korantempo 20 oct 2010

25
IKLAN Kritik juga berda- tangan dari sesama anggota Dewan. JAKARTA –– Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat berkukuh hendak pergi ke Yu- nani selama enam hari pada 23 Oktober mendatang. Menu- rut Wakil Ketua Badan Kehor- matan Nudirman Munir, seki- tar sembilan orang, termasuk dirinya, akan melakukan studi banding tentang etika di sana. Kegiatan itu dinilai wajib.“Bi- ar tak seperti katak dalam tempurung,” katanya di ge- dung DPR kemarin. “Mereka tidak peka,” kata Koordinator Forum Masyara- kat Peduli Parlemen Indonesia Sebastian Salang. Selama ini Badan Kehormatan dinilai be- lum bekerja dengan baik se- hingga banyak pengaduan masyarakat yang tak ditin- daklanjuti. Ketua Badan Kehormatan Gayus Lumbuun mengaku tak ikut ke Yunani karena hal itu bertentangan dengan hati nu- raninya. “Itu tidak salah, tapi tak ada manfaatnya,”katanya. Adapun Marwan Jafar, Ke- tua Fraksi PKB, menam- bahkan, “Emangnya kita tidak punya etika poli- tik sendiri sehingga harus belajar ke luar negeri?” MUTIA RESTY | BUNGA MANGGIASIH | DIANING SARI | DWI WIYANA PERJALANAN RP 2,2 MILIAR K ritik terhadap acara kunjungan anggota DPR ke luar negeri te- rus membanjir, tapi Dewan tak terpengaruh. Pada 23 Oktober mendatang, selama enam atau tujuh hari, giliran awak Badan Kehormatan DPR ber- kunjung ke Yunani. Untuk per- jalanan studi ban- ding soal etika itu, dianggar- kan duit Rp 2,2 miliar. MEREKA YANG BERANGKAT Versi Nudirman Munir, Wakil Ketua Badan Kehormatan Lama kunjungan: 6 hari Peserta: 8 orang (Nudirman Munir—Golkar, Chairuman Harahap—Golkar, Salim Mengga—Demokrat, Darizal Basir—Demokrat, Ansory Siregar—PKS, Abdul Rozaq Rais—PAN, Ali Maschan Moesa—PKB, Usman Djafar—PPP) VERSI FORUM INDONESIA UNTUK TRANSPARANSI ANGGARAN (FITRA) Lama kunjungan: 7 hari Peserta: 13 orang dari DPR, 2 orang dari Setjen DPR NASKAH: BUNGA MANGGIASIH | DIANING SARI | DWI WIYANA SUMBER: FITRA MENGUTIP RENCANA KERJA DAN ANGGARAN DPR ANGGOTA DPR NGOTOT KE YUNANI www.tempointeraktif.com www.korantempo.com RABU 20 OKTOBER 2010 | EDISI NO. 3333 | TAHUN X | 56 HALAMAN RP 3.000 (LUAR JAWA + ONGKOS KIRIM) Petisi Asian Agri Diajukan ke Presiden NASIONAL »A5 ILUSTRASI: IMAM YUNNI (TEMPO) ANGGARAN 1. Tiket 13 anggota DPR US$ 14.911 (Rp 1,78 miliar) 2. Tiket 2 staf Setjen DPR US$ 3.331 (Rp 61,29 juta) 3. Uang harian 13 anggota DPR 7 (hari) x 13 x US$ 418 = US$ 38.038 (Rp 349,95 juta) 4. Uang harian 2 staf Setjen DPR 7 (hari) x 2 x US$ 376 = US$ 5.264 (Rp 48,43 juta) 5. Uang representasi US$ 2.000 (Rp 18,4 juta) 6. Asuransi 13 anggota DPR 13 x US$ 50 = US$ 650 (Rp 5,98 juta) 7. Asuransi 2 staf Setjen DPR 2 x US$ 50 (Rp 920 ribu) Jumlah total: US$ 246.557 (Rp 2.268.324.400) Kita ingin mengetahui etika senator di sana, seperti tata cara berpakaian, tata cara berbicara kalau tidak sependapat. NUDIRMAN MUNIR, Wakil Ketua BK DPR.

Upload: shouso

Post on 24-Jun-2015

560 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: KoranTempo 20 Oct 2010

IKLAN

Kritik juga berda-

tangan dari sesama

anggota Dewan.

JAKARTA –– Badan KehormatanDewan Perwakilan Rakyatberkukuh hendak pergi ke Yu-nani selama enam hari pada23 Oktober mendatang. Menu-rut Wakil Ketua Badan Kehor-matan Nudirman Munir, seki-tar sembilan orang, termasukdirinya, akan melakukan studibanding tentang etika di sana.Kegiatan itu dinilai wajib.“Bi-ar tak seperti katak dalamtempurung,” katanya di ge-dung DPR kemarin.

“Mereka tidak peka,” kataKoordinator Forum Masyara-kat Peduli Parlemen IndonesiaSebastian Salang. Selama iniBadan Kehormatan dinilai be-lum bekerja dengan baik se-hingga banyak pengaduanmasyarakat yang tak ditin-daklanjuti.

Ketua Badan KehormatanGayus Lumbuun mengaku takikut ke Yunani karena hal itubertentangan dengan hati nu-raninya. “Itu tidak salah, tapitak ada manfaatnya,”katanya.Adapun Marwan Jafar, Ke-tua Fraksi PKB, menam-bahkan,“Emangnya kitatidak punya etika poli-tik sendiri sehinggaharus belajar ke luarnegeri?”

● MUTIA RESTY |

BUNGA MANGGIASIH |

DIANING SARI | DWI WIYANA

PERJALANAN RP 2,2 MILIAR

Kritik terhadap acara kunjungan

anggota DPR ke luar negeri te-

rus membanjir, tapi Dewan tak

terpengaruh. Pada 23 Oktober

mendatang, selama enam

atau tujuh hari, giliran awak

Badan Kehormatan DPR ber-

kunjung ke Yunani. Untuk per-

jalanan studi ban-

ding soal etika

itu, dianggar-

kan duit Rp

2,2 miliar.

MEREKA YANG BERANGKAT

Versi Nudirman Munir, Wakil Ketua Badan KehormatanLama kunjungan: 6 hari Peserta: 8 orang (Nudirman Munir—Golkar, ChairumanHarahap—Golkar, Salim Mengga—Demokrat, DarizalBasir—Demokrat, Ansory Siregar—PKS, Abdul RozaqRais—PAN, Ali Maschan Moesa—PKB, Usman Djafar—PPP)

VERSI FORUM INDONESIA UNTUK TRANSPARANSI

ANGGARAN (FITRA)

Lama kunjungan: 7 hariPeserta: 13 orang dari DPR, 2 orang dari Setjen DPR

NASKAH: BUNGA MANGGIASIH | DIANING SARI | DWI WIYANA

SUMBER: FITRA MENGUTIP RENCANA KERJA DAN ANGGARAN DPR

ANGGOTA DPR NGOTOTKE YUNANI

www.tempointeraktif.com www.korantempo.com

RABU 20 OKTOBER 2010 | EDISI NO. 3333 | TAHUN X | 56 HALAMAN RP 3.000 (LUAR JAWA + ONGKOS KIRIM) Petisi Asian Agri Diajukan ke Presiden NASIONAL »A5

ILUSTRASI: IMAM YUNNI (TEMPO)

ANGGARAN

1. Tiket 13 anggota DPR US$ 14.911 (Rp 1,78 miliar)

2. Tiket 2 staf Setjen DPR US$ 3.331 (Rp 61,29 juta)

3. Uang harian 13 anggota DPR 7 (hari) x 13 x US$ 418 = US$ 38.038 (Rp 349,95 juta)

4. Uang harian 2 staf Setjen DPR 7 (hari) x 2 x US$ 376 = US$ 5.264 (Rp 48,43 juta)

5. Uang representasi US$ 2.000 (Rp 18,4 juta)

6. Asuransi 13 anggota DPR 13 x US$ 50 = US$ 650 (Rp 5,98 juta)

7. Asuransi 2 staf Setjen DPR 2 x US$ 50 (Rp 920 ribu)

Jumlah total: US$ 246.557 (Rp 2.268.324.400)

Kita ingin mengetahui etika senator di sana, seperti tata cara berpakaian, tata cara berbicarakalau tidak sependapat.

NUDIRMAN MUNIR, Wakil Ketua BK DPR.

Page 2: KoranTempo 20 Oct 2010
Page 3: KoranTempo 20 Oct 2010

BERITA UTAMA R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A2EDITORIAL

Jika DPR Masih Belajar Etika

Amat menyedihkan bila anggota Dewan Perwa-kilan Rakyat benar-benar masih harus belajaretika politik. Mereka tentu belum bisa membe-

dakan perbuatan yang pantas dari yang tidak pan-tas. Untuk membuat politikus Senayan lebih pintar,celakanya, rakyat harus membiayainya karena me-reka ingin belajar etika ke Yunani.

Orang yang berpikiran sehat hanya bisa geleng-geleng kepala. Apalagi yang akan melakukan studibanding itu bukanlah anggota biasa DPR, melain-kan anggota Badan Kehormatan lembaga tinggi itu.Kenapa pula sampai harus ke Yunani? Seandainyasaja mereka pergi ke sana 2.500 tahun silam, mung-kin akan bertemu dengan Socrates. Lalu, sang filsufakan mengajari mereka soal moral dan filosofi poli-tik.Tapi, pada 2010 ini, siapa yang akan mereka te-mui di sana untuk belajar etika dan disiplin?

Wakil Ketua Badan Kehormatan, Nudirman Mu-nir, mengatakan mereka akan menemui badan ke-hormatan parlemen Yunani untuk menimba peng-alaman agar tak menjadi katak dalam tempurung.Masalahnya, apakah studi banding seperti ini ber-guna? Bukankah DPR telah memiliki kode etik dantata tertib? Kalaupun parlemen Yunani punya peng-alaman menarik dalam mendisiplinkan anggota-nya, belum tentu hal itu bisa diterapkan di Indone-sia.

Yang mendesak untuk dilakukan oleh anggotaBadan Kehormatan justru menegakkan kode etikdan tata tertib Dewan. Banyak politikus Senayanyang membolos tapi dibiarkan saja.Tak sedikit pulaanggota Dewan yang terjerat masalah suap namuntak diberi sanksi apa pun, dengan dalih proses hu-kum belum selesai. Padahal masalah etika sungguhberbeda dengan penegakan hukum.

Tindakan tegas terhadap mereka bisa dilakukanoleh anggota Badan Kehormatan tanpa harus bela-jar jauh-jauh ke Eropa. Studi banding dengan biayaRp 2,2 miliar itu malah menjadi contoh yang burukbagi anggota DPR lainnya.Tidaklah mungkin Ba-dan Kehormatan menganjurkan politikus Senayanberdisiplin dan menghemat anggaran negara jikamereka juga melakukan hal yang sama.

Masyarakat bahkan sudah hafal jawaban paraanggota DPR yang dikritik ketika mengadakan stu-di banding. Mereka selalu berdalih bahwa kegiatanini telanjur dianggarkan. Padahal pembatalan bu-kan perkara besar. Mereka bisa saja mengembalikanuang itu ke Kementerian Keuangan. Lagi pula bela-jar etika ke luar negeri tidaklah termasuk janji-janjiyang sering dilontarkan para calon anggota legisla-tif dalam masa kampanye dulu. Bukankah merekasering berjanji, antara lain, akan menyerap aspirasimasyarakat, lalu memperjuangkannya menjadi ke-bijakan pemerintah?

Jika benar-benar ingin memahami etika politik,politikus Senayan mestinya mendengarkan pan-dangan masyarakat bahwa studi banding bukanlahkegiatan yang pantas dilakukan DPR. Lawatan keluar negeri itu hanya menghambur-hamburkan ang-garan negara, yang seharusnya bisa dialokasikanuntuk proyek yang berguna bagi rakyat. Mereka se-olah ingin belajar etika tapi dengan cara menabraketika. ●

KUTIPAN

“Sangat jarang saya mengucapkan terimakasih dalam acara seperti ini.”

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Makassar ke-marin, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sula-wesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan warga setempat ataskemajuan pembangunan provinsi itu, terutama bidang pro-duksi pangan, selama beberapa tahun terakhir.

“Kalau kita cari kesalahan seperti itu, tiaptanggal 20 (Oktober) selalu ada reshuffle.”

Wakil Ketua DPR Anis Matta, menanggapi isu reshuffle

Kabinet Indonesia Bersatu II, di Jakarta kemarin.

Nudirman membantah

biayanya sampai

miliaran rupiah.

JAKARTA — Rencana BadanKehormatan Dewan Perwa-kilan Rakyat pergi ke Yunaniuntuk melakukan studi ban-ding tentang etika menuaikritik. Kegiatan itu dinilai ti-dak tepat sehingga tak ber-manfaat. Sebab, kehidupandemokrasi di negara asal fil-suf Socrates dan Plato itu sa-at ini sudah ketinggalan.

“Yunani sebagai negarademokrasi itu kan sejarah-nya. Yunani sekarang sudahketinggalan,” ujar AhmadMubarok, anggota DewanPembina Partai Demokrat,saat dihubungi tadi malam."Kunjungan kerja itu kan ha-nya berapa persen, selebih-nya jalan-jalan."

Lantaran rencana itu dini-

lai tak bermanfaat, MarwanJafar, Ketua Fraksi PKB, me-minta agar dibatalkan. “Ka-lau dari frekuensi, memangsudah melampaui ambangbatas kunjungan ke luar ne-geri,” ujar Mahfudz Siddiqdari Fraksi PKS. ”Rencanaitu perlu dikaji ulang.”

Rencana ke Yunani kemarindiungkapkan oleh Wakil Ke-tua Badan Kehormatan DPRNudirman Munir. Sekitar de-lapan anggota Badan Kehor-matan, termasuk dirinya,akan berangkat pada 23 men-datang. Mereka akan beradadi Athena selama tiga hari un-tuk bertemu dengan badankehormatan parlemen Yunanidan pimpinan parlemen Yu-nani. Sedangkan tiga harilainnya untuk perjalanan.

“Di sana sudah lama diben-tuk badan kehormatan, sejakzaman Romawi Kuno,” kataNudirman. Di Yunani, mereka

antara lain akan melakukankomparasi soal tata tertib, eti-ka pelaporan, etika perilakusenator, tata cara berpakaian,dan tata cara berbicara kalautak sependapat.

Selama tiga hari di Athena,Nudirman mengakui agen-danya tak melulu menemuisenator. Jika ada waktu lu-ang, anggota rombongan bisasaja jalan-jalan. “Mau jalan-jalan, mau keliling kota, ituhak mereka,”kata Nudirman.

Soal biaya, ia membantahkabar yang menyatakan jum-lahnya hingga miliaran rupi-ah, seperti dilansir Forum In-donesia untuk TransparansiAnggaran. “Itu bohong. Jum-lahnya masih ratusan juta, taksampai miliaran.”

Menanggapi kegiatan itu,Koordinator Forum Masyara-kat Peduli Parlemen IndonesiaSebastian Salang khawatirstudi banding ke Yunani justru

akan menambah kritik dancemooh terhadap parlemen.

Menurut dia, Badan Ke-hormatan seharusnya justrumemberikan penilaian terha-dap studi banding anggotaDPR, apakah bermanfaatdan penting atau tidak. Darikajian itu, kemudian bisa di-berikan sanksi kepada ang-gota yang studi bandingnyaternyata tak perlu.“Tapi, ka-lau BK DPR melakukan halyang sama, bagaimana bisamenindak?”kata Sebastian.

Wakil Ketua DPR AnisMatta berpendapat lain. Me-nurut dia, kunjungan anggotaDewan ke luar negeri merupa-kan hak mereka.“Kami, pim-pinan, sudah sepakat, kun-jungan ke luar negeri tak bisakita hentikan,” katanya, “Se-bab, hal itu merupakan hakyang sudah diatur.”

● MUTIA RESTY | BUNGA MANGGIASIH |

DIANING SARI | DWI WIYANA

JAKARTA — Polisi memperki-rakan 2.000 orang akanberunjuk rasa di Ibu Kotahari ini, memperingati seta-hun pemerintahan PresidenSusilo Bambang Yudhoyono.Perkiraan jumlah demon-stran tersebut, kata juru bi-cara Kepolisian Daerah Met-ro Jaya, Komisaris Besar BoyRafli Amar, didasarkan padalaporan kepada Polda oleh 15elemen masyarakat yang ber-niat mengadakan unjuk rasa.

Elemen masyarakat yangakan menggelar demo itu ter-diri atas lembaga swadayamasyarakat, badan eksekutifmahasiswa (BEM), dan seri-kat buruh. Mereka, antaralain, Komisi untuk Orang Hi-lang dan Korban Tindak Ke-

kerasan, Petisi 28, serta BEMseluruh Indonesia

Untuk mengamankan de-monstrasi, polisi menyiaga-kan 19 ribu personel dari ke-satuan Brigade Mobil danpasukan antihuru-hara.“Me-reka akan diturunkan berta-hap, tergantung perkem-bangan,”kata Boy Rafli.

Tempat-tempat yang men-jadi fokus pengamanan ada-lah Istana Kepresidenan, Is-tana Wakil Presiden, DPR,gedung Komisi Pemberan-tasan Korupsi,Bundaran Ho-tel Indonesia, serta pusat-pu-sat perekonomian.

Wakil Persatuan OposisiNasional dari Petisi 28, HarisRusli Motti, menegaskanbahwa aksi gabungan hari

ini akan bermuara di depanIstana Negara. Di sana mere-ka akan mendirikan pang-gung orasi. “Kami akan me-nyatakan pemerintahan SBYtelah gagal,”kata dia.

Haris menerangkan, de-monstran mulai bergerak dariStasiun Gambir, Jakarta Pu-sat, pukul 12.00 WIB, menujuIstana Negara. Setelah itu,panggung orasi terbuka akandigelar pukul 13.00 WIB.

Para aktivis dari berbagaikota juga berniat meramai-kan hajatan hari ini. PresidenKeluarga Mahasiswa InstitutTeknologi Bandung, HerryDharmawan, mengatakanratusan mahasiswa Bandungakan berangkat ke Jakarta.

Begitu pula ratusan buruh

dan elemen masyarakat Ta-ngerang berniat bertolak keJakarta melalui Batu Ceper.Di Purwokerto, 12 elemenmahasiswa memastikan akanmenggelar aksi unjuk rasa.

Presiden Yudhoyono me-nanggapi santai rencana de-monstrasi itu.“Unjuk rasa be-sok dalam sistem sosial-poli-tik tidak luar biasa,” kata diasaat memberi sambutan pem-bukaan Rapat Kerja Guber-nur se-Indonesia di Makassar.

Presiden menjelaskan, peti-si,kritik,dan unjuk rasa harusdihormati. Pemerintah dise-butnya tidak bakal terganggu,apalagi menanggapi aksi ter-sebut secara emosional.

● DWI RIYANTO | ANWAR S | A. ANDRIANTO | ABD

AZIS | ROFIUDDIN | AYU CIPTA | ANTON W | EFRI RITONGA

Terlibat Bentrokan

Studi Banding ke YunaniDinilai Tidak Tepat

Demonstrasi Sambut Setahun Kabinet

Tameng polisi antihuru–haraterkena bom molotov mahasis-wa Universitas Negeri Makas-sar saat terjadi bentrokan diMakassar kemarin. Puluhanmahasiswa Universitas NegeriMakassar terlibat bentrokan de-ngan aparat kepolisian setelahmahasiswa memaksa menero-bos blokade polisi dan tentarauntuk menemui Presiden SBY.

FAHMI ALI (TEMPO)

Page 4: KoranTempo 20 Oct 2010

BERITA UTAMA R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A3

NANNING — Wakil PresidenBoediono menawarkan limaproyek unggulan dengan me-kanisme kerja sama pemerin-tah dengan swasta kepada250 pengusaha Cina. “Indo-nesia sedang memprioritas-kan pembangunan proyek-proyek infrastruktur, mem-berikan insentif untuk pro-yek infrastruktur,” katanya

dalam pertemuan The 7thChina-ASEAN Business andInvestment Summit di Nan-ning, Cina, kemarin.

Satu di antara lima proyekinfrastruktur unggulan yangmenjadi prioritas adalahPLTU 2 x 1.000 megawatt diJawa Tengah senilai US$ 3 mi-liar. Tujuh investor menyata-kan tertarik, dua di antaranya

dari Cina.Proyek lainnya adalah ja-

lur kereta api Bandara Soe-karno-Hatta-Manggarai se-nilai US$ 735 juta, proyekpengadaan air minum diUmbulan, Jawa Timur, de-ngan nilai investasi US$ 24juta,proyek terminal kapal diTanah Ampo, Bali, senilaiUS$ 36 juta, dan proyek jalan

tol Medan-Kuala Namu seni-lai US$ 470 juta.

Pemerintah, kata Boedio-no, juga mengundang inves-tor Cina ikut dalam proyekinfrastruktur lainnya, yakniperluasan tol trans Jawa, ja-lur kereta api trans Jawa, pe-labuhan, serta proyek PLTU10 ribu megawatt tahap II.

Selain itu,pemerintah Indo-

nesia telah bermitra denganlembaga pembiayaan regionalAFC, JBIC, dan ADB. “Kamiyakin dengan ini bisa menarikinvestor. Pemerintah jugamenggencarkan kerja samapemerintah-swasta denganrevisi peraturan pengadaanlahan dalam waktu dekat.”

Tak hanya infrastruktur,pemerintah juga mengajak

pebisnis Cina membuka pe-luang investasi bidang per-tambangan, kelistrikan, danlainnya. Menteri Perdagang-an Mari Elka Pangestu me-ngatakan akan mengupaya-kan adanya kerja sama daninvestasi dalam sejumlah in-dustri, yaitu besi baja, tekstil,pakaian jadi, dan alas kaki.

● EKO ARI WIBOWO (NANNING)

Indonesia Tawarkan Proyek Infrastruktur ke Cina

Melanggar Undang-Un-

dang Kehutanan.

TENGGARONG — Presiden Di-rektur PT Sumalindo LestariJaya Amir Sunarko dan wa-kilnya, David, kemarin di-adili di Pengadilan NegeriTenggarong, Kalimantan Ti-mur, dan didakwa menjadipenadah kayu gelap. Kedua-nya dituduh melakukan tin-dak pidana dan melanggarUndang-Undang Nomor 41Tahun 1999 tentang Kehu-tanan dengan ancaman 10tahun penjara.

Dalam dakwaannya, jaksapenuntut umum Suroto danPriyatna menjerat kedua ter-dakwa dengan Pasal 50 ayat3 UU Kehutanan atau UUNomor 41 Tahun 1999. Mere-ka dituduh menerima ataumembeli hasil hutan ilegal.

Kasus ini berawal dari di-temukannya tumpukan kayudi dermaga milik Sumalindodi Tanjung Harapan, KutaiKartanegara,Mei lalu.Sesuaidengan dokumen, soal asalkayu, perusahaan ini hanyaboleh menerima kayu hasilkebun. Namun, dari temuanpolisi, kayu yang dikirimadalah jenis yang dilarangdiperjualbelikan. Semua ka-yu itu tak dilengkapi doku-men resmi.

Sebulan kemudian polisimenetapkan Amir Sunarkodan David sebagai tersangka.Dasarnya, menurut penyidik,sesuai dengan Undang-Un-dang Perseroan Terbatas, jikaada masalah hukum, pimpin-an perusahaan ikut bertang-gung jawab.

Jaksa penuntut umum Su-roto menyatakan kedua ter-dakwa dinilai ikut mengang-kut, menguasai, atau memi-liki hasil hutan yang tidaksah.“Perbuatan terdakwa di-ancam pidana,”katanya.

Namun kuasa hukum ter-

dakwa, Otto Hasibuan, me-ngatakan kasus kliennya ter-kesan sangat dipaksakan.Alasannya, Amir Sunarkodan David sama sekali tidaktahu-menahu ihwal perma-salahan di lapangan, terlebihsoal penerimaan kayu.

Upaya membebaskan Amirdan David dilakukan Suma-lindo dengan mengirim suratpada 27 Agustus 2010 ke Ke-menterian Koordinator Poli-tik, Kejaksaan Agung, sertaKementerian Kehutanan. Ke-menterian Koordinator Poli-tik pada 8 September lalumenggelar rapat yang diha-diri pejabat KementerianHukum, Kementerian Kehu-tanan, Kejaksaan Agung, Ke-polisian RI, Badan IntelijenNegara,dan Tentara NasionalIndonesia. Rapat menyimpul-kan, penahanan dua bos Su-malindo berdampak burukterhadap iklim investasi.

Dari penelusuran majalahTempo, kakak ipar PresidenSusilo Bambang Yudhoyono,Wijiasih Cahyasasi alias Wi-wiek, juga aktif melakukanupaya pembebasan keduaterdakwa. Wiwiek, yang jugaPresiden Komisaris Sumalin-do, menemui Menteri Kehu-tanan dan Kepala Polri un-tuk menanyakan penahananAmir Sunarko.

Menteri Kehutanan Zulki-fli Hasan ketika ditemui, Se-lasa lalu (12 Oktober), meng-aku mengenal David.“Dia ituanggota tim ahli saya,” kata-nya. Bahkan Zulkifli membe-rikan semacam jaminan ke-pada Kejaksaan Negeri Teng-garong untuk menangguh-kan penahanan Amir danDavid.

“Jaminan diberikan atasnama institusi DirektoratJenderal Bina Produksi Ke-hutanan,”kata Hadi Daryan-to, Direktur Jenderal BinaProduksi Kehutanan.

● FIRMAN HIDAYAT | ALI NY

Kasus Bos SumalindoDisidangkan

IKLAN

Page 5: KoranTempo 20 Oct 2010

PembangunanGedung DPRDitunda Hingga 2011 JAKARTA –– Dewan Perwakilan Rak-yat menunda rencana pembangun-an gedung baru hingga tahun de-pan.“Ditunda sampai 2011, tergan-tung persiapan konsultan,” kataWakil Ketua Badan Urusan RumahTangga DPR Pius Lustrilanang ke-marin.

