dibuat untuk mengukur - volvo ce

of 27 /27
MAJALAH VOLVO CONSTRUCTION EQUIPMENT EDISI 56 SEPTEMBER/OKTOBER/NOVEMBER 2015 DIBUAT UNTUK MENGUKUR Alat berat yang dirancang khusus PERLINDUNGAN IKLIM Volvo CE menjadi yang terdepan TEKNOLOGI Oli esensial

Author: others

Post on 31-Jan-2022

0 views

Category:

Documents


0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

DIBUAT UNTUK MENGUKUR
PERLINDUNGAN IKLIM Volvo CE menjadi yang terdepan
TEKNOLOGI Oli esensial
Dibutuhkan fleksibilitas untuk terus mengembangkan perusahaan konstruksi. Itulah mengapa Anda memerlukan pembiayaan yang fleksibel untuk peralatan yang Anda butuhkan. Di Volvo Financial Services, kami menawarkan berbagai pilihan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan – dan hasil kerja Anda. Membuat bisnis Anda tetap produktif, sambil menjaga batas kredit Anda dengan bank Anda, dengan menggunakan produk asuransi dan pembiayaan yang disesuaikan. Untuk penawaran khusus dan lainnya, kunjungi volvoce.com.
Membutuhkan peralatan untuk mengembangkan bisnis Anda? Layanan keuangan Volvo akan membantu Anda memulai bisnis Anda.
Tidak semua produk dan servis tersedia di semua pasar.
D ua artikel utama dalam edisi ini menampilkan alat berat Volvo yang telah disesuaikan untuk klien yang bekerja pada kondisi yang sulit atau dalam cuaca ekstrem. Tim Special Application Solutions Volvo CE baru berusia empat tahun namun sudah membuat dampak secara global.
Tim bereaksi cepat memenuhi permintaan excavator yang dirancang khusus untuk industri penebangan kayu di Selandia Baru (hal.10). Dealer Volvo yang puas mengatakan bahwa kliennya mendapatkan apa yang diminta dan dua model yang tersedia saat ini – pengangkut hasil hutan tracked EC250DL dan EC300DL – menarik banyak perhatian di belahan dunia tersebut. Di Belanda, pertahanan dan pengendalian banjir sangatlah penting, oleh karena itu Volvo CE hadir untuk menyelamatkan (hal.36) dengan sejumlah alat berat yang disesuaikan untuk memperkuat penghalang banjir.
Selain memproduksi peralatan konstruksi, Volvo CE juga melakukan penelitian, pengembangan dan pengujian mutakhir pada komponen seperti pelumas. Kami mengunjungi salah satu laboratorium Volvo CE, tempat para ilmuan sibuk mengembangkan oli dan pelumas merek Volvo CE sendiri (hal.41).
Volvo Group menjadi yang terdepan dalam produksi yang berkelanjutan, dan Volvo CE terus menjadi teladan dalam upaya perlindungan iklim pada industri konstruksi melalui kemitraan yang inovatif bersama Word Wide Fund for Nature dalam pengurangan emisi pada produk dan produksi. Volvo CE President, Martin Weissburg diwawancarai mengenai upaya perlindungan iklim (hal.24) dan apa yang perusahaan lakukan untuk menghadapi tantangan yang dialami industri.
Di antara sejumlah kisah dari berbagai belahan dunia, kepuasan pelanggan (hal.34) menunjukkan keunggulan Volvo Financial Services (VFS). Banyak pelanggan membutuhkan pinjaman atau penyewaan ketika membeli peralatan konstruksi. VFS akan sangat membantu dalam hal ini. Artikel di halaman 32 akan menjelaskan cara kerjanya.
Semua konten ini dilengkapi dengan laporan video dan foto tambahan dan tersedia di situs web Spirit dan pada Spirit app secara gratis untuk ponsel dan tablet. Dan, tentu saja, versi cetak tersedia dalam 13 bahasa. Jika Anda belum berlangganan, situs web ini menampilkan rincian cara mendapatkan salinan gratis yang akan dikirim langsung ke rumah Anda.
selamat datang
Dirancang khusus untuk kepuasan pelanggan
Ilmuwan Volvo CE, Dr Anders Pettersson (kiri) dan Dr Donald McCarthy (hal.41)
THORSTEN POSZWA Global Director External Communications Volvo Construction Equipment
Spirit – Volvo Construction Equipment Magazine
@VolvoCESpirit
GlobalVolvoCE
ID
30
24
16
10
3 KATA PENGANTAR Volvo CE memproduksi alat berat yang dirancang secara
khusus untuk memuaskan pelanggan
energi Volvo CE
10 SELANDIA BARU Industri kehutanan bukanlah tempat bagi yang lemah
16 CINA Tempat pembuangan sampah Laogang di Shanghai
mengolah gas dari sampah menjadi energi
20 PRANCIS Tambang batu kapur yang didirikan pada tahun 1895
dioperasikan oleh perusahaan setempat
Volvo EC700 pertama di dunia
30 KESELAMATAN Keselamatan sangat penting dalam aktivitas Volvo CE
32 KEUANGAN Volvo Financial Services memahami pelanggan Volvo dan
industri mereka
41 TEKNOLOGI BARU Penelitian dan pengembangan Volvo CE pada pelumas
dan oli
artikulasi Volvo A40D
Dalam edisi ini
PADA SAMPUL Salah satu dari enam excavator Volvo yang dirancang secara khusus milik de Vries & van de Wiel tengah mengerjakan penghalang banjir Belanda © Erik Luntang
36 BELANDA Excavator Volvo yang dirancang
secara khusus dikerahkan untuk memperkuat penanggulangan bencana banjir negara
volvo spirit | 5
EDITORIAL PRODUKSI DAN DESAIN: CMDR sprl www.cmdrcoms.com
KONTRIBUTOR: Sam Cowie; Julian Gonzalez; Nigel Griffiths; Justin Harper; Kate Holman;
Patricia Kelly; Tony Lawrence; Jeff Rogers; Cathy Smith; Michele Travierso; Catherine Wells
FOTOGRAFER: David Alexander; Mats Backer; Jennifer Boyles; Piet Goethals;
Dan Holmqvist; Ingmar Jernberg; Ola Kjelbye; Erik Luntang; Gustav Mårtensson;
Daniele Mattioli; Lianne Milton; Sofia Paunovic; Bea Uhart; Sander de Wilde
Hak cipta dilindungi. Dilarang memperbanyak, menyimpan segala bagian dari terbitan ini (teks, data, atau gambar) pada sistem pengambilan data atau mengirimkannya dalam bentuk atau dengan cara apa pun tanpa izin tertulis dari Volvo CE sebelumnya. Volvo Construction Equipment belum tentu mendukung pendapat atau pun kebenaran fakta di dalam artikel-artikel di edisi ini. Empat edisi per tahun – dicetak pada kertas ramah lingkungan
Kirimkan surat Anda ke editorial Majalah Volvo CE Spirit, Volvo Construction Equipment, Hunderenveld 10, 1082 Brussels, Belgia atau melalui email ke [email protected]
volvo spirit | 7
6 | Volvo spirit
S ebagai seorang remaja di garasi rumahnya di Helsingborg di ujung selatan Swedia, Johan Wollin menyadari betapa ia suka bekerja keras. Pada usia 14 tahun, Wollin membongkar motor
bebek dan sepeda motor mencoba untuk mengetahui bagaimana caranya membuatnya lebih cepat.
“Pada satu titik, saya memiliki tiga sepeda motor tapi masih terlalu muda untuk memiliki lisensi," ingatnya.
Bertemu dengannya yang mengenakan dasi dan setelan bisnis sulit untuk membayangkannya sebagai remaja dengan kaus bernoda oli. Saat ini bertanggung jawab menangani, di antara banyak hal lainnya, perlindungan lingkungan di pabrik Volvo Construction Equipment, Wollin mengatakan mempelajari teknik mesin di universitas membuatnya berkembang secara alami. Ia memulai studinya di Trollhätten, Swedia – negara asal Saab – sebelum akhirnya pada tahun 1996 pindah ke Coventry di Inggris, tempat kelahiran industri mobil Inggris, yang sangat ia cintai.
PENINGGALAN BUDAYA “Anda bisa merasakan peninggalan budaya otomotif yang sangat kuat di Coventry dengan Jaguar dan Rover di ujung jalan dan banyak merek lama lainnya seperti Singer Motors dan Triumph di segala tempat."
Ia tertawa ketika mengingat bagaimana sebagai mahasiswa di Inggris ia bukannya membeli mobil Inggris melainkan Volvo 440 bekas dari petani. “Sepertinya dulu ia menggunakannya untuk mengangkut hewan. Bau tidak sedapnya tidak mau hilang - masih ada jerami di bawah kursi ketika saya menjualnya sepuluh tahun kemudian,” ujarnya.
Mobil yang setia itu membawanya kembali ke Gothenburg pada tahun 2000 untuk bekerja di Volvo Cars sebagai seorang teknisi pengembangan engine.
DIPENUHI ENERGI
penghematan energi Volvo CE
Foto-foto oleh Bea Uhart →
Setelah selama lima tahun di Swedia, dilanjutkan ke Cina dan Prancis untuk bekerja di Autoliv, spesialis sistem keamanan otomotif di Swedia, lalu pindah ke Toyota di Brussels.
KEMBALI KE ASAL Pada tahun 2012, Wollin kembali ke profesinya yang lama dan bergabung dengan Volvo CE, yang berbasis di Brussels. Kini ia menjabat sejumlah posisi: Global Director Industrial/ Manufacturing Engineering serta sebagai Global Director Health & Safety and Environmental Care.
Bagian perlindungan lingkungan dalam pekerjaannya berkaitan erat dengan pekerjaannya di Coventry. Dengan gelar PhD yang dimilikinya ia fokus pada peningkatan aliran udara di dalam catalytic converter – langkah pertama Wollin menangani sejumlah permasalahan lingkungan dan sesuatu yang telah lama ia geluti.
“Jika perusahaan menghasilkan lebih dari dua derajat dalam pemanasan global, akan ada konsekuensi besar bagi banyak orang di dunia, sehingga kita perlu melakukan tugas kita dalam memastikan bahwa hal tersebut tidak terjadi,” ungkapnya.
Wollin sangat bangga dengan kemitraan Volvo bersama World Wide Fund for Nature dalam Climate Savers challenge: "Menurut saya, Volvo melakukan upaya perlindungan lingkungan dengan sangat baik; nilai-nilai inti perusahaan benar-benar dilaksanakan dengan baik dan bukan hanya sekadar taktik pemasaran."
Wollin memimpin sebuah proyek besar di Volvo CE untuk meningkatkan efisiensi energi, antara lain, dengan mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu, misalnya listrik yang digunakan saat waktu henti di pabrik seperti di malam hari dan di akhir pekan.
"Cukup dengan mematikan sejumlah hal yang tidak perlu dan mengubah perilaku dan budaya. Ketika keluar rumah, selalu matikan TV Anda,” ujarnya. "Di pabrik kami, bahkan jika Anda tidak dapat mematikan sejumlah alat, Anda dapat mematikan
sistem hidraulik, misalnya, dan cukup membiarkan sistem kontrol hidup dan berjalan."
MEMPERJELAS STRATEGI Dengan audit hasil inisiatif oleh WWF, menurut Wollin upaya ini membantu Volvo CE dalam "meningkatkan efisiensi." Beberapa pabrik Volvo secara efektif mengurangi 40% penggunaan listrik dari peralatan dan alat berat yang dibiarkan menyala. Targetnya adalah lebih sedikit dari 15% dibandingkan penggunaan listrik yang tidak perlu – sebagian dari delapan pabrik terbesar di seluruh dunia yang dimonitor sudah melampaui upaya tersebut.
Wollin mengatakan bahwa Korea Selatan dan Brasil telah melakukan "pekerjaan yang luar biasa" dengan penghematan di bawah 10%. Melihat grafik penggunaan listrik di pabrik Volvo CE di Korea Selatan, hasil penghematan di siang hari sangatlah besar.
"Di siang hari mereka mematikan lampu saat keluar untuk makan siang. Orang-orang ini benar-benar berkomitmen dalam melakukan upaya ini."
Dan tentu saja hal ini berdampak positif bagi bisnis. Ini adalah strategi pendanaan mandiri – penghematan listrik di wilayah tersebut diperkirakan mencapai US$1 juta per tahun yang kemudian dapat diinvestasikan kembali dalam tahap kedua inisiatif Climate Savers untuk mengurangi penggunaan energi pada tahap produksi. Tujuan utama yang ingin dicapai yaitu bebas CO2 di semua pabrik Volvo CE.
