kunci gudang.“Yang bi-sa membuka gudang senjata ha-nya mereka berdua,”tutur Hida-yat, yang pegawai negeri sipilPolri.

Hidayat mengatakan, pada2009, Tatang dan Abdi pernah

tiga-empat kali memintanyamengemas senjata dan peluru kedalam kotak air mineral dan miinstan dengan alasan senjataakan dibersihkan.“Totalnya adaenam kotak. Satu kotak isinyasekitar 500 peluru, dan penge-masan pertama berisi seribu pe-luru,”kata dia.

Dia mengaku tidak mengelu-arkan senjata dan ribuan peluruitu dari gudang senjata. Sesuaidengan perintah Tatang, dia me-letakkan kardus itu di ruangkerja Tatang. Hidayat tidak per-nah tahu bahwa peluru dan sen-jata pesanan itu menghilang da-ri gudang senjata.“Saya baru ta-hu senjata dan peluru hilang ke-tika Tatang dan Abdi ditangkapDensus 88,”ujarnya.

Ketika hakim menunjukkanbarang bukti ke Hidayat, diamembenarkan bahwa senjatalaras panjang dan peluru itulahbenda-benda yang dikemasnyadi gudang senjata. “Laras pan-jang M-16 ini senjata yang di-kembalikan Polda Jawa Tengahke gudang, dan pelurunya yangsaya kemas di gudang itu,”katadia.

Tatang dan Abdi adalah duapolisi yang dimintai bantuanoleh Ahmad Sutrisno untuk me-ngeluarkan 28 senjata, 19.999butir peluru,dan 72 magasin da-ri gudang senjata. Permintaanbantuan itu berawal dari perte-muan Sofyan Tsauri dan Dul-matin di Depok, Jawa Barat.Dulmatin meminta Tsauri me-nyediakan senjata untuk persi-apan pelatihan militer di Aceh.

Saksi lainnya, Wuryanto, pe-gawai honorer Mabes Polri yangjuga adik kandung Abdi Tung-gal, mengaku dimintai bantuanoleh sang kakak dan temannya,Tatang Mulyadi, untuk menge-mas peluru dan senjata yangada di gudang Deputi LogistikPolri.

Wuryanto menceritakan, Ta-tang pernah mendatangi dia,Hidayat, dan Purnomo saat ma-

kan siang. Kepada tiga orangitu, Tatang meminta agar di-bungkuskan peluru dan senjatadalam kardus air mineral sertami instan. Wuryanto kemudianmenyimpan kardus itu di kantorTatang.

“Tatang menyuruh kami se-banyak tiga-empat kali. Setiapmengemas, Tatang kasih saya

uang Rp 50 ribu sampai Rp 100ribu,”kata Wuryanto, yang seha-ri-hari bertugas membersihkanruangan kantor dan halaman.

Dia mengaku tak mengetahuiuntuk apa senjata dan peluru itudikemas dalam kardus. Dia jugatidak tahu kapan peluru dansenjata itu lenyap dari gudangsenjata. ● CORNILA DESYANA

JAKARTA — Sejumlah menteri Kabinet Indone-sia Bersatu II mengaku menggunakan duit pri-badi untuk membeli pakaian dinas mereka.Penegasan itu disampaikan untuk menang-gapi pemberitaan bahwa ada menteri yangmembeli baju dinas dengan menggunakan da-na anggaran pendapatan dan belanja negara.

“Saya beli sendiri, kok,” kata Menteri Pen-dayagunaan Aparatur Negara Evert ErnestMangindaan setelah mengikuti peringatan ha-ri ulang tahun ke-51 Persatuan PurnawirawanABRI di Puri Ardhya Garini, Kompleks Pang-kalan Udara Halim Perdanakusuma, kemarin.Ia mengaku di kementeriannya tak pernah adaanggaran untuk pakaian dinas.“Saya kira sa-ma dengan presiden, tidak ada,”ujarnya.“Sayatidak tahu soal anggaran untuk beli pakaian.”

Pengakuan serupa disampaikan MenteriKoordinator Perekonomian Hatta Rajasa,Menteri Badan Usaha Milik Negara MustafaAbubakar, dan Menteri Dalam Negeri Gama-wan Fauzi. “Enggak, baju dinas saya bayarsendiri semua,”ujar Hatta seusai rapat di Ista-na Wakil Presiden. Ditanya soal pakaian dinasmenteri, ia justru balik bertanya,“Yang bilangsiapa?”

Adapun Menteri Keuangan Agus Martowar-dojo menegaskan, selama ini tidak pernah adaklaim menteri soal baju dinas kepada Sekreta-riat Negara. “Yang saya tahu, tidak ada, tapinanti saya cek ke Sekretariat Negara,” kataAgus di Kompleks Istana Kepresidenan.

Penggunaan anggaran negara untuk membia-yai pakaian dinas menteri diungkap oleh Men-teri-Sekretaris Negara Sudi Silalahi di gedungDPR, Senin lalu. Menurut dia, anggaran bajuPresiden yang sempat beredar di media massabelakangan ini merupakan dana yang dipakaiuntuk Presiden, seluruh menteri, dan pejabatnegara.

Namun anggarannya tak sebesar yang di-lansir oleh Forum Indonesia untuk Transpa-ransi Anggaran (Fitra),yakni Rp 839 juta.Bah-kan Sudi menegaskan bahwa Presiden, WakilPresiden, dan dirinya tak ada yang mengguna-kan dana tersebut.

Selanjutnya, Sudi menyebutkan adanyamenteri yang menggunakan anggaran itu. Me-reka menjahit dengan versi masing-masing, la-lu tagihan disampaikan kepada Mensesneg.“Itu jelas anggarannya, memang itu hak mere-ka sehingga tidak disalahkan,”kata Sudi.

● EKO ARI | BUNGA MANGGIASIH | MUTIA RESTY

JAKARTA — Ketua Badan NasionalPenanggulangan Terorisme AnsyaadMbai mengusulkan agar pemerintahmerevisi Undang-Undang Nomor 1Tahun 2002 tentang PemberantasanTindak Pidana Terorisme.Selama ini,aturan yang longgar membuat tero-risme tumbuh subur di negeri ini.

Ancaman hukuman bagi terpida-na teroris, misalnya, harus diperbe-rat. Pasalnya, selama ini beberapanarapidana yang keluar dari lemba-ga pemasyarakatan ternyata meng-ulangi perbuatannya. “Logikanya,

orang baru keluar tapi melakukanlagi berarti ancamannya terlalusingkat,”kata Ansyaad seusai acaraFocus Group Discussion bertema“Pembinaan Khusus NarapidanaTeroris dalam Rangka Penanggu-langan Terorisme di Indonesia” dikantor Kementerian Hukum danHak Asasi Manusia kemarin.

Aksi terorisme yang terjadi sela-ma ini, menurut dia, dicapai melaluiserangkaian latihan militer. Padahallatihan militer untuk kasus teroris-me termasuk kejahatan perang. Be-

gitu pula, perekrutan calon pelakubom oleh pemimpin jaringan terortermasuk kejahatan perang sehing-ga harus mendapat hukuman berat.

Indonesia juga semestinya berka-ca kepada pengalaman Inggris,yang merombak peraturan antitero-rismenya setelah belajar dari keja-dian aksi teror bom tahun 2005.Adapun Malaysia menerapkanaturan ketat dan tegas terhadaporang-orang yang berpotensi mela-kukan tindak pidana terorisme.

Berbeda dengan itu, anggota Ko-

misi Hukum DPR dari Fraksi PartaiPersatuan Pembangunan, AhmadYani, mengatakan revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pi-dana Terorisme tidak perlu dilaku-kan.“Dari sudut regulasi, peraturanyang ada masih memadai, tidakperlu diubah.Tapi implementasinyayang diperhatikan,” katanya dalamacara yang sama kemarin.

Dia menilai implementasi un-dang-undang tersebut belum bisadilakukan karena terbentur kualitassumber daya manusia dan anggaran.

Untuk mengatasinya, proses pembi-naan narapidana teroris dilakukandengan mendatangkan orang yangpunya pemahaman agama yang jauhlebih tinggi dibanding mereka.

Pemberian remisi kepada narapi-dana teroris juga harus dilakukansecara selektif, berdasarkan penda-pat psikolog dan mentor, yakniorang yang betul-betul membim-bing narapidana selama di penjara.Keduanya sebaiknya memberikanmasukan ke Direktorat Jenderal Pe-masyarakatan. ● MAHARDIKA SATRIA HADI

Dibayar Rp 50 Ribu, PegawaiNegeri Bantu Keluarkan Senjata

Pemerintah Diminta Revisi UU Terorisme

Para MenteriMengaku Mendanai SendiriBaju Mereka

Kepala Biro Material Logistik Pengeluaran Senjata Polri Purnomo ErasastiIsaat memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, kemarin.

WISNU AGUNG PRASETYO (TEMPO)

Page 7: KoranTempo 13 Oct 2010

NASIONAL R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A6

Terdakwa Sjahril Djohan kemari divonis hukuman 1,5 tahun penjara potong

masa tahanan dan denda Rp 50 juta subsider 4 bulan penjara. Sjahril men-

jadi salah satu terdakwa kasus mafia pajak, Gayus Halomoan Tambunan.

SidangVonis

DASRIL ROSZANDIKAPSION (TEMPO)

Bukti suap akan

dihadirkan dalam

persidangan lain.

JAKARTA — Direktur JenderalPajak Mochamad Tjiptardjomengatakan masih akan me-nunggu novum baru untukmemeriksa ulang laporan pa-jak tiga perusahaan GrupBakrie.“Saya bertugas sesuaidengan aturan pajak. Kalaunanti ada novum baru, kamilakukan pemeriksaan ulang,”katanya kemarin.

Pernyataan Gayus di peng-adilan,menurut dia,belum bi-sa dijadikan bukti untuk me-meriksa ulang laporan pajak.Pemeriksaan ulang juga harusdilakukan hati-hati. “Kalauhanya (berdasar) omonganGayus, tidak bisa,”katanya.

Dalam persidangan akhirSeptember lalu, Gayus meng-aku menerima duit dari tigaperusahaan Bakrie,yaitu Kal-tim Prima Coal, PT Bumi Re-sources, dan PT Arutmin.Jumlahnya sekitar US$ 7 juta.

Adapun Sekretaris SatuanTugas Pemberantasan MafiaHukum Denny Indrayanameminta polisi dan jaksamengusut sumber duit Ga-yus, termasuk yang berasaldari suap perusahaan GrupBakrie. Apalagi, dalam persi-dangan, terdakwa Gayus su-dah berulang kali mengakumenerima suap ketika men-jadi pegawai pajak.

Ketika dimintai konfirma-si soal setoran dari Grup Ba-krie ini, Menteri KeuanganAgus Martowardojo menolak

mengomentari pengakuanGayus itu. Agus hanya mene-gaskan, dia dan Dirjen Pajakmelakukan pertemuan rutinuntuk membahas kasus-ka-sus pajak yang sedang dita-ngani.

Agus juga meminta agarsemua kasus pajak ditindak-lanjuti. “Kasus-kasus yangsedang ada dalam investiga-si, keberatan, banding, ataupengadilan, saya minta untukditindaklanjuti dengan sek-sama,”katanya kemarin.

Gayus Halomoan Tambu-nan, melalui kuasa hukum-nya, Pia Nasution, menyata-kan akan mengungkap buktisuap dari tiga perusahaanmilik Grup Bakrie dalampersidangan lain.“Soal bukti,kami akan bicara soal itunanti di persidangan perka-ranya,” katanya ketika dihu-bungi kemarin.

Grup Bakrie membantahketika dimintai konfirmasisoal setoran pajak kepadaGayus. “Dari sudut pandangkami, status pajak Bumi su-dah bersih,”kata direktur se-kaligus juru bicara PT BumiResources, Dileep Srivasta,Senin lalu.

Selain soal pajak, Gayusmengaku telah membagikanuang Rp 28 miliar kepada se-jumlah penegak hukum.Pengakuan diungkapkan ke-pada anggota Satuan TugasAnti-Mafia Hukum,Mas Ach-mad Santosa, dalam sidang diPengadilan Negeri JakartaSelatan pada Senin lalu.

Menurut Pia, pembagianuang itu membuat harta

kliennya, seperti rumah danrekening berisi uang Rp 500juta, tidak disita. “Dari situ-lah Gayus percaya, duit itubenar-benar diserahkan Ha-posan kepada jaksa, polisi,dan hakim.Yang dilihat Ga-yus kan hasilnya benar-benartercapai,” katanya kemarin.Aliran uang dari Haposan ituakan dibuktikan dalam si-dang hari ini.

Tim kuasa hukum Gayusjuga mempertanyakan uangRp 74 miliar milik Gayusyang disita penegak hukum.Uang itu sebenarnya sudahdisita Badan Reserse Krimi-nal Mabes Polri, namun saatini tidak jelas keberadaannya.

Namun Kepala Badan Re-serse Kriminal Mabes PolriKomisaris Jenderal Ito Su-mardi menjamin harta Gayusyang disita Bareskrim aman.“Ya, aman. Memangnya kamimau bagi-bagi?”ujarnya keti-ka dihubungi Tempo kemarin.

Harta yang disita dari ko-tak deposit itu terkait de-ngan kasus dugaan suapyang diterima Gayus. Sampaisaat ini Bareskrim masih me-nyelidiki asal-usul harta ter-sebut. “Kasusnya kan ma-cam-macam, jadi masih terusdiselidiki,”ujarnya.

Ito juga meminta Gayusmelengkapi bukti-bukti tu-duhannya soal suap yang di-bagikan kepada penegak hu-kum. “Pengakuan saja tidakcukup, dibutuhkan bukti-bukti yang menguatkan,”ujarnya kemarin.

● FEBRIYAN | ISMA SAVITRI | EVANA DEWI |

IQBAL MUHTAROM

Pemeriksaan PajakBakrie TungguNovum Baru

Kejaksaan Diminta PeriksaLagi Berkas Bibit-Chandra JAKARTA — Bekas anggotaTim Delapan mendesak Ke-jaksaan Agung melakukanpemeriksaan tambahan ter-hadap berkas perkara duapejabat Komisi Pemberan-tasan Korupsi, Bibit S. Rian-to dan Chandra Hamzah.Rekomendasi itu hasil perte-muan bekas anggota TimDelapan, yakni Anies Bas-wedan,Todung Mulya Lubis,dan Adnan Buyung Nasu-tion, dengan sejumlah pe-mimpin KPK kemarin.

Seusai pertemuan itu,Anies menyatakan, berda-sarkan Undang-Undang Ke-jaksaan Pasal 30 ayat (1) hu-ruf e, pemeriksaan tambah-an mungkin dilakukan.Apa-lagi, sejak tahun lalu, tim de-lapan menilai ada rekayasadalam kasus Bibit dan

Chandra, serta tidak adabukti yang mendukung.

Jika peninjauan kembaliterhadap surat ketetapanpenghentian penuntutan ka-sus Bibit-Chandra tidak di-terima Mahkamah Agung,Tim Delapan mendesak di-lakukannya proses hukumyang lebih dalam. “Setelahsetahun kasus ini terlewati,konsekuensi logisnya Kejak-saan Agung harus melaku-kan pemeriksaan lebih jauh,melihat perkembangan ter-baru,”ujar Anies.

Namun, Anie menegas-kan, kedatangan Tim Dela-pan ke KPK bukan bertuju-an membela Bibit dan Chan-dra.“Kami melakukan fung-si verifikasi atas fakta yangdiajukan oleh kejaksaan,”katanya.

Jumat lalu, MahkamahAgung menolak peninjauankembali praperadilan suratketetapan penghentian pe-nuntutan (SKPP) kasus Bi-bit dan Chandra.

Anggota Satuan TugasAnti-Mafia Hukum, MasAchmad Santosa, mendu-kung Kejaksaan Agung me-lakukan deponering terha-dap kasus Bibit dan Chan-dra. Dia meminta semuakomponen bangsa, termasukKejaksaan, ikut menyela-matkan KPK. “Kejaksaanharus bertindak cepat,” ka-tanya kemarin.

Ia tidak setuju bila kasusini berlanjut ke pengadilan.Alasannya, penyelamatankomisi antikorupsi jauh le-bih penting dan diutama-kan. ● MAHARDIKA SATRIA HADI

TOMMY SOEHARTO GUGAT GARUDA

Hakim Lanjutkan ke Tahap Mediasi JAKARTA — Majelis hakimmemutuskan melanjutkansidang gugatan HutomoMandala Putra atau TommySoeharto terhadap PT Garu-da Indonesia ke tahap me-diasi. Dalam sidang di Peng-adilan Negeri Jakarta Sela-tan kemarin, kuasa hukumPT Garuda Indonesia, EriHertiawan, mengatakan me-diasi ada kemungkinan dila-kukan pekan ini.

Mediasi biasanya akanberlangsung selama 40 hari.“Tapi bisa diperpanjang 15hari lagi.Tapi kalau bisa da-mai, ya, bagus,”kata Eri.

Masalah berawal saat ma-jalah bulanan perusahaanmilik negara itu menurun-kan tulisan bertajuk “A NewDestination to Enjoy in Bali”pada edisi Desember 2009.Tulisan itu mengangkat be-rita soal kawasan wisata Pe-catu di Bali.

Dalam tulisan tertera,“Tommy Soeharto, the ow-

ner of this complex, is a con-victed murderer.” Tommymenerjemahkan kalimat itu,“Tommy Soeharto, pemilikkompleks ini, merupakanseorang pembunuh yang te-lah divonis oleh pengadil-an.”

Bagi Tommy, tulisan terse-but dibuat tanpa dasar dandiduga dilakukan secara se-ngaja dengan niat buruk,yang telah menyimpang dariasas-asas hukum atau prin-sip-prinsip hukum kepatut-an, ketelitian, dan kehati-hatian dalam kehidupanbermasyarakat.

Tommy menggugat enampihak dalam kasus ini, yakniPT Indo Multi Media, Pe-mimpin Redaksi MajalahGaruda Taufik Darusman,dan redakturnya, Sari Wi-diati. Gugatan juga dila-yangkan terhadap manaje-men PT Garuda Indonesia,yaitu Vice President Corpo-rate Communication Pudjo-

broto serta Senior MarketingCommunication and Promo-tion Prasetyo Budi.

Yogi Sudrajat, kuasa hu-kum tergugat 1,2,dan 3, seu-sai persidangan mengatakanbahwa mediasi wajib dila-kukan kedua belah pihak.“Kewajiban dalam perun-dang-undangan harus mela-lui mediasi,” ujarnya kema-rin. Namun ia mengaku be-lum tahu apakah akhirnyamemilih jalur damai dalamkasus ini.

Adapun Eri mengatakantak berniat membawa kasusini ke Dewan Pers. Ia ber-alasan, Garuda adalah per-usahaan milik negara yangbergerak di bidang pener-bangan, bukan perusahaanpers.“Kalau media kan jelasada Undang-Undang Pers.Sedangkan Garuda bukanperusahaan media, jadi ti-dak masuk dalam delikpers,”katanya.

● ISMA SAVITRI

IKLAN

Page 8: KoranTempo 13 Oct 2010

NASIONAL R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A7

PENGUMUMAN ULANG PELELANGANDENGAN PASCAKUALIFIKASI

No. 057.PP/PAN-FKIT/2010

PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh mengundang penyedia barang / Jasa untuk mengukuti Pelelangan

dengan Pascakualifi kasi dengan sumber Anggaran Operasi PT. PLN(Persero) Wilayah Aceh Tahun

2010 untuk pekerjaan :

Nama Pekerjaan :1. Sewa Mesin Diesel dengan daya Operasi 8 MW selama setahun Lokasi : PLTD

Seuneubok Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Propinsi Aceh.

2. Sewa Mesin Diesel dengan daya Operasi 4 MW selama setahun Lokasi :

PLTD Seuneubok Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Propinsi Aceh. (Pengu-

muman Ulang).

1. Persyaratan Penyedia Barang.

a. Penyedia Barang/ Jasa Mempunyai pengalaman, baik sendiri maupun bermitra dengan peru-

sahaan lain dalam Penyewaan Mesin Diesel minimal Daya Operasi 5 MW Untuk point 1 & 2

MW untuk point 2, dalam kurun waktu 7(tujuh) tahun terakhir.

b. Dalam hal bermitra yang menjadi Ketua kemitraan adalah Perusahaan yang mempunyai pen-

galaman dalam penyewaan Mesin Diesel yang telah COD (Comecial Operation of Date) dan

beroperasi dengan baik atau setara komplesitasnya seperti penyewaan mesin Diesel (Rental).

c. Sisa Kemampuan Keuangan (SKK) Minimal sebesar 5(Lima) Milyar untuk paket point 1 dan

2,5 (Dua koma lima) Milyar untuk paket point 2, secara kemitraan.

2. Jadwal pendaftaran juga dapat dilihat pada e-proc PT. PLN (Persero) dan Papan Pengumuman

PLN Wilayah Aceh.

3. Pengambilan Dokumen Pasca Kualifi kasi.

Dengan membawa hasil Print Out e-Proc, oleh Direktur atau yang dikuasakan.

Pada : Panitia Pengadaan Barang/ Jasa Fungsi Pembangkitan Wil-Aceh

Jl. Tgk. Mohd. Daud Beureueh No. 172 Banda Aceh.

Tanggal : 18 – 19 Oktober 2010.

Jam : 09.00 s/d 15.30 WIB (Setiap hari Kerja).

Biaya Pengadaan Dokumen sebsar Rp. 2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah) untuk paket

point 1 dan Rp. 1.500.000,- (Satu juta lima ratus ribu rupiah) untuk paket point 2.

4. Pengumuman Juga dapat dilihat pada e-proc PT. PLN (Persero).

Banda Aceh, 11 Oktober 2010

Panitia Pengadaan Barang/ Jasa

Fungsi Pembangkit Tahun 2010

PT. PLN (Persero)

WILAYAH ACEHJln. Tgk. Mohd. Daud Beureueh No. 172 Banda Aceh.