Penundaan dilakukan lantarankonsultan harus menghitung detailbiaya engineering dan desain. Diamemperkirakan penghitungan palingcepat dilakukan dalam lima bulan.“Saat ini tidak mungkin dilakukan,makanya ditunda agar dipersiapkandengan baik dan dihitung ulang,”ka-tanya.

Dia yakin, setelah dihitung ulang,anggaran pembangunan gedung bisaditekan hingga di bawah Rp 1,16 tri-liun. Setelah penghitungan ulang se-lesai, barulah tender pembangunangedung akan dibuka.

Rencana pembangunan gedung ba-ru ini telah menuai reaksi dari ang-gota DPR sendiri. Ketua Fraksi Par-tai Amanat Nasional Tjatur SaptoEdy, awal bulan lalu, menyatakan Ba-dan Urusan Rumah Tangga (BURT)tidak pernah melibatkan fraksi da-lam rencana pembangunan gedungbaru. Karena itu, dia meminta agarrencana pembangunan gedung baruditinjau ulang. Tjatur mendesak su-paya semua keputusan yang dibuatsoal pembangunan gedung melibat-kan fraksi.

Nada penolakan keras muncul da-ri Ketua Fraksi Gerindra MartinHutabarat. Dia menilai belum adaurgensi untuk membangun gedungbaru. Ia mengusulkan agar pemim-pin DPR melakukan jajak pendapatterhadap seluruh anggota Dewanperihal rencana pembangunan ge-dung DPR.

Koordinator Advokasi dan Investi-gasi Sekretariat Nasional Forum In-donesia untuk Transparansi Anggar-an, Uchok Sky Khadafi, berharapDPR tak sekadar menunda, tapi bah-kan membatalkan rencana itu.“DPRharus berhemat, untuk apa gedungbaru. Lebih baik memperjuangkanpemilihnya,” katanya ketika dihu-bungi kemarin.

Selain soal gedung baru, BURT me-mutuskan menunda program rumahaspirasi. “Belum saatnya dilaksana-kan, sampai nanti dianggap memung-kinkan,”kata Pius.

Wacana rumah aspirasi adalahprogram yang tercantum dalam Per-aturan DPR Nomor 1 Tahun 2009 ten-tang Tata Tertib Pasal 203 ayat 4.Aturan itu menyatakan setiap anggo-ta Dewan dapat membangun rumahaspirasi. Dalam usulan tersebut di-perkirakan setiap anggota DPR akandiberi anggaran untuk mengelola ru-mah aspirasi tersebut dengan danasekitar Rp 200 juta untuk tiap anggo-ta. ● MUTIA RESTY | BUNGA MANGGIASIH

JAKARTA –– Desakan agar PresidenSusilo Bambang Yudhoyono meng-evaluasi kinerja menteri-menteridalam Kabinet Indonesia BersatuII terus menguat. Anggota DewanPembina Partai Demokrat, AhmadMubarok, mengatakan setahunmasa kerja seorang menteri sudahcukup untuk melihat kemampuanpejabat tersebut.“(Setahun) sudahbisa kalau mau diganti,” katanyasaat dihubungi semalam.

Dia melanjutkan, partainya se-lalu melaporkan langsung kinerjapara menteri ke Presiden Yudhoyo-no. “Setiap ada kejadian yang ti-dak benar dari menteri terkait, ka-mi laporkan langsung ke Presi-den,”katanya.

Hari ini tepat setahun PresidenYudhoyono memilih para menteri.Peneliti politik dari Lembaga SurveiIndonesia (LSI),Burhanudin Muhta-di, mengatakan tingkat kepercayaanpublik terhadap SBY dan Boedionoterkoreksi hingga 19 persen, lalu tu-

run drastis. Hanya 32 persen respon-den yang mengatakan prestasi pene-gakan hukum dan pemberantasankorupsi dikategorikan baik.

Berdasarkan surveinya, LSI jugamenemukan bahwa kinerja limamenteri tidak memuaskan. Merekaadalah Menteri Luar Negeri, Men-teri Tenaga Kerja dan Transmigra-si, Menteri Perdagangan, MenteriPembangunan Daerah Tertinggal,serta Menteri Pertanian.

Senada dengan itu, aktivisFadjroel Rachman mengatakan ca-paian pemerintah dalam pembe-rantasan korupsi masih mengece-wakan. Presiden diminta meng-ganti menteri, seperti Menteri Hu-kum dan Hak Asasi Manusia Pat-rialis Akbar serta pelaksana tugasJaksa Agung, Darmono.

Ketika dimintai konfirmasi,Men-teri Luar Negeri Marty Natalegawaenggan berkomentar soal jajak pen-dapat yang digelar LSI.“Saya hanyabekerja, bekerja, dan bekerja,”kata-

nya di Jakarta kemarin. Pihaknyaselalu memberikan laporan hasil ki-nerja secara berkala ke Unit KerjaPresiden Bidang Pengawasan danPengendalian Pembangunan.

Adapun Menteri PerekonomianHatta Rajasa menyatakan evalua-si kinerja harus dilakukan berda-sar data-data. Perekonomian In-donesia, misalnya, tumbuh sekitar4,6 persen setiap tahun. Tapi,“So-al, penilaian, jangan tanya saya,Pak Presiden yang tahu,” katanyakemarin.

Sejumlah partai politik jugaenggan mengomentari soal renca-na reshuffle. Partai PersatuanPembangunan yakin, Menteri Aga-ma Suryadharma Ali, yang berasaldari partai tersebut, tak akan dico-pot. “Reshuffle-nya mungkin ada,tapi (saya) yakin Suryadharma ti-dak kena,”ujar Sekretaris JenderalPPP Irghan Chairul kemarin.

Menurut Sekretaris JenderalPartai Keadilan Sejahtera, Anis

Matta, reshuffle bukan solusi yangtepat untuk mendongkrak kinerjapara menteri. Senada dengan itu,Ketua DPP Partai Golkar PriyoBudi Santoso juga menolak men-campuri kewenangan Presiden un-tuk mengganti menterinya.“Kamidari Golkar tidak ikut campur. Ituwewenang Presiden dari hasil eva-luasi kabinet. Kewenangan itu ha-rus dihormati,”katanya.

Kemarin Wakil Presiden Boedio-no menyatakan akan memperce-pat kunjungannya ke Cina.“Dijad-walkan hari Kamis ada sidang ka-binet, jadi kami harus kembali,”katanya di Liyuwan Resort, Nan-ning, Cina, kemarin.

Dia mengaku akan bertemu de-ngan Presiden Yudhoyono untukmembahas kinerja para menteri.Pembahasan tidak sepatutnya di-lakukan melalui telepon. “Tentusaja lebih baik tidak lewat telepon,ya,”ujarnya. ● MUTIA RESTY | MUNAWWAROH | DIANING

SARI | EKO ARI WIBOWO | ANTON WILLIAM | EVANA DEWI

JAKARTA –– Langkah KomisarisJenderal Timur Pradopo menujukursi Kepala Kepolisian RI makinmulus. Kemarin Dewan Perwakil-an Rakyat menyetujui pencalonanTimur melalui rapat paripurna.

Rapat yang digelar kemarin pa-gi itu tidak diwarnai keberatanataupun perdebatan sengit. Dalamrapat yang dipimpin Wakil KetuaDPR dari Fraksi Golkar, Priyo Bu-di Santoso, tersebut seluruh peser-ta menyetujui pencalonan bekasKepala Polda Metro Jaya itu.

Priyo pun mempersilakan pim-pinan Komisi III bidang hukummemaparkan laporan mengenaipemberhentian dan pengangkatanKapolri. Dalam laporannya, WakilKetua Komisi III Tjatur Sapto Edymenyatakan seluruh anggota Ko-misi telah menyepakati pergantiankepemimpinan di Kepolisian.“Ko-misi III setujui pengangkatanKomjen Timur Pradopo sebagaiKapolri bersama catatan fraksi-fraksi sebagai bagian yang tidakterpisahkan,”katanya.

Ketika ditemui seusai rapat pa-ripurna, Timur enggan berkomen-tar ihwal penetapannya sebagaiKepala Polri.“Nanti saja, ya,”kata-nya kemarin. Ia beralasan belumdilantik sebagai Kapolri.

Saat menjalani uji kelayakan diDewan Perwakilan Rakyat, pekanlalu, Timur menguraikan 10 prog-ram prioritas dan komitmen revi-talisasi bila ia menjadi Kapolri.Namun ia tak menyebutkan tar-get-target konkret yang terukur.“Saya kira biar masyarakat yang

menilai,”ucapnya waktu itu.Sepuluh program prioritas itu

adalah menyelesaikan kasus-kasusmenonjol; meningkatkan pembe-rantasan preman, kejahatan jalan-an, illegal logging, illegal fishing, il-legal mining, human trafficking,dan korupsi; memperkuat kemam-puan Densus 88 dan bekerja samadengan institusi lain; membenahireserse; menerapkan struktur baru

kepolisian; membangun kerja sa-ma; memacu perubahan pola pikiranggota; menggelar Sentra Pela-yanan Kepolisian di area publik;membuat sistem lelang elektronik;serta mengembangkan sistem in-formasi terpadu.

Seusai uji kelayakan, FraksiDemokrat dan Fraksi Golkarmenerima pencalonan Timurtanpa catatan dan menilai dia

mampu memimpin Polri. FraksiPDI Perjuangan menerima, na-mun dengan catatan tidak adalagi kasus kekerasan berbasisagama. Farouq Muhamad, ang-gota DPD dari Nusa TenggaraBarat, juga mendesak Timurmemberi klarifikasi soal tuduh-an pelanggaran hak asasi manu-sia dan mengusut kasus rekeninggendut di Kepolisian. ● MUTIA RESTY

Presiden Yudhoyono Didesak Evaluasi Kabinet “(Setahun) sudah bisa

kalau mau diganti.”

Pleno DPR Setuju Timur Pradopo Jadi Kapolri

NASIONALR A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A4

Komisaris JJenderal TTimur PPradopo ((kanan) sseusai ppengambilan kkeputusan ddalam rrapat pparipurna ddi ggedung MMPR/DPR

Jakarta, kkemarin.

IMAM SUKAMTO(TEMPO)

Page 6: KoranTempo 20 Oct 2010

NASIONAL R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A5

Mahfud Md.

Tantang Isu

Suap di MKJAKARTA — Ketua MahkamahKonstitusi (MK) Mahfud Md.menantang masyarakat untukmelaporkan siapa pun yang di-duga melakukan suap terhadappara pegawai, termasuk hakim,di sana. Ia juga menantang ma-syarakat melaporkan pegawaiMahkamah yang diduga menja-di mafia hukum.“Saya tantangsiapa pun di Indonesia ini, ter-masuk pers, kalau memang adaindikasi seperti itu, jangan lupabawa buktinya,”katanya kema-rin.

Mahfud menduga, rumor se-ngaja dimunculkan oleh mere-ka yang beperkara, khususnyapihak-pihak yang kalah dalamsengketa pemilihan kepaladaerah.“Sengketa pilkada me-mang rawan isu, karena ba-nyak yang ingin menang,”ujarnya.

Selain itu, ada orang-orangyang sengaja menawarkan diriuntuk membantu salah satu pi-hak yang beperkara agar bisamemenangkan perkaranya diMahkamah, lalu meminta im-balan. Mereka ini orang-orangyang memang ingin melakukanprovokasi. Namun ia menjaminorang-orang tersebut adalahorang luar dan bukan anak bu-ahnya, apalagi hakim Mahka-mah.

Mahfud berjanji tak akanmelindungi jika memang adaanak buahnya yang terbuktimenerima suap atau bermainperkara. “Kalau perlu, sayaakan mengantar orang itu (me-lapor),”katanya.

Fungsi pengawasan terhadapMahkamah Konstitusi selamaini telah dilakukan oleh lemba-ga penegak hukum, yakni ke-jaksaan, kepolisian, dan KPK.Di dalam Mahkamah sendiriada Majelis Kode Etik, yang bi-la mendapat laporan awal bisalangsung membentuk MajelisKehormatan sebagai upaya tin-dak lanjut.

Sejak Mei 2010, MahkamahKonstitusi sudah mengadili ber-bagai pemilihan kepala daerahyang digelar tahun ini. Berda-sarkan data Komisi PemilihanUmum, dari 246 pemilihan ke-pala daerah, 198 di antaranyadibawa ke Mahkamah. Bahkan189 perkara sudah diregistrasi.Sisanya, yakni 38 pemilu kepaladaerah, tidak berakhir di Mah-kamah.

Mahfud mencontohkan, pe-milu kepada daerah yang tidaksampai beperkara di Mahka-mah di antaranya pemilihan diDI Yogyakarta,Solo,dan Bintan.“Sedangkan di luar Jawa, ham-pir semuanya beperkara,” ujar-nya.

● MAHARDIKA SATRIA HADI

Pemerintah diminta

memberikan grasi untuk

Vincentius.

JAKARTA — Sejumlah tokoh beren-cana mengajukan petisi untukmengusut kasus Asian Agri danpemberian grasi bagi VincentiusAmin Susanto. Petisi ditujukan ke-pada Presiden Susilo BambangYudhoyono.

Salah seorang penanda tanganpetisi, Teten Masduki, mengatakanpetisi diajukan lantaran pemerin-tah, yaitu Kejaksaan Agung, dinilaitelah sewenang-wenang dalammemperlakukan Vincentius. Pada-hal dia adalah whistleblower(pengungkap pertama) yang meng-ungkap kasus penggelapan pajakAsian Agri.

Vincent adalah mantan financialcontroller Asian Agri Group. Priaini jugalah yang melaporkan peng-gelapan pajak Asian Agri ke Komi-si Pemberantasan Korupsi. PeranVincent sebagai saksi kunci dinilaipenting.

Sejumlah tuntutan disampaikandalam petisi. Presiden Yudhoyonoantara lain diminta mengusut tun-tas dugaan manipulasi pajak AsianAgri Group oleh aparat hukum,menyeret pelaku ke meja hijau,danmengusut dugaan pencucian uangoleh Asian Agri Group. Pemerintahjuga diminta memberikan grasi ke-pada Vincent setelah ia menjalanihukuman empat tahun penjara.

Petisi ditandatangani oleh se-jumlah tokoh, antara lain Goena-wan Mohamad, Bambang Hary-murti, Betti Alisjahbana, TetenMasduki, Arief T. Surowidjojo, No-no Anwar Makarim, Rahman Tol-leng, dan Eva Sundari. Selain itu,Malela Mahargasarie, Metta Dhar-masaputra, Iskandar Sonhaji,Alexander Lay, Atmakusumah As-traatmadja, dan lain-lain.

Anggota DPR dari Fraksi PDIPerjuangan, Eva Sundari, menye-salkan Kejaksaan Agung yang se-

lalu mengembalikan berkas peng-gelapan pajak Asian Agri ke Direk-torat Jenderal Pajak. Modus ini di-nilai sebagai strategi untuk mem-buat masyarakat lupa akan peng-gelapan pajak Asian Agri.Kejaksa-an akhirnya akan menghentikankasus ini meski publik mengetahuifakta dan data kasusnya.

Menurut Sekretaris DepartemenPemajuan dan Perlindungan HakAsasi Manusia Partai DemokratRachland Nashidik, pemberiangrasi kepada Vincent adalah ujianbagi Menteri Hukum dan Hak Asa-si Manusia Patrialis Akbar. Dia ju-ga mendesak Satuan Tugas Pembe-rantasan Mafia Hukum membe-baskan Kepolisian dan Kejaksaandari mafia hukum dalam pena-nganan kasus ini.

Pada September lalu, Mahka-mah Agung telah menolak penin-jauan kembali yang diajukan Vin-cent. Ia telah divonis hukuman 11tahun penjara karena pembobolanuang perusahaan milik taipan Su-kanto Tanoto, yakni PT Asian AgriOil and Fats Ltd di Singapura, sa-lah satu anak perusahaan AsianAgri.Bersama dua koleganya,Hen-dry Susilo dan Agustinus Ferry Su-tanto, ia membuat dua perusahaanuntuk menampung dana US$ 3,1juta dari Asian Agri. Uang itu taksempat dinikmati Vincent.

Adapun tim kuasa hukum Vin-cent, Irianto Subiakto, mengata-kan hingga saat ini putusan Mah-kamah Agung yang menolak pe-ninjauan kembali kasus ini belumditerima. ● IQBAL MUHTAROM

JAKARTA — Pembahasan gelar pahla-wan sebaiknya dilakukan satu gene-rasi atau sekitar 25 tahun setelah ke-matian sang tokoh.“Untuk menghin-dari penilaian yang subyektif,” ujaranggota Dewan Gelar, Tanda Jasa,dan Tanda Kehormatan, Juwono Su-darsono, ketika dihubungi kemarin.

Dewan Gelar bertugas melakukanseleksi kandidat pahlawan nasionalyang diajukan Kementerian Sosial se-belum dibawa ke Presiden. Kandidatpahlawan yang diusulkan di antara-nya adalah bekas presiden Soehartodan Abdurrahman Wahid, serta bekasGubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

Adapun kriteria yang digunakanadalah ketokohan, nilai sejarah, danketerwakilan daerah asal. Namundia mengakui tidak ada kriteria khu-sus yang bisa menggugurkan penca-lonan. Bahkan sebaliknya, tokohyang pernah dianggap pembang-kang bisa dianugerahi bintang tandajasa. “Jika terbukti memiliki jasayang sifatnya lintas suku, agama,dan bangsa,”katanya.

Menurut Menteri Sosial Salim Se-gaf Aljufri, pemberian gelar pahla-wan nasional, termasuk untuk man-tan presiden Soeharto, belum final.“Usulan ini dari masyarakat dulu,ke-mudian ke Dewan Gelar, di sana ma-sih dibahas lagi,”katanya kemarin.

Penetapan calon pahlawan tidakbisa dilakukan dalam waktu cepat.Menurut Salim, dibutuhkan waktubeberapa bulan untuk menjaringmasukan dari berbagai pihak, ter-masuk masyarakat.

Sementara itu, sejumlah aktivisdan tokoh masyarakat terus meno-lak pencalonan Soeharto sebagaipahlawan. Di Jawa Tengah, aktivisantikorupsi Eko Haryanto mendesakpemerintah membocorkan namapengusul Soeharto. ● REZA MAULANA | RIRIN AGUS-

TIA | SUJATMIKO | ROFIUDDIN | DEDEN ABDUL AZIZK

JAKARTA — Tersangka kasus teroris-me, Sofyan Tsauri, mengaku berka-li-kali membeli senjata api bekasanggota Brimob kepolisian dari Ah-mad Sutrisno. Transaksi dilakukanpada 2009 hingga 2010.

Senjata disuplai dari Ahmad Sut-risno. Ia melakukan aksinya bersa-ma dua anggota kepolisian lainnya,Brigadir Satu Tatang Mulyadi danBrigadir Satu Abdi Tunggal, dari sa-tuan logistik bagian gudang senjata.

Menurut Tsauri, ia terpaksa meni-pu Sutrisno saat memborong senja-ta. “Saya bilang untuk keperluan

anggota (Brimob) di daerah bila di-nas luar atau untuk berburu,”kata-nya saat menjadi saksi dengan ter-dakwa Ahmad Sutrisno kemarin.Adapun Tsauri pernah tercatat se-bagai anggota Brimob.

Ia tak pernah bercerita kepadaSutrisno bahwa senjata itu diguna-kan untuk latihan militer di Aceh.Sutrisno pun percaya lantaranTsauri tak pernah bercerita bahwaia sudah berhenti dari Brimob.Tsauri juga sempat menduga Sutris-no adalah anggota kepolisian. Na-mun ia baru mengetahui bahwa Sut-

risno bukan anggota Brimob ketikapesanannya sempat tak sampai.

Dalam 17 kali transaksi itu,Tsau-ri memborong 28 senjata api berba-gai jenis, amunisi, dan magasin dariSutrisno.“Total harganya Rp 325 ju-ta,”katanya kemarin.

Transaksi terjadi sejak Oktober2009 hingga Januari 2010. Ia anta-ra lain membeli 9 pucuk senjataapi AR-15, 4 pucuk AK-47, 2 pu-cuk AK-58, 1 pucuk FN 9 milime-ter, 6 pucuk Revolver, 4 pucuk Ro-mington, dan 2 pucuk M-58.Tsaurijuga mengaku membeli 9 jenis

amunisi dengan jumlah sekitar 20ribu butir.

Pembelian senjata adalah per-mintaan dari Yahya alias Dulmatin,tersangka teroris yang tewas di-tembak Densus 88 Antiteror di Pa-mulang. Dari kegiatan jual-belinyaini, Tsauri mengaku meraup un-tung sekitar Rp 28 juta. Namun un-tung tersebut batal diraih lantaranDulmatin memiliki utang. “UstadYahya punya utang sama saya Rp27 juta, saya enggak jadi untung,”ujar Tsauri.

● FEBRIYAN

Petisi Asian Agri Diajukanke Presiden Yudhoyono

Sofyan Tsauri Beli Pistol Bekas Brimob

“GelarPahlawanDibahas 25 Tahun Kemudian”

Dari kiri ke kanan, Eva Sundari, Teten Masduki dan Rachlan Nashidik dantokoh lainnya mengajukan petisi Kasus Asian Agri dan Grasi untuk Vincentius.

ARNOLD SIMANJUNTAK (TEMPO)

Page 7: KoranTempo 20 Oct 2010

Kejaksaan menyelidiki

bocornya rencana

tuntutan.

JAKARTA — Mantan atasan GayusHalomoan Tambunan, MaruliPandapotan Manurung, didakwaikut serta dalam kasus penangan-an perkara pajak PT Surya AlamTunggal. Dalam persidangan diPengadilan Negeri Jakarta Sela-tan kemarin, jaksa mendakwaMaruli terlibat dalam penghi-langan wajib pajak bagi perusa-haan di Sidoarjo, Jawa Timur, itu.

Tuduhan jaksa itu berawal da-ri pengajuan permohonan kebe-ratan PT SAT dengan alasan ada-nya kesalahan pemeriksaan per-hitungan pajak. Direktorat Pajaklalu menunjuk Maruli sebagaiKepala Seksi Pengurangan danKeberatan, Humala S.L. Napitu-pulu selaku Penelaah Keberatan,Marjanto sebagai Kepala Subdi-rektorat Pengurangan Keberat-an, dan Gayus sebagai pelaksanapeneliti permohonan keberatanPT SAT. “Dalam pemeriksaan,Maruli, Humala dan Gayus per-nah bertemu dengan utusan PT

SAT, Aprianto, pada 13 Juli2007,”kata jaksa Rhein E. Singal.

Seusai pertemuan itu, katajaksa, Maruli memerintahkanGayus menerima PT SAT.“Maru-li juga memerintahkan Gayus ti-dak perlu melakukan pendalam-an atau penelitian cermat danmenyeluruh terhadap PT SAT.”

Karena keputusan itu, pada 22November 2007 Direktorat Pajakmengembalikan uang pajak PTSAT sebesar Rp 570 juta yangawalnya sudah dibayarkan.“Aki-bat perbuatan itu, negara merugiRp 570 juta,”kata jaksa Rhein.

Karena dakwaan itu, jaksamengancam Maruli dengan Pasal3 dan Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal18 Undang-Undang Pemberan-tasan Tindak Pidana Korupsijuncto Pasal 55 ayat 1 Kitab Un-dang-Undang Hukum Pidana.

Pengadilan Negeri Jakarta Se-latan kemarin juga menggelar si-dang terdakwa Haposan Hutaga-lung, mantan pengacara Gayus,dengan agenda mendengarkankesaksian Ajun Komisaris BesarMardiyani. Dia mengatakan na-manya masuk sebagai sembilananggota penyidik kasus Gayus,

tapi dia tak selalu terlibat dalampenyidikannya. “Perkara dipe-gang Kompol Arafat Enanie danAKP Sri Sumartini,”kata dia.

Dia mengaku pernah dipanggilKetua Unit VI Pencucian Uang,Komisaris Besar Eko Budi Sam-purno, untuk menghadap Direk-tur II Ekonomi Khusus saat itu,Brigadir Jenderal Raja Erizman.Kepada Raja, dia mengatakanpenyidik memblokir dua reke-ning Gayus senilai Rp 25 miliar.Namun, jaksa hanya memberi pe-tunjuk penyitaan Rp 370 juta.Karena penjelasan itu, Raja ber-pendapat sisa uang tidak disita.

Seusai sidang Haposan mem-bantah tuduhan Gayus bahwa diamembocorkan rencana tuntutanjaksa kepada Gayus.“Dari manaitu? Enggak ada itu,”ujarnya.

Menurut Kepala Pusat Pene-rangan Hukum Kejaksaan AgungBabul Khoir Harahap, JaksaAgung Muda Pengawasan Mar-wan Effendy membentuk tim pe-nyelidik untuk menelusuri bocor-nya lembaran rencana penuntutanterdakwa Gayus.Tim itu dipimpinInspektur Pidana Umum WidyoPramono. ● CORNILA DESYANA

NASIONAL R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A6

KILAS PemeriksaanYusril Tak Harus TungguHasil Uji MateriJAKARTA — Ketua Mahkamah KonstitusiMahfud Md. mengatakan Kejaksaan Agungdapat tetap melanjutkan memeriksa mantanMenteri Kehakiman dan Hak Asasi ManusiaYusril Ihza Mahendra, tanpa harus menung-gu hasil sidang uji materi. Sebab, dia meni-lai, uji materi yang diajukan Yusril adalahperkara biasa dan sifatnya rutin.

“Ndak ada hubungannya. Itu urusan Ke-jaksaan Agung, mau meneruskan atau maununggu,”kata Mahfud di kantornya kemarin.

Mahfud mengatakan, ia bersama hakimMahkamah lainnya akan memproses uji ma-teri yang diajukan Yusril sesuai dengan hu-kum acara yang berlaku.

Yusril mengajukan uji materi atas Pasal 65dan 166 ayat (3) dan (4) Kitab Undang-Un-dang Hukum Acara Pidana (KUHAP) soalpengajuan saksi meringankan ke MahkamahKonstitusi. Langkah itu ia tempuh sebagaitanggapan atas sikap Kejaksaan Agung yangmempersilakan dia melakukan uji tafsir ter-hadap kedua pasal tersebut.