Johan Wollin siap menghadapi tantangan tersebut dan mengutip Volvo President dan CEO terdahulu Pehr G. Gyllenhammar: "Seperti yang ia katakan pada tahun 1972, bila menyangkut penanganan perubahan iklim, kita adalah bagian dari permasalahan - tetapi kita juga bagian dari solusi."
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit App untuk melihat video wawancara
NILAI-NILAI INTI PERUSAHAAN BENAR- BENAR DILAKSANAKAN DENGAN BAIK
8 | Volvo spirit volvo spirit | 9
JEJAK
Excavator Volvo yang dirancang secara khusus membantu memajukan bagian penting
dalam perekonomian Selandia Baru →
12 | Volvo spirit
Peter Lam. Distribur Volvo CE di Selandia Baru, TransDiesel, yang berkantor pusat di Christchurch, berperan penting dalam melobi pengadaan excavator yang dirancang secara khusus.
TransDiesel mendapatkan apa yang diinginkan dan manajer pemasaran, Mark Keatley puas dengan hasilnya. “Kami hanyalah pasar kecil di sini,” ungkapnya, “tetapi saat kami mengajukan permintaan Volvo, mengirimkan timnya.”
Tim Volvo mengunjungi berbagai pengoperasian penebangan untuk dapat mengembangkan alat berat kehutanan yang dirancang khusus untuk kondisi sulit di Selandia Baru.
Medan di wilayah ini berlumpur dengan bebatuan yang dapat merusak peralatan. Pengangkut hasil hutan ini dilengkapi dengan rangka bawah yang tinggi dan lebar dengan pelindung bagian bawah tugas berat khusus dan pelindung track penuh. Di antara beberapa keunggulan alat berat ini adalah panel samping dan tutup mesin yang lebih tangguh dan tangki hidraulik dan bahan bakar yang diperkuat. Kabin yang dirancang khusus dan diperkuat ditambah tiga pintu darurat di kabin – jendela belakang, pintu samping, dan atap bukaan – merupakan sejumlah fitur yang meningkatkan keamanan operator.
Alat berat juga dilengkapi dengan quick hitch Volvo, sehingga dapat digunakan dengan berbagai attachment, seperti bucket atau grapple, tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan. “Alat berat ini dapat menebang, mengolah, memuat, menebang akar pohon, menggali, menanam, dan membangun jalan,” ungkap Keatley.
PELACAKAN “Volvo merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya operasikan,” ungkap Button. “Sangat nyaman mengoperasikannya
D ataran tinggi Canterbury di Selandia Baru yang dikelilingi hutan bukanlah tempat bagi yang lemah, terutama di musim dingin di bulan Juni, Juli dan Agustus ketika es dan salju
menurunkan suhu hingga -20C. Lanskap yang tidak rata dan dikelilingi jajaran Pegunungan Alpen Selatan yang membentang di sepanjang Pulau Selatan di Selandia Baru ini banyak ditumbuhi pohon pinus untuk kebutuhan ekspor.
Untuk kesuksesan dalam penebangan hasil hutan ini dibutuhkan peralatan yang tepat, dan Volvo CE saat ini memenuhi permintaan konsumen dengan menyediakan alat-alat pengangkut hasil hutan yang secara khusus dirancang untuk kondisi yang sulit di wilayah ini, yang juga dikenal dengan nama Maori, Aotearoa.
Dengan empat alat berat yang sudah beroperasi di Selandia Baru dan dua lagi masih dalam proses pengiriman, dua versi alat berat ini saat ini tersedia untuk pelanggan – alat pengangkut hasil hutan tracked EC300DL yang lebih berat dan EC250DL.
Mengerjakan ratusan hektar lahan di Malvern Hills di Canterbury di pesisir timur Pulau Selatan, Rory Button dari Button Logging mengoperasikan salah satu pengangkut hasil hutan EC300DL baru yang siap pakai dan langsung digunakan setelah tiba.
PERFORMA UNGGULAN “Kehutanan bukanlah industri yang mudah di Selandia Baru. Performa alat harus cukup tangguh untuk bekerja di lingkungan kami,” ungkapnya. “Penebangan di sini jauh berbeda dengan, sebut saja, di Eropa. “Kayunya jauh lebih besar dan kami menggunakan lebih banyak alat berat tracked.”
Alat berat ini dihadirkan oleh tim Special Application Solutions Volvo CE, yang dipimpin oleh manajer proyek bagian perniagaan,
Rory Button dari Button Logging (kiri) bersama Mark Keatley dari TransDiesel
Pengangkut hasil hutan yang baru ini semakin banyak yang meminati →
volvo spirit | 15
14 | Volvo spirit
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit app untuk menonton video laporan ini
dan boomnya dapat beroperasi dengan cepat, yang artinya jauh lebih efisien.” Melalui layar yang terhubung dengan dua kamera yang terpasang, ia dapat melihat apa yang terjadi di belakang dan bagian yang tak terlihat di sebelah kanan belakang.
Dengan excavator yang juga dilengkapi sistem telematika CareTrack, berarti perusahaan dapat mengetahui lokasi wilayah alat berat dan juga memantau seberapa efisien operator menggunakan alat berat tersebut, termasuk konsumsi bahan bakar dan jam operasional. Alat berat ini juga memberi tahu operator dan mengirim pesan ke TransDiesel saat excavator memerlukan servis.
Sebagai industri terbesar ketiga di negara tersebut setelah pertanian dan pariwisata, kehutanan merupakan bagian penting dalam perekonomian Selandia Baru, yang menghasilkan lebih dari NZ$1,6 miliar per tahun (US$1,1 miliar; €987 juta). Spesies asli seperti totara dan kauri, yang sebagian telah berusia ratusan tahun dan menarik wisatawan, secara umum berada di luar jangkauan penebang.
Namun hampir 1,8 juta hektar – yang banyak di antaranya merupakan pinus Selandia Baru atau Monterey – bisa ditebang. Douglas fir dan berbagai jenis cypress serta spesies eucalyptus juga dibudidayakan untuk pasar domestik dan ekspor. Hanya kurang dari setengah batang kayu yang dipanen dan kayu yang telah diolah akan diekspor, sebagian besar ke Australia, Cina, Jepang, Republik Korea, Amerika Serikat, Indonesia dan India. Sama halnya dengan kayu, serbuk kayu, papan kayu, potongan kayu, bubur kertas, dan produk lainnya juga diekspor.
AMAN DAN TERJAGA Dave Button, ayah Rory dan salah satu pemilik usaha keluarga ini, puas dengan akuisisi terbaru perusahaannya dan bertekad
untuk mengoperasikannya segera setelah produk tiba. “Alat berat ini bekerja dengan sangat baik,” ujarnya. “Alat berat ini bekerja dengan cepat dan juga hemat bahan bakar.”
Efisiensi bahan bakar dan biaya merupakan unsur penting bagi Button Logging yang memiliki tiga tim penebangan dan satu tim jalanan yang bekerja di berbagai lokasi di Canterbury. Christchurch saat ini dalam proses pembangunan kembali setelah gempa bumi yang dahsyat pada tahun 2011 yang merusak kota, memakan 185 korban jiwa dan mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.
Untuk kepuasan pemilik barunya, alat berat ini tidak membutuhkan modifikasi pada hidraulik, track atau kabinnya – yang terakhir, secara virtual tahan banting sangat penting dalam industri dengan tingkat kecelakaan yang tinggi. Tingkat kematian yang tinggi –10 kematian pada tahun 2013 – membuat industri ini diperhatikan banyak pihak, sehingga fitur keamanan Volvo EC300DL, termasuk kabin yang dirancang khusus dan lolos uji ROPS dengan kaca depan setebal
31mm yang diperkuat, disambut baik oleh industri kehutanan Selandia Baru.
Forest Industry Safety Council (FISC) yang baru saat ini tengah membahas upaya peningkatan keamanan dengan pelatihan dan peralatan yang lebih baik. Alat berat ini sudah membuktikan keamanannya dengan hanya ada satu korban jiwa tahun lalu dan berkurangnya laporan mengenai luka parah hingga sebesar 60%. Dengan jajaran dewan yang menuntut performa yang lebih aman, semakin banyak yang meminati Volvo terbaru, dengan kabin yang dirancang khusus dan sangat kuat.
ALAT BERAT INI BEKERJA DENGAN CEPAT DAN JUGA
HEMAT BAHAN BAKAR
VOLVO MERUPAKAN SALAH SATU YANG TERBAIK YANG PERNAH SAYA OPERASIKAN
Juni, Juli dan Agustus adalah bulan-bulan musim dingin di sini
volvo spirit | 17
menghasilkan listrik. "Kami menutup sampah dengan lapisan tanah setebal 20cm," jelas Sun, sebelum memberikan penjelasan sederhana mengenai proses menutupi tempat pembuangan sampah yang tiada hentinya: "Sampah, menambahkan tanah, mengeruk tanah, menambahkan sampah, menambahkan tanah; lalu mengeruk tanah, dan menambahkan sampah."
PEKERJAAN YANG MENYITA WAKTU Tempat pembuangan sampah Laogang yang berjarak 60km dari pusat kota Shanghai, dioperasikan oleh Shanghai Old Port Garbage Disposal Co Ltd, usaha patungan antara perusahaan
Prancis, Veolia, yang memiliki 60% saham, dan arm investasi pemerintah kota tersebut. Perkiraan awal masa pakai fasilitas adalah 45 tahun, tetapi setelah peningkatan kapasitas harian sebesar 8.000 ton, diharapkan dapat beroperasi selama setidaknya satu dekade lagi, sampai puncaknya mencapai ketinggian 80 juta meter kubik.
Dengan banyaknya proyek infrastruktur di Cina, statistik penentuannya sangat membingungkan. Setinggi 4,2 km dan selebar 800 m, total area lahan reklamasi mencapai luas 361 hektar hingga ke Timur Laut Cina. Untuk lebih jelasnya, setiap hari tempat pembuangan sampah ini memuat hingga setara dengan 114 pengangkut artikulasi A40F yang dipenuhi dengan
muatan sampah. Sejak awal, tempat pembuangan sampah Laogang telah menyerap sekitar 27 juta ton sampah.
Setelah mengeruk tanah, A40D kembali ke daerah aktif untuk membuang muatannya yang kemudian disebar di lapisan yang lebih lama dan ditutupi dengan tanah dan geo-membran – membran kedap udara yang digunakan untuk menampung sampah dan limbahnya. Arus lalu lintasnya sangat mengesankan – setiap 30 detik, truk berukuran kontainer berwarna kuning tiba dengan muatan penuh dan kembali dengan keadaan kosong.
"Ada sekitar 100 buah, masing-masing bolak-balik lima kali sehari," ujar Sun, yang menjelaskan bahwa truk yang dimuat dengan sampah padat di stasiun penyortiran dan
TIDAK ADA WAKTU UNTUK
SAMPAH Tempat pembuangan sampah Laogang
mengolah gas dari sampah menjadi energi, dan merupakan salah satu proyek terbesar
dalam jenisnya di Asia
Foto oleh Daniele MattioliPengangkut artikulasi Volvo A40D menutup sampah dengan tanah
D eru Lufthansa A380 dengan kekuatan penuh lepas landas dari Bandara Internasional Pudong Shangai mengusik kedamaian dan ketenangan pedesaan. Selain kebisingan pesawat, satu-
satunya kebisingan lain di jalan berlumpur di sekeliling wilayah tempat pembuangan sampah Laogang berasal dari jangkrik dan burung.
Manajer operasi Laogang, Sun Yan Feng melaksanakan pemeriksaan harian untuk memastikan bahwa aktivitas di lokasi berjalan semulus mungkin. Di kejauhan, setengah lusin alat berat yang beragam sibuk meratakan bukit besar yang tidak begitu tinggi, yang sebagian ditutupi terpal hitam. Lokasi yang menyerupai set film fiksi ilmiah distopian ini adalah tempat pembuangan untuk sepertiga sampah harian yang dihasilkan kota Shanghai. Kota ini adalah rumah bagi lebih dari 23 juta jiwa, sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh tempat pembuangan sampah Laogang ini sangatlah penting. Anehnya, tempat pembuangan sampah ini tidak bau.
