kerangka acuan 2015

Upload: irman-irmansyah

Post on 01-Nov-2015

41 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

DFQEF

TRANSCRIPT

KERANGKA ACUANPROGRAM : 1.02.01 Program Pembinaan Upaya KesehatanKEGIATAN

: 1.02.01.007 Pelaksannan Upaya Kesehatan Perorangan

I. Latar Belakang

DKI Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia Raya dan ibukota provinsi, merupakan pusat pemerintahan, perekonomian, politik, budaya, pendidikan dan sebagai kota metropolitan. Jakarta mempunyai tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, kondisi ini berpotensi untuk terjadi masalah kegawatdaruratan seperti kecelakaan lalulintas maupun masalah di bidang kesehatan sebagai akibat terjadinya perubahan gaya hidup masyarakat seperti meningkatnya resiko penyakit kardiovaskuler, degeneratif, penyakit menular dan lain-lain. Disamping itu juga beresiko untuk terjadinya benturan kepentingan dan konflik yang bernuansa SARA (suku, agama dan ras) yang dapat memicu kerusuhan sosial, huru hara, dan bencana.

Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan program penerapan kaidah Good Governance dalam penyelenggaraan urusan kesehatan maka perlu dilakukan pelaksanaan dukungan kesehatan Pra Rumah Sakit.Salah satu upaya untuk menanggulangi meningkatnya kasus gawat darurat medik dan bencana adalah dengan menyediakan pelayanan Ambulans pra Rumah Sakit dan mempersiapkan tenaga medis, paramedis yang diharapkan dapat menunjang upaya dalam memberikan respons yang cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan pada korban saat ditempat kejadian sampai evakuasi ke rumah sakit.

Dengan dibentuknya TIM GADAR Puskesmas Kec. Gambir akan memberikan jawaban atas kasus-kasus yang terjadi pada saat ini sehingga berdampak menurunnya angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat kasus kegawatdaruratan pra rumah sakit untuk masyarakat di wilayah Provinsi DKI Jakarta khususnya di wilayah Kecamatan Gambir. II. TujuanTujuan UmumTersedianya pendukung operasional di Puskesmas Kecamatan dan KelurahanTujuan Khusus

Tertanganinya kasus kedaruratan pra Rumah Sakit

Memberikan pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat emergency kepada masyarakat.

III. Dasar Hukum

PerGub No 165 tahun 2012

PerGub No 142 tahun 2013

IV. Waktu PelaksanaanTanggal : 1 Januari 2015 31 Desember 2015V. Lokasi

Di wilayah Kecamatan GambirVI. Sasaran

Kasus gawat darurat Pra Rumah Sakit

VII. Pelaksana

Tim pelaksana dari puskes kec. Gambir yang terdiri dari :

Penanggung jawab : Kepala Puskesmas Kec. Gambir

Pelaksana

: Dokter Umum

Paramedis

Pengemudi AmbulanVIII.Pembiayaan Anggaran program Antisipasi dan Penanggulangan Kesehatan Terkait Bencana dibebankan kepada DPA SKPD Puskesmas Kecamatan Gambir tahun 2015.