Yusril, tersangka kasus korupsi biaya ak-ses Sistem Administrasi Badan Hukum dantengah menjalani pemeriksaan oleh Kejak-saan Agung, merasa memiliki hak mengaju-kan saksi meringankan untuk kepentinganpenyidikan kasusnya. ● MAHARDIKA SATRIA HADI

Mantan Atasan Gayus Didakwa Pasal Berlapis

BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN

PUSAT INFORMASI PENGAWASANJl. Pramuka No. 33 Lantai 7, Jakarta Timur 13120

Telp: (021) 85910031 (Hunting), Faks. (021) 85910208

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUMDENGAN PASCAKUALIFIKASI

Nomor : Peng- 01/Pusinfo/PBJ/X/2010

1. Pusat Informasi Pengawasan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

pada Tahun Anggaran 2010 akan mengadakan Pelelangan Umum dengan Pascakualifi kasi

yang sumber dananya berasal dari APBN untuk kegiatan :

NAMA PAKET PEKERJAAN KLASIFIKASIPERKIRAAN NILAI

PEKERJAAN (RP)

PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI Kecil 340.000.000

2. Syarat Pendaftaran :

a) Menyerahkan copy Akte Pendirian Perusahaan dan perubahan terakhir yang telah disahkan

oleh Departemen Hukum dan Perundang-undangan RI dan menunjukkan aslinya;

b) Menyerahkan copy SIUP yang masih berlaku dan menunjukkan aslinya, dengan Kualifi kasi

Sub Bidang yang relevan dengan nama paket pekerjaan;

c) Pendaftaran dilakukan oleh masing-masing Pimpinan/Direktur Perusahaan yang namanya

tercantum dalam Akte Pendirian Perusahaan dan tidak dapat diwakilkan dengan menunjukkan

identitas diri asli (KTP) dan menyerahkan copy-nya.

3. Pendaftaran, Pengambilan serta Pengembalian Dokumen Prakualifi kasi dapat dilakukan pada

Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas) BPKP, Jl. Pramuka No. 33 Lt. 7, Jakarta Timur.

4. Waktu Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Tanggal 20 sampai dengan 27 Oktober 2010,

jam 10.00 – 14.00 WIB

5. Panitia berhak menolak Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Prakualifi kasi yang tidak

memenuhi persyaratan dan di luar batas waktu yang ditentukan;

6. Hal-hal lain yang belum jelas dapat ditanyakan kepada Panitia pada jam kerja.

Jakarta, 20 Oktober 2010

TTD

PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA

1910103

IKLAN

Saksi Diduga KenaliWajah PembakarGerbong

LEBAK — Kepolisian Resor Le-bak mendatangkan tim ahli psi-kologi dari Markas Besar Kepo-lisian RI untuk memeriksa seo-rang saksi berinisial SF aliasHS alias BC, tenaga honorer diStasiun Rangkasbitung, dalamkasus pembakaran 22 gerbongkereta api pada 11 Oktober la-lu. Polisi akan melakukan tespsikologi karena keterangan-nya sering berubah-ubah.

“Semula inisial identitasnyadia sebut SF, lalu HS, kemudi-an berubah lagi menjadi BC,sementara proses penyelidikansudah mengarah ke tersang-ka,” kata Kepala Polres LebakAjun Komisaris Besar WidoniFedri kemarin. Polisi telah me-meriksa 46 saksi.

Menurut dia, salah seorangsaksi yang menjadi penjualbensin eceran mengenali wajahpembeli bensin yang didugapelaku pembakaran.

Menurut Kepala Stasiun Rang-kasbitung, Suratman, pihaknyatak memiliki tenaga honoreryang jadi saksi. Menurut dia,saksi yang mengarah menjaditersangka itu adalah tukang sa-pu ilegal. ● WASI’UL ULUM

Pengacara Dua Teroris Mengaku Tak Ditolak Klien

JAKARTA — Aulia Rahman,pengacara dua tersangka tero-ris, Ubaid dan Mustaqim,membantah kabar telah ditolakkliennya. Dalam penjelasan ter-tulis kepada Tempo kemarin,dia mengatakan pihaknya ha-nya belum melengkapi persya-ratan yuridis formal. “Syaratyuridis formal belum kami tan-da tangani antara pemberi kua-sa dan penerima kuasa,” tulisAulia menanggapi kejadian diPengadilan Negeri Jakarta Ba-rat pada Senin lalu.

Senin lalu, sidang perdanaUbaid dan Mustaqim batal di-laksanakan. Sebelum sidang,majelis hakim yang diketuai Mu-tarto bertanya kepada Musta-qim apakah dia didampingipengacara. Mustaqim menja-wab, “Saya belum punya peng-acara.” Padahal Aulia sudah du-duk di kursi penasihat hukum.

Majelis hakim pun memintakonfirmasi soal ini kepada Au-lia. Dia menjawab belum memi-liki surat kuasa dari Mustaqim.Mutarto memutuskan menun-da sidang. Peristiwa ini ter-ulang dalam sidang Ubaid,yang digelar berikutnya.

“Para terdakwa secara tegasmenyatakan dalam persidang-an tetap menunjuk kami seba-gai pihak penasihat hukum gu-na mendampingi mereka sam-pai persidangan seterusnya,”tulis Aulia. ● FEBRIYAN

Page 8: KoranTempo 20 Oct 2010

NASIONAL R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A7

KUALA LUMPUR –– Union Migrant(Unimig) Indonesia perwakilanMalaysia menilai Presiden Susi-lo Bambang Yudhoyono gagalmelindungi tenaga kerja Indo-nesia di luar negeri.

Ketua Unimig Indonesia per-wakilan Malaysia, MuhammadIqbal,mengatakan,dengan poli-tik pencitraannya, PresidenYudhoyono menunjukkan kepe-dulian dengan menelepon TKIbermasalah, seperti Winfaidahdan Siti Hajar.“Namun itu tidak

substansial dan sama sekali ti-dak menyentuh permasalahan,”kata Iqbal kemarin.

Iqbal juga menyindir pemerintahSBY yang tidak punya data leng-kap warganya yang bekerja di luarnegeri.“Pemerintah tak pernah ju-jur kepada TKI.Setiap tahun hanyabisa merilis jumlah remittance (ki-riman uang),tapi data lengkap TKIsaja tak pernah punya,”ujarnya.

Menurut dia,kondisi ini diper-parah oleh banyaknya pengam-bil kebijakan perburuhan yang

“nyambi”di perusahaan jasa te-naga kerja Indonesia (PJTKI).

Akibat dualisme kepentinganini, menurut Iqbal, TKI selalumenjadi korban pemegang ke-bijakan. Contoh konkret, katadia, adalah gagalnya pembahas-an gaji minimum TKI yang me-reka usulkan sebesar RM 600per bulan di parlemen.

“Tapi malah ada anggotaDPD yang mengusulkan cukup450 ringgit, karena dia punyakepentingan dengan PJTKI-

nya,”kata Iqbal.Secara umum, kandidat dok-

tor yang telah 7 tahun melaku-kan penelitian tentang buruhmigran Indonesia di Malaysiaini menyatakan kebijakan pe-merintah SBY jilid II selama se-tahun terakhir mundur.

“Pengambil kebijakan diisiorang-orang PJTKI, Menteri Te-naga Kerjanya juga tidak me-nguasai permasalahan TKI. Apaini bukan suatu kemunduran?”kata dia. ● MASRUR (KUALA LUMPUR)

MEMO BISNIS

Wisuda Sekolah Tinggi

Pertanahan Nasional

(STPN) dihadiri Kepala

BPN RI Bp. Joyo Winoto Sp.D,

15 Oktober 2010 lalu.

Menurutnya, jika perguruan ting-

gi umum lain mengembangkan

pendidikan purna sarjana sesuai

dengan sofistikasi keilmuan para

staf pengajarnya yang semakin

meluas, maka atas amanat PP 14

tentang pendidikan kedinasan,

pendidikan purna sarjana, terma-

suk di lingkungan di STPN, me-

rupakan tuntutan atau perintah.

Hal itulah yang mendorong civitas akade-

mika STPN untuk terus menata dan me-

ngembangkan diri dengan fokus pada motto

STPN, 'Cermin dan Sekaligus Pembaharu

BPN RI'.

Menurut Ketua STPN Yogyakarta Prof.

Dr. Endriatmo Soetarto M.A, wisuda kali ini

diikuti merupakan wisuda ke-20 Program

Diploma IV Pertanahan dan wisuda ke-16

Program Diploma I Pengukuran dan Peme-

taan Kadastral. Wisuda ini diikuti 404 maha-

siswa program Diploma I dan 39 mahasiswa

program IV. Wisudawan yang memperoleh

predikat teruji sebanyak 2 orang. Indeks pe-

restasi komulatif (IPK) tertinggi pada Jurus-

an Perpetaan diraih Dwi Handono utusan

kanwil BPN provinsi Maluku dengan nilai

IPK 3,61. Sementara IPK tertinggi Jurusan

Manajemen pertanahan diraih Yulia Fitria-

ningtyas utusan kanwil BPN provinsi Lam-

pung dengan nilai 3,4.

STPN Yogyakarta

Wisuda Lulusan 2009/2010

Polisi Hentikan Kasus Ayat Tembakau

KAKAR akan

mengajukan gugatan

praperadilan.

Calon Haji Asal Kota Bekasi Terlunta

JAKARTA –– Penyidik Badan Re-serse Kriminal Markas BesarKepolisian RI menghentikan pe-nyidikan kasus hilangnya ayattembakau karena polisi tidakmenemukan unsur pidana da-lam laporan kasus tersebut.

“Karena tidak ditemukanunsur pidana, maka ini bukankasus pidana,” kata Kepala Di-visi Humas Mabes Polri, In-spektur Jenderal Iskandar Ha-san, dalam jumpa pers di Jakar-ta kemarin.

Karena bukan kasus pidana,kata dia, Mabes Polri menerbit-kan surat perintah penghentianpenyidikan (SP3) bernomorB/66.a-DP/X/2010/Dit-I ter-tanggal 12 Oktober 2010. De-ngan diterbitkannya surat ini,seluruh penyidikan di BadanReserse Kriminal terhenti, ter-masuk pemeriksaan terhadap

para terlapor, yaitu Ketua Ko-misi Kesehatan DPR RibkaTjiptaning, Asiyah Salekan, danMaryani A. Baramuli.

Ketiadaan unsur pidana ini,kata Iskandar, diperoleh penyi-dik lewat gelar kasus tahapawal. Iskandar mengaku tidakmengetahui persis isi resume ge-lar perkara ini. Ia menyatakan,dari gelar perkara awal ini pe-nyidik merasa tidak perlu mene-tapkan tersangka karena ketia-daan unsur pidana.“Jadi, bukanujug-ujug SP3 itu kemudian di-keluarkan,”ujarnya.

Terbitnya surat ini mengaget-kan pelapor Hakim SorimudaPohan. Kabar ini diterima olehHakim lewat surat pemberitahu-an pengembangan hasil penyi-dikan (SP2HP) tertanggal 15 Ok-tober lalu. “Bagai petir di siangbolong,”kata dia di kantor Indo-

nesia Corruption Watch kemarin.Hakim bersama Koalisi Anti-

korupsi Ayat Rokok (KAKAR)melaporkan ketiga anggota Ko-misi Kesehatan DPR itu ke Ma-bes Polri pada 18 Maret 2010.Mereka melaporkan adanya du-gaan penghilangan dengan se-ngaja ayat 2 pada Pasal 113 Un-dang-Undang Kesehatan No-mor 36/2009, yang diduga dila-kukan oleh ketiganya.

Hakim mengaku heran kare-na SP3 itu muncul, padahal ke-tiga tersangka sama sekali be-lum diperiksa oleh penyidik.Lagi pula, kata dia, pemeriksa-an terhadap saksi, khususnyasaksi ahli, belum maksimal.“Kami mencurigai ada unsurrekayasa dalam surat SP3 ini,”katanya.

KAKAR akan mengajukangugatan praperadilan berkaitan

dengan terbitnya SP3 tersebutke Pengadilan Negeri JakartaSelatan.“Gugatan ini akan kamiajukan paling lama dua minggulagi,”kata anggota KAKAR, Tu-lus Abadi. Gugatan ini, kata Tu-lus, adalah bentuk perlawanantiada henti dari koalisi.

Menurut Tulus, kemunculansurat ini penuh cacat dan ke-ganjilan. Misalnya, ketiga ter-sangka sebelumnya tidak per-nah diperiksa sebagai tersangkadan pemeriksaan saksi-saksi di-perkirakan tidak maksimal.“Kami meminta pengadilanmembuka kembali kasus ini,”kata aktivis Yayasan LembagaKonsumen Indonesia ini.

Tulus mengatakan KAKAR ju-ga akan mengadukan kasus ini keKomisi Kepolisian Nasional kare-na Bareskrim dinilai tidak seriusmenangani kasus ini. ● MUSTAFA SILALAHI

BEKASI –– Jemaah calon haji asal Kota Bekasi, Ja-wa Barat, yang tergabung dalam kelompok ter-bang 20, terlunta-lunta karena jadwal penerbang-annya ke Jeddah, Arab Saudi, ditunda hinggawaktu yang belum ditentukan. Calon haji yangberjumlah 430 orang itu kini dipindahkan ke As-rama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Wakil Sekretaris II Panitia PemberangkatanIbadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta-Bekasi,Dede Syaiful Uyun, mengatakan para calon hajiKota Bekasi itu masuk asrama haji di Jalan Ke-makmuran, Kota Bekasi, tersebut sejak Senin so-re lalu.

Mereka dijadwalkan terbang pukul 07.00 WIBkemarin. Namun, sebelum bertolak ke BandarUdara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang,datang kabar dari penyedia jasa penerbanganSaudi Arabian Airlines bahwa pemberangkatanditunda 2,5 jam atau pukul 10.30 WIB.

Namun, sampai tiba waktu yang ditentukan,mereka tak kunjung diberangkatkan, padahalmereka harus keluar dari asrama haji karena ca-lon haji dari kloter berikutnya akan masuk asra-ma. Pihak Saudi Arabian Airlines memindahkanmereka ke Pondok Gede.

Dede mengaku telah melaporkan hal itu kepadaDirektorat Jenderal Haji Kementerian Agama RI.PPIH embarkasi Jakarta-Bekasi juga telah me-nyampaikan surat teguran kepada Saudi ArabianAirlines selaku penanggung jawab jasa penerbang-an.“Pimpinan di Kementerian Agama harus mem-berikan sanksi sesuai yang diatur dalam perjanjiankerja sama,”kata Dede kemarin.

Di Boyolali, Jawa Tengah, ratusan calon hajiyang akan berangkat dari embarkasi Surakartadatang ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, da-lam keadaan sakit. Berdasarkan pemeriksaan pe-tugas kesehatan di asrama haji, diketahui banyakcalon haji yang sudah dalam keadaan sakit saatdiberangkatkan. “Misalnya, kurang asupan gizidan hipertensi,”kata Pejabat Humas PPIH embar-kasi Surakarta, Akhmad Su’aidi, kemarin.

Kondisi mereka semakin menurun karena kele-lahan. Akhmad mengatakan, ada juga calon hajiyang hemoglobinnya hanya 4,5 sampai 6. Padahalcalon haji dinyatakan layak berangkat jika hemo-globinnya minimal 9. ● HAMLUDDIN | UKKY PRIMARTANTYO

IKLAN

Presiden Yudhoyono Dinilai Gagal Lindungi TKI

Page 9: KoranTempo 20 Oct 2010

NUSAR A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0

23OC-32OC

MEDAN

19OC-28OC

BANDUNG

24OC-32OC

SEMARANG

22OC-31OC

YOGYAKARTA

A8

Buat Yulianto, dukun pi-jat asal Sukoharjo, Ja-wa Tengah, tersangka

pelaku pembunuhan beran-tai, menghilangkan nyawaseseorang—sekalipun orangitu anggota Kopassus—jauhlebih mudah daripada

menghentikan dering tele-pon seluler.Yulianto meng-akui itu kemarin dalam re-konstruksi pembunuhan ter-akhir yang dilakukannya diMarkas Kepolisian ResorSukoharjo.

Yulianto, yang mengaku

telah membunuh enamorang, hanya butuh bebera-pa menit untuk membunuhKopral Dua Santoso padaAgustus lalu. Dia mengguna-kan ramuan dari bunga ke-cubung yang ia petik darihalaman untuk membuat

Santoso lemas, yang kemu-dian ia cekik.

Masalah muncul saat duaponsel sang prajurit berde-ring. Kepada polisi,Yulianto,yang saat itu takut aksinyadiketahui anggota keluarga-nya, mengaku tidak bisa

menghentikan bunyi itu. Di-masukkannya ke termos na-si, toples, maupun kantongplastik, dering telepon itumasih terus terdengar.

Yulianto mengatakan ti-dak mendengar dering itusetelah memasukkan ponsel

ke toples yang terbungkus,dan memasukkan semuanyake kantong plastik besaryang juga berisi batu. Dia la-lu mengikat kantong itu de-ngan tali, lantas mencebur-kannya ke sumur.

● AHMAD RAFIQ

Membunuh Lebih Mudah daripada Matikan Ponsel

KasusSuap JaksaDiperiksa

Kepala kejaksaan

negeri juga akan

diperiksa.

BANDAR LAMPUNG — Kejaksa-an Tinggi Lampung menya-takan sedang menyelidikidugaan suap yang diterimaSukirno dan Salliyana, duajaksa penuntut umum dalamperkara perampokan diPengadilan Negeri Tanjung-karang. Sebuah adu mulutyang diwarnai tangisan istriterdakwa sebelum sidangperkara itu digelar Senin la-lu mengungkap adanya du-gaan tersebut.

“Kami sedang mengum-pulkan seluruh bukti dansaksi yang mengetahui soalpenyuapan itu,”kata Armin-syah, Kepala KejaksaanTinggi Lampung, kemarin.

Arminsyah mengatakanSukirno dan Salliyana, yangdiduga menerima suap dariPurwaningsih, istri Hantoro,terdakwa pembantu aksi pe-rampokan, akan menjalanipemeriksaan oleh AsistenPengawasan KejaksaanTinggi Lampung. Mereka ju-ga akan mendengarkanpengakuan Purwaningsih,warga Way Sekampung,Lampung Timur.

“Semua yang terlibat da-lam kasus itu akan diselidiki,termasuk Kepala KejaksaanNegeri Bandar Lampung,yang mengendalikan semuaberkas dan data administrasikasus itu,”katanya.

Dalam cekcok di ruang si-dang Senin lalu, Purwaning-sih mengaku telah memberi-kan uang senilai total Rp 11juta kepada kedua jaksa itudalam tiga tahap.“Kalau da-ri awal Bapak dan Ibu tidakmenjanjikan tuntutan ri-ngan, saya tidak akan mem-berikan uang sepeser pun.Kalian berjanji akan menun-tut suami saya satu tahun,tapi kenapa tuntutan menja-di empat tahun?”katanya se-belum kedua jaksa tergopohpergi meninggalkan agendasidang. ● NUROCHMAN ARRAZIE

IKLAN

Page 10: KoranTempo 20 Oct 2010

KILAS

Bayi An-EncephalusTerpapar Zat KimiaPabrik

MADIUN — Polusi di lingkungankerja sang ibu diduga menjadipenyebab seorang bayi lahiran-encephalus (tak memilikitempurung kepala) pada Sabtulalu. Bayi itu dirujuk dari Ru-mah Sakit Haji Ibrahim di Keca-matan Nglames ke Rumah Sa-kit Umum Daerah Caruban, Ka-bupaten Madiun, Jawa Timur.

Bayi yang lahir prematur le-wat operasi caesar itu adalahanak pasangan Suparno danWinarni, warga Desa Wonorejo,Kecamatan Mejayan, Kabupa-ten Madiun. Dia diduga lahirdengan kelainan karena terin-feksi zat kimia ketika masihberada dalam kandungan Wi-narni. Zat kimia berbahaya bi-sa masuk karena dihirup ibu-nya selama bekerja di pabrikkain tenun di Surabaya.

“Ibunya merupakan karya-wan di satu perusahaan tenundi Surabaya yang tugasnya me-warnai kain. Dia mungkin terin-feksi zat kimia yang dihirup ibu-nya itu,” ujar staf khusus Direk-tur Bidang Hubungan Masyara-kat di RSUD Caruban, MunirulHuda, kemarin. ● ISHOMUDDIN

Handoyo Dibela

PACITAN — Puluhan orang nglu-

rug ke Markas Kepolisian Re-sor Pacitan kemarin. Merekamenuntut keadilan atas kasuspidana yang menjerat pemim-pin Dewan setempat dari PKS,Handoyo Aji. “Proses hukumyang dialami Pak Handoyo inibernuansa politis dan ada indi-kasi kriminalisasi,” kata koordi-nator aksi, Irwan Ismuratno.

Handoyo diciduk di kantor-nya Senin lalu setelah sempatmenjadi buron sejak Agustuslalu. Dia disangka telah meng-gelapkan dana hibah LembagaEkonomi Produktif MasyarakatMandiri senilai Rp 59 juta ke-tika menjadi Ketua KelompokTani Damai di Desa Losari,Kecamatan Tulakan, pada1999.

Kepada wartawan sesaat se-belum diboyong polisi, Hando-yo mengaku sengaja datang kekantornya karena masih memi-liki tanggung jawab. “Banyakhal yang harus dikritisi dalampembangunan di Pacitan,” ka-tanya.

Kepala Polres Pacitan AjunKomisaris Besar Gatot Haribo-wo mengatakan berkas kasusHandoyo siap dia limpahkanke kejaksaan. “Saya setujudengan sikap beliau yang sa-ngat kritis pada kebijakan pe-merintah, tapi ini tidak lantasmengaburkan perkara,” ujar-nya.

● ISHOMUDDIN

IKLAN

Terdakwa KerusuhanDivonis 3 Tahun PenjaraJaksa menilai putusan

hakim terlalu ringan.

Kalau Kepala Daerah Aktivis Facebook

MOJOKERTO — Pengadilan Negeri Mo-jokerto, Jawa Timur, menjatuhkanputusan bersalah terhadap MahrojiMahfudz, yang diduga sebagai da-lang kerusuhan Mojokerto pada 21Mei lalu. Terdakwa divonis tiga ta-hun penjara karena terbukti meng-ajak orang lain secara bersama-samamerusak barang orang lain hinggamengakibatkan kerugian besar.

Vonis yang dibacakan ketua majelishakim Sutarto itu lebih rendah dari-pada tuntutan jaksa penuntut umum,yakni enam tahun penjara. Atas pu-tusan itu, jaksa mengajukan bandingke pengadilan tinggi di Surabaya.

Tri Widodo, salah satu jaksa, me-ngatakan putusan hakim itu terlaluringan untuk kasus tersebut. “Inti-nya itu saja, kami jelas akan meng-ajukan banding,” ujarnya seusai si-dang kemarin.

Pendapat berbeda disampaikankuasa hukum Mahroji, MuhammadAris. Menurut dia, vonis hakim itusudah sesuai. Karena itu, pihaknya

menerima dengan lapang dada se-mua putusan majelis hakim.

Kerusuhan itu terjadi menjelangpencoblosan pemilihan kepala daerahsetempat.Sekelompok orang melaku-kan demonstrasi hingga berakhir ru-suh di kompleks kantor pemerintahMojokerto. Akibatnya, beberapaorang sipil dan polisi terluka serta 33mobil dan dua ruang kantor terbakar.Saat itu polisi membekuk 104 orang,namun akhirnya hanya 21 orang yangditetapkan sebagai tersangka.

Kemarin tujuh terdakwa lain da-lam kasus yang sama juga divonis.Tujuh terdakwa itu adalah Ramlanbin Abdul Aziz, Sulton bin Ponidi,Abdul Rohman bin Abdul Rois, Ah-mad Zainudin bin Musthofa, AbdulWahib bin Wahab, Zainul Rofik binSutoni, dan Miskan bin Gimo.

Hakim memvonis enam terdakwadengan hukuman masing-masing duatahun penjara. Mereka terbukti ber-salah melakukan tindakan anarkistisdi muka umum hingga menyebabkan

kerusakan dan orang lain terluka.Se-mentara itu, seorang terdakwa,AbdulWahib bin Wahab, dijatuhi putusanbebas karena tidak ada bukti.

Atas putusan itu, jaksa jugamengajukan banding, sedangkankuasa hukum mereka menerima pu-tusan itu. ● MUHAMMAD TAUFIK

Ini contoh bahaya kecanduanFacebook.Wakil Bupati KediriMasykuri Ikhsan sampai dipro-

tes sejumlah kelompok masyara-kat setempat karena rajin mem-perbarui status dalam akun jeja-ring sosial itu. Masykuri ditudingterlalu asyik “bermain-main”de-ngan Facebook hingga tak kenalwaktu, yang bisa dilihat dari sta-tus dan komentar-komentarnyayang muncul saat jam dinas.

Wakil Direktur Alha-raka, Kedi-ri, Munasir Huda, mengaku geraholeh perilaku kepala daerahnya

itu.Tindakan Masykuri, menurutHuda, bisa menjadi preseden bu-ruk dalam upaya peningkatan etoskerja aparatur pemerintah. Sebe-lumnya, Gubernur Jawa TimurSoekarwo disebutkannya pernahmengeluarkan larangan bagi jajar-annya menggunakan fasilitas In-ternet untuk mengisi Facebook.“Ini malah dilakukan Wakil Bupa-ti,”kata Huda kemarin.

Dia khawatir aparatur pemerin-tah lainnya di Pemerintah Kabu-paten Kediri meniru bosnya itu.“Ini bukan contoh yang bagus,”

ujar Huda.Menggunakan akun dengan na-

ma pengguna Masykuri Ikhsan, ke-pala daerah ini memang tergolongaktif mengganti status maupunmemberi komentar status relasinyadi dunia maya. Itu seperti yang ter-akhir dilakukannya Senin lalu.

Tercatat pada pukul 10.31,Masykuri menulis,“Nyambi pes-bukan aaaacchhhh,......................ojok di intip/di inceng lho yo-ooo,......... dijamin tetap kerjokok...... hikhikhik”.