DPR Awasi IbadahHaji

Warga Padang Diimbau Bersiap Hadapi Gempa Megathrust

Cetak biru

rehabilitasi dan rekonstruksi

Wasior sedang dikebut.

JAKARTA –– Juru bicara kepresidenan,Julian Aldrin Pasha, membantahpandangan bahwa Presiden SusiloBambang Yudhoyono lamban dalampenanganan banjir bandang di Wa-sior, Papua Barat, yang terjadi pekanlalu.“Itu keliru. Arahan Presiden je-las, langsung instruksikan kepadaPanglima TNI membantu menanganibanjir,”kata Julian di Kompleks Ista-na Presiden kemarin.

Sejumlah pihak menuding Presi-den Yudhoyono kurang responsif da-lam menangani banjir Wasior. Mere-

ka menilai perlakuannya berbeda de-ngan penanganan tsunami di Acehdan gempa di Yogyakarta.

Julian mengatakan, Presiden lang-sung memerintahkan semua pihak tu-run menangani bencana di Wasior.Me-nurut dia, bantuan juga sudah sampaidi sana.“Apa lagi yang kurang? Kurangtanggapnya di mana?”tanya Julian.

Kemarin jalan-jalan di Wasior di-bersihkan dan diperbaiki menjelangkedatangan Presiden Susilo BambangYudhoyono.Jalan disemprot air hinggabersih.“Kami ingin agar Presiden bisalebih nyaman di tengah kondisi seper-ti ini,”kata Asisten I Pemerintah Ka-bupaten Teluk Wondama, Piter Lam-bey, kemarin.

Presiden direncanakan meninjau

korban banjir. Presiden juga akanmengecek penyaluran bantuan kepa-da pengungsi. Asisten II PemerintahKabupaten Teluk Wondama, YappyAkwan, mengatakan permukimanpenduduk dan perkantoran telah di-pindahkan ke Rasiey, sekitar 17 kilo-meter ke arah utara Kota Wasior.

Sementara itu, pemerintah kini se-dang mengebut penyusunan cetak bi-ru rehabilitasi dan rekonstruksi Wa-sior. Cetak biru itu ditargetkan ram-pung dalam waktu sebulan.

“Ini dilakukan agar ke depan kitabisa mencegah bencana serupa,” ujarMenteri Koordinator KesejahteraanRakyat Agung Laksono, seusai rapatterbatas mengenai Papua yang dipim-pin Wakil Presiden Boediono di Istana

Wakil Presiden kemarin.Menurut Agung, cetak biru itu akan

mengatur rehabilitasi dan rekon-struksi rumah penduduk, pusat kese-hatan masyarakat, rumah sakit, per-kantoran, serta infrastruktur sepertijalan dan jembatan. Adapun rehabili-tasi pertanian dan perikanan ada ke-mungkinan akan ditangani melaluiprogram nasional pemberdayaan ma-syarakat. Sebagian permukiman akandipindahkan ke lokasi lain.

Wakil Menteri Pekerjaan UmumHermanto Dardak mengatakan ke-menteriannya belum menambah ang-garan untuk penanganan Wasior.“DiPU ada dana darurat, khususnya un-tuk tanggap darurat (perbaikan) ja-lan.”● EKO ARI WIBOWO | JERRY OMONA | BUNGA MANGGIASIH

BOYOLALI –– Komisi VIII De-wan Perwakilan Rakyat akanmengawasi secara langsungpelaksanaan ibadah haji2010 di Arab Saudi. Rom-bongan anggota Komisi VIIIberencana dua kali mengun-jungi jemaah calon haji.

Anggota Komisi VIII DPR,Muhammad Busro, mengata-kan keberangkatan pertamadilakukan pada 1 Novemberdan kedua pada 10 Novem-ber 2010 hingga musim hajiselesai.“Kami akan berada diTanah Suci selama tujuh hariuntuk mempersiapkan pelak-sanaan ibadah haji,” kataBusro setelah melepas keber-angkatan jemaah calon hajikelompok terbang 1 Jepara diAsrama Haji Donohudan,Bo-yolali, Jawa Tengah, kemarin.

Pengawasan juga dilaku-kan oleh Tim Pemantau Pe-ningkatan Pelayanan Penye-lenggaraan Haji. Tim terse-but akan mengawasi kinerjapetugas haji dalam melayanikebutuhan jemaah.

Menurut dia, meski BiayaPenyelenggaraan Ibadah Haji(BPIH) turun, tak berarti pela-yanan juga turun. Untuk Em-barkasi Adisumarmo Surak-arta, BPIH turun dari Rp 34,5juta menjadi Rp 29 juta.

Panitia PenyelenggaraIbadah Haji (PPIH) 2010 ju-ga menyiapkan dokter bedahuntuk calon haji Indonesia.Menurut Wakil Ketua Bi-dang Kesehatan PPIH Chai-rul Radjab Nasution, berka-ca dari pengalaman musimhaji sebelumnya, banyakyang mengalami luka luardan kecelakaan kecil yangmemerlukan pembedahan.“Sehingga tidak perlu kamibawa ke rumah sakit.”

Namun, kata dia, apabilakondisi calon haji tidak me-mungkinkan untuk diberitindakan di pos kesehatan,calon haji akan dirujuk keRumah Sakit Arab SaudiKing Aziz atau Aziziyah.

Adapun Dinas KesehatanKabupaten Garut, Jawa Ba-rat, menganjurkan calon hajidari daerahnya diberi vaksininfluenza untuk mengantisi-pasi kemungkinan terjadinyacuaca ekstrem di Arab Sau-di. “Ini hanya anjuran sifat-nya, tidak wajib,”ujar Kepa-la Bidang PemberantasanPenyakit Dinas KesehatanKabupaten Garut, Dede Ro-mansyah, kemarin.

Menurut dia, sampai saatini sebanyak 950 orang darijumlah 1.633 calon haji telahdivaksin influenza di pusatkesehatan masyarakat keca-matan masing-masing. Se-dangkan sisanya divaksinoleh dokter dan klinik swas-ta. ● UKKY P | RIRIN A | SIGIT Z

IKLAN

PADANG –– Tim 9, yang beranggotakanahli gempa dan ahli tsunami, kemba-li mengingatkan warga Padang, Men-tawai, dan pesisir barat SumateraBarat agar bersiap menghadapi gem-pa megathrust di Pulau Siberut,Mentawai, dengan kekuatan menca-pai 8,9 pada skala Richter.

Menurut tim bentukan Staf Khu-sus Presiden Bidang Bantuan Sosialdan Bencana ini, gempa tersebut da-pat menimbulkan tsunami.

“Kami dari tim 9 ini rasanya seper-ti membawa kabar kematian, tetapihasil kajian ini memang harus disam-paikan agar kita bersiap menghadapi

bencana,”kata pakar gempa anggotatim, Wahyu Triyoso, di Padang kema-rin.

Ahli tsunami Hamzah Latif me-ngatakan, dalam simulasi terbaru,tsunami bisa menghantam Kota Pa-dang dalam waktu 2,5 jam denganketinggian 6 meter sejauh 2 kilome-ter. Menurut dia, dengan tsunami se-perti itu dan kondisi Kota Padang se-perti sekarang, jika tsunami terjadipada siang hari, korbannya mencapaisekitar 150 ribu jiwa.

“Itu yang dihitung manusia berge-rak dengan lebar jalan, belum terma-suk hambatan lain, seperti macet

oleh kendaraan, tiang listrik dan ba-ngunan yang roboh,”kata dia.

Dia mengatakan, tsunami akan me-rusak pelabuhan laut dan udara yanghanya terletak 300 meter dari bibirpantai. Menurut dia, kota berpendu-duk lebih dari 900 ribu jiwa itu akanterisolasi karena jalan darat juga me-lewati Bukit Barisan. Ia menyarankanpemerintah pusat dan daerah segeramembuat shelter dan jalan evakuasi.

Ahli gempa Danny Hilman Nata-wijadja dari Laboratorium GempaLembaga Ilmu Pengetahuan Indone-sia, yang sudah 20 tahun menelitigempa di Mentawai, mengatakan an-

caman gempa di bawah Pulau Sibe-rut atau gempa megathrust sudah didepan mata. “Sebenarnya masanyasudah lewat, pelepasan itu sudah di-mulai pada saat gempa Mentawai2007. Namun ini baru buntutnya, ki-ni tinggal menunggu bapaknya.”

Staf Khusus Presiden Bidang Bantu-an Sosial dan Bencana,Andi Arief,me-ngatakan minimnya dana menyebab-kan kurangnya kegiatan penangananmitigasi bencana. Andi mengatakan,dari dana Rp 3 triliun yang dikelolaBadan Nasional Penanggulangan Ben-cana, hampir tak ada anggaran untukkegiatan mitigasi. ● FEBRIANTI

PENANGANAN BANJIR WASIOR

Istana Klaim Presiden Tak Lamban

Page 9: KoranTempo 13 Oct 2010

NUSAR A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0

25OC-33OC

MEDAN

19OC-30OC

BANDUNG

24OC-33OC

SEMARANG

21OC-32OC

YOGYAKARTA

A8

Ganti RugiNelayanLaut TimorRp 25 JutaKUPANG — Setiap nelayan danpetani rumput laut di Nusa Teng-gara Timur yang mata pencari-annya terganggu akibat tumpah-an minyak dari ladang Montaradi Celah Timor, Australia, akanmendapat jatah ganti rugi sebe-sar Rp 25-35 juta. Kisaran angkaitu diturunkan Yayasan Peduli Ti-mor Barat berdasarkan 20 persendari Rp 23 triliun dana ganti rugiakibat pencemaran itu, yangakan diberikan pemerintah ke-pada para nelayan.

“Dengan dana sebesar itu,ne-layan dan petani rumput lautbisa bertahan sampai kapan?Bagaimana jika baru 20 tahunkemudian Laut Timor yang ter-cemar bisa pulih kembali?”kataFerdi Tanoni, ketua yayasan ter-sebut, kemarin.

Ferdi juga mempertanyakanrencana pemerintah lewat TimNasional Pencemaran di Lautmenggunakan sisa 80 persendana tersebut untuk member-sihkan Laut Timor. Metode apayang akan digunakan dan ba-gaimana caranya.

“Laut Timor bukanlah se-buah akuarium,” katanya, yanglebih menginginkan adanya pe-nelitian ilmiah untuk menentu-kan besaran skala pencemarantersebut sebelum besaran kom-pensasi ditentukan.

Kilang di ladang minyakMontara meledak pada Agustus2009. Tumpahan 40 juta literminyak mentahnya diperkira-kan telah mencemari sedikitnya90 ribu kilometer persegi LautTimor atau sekitar 75 persenwilayah perairan Nusa Tengga-ra sebelah timur.

Ketua Tim Nasional, MenteriPerhubungan Freddy Numberi,meminta PTTEP Australasia,pengelola ladang minyak itu,membayar kerugian yang diaki-batkannya sebesar Rp 23 trili-un. “Sampai sekarang ikan be-lum masuk ke sana (perairanNTT),” kata Freddy di kantorPresiden, Kamis lalu.

Freddy mengatakan tim veri-fikasi asuransi dari PTTEP Aus-tralasia akan datang ke Indone-sia pada akhir bulan ini. Momenitu dimanfaatkannya untuk me-minta pihak PTTEP memberi-kan keputusan dalam enam bu-lan ke depan.

Freddy berkukuh PTTEP ha-rus membayar klaim itu secarapenuh. Pemerintah pusat puntelah mengirim surat kepadabupati serta gubernur setempatdan meminta mereka tak terpe-ngaruh argumen tim asuransiitu. ● YOHANES SEO | BUNGA MANGGIASIH

Dua Megaproyekdi Atas TelukBalikpapan

Pemerintah

setempat menan-

dingi rencana

pemerintah provisi.

Balikpapan senang

keduanya.

BALIKPAPAN — PemerintahKota Balikpapan dan Pe-najam Paser Utara akanbekerja sama membangunjembatan melintasi TelukBalikpapan sepanjang 1,2kilometer. Megaproyek itutermuat dalam nota kese-pahaman yang ditandata-ngani kedua kepala dae-rah kemarin.

“Kesepakatan bersamadalam realisasi pemba-ngunan di antara keduadaerah,” kata Wali KotaBalikpapan Imdaad Ha-mid. Kesepakatan, Im-daad mengatakan, meli-puti peningkatan infra-struktur, penyediaan airbaku, perumahan, industriagro, serta rencana tataruang wilayah perbatasankedua daerah.

Khusus untuk proyekjembatan, dia menambah-kan, sudah masuk dalamkajian detailed engi-neering design di antarakedua daerah. Ini jugaberkaitan dengan penola-kan Pemerintah Kabupa-ten Penajam Paser Utaraterhadap pembangunanJembatan Pulau Balang,yang diproyeksikan olehPemerintah Provinsi Kali-mantan Timur dalam jalurtrans Kalimantan.

Jembatan yang satu inijuga sepanjang 1 kilome-ter. Nilai pembangunan-nya Rp 4 triliun, yang da-nanya bersumber darianggaran provinsi dan pe-merintah pusat. NamunBupati Penajam PaserUtara Andi Harahap ke-marin menegaskan kem-bali tidak akan proaktifdalam pembangunan jem-batan itu.“Lokasinya ter-lalu jauh dari pusat kotadi Penajam Paser Utara,”katanya.

Andi mengaku memilikirencana sendiri dalammegaproyek jembatanyang membelah Teluk Ba-likpapan. Dia juga meng-aku sudah mengantongiizin dari pemerintah pusatserta diketahui MenteriPekerjaan Umum. Peme-rintah Balikpapan juga,menurut dia, tidak mem-permasalahkannya.

Sebelumnya, KepalaBadan Perencanaan Pem-bangunan Daerah Balik-papan Suryanto menyata-kan pemerintah Balikpa-pan mendukung keduarencana jembatan yangsama-sama membelah Te-luk Balikpapan itu. “Se-muanya tetap mengun-tungkan bagi Balikpapan.Satu jembatan bisa di-khususkan bagi kendara-an berat, sedangkan yanglain untuk kendaraanumum,”katanya.

Penolakan terhadaprencana Jembatan PulauBalang juga diungkapkanKonsorsium LingkunganKalimantan Timur. SatriaIman Pribadi, anggotakonsorsium itu, menyata-kan jembatan tersebutmengancam keberlang-sungan hutan lindung Su-ngai Wain.

Satria mengatakan ti-ang pancang JembatanPulau Balang berada dikawasan mangrove seba-gai koridor seluruh satwahutan lindung itu. Jemba-tan juga dia prediksimembutuhkan jalanpenghubung, yang ber-dampak pada pembukaanarea hutan mangrove.“Habitat satwa dugong,pesut,dan bekantan di ka-wasan tersebut juga akanterancam,”katanya.

Konsorsium itu mendu-kung rencana tandinganbupati setempat dalampembangunan jembatandi Teluk Balikpapan. Mes-ki bentangnya lebih pan-jang 200 meter, Satriamengungkapkan, “Tidakperlu dibangun jalan pen-dekat perusak mangrove.”

● WURAGIL | SG WIBISONO

Wasior Masih GelapJAYAPURA — Hingga hari ke-delapan pascabencana banjirbandang, sebagian besar wi-layah di Wasior, Teluk Won-dama,Papua Barat,masih di-liputi kegelapan. Baru satudari empat mesin pembang-kit listrik (genset) yang bisadioperasikan kembali.

Wilayah yang sudah kem-bali mendapat peneranganlistrik adalah bagian selatanWasior.Wilayah utara dan se-bagian besar Kota Wasiormasih gelap-gulita. “Mesinlain masih diperbaiki, adakemungkinan peneranganakan kembali normal satuatau dua bulan ke depan,”kata Piter Lambey, Asisten IPemerintah Kabupaten TelukWondama, kemarin.

Selain mesin yang teren-dam banjir, jaringan listrik diWasior rusak karena ratusantiang listrik tercerabut danhanyut terbawa banjir Senin

pagi pekan lalu. Hingga ke-marin belum ada rencanapengadaan tiang-tiang baruuntuk menggantikannya.

Sementara itu, korban te-was yang ditemukan akibatbanjir bandang tersebut te-rus bertambah. Jumlahnyamencapai 148 orang per ke-marin siang. Selain itu, 188orang terdata mengalami lu-ka berat, 665 luka ringan,dan 123 lainnya masih terusdicari tahu nasibnya.

Banjir yang disebabkanoleh meluapnya dua aliransungai setelah hujan derasturun di Wasior dan sekitar-nya itu juga menciptakan ge-lombang pengungsi sebanyak4.625 orang.“Ini semua dataterakhir,” kata Eka Woysiri,Asisten III Pemerintah Ka-bupaten Teluk Wondama, ke-marin.

Di lapangan, tim gabunganterus mencari dan melaku-

kan evakuasi terhadap parakorban di antara timbunanlumpur dan reruntuhan ma-terial. Masa tanggap darurattelah ditetapkan hingga 18Oktober mendatang. Sebe-lum sampai ke tenggat itu,tim juga akan berfokus padapembuangan puing dan sisa-sisa reruntuhan serta pemba-ngunan gedung sekolah da-rurat.

Setelah masa tanggap da-rurat usai, pemerintah se-tempat berencana memin-dahkan ibu kota KabupatenTeluk Wondama sepenuhnyake Rasiey, 16 kilometer dariWasior. Bukan cuma kondisitanahnya yang lebih stabilberdasarkan analisis geologi,sejumlah bangunan kantoryang sudah berdiri di sanajuga terbukti selamat dariamukan banjir.“Wasior ada-lah daerah konservasi,” kataPiter. ● JERRY OMONA

Warga menutup jalan sepanjang 2,5 kilometer di Kampung Purabaya, Desa Jaya-mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin. Penutupanini sebagai bentuk protes warga terhadap pemerintah karena jalan rusak di kawa-san tersebut tidak diperbaiki pemerintah sejak 1994.

ADITYA HERLAMBANG PUTRA (TEMPO)

TutupJalan

IKLAN

Page 10: KoranTempo 13 Oct 2010

KILAS

Ribuan Warga MiskinTerabaikan

JEMBER — Sedikitnya 13.061warga miskin di KabupatenJember tidak terikutsertakandalam Jaminan Kesehatan Ma-syarakat (Jamkesmas) dan ti-dak mendapat pelayanan gratisdari rumah sakit umum yangada. Padahal mereka sudahmasuk dalam program bantuanJaminan Kesehatan DaerahProvinsi Jawa Timur.

Syahroni, anggota Dewan se-tempat, mengatakan masalahitu timbul karena PemerintahKabupaten Jember tidak mela-kukan sharing dana Rp 4,3 mi-liar yang dibutuhkan sebagaisyarat pencairan dana Jamkes-da sebanyak Rp 8,9 miliar.“Kami sangat menyayangkankebijakan pemerintah kabupa-ten,” katanya di sela sidangparipurna pembahasan per-ubahan APBD Jember 2010 dikantor DPRD Jember.

Gubernur Soekarwo, dalamupacara peringatan hari jadiProvinsi Jawa Timur ke-65 ke-marin, mengaku belum berha-sil mengentaskan warga mis-kin dan penganggur. “Programsaya memang APBD untuk rak-yat, tapi program itu ternyatabukan jumlah uang, tapi keku-atan kita untuk melakukan sti-mulasi,” kata Soekarwo.

● MAHBUB DJUNAIDY | FATKHUR ROHMAN TAUFIQ

Tarif Uji Kir Naik 20 Kali Lipat

SURABAYA — Pemerintah KotaSurabaya berencana menaik-kan tarif pengujian kendaraanbermotor atau uji kir hingga20 kali lipat. Rencana kenaik-an ini sedang dibahas olehparlemen kota itu. “Kenaikanini wajar karena sudah lamatarif uji kir tidak naik,” katapelaksana tugas Kepala Di-nas Perhubungan Surabaya,Eddi, kemarin.

Dalam rancangan peraturandaerah tentang retribusi peng-ujian kendaraan bermotor dise-butkan, misalnya, tarif uji kirnaik menjadi sebesar Rp 65 ri-bu untuk kendaraan denganjumlah berat yang diperboleh-kan sampai 3.500 kilogram(mobil penumpang, bus, mobilbarang, kereta gandeng, keretatempelan, dan kendaraan khu-sus). Padahal tarif sebelumnyahanya Rp 3.000.

Naiknya retribusi uji kir, Eddimenjanjikan, akan diimbangidengan penghapusan lima retri-busi lainnya pada kendaraanbermotor. Meski begitu, renca-na langsung diprotes Organisa-si Pengusaha Angkutan DaratSurabaya. “Berat bagi kami de-ngan kondisi saat ini,” kata ke-tuanya, Wastomi Suheri.

● DINI MAWUNTYAS

“Saya dukung,”

kata Gus Ipul.

SURABAYA — Merasa ikutbersalah tak mampu me-rawat alam, sebanyak 13utusan dari suku Baduy,Banten, melakukan ritualproses penghentian sem-buran lumpur Lapindo diPorong, Sidoarjo, kemarinpetang. Mereka dudukbersila, melingkar di atastanggul menjalankan ritu-al adat panambaan ataupenyembuhan selama le-bih dari satu jam.

Ritual dilakukan di an-tara sajian tumpeng, asapkemenyan, dan mulutyang sesekali mengunyahpinang sirih. Selama itupula mereka merapal doa-doa dan mantra serta me-ngirimnya ke arah pusatsemburan, yang sejak em-pat tahun lalu telah me-nenggelamkan 12 desa ditiga kecamatan seluas to-tal 641 hektare.

Jaro Daenah, KepalaDesa Kanekes, KecamatanLeuwi Damar,Lebak,Ban-ten—satu di antara ke-13utusan itu—mengatakanlumpur yang menyemburdi Porong juga merupakantanggung jawab mereka.“Kami diutus kokolot (se-sepuh), baik Baduy dalammaupun luar, untuk mela-kukan ritual adat panam-baan Lapindo,” kata Jarosetelah bertemu denganWakil Gubernur Jawa Ti-mur Saifullah Yusuf padasiang harinya.