Sebuah pengangkut artikulasi Volvo A40D yang bergerak ke arah Sun akan mengangkut tumpukan tanah yang baru digali yang berbatasan dengan tepi tempat pembuangan sampah. Untuk alasan kebersihan, tanah digunakan untuk menutupi sampah: tanah ini akan menyerap bau, menghindari perkembangbiakan serangga dan hama lainnya, dan meningkatkan lingkungan hipoksia yang diperlukan untuk menghasilkan gas untuk →
volvo spirit | 19
18 | Volvo spirit
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit app untuk menonton video
docking di dekatnya, diangkut oleh armada tongkang yang mengumpulkannya dari pusat kota Shanghai.
SERBAGUNA "Kami memiliki empat pengangkut Volvo yang sangat berguna karena sesuai dengan kondisi jalan yang mengerikan," ungkap Sun, menggambarkan bagaimana pengangkut digunakan untuk memindahkan limbah – sekitar empat atau lima muatan sehari – dan terkadang sampah itu sendiri, jika perlu.
Alasan utama dalam pemilihan peralatan adalah keandalan yang tinggi, jelas Sun. "Selain kebutuhan pemeliharaan rutin, A40D memiliki tingkat kerusakan yang sangat rendah, sehingga digunakan terus menerus."
Dia melanjutkan dengan menjelaskan sisi keuangan proyek. "Setiap tahunnya, penghasilan bisa mencapai setara dengan $32,2 juta dari perusahaan dengan margin yang relatif rendah," ujarnya, menambahkan bahwa perusahaan menghasilkan laba sebesar $4,8 juta tahun lalu. Biaya terbesar, sejauh ini, untuk menangani senyawa kimia dalam limbah.
Tapi ada lebih banyak hal yang dilakukan dalam menjalankan tempat pembuangan sampah modern bukan hanya sekadar menggali lubang dan mengisinya dengan sampah. Lubang limbah berisi
dijual ke pedagang barang rongsokan. Bisnis barang rongsokan yang berkembang sangat menjanjikan bagi mereka yang tidak memiliki sumber pendapatan lain. Mereka tergiur dengan insentif yang besar dari mengumpulkan kertas, kaca, kayu, logam dan barang-barang lain untuk kemudian dijual. Meskipun tidak secara resmi didokumentasikan, sistem ini terbukti efisien dan diperkirakan dapat membantu proses daur ulang hingga 38% sampah padat perkotaan yang dihasilkan di Cina setiap tahun.
Pengangkut Volvo diimpor oleh Veolia di awal usaha, menurut Kino Zhao, manajer penjualan industri dan personalia Volvo CE Cina. "Tapi dealer setempat perusahaan, Shanghai Fullback Full Construction Equipment, bertanggung jawab menangani suku cadang dan servis," ujarnya.
Tempat pembuangan sampah Laogang menjadi pengingat yang kuat mengenai pertumbuhan ekonomi Cina dan konsekuensi yang tidak dapat dihindarinya. Jutaan warga Cina telah bangkit dari kemiskinan selama tiga dekade terakhir, produksi sampah kota pun melonjak, sehingga membutuhkan teknik pengelolaan sampah dan alat yang diperbarui untuk menanganinya.
"Pada dekade ini, kami telah memuat 27 juta ton sampah," ungkap Sun. "Peralatan kami sudah mencapai akhir masa pakai
produk, kami pun berencana untuk membeli lebih banyak alat berat Volvo untuk memenuhi kapasitas pertumbuhan."
Menurut Sun, Cina sedang mengembangkan tempat pembakaran sampah, karena tempat pembuangan sampah sudah tidak begitu populer di mata masyarakat. Meskipun dengan
pembakaran sampah baunya lebih sedikit, terutama di musim panas, namun dapat memancarkan bahan kimia yang lebih berbahaya ke atmosfer dan biayanya – per ton sampah yang dibuang – hampir tiga kali lipat. Perbedaan biaya, jelasnya, karena sampah perkotaan yang tidak disortir, membutuhkan lebih banyak energi untuk membakar secara efisien. "Dananya antara $10 dan $13 per ton dari pemerintah, namun pemerintah harus mengeluarkan biaya hampir $32 per ton untuk pembakaran sampah."
Ini adalah bisnis yang kompleks, Sun sepakat, berhenti sejenak memandang bukit sampah setinggi 27 juta ton di kejauhan yang
didirikan pada dekade lalu, sambil mengingat kembali perannya dalam membangun masa depan yang lebih bersih untuk Cina: Ini cara saya memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat."
SELAIN MENGGALI LUBANG, ADA BANYAK
HAL LAINNYA YANG HARUS DILAKUKAN DI TEMPAT PEMBUANGAN
SAMPAH MODERN
Manajer operasi Laogang, Sun Yan Feng Empat pengangkut artikulasi Volvo A40D digunakan di lokasi
lumpur yang merembes melalui gundukan sampah harus diolah terlebih dahulu agar tidak mencapai dan mencemari sistem air tanah.
Operator tempat pembuangan sampah juga mengumpulkan gas dari sampah yang membusuk yang dibakar untuk menghasilkan listrik. Meskipun proses ini tidak menghasilkan keuntungan
finansial yang besar, namun dapat mengurangi potensi efek gas rumah kaca yang dihasilkan ke atmosfer. Operasi ini juga berdampak positif dalam mengurangi karbon, yang dapat diperdagangkan di pasar internasional. Pembangkit listrik dijalankan oleh anak perusahaan, karena lini bisnis ini membutuhkan usaha patungan dengan saham pengendali yang dimiliki oleh pihak Cina.
TIDAK ADA SAMPAH YANG SIA-SIA... Kembali ke kota, sementara tempat sampah khusus untuk daur ulang berada di mana- mana, layanan sampah pemerintah tidak memiliki sumber daya untuk menjalankan
sistem daur ulang, yang berarti semua sampah akan dikumpulkan menjadi tumpukan sampah padat perkotaan yang tidak disortir.
"Pekerjaan daur ulang dilakukan dengan baik hanya dalam tempat sampah kecil," ungkap Sun, yang mengacu pada tempat sampah daur ulang umum dan kumpulan pekerja migran informal di kota-kota di Cina yang mengumpulkan apa pun yang dapat
TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH LAOGANG
PERTUMBUHAN EKONOMI CINA
volvo spirit | 21
→ 20 | Volvo spirit
PRANCIS
S aat dinamit diledakkan di tepi tebing kapur, ledakan teredam bergema di sekitar tambang Chaux de la Tour di kawasan Luberon, sebelah tenggara Prancis. Ketika awan debu putih
hilang dan permukaan batu yang baru diledakkan terlihat, saat itulah sejumlah kendaraan melaju di jalan berliku menuju pangkalan tambang.
Wheel loader Volvo L180H memimpin di depan, operator mengenakan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari Provençal yang menyilaukan dan memantul dari dinding batu kapur.
Tambang ini dimiliki oleh grup industri Belgia Lhoist, dan dioperasikan oleh Sylvestre-Beton, sebuah perusahaan setempat yang didirikan pada tahun 1895. Rudy Sylvestre, 37, adalah generasi kelima yang menjalankan perusahaan keluarga ini. Dan karena menjalankan delapan tambang di sebelah selatan Prancis, perusahaan tersebut menjadi pelanggan penting bagi Volvo CE dan Volvo Trucks.
Sylvestre baru-baru ini memesan lebih dari 25 truk Volvo FH500 serta 11 alat berat Volvo - satu excavator tracked EC460CL dan dua EC360CNL dan delapan wheel loader baru, model L30G, L120H, L150H dan L180H.
PROSES TAWAR MENAWAR YANG SULIT Meskipun Rudy Sylvestre dan dealer Volvo CE setempat, Olivier Marziano sudah saling kenal selama hampir 15 tahun, tidak lantas memudahkan berlangsungnya proses kesepakatan ini. Mereka sama- sama menertawakan proses tawar menawar yang sulit oleh sylvestre.
"Kami mungkin tersenyum hari ini, namun proses tawar menawar tersebut benar-benar sulit," ingat Marziano. "Negosiasi dengan Rudy Sylvestre bukanlah hal yang mudah. Prosesnya berlangsung selama satu setengah bulan – datang ke sini setiap dua hari – memberikan demonstrasi dan uji coba dan dengan pesaing yang sangat agresif." Dan kemudian ia melihat salah satu alat berat Volvo di tambang melalui
YANG TERBAIK Sinergi antara pelanggan Volvo CE ini dan dealer setempat
adalah kunci keberhasilan kerja sama mereka
oleh Catherine Wells
22 | Volvo spirit volvo spirit | 23
PRANCIS
bahunya. "Tapi upaya yang dilakukan sepadan dengan hasilnya." Jadi apa keuntungan dari kesepakatan dengan Sylvestre? "Jalinan
kerja sama yang erat, servis yang berkualitas dan harga jual kembali yang menjadikannya sebagai alat berat terbaik di pasar," ujarnya singkat.
Hingga 400.000 ton batu kapur yang diambil di lokasi penambangan ini setiap tahunnya memberi banyak tekanan pada alat berat dan, karena alat berat ini akan diganti setiap lima tahun, nilai jual kembali sangatlah penting.
Marziano yang secara rutin mengunjungi tambang, menekankan: "Anda harus menjadi seperti spesialis dalam menangani bisnis pelanggan Anda."
Ia menyaksikan saat excavator Volvo mengeruk batu kapur yang baru diledakkan dan diangkut ke truk untuk dipindahkan ke alat berat penghancur di dekat tambang. Batu kapur tersebut mungkin akan digunakan untuk drainase jalan atau dihancurkan menjadi serbuk halus kalsium karbonat yang digunakan dalam obat-obatan atau pasta gigi.
PERENCANAAN KE DEPAN Berbasis di Aix-en-Provence, Olivier Marziano adalah pimpinan bagian perniagaan di Payant PACA (Provence-Alpes-Côte d'Azur), salah satu dealer Volvo CE terbesar di Prancis.
Keberhasilan jalinan kesepakatan dengan Sylvestre menunjukkan betapa besar upaya yang telah dilakukan Marziano
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit app untuk menonton video dari tambang
dalam mengembangkan pasar Volvo CE di wilayah tersebut. Dan, tentu saja, dengan bisnis konstruksi yang mengalami perlambatan secara dramatis di Prancis, betapa sulitnya untuk bisa menyukseskan jalinan kesepakatan kerja sama tersebut.
Rudy Sylvestre mengalami krisis seperti yang lainnya, sehingga terpaksa menjual bagian dari bisnis semennya. Namun ia mengatakan bahwa ia menggunakan waktu tersebut untuk mempersiapkan pemulihan yang tak terelakkan.
"Anda berada pada titik terendah ketika Anda mempertanyakan segala sesuatu, misalnya, mengganti peralatan. Kami telah banyak berinvestasi tahun ini dan tahun lalu untuk mendapatkan peralatan yang lebih efisien dan akan menghemat uang yang digunakan untuk biaya bahan bakar dan pemeliharaan."
Dan sekarang ia mengatakan ia merasa jauh lebih positif. Sambil memandangi sekeliling pegunungan Luberon, ia menunjukkan beberapa desa terkenal yang bertengger di lereng bukit, yang paling indah di Prancis, seperti Gordes dan Lacoste.
"Anda tidak dapat menemukan tempat yang lebih baik untuk tinggal," ujarnya. Dan untuk rencana bisnis di masa mendatang, ia mengisyaratkan sebuah proyek baru yang akan datang. "Kami akan membeli lebih banyak alat berat," ia berhenti sejenak, lalu menambahkan dengan senyum: "Menurut saya pasti Volvo."
Perusahaan Rudy Sylvestre menjalankan delapan tambang di Prancis sebelah Selatan
Alat berat diganti setiap lima tahun
Olivier Marziano, pimpinan bagian perniagaan Payant PACA
volvo spirit | 25
24 | Volvo spirit
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit App untuk melihat video wawancara
D ikenal sebagai penggagas produksi yang berkelanjutan, Volvo CE terus memelopori upaya perlindungan iklim di industri konstruksi. Kerja sama antara industri, akademisi,
badan pemerintahan, dan organisasi nonpemerintah sangat penting untuk mendorong industri dengan masa depan yang lebih berkelanjutan, ujar Volvo CE President, Martin Weissburg. Tidak ada satu sektor pun yang bisa mencapai sasaran upaya perlindungan iklim sendirian.
Setelah menyelenggarakan konferensi Construction Climate Challenge (CCC) pertama belum lama ini, inisiatif yang diprakarsai oleh Volvo CE pada tahun 2014 untuk mendukung upaya perlindungan iklim dan penghematan energi di seluruh sektor konstruksi, menurut Weissburg, peserta konferensi menekankan bahwa kerusakan lingkungan saat ini lebih parah dari perkiraan sebelumnya.