Sekitar satu jam berikutnya,

Masykuri juga berbalas pesan de-ngan teman-temannya. Merekamenanggapi status di akun salahsatu kawannya yang membicara-kan koneksi Internet di lingkung-an Pemerintah Kabupaten Kediri.

Kepala Subbagian PemberitaanHumas Pemerintah KabupatenKediri Edi Purwanto tak mem-bantah jika Masykuri dikatakansebagai “aktivis”Facebook. Na-mun dia memastikan hal itu tidakmengganggu pekerjaan selain ak-tivitas dilakukan melalui teleponseluler pribadi. ● HARI TRI WASONO

A9R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0JAWA TIMUR

Jamu Ilegal Seorang polisi di industri rumahan pembuat jamukuat di Jalan Argopuro, Surabaya, kemarin. Industriitu digerebek karena beroperasi ilegal sejak 2004.

FULLY SYAFI (TEMPO)

Page 11: KoranTempo 20 Oct 2010

PENDAPATR A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A10

Pada saat menyampaikan pidatopolitik dalam puncak acara ulangtahun Partai Demokrat di Istora,Senayan, Jakarta, Minggu (17 Ok-tober), Ketua Umum Partai De-

mokrat Anas Urbaningrum menegaskanbahwa upaya menggulingkan pemerintahmerupakan bentuk perlawanan terhadapaspirasi rakyat dan pemilu demokratis, dankarena itu harus disadarkan dan dilawan.

Apa yang disampaikan Anas masih satupaket dengan yang sebelumnya disampai-kan Menteri Koordinator PerekonomianHatta Rajasa dan Menteri Koordinator Po-litik, Hukum, dan Keamanan Djoko Su-yanto dalam merespons munculnya waca-na tuntutan pemberhentian Presiden Susi-lo Bambang Yudhoyono.

Betulkah ada upaya penggulingan Presi-den? Sebenarnya jawabannya masih antaraya dan tidak. Kalaupun “ya”, tuntutan itumasih berputar-putar di kelompok-kelom-pok yang tidak signifikan, sebut misalnyadi kalangan aktivis yang menyebut dirinya“Petisi 28”. Selain “Petisi 28”, ada sejum-lah pemimpin organisasi kemasyarakatanpemuda (OKP) yang rutin mengadakanpertemuan dengan agenda utama melaku-kan evaluasi kritis terhadap pasanganSBY-Boediono, yang mereka sebut sebagai“Rezim Pencitraan”.

Selain dari anak-anak muda, ada kritiktajam terhadap pemerintah yang kerap ter-lontar dari sekumpulan aktivis lintas profe-si, seperti Gerakan Indonesia Bersih (GIB),Gema Madani, dan lain-lain.Tapi secaraumum belum tepat disebut sebagai upayayang sistematis untuk menggulingkan pe-merintah.Yang lebih menonjol masih beru-pa lontaran-lontaran spontan dan kritik-kritik tajam. Secara substantif, ada perbe-daan mendasar antara upaya penggulingandan spontanitas serta kritik tajam. Upayapenggulingan dilandasi oleh sikap apriori,sedangkan spontanitas dan kritik dilandasiupaya melakukan perbaikan-perbaikan.

Yang sempat membuat para pendukungSBY resah adalah ketika para tokoh bang-sa menggelar silaturahmi di gedung Dak-wah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ja-karta, Jumat (8 Oktober) lalu. Meskipunada peserta yang tegas-tegas mengingin-kan SBY turun, benang merah dari perte-

muan itu sebenarnya lebih berorientasi pa-da pencarian langkah-langkah konstruktifuntuk memperbaiki situasi kebangsaanyang dirasakan kian karut-marut.

Bahwa setelah pertemuan itu kemudianmuncul isu-isu penggulingan seperti yang di-lontarkan para pendukung SBY, mungkin le-bih disebabkan adanya misinformasi, atau bi-sa jadi karena persepsi yang keliru terhadaptokoh-tokoh yang hadir yang pada umumnyadianggap mewakili kekuatan oposisi, sehing-ga suara keras yang muncul pun dianggapmenjadi bagian dari agenda kekuatan oposisiyang ingin menjatuhkan pemerintah.

Menggaung Sebenarnya wacana penggulingan peme-

rintah bukan hal baru. Sejak kasus skan-dal bailout Bank Century terungkap, tun-tutan pemberhentian SBY-Boediono sudahmulai mencuat dengan resonansi yang na-ik-turun.Tuntutan paling keras terjadi ke-tika Rapat Paripurna DPR memenangkanpihak yang menganggap bailout BankCentury sebagai bentuk penyalahgunaanwewenang yang harus dipertanggungja-wabkan baik secara hukum maupun poli-tik. Ada yang berpendapat, skandal BankCentury jauh lebih merugikan negara biladibandingkan dengan kasus Bulog danBruneigate, yang menjatuhkan PresidenAbdurrahman Wahid.

Namun, karena pihak-pihak terkait, se-perti kepolisian, kejaksaan, dan KomisiPemberantasan Korupsi, dianggap tidakserius menindaklanjuti hasil rekomendasiSidang Paripurna DPR, tuntutan pertang-gungjawaban itu sekarang menggaung diarena publik, seperti dalam diskusi, semi-nar, pertemuan-pertemuan, dan terutamadalam aksi-aksi demonstrasi.

Yang perlu segera digarisbawahi adalahbahwa demonstrasi, diskusi, atau seminaryang berisi kritik—dari yang lunak hinggayang keras—dan kecaman terhadap peme-rintah adalah hal yang lumrah.Terhadapitu semua, pemerintah harus lapang dada.Karena, di era reformasi seperti sekarang,setiap individu merasa punya hak menyam-paikan pendapat, kritik, dan saran kepadasiapa pun, termasuk kepada Presiden.

Sementara pada era rezim Orde Baru se-tiap kritik terhadap pemerintah bisa dije-rat dengan Undang-Undang Anti-Subver-si, sekarang sudah tidak bisa lagi. Di sam-ping UU Anti-Subversi sudah dihapus,amendemen konstitusi kita telah memberiruang yang sangat terbuka bagi setiap kri-tik dan suara-suara suara yang berbedadengan pemerintah.

EleganTerhadap setiap kritik dan suara-suara

yang berbeda itu, dibutuhkan sikap yang

elegan dari pemerintah dalam menang-gapinya.Yang paling konstruktif adalahdengan berupaya sungguh-sungguh mem-perbaiki segala sektor, terutama yang men-jadi sasaran kritik. Mengganti menteriyang dianggap gagal dengan sosok yang le-bih mumpuni bisa menjadi salah satu jalankeluar. Itulah hal pertama yang seyogianyadilakukan pemerintah.

Kedua, yang tidak kalah penting adalahmencari tahu mengapa muncul kekecewa-an mendalam, sehingga mengemukakansuara-suara yang berupaya menggulingkanpemerintah. Jika gagal menemukan sebab-nya, tentunya akan sangat baik jika pihak-pihak yang merasa kecewa itu diajak ber-dialog, ditanya mengapa mereka kecewa.Dengan begitu, pasti mereka akan membe-ri tahu sebab-sebabnya. Setelah diketahuisecara pasti, kewajiban pemerintah adalahberupaya menghapus setiap hal yang bisamenumbuhkan kekecewaan masyarakat.

Ketiga, harus disadari juga bahwa da-lam hidup bermasyarakat dan bernegara,kritik memiliki fungsi preventif dan kura-tif. Fungsi preventif, misalnya pada kasus-kasus kebijakan politik yang berpotensimerugikan masyarakat banyak, munculnyasuara-suara keras yang menolak kebijakantersebut merupakan kritik yang berfungsipreventif. Sedangkan kritik yang berfungsikuratif bisa dilihat pada kasus-kasus kebi-jakan yang sudah terbukti mencelakakanmasyarakat. Kritik muncul sebagai upayamemperbaiki situasi.

Pemerintah yang baik akan merespons se-tiap kritik (baik preventif maupun kuratif)dengan penuh apresiasi. Bila pemerintahmerespons kritik dengan kecaman, yangakan timbul adalah semakin terakumulasi-nya kekecewaan publik terhadap kinerja pe-merintah. Sejarah perjalanan negeri ini telahmemberi kita pelajaran, pada saat kekece-waan terakumulasi dengan kualitas dankuantitas yang tinggi dan merata di seluruhnegeri, presiden sekuat dan setegas Soehar-to, dan presiden demokratis sekelas Abdur-rahman Wahid, bisa terhenti di tengah jalan.

Dua pengalaman getir itu seyogianya su-dah cukup memberi pelajaran berhargabagi pemerintah agar lebih elegan dankonstruktif dalam menghadapi kritik ataubahkan kecaman. ●

Jeffrie Geovanie, ANGGOTA KOMISI I DPR RI

Wacana Penggulingan dan Respons Pemerintah

PENERBIT: PT Tempo Inti Media Harian. PEMIMPIN REDAKSI: Gendur Sudarsono. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Daru Priyambodo. PJ. REDAKTUR EKSEKUTIF: M. Taufiqurohman. REDAKTUR SENIOR: Bambang Harymurti, Diah Purnomowati,Fikri Jufri, Goenawan Mohamad, Leila S. Chudori, Putu Setia, S. Malela Mahargasarie, Toriq Hadad. REDAKTUR UTAMA: Metta Dharmasaputra, Seno Joko Suyono, Yos Rizal Suriaji, Yosep Suprayogi. SEKRETARIAT REDAKSI: Dyah IrawatiHapsari. REDAKTUR: Andree Priyanto, Dody Hidayat, Dwi Arjanto, Dwi Wiyana, Firman Atmakusumah, Hari Prasetyo, Jajang Jamaludin, Mustafa Ismail, Nurdin Saleh, Nurdin Kalim, Sapto Yunus, Widiarsi Agustina, Y. Tomi Aryanto,Yudono Yanuar, Yuyun Nurrachman. SIDANG REDAKSI: Abdul Manan, Ali Nur Yasin, Dimas Adityo, Dedy Sinaga, Efri Ritonga, Endri Kurniawati, Faisal Assegaf, Hadriani Pudjiarti, Kelik M. Nugroho, Maria Hasugian, Meiriyon M.,

Martha Warta Silaban, Raju Febrian, Sita Planasari Aquadini, Sunariyah, Tjandra Dewi Harjanti, Untung Widyanto, Utami Widowati, Zacharias Wuragil B. K. FOTOGRAFI: Rully Kesuma (Redaktur), Amston Probel, Arie Basuki, Ayu Ambong, Budi Yanto, Gunawan Wicaksono, Mahanizar Djohan, Yunizar Karim, Zulkarnaen.DESAIN: Eko Punto Pambudi, Ehwan Kurniawan, Gatot Pandego. TATA LETAK: Achmad Budy, Ahmad Fatoni, Arief Mudi Handoko, Agung Nugraha, Agus Kurnianto, Djunaedi, Erwin Santoso, Fuad Hasyim, Imam Riyadi Untung, Kuswoyo, Mistono, Rudy Asrori, Talib Abdillah. ILUSTRATOR: Imam Yunni, Machfoed Gembong.REDAKTUR BAHASA: Hasto Pratikto, Elan Maolana Setiajid, Habib Rifa’i, Heru Yulistiyan, Iyan Bastian, Michael Timur Kharisma.

TEMPO NEWS ROOM, TEMPO INTERAKTIF, PUSAT DATA dan ANALISA TEMPO – PEMIMPIN REDAKSI: Daru Priyambodo. PJ. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI (TI): Wicaksono. PJ. REDAKTUR EKSEKUTIF: Burhan Solihin. REDAKTUR UTAMA: Tulus Wijanarko. REDAKTUR: Elik Susanto, Fajar W. Hermawan,Grace S. Gandhi, Jobpie Sugiharto. SIDANG REDAKSI: Ali Anwar, Arif Firmansyah, Dewi Rina, Eni Saeni, Istiqomatul Hayati, Lis Yuliawati, Poernomo Gontha Ridho, Purwanto, Sudrajat, Sukma N. Loppies, Suseno. BIRO JAKARTA: Aguslia Hidayah, Agus Supriyanto, Agoeng Wijaya, Agung Sedayu, Akbar Tri Kurniawan,Amanda Mega Mustika, Angelus Tito, Anton Aprianto, Anton Septian, Aqida Swamurti, Amirullah, Bunga Manggiasih, Cheta Nilawaty, Cornila Desyana, Desy Pakpahan, Dian Yuliastuti, Dwi Riyanto Agustiar, Eko Ari Wibowo, Erwin Prima, Erwin Dariyanto, Eka Utami Aprilia, Ezther Lastania, Fanny Febiana, Famega Syafira,Fery Firmansyah, Gabriel Wahyu Titiyoga, Harun Mahbub, Heru Triono, Ismi Wahid, Kartika Candra, Kurniasih Budi, M. Nur Rochmi, Mustafa Silalahi, Muhammad Iqbal Muhtarom, Munawwaroh, Ninin P. Damayanti, Nieke Indrieta, Oktamandjaya, Pramono, Reza Maulana, Retno Endah Dianing Sari, Rini Kustiani,Rieka Rahardiana, Rr. Ariyani, Rudy Prasetyo, Rina Widyastuti, Riky Ferdianto, Sandy Indra Pratama, Sofian, Sorta Tobing, Sutarto, Suryani Ika Sari, Yuliawati, Vennie Melyani, Wahyudin Fahmi. SURABAYA: Jalil Hakim, Zed Abidin. YOGYAKARTA: Phillipus Parera, L.N. Idayani, R. Fadjri. BANDUNG: Juli Hantoro.MAKASSAR: Elik Susanto, Purwanto. RISET: Ngarto Februana (Pj. Kepala Bagian), Indra Mutiara, Viva B. Kusnandar.

IKLAN: Gabriel Sugrahetty (wakil direktur). BUSINESS DEVELOPMENT: Meiky Sofyansyah (kepala), Tito Prabowo, Nurulita Pasaribu, Tanti Jumiati, Adelisnasari, Adeliska Virwani, Haderis Alkaf, Sulis Prasetyo, Jafar Irham, Melly Rasyid, Imam Hadi. TIM INFO TEMPO: Prasidono Listiaji (kepala). PENULIS: S. Dian Andryanto,Danis Purwono, Dewi Retno Lestari, Hotma Siregar, Mira Larasati, Nugroho Adhi, Rifwan Hendri, Susandijani, V Nara Patrianila. FOTOGRAFI & RISET: Lourentius EP. DESAIN IKLAN: Kemas M. Ridwan, Andi Faisal, Arcaya Manikotama, Andi Suprianto, Jemmi Ismoko, Juned Aryo. TRAFFIC: Abdul Djalal, Marah Andhika.SIRKULASI, DISTRIBUSI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN: Windalaksana (Kepala Divisi), Erina (Sekretariat). SIRKULASI: Shanty Nurpatria (Kepala Unit), Yefri, Indra Setiawan, Ivan B. Putra, Shalfi Andri, Alex Anindito, M. Oemar Sidiq. PERWAKILAN DAERAH: Didiet Setiaji (Bandung), Solex Kurniawan (Surabaya).DISTRIBUSI: Ismet Tamara (Kepala Unit), PROMOSI: Rachadian Nashidik, RISET PEMASARAN: Ai Mulyani K., LAYANAN PELANGGAN: Berkah Demiat.

KEPALA PEMBERITAAN KORPORAT: Toriq Hadad. KEPALA DESAIN KORPORAT: S. Malela Mahargasarie. KEPALA BIRO EKSEKUTIF & PENDIDIKAN: M. Taufiqurohman.

DIREKTUR UTAMA: Bambang Harymurti. DIREKTUR: Herry Hernawan, Toriq Hadad. SEKRETARIS KORPORAT: Rustam F. Mandayun. ALAMAT REDAKSI & IKLAN: Kebayoran Centre Blok A11-A15 Jalan Kebayoran Baru-Mayestik, Jakarta 12240. Telp. 021-7255625 Faks. 725-5645/50. E-mail: [email protected] PERUSAHAAN: Jalan Palmerah Barat No. 8, Jakarta 12210, Telp. 021-5360409 Faks. 021-5349569.

HARGA ECERAN RP 3.000, LANGGANAN RP 69.000. UNTUK WILAYAH JABOTABEK, BANDUNG, SERANG, DAN LAMPUNG. LUAR WILAYAH TERSEBUT: DITAMBAH ONGKOS KIRIM. CUSTOMER SERVICE TELP. 021-5360409/70749261 EXT. 307/310/481/334 FAKS. 021-5349569

ILUSTRASI: MACHFOED GEMBONG (TEMPO)

Page 12: KoranTempo 20 Oct 2010

PENDAPAT R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A11

“Jika korupsi diberantas secara totaldan radikal, negara ini akan ambruk.”

Pernyataan tersebut seolah keluardari kepercayaan umum selamaini. Namun, jika ditelusuri lebihjauh, hal itu justru menjadi po-

tret dunia birokrasi serta gambaran ke-tidakpercayaan masyarakat terhadapaparatur negara dalam menjalankandan mengelola kebijakan yang sarat ko-rupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Fe-nomena korupsi ibarat pohon yangtumbuh dan terus menjalar ke semuaranting pemerintahan, mulai pusatsampai daerah, di mana jika ditebangsecara serentak hingga akarnya, negaraakan lumpuh, tak berfungsi.

Berbagai kasus yang sejauh ini sudahdan sedang diproses, seperti kasus BankCentury, penyuapan anggota legislatifdalam pengangkatan Deputi GubernurSenior BI, korupsi di Ditjen Perpajak-an, sampai kasus yang dilakukan olehbeberapa wali kota dan bupati, meng-gambarkan betapa penyakit korupsi be-gitu kronis, sistemik, dan endemik. Un-tuk konteks pemerintahan daerah saja,pada pertengahan Juni 2010 PresidenSBY menandatangani surat izin peme-riksaan 150 kepala daerah yang didugamelakukan korupsi. Jumlah itu didasar-kan pada hasil rekap sejak 2004 yangdiajukan oleh Polri.Tentu bukan jum-lah keseluruhan, karena masih ba-nyak kasus yang

belum terungkap.Terhadap fenomena tersebut, asumsi

dasar yang bisa diajukan adalah korup-si tidak akan mungkin terjadi jika pelu-ang serta akses terhadap terjadinya tin-dakan itu sama sekali tidak ada. Arti-nya, korupsi selalu berkaitan dengan,salah satunya, dunia birokrasi sebagaiinstrumen dan katalisator utama. Mela-lui birokrasi, korupsi melintas dalamlingkaran sistem dan merusak tatananstruktural organisasi sehingga tidakberfungsi sebagaimana mestinya. De-ngan demikian, tidak mengherankanbila upaya melakukan praktek korupsiselalu disertai konspirasi yang kemudi-an berdampak sistemik dan merugikannegara.

Sebagai satu-satunya akses terhadapkekayaan negara, birokrasi akan terusdihantui oleh korupsi. Hantu itu bisadatang dari aparatur bersangkutanatau kelompok berkepentingan melaluisuap dan sebagainya. Di sinilah awalmula pembusukan sistem terjadi. Se-mentara itu, kondisi sistem yang adabelum mempunyai daya tolak yang kuatterhadap potensi korupsi. Longgarnyagaris struktural organisasi, tata kelolayang kurang efektif dan efisien, sertarendahnya produktivitas dan kesejahte-raan aparatur, membuat korupsi tum-buh subur dan menjamur.

Pendekatan instrumentalisPada prinsipnya, setiap birokrasi

mempunyai potensi untuk terjerumuske dalam lingkaran KKN. Hal ini ber-

gantung pada pola penataan organisasiserta pola pemerintahan yang dijalan-kan suatu negara. Organisasi yang tidakindependen, longgar terhadap masuk-nya kepentingan politik, hanya akanmenimbulkan penyimpangan-penyim-pangan institusional. Demikian pulapola pemerintahan yang cenderungmembuka kesempatan bagi para pemi-lik modal untuk beroperasi dengan be-bas tanpa kontrol yang kuat dari nega-ra. Keduanya secara deterministik akanmembentuk performa birokrasi bila ti-dak dilakukan perubahan fundamental.

Untuk kecenderungan yang pertama,kondisi birokrasi pada masa Orde Barubisa diambil sebagai pelajaran. Apara-tur negara dari pusat sampai daerah disemua institusi dijadikan instrumen un-tuk memperkuat dan memperkokoh ke-kuasaan politik tertentu.Akibatnya,

praktek KKN mengental bersa-ma kuatnya tirani di mana birokrasimenjadi alat pendulang kekayaan ke-lompok penguasa. Sumber keka-yaan negara ibarat perusahaanpribadi pemerintah di manaaparatur negara bekerja atasdasar instruksinya semata.Puncaknya, krisis 1997 dan reformasi1998 menjawab kebobrokan itu dengandigulingkannya rezim Orde Baru.

Kecenderungan kedua bisa dilacakdari fenomena korupsi yang melibatkanpara pengusaha dalam melakukan pe-nyuapan terhadap aparatur negara. Po-la pemerintahan yang membuka pintuseluas-luasnya bagi para pemilik modalternyata memberi mereka ruang untukmempengaruhi kebijakan. Bahkan ke-adaan sengaja dilapangkan untuk me-manjakan mereka, sehingga strukturatau institusi negara gampang merekakendalikan. Struktur negara yang seha-rusnya mampu mengatur dan mengor-ganisasikan semua elemen menjadi le-mah tak berfungsi. Dalam kondisi se-macam inilah berlaku anggapan umumMarxis bahwa negara hanyalah perpan-jangan tangan dari para pemilik modal.

Anggapan itu, dalam teori perban-dingan politik, dijadikan pijakan anali-sis oleh kalangan instrumentalis untukmelihat struktur pemerintahan dalamkaitannya dengan lahirnya kebijakan.Melalui pendekatan ini, dapat digaris-bawahi bahwa, selama struktur negaratidak diperkuat, selama itu pula negaraakan menjadi instrumen pemilik modal.

Namun upaya memperkuat struktur ne-gara pun akan selalu dihantui mereka,karena dianggap mengekang dan meng-hambat investasi di tengah arena kom-petisi global. Di sini kemudian diperlu-kan perubahan yang lebih mendasar.

Perubahan kulturalRentannya korupsi di dunia birokrasi

menuntut suatu perubahan fundamen-tal, dari penataan organisasi sampai ta-tanan nilai atau budaya. Pascareforma-si, spirit perubahan itu menyala dengandilakukannya perombakan tatananstruktural yang ada. Sayangnya, perom-bakan itu tidak diawali dengan per-ubahan mendasar pada basis nilai seba-gai fondasi bangunan sebuah sistem.Konsentrasi lebih ditujukan pada ran-cang-bangun sistem dari aspek struktu-ral, sehingga sering ditemui kendala di

tingkat penerapan. Satu buktiadalah tidak adanya kesi-nambungan perihal proyekreformasi birokrasi dari ti-ap periode pemerintahan.Hal ini menunjukkan ti-dak adanya fondasi yangkuat serta perencanaanyang matang berjangka

panjang.Selama pemerin-

tahan SBY, belumterdapat hasil signifi-

kan yang ditorehkan da-lam program reformasi birokrasi.Bahkan pedoman pengajuan usul-an dokumen reformasi birokrasioleh Menteri Negara PAN baru di-

ajukan pada April 2009. Semen-tara itu, grand design dan ro-

ad map yang dijadikan ke-rangka dasar dan pedomanteknis atau standard ope-

rating procedure (SOP) barudirancang awal 2010. Melihat

rentang waktu yang kurang-lebih seki-tar satu tahun, dipastikan program itubelum terealisasi, sehingga sulit mewu-judkan pemerintahan yang baik danbersih. Maka, tidak mengherankan apa-bila kasus korupsi semakin hari sema-kin banyak.

Apabila diperhatikan secara keselu-ruhan, kerangka dasar program itu se-benarnya lebih memusatkan pada pe-nataan struktural organisasi daripadaaspek kultural.Yang dituju hanyalahsoal peningkatan pelayanan publik (pu-blic service), dan cenderung mengabai-kan produktivitas kerja (budaya kerja).Padahal, dalam peningkatan budayakerja terkandung daya tolak yang ma-was diri terhadap korupsi. Melalui jalanini,Tim Kerja Independen dapat meli-hat efektivitas serta kemungkinan pe-nyimpangan yang dilakukan.Tentu me-kanisme pengawasan harus dilakukandengan ketat dan profesional.

Aras utama yang harus dituju dalamreformasi birokrasi adalah penciptaaniklim kerja yang bebas KKN. Suatuupaya yang menyentuh akar bobroknyabirokrasi dengan menanamkan budayakerja yang bersih, akuntabel, transpa-ran, kompetitif, produktif, dan visioner.Jika tidak, visi reformasi birokrasi ha-nya akan menjadi ilusi belaka. ●

Mohalli Ahmad, DIREKTUR INCA (INDONESIAN CULTURE ACADEMY) FOR BUREAUCRACY REFORMATION Nasib Janda Veteran

Peristiwa dua janda pahlawan yang didakwa menyero-bot lahan rumah dinas Perum Pegadaian dan terancamhukuman dua tahun penjara sungguh menyedihkan danmemilukan. Dua-duanya sudah berumur 78 tahun dansudah renta. Runtuhlah seluruh nurani di dada.

Sebenarnya, kalau punya kelebihan uang, saya yakinbeliau-beliau pasti sudah membeli rumah mewah bakselebritas pajak. Padahal mereka ini punya hak kave-ling di negara Indonesia tercinta ini. Seharusnya peme-rintah Indonesia, yang sudah 65 tahun merdeka, bisasedikit jeli memberikan perhatian kepada para sepuhini.

Ditempa kehidupan dan krisis ekonomi global yangpanjang membuat kehidupan para sepuh ini makin ter-puruk. Dibanding lima tahun yang lalu saja, harga-har-ga kebutuhan global sudah naik dua kali lipat.

Apalagi harga minyak, dari minyak goreng, minyakgas, hingga bensin, juga sudah naik berkali lipat. Pada-hal kesejahteraan para sepuh ini tetap. Mohon sekali-kali pemerintah turun ke pasar, jangan diliput di TV, ti-dak usah ada kamera dan wawancara yang menyudut-kan. Liputan media akan membuat penjualnya pasti ta-kut, lalu memurahkan harga. Tapi, kalau menterinya pu-lang, harganya balik lagi.