Jawa Timur dalam pan-dangan suku Baduy adalahkaki alam. Jika ada penya-kit, termasuk bencana La-pindo, sudah merupakankewajiban bagi mereka un-tuk melakukan penyem-buhan. Lagi pula, Jaro Da-enah menambahkan, sukuBaduy merasa semburanlapindo juga akibat kesa-lahan mereka, yang tidakbisa menjaga alam.“Pesandari kokolot, ritual harusdilakukan hari Selasa soreini,”kata dia kemarin.

Gus Ipul menyambutbaik kedatangan utusan

dari suku Baduy itu, yangmemungkinkan Jaro Dae-nah dkk menggelar ritual-nya. Menurut Gus Ipul, se-luruh usaha, baik yangbersifat ilmiah maupun ri-tual keagamaan dan adat,memang diperlukan untuksegera menghentikan sem-buran Lapindo.“Saya du-kung, saya termasuk yangpercaya akan hal-hal se-perti ini,”katanya.

Juru bicara Badan Pe-nanggulangan Lumpur Si-doarjo (BPLS), AchmadZulkarnaen, secara terpi-sah,mengatakan pihaknyamasih membuka kesem-patan bagi pakar geologiuntuk mengajukan konsepdan metode yang tepat un-tuk menghentikan sem-buran lumpur.Setelah me-tode side tracking dansnubbing unit serta reliefwell dan insersi bola be-ton, dia mengatakan, be-lum ada lagi konsep yangtepat dan patut dicoba.

BPLS, kata Achmad,sangat berhati-hati dalammenerapkan metodepenghentian semburanuntuk meminimalkan ke-gagalan.“Berbagai peneli-tian terus dilakukan olehpakar geologi,”katanya.

Sementara itu, kepalakelompok kerja pelaksanainfrastruktur BPLS, Soe-giarto, mengungkapkan,pihaknya kembali dipaksabekerja keras memperku-at tanggul penampunglumpur Lapindo. Dua la-pis bronjol berupa anyam-an kawat berisi batu kali,setinggi 4 meter, harus se-gera dirangkai di sekeli-ling tanggul dari Desa Ke-dungbendo, Siring, Jatire-jo, hingga Renokenongo.

Penguatan mendesak di-lakukan akibat terus me-ningkatnya volume lum-pur. “Air hujan memenuhikolam penampungan,tanggul harus diperkuat,”kata Soegiarto kemarin.

Bronjol juga diharap-kan bisa mengurangidampak penurunan per-mukaan tanah, yang me-nyebabkan tanggul retak.

● FATKHUR ROHMAN TAUFIQ | EKOWIDIANTO

Sudah menjadi tradisidi hampir seluruh dae-rah bahwa warga satu

kampung ikut mengantarkepergian tetangga ataukerabat yang hendak me-nunaikan ibadah haji.Tapiyang terjadi di KabupatenPamekasan bisa amat ber-lebihan: lalu lintas hampirsemua ruas jalannya dipas-tikan macet saat musimibadah haji tiba.

Kepala Kantor Kemente-rian Agama PamekasanAbdul Wahid mengungkap-kan, kuota haji di Pame-kasan untuk tahun ini se-banyak 1.332 orang. Dia su-dah membayangkan, setiapcalon haji akan diantarwarga sekampung, baik

menggunakan roda duamaupun empat.“Sudah jaditradisi, yang naik haji satu,yang antar sekampung,”ka-tanya kemarin.

Dia khawatir para peng-antar yang membeludakakan mengganggu kelancar-an acara pelepasan calonhaji hari ini. Kemacetanpanjang pasti akan terulang.Itu sebabnya, dia sejak jauh-jauh hari sudah membatasijumlah barisan penggembiraitu.“Cukup orang terdekatsaja,”ujarnya.

Abdullah, calon haji asalDesa Parteker, mengaku ti-dak bisa mencegah saudaradan tetangga ikut mengan-tar.“Saya nanti yang dipro-tes,”katanya.

Dia memperkirakan,jumlah saudara dan te-tangga yang akan meng-antarnya menuju asramadi Surabaya bisa menca-pai 400 orang.“Sekarangsaja rumah saya sudahpenuh sesak karena se-mua saudara menginapdan mau ikut mengantar,”dia menambahkan.

Menurut Abdullah, ba-nyaknya pengantar menun-jukkan kegembiraan karenaada yang mampu menunai-kan ibadah haji. Lagi pula,“Kalau ada saudara bilangtidak mau ikut mengantar,dia justru dimarahi olehsaudara yang lain karena di-anggap tidak memiliki per-hatian.”Nah lo. ● MUSTHOFA BISRI

Suku BaduyCoba HentikanLumpur

Musim Haji, Musim Macet

1210024

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUMNomor : 02a/PPSBL/MG/2010

Satuan Kerja Museum Geologi akan melaksanakan Pelelangan Umum Pengadaan Barang/

Jasa dengan Sistim Elektronik (E-Procurement) sbb :

1. Paket Pekerjaan :

Nama paket pekerjaan : Pengembangan Peragaan Lantai II Sayap Barat Museum Geologi

Lingkup pekerjaan : Jasa Pemborongan dan Pemasokan.

Pagu anggaran total : Rp. 4.250.000.000,- (Empat milyar dua ratus lima puluh juta rupiah)

Sumber pendanaan : APBN-PNP,Tahun Anggaran 2010

2. Persyaratan Peserta :

Paket pengadaan ini terbuka untuk penyedia barang/jasa yang memenuhi persyaratan

sebagai Pengusaha Non Kecil Jasa Pemborongan Bidang Arsitektural (21005, 21003) dan

Jasa Pemasokan SIUP Non Kecil (Komputer/Multimedia, Sofware,dan Mebeler) dengan

terlebih dahulu melakukan registrasi pada LPSE Provinsi Jawa Barat, Persyaratan lebih

lengkap dan hal hal lainnya dapat dilihat di situs http://www.lpse.jabarprov.go.id

3. Jadwal Pelaksanaan Pengadaan:

Pendaftaran dan Pengambilan/Download Dokumen Pemilihan:

Nama : LPSE Provinsi Jawa Barat

Tempat dan alamat : Situs Internet http://www.lpse.jabarprov.go.id

Tanggal : 14 - 22 Oktober 2010

Penjelasan (aanwijzing) : Chatting di http://www.lpse.jabarprov.go.id ,

tgl 20 Oktober 2010

Bandung, 13 Oktober 2010.

PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA

PEMERINTAH KABUPATEN SELUMA

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA

PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB) SMPJln. Soekarno Hatta No. 03 Telp./Fax. (0730) 91396 Kode Pos 38576

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUMNomor : 01/PAN/DIKNAS/X/2010

Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Seluma akan mengadakan Pelelangan Umum dengan

Pasca Kualifi kasi untuk pekerjaan :

1. Pembangunan 4 RKB SMP, Pagu Dana Rp.546.334.360,-

2. Pembangunan 10 RKB SMP, Pagu Dana Rp.1.365.835.900,-

Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen lelang di Sekretariat Panitia Dinas Pendidikan Nasional

Kabupaten Seluma Jln. Soekarno Hatta Pematang Aur No. 3 Kabupaten Seluma. Pendaftaran

dilakukan Direktur/Pimpinan Perusahaan atau Penerima Kuasa yang namanya tercantum dalam

akte perusahaan. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung pada Panitia.

Demikian surat pengumuman ini kami sampaikan agar dapat diperhatikan.

Panitia Lelang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMP

Tahun Anggaran 2010

KETUA SEKRETARIS

SAMIDI, ST. MM. ALAM NASRAH, S.Pd

1210071

IKLAN

A9R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0JAWA TIMUR

Page 11: KoranTempo 13 Oct 2010

PENDAPATR A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A10

Hari Hak untuk Tahu (Right toKnow Day) internasional, yangditetapkan pada 2002 di Sofia-Bulgaria, oleh berbagai organisa-si sipil bidang hak asasi manusia,

pembangunan, dan media di dunia, jatuhpada setiap 28 September. Penetapan hariitu dimaksudkan untuk menyadarkan se-mua kalangan bahwa informasi yang me-nyangkut kepentingan masyarakat dan pe-nyelenggaraan pemerintahan adalah hakdan milik publik. Di Indonesia, DPR danpemerintah memang telah melahirkan UUNo. 14 Tahun 2008 tentang KeterbukaanInformasi Publik (UU KIP), yang efektifberlaku sejak 30 April 2010. Meskipun adatoleransi waktu dua tahun kepada lemba-ga-lembaga publik untuk mempersiapkandiri, toh mayoritas mereka tak juga siap,termasuk DPR sendiri.

Lihat saja, bagaimana undang-undang diatas menyebutkan bahwa setiap badanpublik wajib mengumumkan informasi se-cara berkala (paling singkat enam bulansekali), meliputi: a. informasi yang ber-kaitan dengan badan publik; b. informasimengenai kegiatan dan kinerja badan pub-lik terkait; c. informasi mengenai laporankeuangan; dan/atau d. informasi lain yangdiatur dalam peraturan perundang-un-dangan (Pasal 9). Sementara itu, disebut-kan dalam Pasal 11 ayat (1), badan publikwajib menyediakan informasi publik setiapsaat, yang meliputi: a. daftar seluruh infor-masi publik yang berada di bawah pengua-saannya, tidak termasuk informasi yang di-kecualikan; b. hasil keputusan badan pub-lik dan pertimbangannya; c. seluruh kebi-jakan yang ada berikut dokumen pendu-kungnya; d. rencana kerja proyek, termasukdi dalamnya perkiraan pengeluaran tahun-an badan publik; e. perjanjian badan pub-lik dengan pihak ketiga; dan seterusnya.

Tetapi, di DPR, tidak semua jenis infor-masi dimaksud tersedia dan dapat diaksespublik. Bukan hanya karena faktor teknis,tapi juga mentalitas, seperti minimnya ko-mitmen, ketidakberanian untuk jujur, danadanya berbagai kekhawatiran. Cobalah keDPR, minta daftar penggunaan anggaranstudi banding anggota DPR beberapawaktu lalu, atau biaya pembelian makananpada rapat-rapat DPR. Kemungkinan be-sar permintaan tersebut ditolak.

Menyangkut hal ini, ada contoh menarik.Seorang jurnalis di Selandia Baru meng-ajukan permintaan informasi transaksikartu kredit seorang menteri dari tahun2003 sampai 2010. Pada 1 Juni 2010, De-partemen Dalam Negeri akhirnya menge-luarkan informasi tersebut. Setelah diana-

lisis, diketahui banyak pemborosan uangnegara. Misalnya, biaya tidak wajar (jas se-harga $ 1.000, sebotol anggur seharga $200), pengeluaran besar dalam waktu sing-kat (biaya makan-makan di restoran sebe-sar $ 1.000 untuk sehari), tagihan tanpaperincian, hal-hal yang tidak layak dibia-yai oleh dana publik (tiket bioskop, mobilbaru, biaya tagihan listrik rumah), danalasan-alasan aneh dalam sejumlah tagih-an yang besar, seperti kehilangan bagasidalam setiap perjalanan ke luar negeri.Kasus ini menyebabkan menteri bersang-kutan kehilangan jabatannya.

Peran DPRSadarkah pimpinan DPR bahwa DPR

sendiri adalah badan publik yang wajibtunduk kepada UU KIP, di mana dalamPasal 52 dijelaskan bahwa badan publikyang dengan sengaja tidak menyediakan,tidak memberikan, dan/atau tidak mener-bitkan informasi publik berupa informasipublik secara berkala, informasi publikyang wajib diumumkan secara serta-mer-ta, informasi publik yang wajib tersedia se-tiap saat, dan/atau informasi publik yangharus diberikan atas dasar permintaan se-suai dengan UU ini, dan mengakibatkankerugian bagi orang lain, dikenai pidanakurungan paling lama satu tahun dan/ataupidana denda paling banyak 5 juta rupiah?

DPR seharusnya menjadi contoh imple-mentasi UU KIP. Akan jauh lebih baik jikapermintaan DPR agar lembaga publik da-pat terbuka dibarengi dengan upaya lem-baga ini untuk keluar dari kubangan keter-tutupan. Pimpinan DPR perlu sesegeramungkin mempersiapkan kondisi agar un-dang-undang tersebut diimplementasikansecara total. Setjen DPR harus dirombakdan didesain menjadi institusi yang profe-sional mengelola informasi, terbuka, danmelayani hak untuk tahu rakyat. Keterbu-kaan memang membuat DPR menuai kri-

tik, apalagi jika masyarakat melihat besar-nya alokasi untuk fasilitas anggota DPRyang dinilai sebagai bentuk moral insensiti-vity dan anggaran kegiatan yang akuntabi-litasnya dipertanyakan.Tapi, dengan trans-paransi, DPR akan dipaksa membenahi ini,karena masyarakat dan media tidak akandiam dengan data-data yang ada.Yah, seti-daknya program-program kontroversialyang selama ini dirumuskan melalui rapattertutup dapat diminimalkan. Sebut saja,dana percepatan pembangunan daerah (da-na aspirasi), dana rumah aspirasi, dan ren-cana pembangunan gedung baru.

Begitu pula dengan proses pembahasanAPBN. Alasan sedang “dalam proses”se-hingga harus tertutup justru bertentangandengan logika partisipasi. Publik perlu ta-hu banyaknya persoalan dalam APBN kita,mulai ketimpangan pembagian pusat-dae-rah, alokasi pegawai-rakyat, praktek per-caloan, dugaan kebocoran, hingga akunta-bilitas angka-angka statistik resmi peme-rintah. Sebagaimana pengakuan John Per-kins, konsultan MAIN, yang pernah beker-ja di Indonesia untuk World Bank dan IMF,bahwa statistik resmi seperti data inflasi,total cadangan devisa asing, surplus perda-gangan, dan sektor perbankan yang man-tap, dari 1970-an hingga setidaknya 1997,hanya omong kosong (laporan fiktif/reka-yasa) agar World Bank dan IMF (yang se-benarnya tahu) mengucurkan utang, lalumembangkrutkan negara penerima sehing-ga dapat ditekan mengikuti kepentinganmereka. Biarlah rapat dan dokumen-doku-men APBN ini terbuka untuk publik. Ke-terbukaan akan melahirkan kesadaran ko-lektif yang mengantar pada perubahan.

Bersamaan dengan itu, DPR perlu meng-evaluasi pelaksanaan undang-undang ini.Satu hal yang patut dicermati, setelah ber-lakunya UU KIP, permintaan informasi te-tap saja cenderung ditolak jika berkaitan,secara langsung maupun tidak, dengan

anggaran. Misalnya, permintaan informasidana pengembangan institusi oleh maha-siswa Universitas Andalas yang justru ber-buah sanksi kepada mahasiswa bersang-kutan; permintaan informasi laporan per-tanggungjawaban penggunaan dana Ban-tuan Operasional Sekolah (BOS) periode2007-2009 di lima SMP negeri di Jakartaoleh Indonesia Corruption Watch; permin-taan dokumen perjanjian pengelolaan sa-ham Blok Cepu antara PT Blora PatragasHulu dan PT Anugerah Bangun Sarana Ja-ya oleh Lembaga Penelitian Aplikasi Wa-cana Blora; dan berbagai kasus lain.

Sebenarnya, sejumlah kasus sengketa in-formasi menunjukkan bagaimana kualitaskomitmen dan integritas pejabat negeri ini.Puluhan tahun dalam ketertutupan tentumembentuk sistem yang korup di hampirsemua lembaga publik. Ketika undang-un-dang datang untuk merombak, sering kalimuncul resistensi, dengan dalih tidak tahu,tidak paham, tidak jelas, menafsirkan lainatau mencari-cari celah undang-undang.Mentalitas seperti ini juga ada pada keba-nyakan birokrasi pemerintah daerah, se-hingga mereka tidak bersedia memberikandokumen APBD kepada masyarakat.

Pada tahap awal seperti sekarang, prosesketerbukaan sangat memerlukan dukunganDPR.Antara lain dengan memanggil lemba-ga publik yang menolak permintaan infor-masi, untuk menjelaskan kepada mereka ba-gaimana maksud undang-undang ini. Bah-kan, jika DPR serius pada terciptanya peme-rintahan yang bersih, ketertutupan pejabatpublik seperti di atas menunjukkan indikasiperlunya penyelidikan dan pengawasan le-bih lanjut pada instansi bersangkutan.

Terakhir, belajar dari banyaknya perdatransparansi yang berdampak bagi masya-rakat, ini karena pemda setempat sekadarmemenuhi target program Bank Duniaatau cuma untuk memikat investor-inves-tor asing. Kita tentu tidak ingin UU KIPbernasib demikian. Harapan besarnya, ke-terbukaan terhadap semua lembaga pub-lik—yang semestinya gencar dituntut olehDPR—menjadi gerbang kesadaran bagirakyat Indonesia akan hak-hak lain, seper-ti partisipasi dalam perumusan kebijakan,akses terhadap pemanfaatan sumber dayaalam yang adil dan merata, dan sebagai-nya. Demikian penting keterbukaan, demi-kian jelas dan tegas undang-undang meng-atur, kini tinggal komitmen DPR (bersamapemerintah), juga tekanan publik, karenaketertutupan sering menjadi zona nyamanyang menyebabkan orang malas memper-baiki keadaan. Jika dibiarkan, inilah anti-klimaks lembaga perwakilan. ●

Mufid A. Busyairi, ANGGOTA DPR RI 2004-2009

Ketertutupan, Antiklimaks Lembaga Perwakilan

PENERBIT: PT Tempo Inti Media Harian. PEMIMPIN REDAKSI: Gendur Sudarsono. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Daru Priyambodo. PJ. REDAKTUR EKSEKUTIF: M. Taufiqurohman. REDAKTUR SENIOR: Bambang Harymurti, Diah Purnomowati,Fikri Jufri, Goenawan Mohamad, Leila S. Chudori, Putu Setia, S. Malela Mahargasarie, Toriq Hadad. REDAKTUR UTAMA: Metta Dharmasaputra, Seno Joko Suyono, Yos Rizal Suriaji, Yosep Suprayogi. SEKRETARIAT REDAKSI: Dyah IrawatiHapsari. REDAKTUR: Andree Priyanto, Dody Hidayat, Dwi Arjanto, Dwi Wiyana, Firman Atmakusumah, Hari Prasetyo, Jajang Jamaludin, Mustafa Ismail, Nurdin Saleh, Nurdin Kalim, Sapto Yunus, Widiarsi Agustina, Y. Tomi Aryanto,Yudono Yanuar, Yuyun Nurrachman. SIDANG REDAKSI: Abdul Manan, Ali Nur Yasin, Dimas Adityo, Dedy Sinaga, Efri Ritonga, Endri Kurniawati, Faisal Assegaf, Hadriani Pudjiarti, Kelik M. Nugroho, Maria Hasugian, Meiriyon M.,

Martha Warta Silaban, Raju Febrian, Sita Planasari Aquadini, Sunariyah, Tjandra Dewi Harjanti, Untung Widyanto, Utami Widowati, Zacharias Wuragil B. K. FOTOGRAFI: Rully Kesuma (Redaktur), Amston Probel, Arie Basuki, Ayu Ambong, Budi Yanto, Gunawan Wicaksono, Mahanizar Djohan, Yunizar Karim, Zulkarnaen.DESAIN: Eko Punto Pambudi, Ehwan Kurniawan, Gatot Pandego. TATA LETAK: Achmad Budy, Ahmad Fatoni, Arief Mudi Handoko, Agung Nugraha, Agus Kurnianto, Djunaedi, Erwin Santoso, Fuad Hasyim, Imam Riyadi Untung, Kuswoyo, Mistono, Rudy Asrori, Talib Abdillah. ILUSTRATOR: Imam Yunni, Machfoed Gembong.REDAKTUR BAHASA: Hasto Pratikto, Elan Maolana Setiajid, Habib Rifa’i, Heru Yulistiyan, Iyan Bastian, Michael Timur Kharisma.

TEMPO NEWS ROOM, TEMPO INTERAKTIF, PUSAT DATA dan ANALISA TEMPO – PEMIMPIN REDAKSI: Daru Priyambodo. PJ. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI (TI): Wicaksono. PJ. REDAKTUR EKSEKUTIF: Burhan Solihin. REDAKTUR UTAMA: Tulus Wijanarko. REDAKTUR: Elik Susanto, Fajar W. Hermawan,Grace S. Gandhi, Jobpie Sugiharto. SIDANG REDAKSI: Ali Anwar, Arif Firmansyah, Dewi Rina, Eni Saeni, Istiqomatul Hayati, Lis Yuliawati, Poernomo Gontha Ridho, Purwanto, Sudrajat, Sukma N. Loppies, Suseno. BIRO JAKARTA: Aguslia Hidayah, Agus Supriyanto, Agoeng Wijaya, Agung Sedayu, Akbar Tri Kurniawan,Amanda Mega Mustika, Angelus Tito, Anton Aprianto, Anton Septian, Aqida Swamurti, Amirullah, Bunga Manggiasih, Cheta Nilawaty, Cornila Desyana, Desy Pakpahan, Dian Yuliastuti, Dwi Riyanto Agustiar, Eko Ari Wibowo, Erwin Prima, Erwin Dariyanto, Eka Utami Aprilia, Ezther Lastania, Fanny Febiana, Famega Syafira,Fery Firmansyah, Gabriel Wahyu Titiyoga, Harun Mahbub, Heru Triono, Ismi Wahid, Kartika Candra, Kurniasih Budi, M. Nur Rochmi, Mustafa Silalahi, Muhammad Iqbal Muhtarom, Munawwaroh, Ninin P. Damayanti, Nieke Indrieta, Oktamandjaya, Pramono, Reza Maulana, Retno Endah Dianing Sari, Rini Kustiani,Rieka Rahardiana, Rr. Ariyani, Rudy Prasetyo, Rina Widyastuti, Riky Ferdianto, Sandy Indra Pratama, Sofian, Sorta Tobing, Sutarto, Suryani Ika Sari, Yuliawati, Vennie Melyani, Wahyudin Fahmi. SURABAYA: Jalil Hakim, Zed Abidin. YOGYAKARTA: Phillipus Parera, L.N. Idayani, R. Fadjri. BANDUNG: Juli Hantoro.MAKASSAR: Elik Susanto, Purwanto. RISET: Ngarto Februana (Pj. Kepala Bagian), Indra Mutiara, Viva B. Kusnandar.