“Banyak sekali laporan tentang buruknya keadaan lingkungan saat ini,” ujarnya. “Semua pihak harus menjalankan tugasnya masing-masing untuk mencapai sebuah solusi. Dalam kerja sama ini, masing-masing pihak – termasuk industri dan produsen – harus mempercepat aktivitas mereka, meningkatkan investasi, meningkatkan fokus, dan bersungguh-sungguh menjalankan tugasnya dalam kerja sama besar ini untuk membuat perubahan.” Weissburg mengatakan bahwa solusinya adalah “bukan hanya satu industri saja, seluruh sektor harus bekerja sama.” Menurutnya, kerja sama sudah terjalin, namun dibutuhkan sesuatu yang lebih dari itu.
Menurut Weissburg, kesuksesan kerja sama ini juga memerlukan tolok ukur dan istilah yang sama untuk mengukur dampak perubahan iklim dan potensi perbaikan lingkungan.
DAMPAK YANG BAIK BAGI BISNIS “Tidak semua orang memahami perlunya melindungi lingkungan dan mengurangi emisi CO2 dan dampak positifnya bagi bisnis,” ungkap Weissburg. “Bagi Volvo, salah satu nilai utama perusahaan adalah kepedulian lingkungan, jadi setiap bangun pagi, kami selalu memikirkan mengenai upaya perlindungan lingkungan dan dampak positifnya terhadap bisnis kami.”
Ketidakinginan untuk berubah dan keengganan untuk bertindak menunjukkan pentingnya membuat kebijakan dan peraturan, ujar Weissburg sambil mengutip standar emisi engine sebagai contoh.
“Standar-standar tersebut terus berubah seiring waktu dan akan terus berubah. Semua industri diwajibkan untuk ikut serta dan mengikuti peraturan yang sama dan nantinya akan menjadi suatu standar. Sehingga akan mendorong inovasi, investasi dan perubahan dalam teknologi. Kebijakan dan industri yang berjalan beriringan akan berdampak baik dan positif bagi masyarakat dan lingkungan.”
TINDAKAN, BUKAN HANYA PERKATAAN Volvo CE tetap menjadi perusahaan yang terdepan dan menjadi teladan, lanjutnya. “Perusahaan memimpin dengan tindakan dan investasi kita. Perusahaan menghabiskan banyak uang dalam rekayasa dan R&D untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki teknologi terbaru untuk mengurangi emisi.” Selain itu, lanjut Weissburg, perusahaan terus berinvestasi dalam pelatihan operator dan efisiensi lokasi kerja untuk mengurangi kekosongan waktu dan pembakaran bahan bakar, serta menawarkan pelatihan dan servis sehingga peralatan dapat digunakan dengan efisien. Dengan adanya pabrik pengangkut artikulasi di Braås, di sebelah selatan Swedia, perusahaan bangga dengan fasilitas produksi pertama di industri yang 100% bebas karbon. “Hal tersebut membutuhkan komitmen nyata semua perusahaan,” ungkap Weissburg.
Di menambahkan bahwa menanggulangi perubahan iklim bukanlah sebuah hambatan, namun sebuah tantangan, dan untuk melewati tantangan tersebut dibutuhkan lebih dari satu pemimpin.
“Kami menyelenggarakan dan mensponsori konferensi CCC untuk mempersatukan banyak pihak dan membuat forum yang bisa meningkatkan kesadaran,” ungkapnya. "Tidak penting siapa yang memelopori, asalkan sudah ada yang memelopori. Namun, tidak bisa hanya mengandalkan satu pihak saja. Untuk bisa berhasil kita semua harus melakukannya bersama-sama.”
Kerja sama merupakan kunci kesuksesan dalam upaya perlindungan iklim, ujar Volvo CE President, Martin Weissburg
oleh Patricia Kelly
volvo spirit | 27
26 | Volvo spirit
Rio Grande do Sul adalah negara bagian penghasil batu bara terbesar di Brazil serta penyumbang PDB negara tertinggi ke-4. Negara bagian yang luasnya lebih besar dari Inggris itu berpenduduk 11 juta jiwa yang dikenal sebagai ‘gauchos,’ yang berdarah Spanyol, Portugal, Italia, Eropa Timur dan Afrika.
Saat pertama kali didirikan, industri milik Fagundes fokus pada pengerukan tanah dan pengolahan limbah yang kemudian beralih ke pertambangan. Perusahaannya berhasil memenangkan kontrak pertambangan lokal pertamanya pada tahun 1995. Lalu, pada tahun 2001, perusahaannya berhasil mendapatkan kontrak pertamanya dari luar negara asalnya, di Minas Gerais.
Fagundes saat ini merupakan salah satu kontraktor pertambangan yang terkemuka di Brasil dan saat ini menangani proyek di tujuh dari 27 negara bagian di Brasil yaitu pertambangan batu basal, batu kapur, fosfat, biji besi, emas, niobium, dan vanadium, dan memenuhi kebutuhan batu bara – yang menjadi sumber pembangkit listrik utama di negara bagian Rio Grande do Sul.
Fagundes juga memberikan pelayanan pada pabrik pengolahan lokal yang menangani 60% sampah yang kemudian diekstrak
menjadi gas metana di Rio Grande do Sul. Gas tersebut diproses di kota terdekat Minas do Leão sebelum disalurkan ke pipa bawah tanah menuju pembangkit listrik tenaga panas yang kemudian mengalirkan listrik ke lebih dari 80.000 rumah.
SESUAI DENGAN TUJUAN Mengenakan perlengkapan keamanan, sambil melihat-lihat empat unit Volvo EC700 yang sedang bekerja keras di lokasi pertambangan batu bara, Fernando Fagundes menunjuk Silvio dan berkata: “Ia bukanlah seorang pimpinan, melainkan keluarga, – ia bekerja di perusahaan ini karena bisa menuntaskan pekerjaan dengan baik.”
Perusahaan Fagundes juga memiliki anak usaha terpisah lainnya yang menangani peternakan, pertanian, konstruksi, penggusuran dan transportasi.
Menurut Fernando, yang membedakan Fagundes dari perusahaan ekstraksi lainnya adalah komitmennya untuk menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan di kawasan yang kaya batu bara dan sempat mengalami kerusakan lingkungan. →
Baru-baru ini, excavator Volvo berbobot 70-ton dibeli oleh perusahaan penambangan asal Brasil, Fagundes yang terkemuka di dunia.
oleh Sam Cowie
MEMBUAT TEROBOSAN BARU
K eandalan, produktivitas, dan hemat biaya menjadi alasan utama Fernando Fagundes, pimpinan bagian perniagaan perusahaan pertambangan Fagundes di Brazil, memilih
Volvo Construction Equipment. Di lokasi lahan pertanian Butiá, salah satu properti milik
Fagundes yang berada di negara bagian Rio Grande do Sul di sebelah selatan Brasil yang berbatasan dengan Argentina dan Uruguay, Fagundes menjelaskan mengapa excavator Volvo EC700 dipilih perusahaannya.
“Sederhana saja – jika saya tidak mendapatkan keuntungan, saya akan memilih alat berat lain,” ujarnya.
Sebagai salah satu kontaktor pertambangan terkemuka di Brasil, perusahaannya sudah membeli lebih dari 60 unit excavator Volvo EC700 sejak tahun 2008.
NILAI UTAMA Perusahaan yang belum lama ini merayakan hari jadinya yang ke- 30 ini mengedepankan keberlanjutan. Didirikan pada tahun 1985
oleh José dan Nelsi Fagundes, dan dijalankan oleh kakak beradik Fernando, Silvio, dan Diogo, perusahaan tersebut menjunjung nilai utama keluarga yaitu rasa hormat dan tekad serta komitmen untuk menjalankan praktik bisnis yang ramah lingkungan, salah satunya dengan memperbarui lokasi pertambangan yang masih beroperasi maupun yang sudah tidak beroperasi.
Fagundes mulai menggunakan excavator EC700 pada tahun 2008. Setelah menjadi klien Volvo selama sekitar 5 tahun, ,perusahaannya saat ini menggunakan excavator berbobot 70 ton sebagai alat berat yang paling bisa diandalkan.
Fernando Fagundes mengatakan bahwa meskipun ada alat berat yang lebih murah di pasaran, produktivitas tinggi alat berat EC700 ini memberikan rasio pengeluaran dan pendapatan yang luar biasa. Dia menjelaskan bahwa dalam jangka waktu yang lama, membeli alat berat yang murah justru akan menjadi lebih mahal karena alat berat murah produksinya lebih sedikit.
“Harga memang penting, tapi bukan yang utama,” ujarnya. “Harga beli hanyalah salah satu aspek, Anda harus mempertimbangkan aspek yang lain – produktivitas.”
Fernando Fagundes (ketiga dari kanan) di lokasi
Tambang batu bara di Rio Grande do Sul
SELAMAT DATANG DI INISIATIF IKLIM INDUSTRI KONSTRUKSI
28 | Volvo spirit
Melihat banyaknya kerusakan lingkungan di masa lampau mendorong Fagundes untuk melakukan praktik bisnis ramah lingkungan, dengan memulihkan kondisi lahan pertambangan dengan mengganti dan merawat tanah bekas galian.
“Kami menyadari bahwa barang tambang dapat merusak lingkungan dan menimbulkan polusi jika dieksploitasi dengan buruk,” ujar Fernando Fagundes. “Sungguh menyenangkan bisa merawat lahan proyek yang kami tangani.”
TUMBUH LEBIH HIJAU Komitmen terhadap praktik keberlanjutan dapat terlihat dari lahan pertanian Butiá seluas 2.000+ hektar yang berjarak 85 km dari ibu kota Porto Alegre yang dulunya adalah kawasan pertambangan. Selama 10 tahun hingga tahun 2009, lahan pertanian Butiá merupakan pertambangan batu bara yang saat ini
menjadi tempat bisnis berkelanjutan untuk lahan peternakan. Sambil mengelilingi lahan pertanian bersama Fernando
Fagundes, rasanya sulit dipercaya bahwa 6 tahun yang lalu area tersebut merupakan kawasan pertambangan. Saat ini lahan tersebut ditumbuhi rerumputan hijau yang segar dan subur dan ditanami pepohonan.
Berlokasi di kawasan penghasil batu bara terbesar di Brasil, yang paling menakjubkan adalah terciptanya danau yang dulunya adalah sebuah tambang besar. Hal ini benar-benar menunjukkan bahwa industri ekstraksi sesungguhnya bisa menerapkan bisnis yang berkelanjutan. Sekarang danau tersebut telah menjadi habitat udang sungai.
“Kami ingin menunjukkan melalui kinerja kami bahwa pertambangan dan perawatan lingkungan bisa dilakukan bersamaan. Keduanya bisa dilakukan bersamaan dengan baik,” Fernando Fagundes menyimpulkan.
PENAMBANGAN DAN PERAWATAN LINGKUNGAN BISA DILAKUKAN SECARA BERSAMAAN
Danau di lahan pertanian Butiá
Kakak beradik Silvio (kiri) dan Fernando Fagundes di lahan pertanian Butiá
Construction Climate Challenge diselenggarakan oleh
Volvo CE untuk mendukung kesadaran lingkungan dalam
industri konstruksi. Kami bermaksud menciptakan dialog
antara perwakilan industri, akademisi dan politikus, serta
menyumbangkan pendanaan untuk penelitian baru dan
berbagi pengetahuan dan sumber daya yang ada untuk
membantu industri membuat perubahan untuk generasi di
masa depan.
adalah permasalahan yang terlalu besar untuk ditangani
oleh sumber daya satu perusahaan saja. Sebagaimana
disampaikan di tahun 1972 oleh Volvo Group President and
CEO sebelumnya, Pehr G. Gyllenhammar: “Kita adalah bagian
dari permasalahan - tetapi kita juga bagian dari solusi.”
Baca selengkapnya tentang Construction Climate Challenge di sini: constructionclimatechallenge.com
Construction Climate Challenge adalah
Program Climate Savers WWF
Keselamatan orang banyak, alat berat dan lingkungan tempat mereka beroperasi sangat penting dalam berbagai aktivitas Volvo CE
MENGEMUDI TANPA ALKOHOL
breathalyzer akan meneruskan proses kerjanya." Inisiatif ini adalah "tindakan pencegahan yang bijaksana"
menurut Hauke Schlichtmann, pimpinan pengerjaan lahan dan lanskap di spesialis CSK Schlichtmann, Balje, Jerman, dan "sangat masuk akal," menurut Heiko Obst, manajer teknis yang berkerja untuk perusahaan teknik sipil Georg Grube GmbH, yang berbasis di Bremerhaven, Jerman.