Sesungguhnya harga-harga sudah melewati bataswajar. Jangan pula dibandingkan dengan harga-harga diluar negeri, karena penghasilan per kapita di sana jugajauh di atas rata-rata penghasilan rakyat di sini. Mung-kin salah kita, yang tidak bisa mencari tambahan peng-hasilan yang menggiurkan.

Pada 21 April 2008, Presiden mengeluarkan PerpresNo. 24/2008 tentang dana kehormatan veteran RI. Di-susul Permenkeu No. 151/PMK/05/2008, dananyaRp 250 ribu per bulan kepada setiap warga yang telahmemperoleh gelar kehormatan veteran pejuang kemer-dekaan (pasal 1).

Karena ada pasal-pasal yang menyebut tentang pen-siunan dan janda (UU RI No. 11/1969, tentang pensi-un pegawai dan pensiun janda/duda pegawai) dan Per-pres No. 24 pasal 2 dan pasal 4, serta PermenkeuNo. 151/PMK02/2008 pasal 1 ad 2, kami pun berki-rim surat ke Taspen, yang diberi tugas melaksanakanpembayaran. Balasannya ditolak dengan alasan yang ti-dak bisa dimengerti. Padahal di Pasal 8 Permenkeu151/PMK/05/2008, pembayaran ini tetap berlaku dandihitung mulai 1 Januari 2008 Perpres No. 24/2008.

Mudah-mudahan Presiden RI dan Menteri Keuanganmenjelaskan masalah yang sebenarnya, sebagai pihakyang mengeluarkan peraturan-peraturan tersebut. Apa-kah janda veteran bisa mendapat dakomvet? Kalau ti-dak, pasti akan banyak lagi Soetarti dan Rusmini yangbakal masuk dalam bursa ”pemiskinan baru” di repub-lik ini.

Ibu Swandari

Janda Pahlawan

SURAT PEMBACA

SURAT DAN PENDAPAT

(021) 70292900

[email protected]

Kebayoran CenterBLOK A11-A15, JALAN KEBAYORAN BARU, MAYESTIK, JAKARTA 12240

(021) 725 5645/50

UNTUK ARTIKEL PENDAPAT, PANJANG TULISAN MAKSIMUM 6.000 KARAKTER,

DISERTAI FOTO DAN NOMOR TELEPON YANG DAPAT DIHUBUNGI.

@

Hantu Korupsi di Lintasan BirokrasiM

AC

HF

OE

D G

EM

BO

NG

(T

EM

PO

)

Page 13: KoranTempo 20 Oct 2010

A12100%INDONESIAILMU&TEKNOLOGI R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0

Z OM IN

Tiga Hujan MeteorHingga Desember

BANDUNG — Setiap bulan, mulaiOktober hingga Desember men-datang, bersiaplah menyaksikanlontaran bintang jatuh. Tiga hu-jan besar meteor akan turun danbisa disaksikan mulai tengahmalam dengan mata telanjang.

Pada bulan ini, hujan meteorOrionid akan mencapai puncak-nya pada 21 Oktober. Lontaranbintang jatuh dari rasi bintangOrion tersebut mencapai 20-40kali setiap jam. “Waktu terbaikmelihatnya jika cuaca cerah sele-pas tengah malam hingga su-buh,” kata peneliti senior astro-nomi dan astrofisika LembagaPenerbangan dan Antariksa Na-sional, Thomas Djamaluddin, ke-marin.

Saat tengah malam, rasi bin-tang Orion tepat berada di ataskepala dan bergerak ke arah ba-rat menjelang pagi. “Tapi melihat-nya tetap harus tengadah karenaposisinya masih tinggi,” ujarnya.

Hujan meteor Orionid berasaldari sisa debu komet Halley yangmasuk ketika bumi melintasinya.Selain langit mendung atau hu-jan, halangan untuk menyaksikanhujan meteor Leonid adalah ca-haya bulan yang mulai memasukifase purnama pada 23 Oktober.

Tapi jangan khawatir, peristiwaalam serupa berikutnya bakal ber-lanjut. Pada November, giliran hu-jan meteor Leonid yang akan turunhingga belasan kali per jam saatmasa puncak pada 17-18 Novem-ber. Waktu terbaik melihatnya jugaselepas tengah malam, sama se-perti hujan meteor Orionid.

Menurut Djamaluddin, meteorLeonid berasal dari debu kometTemple-Tuttle. Pada kurun 1998-2002, jatuhnya meteor itu tidaklagi disebut hujan, tapi badai. Se-bab, debu antariksanya sangatbanyak, yang terlepas dan jatuhke bumi. “Tapi sekarang sudahmakin berkurang,” ujarnya.

Pada akhir tahun nanti, curahhujan meteor bakal semakin de-ras. Hujan meteor Geminid, kataDjamaluddin, akan turun hingga100 kali per jam pada masa pun-cak yang berlangsung pada 12-13 Desember. Meteor tersebutberasal dari debu antariksa yangdibawa bekas meteor. “Sekarangjadi asteroid Phaton,” ujarnya.

Ketiga hujan meteor yang rutinterjadi setiap tahun tersebut ti-dak membahayakan bumi. Ukur-an meteor yang masuk, kata dia,sangat kecil sehingga mudahdan cepat habis terbakar atmo-sfer. “Kecuali jika ada meteorsporadis yang jatuh di luar hujanmeteor itu,” katanya. ● ANWAR SISWADI

Star langsung terbang denganmulus begitu dilemparkan keudara. Dengan tenang, ErwinLimawan mengemudikan pe-sawat mirip capung itu de-

ngan remote control. Setelah melewatigate berupa sepasang pancang tiangbesi setinggi 3 meter,pesawat milik timasal Universitas Kristen Maranatha,Bandung, tersebut leluasa menjelajahangkasa.

Selama tiga menit, pesawat seberat150 gram itu berputar sambil meliuk-liuk mulus. Menjelang waktu habis, pe-sawat kembali melewati gate sebelummendarat. Misi itu pun dipungkasi de-ngan sempurna.“Gila, tiga menit diha-bisin,” kata peserta lain yang sedangmenunggu giliran terbang pada ajangIndonesia Indoor Aerial Robot Contest2010 di Gedung Serba Guna InstitutTeknologi Bandung, 15-17 Oktober.

Kemampuan terbangStar tak kalah elok di-banding bentuknyayang berbadan cekingtapi memiliki sayaputama dan sayap ken-dali yang lebar. Sayaptembus pandang ituterbuat dari plastikpembungkus buahyang tipis namun liat

dan ringan. Saat babak penyisihanpertama, cuma Star yang mampu ter-bang mulus.

Kondisi itu berbeda dengan TimBravo Works atau pesawat Hantu (Wa-hana Udara Intai Ruang) dari InstitutTeknologi Bandung (ITB). Pesawatyang meraih desain pesawat terbaikini beberapa kali gagal terbang dan ja-tuh.“Terlalu sensitif alatnya jadi susahdikendalikan,” kata Ketua Tim HantuIgnatius Yudki Utama.

Kesulitan pada kategori pelajar lainlagi. Belum juga terbang, dua tim asalSekolah Menengah Atas Muhammadi-yah 2 Sidoarjo, Jawa Timur, masih di-sibukkan oleh berat pesawat.Agar bo-bot kurang dari 135 gram sesuai de-nganaturan lomba, pesawat styrofoamyang sudah jadi itu terpaksa dipotongberulang kali. Tim Robotic ClubSmansa (RCS), misalnya, harus memo-tong badan pesawat, sedangkan TimD’ceptions mengiris sayap utama.

Persyaratan dalam kompetisi pesa-wat ringan tanpa awak yang dikenda-likan pilot dengan remote control diruangan tertutup itu memang cukupketat. Setiap peserta diwajibkan mem-buat sendiri pesawat dari rancangan-nya hingga pesawat jadi. “Semuanyaharus dari nol,” kata anggota dewanjuri, Feri Ametia. Modelnya boleh me-

niru pesawat sejenis di Internet, buku,atau hasil kreasi sendiri.

Sebagian besar peserta mengguna-kan styrofoam, kayu balsa, atau pipakarbon sebagai kerangka agar badanpesawat ringan dan kuat. Sebagai pe-nutup sayap, mereka menggunakankertas atau plastik. Sedangkan mesinmemakai receiver, batu baterai lipo 3sel, motor, serta servo sebagai pengge-rak kendali sayap vertikal dan horizon-tal di bagian belakang.

Perhelatan tahunan yang ketiga ka-linya digelar oleh Keluarga MahasiswaTeknik Penerbangan ITB tersebut di-ikuti 30 tim.Tahun ini panitia menam-bah jumlah peserta dengan membukakategori sekolah menengah, yang di-ikuti 6 tim pelajar SMP dan SMA dariBandung, Sidoarjo, Yogyakarta, sertaDenpasar.“Kaget juga ketika ada pen-daftar siswa SMP,” kata ketua panitiaacara, Anggia Faulina.

Persaingan sengit terjadi pada kate-gori perguruan tinggi, dengan pesertalebih dari 20 tim. Selain mahasiswaITB, mereka berdatangan dari UGM,Universitas Nurtanio Bandung, Uni-versitas Maranatha, STT Adisutjipto,Universitas Diponegoro, serta Politek-nik Negeri Bandung. Adapun pesertaumum berjumlah 9 tim. Mereka bersa-ing memperebutkan hadiah total Rp 9juta.

Sebagian besar peserta ternyata takbisa menguasai pesawatnya. Banyakpesawat gagal terbang sampai jatuhmenukik hingga sayap patah atau kom-ponen mesin tercerai-berai. Beberapatim mengaku baru berlatih sebulan se-belum lomba.

Pada babak final, setiap pesawatbertugas sebagai pengintai dan harusmembaca abjad atau angka pada ker-tas yang disebar panitia secara acak dilantai. Kamera kecil pada badan pesa-wat harus merekam dan mengirimkangambar angka itu ke anggota tim di ru-ang tertutup.

Akhirnya, dewan juri memutuskanTim Carola dari ITB sebagai juara ka-tegori perguruan tinggi dan tempat ke-dua diraih Tim Star asal UniversitasKristen Maranatha.

Untuk kategori SMA, Tim Hammerdari SMA Pangudi Luhur Yogyakartamenjadi juara, sedangkan Tim D’cep-tions asal SMA Muhammadiyah 2 Si-doarjo sebagai runner-up. Pada katego-ri umum, menurut Anggia, juara danrunner-up direbut Tim Piper One dariBandung dan Tim Garuda asal Suraba-ya. Pilot tim Garuda Andre Pranototerpilih sebagai pilot terbaik, dan pre-sentasi terbaik diberfikan kepada TimSata Dirgantara Bandung. ● ANWAR SISWADI

ITB menggelar kompetisi pesawat ringan tanpa awak

untuk mahasiswa dan pelajar. Bisa digunakan untuk

mengambil gambar hingga sebagai pengintai militer.

Sejumlah peserta mempersiapkan pesawat aeromodelingnya

Salah satu pesawat aeromodeling dalam IIARC Indonesia Indoor

Aerial Robot Contest 2010 di ITB, Bandung.

FOTO-FOTO: ADITYA HERLAMBANG PUTRA (TEMPO)

PENERBANGAN

Page 14: KoranTempo 20 Oct 2010

A13ILMU&TEKNOLOGI R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0

TEMPO ENGLISH THIS WEEK

Main Story

State of Illegal LoggingPresident Susilo Bambang Yudhoyono’s sister-in-law is rumo-

red to be behind attempts to block police investigations on a ca-

se of illegal loggers involving one of Indonesia’s biggest timber

companies—PT Sumalindo Lestari Jaya. Wijiasih Cahyasasi—

an older sister of First Lady Ani Yudhoyono—has been Sumalin-

do’s president commissioner since last September. At that time

company CEO Amir Sunarko and his deputy were about to be

tried for illegal logging in Kutai Kartanegara, East Kalimantan.

Tempo’s investigation indicates that Wijiasih and a number of

Sumalindo’s people attempted to meet with Police Chief Gene-

ral Bambang Hendarso Daru, East Kalimantan Police Chief, In-

spector-General Mathius Salempang and even Forestry Minis-

ter Zulkifli Hasan, in an effort to release the Sumalindo executi-

ves. Sumalindo complained that it has been treated unjustly

and was a victim of political maneuverings. How did the Cikeas

family get dragged into this case? Is it true that Sumalindo is

linked to illegal logging in Kalimantan?

Economy & Business

Who’s Frying Indomie?Serious charges have been made by Taiwan against Indonesian in-

stant noodles. The government in Taipei suddenly banned Indomie

noodles from being imported into the country. It claims the popular soy

and other sauces contain the preservative nipagin and natrium benzo-

ate in dangerous levels.

The public has been galvanized and the Indonesian government is fu-

rious. There are indications this may be nothing more than a part of the

international trade war. What do the laboratory tests say? What are the

risks to human health? Tempo exposes the story behind the incident.

Law & Crime

The Bibit-Chandra Case—Phase IIThe fate of two leaders of the Corruption Eradication Commission

(KPK)—Chandra Martha Hamzah and Bibit Samad Rianto—is on the li-

ne once more. The letter suspending their investigation over the Ang-

godo Widjojo case was rejected by the Supreme Court. The two now

may have to go back to face trial in court again. The consequence

would not be good for the KPK.

The Attorney General has been pressured to do something about

the case, which reeks of political shenanigans. Acting Attorney General

Darmono may be delaying the case until the position he holds beco-

mes permanent. Will Bibit-Chandara go back behind bars?

Interview

Yunus Husein Opens Up

The Chairman of the PPATK can now do his work properly, thanks to

the new Law on Money Laundering enacted by the DPR two weeks

ago. He admitted to being highly strung because a number of crucial

clauses would not have been approved. “But luckily, that is now over,”

said Yunus.

During hearings in parliament, Yunus sparred constantly with the le-

gislators. He insisted that the authority of the PPATK be expanded to

include investigation of money laundering cases and asked that trans-

actions of lawyers, accountants and notaries be open for scrutiny. “Tho-

se are valid international standards,” said Yunus. Read his frank and

open views in this week’s edition of Tempo.

Outreach

Hygiene and Good HealthOctober 15 is International Hand-Washing Day, an event that is

commemorated in Indonesia, particularly where the government is im-

plementing sanitation projects. Around 70 million Indonesians reporte-

dly still excrete their bodily waste not in the proper places, shamefully

coming in third in the list of countries with such unhygienic habits, after

China and India. Such a condition can lead to diarrhea, acute respirato-

ry diseases and malaria. The government has set 2014 as the time

when such unhygienic habits are eradicated in Indonesia. In some of

the regions, local governments collaborating with NGOs have come up

with creative projects to eradicate this unhygienic habit. Tempo English

Edition looks at some of these projects in areas of Papua and Nias.

Customer Service TEMPO

Gedung TEMPRINT 4th Floor

Jln. Palmerah Barat No. 8 - Jakarta 12210

Phone: 021-5360409 ext. 9

Fax: 021-5349569, Email: [email protected]

HOTLINE

CONTACT

● COVER PRICE Rp 30.000/issue

Price excluding shipping and handling for overseas

subscriber, including tax

Selama satu bulan ini,anggota Tim Aero Paksi-ma (Pusat Kreasi Maha-

siswa) jadi rajin bangun pagi.Sebelum matahari terbit, M.Khoif Billah dan enam rekan-nya di Teknik Mesin Universi-tas Gadjah Mada angkatan2008 berlatih menerbangkanpesawat dari kayu balsa buat-an mereka sendiri. Persiapanmenjelang Indonesia IndoorAerial Robot Contest 2010 diInstitut Teknologi Bandung,15-17 Oktober, itu dilakukandi pinggir sawah dekat kam-pus.

“Latihan di ruang terbukaketika angin masih sedikit bia-sanya mulai pukul 5 hingga 7pagi,”�ujar Khoif. Kondisi itudiperkirakan sama seperti diruangan tertutup aula kampusyang tak bisa mereka pakaikarena digunakan untuk job

fair. Cara serupa dilakukandua tim asal SMA Muhamma-diyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur.Sebelum menerbangkan lang-sung pesawatnya, pilot ArdaWijaya, misalnya, berlatih de-ngan simulator.

Selama latihan itu, merekamenghabiskan dua hingga tigapesawat karena rusak setelahjatuh. Harga pembuatan se-buah pesawat termurah men-

capai Rp 900 ribu. “Kamiakan terus berlatih dan ikutkompetisi, juga membuat pe-sawat outdoor,”�ujar Khoif. Te-kad itu untuk menghidupkanlagi minat aeromodeling yangtelah lama mati di kalanganmahasiswa jurusannya. Sebe-lumnya, mereka rajin meng-ikuti lomba roket air.

Menurut ketua panitia AerialRobot Contest, Anggia Faulina,kompetisi tersebut bertujuanmenumbuhkan rasa cinta kedir-gantaraan di kalangan anakmuda. Pesawat sederhana itujuga diharapkan mengembang-kan gagasan untuk pembuatan

teknologi pesawat di Indonesia.Sedangkan menurut anggo-

ta dewan juri, Feri Ametia, pe-sawat ringan itu, jika bisa di-kendalikan dan terbang de-ngan stabil, berguna untuk pe-mantauan dari udara di ruang-an tertutup. Sambil dipasangikamera kecil, misalnya, pesa-wat bisa dipakai untuk meng-ambil gambar film, acara olah-raga, atau iklan melayang. Le-bih jauh lagi, pembuatan pesa-wat tingkat dasar tersebut un-tuk pengembangan pesawatpengintai jarak jauh guna pe-metaan wilayah atau kepen-tingan militer. ● ANWAR SISWADI

HANTU (WAHANA UDARAINTAI RUANG)

Hantu adalah sebuahwahana terbang tan-pa awak untuk misi

pengintaian dalam ruang.Dinamakan “Hantu” karenawahana ini hanya terlihatseperti “rangka terbang”�dan karakteristik terbang-nya yang lambat sepertihantu.

Hantu dapat melakukanpenerbangan dalam kece-patan rendah dan terkon-trol karena menggunakankonfigurasi sayap Rogallo(konfigurasi sayap tetapyang fleksibel seperti yangterlihat pada sayap utamaHantu) serta menggunakancenter-of-gravity shift con-

trol serta vectoring thrust

sebagai sistem kenda-linya.

Karena rangka pe-sawatnya hanya ter-buat dari kayu balsadan plastik, pesa-wat ini sangat ringansehingga hanya diperlukansedikit energi untuk mener-bangkannya (yang berartidaya tahan baterai yang le-bih besar untuk terbang).

TERBANG BERSAMA ANGIN PAGI Keunggulan teknis Hantu

untuk misi pengintaian

dalam ruang:

1. Menggunakan CG shift

control dan vectoring

thrust sehingga me-mungkinkan Hantu ter-bang dengan kecepatanrendah (sistem kontrol ti-dak memerlukan aliranudara untuk mengubaharah pesawat).

2. Menggunakan sayap Ro-gallo, yang mudah dalamproses manufaktur,memberi kestabilan ter-bang yang bagus sehing-ga tidak memerlukanstabilisator horizontalmaupun vertikal.

Hantu tampak miring

Sistem kontrol. Servo palingbawah kanan pengatur sudutmotor (vectoring thrust control),servo atas kanan untuk mem-berikan torsi pada sayap bagiandepan agar berotasi searahataupun berlawanan jarum jam(CG shift control)

Konfigurasi sayap Rogallo pa-da sayap utama. Perhatikanbahwa bagian belakang plastiksengaja tidak ditegangkan.

SPESIFIKASI:

Propulsi: brushless motor

Dimensi:

77 x 65 X 8 cmBerat tanpa muatan:

108 gram

Diameter propeller: 16 cmBaterai: 3 sel baterai Li-PoESC: Bys 10 AmpServo: mini servo 5 gramMaterial rangka pesawat: kayubalsa, plastik mika, styrofoam

IKLAN

Page 15: KoranTempo 20 Oct 2010

A14internasional R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0

KILAS

Netanyahu MintaSumpah Setia Diperluas

YERUSALEM — Perdana MenteriIsrael Benjamin Netanyahu me-merintahkan menteri kehakiman-nya menyusun kembali drafamendemen undang-undang ke-warganegaraan yang baru sajadisetujui kabinet.

Seperti dilaporkan kemarin,Netanyahu pada Senin lalu me-minta agar dalam draf yang barudicantumkan bahwa sumpah se-tia kepada Yahudi dan negarademokrasi Israel tidak hanya di-berlakukan kepada orang non-Ya-hudi yang mencari kewarganega-raan Israel, tapi juga kepada ke-turunan Yahudi yang mencari ke-warganegaraan Israel.

Amendemen disetujui kabinetNetanyahu pekan lalu. Namunamendemen hanya ditujukan un-tuk non-Yahudi. Kendati belumselesai, amendemen itu telahmenuai kecaman dari organisasihak asasi manusia serta organi-sasi politik di Israel maupun diluar negeri. Mereka menilaiamendemen itu sebagai tindak-an rasis. ● JTA

Wakil Presiden CinaDitunjuk Sebagai Pemimpin Militer

BEIJING — Partai berkuasa Cina,Partai Komunis, menunjuk WakilPresiden Cina Xi Jinping sebagaipemimpin militer pada Seninmalam lalu. Penunjukan dilaku-kan setelah partai itu melaku-kan pertemuan tertutup selamaempat hari di Beijing.

Penunjukan ini diduga sebagailangkah awal untuk mempersiap-kan Xi, 57 tahun, sebagai pe-mimpin masa depan Cina, meng-gantikan presiden yang juga Sek-retaris Jenderal Partai Komunis,Hu Jintao. Hu akan mengakhirijabatannya pada awal 2013.

Tidak banyak diketahui ten-tang pandangan Xi. Tapi ia me-miliki rekam jejak dalam refor-masi ekonomi. ● MIAMI HERALD | SUNARIAH

IKLAN

BANGKOK — Sekretaris Presiden Mahka-mah Konstitusi Thailand Pasit Sakdan-arong diberhentikan dari jabatannya se-telah sebuah video yang merekam perte-muannya dengan wakil dari Partai Demo-krat beredar luas.

Seperti dilaporkan kemarin, pember-hentian Pasit disampaikan langsung olehPresiden Mahkamah Konstitusi UdomsakNitimontree pada Senin lalu. Didampingiempat hakim konstitusi lainnya, Udom-sak mengatakan pemberhentian Pasitefektif sejak hari itu juga.

Dalam sebuah video yang disebarluas-kan oleh partai oposisi Puea Thai, Ahadlalu, itu terlihat Pasit bertemu dengananggota parlemen dari Partai Demokrat,Wirach Romyen. Berdasarkan rekaman,diduga Wirach berusaha mempengaruhipengadilan agar memanggil saksi terten-tu dalam kasus yang menuduh Partai De-mokrat menyalahgunakan dana pemba-ngunan partai sebesar 29 juta baht atauRp 8,7 miliar pada 2005 itu.

Dalam kasus ini, jika Demokrat diketa-hui bersalah, partai itu akan dibubarkandan politikusnya dilarang berpolitik sela-ma lima tahun, termasuk Perdana Mente-

ri Abhisit Vejjajiva.Udomsak meminta pemerintah dan in-

telijen membentuk tim pencari fakta un-tuk menyelidiki kasus ini. Namun Mah-kamah Konstitusi juga tetap membuatkomite investigasi sendiri. MenurutUdomsak, pengadilan tidak membeda-bedakan siapa pun dan tidak ada satupun yang dapat mengintervensi pengadil-an.

Beredarnya video itu membuat Demo-krat gerah. Chuan Leekpai, penasihatketua Partai Demokrat yang juga bekasperdana menteri, mengatakan Wirachbertemu dengan seorang petugas seniorMahkamah Konstitusi setelah mendapatundangan. Karena itu, partai tersebut ti-dak berencana mengubah tim hukum-nya.

Chuan juga menegaskan bahwa rekam-an itu tidak akan mempengaruhi putusanMahkamah terhadap pembubaran partai.

Mahkamah Konstitusi menjadwalkan29 November sebagai waktu bagi hakimKomisi Pemilu dan Demokrat menyam-paikan pernyataan tertutup mereka un-tuk kasus ini.

● BANGKOK POST | MCOT | STRAITS TIMES | SUNARIAH

Sekretaris PresidenMahkamah Thailand Dipecat

Sepanjang Oktober

86 tewas di Vietnam .

MANILA — Korban tewas aki-bat terjangan topan super Me-gi di Filipina kemarin terusbertambah. Dilaporkan 11orang tewas setelah topan su-perkuat itu menjauh dari ne-geri Aquino tersebut.

Dari semua korban,menurutpetugas pertahanan sipil, em-pat di antaranya meninggal diProvinsi Pangasinan. Penye-babnya: tiga orang tertimpapohon dan satu disambar petir.Tiga lainnya tewas di ProvinsiIsabela dan seorang tenggelamsaat berusaha menyeberangisungai di Provinsi Nueva Ecija.

Adapun salah seorang kor-ban tewas tenggelam di KotaCagayan. Menurut Dewan Ma-najemen dan Pengurangan Ri-siko Bencana Nasional, duaorang tewas tertimpa pohon,masing-masing di ProvinsiKalinga dan Kota Baguio.

Topan super Megi menghan-tam pesisir Filipina sejak Sela-sa lalu. Topan mengamuk de-ngan kecepatan angin sekitar167 kph atau 104 mph. Kema-rin topan Megi dilaporkan te-ngah menuju Laut Cina Sela-tan serta diperkirakan bisamendekati Hong Kong dan Ci-na daratan dalam beberapahari. Guna mencegah jatuhnyakorban akibat badai yangmungkin terburuk tahun initersebut, petugas di Cina telahmemperingatkan warga. Petu-gas telah mengevakuasi seki-tar 140 ribu warga dari 15 ko-ta di Pulau Hainan sejak hujanlebat mengguyur pulau itu pa-da Jumat pekan lalu.

Ahli meteorologi CNN, IvanCabrera,mengatakan Megi ada-lah topan terdahsyat di planetini setelah badai Wilma pada2005. Pada satu waktu, topandapat membawa angin dengankecepatan 269 kph atau 167mph sebelum jatuh ke daratan.