IKLAN: Gabriel Sugrahetty (wakil direktur). BUSINESS DEVELOPMENT: Meiky Sofyansyah (kepala), Tito Prabowo, Nurulita Pasaribu, Tanti Jumiati, Adelisnasari, Adeliska Virwani, Haderis Alkaf, Sulis Prasetyo, Jafar Irham, Melly Rasyid, Imam Hadi. TIM INFO TEMPO: Prasidono Listiaji (kepala). PENULIS: S. Dian Andryanto,Danis Purwono, Dewi Retno Lestari, Hotma Siregar, Mira Larasati, Nugroho Adhi, Rifwan Hendri, Susandijani, V Nara Patrianila. FOTOGRAFI & RISET: Lourentius EP. DESAIN IKLAN: Kemas M. Ridwan, Andi Faisal, Arcaya Manikotama, Andi Suprianto, Jemmi Ismoko, Juned Aryo. TRAFFIC: Abdul Djalal, Marah Andhika.SIRKULASI, DISTRIBUSI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN: Windalaksana (Kepala Divisi), Erina (Sekretariat). SIRKULASI: Shanty Nurpatria (Kepala Unit), Yefri, Indra Setiawan, Ivan B. Putra, Shalfi Andri, Alex Anindito, M. Oemar Sidiq. PERWAKILAN DAERAH: Didiet Setiaji (Bandung), Solex Kurniawan (Surabaya).DISTRIBUSI: Ismet Tamara (Kepala Unit), PROMOSI: Rachadian Nashidik, RISET PEMASARAN: Ai Mulyani K., LAYANAN PELANGGAN: Berkah Demiat.

KEPALA PEMBERITAAN KORPORAT: Toriq Hadad. KEPALA DESAIN KORPORAT: S. Malela Mahargasarie. KEPALA BIRO EKSEKUTIF & PENDIDIKAN: M. Taufiqurohman.

DIREKTUR UTAMA: Bambang Harymurti. DIREKTUR: Herry Hernawan, Toriq Hadad. SEKRETARIS KORPORAT: Rustam F. Mandayun. ALAMAT REDAKSI & IKLAN: Kebayoran Centre Blok A11-A15 Jalan Kebayoran Baru-Mayestik, Jakarta 12240. Telp. 021-7255625 Faks. 725-5645/50. E-mail: [email protected] PERUSAHAAN: Jalan Palmerah Barat No. 8, Jakarta 12210, Telp. 021-5360409 Faks. 021-5349569.

HARGA ECERAN RP 3.000, LANGGANAN RP 69.000. UNTUK WILAYAH JABOTABEK, BANDUNG, SERANG, DAN LAMPUNG. LUAR WILAYAH TERSEBUT: DITAMBAH ONGKOS KIRIM. CUSTOMER SERVICE TELP. 021-5360409/70749261 EXT. 307/310/481/334 FAKS. 021-5349569

ILU

ST

RA

SI: M

AC

HF

OE

D G

EM

BO

NG

(TE

MP

O)

Page 12: KoranTempo 13 Oct 2010

PENDAPAT R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A11

Jumlah pelanggan telepon dari 11operator yang ada di Indonesia,yang sebanyak (akan di atas) 200juta pada 2010, sudah pasti adalah

angka terbesar dibandingkan denganjumlah pelanggan, pemakai, atau nasa-bah industri apa pun yang ada di negeriini.Tidak aneh bila di antara jumlahyang besar tersebut, banyak yang men-coba memanfaatkan kelengahan atauketidakmengertian pelanggan lainnyadengan berbagai modus penipuan,utamanya melalui SMS.

Praktis tidak ada petunjuk darioperator untuk sekadar mengurangicara penipuan yang menggunakan fa-silitasnya tersebut. Masyarakat punagaknya pasrah dan paling-paling “cur-hat”melalui media cetak tentang kesial-annya sebagai korban penipuan SMS.Sedikit berbagi, barangkali tulisan inidapat membantu puluhan juta pemakaiseluler mengenali sistem penomoran da-ri benda yang setiap saat dibawanyatersebut, sehingga lebih waspada terha-dap upaya penipuan yang tiap saatmengintai.

Sistem penomoranBila nomor telepon kabel kita adalah

87654321, maka di Jakarta kita bisa me-nulis atau menyebutkannya dengan 021-87654321. Bila nomor tersebut adalahmilik pelanggan Telkom di Denpasar,maka penulisannya adalah 0361-87654321. Dapat dimengerti, penulisandan penyebutannya pun harus jelas danterpisah antara kode area (kota) dan no-mor telepon itu sendiri. Dalam penye-lenggaraan seluler bergerak (mobile),baik GSM maupun CDMA, ketidak-mengertian sebagian besar masyarakattentang penomoran terkesan dibiarkan;dan hal inilah yang kemudian menjadicelah masuknya penipuan.

Sistem penomoran GSM maupun mo-bile CDMA di Indonesia mempunyaiskema yang berbeda dengan sistem pe-nomoran telepon tetap. Struktur peno-morannya terdiri atas urutan tiga unsur,yaitu: Kode Negara (Indonesia “62”),Kode Operator (4 digit), dan Nomor Pe-langgan (6 atau 7 digit).

Empat digit kode untuk tiap operatortentulah berbeda, misalnya Telkomselmemiliki Kode Operator antara lain0811, 0812, 0813, dan 0852; Indosat ber-kode 0815, 0816, 0855 dan 0856, sedang-kan operator XL berkode 0817, 0818,0877 dan 0878. Operator yang relatif ba-ru adalah “3”, yang menggunakan kode0899, dan Axis kode prefiksnya 0838.

Pada umumnya, yang biasa disebut-kan masyarakat tentang nomor HP-nyaadalah 10 atau 11 digit nomor yang me-rupakan gabungan dari kode operatordan nomor miliknya, Nah, di sinilah ba-nyak “korslet”-nya! Seyogianya penye-butan atau penulisan nomor HP harus-lah dilafalkan dengan memisahkan ko-de operator lengkap sebanyak 4 digitdengan nomor pelanggannya yang 6

atau 7 digit itu. Ibarat nomor teleponTelkom Denpasar seperti contoh di atas,tidaklah mungkin kita menyebutkannyadengan penggalan 036-187654321, kare-na nomornya adalah (0361) 87654321.

Apa dampaknya?Pertama adalah pengenalan masyara-

kat terhadap sistem penomoran yangbaku dan berlaku. Dengan menyebut-kan atau menuliskan nomor ponsel de-ngan penggalan yang benar, orang lainakan langsung mengetahui operatormana yang digunakan (calon) lawan bi-caranya, sehingga memungkinkan di-peroleh tarif bicara yang lebih murahatau kemasan promosi yang menarikdan kompetitif.

Kedua, dengan mengenali kode ope-rator secara utuh, sekaligus kita mewas-padai bahwa adalah suatu kejanggalanbila mendeteksi nomor pengirim SMSberhadiah yang mengaku dari suatuoperator menggunakan nomor pengirimdari operator lainnya. Apalagi berbedasistemnya, GSM atau CDMA.

Relevansi yang menyangkut tanggungjawab operator adalah sejauh mana me-reka sebagai penyelenggara jasa berli-sensi juga peduli terhadap penyalahgu-naan nomor-nomornya dalam upaya pe-

nipuan.Tidak dimungkiri bahwa pe-langgan “prabayar”, yang jumlahnya se-kitar 97 persen dari seluruh pemakai te-lepon seluler, sistem verifikasinya belumakurat (atau cenderung asal-asalan).Kalaupun si operator berkehendak me-nelusuri identitas pemegang nomoryang digunakan untuk berbagai modustindak penipuan, akan tetap sulit dila-kukan pelacakan nama dan alamatyang sesungguhnya.

OperatorKarena alasan privacy, karena ponsel

bersifat personal, kita tak akan mem-peroleh handphone directory dari ope-rator ponsel seperti halnya Buku Petun-juk Telepon yang diterbitkan Telkom se-tiap tahun. Meski demikian, tetaplahada kewajiban operator seluler (atauasosiasinya) untuk memberikan edukasikepada masyarakat mengenai banyak

hal tentang produknya yang dijualkepada masyarakat luas.

Cobalah diingat. Adakahsaat ini kita telah menda-

patkan imbauan darioperator agar tidak

menelepon atau ber-SMS selagi menge-mudi? Pernahkahoperator menjelas-kan bahaya sinyalelektromagnetikponsel yang digu-nakan di area stasi-un pengisian bahanbakar? Di era yang

katanya “perang ta-rif”ini, di manakah ki-

ta bisa mendapatkan ta-bel tarif lengkap atau tarif

antaroperator? Dan lain sebagainya.Kita amat mengimbau agar para ope-

rator seluler memulainya dengan halyang sepele, melalui penerangan caramenyebutkan nomor HP secara baikdan benar, sehingga tidak ada lagi span-duk atau stasiun radio besar yang me-nulis atau menyebut nomor selulernyadengan “kosong delapan satu, sekian-se-kian-sekian-dan seterusnya”, melainkandengan benar menyebutnya “kosong de-lapan sekian-sekian, satu-dua-tiga-em-pat-lima-enam-tujuh”.

Iktikad operator mensosialisasi sesua-tu yang tampak remeh tapi fundamentalini akan menyadarkan masyarakat ten-tang adanya trik penipuan yang men-campuradukkan identitas nomor HPmereka, sekaligus membangun tang-gung jawab moral dan kredibilitas bis-nis dari operator yang nomornya seringdigunakan untuk menipu orang lain.Selain berguna untuk industri seluler,pada gilirannya para operator yangmampu melindungi pelanggannya daripenipuan, melayani dengan cepat dantepat, serta memberikan informasi ataskelakuan pelanggan nakalnya, akanmendapat pencitraan positif dan apre-siasi masyarakat luas. ●

Hal Remeh-temeh tentang Nomor Telepon SelulerGaruda Sugardo, MANTAN DIREKTUR TELKOMSEL, INDOSAT, DAN TELKOM

Mengapa Jakarta Macet

Saya akan mencoba menganalisis penyebab ke-macetan lalu lintas di Jakarta.

Pertama, volume kendaraan pribadi makin bertam-bah, makin lama makin banyak. Kenapa? Karenakendaraan umum tidak nyaman, bahkan tidak layakpakai bagi golongan menengah ke atas. Kenapa? Ka-rena berjubel, panas, banyak copet, lama menunggu-nya, telat, dan lain sebagainya. Kenapa? Karenajumlahnya kurang dan cenderung semakin sedikit,bahkan saling “dikanibal”. Kenapa? Salah manaje-men, atau mungkin karena kurang dana? Atau ku-rang menguntungkan? Lo, padahal peminatnya se-makin banyak. Menurut hukum pasar, bila peminat-nya makin banyak, pasaran tinggi, maka pemasukanjuga makin tinggi. Profit juga logikanya makin tinggi,bila pengelolaannya benar. Kenyataannya adalah be-gitu: kendaraan umum makin sedikit, makin tidaknyaman, padahal peminat makin banyak.

Jadi, dapat disimpulkan penyebabnya adalah “sa-lah pengelolaan”. Bagaimana kemungkinan solusi-nya? Dari analisis di atas, secara gamblang terlihatbahwa, bila kendaraan umum ditambah hingga secu-kupnya, calon penumpang tidak harus menunggu la-ma (5 menit). Juga, kendaraan umum harus diperbai-ki kondisinya sedemikian rupa sehingga layak pakaibagi golongan menengah ke atas, misalnya ber-AC,berinterior nyaman, pengemudinya tidak ugal-ugalan,dan lain-lain, sehingga mereka rela meninggalkan mo-bil-mobilnya di rumah dan naik kendaraan umum.

Kendaraan umum harus bersih dan aman, bebasdari copet, pengamen, dan gangguan-gangguan lain.Tarif harus dibuat sepantasnya, artinya bisa menu-tup semua pengeluaran dan mendapatkan profityang memadai, karena pengusaha kan harus menda-pat untung. Gaji karyawan harus cukup dan bukanmengejar setoran. Tentang modal, bisa mengajak in-vestor swasta, atau asing.

Konsep ini harus dilihat secara sistem: dari rumahmungkin pakai angkot ke terminal bus atau keretaapi, dan seterusnya. Semuanya harus memenuhipersyaratan di atas. Alternatif lain: disediakan lahanparkir yang cukup di setiap terminal untuk ruang par-kir mobil-mobil pribadi. Juga terminal, peron, halteharus aman dan nyaman.

Bagaimana dengan busway? Sebetulnya tidak di-perlukan lagi, karena sistem kendaraan umum su-dah setara dengan busway. Namun bisa diteruskanasalkan memenuhi persyaratan di atas.

Bagaimana dengan MRT? Ini tetap harus ada, ka-rena moda ini waktu tempuhnya singkat sekali, he-mat waktu.

Kesimpulannya, kami mengharapkan pemerintahbenar-benar menganalisis dan mencari solusi ini, se-hingga bisa mengatasi kemacetan secepatnya seca-ra ekonomis.

Suradji H. Darmadji

Vila Cinere Mas, Tangerang

SURAT PEMBACA

SURAT DAN PENDAPAT

(021) 70292900

[email protected]

Kebayoran CenterBLOK A11-A15, JALAN KEBAYORAN BARU, MAYESTIK, JAKARTA 12240

(021) 725 5645/50

UNTUK ARTIKEL PENDAPAT, PANJANG TULISAN MAKSIMUM 6.000 KARAKTER,

DISERTAI FOTO DAN NOMOR TELEPON YANG DAPAT DIHU-BUNGI.

@

Page 13: KoranTempo 13 Oct 2010

A12100%INDONESIAILMU&TEKNOLOGI R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0

Z OM OUT

Penglihatan SuperTunarungu

Orang buta atau tuli kerapdilaporkan memiliki ke-mampuan lebih tinggi pa-

da indra yang lain. Namunhingga saat ini tak satu punmenjelaskan bagaimana danmengapa hal itu bisa terjadi.Para ilmuwan di University ofWestern Ontario, Kanada, yangdipimpin oleh Stephen Lomberdari The Center for Brain andMind menemukan bahwa adahubungan sebab-akibat antarapeningkatan kemampuan visu-al dan reorganisasi bagianotak yang biasanya menanganiinput pendengaran pada kucingyang tuli sejak lahir.

Temuan yang dipublikasikandalam Nature Neuroscience inimemberi informasi tentang“kelenturan” yang mungkin ter-jadi dalam otak penyandangtunarungu.

Kucing adalah satu-satunyabinatang selain manusia yangdapat lahir dalam kondisi tuli.Dengan menggunakan kucingtuli dan kucing yang dapatmendengar, Lomber dan tim-nya memperlihatkan bahwa ha-nya dua kemampuan visualspesifik yang berkembang pa-da kucing tuli: lokalisasi visualdalam bagian periferal danpendeteksian gerakan visual.

Mereka menemukan bagiankorteks pendengaran yang se-cara normal mengambil suaraperiferal yang meningkatkanpenglihatan periferal. Berdasar-kan temuan itu, Lomber dantimnya menyimpulkan bahwafungsi itu tetap sama namunberalih dari pendengaran kepenglihatan.

“Otak sangat efisien dan ti-dak membiarkan ruang yangtak digunakan terbuang sia-sia,” kata Lomber, dosen diDepartment of Physiology andPharmacology di SchulichSchool of Medicine & Dentistrydan Department of Psychologydi Faculty of Social Science.

Dia mengatakan otak ber-usaha melakukan kompensasiatas hilangnya suatu indra de-ngan penguatan indra lain yangmenguntungkan. Misalnya, jikaAnda tuli, Anda akan memper-oleh manfaat dengan melihatsebuah mobil yang datang dariluar sudut pandang, karena An-da tak dapat mendengar mobilitu mendekat dari samping.“Sama halnya dengan kemam-puan mendeteksi seberapa ce-pat sesuatu bergerak denganakurat.” ● SCIENCEDAILY

Foto-foto alat pengukurkualitas udara tampil didua layar lebar. Ada yangberasal dari stasiun cuacadi Jerman,Afrika Selatan,

Kenya, Australia, Malaysia, adapula yang dari Indonesia. Setiappengelola stasiun menampilkanhasil pengukuran dan mencerita-kan pengalamannya.

Rabu dan Kamis pekan lalu, Ba-dan Meteorologi, Klimatologi, danGeofisika memang jadi tuan ru-mah International Workshop onGlobal Atmosphere Watch (GAW)di Jakarta. Stasiun di atas adalahbagian dari jaringan 33 stasiun pe-mantau atmosfer global.

Jaringan itu merupakan perwu-judan program yang diluncurkanWorld Meteorological Organiza-tion (WMO)—badan PBB yangmengurusi bidang meteorologi—untuk melakukan pengamatanberbagai parameter yang ada diatmosfer bumi. Termasuk mengu-

kur gas-gas rumah kaca, yakniCO2, CH4, N2O, dan SiF6, yang di-gunakan Inter-Governmental Pa-nel on Climate Change dan badaninternasional lainnya untuk mela-kukan analisis.

Di Indonesia, stasiun itu terletakdi Bukit Kototabang, SumateraBarat, yang beroperasi sejak 2004.“Kami akan membangun dua sta-siun lagi di Sulawesi Tengah danPapua,” kata Kepala BMKG SriWoro Budiati Harijono. Bukit Ko-totabang sengaja dipilih karenafaktor geografis dan astronomis.Bersama stasiun Mount Kenya,Bukit Kototabang tepat berada dilintang 0° (garis khatulistiwa).

Berbeda dengan Kenya, yangmerupakan daerah gurun, BukitKototabang mewakili daerah yangmemiliki hutan hujan tropis de-ngan tingkat kelembapan dan cu-rah hujan yang tinggi. Selain itu,letak geografis Bukit Kototabangyang dekat dengan Samudra Hin-dia menjadi kajian yang menarikdari sudut pandang meteorologi.

Radius 30 kilometer dari stasiunBukit Kototabang bebas dari per-mukiman penduduk.“Hasil peng-ukuran udara langsung dibawa kekantor NOAA (National OceanicAtmospheric Administration)Amerika Serikat untuk dianali-sis,”kata Kepala Pusat PerubahanIklim dan Kualitas Udara BMKGEdvin Aldrin. Stasiun di negaralainnya juga harus menyerahkanhasilnya kepada NOAA agar ter-capai standardisasi pengukuran.

Sejak 2004, konsentrasi CO2yang terukur di Stasiun GAW Bu-kit Kototabang menunjukkan pe-ningkatan yang signifikan dan se-makin mendekati konsentrasi ra-ta-rata di atmosfer bumi, yakni

390 part per million (ppm). Ketikaawal dipasang angkanya 370, ta-hun ini naik menjadi 383 ppm. Halini, ujar Edvin, sangat mengkha-watirkan karena Indonesia meng-alami peningkatan emisi CO2, se-dangkan komitmen dunia adalahpenurunan emisi CO2 secara glo-bal. Memang, dibanding rata-rataglobal dan Stasiun GAW MaunaLoa (Hawaii, Amerika Serikat),hasil pengukuran CO2 di BukitKototabang masih lebih rendah.

Menurut Sri Woro, kecende-rungan konsentrasi karbon dioksi-da terus naik. Kondisi atmosferyang semakin panas turut me-mengaruhi suhu muka laut sema-kin naik sehingga penguapan airlaut menjadi sumber hujan besaryang belakangan ini terjadi. Kazu-to Suda, pakar dari World DataCenter for Greenhouse Gases, me-ngatakan gradien peningkatankonsentrasi karbon dioksida di se-mua negara cenderung sama. Na-mun dia tidak menyebutkan pe-mantauan di negara mana yangpertumbuhan konsentrasi karbondioksidanya tertinggi.

Ambang batas konsentrasi kar-bon dioksida yang disepakati se-cara internasional adalah 450 ppmpada 2050. Banyak pihak meng-usulkan batas konsentrasi itu di-turunkan menjadi 350 ppm. Naik-nya konsentrasi karbon dioksidamenimbulkan perubahan cuaca.Saat ini, kata Sri Woro, terjadicuaca yang ekstrem akibat suhumuka laut yang terus menghangatsepanjang tahun sehingga menja-dikan musim kemarau tetap dilan-da hujan. Hal ini akibat pengaruhLa Nina, yang diprediksi dalamkondisi indeks yang kuat hinggaFebruari 2011. ● UNTUNG WIDYANTO

KLIMATOLOGI

Konsentrasi CO2

di Indonesia masih

di bawah rata-rata

global. Indonesia

akan menambah

dua stasiun pemantau

atmosfer global.

Stasiun GAW Bukit Kototabang

Pemantauan cuaca di BMKG.

SUBEKTI (TEMPO)

YO

SE

P A

RK

IAN

(TE

MP

O)

Page 14: KoranTempo 13 Oct 2010

A13ILMU&TEKNOLOGI R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0

Hutan Desa Terluas di Indonesia

JAMBI — Provinsi Jambi akan segera memiliki hutan desa ter-luas di Indonesia. Warga di 17 desa dari lima wilayah keca-matan di Kabupaten Merangin, Jambi, mengusulkan 49.514hektare lahannya untuk dijadikan hutan desa.

Hutan tersebut merupakan kawasan hutan produksi yangtermasuk dalam area penyangga Taman Nasional Kerinci Seb-lat. “Upaya ini kami lakukan untuk memberikan kesempatankepada masyarakat desa sekitar mengolah sendiri lahan itusebagai bentuk pemenuhan rasa keadilan,” kata Arif Munan-dar, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia(Walhi) Jambi, Senin lalu.