"Kami memiliki banyak alat berat dan truk sendiri, sehingga kami memahami tanggung jawab kami," ujar Obst selama kunjungannya baru-baru ini ke pusat pelanggan. "Meminta orang- orang yang ingin menguji alat berat untuk melakukan tes kadar alkohol sah-sah saja menurut kami."
SEJARAH Kepedulian perusahaan terhadap konsumsi alkohol dan pengoperasian alat berat dimulai sejak pertengahan abad ke-19 di Eskilstuna. Saat itu, Johan Theofron Munktell, putra seorang pendeta, mendirikan apa yang kita kenal sekarang sebagai Volvo Construction Equipment pada tahun 1832. Pada tahun 1854, ia memprakarsai pembuatan bir di sebelah bengkel untuk mengajak para karyawannya agar menghindari minuman keras – pada masa
itu, bir dipandang sebagai alternatif minuman yang tidak terlalu keras dan lebih disukai orang yang suka mabuk.
Di beberapa negara, bergantung pada keputusan hakim, undang-undang yang berlaku memberikan kesempatan bagi para pelanggar yang mengemudi sambil mabuk untuk mengikuti program rehabilitasi 'alcolock.' Dengan kunci kontak ini, orang yang mengonsumsi alkohol tidak akan bisa menstarter kendaraan mereka.
Sopir meniup Breathalyzer yang terhubung sebelum mengaktifkan kunci kontak. Perangkat dapat ditetapkan pada level yang berbeda dan kendaraan tidak akan menyala jika pengemudi melewati batasnya. Menurut penelitian, program ini lebih efektif dalam mencegah residivisme daripada pencabutan SIM atau denda. Program ini sudah diterapkan pada program rehabilitasi bagi mereka yang sudah berkali- kali melanggar di AS, Kanada, Australia, Swedia dan Belgia.
Finlandia, Prancis dan Spanyol memberlakukan wajib alcolocks di bus sekolah. Alat ini juga digunakan pada mobil lembaga pemerintahan maupun mobil perusahaan di Swedia, dan lebih dari satu dari empat truk besar yang dijual oleh Volvo di Swedia sekarang dilengkapi dengan alcolock. Volvo adalah yang pertama menawarkan pilihan perangkat ini pada mobil baru – parlemen Swedia pun sudah menjadikannya sebagai hal yang wajib – dan pemasangan program ini dapat mengurangi premi asuransi.
ATURAN Tes kadar alkohol bukan lagi hal baru bagi pengunjung di pusat pelanggan Volvo CE. "Pada malam mereka tiba kami menyambut semua tamu dan menjelaskan bahwa jika ingin menggunakan alat berat di esok pagi, maka mereka harus dites dengan breathalyzer dulu," ungkap Gindahl.
"Dalam pengujian alat berat, kami memiliki aturan wajib – misalnya, Anda harus minimal berusia 18 tahun dan tidak dalam keadaan mabuk. Aturan kami terkadang lebih fleksibel untuk pekerja magang teknis yang berusia di bawah 18 tahun – tapi kami tidak pernah membuat pengecualian soal keharusan tidak mabuk."
Hauke Schlichtmann dari CSK SchlichtmannHeiko Obst dari Georg Grube GmbH
Carl Gindahl, pimpinan pusat pelanggan, pameran dan acara di Eskilstuna Foto-foto oleh Gustav Mårtensson
volvo spirit | 31
lingkungan sekitar dan – yang sangat penting – berkendara dengan kondisi tidak mabuk.
Untuk menegaskan dedikasinya dalam menghadirkan pengoperasian alat berat yang aman, Volvo CE telah menerapkan tes kadar alkohol di pusat pelanggan di Eskilstuna, Swedia, bagi semua pengunjung yang ingin menguji peralatan. Awalnya kami khawatir penjunjung akan menganggap tes ini tidak penting atau berlebihan. Ternyata, banyak yang merespons secara positif dan ingin mengoperasikan berbagai alat berat. Kini, prosedur keamanan tersebut menjadi praktik standar di pusat pelanggan Volco CE di seluruh dunia.
Lebih dari 25.000 orang mengunjungi pusat pelanggan Eskilstuna setiap tahunnya dan kira-kira setengah pengunjung ingin mengoperasikan berbagai peralatan Volvo yang tersedia di lapangan uji coba. Melalui inisiatif tes kadar alkohol, pengunjung dapat memahami pentingnya penanganan alat berat dengan aman, serta menjamin bahwa peralatan yang mayoritas tergolong besar, berat dan dapat bergerak cepat berada dalam kondisi prima untuk dioperasikan.
KEGEMBIRAAN "Kami ingin agar semua orang yang datang ke pusat pelanggan merasa gembira," ujar pimpinan pusat pelanggan, pameran dan acara, Carl Gindahl. "Kami juga berkewajiban untuk memastikan agar semua orang yang mengunjungi tempat ini tetap aman. Kami sudah mempekerjakan operator dengan tingkat keahlian dan pengalaman yang beragam, dan pengujian peralatan ini memang menantang, sehingga pengunjung harus melakukannya dengan kondisi tidak mabuk. Untungnya, kami tidak pernah mengalami insiden yang diakibatkan alkohol – atau bahkan kecelakaan apa pun – keadaan pun akan tetap aman jika langkah-langkah pencegahan dilakukan dengan benar.
Tidak ada yang tahu bagaimana efek minuman beralkohol terhadap seseorang, walau hanya sebotol. Efeknya tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, apakah mereka sudah makan terlebih dahulu, tingkat kelelahan – bahkan suasana hati. Batasan hukum di tiap negara beragam dan di sejumlah negara, pelanggaran semacam ini tidak ditoleransi sama sekali. Hukumannya juga bervariasi – maksimal enam bulan hukuman penjara di Inggris dan Irlandia, dan satu hari sampai tiga tahun di Luksemburg. Di Prancis, pengendara yang terbukti mabuk saat berkendara bisa diancam hukuman penjara selama dua bulan hingga dua tahun, sedangkan di Finlandia hukumannya bisa sampai tiga tahun.
"Kami tidak ingin pengunjung kami menjadi pelaku tindak kriminal – kami hanya memperhatikan keamanan, itu saja," ujar Gindahl. "Dan pengunjung kami menghormati prosedur ini dan tidak tersinggung ketika diminta untuk mengikuti tes. Saya sama sekali belum mendengar komentar negatif tentang tes ini – atau penolakan untuk mengikuti tes tersebut. Sebagai pelaku bisnis profesional, kami sepakat untuk memiliki batasan yang paten, jadi kami menggunakan peralatan yang sama yang digunakan oleh polisi Swedia dan batas kadar yang aman untuk berkendara di jalan raya sesuai hukum Swedia – 20 mg alkohol per 100 ml darah. Yang, kebetulan, adalah salah satu yang terendah di dunia. Prosesnya cepat – cukup meniup tabung plastik sekali pakai dan
kami berkewajiban untuk memastikan
semua orang tetap aman
Dalam pembelian, peran serta Volvo Financial Services dan catatan lengkap tentang pelanggan Volvo serta industri mereka terkadang dapat membantu dalam membuat keputusan yang sulit.
oleh Cathy Smith
PEMBIAYAAN YANG FLEKSIBEL
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit App untuk melihat video wawancara
S cott Rafkin sangat yakin bahwa ketersediaan pembiayaan Volvo in-house bisa menjadi penentu kesepakatan dalam transaksi jual beli peralatan konstruksi.
Rafkin, yang telah menjadi presiden global Volvo Financial Services (VFS) sejak Juli 2014, berujar bahwa sebagian besar pelanggan memerlukan semacam sistem pinjaman atau pembiayaan dan mereka tidak mampu untuk membayar tunai.
"VFS menyediakan sistem pembiayaan untuk pelanggan di 43 negara di seluruh dunia. Dengan sistem ini, Volvo Grup berhasil melakukan sekitar 90% transaksi penjualan," ujarnya. "Kami ingin menjadi alasan utama pelanggan dapat membeli produk Volvo."
KEAHLIAN YANG LUAR BIASA CEPAT Rafkin mengakui bahwa sebagai perusahaan asuransi dan penyedia layanan keuangan premium, VFS tidak dapat bersaing dengan suku bunga yang ditawarkan oleh banyak bank independen atau perusahaan pembiayaan. Tapi, menurutnya, pelanggan memiliki prioritas lain.
"Apa yang bernilai dan menjadi keunggulan kompetitif bagi kami adalah kecepatan, keahlian, dan pemahaman mengenai bisnis pelanggan maupun produk yang kami tangani pembiayaannya.
"Kami tidak sekadar bertemu pelanggan dan mengatakan 'Ini adalah persyaratan pembiayaan kami, kalau mau silakan ambil, kalau tidak mau, tidak masalah.' Kami berusaha memahami kebutuhan mereka dan menemukan solusi."
Seribu empat ratus orang bekerja untuk VFS di seluruh dunia dan menurut Rafkin, timnya sangat paham bahwa layanan keuangan yang mereka berikan menentukan masa depan.
"Apa yang kami kerjakan memengaruhi masyarakat dan kehidupan mereka," ujarnya. "Kami membantu berbagai perusahaan besar dan kecil, dan melalui pemahaman yang mendalam mengenai model bisnis pelanggan – sampai ke rincian seperti kapan dan bagaimana peralatan akan digunakan – VFS menyesuaikan produk keuangan yang dapat mendukung perusahaan melalui puncak musiman pada siklus bisnis mereka."
Rafkin mengutip Amerika Serikat sebagai contoh yang baik untuk kasus pasar yang mengalami penurunan besar selama krisis ekonomi namun VFS mampu bekerja sama dengan pelanggan dan dealer melewati periode itu untuk memastikan keberlangsungan bisnis mereka.
"Kami mendampingi pelanggan dalam suka dan duka, sehingga
pelanggan dan dealer kami memiliki loyalitas yang kuat terhadap VFS dan Volvo Group."
Rafkin ingin menyingkirkan gagasan bahwa VFS yang didirikan pada tahun 2001 ini murni operasi pembiayaan. Dia mengatakan ini bukan hanya soal mendapatkan uang, meskipun perusahaan asuransi tentunya harus memenuhi target profitabilitas yang ditetapkan oleh petinggi Volvo.
MANAJEMEN RISIKO "Kami harus produktif dalam menghasilkan keuntungan untuk menjalankan bisnis Volvo Group tapi tujuan utama kami adalah untuk mendukung penjualan. Itu adalah alasan keberadaan kami tapi bukan berarti kami menangani risiko yang tidak masuk akal atau menetapkan harga produk dengan sembarangan. Kalau penjualan dilakukan secara efektif, VFS akan dapat memiliki pangsa pasar terluas dan terkuat di mana pun kami beroperasi."
Rafkin mengakui bahwa memimpin bagian Volvo Group yang mewakili lebih dari sepertiga neraca Volvo Group adalah sebuah tanggung jawab yang besar.
Berkantor pusat di kota Greensboro, North Carolina, di AS, VFS memiliki portofolio akun dealer dan pelanggan yang bernilai sekitar US$18 miliar yang sekitar sepertiganya bersumber dari peralatan konstruksi. Portofolionya beragam, mulai dari operator yang hanya membeli satu alat berat hingga pelanggan armada besar
yang menjalankan ratusan alat berat di berbagai industri. Tujuan dari VFS adalah untuk mengintegrasikan program
pembiayaan keuangan melalui dealer Volvo Group di tempat penjualan, sehingga keseluruhan proses pembelian bisa dilakukan dengan sesegera mungkin secara langsung untuk pelanggan. Bagi Rafkin, ini lebih dari sekadar mendapatkan penjualan pertama. Ia mengatakan bahwa VFS tertarik pada "total siklus masa pakai" pelanggan dan alat berat. Melalui hubungan kerja sama perusahaan dengan para pelanggan selama seluruh periode pembiayaan atau pinjaman, loyalitas terhadap merek Volvo di masa depan akan meningkat.
"Pelanggan kami mengatakan bahwa pengalaman positif dengan VFS berpengaruh besar terhadap keputusan mereka untuk membeli produk Volvo di masa depan." Dan, ia menambahkan sambil tersenyum: "Mudah-mudahan mereka juga akan membiayai produknya dengan Volvo Financial Services."