Bencana tak hanya menimpaFilipina. Di Vietnam, sedikitnya19 orang tewas dan 5 lainnyahilang setelah hujan derasmengguyur Vietnam Tengah ke-marin. Angka itu menambahjumlah korban menjadi 86orang sepanjang Oktober ini.

Seperti dilaporkan KomitePengendali Banjir dan BadaiNasional Vietnam, sebagianbesar korban tewas akibat ter-sapu banjir saat melakukanperjalanan di Provinsi NgheAn, Ha Tinh, Quang Binh, danThua Thien Hue.

“Ini merupakan banjir ter-besar yang pernah saya saksi-kan dalam hidup saya,” kataNguyen Thi, 70 tahun, wargadi Distrik Huong Khe, Provin-si Ha Thin.“Sepanjang malam,saya berdiam di pohon nangkasampai regu penolong mene-mukan saya.”

Hujan deras mengguyur Viet-nam Tengah sejak Kamis pekanlalu. Selain mengakibatkankorban jiwa, banjir membuat100 ribu rumah terendam dan68 ribu orang dievakuasi ketempat yang aman.

Kondisi yang sama terjadi diProvinsi Nakhon Ratchasima,Thailand. Provinsi itu rusakberat setelah banjir bandangmenghantam wilayah timurlaut dan tengah daerah terse-but. Lima orang dilaporkantewas. ● CNN | AL-JAZEERA | STRAITS TIMES | BANG-

KOK POST | SUNARIAH

Badai HantamAsia, PuluhanTewas

Topan Super Megi

Masuk kategori lima topan super Megi jatuh ke

pesisir Filipina, menghantam bagian timur laut

Pulau Luzon dengan kecepatan angin 225 kilo-

meter per jam dan gelombang mencapai 14 meter. Ba-

dai ini diharapkan melemah selama di pulau sebelum

menguat kembali saat menuju Laut Cina Selatan.

Pulau Luzon, 18 Oktober:

Semua perjalanan laut dila-

rang. Tentara dan pelayanan

darurat siaga.Hong Kong

Pulau Hainan

Luzon

23 Okt

22 Okt

21 Okt

20 Okt

19 Okt

17 Okt

Manila

F I L I P I N A

Hanoi

Laut Cina

Selatan

SAMUDRA

PASIF IK

CINATA IWAN

V I E T N A M

Page 16: KoranTempo 20 Oct 2010

INTERNASIONAL R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A15

SEJARAH

RALAT

Venezuela dan Iran

membahas kerja sama

industri minyak, gas, dan

petrokimia.

TEHERAN — Presiden Venezuela HugoChavez kemarin malam tiba di Te-heran. Dalam lawatan resmi untukkesembilan kalinya ini, Chavezmembahas isu-isu kawasan dan du-nia berkaitan dengan 186 kesepa-katan yang ditandatangani keduanegara dalam lima tahun terakhir.Selain itu,keduanya membahas ker-ja sama dalam industri minyak, gas,dan petrokimia.

“Ini rumah kedua saya,” kataChavez, yang disambut Menteri Per-industrian Ali Akbar Mehrabian diBandar Udara Mehrabad. MenurutAli Akbar, selama dua hari di Tehe-ran, Chavez akan berbincang de-ngan Presiden Mahmud Ahmadine-jad dan sejumlah petinggi Iran lain-nya. Apalagi sudah jadi rahasiaumum bahwa Chavez mendukungprogram nuklir Iran.

“Chavez dan Ahmadinejad punyakesamaan pandangan terhadap sepakterjang Amerika Serikat di dunia,”de-mikian dilansir harian Israel,Haaretz.Chavez mengatakan bahwa Amerikadan sekutunya hendak menghalang-

halangi kemerdekaan negara lain diseluruh dunia.“Ini masih tentang ki-sah yang sama,”katanya.

Menurut Chavez, Amerika Serikatdan sekutunya juga berupaya “meng-atur”arah pembangunan dan indus-tri di sejumlah negara. “Mereka takmungkin bisa menyetop kita,” ujarChavez,yang juga dijadwalkan berte-mu dengan pemimpin spiritual Iran,Ayatullah Ali Khamenei. Pada hariyang sama, Presiden Ahmadinejadjuga menerima Perdana Menteri Irak.

Perdana Menteri Irak Nuri Kamalal-Maliki juga mengadakan tur kekawasan. Disebut-sebut Al-Malikihendak mencari dukungan kepadaIran.“Hubungan Irak dan Iran ada-lah kemitraan yang strategis di ka-

wasan,” ujar Maliki, yang mengun-jungi Kota Suci Qom. “Irak meng-inginkan kemitraan yang lebihmendalam lagi dengan Iran.”

Selain menemui Ayatullah AliKhamenei, Al-Maliki menemui pe-mimpin Al-Sadr, Muktada Al-Sadr,di Qom. Keduanya membahas soalperkembangan politik terbaru diIrak.“Kedua pemimpin membicara-kan soal rencana pembentukan pe-merintahan yang baru,” demikiandikatakan seorang sumber di Al-Sadr kepada Alsumaria News.

“Tak benar kalau saya mencarikonsensi kepada pemimpin negara-negara tetangga,” kata Al-Maliki,yang juga melawat ke Suriah, Turki,dan Yordania. ● AP | HAARETZ | IRNA | ANDREE PRIYANTO

CHAVEZ KUNJUNGI AHMADINEJAD

Terdapat kesalahan penulis-an tahun dan foto Martin Lutherpada edisi Selasa (19 Oktober).Disebutkan, pada 1912 MartinLuther meraih gelar doktor di bi-dang teologi. Profesor asal Jer-man ini pula yang mengenalkanaliran Protestan dalam agamaNasrani. Adapun yang benaradalah Martin Luther, seorangpendeta asal Jerman, meraihgelar doktor teologi (Doctor inBiblia) pada 1512.

Dan, dalam beberapa tahunterakhir hidupnya, Martin Luthermenjadi sangat mendukung ge-rakan anti-Semit. Dalam bebera-pa tulisannya, Martin Luthermengatakan bahwa rumah-ru-mah Yahudi mesti dihancurkan.Termasuk mendukung penghan-curan sinagoga, penyitaanuang, dan pembatasan kebe-basan warga Yahudi. Alhasil, iadikenal sebagai figur sejarawandan teolog yang kontroversial.Atas ketidaknyamanan ini kamimohon maaf. ●

Amerika Minta CinaTak Bantu Iran

Amerika Serikat kemarin meminta

Cina mengambil tindakan terha-

dap perusahaan-perusahaan Ci-

na yang membantu Iran menjalankan

program nuklir dan mengembangkan

teknologi rudal. “Kami telah mengelu-

arkan nama-nama perusahaan Cina—

yang diduga telah membantu Iran,”

kata juru bicara Departemen Luar Ne-

geri Amerika Serikat, P.J. Crowley.

Washington mewanti-wanti Beijing

bahwa membantu Teheran sama saja

dengan melanggar sanksi Perserikat-

an Bangsa-Bangsa. PBB menjatuhkan

sanksi kepada Iran pada Juni lalu.

Negara-negara Barat sempat mengelu-

arkan kekhawatiran bahwa perusaha-

an-perusahaan Cina mungkin akan

masuk ke Iran, menggantikan perusa-

haan-perusahaan lain yang mundur.

Juru bicara Kementerian Luar Nege-

ri Cina, Ma Zhaoxu, mengatakan Cina

berkomitmen penuh pada sanksi PBB

tersebut. “Cina mengemban tanggung

jawab internasional dan terlibat aktif

dalam setiap upaya diplomasi di du-

nia,” kata Ma. “Kami katakan bahwa

kami berada di pihak Amerika Seri-

kat.” ● REUTERS | ANDREE PRIYANTO

VAHID SALEMI (AP)

Mahmud AhmadinejadPRESIDEN IRAN

Hugo ChavezPRESIDEN VENEZUELA

IKLAN

Belanja pemerintah mela-

lui APBN/APBD dituju-

kan untuk meningkatkan

kesejahteraan rakyat. Salah sa-

tu pelaksanaanya melalui

pengadaan barang/jasa peme-

rintah yang jumlahnya besar

serta terus meningkat dari ta-

hun ke tahun.

Namun, belanja pengadaan

barang/jasa pemerintah ini ju-

ga menjadi sarana yang rawan

dikorupsi. Prakteknya, mulai

dari me-mark up harga ba-

rang/jasa melebihi harga pasar,

hingga penyalahgunaan wewe-

nang.

Tentunya, kondisi demikian

tak bisa terus didiamkan. Perlu

pencegahan sejak dini dengan

mendorong terciptanya peng-

adaan barang/jasa pemerintah

yang kredibel melalui sistem,kelembagaan, dan regulasiyang mendukung.

Atas dasar itu, pemerintahmembentuk Lembaga Kebijak-an Pengadaan Barang/Jasa Pe-merintah (LKPP) sejak tahun2007. Langkah ini untuk men-dorong pengadaan barang/jasapemerintah yang lebih efektif,efisien, transparan, terbuka,dan akuntabel.

Keberadaan LKPP yang ter-bilang muda, LKPP telah ba-nyak menyumbangkan hasilbagi terciptanya tata kelola pe-merintahan yang baik. Secaraumum, terdapat empat bidangprestasi kerja LKPP hingga ta-hun ini.

Aspek Regulasi dan

Kelembagaan.Pada aspek ini, LKPP berpe-

ran besar atas tersusunnya Per-aturan Presiden (Perpres) No-mor 54 Tahun 2010 tentangPengadaan Barang/Jasa Peme-rintah yang ditandatanganiPresiden pada 06 Agustus 2010lalu. Perpres ini mengganti se-kaligus menyempurnakan pa-yung hukum sebelumnya, yakniKeputusan Presiden Nomor 80Tahun 2003 tentang PedomanPelaksanaan Pengadaan Ba-rang/Jasa Pemerintah.

Terkait aspek regulasi, LKPPjuga tengah menuntaskan pe-

nyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Peng-adaan. Saat ini, RUU masih te-rus dibahas lintas instansi danpemangku kepentingan dan di-seminarkan di tiga kota di In-donesia (Makasar, Medan, danSurabaya). Harapannya, RUUini sudah bisa diserahkan keSekretariat Kabinet sebelumakhir Desember 2010 untuk di-ajukan dan dibahas bersamaDPR RI.

Aspek Penyelenggaraan

Pengadaan

Dengan harapan meminima-lisir penyalahgunaan wewe-nang oleh aparat birokrasi da-lam pengadaan barang/jasa,LKPP merealisasikan sejumlahprogram lain. Diantaranya, me-ngembangkan lelang secaraelektronik (electronic procure-

ment). Sejak 2008 hingga perte-ngahan Oktober 2010, LKPPtelah memfasilitasi pemba-ngunan 107 Layanan Pengada-an Secara Elektronik (LPSE)yang melayani 218 instansi Pu-sat dan Daerah. Jumlah paketselesai dan nilai pagu selesaipengadaan barang/jasa yangdilelang melalui e-procurementsecara nasional sampai saat iniadalah 6.076 paket senilaiRp11,535 triliun dengan nilaipenghematan Rp1,493 triliun.

Pemanfaatan lelang secaraelektronik ini terus meningkat

dari tahun ke tahun. PeriodeJanuari - pertengahan Oktober2010, paket selesai dan nilaipagu selesai lelang mencapai4.622 senilai Rp8,35 triliun danpenghematan sebesar Rp968miliar. Jumlah ini meningkatsignifikan dari realisasi paketselesai dan nilai pagu selesailelang tahun 2009 sebanyak1.435 senilai Rp3,14 triliun de-ngan penghematan Rp518 mili-ar.

Menyusul terbitnya Perpres54, LKPP menargetkan penye-lesaian penyusunan Norma,Standar, Prosedur, dan Manual(NSPM) paling lambat bulanNovember 2010. NSPM ini me-muat: i) Standar Dokumen Pe-nawaran untuk Konstruksi, Ba-rang, Konsultansi, dan JasaLainnya; ii) Pedoman Penyu-sunan Harga Perkiraan Sendiri(HPS); iii) Pedoman Daftar Hi-tam; iv) Pedoman PembentukanLPSE; dan v) Pedoman Penyu-sunan e-catalog.

Aspek Pengembangan SDM

Dalam pengembangan SDM,LKPP telah memfasilitasi ujiansertifikasi ahli pengadaan.Jumlah ahli pengadaan ba-rang/jasa pemerintah yang ber-sertifikat melalui penyelengga-raan ujian sertifikasi sejak ta-hun 2005 - Agustus 2010 men-capai sekitar 133.066 orang.

Mulai Januari 2010, LKPP

berhasil menyelenggarakan uji-

an sertifikasi ahli pengadaan

berbasis komputer. Dengan ca-

ra ini proses sertifikasi menjadi

sangat cepat. Selain itu, untuk

meningkatkan pengetahuan

dan profesionalitas ahli peng-

adaan, LKPP juga melakukan

kaji ulang atas modul pelatihan

yang ada dan mengkoordinasi-

kan penyediaan instruktur un-

tuk pelatihannya.

Keempat, Aspek Hukum dan

Penyelesaian Sanggah :

Terkait aspek ini, LKPP me-

realisasikan sejumlah kegiatan.

Pertama, pemberian bimbingan

teknis dan advokasi bagi selu-

ruh pemangku kepentingan

pengadaan. LKPP juga mela-

kukan pendampingan peng-

adaan pada beberapa instansi

pemerintah seperti KPU, Ditjen

Postel, PT PLN sehingga meng-

hasilkan efisiensi belanja peng-

adaan barang/jasa masing-ma-

sing.

Kedua, Penyelesaian sanggah

banding dan penanganan peng-

aduan melalui pemberian kon-

sultasi dan rekomendasi terha-

dap sanggah banding. Ketiga,

penyelesaian permasalahan hu-

kum melalui pemberian bantu-

an hukum dan pemberian pen-

dapat hukum serta kesaksian

ahli di bidang pengadaan ba-

rang/jasa pemerintah. ■

Bersama LKPP Menuju Pengadaan yang Kredibel

INF

OR

IAL

Ir. Agus Rahardjo, MSM, Kepala Lembaga Kebijakan

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

Page 17: KoranTempo 20 Oct 2010

KILAS

Meksiko Sita 105 Ton Ganja

BAJA — Pihak berwenang di Ba-ja California, Meksiko, kemarinmenyita 105 ton ganja di se-buah kawasan industri di dekatperbatasan Kota Tijuana. Pe-nangkapan terbesar dalam se-jarah Meksiko itu berawal keti-ka polisi yang sedang berpatrolirutin mencurigai sebuah konvoikendaraan dipandu sebuah truktrailer pengangkut traktor.

Iring-iringan kendaraan itubaru saja keluar dari sebuahgudang. Sebelas orang ditang-kap dalam kejadian itu. Selan-jutnya, polisi dan tentara ber-gegas mengepung gudang ter-sebut. Dua rumah di dekat ka-wasan pantai juga digerebek.“Nilainya sekitar Rp 3 triliun!”kata Panglima Komando MiliterBaja California Jenderal Alfon-so Duarte Mugica.

Dalam gelar barang sitaan diMarkas Angkatan Darat di Mo-relos, Jenderal Duarte menga-takan ganja-ganja itu hendakdibawa ke Amerika Serikat. Ap-ril lalu, polisi dan militer Meksi-ko berhasil menyita 19 tonganja di sebuah gudang di Tiju-ana. Presiden Meksiko FelipeCalderon sejak dulu menabuhgenderang perang terhadapkartel-kartel narkoba di sana.

● LATIMES | ANDREE

Milisi Serbu ParlemenChechnya

GROZNY — Empat orang ber-senjata dan dua polisi kemarintewas setelah kelompok ber-senjata menyerang parlemenChechnya Rusia di Ibu KotaGrozny. Lebih dari 10 lainnyamenderita luka-luka akibat pe-nyergapan yang berlangsungpada pukul delapan pagi waktusetempat itu. Presiden Chech-nya Ramzan Kadyrof mengata-kan operasi pembasmian milisitelah digelar.

“Milisi bisa dibasmi dan ang-gota serta staf parlemen berha-sil diselamatkan,” kata Presi-den Kadyrof, yang didukung Ru-sia. Deputi Kepala Menteri Da-lam Negeri Roman Edilov mem-bantah kabar bahwa kelompokmilitan itu menyandera sejum-lah warga. “Tak ada seorangpun yang disandera,” katanya.

● RIA NOVOSTI | ANDREE

INTERNASIONAL R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A16

Pemerintah mengatakan

stok masih cukup untuk

beberapa pekan.

PARIS — Prancis mulai kelim-pungan lantaran diguncang un-juk rasa besar-besaran sejak pe-kan lalu. Sekitar 1.000 pompabensin di seantero negeri modeitu kehabisan bahan bakar.

Menurut Alexandre de Beno-ist, pejabat dari Persatuan Im-portir Minyak Independen, ke-langkaan bahan bakar itu terja-di karena demonstrasi para pe-kerja memblokade jalan menu-ju pabrik pengilangan minyakdan lokasi tangki penyimpanan.“(Sebenarnya) ada cukup ca-dangan bahan bakar untuk be-berapa pekan mendatang,” ka-tanya kepada stasiun televisiberita CNN, Senin lalu.

Gabungan serikat pekerjaPrancis mengungkapkan semua12 pabrik pengilangan minyakdi negara itu sudah berhentiberoperasi. Namun, pada Sabtulalu, Persatuan Industri Permi-nyakan Prancis menyebutkanmasih ada dua perusahaan yangberproduksi penuh.

Protes itu digelar untuk me-nentang rencana kebijakanmengubah usia pensiun dari 60menjadi 62 tahun. Rancanganundang-undang itu sudah dise-tujui di Dewan PerwakilanRakyat dengan hasil 329 suaramendukung dan 233 menolak.Namun beleid baru berlaku jikalolos di Senat, yang diperkira-kan memutuskan hal itu akhirbulan ini.

Kementerian Dalam NegeriPrancis menyatakan jumlah se-mua pengunjuk rasa yang ber-gerak di semua wilayah negara

itu sekitar 825 ribu. Klaim pi-hak demonstran lebih tinggi, ki-ra-kira 3,5 juta di 200 lokasi un-juk rasa sepanjang Sabtu pekanlalu.

Menteri Keuangan PrancisChristine Laguarde membantahjika disebut terjadi kelangkaanbahan bakar. “Pemerintahmembenarkan tidak ada keku-rangan,”ia menegaskan kepadaRadio RTL.

Pemerintah menyatakan ha-nya 2 persen dari 13.200 pompabensin yang kehabisan bahanbakar. Namun seorang juru bi-cara ExxonMobil berkata lain.“Situasinya benar-benar kritis,”ia menegaskan.

Berhentinya produksi di se-mua perusahaan kilang minyakitu berakibat langsung terha-dap dua bandar udara di IbuKota Paris, Orly dan Charles deGaulle. Kedua bandara itu di-hubungkan secara langsung da-ri tempat pengilangan melaluijalur pipa.

Setengah dari jumlah pener-bangan di Bandara Orly renca-nanya dibatalkan kemarin ka-rena protes terus berlangsung.Sekitar sepertiga penerbangandi pelbagai bandara lainnyaakan mengalami nasib serupa.

Menteri Perindustrian Chris-tian Estrosi menegaskan, peme-rintah akan mengambil lang-kah yang diperlukan untukmengamankan jalur menujutangki penyimpanan. “Kamimenghormati hal untuk berde-mo, bukan memblokade,” ujar-nya.

Bukan hanya pelajar dan ma-hasiswa yang ikut unjuk rasa,sopir-sopir truk tangki bahanbakar pun mulai nimbrung. Bo-leh jadi Prancis bakal makin ti-dak berdaya. ● REUTERS | CNN | FAISAL ASSEGAF

PRANCIS LANGKA BBM12 Kilang Ditutup

Unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan serikat pekerja pabrik pengilangan mi-nyak di Marseille mengakibatkan sistem pengilangan distribusi bahan bakar di

Prancis menjadi sorotan. ●

SISTEM PENGILANGAN DAN DISTRIBUSI GAS DI PRANCIS

2. TIBA DI TERMINAL

3. TRANSPORTASI

DENGAN PIPA

5. TANGKI

PENYIMPANAN

6. DIANGKUT DENGAN

TRUK TANGKI

Super-marketdan hi-permar-ket

12.522

Pompabensin diPrancis(2009)

Anggota Persa-tuan IndustriPerminyakanPrancis danpompa bensinindependen

Jumlah mobil pada 2009,

dalam juta

Diesel

19,39

Lainnya

13,81*

4.8727.650

7. PEMASARAN

8. PEMAKAIAN

Konsumsi bahanbakar di Prancis pa-da 2009 dalam ju-taan ton

Premium

Dikirim lewat jaring-an pipa dan truk

219 tangki di Prancis

Tangki-tangki ini untukmemenuhi kebutuhandua pekan

4. PENGILANGAN

Produksi bahan bakar kendara-an bermotor di Prancis pada2008 dalam jutaan ton

Antifer (Le Havre)

Donges

(Saint-Nazaire) Fos-Lavera

(Marseille)

Laut Utara Bekas Uni Soviet

Moyen-Orient

Afrika

19,7%

28,6%

22,1%29,1%

15,7

Premium Diesel

24,9

Lainnya0,5%

8,8 32,8

Diesel

AP

RIA NOVOSTI

1. DIANGKUT OLEH TANKER

83,2 juta ton minyak mentahdiimpor pada 2008

Sebuah ja-ringan se-panjang ribu-an kilometer

VINCENT DAUD (AP)

Page 18: KoranTempo 20 Oct 2010

Semakin pesatnya kebutuh-an informasi dalam bera-gam industri, membuat

peran pusat kontrol data sema-kin dirasakan penting, baik in-ternal maupun eksternal. Peranpusat kontrol data tentu sajaberkaitan erat dengan seluruhsarana dan prasarana yang

mendukungnya.Salah satunya adalah pemi-

lihan rak server yang tepat yangakan membantu lebih efisien se-kaligus melindungi berbagaiperalatan yang ada. Dengankondisi pusat kontrol data yangtertata rapi, akan ikut memban-tu mempertahankan jalannyausaha dengan mengurangi po-tensi gangguan yang mungkinterjadi.

Rak server yang berbahan da-sar metal biasanya terletak dipusat kontrol data, ruang server,atau ruang komputer. Selain un-tuk penempatan sejumlah ser-ver, rak server ini juga dimanfa-atkan untuk meletakkan per-lengkapan IT dan jaringan lain-nya seperti switch/hub atau rou-

ter.

Rak tersebut biasa disebut se-bagai lemari server, 19” rack,

data rack, bahkan masih adayang menyebutnya sebagai relay

rack yang pada awalnya me-mang dimanfaatkan sebagaitempat peralatan elektronik un-tuk relay sinyal rel kereta api.Sejak saat itu pula format dandesainnya tak mengalami per-ubahan walau jenis peralatanyang ditempatkan semakin ber-variasi bentuk dan volumenya.

Rak server kini banyak digu-nakan dalam industri media, te-

lekomunikasi, komputer, audio,dan hiburan. Berdasarkan datadari Enviromental ProtectionAgency, Amerika Serikat (AS),penggunaan listrik pusat datadi AS diperkirakan akan me-nembus 100 miliar KWh padatahun 2011 yang setara dengan2,5 persen penggunaan listrik diAS senilai $7,4 miliar.

Angka tersebut menunjukkankebutuhan listrik akan semakinmeningkat. Sehingga pengguna-an rak server dengan desain sir-kulasi udara yang baik sangat-lah dibutuhkan. Dengan begitubeban penggunaan listrik alatpendingin dapat lebih efisien.

Penerapan bidang perforated

(berlubang) sangatlah pentinguntuk masalah ini. Penggunaanrak model terbuka (open rack)

atau tertutup (closed rack) jugaberpengaruh terhadap faktorkonsumsi listrik tenaga pendi-ngin. Desain ruang rak serveryang terpisah atau ditempatkanpada ruang publik sebaiknyamenggunakan model rak yangsesuai.

Penting pula diperhatikandistribusi tenaga listrik yangbaik. Jangan menggunakankonektor model T yang bisa me-nyebabkan beban arus listrikmelebihi kapasitas kabel. Selainpembagian arus yang tidak sta-

bil akan merusak server, panasyang ditimbulkan pun akan le-bih besar yang akan menambahbeban pendingin.

Pertimbangkan untuk menen-tukan ukuran rak server yangtepat, termasuk kemungkinanpenambahan peralatan di masadepan. Dimensi terluar rak jugaperlu diperhitungkan agar bisamasuk melalui pintu di ruangankantor dan ditempatkan dalamruang yang cukup luas, sehinggaikut tercipta ruang sirkulasiyang cukup.

Untuk masalah keamanan,gunakanlah rak server dengansistem pengunci empat sisi. Bilamemiliki ruang khusus untukserver, lebih baik menggunakanmodel rak terbuka dengan batasakses adalah pintu ruangan itusendiri.

Model rak terbuka membuatsirkulasi udara lebih bebas se-kaligus mengurangi beban pen-dingin. Buatlah konfigurasi raktersebut sesuai kebutuhan de-ngan menggunakan aksesorisflat shelf, suspension shelf, dancantilever shelf untuk kebutuh-an yang lebih spesifik. Penem-patan monitor, keyboard, atauperalatan lain akan lebih lelua-sa dengan menggunakan akse-soris shelf.

■ TIM INFO TEMPO

Untuk keamanan, rak

server dengan sistem

pengunci empat sisi

dapat menjadi

pilihan.