Lahan itu pernah diajukan sebagai lahan usaha hutan ta-naman industri oleh PT Duta Alam Makmur dengan luas118.955 hektare. Namun izinnya dibatalkan Kementerian Ke-hutanan karena penolakan masyarakat desa setempat, yangdiadvokasi tiga lembaga swadaya, yakni Walhi KKI Warsi, Su-matera Sustainable Support, dan Lembaga Tiga Beradik. Me-reka khawatir, bila pengelolaan lahan itu diserahkan kepadaperusahaan swasta, kawasan taman nasional akan dirambah.

Robert Aritonga dari KKI Warsi menyebutkan bahwa tutupanhutan alam pada area itu mencapai 80 persen. “Kami khawa-tir, bila itu diserahkan kepada pihak swasta, ekosistem danlingkungan sekitarnya akan rusak, padahal kawasan tersebutmerupakan subdaerah aliran Sungai Batanghari yang merupa-kan sumber penghidupan mayoritas masyarakat Provinsi Jam-bi,” katanya. ● SYAIPUL BAKHORI

Andalas Bangun Laboratorium Gempa

PADANG — Universitas Andalas Padang akan membangun la-boratorium pusat penelitian gempa untuk menguji bangunantempat tinggal atau gedung yang aman gempa serta simulasigempa dan tsunami. Laboratorium itu akan dibangun di dekatFakultas Teknik Universitas Andalas di Limau Manis, Padang,dengan dana awal sebesar Rp 5 miliar dari Badan NasionalPenanggulangan Bencana (BNPB).

“Di laboratorium itu nantinya akan dibuat rumah tipe 36, la-lu diuji ketahanannya dengan getaran, seperti gempa 7,9 ska-la Richter atau gempa 9 SR, untuk mengetahui efek gempaterhadap berbagai jenis fondasi,” kata Fauzan, Ketua KlinikKonstruksi Universitas Andalas. “Pusat penelitian ini bisa di-manfaatkan untuk penelitian gempa di Indonesia.”

Dalam pembangunan pusat penelitian gempa ini, UniversitasAndalas akan bekerja sama dengan sejumlah ilmuwan gempadari Jepang, Amerika Serikat, Jerman, dan Singapura. Jepangjuga menjanjikan bantuan peralatan untuk laboratorium.

Pembangunan laboratorium berukuran 30 x 60 meter ituakan dimulai bulan ini. Pembangunan laboratorium membu-tuhkan Rp 10 miliar dan Rp 20 miliar untuk peralatannya.

● FEBRIANTI

LIPI Luncurkan Buku tentang Keanekaragaman Hayati

JAKARTA — Memperingati Hari Pangan Sedunia pada 16 Okto-ber mendatang serta 2010 sebagai tahun keanekaragamanhayati, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncur-kan buku tentang keanekaragaman hayati dan pembangunan.Buku berjudul Memupuk Kehidupan di Nusantara, Memanfaat-

kan Keanekaragaman Hayati dan Keanekaragaman Hayati Per-

tanian Menjamin Kedaulatan Pangan itu ditulis oleh penelitisenior LIPI, Setijati D. Sastrapradja dan Elizabeth A. Widjaja.

Dalam peluncuran buku di gedung PDII LIPI Jakarta, kema-rin, Setijati menyoroti keanekaragaman hayati Indonesia yangbelum tergali dengan maksimal. “Kita tahu Indonesia memilikikekayaan keanekaragaman hayati, tapi hanya sampai di situ,”katanya. “Kita harus punya kemampuan untuk menggali danmemanfaatkannya.”

Keanekaragaman hayati, Setijati melanjutkan, adalah modalbagi pembangunan berkelanjutan. “Tak kurang dari 3.000 je-nis tumbuhan berguna bagi pangan manusia,” katanya. “Tapi,setelah ribuan tahun, hanya sebagian yang dipilih untuk dibu-didayakan.”

Saat ini manusia hanya bergantung pada 20 jenis tumbuh-an. Dari 20 jenis tumbuhan itu, cuma lima jenis yang dimanfa-atkan sebagai sumber karbohidrat dunia, yaitu gandum, ja-gung, padi, kentang, dan ketela pohon.

Wakil Kepala LIPI yang baru, Prof Endang Sukara, berharapkedua buku tersebut dapat menggugah kesadaran masyarakattentang biodiversitas yang masih rendah. “Kami ingin keane-karagaman hayati tak hanya dipahami oleh masyarakat ilmiah,tapi juga masuk ke relung masyarakat luas,” ujarnya. ● TJANDRA

Z OM IN

Mengapa pranata mangsa kepunya-an nenek moyang tidak dapat lagijadi pegangan dalam bertani? Ba-

gaimana nasib anak-anak kami jika prana-ta mangsa itu berubah? Pertanyaan ini di-ajukan petani di Indramayu dan Gunungki-dul kepada tim peneliti dari DepartemenAntropologi Universitas Indonesia yang di-pimpin Yunita Triwardani Winarto.

Tim peneliti kemudian mengajak parapetani belajar bersama-sama mengamaticuaca yang berubah-ubah. Selama berbu-lan-bulan, mereka mencatat curah hujan,musim kemarau, kapan matahari sedangpanas dan hama datang, serta informasilainnya. “Ibu, kita harus susun pranatamangsa baru,” ujar Yunita, menceritakanpendapat seorang petani.

Kamis pekan lalu, Yunita dan timnyamemaparkan temuan itu dalam acara“Learning from Climate Change: Collabo-rating with Indramayu Farmers in Mea-suring Rainfall” di kampus Universitas In-donesia, Depok. Pembahas presentasi ituadalah Iwan Tjitradjaya, Ezra M. Choesin,dan Kees Stigter, ahli agroklimatologi dariAgromet Vision, Belanda.

Pranata mangsa atau “ketentuan mu-sim” adalah semacam penanggalan yangdikaitkan dengan kegiatan usaha pertani-an, khususnya untuk kepentingan berco-cok tanam atau penangkapan ikan. Pe-nanggalan ini berbasis peredaran mata-hari dan siklusnya (setahun) berumur365 hari (atau 366 hari).

Dalam pranata mangsa ini dimuat pulaberbagai aspek fenologi dan gejala alam

yang dimanfaatkan menjadi pedoman da-lam kegiatan usaha tani. Termasuk persi-apan diri menghadapi bencana kekering-an, wabah penyakit, serangan penggang-gu tanaman, atau banjir yang mungkintimbul sewaktu-waktu.

Menurut Yunita—yang mendapat gelarAkademi Profesor dari Academy Profes-sorship Indonesia dan The Royal Nether-lands Academy of Arts and Sciences—sa-at ini petani kebingungan dalam mengam-bil keputusan di tengah cuaca ekstremyang berubah-ubah. Badan Meteorologi,Klimatologi, dan Geofisika selalu melan-sir prakiraan cuaca. “Namun sering tidaksampai ke petani,” kata Yunita, yang me-raih doktor antropologi dari The AustralianNational University.

Kementerian Pertanian memang mem-bantu memberi benih tahan cuaca eks-trem dan membentuk Sekolah Lapang Ik-lim di beberapa daerah. Namun, setelahprogram selesai, petani bingung harusbertanya ke mana lagi. Di sisi lain, pe-ngetahuan penyuluh pertanian sangat mi-nim dan tidak dipercaya karena jarang tu-run ke sawah. Petani, ujar Yunita, butuhpendampingan selama proses adaptasiperubahan iklim. Alhasil, program berba-sis proyek tidak bisa mengurangi keren-tanan petani.

Menurut Yunita, perubahan iklim meru-pakan masalah budaya. “Apa yang sebe-narnya terjadi bila akhirnya interaksi ma-nusia dan lingkungan hidupnya menjadisemakin kehilangan pijakan?” Pola-polapemanfaatan, pelestarian, dan pengelola-

an sumber daya alam yang telah terbuda-yakan selama ratusan tahun tidak dapatdipertahankan lagi. Karena itu, Yunitamelanjutkan, pengetahuan tentang cuacadan iklim serta strategi pengelolaan sum-ber daya alam perlu disesuaikan. “Dialek-tika antara perubahan iklim, pengetahu-an, dan praktek perlu berlangsung terus-menerus,” katanya.

Untuk itu, butuh kajian secara cermatmekanisme yang memungkinkan pendu-duk setempat mampu mengintegrasikanulang pengetahuan dan kosmologi yangdiacu dalam bercocok tanam, seperti pra-nata mangsa, pada petani di Jawa. Menu-rut Yunita, selisih 2 derajat Celsius da-lam perubahan iklim mungkin tak terlaluberpengaruh bagi penduduk kota yang ti-dak menggantungkan hidupnya dari ber-cocok tanam. Namun hal ini sangat ber-pengaruh terhadap para petani dan anakcucunya, yang hidupnya dari pertanian.

● UNTUNG WIDYANTO

BERUBAHNYA PRANATA MANGSA

PERJALANAN PENGUKURAN CO2 SELAMA 50 TAHUNPengukuran karbon dioksida di atmosfer di Mauna Loa Observatory, Hawaii, adalah pengukuran terlama yang hingga saat ini masihterus berlangsung. Pengukuran CO2 atmosfer yang dimulai pada November 1957 itu terinspirasi oleh peningkatan kesadaran di an-tara para ilmuwan bahwa pembakaran bahan bakar fosil berpotensi mengubah iklim.

Observatorium terletak pada ketinggian 3.350 meter diatas permukaan laut untuk memperoleh udara bersih be-bas partikel, situs yang tak akan dapat ditemukan di darat-an Amerika Serikat

SAMUDRA

PASIFIK

KADAR KARBON DIOKSIDA ATMOSFER

Kurva Keeling: kurvaini memperoleh nama-nya dari Dr Charles“Dave” Keeling, ilmu-wan yang menginisiasiproyek tersebut padausia 29 tahun.

Organisasi pemantauan:Scripps Institution ofOceanography

National Oceanic and Atmospheric Administration

Bentuk grafik yang curamseperti gigi gergaji inimemperlihatkan level CO2naik dan turun seiring de-ngan musim.

KAUAI

Musim dingin

Musimpanas

OAHU HAWAII

375

350

325

1960 1970 1980 1990 2000●● GRAPHICNEWS

CO2 (ppm)

Level CO2 naik 0,53persen atau 2 ppm pertahun sejak 1958.

MAUI

ARIE BASUKI (TEMPO)

Page 15: KoranTempo 13 Oct 2010

A14internasional R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0

KABUL — Hasil penyelidikanterhadap video rekaman da-lam upaya penyelamatan yanggagal menunjukkan tawananasal Inggris, Linda Norgrove,tewas lantaran sebuah granatyang dilemparkan oleh satuanggota pasukan OperasiKhusus Amerika Serikat.

Komandan Pasukan Ame-rika di Afganistan, JenderalDavid H. Petraeus, telah me-nelepon Perdana MenteriInggris David Cameron. Iamemberitahukan bahwa ten-tara Amerika secara tidak se-ngaja menewaskan perempu-an yang ditawan Taliban se-jak bulan lalu itu.

Komandan tim yang me-mimpin upaya penyelamatanitu juga membenarkan kece-lakaan tersebut setelah me-nyaksikan rekaman kejadi-an.“Ia melihat seseorang me-lemparkan granat tangan kelokasi di mana Nona Norgro-

ve disekap,” kata KaptenAngkatan Laut GaryKirchner, juru bicara PaktaPertahanan Atlantik Utara(NATO) di Ibu Kota Kabul,Afganistan.

Rekaman itu diambil mela-lui pesawat pengintai tanpaawak yang mengikuti jalan-nya evakuasi pada Jumat su-buh pekan lalu tersebut. Ke-simpulan ini sekaligus mem-bantah pernyataan pihak mi-liter Amerika sebelumnyabahwa wanita 36 tahun ituterbunuh lantaran bom yangdiledakkan Taliban.

“Kita harus mengetahuiapa yang sebenarnya terjadi.Jadi keluarganya mendapatinformasi ini dan mengetahuidengan pasti bagaimana put-ri mereka meninggal,” ujarCameron di kantornya, Dow-ning Street Nomor 10, Lon-don, Inggris.

● DAILY MAIL | GUARDIAN | FAISAL ASSEGAF

Sebanyak 11 dari 39 anggo-

ta yang mendapat pelatihan

telah ditangkap.

BANGKOK — Perdana Menteri Thai-land Abhisit Vejjajiva kemarin dila-porkan akan mempertanyakan ke-benaran laporan bahwa militerKamboja melatih anggota kelom-pok antipemerintah, Kaus Merah,untuk melawan pemerintah Thai-land. Menurut juru bicara pemerin-tah Thailand, Panitan Wattanaya-gorn, hal itu akan dipertanyakansaat Abhisit bertemu dengan seja-

watnya, Perdana Menteri KambojaHun Sen, di konferensi tingkat ting-gi ASEAN yang akan berlangsungakhir bulan ini di Vietnam.

Laporan tentang latihan militeroleh Kamboja diungkap sehari se-belumnya oleh Departemen Investi-gasi Khusus (DSI) Thailand. Lem-baga itu menyebutkan telah me-nangkap 11 orang dalam penggere-bekan di sebuah tempat penginap-an di provinsi bagian utara Thai-land, Chiang Mai. Para tersangkayang dituduh merencanakan aksiteror mengaku mendapat pelatihansenjata di Kamboja bersama 28orang lainnya.

Menurut kepala penyidik aksi te-rorisme DSI, Letnan Kolonel PolisiPayao Thongsen, 39 laki-laki Thai-land telah dilatih menggunakansenjata untuk misi pembunuhan to-koh-tokoh penting Thailand, terma-suk Perdana Menteri.Tapi 11 di an-taranya telah ditangkap.

Para tersangka mengaku anggotaKaus Merah dan direkrut oleh pe-mimpin Kaus Merah untuk Kambo-ja. Mereka menyeberang ke Kambo-ja tanpa melewati proses imigrasiresmi serta mendapat pelatihanpenggunaan senjata, taktik mata-mata, penyerbuan dengan senjata,dan pengeboman selama tiga pekan

di kamp militer Kamboja. Didugapelatihnya adalah militer Kambojadan Kaus Merah.

Berdasarkan laporan DSI, ke-39orang itu diduga diorganisasi olehpemimpin radikal Kaus Merah yangdiyakini bersembunyi di Kamboja,Arisman Pongruangrong, orangyang paling dicari otoritas Thailand.Pemerintah Thailand beberapa kalimengeluarkan surat perintah pena-hanan terhadap Arisman, yang me-rupakan bagian dari kelompok intipemimpin Kaus Merah yang terlibatdalam protes April-Mei lalu.

Sekretaris Jenderal Dewan Ke-amanan Nasional Thailand Tawin

Pleansri mengungkapkan intelijenmasih memantau gerakan KausMerah untuk tanda-tanda latihansenjata lebih lanjut. Adapun lapor-an sebelumnya tengah diverifikasi.

Kendati demikian, kemarin Kam-boja menolak dugaan dan tuduhantersebut. Mereka menyebutkanbahwa laporan itu palsu.“Mengapakami perlu melakukan ini? Kambo-ja tak menerima keuntungan apapun dengan melatih orang-orangini,” kata juru bicara pemerintahKamboja, Khieu Kanharith, kepadaAssociated Press kemarin.“Kambo-ja menolak kuat dugaan itu.”

● MCOT | PATTAYADAILYNEWS | AP | SUNARIAH

Tawanan InggrisTewas oleh Amerika

Militer Kamboja Diduga Latih Kaus Merah

Page 16: KoranTempo 13 Oct 2010

INTERNASIONAL R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A15

SEJARAH

1923Ankara meng-gantikan Kon-

stantinopel atau Istanbul seba-gai ibu kota Turki. Kota ini jugamenjadi ibu kota Provinsi Anka-ra. Sebelumnya, Ankara dike-nal dengan nama Angora atauEngürü, di masa Romawi dike-nal sebagai Ancyra, dan di ma-sa Hellenistik sebagai Ankyra.Kota terbesar kedua di Turki inidihuni oleh 4.455.453 jiwa(2007). ●

OOPS!

Bugil Dibayar US$ 1 Juta

PHILADELPHIA — Kalau Anda

dibayar US$ 1 juta atau setara

dengan Rp 8,9 miliar, bersedia-

kah Anda bugil di depan

umum? Seperti Juan Rodri-

guez, 24 tahun, warga Amerika

Serikat yang telanjang pada sa-

at pawai menjelang pidato Pre-

siden Barack Obama di Phila-

delphia. Namun multijutawan

Alki David, yang dituduh Rodri-

guez menawarinya duit miliaran

itu, membantahnya.

“Itu kan hanya lelucon,” ka-

ta David, yang gembar-gembor

bakal ngasih US$ 1 juta bila

ada orang yang berani telan-

jang di depan Obama. “Kukira

tak ada yang berani atau seti-

daknya tak akan berhasil,” ia

menambahkan. Karena itu, Da-

vid berjanji akan memberi Ro-

driguez duit sebesar yang dijan-

jikan tersebut.

“Saya tunggu. Jika benar dia

melakukannya, pasti akan saya

bayar,” tutur David, yang meng-

aku penggemar Obama. Ia ber-

ulang kali mengatakan bahwa

tak ada niat untuk mendiskre-

ditkan kebijakan presidennya

itu. “Saya suka beliau.” Rodri-

guez kini ditahan polisi setelah

aksi bugil itu. Aksinya direkam

dan akan diputar di acara “The

Howard Stern Show”.

● DAILYNEWS | DRE

SAN JOSE MINE — Di jalan yang ber-liku di sebuah padang pasir yangkosong di luar Kota Copiapo,utaraCile, tampak pemandangan bakpasar malam.Ribuan orang berdu-yun-duyun ke sana dari seanteronegeri.Bendera berwarna biru,pu-tih, dan merah berkibar-kibar dihampir setiap sudut tempat yangdikenal sebagai PertambanganEmas dan Tembaga San Jose itu.

“Ada 33 orang, dan Yesus wafatdan datang kembali ketika diaberumur 33 tahun,”kata BernardaLorca, 52 tahun, seorang peda-gang asal Santiago. Lorca, yanglumpuh sejak usia 9 tahun, me-ngayuh kursi rodanya sejauh 65kilometer dari Copiapo untuk me-nuju San Jose. “Anda tahu seka-rang mengapa saya mesti ada disini bersama mereka.”

Lorca adalah satu dari ribuanorang yang berbondong-bondongmenuju Camp Hope, sebuah mar-kas darurat yang didirikan olehkeluarga dan sahabat para pe-nambang di pintu terowonganPertambangan San Jose. Merekaberamai-ramai menanti upayapemerintah menyelamatkan 33penambang yang terjebak di ba-wah tanah sedalam 700 meter.

“Kami akan mengupayakanagar rencana ini berjalan mulus,”kata Menteri Pertambangan CileLaurence Golborne. Sebab, katadia,upaya penyelamatan ini sangatrumit dalam sejarah pertambang-an dan sangat bergantung padakeberhasilan mesin. “Kami takmau gegabah,”tuturnya kepada le-bih dari seribuan wartawan yangsudah ada di sana sepekan lalu.

Dia berharap operasi penyela-matan yang dimulai kemarin ma-lam itu bisa berjalan lancar.“Jikakami berkata Rabu, hal itu ber-gantung pada kemajuan dan ha-langan saat proses penyelamatan,”ujar Golborne. Perayaan sendirisudah digelar sejak Sabtu lalu ke-tika mesin bor sukses melesak ke

dalam bumi sejauh 625 meter.Sejumlah pengemudi membu-

nyikan klaksonnya di ibu kota Ci-le, Santiago. Warga pun meraya-kannya dengan mengibarkan ben-dera di seluruh kota di Cile, yangmasih memulihkan keadaan sete-lah gempa bumi dahsyat meng-guncang pada 27 Februari lalu.Derai tawa, nyanyian, dan tarianmenggema di sekitar Camp Hope.

“Saya sungguh amat gembira,”ujar Christina Nunez, pasangansatu atap Claudio Yanez, salah sa-tu penambang yang terperang-kap. Nunez berharap bisa bersa-ma Yanez sebelum 21 Oktober sa-at ulang tahun putri mereka. Be-gitu pula Alicia Campos, ibu Da-niel Harrera, yang juga masih adadi dalam tanah. “Saya sudah taksabar lagi,”kata Campos.

Malah para istri dan pacar parapenambang yang berkemah diCamp Hope telah bersiap bersalinrupa dan merencanakan pakaianyang mereka kenakan untuk me-nyambut suami dan kekasih me-reka tersebut. Di antara merekabahkan ada bayi yang baru ber-umur beberapa minggu. NamanyaEsperanza, atau juga dipanggil“Hope”.

Ayah Esperanza, Ariel Ticona,telah melihat kelahiran putrinyamelalui video yang dikirim mela-lui lubang kecil yang berguna se-bagai penyambung hidup selamamusibah itu. “Saya merindukansaat-saat untuk bisa memeluk-nya,”kata Ticona.

Presiden Cile Sebastian Pineraberencana datang ke lokasi gunamelihat proses evakuasi para pe-nambang tersebut.Teknisi menga-takan kapsul itu bisa diluncurkanke kedalaman 622 meter. Tim pe-nyelamat terdiri atas 16 orang.Mereka gabungan anggota pasuk-an khusus dan veteran SAR yangpiawai dalam penyelamatan kece-lakaan tambang bawah tanah.

● AP | CSMONITOR | REUTERS | ANDREE PRIYANTO

Ribuan orang berkumpul di Penambangan

San Jose. Lebih dari seribu wartawan meliput.

REKOR DUNIA

Para penambang Cile ini telah memecahkan rekor dunia untuk pertahanan hidup dalamwaktu yang panjang di bawah tanah setelah kecelakaan di pertambangan. Ke-33 penam-bang itu sudah dua bulan terperangkap di bawah tanah. Kondisi mereka pun diketahui se-

hat walafiat, meski beberapa orang mengalami infeksi kulit akibat kondisi bawah tanah lembap. Menteri Kesehatan Cile Jaime Manalich memuji daya tahan para penambang itu. “Sungguh

mengagumkan,” katanya. “Mereka juga mempraktekkan solidaritas dan persahabatan yangerat.” Malah, kata Menteri Manalich, para penambang ingin menjadi yang terakhir masuk ke ta-bung penyelamat daripada memperebutkan untuk jadi yang pertama.