VFS memberikan pembiayaan konsumen
volvo spirit | 33
34 | Volvo spirit
K elston Sparkes Group (KSG) Ltd yang berbasis di luar Bristol di sebelah barat daya Inggris, mempekerjakan 180 karyawan, memiliki 200 alat berat peralatan konstruksi dan spesialis
dalam berbagai proyek teknik sipil besar seperti pengerjaan lahan dan penggalian, Tulis Tony Lawrence di Inggris.
"Kami adalah sebuah industri besar yang menangani berbagai proyek besar, penyediaan modal besar dan alat berat besar," ujar direktur perusahaan Rob Stark. "Tapi hanya melibatkan sedikit orang saja. Itu sebabnya hubungan yang dibangun atas dasar kepercayaan dan kerahasiaan sangatlah penting."
Sekitar delapan tahun lalu, perusahaan ini memulai hubungan kerja sama baru dengan Volvo Financial Services (VFS). Kerja sama ini masih tetap terjalin hingga saat ini.
MEMAHAMI "Ketika ada krisis kredit, kami perlu melakukan diversifikasi dan memperluas fasilitas kredit untuk membantu memperbarui alat berat kami," Stark menjelaskan. "Saat itulah VFS akan melakukan tugasnya." VHS memahami bahwa industri ini tengah menghadapi masa sulit; mereka menawarkan harga bersaing dan sangat membantu, tidak seperti kebanyakan bank komersial, mereka memahami bisnis kami – kami bergantung pada alat berat dan mereka memahami alat berat. Mereka memahami banyak hal tentang kami, dan seberapa banyak pemeliharaan yang dilakukan untuk menangani armada kami. Itulah keunggulan mereka."
Hubungan baiknya dengan David Busuttil-Thomas, manajer penjualan VFS di Inggris dan Irlandia yang telah berlangsung selama delapan tahun tidak kalah pentingnya. "Masalah pada sektor keuangan yaitu jalinan kerja sama tidak selalu berlangsung lama, dan selalu ada pergantian."
"Jalinan kerja sama saya dengan Rob sangatlah erat," ujar Busuttil-Thomas sepakat. "Kami saling memahami satu sama lain dan bekerja sama untuk menjalin kesepakatan dalam hal keuangan. Ini adalah proses yang berkelanjutan. VFS selalu membantu kami. Kami terus menjalin kerja sama dan ada banyak pekerjaan di belakang layar.
"Ketika KSG tertarik untuk membeli sebuah alat berat, saya ingin VFS ikut mendampingi saat membuat keputusan dan mempertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan. Kami ingin memberikan pilihan, dan menjadi bagian dari penawaran bukan hanya sekadar layanan pendukung. Kami juga ingin membuat keputusan yang cepat – cepatnya proses pelaksanaan sangat penting bagi pelanggan kami."
Memiliki divisi keuangan internal yang menyediakan banyak keunggulan, imbuh manajer bisnis Volvo CE, Gavin Clark, adalah hal yang tidak ternilai: "Ini tentang mampu memenuhi segala kebutuhan dasar pelanggan. Jika pelanggan senang, kami senang."
Pada awal 1970-an, KSG membeli salah satu pengangkut artikulasi Volvo yang pertama untuk dibawa ke Inggris. Sebagai penanda 25 tahun kemitraan dengan Volvo CE, belum lama ini, alat berat tersebut diperbarui dan dipersembahkan
untuk pimpinan perusahaan Kelston Sparkes terdahulu. Sekitar 65% dari armada KSG saat ini menggunakan produk Volvo.
"Kami telah memiliki ribuan produk Volvo sejak perusahaan ini didirikan," ujar Stark. "Saat ini, VFS menjadi bagian dari jalinan kerja sama ini Berapa lama jalinan kerja sama ini akan berlangsung? Selama mereka selalu menghadirkan berbagai keunggulan, seperti yang mereka lakukan selama ini.
KERJA SAMA YANG MENGESANKAN Untuk mengembangkan pengoperasian tambangnya, Spring Energy, perusahaan yang berbasis di Malaysia menghubungi VFS untuk membantunya membeli 10 pengangkut artikulasi Volvo A40F pada awal tahun ini, tulis Justin Harper di Singapura.
Spring Energy baru-baru ini telah menangani sejumlah proyek berskala besar di Malaysia dan ingin memperkuat armada peralatan dan kendaraannya. Tidak hanya pengangkut, spesialis tambang ini juga telah membeli 10 excavator tahun ini, dengan total lebih dari 60 armada alat berat Volvo. Dan pada bulan Juni, ia juga menerima dua wheel loader Volvo baru.
Pembelian tersebut merupakan investasi modal yang besar untuk Spring Energy yang akan memungkinkannya menangani
HADIR DENGAN SERIBU MANFAAT
Pelanggan Volvo CE di tiga benua membuktikan keunggulan Volvo Financial Services
VFS MENJADI KEUNGGULAN KOMPETITIF
Pembiayaan
Direktur Kelston Sparkes Group Ltd, Alan Sparkes (kiri) dan Robert Stark
kontrak teknik sipil dan penambangan serta penggalian berskala besar. Perusahaan ini memiliki ikatan yang kuat dengan A40F, dan 10 alat berat baru yang akan melengkapi 12 alat berat yang dibeli antara tahun 2012 dan 2013.
Yap Ho Huat, direktur eksekutif Spring Energy, mengatakan: "Kami telah bekerja sama dengan Volvo selama beberapa tahun dan selalu terkesan dengan tim Volvo yang memahami produk dan kebutuhan kami."
Karena perusahaan yang berbasis di Kuala Lumpur ini terus berkembang, manajemen ingin fokus dalam mengembangkan pengoperasiannya dibandingkan hanya sekadar menangani dokumen dan formulir pengisian. "Kami memang mendapat bantuan pembiayaan dari sejumlah bank setempat tapi saya benar- benar menyukai sistem pengelolaan VFS yang efisien. Mereka memberi kami banyak dukungan dan menawarkan persyaratan yang sesuai dengan kebutuhan kami,'' imbuh Yap. Mampu memberikan solusi pembiayaan secara cepat, baik dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan, sangat penting untuk bisnis apa pun, terutama yang tengah mengalami pertumbuhan yang pesat.
MEMBANGUN PUNCAK KESUKSESAN Selain menangani banyak proyek, Spring Energy di Malaysia juga tertarik untuk merambah wilayah pasar internasional di Asia, sebuah wilayah yang mengalami transformasi besar-besaran dan peningkatan kekayaan secara luas. Brandon Ross, direktur bisnis Volvo CE di Malaysia, mengatakan: "Malaysia adalah tempat yang menarik untuk beroperasi, ini adalah jantung Asia tempat berbagai proyek konstruksi besar sedang berlangsung melalui urbanisasi dan perluasan serta peningkatan infrastruktur.''
Ia menambahkan bahwa sekitar 30% penjualan di Malaysia dilakukan dengan dukungan VFS. "Kemampuan untuk membahas peluang penjualan jangka pendek, menengah, maupun panjang dengan VFS memberi kami keunggulan kompetitif, terutama dalam kaitannya dengan pra-persetujuan keuangan.''
Keunggulan lainnya, menurut Ross, adalah perampingan pembayaran berkala, yaitu penggabungan komponen pembiayaan peralatan dan biaya servis pemeliharaan dalam satu tagihan bulanan yang sangat meringankan beban pekerjaan.
DISELAMATKAN DARI BENCANA Bukti bahwa banyak perusahaan yang bangkit kembali setelah krisis keuangan global pada tahun 2007-2008 tampak tak jauh dari Pantai Teluk Florida, tulis Julian Gonzalez di Amerika Serikat.
RIPA & Associates, sebuah perusahaan kontraktor sipil di daerah Tampa, Florida, melakukan hal yang banyak perusahaan terpaksa harus lakukan selama masa-masa sulit – mengurangi tenaga kerja mereka. Untungnya, keputusan bisnis yang cerdas dan cepat mendorong RIPA bangkit kembali sehingga perusahaan ini mampu menambah jumlah karyawannya yang awalnya hanya 175 menjadi 500 orang pada bulan Juni 2015. Sementara itu, VFS sangat senang karena telah berperan dalam pertumbuhan itu.
"Mereka adalah pilihan terbaik ketika kami membeli peralatan Volvo. VFS menawarkan tarif dan persyaratan yang sangat kompetitif. Mereka benar-benar pilihan yang baik untuk kami dalam hal keuangan," ujar Chris Laface, presiden RIPA.
Dalam suka dan duka, VFS selalu membantu perusahaan seperti RIPA. Sebagai perusahaan pembiayaan asuransi, VFS dapat mengubah jangka waktu pembiayaan agar RIPA tetap menjalankan bisnisnya dengan lancar dan meningkatkan neraca keuangannya.
"Biasanya, saat menangani merek alat berat terkemuka, pembiayaan yang ditangani Volvo CE – VFS – adalah yang paling kompetitif dalam hal pembiayaan," jelas Laface. "Mereka memahami peralatan mereka dengan baik dan menawarkan persyaratan yang menguntungkan."
HADIAH Didirikan pada tahun 1998, perusahaan ini menjunjung nilai-nilai utamanya yaitu kekuatan, keandalan dan kepercayaan. Dengan pendapatan tahunan yang terus melampaui US$100 juta, mudah untuk memahami mengapa RIPA memercayakan nilai-nilai tersebut pada VFS, yang sangat andal dalam membantu klien melalui berbagai cara yang mungkin, terutama pada saat-saat yang sulit.
"Banyak bank yang silih berganti keluar masuk pasar, sedangkan sebagai penjamin inilah pekerjaan utama kami. Kami tidak bisa mengubah pola pikir kami lalu memutuskan untuk memberikan pinjaman pada peralatan medis – ini adalah mata pencaharian kami, ini adalah pekerjaan utama kami," tutur manajer keuangan wilayah VFS, Lori Waldrop. "Kembali ke tahun 2008, ketika perekonomian berubah drastis, kami bersedia untuk membuat modifikasi bagi pelanggan yang menghadapi masalah, memperpanjang periode pembiayaan mereka, memberi mereka dispensasi, melakukan apa pun agar mereka tetap bisa menggunakan peralatan. Sementara itu, kalau ada antrean untuk memperpanjang periode pembayaran, bank-bank justru menyodorkan catatan tagihan dan memberi mereka 45 hari untuk melunasinya."
Meninggalkan krisis keuangan sebagai masa lalu, RIPA terus melaju ke depan sambil memanfaatkan dukungan dari VFS.
"Mereka adalah mitra kerja yang luar biasa dan jalinan kerja sama kami jadi lebih kuat sehingga kami bisa menggunakan lebih banyak peralatan berkat bantuan mereka," ujar Laface. "Mereka bekerja dengan baik dan memperlakukan kami dengan baik."
volvo spirit | 37
36 | Volvo spirit
GARIS PERTAMA PERTAHANAN
Dengan perkiraan banjir besar yang akan terjadi dalam 25 tahun ke depan, Belanda mengandalkan pertahanan kukuh terhadap naiknya permukaan air laut dan sungai →
oleh Nigel Griffiths
Foto oleh Erik Luntang Excavator Volvo EC380EL yang dirancang secara khusus
volvo spirit | 3938 | Volvo spirit
S elama berabad-abad, Belanda telah menjadi ahli reklamasi daratan dari laut yang terkemuka di dunia, membangun penahan banjir yang dikenal sebagai tanggul untuk mencegah
banjir dan menggunakan kincir angin untuk drainase. Namun pertahanan banjir yang rumit milik mereka sekali lagi terancam oleh perubahan iklim yang menyebabkan permukaan air laut naik. Pihak berwenang mengambil tindakan dini, dan excavator Volvo yang dirancang khusus telah dikerahkan untuk membantu memperkuat perlindungan banjir di negara tersebut.
Dengan begitu banyak wilayahnya yang direklamasi dari laut, pengendalian banjir selalu menjadi isu penting di Belanda. Saat ini, sekitar dua-pertiga dari negara ini rentan terhadap banjir, konsekuensi yang bisa menghancurkan di kawasan yang padat penduduk tersebut.
Sebuah sistem parit drainase yang rumit, kanal dan stasiun pompa (kincir angin bersejarah) menjaga bagian dataran rendah tetap kering untuk kawasan pemukiman dan pertanian. Tapi itu tidak cukup lagi dan hanya soal waktu sebelum terjadi bencana, pemerintah pun sibuk memperkuat pertahanan banjir mereka.