Rapi dengan Rak Server

INFO TEMPO

IKLAN

R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0

DOK. WWW SCHEFFERSOFBM COM

A17

Page 19: KoranTempo 20 Oct 2010
Page 20: KoranTempo 20 Oct 2010

A19RABU, 20 OKTOBER [email protected] | [email protected] LELANG

1910100

PENGUMUMAN PELELANGAN PENGADAAN BARANG / JASA PEMERINTAH

DPPKA KOTA METRO TAHUN ANGGARAN 2010Nomor : 900 /04/ PPBJ – DPPKA / X / 2010

Bersama ini disampaikan kepada penyedia barang / jasa bahwa DPPKA Kota Metro Tahun

Anggaran 2010 mengadakan pelelangan berupa :

o Pengadaan Kendaraan Dinas Roda Empat Type JEEP dengan Nilai HPS Rp. 830.500.000,-

o Pengadaan Kendaraan Dinas Roda Empat Type MINIBUS

dengan Nilai HPS Rp.1.676.800.000,-

o Pengadaan Kendaraan Dinas Roda Dua dengan Nilai HPS Rp. 297.600.000,-

Sumber Dana APBDP tahun Anggaran 2020 Kota Metro Propinsi Lampung

Persyaratan :

o Menyerahkan foto copy Akta Pendirian Perusahaan dan perubahannya (bila ada).

o Menyerahkan foto copy Izin Usaha Pengadaan Barang/Jasa dan menunjukan aslinya.

o Pendaftar adalah Direktur Perusahaan/Kuasa Direktur yang nama pemberi dan penerima

kuasa tertera dalam Akta Pendirian/Perubahannya dengan menyerahkan Surat Kuasa diatas

Kop Perusahaan yang bermeterai Rp. 6000 dan foto copy KTP pemberi kuasa.

o Pendaftaran Kamis, 21 Oktober 2010 s.d. Jum’at, 05 Nopember 2010

Pengambilan Dokumen dan Informasi lebih lanjut selengkapnya dapat menghubungi Panitia

Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah – DPPKA Kota Metro.

Demikian informasi ini untuk menjadi perhatian.

Ttd.

Panitia Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

DPPKA Kota Metro

1910097

PENGUMUMAN LELANGNomor : 2921 /PAN/L/10/2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan RI

Jakarta akan menyelenggarakan Pelelangan Pengadaan Barang/Jasa untuk pekerjaan Tahun

Anggaran 2010, yaitu :

Pembuatan Ruang Pamer Tetap (Permanent Exhibition) pada Gedung Utama Kementerian

Perdagangan

Pagu Anggaran Rp. 1.100.000.000,-

Bidang Arsitektural (21000), Sub Bidang Pekerjaan Interior (21103)

Kualifi kasi Non Kecil

1. Pendaftaran/Pengambilan Dokumen :

Hari : Kamis s.d Jum’at

Tanggal : 21 s/d 29 Oktober 2010

Jam : 10.00 WIB s/d 14.00 WIB

Tempat : Lantai 10 gedung Utama Kementerian Perdagangan

Jl. M.I. Ridwan Rais No. 5 Jakarta Pusat

2. Syarat Pendaftaran

a. Menunjukan : SIUJK/SBU, Akte Pendirian Perusahaan dan atau Perubahannya, KTP, yang

semuanya asli dan masih berlaku serta menyerahkan copynya dalam satu map/di cover.

b. Yang berhak mendaftar/mengambil dokumen adalah Pimpinan Perusahaan atau yang

dikuasakan namanya tercantum dalam Akte Pendirian perusahaan serta diberi kewenangan

dengan Surat Kuasa bermaterai Rp. 6.000,- untuk menandatangani Pakta Integritas.

c. Untuk hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan kepada Panitia.

Jakarta, 20 Oktober 2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa

Biro Umum

1910095

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIRDINAS PENDIDIKAN

JALAN VETERAN No. 09 TELP. (0768) 21179 T E M B I L A H A N

PENGUMUMAN PELELANGAN ULANGNomor : 01.a/PAN-DISDIK/X/2010

1. Panitia Pengadaan Barang/Jasa Dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir,

dengan ini mengundang ulang Peserta Lelang yang tercantum dalam Daftar Calon Peserta

Lelang untuk mengajukan Penawaran Ulang secara lengkap (Administrasi, Teknis, Harga

dan Kualifi kasi) pada paket pekerjaan sebagai berikut :

NO.NAMA PAKET PEKER-

JAAN

BIDANG/SUB BIDANG

PEKERJAAN

KUALI-

FIKASI

PAGU DANA

(RP.)

1. Rehabilitasi Gedung

SMPN 1 Tembilahan

Kecamatan Tembilahan

Arsitektur /

Bangunan-bangunan

non perumahan lainnya

(21005)

Gred 5 2.031.158.000

Dengan Ketentuan :

2. PENGUMUMAN

Hari/Tanggal : Kamis, 21 Oktober 2010 s/d. Jum’at, 29 Oktober 2010

3. PENGAMBILAN SURAT UNDANGAN MENGIKUTI PELELANGAN ULANG

Hari/Tanggal : Jum’at, 22 Oktober 2010 s/d. Jum’at, 29 Oktober 2010

4. PEMASUKAN SAMPUL PENAWARAN

Hari/Tanggal : Kamis, 28 Oktober 2010 s/d. Senin, 01 Nopember 2010

Waktu : 09.00 Wib – 13.30 Wib (Jum’at Jam 11.00 Wib)

5. PEMBUKAAN SAMPUL PENAWARAN

Hari/Tanggal : Senin, 01 Nopember 2010

Waktu : 14.00 Wib – Selesai.

Informasi dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan Lelang keseluruhan di Kantor Dinas Pendidikan

Kab. Inhil Jl. Veteran No. 09 Tembilahan.

Syarat Pendaftaran :

1. Pendaftaran dilakukan oleh Pimpinan Perusahaan, apabila yang bersangkutan berhalangan

maka dapat dikuasakan kepada yang ditunjuk oleh Pimpinan perusahaan dengan membawa

Surat Kuasa Asli bermaterai Rp. 6.000,-

2. Menyerahkan Copy/Salinan SBU yang masih berlaku sesuai bidang/subbidang pekerjaan.

3. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada panitia pengadaan barang/

jasa.

Tembilahan, 20 Oktober 2010

PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA

DILINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KAB. INHIL,

Ttd

K E T U A

1910107

PEMERINTAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

RUMAH SAKIT UMUM PAMBALAH BATUNG AMUNTAI

PANITIA PENGADAAN BARANG DAN JASA

TAHUN ANGGARAN 2010Jl. Basuki Rahmat No. 1 Telp. (0527) 61041 Fax. (0527) 61041 Amuntai 71414

PENGUMUMAN LELANG

Nomor: 01/PPBJ-RSU/X/2010

RSUD Pambalah Batung Amuntai melalui Panitia Pengadaan Barang dan Jasa akan melaksanakan

pelelangan umum dengan pascakualifi kasi untuk paket pekerjaan jasa sebagai berikut:

1. Paket Pekerjaan :

NO PEKERJAANKUALIFIKASI/

KLASIFIKASIVOLUME

PERKIRAAN NILAI

PEKERJAAN(RP)SKPD

1 Pengadaan Alat

kedokteran/

Keperawatan

Non Kecil/

KBLI 51392

1 Paket 6.479.000.000 RSUD

Pambalah

Batung

Amuntai

2. Persyaratan Peserta :

a. Menyerahkan Fotocopy SIUP sesuai bidang dan memperlihatkan aslinya.

b. Menyerahkan Fotocopy Ijin Penyalur Alat Kesehatan (PAK) dengan memperlihatkan

aslinya.

c. Menyerahkan Surat Kuasa Asli(bagi pendaftar bukan Direktur) dan ditanda tangani oleh

yang namanya tercantum dalam akte Notaris untuk menandatangani Fakta Integritas.

3. Jadwal Pelaksanaan Pengadaan :

3.1 Pengumuman : Selasa, 19 Oktober 2010

3.2 Pengambilan Dokumen Pelelangan : 20 s/d 27 Oktober 2010

3.3 Penjelasan Pekerjaan(Aanwijzing) : Jumat, 22 Oktober 2010 ,Jam 10.15 wit s.d selesai

Tempat : Aula RSUD Pambalah Batung Amuntai.

3.4 Pemasukan Penawaran : 23 s/d 28 Oktober 2010

Jam kerja s/d terakhir Jam 10.30 Wita.

3.5 Pembukaan Penawaran : Kamis, 28 Oktober 2010.

Jam 11.00 Wita.

Tempat Pengambilan Dok.Lelang : Sekretariat Panitia Pengadaan Barang/Jasa

RSUD Pambalah Batung Amuntai

Jln.Jend Basuki Rahmat No 1 Amuntai.

Jam Layanan : Senin s/d Kamis Jam 09.00 s/d 14.30 wita

Jum’at jam 09.00 s/d 11 wita.

Sabtu jam 09.00 s/d12 wita.

4. Penyedia barang/jasa yang berminat dapat memperoleh Dokumen Pelelangan pada alamat

tersebut diatas.

Amuntai, 19 Oktober 2010

PANITIA PENGADAAN BARANG/JASA

RSUD PAMBALAH BATUNG AMUNTAI

Page 21: KoranTempo 20 Oct 2010

olahraga R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A20

Setelah membawakan

workshop tema Standard

Operating Procedure

(SOP) dan menangani berbagai

klien baik dari perusahaan swas-

ta, Badan Usaha Milik Negara

(BUMN), dan Lembaga peme-

rintah, ternyata problem men-

dasar dalam menyusun SOP

adalah tidak disertakannya Key

Performance Indicator (KPI) atau

ukuran keberhasilan. Inilah pe-

nyebab mengapa SOP tidak

mendorong pencapaian pada ki-

nerja yang diharapkan. Dalam

konteks KPI, disitu ada kata

‘Performance’. Formula perfor-

mance adalah kompetensi di-

tambah dengan sistem (P=

K+S).

Kompetensi dapat diurai

menjadi dua bagian yaitu hard

competency dan soft competency.Hard Competency terdiri dariKnowledge dan Skill. SoftCompetency terdiri dari SelfConcept, Value, Motive, danCharacter. Sementara Sistemadalah satu kesatuan utuh da-lam suatu organisasi yang biasa-nya tercermin dalam strukturorganisasi perusahaan.

Untuk menunjang keberhasil-an, kedua elemen utama terse-but tidak dapat dipisahkan. Ar-tinya keberhasilan kinerja pastimerupakan gabungan dari ke-duanya. Dengan demikian, me-nafikan salah satunya akanmembuat kinerja tidaklah opti-mal.

Yang penting di sini adalahpimpinan perusahaan atau orga-nisasi harus mengetahui elemenmanakah yang paling besar kon-tribusinya pada kinerja. Apakahlebih dominan pada elemenkompetensi ataukah sistem. Un-tuk hal ini perusahaan harusmendiagnosa secara rinci meng-gunakan beberapa alat sepertikuesioner, wawancara dan ob-servasi.

Jika kita analisis dari definisiyang dibuat oleh International

Conference on Harmonisation(ICH) pengertain SOP adalah“Detailed, written instruction toachieve uniformity of the perfor-mance of a specific function”.SOP merupakan instruksi yangditulis secara terinci untuk men-capai keseragaman kinerja darisebuah fungsi yang spesifik dariorganisasi.

Definisi dari InternationalBiopharmaceutical AssociationPublication, Akanksha Saxenamempertegas pengertian SOP.SOP is “the “procedures” and pro-cesses that are used and “operated”under that have been “standardi-zed” to ensure that <you> dothem the same way each ti-me…clearly written description ofhow a particular task is to be per-formed. Dari pengertian tersebutdapat dilihat betapa SOP me-mang diperuntukan dalamrangka pencapaian kinerja.

Berbicara soal kinerja pastilahbicara soal ukuran-ukuran (mea-surements). Ukuran-ukuran ini-lah yang kita sebut dengan KPI.Apa itu KPI? KPI adalah suatuperformance metric yang secaranyata dan jelas terkait dengansasaran strategis organisasi yang

mampu mendorong organisasi

menerjemahkan strateginya ke

dalam terminologi yang bisa di-

kuantifikasi. Ini mengindikasi-

kan bahwa bila tidak dapat di-

kuantifisir sama saja bukan KPI.

Jika demikian halnya, bila

menyusun SOP tidak menggu-

nakan KPI rasanya daya dorong

(baca: performance) tidak akan

optimal. Inilah sebabnya dalam

mendesain SOP sebaiknya perlu

ada ukuran-ukuran kuantitatif

yang dapat mengukur keberha-

silan pelaksanaan SOP. Tanpa

pelibatan KPI di dalamnya

SOP tidak dapat diukur tingkat

kesuksesan implementasinya. Si-

lahkan mencoba!!!! ■

Kiat Menyusun SOP Menggunakan KPI Event-event TEMPO Komunitas

SALES & COMMUNICATION

1. SUCCESSFUL CALL CEN-

TER

Pembicara :Yohana Purnama

Dharmawan dan Vier-

ra Adella

Waktu : 28 Oktober 2010

Tempat : Menara Cakrawala,

Jakarta

Investasi : Rp 900.000 per peserta

2. POWERFUL FOR PROFES-

SIONAL: IMPROVE YOUR

SKILL

Pembicara : Haikal J Mukhtar

Waktu : 23 dan 24 Oktober

2010

Tempat : Aryaduta Semanggi,

Jakarta

Investasi : Rp 3.150.000 per pe-

serta

FINANCE

1. EFFECTIVE BUDGETING &

COST CONTROL

Pembicara : Natar Adri

Waktu : 21 – 22 Oktober 2010

Tempat : Hotel Harris Tebet, Ja-

karta

Investasi : Rp 2.750.000 per pe-

serta

2. LC & TRADE FINANCE SER-

VICE DALAM BISNIS EKS-

POR IMPOR

Pembicara : Rahman Hakim

Waktu : 26 – 27 Oktober 2010

Tempat : Jakarta

Investasi : Rp 3.500.000 per pe-

serta

HUKUM

1. PENYELESAIAN SENGKETA

KONSTRUKSI MELALUI AR-

BITRASE

Pembicara : Ir.Nazarkhan Yasin, Mo-

nik Bey, SH., Dra. Lisa

Purnamasari, Yusar

man, SH., MM.

Waktu : 21 dan 22 Oktober

2010

Tempat : Hotel Marcopolo, Ja-

karta

Investasi : Rp 3.250.000 per pe-

serta

2. HUKUM KONTRAK KON-

STRUKSI

Pembicara : Ir. Nazarkhan Yasin,

Monik Bey, SH., Dra.

Lisa Purnamasari

Waktu : 27 dan 28 Oktober

2010

Tempat : Hotel Marcopolo, Ja-

karta

Investasi : Rp 3.500.000 per pe-

serta

MANAJEMEN

1. CREATING THE OFFICE OF

STRATEGY MANAGEMENT

Pembicara : Naresh Makhijani dan

James Creelman

Waktu : 28 – 29 Oktober 2010

Tempat : Financial Club, Jakarta

Investasi : Rp 3.000.000 per pe-

serta

EFFECTIVE IMPLEMENTATION &

UPGRADING ISO 9001: 2008

Pembicara : Budi AR, MT

Waktu : 29 – 30 Oktober 2010

Tempat : Menara Karya Lt 30,

Jakarta

Investasi : Rp 2.900.000 per pe-

serta

INFORMASI PENDAFTARAN:

Telp. 021 - 5360409 ext 222 atau 235,

Fax 021-5349569

Joko Prasetyo 0817-185288

([email protected])

Sutiyono 0815-9797365

([email protected])

Pimpinan perusaha-

an atau organisasi

harus mengetahui

elemen manakah

yang paling besar

kontribusinya pada

kinerja.

Eko Supriyatno - Master Terapi Bisnis

IKLAN

“Saya sangat

bersyukur tidak

melepas kesempatan

itu,” kata Ivanovic.

TENIS

JAKARTA — Ana Ivanovic su-dah memperoleh wild carduntuk berlaga di Common-wealth Bank Tournament ofChampions 2010. Turnamenpenutup WTA Tour tahun inidigelar di Nusa Dua, Bali, 4-7 November mendatang.

Namun tampaknya Ivano-vic tak lagi membutuhkan-nya, apalagi jika dia mampumemenangi BGL BNP Pari-bas Luksemburg Terbukapekan ini.

Mantan petenis putri no-mor satu dunia itu bisa jaditak membutuhkan jatahkhusus setelah menjuaraiGenerali Ladies Linz denganmengalahkan Patty Schny-der 6-1, 6-2 akhir pekan lalu.

Itu gelar pertama Ivanovicdalam dua tahun terakhir.“Saya menemukan keperca-yaan diri dari beberapa per-tandingan yang telah saya

jalani (di Linz),” kata juaraPrancis Terbuka 2008 itu.

Petenis Serbia itu menda-pat undangan di Linz buatmenggantikan Serena Willi-ams yang cedera. “Saya sa-ngat bersyukur tidak mele-pas kesempatan itu,” kataIvanovic. Peringkatnya punkini naik tiga tingkat keurutan ke-26.

Di Luksemburg, Ivanovicmulai mendapat lawan beratdi semifinal. Unggulan ke-empat itu bisa bertemu de-ngan unggulan pertama asalRusia, Elena Dementieva.Lawan berat lainnya adalahpetenis Prancis, Aravena Re-vai, dan Yanina Wickmayerasal Belgia. Kedua petenisini lebih dulu masuk kualifi-kasi untuk tampil di Bali.

Turnamen Luksemburgakan menjadi penentu akhirsiapa yang berhak tampil diBali. Hanya ada delapan pe-tenis yang bisa berlaga di

turnamen berhadiah totalUS$ 600 ribu (setara denganRp 5,4 miliar) itu.

Selain Ana Ivanovic, namabesar yang dinantikan tam-pil di Bali adalah petenis Ru-sia yang juga tak kalah can-tik, Maria Sharapova. Pete-nis yang kini berada di pe-ringkat ke-19 dunia itu ma-suk daftar petenis yang ma-suk kualifikasi untuk tampildi Bali.

Commonwealth BankTournament of Championsdigelar pertama kali pada2009. Aravane Rezai menjadipetenis pertama yang men-juarai turnamen ini. Pada ta-hun ini, pertandingan tidakakan dilaksanakan dengansistem round robin sepertitahun lalu. Sistem eliminasiakan menjadi pilihan se-hingga persaingan menujubabak final akan menjadisangat ketat.

● AP | EZTHER LASTANIA

MENANTI SHARAPOVA DANIVANOVIC DI NUSA DUA

Maria Sharapova

ANDY WONG (AP)

Page 22: KoranTempo 20 Oct 2010

A21R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0olahraga

Beasiswa Atlet Perbanas

MULTICABANG

JAKARTA — Perbanas Institute

memberikan beasiswa kepada

22 mahasiswa yang menjadi

atlet berprestasi. Perbanas

melakukan ini pertama kali

melalui beasiswa Peningkatan

Prestasi Ekstrakurikuler (PPE).

“Saya merasa mendapat

perhatian yang cukup besar da-

ri kampus,” kata Dian Perma-

nasari, yang membawa tim put-

ri Perbanas memenangi Liga

Basket Mahasiswa Nasional

(Libamanas) 2009, kemarin.

Mahasiswi Jurusan Manaje-

men Pemasaran itu memperku-

at tim berlaga di Libamanas ta-

hun ini. “Mudah-mudahan kami

bisa menjadi juara lagi tahun

ini,” katanya.

Sebagian besar atlet peneri-

ma beasiswa PPE membawa na-

ma besar Perbanas di Libama-

nas. Seorang atlet futsal, Hendri

Kurniawan, juga mendapat bea-

siswa dalam bentuk uang tunai

Rp 3 juta. ● EZTHER LASTANIA

Seleksi Atlet di Haikou,

BOLA VOLI PANTAI

JAKARTA –– Penampilan Dian

Putra Santosa/Ade Candra

Rachmawan dalam Asian

Beach Volleyball Championship

di Haikou, Cina, pekan ini akan

menjadi bahan evaluasi. Kepala

pelatih voli pantai, Slamet Muly-

anto, menyatakan Ade bisa sa-

ja berangkat ke Asian Games

di Guangzhou, November nanti,

menggantikan Suratno.

“Penampilan mereka (Di-

an/Candra) di Bangka Belitung

memang cukup mengejutkan,”

ujar Slamet.

Candra baru menggantikan

Suratno, yang biasa menjadi pa-

sangan Dian, saat turun pada

dua seri kejuaraan Asia-Pasifik di

Bangka Belitung awal bulan ini.

Suratno absen karena ada urus-

an di kantornya, Dinas Pemuda

dan Olahraga DI Yogyakarta.

Slamet akan menentukan

siapa yang akhirnya mendam-

pingi Dian seusai kejuaraan di

Haikou. Tapi ia tidak menge-

sampingkan Suratno. “Kami ju-

ga akan melihat bagaimana

perkembangan latihannya.”

● EZTHER LASTANIA

kilas

2010031

PENGUMUMAN PELELANGAN ULANG

Nomor : 123/PPBJ/DIPARBUD/2010

Dinas Parbud. Prov. DKI akan melelan ulang pascakualifi kasi

kegiatan Pembuatan DVD Promosi Jakarta, PA

Rp. 1.522.620.000. Dana APBD DKI Jakarta 2010.

Pendaftaran oleh Dirut atau penerima kuasa yang namanya

tercantum dalam akte pendirian / perubahannya. Membawa

Asli : KTP, Akte Perusahaan,SIUP Besar, serta bersedia

menandatangani Pakta Integritas. Kualifi kasi Prsh Jasa

Perfi leman.

Pendaftaran 21 s.d 28 Oktober 2010. Aanwijzing 25 Oktober

2010. Pengumuman lebih rinci di Kantor Dinas Parbud Prov.

DKI Jakarta (Ged.C), Jl. Kuningan Barat No. 1 Jak-Sel.

Jakarta, 20 Oktober 2010

Panitia Pengadaan Barang/Jasa

SURABAYA –– Ketua UmumPersebaya Saleh Ismail Mu-kadar berkeras tak akan ikutDivisi Utama bikinan PSSI.Menurut Saleh, selama PSSImasih dipimpin Nurdin Ha-lid, Persebaya tak akan sudimengikuti kompetisi itu.

“Bayangkan, hasil DivisiUtama itu seharusnya dibagike seluruh klub, tapi ini ti-dak, dimakan sendiri olehoknum PSSI,” kata Saleh disela-sela mengikuti sebuahsidang paripurna di Dewanperwakilan Rakyat DaerahJawa Timur kemarin.

Persebaya, kata Saleh, le-bih senang ikut Liga PrimerIndonesia (LPI). Sebanyak15 klub sudah bersediamengikuti liga baru itu. DiLPI diharapkan tak ada aksisuap, yang kerap melandaDivisi Utama PSSI.

Saleh juga menyayangkanadanya Persebaya tanding-an, yang diketuai oleh Ketua

DPRD Surabaya Wisnu War-dana. Persebaya tandinganakan mengikuti Divisi Uta-ma PSSI.

“Kita seharusnya fair me-lihat. Persebaya itu punya 27klub, 20 di antaranya men-dukung kami dan hanya tu-juh klub yang mendukungPersebaya tandingan,” kataanggota DPRD Jawa Timurdari Fraksi PDIP ini.

Apalagi, dengan adanyaaturan pelarangan pendana-an klub dari dana APBD,Saleh yakin Persebaya tan-dingan tidak akan bisa ber-tahan hidup.

Di tempat terpisah, Sekre-taris Persebaya tandingan,Wastomi Suheri, memasti-kan mereka akan meresmi-kan keikutsertaan mereka diDivisi Utama, Kamis nanti.“Kami sudah punya 11 pe-main, tinggal cari sekitarenam pemain lagi,”katanya.

● FATKHUR ROMAN TAUFIQ

Menang 2-0

atas Deltras

di Stadion Utama

Gelora Bung Karno.

JAKARTA –– Persija Jakartatak terkalahkan dalam tigalaga awal Liga Super Indo-nesia musim ini. Dalampertandingan melawanDeltras Sidoarjo di StadionUtama Gelora Bung Kar-no, Jakarta, kemarin, Ma-can Kemayoran menang 2-0. Peringkat tim itu naik keposisi kedua klasemen se-mentara dengan nilai 7.

Bermain di depan ribuanpendukungnya, Persija takmampu menciptakan pelu-ang-peluang berbahayapada menit-menit awal.Namun permainan Bam-bang Pamungkas dan ka-wan-kawan semakin panassetelah 15 menit. Tuan ru-mah menciptakan peluangmelalui aksi Precious Emu-jeraye, Ismed Sofyan, danTony Sucipto.

Namun Persija barumencetak gol pada menitke-38 melalui Aliyudin.Tembakan keras GregNwokolo tak dapat ditang-kap dengan sempurna olehkiper Deltras, Usman Pri-badi.Aliyudin, yang berdiripada posisi yang tepat, ber-hasil menyelesaikannya de-ngan sempurna.

Pada babak kedua, Persi-ja semakin mendominasi ja-lannya pertandingan. Na-mun, di antara sekian pelu-ang, hanya satu yang bisamenjadi gol. Pencetak golkedua adalah pemain mudaRamdhani Lestaluhu padamenit ke-81 setelah meman-faatkan umpan Octavianus.

Pelatih Persija, RahmadDarmawan, menyatakananak asuhannya tak mam-pu bermain bagus padaawal pertandingan. Parapemain terlalu terburu-bu-ru mengumpan bola ke de-pan. Akibatnya, tidak adaserangan efektif melalui la-pangan tengah. “Para pe-main terlihat kurang sabar

dalam membangun serang-an,”kata Rahmad.

Rahmad menarik Gregke sisi sayap dan mengha-silkan perubahan. Pemainini punya kecepatan danteknik bagus sehingga ber-hasil merusak pertahananDeltras.

Pelatih Deltras, Musta-qim, mengungkapkan, ba-nyaknya pemain yang ce-dera membuat timnya ke-sulitan mengimbangi per-mainan Persija. Ia juga me-nyebutkan, lawan jeli me-manfaatkan lemahnya sek-tor pertahanan kiri Deltras,yang ditinggal Sutikno.

“Saya sebenarnya berha-rap, masuknya Parik ChanYoung bisa menambah se-rangan karena CristanoLopez sendirian di depan.Tapi hal itu tidak berhasil.Memang, sebagai laga tan-dang, kami memainkanstrategi berbeda, tidak se-perti kalau main di kan-dang, di mana kami mainterbuka,”katanya.

● ARIS M | RINA WIDIASTUTI

Saleh: Persebaya TakSudi Ikut Divisi Utama

PERSIJA MEYAKINKAN

SUBEKTI (TEMPO)

Pemain DDeltras DDanilo FFernando ((kanan) bberebut bbola ddengan ppemain PPersija IIsmed SSofyan.