Pemerintah Cile telah bekerja sama dengan sejumlah ahli dari Badan Antariksa Amerika Serikat(NASA) selama penyelamatan yang telah menggemparkan dunia serta mendapat beberapa pesandukungan dari Paus Benediktus dan para bintang sepak bola Piala Dunia itu. ● AP | REUTERS | ANDREE

EVAKUASIPENAMBANGDIMULAI

LAPISAN BAJA PERTAMA MEMBENTANG SEPANJANG56 METER DARI TOTAL 625 METER KAPSUL PENYE-LAMAT ITU.

KUBAH BAJA

58,4 CM51 CM

LUBANG PINTU MASUK

0

100

0

100

60,9 cm

66,0 cm

200

300

400

500

600

KAPSULPENYELAMATPHOENIX 1

KAPSUL BISA DITURUNKAN KE LUBANGSEDALAM 610 METER TANPA KESULITAN

LOKASI PENAMBANG

56 M

3,95 M

1. Bor SchrammT130XD, yang dipa-kai untuk “RencanaB”, sukses menge-bor lorong hinggasedalam 625 meter.

Lorong ini akan dila-lui kapsul Phoenix1, yang dipakai un-tuk operasi menge-rek 33 penambangke atas.

3. Tim penyelamat

melapisilorong dengantabung metal

pada Ahadlalu sedalam

100 meter untukmemperkuat

lintasan.

2. Para insinyur memastikan derajatkeamanan lorong pancang terse-but. Mereka memakai peledak untukmembuat celah sehingga kapsul bi-sa berjalan di lintasan lorong terse-but dengan stabil.

BOR T130XD DIPAKAI UN-TUK MEMPERLEBAR LU-BANG PENGGALIAN TER-

DAHULUBATANG BAJA SETEBAL

12 METER DIPAKAI SEBAGAI JALUR LINTASAN

LORONG MEMILIKI KEMI-RINGAN 79 DERAJAT PADA

LINTASAN PERTAMA

LAPISAN BAJAMEMPERKUKUHLORONG DANMENGURANGIRISIKO GESEK-AN PADA KU-BAH, TAPI JUGAMENGURANGIDIAMETER LO-RONG

HUGO INFANTE (AP)

Page 17: KoranTempo 13 Oct 2010

A16RABU, 13 OKTOBER [email protected] | [email protected] LELANG

PANITIA PENGADAAN BARANG DAN JASABLUD PUSKESMAS KECAMATAN MENTENG,

JAKARTA PUSAT TAHUN 2010

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUMNomor : 66/ LU/PMT-Gizi/X /2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat, akan

mengadakan Pelelangan Umum dengan Pasca Kualifi kasi

NO PAKET PEKERJAANPERKIRAAN NILAI

PEKERJAAN ( PAGU )KUALIFIKASI

1 Pengadaan Bahan Dan

Pangan

Rp 118.942.450 K

Waktu dan tempat Pendaftaran :

Hari / Tanggal : Kamis – Senin, 14 – 25 Oktober 2010

Tempat : BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng Lt III Jl. Pegangsaan Barat No.14

Jakarta Pusat

Persyaratan dan Informasi lainnya dapat dilihat di papan pengumuman pendaftaran

Jakarta , 12 Oktober 2010

TTD

Panitia Pengadaan Barang dan Jasa

BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng

1310047

PANITIA PENGADAAN BARANG DAN JASABLUD PUSKESMAS KECAMATAN MENTENG,

JAKARTA PUSAT TAHUN 2010

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUMNomor : 67/ LU/Bhn.Lab/X /2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat, akan

mengadakan Pelelangan Umum dengan Pasca Kualifi kasi

NO PAKET PEKERJAANPERKIRAAN NILAI

PEKERJAAN ( PAGU )KUALIFIKASI

1 Pengadaan Bahan Laboratorium Rp 198.968.000 K

Waktu dan tempat Pendaftaran :

Hari / Tanggal : Kamis – Senin, 14 – 25 Oktober 2010

Tempat : BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng Lt III

Jl. Pegangsaan Barat No.14 Jakarta Pusat

Persyaratan dan Informasi lainnya dapat dilihat di papan pengumuman pendaftaran

Jakarta , 12 Oktober 2010

TTD

Panitia Pengadaan Barang dan Jasa

BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng

1310048

PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARATBADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP

Jalan Majapahit No. 9 Mataram Telp. 631585 , 633002,637717 Fax.(0370)622502

Mataram Kode Post 83125

PENGUMUMAN PELELANGAN ULANG

DENGAN PASCAKUALIFIKASI SECARA ELEKTRONIKNomor :104 /DEKON/BPAP.NTB/10.2010

Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Kegiatan Pengadaan

Buku Perpustakaan Umum Desa/ Kelurahan Tahun Anggaran 2010 akan melelangkan paket

pengadaan barang sebagai berikut:

1. Paket Pengadaan:

NO. NAMA PAKET BIDANGPAGU

ANGGARAN

SUMBER

DANA

1. Paket III Pengadaan

Buku Perpustakaan

Umum Desa/Kelurahan

Percetakan Rp.5.546.000.000,- APBNP

2. Persyaratan Peserta:

Semua Peserta Pengadaan harus memiliki atau memenuhi kualifi kasi dan mengisi-

kan data kualifi kasi yang sesuai dengan Persyaratan Kualifi kasi yang tercantum dalam

LDP.

3. Jadwal Pelaksanaan Pengadaan untuk Paket –Paket tersebut diatas dapat di akses melalui

http://www.lpse.ntbprov.go.id sebagai berikut :

a). Download Dokumen Pemilihan dan kualifi kasi Pada:

Tanggal : Rabu, 13 Oktober 2010 – Kamis, 21 Oktober 2010

b). Penjelasan (aanwijzing) Dokumen Pemilihan Pada:

Hari/Tanggal : Jum’at, 15 Oktober 2010 – Jum’at,15 Oktober 2010

c). Upload Dokumen Penawaran dan kualifi kasi Pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 16 Oktober 2010 – Jum’at, 22 Oktober 2010

Jam 11.59 WITA.

d). Pembukaan fi le Dokumen Penawaran serta Dokumen Kualifi kasi Pada:

Hari/Tanggal : Jum’at, 22 Oktober 2010, Jam 12.00 WITA

4. Pendaftaran mengikuti pelelangan dilakukan secara online pada alamat tersebut diatas

bagi perusahaan yang telah memiliki User ID.

5. Kepada perusahaan yang belum memiliki User ID dapat melakukan registrasi untuk

mendapatkan User ID pada alamat tersebut diatas.

Mataram, 13 Oktober 2010

Panitia Pengadan Barang

ttd

1310076

PANITIA PENGADAAN BARANG / JASARSU Dr WAHIDIN SUDIRO HUSODO KOTA MOJOKERTO

TAHUN 2010

PENGUMUMAN LELANG

Nomor : 440/ 1448 /Pan.PBJ/417.407/2010

Pejabat Pembuat Komitmen melalui Panitia Pengadaan Barang/Jasa RSU Dr. Wahidin Sudiro

Husodo Kota Mojokerto Tahun 2010, mengundang Penyedia Barang/Jasa untuk mengikuti

Pelelangan Umum dengan Sistem Pasca kualifi kasi pada RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo

Kota Mojokerto sebagai berikut :

A. PAKET PEKERJAAN

NO. URAIAN PEKERJAAN NILAI PEKERJAAN LOKASI

1. Kegiatan Pengadaan Alat-alat

Kedokteran, Kesehatan dan KB di

RSU “Dr Wahidin Sudiro Husodo“

Rp. 1.467.286.000,- Kota Mojokerto

B. JADWAL PENDAFTARAN

NO KEGIATAN TANGGAL JAM TEMPAT

1. Pendaftaran dan

pengambilan

dokumen

14 - 23

Oktober 2010

09.00 s/d 12.00

WIB

Kecuali Jum’at

09.00 s/d 10.00

WIB

Ruang

Bagian Umum

RSU Dr. Wahidin

Sudiro Husodo

Jl. Gajah Mada

No. 100 Mojokerto

C. SYARAT PENDAFTARAN :

1. Menyerahkan masing-masing 1 (satu) lembar foto copy :

a. Akte Pendirian Perusahaan serta perubahannya ;

b. NPWP dan PKP Perusahaan

c. SIUP dengan kualifi kasi Non Kecil dan Jenis Barang/Jasa Dagangan Utama : Alat

Kesehatan/Alat Kedokteran yang masih berlaku.

d. Ijin PAK/Sub PAK (Penyalur Alat Kesehatan) yang masih berlaku.

2. Pendaftaran dapat dilakukan oleh Pemimpin/Direktur Utama Perusahaan atau

wakil dari perusahaan dengan menunjukkan Surat Kuasa atau Surat Tugas dari

Perusahaan.

3. Menanda tangani Pakta Integritas dan dicap perusahaan oleh Pemimpin/Direktur

Utama Perusahaan atau Penerima Kuasa yang namanya tercantum dalam akte

pendirian dan atau akte perubahan, paling lambat sampai dengan batas akhir waktu

pemasukan dokumen penawaran.

4. Penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi sekretaris Panitia Pengadaan Barang/

Jasa RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto pada RSU Dr. Wahidin Sudiro

Husodo kota Mojokerto Jl Gajah Mada 100 Kota Mojokerto Telp : 0321- 321661.

Mojokerto, 13 Oktober 2010

PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA

RSU Dr WAHIDIN SUDIRO HUSODO KOTA MOJOKERTO

1210108

Page 18: KoranTempo 13 Oct 2010

Sering kali terdengar keluh-an mengenai kekurangnya-manan kursi di kantor. Ba-

nyak juga yang mengeluh kerapsakit pinggang atau punggung.Itu bisa jadi salah satu penye-babnya adalah posisi dudukyang salah atau kursi yang di-gunakan tidak ergonomis. Na-mun hal itu jangan dianggap re-meh. Tulang punggung nyarisselalu bekerja keras menahanberat badan selama duduk. Se-dangkan sejumlah pakar kese-hatan menyebutkan pinggangmerupakan bagian paling beratmenahan beban tubuh saat du-duk di kantor.Ya, sering tanpadisadari dalam posisi dudukyang salah bisa menimbulkanrasa sakit di bagian pinggang.

Selama beraktivitas di kantor,sekitar dua pertiga bagiannya

lebih banyak dihabiskan denganduduk. Duduk dalam waktu la-ma bisa mengakibatkan bebankerja yang tinggi pada bantalanpersendian di tulang belakang.Dengan kondisi demikian yangsecara akumulatif terus ber-langsung, sangat mungkin terja-di kerusakan bantalan persendi-an. Bahkan jika kondisinya se-

makin parah, bukan tak mung-kin pada akhuirnya harus me-nyerahkan diri ke meja operasi.

Nah, rupanya salah satu pe-nyebab utamanya adalah soaldesain kursi yang tidak ergono-mis. Apalagi selama ini, pema-haman tentang kursi yang ergo-nomis kerap disamakan hanyadengan faktor kenyamanan se-

mata. Padahal nilai ergonomissebuah kursi juga harus didu-kung beberapa faktor lain se-perti keamanan, kesehatan, danjuga nilai ekonomisnya.

Yang perlu disadari adalahbahwa setiap manusia memilikikarakter dan kebutuhan yangberbeda untuk melakukan akti-vitas duduk.Perbedaan bentukdan berat badan saja sudah bisadipastikan membutuhkan kursiyang berbeda pula. Seseorangdengan kelebihan berat badanumumnya membutuhkan san-daran kursi yang lebih landaiuntuk menahan berat tubuhnya.Dia akan mengalami kesulitanuntuk duduk secara tegak de-ngan sudut 90° dibandingkanmereka yang memiliki tubuhyang lebih proporsional.

Walau begitu, jangan bingung!Anda tak harus membuat ataumencari desain kursi yang ber-beda untuk setiap orang! Yangpaling bijak adalah menentukankursi yang memiliki kemampu-an untuk menyesuaikan diri de-ngan kebutuhan penggunanya.Mulailah dengan memperhati-kan dudukan, sandaran pung-gung, atau sandaran tanganyang bisa diatur. Fitur seperti

itu kini semakin mudah dijum-pai untuk kebutuhan kursi kan-tor.

Lalu bagaimana untuk me-ngetahui apakah kursi tersebutcocok atau tidak? Mudah saja,cukup dengan langsung menco-ba mendudukinya dan rasakansendiri dalam berbagai posisitubuh, apakah kursi tersebutmudah untuk menyesuaikan de-ngan kebutuhan yang diingin-kan. Nyaman atau tidaknya se-buah kursi akan bisa dirasakansaat itu juga.

Yang patut diingat, janganlahmudah tergiur dengan desainkursi terbaru yang biasanya le-bih menarik perhatian. Kursiyang ergonomis adalah kursiyang mampu memberikan rasanyaman, keamanan, kesehatan,dan juga ekonomis. Jadi kursiitu tak harus mahal. Tak perlubangga juga kalau memang ha-rus membeli yang mahal. Desainterbaru yang menarik dan hargamahal tak selalu berbanding lu-rus dengan kemampuannyamemberikan jaminan kenyama-nan, keamanan, dan juga kese-hatan saat digunakan.

■ TIM INFO TEMPO

Pentingnya Memilih Kursi KerjaKursi yang ergonomis

mampu memberikan

rasa nyaman, ke-

amanan, kesehatan,

dan juga ekonomis.

INFO TEMPO

IKLAN

DO

K.

WW

W A

TS

GR

OU

P C

O U

K

R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A5A17

Page 19: KoranTempo 13 Oct 2010

R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A18

Sepasang suami-istri, arsi-tek dan dokter, menguntitAzasi Adi yang tengahmembawa 11 lukisan Je-ihan dari mobil ke stan Pa-

sar Seni Institut Teknologi Ban-dung, Ahad pagi lalu. Meski acarabelum dibuka, keduanya telah me-nawar dan memborong empat lukis-an terbaru Jeihan Sukmantoro. Da-lam setengah jam, 10 lukisan berfi-gur tunggal perempuan bermata hi-tam, yang masing-masing berukur-an 70 x 70 sentimeter seharga Rp 25juta, itu habis terjual. Bahkan se-

buah lukisan, yang rencananyaakan disimpan untuk koleksi priba-di Jeihan, pun dilepas ke seorangibu rumah tangga asal Jakarta.

Di stan lainnya, perupa Sunaryopun sudah kipas-kipas. Gambartunggal terbarunya,yang berukuran120 x 140 sentimeter berjudul Sebe-lum Pentas, diminati 19 kolektor. Ialalu melelang secara tertutup gam-bar tentang seorang perempuan pe-nari Bali itu dengan harga awal Rp75 juta.Tepat pukul 14.00 WIB, hasillelang dibuka. Pemenangnya TrisnaChandra, kolektor asal Jakarta, de-ngan harga tawaran Rp 330 juta.Se-lain itu, tutur Yus Herdiawan dariSelasar Sunaryo Art Space, 200 kar-ya grafis Sunaryo lainnya yang di-banderol Rp 500 ribu hingga Rp 3juta pun tinggal tersisa belasan lem-bar ketika acara selesai pukul 18.00.

Sejak dibuka pukul 08.00,pengunjung membanjiri arena diJalan Ganesha, di depan kampusITB, Jawa Barat, yang disulap men-jadi Jalan Seni. Seperti arus kenda-raan di sekitar arena yang macet, ri-buan orang di Pasar Seni harus ber-jalan dan berbaris antre sambil ber-desakan selepas gerbang kampus.Jalanan tak tersisa setapak pun.Na-mun cuaca terik tak menyurutkanmereka menyusuri 200 lebih stanberisi karya seni dan produk kera-jinan yang terbagi dalam enam zo-

na, mulai belakang Aula Timur danBarat hingga depan Labtek Farmasiitu. “Tak kurang dari 60 senimanBandung dan luar kampus cap ga-jah yang mengisi stan,” kata ketuaumum acara Tisna Sanjaya.

Pengunjung pun menyemut di se-kitar 80 stan kuliner serta duapanggung musik yang menampil-kan band, antara lain P-Project,Krakatau, Saratus Persen, dan ThePanas Dalam.“Pengunjung diperki-rakan mencapai 200 ribu orang,”ujar ketua pelaksana Pasar Seni, In-dra Audi Priatna.

Tapi pasar yang digagas sejak1972 itu tak melulu soal transaksi.Di perhelatan ke-10 kali ini, acaraselama 10 jam di kampus Jalan Ga-nesha Nomor 10 tersebut dibuat le-bih spesial. Meneruskan tradisi un-tuk membuka ruang bagi pertun-jukan seni, bursa pemikiran tentangseni dan persoalan hidup juga tera-sa kental. Bertema “Sesuatu yangTerlupakan”,Tisna dan mahasiswa-nya membalut perhelatan itu de-ngan persoalan kota urban, ling-kungan, budaya, dan tradisi di te-ngah zaman teknologi serta infor-masi sekarang ini. “Karya di PasarSeni ini juga sebagai gerakan kebu-dayaan,”kata Tisna.

Dimulai dari ruas jalan di depankampus, sepasang menara gerbangseperti tanduk setinggi 7 meter yang

disusun dari ranting kayu hasil pe-mangkasan Dinas Pertamanan me-nyambut pengunjung dari arah Ja-lan Tamansari dan Dago. Selepasitu, karya instalasi, gambar, dan per-formance art oleh puluhan senimanmencuri perhatian di kedua sisi ja-lan. Sebuah mobil dari kancing danbenang yang tergantung di pohonmengkritik budaya konsumtif. Gan-tungan tabung-tabung gas ukuran 3kilogram mengingatkan kita akanbahaya ledakan dari dapur.

Ketua Jurusan Seni Rupa Seko-lah Tinggi Seni Indonesia BandungAnggiat Tornado menampilkan 20foto orang gila yang berkeliaran diBandung seukuran kulkas. “Seka-rang sudah banyak orang gila, duluera 70-an orang Bandung cuma ke-nal Entur dan Nurmi,”kata Anggiat,seniman alat musik sampah DodongKodir. Selepas gerbang kampus,perhatian pengunjung tersita olehkehadiran potongan tubuh patung 3Mojang karya Nyoman Nuarta yangditurunkan Wali Kota Bekasi sete-lah didesak sebuah organisasi mas-sa pada Juni lalu.

Secara khusus, panitia memberi-kan ruang di lapangan rumput de-kat Aula Timur sebagai Zona Tradi-si. Di sana, di antara ratusan batangpadi dalam polybag yang siap pa-nen, ratusan pengunjung terlihatasyik menikmati permainan musikcelempung dan karinding yang ber-bahan bambu. Puluhan orang lain-nya berkerumun dengan takjub disekitar permainan 200 lebih layang-layang yang dirangkai memanjanglalu diterbangkan dengan seutasbenang. Di area tersebut juga berdi-ri Menara Jamming karya mahasis-wa Seni Rupa dan Teknik ElektroITB, yang melenyapkan sinyal tele-pon seluler dalam radius pendek.“Supaya pengunjung melupakansejenak teknologi dan berinteraksidengan orang di sekitarnya,” kataIndra, ketua pelaksana acara.

Dari hasil 10 kali orasi budayatentang lingkungan, sosial, tata ko-ta, dan seni, pasar yang digarap se-kitar 1.600 mahasiswa Seni Rupadan Teknik ITB itu menghasilkanperahu pinisi sepanjang 10 meterdari rangka bambu dan berbagaiwahana yang bisa dinikmati publik.Ratusan orang terlihat berbaris an-tre hingga tiket seharga Rp 5.000habis, seperti di Wahana Lorong Ilu-si Waktu,Vibrator Simulasi Gempa,dan Museum Masa Depan. Ratusanmahasiswa lainnya mengumpulkanair dari berbagai sumber di Ban-dung lalu didoakan warga dan di-olah agar bisa diminum di WahanaAir Doa. ● ANWAR SISWADI

Perhelatan Art Fair di New York,Amerika Serikat, pada 1970menjadi cikal bakal lahirnya

Pasar Seni Institut Teknologi Ban-dung. But Muchtar dan Abdul DjalilPirous yang pernah ikut Art Fair itukemudian mewujudkannya di Ban-dung pada 1972. “Saat itu digelar diJalan Ganesha sampai melebar kejalan sekitar dan sebagian kampus,”kata Pirous.

Pirous merasa takjub setelahbeberapa kali ikut festival di mu-

sim gugur tersebut untuk menjualkarya grafisnya. Di sana, pesertahanya diminta membawa tongkatdan tali guna memajang karya senibuatan mereka untuk dijual de-ngan harga murah. Seniman lamadan baru berbaur dengan ibu-iburumah tangga yang menjual hasilrajutan.

Pasar Seni perdana menghadir-kan karya pelukis A. Sadali, Moch-tar Apin, Popo Iskandar, Rita Widag-do, alumni Seni Rupa ITB lainnya,

serta perajin dan seniman otodidak-tik di sekitar Bandung. Dekan Fakul-tas Seni Rupa dan Desain ITB Bira-nul Anas, yang saat itu masih maha-siswa, mengatakan rampak kendangdan kesenian tradisional daerah Su-bang, Jawa Barat, serta kelompokmusik Sawung Jabo ikut memeriah-kan perhelatan.

Sejak itu, Pasar Seni rutin dige-lar walau selang waktunya acak,yaitu pada 1976, 1980, 1984,1988, 1990, 1995, 2000, 2006,

dan 2010. Pirous mengatakan aca-ra yang awalnya berjalan empat ta-hun sekali hingga tiga kali perhe-latan itu masih sesuai dengan tu-juan semula. Cita-citanya adalahmenjual karya seni dengan hargamurah.