Spesialis teknisi pengerukan dan lingkungan de Vries & van de Wiel, anak perusahaan DEME group yang telah menangani pengerukan dan reklamasi daratan di Benelux sejak pertengahan abad ke-19, telah merancang sebuah proyek perlindungan banjir untuk salah satu titik bahaya utama. Menurut kontrak, mereka bertanggung jawab penuh untuk membuat desain dan konstruksi pertahanan air serta seluruh pengelolaan lingkungan kawasan tersebut dan hubungan dengan penduduk setempat.
Bekerja dengan enam excavator Volvo – dua EC380EL, dua model EC250CL dan dua alat berat EC220DL – alat berat tersebut telah secara khusus disesuaikan untuk de Vries & van de Wiel oleh distributor Volvo, Kuiken NV.
PERENCANAAN PENANGGULANGAN BANJIR Pemerintah Belanda sangat memerhatikan keberadaan sungai - IJssel, Meuse dan Waal adalah anak sungai dari Sungai Rhine yang arusnya sangat kuat. Proyek 'Ruang untuk Sungai' adalah rencana tata ruang terpadu yang diluncurkan pada tahun 2006
untuk perlindungan banjir dan pengelolaan lingkungan. Proyek ini akan mengerjakan pembangunan atau modifikasi tanggul, memperdalam saluran banjir dan menciptakan dataran banjir yang digunakan sebagai bypass banjir.
Sepanjang bentangan Sungai IJssel antara Cortenoever dan Voorsterklei, pada tikungan besar di sungai terdapat dataran banjir, tanggul kuno dan peternakan bersejarah. Sungai ini sempit dan memiliki arus yang kuat, kekuatan arusnya berasal dari gelombang sungai Rhine. Dengan naiknya permukaan air laut, diperkirakan akan terjadi banjir besar dalam 25 tahun ke depan, dengan perkiraan dampak besar pada daerah sekitarnya. Banjir besar terakhir di kawasan tersebut terjadi pada tahun 1990 dan pemerintah tahu bagaimana menanganinya.
Pada kawasan ini, de Vries & van de Wiel berencana membuat lebih banyak ruang untuk sungai sebagai upaya penanggulangan bencana. Proyek yang berjalan sampai Maret 2016 ini memerlukan pembangunan tanggul baru sepanjang 1 km lebih jauh dari sungai. Struktur yang ada akan diturunkan untuk menjadi penghalang utama selama kondisi normal. Sungai dilebarkan dan dikeruk untuk menurunkan permukaan air setinggi 30 cm, menciptakan ruang tambahan pada dataran banjir untuk menanggulangi banjir.
KONTROL YANG MENYELURUH Menurut kontrak dengan de Vries & van de Wiel, perusahaan bertanggung jawab penuh untuk membuat desain dan konstruksi pertahanan air serta seluruh pengelolaan lingkungan kawasan tersebut dan hubungan dengan penduduk setempat.
"Di de Vries & van de Wiel, kami membutuhkan peralatan yang dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek mulai dari pembangunan tanggul hingga pengerukan dari ponton," jelas inspektur teknis Nanco Klein. "Alat berat harus dapat beroperasi selama 2.200 jam setahun agar ekonomis. Ini berarti alat berat tersebut harus mampu melaksanakan berbagai tugas di darat dan air."
Kuiken ditantang untuk menemukan gabungan fitur yang optimal dan memungkinkan de Vries & van de Wiel beroperasi dengan efisiensi biaya dalam berbagai lingkungan kerja," jelas Ger Kleine, manajer lini bisnis di Kuiken.
PRESISI Alat berat Volvo yang dirancang secara khusus memberikan jangkauan tambahan yang diperlukan untuk membangun tanggul dan melakukan pengerukan, dua aplikasi yang sama sekali berbeda dan memerlukan modifikasi khusus oleh Volvo CE untuk memperpanjang lengan dan boom alat berat. Setiap boom excavator dapat diperpanjang dari 6,45 m hingga 8 m, sementara lengan dapat diperpanjang dari 3,20 m hingga 4,70 m. Untuk mengimbangi lengan dan boom yang diperpanjang, penyeimbang tambahan berbobot 2.300 kg dirancang secara khusus.
Satu EC380EL memiliki pengungkit kabin hidraulik, yang dapat dinaikkan hingga setinggi 1.700 mm untuk jarak pandang yang lebih baik saat bermanuver pada tanggul bersudut. Pengerukan membutuhkan tingkat presisi yang tinggi dan sensor yang dipasang di sekitar alat berat memungkinkan operator melihat tampilan pengerukan atau penggalian 3D di layar komputer kabin.
Fitur yang disesuaikan lainnya termasuk sensor peringatan tekanan, filter tekanan, konektor hidraulik coupler cepat, kait muatan seberat 18 ton, dan penyesuaian untuk pengoperasian bawah air. Excavator memiliki track shoes selebar 900 mm untuk dukungan yang lebih baik di tanah liat Belanda yang lembut.
Dari kiri: Nanco Klein, Ger Kleine, Richard Moens
→ Salah satu dari enam excavator Volvo yang digunakan pada proyek
BELANDA
BELANDA
Alat berat yang dicat dengan corak hijau untuk de Vries & van de Wiel
40 | Volvo spirit
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit app untuk menonton video proyek yang direkam di udara
de Vries & van de Wiel meminta salah satu penyesuaian yang tidak lazim untuk mengganti warna kuning Volvo dengan corak hijau perusahaan. Boom dicat abu-abu untuk kepraktisan, jelas manajer proyek, Richard Moens, untuk menghindari refleksi yang bisa menghambat kerja operator.
INVESTASI YANG BAIK Ketika memilih peralatan, de Vries & van de Wiel memikirkan penggunaan jangka panjang, Klein menjelaskan. "Pemerintah menetapkan standar tinggi pada kepatuhan emisi dan kami berharap standar ini akan meningkat lebih lanjut," ujarnya. "Kami berinvestasi dengan perspektif minimum lima tahun, dan kami ingin memastikan kinerja dan kepatuhan emisi berada pada level tertinggi.
"Ketika memilih alat berat, perhitungan didasarkan pada biaya kepemilikan selama periode lima tahun. Memang, biaya bahan bakar selama lima tahun tiga kali investasi pada alat berat, serta servis dan cadangan juga penting," Klein menambahkan. "Pada akhirnya, kami memiliki platform excavator yang berfungsi dengan sangat baik untuk berbagai penggunaan dengan alat berat yang kuat dan konsumsi bahan bakar yang rendah."
Faktor lain yang penting sehingga mendapatkan pesanan dari de Vries & van de Wiel adalah kemampuan dukungan Kuiken.
Perusahaan ini memiliki kendaraan servis di seluruh negeri dan bahkan dapat mengirimkan suku cadang dalam waktu semalam. Kleine dari Kuiken menjelaskan bahwa de Vries & van de Wiel tidak memiliki fasilitas pemeliharaan di lokasi kerjanya. "Mereka memiliki satu perencana untuk armada Volvo yang dapat memonitor sistem telematika CareTrack," ungkapnya. "Ini akan memberi mereka informasi yang lengkap mengenai efisiensi
pengoperasian, ditambah fakta dan jumlah biaya pekerjaan yang sedang berlangsung."
Seiring dengan kemajuan pekerjaan, peternakan telah direlokasi di luar tanggul baru meskipun aktivitas pertanian akan terus berlanjut. Tanggul dimodifikasi dengan memerhatikan kondisi lingkungan alam, serta spesies tanaman dan satwa yang dipelihara. Bekerja sama dengan penduduk setempat, de Vries & van de Wiel juga membantu menemukan solusi untuk rumah dan bisnis yang terkena dampak proyek tersebut.
Sebagai sentuhan akhir, jalur siklus sedang dibangun di sepanjang bagian atas tanggul untuk menyediakan sarana rekreasi, sedangkan dataran banjir
Cortenoever yang diperkuat akan membantu memberikan warga suasana damai dan perlindungan dari sejumlah elemen.
Excavator Volvo yang dirancang
negara tersebut
oleh Tony Lawrence
42 | Volvo spirit
S emua orang tahu bahwa sejumlah komponen sangat penting untuk keberhasilan performa alat berat. Misalnya, sebuah pengangkut artikulasi tidak akan bekerja dengan baik tanpa
gigi, excavator tanpa bantalan atau katup hidraulik tidak bisa melakukan banyak penggalian, dan wheel loader tanpa roda tidak akan bisa dijalankan.
Tapi beberapa elemen cenderung diabaikan atau tidak dipedulikan. Oli, misalnya. Bayangkan mencoba untuk mengoperasikan peralatan konstruksi tanpa bantuan engine, hidraulik, transmisi, pelumas rem-basah dan poros, pendingin atau gemuk.
Siapa pun yang berpikir oli dan pelumas hanya sekadar oli dan pelumas – semua jenis oli dan pelumas sama, dibor dari tanah dan dipompa langsung ke botol – harus berbincang dengan Dr Anders Pettersson dan Dr Donald McCarthy di Technical Center Volvo Construction Equipment di Eskilstuna, Swedia.
BAGIAN PENTING Meskipun keduanya dapat selama berjam-jam tanpa letih membahas hidrokarbon, polyalphaolefins dan viskositas kinematis, mereka akan langsung menekankan hal yang benar-benar penting bagi pelanggan.
"Sebelumnya, orang-orang memproduksi alat berat, lalu mencari oli untuk menjalankannya. Saat ini, oli berperan sebagai komponen yang sangat penting,” ujar McCarthy. "Kami memikirkan oli sejak awal.
"Pelumas berperan besar dalam memaksimalkan periode kerja dan kinerja alat berat serta meminimalkan pemeliharaan dan pengurangan biaya total kepemilikan. Pelumas terbaik dirancang untuk membuat alat berat lebih responsif dan bekerja lebih cepat, memungkinkan untuk melakukan lebih banyak hal dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Dalam penggunaan tertentu dan pada kondisi tertentu, kami telah membuktikan oli baru dapat meningkatkan kinerja sebesar 10-15%. Tidak banyak orang yang mengetahui hal tersebut."
Technical Center, lokasi R&D terbesar Volvo CE, tempat bagi sekitar 800 staf melakukan berbagai penelitian mutakhir dan pengujian sambil mengerjakan proyek rekayasa dan teknologi canggih terbaru.
"Ada lima dari kami yang mengerjakan pelumas sepanjang waktu," ujar co-ordinator pelumas global Pettersson. "Seperti halnya laboratorium, kami telah menguji sel dan alat berat di sini. Kami mengawasi segala bentuk data yang datang dari lapangan dan
memantau kinerja banyak alat berat di seluruh dunia. Kami juga bekerja sama dengan mitra kami, serta dengan bagian lain di Volvo Group.”
'SAUS SALAD' Pelumas dan oli merek Volvo CE, Pettersson menjelaskan, "unik dan spesial bagi kami serta dibuat secara khusus." Pelumas dan oli tersebut diteliti dan dirancang bersama-sama dengan
INI TENTANG MENGGUNAKAN
Dr Donald McCarthy, spesialis pelumas (kiri) dengan Dr Anders Pettersson, co-ordinator pelumas global
volvo spirit | 43
Selama wawancara ini, Leszek Dawidziak dari perusahaan semen Polandia Cementownia Warta SA mengunjungi laboratorium. Dia mengatakan kepada Pettersson dan McCarthy bahwa perusahaannya memiliki armada Volvo, termasuk sembilan pengangkut artikulasi A40. "Sebelumnya, saya tidak tahu Volvo CE memiliki fasilitas laboratorium ini," ungkapnya. "Kami biasa menggunakan 16 truk dari produsen lain tetapi ternyata kami hanya membutuhkan sembilan pengangkut Volvo untuk menggantikan semua truk tersebut. Mereka bekerja di lingkungan yang sangat berdebu tapi filter oli dan udaranya sangat andal. Kami menggunakan pelumas dan oli Volvo pada semua alat berat Volvo kami – dan pada sejumlah alat berat lain juga. Mengurangi jumlah pelumas yang dibutuhkan sangat penting bagi kami, memperpanjang interval pengurasan juga penting, untuk mengurangi biaya dan memungkinkan alat berat kami bekerja lebih lama tanpa gangguan."