IKLAN

Page 23: KoranTempo 20 Oct 2010

olahraga R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A22

MU Undang 33 Penambang Cile

LONDON — Simpati bergelom-bang mengalir kepada penam-bang Cile yang selamat setelahterjebak 69 hari di perut bumidi kawasan pertambangan Ata-cama, Cile. Klub raksasa LigaPremier Inggris, ManchesterUnited, menyampaikan undang-an kepada 33 penambang ter-sebut untuk menonton salahsatu pertandingan mereka diOld Trafford pada 2011. Un-dangan tersebut disampaikankepada Presiden Cile Sebasti-an Pinera saat bertemu de-ngan Manajer MU Sir Alex Fer-guson akhir pekan lalu. Fergu-son juga memberi Pinera se-buah kostum MU lengkap de-ngan tanda tangan para pema-in. “Dorongan, keberanian, danketahanan para penambangserta para anggota tim penye-lamat menjadi inspirasi besar.Merupakan suatu kehormatandapat mengundang mereka keOld Trafford,” kata Ferguson.

Amauri Bidik 20 Gol

TURIN — Striker Juventus,Amauri, mematok angka 20 golyang akan dicetaknya musimini. Pemain asal Brasil itu barumengemas satu gol dalamenam laga bersama Juve mu-sim ini. Namun ia yakin jumlahitu akan bertambah. “Sayaingin mencetak 20 gol. Kondisisaya baik dan siap kembalimencetak banyak gol,” katanyakepada Sky Italia. Musim laluia hanya menyumbang tujuhgol dalam 40 pertandingan se-mua kompetisi.

De La Torre Tangani Meksiko

KOTA MEKSIKO — Jose ManuelDe La Torre ditunjuk sebagaipelatih baru tim nasional Mek-siko. Pria berusia 44 tahun ituharus segera mengatasi krisisdi tim nasional dan berusahameloloskan tim itu ke Piala Du-nia 2014. De La Torre meng-gantikan Javier Aguirre, yangmundur setelah tim Sombrerotersingkir pada babak keduaPiala Dunia lalu. Pelatih ini jadicalon tunggal setelah pesaing-nya, Victor Manuel Vucetich,mundur dari pencalonan kare-na alasan pribadi. Saat ini DeLa Torre masih menangani klubToluca. Ia memulai karier kepe-latihannya pada 2006 dan kinisudah bisa memenangi tiga ge-lar juara Liga Meksiko. “Iniadalah mimpi saya sejak ke-cil,” kata De La Torre. “Adalahmimpi setiap orang untuk me-wakili negaranya. Saya berkem-bang sebagai pelatih dan di-suapi mimpi serupa setiap ha-ri.”

● REUTERS | AP | NURDIN | RAJU

kilas MANCHESTER UNITED VS BURSASPOR

LUPAKAN (SEJENAK) ROONEY!Wazza belum juga

menyumbangkan gol

bagi MU sejak Maret lalu.

MANCHESTER —Isu keretakanhubungan WayneRooney denganSir Alex Fergu-son mendomina-si persiapanManchester Uni-

ted menjelang matchday ketiga LigaChampions menghadapi Bursaspordi Old Trafford dinihari nanti. Lupa-kan sejenak masalah Rooney jika takingin meraih hasil memalukan.

Media Inggris tengah santermemberitakan keretakan hubunganRooney dengan sang mentor. Penye-rang berusia 24 tahun itu tak ditu-runkan ketika melawan Valencia (1-0), Sunderland (0-0), dan hanya tu-run 19 menit ketika ditahan WestBromwich (2-2) akhir pekan lalu.

Fergie enggan berkomentar soalpemain berjulukan Wazza itu.Dalamsebuah konferensi pers untuk badanPBB, UNICEF, Senin lalu, Fergie takmau membuka mulut sedikit pun ji-ka pertanyaan yang dilontarkan ber-hubungan dengan Rooney.

“Steve Bower, komentator sepakbola yang bertindak sebagai MC pa-da acara tersebut, menegaskan, ka-mi tak diizinkan menanyakan ten-tang Rooney. Ia mengatakan,‘Perta-nyaan yang diajukan hanya tentangMU dan UNICEF. Kerja sama kali-an akan kami hargai’,”kata seorangreporter The Guardian yang hadirdalam acara itu.

Dengan atau tanpa Rooney, MUwajib memenangi pertandingan inijika ingin melenggang ke babak 16besar. MU baru mengumpulkan ni-

lai 4 setelah ditahan Ranger (0-0)dan menundukkan Valencia (1-0).Nilai ini menempatkan MU di posi-si atas klasemen Grup C bersamaValencia, yang punya poin sama.

Jika Rooney diturunkan, ia akandiduetkan dengan Dimitar Berba-tov di lini depan. Jika tidak, strikermuda Meksiko, Javier Hernandez,difavoritkan mendampingi Berba-tov. Alternatif lain, Hernandez danBerbatov dimainkan bersamaan, se-dangkan Rooney akan digeser ke ki-ri. Memang ini bukan posisi alamiRooney, namun formasi ini diterap-kan karena Ryan Giggs dan Park Ji-sung mengalami cedera.

Meski kedua tim belum pernahbertemu di kompetisi resmi, sulit ra-sanya membayangkan jika MU ka-lah oleh wakil Turki ini. Meski ke-nyataannya MU kalah dua kali daritiga pertemuan dengan wakil Turki.Setan Merah tunduk di tangan Be-siktas (1-0) musim lalu dan Fener-bahce (1-0) pada 1996/1997.

Adapun Bursaspor punya catatanburuk di Eropa.Tim itu selalu kalahdalam enam penampilan terakhirtanpa sekali pun bisa mencetak gol.

Bursaspor juga tak pernah bisamenjebol gawang lawan delapankali dalam 10 partai terakhir dikancah Eropa.

Namun pelatih Ertugrul Saglammengatakan gonjang-ganjing di tu-

buh MU akan menguntungkanskuadnya.“United tengah bermasa-lah. Tak ada alasan mengapa kamitidak yakin bisa kembali ke Turkidengan hasil mengejutkan,” kata-nya. ● REUTERS | UEFA | RAJU

Laga Tak Saling KenalPARIS — Matchday ketiga Grup BLiga Champions, dinihari nanti, cu-kup unik karena akan memperte-mukan tim-tim yang belum pernahberhadapan di kancah Eropa.Olympique Lyon akan ditantang ta-munya, Benfica, sedangkan Schalke04 akan menjamu wakil Israel, Ha-poel Tel Aviv .

Lyon, yang bermain di kandangsendiri, Stade de Gerland, bertekadmenyempurnakan penampilan me-reka di Liga Champions musim ini.Wakil Prancis itu memimpin klase-

men sementara berkat kemenanganatas Schalke (1-0) dan Hapoel TelAviv (3-1).

Penampilan Lyon berbanding ter-balik dengan performa mereka diLigue 1. Skuad Claude Puel itu ma-sih teronggok di peringkat ke-14klasemen hasil tiga kali menang dandua kali seri. Selain Lisandro Lopezdan Yoann Gourcuff, yang mencetakgol saat menundukkan Lille 3-1 pe-kan lalu, Puel berharap pada MichelBastos.

Meski menempati posisi bek te-

ngah, pemain asal Brasil ini sudahmengoleksi tiga gol dalam dua lagapertama atau total lima gol di dela-pan partai semua kompetisi.

Di Veltins-Arena, pertemuanSchalke dengan Hapoel menjadi ca-tatan tersendiri. Klub BundesligaJerman itu sudah melakoni 113 lagadi Eropa, namun baru kali ini berte-mu dengan klub asal Israel.

Empat kekalahan beruntun di Li-ga Champions sudah diakhiriSchalke dengan kemenangan atasBenfica (2-0) bulan lalu. “Keme-

nangan ini mengarahkan kami ketujuan yang sebenarnya,”kata pela-tih Felix Magath.“Saya senang parapemain bisa menguasai bola denganbaik dan tidak kemasukan gol. Kinikami siap menghadapi lawan ber-ikutnya.”

Adapun Hapoel belum juga mera-ih nilai dalam debut di Liga Cham-pions. Klub Israel ini kalah 4-2 olehHamburg SV di Liga Eropa musimlalu, yang menjadi satu-satunyapertandingan klub itu melawan timasal Jerman. ● REUTERS | UEFA | RAJU

Ferguson, Uang, dan CityLONDON — Ke mana tujuan WayneRooney jika memang benar heng-kang dari Manchester United?Ternyata, kepada rekan-rekannya,ia tengah mempertimbangkan ke-mungkinan pindah ke klub se-kotanya, Manchester City. What?

Rooney tengah bersitegang de-ngan sang manajer, Sir Alex Fergu-son. Fergie marah karena beritaperselingkuhan Rooney, sedangkanRooney sebal atas keputusan Fergiemencoret namanya dalam bebera-pa pertandingan terakhir.Tapi apa-kah benar itu alasan sebenarnya?

Laman Dailymail melansir,Rooney sebenarnya sudah me-numpuk berbagai kekesalan. Per-tama, ia menunda kontrak baruberdurasi lima tahun lantaranMU tak mau menaikkan gajinyadari 90 ribu pound sterling menja-di 180 ribu pound sterling.

Pemain 24 tahun itu juga kesal

lantaran MU tak punya ambisiuntuk bangkit. Buktinya, MU de-ngan gampang melepas CristianoRonaldo ke Real Madrid dan pelitmengeluarkan uang untuk mem-beli pemain baru.

Musim lalu Rooney tampil ce-merlang, 34 gol ia lesakkan dalam44 pertandingan, meski MU gagalmeraih gelar juara Liga Primermaupun Liga Champions. Rooneydisebutkan ingin mendapat ba-yaran tinggi atas sumbangsihnya.Namun sumber di MU punya pen-dapat lain.

“Ini soal uang, murni dan sim-pel. MU menilai Rooney tidaklahsemahal seperti yang ia minta, ter-utama melihat penampilannya be-lakangan ini. Sepertinya hal itusulit berubah,”kata sumber terse-but kepada SunSport.

Apakah Rooney akan hengkangseperti halnya David Beckham,

Ruud van Nistelrooy,dan Jaap Stamsetelah berseberangan dengan TheScot? Chelsea, Real Madrid, danBarcelona disebut-sebut siap me-nampung Rooney. Meski Coleen, is-tri Rooney, menyebutkan suaminyatakkan pindah ke Spanyol.

Nah, kabar terakhir menyebut-kan, Rooney mengatakan siapmempertimbangkan City, yang me-nyiapkan angka 100 juta pound un-tuk memboyongnya. Setengahnya,50 juta pound, sebagai transfer, se-dangkan 50 juta pound lainnya un-tuk membayar gaji Rooney senilai13 juta pound per tahun atau 230ribu pound per pekan, yang akanmenjadikannya sebagai pemainInggris dengan gaji termahal.

Jika benar, ini akan jadi tam-paran kedua bagi MU setelah me-lepas Carlos Tevez, yang kini jus-tru makin kinclong bersama TheEastland. ● REUTERS | DAILYMAIL | RAJU

Perkiraan PemainManchester United: 1-Van derSar; 21-Da Silva, 5-Ferdinand, 15-Vidic, 3-Evra; 24-Fletcher, 16-Car-rick, 8-Anderson, 17-Nani, 9-Berba-tov, 10-Rooney Bursaspor: 27-Ivankov; 21-Tando-gan, 4-Erdogan, 38-Ozturk, 3-Veder-son; 10-Sen, 13-Svensson, 7-Insua,20-Ipek; 17-Batalla, 22-Bahadir

Wayne Rooney MANCHESTER UNITED

BRIAN SNYDER (REUTERS)

Page 24: KoranTempo 20 Oct 2010

olahraga R A B U , 2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A23

LIGA CHAMPIONSJadwal Rabu (20/10):Grup AInter Milan vs Tottenham HotspurTwente Enschede vs WerderBremenGrup BSchalke 04 vs Hapoel Tel-AvivOlympique Lyon vs BenficaGrup CRangers vs ValenciaManchester United vs BursasporGrup DPanathinaikos vs Rubin KazanBarcelona vs FC CopenhagenKlasemenGrup AInter 2 1 1 0 6-2 4Tottenham 2 1 1 0 6-3 4FC Twente 2 0 1 1 3-6 1Bremen 2 0 1 1 2-6 1Grup BLyonnais 2 2 0 0 4-1 6Schalke 04 2 1 0 1 2-1 3Benfica 2 1 0 1 2-2 3Hapoel 2 0 0 2 1-5 0Grup CMan United 2 1 1 0 1-0 4Rangers 2 1 1 0 1-0 4Valencia CF 2 1 0 1 4-1 3Bursaspor 2 0 0 2 0-5 0Grup DCopenhagen 2 2 0 0 3-0 6Barcelona 2 1 1 0 6-2 4Rubin 2 0 1 1 1-2 1P'thinaikos 2 0 0 2 1-7 0Grup EBayern 2 2 0 0 4-1 6AS Roma 2 1 0 1 2-3 3CFR Cluj 2 1 0 1 3-3 3FC Basel 2 0 0 2 2-4 0Grup FChelsea 2 2 0 0 6-1 6Spartak 2 2 0 0 4-0 6Marseille 2 0 0 2 0-3 0MŠK �ilina 2 0 0 2 1-7 0Grup GReal Madrid 2 2 0 0 3-0 6AC Milan 2 1 1 0 3-1 4Ajax 2 0 1 1 1-3 1Auxerre 2 0 0 2 0-3 0Grup HArsenal 2 2 0 0 9-1 6Shakhtar 2 2 0 0 4-0 6Partizan 2 0 0 2 1-4 0SC Braga 2 0 0 2 0-9 0

LIGA INGGRISHasil Senin (18/10):Blackburn Rovers 0 Sunderland 0KlasemenChelsea 8 6 1 1 23-2 19Man City 8 5 2 1 12-5 17Arsenal 8 4 2 2 18-10 14Man United 8 3 5 0 18-11 14Tottenham 8 4 2 2 10-7 14West Brom 8 3 3 2 11-14 12Bolton 8 2 5 1 12-12 11Villa 8 3 2 3 9-12 11Stoke 8 3 1 4 9-11 10Blackpool 8 3 1 4 13-18 10Everton 8 2 3 3 8-7 9Fulham 8 1 6 1 9-9 9Sunderland 8 1 6 1 7-7 9Blackburn 8 2 3 3 7-8 9Wigan 8 2 3 3 6-15 9Newcastle 8 2 2 4 12-12 8Birmingham 8 1 4 3 8-12 7Wolves 8 1 3 4 8-13 6Liverpool 8 1 3 4 7-13 6West Ham 8 1 3 4 6-15 6

LIGA SPANYOLHasil Senin (18/10):Hercules CF 2 (Valdez 26,Trezeguet 41) Villarreal 2(Capdevila 29, Valero 63)KlasemenMadrid 7 5 2 0 16-3 17Villarreal 7 5 1 1 14-6 16Barcelona 7 5 1 1 12-6 16Valencia 7 5 1 1 12-6 16Atlético 7 4 1 2 12-7 13Espanyol 7 4 0 3 6-9 12Sevilla 7 3 2 2 10-8 11Athletic 7 3 1 3 11-10 10Getafe 7 3 1 3 11-10 10Hercules 7 2 2 3 7-8 8Mallorca 7 2 2 3 5-7 8Gijón 7 2 2 3 8-11 8Levante 7 2 2 3 7-12 8Málaga 7 2 1 4 13-16 7Sociedad 7 2 1 4 7-11 7Racing 7 2 1 4 4-8 7Almería 7 1 3 3 5-6 6Osasuna 7 1 3 3 4-6 6Deportivo 7 0 4 3 3-11 4Zaragoza 7 0 3 4 6-12 3

data INTER MILAN VS TOTTENHAM HOTSPUR

MEREDAM KETAJAMAN ETO’OMoratti sama sekali tak

khawatir atas ketergantung-

an Inter terhadap Eto’o.

MILAN — Inter Milan kian bergan-tung pada Samuel Eto’o. Penyerang

asal Kamerun itu tampilkian tajam musim inidan sudah menyumbang12 gol dalam 11 laga diberbagai kompetisi.

Tapi kondisi itu justrudianggap menguntung-kan buat TottenhamHotspur, lawan Inter da-lam pertandingan LigaChampions di San Siromalam ini. Pelatih HarryRedknapp pun cukup

memerintahkan pemainnya mela-kukan satu hal saja: hentikan Eto’o,dan juara bertahan itu pun akan bi-sa dikalahkan.

Pelatih Inter, Rafael Benitez,mengakui Eto’o berada dalam kon-disi terbaik. Tapi ia membantahanggapan bila timnya terlalu ber-gantung pada penyerang ini.“Kami

bisa men-cetak golmelaluiberba-gai ca-

ra,”kata-nya.Tapi Pre-

siden InterMassimo Mo-

ratti sama se-kali tak kha-

watir atas ke-tergantungan

terhadap Eto’oitu.“Saat kami di-

anggap bergan-tung pada (Zlatan)

Ibrahimovic, kami bi-sa merebut dua gelar li-

ga, jadi saya tak menye-salkan situasi saat ini,”ka-

tanya.Ketajaman Eto’o kian men-

colok setelah Diego Milito, yangjadi andalan saat Inter menyabet

tiga gelar juara sekaligus padamusim lalu, belakangan tampilmelempem. Seringnya penyerangArgentina itu mengalami cederajuga membuat Eto’o kerap di-

geser dari posisi sayap menjadi pe-nyerang tengah, yang justru meru-pakan posisi favoritnya.

Malam ini pun Milito mungkinbelum bisa tampil. Begitu juga de-ngan Goran Pandev. Benitez ada ke-mungkinan kembali mengandalkanCoutinho dan Jonathan Biabianysebagai penyerang sayap dalam for-masi 4-2-3-1.

Formasi itu efektif digunakansaat mereka mencukur WerderBremen 4-0 dalam laga terakhirLiga Champions. Saat itu Eto’omemborong tiga gol. Tapi formasiyang sama dinilai tak terlalu ber-hasil saat Inter mengalahkan Cag-liari 1-0. Ketika itu Eto’o sempatmendapat ejekan rasis, tapi akhir-nya mencetak gol penentu keme-nangan.

Malam ini Inter juga tak bisa di-perkuat Esteban Cambiasso lan-taran cedera. Sedangkan Totten-ham kehilangan motor permainandi lini tengah. Rafael van der Vaartharus absen karena terkena skor-sing. Bek Ledley King mungkin ab-sen karena cedera, bersama Mi-chael Dawson dan Younes Kaboul.Karena itu, William Gallas, yangbelum sepenuhnya fit, akan dipak-sa turun berpasangan dengan Se-bastien Bassong.

Pertandingan ini akan jadi perte-muan menarik antara Benitez,yang sempat lama menukangi Li-verpool, dan Redknapp. Di LigaPrimer, keduanya pernah berta-rung 13 kali. Kebanyakan saat

Redknapp masih menukangiSouthampton dan Portsmouth.Meski berada di klub lebih kecil,Redknapp kerap menyulitkan Be-nitez sehingga skor keduanya saatini masih seri. Di Tottenham,Redknapp kini justru memilikiskuad yang lebih bagus.

Inter dan Spurs saat ini sama-sa-ma mengemas nilai 4 di Grup A.Ta-pi Inter unggul dalam selisih gol.Tim yang menang malam ini akanmenguasai puncak klasemen danmemiliki peluang lebih besar untuklolos.

Di grup yang sama, malam ini FCTwente (Belanda) akan bertemu de-ngan Werder Bremen (Jerman). Ke-dua tim saat ini sama-sama barumengemas nilai satu. ● REUTERS | AP | NURDIN

Barca Mencari Aura Keperkasaan yang HilangMADRID — Barcelona tengahkehilangan aura keperka-saannya saat menjamu FCCopenhagen (Denmark) diNou Camp dalam babaklanjutan pertandingan LigaChampions Grup D malamini. Permainan indah yangmenjadi ciri khas tim inibelakangan tak efektif dantak didukung oleh mem-banjirnya gol ke gawang la-wan seperti biasanya.

Di Primera La Liga Spa-nyol, tim asuhan Josep Gu-ardiola itu masih tertinggalsatu angka dari RealMadrid.Di Liga Champions,El Blaugrana juga hanyaberada di posisi kedua klase-men dengan nilai empat da-ri dua laga, terpaut dua ang-ka dari Copenhagen.

Absennya Xavi karenacedera dinilai sebagai salahsatu penyebab kemundur-an Barca. Saat ia kembali,Sabtu lalu, gelandang iniberperan dalam dua golyang diciptakan AndresIniesta dan Carles Puyol,yang memastikan Barcamengalahkan Valencia 2-1.

Sayangnya, malam iniXavi mungkin harus kem-bali beristirahat. “Kondisisaya bagus, tapi sejujurnyamasih merasa sakit yangsamar-samar pada tendonsaya, yang kembali sedikittertarik. Saya harus mela-kukannya setahap demi se-tahap dan bersabar,” kataXavi. Guardiola pun meng-akui pemain ini belum siapdipaksa bermain dalam se-lang tiga hari.

Penyebab lain kemun-duran Barca adalah belumefektifnya David Villa. Iasudah mencetak empat goldalam delapan laga. Tapi,dalam berbagai kesempat-an, mantan penyerang Va-lencia ini kerap gagal me-nyelesaikan peluang-pelu-ang yang masih berlimpahdiciptakan Barca.

Villa yakin ketajaman-nya akan segera muncul.“Ini hanya soal keberun-tungan. Ketika semuanyaberubah, saya akan bisamemberikan banyak golbuat Barca,”katanya.

Pemain baru lainnya, Ja-

vier Mascherano, juga be-lum sepenuhnya bisa me-nyesuaikan diri denganBarca. Tapi mantan gelan-dang Liverpool itu merasaterus mengalami perbaikandan yakin akan segeramampu memberikan pe-nampilan terbaiknya.

Barca malam ini tak akanbisa menurunkan bek Gab-riel Milito lantaran cedera.Gelandang Seydou Keitajuga diragukan bisa tampilsetelah mengalami cederasaat melawan Valencia.

Barcelona tak bisa mere-mehkan Copenhagen. Timasuhan Stale Solbakken itumampu menang 1-0 atasRubin Kazan, klub Rusiayang justru mampu mena-han Barca 1-1.

Penyerang Senegal, DameN’Doye, akan kembali jadimotor bagi klub Denmarkitu setelah terus mencetakgol dalam dua laga sebe-lumnya. Klub itu pun masihbisa mengandalkan JesperGronkjaer, gelandang 33 ta-hun yang pernah membelaAjax, Chelsea, dan Atletico

Madrid.Dalam laga lainnya di Grup

D, Panathinaikos (Yunani)akan menjamu Rubin Kazan.

Tuan rumah belum mendapatnilai dari dua laga, sedangkanKazan baru mengumpulkansatu angka. ● REUTERS | AP | NURDIN

IKLAN

Perkiraan PemainInter Milan (4-2-3-1): Julio Ce-sar; Maicon, Lucio, Walter Sa-muel, Cristian Chivu; Dejan Stan-kovic, Javier Zanetti; Coutinho,Wesley Sneijder, Jonathan Biabia-ny; Samuel Eto’o

Tottenham Hotspur (4-4-2): Heu-relho Gomes; Alan Hutton, Sebas-tien Bassong, William Gallas, Be-noit Assou-Ekotto; Aaron Lennon,Tom Huddlestone, Jermaine Je-nas, Gareth Bale; Luca Modric,Peter Crouch

Samuel Eto'oINTER MILAN

AN

TO

NIO

CA

LA

NN

I (A

P)

Page 25: KoranTempo 20 Oct 2010

silang

R A B U2 0 O K T O B E R 2 0 1 0 A24

Alex Ferguson

membutuhkan

Nemanja Vidic.

Di tengah de-

rasnya speku-

lasi bahwa

Wayne

Rooney

akan me-

ninggalkan Man-

chester United dan

hasil buruk 2-2 mela-

wan West Brom di Inggris,

Manajer MU itu memerlu-

kan orang setegar Vidic.

Vidic bukan cuma palang pintu

pertahanan lugas MU dan Ser-

bia. Kepemimpinannya kuat. Ia

kapten klub dan tim nasional.

Kepada pria dari kawasan ke-

ras di Balkan itu, Ferguson meni-

tipkan titah: Red Devils harus

bangkit di Old Trafford di-

nihari nanti dalam Liga

Champions. Gilas Bursas-

por!

“Kami harus lebih kompak da-

lam menyerang dan bertahan,”

kata pria dengan tinggi badan

hampir 2 meter ini.

Red Devils meraih hasil seri li-

ma kali dari delapan laga. Gagal

menang lagi? Buruk dampaknya

buat perjuangan di kompetisi lo-

kal dan Eropa. ● GOAL | REUTERS | PRASETYO

Nemanja Vidic MANCHESTERUNITED

RCTI

LIGA CHAMPIONSManchester United Vs

Bursaspor

Kamis (21/10) pukul 01.30 WIB

Inter Milan Vs

Tottenham Hotspur

Kamis (21/10) pukul 03.30 WIB (tunda)

Ana Ivanovic (SERBIA)

MENANTISHARAPOVA

DI NUSA DUAHALAMAN A20

MEREDAM KETAJAMAN

ETO’OHALAMAN A23

ED

DIE

KE

OG

H (

RE

UT

ER

S)

Selalu ada celah dari hakikat menangdan kalah dalam olahraga. Hal itubisa bernama kecantikan Ana Ivano-

vic. Silakan protes.Tapi berbagai jajakpendapat menempatkan mantan ratu te-nis dunia dari Serbia itu di urutan perta-ma olahragawati terseksi di dunia.

“Welcome Back, Ana Ivanovic.We

Missed You”. Itu judul USA Today me-nyambut sukses Ivanovic memenangi tur-namen di Linz, Austria, Minggu lalu.

Dengan gelar juara di Linz, wanita ber-usia 22 tahun itu tak butuh lagi jatahwild card untuk berlaga di Common-wealth Bank Tournament of Champions2010. Apalagi jika ia menjuarai Luksem-burg Terbuka pekan ini.Turnamen penu-tup WTA Tour itu digelar di Nusa Dua,Bali, 4-7 November nanti.

● PRASETYO | EZTHER

Bersiap ke Bali

LUPAKAN (SEJENAK)

ROONEY!HALAMAN A22

AN

TO

NIO

CA

LA

NN

I (A

P)