Menginjak acara yang keempatkalinya, Pasar Seni menjadi lebihmeriah oleh pertunjukan seni sertaarak-arakan. “Semakin banyak ma-syarakat yang ingin tampil, mungkinkarena Pasar Seni tak digelar setiap

tahun,” ujarnya.Menurut Pirous, yang selalu ikut

menjadi peserta, panitia kemudianmembuat zoning arena. Tujuannyauntuk memudahkan pengunjungyang berniat membeli karya seniatau sekadar menikmati suasana.“Karena banyak orang yang terpikatoleh atraksi sehingga yang berjualanterdesak,” katanya. Ke depan, iamengusulkan agar Pasar Seni men-jadi ajang festival.

● ANWAR SISWADI

seni

Dari NNew YYork kke BBandung

PASAR SENI CAP GAJAHPASAR SENI ITB

KEMBALI DIGELAR.

TAK MELULU LELANG

BARANG SENI.

FOTO-FOTO: PRIMA MULIA (TEMPO)

Page 20: KoranTempo 13 Oct 2010

olahraga R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A19

JAKARTA — Induk-induk or-ganisasi cabang olahragayang akan berlaga di SEAGames XXVI tahun depanmendapat dukungan finansi-al dari badan usaha milik ne-gara. Hal itu ditandai denganadanya penandatanganannota kesepahaman antaraBUMN-BUMN dan indukcabang olahraga terkait ke-marin.

Menteri BUMN MustafaAbubakar menyatakan kerjasama itu merupakan bagiandari upaya menyukseskanSEA Games XXVI. “Sepertiyang diinstruksikan Presidensebelumnya, sukses SEAGames XXVI ada tiga, yaitusukses penyelenggaraan, suk-ses kejuaraan, dan suksesekonomi. Partisipasi BUMNini adalah sukses untuk ke-juaraan atau prestasi,” kata-

nya.Rencana pemberian ban-

tuan pembinaan atlet dalambentuk sponsorship ini sebe-narnya sudah didengungkanoleh Menteri Pemuda danOlahraga Andi Mallarangengdua tahun lalu. Waktu itu iamendampingi kontingen In-donesia di SEA Games XXVLaos. Ia menjanjikan setiapinduk cabang olahraga dina-ungi satu BUMN sebagaisponsor. Hal itu kemudian te-realisasi saat ini.

“Sebagai fasilitator, kamiberusaha menjodohkan ma-sing-masing cabang sesuaidengan kebutuhan merekamasing-masing,”kata Andi.

Setiap BUMN akan men-sponsori setiap kegiatan yangdigelar induk cabang olahra-ga. Mustafa menambahkan,secara lebih konkret, akan

terdapat bentuk kerja samalain berbentuk promosi bagiatlet berprestasi untuk be-kerja di BUMN sesuai de-ngan keahlian masing-ma-sing. “Atlet berprestasi yangcocok jadi pegawai dan be-lum mempunyai pekerjaanakan kami tampung sesuaidengan keahlian,” ujar Mus-tafa.

Pengurus Besar IkatanSport Sepeda Indonesiaakan mendapat dukungandari PT Telekomunikasi In-donesia bersama dengananak perusahaannya, PT Tel-komsel.

PT Pertamina membinacabang bulu tangkis, PT PosIndonesia membina tenis me-ja, dan PT Tambang Batuba-ra Bukit Asam mendapat ja-tah membina sepak bola na-sional.

JAKARTA — Tim nasional In-donesia berhasil menggun-duli Maladewa 3-0 dalampertandingan persahabatandi Stadion Siliwangi, Ban-dung, kemarin. Kemenanganini sekaligus mengobati ke-kecewaan Indonesia setelahpada pertandingan persaha-batan pekan lalu dibantaiUruguay 1-7.

Semenjak menit pertama,Indonesia memang langsungmenguasai penuh jalannyapertandingan. Berbagai usa-ha menjebol gawang Malade-wa tak pernah berhasil aki-bat ketatnya pertahanan la-wan. Namun, pada menit ke-30, Oktavianus Manianiakhirnya berhasil membukakemenangan Indonesia. Men-dapat umpan dari Boaz So-

lossa di sisi kiri, Maniani ber-hasil menyambutnya dengantendangan mendatar, yangmembuat kedudukan ber-ubah menjadi 1-0.

Pada babak kedua, anakasuhan Alfred Riedl itu terusmenyerang pertahanan Ma-ladewa. Namun tim MerahPutih harus menunggu hing-ga menit ke-74 untuk me-nambah gol kedua. Penye-rang muda Yongki Ariwibo-wo-lah yang mencetak golkedua Indonesia. Gol ini ber-awal dari penetrasi FirmanUtina di kotak penalti lawan.Yongki, yang tampil meng-gantikan Bambang Pamung-kas, mendapat bola lepas da-ri Firman, dan kemudian me-lakukan tendangan keras.Bola sempat diblok penjaga

gawang Maladewa, Moha-med Imran, meski akhirnyatetap menghunjam ke dalamgawang.

Gol terakhir Indonesia di-cetak oleh gelandang mudaTony Sucipto pada menit ke-90.Tony, yang mendapat um-pan silang dari Yongki di sisikiri, berhasil melakukan ten-dangan voli yang sangat ke-ras dan langsung merobekgawang Maladewa.

Indonesia memang pantasmenang dalam pertandinganini. Secara peringkat, posisiIndonesia di FIFA juga lebihbaik dibanding Maladewa.Indonesia saat ini mendu-duki posisi ke-131, sedang-kan Maladewa di peringkatke-143.

● ARIS | ERICK P. HARDI

BUMN SponsoriPembinaan Atlet

Indonesia Gunduli Maladewa 3-0

Dell-Aspac Bidik Gelar NBLJAKARTA — Wajah baru tim bola basket AspacJakarta akan menghiasi kompetisi NationalBasketball League (NBL) musim 2010/2011. Padaseri pertama yang akan berlangsung di DBL Arena,Surabaya, akhir pekan ini, tim yang dipimpin olehMario Gerungan ini akan dihiasi beberapa namabaru dan mengusung nama Dell-Aspac Jakarta.

Pelatih kepala Tjetjep Firmansyah berharap,dengan wajah baru ini, Dell-Aspac Jakarta mampumeraih gelar juara. “Peringkat kedua, ketiga, ataukeempat tidak lagi ada artinya, tidak ada pilihanselain menjadi juara,”katanya. Dia berharap, deng-an adanya regenerasi pemain ini, Dell-AspacJakarta dapat melakukan yang terbaik untukmeraih gelar juara.

Nama baru yang akan menghiasi tim Dell-AspacJakarta antara lain Hendri Sudjana, yang sebelum-nya pernah memperkuat Bima Sakti. Selain itu, ter-dapat beberapa nama muda, seperti Oki WiraSanjaya, Oei Abraham Yoel Trisakti, dan RaymondShariputra.

Tjetjep sebenarnya mengakui para pemain barumasih mengalami kesulitan dalam beradaptasi.“Namun mereka mengerti bahwa mereka memilikitanggung jawab besar untuk menjaga nama baik tim,”katanya. Kapten tim Mario Gerungan menyatakanmasalah adaptasi juga sudah tidak terlalu membebani.“Kami sudah menyatu, apalagi dibantu oleh pemain-pemain senior, yang bisa mengayomi,”ujarnya.

Beberapa nama lama masih menghiasi tim Dell-Aspac selain Mario. Mereka adalah pemain centerHari Suharsono dan M. Isman Thoyib serta forwardAntonius Joko Endratmo, Vinton Nolland Surawi,dan Fandi Andika Ramadhani. Selain itu, ada guardandalan Dell-Aspac Jakarta, Xaverius Prawiro.

● EZTHER LASTANIA

Secara keseluruhan, terdapat 37BUMN yang turut serta dalam pe-nandatanganan nota kesepahaman.Masih tersisa beberapa cabangolahraga, seperti berkuda, golf, dansepatu roda, yang belum dinaungiBUMN tertentu.

● EZTHER LASTANIA

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUMPENGADAAN JASA PEMBORONGAN

Nomor : PENG-01/WPJ.26/PAN-SRN/PLKS/2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II Tahun Anggaran 2010

akan melaksanakan pelelangan dengan Pascakualifi kasi untuk paket pekerjaan:

NO. NAMA PEKERJAANBIDANG/

SUBBIDANGKUALIFIKASI PAGU DANA (RP.)

1. Pembangunan Sarana

dan Prasarana

Lingkungan Gedung

Kantor Wilayah DJP

Sumatera Utara II

Arsitektural/

Pertamanan

(21007)

Gred-5, 6, 7 Rp.1.150.000.000,-

PENDAFTARAN :

1. Waktu Pendaftaran pukul 09.00 WIB s.d. 12.00 WIB

2. Pendaftaran dan Pengambilan dokumen dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 21 Oktober

2010.

3. Penjelasan Pekerjaan (Aanwijzing) tanggal 19 Oktober 2010 pukul 14.00 WIB

4. Tempat Pendaftaran :

Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara II

Jl. Brigjen Rajamin Purba No. 119 Pematang Siantar

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN

1. Mempunyai kualifi kasi yang sesuai dengan bidang dan sub bidang pekerjaan tersebut.

2. Menyerahkan fotocopy dan menunjukkan aslinya (KTP Pendaftar, Akte Pendirian

Perusahaan, Sertifi kat Badan Usaha (SBU), Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) dan

NPWP).

3. Pendaftar adalah Direktur Perusahaan atau yang diberi kuasa oleh direktur dan namanya

tercantum dalam akte, dengan kop perusahaan di bagian atasnya dan bermeterai Rp.

6000,-

4. Pakta integritas harus ditandatangani oleh Pemimpin/Direktur Utama Perusahaan atau

penerima kuasa pada saat pengambilan Dokumen.

5. Revisi DIPA sedang dalam proses, dan apabila dikemudian hari terjadi perubahan atau

penghapusan anggaran yang timbul akibat kebijaksanaan pemerintah, maka proses

pelelangan dinyatakan batal demi hukum dan kepada peserta pelelangan tidak berhak

menuntut dalam bentuk apapun.

Pematang Siantar, 13 Oktober 2010

ttd

Panitia Pengadaan Barang dan Jasa

1210081

IKLAN

Bagian dari penyuk-

sesan SEA Games

tahun depan.

ANDIKA WAHYU (ANTARA)

Pebulutangkis Indonesia Dinar

Dyah Ayustine mengembalikan

bola ke arah lawannya, Ayu

Wanda Tika Wulandari, saat

pertandingan babak kualifikasi

Indonesia Open, kemarin.

Page 21: KoranTempo 13 Oct 2010

olahraga R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A20

Red Bull berharap

bisa sukses di Sirkuit

Yeongam.

FORMULA SATU

SEOUL — Pengurus FormulaSatu mempersilakan pelaksa-na Grand Prix Korea Selatanmelanjutkan persiapannyauntuk menggelar balapanpertama kali di sana pada 24Oktober nanti. Sebelumnya,sempat ada kekhawatiran ka-lau sirkuit di Yeongam tidakmemenuhi standar.

Direktur balapan dari Fe-derasi Otomotif International(FIA), Charlie Whiting, telahmemeriksa sirkuit di Yeo-ngam, empat jam perjalananbermobil dari Seoul, Seninlalu dan kemarin. Ia didam-pingi pengurus Korea AutoValley Operation (KAVA), ba-dan yang bertanggung jawabatas pelaksanaan GP Korea.

Pembangunan sirkuit sebe-lumnya dikhawatirkan tidakbisa selesai sebelum 24 Okto-ber. Pembatalan GP Koreaakan berdampak besar padaperebutan gelar juara kejua-raan dunia musim ini. Ada li-

ma pembalap yang sedangbersaing ketat memperebut-kan gelar dalam tiga balapanyang tersisa musim ini.

Pembalap Australia, MarkWebber, yang membela timRed Bull, memimpin klase-men dengan unggul 14 poinatas rekan satu tim, SebastianVettel, setelah finis di urutankedua GP Jepang pekan lalu.

Para produsen mobil diKorea Selatan berharapgrand prix itu akan meno-long meningkatkan citra ne-gara mereka, terutama untukekspor mobil ke mancanega-ra. Pembatalan lomba akanmenjadi pukulan besar buatKorea Selatan, yang berenca-na menaikkan tingkat kun-jungan turis ke sana denganmembuat pergelaran globalseperti F1 dan pertemuan G-20 bulan ini. Mereka jugamembidik tuan rumah Olim-piade Musim Dingin 2018.

Keyakinan Red BullSedangkan Webber, Vettel,

dan tim mereka, Red Bull, ti-dak takut kepada lawan ma-na pun setelah mereka men-dominasi urutan pertamadan kedua di Grand Prix Je-

pang akhir pekan lalu.FIA telah memeriksa kela-

yakan sirkuit baru GP KoreaSelatan. Red Bull akan punyatantangan tersendiri dengansituasi sirkuit dalam grandprix perdana ini.Tapi pemiliktim Red Bull, Christian Hor-ner, berharap keadaannya ti-dak jauh beda dengan bala-pan-balapan yang telah me-reka jalani.

“Kami yakin bisa berkom-petisi di semua trek pada ba-lapan yang tersisa (musimini),”kata Horner setelah Vet-tel memepet Webber dalamklasemen pascakemenangandi Suzuka. “Tidak ada yangperlu kami takutkan dalamtiga balapan tersisa.”

Webber menguatkan posisidi puncak klasemen denganunggul 14 poin dari Vettel,yang jadi harapan baru Jer-man setelah kejayaan Mi-chael Schumacher berlalu.Pembalap tim Ferrari dariSpanyol, Fernando Alonso, diurutan ketiga.

Hubungan dua pembalapRed Bull itu tak selalu mesra.Webber sempat melakukanprotes karena merasa mana-jemen tim hanya memposisi-

kannya sebagai pembalapnomor dua. Pasalnya, ia per-nah mendapat perintah daritim untuk memberikan ca-dangan sayap mobil karenamobil Vettel rusak. PemimpinRed Bull segera mendingin-kan suasana. Webber lantastampil lebih konsisten diban-dingkan Vettel untuk meraihpoin lebih besar.

Bila Webber dan Vettelkembali finis di urutan keduadan pertama di GP Korea Se-latan, Red Bull bakal berpe-luang besar memborong gelarjuara dunia konstruktor danpembalap dengan balapantinggal menyisakan dua bala-pan setelah itu, dan berakhirdi Abu Dhabi. Red Bull ung-gul 45 poin dari McLaren.

Dua juara dunia yang kinimembela McLaren, LewisHamilton dan Jenson Button,akan berusaha menahan lajudua pembalap Red Bull itu.Hamilton tertinggal 28 poindari Webber. Adapun juaramusim lalu, Button, berjarak31 poin dari pembalap Aus-tralia tersebut.

● REUTERS | YAHOO SPORTS | PRASETYO

FIA DUKUNG GP KOREA

IKLAN

SHUJI KAJIYAMA (AP)

Sebastian Vettel (depan) ketika bersaing dengan Mark Webber di Grand Prix Jepang pekan lalu.

Page 22: KoranTempo 13 Oct 2010

A21R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0olahraga

1310038 1310070

PENGUMUMAM

Nomor : 02/Peng/X/PPBJ/2010

Panitia pengadaan barang & Jasa Akademi Militer akan

melaksanakan pelelangan umum Pascakualifi kasi pekerjaan

pengadaan / pemeliharaan Simulator menembak pistol dan

senapan Rp 1.950.000.000,-

Tempat pendaftaran Jl.Gatot Subroto no. 1 Magelang

Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di papan pengumuman

Demikian untuk dimaklumi.

Magelang, 8 Oktober 2010

TTD

Panitia Pengadaan

RALAT PENGUMUMAN PELELANGAN UMUM

Nomor : 810.a/PPBJ/X/2010

Ralat pengumuman Pelelangan Umum Panitia Pengadaan

Barang/Jasa DPPB Prov. DKI Jakarta nomor: 810/PPBJ/

X/2010 tanggal 12 Oktober 2010, bahwa PELELANGAN

UMUM dilaksanakan dengan metode PASCAKUALIFIKASI,

serta pendaftaran dan pengambilan dokumen pengadaan

pada waktu dan tempat yang sama.

Demikian ralat kami sampaikan.

Jakarta, 13 Oktober 2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa

PEMBATALAN PENGUMUMAN LELANGNomor : 12/PENG/PSA/BPKD/X/2010

Sehubungan dengan pengumuman Panitia Pelelangan

Terbatas Barang Daerah Hasil Penghapusan BPKD Provinsi

DKI Jakarta No. 10/PENG/PSA/BPKD/IX/2010 tanggal 23

September 2010 dan No. 11/PENG/PSA/BPKD/X/2010

tanggal 8 Oktober 2010 terhadap pelelangan penghapusan

barang daerah berupa Gedung KNPI alamat Jalan Balap

Sepeda/Velodrome No. 3 Rawamangun Kota Administrasi

Jakarta Timur dengan ini dinyatakan batal karena adanya

surat keberatan dari KNPI dan akan dilakukan pengumuman

ulang pada waktu yang ditentukan.

Jakarta, 13 Oktober 2010

Panitia Pelelangan Terbatas Barang Daerah Hasil

Penghapusan

1310084

PENGUMUMAN LELANGPASCAKUALIFIKASI

No : 6357/I6/PR/2010

Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI) Surakarta akan

mengadakan lelang umum Pekerjaan Pembangunan Gedung

Kuliah Fakultas Seni Rupa Dan Desain (Lanjutan Tahap II)

dengan Pascakualifi kasi, dengan Kriteria :

Nilai RAB : Rp. 4.143.421.000,-

Sub Bidang : Sipil dan Arsitektur

Klasifi kasi Usaha : Non Kecil

Sumber dana : APBN

Untuk informasi lebih lengkap pengumuman ini dapat dilihat

pada Pengumuman Resmi di Gedung Pusat ISI Surakarta, Jl.

Ki Hajar Dewantara No 19 Kentingan , Jebres, Surakarta telp

0271-647658 atau http://proc.isi-ska.ac.id

Surakarta, 12 Oktober 2010

PANITIA LELANG PENBANGUNAN

KETUA

Joko Budiwiyanto, S.Sn., MA

1210107

MADRID –– Terus bertakhta dipuncak klasemen Primera LaLiga Spanyol tanpa pernahterkalahkan tak lantas mem-buat Valencia langsung dijago-kan sebagai kandidat juaramusim ini. Keraguan justrudatang dari mantan orang da-lam klub itu sendiri, FernandoGomez, mantan direktur olah-raga klub itu. Ia menyatakanmustahil bagi tim selain RealMadrid dan Barcelona bisa ja-di juara musim ini.

“Kita melihat awal yangtak menentu dari Real Ma-drid. Tapi, setelah melewati38 pertandingan, akan sulitmengalahkan mereka,” kataGomez.“Kami mungkin bisalebih dekat dari mereka di-banding musim lalu, tapihampir mustahil menjadijuara. Barcelona dan RealMadrid bisa meraih hasiltanpa harus berada dalampertandingan.”

Valencia musim ini secaramengejutkan tampil menak-jubkan. Meski tengah meng-alami kesulitan keuangandan baru kehilangan DavidVilla serta David Silva, timitu terus meraih hasil apik.ElChe kini memuncaki klase-men dengan nilai 16 dari 6laga.Tim itu secara beruntunterpaut 1, 2, dan 3 poin dariVillarreal, Real Madrid, danjuara bertahan Barcelona,yang ada di bawahnya.

Kesuksesan Valencia tak le-pas dari sumbangan para pe-main baru, yang ternyata sa-ngat tepat-guna di klub itu,termasuk Ricardo Costa,Mehmet Topal, Tino Costa,Aritz Aduriz, dan RobertoSoldado. Gomes mengklaimkedatangan para pemain itumerupakan hasil jerih payah-nya sebelum meninggalkan

klub tersebut.Keraguan Gomez tampak-

nya juga didukung AlvaroArbeloa, bek Real Madrid. Iayakin, meski saat ini sama-sama tertinggal dalam posisidi klasemen, Real Madriddan Barca akan tetap jadikandidat terkuat juara mu-sim ini.

“Valencia, Villarreal, Atle-tico, dan Sevilla adalah timyang tangguh,”kata Arbeloa.“Kita akan melihat apa yangterjadi. Menurut pendapatsaya, Real Madrid dan Barce-lona akan jadi tim yang ber-ada di posisi paling puncakkarena saat ini masih banyakpertandingan tersisa, dan ke-duanya susah ditandingi.”

Arah perebutan gelar juaraitu justru akan ditentukanakhir minggu ini saat Valen-cia menyambangi markasBarcelona. Inilah laga besaryang akan jadi pertandinganreuni bagi David Villa, man-tan penyerang Valencia yangkini membela Barca.

Valencia tak akan diperku-at winger Joaquin dalam per-tandingan Sabtu nanti itu.Sedangkan Barca justru su-dah bisa menurunkan kem-bali Xavi, yang sudah pulihdari cedera.

Tekanan cukup besar akanmembebani Barca dalam la-ga ini karena musim ini timitu sempat beberapa kalitampil buruk di Nou Camp,termasuk ditekuk SportingGijon 1-0 dan ditahan Mal-lorca 1-1 dalam laga ter-akhirnya.

Adapun Madrid akan ber-tandang ke markas Malagapada Sabtu nanti, sedangkanVillarreal harus menyam-bangi markas Hercules, Se-nin nanti. AP | GOAL | NURDIN

MADRID –– Jose Mourinho me-radang. The Special One be-rang lantaran masih banyak-nya keraguan atas kemam-puannya menangani LosBlancos. “Real Madrid takbisa memiliki pelatih yangtidak memiliki track recordseperti saya,”katanya.

Kedatangan Mourinhomembuat banyak pihak per-caya Madrid akan kembalibangkit. Dengan rekor me-nawan bersama FC Porto(2002-2004), Chelsea (2004-2007), dan Inter Milan (2008-

2010), Mou dianggap memi-liki curriculum vitae yangpas untuk menangani Ma-drid. Itulah yang membuat iameradang karena masih adayang menilainya tak pantasmelatih Madrid.