Meskipun fokus pada perkembangan baru, McCarthy menambahkan, tim Technology Center juga berkomitmen untuk meningkatkan oli dan pelumas yang ada. "Tidak semua orang dapat menggunakan produk terbaik, namun pemilik di daerah yang lebih terpencil juga harus bisa mendapatkan pelumas rekomendasi Volvo, yang sudah diuji dan berfungsi dengan maksimal."
Pettersson, 40 tahun asal Swedia, dan McCarthy, 42 tahun asal Skotlandia, keduanya adalah teknisi mekanik yang memberi pelatihan; mereka berdua memiliki pengetahuan luas tentang kimia. Mereka bertemu pada tahun 2002 saat kuliah di Luleå University of Technology di Swedia utara.
Menurut mereka, karakter mereka sangat berbeda tetapi sangat senang bisa bekerja dan menjalin persahabatan. Mereka juga memiliki semangat yang sama untuk membuat perbedaan.
"Sangat memusingkan jika orang tidak tahu apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka, namun kami menganggap hal tersebut sebagai tantangan," tukas McCarthy. "Semakin banyak yang mengetahui peran penting pelumas. Kami menyebarkan pesan tersebut melalui program pelatihan untuk dealer, sehingga staf mereka dapat menjelaskan kepada pelanggan betapa pentingnya pelumas."
Tidak heran kalau Pettersson berprofesi sebagai koki yang mumpuni dan McCarthy sebagai ahli pembuat roti. Lagi pula ini tentang menggunakan bahan yang tepat untuk bekerja sama. Dan jika salah satu dari mereka diminta untuk membuat salad, pasti sangat lezat – jangan lupa untuk meminta resep sausnya.
Dr Anders Pettersson (kiri) dari Volvo CE bersama Leszek Dawidziak dari Cementownia Warta SA
TEKNOLOGI BARU
sejumlah perusahaan oli, perusahaan aditif dan universitas. Volvo menangani sebagian besar pengaturan spesifikasi asli, pengembangan formulasi, lalu melakukan tes verifikasi.
"Ini seperti menciptakan saus salad," ungkapnya. "Anda mulai dengan minyak dasar – dapat sedikit berbeda, apakah minyak zaitun extra virgin, rapeseed atau apa pun – lalu Anda menambahkan rempah-rempah, tergantung apakah Anda ingin vinaigrette atau saus Caesar salad. Aditif hanya sebagian kecil dari campuran tapi membuat perbedaan besar pada sifatnya."
Beberapa pelumas Volvo dirancang untuk kondisi yang paling ekstrem: Suhu -40°C di Siberia, atau +40°C di kawasan gurun pasir. Trik ini juga digunakan dalam pembuatan oli standar yang dapat menghasilkan performa maksimal untuk waktu yang lama dalam berbagai lingkungan dan suhu.
"Anggaplah oli seperti krim kocok," ujar spesialis pelumas McCarthy. "Oli berkualitas buruk mengental dengan cepat; oli yang baik tidak, sehingga dapat berfungsi dengan baik untuk waktu yang lebih lama, melindungi bagian-bagian alat berat dan memaksimalkan efisiensi bahan bakar."
PERIODE KERJA YANG LEBIH BAIK "Ini juga berarti Anda tidak perlu sering menguras oli dari alat berat," ia menjelaskan. "Memperlama interval pengurasan sangat penting untuk meningkatkan periode kerja dan membuat perbedaan besar terutama bagi pemilik armada besar."
OLI BARU MENINGKATKAN
PERFORMA SEBESAR 10-15%
Volvo mendukung kehidupan seni dan budaya kota asalnya Gothenburg, kota terbesar kedua di Swedia
oleh Kate Holman
44 | Volvo spirit
© Ola Kjelbye
Gothenburg Concert Hall © Sofia Paunovic
G othenburg Symphony Orchestra (lebih dikenal sebagai GSO) dan Gothenburg Opera (Göteborg Opera) keduanya mendapatkan dukungan besar jangka panjang dari Volvo
Group. “Program sponsor Volvo adalah salah satu pendukung keberadaan Gothenburg Opera,” ujar direktur pengembangan bisnis perusahaan opera, Jessica Malmsten. “Ini adalah kemitraan yang sangat penting.”
Kedua organisasi musik tersebut bersama menciptakan landasan utama identitas budaya Gothenburg dan juga Swedia. Pada tahun 1997, GSO dinobatkan sebagai National Orchestra of Sweden sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilannya dalam memperkenalkan komposer Nordik dan musiknya di seluruh
dunia. Program sponsor Volvo telah membantu mereka dalam menciptakan dan mengembangkan reputasi global dalam hal kesempurnaan artistik.
“Sponsor ini membantu dalam berbagai hal,” ujar Sten Cranner, asal Norwegia yang pada bulan November 2014 ditunjuk sebagai direktur artistik dan manajer GSO. “Ini memungkinkan kami menghasilkan lebih dari produk utama dan menyelesaikan berbagai proyek yang luar biasa. Ini adalah bentuk dukungan tambahan.
“Saya bermaksud membuat GSO dan berbagai aktivitas lainnya di Gothenburg Concert Hall menjadi bagian penting dalam kehidupan setiap penduduk di kota dan di kawasan tersebut,” ia menambahkan.
Gothenburg Opera House © Ingmar Jernberg
46 | Volvo spirit
“Orkestra juga harus terus menjadi bagian yang penting dalam kehidupan musik di Swedia, dan memperkuat reputasi internasionalnya.”
“Kami membantu untuk membuat Gothenburg menjadi kota yang menarik untuk ditinggali,” lanjut Malmsten. “Melalui musik, teater dan tarian, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”
KOLABORASI Sponsor dan dukungan budaya adalah bagian dari merek Volvo, yang menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan para karyawan dan komunitasnya, dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Sejak tahun 1983, Volvo telah menjadi sponsor utama GSO, dan merupakan satu dari empat pendukung utama Opera.
GSO didirikan pada tahun 1905, namun telah mengalami beragam momen penting sepanjang sejarah usianya yang sudah 110 tahun. Bangunan aslinya terbakar habis pada tahun 1920-an, dan digantikan oleh Gothenburg Concert Hall yang ada sekarang ini. Selesai dibangun pada tahun 1935, bangunan ini terkenal karena arsitekturnya yang inovatif dan kualitas ruangnya yang luar biasa. Ruang utama dihiasi dengan ratusan papan kayu maple sycamore emas, yang merefleksikan suara tanpa distorsi.
Sejak saat itu, luas GSO diperbesar menjadi dua kali lipat dan kini memiliki 109 musisi. Dengan 86 pemain, 22 solois, 46 penyanyi paduan suara dan 38 penari yang menjadi staf artistik di Gothenburg Opera. Kolaborasi antara kedua kelompok artis terus berkembang. Dalam waktu dua tahun ke depan, rencananya akan dilakukan sejumlah proyek kerja sama, termasuk produksi bersama pada tahun 2017 yang akan mengadirkan bintang opera di Concert Hall. “Kami memiliki hubungan kerja sama yang sangat erat dan baik,” ujar Cranner.
Gedung Gothenburg Opera juga tak kalah menarik. Volvo adalah perusahaan pertama yang mendukung pembangunan Opera House yang baru, yang diresmikan pada bulan Oktober 1994 dan direnovasi pada tahun 2009, yang didirikan di tepi pantai kota. Gedung ini dapat menampung 250.000 pengunjung per tahun yang menyaksikan 270 pertunjukan, termasuk pertunjukan tari, musik dan konser. Gedung ini ditujukan untuk pengunjung dengan berbagai latar belakang dan usia, dan mendorong mereka untuk terlibat dalam proses kreatif.
Misalnya, pada musim terakhir, berkolaborasi dengan Palang Merah, diselenggarakan seminar dengan kelompok pengungsi yang baru datang di Swedia. Acara ini menciptakan lapangan pekerjaan baru berdasarkan pengalaman mereka sendiri.
“Kami ingin membangun komunitas artistik yang melibatkan berbagai bagian masyarakat yang biasanya tidak dilibatkan dalam lembaga budaya yang ada,” ujar direktur artistik opera/drama, Stephen Langridge. “Kami sangat serius dalam menangani bagian pekerjaan ini.”
BINTANG UTAMA Melestarikan lingkungan setempat menjadi permasalahan lain. Jadi selain memasang sarang lebah di atap, Opera berupaya keras meminimalkan dampak terhadap lingkungan, melalui pembangkit energi tenaga surya dan daur ulang limbah.
GSO pun secara aktif berperan untuk masyarakat Swedia dan di luar negeri. Pada bulan April 2015, dengan dukungan Volvo, orkestra ini mengadakan tur ke lima kota di Cina, dan para musisi sangat bangga karena dapat tampil menghibur pasien cilik di
rumah sakit anak-anak di Shanghai. Selama bertahun-tahun, GSO telah dipimpin
oleh sejumlah musisi yang luar biasa. Pada tahun 1907, konduktor utamanya, Wilhelm Stenhammar, komposer asal Swedia yang terkenal, serta Carl Nielsen dan Jean Sibelius memimpin orkes simfoni karya-karya mereka sendiri. Konduktor tamu saat ini yaitu Kent Nagano asal Amerika, sedangkan artis tetapnya Barbara Hannigan, konduktor dan penyanyi sopran asal Kanada, yang juga salah satu penyanyi terkemuka di dunia opera kontemporer.
PERJALANAN TUR Dukungan Volvo membantu kedua organisasi mempersiapkan program bertabur bintang pada serangkaian acara dalam beberapa bulan mendatang. GSO, yang telah tampil di Amerika Serikat, Jepang, dan Timur Jauh, mengadakan tur di Jerman pada bulan November. Desember akan menandai dimulainya festival Sibelius. "Kami akan menampilkan semua simfoni dari Sibelius dalam waktu satu minggu," jelas Nagano.
Persembahan Gothenburg Opera bervariasi mulai dari penampilan perdana kisah thriller tentang mata-mata berjudul 'Notorious' karya Alfred Hitchcock yang dipersembahkan dalam bentuk opera dengan penyanyi sopran spektakuler terkemuka di dunia Nina Stemme sebagai pemeran utama, lalu 'Crazy for You' karya Gershwin, hingga perayaan karya-karya Shakespeare pada tahun 2016 – 400 tahun setelah kematian sang penulis - dengan konser dan opera yang diangkat dari kisah Hamlet dan Macbeth. Tarian adalah salah satu dawai utama dalam Opera, dan Danskompani, yang dipimpin oleh direktur artistik tari Adolphe Binder, telah berhasil mendapatkan pengakuan internasional serta bekerja sama dengan koreografer papan atas seperti Sidi Larbi Cherkaoui.
Menjadi pelopor transmisi musik digital merupakan hal yang membanggakan bagi GSO, belum lagi permintaan untuk menghadirkan livestreaming konser dan video gratis, serta wawancara dan obrolan di belakang panggung.
"Gedung konser digital kami dapat disaksikan di seluruh dunia,” ujar Cranner. Tersedia di www.gsoplay.se
Kunjungi situs web Spirit atau unduh Spirit app untuk menonton video
SPONSOR DAN DUKUNGAN
BUDAYA ADALAH BAGIAN DARI MEREK VOLVO
Jenny Holmgren dan Denny Lekstrom membintangi ‘Crazy for You’ karya Gershwin © Mats Bäcker
volvo spirit | 47
Direktur utama/artistik GSO Sten Cranner © Dan Holmqvist
Direktur artistik tari opera Adolphe Binder
© Mats Bäcker
SAYANG, AKU
LOADER INI
Video baru dari LEGO® Technic menunjukkan lamanya tim desain pembuat mainan terbesar di dunia bersiap menyempurnakan keajaiban kecil terbaru mereka. Lihat prosesnya di youtube.com/GlobalVolvoCE
Model LEGO® Technic yang ditampilkan tidak cocok untuk dimainkan di luar.
volvo spirit | 49
oleh Michele Travierso
50 | Volvo spirit
T empat pembuangan sampah Laogang di Shanghai yang beroperasi sejak tahun 1989 adalah tempat pembuangan sampah terbesar di Cina dan merupakan lokasi salah satu proyek konversi
gas menjadi energi dari tempat pembuangan terbesar di Asia (lihat halaman 16). Dioperasikan oleh Shanghai Old Port Garbage Disposal Co Ltd, tempat pembuangan sampah ini merupakan usaha patungan antara perusahaan Prancis, Veolia dan pemerintah kota.
Berkat keandalannya, empat pengangkut artikulasi Volvo A40D di lokasi nantinya akan digunakan bersama dengan lebih banyak alat berat Volvo karena pe