“Sekarang ada pelatih de-ngan dua gelar Liga Champi-ons, enam gelar liga, (juara)turnamen di beberapa nega-ra, termasuk Piala Liga, de-ngan total 17 gelar.Tapi, keti-ka saya datang di sini,merekaragu, seakan-akan saya da-tang tanpa apa-apa,” ujar

Mou kepada harian Marca.Madrid mengawali mu-

sim 2010/2011 dengan ku-rang mengesankan. Keme-nangan besar 6-1 atas De-portivo La Coruna pekanlalu belum mampu meng-hentikan kritik terhadaplemahnya lini depan. Da-lam lima pertandingan se-belumnya, Cristiano Ronal-do dkk memang hanya bisamenghasilkan enam gol de-ngan dua partai di antara-nya imbang tanpa gol.

“Bagaimana saya tidak ri-

sau ketika banyak orang mem-bicarakan saya. Tak ada satumedia Spanyol yang tidakmembicarakan saya. Bayang-kan apa jadinya jika saya me-mikirkan semua itu,”katanya.

Mou mengatakan keputus-an menerima tugas menu-kangi Madrid sudah ia pikir-kan matang-matang. “Tidakpeduli seberapa baik seorangpelatih, seberapa fenomenal-nya dia. Tapi, jika Anda da-tang ke sini tanpa apa-apa,Anda akan dibunuh,”dia me-negaskan. ● SOCCERNET | RAJU

MADRID –– Tak ada anak emasdan tidak ada pemain istime-wa di Barcelona. GelandangXavi Hernandez menegaskan,tidak ada pemain tak tergan-tikan di Barca, termasuk diri-nya.“Anda bisa melihatnya dibeberapa pertandingan. Carakami bermain selalu sama,dan Barca tak membutuhkanpemain ini atau itu untuk bisabekerja,”katanya.

Xavi dinilai sebagai rohpermainan di lapangan te-ngah Barca maupun tim na-sional Spanyol. Ia saat ini te-

ngah cedera, tapi mungkin su-dah bisa tampil saat melawanValencia, yang kini jadi pe-mimpin klasemen Primera Li-ga Spanyol, akhir pekan ini.

Ia menilai semua pemaindi Barca memiliki tugas yangsama. Barca, kata Xavi, ada-lah tim yang mengandalkansistem, bukan bergantungpada pemain tertentu. “Lio-nel Messi, Andres Iniesta,Carles Puyol, dan pemainbaru kami David Villa meru-pakan pemain penting ditim, tapi tak ada satu pun

dari mereka yang tidak bisatersentuh,”katanya.

Penampilan apik pemain 30tahun yang ikut mengantarSpanyol menjadi juara di Eu-ro 2008 dan Piala Dunia 2010itu menempatkan dirinya se-bagai salah satu kandidat pe-main terbaik dunia.Toh, Xavijustru jengah. Ia menilai ha-nya satu pemain yang pantas,yaitu Messi, meski ia lebihberharap pemain asal Spa-nyol-lah yang menjadi pemainterbaik tahun ini.

“Saya tak bohong. Ada sa-

tu pemain yang kelasnya diatas yang lain. Sebelumnya,saya tak pernah melihat pe-main seperti itu dalam hidupsaya,”katanya.

“Ia sangat superior dan,seperti kata Pep (Guardiola,pelatih Barca),dia mendomi-nasi di semua area. Cepat,berani, dan kuat. Dia punyasegalanya dan mungkin ha-nya ada satu dalam 50 tahun.Bila kita harus memilih yangterbaik, itu adalah Messi,”Xavi menegaskan.

● AP | GOAL | NURDIN | RAJU

Mourinho: Saya Pantas Tangani Madrid

Xavi Tak Ingin Disebut Anak Emas

ELOY ALONSO (REUTERS)

VALENCIATAK MUNGKINJUARA❝

Sabtu nanti

pemimpin klasemen itu

akan menjajal Barca.

IKLAN

Page 23: KoranTempo 13 Oct 2010

olahraga R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A22

PATO LAGI!

Dalam tiga pertan-

dingan, Brasil mence-

tak tujuh gol dan tak

pernah kebobolan.

DERBY — Brasil melanjutkankedigdayaannya di bawah pe-latih baru Mano Menezes.TimSamba menyudahi perlawan-an Ukraina 2-0 dalam lagapersahabatan di Park PrideStadium, Derby County, Ing-gris, Senin malam lalu waktusetempat. Menezes berfokuspada pertahanannya.

Kemenangan ini menjadicatatan positif bagi Menezes,yang ditunjuk menggantikanCarlos Dunga pasca-hasilmengecewakan disingkirkanBelanda di Piala Dunia 2010.Brasil memenangi tiga per-tandingan—mengalahkanAmerika Serikat (2-0), Iran(3-0), dan Ukraina (2-0),mencetak total tujuh gol, ser-ta tak pernah kemasukangol.

“Kami harus menghargaikeberhasilan kami, yang te-lah mencetak tujuh gol danbelum pernah kebobolan,”kata Menezes.“Tim ini dapatmenerapkan gaya permainankami, dan hal itu adalah si-kap yang ingin kami lihat.”

Mantan pelatih Corinthi-ans ini mengatakan, selamaini sepak bola Brasil selalumengesankan dengan gol-golyang dihasilkan beberapastriker tajam. Namun, dalambeberapa tahun terakhir, linipertanahan juga telah me-nunjukkan kekuatannya.

“Warisan yang ditinggal-kan (bek tengah) Lucio danJuan sangatlah penting. Hariini kami punya kewajibanuntuk tetap menunjukkanpertahanan yang baik,” ujarpelatih berusia 48 tahun itu.

Dalam pertandingan ini,Menezes kembali memperca-yakan starting line-up kepa-da pemain-pemain muda.Ti-dak tampak Kaka atau LuisFabiano saat meladeni Ukra-ina, yang akan menjadi tuanrumah Euro 2012 bersamaPolandia. Meski demikian,penampilan apik Brasil sulitditandingi Ukraina. Gol per-tama dikreasi pada menit ke-24, yang diawali dengan geb-rakan Robinho, kapten da-lam pertandingan ini.

Tendangan voli indah bekBarcelona,Dani Alvez,akhir-nya membuka gol pertamaBrasil pada menit ke-25. Me-manfaatkan umpan silangRobinho, Alves melepaskantendangan voli. Bola masukgawang setelah sempat mem-bentur bek Oleksandr Ro-manchuk.

Striker AC Milan, Alexan-dre Pato, menggandakan ke-unggulan Brasil pada menitke-64. Setelah menjemputbola kiriman Carlos Eduar-do, Pato menggocek bola me-lewati Vitaly Mandzyuk, lalumenaklukkan Andriy Dykan.Inilah gol keempat Pato—yang ditinggalkan Dunga keAfrika Selatan—dalam tigapertandingan bersamaMenezes.

“Ini pertandingan ketigasaya bersama Brasil, dan timmenunjukkan kemajuan. Ka-mi memerlukan pertanding-an seperti ini untuk mengeta-hui beragam karakter lawan.Untuk saat ini, saya puas, ta-pi target saya adalah mem-bangun tim untuk Piala Du-nia 2014,”dia menegaskan.

Setelah laga ini, Brasilakan melakukan uji coba diDoha, Qatar, melawan rivaldi Amerika Selatan, Argenti-na, pada 17 November men-datang. ● REUTERS | CHOIRUL | RAJU

MILAN — Inter Milan dikabar-kan tengah menyusun strate-gi jangka panjang untuk me-mikat Lionel Messi dari Bar-celona. Si Kutu ditargetkanmenjadi pemain Nerazzurripada 2013 dengan bantuanJavier Zanetti.

Harian Italia, La Gazzettadello Sport, melaporkan,Messi akan terbang ke Italiaakhir pekan ini untuk me-nandatangani kontraksponsor dengan rumah mo-de Italia, Dolce and Gabba-na. Pemain 23 tahun itu ka-barnya juga akan makanmalam dengan striker Na-poli, Ezequiel Lavezzi. Ka-bar ini dilansir media Italiadengan mengklaim bahwapemain Argentina itu jatuhcinta pada Kota Milan.

Presiden Inter MassimoMoratti tidak benar-benarmembantah kabar bahwaklubnya akan memboyongMessi. Ia bahkan menyebut-kan, Messi akan menjadi ha-diah bagi Inter pada Januari

(saat bursa transfer perte-ngahan musim).

La Gazzetta dello Sportmempercayai bahwa Intermemiliki strategi jangka pan-jang untuk mendatangkanperaih Ballon d’Or dan pema-in terbaik dunia itu. Hubung-an Inter dengan Messi cukupbaik. Direktur Teknik InterMarco Branca sudah bertemudengan ayah Messi, yang jugakerap terlihat makan pagi dirumah Moratti.

Harian itu berpendapatkunci kepindahan Messi adadi tangan Javier Zanetti.Kapten Inter yang juga ber-asal dari Argentina itu dita-wari posisi direktur saat iapensiun pada 2013. Nah, disaat itulah Inter akan mela-kukan penawaran resmi ke-pada Barca. Artinya, TheFlea—julukan Messi—akanmenjadi rekrutan pertamaZanetti untuk Inter.

Duo cederaSementara itu, Inter dipas-

tikan akan kehilanganduo pemain Argentina,Esteban Cambiasso danDiego Milito, selama satubulan ke depan. Kedua-nya mendapat cederahamstring saat Argen-tina kalah 0-1 oleh Je-pang pekan lalu.

Cambiasso diperki-rakan harus menjala-ni perawatanselama21 hari,sedang-kan Mi-lito sedi-kit lebihlama.

Beruntung, pelatih RafaelBenitez sudah bisa menurun-kan kembali Walter Samueldan Thiago Motta.

Inter akan menghadapiCagliari, Minggu nanti. Za-netti akan dipasang meng-gantikan Cambiasso, sedang-kan Samuel Eto’o akan men-jadi penyerang utama.

● FOOTBALL-ITALIA | RAJU

Messi Milik Inter pada 2013

Alexandre Pato BRASIL

Lionel Messi BARCELONA

IKLAN

MA

NU

FE

RN

AN

DE

Z (A

P)

JON SUPER (AP)

Page 24: KoranTempo 13 Oct 2010

olahraga R A B U , 1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A23

Nigel De Jong BebasHukumanLONDON — Asosiasi Sepak Bola Inggris(FA) memutuskan gelandang Manches-ter City, Nigel de Jong, tak akan meng-hadapi tuntutan lanjutan akibat aksinyadi lapangan yang telah mencederai pe-main Newcastle, Hatem Ben Arfa.

“Kami sudah merespons permohonanNewcastle. Posisi kami adalah kami takmemiliki yurisdiksi untuk melakukantindakan yang berlaku surut,”kata jurubicara FA kemarin. “Premis dasar dariaturan permainan adalah wasitlah yangmembuat keputusan dan tak ada kepu-tusan kemudian yang berlaku surutyang diperbolehkan. Wasit sudah meli-hat insiden itu, menanganinya, dan kamitak bisa campur tangan.”

De Jong menjadi sorotan karena iamelakukan tackle keras terhadap BenArfa saat City mengalahkan Newcastle2-1 pada 3 Oktober lalu. Jegalan kerasgelandang asal Belanda itu telah mem-buat pemain asal Prancis tersebut meng-alami patah tulang kaki dan harus absenselama enam bulan. Dalam kejadian itu,De Jong tak mendapat kartu kuning.

Aksi keras pemain itu langsung me-nyulut pro dan kontra. Ia dibela sejum-lah pihak, tapi banyak juga yang men-cercanya. Sorotan makin gencar karenaDe Jong juga pernah melakukan tacklebrutal lainnya, yakni pada Maret laludan telah membuat pemain Amerika,Stuart Holden, cedera dan harus absenenam minggu. Pada Piala Dunia 2010, iajuga melakukan tendangan kungfu kedada Xabi Alonso saat Belanda danSpanyol bertemu di final.

Karena aksi kerasnya terhadap BenArfa, De Jong sudah tercoret dari timnasional Belanda. Pelatih Bert van Mar-wijk menilai tindakan pemain ini sudahketerlaluan. Marseille, klub pemilik BenArfa, kini juga tengah berancang-an-cang membawa kasus ini ke pengadilan.

Gordon Taylor, Ketua Eksekutif Aso-siasi Pemain Profesional Inggris (PFA),berharap semua pihak proporsional me-nyikapi kasus De Jong.“Menurut wasit,jegalan (De Jong) yang menyebabkankaki patah itu bukan pelanggaran.Orang lain mungkin akan berpendapatberbeda,”katanya.“Nigel adalah pemainyang sangat berkomitmen. Dia juga ber-bekal fisik kuat dalam olahraga yangmembolehkan kontak fisik ini. Bagai-manapun, sebagai pemain, Anda memi-liki kewajiban untuk peduli kepada se-sama pemain.”● AP | TELEGRAPH | NURDIN

John Terry Cedera, Chelsea BermasalahLONDON — John Terry mundur daritim nasional Inggris karena cederapunggungnya kambuh. Bagi Chel-sea, cederanya bek tengah itu me-nimbulkan masalah serius.Tim jua-ra bertahan Liga Primer Inggris,yang akhir minggu ini akan me-nyambangi Aston Villa, itu kinimengalami krisis bek tengah.

Bila Terry absen, praktis, pelatihCarlo Ancelotti pun harus kehilang-an semua bek tengah andalannya.Sebelumnya, ia kehilangan Alex,bek tengah lainnya, karena cedera

paha. Pemain asal Brasil itu mung-kin harus absen hingga tiga ming-gu. Padahal paduan dua bek tengahitulah yang antara lain membuattim tersebut hanya kebobolan duagol dalam tujuh laga.

Ancelotti harus kembali melaku-kan pergeseran pemain di lini bela-kang Chelsea akibat cederanya ke-dua pemain itu. Branislav Ivanovicakan digeser dari posisi bek kananke tengah, seperti posisi aslinya. Ke-betulan untuk posisi bek kanan kiniada Jose Bosingwa, yang baru pulih

dari cedera.Sebagai pendamping Ivanovic,

Ancelotti memiliki beberapa pilihan.Ia bisa menempatkan Paulo Ferreira,yang dikenal sebagai bek serba bisa.Alternatif lainnya adalah dua bekmuda: Patrick van Aanholt, 20 ta-hun, serta Jeffrey Bruma, 19 tahun.

Ancelotti mungkin akan berpikirberkali-kali sebelum memutuskansiapa yang jadi starter. AncamanVilla, yang kini tengah bangkit ber-sama Gerrard Houllier, jelas tak bi-sa diremehkan. Tim tuan rumah itu

kini tengah menikmati kebangkitandan ketajaman Emile Heskey, man-tan andalan tim nasional.

Bruma berharap cederanya Terryitu akan memberi berkah baginya.Ia sudah lama menantikan aksi ditim utama untuk memastikan posi-sinya di tim nasional Belanda.“Ada-lah krusial untuk mendapat kesem-patan beraksi di tim utama bilaingin jadi pilihan reguler di tim na-sional. Tapi sejauh ini saya barutampil enam kali,”katanya.

Bila kondisi saat ini tak juga

memberinya kesempatan bermain,Bruma menyatakan segera akan me-nentukan sikap. “Saya akan meng-evaluasi situasi sebelum Natal danmungkin lebih baik bagi perkem-bangan saya untuk berlaga di klublain sebagai pinjaman,”katanya.

Chelsea saat ini masih memun-caki klasemen dengan nilai 18 daritujuh laga.The Blues terpaut empatdan lima angka dari Manchester Ci-ty serta Manchester United.AdapunVilla kini menghuni posisi kedela-pan dengan nilai 10. ● AP | SL | NURDIN

MENUNGGU GOL DI PENGADILAN“Pemilik itu,

mereka harus keluar.

Mereka dibenci.”

LONDON — Kebencian suporterterhadap pemilik klub Liver-pool,Tom Hicks dan George Gil-lett, mengemuka di Justin RoomPengadilan Tinggi Inggris, Lon-don, kemarin. Di tempat yang sa-ma tengah berlangsung sidangawal untuk memutuskan soalpenjualan Liverpool kepadaNew England Sports Ventures(NESV).

“Pemilik itu, mereka harus ke-luar. Mereka dibenci, jelas sekalisangat dibenci,”kata seorang su-porter yang hadir di ruangan si-dang itu. Dua suporter juga tam-pak mengacungkan poster berisitulisan “Hicks dan Gillet takditerima di sini” di muka pen-gadilan.

Para suporter itu menjadi ba-gian dari para Liverpudlian yangmendukung upaya penjualan.Mereka berbondong-bondongdatang guna menunggu tercipta-nya gol untuk mereka di ruangsidang itu.“Saya tak percaya se-mua ini. Lima tahun lalu, sayamelihat di Istanbul, kami meme-nangi trofi Eropa, dan kini sayaada di sini, di ruang pengadilan,saat tim kami berada hampir didasar klasemen dan hakim harusmemutuskan nasib kami.”

Sidang itu dipimpin hakimtunggal Justice Flloyd. Yang be-perkara adalah Royal Bank ofScotland (RBS), sebagai pemberikredit, melawan Tom Hicks seba-gai pemilik klub. Bank yang me-miliki piutang sebesar 273 jutapound sterling (Rp 3,6 triliun) diLiverpool itu berusaha meyakin-kan pengadilan bahwa upayaHicks dan Gillett sebagai pemi-lik bank tidak sah saat merekamenghalangi upaya penjualanklub itu kepada NESV, yang jugapemilik klub bisbol Boston RedSox.

Penjualan senilai 300 jutapound sterling (Rp 4,1 triliun) itumemang diputuskan oleh direksibank. Hicks dan Gillett, sebagaipemilik, tak sepakat karena me-nilai harga itu terlalu murah.Pengadilan tinggilah nantinya

yang akan menentukan pihakmana yang berhak menjual klubitu.

Upaya di pengadilan itu sebe-narnya berpacu dengan waktu.Utang Rp 3,6 triliun kepada RBSakan jatuh tempo pada Jumatnanti. Bila utang itu tak dapatdibayar, Liverpool akan masukke Badan Administrasi—lemba-ga khusus di Inggris untuk me-nangani klub yang mengalamikesulitan keuangan dan mence-gahnya dari kebangkrutan. Un-tuk klub yang masuk Adminis-trasi, Liga Inggris akan menge-nakan pemotongan nilai seba-nyak sembilan poin.

RBS disebut-sebut sebagai pi-hak yang lebih kuat di pengadil-an itu. Jumat lalu mereka jugasudah berhasil mendapat perin-tah pengadilan yang mencegahusaha Hicks dan Gillett yangingin mengganti seluruh jajarandireksi yang telah membuat ke-sepakatan penjualan.

RBS kini juga dikabarkan te-ngah menimbang kemungkinanmemberi sedikit perpanjanganwaktu atas pembayaran utangLiverpool yang akan jatuh tem-po. Itu bila hingga Jumat nantipengadilan belum bisa membuatputusan. ● REUTERS | AP | NURDIN

Taipan Singapura Ikut MenawarLONDON — Kemungkinan pemo-tongan sembilan poin yang akanditerima Liverpool membuat NewEngland Sports Ventures (NESV),calon pembeli klub itu, dikabar-kan berpikir untuk membatalkankesepakatan. Tapi, meski hal itujadi kenyataan, perpindahan ke-pemilikan klub Inggris itu masihmungkin terjadi.

Saat ini ada penawar lainyang muncul, yakni Peter Lim,taipan asal Singapura. Lim ada-lah mantan broker saham dankini memiliki holding minyak sa-wit serta merupakan pemilik ja-ringan kafe Manchester Uniteddi Asia.

Ia sebetulnya sudah ikut meng-ajukan penawaran untuk membeliLiverpool bersama NESV. Namun,meski mengaku mengajukan nilaiyang nyaris sama dengan tawar-an lembaga asal Amerika Serikatitu, ia dikalahkan.

Kini ia siap mengajukan tawar-an baru, terutama bila pengadil-an tinggi memenangkan pihak pe-milik klub Tom Hicks dan GeorgeGillett. Lim menyatakan siap me-

naikkan tawarannya hingga 20 ju-ta pound sterling lebih tinggi (jadi320 juta pound sterling) dari ta-waran NESV.

Selain mengajukan tawaranharga yang lebih menggiurkanitu, ia menjanjikan penghapusanutang Liverpool senilai 200 jutapound serta akan menyediakan40 juta pound bagi pelatih RoyHodgson guna membeli pemaindan memperkuat skuadnya.

Lim juga yakin tawarannya le-bih menarik karena semua danayang dikeluarkan berasal dari ke-kayaannya sendiri, dan bukanberasal dari pinjaman.

● AP | REUTERS | NURDIN

Peter Lim

Steven GerrardLIVERPOOL

TIM HALES (AP)

WWW.THE SPORT CHRONICLE.COM

Page 25: KoranTempo 13 Oct 2010

R A B U1 3 O K T O B E R 2 0 1 0 A24

PATO LAGI! HALAMAN A22

BUMN SPONSORI PEMBINAAN ATLET HALAMAN A19

FIA DUKUNG GP KOREAHALAMAN A20

VALENCIA TAK MUNGKIN JUARA

HALAMAN A21

TAIPANSINGAPURA IKUT MENAWAR HALAMAN A23

s

Perang perebutan Liver-

pool berlanjut ke peng-

adilan tinggi di London

kemarin. Pemilik sekarang

dari Amerika Serikat, Tom

Hicks dan George Gillett,

berusaha membatalkan ke-

sepakatan penjualan klub

legendaris di Eropa itu

oleh direksi The Reds lain-

nya ke New England

Sports Ventures (NESV)

milik pengusaha Ameri-

ka lainnya, John William

Henry II.

Royal Bank of Scot-

land, tempat Hicks dan

Gillett berutang untuk

mendanai Liverpool,

mendukung penjual-

an klub itu kepada

Henry. Tapi miliarder

dari Singapura, Pe-

ter Lim, siap bersa-

ing dengan pemilik

klub bisbol Boston

Red Sox itu. Lim

siap membeli Liver-

pool bila The Reds gagal

mencapai kesepakatan de-

ngan NESV atau jika klub itu

jatuh dalam pengawasan ka-

rena gagal membayar utang.

s

TIM HALES (AP)